Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Cover Makalah – Halo sobat dosenpintar.com, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian, Format dan Contoh Cover Makalah. Cover makalah sangat penting dalam pembuatan sebuah makalah baik untuk tugas sekolah maupun tugas kuliah, dan setiap sekolah atau universitas memiliki ketentuannya masing-masing dalam membuat cover makalah.

Oleh sebab itu simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya. Daftar isi • Pengertian Cover Makalah • Format Cover Makalah • 1. Judul makalah/proposal • 2. Tujuan makalah/proposal • 3. Logo makalah • 4. Data penulisan penyusun makalah • 5. Nama fakultas dan jurusan • 6. Tahun pembuatan • Contoh Cover Makalah • Struktur dan Unsur Penulisan Cover Makalah • Contoh Cover Makalah Mahasiswa • Contoh Cover Makalah Kuliah • Contoh Cover Makalah Kelompok • Contoh Cover Makalah SMA • Contoh Cover Makalah Anak SMK • Contoh Cover Makalah Biologi • Contoh Cover Makalah Bahasa Indonesia • Contoh Cover Makalah Ekonomi • Contoh Cover Makalah Hasil Observasi • Contoh Cover Makalah Individu • Contoh Cover Makalah Akuntansi Dalam membuat sebuah makalah tentunya kita harus memberikan cover makalah, lantas apa sih cover makalah itu?

Cover makalah merupakan bagian paling depan (sampul) yang ada dalam sebuah makalah, yang mana dalam cover makalah terdapat logo kampus atau sekolah dan judul makalah. Format Cover Makalah Terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat cover makalah, antaralain : 1.

Judul makalah/proposal Judul merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat cover makalah. Judul harus diletakan di tengah cover makalah, judul juga berfungsi sebagai informasi, oleh sebab itu perhatikan judul yang hendak ditulis, buatlah judul secara singkat mengenai isi makalah yang anda buat. Jangan lupa gunakan font standar seperti arial, times new roman atau calibri, dan gunakan huruf kapital serta beri cetak tebal atau Bold pada judul makalah.

Baca Juga dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya Penelitian : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh 2. Tujuan makalah/proposal Format yang kedua adalah Tujuan makalah.

Format ini bisa anda letakan pada bagian sub judul (di bawah judul), dengan anda menggunakan huruf yang lebih kecil dari pada huruf judul. Contohnya dalam penulisan tujuan makalah yaitu ” Makalah ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kuliah Universitas”. 3. Logo makalah Logo menjadi hal yang wajib pada sebuah makalah. Logo ini diletakan di tengah cover makalah dengan ukuran panjang dan lebar yang sama, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.

Sebab logo makalah menjadi hal yang paling mencolok dalam sebuah makalah, sehingga dalam pemilihan ukuran dan warna yang digunakan pada logo harus disesuaikan dengan makalah. Pada umumnya penggunaan logo makalah, sudah menggunakan logo sekolah atau universitas masing-masing. 4.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Data penulisan penyusun makalah Informasi dalam sebuah makalah harus sesuai dengan proses pembuatan makalah itu sendiri, jika dalam pembuatannya dalam lingkup kelompok, maka cantumkan nama-nama yang bersangkutan dalam menyusun makalah tersebut. Selain dalam menyusun penulis, hal ini juga berfungsi agar makalah tersebut tidak diklaim pembuatan oleh orang lain. 5. Nama fakultas dan jurusan Nama fakultas dan jurusan wajib dicantumkan pada bagian bawah cover makalah. Dalam membuat nama fakultas/jurusan harus menggunakan huruf kapital, sama seperti menulis judul makalah.

Penulisannya tergantung sesuai keadaannya, jika anda kuliah bisa anda tuliskan berdasarkan dengan jurusan yang dimiliki. Sedangkan jika anda masih bersekolah, anda dapat mencantumkan nama sekolah dan kelas. 6. Tahun pembuatan Format terakhir adalah tahun pembuatan, dalam sebuah makalah harus ditulis data kapan pembuatan cover makalah tersebut telah diselesaikan, hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca tahu kapan makalah tersebut dibuat.

Baca Juga : Pengertian Pelanggaran HAM Contoh Cover Makalah Berikut adalah contoh-contoh dari cover makalah : Struktur dan Unsur Penulisan Cover Makalah Adapun struktur yang harus ada dalam cover makalah antaralain : • Judul makalah • Logo Makalah • Nama Penulis atau Penyusun Makalah • Tanggal Penyusunan • Nama instansi Contoh Cover Makalah Mahasiswa Contoh Cover Makalah Kuliah Contoh Cover Makalah Kelompok Contoh Cover Makalah SMA Contoh Cover Makalah Anak SMK Contoh Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya Makalah Biologi Contoh Cover Makalah Bahasa Indonesia Contoh Cover Makalah Ekonomi Contoh Cover Makalah Hasil Observasi Contoh Cover Makalah Individu Contoh Cover Makalah Akuntansi Demikianlah artikel tentang Contoh Cover Makalah : Pengertian, Format dan Contoh Cover Makalah saya berharap artikel ini dapat membantu teman-teman sekalian dalam mencari jawaban mengenai contoh cover makalah.

Terimakasih, dan terus pantengin dosenpintar.com untuk artikel-artikel selanjutnya. • Contoh Penulisan Daftar Pustaka • Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Sekolah Lengkap • Contoh Paragraf Induktif, Deduktif dan Campuran Share this: • Facebook • Tweet • WhatsApp Posted in Umum Tagged Contoh Cover Makalah Agama Islam, Contoh Cover Makalah Akuntansi, Contoh Cover Makalah Anak Sekolah, Contoh Cover Makalah Anak SMK, Contoh Cover Makalah Bahasa Indonesia, Contoh Cover Makalah Biologi, Contoh Cover Makalah dengan Logo, Contoh Cover Makalah dengan Nama Dosen, Contoh Cover Makalah Ekonomi, Contoh Cover Makalah Ekonomi Penduduk, Contoh Cover Makalah Fisika, Contoh Cover Makalah Globalisasi, Contoh Cover Makalah Hasil Observasi, Contoh Cover Makalah Individu, Contoh Cover Makalah Kelompok, Contoh Cover Makalah Kuliah, Contoh Cover Makalah Mahasiswa, Contoh Cover Makalah Pemanasan Global, Contoh Cover Makalah SMA, Contoh Cover Makalah yang Benar, pengertian makalah, Penulisan Cover Makalah yang benar, Struktur dan Unsur Penulisan Cover Makalah Contoh Cover – Dalam penyusunan sebuah karya, maka penulis diharuskan untuk mencantumkan sebuah cover (sampul).

Cover ini sendiri terletak pada bagian paling depan, dan akan menjadi halaman pertama yang dilihat oleh pembaca. Selain judul karya dan nama penulis, umumnya pada cover juga dilengkapi desain atau lambang instansi tertentu (untuk karya ilmiah). Meskipun pembuatan cover tidak begitu sulit, nyatanya masih banyak yang merasa bingung.

Kalau Anda adalah salah satu orang yang merasakan hal tersebut, maka jangan khawatir. Disini akan dibahas mengenai beberapa contoh cover terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi. 4 Trik Membuat Cover Buku Supaya Tampak Menarik Format Membuat Cover Makalah Secara Praktis Sebelum membuat sebuah cover, pastinya Anda harus terlebih dahulu tahu bagaimana format penulisannya.

Sebab tidak mengetahui struktur tersebutlah yang seringkali membuat bingung. Supaya cover dari makalah Anda kelihatan atraktif dan membuat pembaca merasa penasaran untuk mengetahui isinya. Sebaiknya pahami bagaimana struktur pembuatan cover yang baik dan benar.

• Judul Karya Penting diketahui, bahwasanya judul makalah merupakan unsur utama yang wajib dicantumkan di bagian sampul.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Dengan begitu, maka pembaca bisa tahu mengenai topik yang dibahas. Agar gampang dipahami, sebaiknya judul ini dibuat dengan jelas dan pastinya menarik. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan huruf kapital dan di bold. Jangan lupa kalau sebagian besar pembaca sudah akan memberikan penilaian mengenai menarik atau tidaknya suatu karya hanya dengan membaca judulnya.

Oleh karena itulah bagian ini harus dikerjakan dengan semaksimal mungkin. Jika perlu Anda menggunakan font size besar supaya tampak lebih menarik perhatian pembaca. • Tujuan Penulisan Karya Setiap karya tulis pasti dibuat dengan suatu tujuan tertentu. Supaya pembaca bisa mengetahuinya, pastikan Anda juga mencantumkan kalimat yang isinya adalah apa tujuan dari penulisan karya tersebut.

Sebaiknya tuliskan tepat di bawah judul dengan font lebih kecil dibandingkan judul. Selain itu, gunakan huruf kapital pada setiap awal kata. Secara spesifik, pencantuman tujuan pembuatan karya adalah guna memberikan suatu informasi lebih jelas. Terutama tentang alasan yang mendasari pembuatan karya. Dengan begitu, pembaca jadi paham kalau karya tersebut mempunyai fungsi yang jelas, baik itu tugas sekolah atau kuliah, baik individual maupun kelompok.

• Logo Dalam struktur karya penulis juga diharuskan untuk mencantumkan logo, yang menyesuaikan dengan dimana Anda menuntut pendidikan atau bekerja.

Logo memiliki fungsi sebagai identitas dari sekolah, instansi, atau lembaga dimana penulis bernaung. Dengan keberadaan logo, maka pembaca akan lebih mudah mengenali darimana penulis berasal. Peletakkan logo di bagian cover juga harus sesuai dengan struktur yang benar, yakni di tengah halaman.

Sementara itu, resolusi gambar logo juga harus diperhatikan, supaya warnanya tidak pecah ketika di print out. Hal lain yang sebaiknya jangan dilupakan adalah mengenai ukuran logo, jadi sesuaikan dengan kebutuhan supaya tampak balance.

• Nama Penulis atau Tim Penyusun Setelah logo terpampang dengan rapi, format selanjutnya adalah mencantumkan nama penulis atau tim penyusun.

Hal ini berfungsi untuk memperkenalkan siapa penulisnya kepada para pembaca, dan merupakan langkah pencegahan supaya karya tidak di klaim oleh pihak lain.

Apabila karya ditulis oleh satu orang, Anda tinggal menuliskan nama serta nomor identitas siswa atau mahasiswa saja. Sedangkan jika dikerjakan secara berkelompok, maka harus diurutkan berdasarkan abjad nama supaya kelihatan lebih rapi dan enak dibaca.

• Nama Instansi Dalam sampul karya juga wajib menyertakan nama instansi, baik itu sekolah, universitas, dan sebagainya. Untuk tingkat sekolah, maka penulis harus menyertakan program jurusan (jika ada).

Sementara tingkat perguruan tinggi mencantumkan nama jurusan, fakultas, dan kemudian diikuti universitas. Keberadaan nama instansi merupakan bukti tidak terbantahkan bahwasanya karya tersebut dinaungi oleh lembaga tertentu.

Perlu dipahami kalau bagian ini tidak boleh ditulis dengan singkatan. Misalnya Institut Teknologi Bandung, jangan ditulis ITB.

Hal tersebut dilakukan supaya tidak menimbulkan ambiguitas di kalangan pembaca. • Tahun dan Tempat Pembuatan Penulisan tahun serta tempat dimana karya dibuat, merupakan salah satu unsur yang umumnya dijadikan oleh pembaca untuk mengetahui relevansi tulisan.

Formatnya berada di bagian tengah, tepat di bawah nama instansi. Supaya lebih gampang, maka bisa memakai dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya Ctrl+A, kemudian Ctrl+E. Selain itu, adanya tahun serta tempat yang valid juga bisa menjadi bentuk orisinalitas karya. Disini, Anda juga bisa memilih untuk mencantumkan bulan juga, namun tidak wajib.

Karena sebenarnya tahun saja sudah cukup. Contoh Cover Makalah dan Proposal Paling Lengkap Ingin membuat cover tapi tidak tahu harus mulai darimana? Di bawah ini adalah contoh dari cover untuk makalah dan proposal yang bisa Anda jadikan panduan : Baca Juga : Contoh Pendahuluan 1. Contoh Cover Makalah Bahasa Indonesia MAKALAH FAKTOR PENYEBAB TERKIKISNYA KESUSASTRAAN INDONESIA Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Akhir dari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Letakkan logo instansi disini) Disusun oleh: Putri Anindya NIS 11308987 Sekolah Menengah Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2018-2019 Surabaya 2018 2.

Cover Makalah Sejarah MAKALAH SEJARAH DAN LATAR BELAKANG TERJADINYA PERJANJIAN LINGGARJATI Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Kelompok dari Mata Kuliah Sejarah (Letakkan logo instansi perguruan tingi disini) Disusun oleh : Doddy Susanto (201700008) Jerry Dinata (201700009) Tommy Arman (201700010) Zian Abdul (201700011) Zamil Kurniawan (201700012) Fakultas Pendidikan Universtas Asahan Sumatera Utara 2018 3.

Cover Makalah Agama Islam – Jenjang Pendidikan SMA MAKALAH HUKUM MAKAN MAKANAN HARAM SECARA TIDAK SENGAJA Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Sekolah untuk Semester Ganjil (Letakkan logo instansi disini) Disusun oleh : Jannah Layla (812379880) Nunun Khairani (762562390) Siti Aminah (093672981) Zaskia Mutmainah (563878728) Madrasah Aliyah Al – Manaar Jakarta Jakarta 2019 4.

Cover Makalah Ekonomi – Jenjang Pendidikan SMA MAKALAH PERKEMBANGAN EKONOMI MIKRO DAN MAKRO DI INDONESIA Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Sekolah untuk Semester Genap (Letakkan logo instansi disini) Disusun oleh : Jia Arianti – 562987651 Putri Oktavia Zulaika – 197566781 Susan Susanti – 356879899 Tika Pratiwi – 672143098 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2019-2020 Surakarta 2019 5. Cover Makalah Seni Budaya – Jenjang Pendidikan SMA MAKALAH TEKNIK MEMBUAT GERABAH MENGGUNAKAN TANAH LIAT Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Sekolah Mata Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya Seni Budaya (Letakkan logo instansi disini) Disusun oleh : Kemmi Rahardian (672654290) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2019-2020 Magelang 2019 6.

Cover Makalah Biologi – Jenjang Pendidikan SMA Jurusan IPA MAKALAH STUDI MENGENAI PENGARUH PUPUK ORGANIK TERHADAP TUMBUHAN PADI Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Akhir dari Mata Pelajaran Biologi (Letakkan logo instansi disini) Disusun oleh : Juwita Simatupang – 093267432 Joshua Simarmata – 02928367 Mahesa Utomo – 097654321 Sandi Ismara – 097658302 Zee Zaskia – 098098765 SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA METHODIST 6 SURABAYA SURABAYA 2019 7.

Cover Makalah Fisika – Jenjang Pendidikan SMA Jurusan IPA MAKALAH THE PROCESS OF MAKING OMELETTE Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Bahasa Inggris (Letakkan logo instansi disini) Disusun oleh : Annisa Maheswari (976510812) Jocelyn Jason (178350193) Johny Arman (02547109) Simon Frenda (972581072) Sekolah Menengah Kejuruan 1 Malang Tahun Ajaran 2019-2020 2019 9. Cover Makalah Akuntansi – Jenjang Pendidikan SMK MAKALAH ANALISIS LABA DAN RUGI CV.

CINTA DAMAI PADA RENTANG WAKTU ENAM BULAN Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Akuntansi (Letakkan logo instansi disini) Disusun oleh : Kesya Zulaika – 096109827 Saddam Siagian – 893514201 Satya Ibrahim – 095319872 Yunda Kamila – 017693451 Yuni Sahila – 02860261 Sekolah Menengah Kejuruan 3 Mojokerto Tahun Ajaran 2018-2019 2018 10. Cover Makalah Sosiologi – Jenjang Pendidikan SMA Jurusan IPS MAKALAH PROSES TRANSAKSI DAN SOSIALISASI DI PASAR TRADISIONAL Makalah ini Ditulis Guna Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Sosiologi (Letakkan logo instansi disini) Disusun oleh : Jenny Asmarani (627810982) Sony Setyawan (014729718) Suwadi Lubis (109725817) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Karanganyar T.A 2019/2020 2019 11.

Cover Proposal Halal bi Halal PROPOSAL KEGIATAN (Letakkan logo disini) Pendidikan dan Pelatihan Dasar/ DIKLATSAR XI KSR PMI di Unit STMIK AMIK ROYAL KISARAN KORPS SUKARELA PALANG MERAH (PMI) UNIT STMIK AMIK ROYAL KISARAN – ASAHAN ASAHAN 2019 (Letakkan logo PMI dan sponsor di bagian kiri paling bawah) 13.

Cover Proposal Penelitian UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA FAKULTAS ILMU SOSIAL POLITIK (Letakkan lambang universitas di sisi kanan tulisan di atas) -Bagian ini diisi dengan lambang lembaga/ instansi dimana penulis melakukan penelitian INTERNSHIP PROPOSAL Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta Diajukan Oleh : Amy Kirana (098262827) Sari Amelia (092783819) Suherman Ali (016783927) 2019 14.

Cover Proposal Usaha PROPOSAL MAHASISWA WIRAUSAHA KULINER (SNACKS/ MAKANAN RINGAN) SEBLAK PETIR SEBLAK ANEKA LEVEL & TOPPING (Logo diletakkan disini – tengah) Lia Zubaeda 0987654 2017 Ketua Pend.

Teknologi Agroindustri FPT Mou Sambada 0123456 2017 Anggota Pend. Teknologi Agroindustri FPT Rani Aminah 0678254 2018 Anggota Pend.

Teknologi Agroindustri FPT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI AGROINDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI & KEJURUAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2019 15. Cover Proposal – Usaha Mitra Mandiri PROPOSAL MITRA MANDIRI Rumah Produksi : PAKAN IKAN ORGANIK, UNTUK IKAN LELE, NILA, MUJAIR (Letakkan gambar berbagai jenis ikan dengan menarik disini) Ds. Jatirejo RT.01/RW.03 No. 22 Kec. Kalijati – Karawang (Patokan Toko Bakpia Suka Suka) Telp.

0982 1876 0987, 0813 7266 9182 16. Cover Proposal – Kegiatan Olahraga (Desain di bagian sisi kanan atas) FESTIVAL OLAHRAGA SMA NEGERI 1 BANDUNG “GENERASI MUDA UNGGUL” Tahun 2019 (Tuliskan lokasi alamat dimana sekolah, universitas, atau instansi) PROPOSAL FESTIVAL OLAHRAGA SMANSA SMA NEGERI 1 BANDUNG Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya 2019 (Desain logo kegiatan letakkan disini) PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 1 BANDING (Cantumkan alamat beserta nomor telepon official) 17.

Proposal Kegiatan – Ideas Fair (Logo universitas) (Logo organisasi) (Nama kegiatan) IDEAS FAIR UI 2020 PROPOSAL SPONSORSHIP “UI IDEAS FAIR 2020” Nomor Proposal : 1/SPt/IDEAS-FAIR/PKBB/BEM-UI/IX/2020 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA 2020 Kompleks (Isi dengan nama universitas) (Alamat kampus) (Provinsi dan kode pos) (Email) (Telp) (Fax) 18. Proposal Kegiatan – BAKTI KEPADA PT.

VAREM INDONESIA SUMATERA UTARA PERMOHONAN BANTUAN DARI BINA LINGKUNGAN (CSR) (Nama usaha beserta ilustrasi desain produk) BURGER JAMAICA DATA PRIBADI Nama : JESSICA MALACCA Alamat : Junjungan Utara I No.

12 Yogyakarta No Hp : 085312774692 E-mail : [email protected] Nama Usaha : Burger Jamaica Jenis Usaha : Kuliner (Makanan Ringan) Alamat Usaha : Melati Park Yogyakarta 21.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Contoh Cover Makalah SMA MAKALAH PENELITIAN : MENGAPA PELAJAR SEKARANG MALAS MENGAMBIL LES TAMBAHAN Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas sekolah sementer genap “Logo Instansi” Disusun Oleh : Abdul Roqib 078767876 Muhammad Zenuri 987654567 Ilham Setyawan 987887678 Muhammad Aziz 897898789 Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Sidoarjo Sidoarjo 2020 22. Contoh Cover Tugas Sekolah MAKALAH PALANG MERAH INDONESIA : SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir Pendidikan Jasmani dan Kesehatan “Logo instansi” Disusun oleh : Muhammad Riski Ridho NIS 083873638 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sidoarjo Tahun Ajaran 2019-2020 Sidoarjo 2020 Cara Membuat Cover Proposal Paling Mudah Sebelumnya telah dibahas mengenai bagaimana cara membuat cover makalah, dan bagaimana formatnya.

Disini harus dipahami, kalau makalah itu berbeda dengan proposal, begitu pula langkah-langkah membuat sampulnya. Bagi Anda yang aktif dalam organisasi, pastinya sudah sangat familiar dengan proposal.

Namun untuk yang baru gabung, mungkin masih merasa asing dengan hal ini.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Kalau Anda belum paham mengenai perbedaan antara makalah dan proposal, maka sebenarnya mengenalinya tidaklah sulit. Makalah merupakan karya bersifat formal sehingga terkesan sangat kaku karena biasanya dikerjakan guna memenuhi tuntutan tugas. Sementara proposal sifatnya lebih fleksibel, dan penulis atau tim penyusun bebas berkreatifitas. Di bawah ini adalah beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam membuat cover untuk proposal : • Desain Cover Pada Proposal Penggunaan desain pada bagian sampul proposal berfungsi untuk menarik perhatian dari pembaca.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi penulis untuk memperhatikan tingkat keunikan desain cover yang akan diaplikasikan. Karena pada poin ini Anda memang dituntut untuk mengerahkan kreatifitas terbaik. Semakin bagus desain cover, semakin besar pula peluang untuk membuat pembaca merasa tertarik. Apalagi pada proposal sponsorship, jangan sampai pembaca kehilangan minat sejak awal melihat proposal.

Beberapa ciri desain yang umumnya digunakan dalam proposal adalah bentuk geometris, warna minimalis, terdapat image fotografi, dan sebagainya. • Komponen Sampul Selain desain yang atraktif, komponen lain yang harus terdapat dalam sampul proposal juga perlu diperhatian. Anda harus tahu bagian apa saja yang wajib dicantumkan di halam ini, contohnya nama kegiatan lengkap dengan waktu pelaksanaan. Kemudian diikuti judul proposal, lalu tim penyusun, dan yang terakhir adalah tagline menarik.

Dalam setiap penulisan karya, bagian sampul memang harus mendapatkan perhatian ekstra. Apalagi kalau nantinya karya tersebut akan dilempar ke publik. Sampul yang kurang menarik akan membuat potential readers kehilangan minat untuk membaca. Oleh sebab itu, selain judul yang bermuatan menjual, Anda juga harus memilih desain apik, khususnya untuk cover proposal atau buku.

Trik Membuat Cover Buku Supaya Tampak Menarik Selain pada makalah dan proposal, cover juga merupakan unsur penting yang wajib ada pada sebuah buku. Tidak peduli buku fiksi, maupun non fiksi. Berbeda dengan cover pada makalah, membuat sampul dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya bisa dibilang merupakan yang tersulit. Selain harus mengusung judul dan tema menarik, desain yang dipakai juga dituntut unik supaya pembaca merasa penasaran. Di bawah ini adalah beberapa trik ampuh yang bisa diaplikasikan supaya cover buku Anda lebih memiliki nilai jual ke publik : • Tema Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat desain cover adalah menyesuaikan dengan tema.

Jangan sampai desain yang dipakai malah tidak nyambung dengan isi novel. Sebenarnya sah saja menggunakan gambar serta desain bersifat komersial. Tapi usahakan sesuai tema yang diangkat, supaya pembaca tidak merasa kecewa nantinya.

Misalnya saja pada buku genre romantic novel berjudul “Patah Hati”, maka Anda bisa memakai gambar yang melukiskan rasa luka, dan sebagainya. Bukan malah menggunakan desain seperti pemandangan alam yang indah, karena sama sekali tidak ada hubungannya dengan tema yang diangkat.

• Grafis dan Font Selanjutnya adalah menentukan grafis serta font yang akan dipakai. Umumnya grafis ini dibuat senada dengan tema. Dalam pembuatan sampul buku, maka ada banyak sekali pilihan untuk grafis yang bisa digunakan, mulai dari gambar abstrak, foto ilusi, doodle art, dan beragam tema lain yang sesuai dengan topik cerita dalam buku.

Sementara untuk bagian font, Anda bisa bebas memilih tapi sesuaikan supaya tetap nyambung dengan isi. Umumnya font pada buku memiliki 2 pilihan, yakni stylish untuk buku jenis non formal, serta font normal pada jenis buku sekolah atau bacaan ilmiah. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah kata supaya bisa pas dan cantik pada cover. • Opsi Warna Ingin cover buku kelihatan lebih menarik? Anda harus cermat dalam memilih sentuhan warna yang akan diaplikasikan.

Disamping itu, perlu diperhatikan kalau setiap kertas mempunyai kemampuan serap berbeda. Jadi, kenali jenis kertas apa yang akan digunakan untuk mencetak buku.

Bukan hanya kertas, alat cetak juga memiliki level dan tingkatannya sendiri. Untuk lebih dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya, maka bisa tanyakan langsung kepada pihak penerbit. Dengan begitu, maka hasil cetakan yang didapatkan juga bisa bagus, dan pastinya warnanya menarik dipandang mata. • Menyesuaikan dengan ekspektasi pembaca Karena buku Anda nantinya akan dijual ke publik, maka penting bagi penulis untuk mengetahui atau memprediksi ekspektasi pembaca.

Apa yang diharapkan untuk dilihat, dan apa yang membuat orang merasa harus membeli buku Anda? apalagi setiap orang memiliki sudut pandang dan ekspektasi berbeda. Jadi, harus disesuaikan dengan pasarnya. • Menentukan Nuansa Menghadirkan sebuah nuansa pada cover buku adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan penulis. Namun sayangnya masih kerap diabaikan. Padahal, nuansa ini merupakan salah satu senjata ampuh untuk membawa pembaca menyelami tema yang diangkat.

Dengan begitu, calon pembeli merasa tertarik meskipun hanya melihat sekilas. Nuansa ini juga harus senada dengan tema. Tentukan apakah Anda ingin menghadirkan nuansa yang ceria, sedih, haru, biru, dan sebagainya. Selain itu, nuansa sebenarnya bukan melulu bisa ditampilkan dalam goresan warna. Tapi juga dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya simbol atau lambang yang dimasukkan.

Sehingga elemen yang ingin dihadirkan lebih menonjol. • Menentukan Objek Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya sampul buku Anda tampak lebih menarik perhatian, khususnya saat dijajarkan dengan buku lain. Penulis harus bisa membuatnya kelihatan unik dan berbeda. Salah satu triknya adalah dengan mengusung objek yang kontras dengan bagian background. Di samping itu, bisa juga dengan memposisikan objek yang disorot warna terang di area tengah.

Objek yang tampil menonjol bukan hanya memiliki nilai seni, namun juga bisa membuat buku kelihatan beda. Meskipun begitu, jangan sampai objek yang dipilih out of topic. Karena karakter harus dapat mewakili isi di dalam buku. Dengan objek yang tepat, maka Anda secara tidak langsung juga menyampaikan kesan dan pesan lewat gambar.

• Membuat Empty Space Kesan pada sebuah buku bukan hanya ditentukan oleh penggunaan multi-color atau warna yang beragam. Tapi desain minimalis juga tidak kalah mencuri perhatian. Pada beberapa buku, empty space atau menghadirkan ruang kosong malah berhasil membuat buku tersebut kelihatan lebih unik. Namun, pastikan kalau judul juga mendukung untuk empty space ini. • Fokus Objek Setiap penulis memiliki selera dan gaya uniknya masing-masing.

Namun dalam membuat cover, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu fokus pada objek. Jadi, tidak peduli apakah Anda menggunakan satu karakter menonjol, atau beberapa elemen objek sekaligus.

Hal terpenting adalah fokus untuk meningkatkan kualitas desain, maupun warnanya. Dengan begitu, maka siapapun yang melihat juga bisa menangkap secara jelas maksud dari buku tersebut. Jangan sampai memisahkan objek menjadi beberapa bagian, karena selain membuang waktu, juga membuat cover buku kelihatan kotor dan absurd. • Menambahkan Teaser Supaya sampul tampak lebih menjual, penulis bisa menambahkan teaser atau tagline. Karena desain bagus saja tidak cukup, apalagi saat ini ada banyak sekali penulis yang hadir dengan objek atraktif dan kekinian.

Untuk memancing ketertarikan pembaca, Anda bisa memberikan tagline dengan menceritakan sisi paling menarik dari buku tersebut. Meskipun, sebaiknya teaser tidak dihadirkan secara berlebihan. Jadi, cukup menggunakan font sederhana saja, yang penting bisa dibaca dengan jelas. Teaser bukan hanya penting untuk buku fiksi, namun juga non fiksi. • Mencantumkan Endorsement Elemen lain yang bisa membuat pembaca berminat dengan buku Anda adalah endorsement, atau pendapat mengenai buku tersebut.

Umumnya pendapat tersebut berisi tentang keunggulan dan sisi menarik dari buku. Semakin famous individu atau pihak yang merekomendasikan karya Anda, maka semakin tinggi pula nilai jualnya.

Bagaimana cara mendapatkan endorsement kepada public figure? Anda bisa langsung melayangkan surat permintaan kepada orang tersebut. Tentunya dengan menyertakan versi cetak maupun soft file. Jika masih merasa ragu, maka bisa tanya terlebih dahulu apakah orang tersebut bersedia menjadi endorser atau tidak.

• Blurb Mungkin sebagian orang belum tahu apa itu blurb. Dalam sampul, blurb itu adalah penjelasan ringkas tentang isi buku. Pastinya Anda harus menyajikannya dengan kreatif sehingga memiliki daya pikat tersendiri. Blurb umumnya berada di cover bagian belakang. Perpaduan desain dan blurb yang bagus pasti akan membuat buku jadi lebih menarik.

• Meminta Review Sebagai penulis dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya, maka Anda sebaiknya memahami keinginan pembaca. Salah satunya adalah dengan cara meminta review atau masukan dari penggemar. Disini, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan sebuah cover bagus. Misalnya saja dengan memberikan beberapa opsi agar dipilih pembaca.

Meskipun hanya terdiri atas satu halaman, namun sampul memainkan peran yang sangat penting dalam keberhasilan sebuah karya tulis.

Oleh sebab itu, sebaiknya kerahkan kemampuan terbaik saat mulai membuat cover. Tentunya supaya pembaca bisa mendapatkan kesan dan merasa penasaran tentang pembahasan yang ingin penulis sampaikan. Demikian contoh cover yang bisa kami berikan.

Tentunya dengan adanya contoh cover diatas bisa menambah wawasan serta referensi lebih. Categories Administrasi Tags contoh contoh cover makalah, contoh cover buku, contoh cover kliping, contoh cover laporan, contoh cover makalah tulis tangan, contoh cover proposal, contoh cover tugas sekolah, cover makalah sma Post navigation
Seringkali kita menganggap remeh keberadaan dari surat lamaran atau yang kerennya disebut sebagai cover letter.

Oleh karena itu, tidak heran kalau kita sering melihat contoh cover letter yang nyaris serupa. Informasi yang dimuat ketika membuat cover letter hanya berisi salam pembuka, memberikan informasi identitas diri, sumber informasi lowongan, posisi yang ingin dilamar, lalu selesai. Ujung-ujungnya, kamu hanya melakukan copy-paste template tersebut untuk semua pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Jangan dicontoh ya Quipperian! Memang tidak ada salahnya kalau kita menyebutkan informasi mengenai identitas diri seperti nama, tanggal lahir, alamat, nomor kontak kepada perusahaan yang ingin kita lamar di dalam cover letter. Namun, apakah memang segitu pentingnya? Karena toh informasi tersebut sudah kamu tuliskan secara lengkap di dalam curriculum vitae (CV) yang kamu lampirkan. Lalu, apa sih sebetulnya yang perlu kamu persiapkan untuk membuat cover letter agar bisa memberikan dampak yang lebih?

Tips Menulis! Tujuan dan Cara Membuat Cover Letter Tujuan Membuat Cover Letter Sebagai sesuatu yang pertama kali dilihat oleh perekrut, tentu keberadaan surat lamaran kerja menjadi sangat penting untuk menimbulkan kesan pertama yang tak ingin terlupakan bukan?

Walaupun memang tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas diri seseorang tak hanya muncul dari tampilan sekilas, apalagi dari sekadar surat pengantar di cover lettertapi jangan anggap remeh keberadaan cover letter ini ya! Karena, first impressions are always important. Pada dasarnya, cover letter ditulis untuk: • Memperkenalkan diri. • Mempromosikan diri dan memberikan alasan kuat kenapa kamu adalah kandidat yang paling tepat untuk lowongan pekerjaan tersebut. • Memberikan penjelasan kenapa kamu tertarik dan kontribusi apa yang bisa kamu berikan.

Cara Membuat Cover Letter Kalau sudah tahu tujuan dari cover letter, tentu akan mempermudah kamu dalam menuliskannya bukan? Coba kita kulik satu persatu. Yang dimaksud dengan memperkenalkan diri bukan berarti menyebutkan nama alamat seperti informasi yang kamu tulis di KTP ya Quipperian!

Kamu perlu menyebutkan siapa diri kamu, sehingga dianggap cocok dengan pekerjaan tersebut. Misalnya dengan menyebutkan lulusan dan pengalaman kamu di bidang tersebut dalam kalimat singkat. Kedua adalah mempromosikan diri.

Jangan ragu untuk menuliskan setiap keunggulan yang kamu miliki sehingga perekrut yakin bahwa kamu memang kandidat yang paling sesuai dengan posisi yang mereka cari.

Meski belum memiliki pengalaman yang cukup karena kamu fresh graduatekamu bisa menuliskan tentang pengalaman kamu dalam berorganisasi, magang, atau informasi mengenai tugas akhir yang kamu kerjakan karena sesuai dengan bidang yang kamu lamar.

Karakter diri yang positif juga bisa menjadi nilai lebih. Pastikan kamu menulis ini semua dalam paragraf yang sederhana ya! Ketiga adalah menjelaskan kenapa kamu tertarik dengan posisi ini. Pada bagian ini, kamu bisa menyebutkan mengenai keinginan yang kamu harapkan, seperti mendapatkan pengalaman baru, memperluas jaringan bisnis, membuka peluang untuk berkarier di perusahaan multinasional, dan seterusnya.

Pastikan juga untuk menuliskan kontribusi yang bisa kamu berikan jika kamu berada di posisi tersebut. Setelah tujuan penulisan cover letter tercapai, jangan lupa menutupnya dengan baik ya Quipperian. Berikan penjelasan kalau kamu sudah melampirkan CV dan bersedia untuk dihubungi untuk informasi yang lebih lengkap. Agar kamu makin paham, berikut adalah kerangka cover letter yang sering menjadi rujukan. Kerangka Cover Letter Secara umum, terdapat tiga bagian utama yang bisa kamu temukan di dalam cover letter : Pembuka.

Seperti halnya surat resmi, pada cover letter atau surat lamaran kerja juga perlu dituliskan tujuan dari isi surat yang kamu susun.

Pastikan kamu menulis nama dan jabatan dari seseorang di perusahaan yang kamu lamar. Jangan lupa, tulis juga tanggal kapan surat tersebut kamu susun. Untuk mengetahui bagaimana cara penulisan yang benar, ingat kembali pelajaran dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya Indonesia yang kamu pelajari di bangku sekolah ya. Contoh: Jakarta, 25 Februari 2021 Kepada yth Bapak Wahyu Purnomo HRD Manager PT Quipper Edukasi Indonesia Isi surat.

Ini adalah bagian paling penting dari keberadaan cover letter. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu perlu memperhatikan tujuan dan cara membuat cover letter agar bisa membuat isi yang berbobot. Penutup. Terakhir jangan lupa sampaikan salam penutup, yang dilengkapi dengan nama lengkapmu di bagian akhir.

Salam penutup harus senada dengan salam pembuka yang kamu gunakan, tergantung dengan posisi dan latar belakang perusahaan yang kamu lamar. Jika perusahaan itu memperhatikan kemampuan berbahasa asing, sangat disarankan untuk menggunakan bahasa asing. Sebagai tambahan, beberapa cover letter ada juga yang menuliskan informasi diri di bagian header halaman.

Informasi yang dituliskan di sini ditujukan untuk mempermudah perusahaan agar bisa langsung menghubungi jika merasa tertarik untuk memproses kamu pada tahapan berikutnya.

Oleh karena itu, kamu bisa menuliskan nama lengkap, alamat, email, serta nomor HP yang bisa dihubungi. Meskipun begitu, bagian ini sifatnya tidak wajib, karena informasi ini sebetulnya sudah kamu sebutkan di dalam CV yang kamu kirimkan. Tips Menulis! Meski sudah cukup yakin dengan isinya, cek lagi beberapa tips di bawah ini untuk memaksimalkan hasil dari cover letter yang kamu susun. • Menulis cover letter dalam bahasa Inggris memperlihatkan kemampuan kamu untuk bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa tersebut.

Kamu juga dapat menuliskan dalam bahasa Indonesia, selama posisi yang kamu tuju tidak menuntut keahlian berbahasa asing. • Kenali dirimu terlebih dahulu, agar kamu bisa mempromosikan diri dengan maksimal.

Kamu bisa menggali informasi dari orang tua atau sahabat dan orang terdekat. • Jangan terlalu panjang. Umumnya terdiri dari 3-4 paragraf. • Jangan sampai salah menuliskan nama posisi dan perusahaan yang kamu tuju. Baca ulang dari awal setiap cover letter yang kamu tulis. • Cari informasi dan lakukan riset tentang posisi dan perusahaan yang kamu incar, dan kenali lebih jauh keahlian yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. • Pelajari kembali sistematika dan tata cara penulisan surat lamaran kerja agar kamu bisa membuatnya dengan maksimal.

Cari tahu detail informasi tentang bermacam-macam profesi di halaman Quipper Campus. Terdapat info mengenai peran dan tanggung jawab, keahlian yang dibutuhkan, jenjang karier, gambaran gaji awal, info penting tentang profesi tersebut, hingga tokoh yang bisa menjadi inspirasi untukmu. 10 Prospek Kerja Teknologi Pangan, Adakah yang Sesuai. April 30, 2022 Kolaborasi Kalbis Institute dan Huawei ICT Academy Tingkatkan. April 29, 2022 Sepak Terjang Alumni Penting Universitas Maranatha di Berbagai.

Maret 18, 2022 Mau Berkecimpung di Dunia Kuliner? Pahami Apa Saja. Maret 18, 2022 Sudah Paham Apa yang Dimaksud Energi Terbarukan? Maret 18, 2022 13 Pilihan Jurusan yang Prospek Kerjanya Bagus untuk. Maret 8, 2022 Daftar Isi • Cara Membuat Cover Buku • Unsur-unsur pada Cover buku (sampul buku) • 1.

Judul Buku • 2. Nama Pengarang atau Penulis • 3. Penerbit • 4. Deskripsi Singkat • 5. Desain atau Ilustrasi • Contoh Cover Buku • Contoh Cover Non Fiksi • Contoh Cover Fiksi • Aplikasi dan Cara Membuat Cover Buku • 1. Cara membuat cover buku dengan photoshop • 2.

Cara membuat cover buku dengan dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya draw • 3.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Cara membuat cover buku dengan paint • 4. Cara membuat cover buku dengan powerpoint • 5. Cara membuat cover buku dengan word 2013 Cara Membuat Cover Buku Gambar cover buku otot manusia - goodreads Mungkin kalian pernah bertanya, mengapa cover yang baik harus memenuhi unsur-unsur cover? Yang jelas, ragam desain cover buku menjelaskan betapa pentingnya suatu visualisasi, para desainer berlomba membuat cover, untuk itu menarik perhatian pembaca.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Seorang desainer harus dapat melihat peluang dan mengerti kebutuhan pasar terkini. Kenapa demikian? Sederhananya, dengan desain yang modern tentunya akan menjadi nilai plus pada buku tersebut, sehingga akan banyak orang melilirik, membaca, dan tentunya berujung pada pembelian. Sebutkan unsur-unsur pada sampul buku? Unsur unsur pada cover buku adalah kaidah yang harus diperhatikan seorang desainer dalam membuat cover, sehingga menjadi sebuah karya yang menarik, mengundang penasaran, dan enak dipandan.

berikut ini adalah beberapa unsur tersebut. Baca juga : Jelaskan unsur fisik dan non fisik seni rupa Unsur-unsur pada Cover buku (sampul buku) Unsur fisik cover buku adalah nilai jual utama dari sebuah buku, dimana sebuah konsep penyampaian dalam bentuk visual. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mendesain cover buku: 1. Judul Buku Pada saat mendesain cover, judul buku harus terlihat dominan, sehingga pembeli mengetahui judul buku tanpa harus menerka-nerka, bahkan sampai tidak tahu judulnya yang mana.

2. Nama Pengarang atau Penulis Nama lengkap dan gelar penulis harus diperhatikan, jangan sampai salah ketik atau bahkan tidak nampak, sehingga pembaca setia dari karya seseorang mengetahui, bahwa buku itu adalah buku karangan idolanya.

3. Penerbit Penerbit buku adalah perusahaan yang menerbitkan buku. Biasanya ditampilkan pada cover buku bagian belakang, walau ada beberapa desain yang menampilkannya di bagian depan, tetapi tidak dominan bahkan sampai menutupi cover.

Logo penerbit yang ditampilkan pada halaman depan, biasanya pada pojok kanan atas, atau di bawah pada bagian tengah (center). Ini bukan sebagai patokan, karena dapat berubah disesuaikan dengan desain cover.

Sebetulnya 3 unsur cover di atas sudah cukup mewakili sebuah buku, namun dua point di bawah ini akan memberikan nilai tambah, sehingga cover lebih menarik pembaca. 4. Deskripsi Singkat Deskripsi cover di bagian depan, biasanya hanya 2 atau 3 baris saja, yang dapat mewakili isi buku, atau hanya berupa caption untuk menarik pembaca.

Sedangkan Deskripsi cover bagian belakang atau sinopsis buku, biasanya lebih panjang dari 5 baris, sehingga dapat memberikan penjelasan lebih rinci dari isi buku, namun tetap menggantungkan ceritanya, sehingga pembaca penasaran membeli buku atau novel tersebut.

5. Desain atau Ilustrasi Mengapa cover buku harus mewakili isi buku? Desain cover buku anak lebih banyak menggunakan ilustrasi yang penuh dengan warna dan gambar, tentunya disesuaikan dengan isinya, sehingga tanpa membaca dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya sinopsis, pembaca sudah tahu buku itu tentang apa.

Desain cover novel remaja atau dewasa, biasanya simple atau bahkan sederhana, namun tidak menutup kemungkinan juga full dengan ilustrasi, jadi kembali lagi pada isi dari buku atau novelnya. Misalnya saja desainer akan membuat buku non fiksi yang berhubungan dengan cara kerja otot manusia, tentunya gambar cover buku otot manusia adalah yang harus paling dominan, sehingga memvisualisasikan isi buku. Unsur-unsur dan ragam desain dalam membuat gambar cover, desainer harus dapat melihat lebih dalam tentang desain cover buku, mulai dari warna, jenis huruf, garis, backgorund, dll.

Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang desainer: • Keseimbangan (Balance) • Keserasian (Harmony) • Kesatuan (Unity) • Kontras • Irama (rhythm) • Proporsi (proportion) • Dominasi (Domination) • Keberagaman (Variety) • Skala (Scale) • Penekanan (Emphasis) Contoh Cover Buku Sebutkan jenis-jenis cover buku?

ada banyak sampul atau cover buku yang menarik. Berikut ini adalah beberapa contoh ragam desain gambar cover buku, yang menurutku bagus dan mengikuti unsur unsur di atas, diantaranya. Contoh Cover Non Fiksi Buku fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan data, sifatnya mengedukasi dan informatif yang menggunakan bahasa lugas (denotatif) tanpa kiasan. Contoh cover buku non fiksi - gramedia Contoh Cover Fiksi Buku fiksi adalah buku yang isinya berupa karangan, hasil imajinasi pengarang, disusun menggunakan bahasa kiasan membuat pembaca berimajinasi.

Contoh cover buku fiksi - gramedia Baca juga : – Penerbit buku terkenal di Indonesia – Contoh gambar cover buku Aplikasi dan Cara Membuat Cover Buku Ada banyak aplikasi untuk membuat cover buku, dari mulai yang berbayar atau yang gratis, semua dapat digunakan sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan masing-masing. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat novel sendiri, beberapa aplikasi di bawah ini mungkin akan membantu.

Berikut ini beberapa aplikasi (software) yang dapat kalian gunakan, simak juga video membuat cover bukunya. 1. Cara membuat cover buku dengan photoshop Software photoshop adalah perangkat lunak yang sering digunakan dalam membuat cover, walau begitu, banyak sekali fotografer digital juga perusahaan iklan memanfaatkan ini untuk memanipulasi gambar yang kurang sempurna.

Photoshop dapat dikatakan sebagai software yang multi platform karena dapat digunakan pada Operating Sysrem (OS) Windows maupun Macintosh milik apple. Video di bawah ini adalah tutorial cara membuat cover buku menggunakan photoshop: 2. Cara membuat cover buku dengan corel draw Coreldraw adalah sebuah software yang menitikberatkan editing pada garis vektor. Beberapa penerbit, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya kedua software ini, jadi tidak hanya menggunakan coreldraw saja.

Sayangnya, untuk kamu yang menggunakan apple, software hanya tidak tersedia pada OS WIndows saja, karena Berikut ini cara membuat cover buku menggunakan photoshop: 3. Cara membuat cover buku dengan paint Paint adalah software yang disediakan gratis oleh Microsoft Windows, biasanya pada komputer atau laptop yang menggunakan operating sistem windows, software ini sudah ada tanpa harus diinstall lagi. Software ini tidak direkomendasikan untuk membuat cover, karena tools yang terdapat pada aplikasi ini sangat sederhana, jadi tidak mendukung untuk mengelola foto atau gambar secara maksimal.

Walaupun demikian, jika tetap ingin mencobanya, silakan simak video membuat cover buku menggunakan paint di bawah ini. 4. Cara membuat cover buku dengan powerpoint Sama dengan paint, software microsoft powerpoint biasa digunakan untuk membuat presentasi, tetapi microsoft menyediakan template pembuatan cover. Template yang disediakan hanya untuk desain sederhana. Cover yang disediakan hanya untuk membuat sampul buku laporan penelitian atau tugas sekolah dan kampus saja. Jika tetap ingin mencoba membuatnya, silakan ikuti videonya: 5.

Cara membuat cover buku dengan word 2013 Microsoft Word dan Powerpoint adalah aplikasi yang bisa dikatakan sama, bedanya word digunakan untuk menulis surat atau keperluan membuat laporan. Template yang disediakan juga sama, jadi tidak direkomendasikan untuk cover buku komersil. Berikut video yang akan menjelaskan proses membuat cover menggunakan MS Word: Close • APA INI ?

• Tentang Kami • Aturan Main • KATEGORI • Berita Anak • Parenting Indonesia • Cerita Anak • Cerita Bersambung • Cerita Lucu • Cerita Misteri • Cerita Pendek • Dongeng Anak • Gambar Anak • Legenda • Ide Kreatif • Pelajaran Sekolah • Puisi Anak • Tes Kepribadian • Tugas Sekolah • HUBUNGI KAMI • facebook • twitter • instagram • pinterest • youtube
Contoh cover makalah menjadi salah satu hal yang penting bagi setiap siswa maupun mahasiswa, apalagi ketika oleh guru atau dosen diminta buat membuat makalah.

Pasti butuh template dan contohnya bukan? Nah kali ini Gramedia akan berbagi insight sedikit seputar cover makalah mulai dari pengertian, ciri, format sekaligus contohnya. Tidak lupa, kita juga kasih template format word atau .doc yang siap download agar Gramedians bisa langsung edit dan menggunakannya untuk kepentingan tugas sekolah / kuliah kalian semua.

Semoga bermanfaat.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Rp 85.000 • A. Pengertian Cover Makalah • Anda Mungkin Juga Menyukai • B. Ciri Cover Makalah Yang Baik • C. Format Bagian Cover Makalah • 1. Judul Makalah • 2. Tujuan Makalah • 3. Logo Makalah • 4. Data penyusun • 5. Identitas Lembaga (Sekolah, universitas, fakultas, maupun jurusan) • D. Contoh Cover Makalah • 1. Contoh Cover Skripsi / Tesis / Disertasi • 2. Contoh Cover Makalah SD / SMP / SMA • 3.

Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah • Download Template Cover Makalah SD, SMP, SMA dan Kuliah • Contoh Cover Makalah Jenis APA, MLA, Chicago/Turabian, dan IEEE • 1. Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format APA • Judul Makalah • Nama penulis • Nama jurusan dan universitas • Nama instruktur • Tanggal penugasan • 2. Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format MLA • 3. Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format Chicago/Turabian A.

Pengertian Cover Makalah [Download File] Cover makalah merupakan tampilan pertama yang akan dilihat sebelum beranjak ke isi dan yang lainnya. Untuk itu cover makalah merupakan informasi utama yang berkaitan dengan penulisan, baik judul, nama penulis.

Identitas, dan hal lain yang diperlukan. Fungsi cover (halaman sampul) agar memungkinkan pembaca lain untuk mengidentifikasi pekerjaan y secara sekilas, tetapi juga dapat membantu tugas Anda terlihat lebih rapi dan lebih profesional. Secara umum cover makalah menjadi salah satu etika yang tidak boleh dilewatkan dalam penulisan, baik makalah maupun karya ilmiah yang lainnya.

Makalah akan dinilai kurang etis ketika tidak memiliki cover, meski isi makalah tersebut sangat baik. Dalam fungsi dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya cover makalah adalah untuk kerapihan dari sebuah pekerjaan yang telah dilakukan.

Selain cover makalah, terdapar berbagai hal penting untuk membuat makalah yang baik. Pelajari cara membuat makalah melalui buku 8 Langkah Praktik Menulis Makalah Sains Di Jurnal Ilmiah Sebagai Penulis Pertama. B. Ciri Cover Makalah Yang Baik Sebuah makalah yang baik dapat dilihat dari isinya dan perlu membacanya dengan seksama, namun cover makalah yang baik akan mudah dilihat dan langsung dapat dinilai. Meski terdapat istilah “jangan menilai buku dari covernya” pernyataan itu ada benarnya.

Hanya saja kita tidak bisa mengabaikan cover, untuk itu terdapat beberapa syarat agar Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya makalah dikatakan baik. Pertama berisi informasi penting seperti judul, nama penulis, identitas lembaga, dan tahun pembuatan. Kedua layout yang digunakan biasanya 4x3x3x3 cm. Ketiga, untuk makalah yang bersifat akademik dan tugas perkuliahan biasanya memiliki orientasi portrait, sangat jarang menemukan cover makalah dari sebuah tugas berbentuk landscape.

Agar lebih jelas pada pembahasan berikutnya akan dijabarkan fungsi dari tiap-tiap bagian cover makalah. C. Format Bagian Cover Makalah Souce : https://www.ui.ac.id/download/files/Pedoman-TA-UI-2008.pdf 1. Judul Makalah Judul makalah harus disajikan dalam sebuah dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya.

Bagian ini harus ditulis secara lengkap agar informasi tersampaikan kepada pembaca. Judul juga sebisa mungkin dibuat eye catching sehingga menarik perhatian pembaca dan dapat menggambarkan isi makalah. Bagian paling utama dan teratas adalah judul makalah. Judul bisa diletakkan pada bagian tengah cover dan dituliskan secara lengkap. Biasanya Standar penggunaan huruf pada penulisan judul makalah adalah Arial, Calibri atau New Roman dan tentunya harus menggunakan huruf kapital dan bold.

2. Tujuan Makalah Tujuan makalah ditulis secara singkat agar pembaca mengetahui informasi mengenai maksud dari pembuatan makalah tersebut. Tujuan makalah ditulis Setelah judul. Pada beberapa makalah bagian Tujuan makalah ini juga bisa diletakkan pada bagian sub judul.

Format penulisannya lebih kecil dari judul utama. Contoh Tujuan Makalah: “Makalah ini disusun untuk Memenuhi Syarat Ujian Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

3. Logo Makalah Logo yang di insert pada cover makalah biasanya yang berkaitan dengan instansi dimana penulis menimba ilmu, seperti sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan lainnya. Posisi logo pada contoh cover makalah dibuat secara center (tengah) dengan Ukuran panjang maupun lebarnya pun harus presisi sehingga terlihat proporsional. hindari membuat logo atau gambar dengan ukuran yang terlalu kecil ataupun besar, umumnya logo dibuat dalam ukuran 5×5 cm.

4. Data penyusun Selanjutnya adalah data atau identitas penyusun makalah arus dicantumkan. Identitas tersebut biasanya berupa nama atau nomor pokok dari pemilik identitas, selain itu siapanya bisa individu atau kelompok. Untuk data penulis kelompok seluruhnya ditulis dengan urutan abjad. Penyusunan in bertujuan untuk membedakan dengan pemilik makalah lain. 5. Identitas Lembaga (Sekolah, universitas, fakultas, maupun jurusan) Selain nama pembuatan makalah, perlu juga menuliskan nama universitas/sekolah, fakultas, jurusan sebagai lembaga yang dijadikan tempat menempuh pendidikan.

Pada bagian ini ditulis di bagian bawah cover makalah. Setelah itu diakhiri dengan tahun Pembuatan makalah. Semua bagian ini dibuat secara center (tengah) dan presisi.

Untuk lebih memahami bagaimana membuat cover makalah yang baik, berupa susunan huruf, kata, kalimat, paragraf, dan masih banyak lagi. Buku Teknik Kilat Menulis Makalah Seminar, Presentasi, Proposal Skripsi, Tesis dan Disertasi dapat Grameds jadikan sebagai referensi. D. Contoh Cover Makalah 1.

Contoh Cover Skripsi / Tesis / Disertasi Contoh 1 : Source : https://www.ui.ac.id/download/files/Pedoman-TA-UI-2008.pdf Contoh 2 : Source : http://digilib.fib.ugm.ac.id/mobile/read/a266a12db941bd0ac56573965c64e11b 2.

Contoh Cover Makalah SD / SMP / SMA Lihatlah contoh cover makalah untuk tugas Sekolah Menengah Atas (SMA) Sumber: penulis Berikut contoh Isi yang harus tercantum dalam cover makalah Judul: Nilai-nilai karakter berdasarkan Pancasila Maksud dan tujuan: Makalah ini sebagai salah satu tugas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Logo sekolah: Memasukkan logo sekolah Identitas Penulis: Hamdi Maulana No Absen.

2 Kelas X C Identitas Lembaga dan Tahun Pembuatan: SMA NEGERI 3 PANDEGLANG 2020 3. Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah Source : https://www.slideshare.net/HerlambankBagoez/sei-tugas-1 Lihatlah contoh cover makalah untuk tugas Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berikut contoh Isi yang harus tercantum dalam cover makalah • Judul: : Sistem Ekonomi Indonesia • Sub Judul : Perbedaan Sistem Ekonomi 10 Negara di Asean • Maksud dan tujuan: (Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Ekonomi Indonesia) • Logo Sekolah: • Identitas Penulis ada 10 penulis.

• Identitas Lembaga dan Tahun Pembuatan: Download Template Cover Makalah SD, SMP, SMA dan Kuliah Umumnya di Indonesia menggunakan style APA atau chicago, yang disertai dengan identitas logo institusi dimana pelajar menimba ilmu.

Berikut beberapa contohnya mulai dari SMP, SMA dan Perkuliahan. Sekian contoh cover makalah yang bisa jadi referensi kamu dalam pembuatan sebuah karya ilmiah. Dengan panduan diatas semoga bisa menjadikan karya tulis kamu jadi semakin menarik. Selamat menulis! Kamu dapat download templatenya di bawah ini yang kemudian bisa kamu edit dan sesuaikan dengan judul makalahmu. File di bawah ini berformat .DOC, sehingga bisa langsung kamu sesuaikan dan edit dengan Microsoft Word atau Google Doc.

Semoga membantun! • Template 1 [Download] • Template 2 [ Download] Contoh Cover Makalah Jenis APA, MLA, Chicago/Turabian, dan IEEE Penulisan makalah dan karya tulis ilmiah di perguruan tinggi (Universitas, Politeknik, dan Sekolah Tinggi) biasanya sudah menggunakan style penulisan yang baku berdasarkan karakteristik keilmuannya.

Beberapa jenis style dalam penulisan seperti APA (american Psychological association, MLA, Chicago/Turabian, dan IEE) mengatur tata cara penulisan dari cover sampai daftar pustaka. Untuk itu sebelum membuat cover makalah untuk tugas di Perguruan Tinggi sebaiknya kamu cek terlebih dahulu pedoman penulisan yang digunakan mengacu pada style yang mana.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

1. Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format APA APA (American Psychology Association) adalah salah salah satu style format penulisan makalah dan karya ilmiah yang sudah diakui di seluruh dunia, lebis spesifik sering digunakan untuk makalah psikologi, sosial atau pendidikan.

Tujuan dari APA Style adalah memberikan landasan untuk komunikasi ilmiah yang efektif karena membantu penulis menyajikan ide dengan cara yang jelas, tepat, dan inklusif. Selain itu tujuan dari kehadiran APA style adalah untuk keseragaman dan konsistensi sehingga memungkinkan pembaca untuk fokus pada gagasan yang disajikan daripada pemformatan.

APA menyediakan pedoman yang berbeda untuk makalah mahasiswa dan profesional. Versi siswa dari halaman judul APA harus mencakup informasi yang jelas mengenai judul, nama, nomor siswa, dan institusi. Secara keseluruhan format APA menggunakan (spasi ganda dan di tengah): Semua teks pada halaman judul harus diberi spasi ganda dan diketik dengan font Times New Roman 12-point.

Meskipun dalam edisi APA ke-7 lebih mengedepankan fleksibilitas terkait opsi font: seperti Calibri 11, Arial 11, Lucida Sans Unicode 10, Times New Roman 12, atau Georgia 11.

Berikut bagian-bagian yang perlu diperhatikan saat akan membuat cover makalah dengan style APA (American Psychological Association): Judul Makalah Posisikan judul makalah di bagian atas halaman. Judul harus diposisikan center (tengah) serta ditulis dengan cetak huruf tebal (Bold), selain itu judul utama serta kata-kata penting menggunakan huruf kapital. Dalam style APA judul yang direkomendasikan terdiri dari maksimal 12 kata dan tidak boleh berisi singkatan atau kata yang dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya memiliki tujuan.

Nama penulis Makalah dalam style APA juga harus menyertakan nama lengkap dari semua penulis. Letakkan nama penulis di bawah judul makalah, di tengah dan spasi ganda. Tidak diperkenankan menggunakan gelar (Dr.) atau gelar (Ph.D.). Ketikan makalah memiliki dua penulis atau lebih dipisahkan dengan dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya “dan,” di antara nama. Jika ada tiga atau lebih penulis, pisahkan nama penulis dengan koma lalu gunakan “dan” sebelum nama penulis terakhir.

Nama jurusan dan universitas Tuliskan nama sekolah, jurusan dan universitas dengan memposisikan nama sekolah, jurusan atau universitas di bawah nama penulis, di tengah (center). Nama instruktur Kemudian tuliskan nama instruktur, guru, atau dosen yang mengampu pelajaran atau tugas yang dimaksud pada makalah.

Tanggal penugasan Pada format makalah APA, tidak hanya menuliskan tahun tetapi secara lengkap menuliskan Tanggal, bulan dan Tahun penugasan. Lihatlah contoh cover makalah dengan style APA (American Psychological Association) Sumber: Penulis 2. Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format MLA Gaya MLA mengacu pada gaya yang direkomendasikan oleh Modern Language Association (MLA) untuk mempersiapkan manuskrip ilmiah dan makalah penelitian siswa dan mahasiswa. Dimana didalamnya menyangkut dengan mekanisme penulisan, seperti tanda baca, kutipan, dan, terutama, dokumentasi sumber.

MLA (Modern Language Association) yakni sebuah asosiasi yang mengeluarkan aturan tentang standar format untuk artikel. Pada umumnya Format MLA ini digunakan untuk makalah dengan kajian kebahasaan dan literature. Dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya Didirikan pada tahun 1883 di Amerika Serikat, MLA dengan keunggulan profesional akademik juga mempromosikan beasiswa bahasa dan sastra.

Jika dibandingkan format APA, format MLA dapat lebih fleksibel. Penggunaan cover sampul juga opsional, jadi ada yang menggunakan cover da nada yang tidak. Namun demikian MLA merekomendasikan format pembuatan cover makalah dan tugas para siswa/mahasiswa. Berikut adalah cara memformat halaman sampul MLA Anda: Semua bagian pada cover ini memiliki spasi ganda dan huruf-hurufnya berada di tengah.

Huruf pertama dari setiap kata harus menggunakan huruf besar dengan pengecualian untuk kata-kata yang sangat pendek atau kata sambung seperti: itu, dan, atau, yang di, adalah, sebagai, untuk. Catatan: huruf pertama dari kata pertama harus menggunakan huruf besar, apa pun jenis katanya. • Nama institusi Masukan nama institusi seperti universitas, perguruan tinggi, atau sekolah. • Judul Makalah Sepertiga halaman ke bawah: ketikkan judul makalah penelitian atau tugas kamu (sertakan subjudul jika ada) • Identitas Lewat sekitari 8 baris (enter) dan ketik nama kamu, nama mata kuliah/pelajaran, nama instruktur serta tanggal penugasan Lihatlah contoh cover makalah dengan style MLA Sumber: Penulis 3.

Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format Chicago/Turabian Berdasarkan sumber yang dikutip pada chicagomanualofstyle.org bahwa Sejarah The Chicago Manual of Style berlangsung lebih dari seratus tahun, dimulai pada tahun 1891 ketika University of Chicago Press pertama kali membuka pintunya. Pada saat itu, Pers memiliki ruang penulisan sendiri dengan juru ketik berpengalaman yang diminta untuk mengatur materi ilmiah yang rumit serta bekerja dalam jenis huruf yang eksotis seperti Ibrani dan Ethiopia.

Profesor membawa manuskrip tulisan tangan mereka langsung ke penggubah, yang melakukan yang terbaik untuk menguraikannya. Para penyusun kemudian menyerahkan kemudian mengoreksi kesalahan ketik dan mengedit ketidakkonsistenan gaya.

Kemudian staf ruang penyusun membuat lembar gaya, yang pada akhirnya diteruskan ke berbagai universitas lainnya. Nama resmi dari format ini adalah The Chicago Manual of Style yang diterbitkan langsung oleh University of Chicago Press.

Walaupun dengan tata bahasa yang berbeda, akan tetapi format ini banyak digunakan oleh Negara lain termasuk Indonesia. Secara umum, cover makalah dengan format Chicago tidak memiliki aturan baku, namun tetap memiliki beberapa unsur yang harus ada, yakni cover, isi makalah, lampiran (jika diperlukan), catatan dan bibliografi. Sementara pada contoh cover makalahnya, berikut format yang digunak Judul Sebetulnya dalam penulisan style chicago tidak memerlukan gaya khusus, seringkali cukup dengan hanya menyertakan judul di bagian atas halaman pertama.

Semua teks pada halaman judul termasuk seluruh isi cover makalah harus rata tengah dan spasi ganda, dan ditulis dengan font yang sama seperti teks lainnya. Judul harus muncul sekitar ? di bagian bawah halaman, dalam huruf besar judul dan dicetak tebal. Meskipun lebih fleksibel dalam format penulisannya, kamu tidak diperkenankan untuk membuat tulisan dengan bermacam-macam gaya (dekoratif) atau menggabungkan dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya jenis huruf atau mewarnainya.

Subtitle Jika Anda memiliki sub judul, judul utama diakhiri dengan titik dua dan subjudul muncul di baris berikutnya, juga dicetak tebal dan berukuran sama dengan judul utama.

Halaman sub judul ditulis lebih kecil dari judul utama, bagian ini berisi informasi tentang kelanjutan dari judul serta informasi tentang tujuan dibuatnya makalah. Informasi lainnya (Other Informations) Pada bagian terakhir yaitu tentang informasi yang berkaitan dengan pendukung makalah kamu seperti nama, kelas, nama guru, tanggal penugasan.

Untuk penulisan nama guru atau dosen anda tidak boleh dibiarkan dengan huruf biasa (kurus) harus dengan format cetak tebal (bold) Sebagai catatan: Pembuatan cover berdasarkan Chicago Style tidak boleh mencantumkan nomor halaman, tetapi harus disertakan dalam jumlah halaman – dengan kata lain, penomoran halaman dimulai pada halaman 2. Baca juga artikel yang lain : • Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal, Skripsi, Artikel, Website • Pengertian Latar Belakang Masalah: Komponen, Cara Membuat dan Contoh Recent Post • Review Buku How to Respect Myself: Menghargai dari Hal Sederhana Mei 9, 2022 • Review The 7 Habits of Highly Effective People: Pedoman Hidup Efektif Mei 9, 2022 • Tips dan 20+ Inspirasi Nama Toko Unik Mei 9, 2022 • Cara Berlangganan Koran Super Ball Mei 9, 2022 • Cara Berlangganan Majalah Forbes Mei 9, 2022 • Cara Berlangganan Majalah Kartini Mei 9, 2022 • Cara Bekerja di Jepang yang Tepat Mei 9, 2022 • Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu Mei 6, 2022 • Cara Membuat Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik dan Benar Mei 6, 2022 • 8 Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis Mei 6, 2022
Manistebu.com - Baru-baru ini Toko Gramedia membuat aturan tentang kover buku yang membuat para penerbit bereaksi.

Dengan mengacu pada UU No. 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan (Sisbuk), Toko Gramedia menyampaikan edaran bagaimana tampilan sebuah kover belakang buku. Sifatnya wajib sehingga penerbit yang hendak menjual bukunya di Toko Gramedia, harus memenuhi ketentuan ini. Ketentuan yang sedikit atau malah banyak bakal merepotkan penerbit. Ada hal baru yang menjadi wajib yaitu pencantuman kategori buku (bidang/jenis/genre) sesuai dengan klasifikasi Toko Gramedia.

Selain itu, pencantuman peruntukan buku (usia pembaca sasaran) dan harga buku pada kover belakang. Meskipun tampak sepele, ini menjadi isu serius bagi penerbit karena banyak penerbit tidak menerapkan semua elemen lengkap pada sebuah kover buku karena sebelumnya memang bukan merupakan keharusan.

Bahkan, penerbit Kelompok Gramedia sendiri tidak menerapkan semua itu. Ad Berikut ini 10 hal yang perlu diperhatikan dalam merancang kover buku, terutama untuk mengantisipasi regulasi pemerintah ke depan. • Anatomi Kover Buku: Kover buku umumnya terdiri atas kover depan ( front cover) dan kover belakang ( back cover).

Apabila buku lebih dari 100 halaman, biasanya diadakan punggung buku ( spine). Pada punggung buku juga termuat nama penulis, judul, dan logo penerbit.

Penempatannya dapat dibaca dari atas ke bawah (bukan sebaliknya). • Kover Depan: Bagian ini merupakan “etalase” awal bagi sebuah buku.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Ketertarikan seorang calon pembaca terhadap buku bermula dari apa yang terlihat pada kover. Mereka dapat saja tertarik dengan desain kover, baik tipografi maupun gambar. Ada juga yang tertarik karena judulnya atau nama penulisnya.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Di kover depan elemen yang sering muncul adalah judul (induk judul dan anak judul), nama penulis, dan logo/nama penerbit. Ada juga penerbit yang tidak mencantumkan logo dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya kover depan. • Kover Belakang: Bagian ini penting untuk lebih meyakinkan calon pembaca membeli buku.

Di bagian ini terdapat beberapa elemen yang bersifat informatif. Elemen utama adalah blurb (wara)–pelaku perbukuan sering menyebutnya sinopsis. Wara/sinopsis merupakan ringkasan atau ikhtisar isi buku yang paling “menjual” dan menarik bagi calon pembaca. Penulis wara biasanya adalah editor penerbit.

Panjang wara tidak lebih dari 100 kata. Bagian-bagian kover belakang lainnya akan dijelaskan selanjutnya. • Kategori/Bidang: Elemen ini merupakan informasi untuk menegaskan buku memuat konten pada bidang atau jenis apa. Misalnya, Novel Anak/Misteri, Bisnis/Keuangan, dan Sastra/Antologi Puisi. Keterangan pertama yang disebut adalah induk bidang/jenis. Lalu, lebih spesifik lagi berupa bidang/genre. Sering terjadi kover yang tidak mencantumkan kategori maka buku diletakkan pada rak yang salah oleh petugas toko buku.

• Peruntukan Buku: Peruntukan buku terkait dengan usia yang biasanya terdapat pada buku anak-anak. Pemerintah dalam hal ini Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) akan mengeluarkan regulasi pada 2018 bernama Perjenjangan Buku yaitu klasifikasi buku berdasarkan kemampuan membaca dan usia pembaca. Hal ini ada hubungannya dengan peruntukan buku. Elemen ini juga wajib dicantumkan pada buku sesuai dengan UU No. 3/2017 tentang Sisbuk untuk menghindarkan buku dibaca oleh pembaca sasaran yang tidak tepat.

• Testimoni: Selain wara/sinopsis, pada kover belakang juga dapat dicantumkan testimoni atau endorsement yaitu berupa komentar dari para tokoh terhadap buku. Di kover belakang biasanya hanya terdapat 1-2 testimoni yang paling berpengaruh, kecuali wara/sinopsis ditiadakan untuk memuat banyak testimoni.

• Biodata Penulis: Elemen ini juga berbagi kapling dengan wara/sinopsis yang menunjukkan serbasingkat siapa penulis buku. Informasi yang diberikan biasanya berhubungan dengan reputasi penulis. Penempatannya tepat di bawah dan sejajar dengan wara/sinopsis. • Logo dan Alamat Penerbit: Elemen ini terdapat pada bagian sisi kiri bawah buku. Kalau logo sudah termuat di kover depan, di kover belakang hanya ada nama penerbit dan alamat lengkap (termasuk nomor telepon, pos-el, dan alamat situs web).

• ISBN: Elemen ini selalu diletakkan pada bagian sisi kanan bawah buku di kover belakang berupa barkod. Tidak ada ISBN diletakkan di kover depan atau di bagian atas kover belakang. ISBN atau International Standard Book Number menjadi elemen wajib pada sebuah buku sesuai dengan UU No. 3/2017. • Harga Buku: Elemen harga buku kini wajib dicantumkan berdasarkan UU No. 3/2017 berada di bawah nomor ISBN. Toko Gramedia memberi arahan untuk mencantumkan harga buku di Pulau Jawa.

Pencantuman harga ini sebenarnya dalam konteks dunia penerbitan bersifat opsional (boleh ada boleh tidak). Di beberapa negara ada penerbit yang mencantumkan harga dan ada yang tidak.

Namun, harga pasti terdapat pada label yang dibuat toko buku berikut barkod. Itulah 10 hal tentang kover buku yang kini wajib diketahui para pelaku perbukuan, terutama para penerbit. Banyaknya elemen yang harus dicantumkan sangat memerlukan ketelitian dalam penyuntingan karena mungkin saja desainer melakukan aksi copy paste dan lupa mengubah sesuai dengan yang seharusnya. Contohnya, kesalahan pencatuman harga akan berakibat fatal atau kerugian jika harus mencetak kover lagi.

Penentuan harga sendiri harus benar-benar cermat karena tidak mungkin diubah “di tengah jalan”. Kalaupun diubah dengan menaikkan harga, urusan bakal menjadi lebih ribet.[] • Click to share on Facebook (Opens in new window) • Click to share on Twitter (Opens in new window) • Click to share on LinkedIn (Opens in new window) • Click to share on WhatsApp (Opens in new window) • Click to share on Telegram (Opens in new window) • Click to email this to a friend (Opens in new window) • Bambang Trim adalah Pendiri dan Direktur Institut Penulis Indonesia.

Ia telah berpengalaman lebih dari 25 tahun di dunia penulisan-penerbitan serta telah menulis lebih dari 200 buku. Ia juga menjadi Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan penggagas sertifikasi penulis dan editor di Indonesia.1.Tempo lagu Indonesia Raya dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya …. A.Di Marcia B.Con Bravura C.Andante D.Moderato 2.Lagu Tanah Airku diciptakan oleh …… A.C.Simanjuntak B.L.Manik C … .H.Mutahar D.Ibu Sud 3.Nilai yang terkandung dalam lagu Tanah Airku adalah ……A.Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh B.Persatuan dan kesatuan memiliki arti kehidupan C.Menumbuhkan kesadaran untuk mencintai tanah air D.Penderitaan akibat penindasan 4.Nilai yang terkandung dalam lagu Rayuan Pulau Kelapa adalah ….

A.Negeri yang kaya dan elok B.Negeri yang aman,makmur,elok C.Negeri yang merdeka D.Negeri yang kucinta 5.Tinggi rendahnya suatu nada berdasarkan urutan tertentu yang berjenjang disebut ….

A.Tangga nada B.Tanggga rumah C.Nada dan doa D.Nada tangga 6.Perhatika judul lagu berikut! 1.Ambilkan bulan bu 2.Menanam jagung 3.Naik Delman 4.Hari Merdeka Yang termasuk lagu wajib adalah nomor ….

A.1 B.2 C.3 D.4 7.Tangga nada yang memiliki dua jarak tangga nada disebut …. A.Tangga nada pentatonic B.Tangga nada diatonic C.Tangga nada pelog D.Slendro 8.Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonic yang susunan nada-nadanya ….

A.1/2 1 ½ 1 1 1 ½ B.1 1 ½ 1 ½ 1 ½ C.1 1 ½ 1 1 1 ½ D.1/2 1 ½ 1 ½ 1 ½ 9.Tangga nada yang hanya memiliki lima nada pokok disebut …. A.Pentatonis B.Diatonis C.Pelog D.Slendro 10.Lagu Indonesia Raya ada …… stanza A.1 B. 2 C. 3 D. 4​ Refleksi Diri 1. Keragaman produk budi daya satwa harapan Indonesia dan di daerahmu sendiri. 2. Pemanfaatan sumber/referensi bacaan tentang evaluasi b … udi daya satwa harapan.3. Kesulitan yang dihadapi saat mencari informasi dan pengamatan.4.

Pengalaman dalam dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya produk budi daya satwa harapan mulai dari perencanaan, persiapan, proses dan pemasaran/pemanfaatan produk hasil budi daya.

5. Pembelajaran yang didapatkan/dirasakan sebagai individu.​ Dua dari peribahasa ini, memiliki makna yang serupa. Manakah itu? 1. Anda tidak dapat membuat dompet sutera dari kuping babi betina. 2.

dalam cover harus terdapat kalimat yang sifatnya

Orang yang men … curi telur akan mencuri sapi 3. Batu yang berguling tidak akan mengumpulkan lumut. 4. Anda tidak mungkin menghancurkan kapal yang sudah rusak. 5. Ini ketidakmungkinan yang terjadi.​

SOCIAL ENTREPRENEURSHIP NETWORK




2022 www.videocon.com