Alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

3. Cermati teks persuasif pidato berikut! Topik: Kesehatan usus (1) Saudara, data yang dikeluarkan US National Library menyebutkan kanker usus menempa … ti urutan ke-2 penyebab kematian sedangkan di Indonesia dari RSCM Jakarta menyebutkan, setiap tahun menerima lima puluh pasien baru penderita kanker usus. (2) Kanker usus terjadi karena transit makanan dalam usus besar dalam waktu yang lama dan ditandai oleh buang air besar tidak setiap hari. (3) Hal ini akan menyebabkan zat karsinogenetik (penyebab kanker) dalam makanan mengendap pada dinding usus sehingga memicu pertumbuhan kanker.

(4) Untuk mencegah kanker usus sebaiknya kita mengubah pola makan dari yang banyak mengandung lemak menjadi makanan yang kaya serat. (5) Penuhilah kebutuhan serat Anda dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar. (6) Saat ini untuk mendapatkan buah-buahan segar tidaklah sulit karena hampir setiap pojok di tepi jalan terdapat penjual buah.

Kalimat persuasif pada kutipan pidato tersebut yang sesuai dengan topik adalah nomor . a. (1) dan (2) C. (3) dan (4) b. ' (2) dan (3) d. (4) dan (5)​ Bandung lautan api peristiwa bandung lautan api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota bandung pada tanggal 23 maret 1946. dalam waktu … tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk bandung membakar rumah mereka. mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan bandung. hal ini dilakukan untuk mencegah tentara sekutu dan tentara nica belanda untuk dapat menggunakan kota bandung sebagai markas strategis militer dalam perang kemerdekaan indonesia.

karena kejadian tersebut, tentara inggris merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi. pertempuran yang palingg besar terjadi di desa dayeuhkolot, di mana terdapat gudang amunisi besar milik tentara sekutu. dalam pertempuran ini muhammad toha dan rmdan, dua anggota milisi bri ( barisan rakyat indonesia ) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. muhammad toha berhasil meledakkan gudang tersebut. kalimat dengan kata tanya di mana yang tepat sesuai isi teks bacaan tersebut adalah… * 10 points a.

di mana saja daerah yang dibakar oleh penduduk bandung ? b. di mana penduduk mengungsi untuk mengindari perang ? c. di mana terjadinya pertempuran paling besar antara sekutu dan bri? d. di manakah mohamad toha dan ramdan tinggal ? 2. informasi penting yang dapat ditemukan dengan menggunakan kalimat tanya "siapa anggota milisi bri yang terjun dalam misi menghancurkan gudang amunisi milik tentara sekutu? * 10 points a. muhammad toha dan ramdan b. muhammad yamin dan ramdan c.

muhammad hatta dan ramdan d. muhammad yamin dan muhammad toha Tidak hanya ilmuwan, pelajar pun tak jarang melakukan beberapa kegiatan percobaan semasa sekolah. Biasanya, mata pelajaran yang menuntut adanya kegiatan percobaan adalah mata pelajaran yang berada dalam ranah Ilmu Pengetahuan Alam seperti biologi, fisika atau kimia. Kegiatan percobaan ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk memahami topik yang tengah dibahas. Misalnya, untuk mengetahui anatomi tubuh hewan mamalia, siswa melakukan percobaan atau praktikum pembedahan terhadap marmot di laboratorium.

Setelah percobaan selesai, siswa kemudian diharuskan untuk menyusun laporan hasil percobaan dan diserahkan kepada guru sebagai bagian dari penilaian. Laporan hasil percobaan inilah yang dinamakan dengan teks laporan percobaan.

Dengan demikian, apakah yang dimaksud dengan teks laporan percobaan? Berikut adalah ulasan singkatnya. Pengertian Kemendikbud (2014) menyatakan bahwa teks laporan disebut juga dengan teks klasifikasi. Hal ini dikarenakan teks laporan memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks laporan percobaan adalah salah satu jenis teks laporan yang berisi tentang hasil percobaan yang dilakukan oleh peneliti.

Teks laporan percobaan atau biasanya disusun dan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan atau praktikum yang telah dilakukan.

Adapun tujuan teks laporan percobaan adalah untuk mengklasifikasi dan/atau mendeskripsikan, menggambarkan, dan memberikan informasi faktual kepada orang lain mengenai hasil percobaan yang telah dilakukan. Percobaannya sendiri dapat dilakukan secara berkelompok atau sendiri. Kaidah Sebagaimana halnya teks lainnya dalam bahasa Indonesia, teks laporan percobaan juga memiliki ciri atau kaidah kebahasaan sendiri. Adapun ciri-ciri atau kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan percobaan adalah sebagai berikut.

• Memperkenalkan aspek umum atau kelompok seperti kendaraan roda dua, teransportasi umum, mamalia, keluarga kucing, ikan air tawar, unggas, reptilian, dan lain-lain. • Menggunakan kata tugas hubungan logis seperti ketika, maka, dan seterusnya. Kata tugas digunakan untuk menjaga tulisan tetap padu atau alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian.

Kepaduan atau koherensi adalah paragraf yang dibangun oleh kekompakkan semua kalimat di dalam paragraph tersebut. Kalimat yang satu dengan yang lainnya tersusun secara logis. Untuk membentuk paragraph kohesi dapat menggunakan kata penghubung antarkalimat dan menggantikan sebuah kata dengan kata ganti tunjuk, kata ganti orang atau kata lain yang tersirat pada kalimat sebelumnya. • Menggunakan kata penghubung atau konjungsi seperti dan, tetapi, sementara itu, sedangkan, selanjutnya, dan lain-lain.

Kata hubung dan digunakan untuk menambahkan sifat untuk anggota kelas yang sama. Sebaliknya, kata hubung tetapi digunakan untuk menyatakan perbedaan anggota kelas yang satu dan anggota kelas yang lain. • Menggunakan kalimat aktif. • Menggunakan kalimat simpleks yakni kalimat yang hanya terdiri dari satu struktur dengan satu verba utama.

• Menggunakan kalimat kompleks yakni kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih. • Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi. • Tidak ada urutan waktu tetapi ada urutan kegiatan. • Menggunakan kata benda dan frasa benda disbanding kata ganti orang. Penggunaan kata ganti orang sangat terbatas. • Beberapa laporan menggunakan istilah teknis atau istilah bidang ilmu. • Biasanya disertai foto, diagram, peta, dan seterusnya.

Struktur Sebagaimana halnya teks laporan singkat atau teks laporan hasil observasi, teks laporan percobaan juga disusun dengan mengacu pada struktur teks tertentu. Adapun struktur teks laporan percobaan terdiri dari pernyataan umum dan uraian. • Pernyataan umum atau klasifikasi berisi informasi yang mendeskripsikan secara umum tentang sesuatu yang menjadi bahan percobaan.

Tahap ini merupakan tahap pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. • Uraian atau aspek yang dilaporkan yang berisi gambaran mengenai sesuatu yang menjadi bahan percobaan dan dibahas secara lebih rinci, mengulas bagian per bagian, kebiasaan atau kebutuhan hidup dan penggunaan bahan dan alat, perilaku alamiah dan hal khusus lainnya. Langkah Pembuatan Setelah melakukan percobaan, biasanya siswa atau peneliti dituntut untuk melaporkan hasil percobaan dalam bentuk teks laporan percobaan.

Menyusun laporan percobaan pun tidak bisa dilakukan serampangan karena ada beberapa langkah yang harus dilalui. Adapun langkah pembuatan laporan percobaan adalah sebagai berikut. • Membuat kerangka struktur teks percobaan yang meliputi tujuan perconbaan, kajian teori, alat dan bahan, prosedur atau cara kerja, hasil pengamatan, pembahasan dan simpulan.

• Menulis hasil percobaan dalam bentuk tabel, grafik, bagan atau gambar agar pembaca lebih mudah melihat hasilnya. • Kesimpulan • Mengembangkan kerangka menjadi teks dengan memerhatikan kaidah kebahasaan yang digunakan. Contoh Berikut disajikan contoh teks laporan percobaan yang dikutip dari buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas IX, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018 dengan sedikit perubahan.

Laporan Praktikum Jaringan Xilem Shafira Nur Fadlilah, dkk SMPN 1 Dolopo, Madiun 1. Tujuan Untuk mengetahui jaringan xilem pada tumbuhan. 2. Kajian Teori Xilem merupakan jaringan kompleks.

Xilem tersusun dari beberapa tipe sel yang berbeda. Penyusun utamanya adalah trakeid dan trakea. Jaringan tersebut berfungsi sebagai saluran pengangkut air dengan penebalan dinding sel yang cukup tebal sekaligus berfungsi sebagai penyokong.

Xilem juga tersusun atas serabut, sklerenkim, serta sel-sel parenkim yang hidup. Xilem berperan dalam berbagai kegiatan metabolism sel. Xilem disebut juga sebagai pembuluh kayu yang membentuk kayu pada batang. Trakeid dan trakea merupakan dua kelompok sel yang membangun pembuluh xilem. Kedua tipe sel berbentuk bulat panjang.

Kedua tipe sel berdinding sekunder dari lignin dan tidak mengandung kloroplas sehingga berupa sel mati. Perbedaan pokok antara keduanya, adalah pada trakeid tidak terdapat perforasi (lubang-lubang), hanya ada celah (noktah), berupa plasmodesmata yang menghubungkan satu sel dengan sel lainnya.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

Sementara itu, pada trakea terdapat perforasi pada bagian ujung-ujung selnya. Transportasi air dan mineral pada trakea berlangsung melalui perforasi ini, sedangkan pada trakeid berlangsung lewat noktah (celah) antarsel-selnya.

Sel-sel pembentuk trakea tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk deretan sel memanjang (ujung bertemu ujung) membentuk pipa panjang (kapiler). Bentuk penebalan pada dinding trakea dapat berupa cincin spiral atau jala. 3. Alat dan Bahan Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk percobaan ini adalah sebagai berikut. • Cutter • 2 buah tanaman pacar air • 2 botol air mineral bekas ukuran 1500 ml • 2 sachet pewarna makanan biru dan merah • Air secukupnya 4.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

Prosedur/cara kerja • Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian Membersihkan akar tanaman pacar air dari tanah yang masih menempel.

• Memotong tanaman pacar air yang kedua tetap utuh. • Membiarkan akar tanaman pacar air yang kedua tetap utuh. • Memotong kedua botol air mineral bekas menjadi sama besar untuk tempat menaruh tanaman pacar air atau memotongnya disesuaikan dengan ukuraan tanaman pacar air.

• Selanjutnya, mengisi kedua botol air mineral bekas yang sudah dipotong dengan air secukupnya. • Beri tanda pada botol air mineral bekas. Contoh : • Tanda A untuk tanaman pacar air yang akarnya masih utuh. • Tanda B untuk tanaman pacar air yang tidak ada akarnya. • Memasukkan pewarna makanan ke dalam botol air mineral bekas, contohnya : • Tanda A diberi pewarna makanan warna biru. • Tanda B diberi pewarna makanan warna merah. • Aduk air yang sudah dicampur pewarna makanan sampai merata.

• Memasukkan tanaman pacar air ke dalam setiap botol air mineral bekas. • Setelah semuanya selesai menunggu satu sampai dua hari untuk melihat hasil percobaan yang telah dibuat, dengan catatan setiap hari kita selalu melihat apakah ada perubahan pada masing-masing tanaman pacar air.

5. Hasil pengamantan Nomor Tanaman Perubahan yang terjadi pada Hari ke-1 Perubahan yang terjadi pada hari ke-2 1 Tanaman pacar air yang akarnya masih utuh.

Pada pangkal batang di dalamnya mulai terlihat ada pembuluh yang berwarna biru. Daun dan pembuluh xilem tampak berwarna biru. 2 Tanaman pacar air yang tidak ada akar Pada pangkal batang di dalamnya mulai terlihat ada pembuluh yang berwarna merah Daun dan pembuluh xilem tampak berwarna merah. 6. Pembahasan Pada kedua tanaman pacar air yang telah diberi tanda A dan B hasilnya sama yaitu jaringan xilem akan tampak pada kedua tanaman tersebut.

Sesuai dengan fungsinya yaitu menyalurkan air dan mineral yang diserapnya menuju ke seluruh bagian tanaman. Proses penyerapan tersebut disebut proses osmosis yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu (1) daya tekan akar, (2) daya kapilaritas, dan (3) daya hisap daun.

Proses pengangkutan ini dibedakan menjadi 2, sebagai berikut • Pengangkutan ekstrafasikuler, pengangkutan di luar berkas pembuluh angkut. Mula-mula air dan garam mineral yang larut dalam tanah diserap oleh bulu-bulu akar. Pada dasarnya cairan dalam sel tumbuhan lebih pekat dari larutan dalam tanah. Adanya perbedaan kepekatan ini menyebabkan larutan dalam tanah. Adanya perbedaan kepekatan ini menyebabkan larutan dalam tanah merembes ke dalam sel tumbuhan melalui membrane semipermeable yang ada di epidermis pada bulu akar.

Peristiwa inilah yang di sebut dengan osmosis. Setelah melewati bulu akar, air bergerak melewati korteks, endodermis dan silinder pusat. Air terus bergerak hingga mencapai pembuluh xilem yang terdapat pada silinder pusat.

• Pengangkutan intrafasikular, pengangkutan yang berlangsung di dalam berkas pembuluh angkut air akan bergerak menuju daun melalui pembuluh xilem akibat adanya daya kapilaritas pada pembuluh xilem.

Pembuluh xilem membentuk seperti pipa-pipa kecil yang dapat mengangkut air lebih kuat dibandingkan dengan pipa yang besar.

Selanjutnya, pada daun terjadi transpirasi (penguapan). Adanya peristiwa transpirasi akan mengakibatkan aliran air dan garam mineral dari batang kedaun. Proses ini disebut sebagai kemampuan daun mengisap air dan garam mineral. 7. Simpulan Pada tanaman pacar air yang ada atau tidak adanya akar tidak memengaruhi karena pada batang juga terdapat pembuluh xilem. Pembuluh xilem menyerap air dan mineral, lalu di edarkan ke seluruh bagian tumbuhan, maka daun dan pembuluh xilem pada tanaman tersebut akan berubah warna mejadi warna merah dan biru.

Daftar Pustaka • http;//id.anwers.yahoo.com/question/index?qid=20091025033445AAer4xg • http;//www.crayonpedia.org/mw/1._Struktur_dan_Fungsi_Jaringan_Tumbuhan_11.1 Demikianlah ulasan singkat tentang teks laporan percobaan. Artikel lain yang dapat dibaca di antaranya adalah contoh teks laporan observasi beserta strukturnya, contoh teks laporan observasi tentang tumbuhan, contoh teks laporan observasi tentang hewan, contoh teks laporan singkat, contoh teks laporan hasil observasi tentang alam, contoh laporan perjalanan singkat, contoh teks prosedur singkat dalam bahasa Indonesia, teks prosedur dalam bahasa Indonesia, contoh latar belakang laporan magang, contoh kata pengantar laporan praktikum, contoh teks prosedur sederhana membuat minuman, karangan ilmiah, semi ilmiah, dan non ilmiah, tata cara penulisan catatan kaki, dan cara penulisan daftar pustaka.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Jakarta - Teks laporan percobaan berisi laporan yang menjelaskan tentang percobaan yang telah dilakukan.

Untuk memahaminya, detikers bisa simak contoh teks laporan percobaan berikut ini, ya! Percobaan atau eksperimen umumnya dilakukan untuk mencari jawaban atas pertanyaan. Eksperimen membantu peneliti untuk mengenali hubungan sebab akibat pada suatu gejala atau menguji hipotesis.

Percobaan dilakukan melalui serangkaian pengamatan dan proses yang sistematis. Pengertian Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi laporan percobaan atau eksperimen. Dikutip dari buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk SMP & MTs Kelas 3 oleh Dawud dkk, percobaan dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap suatu objek. Umumnya, teks laporan percobaan berisi tentang bahan, alat, proses, dan hasil percobaan. Bahan dan alat merupakan media dasar untuk melakukan percobaan.

Sementara itu, proses percobaan merupakan prosedur, tahap, atau langkah dalam memberi perlakuan terhadap objek yang diteliti.

Teks laporan percobaan tidak jauh berbeda dengan teks laporan observasi. Perbedaan keduanya hanya terletak pada proses eksperimen yang dilakukan. Baca juga: Teks Laporan Percobaan: Pengertian dan Contoh Strukturnya Tujuan Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang seluruh proses percobaan yang dilakukan, mulai dari tujuan hingga kesimpulan.

Jadi, isi dari teks laporan percobaan dimulai dengan pemaparan tujuan, proses, sampai percobaan yang dibuat secara sistematis. Karakteristik Teks Laporan Percobaan Terdapat beberapa karakteristik atau ciri-ciri dalam sebuah teks laporan percobaan.

Baik dari segi isi maupun kaidah kebahasaan yang digunakan. 1. Isi - Berisi laporan hasil percobaan yang sudah dilakukan. - Percobaan yang dilakukan adalah proses ilmiah untuk menguji teori atau hipotesis. - Isi dari teks laporan percobaan selalu diawali dengan penjelasan tujuan percobaan.

- Berisi penjelasan prosedur atau proses percobaan hingga penjelasan hasil percobaan. - Diakhiri dengan kesimpulan dari proses percobaan dengan mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan. 2. Kaidah Kebahasaan Berikut karakteristik dalam kaidah kebahasaan yang digunakan sebagaimana dikutip dari buku Materi Utama Bahasa Indonesia SMP oleh Hari Wibowo: - Menggunakan istilah ilmiah. - Banyak menggunakan kata kerja tindakan yang menyatakan langkah-langkah kegiatan (metode penelitian).

Contohnya: mengisi, mencampurkan, melakukan. - Menggambarkan benda-benda atau hewan dan lingkungan tertentu. - Menggunakan konjungsi penyebaran untuk menjelaskan alasan. Contohnya: karena, sebab, oleh karena itu.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

- Menggunakan gaya formal. - Menggunakan kata-kata bermakna perincian. Contohnya: pertama, kedua, ketiga, selain itu. Struktur Teks Laporan Percobaan Secara umum, teks laporan percobaan terdiri dari 5 struktur. Simak struktur berikut ini sebelum lanjut ke contoh teks laporan percobaan ya, detikers! 1. Penjelasan tujuan percobaan Bagian ini berisikan penjelasan tentang tujuan dari percobaan yang dilakukan. Di samping itu, detikers juga dapat menjelaskan mengapa percobaan dilakukan, teori atau materi apa yang akan dibuktikan, dan penjelasan lain tentang latar belakang proses percobaan tersebut.

2. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan Setelah itu, sebutkan apa saja alat dan bahan yang digunakan ketika melakukan percobaan tersebut. 3. Langkah percobaan Sebutkan dan jelaskan secara rinci proses atau langkah sistematis dalam proses percobaan yang kamu lakukan. 4. Hasil percobaan Dalam bagian ini, detikers dapat menjelaskan apa hasil yang diperoleh dari proses percobaan yang telah dilakukan.

Uraikan hasil percobaan secara mendetail, ya! 5. Kesimpulan Terakhir, buat kesimpulan dari seluruh proses percobaan yang kamu lakukan hingga ke hasil yang kamu peroleh. Kamu juga bisa buat kesimpulan apakah percobaan yang kamu lakukan membuktikan teori atau materi yang kamu jelaskan pada bagian awal untuk menegaskan kesimpulan dari proses dan hasil percobaan tersebut. Selain kelima struktur di atas, teks laporan percobaan juga diawali dengan penulisan judul untuk setiap percobaan yang dilakukan.

Contoh Teks Laporan Percobaan Dirangkum dari berbagai sumber, berikut contoh teks laporan percobaan: 1. Contoh Teks Laporan Percobaan Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman Judul: Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman Tujuan: Mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji. Alat dan bahan: - Jeruk nipis - Jambu merah - Tomat - Air - Amilum iodida (betadine) - Vitamin C tablet - Minuman sari buah - Pipet tetes - Tabung reaksi, dan - Mortar dan penumbuknya.

Langkah-langkah percobaan: 1. Bahan-bahan seperti alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian nipis, jambu merah, dan tomat diambil ekstraknya, untuk vitamin C tablet dibuat larutan. 2. Tiap tabung reaksi diisi dengan amilum iodida sebanyak 1 ml lalu diberi tetes demi tetes ekstrak atau larutan bahan makanan tadi 3. Catat berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih. Hasil: Diketahui bahwa semakin banyak jumlah tetesan yang diperlukan maka semakin sedikit kandungan vitamin C pada bahan makanan tersebut.

Kesimpulan: Berdasarkan percobaan beberapa bahan makanan yang dicurigai mengandung Vitamin C, diketahui bahwa kandungan vitamin C dari buah jambu biji merah paling tinggi di antara bahan makanan lain yang kami uji kadar vitamin C.

Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C-nya hanya 11,8% atau tidak sesuai dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk. Perlu diketahui bahwa lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat adiktif (buatan).

2. Contoh Teks Laporan Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan Judul: Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan Tujuan: Boraks merupakan kandungan garam Natrium Na2B4O7.10H2O yang sering digunakan dalam bahan industri non pangan seperti industri kertas, gelas, pengawet kayu, antiseptik dan masih banyak lagi. Borak termasuk bahan beracun dan sangat berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi.

Alat dan bahan: - Pisau - Sampel bakso - Pipet tetes - Air kunyit - Mie - Kerupuk - Boraks Langkah-langkah percobaan: 1. Bakso dilumatkan lalu di angin-anginkan sebentar.

2. Kemudian tetesi bakso dengan air kunyit. 3. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 5 menit. 4. Amatilah perubahan warnanya. Lakukan juga cara yang sama terhadap makanan yang diduga mengandung boraks. Hasil: Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadi merah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks. Kesimpulan: Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadi merah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks.

Mengapa makanan tersebut berubah warna merah kecoklatan?

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

Hal itu dikarenakan kunyit mengandung kurkumin, sedangkan boraks mempunyai sifat basa yang efeknya jika boraks kita campur dengan kurkumin maka akan menghasilkan senyawa baru yang biasa disebut dengan boro kurkumin yang mempunyai warna merah kecokelatan.

3. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Telur Asin Judul: Percobaan Membuat Telur Asin Tujuan: Telur asin adalah telur yang dibuat dari bebek yang sudah melalui proses pengasinan lebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan gizi,sehingga mengkonsumsi telur asin bisa bermanfaat bagi tubuh. Telur asin bisa dibuat dengan cara tradisional dan sangat mudah karena alat dan bahannya yang sederhana.

Alat dan bahan: - Telur bebek - Abu gosok - Tanah liat - Garam - Ampelas Langkah-langkah percobaan: 1. Cuci telur bebek hingga bersih, kemudian ampelas kulit telur sampai tipis. 2. Campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam hingga merata. 3. Lapisi telur yang sudah diamplas menggunakan bahan campuran tadi. 4. Diamkan telur pada suhu ruang hingga 20 hari atau 3 minggu. Hasil: Telur bebek yang dibuat melewati proses pengasinan seperti di atas menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat.

Telur asin ini sangat cocok dikonsumsi bersama nasi putih. Telur asin ini membuat varian konsumsi telur bebek jadi lebih banyak dan tidak begitu amis. Kesimpulan: Pembuatan telur asin di atas menghasilkan kandungan gizi yang cukup lengkap dan cocok dikonsumsi oleh segala usia. Namun, bagi penderita darah tinggi tidak disarankan mengonsumsi telur asin karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Meskipun kandungan gizinya lengkap, tetapi telur asin tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi Judul: Percobaan Membuat Pelangi Tujuan: Untuk mengetahui proses terjadinya pelangi. Alat dan bahan: - Air - Kaca - Gunting - Ruang gelap - Senter Langkah-langkah percobaan: 1.

Letakkan gelas berisi air di atas meja dan tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong. 2. Buatlah ruangan benar-benar gelap. 3. Tutup semua tirai dan lubang yang memungkinkan cahaya masuk. 4. Sorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas. 5. Perhatikan pelangi yang muncul dari sudut kaca. 6. Sesuaikan sudut kaca semaumu.

Hasil: Pelangi terbentuk ketika cahaya lampu senter dibiaskan saat melewati air di dalam gelas. Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat manusia, misalnya lampu senter. Cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dibiaskan.

Senter yang dinyalakan di tempat gelap akan tampak garis lurus cahaya.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

Hal ini menunjukkan bahwa cahaya yang dihasilkan lampu senter tersebut merambat lurus. Pada percobaan di atas terdapat 1 gelas berisi air bening, cahaya bisa diteruskan hingga menembus benda tersebut. Kesimpulan: Melalui percobaan membuat pelangi dengan senter dan gelas berisi air, kami mempelajari bahwa pelangi terjadi karena pembiasan cahaya yang terjadi melalui tetesan air. Hal ini dibuktikan lewat terbentuknya berkas pelangi ketika sinar dari senter menyentuh permukaan kaca yang diletakkan serong pada gelas berisi air.

5.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat Judul: Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat Tujuan: Untuk membuat tinta pulpen agar tidak terlihat. Alat dan bahan: - Lemon - Air - Sendok - Mangkuk - Cotton Bud - Kertas Putih - Lampu Bohlam Langkah-langkah percobaan: 1.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut. 2. Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok. 3. Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih. 4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat. 5. Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

Hasil: Setelah langkah di atas selesai kamu lakukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi kimia. Kesimpulan Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi coklat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca.

Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu.

Itulah 5 contoh teks laporan percobaan. Semoga membantu! Daftar Isi • Apa Itu Teks Laporan Percobaan? • Bagaimana Struktur Isi Teks Laporan Percobaan? • Pengertian Teks Laporan Percobaan • Tujuan Pembuatan Teks Laporan Percobaan • Struktur Teks Laporan Percobaan • Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan • Cara Membuat Teks Laporan Percobaan • A.

Langkah ini bisa dimulai dari • B. Tulislah hasil dari percobaan ke dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar • C. Mengembangkan Kerangka jadi Sebuah Teks • 4 Contoh Teks Laporan Percobaan • 1. Percobaan Membuat Slime • Judul: Teknik Pembuatan Slime Aman Tanpa Boraks • Tujuan : • Alat dan Bahan Yang Digunakan • Langkah-langkah Pembuatan Slime • Hasil Percobaan • Kesimpulan • 2.

Percobaan Membuat Ice Cream Vanila Sehat • Judul: Membuat Ice Cream Vanila Yang Sehat • Tujuan: • Alat dan Bahan Pembuat Ice Cream Vanila: • Langkah Pembuatannya adalah sebagai berikut: • Hasil Percobaan • Kesimpulan • 3.

Percobaan Membuat Kecambah Kedelai • Judul: Membuat Kecambah Kedelai • Tujuan: • Alat dan Bahan: • Langkah-langkah • Hasil Percobaan • Kesimpulan • 4. Percobaan Tentang Kerajinan Tangan • Judul: Membuat keranjang dari gelas plastik bekas • Tujuan: • Alat dan bahan • Langkah-langkah • Hasil • Kesimpulan • Kesimpulan Apa Itu Teks Laporan Percobaan?

Struktur Teks Laporan Percobaan pada umumnya sama seperti struktur yang sering admin tuliskan pada pembahasan laporan praktikum, yakni meliputi; 1. Judul 2. Tujuan 3. Bahan dan alat 4.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

Langkah-langkah kegiatan 5. Hasil percobaan 6. Simpulan Pengertian Teks Laporan Percobaan Seperti yang sudah di jelaskan di atas, Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan (gambaran) tentang tujuan, proses, dan hasil dari suatu percobaan.

Teks ini merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh kalian sebagai peneliti. Tujuan Pembuatan Teks Laporan Percobaan Lalu apa tujuannya? Teks Laporan Percobaan Berbeda dengan teks eksplanasi, struktur teks ini lebih detail lagi. Untuk memahami lebih lanjut, mari kita lihat struktur teks laporan percobaan sebagai berikut: • Judul. • Tujuan. • Alat dan Bahan. • Langkah-langkah kegiatan atau percobaan • Hasil percobaan.

• kesimpulan. Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan Berikutnya, setelah mengetahui strukturnya, mari kita coba tilik beberapa ciri-cirinya. Dibawah ini merupakan beberapa ciri-ciri teks laporan hasil percobaan yakni sebagai berikut: • Melaporkan hasil percobaan asli ( original) • Percobaan yang di kerjakan bersifat ilmiah yang bertujuan untuk menguji sesuatu.

• Teks laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan. • Memaparkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melasanakan kegiatan percobaan. • Menulis secara rini prosedur atau langkah-langkah melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan.

• Memaparkan data hasil percobaan. • Diakhir laporan dituliskan (deksripsikan) kesimpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil pengamatan yang didapat. • Terdapat fakta. • bersifat objektif bukan subjektif. • penulisan lengkap dan tidak berbelit-belit.

• tidak memasukkan hal-hal yang pemihakan pada sesuatu (subjektif). • penyajian sesuai kaidah dan tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, sistenatis dan logis. Cara Membuat Teks Laporan Percobaan Setelah selesai melakukan percobaan atau praktikum, Tugas selanjutnya adalah menuliskan hasilnya ke dalam teks laporan percobaan yang sudah kita bahas diatas.

Jika masih bingung bagaimana membuat teks laporan percobaan mari kita pelajari cara membuat teks laporan percobaan. A. Langkah ini bisa dimulai dari • Menulis judul • Tujuan percobaan • Alat dan bahan yang dipakai • Menulis prosedur yang sistematis. B. Tulislah hasil dari percobaan ke dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar • buat grafik dari data yang sudah kalian peroleh.

• Membuat tabel seperti hasil percobaan. • buat bagan atau gambar jika perlu. • tuliskan kesimpulan yang padat dan jelas. C. Mengembangkan Kerangka jadi Sebuah Teks • gabungkan kesemuanya jadi 1 bagian utuh. • urutkan sesuai susunan teks laporan percobaan yang sudah admin bahas diatas. • kembangkanlah jadi sebuah teks. 4 Contoh Teks Laporan Percobaan Berikut ini adalah contoh teks laporan percobaan yang admin susun agar pembaca bisa lebih mudah memahaminya.

1. Percobaan Membuat Slime Judul: Teknik Pembuatan Slime Aman Tanpa Boraks Tujuan : pemembuat slime ini sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari yakni sebagai pemanfaatan barang sederhana dan tidak terpakai menjadi sebuah produk bernilai ekonomis, serta mengurangi gaya hidup komsumtif dalam masyarakat.

Alat dan Bahan Yang Digunakan • Sediakan deterjen bubuk serta detergen cair secukupnya • Lem povinal • Cairan pembersih lantai • Sendok atau alat pengaduk lainnya yang ada • Air secukupnya • Serta siapkan juga wadah sebagai tempat slime bisa menggunakan baskom atau jenis wadah lainnya Langkah-langkah Pembuatan Slime • langkah awal (Activator).

Langkah ini adalah mencampurkan semua bahan seperti pembersih lantai, lem povinal, detergen cair, serta detergen buku, lalu tambahkan air secukupnya ke dalam campuran pada wadah yang telah disiapkan terlebih dahulunya. • Campurkan serta aduk sampai semua bahan tersebut tercampur dengan merata • Setelah tercampur rata tambahkan sedikit lem povinal kembali ke wadah yang berisi bahan adukkan tadi.

• Tetap aduk hingga tekstur bahan tidak lagi menggumpal dan bercampur dengan rata. • Lalu setelah itu masukkan bahan campuran diatas ke dalam frezeer dengan waktu 5 sampai 10 menit. alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian Setelah dikeluarkan dari freezer lakukan pengadukkan pada bahan sampai bahan kalis atau sampai bisa dimainkan. • Dan slime sudah siap untuk dipergunakan. Hasil Percobaan Slime ini lebih aman digunakan anak-anak pada saat ini.

Slime tidak menggunakan boraks yang memiliki kandungan zat yang berbahaya. Kesimpulan Slime ini sangat mudah dikerjakan, selain dapat menunjang kreatifitas, teknik pembuatan slime dapat dijadikan waktu kebersamaan yang produktif.

Selain itu lebih hemat uang karena menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam rumah. 2. Percobaan Membuat Ice Cream Vanila Sehat Berikut ini merupakan laporan percobaan untuk mata pelajaran kewirausahaan. Percobaan membuat ice cream dengan bahan yang ada dirumah berikut laporannya. Judul: Membuat Ice Cream Vanila Yang Sehat Tujuan: Ice cream adalah jenis makanan yang paling disukai oleh anak-anak.

Namun ice cream ini dibuat dengan bahan yang tidak banyak mengandung gula dan pewarna yang mengakibatkan demam dan batuk. Tetap lezat dan sehat pastinya. Alat dan Bahan Pembuat Ice Cream Vanila: • 1 Liter susu segar • 200 g gula pasir • 4 butir kuning telur ayam yang sudah dikocok • Lalu 1 sendok makan vanilli Langkah Pembuatannya adalah sebagai berikut: • Masak susu segar beserta gula pasir ke dalam panci ke dalam air yang mendidih sambil di aduk-aduk.

• Lalu masukkan larutan tepung maizena dengan sesendok susu ke dalam rebusan susu tersebut hingga merata. • Lalu campurkan dengan vanili dan kembali diaduk • Kemudian saring susuh ke dalam wadah lain yang telah disiapkan • Setelah itu kuning telur yang telah dikocok dicampurkan dan aduk agar merata dengan sempurna • Setelah merata biarkan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

• adonan ice cream siap dimasukkan ke dalam freezeer atau lemari ice • Aduk kembali ice creamnya setelah 15 menit dan lakukan itu sebanyak 3 kali agar ice cream benar-benar lembut dan halus. • Dan setelah itu masukkan ke dalam freezer kembali selama kurang lebih 8 jam sampai beku dan sempurna teksturnya Hasil Percobaan Ice cream ini rasanya tetap lezat seperti ice cream pada umumnya namun lebih sehat karena tidak pakai pewarna buatan dan gula buatan.

Percobaan ini dilakukan oleh kelompok kelas unutk memenuhi tugas kewirausahaan. Kesimpulan Pelajaran kewirausahaan ini memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan bisa membuat makanan sendiri untuk dikonsumsi sendiri, mudah, lezat dan sehat tentunya. Selain itu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai pengembangan bisnis rumahan yang lumayan menguntungkan. 3. Percobaan Membuat Kecambah Kedelai Judul: Membuat Kecambah Kedelai Tujuan: Kecambah kedelai merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi yang baik.

Selain menyehatkan, kecambah kedelai juga memiliki rasa khas yang lezat sehingga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Alat dan Bahan: Untuk membuat kecambah kedelai dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut : • Biji kedelai kering • Wadah ukuran besar • Air untuk membersihkan dan merendam kedelai • Ember yang beri lubang-lubang kecil di bagian bawah atau besek bambu Langkah-langkah • Bersihkan kedelai yang sudah dipersiapkan dari kedelai yang rusak lalu gunakan wadah untuk mencuci kedelai.

• Rendam kedelai yang sudah dibersihkan sampai seluruh kedelai terendam. Proses perendaman dilakukan antara 6-8 jam. • Biji yang sudah direndam akan tampak mekar selanjutnya dilakukan proses penyemaian dengan memindahkan kedelai pada ember yang telah dilubangi atau besek bambu. • Simpan kedelai pada tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari. • Siram kedelai antara 3-4 jam. • Kecambah kedelai sudah bisa dipanen setelah 3 hari atau setelah kecambah panjang.

Hasil Percobaan Kecambah kedelai yang dibuat berdasarkan prosedurnya akan menghasilkan kecambah kedelai yang panjang dan siap diolah menjadi makanan lezat dan bergizi. Biji kedelai sedikit saja sudah bisa menghasilkan kecambah yang banyak dan beratnya mencapai dua kali lipat. Kesimpulan Membuat kecambah kedelai dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat sehingga siapa saja dapat mempraktikannya. Perlu diingat bahwa setiap jenis kedelai memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyerap air sehingga ada beberapa kecambah kedelai yang dapat dipanen sekitar 3 sampai 4 hari dan adapula yang lebih dari itu.

4. Percobaan Tentang Kerajinan Tangan Judul: Membuat keranjang dari gelas plastik bekas Tujuan: Sampah plastik menjadi problem lingkungan yang serius sehingga diperlukan tangan terampil untuk mengubah sampah plastik yang tidak bernilai baik nilai menjadi barang bernilai pakai maupun bernilai jual. Alat dan bahan • Sampah gelas plastik sebanyak mungkin • Silet atau cutter • Tali Langkah-langkah • Pilih gelas plastik yang telah dikumpulkan dengan ukuran mulut yang sama karena untuk membuat keranjang belanja dibutuhkan bagian mulut gelas yang berbentuk lingkaran.

• Potong gelas dan ambil bagian mulutnya saja. • Rangkai potongan mulut gelas plastik dengan tali hingga membentuk model tas keranjang yang diinginkan. Hasil Setelah merangkai mulut gelas plastik sedemikian rupa, maka jadilah keranjang belanja yang unik dan bernilai pakai tinggi. Tas keranjang plastik sudah bisa digunakan untuk menaruh dan membawa barang belanjaan di samping lebih praktis, kuat, dan tahan lama juga dapat mengurangi penggunaan kantong plastik. Kesimpulan Plastik yang tadinya tidak berguna dan menjadi masalah lingkungan yang serius dapat dimanfaatkan menjadi suatu benda yang dapat dipergunakan.

Untuk mencegah pencemaran lingkungan yang menimbulkan masalah, maka sebaiknya bahan yang terbuat dari plastik tidak langsung dibuang melainkan dapat diolah menjadi kerajinan tangan. Kesimpulan Teks laporan percobaan merukpakan kegiatan pemaparan dan penjabaran hasil analisis dalam bentuk laporan tertulis dan atau tidak tertulis (ketik) dari suatu proses uji coba penelitian yang bernilai dan tersetruktur. Teks Laporan percobaan juga merupakan karya ilmiah layaknya laporan praktikum yang sering admin bagikan di website ini.

Susunan dan kerangkanya hampir sama dan juga terdapat kaidah penyususnan yang harus di ikuti. Originally posted 2020-02-06 05:03:20. Artikel Terbaru • Mengenal Pendidikan Karakter, Dan Contoh Penerapannya • Metabolisme : Jenis, Cara Kerja, dan Tahapan • Membalik Gambar di Photoshop • Surat Perintah dan Contohnya • Cara Membuat Bootable Flashdisk • Cara Uninstall Microsoft Office • Surat Panggilan dan Contohnya • Penyetaraan Ijazah
Teks Laporan Percobaan: Pengertian, Struktur, Model, Ciri & Contoh - serupa.id Tutup • Donasi Pencarian untuk: Cari • Beranda • Seni • Fundamental Seni • Teori Seni • Praktik Seni • Desain • Sejarah • Aliran Seni Rupa • Sejarah Seni alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian Pendidikan • Filsafat • Informatika • Semua Kategori • Semua Artikel • Tentang • Kebijakan Privasi • Kontak Tutup 6.1 Artikel Terkait Pengertian Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan adalah teks yang menyajikan informasi mengenai hasil percobaan yang diperoleh melalui percobaan atau eksperimen yang disajikan dengan apa adanya (tanpa dikurangi atau dilebih-lebihkan.

Definisi tersebut senada dengan tim Kemdikbud (2017, hlm. 10) yang mengemukakan bahwa teks laporan hasil percobaan adalah teks yang menyajikan informasi mengenai hasil percobaan dengan apa adanya. Teks laporan hasil percobaan sebetulnya boleh dikatakan hampir sama saja dengan teks laporan observasi. Hanya saja yang dilaporkan adalah hasil percobaan, bukan hasil observasi atau pengamatan saja. Namun percobaan juga akan melibatkan suatu hal yang harus dilakukan dengan sistematis sebelum dilaporkan.

Karena percobaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan, maka ketika kita akan melaporkannya kita juga harus mengobservasi atau mengamati hasil dari kegiatan itu. Oleh karena itu, seperti laporan observasi, teks laporan hasil percobaan juga akan melibatkan beberapa teks seperti: teks deskripsi, teks eksposisi, dan teks eksplanasi.

Teks ini juga akan membutuhkan analisis untuk menyimpulkan hasil percobaan. Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Laporan Percobaan Laporan percobaan adalah teks majemuk yang melibatkan beberapa jenis teks di dalamnya. Setidaknya teks ini akan menggunakan teks deskripsi, dan teks eksplanasi. Berikut adalah penjabaran yang dihasilkan dari penelaahan struktur, model, dan ciri kebahasaan teks laporan hasil percobaan.

Struktur Teks Laporan Percobaan Sederhananya, struktur Teks Laporan Percobaan terdiri dari dua bagian di bawah ini (Kemdikbud, 2017, hlm. 24). • Pernyataan Umum, terdiri dari klasifikasi, dan pernyataan. Bagian ini menentukan klasifikasi aspek dari sesuatu yang diujicobakan seperti alam, tumbuhan, alat, dan lain lain yang dibahas secara umum. • Uraian, menggambarkan sesuatu yang dibahas secara rinci, bagian per bagian, kebiasaan, hingga sesuatu yang dibutuhkan untuk hidup dan perilaku alamiah bagi makhluk hidup.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

Bisa juga memuat penggunaan bahan dan alat untuk percobaan membuat benda dan hal khusus lainnya. Namun, sebetulnya struktur laporan hasil percobaan akan menyesuaikan mengikuti jenis model teks laporan hasil percobaan yang dibuat. Dalam model percobaan membuat sesuatu, maka strukturnya menjadi: • Tujuan, menjelaskan tujuan dari percobaan seperti apa yang akan dibuat, mengapa harus dibuat, apa yang akan dibuktikan, dsb.

• Alat dan bahan, memaparkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam melakukan percobaan membuat suatu hal. • Langkah-langkah, menjelaskan bagaimana langkah demi langkah yang ditempuh dalam melaksanakan kegiatan percobaan. • Hasil, menjelaskan hasil percobaan dan akan memiliki dua struktur utama dari laporan percobaan, yakni: pernyataan umum, dan uraian masing-masing hasil percobaan.

• Simpulan, berarti menyimpulkan seluruh kegiatan dan hasil percobaan yang telah dilaksanakan. Model Teks Laporan Percobaan (Jenis) Setidaknya terdapat tiga model laporan percobaan yang dapat disusun, berikut adalah penjelasannya. • Model laporan percobaan makalah Model ini disusun dengan menggunakan sistematika makalah, artinya dua struktur utama dari laporan percobaan akan disampaikan melalui: a) Tujuan, b) Kajian Teori, c) Alat dan Bahan, d) Prosedur/Cara Kerja, e) Hasil Pengamatan, f) Pembahasan, g) Simpulan, h) Daftar Pustaka.

• Model laporan percobaan sederhana Model ini hanya akan menggunakan dua struktur utama dari laporan observasi, yakni pernyataan umum, dan uraian. Uraian sendiri akan terbari menjadi masing-masing bagian yang diuraikan, misalnya untuk percobaan binatang: a) Penampilan, b) Kebiasaan Makan, c) Kapasitas, d) Perkembangbiakan. • Model laporan percobaan pengembangan (pembuatan) Seperti contoh yang telah diuraikan di atas, laporan percobaan juga dapat disusun melalui model pembuatan suatu benda sebagai kegiatan percobaan.

Model ini akan melibatkan struktur: a) tujuan, b) alat dan bahan, c) langkah-langkah, d) hasil, e) simpulan. Ciri Kebahasaan Teks Laporan Percobaan Seperti teks lainnya, teks laporan percobaan memiliki ciri atau kaidah kebahasaan yang khas dan membedakan teks ini dari jenis teks lainnya.

Berikut adalah ciri kebahasaan yang umum digunakan dalam laporan (Kemdikbud, 2017, hlm. 24). • Memperkenalkan kata aspek umum atau kelompok, seperti: kendaraan roda dua, transportasi umum, keluarga kucing, ikan tawar, mamalia, alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian, reptilia, dsb.

• Banyak memakai kata tugas hubungan logis, seperti: maka, ketika, dan seterusnya. • Menggunakan kata tugas untuk menjaga tulisan koheren (maknanya terpadu dengan baik). • Banyak menggunakan kalimat aktif. • Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi kegiatan percobaan.

• Terdapat kalimat yang menjabarkan urutan kegiatan. • Lebih banyak menggunakan kata benda dan frasa benda dibandingkan dengan kata ganti orang. • Beberapa model laporan menggunakan istilah teknis atau istilah bidang ilmu. • Beberapa model laporan disertai diagram, peta, foto, dsb. Ciri Ciri Teks Laporan Percobaan Sementara itu, secara umum teks laporan percobaan memiliki ciri sebagai berikut. • Objektif, artinya informasi disampaikan berdasarkan hal yang diperoleh melalui percobaan. Jika suatu percobaan menduga A akan memberikan dampak yang baik, namun hasil percobaan ternyata menghasilkan dampak yang buruk, maka laporan percobaan akan tetap menyampaikan bahwa percobaan tersebut gagal (tidak ditutup-tutupi).

• Fakta, berarti tidak berdasarkan dugaan yang belum terbukti. Misalnya, laporan percobaan tidak akan mengatakan bahwa “kandungan vitamin C dalam buah jeruk sangat tinggi” tapi akan menyebutkan “kandungan vitamin C dalam buah jeruk berukuran 60 gram adalah sebanyak 100 mg”.

Karena percobaan telah dilakukan dan membuktikan serta mengukur kandungan vitamin C dalam buah jeruk. • Komprehensif (Lengkap), laporan percobaan akan menguraikan bagian perbagian secara lengkap dan masing-masing bagian dijelaskan secara detail, tidak hanya gambaran umumnya saja. Tujuan Teks Laporan Percobaan (Fungsi) Pada intinya, teks laporan percobaan memiliki tujuan utama untuk menyampaikan hasil percobaan dengan apa adanya.

Selain itu, berikut adalah beberapa tujuan dan fungsi dari teks laporan percobaan secara umum. • Mencari dan menemukan teknik atau cara baru yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu yang inovatif. • Memberikan pertimbangan terhadap langkah yang akan diambil untuk mengambil keputusan terhadap suatu permasalahan. Melalui percobaan, permasalahan tersebut akan lebih “terlihat” sehingga lebih mudah untuk membuat keputusan berdasarkan fakta objektif yang telah terbukti melalui percobaan.

• Laporan percobaan dapat menambah pengetahuan mengenai suatu hal, sehingga bisa memberikan pilihan atau alternatif solusi lain yang bisa digunakan.

• Mencari tahu mengenai perkembangan masalah tertentu yang perlu diujicobakan kembali. Misalnya apakah baterai zaman sekarang sama dengan beberapa dekade silam? Bisa jadi telah berubah dan terdapat hal yang harus disesuaikan dalam menyikapi baterai oleh masyarakat. • Mengawasi dan memperbaiki suatu hal dengan lebih efisien dan baik berkat hasil percobaan yang lagi-lagi memberikan uraian detail mengenai apa yang terjadi jika suatu kegiatan dicoba terhadap suatu hal.

Contoh Teks Laporan Percobaan atau Eksperimen Percobaan Penghantaran Energi Listrik Pernyataan Umum Tujuan Listrik merupakan energi yang dapat disalurkan melalui benda penghantarnya. Untuk memahami dan mengetahui bagaimana listrik dapat dihantarkan, maka harus dilakukan percobaan.

Percobaan yang telah dilaksanakan adalah menyalakan lampu dengan memanfaatkan energi listrik melalui benda penghantar dan benda lain yang tidak dapat menghantarkannya. Alat dan Bahan Percobaan dilaksanakan dengan menggunakan bahan-bahan khusus yang telah disiapkan sebelumnya. Bahan-bahan yang digunakan adalah: baterai, kabel, lampu bohlam, benang, tali plastik, selotip. Uraian Langkah-Langkah Pertama, percobaan dimulai dengan menghubungkan dua kabel pada bohlam.

Cara yang digunakan adalah dengan mengelupas sebagian ujung kabel sehingga bagian logamnya tampak lalu direkatkan pada bohlam dengan menggunakan selotip. Selanjutnya kedua sisa ujung kabel yang telah direkatkan ke lampu ditempelkan pada alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian.

Ketika hal tersebut dilakukan lampu menyala. Artinya, kabel dapat menghantarkan listrik dari baterai ke lampu bohlam. Kemudian, tahap di atas diulangi lagi, hanya saja kali ini tidak menggunakan kabel. Percobaan dilaksanakan dengan menggunakan tali plastik.

Ternyata dengan menggunakan tali plastik lampu bohlam tidak menyala. Hasil Dari percobaan tersebut terlihat bahwa bohlam menyala ketika dihubungkan pada baterai dengan menggunakan kabel. Namun, bohlam tidak menyala ketika dihubungkan pada baterai dengan menggunakan tali plastik. Simpulan Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kabel dapat mengantarkan arus listrik.

Sementara itu, tali plastik tidak dapat menghantarkan arus listrik. Berbagai contoh teks laporan percobaan lainnya dapat dilihat pada link berikut ini: Contoh Teks Laporan Percobaan dalam berbagai Model Referensi • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel Terkait Batalkan balasan Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai * Komentar * Nama * Email * Simpan nama, email, dan situs web saya pada peramban ini untuk komentar saya berikutnya. Beritahu saya akan tindak lanjut komentar melalui surel.

Beritahu saya akan tulisan baru melalui surel. • Motivasi/Motivation dalam Manajemen (Teori-Praktik) • Directing (Pengarahan) – Pengertian, Prinsip-Prinsip & Jenis • Controlling, Pengendalian, atau Pengawasan & Evaluasi • Kepemimpinan: Pengertian, Unsur, Prinsip, Tingkat & Gaya • Staffing dan Actuating dalam Manajemen • Perilaku Organisasi: Pengertian, Sifat, Karakteristik & Pengembangan Trending • Model Pembelajaran Inquiry Learning (Penjelasan Lengkap) Semua Kategori • Aliran Seni Rupa (13) • Bahasa Indonesia (75) • Biografi (8) • Budaya (4) • Desain (20) • Filsafat (8) • Fundamental Seni (15) • Ilmu Pengetahuan Alam (33) • Ilmu Pengetahuan Sosial (37) • Informatika (29) • Inspirasi (21) • Linguistik (10) • Manajemen (10) • Metode Penelitian (11) • Pendidikan (73) • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (37) • Prakarya dan Kewirausahaan (19) • Praktik Seni (10) • Sastra (33) • Sejarah (16) • Sejarah Seni (25) • Seniman Indonesia (5) • Seniman Mancanegara (3) • Teori Seni (86) Langganan
MENU • Home • SMP • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • IPS • IPA • SMA • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Sejarah • Geografi • Sosiologi • SMK • S1 • PSIT • PPB • PTI • E-Bisnis • UKPL • Basis Data • Manajemen • Riset Operasi • Sistem Operasi • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • Agama • Bahasa Indonesia • Matematika • S2 • Umum alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian (About Me) Laporan adalah suatu bentuk hasil dari sebuah pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada orang banyak.

Berdasarkan pengertian tersebut, teks aporan adalah sebuah bentuk tulisan yang memaparkan suatu fenomena hasil dari pengamatan kepada para pembacanya. Teks laporan juga sering disebut dengan teks klasifikasi. Hal ini dikarenakan teks ini mengklasifikasikan sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks ini hampir sama dengan teks deskripsi, namun yang membedakan adalah sifatnya.

Jika teks deskripsi membicarakan hal-hal khusus, teks laporan membicarakan fenomena atau hal umum yang lebih luas. 5.3. Sebarkan ini: Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan.

Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks laporan percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat.

Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal. Struktur Isi Teks Laporan Percobaan Dibawah ini merupakan struktur teks laporan percobaan diantaranya adalah sebagai berikut : • Judul. • Tujuan. • Bahan dan alat. • Langkah-langkah kegiatan. • Hasil percobaan. • Simpulan. Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Percobaan Dibawah ini merupakan beberapa ciri-ciri teks laporan hasil percobaan adalah sebagai berikut : • Melaporkan hasil percobaan.

• Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu. • Teks laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan. • Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan. • Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan. • Memaparkan pencatatan hasil percobaan. • Diakhir laporan diaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil pengamatan. • Harus mengandung fakta • bersifat objektif • harus ditulis sempurna dan lengkap • tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan • disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan • Menggunakan Sinonim dan Antonim Umumnya pada teks laporan percobaan terdapat kata yang bersinonim dan kata yang berantonim. Sinonim merupakan persamaan kata, sedangkan antonim merupakan lawan kata.

Pada teks laporan percobaan, sinonim dan antonim biasanya terdapat pada bagian langkah-langkan percobaan. • Menggunakan Kata Bilangan Kata bilangan pada teks laporan percobaan menunjukan jumlah bahan yang digunakan dalam percobaan. • Menggunakan Kalimat Perintah Contoh kalimat perintah pada teks laporan percobaan diantaranya adalah siapkan, aduklah, hindari, tambahkan, tuangkan, sebaiknya, cmpurkan, dan lain sebagainya. • Menggunakan Kata Hubung Selain menggunakan kata perintah, teks laporan percobaan juga menggunakan kata hubung.

Cotoh kata hubung dalam teks laporan percobaan diantaranya adalah dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dan lainnya. Cara Membuat Teks Laporan Percobaan Setelah selesai melakukan percobaan, kalian tentu ditugaskan untuk menuliskan hasilnya ke dalam teks laporan percobaan. Yuk, pelajari cara membuat teks laporan percobaan. • 1.

Menulis Struktur dari Teks Laporan Percobaan Langkah pertama dalam membuat teks laporan percobaan ialah terlebih dahulu dengan cara membuat struktur teks laporan percobaan. Langkah ini bisa dimulai dari : • Menulis judul • Tujuan percobaan • Alat serta bahan yang dipakai • Dan langkah awal sampai akhir percobaan. • 2. Tulislah hasil dari percobaan ke dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar agar pembaca lebih mudah dalam memahami hasilnya.

Sesudah semuanya selesai, selanjutnya tulislah kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan. • 3. Mengembangkan Kerangka jadi Sebuah Teks Sesuah menyelesaikan kerangka tersebut, lalu kembangkanlah jadi sebuah teks. Jangan lupa pula untuk memerhatikan kaidah dari kebahasaannya yang dipakai supaya teks percobaan ini mudah dipahami oleh pembaca. Tujuan Teks Laporan Percobaan • Memberitahukan atau menjelaskan laporan pertanggung jawaban dari sebuah tugas atau kegiatan pengamatan (observasi).

• Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan.

• Menjadikan sumber informasi yang akurat dan terpercaya karena disusun berdasarkan dengan data dan fakta. • Menjadikan sarana untuk mendokumentasikan hasil kegiatan observasi. Contoh Teks Laporan Percobaan dan Strukturnya Dibawah ini merupakan salah satu contoh teks laporan percobaan. Membuat Slime Tanpa Boraks Tujuan : Tujuan dari pembuatan slime tanpa boraks ini adalah agar menjadi lebih kreatif dan mampu berinovasi dalam berkreativitas.

Cara membuat slime ini cukup mudah sekali serta tidak memakan banyak biaya. Alat dan Bahan : • Lem povinal secukupnya.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

• Deterjen bubuk secukupnya. • Deterjen cair secukupnya. • Pembersih lantai secukupnya. • Air secukupnya. • Alat pengaduk (mixer, sendok, atau tangan). • Wadah tempat slime (baskom atau yang lainnya). Langkah-Langkah : • Mula-mula, campurkan terlebih dahulu lem povinal, pembersih lantai, deterjen cair, deterjen bubuk, dan air secukupnya saja ke dalam wadah slime.

Campuran ini disebut dengan activator. • Aduklah campuran tersebut sampai merata. • Kemudian tambahkan lem povinal kedalam campuran activator. • Aduk lagi hingga struktur atau bentuknya menggumpal. • Masukkan ke dalam freezer selama lima sampai sepuluh menit. • Setelah itu, keluarkan adonan tersebut dari freezer. • Aduk lagi sampai bisa dimainkan. • Slime tanpa boraks pun sudah dapat dimainkan. Hasil : Setelah melakukan percobaan ini, kita dapat mempunyai slime yang aman digunakan tanpa menggunakan boraks.

Saat ini, slime tanpa boraks sangat populer dikalangan anak-anak dan remaja. Kesimpulan : Dengan membuat sendiri slime tanpa boraks, kreativitas serta pengetahuan kita menjadi bertambah.

Selain itu, slime tanpa boraks ini biayanya cukup murah dan terjangkau. Slime ini juga aman apabila terkena kulit sebab tidak mengandung boraks. Membuat Tinta Tidak Terlihat Tinta pada umumnya yang kita gunakan bersifat terlihat, misalnya pulpen untuk menulis buku.

Nah pernahkah kamu menemukan tinta yang tidak terlihat ? Kedengarannya sangat unik bukan ? Kamu dapat membuat tinta tidak terlihat dengan bahan-bahan yang sangat mudah untuk di dapat, untuk menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang misalnya.

Alat dan Bahan • Lemon • Air • Sendok • Mangkuk • Cotton Bud • Kertas Putih • Lampu Bohlam Langkah-Langkah Membuatnya • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut. • Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok. • Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.

• Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat. • Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu. Hasil Setelah langkah diatas selesai kamu laukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat.

Kamu alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi kimia. Kesimpulan Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi cokelat ketika dipanaskan.

Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu. Membuat Taplak Meja Taplak meja kadang digunakan untuk menghias meja dan paling banyak tersedia di sejumlah toko dengan harga yang lumayan.

Namun, apa kalian pernah berfikir untuk membuat sebuah taplak meja sendiri? Sebenarnya, kalian bisa saja membuat taplak meja sendiri yang biayanya malah relatif lebih murah. 2. Tujuan Pembuatan taplak meja ini bertujuan supaya kita bisa memanfaatkan sejumlah barang bekas yang ada disekitar kita. Jadi, akan lebih bernilai serta bermanfaat. 3. Alat dan Bahan : • 2 meter kain perca • Jarum & benang • Pensil, gunting, & kertas • Jangka 4. Langkah-Langkah Membuatnya : • Buatlah sebuah sketsa gambar terlebih dulu di kertas dengan memakai jangka berdiameter 8 cm, lalu gunting sesuai pada pola jangka tersebut.

• Tempelkan pada kain perca kemudian jiplak polanya & gunting kain percanya. Ulang hingga 60 bulatan • Jahit pinggirnya kemudian tarik lalu di tali. Ulang sampai 60 bulatan. • Langkah berikutnya, rangkaikan bulatan satu dan bulatan yang lain lalu bentuk pola mirip dengan taplak meja. • Sesudah membentuk sebuah pola seperti yang kamu inginkan, jahit bulatan satu dan yang lainnya.

• Kemudian sesudah selesai membentuk taplak meja, maka kamu bisa merapihkan jahitan tersebut agar terlihat lebih indah. 5. Hasil Jadilah sebuah taplak meja dengan beberapa kreasi tangan kamu sendiri. Sekarang kamu bisa meletakkan taplak meja tadi di meja ruang makan maupun bisa juga di meja ruang tamu. Kamu bisa mengembangkannya sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. 6. Kesimpulan Membuat taplak meja tersebut tidaklah sulit, namun kamu juga harus sabar dan telaten serta ulet dalam proses pengerjaannya.

Sehingga, hal ini akan mengasah dan mengembangkan sebuah keterampilan yang kalian miliki, sekaligus kamu juga dapat menghemat biaya serta bisa menambah keuntungan bila kamu memanfaatkannya menjadi peluang usaha. Membuat Kayu Bekas Bisa Menjadi Kotak Pensil Kayu adalah bahan yang mempunyai nilai atau harga yang tinggi untuk digunakan secara biasa atau khusus dalam produksi atau pemakaian; barang rusak atau cacat selama manufaktur; atau materi berlebihan atau buangan.

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

(Kamus Istilah Lingkungan, 1994) Kesenian dari barang bekas adalah salah satu jenis hasil karya seni oleh individu ataupun kelompok dimana bahan-bahannya terdiri dari barang-barang bekas. Kesenian barang bekas pertama kali dikenalkan oleh Wensislaus Makur, seorang kelahiran Flores.

Beliau merupakan bekas buruh bangunan di Bali. Wensislaus Makur membuat tas unik dari sampah karung plastik beras, sampai menembus pasar konsumen di Eropa. Kerajinan kayu merupakan bahan kemasan yang digunakan untuk melindungi suatu produk selama distribusi dari produsen ke konsumen. Kayu ini terbuat dari bahan alami yang diketahui tidak mudah sekali mengalami kerusakan. Walaupun begitu, kayu yang berserakan tetap saja dapat menimbulkan masalah yang dapat menganggu kebersihan dan keindahan lingkungan.

Di Indonesia pemanfaatan kayu masih belum dilakukan dengan optimal. Padahal kayu yang sudah tidak terpakai tersebut dapat dimanfaatkan kembali melalui proses daur ulang. Usaha dengan bahan baku barang bekas masih sangat minim ditemukan, padahal barang bekas yang kita temui sehari-hari sebenarnya masih dapat digunakan kembali.

Banyak sekali orang yang memandang sebelah mata pemakaian barang yang terbuat dari barang bekas ini dapat mengurangi timbunan sampah, namun sesuatu yang besar tidak mungkin terjadi tanpa sesuatu yang kecil kan?

Oleh karena itu, kerajinan dari barang bekas ini tergolong bisnis yang cukup menggiurkan. Peminat produk barang bekas sebenarnya cukup banyak karena mereka ingin dapat berpartisipasi dalam mengurangi sampah.

Bisnis kerajinan dari bahan bekas ini tidak perlu modal besar karena hanya membutuhkan barang bekas sebagai bahan serta kreatifitas yang tinggi.

Usaha kesenian dari barang bekas ini merupakan kategori dalam menjual keahlian, sehingga yang diperlukan kreativitas untuk merancang kesenian tersebut. Selain itu, tidak mudah menjadi pengusaha produk ini, karena harus dapat membaca situasi lingkungan eksternal.

Hal ini adalah kunci pokok untuk berhasil. Kesenian dari barang bekas digolongkan dalam alternatif mencari penghasilan tambahan dengan membuka usaha sendiri.

Akan tetapi diperlukan pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya apabila ternyata sistem yang dibangun gagal.

Alat dan Bahan • Beberapa Ranting kayu • Lem kayu • karton bekas tempat tisu berbentuk tabung atau balok • Triplek • Palu • paku Kecil Langkah – Langkah Membuat Tempat Pensil Dari Kayu • Potong-potong ranting kayu dengan panjang kurang lebih alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian cm.

buatlah potongan kayu dengan banyak • Lem semua permukaan kartoon bekas tisu • Letakkan potongan kayu di seluruh permukaan tabung kartoon secara vertical.usahkan rapat dan menempel kuat. • Buatlah tatakan dari papan kayu sebagai dasar dengan palu • Warnai sesuka hati Hasil Dengan melakukan tahapan di atas alhasil kotak pensi dari kayu selesai dibuat dan bisa digunakan untuk menyimpan pensil, pena, penghapus dan alat tulis lain agar tidak berantakan.

Kesimpulan Kotak pensil ini lebih hemat daripada kotak pensil yang kita beli di toko maupun di pasar, kerajinan ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha bagi yang ingin mendalaminya.

Demikian materi Teks Laporan Percobaan yang diharapkan bermanfaat bagi Anda sahabat guru pendidikan. Baca Juga : • Materi Teks Tantangan • Teks Cerita Fantasi : Materi, Contoh, Struktur, Unsur, Ciri • Materi Teks Eksemplum • Contoh Teks Negosiasi • Materi Teks Deskripsi • Materi Teks Berita • Teks Laporan Hasil Observasi • Teks Cerita Inspirasi Sebarkan ini: • • • • • Posting pada Bahasa Indonesia, S1, S2, SMA, SMP, Umum Ditag 20 contoh teks laporan percobaan, apa tujuan menelaah teks, bagaimana cara merevisi teks, bagaimana penyajian teks laporan percobaan, bagaimana teks laporan percobaan yang ideal, berikut bentuk teks rekaman percobaan kecuali, cara menemukan makna dalam teks, cara menentukan makna dalam teks, cara menyusun teks laporan percobaan, ciri ciri teks laporan percobaan, contoh laporan percobaan ipa, contoh model laporan percobaan, contoh soal teks laporan percobaan, contoh teks laporan pengamatan, contoh teks laporan percobaan atau eksperimen, contoh teks laporan percobaan brainly, contoh teks laporan percobaan ilmiah, contoh teks laporan percobaan kelas 9, contoh teks laporan percobaan lengkap, contoh teks laporan percobaan membuat nasi goreng, contoh teks laporan percobaan membuat pelangi, contoh teks laporan percobaan membuat tape, contoh teks laporan percobaan singkat, contoh teks laporan percobaan tentang kerajinan, contoh teks laporan percobaan tentang makanan, contoh teks laporan percobaan tentang makanan dan minuman, contoh teks laporan percobaan tentang tumbuhan, contoh teks percobaan membuat lampion, contoh teks rekaman percobaan biologi, dalam teks laporan percobaan tidak terdapat, fungsi teks laporan, jelaskan yang dimaksud kata hubung, kaidah kebahasaan teks laporan percobaan, kegiatan 1 mencermati struktur teks laporan, kegunaan teks laporan percobaan, kesimpulan adalah, menyimpulkan informasi laporan percobaan, pembahasan adalah, pengertian teks laporan percobaan, rpp teks laporan percobaan, sebutkan fungsi teks laporan percobaan, sebutkan ragam bentuk laporan percobaan, sifat teks laporan percobaan yaitu, struktur laporan percobaan, struktur teks laporan, teks laporan percobaan ppt, teks rekaman percobaan membuat nasi goreng, tujuan dari kegiatan menyimpulkan adalah, tujuan teks laporan percobaan, tuliskan struktur teks laporan percobaan Navigasi pos Pos-pos Terbaru • Pengertian Sistem Regulasi Pada Manusia Beserta Macam-Macamnya • Rangkuman Materi Jamur ( Fungi ) Beserta Penjelasannya • Pengertian Saraf Parasimpatik – Fungsi, Simpatik, Perbedaan, Persamaan, Jalur, Cara Kerja, Contoh • Higgs domino apk versi 1.80 Terbaru 2022 • Pengertian Gizi – Sejarah, Perkembangan, Pengelompokan, Makro, Mikro, Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Para Ahli • Proses Pembentukan Urine – Faktor, Filtrasi, Reabsorbsi, Augmentasi, Nefron, zat Sisa • Peranan Tumbuhan – Pengertian, Manfaat, Obat, Membersihkan, Melindungi, Bahan Baku, Pemanasan Global • Diksi ( Pilihan Kata ) Pengertian Dan ( Fungsi – Syarat – Contoh ) • Penjelasan Sistem Ekskresi Pada Manusia Secara Lengkap • Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan • Contoh Soal Psikotes • Contoh CV Lamaran Kerja • Rukun Shalat • Kunci Jawaban Brain Out • Teks Eksplanasi • Teks Eksposisi • Teks Deskripsi • Teks Prosedur • Contoh Gurindam • Contoh Kata Pengantar • Contoh Teks Negosiasi • Alat Musik Ritmis • Tabel Periodik • Niat Mandi Wajib • Teks Laporan Hasil Observasi • Contoh Makalah • Alight Motion Pro • Alat Musik Melodis • 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran • 69 Contoh Teks Anekdot • Proposal • Gb WhatsApp • Contoh Daftar Riwayat Hidup • Naskah Drama • Memphisthemusical.ComKOMPAS.com - Teks laporan percobaan adalah teks berisi proses dan hasil percobaan.

Berikut ini pengertian, tujuan dan fungsi, struktur, serta contoh teks laporan percobaan: Di sekolah kita pasti pernah melakukan percobaan, baik yang rumit maupun sederhana. Segala proses dan hasil dari percobaan dituangkan dalam bentuk laporan. Menurut Yusuf Tapehe dalam Statistika dan Rancangan Percobaan (2014), percobaan adalah penyelidikan terencana untuk mendapatkan fakta baru atau untuk memperkuat atau menolak hasil-hasil percobaan terdahulu.

Percobaan juga berkaitan dengan penelitian. Dalam Keterampilan Menulis (2016) karya H Dalman, laporan penelitian adalah hal untuk menuangkan hasil kerja setelah dilaksanakan penelitian, serta keadaan, dan kondisi yang terjadi ketika penelitian itu berlangsung dalam bentuk alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian.

Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa laporan percobaan adalah teks yang berisi seluruh proses, kondisi, dan hasil penyelidikan terencana. Baca juga: Teks Laporan Hasil Observasi Laporan percobaan memilihi tujuan sekaligus fungsi. Berikut ini penjelasan singkat mengenai tujuan dan fungsi laporan percobaan. • Sarana untuk mendokumentasikan hasil kegiatan observasi.

• Menyusun secara sistematis inovasi terbaru dengan teknik atau cara yang belum dilakukan pada percobaan sebelumnya. • Memperlihatkan lebih jelas fakta obyektif dalam sebuah percobaan. • Menambah dan memperkaya pengetahuan. Percobaan yang telah dilakukan dapat menambah pilihan atau alternatif solusi lain yang bisa digunakan untuk percobaan yang akan datang. • Menyempurnakan atau mencari tahu kesalahan yang terjadi pada percobaan sebelumnya. • Menjadi referensi atau sumber informasi yang akurat karena disusun berdasarkan dengan data dan fakta.

• Memberi uraian detail dengan efisien mengenai kondisi atau keadaan yang terjadi dalam suatu percobaan. • Menjadi bentuk tanggung jawab dari dari sebuah tugas, kegiatan observasi, atau penelitian. Agar lebih memahami mengenai laporan percobaan, perhatikan struktur teks laporan percobaan disertai dengan contoh berikut. Baca juga: Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi dan Contohnya • Judul Menyebutkan secara lengkap obyek penelitian dengan metode atau teori yang dipakai.

Contohnya: Percobaan Rangkaian Listrik Seri dan Paralel • Pendahuluan Berisi latar belakang percobaan dan pengertian-pengertian dari obyek atau subyek yang dibahas. Contohnya: Dewasa ini manusia makin bergantung pada listrik.

Pekerjaan dan berbagai kegiatan dapat terhambat bila terjadi sesuatu dengan aliran listrik. Maka, kita perlu tahu seluk-beluk mengenai listrik agar dapat mengatasi masalah sahari-hari terkait listrik.

Percobaan kali ini penulis akan mengamati dan menyusun rangkaian listrik. Rangkaian listrik adalah suatu kumpulan elemen atau komponen listrik yang saling dihubungkan dengan cara-cara tertentu dan paling sedikit mempunyai satu lintasan tertutup. Dalam rangkaian listrik terdapat dua model, yaitu seri dan paralel. Keduanya akan penulis amati dalam percobaan ini. • Tinjauan pustaka Menyebutkan rujukan, referensi, atau teori apa saja yang dipakai dalam percobaan.

Berikut contohnya: Menurut Asran dalam Bahan Ajar Rangkaian Listrik I (2014) menyebutkan, rangkaian listrik adalah suatu kumpulan elemen atau komponen listrik yang saling dihubungkan dengan cara-cara tertentu dan paling sedikit mempunyai satu lintasan tertutup. Terdapat dua rangkaian listrik, yaitu seri dan paralel. Rangkaian seri dapat kita temui pada benda-benda sejenis pengatur panas pada setrika listrik, lampu tumblr atau lampu Natal. Sementara rangkaian paralel dapat kita temui pada pemasangan kabel dan tiang listrik PLN.

Seri Rangkaian seri merupakan rangkaian yang berisi banyak beban listrik dalam satu rangkaian. Dalam rangkaian seri, arus yang lewat sama besar pada masing-masing elemen yang tersusun seri.

Rangkaian model ini hanya memiliki sebuah titik utama yang tidak terhubung dengan elemen pembawa arus pada suatu jaringan. Rangkaian seri memiliki beberapa prinsip sebagai berikut: • Hambatan total merupakan hasil penjumlahan tiap-tiap hambatan serinya.

• Kuat arus dalam tiap-tiap hambatannya tetap. • Besaran kuat arus setiap hambatan sama dengan kuat arus totalnya. • Beda potensial/tegangan tiap hambatan berbeda dan hasil penjumlahan tegangan. Berdasarkan prinsip tersebut, maka rumus dari rangkaian listrik seri adalah sebagai berikut: V total = V1 + V2 + … Vn I total = I1 = I2 = … In R total = R1 + R2 + .

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

Rn Paralel Rangkaian paralel merupakan rangkaian yang memiliki lebih dari satu bagian garis edar untuk mengalirkan arus. Masing-masing rangkaian dapat dihubung-putuskan tanpa mempengaruhi rangkaian yang lain. Rangkaian paralel memiliki beberapa prinsip sebagai berikut: • Hambatan total merupakan penjumlahan satu per hambatan paralel dengan satu per hambatan paralel lainnya.

• Kuat arus dalam percabangannya berbeda-beda dan berbanding terbalik dengan penjumlahan kuat arus tiap cabangnya. • Beda potensial/tegangan tiap-tiap percabangannya tetap dan besar tegangan setiap percabangan sama dengan tegangan totalnya. Berdasarkan prinsip tersebut, maka rumus dari rangkaian listrik seri adalah sebagai berikut: V total = V1 = V2 = V3 = .

Vn I total = I1 + I2 + .

alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian

In 1/R total = 1/R1 + 1/R2 + … 1/Rn • Metodologi Menerangkan langkah atau metode apa yang digunakan dalam percobaan. Berikut contohnya: Alat dan bahan: Kabel 3 buah bola lampu senter atau lampu kecil sejenisnya 3 buah baterai besar Papan atau gabus Solasi kabel atau plester Double tape Cutter atau gunting Langkah-langkah: • Potong papan atau gabus menjadi dua bagian.

Beri tanda seri pada satu gabus, dan paralel untuk gabus yang lain. • Susunlah ketiga baterai dan beri penyangga. Sambungkan ujung rangkaian baterai dengan kabel dan plester agar tidak lepas. • Sambungkan kabel dan lampu dengan sejajar untuk rangkaian listrik seri. Sedangkan untuk rangkaian listrik paralel menggunakan garis berpotongan. • Nyalakan semua lampu dengan menyambungkan pada baterai. • Amati apa yang terjadi bila salah satu sambungan lampu dilepas pada masing-masing rangkaian.

• Ambil kesimpulan dari pengamatan tersebut. • Laporan dan pembahasannya Merinci hasil percobaan dan memberi informasi soal data yang diperoleh selama percobaan. Kemudian, menganalisis data tersebut berdasarkan teori yang berkaitan. Contoh: Pada percobaan rangkaian seri, bila salah salah satu sambungan lampu dimatikan, lampu lain akan mati.

Sedangkan pada rangkaian paralel, lampu lain tetap menyala meski salah satu sambungan lampu dilepaskan. Berdasarkan percobaan dan pengamatan, maka sifat rangkaian seri dapat dijabarkan sebagai berikut: • Jika salah satu beban atau bagian dari rangkaian tidak terhubung, dilepas, atau putus, aliran arus akan berhenti. • Arus yang mengalir pada masing-masing lampu jumlahnya sama. • Arus yang mengalir tergantung jumlah besar tahanan beban dalam rangkaian.

• Jumlah penurunan tegangan dalam rangkaian seri sama dengan tegangan total sumber tegangan. • Banyak beban listrik dan tahanan beban menyebabkan naiknya penurunan arus yang mengalir dalam rangkaian.

Sedangkan alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan percobaan termasuk dalam struktur teks laporan hasil percobaan bagian rangkaian paralel adalah sebagai berikut: • Salah satu beban atau bagian dari rangkaian tidak terhubung, dilepas, atau putus, aliran arus tidak akan berhenti. Rangkaian cabang yang lain tetap bekerja. • Tegangan pada masing-masing beban listrik sama dengan tegangan sumber.

• Arus masing-masing cabang tergantung besar tahanan cabang. Masing-masing cabang dalam rangkaian paralel adalah rangkaian individu. • Tahanan total dari rangkaian paralel adalah lebih kecil dari tahanan yang terkecil dalam rangkaian. • Kesimpulan dan saran Mengambil simpulan hasil percobaan, serta memberi saran pada pembaca bila dalam percobaan masih ada kekurangan dan dapat diperbaiki dalam percobaan lainnya.

Contohnya: Seluruh lampu pada rangkaian listrik seri akan mati, bila salah salah satu sambungan lampu terputus atau ada hambatan. Sedangkan pada rangkaian paralel, lampu lain tetap menyala meski salah satu sambungan lampu dilepaskan. • Daftar pustaka Menyebutkan buku atau sumber yang dipakai dalam melaksanakan percobaan. Contoh: Asran. 2014. Bahan Ajar Rangkaian Listrik I. Aceh: Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh.

• Lampiran Berisi bukti proses dan hasil percobaan.

Struktur Teks Laporan Percobaan




2022 www.videocon.com