Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

KOMPAS.com - Melempar dan menangkap merupakan gerakan dominan dalam permainan bola kasti. Gerakan melempar dan menangkap digunakan ketika regu penjaga bertugas mematikan regu pemukul.

Ya, ada dua kelompok dalam permainan kasti yaitu penjaga dan pemukul. Regu penjaga bertugas mematikan lawan, sementara regu pemukul mencetak skor sebanyak-banyaknya. Kedua regu tersebut bisa saling bergantian jika tim penjaga berhasil mematikan tiga anggota pemukul. Untuk bisa mendapatkan poin atau nilai terbanyak, tentu saja para pemain harus menguasai teknik dasar. Baca juga: Gerak Lokomotor, Non-lokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Kasti Melempar dan menangkap bola merupakan bagian dari teknik dasar dalam permainan kasti, selain memukul bola dan berlari ke tiang hinggap.

Bagaimana cara melakukan aktivitas melambungkan dan menangkap bola? Dilansir Kompas Skola, berikut penjelasan cara melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti: Cara Melempar Bola Ketika melempar bola ke arah pemukul, ayunan yang benar seorang pelambung bola kasti adalah dari bawah dengan satu tangan.

Sebutkan cara melempar bola dalam permainan kasti. Lemparan dalam bola kasti terdiri dari tiga teknik, yakni lemparan bola mendatar, lemparan bola melambung, dan lemparan bola menyusur tanah.

• Lemparan bola mendatar Berikut cara melakukan melempar bola kasti mendatar: Baca juga: Cara Mendapatkan Poin dalam Permainan Kasti KOMPAS.com - Baseball atau permainan kasti tergolong dalam olahraga bola kecil. Permainan ini dilakukan oleh dua regu yang masing-masing beranggotakan sembilan orang. Permainan kasti terasa sangat menyenangkan jika dimainkan bersama teman atau keluarga. Baseball bisa melatih atau menumbuhkan rasa kepercayaan diri serta kekompakan. Tidak hanya itu, baseball juga melatih kemampuan atau skill dalam melakukan berbagai teknik olahraga.

Alasannya karena berbagai teknik dalam permainan kasti memang terdengar mudah, namun cukup sulit untuk diterapkan. Secara garis besar, ada dua teknik dalam permainan kasti, yakni teknik serangan dan teknik pertahanan.

Keduanya dilakukan sesuai dengan perannya dalam pertandingan baseball. Teknik serangan dilakukan agar kawan mainnya bisa melakukan home base. Sedangkan teknik pertahanan dilakukan agar bisa mematikan lawan atau mencegahnya untuk home base. Baca juga: Variasi Keterampilan Menangkap Bola dalam Permainan Softball Serangan dalam permainan kasti dilakukan dengan memukul bola sekuat mungkin agar lambungannya jauh dan susah dijangkau oleh pemain lawan.

Sedangkan dalam teknik pertahanan dilakukan dengan melempar bola. Teknik ini memiliki dua pengertian, yakni melempar bola sebagai umpan ke pemukul serta untuk mematikan lawan mainnya.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Dikutip dari buku Softball dan Baseball (Teknik dan Teori) (2019) karya Anggi Setia Lengkana dan Rana Gustian Nugraha, teknik melempar bola merupakan bagian yang terpenting dalam permainan. Teknik melempar dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Unsur utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerakan melempar.
Contoh Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Kasti – Dalam permainan kasti, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif.

Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar manipulatif!

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Bagaimana variasi gerak dasar manipulatif? Apa sajakah variasi gerak dasar manipulatif pada permainan kasti? Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh. Baca dan pahami isi materi dan catat poin-poin penting rangkuman materi dibawah ini!

Variasi Gerak Manipulatif Melempar Bola Melambung, Mendatar, dan Bawah Melempar bola dalam permainan kasti termasuk variasi gerak dasar manipulatif. Gerakan ini untuk mengumpan kepada pemain pemukul, mengoper kepada teman satu kelompok, atau mematikan kelompok pemukul. Pada permainan kasti, gerakan melempar bola dapat dilakukan berbagai variasi.

1. Melempar Bola Melambung Gerak dasar melempar bola melambung untuk mengumpan dalam jarak jauh. Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola melambung?Lakukan gerakan melempar bola melambung dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 1. Sikap awal, berdiri dengan kedua kaki dibuka. Salah satu kaki berada di depan, misalnya kaki kiri. 2. Bola dipegang tangan kanan di atas bahu.

Posisi tangan kiri sejajar bahu. Pandangan ke arah sasaran. 3. Lakukan gerakan ayunkan lengan ke depan untuk melempar bola. Arah bola ke atas depan agar bola melambung tinggi. 4. Ikuti gerakan melangkahkan kaki kanan untuk menjaga keseimbangan tubuh. 2. Melempar Bola Mendatar Gerakan melempar bola mendatar untuk mengoper kepada teman satu kelompok.

Gerakan ini juga untuk mematikan pemain lawan. Cara melakukan gerakan melempar bola mendatar sebagai berikut. 1. Sikap awal, berdiri dengan kedua kaki dibuka.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Salah satu kaki berada di depan, misalnya kaki kiri. 2. Bola dipegang menggunakan tangan kanan di atas bahu. Posisi tangan kiri sejajar bahu. Pandangan ke arah sasaran. 3. Lakukan gerakan ayunan lengan untuk melempar bola. Arah bola mendatar setinggi dada. 4. Posisi kaki dipertahankan kaki kanan untuk menjaga keseimbangan tubuh. 3. Melempar Bola Menyusur Tanah Arah bola pada gerakan ini menggelinding atau menyusur di tanah.

Bagaimana cara melakukan melempar bola bawah? Bahaslah bersama temanmu. Kembangkan sikap saling menghargai dalam berdiskusi. Gunakan buku bacaan atau internet untuk menunjang hasil diskusi. Selanjutnya, komunikasikan hasil diskusi kepada teman dan guru secara santun. Variasi Gerak Manipulatif Menangkap Bola Melambung, Mendatar, dan Menyusur Tanah Variasi gerak dasar selanjutnya, menangkap bola kasti.

Untuk menangkap bola, kamu harus menguasai gerakan melempar bola. Bagaimana cara menangkap bola kasti? Secara umum, cara menangkap bola terdiri atas menangkap bola atas (melambung), menangkap bola mendatar, dan menangkap bola bawah (menyusur tanah).

Carilah informasi melalui buku bacaan atau internet untuk mengetahui langkah-langkah menangkap bola. Tuliskan informasi penting yang ditemukan dan gunakan sebagai sumber belajar. Diskusikan informasi yang kamu temukan bersama teman. Jelaskan hasil diskusi kepada guru secara santun. Variasi Gerak Manipulatif Memukul Bola Melambung, Mendatar, dan Menyusur Tanah Memukul bola kasti dilakukan dengan mengayunkan pemukul dari belakang ke depan.

Saat memukul bola, perhatikan faktor keselamatan diri sendiri dan orang lain. Dilihat dari tujuan pukulan, gerak memukul bola terdiri atas pukulan bola melambung, pukulan bola mendatar, dan pukulan bola ke bawah. 1. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Melambung Bagaimana cara melakukan pukulan melambung? Kedua tangan memegang pemukul pemukul diayunkan ke belakang sebelum memukul bola. Ayunkan pemukul ke depat mengenai bola. Pukulan dilakukan dengan sikap santai.

Cara ini dapat menghasilkan pukulan melambung tinggi. 2. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Mendatar Tahukah kamu, cara melakukan pukulan mendatar?

Pukulan mendatar dilakukan dengan posisi kaki kiri di depan dan tangan kanan memegang pemukul. Pemukul sejajar bahu. Pukulan ini menghasilkan arah bola bergerak dengan cepat ke depan.

3. Variasi Gerak Manipulatif Pukulan Menyusur Tanah Pukulan menyusur tanah digunakan untuk memukul bola rendah.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Bagaimana cara melakukan pukulan menyusur tanah? Berikut cara melakukan pukulan menyusur tanah. Posisi awal, berdiri dengan satu kaki di depan. Tangan yang memegang pemukul ditarik ke belakang atas. Pandangan ke arah datangnya bola. Ayunkan pemukul ke arah bola dengan memantulkan bola ke bawah agar arah bola menyusur tanah. Setelah memukul, alat pemukul diletakkan di area pemukul.

Nah itulah sembilan contoh Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Kasti. Semoga rangkuman materi diatas bermanfaat dan berguna. Terimakasih. Baca Juga: Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Sepak Bola Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen Dalam permainan kasti ada beberapa pos yang diberi tanda dengan tiang.

Pos tersebut berfungsi sebagai tempat aman kepada pemain pemukul agar tidak dapat digebok atau dilempar bola oleh pemain jaga. Giliran pemain serang dalam memukul dilakukan secara bergantian dengan mendapatkan umpan dari pemain jaga. Pemain yang bertugas menjaga bola berada disekitar lapangan agar dapat menangkap bola yang telah dipukul oleh pemain serang.

Kalian perlu menguasai beberapa teknik dasar bola kasti untuk memenangkan pertandingan tersebut. Sebagai pemain jaga kalian wajib mengetahui teknik menjaga lawan dan teknik menangkap bola. Tapi jika menjadi pemain penyerang kita harus tau cara memukul bola kasti dan kemampuan berlari menuju check point. Jika tim berhasil melewati semua pos dan kembali menuju pos pemukul seperti semula maka setiap pemain akan dihitung nilai. Bermain bola kasti sebenarnya sangat menyenangkan jika diimbangi sportifitas antar regu.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Tapi hal penting yang tak kalah dengan spotifitas tak lain adalah gerakan serta teknik dasar permainan kasti itu sendiri. Misal kalian mendapatkan tugas membuat rangkuman cara memukul bola kasti, menangkap, maupun melakukan pukulan maka simaklah artikel di bawah. Pentingnya mempelajari teknik dasar permainan kasti dilandaskan atas peran yang berbeda antar pemain. Maknanya, tidak semua bertugas memukul bola maupun melempar bola sebagai umpan. Sebenarnya guru sudah mengajarkan materi bola kasti baik secara teori maupun praktek.

Kalian pun dapat menambah referensi dengan membaca buku pedoman penjas maupun browsing lewat internet. Secara garis besar teknik dasar bola kasti terdiri dari cara memukul bola, melempar bola, dan menangkap bola. Masing-masing pemain tentunya memiliki role atau peran berbeda mengingat kasti masuk dalam olahraga tim.

Pergantian status tim pun mungkin terjadi apabila seluruh penyerang sudah kehabisan pemain dan tak memiliki pemukul lagi. Baca juga : 5 Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola BasketPada praktek bola kasti kalian akan mendapati 2 pos dengan jarak minimal 20 meter.

Apabila kita menguasai setiap teknik dasar yang terdapat dalam permainan ini maka kita memenangkan permainan. Teknik dasar permainan kasti dapat dibagi menjadi beberapa tahap yaitu memukul, menangkap dan melempar bola. Dibawah ini terdapat penjelasan masing masing teknik. Nah, sebelum kita mempelajari teknik dasar permainan kasti tersebut alangkah baiknya kita menguasai vcara memegang bola terlebih dulu. Tak sedikit siswa yang gagal mengumpan karena posisi bola yang salah di genggaman tangan.

Oleh karenanya, simaklah penjelasan di bawah: • Bola dipegang menggunakan seluruh jari tangan. • Kemudian bola dipegang dengan erat. • Saat memegang bola usahakan jarak jari tidak terlalu rapat. Setelah mengetahui teknik memegang bola kemudian anda dapat melakukan teknik dasar permainan kasti yaitu melempar bola. Teknik melempar ini dapat dibagi menjadi melempar bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti lurus maupun melempar bola secara melambung.

Berikut penjelasannya: Melempar Bola Melambung Teknik dasar permainan kasti ini bertujuan untuk memberikan bola kepada teman dengan jarak yang sedikit jauh. Teknik dasar ini digunakan oleh pemain penjaga yang bertugas untuk melempar bola ke pemukul. Jika anda bertugas sebagai pelempar maka anda harus dapat melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Teknik lambungan dikatakan benar apabila letak bola berada diantara pusar dengan dada. Dibawah ini terdapat cara melakukan teknik melempar secara melambung: • Arahkan pandangan anda kedepan. • Posisikan badan anda menyamping dengan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan.

• Buka kedua kaki selebar lebarnya. • Kaki kanan sedikit dibengkokkan sedangkan kaki kiri usahakan tetap lurus. • Lemparkan bola kearah atas kepala untuk mendapatkan lambungan yang tinggi. • Lakukan proses melempar dengan posisi tangan. • Lakukan pelemparan secara berulang agar lebih baik. Melempar Bola Lurus Selanjutnya cara melempar bola dapat dilakukan secara lurus. Teknik dasar bola kasti ini menggunakan tenaga secukupnya sehingga mendapatkan hasil lemparan yang tidak terlalu pelan maupun keras.

Teknik permainan kasti ini memerlukan ketepatan dan kecepatan yang baik. Pemain penjaga yang melembar bola lurus memiliki sasaran pantat atau punggung pemain serang. Cara melakukannya yaitu: • Posisikan badan anda menyamping dengan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan. • Buka kedua kaki selebar lebarnya. • Kaki kanan sedikit dibengkokkan sedangkan kaki kiri usahakan tetap lurus.

• Bola tersebut dipegang menggunakan tangan kanan dan sikut membentuk sudut 90 derajat. • Luruskan tangan kuru kedepan dengan sejajar bahu.

• Pelemparan bola dapat sejajar dengan kepala. • Lakukan proses melempar dengan posisi tangan. • Lakukan pelemparan secara berulang agar lebih baik. Baca juga : 3 Teknik Dasar Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam, Kaki Bagian Luar dan Punggung Kaki Teknik Menangkap Bola Sebagai pemain bertahan kalian wajib mengetahui cara menangkap bola kasti dengan baik dan benar.

Pengetahuant tersebut bisa membantu tim kita untuk mengantisipasi pemain lawan yang hendak masuk ke check poin maupun pos awal. Biasanya, tanpa latihan khusus pun siswa sudah pandai dalam hal mengoper maupun menangkap bola. Menangkap bola Teknik dasar bola kasti selanjutnya adalah bagaimana cara menangkap bola datang. Teknik ini dilakukan setelah anda menguasai cara melempar bola. Mengapa demikian? karena kalian harus mengetahui terlebih dulu karakteristik bola yang datang apakah mendatar, lurus, atau lambung.

Jika sudah menguasainya, maka tim pun mampu mendominasi jalannya permainan meski menjadi penyerang maupun bertahan. Menangkap Bola MelambungMenurut saya pribadi bola melambung cukup mudah untuk kita tangkap karena lajunya tidak terlalu cepat.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Cara melakukan teknik dasar kasti dengan menangkap bola secara melambung yaitu: • Posisikan badan denagn berdiri dan kaki kanan berada didepan. • Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola. • Posisikan tangan berhadapan dengan sikut sedikit ditekuk. • Usahakan jari jari tangan lemas dan renggang. • Kemudian tangkaplah bola yang datang.

Menangkap Bola MendatarBola datar biasanya dioper secara cepat oleh teman satu tim untuk mengantisipasi pelari dari tim lawan. Meski efektif secara mekanik tapi tak sedikit pula siswa kesulitan dalam menangkapnya karena berbagai alasan.

Cara melakukan teknik dasar bola kasti dengan menangkap bola secara mendatar yaitu: • Posisikan badan dengan berdiri dan kaki kanan berada didepan. • Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola. • Posisikan tangan berhadapan dengan sikut sedikit ditekuk. • Usahakan jari jari tangan lemas dan renggang. • Kemudian tangkaplah bola yang datang. Baca juga : 3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders Menangkap Bola Yang Menyusur TanahInilah salah satu kesalahan yang sering dilakukan baik oleh tim pemukul maupun pemain bertahan saat melempar bola.

Kurangnya power yang diberikan membuat arah bola cenderung mendatar dan menyusur ke tanah. Cara melakukan teknik dasar permainan kasti dengan menangkap bola menyusur ketanah yaitu • Posisikan badan dengan berdiri dan kaki kanan berada didepan.

• Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola. • Posisikan lutut kanan menempel tanah dan kaki kiri sedikit ditekuk. • Kemudian tangkaplah bola yang datang. Anda dapat melakukan teknik dasar permainan kasti menangkap dan melempar bola secara berulang ulang. Anda dapat melakukan teknik tersebut sendiri dengan cara melemparnya ketembok.

Namun lebih baik jika berlatih teknik ini dilakukan secara berpasangan. Anda dapat berlatih teknik tersebut dengan jarak dekat terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan jarah jauh sekitar 4 meter.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Teknik dasar permainan kasti yang terakhir ialah teknik memukul bola. Teknik ini merupakan sebuah teknik yang harus dikuasai oleh pemain kasti. Pemain tersebut dapat memukul bola dengan beberapa cara. Hal yang paling penting dalam memukul bola ialah memukul sejauh mungkin agar pemain penjaga tidak dapat menangkap bola tersebut.

Sebelumnya anda harus memperhatikan teknik memegang alat pemukul yang benar. Berikut cara memegang alat pemukul yang benar: • Kaki usahakan dibuka selebar bahu. • Peganglah pemukul tadi menggunakan tangan kanan. • Ayunkan pemukul kebelakang sampai bahu.

• Gunakan tangan kiri untuk memberikan tanda kepada pelempar. • Perhatikan arah bola, kemudian pukul bola sekuat mungkin. Teknik dasar permainan kasti ini juga dapat dibagi tiga yaitu memukul bola secara melampung, memukul bola secara merendah, maupun memukul bola secara mendatar.

Dibawah ini terdapat penjelasan masing masing teknik dasar memukul bola: Memukul Bola Melambung Mampu memukul bola melambung menjadi teknik dasar bola kasti yang harus kalian kuasai.

Pukulan melambung yang kuat akan menghasilkan jarak yang jauh sehingga lawan pun akan kewalahan menangkapnya. Dengan demikian, rotasi pemain bisa lebih lama dan tim akan mencetak akan lebih banyak pula. Lantas bagaimana cara memukul bola agar melambung? • Posisikan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan. • Tangan yang memegang alat pemukul usahakan sedikit serong kira kira 45 derajat kebawah.

• Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola. • Ayunkan pemukul kesamping kiri bagian atas kemudian pukullah bola sekuat tenaga. Memukul Bola Mendatar Teknik memukul bola mendatar ialah sebuah teknik dasar permainan kasti yang bertujuan agar bola dapat melesat kedepan dengan cepat. Berikut cara melakukannya: • Posisikan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan.

• Letakkan pemukul agar dapat sejajar dengan bahu.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

• Posisikan tangan kiri lurus untuk mendapatkan bola secara mendatar. • Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola. • Ayunkan pemukul secara mendatar kemudian pukullah bola sekuat tenaga. Memukul Bola Merendah Teknik memukul bola merendah ialah sebuah teknik dasar permainan kasti yang bertujuan agar bola dapat memantul ketanah dengan cepat.

Berikut cara melakukannya: • Posisikan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan. • Letakkan pemukul kearah belakang atas. • Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola. • Ayunkan pemukul dari atas kebawah kemudian pukullah bola sekuat tenaga. Ada banyak sekali variasi gerakan serta strategi yang melibatkan teknik dasar bola kasti seperti di atas. Pada dasarnya permainan satu ini memang memerlukan pengetahuan, perhitungan, serta kerjasama tim yang solid. Nah, jika kalian kebetulan sedang mendapat tugas untuk menulis rangkuman materi kasti maka jadikanlah artikel teknik dasar kasti di atas sebagai referensi.

• ► 2022 (68) • ► Mei (1) • ► April (11) • ► Maret (17) • ► Februari (21) • ► Januari (18) • ▼ 2021 (92) • ▼ Desember (19) • Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internas. • Pengertian dan Teknik Dasar Lari Estafet • Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta P. • 16 Tahap Tingkatan Sabuk Taekwondo di Indonesia • Cara Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli • Jenis Jenis Pukulan Pencak Silat dan Cara Melakuka.

• Jenis Jenis Pemanasan Sebelum Olahraga Lengkap • Teknik Dasar Permainan Kasti (Melempar, Menangkap . • 5 Teknik Dasar Passing Bola Basket dan Pembahasannya • Teknik dan Cara Mengambil Nafas Renang Gaya Bebas • 14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakuk.

• Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Renang Lengkap • 8 Macam Teknik Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap • Peraturan Pertandingan Pencak Silat Resmi Saat Per. • Teknik Dasar Throw In Sepak Bola (Lemparan ke Dalam) • Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping atau Ortodoks • Teknik Dasar Lari Jarak Pendek (Start, Sikap Lari. • Pengertian Handstand dan Kopstand Beserta Cara Mel.

• Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Bakar • ► November (8) • ► Oktober (12) • ► September (11) • ► Agustus (5) • ► Juli (7) • ► Juni (2) • ► Mei (13) • ► April (13) • ► Maret (1) • ► Januari (1) • ► 2020 (23) • ► Desember (1) • ► November (2) • ► Oktober (3) • ► September (4) • ► Juli (3) • ► Juni (1) • ► Mei (1) • ► April (1) • ► Maret (3) • ► Februari (1) • ► Januari (3) • ► 2019 (33) • ► Desember (2) • ► November (3) • ► Oktober (4) • ► Agustus (3) • ► Juli (1) • ► Juni (1) • ► Mei (1) • ► April (5) • ► Maret (2) • ► Februari (6) • ► Januari (5) • ► 2018 (6) • ► Desember (2) • ► September (2) • ► Februari (2) • ► 2017 (5) • ► November (1) • ► Oktober (3) • ► September (1)
Bola kasti merupakan salah satu permainan olahraga yang dulu menjadi favorit dan populer.

Permainan ini hampir mirip dengan peraturan permainan baseball. Dimana ada 2 tim yang akan bertanding untuk mendapatkan poin tertinggi. Prinsip permainan ini pun juga hampir sama dengan prinsip permainan base ball, dimana juga terdapat tim pemukul dan tim penjaga. Kasti juga memiliki base atau pos dimana setiap pos biasanya ditandai dengan tiang, yang menjadi titik aman bagi pemain pemukul. Dalam kasti Biasanya terdapat 2 atau lebih pos, dimana disebut pos dekat dan pos jauh, dimana masing-masing memiliki jarak sekitar 20 meter atau lebih.

Lapangan bola kasti memiliki ukuran 40 x 70 meter dengan 10 meter digunakan sebagai ruang tunggu untuk pemain pemukul. Setiap tim memiliki masa untuk menjadi penjaga dan pemukul. Pemain jaga juga bertugas melempar untuk tim pemukul, dimana lemparan harus sesuai dengan yang diminta oleh pemain dari tim pemukul. Permainan bola kasti dimenangkan oleh tim dengan poin terbanyak. Dimana tim akan mendapatkan poin jika pemain telah mencapai pos jauh dan kembali lagi ke home atau ruang tunggu.

Tim pemukul akan berganti menjadi tim penjaga jika seluruh pemain pemukul tidak ada yang berada di home dan pemain yang sudah terkena lemparan bola dianggap sudah tidak bisa melakukan pukulan. Bermain bola kasti sendiri terdapat 3 teknik dasar dimana setiap pemain harus menguasaninya.

Ketiga teknik tersebut adalah teknik memukul bola, teknik melempar, dan teknik menangkap bola kasti. Salah satu yang terpenting adalah teknik melempar bola dalam bola kasti. Teknik ini merupakan teknik yang dipakai ketika sebagai penjaga bola. Sebelum mempelajari cara melempar bola dalam bola kasti, Anda perlu tahu mengetahui cara memegang bola kasti dengan baik dan benar. Bola yang dipakai dalam permainan bola kasti sama seperti bola yang digunakan dalam peraturan tenis lapangan.

Dan berikut adalah beberapa cara memegang bola dalam bola kasti. • Bola digenggam dengan mengepalkan jari tangan • Pegang bola dengan erat • Usahakan dalam memegang bola, jari tidak terlalu rapat Setelah anda mengetahui cara memegang bola, selanjutnya anda bisa mempelajari bagaimana cara melempar bola kasti dengan baik dan benar. Dan berikut adalah beberapa cara melempar bola kasti delam berbagai teknik bermain bola kasti. • Cara Melempar Bola Melambung Teknik dasar Melempar bola digunakan oleh tim penjaga dalam sebuah permainan bola kasti.

Melempar bola secara melambung digunakan ketika memberikan bola kepada teman yang berada pada jarak yang jauh. Dan juga bisa digunakan oleh pelempar bola ketika pemain pemukul akan melakukan pukulan. Dalam melakukan lemparan kepada pemukul bola, sang pelempar harus menyesuaikan permintaan dari sang pemukul. Lemparan yang bagus kepada pemukul adalah antara pusar hingga dada.

Dan berikut beberapa tahap untuk melakukan lemparan dengan bola melambung. • Untuk awalan, anda bisa mengarahkan pandangan ke depan. • Badan diposisikan menyamping dengan kaki kiri berada di depan dan kaki kanan dibelakang. • Kemudaian buka kaki anda selebar mungkin • Ambil kuda-kuda tangan dengan memegang bola diangkat hingga ke belakang kepala, untuk menghasilkan lemparan yang tinggi • Sedikit bengkokkan kaki kanan anda, dan kaki kiri bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti lurus.

• Kemudian gerakan tangan dengan cepat agar lemparan bisa mencapai jarak yang anda inginkan dan arahkan sesuai target yang anda inginkan • Kekuatan lemparan sesuaikan dengan jarak dari target yang anda capai (teman satu tim) • Anda bisa melatihnya dengan melakukan berulang-ulang untuk menghasilkan lemparan yang cepat dan tepat. • Cara Melempar Bola secara lurus Lemparan lurus dalam bola kasti biasanya digunakan untuk melempar pemain lawan (tim pemukul) ketika dalam arena permainan.

Ketika melempar bola kepada tim lawan, anda harus bisa mengenainya dalam sekali lemparan. Karena jika tidak, pemain lawan akan berhasil lolos dan membuka peluang untuk mencetak poin. Jadi perlu latihan ketepatan dan prediksi gerakan dari pemain tim lawan.

Karena lemparan kepada pemain tim lawan berlaku ketika pemain dari tim lawan sedang menuju, kembali atau berpindah base/pos. Sedangkan ketika pemain tim lawan, sudah berada pada pos / base, lemparan anda tidak berlaku. Selain itu, lemparan lurus terkadang juga digunakan untuk memberikan bola kepada teman satu tim dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Dimana jika anda masih terlalu jauh ataupun tidak terlalu yakin untuk melempar bola kepada pemain dari tim lawan, anda bisa memberikan kepada teman yang lebih dekat. Dan berikut adalah beberapa tahap dalam melakukan lemparan bola lurus dalam permainan bola kasti. • Untuk awalan, anda bisa mengarahkan pandangan ke target. • Badan diposisikan menyamping dengan kaki kiri berada di depan dan kaki kanan dibelakang.

• Kemudaian buka kaki anda selebar mungkin • Pegang bola dengan siku membentuk sudut sekiar 90 derajat • Dan lemparkan lurus menuju target dengan cara melecutkan siku anda ke depan dengan cepat. • Lepaskan bola ketika bola lurus dengan pundak anda, dan pacu dengan gerakan jari-jari anda. Ketika ingin melempar pemain tim lawan yang sedang berlari, anda bisa memprediksi gerakanya. Untuk melatih ketepatan dalam melempar anda bisa melatihnya dengan menggunakan obyek bergerak.

Dan usahakan anda mengenainya hanya dengan sekali lemparan. Hal ini akan menutup kemungkinan tim lawan untuk memperoleh poin.

Lemparan juga harus dilakukan dengan cepat, karena anda juga harus bertarung melawan waktu dimana pemain dari tim lawan juga berlari dengan cepat untuk menuju pos/base atau menuju home.

Dan usahakan juga untuk melempar bola kepada pemain tim lawan tidak mengenai kepala. Untuk mengetahui permainan bola kasti lengkap, anda bisa mempelajarinya juga.

• Cara melakukan lemparan bola ke bawah Lemparan ini jarang sekali digunakan dalam permainan bola kasti. Teknik ini bertujuan untuk mengenai lawan yang sedang terjatuh sewaktu berlari. Cara ini lebih mudah daripada mengenai lawan yang bergerak.

Ketika terjatuh merupakan momen yang bisa anda manfaatkan sebelum pemain dari tim lawan mulai berlari lagi. Berikut adalah cara dalam melakukan lemparan ke bawah. • Untuk awalan, anda bisa mengarahkan pandangan ke target. • Badan diposisikan menyamping dengan kaki kiri berada di depan dan kaki kanan dibelakang. • Kemudaian buka kaki anda selebar mungkin • Pegang bola dengan siku membentuk sudut sekiar 90 derajat, dengan arah tangan mengarah ke bawah dimana target berada • Dan lemparkan lurus ke bawah menuju target dengan cara melecutkan siku anda ke depan dengan cepat.

• Lepaskan bola dan pacu dengan gerakan jari-jari anda, sehingga bola bisa melaju lurus. Lemparan dalam permainan bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti kasti memang sangat penting untuk dikuasai.

Anda bisa memaksimalkan akurasi dan prediksi gerakan dengan beberapa latihan teknik lemparan seperti diatas berulang-ulang.
noneTable of Contents • Jelaskan cara melempar bola dalam permainan bola basket • Teknik Melempar Bola dalam Rounders • Teknik Gerakan Menangkap Bola dalam Rounders • Video yang berhubungan • Posisi berdiri dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu serta lutut sedikit ditekuk. • Sikap badan condong ke arah depan. • Pegang bola dengan kedua telapak tangan dengan jari-jari dibuka.

• Kedua siku ditekuk, dan letakkan bola di depan badan setinggi dada. • Langkahkan kaki kiri ke depan pada arah sasaran melempar bola.

• Dorong kedua lengan lurus ke depan pada sasaran. Sebelum kita melemparkan bola, pertama harus memegang bola tersebut dengan baik. Yaitu dengan sikap kaki terbuka sebahu, dan lutut direndahkan / dilipat sebagai kuda-kuda untuk menyeimbangkan badan.

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti

Sedangkan badan yang dicondongkan ke depan agar membantu dalam mendorong bola ke depan. Agar bola dapat diatur, dan lebih lelluasa untuk digerakan serta diarahkan maka kedua telapk tangan menempel di samping bola.

Supaya melekat dengan baik, maka jemari diregangkan. Karena kita akan mengoper setinggi dada, maka siku ditekuk, agar bola tersebut dapat diatruh di depan dada. Nah, agar bola dapat terdorong dengan kuat, maka kita langkahkan salah satu kaki (kanan / kiri) ke depan. Bersamaan lengan tangan mendorong ke arah depan pada sasaran, misalnya melemparkan bola ke teman.

Pada intinya gerakan melempar bola dilakukan pada teknik passing / operan, sebab untuk kalau mau mengoper bolanya perlu dilempar ya kan? Jelaskan cara melempar bola dalam permainan bola basket Gerakan lemparan bola setinggi dada dalam permainan bola basket yaitu • Berdirilah dengan kedua kaki dibuka sebahu, dan lutut direndahkan / ditekuk. • Posis badan dicondongkan ke arah depan.

• Pegang bola dengan melekatkan kedua telapak tangan di samping bola dengan jari-jari dibuka. • Tekuk kedua siku, dan atur bola agar berada di depan setinggi dada. • Saat akan melempar, langkahkan kaki kiri ke depan pada sasaran. • Bersamaan kedua lengan mendorong bola ke depan bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti ke sasaran.

Jawabannya Jelaskan cara melempar bola dalam permainan bola basket. Gerakan melempar bola dalam permainan basket 🏀 dapat dilakukan dengan dua tangan di depan dada, berikut langkah-langkah-nya yang berdasarkan buku paket halaman 41. 💯👩‍🏫 Teknik melempar bola basket. Bermain bola basket tidak sekedar melempar bola, berikut ini teknik cara melempar bola basket.

Bermain bola basket sudah menjadi salah satu kegemaran paling populer masyarakat kita disamping sepak bola dan bulu tangkis. Adanya materi pelajaran bola basket menunjukkan pentingnya cabang oah raga ini untuk dipelajari.

Ada banyak teknik dasar bola basket perlu dipelajari dengan benar, tidak sekedar bagaimana cara memegang bola basket. Pada pembahasan kita kali ini kita akan belajar teknik cara melempar bola basket. Sebelum belajar teknik cara melempar bola basket, terlebih dahulu kita belajar cara memegang bola basket.

Memegang bola dilakukan dengan cara : bola dipegang dengan kedua tangan, dimana jari-jari tangan direnggangkan. Letakkan kedua ibu jari hamper berdekatan berjarak lebih kurang satu telapak tangan MACAM LEMPARAN DAN TEKNIK CARA MELEMPAR BOLA BASKET 1.

Melempar bola basket dengan kedua tangan searah dada ( chest pass ). Lemparan searah dada disebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut: • Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menhadap sasaran.

• Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan. • Konsentrasikan diri pada latihan Gerakan Melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku.

Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalankemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu. Sikap Akhir. Gerak lanjut dari teknik melempar bola basket adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tangan menghadap ke luar dari jari-jari tangan lurus ke depan.

2. Melempar bola basket dengan Dua Tangan Dari Atas Kepala ( over head pass ). Lemparan dua tanga dari atas kepala sering disebut dengan over head pass. Tujuannya adala menghindari jangkauan tangan lawan. Cara melempar bola basket dengan dua tangan di atas kepala adalah sebagai berikut: Sikap Permulaan :Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan.

Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparanGerakan :Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.Sikap Aklhir :Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya 3.

Bounce pass (operan pantul). Melempar bola basket dengan teknik Lemparan Pantulan. Lemparan pantulan sering disebut dengan istilah bound pass.

Tujuannya untuk menghindari hadangan dari pemain jangkung dan menerobos pertahanan lawan. Cara melakukan lemparan pantulan adalah : Posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat. 5. Behind the back pass. Cara melempar bola basket yang satu ini merupakan gerakan yang rumit untuk para pemula.

Teknik melempar bola basket ini dilakukan dengan melakukan lemparan melalui belakan punggung. Butuh latihan tekun dan berulang-ulang untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik dan benar.

tirto.id - Permainan rounders termasuk salah satu olahraga yang sering dimainkan di Indonesia. Rounders adalah olahraga yang dimainkan dengan bola kecil dan kayu pemukul. Olahraga ini sudah pernah dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 1951 bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti diselenggarakan di Jakarta.

Akan tetapi, hingga sekarang organisasi yang menaungi rounders di Indonesia belum berdiri sendiri dan masih bergabung dengan Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi). Secara umum, olahraga rounders dimainkan oleh dua regu pemain, yaitu regu pemukul dan regu penjaga. Jumlah anggota setiap regu adalah 12 pemain. Regu pemukul memulai permainan yang akan ditahan oleh regu penjaga. Di antara kecakapan yang harus dikuasai setiap pemain rounders adalah teknik menangkap dan melempar bola.

Keduanya tergolong teknik dasar dalam olahraga rounders. Kecakapan melempar dan menangkap bola menentukan keberhasilan regu untuk memenangkan permainan. Cara melempar dan menangkap bola sebenarnya sederhana. Pengembangannya akan makin kompleks, tergantung dari penguasaan kecakapan teknik dari setiap pemain. Berikut penjelasan tentang cara melempar dan menangkap bola dalam permainan rounders, sebagaimana dikutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (2016) yang ditulis oleh Sugito Adiwarsito, Dendy Sonjaya, dan Rusdi.

Teknik Melempar Bola dalam Rounders Teknik melempar bola termasuk kemampuan penting dalam permainan rounders, terutama ketika suatu regu bertugas menjaga regu lapangan. Apabila anggota regu melempar bola dengan ketepatan jitu dan kecepatan tinggi, regu tersebut akan menjadi regu yang kuat pertahanannya dan berpotensi meraih kemenangan.

Gerakan melempar bola dalam rounders terdiri dari: gerakan melempar bola melambung atau parabola; gerakan melempar bola mendatar; gerakan melempar bola menyusur tanah; dan teknik bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan dengan permainan kasti bola bagi pitcher atau pelambung.

Cara melakukan gerakan-gerakan melempar bola dalam rounders tersebut adalah sebagai berikut. 1. Cara Melakukan Gerakan Melempar Bola Melambung • Bola rounders digenggam di pangkal ruas jari tangan.

• Posisinya di antara jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. • Ketiga jari itu saling memegang, sedangkan jari kelingking dan ibu jari mengontrol bola agar tidak terjatuh. • Pandangan mata mengarah ke target sasaran lemparan. • Ketika melempar, pemain akan menggunakan tangan kanan, sementara kaki kiri berada di bagian depan. • Setelah bola lepas dari tangan, posisi kaki kanan mengikuti arah lemparan atau melangkah ke depan.

2. Cara Melakukan Gerakan Melempar Bola Mendatar • Bola rounders umumnya dilemparkan dengan tangan dominan agar lontarannya kuat. • Umumnya tangan dominan pemain adalah tangan kanan. • Posisi tubuh pemain tidak terlalu condong ke belakang. • Pada saat melempar mendatar, gerakan lengan diayun dari belakang ke depan. • Posisi tangan tidak melebihi kepala.

• Lintasan bola searah dada sasaran yang dituju sehingga bola mudah ditangkap. 3. Cara Melakukan Gerakan Melempar Bola Menyusur Tanah • Ketika melempar bola gerak menyusur tanah, posisi kaki pemain ditekuk dan badan condong ke depan. • Lengan dan tangan pelempar ditarik ke belakang sebagai ancang-ancang.

• Ayunkan tangan ke depan, mengarah ke bawah. Kemudian, lemparkan bola ke arah target. 4. Cara Melempar Bola bagi Pelambung atau Pitcher • Posisi tubuh berdiri tegak, sementara kaki kanan berada di depan. • Bola dipegang dengan tangan kanan (kecuali bagi pemain kidal). • Posisi bola berada di depan paha kaki kanan. • Condongkan badan ke depan. • Putar lengan tangan kanan yang memegang bola dalam putaran 360° • Ketika diputarkan, langkahkan kaki kiri ke depan (atau kaki kanan bagi pemain kidal).

• Lemparkan bola ketika bola berada di samping paha kaki kanan, yang disertai lecutan pergelangan tangan. Teknik Gerakan Menangkap Bola dalam Rounders Teknik dasar lain dalam permainan rounders adalah kecakapan menangkap bola. Kemampuan pemain menangkap bola ini akan menentukan keberhasilan regunya menjadi tim pemenang.

Dari sudut datangnya bola, teknik menangkap bola dalam rounders terdiri dari tiga macam gerakan, yaitu gerakan menangkap bola melambung, gerakan menangkap bola mendatar, dan gerakan menangkap bola menyusur tanah. Berikut cara melakukan gerakan-gerakan itu. 1. Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Melambung • Sikap badan dan posisi tangan tergantung dengan datangnya bola yang melambung.

• Menangkap bola dapat dilakukan dengan teknik tangan membentuk kantong. • Pada saat bola masuk ke dalam kantong, jari-jari segera dikatupkan, serta lekas ditarik ke arah tubuh pemain. 2. Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Mendatar • Jika datang mendatar dan tepat di depan badan, bola bisa ditangkap seperti gerakan menangkap bola yang datangnya melambung.

• Apabila bola datang mendatar di samping kanan atau kiri badan, cara menangkapnya dengan menjulurkan lengan ke samping kanan atau kiri badan.

• Apabila sudah mahir, menangkap bola dapat dilakukan dengan satu tangan. 3. Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Menyusur Tanah • Untuk menangkap bola yang menyusur tanah, pemain memasang sikap membungkuk.

• Posisi kedua lutut ditekuk dan kedua lengan diarahkan lurus ke bawah. • Dengan sikap duduk berlutut, pemain menangkap bola yang melayang ke arahnya. Baca juga artikel terkait ROUNDERS atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi (tirto.id - hdi/add) Penulis: Abdul Hadi Editor: Addi M Idhom Kontributor: Abdul Hadi Subscribe for updates Unsubscribe from updates Hak untuk mendapatkan pelayanan publik secara baik merupakan salah satu hak warga negara dalam aspek Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa.

.

cara melempar bola melambung pelajara olahraga manfaat sekali




2022 www.videocon.com