Nama neraka dan penghuninya

nama neraka dan penghuninya

JAKARTA, iNews.id – Tiap Muslim wajib mengimani adanya surga dan neraka yang merupakan bagian dari percaya terhadap akhirat. Kedua tempat itu sudah diciptakan Allah SWT bagi hamba-hamba-Nya.

nama neraka dan penghuninya

Mereka yang beriman dan betakwa dengan menjalankan seluruh perintah dan menjauhi larang-larangannya balasannya adalah surga. Sedangkan bagi mereka yang mengingkari dan tidak beriman serta berbuat dosa, neraka merupakan tempat sebaik-baiknya bagi mereka.

Allah SWT berfirman: اِنَّ الْاَبْرَارَ لَفِيْ نَعِيْمٍۙ وَّاِنَّ الْفُجَّارَ لَفِيْ جَحِيْمٍ Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan, dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka benar-benar berada dalam neraka. (QS. Al Infithaar: 13-14). Berikut ini delapan nama neraka dan calon penghuninya dikutip iNews.id dari PISS-KTB: 1. Nama neraka dan penghuninya Hawiyah Tempat di hari akhirat ini diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur keburukan.

Orang muslim laki-laki maupun perempuan yang perbuatan sehari- harinya tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka Hawiyah sebagai tempat tinggalnya.

Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, mencari rezeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan lain sebagainya. Neraka Hawiyah ini disebutkan dalam Alquran Surat Al Qori'ah ayat: 8-11. وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ فَاُمُّهُ هَاوِيَةٌۗوَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗنَارٌ حَامِيَةٌ Artinya: Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?

(yaitu) api yang sangat panas. 2. Neraka Jahim Neraka ini sebagai tempat penyiksaan atas orang-orang musyrik atau orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesembahan mereka selama di dunia akan datang untuk menyiksa mereka. Syirik disebut sebagai dosa yang paling besar menurut Allah, karena syrik berarti menyekutukan Allah atau menganggap ada mahluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat Allah.

Syirik dapat pula berarti menganggap ada Tuhan lain selain Allah. Neraka ini disebutkan dalam Surat As-Syu'araa, ayat 91-92. وَقِيْلَ لَهُمْ اَيْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْبُدُوْنَۙ وَبُرِّزَتِ الْجَحِيْمُ لِلْغٰوِيْنَۙ Artinya: Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.dan dikatakan kepada mereka: "Di manakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah (Nya)." 3.

Neraka Saqar Yaitu tempat untuk orang-orang munafik yang mendustakan (tidak mentaati) nama neraka dan penghuninya Allah dan Rasulullah SAW. Maka dibakar dalam api adalah hukuman untuk mereka.

Nama neraka ini tercantum dalam Surat Al Muddatsir ayat 26-27. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا سَقَرُۗ لَا تُبْقِيْ وَلَا تَذَرُۚ Artinya: "Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan." 4. Neraka Lazza Neraka yang bergejolak apinya dan mengelupaskan kulit kepalanya.

nama neraka dan penghuninya

(QS:70. Al Ma´aarij:15-18) كَلَّاۗ اِنَّهَا لَظٰىۙ نَزَّاعَةً لِّلشَّوٰىۚ تَدْعُوْا مَنْ اَدْبَرَ وَتَوَلّٰىۙ وَجَمَعَ فَاَوْعٰى Artinya: Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak, Yang mengelupaskan kulit kepala, Yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama). Serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya." 5. Neraka Huthamah Neraka ini disediakan untuk orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang-orang miskin.

Mereka berpaling dari agama, tidak mau bersedekah dan tidak mau pula membayar zakat. Dalam Al-Qur'an terdapat pada Surah Al-Humazah. كَلَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْحُطَمَةُۗ نَارُ اللّٰهِ الْمُوْقَدَةُۙ الَّتِيْ تَطَّلِعُ عَلَى الْاَفْـِٕدَةِۗ Artinya: Sekali-kali tidak!

Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (disediakan) Nama neraka dan penghuninya yang dinyalakan, yang (naik) sampai ke hati." 6.

Neraka Sa’ir Neraka ini diisi oleh orang-orang yang mengingkari Allah dan orang yang memakan harta anak yatim. Neraka ini disebutkan nama neraka dan penghuninya Surat An-Nisa dan Al Mulk. وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاۤءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيْحَ وَجَعَلْنٰهَا رُجُوْمًا لِّلشَّيٰطِيْنِ وَاَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيْرِ Artinya: Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.

(QS. Surat Al Mulk: 5) 7. Neraka Wail Neraka ini diisi para pedagang yang culas, mengurangi timbangan, mencalo barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Maka dagangan mereka dibakar dan dimasukkan ke dalam perut mereka sebagai azab atas dosa-dosa mereka.

Selain itu, orang yang melalaikan salat. Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran Surah (Al-Muthaffifin, ayat 1-3) وَيْلٌ لِّلْمُطَفِّفِيْنَۙ الَّذِيْنَ اِذَا اكْتَالُوْا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُوْنَۖ وَاِذَا كَالُوْهُمْ اَوْ وَّزَنُوْهُمْ يُخْسِرُوْنَۗ Artinya: Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi.

Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi." 8. Neraka Jahanam Neraka tempat penyiksaan itu kemudian banyak disebut orang dengan nama jahanam. Neraka yang paling dalam dan berat siksaannya. Neraka ini disebutkan dalam Surat Al Hijr: 43-44. وَاِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ لَهَا سَبْعَةُ اَبْوَابٍۗ لِكُلِّ بَابٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُوْمٌ Artinya: Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.

Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka." Demikianlah ulasan nama-nama neraka dan calon penghuninya. Semoga menjadi ibrah atau pengetahuan bagi Muslim agar semakin meningkatkan ketakwaan dan amal ibadahnya agar dijauhkan dari siksa api neraka kelak di hari akhir nanti.

Wallahu A'lamu bimurodih. Jakarta - Surga dan neraka menjadi ganjaran Allah SWT bagi hambaNya atas perbuatannya di dunia. Keberadaan surga dan neraka telah ditegasakan dalam firman Allah SWT Dalil surga nama neraka dan penghuninya Al Quran surat Az Zumar ayat 73 وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ Arab latin: Wa sīqallażīnattaqau rabbahum ilal-jannati zumarā, ḥattā iżā jā`ụhā wa futiḥat abwābuhā wa qāla lahum khazanatuhā salāmun 'alaikum ṭibtum fadkhulụhā khālidīn Artinya: "Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan.

Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya." Dalil neraka dalam Al Quran surat An-Nisa ayat 145 إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ فِى ٱلدَّرْكِ ٱلْأَسْفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا Arab latin: Innal-munāfiqīna fid-darkil-asfali minan-nār, wa lan tajida lahum naṣīrā Artinya: Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka.

Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka. Baca juga: Nama-nama Neraka, Dalil, dan Penghuninya Allah SWT menyediakan keduanya dengan nama-nama neraka dan surga yang berbeda untuk para penghuninya.

Dialah yang menentukan tempat kembali berdasarkan catatan amal setiap hamba. A. Nama-nama neraka Dikutip dari tulisan H. Ahmad Zacky El-Syafa dalam buku berjudul Ternyata Kita Tak Pantas Masuk Surga, berikut penjelasannya 1. Neraka jahanam Neraka jahannam adalah tempat kembali bagi mereka yang melakukan dosa besar. Neraka dengan tingkat paling tinggi ini dikatakan memiliki dasar sangat dalam, dengan keadaan yang gelap dan hitam.

Selain pelaku dosa besar, penghuni neraka jahanam adalah yang durhaka kepada Allah SWT. Kelompok orang munafik, suka mengikuti langkah-langkah setan, hingga pelit berisoko masuk neraka jahanam.

2. Neraka lazha Lazha dijelaskan sebagai neraka dengan api yang berkobar hebat dan menyala-nyala. Neraka tingkat kedua ini disiapka bagi yang tidak mengikuti ajaran Rasulullah dan enggan bersedekah. Adanya neraka lazha dijelaskan dalam QS Al-Ma'arij ayat 15, كَلَّا ۖ إِنَّهَا لَظَىٰ Arab latin: Kallā, innahā laẓā Artinya: "Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak." 3.

Neraka huthamah Sesuai namanya, penghuni neraka huthamah akan mengalami kehancuran. Jenis penghuni neraka ini aalah orang yang suka mengumpat dan mencela, enggan bersedekah, dan perhitungan cenderung pelit. Allah SWT telah menjelaskan neraka huthamah dalam surat Al Humazah ayat 5-6, وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ Arab latin: 5.

Wa maa adraaka mal-hutamah 6.

nama neraka dan penghuninya

Narul laahil-muuqada Nama neraka dan penghuninya. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? 6. (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan." 4. Neraka sa'ir Sa'ir berasal dari kata sin, 'ayn, dan ra' yang arinya sesuatu yang menyala dan berkobar-kobar.

Neraka ini adalah peringatan Allah SWT untuk manusia yang tidak bayar zakat, atau membayar namun lebih sedikit dari yang seharusnya. Kelompok lain penghuni neraka sa'ir adalah yang memakan harta anak yatim, mendustakan hari kiamat, menentang dakwah nabi dan rasul, memakan harta yang bukan haknya. Semoga kita terhindar dari perangai ini ya detikers. 5. Neraka saqar Dalam nama neraka dan penghuninya Allah menjelaskan, saqar adalah neraka yang panas membakar.

Calon penghuni neraka ini adalah orang sombong dan mendustakan Al Quran, tidak pernah sholat, dan enggan memberi makan orang miskin. Keberadaan neraka saqar dijelaskan dalam QS Al-Mudatsir ayat 42-43, 42.

مَا سَلَكَكُمْ فِى سَقَرَ 43. قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ Arab Latin: 42. Maa salakakum fii saqar 43. Qooluu lam naku minal musalliin Artinya: "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat," 6.

Neraka jahim Arti kata jahim adalah tempat yang sangat panas. Neraka ini dijelaskan sebagai tempat dengan api yang besar di sebuah jurang atau lubang, sehingga tak heran terasa sangat panas.

Neraka ini diperuntukkan bagi pendusta ayat-ayatNya, mendurhakaiNya, dan lupa urusan akhirat karena sibuk dengan urusan duniawi. Keberadaan jahim dijelaskan dalam Al Hajj ayat 51, وَالَّذِينَ سَعَوْا فِي آيَاتِنَا مُعَاجِزِينَ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ Arab latin: Wallażīna sa'au fī āyātinā mu'ājizīna ulā`ika aṣ-ḥābul-jaḥīm Artinya: "Tetapi orang-orang yang berusaha menentang ayat-ayat Kami dengan maksud melemahkan (kemauan untuk beriman), mereka itu adalah penghuni-penghuni neraka Jahim." 7.

Neraka wail Penghuni neraka wail adalah nama neraka dan penghuninya yang lalai dalam salat, terlena urusan duniawi, dan mengabaikan panggilanNya. Kelompok lain yang bisa menghuninya adalah pelaku riya' dan curang.

Neraka wail diceritakan dalam firmanNya surat Al Muthafifin ayat 1-3, وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُونَ وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ Arab latin: 1. Wailul lil mutaffifiin 2. Allaziina izak taaluu 'alan naasi yastawfuun 3. Wa izaa kaaluuhum aw wazanuuhum yukhsiruun. Artinya: "Celakalah (wail) bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang)! (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan, dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi," 8.

Neraka hawiyah Makna hawiyah adalah jatuh dari tempat paling tinggi ke tempat paling rendah. Dengan makna seperti itu, tidak diketahui seberapa dalam neraka hawiyah, hingga disebut yang paling rendah. Sebutan lain untuk neraka ini dalam Al Quran adalah nar hamiyah yang berarti api panas dan berkobar. Neraka ini diperuntukkan bagi orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya. Baca juga: 8 Nama-nama Neraka, Ada yang Saking Dalamnya Butuh Perjalanan 70 Tahun B.

Nama-nama surga 1.

nama neraka dan penghuninya

Surga firdaus Dikutip dari Mengutip Amalan-Amalan Ringan Yang Dirindukan Surga oleh Oleh Ahmad Zacky El-Syafa, S.Ag., M.Ag, firdaus merupakan surga yang diciptakan dari emas. Surga ini juga disebut sebagai surga dengan tingkatan tertinggi. Calon penghuni surga ini adalah orang beriman yang khusyu dalam sholat, menunaikan zakat, menjagai diri dan menghindari zina, serta senantiasa menaati perintah-perintah Allah SWT. Surga firdaus dijelaskan dalam Al Kahfi ayat 107 إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا Arab latin: Innallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti kānat lahum jannātul-firdausi nuzulā Artinya: "Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal." 2.

Surga adn Surga adn diciptakan Allah SWT dari intan putih bagi orang-orang dengan kesempurnaan iman dan Islam. Mereka yang bersabar dalam hidupnya juga berpeluang menghuni surga ini. Firman Allah mengenai suga adn dapat disimak dalam surat As Shaff ayat 12 يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ Arab latin: Yagfir lakum żunụbakum wa yudkhilkum jannātin tajrī nama neraka dan penghuninya taḥtihal-an-hāru wa masākina ṭayyibatan fī jannāti 'adn, żālikal-fauzul-'aẓīm Artinya: "Niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga 'Adn.

Itulah kemenangan yang agung." 3. Surga na'im Selanjutnya ada surga na'im berisi kenikmatan yang disebut tercipta dari perak putih. Calon penghuni surga ini dijelaskan dalam firman Allah SWT surat Luqman ayat 8 إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ nama neraka dan penghuninya Arab latin: Innallażīna āmanu wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti lahum jannātun na'īm Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan." 4.

Surga ma'wa Akar kata ma'wa adalah awa-ya wi yang artinya menyatu dengan suatu tempat dan menetap di sana. Jannatul ma'wa menjadi tempat hamba yang bertakwa, beramal sholeh, menahan hawa nafsu, dan meyakini kebesaran Allah SWT. Adanya surga ma'wa disebut dalam surat An Najm ayat 15 عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَىٰ Arab latin: 'Indahaa jannatul maawaa Artinya: "Di dekatnya ada surga tempat tinggal." 5.

Surga darussalam Surga ini yang diciptakan Allah SWT dari yaqut merah. Para penghuninya adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa, merenungkan tanda-tanda kebesaranNya, serta mengakui kebesaran Allah. Hal ini sesuai FirmanNya dalam surat Al An'am ayat 127, ۞ لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ Arab latin: Lahum daarus salaami 'inda Rabbihim wa huwa waliyyuhum bimaa kaanuu ya'maluun Artinya: "Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya.

Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan." 6. Darul muqamah Nama surga selanjutnya adalah Darul Muqamah yang diciptakan dari permata putih. Ciri penghuninya adalah orang yang senantiasa berpegang teguh pada iman dan Islam, memperbanyak amal sholeh, para ahli syukur.

Bukti surga ini dijelaskan dalam QS Fathir ayat 35, ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ Arab latin: Allażī aḥallanā dāral-muqāmati min faḍlih, lā yamassunā fīhā naṣabuw wa lā yamassunā fīhā lugụb Artinya: "Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu." 7.

Maqamul amin Surga Maqamul Amin diperuntukkan Allah SWT untuk hambaNya yang benar-benar bertakwa. Allah berfirman dalam surat Adh-Dhukhan ayat 51, إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِينٍ Arab latin: Innal-muttaqīna fī maqāmin amīn Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman." 8.

Surga khuldi Allah SWT menciptakan surga khuldi dari marjan merah dan kuning. Ciri penghuninya adalah orang yang taat menjalankan perintah Allah seperti tercantum dalam surat Al Furqan ayat 15 قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا Arab latin: Qul a żālika khairun am jannatul-khuldillatī wu'idal-muttaqụn, kānat lahum jazā`aw wa maṣīrā Artinya: "Katakanlah (Muhammad), "Apakah (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?" Semoga dengan menetahui nama-nama neraka dan surga, keimanan kita pada Allah SWT makin baik ya detikers.

nama neraka dan penghuninya

Simak Video " Syuting Saat Hamil, Kimberly Ryder Dijaga Ketat Suami" [Gambas:Video 20detik] (row/lus)
Jakarta - Kata neraka dalam Al-Qur'an disebut naar, yang berarti api yang menyala. Nama neraka dan penghuninya istilah, neraka berarti tempat balasan dalam wujud siksaan bagi orang-orang yang telah berbuat dosa atau kesalahan selama hidup di dunia, Bunda.

"Neraka menjadi tempat penyiksaan yang bentuk hukumannya paling berat dan diilustrasikan sebagai api," kata Roidah Bakri dalam buku Neraka: Gambaran Neraka menurut Al-Quran dan Hadis. "Surga dan neraka sudah diciptakan, keduanya tidak akan binasa ataupun musnah." Penghuni neraka Pernghuni neraka dijelaskan dalam beberapa ayat di Al-Qur'an, Bunda. Penghuni neraka yang kekal di sana, yang tidak pernah pergi darinya dan tidak pula mati adalah orang kafir dan musyrik.

Berikut beberapa firman Allah SWT tentang penghuni neraka: "Dan orang yang mendustakan ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-A'raf: 36) "Sesungguhnya orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka Jahanam." (QS.

Az Zukhruf: 74) "Dan orang kafir bagi mereka neraka Jahanam.

nama neraka dan penghuninya

Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azabnya." (QS. Fathir: 36) "Adapun orang yang kafir dan mendustakan ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Baqarah: 39) "Sesungguhnya orang yang kafir dan mereka mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat laknat Allah, para Malaikat dan manusia seluruhnya.

Mereka kekal di dalam laknat itu; tidak akan diringankan siksa dari mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh." (QS. Al-Baqarah: 161-162) Nama-nama nama neraka dan penghuninya Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 nama neraka yang bisa Bunda kenalkan ke anak: 1. Neraka Jahanam Neraka Jahanam merupakan neraka dengan tingkat paling tinggi, Bunda. Penghuni tempat ini adalah orang-orang yang melakukan dosa besar. Neraka Jahanam disebutkan dalam Al-Qur'an. Berikut firman Allah SWT yang menjelaskan tentang neraka Jahanam: "Katakanlah (Muhammad), Api neraka Jahanam lebih panas." (QS.

At-Taubah: 81) "Sesungguhnya barang siapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan berdosa, maka sungguh baginya adalah neraka Jahanam." (QS. Taha: 74) "Dan sungguh, jahanam itu benar-benar (tempat" yang telah dijanjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya." (QS. Al-Hijr: 43) Ulfa Qamariyah dalam buku Neraka da Penghuninya menjelaskan, ada beberapa golongan penghuni neraka jahanam, yakni: • Kafir dan munafik • Menentang dan menolak Nabi • Durhaka, yakni yang senantiasa berbuat jahat • Kufur terhadap nikmat-Nya dan menyekutukan-Nya • Pengikut setan (orang-orang yang senantiasa mengikuti kehendak hawa nafsunya) • Menentang dan menolak kebenaran pada ajaran Rasul dan mengikuti jalan orang-orang sesat • Menumpuk-numpuk dosa, sedangkan sampai mati dia belum bertobat • Mereka yang menyimpan emas dan perak, tapi tidak mau menginfakkan di jalan Allah.

Baca Juga : Kisah Nabi Isa AS untuk Diajarkan pada Anak Agar Bertakwa pada Allah SWT 2. Neraka Jahim H. Ahmad Zacky El-Syafa dalam buku berjudul Ternyata Kita Tak Pantas Masuk Surga mengatakan bahwa Jahim secara bahasa berarti tempat yang panas sekali.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Hajj ayat 51 yang berbunyi: "Tetapi orang-orang yang berusaha menentang ayat-ayat Kami dengan maksud melemahkan (kemauan untuk beriman), mereka itu adalah penghuni-penghuni neraka Jahim." Menurut Al-Qur'an, mereka yang masuk ke dalam neraka ini adalah golongan yang mendustakan ayat-ayat Allah, orang-orang yang bermewah-mewah dengan apa yang diperoleh dan tidak menginfakkan di jalan Allah, serta orang yang menantang Nabi dan golongan durhaka.

3. Neraka Hawiyah Hawiyah bermakna jatuh dari tempat tinggi ke tempat yang paling rendah. Calon penghuninya adalah orang-orang yang suka mengurangi timbangan. Allah SWT berfirman: Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?

Ia adalah api yang menyala yang menghancurkan orang yang masuk ke dalamnya." (QS. Al Qariyah: 8-11) 4. Neraka Wail Neraka Wail diisi oleh orang-orang yang suka bermain dalam kebatilan dan suka mendustakan ajaran agama Islam, Bunda. Allah SWT berfirman tentang penghuni neraka ini dalam surat Al Maun ayat 1-7 yang artinya: "Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak mendorong memberi makan orang miskin. Maka celakalah orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lali terhadap salatnya, yang berbuah ria, dan enggan (memberikan) bantuan." 5.

Neraka Saqar Di dalam Al-Qur;an dijelaskan bahwa negara Saqar memiliki panas yang sangat membakar. Berikut beberapa firman Allah SWT tentang neraka Saqar: "Kelak, Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar." (QS. Al Mudassir: 26) "Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar? Mereka menjawab, 'Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan salat'." (QS. Al Mudassir: 42-43) Orang nama neraka dan penghuninya menjadi calon penghuni neraka Saqar adalah orang yang tidak mau bersedekah pada fakir miskin dan membicarakan hal batil, Bunda.

6. Neraka Ladha Neraka Ladha adalah neraka dengan api yang panasnya dapat mengelupas kulit kepala. Allah SWT berfirman dalam surat Al Ma'arij ayat 15-16 yang artinya: "Sekali-kali tidak! Sungguh nama neraka dan penghuninya itu api yang bergejolak, yang mengelupaskan kulit kepala." Calon penghuni neraka Ladha adalah orang yang berpaling dari agama Allah SWT dan orang yang suka menumpuk hartanya serta enggan bersedekah.

7. Neraka Sa'ir Kata Sa'ir memiliki arti menyala dan sesuatu yang berkobar. Neraka Sa'ir diperuntukkan bagi orang yang suka makan harta anak yatim, Bunda. Allah SWT berfirman dalam surat An Nisa ayat 10 yang artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka nama neraka dan penghuninya menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)." Selain orang yang memakan harta anak yatim, calon penghuni neraka ini adalah orang-orang kafir dan yang tidak beriman pada Rasul-Nya.

Neraka adalah tempat di mana orang-orang yang senang menantang syariat Allah SWT, melakukan segala hal yang dilarang oleh Agama Islam, sekaligus mendustakan para rasul-Nya. Pada intinya, neraka adalah penjara di akhirat dengan segala siksaan yang sesuai dengan apa yang dilakukan umat manusia semasa di dunia. "Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka nama neraka dan penghuninya penghuni neraka yang menyala-nyala.

Orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang keras. Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh bagi mereka ampunan dan pahala yang besar." "Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat. Dan dikatakan kepada mereka: "Dimanakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah(nya). Selain dari Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri?" Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat." "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat.

Dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin. an adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya. Dan adalah kami mendustakan hari pembalasan."
Hot Topics • 08 Mei 2022 - 5 Amalan Memperlancar Rezeki Melimpah • 08 Mei 2022 - Diprediksi Menjadi Puncak Arus Balik • 08 Mei 2022 - Maafkan Dia • 08 Mei 2022 - Buat yang Mau Menjalankan Ibadah Puasa Syawal • 08 Mei 2022 - Monggo tumut paring dungo dumateng Ning Lily Wahid • 08 Mei 2022 - Syair Tentang Kewajiban Kita Kembali Kepada Dalil Alquran dan Assunnah Search for: Islam merupakan agama yang mengajarkan kepada pengikutnya keyakinan akan adanya kehidupan akhirat, kehidupan setelah kematian.

Ajaran ini merupakan salah satu pokok rukun Iman yang apabila diabaikan maka menyebabkan seseorang dianggap tidak beriman. Dalam kehidupan akhirat nanti, umat Islam percaya akan adanya neraka dan surga. Di mana setiap orang memperoleh salah satu dari keduanya sesuai dengan amal perbuatan semasa hidup di dunia. Jika selama hidup lebih banyak berbuat kebaikan maka Allah menjanjikan surga, tetapi sebaliknya, jika banyak berbuat dosa maka Allah menjanjikan neraka.

Neraka adalah tempat yang disediakan oleh Allah SWT bagi orang-orang kafir, yaitu orang-orang yang membangkang terhadap syari’at Allah SWT dan mengingkari nama neraka dan penghuninya. Neraka merupakan wujud siksa. Allah SWT kepada musuh-musuh-Nya dan penjara bagi mereka yang berbuat dosa. Tempat ini merupakan suatu wujud kehinaan dan kerugian tiada tara yang tiada lagi kehinaan dan kerugian lain setelah ini.

Tentu saja, tak ada orang yang ingin masuk neraka, namun kenyataannya masih banyak orang berbuat hal-hal yang justru mengarahkannya menuju neraka. Berikut nama neraka yang wajib diketahui, yang telah dirangkum hajinews melalui NU Online dan berbagai sumber lainnya pada Kamis, (21/014/2022). Nar Nama neraka yang wajib diketahui yang pertama adalah Nar.

Kata Nar dalam Al-Qur’an mengandung pengertian api dan neraka. Hal ini sesuai dengan QS. Al Baqoroh ayat 81 yang memiliki arti sebagai beriktu: “Barang siapa berbuat keburukan, dan dosanya telah menenggelamkan, maka mereka itu penghuni neraka, merek kekal didalamnya.” ( QS.

Al-Baqoroh: 81) Neraka Hawiyah Nama neraka yang wajib diketahui berikutnya adalah neraka Hawiyah. Dalam Al-Qur’an, neraka hawiyah memiliki sebutan lain “nar hamiyah” yang berarti api panas dan berkobar. Selain itu, neraka Hawiyah juga dapat diartikan sebagai tempat yang sangat panas dengan dasar neraka yang dalam.

Neraka hawiyah diisi oleh orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya. Neraka Saqar Yaitu tempat untuk orang-orang munafik yang mendustakan (tidak mentaati) perintah Allah dan Rasulullah SAW.

Maka dibakar dalam api adalah hukuman untuk mereka. Nama neraka ini tercantum dalam Surat Al Muddatsir ayat 26-27 yang memiliki arti sebagai berikut: Artinya: “Tahukah kamu apa (neraka) Saqar nama neraka dan penghuninya Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan.” Neraka Jahanam Nama neraka yang wajib diketahui berikutnya adalah neraka Jahanam. Neraka ini tergolong sebagai neraka yang tingkatannya paling tinggi yang diisi oleh orang-orang yang sering melakukan dosa besar.

Kata neraka jahannam berasal dari bahasa Arab dan memiliki banyak arti. Neraka Jahanam secara harfiah diartikan memiliki penampilan jahat atau berwajah murung. Mengapa disebut sebagai neraka Jahannam? Karena neraka ini dalam keadaan gelap, hitam, dan memiliki dasar yang sangat dalam. Neraka Hutama Tak hanya neraka Jahanam, nama neraka selanjutnya adalah neraka Hutama yang tak kalah menakutkan.

Neraka Hutama akan membuat penghuninya mengalami kehancuran dengan api yang memecah dan membakar dari kedua kaki, tulang-tulang, hingga hati, serta melontarkan bunga api sebesar istana.

Neraka ini akan dihuni oleh orang yang suka mencela, mengumpat, enggan bersedekah, dan perhitungan terhadap sesama. (hajinews.id).
Merdeka.com - Islam merupakan agama yang mengajarkan kepada pengikutnya keyakinan akan adanya kehidupan akhirat, kehidupan setelah kematian. Ajaran ini merupakan salah satu pokok rukun Iman yang apabila diabaikan maka menyebabkan seseorang dianggap tidak beriman. Dalam kehidupan akhirat nanti, umat Islam percaya akan adanya neraka dan surga.

nama neraka dan penghuninya

Di mana setiap orang memperoleh salah satu dari keduanya sesuai dengan amal perbuatan semasa hidup di dunia. Jika selama hidup lebih banyak berbuat kebaikan maka Allah menjanjikan surga, tetapi sebaliknya, nama neraka dan penghuninya banyak berbuat dosa maka Allah menjanjikan neraka.

Neraka adalah tempat yang disediakan oleh Allah SWT bagi orang-orang kafir, yaitu orang-orang yang membangkang terhadap syari’at Allah SWT dan mengingkari rasul-Nya. Neraka merupakan wujud siksa. Allah SWT kepada musuh-musuh-Nya dan penjara bagi mereka yang berbuat dosa. Tempat ini merupakan suatu wujud kehinaan dan kerugian tiada tara yang tiada lagi kehinaan dan kerugian lain setelah ini.

Tentu saja, tak ada orang yang ingin masuk neraka, namun kenyataannya masih banyak orang berbuat hal-hal yang justru mengarahkannya menuju neraka. BACA JUGA: Keutamaan Surat Al Waqiah, Salah Satunya Dijauhkan dari Kemiskinan Mengenal Keutamaan Surat Al Mulk, Diampuni Dosa dan Dihindarkan dari Siksa Kubur Berikut nama neraka yang wajib diketahui, yang telah dirangkum merdeka.com melalui NU Online dan berbagai sumber lainnya pada Kamis, (21/014/2022).

Nar Nama neraka yang wajib diketahui yang pertama adalah Nar. Kata Nar dalam Al-Qur'an mengandung pengertian api dan neraka. Hal ini sesuai dengan QS. Al Baqoroh ayat 81 yang memiliki arti sebagai beriktu: "Barang siapa berbuat keburukan, dan dosanya telah menenggelamkan, maka mereka itu penghuni neraka, merek kekal didalamnya." ( QS. Al-Baqoroh: 81) Neraka Hawiyah Nama neraka yang wajib diketahui berikutnya adalah neraka Hawiyah.

Dalam Al-Qur'an, neraka hawiyah memiliki sebutan lain “nar hamiyah” yang berarti api panas dan berkobar. Selain itu, neraka Hawiyah juga dapat diartikan sebagai tempat yang sangat panas dengan dasar neraka yang dalam. Neraka hawiyah diisi oleh orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya. BACA JUGA: Arti Posesif dan Over Protektif yang Wajib Diketahui, Begini Cara Mengatasinya Pembelajaran Kinestetik adalah Jenis Metode Belajar, Ketahui Karakteristiknya Neraka Saqar Yaitu tempat untuk orang-orang munafik yang mendustakan (tidak mentaati) perintah Allah dan Rasulullah SAW.

Maka dibakar dalam api adalah hukuman untuk mereka. Nama neraka ini tercantum dalam Surat Al Muddatsir ayat 26-27 yang memiliki arti sebagai berikut: Artinya: "Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak nama neraka dan penghuninya Neraka Jahanam Nama neraka yang wajib diketahui berikutnya adalah neraka Jahanam.

Neraka ini tergolong sebagai neraka yang tingkatannya paling tinggi yang diisi oleh orang-orang yang sering melakukan dosa besar.

nama neraka dan penghuninya

Kata neraka jahannam berasal dari bahasa Arab dan memiliki banyak arti. Neraka Jahanam secara harfiah diartikan memiliki penampilan jahat atau berwajah murung. Mengapa disebut sebagai neraka Jahannam? Karena neraka ini dalam keadaan gelap, hitam, dan memiliki dasar yang sangat dalam. Neraka Hutama Tak hanya neraka Jahanam, nama neraka selanjutnya adalah neraka Hutama yang tak kalah menakutkan. Neraka Hutama akan membuat penghuninya mengalami kehancuran dengan api yang memecah dan membakar dari kedua kaki, tulang-tulang, hingga hati, serta melontarkan bunga api sebesar istana.

Neraka ini akan dihuni oleh orang yang suka mencela, mengumpat, enggan bersedekah, dan perhitungan terhadap sesama. 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 VIDEO: Iptu Asep Saefuloh, Polisi Dimaki Penumpang Alphard Kapolsek Sukaresik 3 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi SelengkapnyaJakarta - Selain surga, di akhirat nanti juga ada neraka yang disediakan bagi umat manusia yang mendustakan Allah SWT.

Nama-nama neraka disebutkan dalam beberapa ayat Al Quran salah satunya dalam surat An-Nisa ayat 145 إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ فِى ٱلدَّرْكِ ٱلْأَسْفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا Arab latin: Innal-munāfiqīna fid-darkil-asfali minan-nār, wa lan tajida lahum naṣīrā Artinya: Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka.

Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka. Nama-nama neraka disiapkan Allah SWT berdasarkan perbuatan seorang hamba di dunia. Berikut penjelasan beberapa nama neraka, dalil, dan penghuninya. Baca juga: Urutan Nama Serta Tingkat Nama neraka dan penghuninya dan Neraka plus Haditsnya 7 nama-nama neraka dan dalilnya: 1.

Neraka Hawiyah Nama neraka hawiyah disebutkan dalam Al Quran surat al-Qoriah ayat 10-11 وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا هِيَهْ.10 نَارٌ حَامِيَةٌۢ.11 Arab latin: 10. Wa mā adrāka mā hiyah 11. Nārun ḥāmiyah Artinya: 10. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? 11. Ia adalah api yang menyala yang menghancurkan orang yang masuk kedalamnya.

Neraka hawiyah menjadi balasan orang-orang yang kafir dan munafik. nama neraka dan penghuninya. Neraka Jahim Adanya neraka jahim dijelaskan dalam Al Quran surat Asy-Syu'araa ayat 91 وَبُرِّزَتِ ٱلْجَحِيمُ لِلْغَاوِينَ Arab latin: Wa burrizatil-jaḥīmu lil-gāwīn Artinya: Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat Sebagai salah satu nama-nama neraka, neraka jahim disiapkan bagi orang musyrik yang menyekutukan Allah SWT.

3. Neraka Saqar Penjelasan neraka saqar sebagai satu dari nama-nama neraka ada dalam Al Quran surat Al-Mudatsir ayat 42-43 مَا سَلَكَكُمْ فِى سَقَرَ.42 قَالُوا۟ لَمْ نَكُ مِنَ ٱلْمُصَلِّينَ.43 Arab latin: 42.

Mā salakakum fī saqar 43.

nama neraka dan penghuninya

Qālụ lam naku minal-muṣallīn Artinya: 42. Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? 43. Mereka menjawab: Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat. Selain tidak pernah sholat, Allah SWT menyiapkan nereka saqar bagi mereka yang tidak pernah memberi makan orang miskin, membicarakan keburukan, dan tidak percaya hari pembalasan.

4. Neraka Ladza Salah satu nama-nama neraka, yaitu neraka ladza disebutkan dalam Al Quran surat Al-Ma'rij ayat 15 كَلَّآ ۖ إِنَّهَا لَظَىٰ Arab latin: Kallā, innahā laẓā Artinya: Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak.

nama neraka dan penghuninya

Neraka ladza diisi orang-orang yang semasa hidupnya mengikuti ajakan dan rayuan setan serta mengumpulkan harta tanpa membayar nama neraka dan penghuninya /> Ini Deretan Sanksi Baru AS dan Inggris untuk Rusia Jelang Perayaan Hari Kemenangan Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, Senin 9 Mei 2022 Sentimen The Fed Bisa Jadi Momentum Beli Saham, Tapi… Sentimen The Fed Bisa Jadi Momentum Beli Saham, Tapi… LIVE : Harga emas 24 karat Pegadaian hari ini (08:19 WIB) LIVE : Proyeksi analis soal IHSG setelah libur Lebaran (07:58 WIB) 7 Nama Neraka: 1.

Neraka Jahannam Neraka ini adalah neraka tingkat pertama yang diisi oleh mereka yang gemar melakukan dosa dan tidak mau bertobat terhadap dosa-dosanya. Hal tersebut dijelaskan lewat surat Al-Hijr ayat 43.

" Wa inna jahannama lamaw'iduhum ajma'iin." Artinya: Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka [pengikut-pengikut syaitan] semuanya. Baca Juga : Doa Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Keluarga dan Orang Lain 3.

Neraka Huthamah Neraka yang dihuni oleh orang-orang yang kerap mengumpat, mencela, dan berprasangka buruk ini memiliki api yang bisa membakar hingga ke dalam hati manusia.

Penjelasan itu disebut lewat surat Al-Humazah ayat 5-6. Baca Juga : 2 Doa Saat Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Lengkap dengan Artinya 4.

nama neraka dan penghuninya

Neraka Ladza Neraka yang dihuni oleh iblis, setan atau jin kafir, manusia yang terbujuk rayuan setan, dan orang Majusi atau penyembah api ini disebut dalam surat Al-Ma’arij ayat 15. " Kallaa innahaa lazaa." Artinya: Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak. 5. Neraka Saqar Neraka yang disebut dalam surat Al-Muddassir ayat 42-47 ini dihuni oleh para penyembah berhala, orang-orang yang selama hidupnya tidak mengerjakan salat, tidak peduli dengan orang miskin, gemar berbicara kotor, dan tidak percaya hari kiamat.

" Maa salakakum fii saqar. Qooluu lam naku minal musalliin. Wa lam naku nut'imul miskiin. Wa kunnaa nakhuudu ma'al khaaa'idiin. Wa kunnaa nukazzibu bi yawmid Diin.

Hattaaa ataanal yaqiin." Artinya: Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar [neraka]? Mereka menjawab, 'Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang me-laksanakan shalat, dan kami (juga) tidak memberi makan orang miskin, bahkan kami biasa berbincang [untuk tujuan yang batil], bersama orang-orang yang membicarakannya, dan kami mendustakan hari pembalasan, sampai datang kepada kami kematian'." 6.

Neraka Jahim Neraka ini dihuni oleh orang-orang musyrik yang menyekutukan Allah SWT. Keberadaan neraka ttersebut dijelaskan dalam surat Asy-Syu’ara’ ayat 91. " Wa burrizatil Jahiimu lilghaawiin." Artinya: Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat. 7. Neraka Hawiyah Neraka yang paling dekat dengan sumber api neraka berwarna hitam ini dihuni oleh orang-orang kafir, munafik, dan para pengikut keluarga Fir’aun.

Neraka Hawiyah disebut dalam surat Al-Qari'ah ayat 9-11: " Fa-ummuhu haawiyah. Wa maa adraaka maa hiyah. Naarun hamiyah." Artinya: Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? [Yaitu] api yang sangat panas. Terpopuler • Niat Bayar Utang Puasa Ramadan, Bolehkah Puasanya Dicicil atau Harus Sekaligus?

• Tender Gorden DPR Dimenangkan Penawar Tertinggi Rp43,5 Miliar, Kok Bisa? • Odesa Dihantam Rudal, Kapal Rusia Kembali Ditenggelamkan Pasukan Ukraina • Kemenag Izinkan 50 Persen Pegawai WFH Usai Libur Lebaran 9-13 Mei • PPKM Jawa-Bali Berakhir Besok, Begini Situasi Covid-19 Nasional
Ini Deretan Sanksi Baru AS dan Inggris untuk Rusia Jelang Perayaan Hari Kemenangan Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, Senin 9 Mei 2022 Sentimen The Fed Bisa Jadi Momentum Beli Saham, Tapi… Sentimen The Fed Bisa Jadi Momentum Beli Saham, Tapi… LIVE : Harga emas 24 karat Pegadaian hari ini (08:19 WIB) LIVE : Proyeksi analis soal IHSG setelah libur Lebaran (07:58 WIB) Bisnis.com, SOLO - Dalam Alquran disebutkan bahwa Allah SWT telah menciptakan surga dan neraka bagi umat manusia.

Adapun surga itu sendiri diperuntukkan bagi mereka yang beriman dan taat akan perintah-Nya. Sementara itu, neraka diperuntukkan bagi mereka yang ingkar dan tidak beriman. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa jenis atau tingkatan dari surga dan neraka itu sendiri?

Setiap tingkatan pun diisi dengan penghuni dari golongan tertentu. Baca Juga : Amalan Nabi Muhammad SAW di Hari Jumat Artinya: Bagi mereka [disediakan] Darussalam [surga] pada sisi Tuhannya dan Dia-lah pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.

3. Darul Muqamah Dalam surat Fatir ayat 35, dijelaskan bahwa para ahli syukur yang tinggal di dalamnya tidak pernah capek dan letih. " llazi ahallana daral-muqamati min fadlih, la yamassuna fiha nasabuw wa la yamassuna fiha lugub." Artinya: Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal [surga] dari karunia-Nya, di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu. 4. Jannatul Ma'wa Jannatul Ma'wa menjadi tempat bagi mereka yang bertakwa, beramal saleh, dapat menahan hawa nafsu, dan meyakini kebesaran Tuhan.

Keberadaan surga ini disebut dalam surat An-Najm ayat 15. "' Inda sidratil-muntaha. 'Indaha jannatul-ma'wa." Artinya: [Yaitu] di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal [surga Al Ma’wa].

5. Jannatu Adn Jannatu Adn diperuntukkan bagi mereka yang bertakwa pada Allah SWT, sabar, bersedekah, dan membalas kejahatan dengan kebaikan. Surga ini disebut dalam Alquran surat Ash-Shaff ayat 12. " Yagfir lakum zunubakum wa yudkhilkum jannatin tajri min tahtihal-an-haru wa masakina tayyibatan fi jannati 'adn, zalikal-fauzul-'azim." Artinya: Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan [memasukkan kamu] nama neraka dan penghuninya tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn.

Itulah keberuntungan yang besar. 6. Jannatun Na'im Surga ini disebut dalam Surat Luqman ayat 8. Mereka yang tinggal di dalamnya adalah Muslim yang bertakwa dan beramal saleh. " Innallazina amanu wa 'amilus-salihati lahum jannatun nama neraka dan penghuninya Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan.

7. Al-Maqamul Amin Surga yang disebut dalam surat Adh-Dhukhan ayat 51 ini diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar bertakwa. " Innal-muttaqina fi maqamin amin." Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa nama neraka dan penghuninya dalam tempat yang aman. 8. Firdaus Surga yang memiliki posisi tertinggi ini diperuntukkan bagi mereka nama neraka dan penghuninya beriman, memelihara amanat beserta janjinya, dan selalu menjaga salatnya dengan sempurna.

Hal tersebut dijelaskan dalam surat Al-Kahf ayat 107. " Innal laziina aamanuu wa 'amilus saalihaati kaanat lahum Jannaatul Firdawsi nuzulaa." Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.

Terpopuler • Niat Bayar Utang Puasa Ramadan, Bolehkah Puasanya Dicicil atau Harus Sekaligus?

nama neraka dan penghuninya

• Tender Gorden DPR Dimenangkan Penawar Tertinggi Rp43,5 Miliar, Kok Bisa? • Odesa Dihantam Rudal, Kapal Rusia Kembali Ditenggelamkan Pasukan Ukraina • Kemenag Izinkan 50 Persen Pegawai Nama neraka dan penghuninya Usai Libur Lebaran 9-13 Mei • PPKM Jawa-Bali Berakhir Besok, Begini Situasi Covid-19 Nasional
SRIPOKU.COM - Apa saja nama-nama neraka yang wajib diketahui beserta calon penghuninya?

Berikut ulasan selengkapnya. JIka surga dan neraka tidak ada, maka apakah manusia masih akan menyembah Allah? Oleh sebab itu, hidup di dunia ini merupakan tempat untuk melakukan ibadah sebaik mungkin agar tujuan akhir surga dapat terwujud.

Mana ada sih manusia yang menginginkan masuk neraka. Pasti semuanya berharap akhir hidup yang baik kan dengan impian berkumpul bersama orang tercinta di dunia nantinya juga di surga. Tiap muslim wajib mengimani adanya surga dan neraka yang merupakan bagian dari percaya terhadap akhirat.

Kedua tempat itu sudah diciptakan Allah SWT bagi hamba-hamba-Nya. Mereka yang beriman dan betakwa dengan menjalankan seluruh perintah dan menjauhi larang-larangannya balasannya adalah surga. Sedangkan bagi mereka yang mengingkari dan tidak beriman serta berbuat dosa, neraka merupakan tempat sebaik-baiknya bagi mereka.

MUHASABAH DIRI-NAMA NAMA NERAKA DAN PENGHUNINYA




2022 www.videocon.com