Kebakaran kilang balikpapan

kebakaran kilang balikpapan

KOMPAS.com - Direktur Utama PT Kilang Pertamina International Djoko Priyono mengatakan, kebakaran di area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, disebabkan flash di inlet pipa finfan cooler Hydrocracker B di RU V. Djoko menyebutkan, saat ini api sudah berhasil dipadamkan. Baca juga: Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar "Telah terjadi flash di inlet pipa finfan cooler Hydrocracker B di RU 5.

Alhamdulillah api sudah berhasil dipadamkan dan saat ini progres cooling dan lanjut inspeksi," ujar Djoko dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022). Baca juga: Kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan Dipastikan Sudah Padam, Warga Diminta Tenang Djoko mengatakan, pasca-kebakaran, operasional kilang Balikpapan masih berjalan normal. "Hydrocracker B kebakaran kilang balikpapan normal shutdown dan untuk unit-unit proses yang lain normal operasi. Secara umum, kilang RU beroperasi normal kecuali Hydrocracker B," ucap Djoko.

Berita Terkait Jalan di Sekitar Kilang Minyak Pertamina Balongan Akan Ditutup 45 Hari Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan, Pemadaman Sedang Berlangsung Kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan Dipastikan Sudah Usai, Warga Diminta Tenang Penjelasan Pertamina Terkait Penyebab Kebakaran di Kilang Minyak Balikpapan Berita Terkait Jalan di Sekitar Kilang Minyak Pertamina Balongan Akan Ditutup 45 Hari Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan, Pemadaman Sedang Berlangsung Kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan Dipastikan Sudah Kebakaran kilang balikpapan, Warga Diminta Tenang Penjelasan Pertamina Terkait Penyebab Kebakaran di Kilang Minyak Balikpapan Langgar Jam Operasional, Kafe dan Tempat Hiburan di Malang Ditutup https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/04/113404278/langgar-jam-operasional-kafe-dan-tempat-hiburan-di-malang-ditutup https://asset.kompas.com/crops/nBdBDillK3O54V5DQiF2C09LU4U=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2022/03/04/6221907f3665b.jpg TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran melanda kilang PT Pertamina (Persero) area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (4/3/2022).

Apa penyebabnya? Direktur Utama PT Kilang Pertamina International Djoko Priyono mengatakan, kebakaran di area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, disebabkan flash di inlet pipa finfan cooler hydrocracker B di RU V.

Baca juga: Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan Sudah Padam, Operasional Kembali Normal Djoko menyebut, saat ini api sudah berhasil dipadamkan. "Telah terjadi flash di inlet pipa finfan cooler hydrocracker B di RU 5.

Alhamdulillah api sudah berhasil dipadamkan dan saat ini progres cooling dan lanjut inspeksi," ujar Djoko, dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022). Djoko mengatakan, pasca-kebakaran, operasional kilang Balikpapan masih berjalan normal. "Hydrocracker B sementara normal shutdown dan untuk unit-unit proses yang lain normal operasi.

Secara umum kilang RU beroperasi normal kecuali hydrocracker B," ucap Djoko. Sebelumnya diberitakan, kilang milik PT Pertamina (Persero) di area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, terbakar, Jumat (4/3/2022), sekitar pukul 10.30 Wita.

kebakaran kilang balikpapan

Baca juga: Kilang Pertamina Balikpapan Terbakar, Kepulan Asap Tebal Membumbung Area Manager Communication, Relation dan Kebakaran kilang balikpapan PT Pertamina RU V Balikapan Ely Chandra Perangin-Angin mengatakan, titik yang terbakar berada di dalam perimeter kilang.

Karena itu, dia meminta masyarakat tidak perlu panik. Saat kebakaran terjadi, sejumlah pekerja terlihat keluar dari kawasan kilang tersebut. Namun, pada sekitar 11.00 Wita, api yang sebelumnya tampak berkobar, sudah tidak terlihat lagi. Kini hanya ada asap putih dari titik munculnya api.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul " Penjelasan Pertamina Terkait Penyebab Kebakaran di Kilang Minyak Balikpapan"
TRIBUNNEWS.COM - Kebakaran terjadi di Kilang PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) V Balikpapan, pada Jumat (4/3/2022). Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan tersebut.

Namun, Area Manager Communication, Relation dan CSR PT Pertamina RU Kebakaran kilang balikpapan Balikapan Ely Chandra Perangin-Angin memastikan bahwa saat ini api telah padam dan sedang dalam proses pendinginan. "Saat ini kondisi api sudah terkendali, sedang proses pendinginan," kata Chandra dilansir Kompas.com, Jumat (4/3/2022). Menurut Chandra, titik kebakaran berada di dalam perimeter kilang.

Baca juga: Kilang Pertamina Balikpapan Terbakar, Kepulan Asap Tebal Membumbung Sehingga Chandra meminta kepada masyarakat untuk tidak perlu panik atas adanya kebakaran ini. Diketahui sebelumnya, kebakaran kilang Pertamina di Balikpapan ini terjadi sekitar pukul 10.30 WITA.

Para pekerja pun keluar dari kawasan kilang setelah melihat adanya kebakaran. Kemudian pada pukul 11.00 WITA, kobaran api sudah tidak terlihat lagi. SAMARINDA, KOMPAS.com - Kobaran api muncul di area kilang PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) V Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (4/3/2022). Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Hanya saja, Area Manager Communication, Relation dan CSR PT Pertamina RU V Balikapan Ely Chandra Perangin-Angin memastikan bahwa api telah padam.

kebakaran kilang balikpapan

"Saat ini kondisi api sudah terkendali, sedang proses pendinginan," ungkap Chandra melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Jumat. Baca juga: Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar Ely Chandra mengatakan, titik terbakar berada di dalam perimeter kilang. Karena itu, ia meminta masyarakat tidak perlu panik. Sebagai informasi, kebakaran terjadi pada Jumat sekitar 10.30 Wita. Sejumlah pekerja sempat terlihat keluar dari kawasan kilang tersebut setelah kebakaran terjadi.

Namun, pada sekitar 11.00 Wita, api yang sebelumnya tampak berkobar sudah tidak terlihat lagi. Kini hanya ada asap putih dari titik munculnya api. Berita Terkait 5 Daerah Pemilik Kilang Minyak Terbesar di Indonesia, Cilacap kebakaran kilang balikpapan Dumai Masuk Daftar Perawatan Skala Besar di Kilang Minyak Balongan, Jalan Indramayu-Cilegon Ditutup 45 Hari 5 Fakta Menarik Dumai, Salah Satu Kota dengan Kilang Minyak Terbesar di Indonesia yang Berada di Kawasan IMT-GT Jalan di Sekitar Kilang Minyak Pertamina Balongan Akan Ditutup 45 Hari Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar Berita Terkait 5 Daerah Pemilik Kilang Minyak Terbesar di Indonesia, Cilacap dan Dumai Masuk Daftar Perawatan Skala Besar di Kilang Minyak Balongan, Jalan Indramayu-Cilegon Ditutup 45 Hari 5 Fakta Menarik Dumai, Salah Satu Kota dengan Kilang Minyak Terbesar di Indonesia yang Berada di Kawasan IMT-GT Jalan di Sekitar Kilang Minyak Pertamina Balongan Akan Ditutup 45 Hari Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan, Pemadaman Sedang Berlangsung https://regional.kompas.com/read/2022/03/04/105818378/kebakaran-kilang-pertamina-balikpapan-pemadaman-sedang-berlangsung https://asset.kompas.com/crops/W22B1WT-2IwrY6vW4ggAkLM6Wiw=/46x0:635x393/195x98/data/photo/2022/03/04/62218c6abb532.jpg
Jakarta, CNBC Indonesia - Kilang bahan bakar minyak (BBM) Balikpapan, Kalimantan Timur dikabarkan terbakar kebakaran kilang balikpapan hari ini, Jumat (04/03/2022) sekitar pukul 10.32 WITA.

Kabar tersebut dikonfirmasikan oleh Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Djoko Priyono.

kebakaran kilang balikpapan

Namun demikian, Djoko menyebut, api sudah berhasil dipadamkan dan kini sedang dalam proses pendinginan ( cooling). "Dilaporkan tanggal 4 Maret 2022 jam 10.32 WITA terjadi flash di plant HCU (Hydrocracker) B. Kondisi saat ini api sudah padam dan in progress proses cooling," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (04/02/2022). Dia menyebut, secara umum operasional RU V Kilang Balikpapan berjalan normal, kecuali unit proses Hyrocracker.

Dia pun menegaskan, suplai BBM tidak terganggu. "Secara umum operasional kilang RU 5 berjalan normal kecuali unit proses Hydrocracker normal shutdown dan arus minyak serta suplai BBM tidak terganggu," tegasnya. Kilang BBM Balikpapan kini mengolah minyak mentah dengan kapasitas sebesar 260 ribu barel per hari (bph). Foto: Kondisi Kilang Balikpapan, Jumat (04/04/2022) pukul 11.00 WITA. (Doc Pertamina) Kondisi Kilang Balikpapan, Jumat (04/04/2022) pukul 11.00 WITA.

(Doc Pertamina) Kronologi Kebakaran Berikut kronologi kejadian kebakaran: Dilaporkan pada 4 Maret 2022 jam 10.32 WITA terjadi flash di plant HCU (Hydrocracker) B dengan kronologi sebagai berikut: 1. Kondisi Awal - Intake HCU B 24 MBSD, pressure HPS stabil pada 163 kg/cm2g.

2. Kondisi Saat Kejadian - Terjadi flash kebakaran kilang balikpapan fin-fan Ea-3-02B - HCU B dilakukan Normal shutdown (depressure reactor) - Dilakukan pengamanan/pemadaman api di area bocoran 3.

kebakaran kilang balikpapan

Kondisi saat ini - Depressure HPS, saat ini pressure sudah 1.28 kg/cm2g dari normal 163 kg/cm2g - Api sudah padam dan in progress proses cooling - Readiness firefighting tersedia - Jalur N2 sudah ready - HCU A normal operasi kapasitas 17 MBSD - CDU Kebakaran kilang balikpapan normal operasi kapasitas 160 MBSD 4.

RTL - Pengamanan area bocoran - Assessment area bocoran - Perbaikan bocoran 5. Secara umum operasional kilang RU 5 berjalan normal kecuali unit proses Kebakaran kilang balikpapan normal shutdown dan arus minyak serta suplai BBM tidak terganggu.
Breaking News • 143 Murid SDN 003 Balkot Ikuti Ujian Sekolah • Wali Kota Balikpapan Tinjau Pelaksanaan USBD di SMPN dan SD • Puncak Arus Balik, Brimob Patroli di Pelabuhan Semayang Balikpapan • Shin Tae-yong Buta Kekuatan Myanmar dan Filipina • Meski Ginting Kalah, Kebakaran kilang balikpapan Thomas Indonesia Sikat Singapura 4-1 • Rekasaya Lalin Cegah Kemacetan Di Jalan Mulawarman Baltim • Jemaah yang Berangkat Ibadah Haji Maksimal Kelahiran 30 Juni 1957 • Update 8 Mei 2022 : Bertambah 3 Kasus Covid-19 di Kaltim, Nol Kasus Kematian • Hingga Hari Ini Sekitar 46 Persen Masyarakat Belum Kembali dari Mudik • Brimob Tingkatkan Patroli Kawasan Wisata di Balikpapan BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Adanya musibah kebakaran yang betada di sekitar area pembangunan kilang di Kota Balikpapan langsung disikapi oleh PT Kilang Pertamina Internasional yang bergerak cepat memadamkan api dan memastikan Kilang Balikpapan saat ini dalam kondisi aman dan tetap dapat beroperasi.

Diketahui peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 10.32 Wita, sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan 4 unit truk pemadam terus menyiramkan air. Api yang sempat timbul telah berhasil dikendalikan sekitar pukul 11.00 wita.

Penyebab timbulnya api saat ini belum diketahui dan masih menunggu hasil investigasi. Ely Chandra, Are Manager Communication, Relation dan CSR Kilang Balikpapan, PT Kilang Pertamina Internasional menyampaikan, himbauan agar masyarakat tidak panik, karena kejadian tersebut masih di dalam perimeter kilang dan saat ini api telah berhasil dikendalikan.

“Saat ini tim terus melakukan pendinginan dengan menggunakan air dan foam, kilang juga tidak mengalami kendala serta tetap dapat beroperasi,” tutupnya.Saat dikonfirmasi TribunKaltim.co, pihak Pertamina belum bisa memberikan keterangan mengenai penyebab dari adanya kebakaran tersebut. Baca juga: Permintaan Kian Tinggi, Pertamina Balikpapan Produksi SF-05 Capai 113,5 Ribu Barrel Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin mengaku dirinya masih menunggu koordinasi lebih lanjut.

"Saya masih terus melakukan koordinasi," ujarnya, Jumat (4/3/2022).

kebakaran kilang balikpapan

Hingga berita ini diturunkan, api di area kilang Pertamina masih berkobar. Tampak dari kejauhan kepulan asap hitam dan tebal kembali keluar dari sumbu pipa Pertamina. (*)
Bisnis.com, JAKARTA - Kilang bahan bakar minyak (BBM) Balikpapan, Kalimantan Timur dilaporkan terbakar pada hari ini, Jumat (04/03/2022) sekitar pukul 10.32 WITA.

Area Manager Communication, Relation dan CSR Kilang Balikpapan, PT Kilang Pertamina Internasional, Ely Chandra, mengungkapkan, sekitar pukul 11.00 WITA kilang Balikpapan sudah dalam kondisi aman.

kebakaran kilang balikpapan

Kilang juga tetap dapat beroperasi setelah PT Kilang Pertamina Internasional bergerak cepat memadamkan api. "Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan 4 unit truk pemadam terus menyiramkan air," kata Ely dalam keterangan resmi, Jumat, (04/03/2022).

Baca Juga : Perang Rusia Ukraina, Waspada Harga Minyak Dunia Mendidih dan Dampaknya ke Indonesia Sementara itu, penyebab timbulnya api, menurut Ely, hingga ini belum diketahui dan masih menunggu hasil investigasi. Dia mengimbau agar masyarakat tidak panik, karena kejadian tersebut masih di dalam perimeter kilang dan saat ini api sudah berhasil dikendalikan. Kilang BBM Balikpapan kini mengolah minyak mentah dengan kapasitas sebesar 260 ribu barel per hari (BOPD).

kebakaran kilang balikpapan

Berikut kronologi kejadian kebakaran: Dilaporkan pada 4 Maret 2022 jam 10.32 WITA terjadi flash di plant HCU (Hydrocracker) B dengan kronologi sebagai berikut: 1. Kondisi Awal - Intake HCU B 24 MBSD, pressure HPS stabil pada 163 kg/cm2g.

2. Kondisi Saat Kejadian - Terjadi flash pada fin-fan Ea-3-02B - HCU B dilakukan Normal shutdown (depressurized reactor) - Dilakukan pengamanan/pemadaman api di area bocoran 3.

kebakaran kilang balikpapan

Kondisi saat ini - Depressurize HPS, saat ini pressure sudah 1.28 kg/cm2g dari normal 163 kg/cm2g - Api sudah padam dan in progress proses cooling - Readiness firefighting tersedia - Jalur N2 sudah ready - HCU A normal operasi kapasitas 17 MBSD - CDU IV normal operasi kapasitas 160 MBSD Terpopuler • Arus Balik Bakal Lebih Padat, Masyarakat Diimbau Tak Kembali ke Jakarta Hari Ini • Menhub Imbau Pemudik Kebakaran kilang balikpapan Perjalanan Arus Balik Hari Ini • Orang Kaya Rusia Kabur ke Dubai, Penjualan Properti Uni Emirat Arab Naik 67 Persen • Bank Mandiri Proyeksikan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,17 Persen, Ini Faktornya!

• Tax Holiday Diharapkan Bisa Undang Banyak Investor Masuk ke Proyek IKN
JAKARTA, KOMPAS.com - Kilang PT Pertamina (Persero) area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, dilaporkan terbakar sejak sekitar pukul 11.00 WITA. Dalam tayangan video berdurasi 0.40 detik di media sosial yang beredar, api tampak berkobar di salah satu lokasi kilang.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina International Djoko Priyono membenarkan terjadinya kebakaran tersebut. Baca juga: Penjelasan Kebakaran kilang balikpapan Terkait Penyebab Kebakaran di Kilang Minyak Balikpapan Menurut dia, telah terjadi "flash" di inlet pipa finfan cooler Hydrocracket B di RU 5 sebagai dugaan awal penyebab kebakaran. "Alhamdulillah api sudah berhasil dipadamkan dan saat ini progress coling dan lanjut inspeksi," ujar Djoko melalui pesan WhatsApp ke Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Fase Pertama Ditargetkan Rampung 2023, Apa Kabar Proyek RDMP Kilang Balikpapan?

kebakaran kilang balikpapan

Untuk area Hydrocracker B yang terbakar saat ini sudah dilakukan normal shutdown. Pertamina memastikan, untuk unit-unit proses yang lain tetap normal operasi. "Secara umum kilang RU beroperasi normal kecuali Hydrocracker B," tegasnya. Kebakaran di kilang Pertamina sekitar jam 11 tadi.

pic.twitter.com/251dxQuNeo — Txt dari Balikpapan (@txtbpn) March 4, 2022 Sebelumnya diberitakan, Kilang PT Pertamina (Persero) area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, terbakar, Jumat (4/3/2022). Percikan api diduga muncul sekira pukul 10.42 Wita.

Kilang Pertamina Balikpapan Terbakar, Ratusan Pekerja Dievakuasi




2022 www.videocon.com