Apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Jakarta – Wilayah lautan di Indonesia sangat luas dengan potensi kekayaan yang melimpah. Laut sebagai aset nasional, memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti sebagai jalur transportasi, sumber bahan makanan, sumber energi dan pertambangan, kawasan perdagangan, hingga wilayah pertahanan keamanan.

4 Apa keuntungan laut yang luas bagi masyarakat Indonesia? Jawaban: Keuntungan laut yang luas bagi masyarakat Indonesia adalah: Sebagai sumber bahan makanan. Sebagai jalur transportasi. Sebagai sumber energi. Apa keturunan laut yang luas bagi masyarakat Republic of indonesia? Apa keuntungan laut yang luas bagi masyarakat Indonesia?? Sebagai sumber bahan makanan. Sebagai jalur transportasi. Sebagai sumber energi. Sebagai tempat wisata. Apa keuntungan lautan? Laut mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia seperti sumber makanan, sebagai jalan raya perdagangan, sebagai sarana penaklukan, sebagai tempat pertempuran, sebagai tempat rekreasi dan sebagai alat pemisah atau pemersatu bangsa.

5 Manfaat Laut bagi Kehidupan Makhluk Hidup, Produksi Oksigen Lebih Banyak • 1. Laut menghasilkan lebih banyak oksigen daripada Amazon. • 2. Lautan mengatur iklim bumi. • 3. Lautan adalah sumber protein nomor satu bagi lebih dari satu miliar orang. • 4. Banyak makhluk bergantung dan hidup di lautan. • Menciptakan jutaan pekerjaan. Apa nama laut terdalam di Republic of indonesia?

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Palung Sunda tentunya berada di Republic of indonesia, lebih tepatnya di bagian timur laut Samudera Hindia. Palung ini juga memiliki nama lain, yakni Cekungan Jawa, dengan luas mencapai 7.725 meter. Jelaskan apa yang dimaksud dengan laut? KOMPAS.com – Ada beberapa bentuk perairan laut atau perairan asin yang kita kenal. Menurut Kamus Besar Bahasa Republic of indonesia (KBBI), laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan menjadi benua dan pulau.

Berapa persen laut di bumi? Laut di Bumi memiliki volume sebesar 1.335.000.000 kilometer kubik yang mencakup sekitar 96,5% dari seluruh air di Bumi yang diketahui dan meliputi lebih dari 70% permukaan Bumi. Bagaimana laut bisa terbentuk? Laut sendiri menurut sejarahnya terbentuk 4,4 milyar tahun yang lalu, dimana awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (dengan suhu sekitar 100C) karena panasnya bumi pada saat itu.

Hujan inilah (yang mungkin berupa hujan tipe mamut juga) yang mengisi cekungan-cekungan di bumi hingga terbentuklah lautan. Mengapa ikan dan biota hasil perairan penting bagi manusia? Memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat. Ikan merupakan lauk sumber protein hewani yang bak bagi perkembangan tubuh manusia. Juga mengandung omega 3 yang aik bagi perkembangan otak manusia.

Sehingga keberadaannya sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan gizi tersebut. Mengapa laut perlu dipelajari? Lautan memiliki peran dalam mengatur curah hujan dan kekeringan, menampung 97 persen air di planet, dan menyerap CO2, serta membantu menjaga siklus karbon agar tetap seimbang.

Laut telah memberikan makanan hingga pekerjaan bagi miliaran orang di dunia. Apa fungsi laut brainly? Laut dimanfaatkan karena bisa menghasilkan banyak keuntungan,Seperti:menghasilkan berbagai macam makanan,sebagai tenaga alam pembangkit listirik,sumber air minum,dll.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Semua adalah bukti satu lagi manfaat laut bagi kehidupan manusia yang lain, yaitu sebagai sumber pangan. Dengan tidak terhitungnya hewan dan tumbuhan laut yang mengandung banyak poly peptide di dalam laut, laut adalah sumber pangan yang sangat dibutuhkan manusia. Hal itu sudah disadari sejak ribuan tahun yang lalu. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan perairan laut? Secara sederhana, perairan laut dapat diartikan sebagai bagian bumi yang tertutup air dengan kadar garam tinggi.

Perairan laut meliputi teluk, selat dan samudera.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia karena memiliki luas laut dan jumlah pulau yang besar. Apa saja yang bisa diambil dari laut untuk manusia? Jawaban: • Tempat Rekreasi dan Hiburan. • Pembangkit Listrik. • Tempat Hidup Sumber Makanan Kita. • Tempat Budidaya. • Sebagai Jalur Transportasi Air. • Sebagai Tempat Cadangan Air Bumi. • Salah Satu Sumber Air Minum (Desalinasi) Lihat Foto Peta Indonesia dan negara-negara di sekitarnya. KOMPAS.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas karena sebagian besar wilayahnya adalah perairan.

Indonesia juga memiliki banyak nama laut yang letaknya disesuaikan dengan keberadaan pulau. Diambil dari buku Laut Masa Depan Indonesia (2019) karya Mulyono Hutomo, laut merupakan sekumpulan air asin yang menggenang di permukaan bumi. Laut ini pula yang menghubungkan dan memisahkan pulau maupun benua yang ada di bumi. Laut Sulawesi menjadi laut terdalam yang dimiliki Republic of indonesia, yaitu mencapai kedalaman 6,2 kilometer. Sedangkan laut terdangkal di Indonesia justru terletak di Laut Jawa.

Indonesia juga memiliki palung terdalam hingga 7.440 meter yang berada di Laut Banda. Daftar laut Republic of indonesia Dikenal sebagai negara maritim, Indonesia memiliki beberapa laut yaitu: Terletak di selatan Pulau Jawa dan utara Pulau Kalimantan. Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudra Indonesia melalui Selat Sunda dan bagian barat laut terhubung dengan Laut China Selatan yang melalui Selat Karimata.

Baca juga: Indonesia sebagai Negara Maritim, Apa Maksudnya? Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sekitarnya terdapat Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Rote, Pulau Timor, dan Pulau Flores. Memiliki kedalaman laut sekitar 3,4 kilometer. Terletak di timur kepulauan Maluku (Maluku Utara), barat Pulau Sulawesi, serta selatan Pulau Taliabu dan Pulau Mangoli (Maluku Utara).

Terhubung Laut Banda di sebelah selatan dan Laut Sulawesi di sebelah utara. Terletak di antara Pulau Sulawesi di sebelah utaranya dan kepulauan Nusa tenggara. Memiliki kedalaman hingga v,1 kilometer. Merupakan lautan yang terletak di Kepulauan Maluku bagian selatan. Di sebelah tenggara terdapat gugusan pulau-pulau dari kepulauan Maluku yang memisahkan Laut Arafuru.

Djakarta – Indonesia memiliki berbagai kekayaan alam hingga keberagaman budaya. Hal tersebut merupakan keuntungan letak geografis Republic of indonesia. Apa saja keuntungan yang lain? Letak geografis suatu negara dilihat dari kenyataan pada permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Commonwealth of australia.

Berdasarkan batas wilayah, posisi Indonesia berbatasan dengan berbagai negara, laut, dan samudra. Antara lain sebagai berikut: 1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik di sebelah utara.

2. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Commonwealth of australia, Timor Leste, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafuru. 3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia. 4.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Selain berada di posisi strategis, Indonesia juga menjadi negara kepulauan terluas di dunia. Menurut information dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, Republic of indonesia memiliki xvi.771 pulau, baik pulau besar maupun pulau kecil.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia Posisi yang strategis ini berpengaruh pada berbagai hal, mulai dari kegiatan ekonomi, seperti jalur lintas perdagangan, kekayaan alam, seperti tanah yang subur, hingga keberagaman budaya. Berikut keuntungan letak geografis Indonesia. 1. Terletak di jalur perdagangan Internasional Indonesia berada pada posisi silang lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia.

Hal ini dilihat dari posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudra yang menjadi jalur perdagangan internasional. Dilansir dari situs Kementrian Luar Negeri, Indonesia menjadi titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang.

Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa. 2. Terkenal sebagai negara agraris Dikutip dari buku Cakrawala Geografi 2 oleh Munawir dk, Indonesia mengalami iklim muson yang dipengaruhi daratan Benua Asia dan Benua Australia yang dipisahkan oleh khatulistiwa.

Itulah mengapa hanya ada dua musim yang terjadi di Republic of indonesia yaitu musim kemarau dan penghujan. Keduanya saling bergantian setiap 6 bulan sekali. Musim tersebut turut berpengaruh pada kegiatan pertanian di Republic of indonesia. Tanah yang ada di bumi pertiwi subur dan cocok digarap sebagai sektor pertanian.

Beberapa hasil pertanian yang berkembang di Republic of indonesia antara lain padi, ketela, ubi, kentang, sayuran, kacang-kacangan, dan sebagainya. three. Memiliki tanah yang subur Indonesia memiliki tanah yang subur karena mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujannya tinggi.

Selain itu, posisi Indonesia berada di kawasan Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire. Cincin Api Pasifik adalah gugusan gunung berapi yang terletak di Samudera Pasifik. Dikutip dari buku Geografi untuk SMP dan MTs Kelas 9 oleh Wirastuti Widyatmanti dan Dini Natalia, endapan material yang dikeluarkan dari aktivitas gunung berapi membuat tanah menjadi subur.

Kondisi tersebut cocok dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

4. Menjadi negara maritim Luasnya wilayah perairan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Seperti diberitakan detikEdu sebelumnya, hal tersebut terbukti dari posisi geo-strategis Indonesia dengan data kurang lebih 40% lalu lintas perdagangan perdagangan barang dan jasa yang diangkut kapal melintasi perairan Indonesia termasuk xx% oil demand melalui selat Malaka. 5. Memiliki keberagaman budaya Republic of indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dari negara luar.

Adanya lalu lintas jalur laut mengakibatkan banyak kapal asing yang berlabuh ke Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya proses percampuran suku bangsa dan budaya.

vi. Memiliki banyak destinasi wisata alam Keuntungan letak geografis Indonesia yang lainnya adalah menjadi negara yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Mulai dari pantai, gunung, sungai, hingga air terjun. Simak Video “ Apakah Kita Sudah Qana’ah?“ (kri/pal) Page 2 Jakarta – Indonesia memiliki berbagai kekayaan alam hingga keberagaman budaya.

Hal tersebut merupakan keuntungan letak geografis Indonesia. Apa saja keuntungan yang lain? Letak geografis suatu negara dilihat dari kenyataan pada permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Republic of indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Commonwealth of australia.

Berdasarkan batas wilayah, posisi Indonesia berbatasan dengan berbagai negara, laut, dan samudra.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Antara lain sebagai berikut: 1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik di sebelah utara. 2. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Australia, Timor Leste, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafuru.

three. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia. four. Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Selain berada di posisi strategis, Indonesia juga menjadi negara kepulauan terluas di dunia. Menurut data dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, Indonesia memiliki sixteen.771 pulau, baik pulau besar maupun pulau kecil. Keuntungan Letak Geografis Republic of indonesia Posisi yang strategis ini berpengaruh pada berbagai hal, mulai dari kegiatan ekonomi, seperti jalur lintas perdagangan, kekayaan alam, seperti tanah yang subur, hingga keberagaman budaya.

Berikut keuntungan letak geografis Republic of indonesia. i. Terletak di jalur perdagangan Internasional Republic of indonesia berada pada posisi silang lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia. Hal ini dilihat dari posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudra yang menjadi jalur perdagangan internasional. Dilansir dari situs Kementrian Luar Negeri, Indonesia menjadi titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang.

Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa. ii. Terkenal sebagai negara agraris Dikutip dari buku Cakrawala Geografi 2 oleh Munawir dk, Indonesia mengalami iklim muson yang dipengaruhi daratan Benua Asia dan Benua Australia yang dipisahkan oleh khatulistiwa. Itulah mengapa hanya ada dua musim yang terjadi di Indonesia yaitu musim kemarau dan penghujan. Keduanya saling bergantian setiap 6 bulan sekali.

Musim tersebut turut berpengaruh pada kegiatan pertanian di Indonesia. Tanah yang ada di bumi pertiwi subur dan cocok digarap sebagai sektor pertanian. Beberapa hasil pertanian yang berkembang di Indonesia antara lain padi, ketela, ubi, kentang, sayuran, kacang-kacangan, dan sebagainya. iii. Memiliki tanah yang subur Indonesia memiliki tanah yang subur karena mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujannya tinggi. Selain itu, posisi Indonesia berada di kawasan Cincin Api Pasifik atau Ring of Burn down.

Cincin Api Pasifik adalah gugusan gunung berapi yang terletak di Samudera Pasifik. Dikutip dari buku Geografi untuk SMP dan MTs Kelas IX oleh Wirastuti Widyatmanti dan Dini Natalia, endapan cloth yang dikeluarkan dari aktivitas gunung berapi membuat tanah menjadi subur.

Kondisi tersebut cocok dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. four. Menjadi negara maritim Luasnya wilayah perairan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Seperti diberitakan detikEdu sebelumnya, hal tersebut terbukti dari posisi geo-strategis Republic of indonesia dengan data kurang lebih 40% lalu lintas perdagangan perdagangan barang dan jasa yang diangkut kapal melintasi perairan Indonesia termasuk xx% oil demand melalui selat Malaka.

5. Memiliki keberagaman budaya Indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dari negara luar. Adanya lalu lintas jalur laut mengakibatkan banyak kapal asing yang berlabuh ke Republic of indonesia.

Hal ini menyebabkan terjadinya proses percampuran suku bangsa dan budaya. 6. Memiliki banyak destinasi wisata alam Keuntungan letak geografis Indonesia yang lainnya adalah menjadi negara yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Mulai dari pantai, gunung, sungai, hingga air terjun.

Simak Video “ Apakah Kita Sudah Qana’ah?“ [Gambas:Video 20detik] (kri/pal) Apa Keuntungan Laut Yang Luas Bagi Masyarakat Indonesia Source: https://belajardenganbaik.com/4-keuntungan-apa-yang-dirasakan-masyarakat-indonesia-dengan-luasnya-wilayah-laut-indonesia Terbaru • Cara Menggendong Bayi 2 Bulan Dengan Selendang • Sistem Kemitraan Pada Perusahaan Peternakan Ruminansia • Cara Pasang Elcb 3 Phase Yang Benar • Cara Membuat Lamaran Kerja via Email Pdf Di Hp • Ketersediaan Air Dan Listrik Untuk Usaha Peternakan Menurut • Cara Membuat Kartu Undangan Dari Kertas Karton • Cara Membuat Pesawat Dari Stik Es Krim • Jurnal Saintek Peternakan Dan Perikanan Unsulbar • Cara Menyambung Kabel Listrik 3 Ke 2 Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized Hutan hujan tropis adalah hutan dengan pohon-pohon yang tinggi, iklim yang hangat, dan curah hujan yang tinggi.

Di beberapa hutan hujan, curah hujannya lebih besar dari 1 inci per hari! Hutan hujan dapat ditemukan di Afrika, Asia, Australia, serta Amerika Tengah dan Selatan. Hutan hujan terbesar di dunia adalah hutan hujan Amazon. Seperti yang kita ketahui bahwa negeri ini memiliki hutan hujan yang luas. Indonesia menempati urutan ke 9 dalam urutan negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Wikipidia Data diatas merupkan peringkat untuk luas hutan secara umum tanpa membedakan jenis hutan.

Namun khusus untuk hutan hujan tropis, indonesia memiliki luas hutan hujan tropis no 3 di dunia. Berikut tulisan yang saya kutip dari WWFindonesia.

Keanekaragaman hayati (biodiversitas) adalah keanekaragaman organisme yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah. Keanekaragaman hayati melingkupi berbagai perbedaan atau variasi bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat-sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan, baik tingkatan gen, tingkatan spesies, maupun tingkatan ekosistem. Gampangnya, keanekaragaman hayati adalah semua jenis perbedaan antar mahkluk hidup.

Seperti disebutkan di poin 1, indonesia memiliki hutan hujan tropis terluas ke 3 di dunia. Hutan hujan tropis merupakan penyumbang biodiversitas tertinggi dibandingkan dengan jenis hutan yang lain.

Hal ini membuat indonesia memiliki biodiversitas yang tinggi pula. Meski hanya memiliki luas daratan sekitar 1,3% dari total jumlah daratan di dunia Indonesia memiliki sekitar 12 persen (515 jenis, 39 persen endemis) dari total jumlah jenis Mammalia di dunia (peringkat kedua di dunia) Sekitar 7,3 persen (511 jenis, 150 jenis endemis) dari total jumlah reptil di dunia (peringkat ke empat dunia) menduduki peringkat kelima dengan 17 persen (1.531 jenis, 397 endemis) dari total jumlah jenis burung di dunia.

memiliki 270 jenis amfibi (peringkat ke enam dunia), dengan 100 diantaranya bersifat endemis. Merupakan Negara peringkat ke empat dalam hal keragaman jenis primata. (ada 35 jenis), kurang lebih 6 diantaranya adalah endemis. Peringkat ke tiga dalam hal keanekaragaman jenis ikan air tawar (1400 jenis) setelah Brazil dan Kolombia. Selain memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, Indonesia juga dikenal sebagai Negara dengan keanekaragaman tumbuhan tertinggi nomor 5 di dunia.

peringkat pertama keanekaragaman jenis palem (477 jenis, 255 jenis diantaranya adalah endemis) memiliki lebih dari setengah total jenis pohon penghasil kayu (dipterocarpaceae) yaitu sekitar 350 jenis dan 155 jenis diantaranya merupakan endemis Kalimantan Seperti yang kita ketahui, di indonesia hanya terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Hal ini berdampak pada kehidupan sehari-hari. Sektor pertanian akan lebih produktif dengan adanya 2 musim ini, tidak terbayangkan seandainya indonesia memiliki empat musim, mungkin petani harus berhenti bertani saat musim dingin (Salju) datang.

Apa itu amplitudo? Amplitudo adalah perbedaan suhu dari waktu ke waktu.Di kwatulistiwa amplitudo tahunan kecil yaitu antara 1 – 5°C. Jadi kita tidak mengalami perubahan suhu yang besar dari waktu ke waktu. Sehingga tidak perlu penyesuaian yang begitu besar. Berbeda dengan negara dengan 4 musim, saat musim dingin, mereka harus menyesuaikan dengan pakaian tebaldan saat musim panas mereka harus menyesuaiakan dengan pakaian tipis.

Musim Dingin Musim Panas Kita tidak perlu memiliki 2 jenis baju yang berbeda, sepanjang tahun kita dapat menggunakan pakaian dengan jenis yang sama. bahkan kita dapat memakai baju gratisan caleg setiap tahun. hahahaha Sering mendengar berita tentang badai tornado, badai katrina, badai haiyan dan badai besar lainnya.

Indonesia beruntung berada di iklim tropis, karena badai tropis tidak akan sebesar badai-badai yang ada di lintang sedang. Badai besar seperti tornado, catrina, dan lain lain akan terjadi diatas lintang 11 derajad. Dan letak indonesia berada 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan antara 95o BT (Bujur Apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas - 141o BT (Bujur Timur).

Seperti peta diatas, indonesia hanya memiliki sedikit wilayah yang masuk kedalam 11 derajad lintang. Yap, tidak dapat dipungkiri bahwa tanah indonesia merupakan tanah yang subur. hal ini dipengaruhi oleh curah hujan, suhu harian yang tinggi.

Dengan demikian maka pembeltukan tanah dapat berlangsung dengan baik, ditambah lagi dengan banyaknya vegetasi yang membantu dalam menyuburkan tanah melalui daun-daunnya. Tanaman yang ada di indonesia akan lebih cepat tumbuh besar dibandingkan dengan tanaman yang ada di iklim sedang. Alasan Kenapa Negara Maju Banyak Di Bumi Belahan Utara TT Ketika Duka Bencana Menjadi Wisata Macam-Macam Badai Perbedaan Fisik Desa Kota Hewan-Hewan Tak Bernama Kenapa 29 Februari Hanyan 4 Tahun Sekali?

Tugu Bener, Sejarah yang Terlupakan Rupa Senja Jika Bintang Bumi Bukan Matahari Tanah-Tanah Tak Bernegara Magma, Lava, dan Lahar Tanggal-Tanggal yang Terlupakan Asal Usul Air Laut Mengenal Kambing Etawa Kaligesing Ternyata Trayek Penerbangan Banyak Tipenya Lho Gan 27-09-2016 20:58 Original Posted By pecong3 ►INDONESIA itu surga braayy.

dan khususnya Pulau JAWA itu pulau spesial karena pulau yg paling pertama ada di bumi ini. bdw bawah ane maho bray maho brayyy. bye brayy bye jika ada serpihan surga yang terlempar ke dunia, maka itu adalah Indonesia atas ane sekutunya ipul 27-09-2016 21:01
Banyak orang sudah tahu bahwa luas laut Indonesia adalah 70% dari luas wilayahnya. Indonesia juga memiliki 17.504 pulau dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Data Asian Development tahun 2009 menunjukkan bahwa wilayah pesisir Indonesia adalah rumah bagi ribuan spesies laut.

Dengan kata lain, laut Indonesia menyediakan sumber protein penting yang secara tradisional telah menjadi sumber makanan utama. Dari beberapa kajian diketahui bahwa hingga saat ini ikan secara konsisten berkontribusi lebih dari 10% dari total konsumsi protein makanan dan lebih dari 50% dari asupan protein makanan hewan di negara ini.

Terletak di sepanjang garis khatulistiwa dan rute laut yang penting, Indonesia memainkan peran penting dalam rantai pasokan global. Menyediakan tiga lorong laut, yang dikenal sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I, II dan III, telah menjadikan perairan Indonesia apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas penting dalam lalu lintas maritim global.

Diperkirakan bahwa 44% dari lalu lintas laut global, dan 95% dari kapal di wilayah Asia Pasifik, memasuki perairan Indonesia melalui beberapa titik. Vegetasi laut dan pesisir Indonesia adalah kontributor signifikan terhadap pasokan oksigen global dan penyerapan karbon dioksida.

Di sepanjang garis pantai Indonesia adalah hutan bakau (mangrove) terbesar di dunia, dengan luas 3,2 juta hektare. Menurut laporan UNEP, garis pantai Indonesia juga merupakan rumah bagi padang lamun terbesar di dunia, yang membentang seluas 30.000 km 2.

Berada di tengah segitiga karang dunia ( coral triangle), Indonesia menyimpan kekayaan terumbu karang dengan luasan hampir 50.000 km 2, atau 18% terumbu karang dunia. baca : Inilah 10 Fakta Menarik tentang Laut Indonesia Ilustrasi. Sekelompok ikan pada sebuah ekosistem terumbu karang. Foto: Wikipedia Tapi banyak juga orang lupa bahwa sumber daya laut itu memiliki ‘rumah’ yang perlu diperhatikan, dipantau dan dipelajari karakteristiknya.

Laut Indonesia menyimpan banyak keistimewaan dan karakteristik unik untuk dipantau dan dipelajari. Posisi Indonesia yang terkoneksi dengan arus-arus laut dunia yang disebut great ocean conveyor belt dan berada di antara Samudra Hindia dan Pasifik, telah menjadikan lautnya sebagai pusat kepentingan global dalam hal perairan internasional, iklim global, dan keanekaragaman hayati Laut Indonesia merupakan satu-satunya jalur yang menghubungkan berbagai cekungan samudera di daerah tropis, dan karenanya memainkan peran penting dalam sistem interaksi antara laut dan iklim.

Air laut yang mengalir dari samudera Pasifik, melalui serangkaian sempit selat di laut Indonesia, mengalir ke Samudera Hindia. Aliran air atau arus laut ini dicirikan oleh kecepatan arus yang kuat pada kedalaman air sekitar 100 m.

Selama ‘transit’ melalui laut Indonesia, lapisan suhu dan salinitas dari Samudera Pasifik ini bercampur dan termodifikasi oleh adanya interaksi antara udara-laut yang kuat di perairan Indonesia. Induksi dari angin musiman, adanya fenomena upwelling dan kekuatan pasang surut yang besar juga menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan pada kondisi air laut yang transit ini.

baca juga : Hari Lautan Sedunia : Mengingatkan Peran Laut Di Planet Bumi Ilustrasi. Seorang penyelam sedang menikmati bangkai kapal (shipwreck) di perairan Tulamben, Bali. Foto : wandernesia.com Arlindo dan Upwelling Data observasi pengamatan dan simulasi model menunjukkan bahwa profil kedalaman suhu, salinitas dan kecepatan aliran Indonesia ditentukan oleh pencampuran vertikal yang intens di dalam laut Indonesia.

Pergerakan air secara vertikal ini kemudian membentuk lapisan-lapisan temperatur di laut. dan salah satu fenomena laut akibat pergerakan ini dikenal sebagai upwelling. Sejauh ini pertukaran air antar samudera yang melalui laut Indonesia berfungsi sebagai umpan balik modulasi curah hujan regional dan pola angin. Arus dari samudera Pasifik yang melalui Indonesia dan menuju samudera Hindia ini dikenal sebagai Arus Lintas Indonesia (ARLINDO).

Keberadaan arus ini, diperkirakan dapat membawa sampah plastik yang berasal dari wilayah lain terutama mikroplastik yang menurut beberapa temuan dicerna oleh beberapa organisme, termasuk zooplankton, ikan-ikan kecil, dan satwa laut yang menyaring makanan ( filter-feeding megafauna). Alur dari Arlindo ini juga dipercaya sebagai salah satu jalur migrasi ikan pelagis yang memiliki nilai ekonomis. Upwelling merupakan salah satu fenomena laut yang banyak terjadi di Indonesia.

Selain karakteristiknya yang menyebabkan terjadinya percampuran air laut, upwelling juga merupakan salah satu indikasi suburnya perairan Indonesia. Mekanisme terjadinya upwelling yang membawa massa air di lapisan bawah ke permukaan, menyebabkan nutrien penting air laut yang ada di dasar laut terangkat hingga permukaan.

Karena nutrient ini terbawa ke permukaan, maka di tempat itulah akan berkumpul fitoplankton, yang selanjutnya akan mengundang kehadiran zooplankton dan ikan. Proses inilah yang kemudian menjadi rantai makanan sehingga sering diindikasikan juga sebagai tempat berkumpulnya ikan. Area upwelling terbesar di Indonesia adalah laut sebelah selatan pulau Jawa dan laut bagian barat pulau Sumatra.

Area upwelling lain yang cukup subur adalah laut Banda, ujung selatan pulau Sulawesi, laut Maluku, laut Arafuru dan teluk Tomini. Arus yang dibawa oleh ARLINDO juga mensuplai nutrien yang kaya akan makanan sehingga menyebabkan perairan Indonesia menjadi subur dan kemudian juga menjadikan laut Indonesia memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Perairan laut Indonesia yang subur ini juga menyebabkan laut Indonesia menjadi incaran banyak nelayan asing yang datang untuk mencari ikan di wilayah Indonesia.

perlu dibaca : Arus Bawah Pengangkut dan Penimbun Mikroplastik di Pusat Biodiversitas Laut Dalam Ilustrasi. Nelayan tengah mencari ikan di sekitar kawasan perairan selatan Cilacap, Jateng. Foto : L Darmawan/Mongabay Indonesia Sistem Observasi Laut Indonesia Peran laut Indonesia yang begitu besar, perlu didukung oleh adanya sistem monitoring dan obervasi yang terintegrasi dengan baik.

JCOMMOPS ( The WMO-IOC Joint Technical Commission for Oceanography and Marine Meteorology in situ Observations Programme Support Centre), berhasil memetakan lokasi-lokasi keberadaan platform sistem observasi di seluruh dunia. Dari peta-peta tersebut terlihat bahwa Indonesia tidak memiliki sistem observasi kelautan ataupun platform observasi. Sayangnya pemerintah Indonesia hingga saat ini tidak (belum) menjadikan observasi sebagai sebuah investasi jangka panjang untuk memelihara laut Indonesia.

Saat ini sistem observasi laut nasional (laut dan pesisir) belum menjadi prioritas negara. Sistem yang ada tidak terpelihara dengan baik ( sustain) karena tidak tersedianya anggaran, dan sering terkena dampak oleh adanya perubahan prioritas negara.

Keterbatasan teknologi dan SDM yang dimiliki Indonesia juga melengkapi tidak adanya sistem observasi kelautan, sehingga Indonesia masih bergantung pada produk negara lain. Sistem observasi yang masih bergantung pada negara lain, yang biasanya dilakukan melalui kerjasama internasional, tidak dapat merekam data secara real-time karena alasan menjaga kepentingan keamanan negara. Padahal, data merupakan tulang punggung untuk membangun kebijakan yang berbasis pada saintifik.

Hasil kajian saintifik yang berkualitas perlu didukung oleh ketersediaan data yang mencukupi serta akurat, sehingga data atau informasi baru yang dihasilkan dapat digunakan baik oleh pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya dalam pembangunan.

Sudah banyak data kelautan yang dihasilkan oleh beberapa institusi di Indonesia. Hanya saja data tersebut masih sulit untuk ditelusuri dan diakses. Untuk itu, Indonesia perlu membangun sistem monitoring dan observasi yang terintegrasi dan membentuk suatu pusat data kelautan Indonesia.

Keduanya harus berbasis sains dan teknologi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan arus informasi dunia. Saat ini, dunia sedang mengangkat isu apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas menyepakati untuk melaksanakan transformasi menuju ekonomi kelautan berkelanjutan.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Observasi dan monitoring di laut secara ilmiah menjadi sangat penting dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan laut, dan juga untuk memahami akibat dari hal-hal yang tidak bisa dikendalikan di laut seperti bencana alam. *Dr. Anastasia Rita Tisiana Dwi Kuswardani, Peneliti Oseanografi Fisik di Badan Riset dan Sumber Daya Manusia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Artikel ini adalah opini penulis.

Sebagai negara tropis yang memiliki ribuan pulau dan lautan yang luas, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang cukup banyak. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) yang tersebar dan memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat indonesia. Di kabupaten Rembang, tempat kita tinggal terdapat sumber daya alam yang melimpah yaitu Pegunungan Kendheng yang menyimpan kandungan hasil tambang yaitu batuan kapur yang dijadikan bahan baku pembuatan . Sebagai negara tropis yang memiliki ribuan pulau dan lautan yang luas, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang cukup banyak.

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) yang tersebar dan memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat indonesia. Di kabupaten Rembang, tempat kita tinggal terdapat sumber daya alam yang melimpah yaitu Pegunungan Kendheng yang menyimpan kandungan hasil tambang yaitu batuan kapur yang dijadikan bahan baku pembuatan . Pegunungan Kapur Utara merupakan pegunungan kapur yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa mulai dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah hingga Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Oleh sebagian orang disebut juga sebagai Pegunungan Kendeng Utara, karena letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kendeng yang membujur di sebelah selatannya. Di kawasan ini dijadikan sumber mata air dan terdapat kawasan wisata alam Sumber Semen di kecamatan Sale, Rembang. Pegunungan Kendheng yang menyimpan kandungan hasil tambang yaitu batuan kapur yang dijadikan bahan baku pembuatan semen.
Jakarta - Indonesia memiliki berbagai kekayaan alam hingga keberagaman budaya.

Hal tersebut merupakan keuntungan letak geografis Indonesia. Apa saja keuntungan yang lain? Letak geografis suatu negara dilihat dari kenyataan pada permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Berdasarkan batas wilayah, posisi Indonesia berbatasan dengan berbagai negara, laut, dan samudra. Antara lain sebagai berikut: 1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik di sebelah utara. 2. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Australia, Timor Leste, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafuru. 3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

4. Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Baca juga: Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya pada Iklim serta Sosial Budaya Selain berada di posisi strategis, Indonesia juga menjadi negara kepulauan terluas di dunia. Menurut data dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, Indonesia memiliki 16.771 pulau, baik pulau besar maupun pulau kecil.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia Posisi yang strategis ini berpengaruh pada berbagai hal, mulai dari kegiatan ekonomi, seperti jalur lintas perdagangan, kekayaan alam, seperti tanah yang subur, hingga keberagaman budaya. Berikut keuntungan letak geografis Indonesia. 1. Terletak di jalur perdagangan Internasional Indonesia berada pada posisi silang lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia.

Hal ini dilihat dari posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudra yang menjadi jalur perdagangan internasional. Dilansir dari situs Kementrian Luar Negeri, Indonesia menjadi titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang.

Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa. 2. Terkenal sebagai negara agraris Dikutip dari buku Cakrawala Geografi 2 oleh Munawir dk, Indonesia mengalami iklim muson yang dipengaruhi daratan Benua Asia dan Benua Australia yang dipisahkan oleh khatulistiwa.

Itulah mengapa hanya ada dua musim yang terjadi di Indonesia yaitu musim kemarau dan penghujan. Keduanya saling bergantian setiap 6 bulan sekali.

Musim tersebut turut berpengaruh pada kegiatan pertanian di Indonesia. Tanah yang ada di bumi pertiwi subur dan cocok digarap sebagai sektor pertanian. Beberapa hasil pertanian yang berkembang di Indonesia antara lain padi, ketela, ubi, kentang, sayuran, kacang-kacangan, dan sebagainya. 3. Memiliki tanah yang subur Indonesia memiliki tanah yang subur karena mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujannya tinggi.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Selain itu, posisi Indonesia berada di kawasan Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire. Cincin Api Pasifik adalah gugusan gunung berapi yang terletak di Samudera Pasifik. Dikutip dari buku Geografi untuk SMP dan MTs Kelas IX oleh Wirastuti Widyatmanti dan Dini Natalia, endapan material yang dikeluarkan dari aktivitas gunung berapi membuat tanah menjadi subur. Kondisi tersebut cocok dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. 4.

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Menjadi negara maritim Luasnya wilayah perairan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Seperti diberitakan detikEdu sebelumnya, hal tersebut terbukti dari posisi geo-strategis Indonesia dengan data kurang lebih 40% lalu lintas perdagangan perdagangan barang dan jasa yang diangkut kapal melintasi perairan Indonesia termasuk 20% oil demand melalui selat Malaka.

5. Memiliki keberagaman budaya Indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dari negara luar. Adanya lalu lintas jalur laut mengakibatkan banyak kapal asing yang berlabuh ke Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya proses percampuran suku bangsa dan budaya.

6. Memiliki banyak destinasi wisata alam Keuntungan letak geografis Indonesia yang lainnya adalah menjadi negara yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Mulai dari pantai, gunung, sungai, hingga air terjun.
Merdeka.com - Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia?

Pertanyaan tersebut mungkin selalu terlintas di benak masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. Bangsa Indonesia patut berbangga menjadi suatu bangsa yang besar. Sebab, banyak di antara keunggulan hingga kelebihan yang sebenarnya ada di sekitar dan hampir tak dirasakan oleh masyarakat Indonesia sendiri hingga selalu mempertanyakan mengenai hal tersebut. Negara Kepulauan Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia? Hal pertama yang seketika terbesit di benak banyak orang mengenai bangsa Indonesia adalah gugusan kepulauannya yang begitu indah.

Negara yang memiliki ribuan pulau ini patut bangga, sebab tak banyak negara di dunia yang memiliki keunggulan satu ini. ©Liputan6.com/Herman Zakharia Dengan berbagai gugusan pulau yang tersebar dari ujung timur hingga barat ini, Indonesia tentu saja memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari perikanan hingga pariwisata. Dengan begitu, siapa yang menolak untuk berkunjung ke negara kepulauan secantik Indonesia?

apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas

Iklim Tropis Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia? Keunggulan kedua yang patut diketahui oleh bangsa Indonesia sendiri adalah mengenai iklim yang dimiliki oleh Indonesia. Berada di kawasan khatulistiwa membuat negara Indonesia dapat menikmati sinar matahari sepanjang tahun.

Hal ini tentu berbeda dengan negara-negara lainnya, mereka tak dapat leluasa untuk menikmati panas matahari yang menyehatkan setiap saat. ©Liputan6.com/Herman Zakharia Hal ini tentu juga berpengaruh dengan penampakan alam yang ada di Ibu Pertiwi. Iklim tropis cenderung membuat kawasan Indonesia sangat baik untuk perkebunan, pertanian, hingga peternakan. Melalui hal tersebut, sumber daya alam yang dimiliki Indonesia tentu sangatlah berlimpah.

BACA JUGA: Kesan Jokowi Pertama Kali Mengunjungi Istana Tampaksiring Bali Kunjungi Pura Tirta Empul, Jokowi Apa keuntungan indonesia sebagai negara tropis dengan memiliki ribuan pulau dan laut yang luas Pemeliharaan Aset Kebudayaan Negara REUTERS Beberapa bahan tambang yang banyak terdapat di Indonesia adalah emas di Papua, geothermal di Jawa Barat, batu bara yang sebagian besar terdapat di Pulau Kalimantan, minyak bumi, nikel, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Dukung Pariwisata, Pelabuhan Internasional Dumai-Malaka Kembali Dibuka Menikmati Keindahan Pantai Kelan di Samping Bandara Ngurah Rai Bali Dari mulai bahasa lokal yang berjumlah lebih dari 700 bahasa daerah, agama, pakaian, rumah adat, hingga cara hidup masyarakat yang berbeda-beda membuat Indonesia menjadi salah satu bangsa besar.

Dunia pun acap kali memberi apresiasi terhadap bangsa Indonesia lantaran multikulturalisme yang dapat hidup berdampingan secara harmonis di tanah yang satu, Tanah Air Indonesia. Keindahan Alam Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia? Penampakan alam Indonesia merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Namun, banyak pula yang tak menyadari hal tersebut. ©Instagram/juventiatjoa Keindahan alam Indonesia pun seringkali membuat mata dunia terpukau. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya turis asing yang terus berdatangan. Mereka tak lain ingin selalu menikmati keindahan alam Ibu Pertiwi yang berupa gunung berapi, sabana, danau, pegunungan karst, hingga pantai serta laut yang dapat memanjakan mata. Sejarah dan Kerajaan Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia?

Tak hanya keindahan alamnya saja yang menarik dari bangsa Indonesia. Tanah merah putih ini tak lain juga menyimpan sejarah bangsa yang begitu menarik. Sejarah itu lah yang kemudian membuat Bangsa Indonesia merasa bersatu dan senasib hingga rela mempertaruhkan jiwa raga demi berdirinya NKRI. Salah satu sejarah yang selalu menarik perhatian dunia adalah mengenai budaya dan kerajaan nenek moyang bangsa Indonesia.

©2020 Merdeka.com Dilansir dari Liputan6, kerajaan di Indonesia sangat lah banyak dan memiliki coraknya masing-masing seperti Hindu, Budha, dan Islam. Terlepas dari hal tersebut, berbagai peninggalan dari kerajaan tersebut juga memiliki nilai sejarah serta nilai jual yang cukup tinggi sehingga Indonesia selalu menjadi incaran bagi para kolektor benda bersejarah di dunia. Barang Buatan Negeri Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia?

Jawaban terakhir dari pertanyaan tersebut adalah barang dan produk buatan anak negeri. Bangsa Indonesia kini patut bangga dengan anak-anak bangsa. Banyak produk buatan dalam negeri yang kini laku keras di pasaran dunia. ©Instagram/skinnymonkey/reddoorzid Sebut saja yakni di bidang film. Kini, banyak talenta dari generasi muda yang mulai diakui dunia.

Tak hanya itu, teknologi dan sumber daya manusia juga menjadi salah satu pertimbangan dunia untuk melirik Indonesia. 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 3 Viral Video Kuda Penarik Delman Terjatuh di Tengah Jalan, Warganet Meradang 4 Ultah ke-43, Ini 5 Potret Terbaru Sara Wijayanto Disebut Awet Muda Bak Gadis 5 Potret Cantik Alyssa Soebandono Makin Kurus, Netizen Sebut Bak Anak SMA Selengkapnya.

• News • Nasional • Internasional • Megapolitan • Finance • Keuangan • Makro • Bisnis • Sport • Soccer • All Sport • Lifestyle • Music • Film • Health • Seleb • Muslim • Travel • Otomotif • Techno • Multimedia • Video • Photo • Infografis • Indeks • Daerah • Aceh • Sumut • Sumsel • Jabar • Jateng • Yogya • Jatim • Bali • Kalbar • Sulsel • Babel • Lampung • Maluku • Papua • Sumbar • NTB • Sulut • Kalteng • Kalsel • Kaltim • Regional • • BACA JUGA: Sebutkan Letak Astronomis Indonesia dan Geografisnya Lengkap Pengaruhnya Keuntungan Letak Geografis Indonesia • Keuntungan letak geografis Indonesia pertama adalah terdapatnya iklim tropis yang menghasilkan musim penghujan dan kemarau di setiap tahun.

Iklim ini dapat menguntungkan bagi penduduk Indonesia karena beragam hasil buah-buahan yang terdapat, musim panen sepanjang tahun, kekebalan tubuh masyarakat yang kuat jika dibandingkan dengan masyarakat beriklim subtropis. • Letak Indonesia berada di posisi strategis mengakibatkan terjadinya banyak kerjasama dalam aspek ekonomi.

Laut yang membentang di Indonesia dan berbatasan dengan negara serta benua lain membuat Indonesia memiliki sistem transportasi yang mudah, baik pelayaran laut maupun udara. Dalam sistem transportasi, Indonesia tidak memiliki Dikutip dari ‘Modul Mandiri-IPS Geografi’ karya Tim Calon Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja • Letak geografis Indonesia yang luas dan memiliki banyak pulau luas menjadikan pengaruh sosial budaya Asia dan Eropa ikut serta memengaruhi keberagaman budaya di Indonesia.

Tercatat, ada lebih dari 718 bahasa daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Dikutip dari sensus Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2010, Indonesia memiliki 1.340 kelompok etnik atau suku bangsa. suku Jawa adalah kelompok terbesar di Indonesia dengan jumlah yang mencapai 41% dari total populasi.

Materi IPS kelas VIII bab 3 semester Genap




2022 www.videocon.com