Contoh ungkapan kiasan

contoh ungkapan kiasan

Kata kiasan sering kita temukan dalam kehidupan atau percakapan contoh ungkapan kiasan. Kebanyakan kata kiasan sudah dipahami oleh masyarakat. Saat mendengar kata kiasan, orang tidak akan mengartikannya sesuai dengan arti kata yang diucapkan. Melainkan ada makna yang lain atau makna tersembunyi dari kata tersebut. Pengertian Kata Kiasan Kata kiasan adalah sebuah ungkapan kata-kata yang digunakan bukan untuk arti kata yang sesungguhnya.

Kata kiasan bukalah kata yang baku, melainkan hanya kata non formal yang diucapkan dengan maksud tertentu. Kata kiasan disebutkan sebagai kata yang mempunyai makna konotatif atau bukan makna yang sebenarnya. Sedangkan kata yang dimaksudkan untuk makna yang sebenarnya sesuai pada KBBI disebut makna denotatif. Kata kiasan mengandung arti pengibaratan atau pengandaian pada kata yang diucapkan tersebut.

Kata kiasan bisa terbentuk sebagai makna perbandingan atau persamaan pada suatu hal yang lain. Contoh Kata Kiasan Di bawah ini merupakan contoh kata kiasan dengan contoh kalimat serta maknanya: No Kata-Kata Kiasan Contoh di Dalam Kalimat Maknanya contoh ungkapan kiasan Buah tangan Kakak membawakan aku contoh ungkapan kiasan tangan saat pulang dari Bali.

Oleh-oleh 2 Anak emas Dia menjadi anak emas Bunda, karena dia jujur dan sopan. Anak kesayangan 3 Panjang akal Ibnu anak yang panjang akal, setiap permasalahan cepat diselesaikannya. Cerdik 4 Panjang tangan Jangan jadi orang yang panjang tangan, nanti dibenci orang lain. Suka mencuri 5 Besar kepala Dia menjadi besar kepala setelah memenangkan lomba kemarin. Sombong 6 Bintang lapangan Satria rajin berlatih agar saat besar nanti menjadi bintang lapangan.

Pemain terbaik 7 Tanggal tua Sebagai anak kos, Irma biasanya hanya makan dengan mie atau telor saat tanggal tua seperti ini. Akhir bulan 8 Buah bibir Orang baru itu menjadi buah bibir di kampung kami. Menjadi pembicaraan banyak orang 9 Banting tulang Ayah rela banting tulang demi memberikan nafkah dan pendidikan terbaik bagi kami.

Bekerja keras 10 Bermuka dua Dia orang yang bermuka dua dihadapan teman-temannya. Tidak tetap pendirian atau plin-plan 11 Tebal muka Dia orang yang tebal muka, tidak perduli dengan pandangan orang lain. Tidak punya rasa malu 12 Kecil hati Janganlah kamu berkecil hati contoh ungkapan kiasan nilaimu nanti, teruslah belajar sampai pandai.

Penakut 13 Main mata Abdul bermain mata saat bertemu dengan Kak Ayu. Melirik 14 Kaki tangan Pada zaman penjajahan banyak orang yang rela mengkhiatani bangsanya sendiri dan memilih menjadi kaki tangan penjajah.

Antek 15 Ringan tangan Laki-laki itu ringan tangan kepada istri dan anaknya. Suka memukul 16 Lurus hati Orang yang lurus hati akan disukai banyak orang.

Jujur 17 Makan hati Hidupnya terus makan hati setelah ditinggal orang tuanya. Ada yang dipikirkan atau beban hidup 18 Meja hijau Kasus pembunuhan itu sudah dimejahijaukan. Pengadilan 19 Angkat tangan Semua guru angkat tangan dalam mengajar dia, karena dia sangat bandel. Menyerah 20 Tangan kanan Saat ini dia menjadi tangan kanan atasannya. Orang kepercayaan 21 Angkat kaki Karena terbukti telah melakukan hal tidak terpuji, akhirnya keluarganya meminta dia angkat kaki dari rumah. Pergi 22 Naik pitam Aksi perampok di kampung itu membuat kepala desa naik pitam.

Marah 23 Darah biru Dia tidak malu belajar jadi petani walau dia keturunan darah biru. Keturunan bangsawan 24 Gulung tikar Pandemi covid-19 membuat banyak usaha gulung tikar. Bangkrut 25 Empat mata Ibu mengajakku bicara empat mata, entah apa yang akan dibicarakan.

Bicara berdua 26 Besar mulut Dia terlalu besar mulut, sehingga sudah tidak ditanggapi lagi setiap ucapannya oleh orang-orang di lingkungannya. Suka berbohong 27 Muka masam Dia bermuka masam mendengar omelan ibunya karena dia minta uang jajan. Cemberut 28 Mata duitan Dia sangat mata duitan, membuat orang tidak suka padanya. Materialistis 29 Sebatang kara Aku menjalani hidup di kota ini sebatang kara. Hidup sendirian 30 Tinggi hati Sifat tinggi hati harus kita buang dari kepribadian kita.

Sombong 31 Makan garam Dia sudah banyak makan garam, sehingga dia bisa memberikan nasihat dengan bijak. Banyak pengalaman 32 Kutu buku Sejak kecil dia sudah menjadi kutu buku, sehingga pengetahuannya luas. Rajin membaca 33 Bunga tidur Dia gelisah mengingat bunga tidurnya semalam. Mimpi 34 Kepala batu Dia mengalami akibatnya sekarang, karena dia kepala batu.

Tidak mau mendengar nasihat 35 Kabar angin Ada kabar angin bahwa tetangga yang baru pindah itu sangat sombong. Gosip 36 Kepala dingin Selesaikanlah setiap masalah dengan kepala dingin. Tenang 37 Lintah darat Akibat terdesak kebutuhan ekonomi, dia terpaka meminjam uang kepad lintah darat. Rentenir 38 Kebakaran jenggot Dia kebakaran jenggot setelah tahu anak buahnya korupsi. Marah 39 Turun tangan Pak Burhan turun tanga pada saat ada gotong royong di kampungnya.

Ikut membantu 40 Sampah masyarakat Sampah masyarakat harus dibina agar memiliki keterampilan. Orang yang tidak berguna 41 Bunga desa Aisyah merupakan bunga desa di desa ini, sehigga banyak pemuda ingin mengenalnya. Wanita paling cantik 42 Kambing hitam Dia tidak tahu apa-apa namun dikambinghitamkan juga. Tidak bersalah 43 Naik daun Contoh ungkapan kiasan semakin banyak sejak dia naik daun. Mulai terkenal 44 Tutup usia Nenek saya tutup usia saat berumur 80 tahun. Meninggal 45 Tutup mata Dia tutup mata atas penderitaan saudaranya.

Tidak mau tahu 46 Kuda besi Kuda besi milikku sudah berusia hampir 10 tahun. Sepeda motor 47 Tulang punggung Dia menjadi tulang punggung keluarga ketika ayahnya contoh ungkapan kiasan. Orang yang harus bertanggung jawab pada kehidupan keluarganya 48 Mata-mata Dia merupakan mata-mata kelompok musuh. Orang yang ditugaskan untuk mengawasi 49 Panjang lebar Kakak sudah bicara panjang lebar tapi tetap tidak diizinkan.

Banyak dan jelas 50 Rendah hati Anak itu sangat rendah hati walaupun berasal dari keluarga yang kaya. Tidak contoh ungkapan kiasan 51 Sebelah mata Dia dipandang sebelah mata oleh temannya itu. Dianggap remeh 52 Unjuk gigi Akhirnya dia bersedia unjuk gigi pada kompetisi itu. Pamer kemampuan 53 Tutup mulut Sebenarnya dia sudah tahu siapa yang korupsi di kantornya, tapi dia memilih tutup mulut karena takut.

contoh ungkapan kiasan

Diam 54 Omong kosong Semua yang dijanjikannya hanya omong kosong. Bualan, bohong 55 Rahasia umum Memang hal itu sudah menjadi rahasia umum. Sesuatu yang sudah diketahui banyak orang 56 Berpangku tangan Akhirnya dia hanya bisa berpangku tangan saja. Tidak berbuat apa-apa 57 Setengah hati Dia bekerja setengah hati membantu orang tuanya.

Tidak bersungguh- sungguh 58 Jalan tengah Ayahnya mengambil jalan tengah dalam perselisihan kedua anaknya. Keputusan yang adil 59 Contoh ungkapan kiasan seribu bahasa Dia hanya diam seribu bahasa saat dimarahi oleh ayahnya.

Tidak bicara apa-apa 60 Uang panas Pak Ahmad tidak mau uang panas yang ditawarkan oleh oknum pejabat itu. Uang tidak halal 61 Darah daging Ibu itu merelakan darah dagingnya untuk pergi kuliah ke luar negeri.

Anak kandung 62 Langkah seribu Bimo mengambil langkah seribu saat berjalan melewati tempat angker itu. Lari 63 Patah hati Dia patah hati sejak berpisah dengan kekasihnya. Kecewa 64 Cuci mata Saat liburan nanti aku memutuskan untuk cuci mata ke luar negeri. Bersenang-senang 65 Bermain api Janganlah contoh ungkapan kiasan api, nanti kamu terkena akibatnya.

Bermain dengan bahaya 66 Menusuk hati Perkataan orang tak dikenal itu menusuk hatinya. Sakit hati 67 Berbadan dua Kakakku harus banyak istirahat karena sedang berbadan dua. Sedang hamil 68 Terbuka mata Ayahnya baru terbuka mata setelah mendengar penjelasannya. Mulai mengerti 69 Pelita hati Dia bahagia setelah bertemu dengan pelita hatinya. Kekasih 70 Tikus kantor Dia bertekad memberantas tikus kantor daripada usahanya jadi mengalami kebangkrutan. Koruptor 71 Orang awam Orang awam juga tahu tentang hal ini.

Orang biasa 72 Gaji buta Selama pandemi banyak karyawan yang makan gaji buta, karena restoran jadi sangat sepi. Mendapat gaji tapi tidak bekerja 73 Makan waktu Berbicara dengan dia hanya akan memakan waktu. Menghabiskan waktu tanpa ada hasilnya 74 Mata hati Dia sudah melihat dengan mata hatinya. Perasaan dalam hati 75 Suara hati Lebih baik mendengarkan suara hati di saat harus sulit memilih. Kata hati 76 Berlumur dosa Dia menyadari bahwa dirinya orang yang berlumur dosa.

Banyak berbuat kesalahan 77 Memikat hati Sikapnya yang santun mampu memikat hati banyak orang. Menarik perhatian 78 Tak tahu rimbanya Sudah lama teman lamaku tak tahu rimbanya.

Tidak diketahui ada di mana 79 Patah arang Dia sudah patah arang menghadapi masalah ini. Putus asa 80 Banting Stir Setelah kafenya bangkrut dia banting stir jualan pakaian. Berganti usaha Contoh Makna Kias dan Artinya dalam Kalimat – Dalam bahasa Indonesia, sebuah kata atau ungkapan terkadang mempunyai makna sebenarnya atau makna tidak sebenarnya.

Makna sebenarnya atau makna yang sesuai dengan yang ada dalam kamus disebut dengan makna denotatif. Sedangkan makna tidak sebenarnya sering disebut sebagai makna kias atau konotatif.

Makna denotatif dan makna konotatif merupakan beberapa contoh dari jenis jenis makna kata dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kias diartikan sebagai perbandingan atau ibarat. Makna kias sendiri diartikan sebagai sebuah makna atau arti dari kata atau ungkapan yang mengandung pengandaian atau pengibaratan.

Contoh sederhana makna kias ini misal pada kata “buah tangan”. Makna kias dari “buah tangan” adalah oleh-oleh. Agar lebih memahami dan memperkaya pengetahuan tentang makna kias, berikut diberikan beberapa contoh dari kata-kata yang bermakna kias.

Contoh Makna Kias No. Kata Kiasan Makna Kias Contoh dalam Kalimat 1. duduk perut sedang hamil Bu Sandra sangat senang ketika mengetahui ia sedang duduk perut. 2. tanggal tua kondisi keuangan sedang tipis Setiap tanggal tua, para mahasiswa yang nge-kost selalu menghemat pengeluaran seminimal mungkin.

3. panjang akal cerdik Farel dikenal sebagai anak yang panjang akal 4. buah tangan oleh-oleh Ayah selalu membawa buah tangan setiap melakukan perjalanan dinas. 5. bermuka dua tak tetap pendiriannya Soni terkenal sebagai orang yang ber muka dua di depan teman-temannya. 6. banting tulang kerja keras Ayah selalu membanting tulang demi kehidupan keluarga kami yang lebih layak.

7. buah bibir bahan pembicaraan Ibu tidak tahan mendengar kakak menjadi buah bibir di kampung. 8. main mata melirik Tono selalu main mata kepada setiap perempuan yang cantik.

9. ringan tangan suka memukul Karena sejak contoh ungkapan kiasan melihat ayahnya yang bersikap kasar, kini Anto menjadi anak yang ringan tangan.

10. kecil hati penakut Di antara semua saudaranya, Kunti adalah anak yang paling kecil hati. 11. tebal muka tidak punya rasa malu Riski sudah menjadi orang yang tebal muka karena masa lalunya yang suram. 12. muka masam cemberut Ayah sedari tadi pagi bermuka masam karena belum bertemu dengan ibu. 13. besar mulut pembohong Ibu Suci tidak disukai oleh ibu-ibu yang lainnya karena sikapnya yang besar mulut.

14. gulung tikar bangkrut Sebagai direktur perusahaan yang sedang gulung tikar, Pak Charles harus mencari jalan keluar agar tidak harus mem-PHK sebagian besar karyawannya.

15. angkat kaki pergi Aku harus segera angkat kaki dari rumah ini besok pagi. 16. naik pitam marah Ayah langsung naik pitam saat mendengar kakak tertangkap polisi karena menggunalan obat terlarang.

17. kaki tangan anak buah Pimpinan penculikan anak beserta kaki tangannya ditangkap oleh polisi. 18. tangan kanan orang kepercayaan Sebagai tangan kanan Pak Camat, ayah harus menemani Pak Camat dalam setiap kegiatan penting pemerintahan. 19. angkat tangan menyerah Aku sudah angkat tangan dalam menyelesaikan permasalahan rumit ini.

20. meja hijau pengadilan Ada berita memilukan di televisi, ada seorang anak yang membawa orang tuanya ke meja hijau. No. Kata Kiasan Makna Kias Contoh dalam Kalimat 21. kutu buku orang yang rajin membaca buku Rani, si anak kutu buku itu selalu di-bully oleh teman-temannya.

22. kepala dingin tenang Hadapilah semua permasalahan dengan kepala dingin. 23. bunga tidur mimpi Aku masih saja teringat bunga tidur semalam.

24. tinggi hati sombong Janganlah jadi anak yang tinggi hati, kelak kau akan kehilangan teman-temanmu. 25. makan garam banyak pengalaman Jangan sepelekan nasihat orang tuamu, karena mereka sudah banyak makan garam. 26. gelap mata kalap, hilang kesabaran Pecandu narkoba bisa gelap mata saat tidak menemukan apa yang ia inginkan. 27. darah biru keturunan bangsawan Putri selalu mengaku berdarah biru di depan semua teman-temannya.

28. empat mata bicara contoh ungkapan kiasan Kepala Dinas Pendidikan berbicara empat mata dengan Kepala Sekolah di dalam ruangan tertutup.

29. mata duitan matrealistik Uang itu memang diperlukan, tapi jangan dai orang yang mata duitan. 30. kambing hitam orang yang disalahkan Kasihan Warno, ia dikambing hitamkan atas pencurian ayam di kampung ini.

31. kepala batu keras kepala Anak yang kepala batu akan susah dinasehati sebelum ia kena batunya. 32. makan gaji buta menerima gaji tapi tidak bekerja Aku tidak mau makan gaji buta, itu bukan prinsipku.

33. tikus kantor koruptor Semakin hari semakin terlihat siapa tikus kantor sebenarnya. 34. kupu-kupu malam wanita penghibur Petugas semakin rajin melakukan razia terhadap kupu-kupu malam di tempat-tempat hiburan. 35. kata-kata manis rayuan Rico selalu mengumbar kata-kata manis kepada wanita yang ia sukai.

36. makan uang dinas korupsi Pak Anas diisukan makan uang dinas. 37. panjang tangan suka mencuri Anak yang panjang tangan tidak akan disukai oleh orang-orang di sekitarnya. 38. turun tangan ikut membantu Selama menjabat ketua RT, Pak Ridho tidak pernah turun tangan menangani permasalahan warga.

39. bunga desa wanita tercantik Contoh ungkapan kiasan menjadi bunga desa sejak ia masih remaja. 40. lintah darat rentenir Akibat membutuhkan biaya besar, ibu terjebak hutang kepada lintah darat.

contoh ungkapan kiasan

No. Kata Kiasan Makna Kias Contoh dalam Kalimat 41. kebakaran jenggot marah Kakek kebakaran jenggot melihat perilaku cucu-cucunya yang tidak taat norma agama. 42. sampah masyarakat orang yang tidak berguna Joni berjuang sekuat tenaga agar tidak menjadi sampah masyarakat.

43. kabar angin gosip Jangan mudah percaya kabar angin yang menyebar dari mulut ke mulut.

contoh ungkapan kiasan

44. naik daun mulai terkenal Karena lagu barunya, penyanyi itu mulai naik daun. 45. makan waktu menghabiskan waktu Saat bulan Ramadhan, banyak orang makan waktu dengan mengaji.

46. tutup usia meninggal dunia Guru besar itu tutup usia saat sedang memberikan ilmu kepada murid-muridnya. 47. mata mata orang yang bertugas mengamati Seorang mata-mata harus pandai menyembunyikan identitasnya di depan orang lain. 48. tangan besi bertindka keras Walaupun dikenal bertangan besi, pemimpin itu sangat dicintai warganya.

49. sebatang kara hidup sendirian Sejak usia 8 tahun, Rani hidup sebatang kara. 50. bintang lapangan pemain yang terbaik Bambang Pamungkas menjadi bintang lapangan sejak usianya masih muda. • contoh frasa nomina • makna sinestesia dan contohnya • contoh pantun talibun • jenis jenis drama berdasarkan wujud pementasan • perbedaan akronim dan singkatan beserta contohnya • contoh ungkapan kiasan pantun karmina • kata benda konkret dan kata benda abstrak • contoh frasa verba modikatif • contoh frasa adjektiva dalam kalimat • contoh dongeng fabel singkat • majas tautologi • contoh majas litotes • jenis jenis makna kata • cara membedakan pelengkap dan keterangan • alur cerita • kalimat inti Sekian artikel mengenai contoh makna kias dan artinya dalam kalimat.

Semoga apa yang dipaparkan dalam artikel ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.
Kata Kata Kiasan – Sebuah kata dalam Bahasa Indonesia terkadang memiliki dua arti yang berbeda yaitu arti yang sebenarnya dan arti yang tidak sebenarnya. Arti yang sebenarnya biasa disebut dengan makna denotatif yaitu arti yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sedangkan arti yang tidak sebenarnya disebut dengan makna konotatif atau makna kiasan.

Kata Kata kiasan sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai ibarat atau perbandingan. Sedangkan makna kias artinya sebuah arti atau makna dari ungkapan atau kata yang mengandung pengibaratan atau pengandaian. Daftar isi: • Kata Kata Kiasan, Makna Kias dan Contohnya dalam Kalimat • Kata Kata Kiasan Menggunakan Indra • Kata Kata Kiasan Menggunakan Binatang • Kata Kata Kiasan yang Menggunakan Bilangan Kata Contoh ungkapan kiasan Kiasan, Makna Kias contoh ungkapan kiasan Contohnya dalam Kalimat Sebuah kata kiasan pastinya memiliki makna kias.

Lalu bagaimanakah penerapannya dalam sebuah kalimat? Tabel daftar kata kata kiasan di bawah ini mungkin akan membuat kamu lebih mudah dalam memahami arti dari makna kias karena diterapkkan dalam sebuah kalimat. 5 Maret 2022 No.

Kata kata kiasan Contohnya dalam kalimat Makna Kias 1. Bintang contoh ungkapan kiasan Doni bercita-cita menjadi seorang bintang lapangan jika sudah besar nanti. pemain yang terbaik 2. Duduk perut Hatinya merasa senang ketika dokter mengatakan jika dirinya tengah duduk perut. sedang hamil 3. Buah tangan Paman membawa banyak buah tangan dari Kota Semarang. oleh-oleh 4. Panjang akal Fatimah memang anak yang panjang akal sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat.

cerdik 5. Tanggal Tua Saat tanggal tua seperti ini, pasar terlihat sangat sepi dikunjungi pembeli. kondisi keuangan sedang tipis 6. Bermuka Dua Pak Rahman memang orang yang bermuka dua di depan atasannya.

Tidak tetap pendiriannya 7. Banting Tulang Sebagai kepala keluarga, Pak Ahmad rela banting tulang untuk menghidupi anak-anaknya. kerja keras 8. Buah Bibir Ibu tidak tahan mendengar kakak menjadi buah bibir di kampung. bahan pembicaraan 9. Main Mata Sarman main mata dengan seorang gadis cantik di kampung sebelah. melirik 10. Kecil Hati Sifat kecil hati harus kita hilangkan jika ingin menjadi seorang pemimpin.

penakut 11. Tebal Muka Karena masa lalunya yang suram, membuat Anjar tebal muka saat ini.

contoh ungkapan kiasan

tidak punya rasa malu 12. Ringan Tangan Melihat ayahnya yang ringan tangan terhadap ibunya, membuat hati Melati menjadi sedih. suka memukul 13. Meja Hijau Perkara tentang pencurian di Desa Sukamaju Kamis lalu, sekarang dibawa ke meja hijau. pengadilan 14. Angkat Tangan Masalah yang rumit memang sering membuat orang angkat tangan untuk menyelesaikannya.

menyerah 15. Tangan Kanan Pak Rudi menjadi tangan kanan anak Bupati Tulungagung sejak tahun kemarin. orang kepercayaan 16. Kaki Tangan Kaki tangan para penjahat itu akhirnya ditangkap polisi pada Selasa petang.

anak buah 17. Naik Contoh ungkapan kiasan Kelakuan anaknya yang susah diatur membuat Pak Nardi naik pitam. marah 18. Angkat Kaki Karena diketahui melakukan perbuatan yang mencemarkan nama baik keluarga akhirnya Surti diminta untuk angkat kaki dari rumah Pak Darto. pergi 19. Gulung Tikar Banyak karyawan yang mengalami PHK dikarenakan perusahaannya gulung tikar.

bangkrut 20. Besar Mulut Rani dikenal sebagai anak yang besar mulut karena apa yang dikatakan selalu tidak sesuai dengan kenyataan aslinya.

contoh ungkapan kiasan

pembohong 21. Muka Masam Andi bermuka asam setelah Ibu Guru memarahinya dikarenakan lupa mengerjakan pekerjaan rumah. cemberut 22. Darah Biru Sebagai keturunan darah biru, Pak Suryo harus menjaga sikapnya dengan masyarakat sekitar. keturunan bangsawan 23. Empat Mata Setelah diketahui mencuri uang milik Rino, Bu Guru mengajak Amir untuk berbicara empat mata.

bicara berdua 24. Mata Duitan Polisi itu dikenal mata duitan sehingga mendapat peringatan keras dari atasannya. matrealistik 25. Gelap Mata Terkadang, sifat marah dapat membuat kita menjadi gelap mata sehingga akan menimbulkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang lain. kalap, hilang kesabaran 26. Makan Garam Orang dewasa lebih banyak makan garam sehingga kita tidak boleh menyepelekan nasihat mereka. banyak pengalaman 27. Sebatang Kara Setelah ayah dan ibunya meninggal dunia, Fitri hidup sebatang kara di sebuah gubuk tua.

hidup sendirian 28. Tinggi Hati Sifat tinggi hati akan membuatmu dijauhi oleh orang-orang di sekitarmu. sombong 29. Kutu Buku Bella dijuluki teman-temannya sebagai kutu buku karena hampir setiap waktu istirahat dia selalu pergi ke perpustakaan. orang yang rajin membaca buku 30. Kepala Dingin Permasalahan harus diselesaikan dengan kepala dingin agar didapatkan solusi yang tepat.

tenang 31. Bunga Tidur Rina tersenyum-senyum saat mengingat bunga tidurnya semalam. mimpi 32. Kabar Angin Kabar angin memang cepat sekali menyebar hingga ke pelosok desa. gosip 33. Sampah Masyarakat Sampah masyarakat harus dibasmi karena dapat mengancam kesejahteraan masyarakat. orang yang tidak berguna 34. Kebakaran Jenggot Ayah langsung kebakaran jenggot saat mengetahui Rita bermain petasan. contoh ungkapan kiasan 35. Lintah Darat Banyak orang yang memutuskan berhutang kepada lintah darat dikarenakan kondisi ekonominya yang sangat susah.

rentenir 36. Turun Tangan Perkara antara Rudi dan Roni membuat kepala desa akhirnya ikut turun tangan menyelesaikannya. ikut membantu 37. Panjang Tangan Sebagai anak yang berbudi pekerti luhur, kita tidak boleh panjang contoh ungkapan kiasan terhadap barang yang bukan miliki kita.

suka mencuri 38. Makan Uang Dinas Makan uang dinas tidak akan membuatmu kaya dengan langgeng. korupsi 39. Kata-Kata Manis Kata-kata manis selalu ia ucapkan disaat kekasihnya merasa marah. rayuan 40. Kupu-Kupu Malam Saat ini banyak kupu-kupu malam yang berkeliaran di sepanjang jalan pada tengah malam.

wanita contoh ungkapan kiasan 41. Bunga Desa Sari memang seorang bunga desa yang dikenal sangat sopan dan ramah. wanita tercantik 42. Tikus Kantor Perusahaan tekstil tersebut bangkrut dikarenakan banyak tikus kantor yang menggerogoti uang perusahaan.

koruptor 43.

contoh ungkapan kiasan

Makan Gaji Buta Sebagai seorang pegawai negeri, tidak seharusnya Pak Darto hanya makan gaji buta. menerima contoh ungkapan kiasan tapi tidak bekerja 44. Kepala Batu Sikap kepala batu harus Anda hilangkan karena hal contoh ungkapan kiasan untuk kebaikan Anda sendiri. Susah dinasehati 45. Kambing Hitam Sebenarnya bukan Herman yang mencuri ayam-ayam Pak Nardi, ia hanya sebagai kambing hitam atas peristiwa tersebut.

orang yang disalahkan 46. Naik Daun Grup band asal Korea BTS saat ini sedang naik daun di kalangan anak remaja karena lagunya yang bagus dan personilnya yang tampan. mulai terkenal 47. Makan Waktu Memang susah berbicara dengan orang yang susah dinasehati, hanya makan waktu saja.

menghabiskan waktu 48. Tangan Besi Sebagai seorang direktur di PT. Sinar Mulia, Pak Rohmat dikenal sebagai si tangan besi yang sangat killer. bertindak keras 49. Tutup Usia Ayah Niko tutup usia disaat melaksanakan ibadah haji ke Kota Mekah. meninggal dunia 50. Mata Mata Rahasia itu bocor dikarenakan ada mata-mata yang masuk dalam pihak kepolisian. orang yang bertugas mengamati 51. Pelita Hati Dia sering menceritakan sang pelita hati kepada ibunya.

kekasih 52. Panjang Lebar Anton berbicara panjang lebar mengenai proyek barunya. Banyak dan jelas 53. Kuda Besi Roni mencuci kuda besinya setiap Hari Minggu motor 54. Tulang Punggung Sebagai tulang punggung keluarga, Barno bekerja keras untuk menyekolahkan adik-adiknya. Orang yang bertanggung jawab menanggung beban keluarga 55.

contoh ungkapan kiasan

Rendah Hati Walaupun Dika sering mendapatkan berbagai penghargaan, hal tersebut tetap membuatnya rendah hati terhadap teman-temannya.

Tidak sombong 56. Sebelah Mata Kemampuan Radit hanya di pandang sebelah mata oleh para peserta lomba lainnya. Dianggap remeh 57.

Tutup Mulut Rudi diberi uang tutup mulut agar memberikan kesaksian yang sebenarnya di pengadilan. diam 58. Unjuk Gigi Banyak peserta yang turut unjuk gigi pada perlombaan yang dilaksanakan di balai desa Senin lalu. Pamer kekuatan 59. Suara Hati Daripada bingung dengan perasaan yang kamu rasakan terhadap kekasihmu, alangkah baiknya jika kamu mendengar suara hatimu saja.

Kata hati 60. Salah Langkah Jangan sampai kepususanmu untuk merantau ke Jakarta membuatmu salah langkah dalam menentukan masa depanmu. Keliru dalam melangkah 61. Patah Hati Santi diketahui menjalin hubungan dengan laki-laki lain sehingga contoh ungkapan kiasan kekasihnya patah hati.

Kecewa karena harapannya gagal 62. Rahasia Umum Bukan menjadi suatu rahasia umum jika Kota Bandung dikenal sebagai kota yang banyak melahirkan para seniman terkenal.

contoh ungkapan kiasan

Rahasia yang diketahui oleh orang banyak 63. Omong Kosong Janjinya akan membuatkan rumah untuk keluarga Tono ternyata hanya omong kosong belaka. bualan 64. Pangku Tangan Kebiasaan berpangku tangan adalah sesuatu yang harus dihilangkan. Tidak berbuat apa-apa 65. Menusuk Hati Kabar kematian Pak Agung serasa menusuk hati sang istri.

Menyakitkan hati 66. Langkah Seribu Suara tidak jelas yang berasal dari semak-semak belakang rumah Anto membuatnya contoh ungkapan kiasan langkah seribu dan segera menghampiri ibunya. Lari sangat cepat 67. Lepas Tangan Pak Endro lepas tangan atas kejahatan yang dilakukan anak buahnya. Tidak bertanggung jawab 68. Cuci Mata Selain sebagai hiburan, jalan-jalan juga dapat kamu jadikan sebagai ajang cuci mata. Bersenang-senang 69. Darah Daging Budi adalah darah daging Bu Sukamti dengan suaminya yang pertama.

Anak kandung 70. Anak Emas Fatimah menjadi anak emas Bu Fitri karena sifatnya yang baik dan sopan. Anak kesayangan Kata Kata Kiasan Menggunakan Indra • Perang dingin = Perang tanpa senjata atau hanya saling menggertak • Uang panas = uang yang tidak halal • Melihat dengan mata kepala = melihat secara langsung • Memasang mata = Melihat baik-baik • Terbuka mata = Contoh ungkapan kiasan tahu dan mengerti • Mata telinga = Kaki tangan • Mata hati = Perasaan dalam hati Kata Kata Kiasan Menggunakan Binatang • Kambing hitam = orang yang di salahkan • Kuda hitam = Pemenang yang tidak diunggulkan • Kuda besi = motor Kata-Kata Kiasan yang Menggunakan Bagian Tumbuhan • Sebatang kara = Hidup seorang diri • Naik daun = bernasib baik Kata Kata Kiasan yang Menggunakan Bilangan • Berbadan dua = sedang mengandung atau Hamil • Diam seribu bahasa = Tidak berkata sepatah kata pun • Bersatu padu = benar-benar bersatu • Bersatu hati = seiya dan sekata • Tiada duanya = Tidak ada bandingannya • Telah dua kepalanya = Mabuk • Mendua hati = ragu-ragu • Setengah hati = Contoh ungkapan kiasan dengan bersungguh-sungguh • Bekerja setengah-setengah = Tanggung-tanggung • Jalan tengah = Keputusan yang diambil dari dua pendapat secara adil Uraian di atas merupakan penjelasan singkat mengenai kata kata kiasan.

Semoga bermanfaat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan kiasan adalah pertimbangan tentang suatu hal dengan perbandingan atau persamaan dengan hal yang lain. Makna lainnya adalah perumpamaan atau ibarat; arti kata yang bukan sebenarnya; lambang; sindiran; dan pelajaran.

Dengan demikian, kata kiasan dalam bahasa Indonesia adalah kata mengandung makna yang bukan sebenarnya atau mengandung perumpaan. Contoh kata kiasan dalam bahasa Indonesia adalah tanggal tua, buah tangan, bermuka dua, dan lain-lain. Berikut adalah contoh kata kiasan dalam kalimat : • Sani adalah anak yang ringan tangan.

• Setelah diterpa skandal memalukan, perusahaan itu kini gulung tikar. • Ia adalah tangan kanan Pak Kades. • Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, ia dibawa ke meja hijau. • Kita perlu bicara empat mata. • Ia menjadi kambing hitam dari permasalahan ini. • Rani adalah anak yang tinggi hati. • Para relawan segera turun tangan membantu para korban bencana.

• Jika membutuhkan uang, sebaiknya tidak meminjam kepada lintah darat. • Bunga desa contoh ungkapan kiasan kini telah menikah dengan pria pilihannya. • Kini ia hidup sebatang kara setelah ayah dan ibunya meninggal dalam kecelakaan itu. • CR7 menjadi bintang lapangan dengan mencetak hattrick saat Juventus kontra Napoli dini hari tadi. • Di masanya, Margaret Thatcher terkenal sebagai perdana menteri Inggris yang ber tangan besi.

• Mata-mata Amerika Serikat itu ditangkap di Rusia kemarin malam. • Para mantan narapidana kerap dicap sebagai sampah masyarakat. • Dalam menggunakan media sosial, kita harus jeli menilai apakah suatu berita termasuk kabar angin atau bukan.

• Pak Marno tutup usia kemarin malam. • Pekerjaan ini me makan waktu lebih lama dari yang dibayangkan.

contoh ungkapan kiasan

• Di era sekarang, masih banyakkah ASN yang makan gaji buta? • Kita harus menghadapi masalah ini dengan kepala dingin. Demikianlah ulasan singkat tentang contoh kata kiasan dalam kalimat bahasa Indonesia. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan kata dan makna kata di antaranya adalah contoh makna kias, makna lugas dan makan kias beserta contohnya, jenis-jenis makna kata, makna kontekstual dan contohnya, makna gramatikal dan contohnya, makna leksikal dan contohnya, makna generalisasi, makna spesialisasi, contoh makna refleksi, makna struktural, contoh makna kolokatif, contoh makna stilistik, contoh makna afektif, makna sinestesia dan contohnya, makna peyorasi dan contohnya, makna denotasi dan contohnya, makna konotasi dan contohnya, dan makna ameliorasi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.
NO Kata Kiasan Makna Kiasan 1 Besar Kepala Sombong 2 Besar Mulut Pembual, Pembohong 3 Bermain Api Bermain-main dengan Bahaya 4 Bermuka Dua Tak tetap Pendiriannya 5 Bermuka masam Cemberut 6 Buah tangan Oleh - Oleh 7 Buah bibir Menjadi Pembicaraan Orang Banyak 8 Bintang Lapangan Pemain yang Terbaik 9 Banting Tulang Kerja keras 10 Berbadan Dua sedang mengandung atau Hamil 11 Diam seribu bahasa sedang mengandung atau Hamil 12 Bersatu Padu Benar-Benar Bersatu 13 Bersatu Hati Seiya dan sekata 14 Tiada Duanya Tidak ada bandingannya 15 Mendua Hati Ragu-Ragu 16 Bekerja Setengah-Setengah Tanggung-tanggung 17 Jalan tengah Keputusan yang diambil dari dua pendapat Secara Adil 18 Kambing Hitam Orang yang disalahkan 19 Kuda Hitam Pemenang yang tidak diunggulkan 20 Kuda Besi Motor 21 Sebatang Kara Hidup seorang diri 22 Naik Daun Bernasib baik 23 Darah Rakyat KKeturunan Rakyat Biasa 24 Darah Bansawan Keturunan orang yang berjiwa Kebangsaan 25 Darah Rendah Kebanyakan Keturunan 26 Darah Mendidih Marah Sekali 27 Darah Terakhir Keturunan Terakhir 28 Darah Tinggi Suka Marah 29 iri Hati Dengki 30 Main Mata Melirik 31 Kecil Hati Penakut 32 Tebal Muka Tidak punya rasa Malu 33 Darah biru Keturunan Bangsawan 34 Empat Mata Bicara Berdua 35 Mata Duitan Matrealistik 36 Muka Masam Cemberut 37 Besar Mulut Pembohong 38 Gulung Tikar Bangkrut 39 Angkat Kaki Pergi 40 Naol Pitam Pergi 41 Kaki tangan Anak buah 42 Tangan Kanan Orang Kepercayaan 43 Angkat tangan Menyerah 44 Meja Hijau Pengadilan 45 Ringan tangan Suka memukul 46 Gelap Mata Hilang kesabaran 47 Makan Garam Banyak Pengalaman 48 Tinggi Hati Sombong 49 Kutu Buku orang yang rajin membaca Buku 50 Kepala dingin Tenang 51 Bunga tidur Mimpi 52 Kabar Angin Gosip 53 Sampah masyarakt Orang yang tidak Berguna 54 Kebakaran Jenggot Marah 55 Lintah darat Rentenir 56 Turun Tangan Ikut membantu 57 Panjang tangan suka mencuri 58 Makan uang dinas Korupsi 59 Kata-Kata Manis Rayuan 60 Contoh ungkapan kiasan Malam wanita Penghibur 61 Bunga Desa Wanita Tercantik 62 Tikus Kantor Koruptor 63 Makan Gaji Buta Menerima Gaji tapi tidak bekerja 64 Kepala Batu Susah dinasehati 65 Makan Waktu Menghabiskan Waktu 66 Tangan Besi Bertindk keras 67 Tutup usia Meninggal Dunia 68 Mata-Mata Orang yang bertugas Mengamati 69 Pelita Hati Kekasih 70 Panjang lebar Bnyak dan jelas 71 Tulang Punggung Orang yang bertanggung jawab Menanggung Beban Keluarga 72 Sebelah Mata Dianggap Remeh 73 Tutup mata Diam 74 Unjuk gigi Pamer kekuatan 75 Suara Hati Kata Hati 76 Salah langkah Keliru dalan melangkah 77 Patah Hati Kecewa karena harapan gagal 78 Rahasia Umum Rahasaia yang diketahui oleh Orang banyak 79 Omong kosong bualan 80 Lancang mulut omonganya tak terkendali 81 Lurus hati Jujur 82 Makan Pagi Sarapan 83 Makan Malam Makan Malam Hari 84 Makan Jalan Prasmanan 85 Makan sumpah celaka karena melanggar sumpah 86 Mata Keranjang Suka Melirik Wanita/Pria 87 Matahari Sang surya 88 Mata Angin Arah 89 Mata Rantai ada Hubungan 90 Mandi Darah Berlumuran darah 91 Main Gila Melakukan perbuatan tak baik 92 Membuang harga menganggu nilai harga barang 93 Mengambil alih Meminfdah wewenang dari orang 94 Membanting Stir Berusaha lain 95 Membanting Harga Menurunkan Harga 96 Mengambil Hati Merayu 97 Naik Haji menunaikan ibadah haji 98 Naik Pangkat pangkatnya berubah menjadi tinggi 99 naik kelas kelasnya berpindah menjadi tinggi 100 orang awam orang yang tidak tahu apa-apa 101 Orang sebelah tetangga 102 Orang baik orang yang berkelakuan baik 103 Orang pertama yang melopori 104 Orang asing contoh ungkapan kiasan dikenal 105 Panas hati marah 106 ringan mulut usil 107 raut muka wajah,rupa 108 uang makan upah khusus untuk makan 109 Uang jajan Upah khusus untuk biaya perjalanan 110 Anak Emas Anak kesayangan 111 Darah daging Anak Kandung 112 Cuci mata Bersenang-senang 113 Lepas tangan tidak bertanggung jawb 114 Langkah seribu Langkah sangat cepat 115 Menusuk Hati Menyakitkan Hati 116 Pangku tangan Tidak berbuat apa-apa 117 Omong kosong Bualan 118 Salah tingkah Keliru dalam melangkah 119 Perang dingin Perang tanpa sejata atau Hanya menggertak 120 Uang panas Uang yang tidak halal 121 Adu Mulut Bertengkar 122 Akal Bulus Tipu muslihat ang licik 123 Ambang Pntu Saat mendekatkan Peristiwa atau kejadian 124 Anak Bawang Peserta bermain yang tidak Masuk Hitungan 125 Anak Semata Wayang Anak satu-satunya 126 Angkat Bicara Mulai bicara 127 Angkat topi Menaruh hormat 128 Asam Garam Lika-liku Kehidupan 129 Berat Hati Tidak Tega 130 Biang Keladi Penyebab Masalah 131 Bogem Mentah Pukulan dengan kepalan tangan 132 Buah pikiran Hasil Pikran 133 Buah Hati Tidak ada persaan belas kasihan 134 Contoh ungkapan kiasan otak Menghilangkan suatu pendapat/ Keyakinan dengan yang baru dengan suatu cara 135 Debat Kusir Debat yang tak disertai alasan masuk akal 136 Demam Panggung Gugup 137 Diambil hati dimasukan kedalam hati/ jangan bawa perasaan (Baper) 138 Diujung Tanduk Keadaan yang membahayakan 139 Emas biru semen 140 Emas Hijau Komoditas hasil pertanian yang Potensial untuk di ekspor 141 Emas HItam aspal 142 Gantung Raket Pensiun dari Bulutangkis 143 Ganung Sepatu Pensiun dari sepak bola 144 Gigit Jari Kecewa 145 Harga Mati Harga yang tidak ditawar lagi 146 Hidung Belang Laki-laki yang suaka mempermainkan perempuan 147 Hotel prodeo Penjara 148 Hukum Rimba Yang kuat berkuasa 149 Jago Kandang Orang yang hanya berani di Lingkungan sendiri 150 Kejatuhan Bulan Mendapat keberuntungan 151 Krlinci percobaan Orang yang pertama dimanfaatkan sebagai bahan percobaan 152 Kepala Dua Memihak contoh ungkapan kiasan 20an 153 Kutu loncat orang yang suka berpindah-pindah 154 Lebar mulut banyak bicara 155 Leher panjang Suka meniru pekerjaan orang lain 156 Isapan jempol Kabar yang tidak benar 157 uluran tangan Pemberian bantuan 158 ujung tombak Pasukan/pemain yang ada dibarisan paling depan 159 Tutup usia meninggal dunia 160 Tulang Rusuk pasangan hidup 161 tukar giling Berukar barang dengat tidak menambah uang 162 Tertangkap basah Terpergoki 163 Tangan terbuka menerima dengan senang hati 164 tangan hampa contoh ungkapan kiasan 165 tahan banting tidak mudah menyerah 166 silat lidah pandai bicara 167 setali tiga uang sama aja 168 sapu bersih menengdang lansung bola 169 salah langkah keliru melangkah 170 salam tempel salam yang disertai uang 171 Sapi perah orang yang diperas tenaanya terus menerus atau dimanfaatkan orang lain 172 Saksi Bisu Benda mati menjadi saksi atau kejadian atau peristiwa 173 Ringan mulut/Lidah Ramah/suka menyapa/ bawel 174 Ringan kepala mudah mengerti 175 Ringan kaki suka datang 176 Rendah Hati tidak sombong 177 Rapuh mulut tidak dapat menyimpan rahasia 178 Pusing tujuh keliling 179 pedagang kaki lima pedagang yang berjualan di emperen toko atau tepian jalan 180 Pecah telor angka/penjualan Pertama 181 Patah arang patah semangat 182 panjang akal pandai dalam berpikir 183 Otak udang Bodoh 184 Otak miring agak gila 185 otak encer pintar 186 orang dalam orang yang ada dalam suatu lingkungan (pekerjaan) 187 Mulut manis tutur kata yang sangat menarik hati 188 mulut harimau Bahaya atau kesulitan Besar 189 Muka tembok tidak punya malu 190 Merah padam marah sekali 191 mengurut dada Mengusap dada karena sedih, kecewa, susah dll 192 Lupa Daratan sikap yang melanmpaui batas 193 Lupa diri tidak sadar akan dirinya 194 Macan ompong penguasa tanpa kekuatan 195 Lintah darat orang yang suka meminjamkan uang dengan bunga tinggi 196 Lempar handuk menyerah INFO HARAP DIBACA
Daftar Isi • 1 Pengertian • 2 Contoh Kata Kiasan • 2.1 Share this: Pengertian Dalam bahasa Indonesia, kata atau frasa terkadang memiliki arti nyata atau makna yang tidak patut.

Arti sebenarnya atau makna yang sesuai dengan apa yang ada di kamus disebut makna denotatif. Sedangkan maknanya sebenarnya tidak sering disebut sebagai kias atau makna konotatif. Ungkapan seseorang digunakan untuk melindungi sesuatu. Ini terdiri dari kombinasi 2 kata atau lebih.

Dalam konteks peristiwa, kombinasi dua kata memiliki 2 arti yang memungkinkan. Yang pertama adalah makna denotasi (sebenarnya). Yang kedua adalah makna konotasi (kias). Karena itu, untuk mengetahui kombinasi kata atau tidak. Jadi kita harus melihat konteks kalimat yang menyertainya. Contoh Kata Kiasan Berikut inilah contoh-contoh kata kiasan yang dalam bentuk kalimat, yaitu sebagai berikut: Contoh Kata Kiasan 1 • Kepala Batu (Sulit untuk menasihati orang / Tidak tahu) • Kepala dingin (sabar / tenang) • Kepala dua (berpihak di sana-sini / usia 20 tahun) • Kepala rumah tangga (orang yang bertanggung jawab untuk keluarga) • Kepala udang • Keras hati (tidak mudah putus asa) • Keras kepala (saya tidak ingin direkomendasikan oleh orang lain) • Kuda Besi (Sepeda Motor) • Kuda hitam (peserta dalam lomba yang tidak diperhitungkan kemenangan) • Kulit badak (tidak malu / tidak berperasaan) • Kutu buku (orang yang suka membaca) • Kutu lompat (orang yang suka berpindah contoh ungkapan kiasan satu grup ke grup lain) • Seribu langkah • Fieldy Chest (Penerimaan Angkatan) • Lapangan Hijau (lapangan sepak bola) • Lebar mulut contoh ungkapan kiasan Leher Panjang (suka menunda pekerjaan orang lain) • Jago Kandang (Orang yang hanya berani di lingkungannya sendiri) • Jago Merah (Fire Fire) • Fall and Rise (Maju Mundur (Kehidupan, Bisnis, dll.) • Jatuh Hati (Perasaan untuk sesuatu (orang, benda, dll.) • Jiwa Besar (kesabaran menerima kondisi) • Rumor of the Wind (Berita bahwa kebenaran belum jelas) • Accomplice (bawahan) • Domba hitam (target kesalahan) • Api jenggot (panik atau kebingungan mendalam) • Berkecil hati (hilang keberanian) • Kosong (gagal / pulang tanpa apa-apa) • Harga mati (harga tidak contoh ungkapan kiasan dinegosiasikan) • Hati yang besar • Haus Darah (orang yang haus akan kekuasaan dan harta) • Nasal Belang (Pria yang suka bermain-main dengan wanita) • Hotel Prodeo (Penjara) • Hukum rimba (Hukum yang tidak adil / kuat dalam kekuasaan) • Jaga Mulut • Empat mata (hanya dua (berbicara) • Squeeze Tangan (suka memukul atau menggunakan kekuatan) • Gaji buta (menerima gaji tetapi bekerja sedikit) • Raket gantung (pensiun dari bulu tangkis) • Sepatu yang ditangguhkan (pensiun dari sepak bola) • Mata Gelap (Kehilangan Kesabaran / Sangat Bertengkar) • Gigitan Jari (Kecewa) • Crazy Respect contoh ungkapan kiasan benar-benar ingin dihormati oleh orang lain) • Buka gulungan (Kebangkrutan) • Debat Coachman (debat yang tidak disertai alasan yang masuk akal) • Demam stadium (gugup) • Hati yang diambil (dimasukkan ke dalam hati (perasaan) / Jangan membawa perasaan (baper) • Under the Hand (Tidak Resmi (penjualan, pernikahan, dll.) • Horn End (situasi berbahaya / mengkhawatirkan) • Biru Emas (Semen) • Emas hijau (produk pertanian potensial untuk ekspor) • Emas hitam (aspal, batu bara, pasir besi) • Mulut cepat (tidak mungkin menyimpan rahasia) • Cuci mata Anda (bersenang-senang melihat sesuatu yang indah) • Cuci Otak (Menghilangkan contoh ungkapan kiasan / kepercayaan dengan yang baru) • Cuci tangan Anda (Anda tidak ingin ikut campur dalam masalah) • Darah biru (darah asli) • Darah Daging (Masa Kecil) • Darah Dingin (Tanpa Rasa Perasaan) • Pikiran (hasil pemikiran / ide0 • Souvenir (Oleh-Oleh) • Buku putih (buku rahasia) • Bunga Desa (Wanita cantik paling dicintai di contoh ungkapan kiasan • Bunga tidur (mimpi) • Kebutaan (tidak ada perasaan iba) • Interferensi (berpartisipasi dalam urusan orang lain) • Seek Advance (lakukan sesuatu dengan tujuan mendapatkan pujian) • Fast Legs (Agile / Enterprising at Work dll.) • Big Heart (Sombong / Bangga) • Kepala Besar (Sombong) • Mulut besar (cara membual) • Pelakunya (penyebab masalah) • Class Stars (Orang terpintar / paling populer di kelas) • Bogem mentah (Blow With Fist) • Bibir (materi berbicara) contoh ungkapan kiasan Hati (Hati / Anak dll.) • Penalti (Menulis / Menulis) • Red Thread (Sesuatu yang saling berhubungan untuk menjadi satu unit) • Hati bengkok (Senang melihat orang lain sulit dan sulit untuk melihat orang lain bahagia) • Berat jantung (tidak tahan) • Berat badan samping (tidak adil) • Dua Tubuh (Hamil) • Bunga Bunga (Happy) • Berdarah Dingin (tidak memiliki belas kasihan) • Dua sisi (orang tidak bisa diandalkan) • Bersiap (tidak melakukan apa-apa) • Bahasa yang membutakan (kata terbalik) Contoh Kata Kiasan 2 • Saat menggunakan media sosial, kita harus berhati-hati dalam menilai apakah suatu berita didengar atau tidak.

• Signor Marno meninggal semalam. • Pekerjaan ini memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan. • Di era ini, apakah masih banyak ASN yang makan gaji buta? • Kita harus menghadapi masalah ini dengan kepala dingin. • Sekarang dia hidup hanya setelah kematian ayah dan ibunya dalam kecelakaan itu. • CR7 menjadi protagonis di lapangan dengan mencetak hat-trick saat Juventus melawan Napoli dini hari tadi.

• Pada zamannya, Margaret Thatcher terkenal sebagai perdana menteri Inggris dengan tangan besi. • Mata-mata Amerika Serikat ditangkap di Rusia tadi malam. • Bekas napi sering dicap sebagai sampah komunitas. • Dia menjadi kambing hitam untuk masalah ini. • Rani adalah anak lelaki yang bangga. • Para contoh ungkapan kiasan segera turun tangan untuk membantu para korban bencana. • Jika Anda butuh uang, Anda tidak boleh meminjam dari rentenir.

• Bunga desa sekarang telah menikah dengan pria pilihannya. • Sani adalah anak yang ringan. • Setelah dilanda skandal memalukan, perusahaan itu sekarang gulung tikar.

• Itu adalah tangan kanan kepala desa. • Untuk menjelaskan tindakannya, ia dibawa ke pengadilan. • Kita perlu berbicara secara pribadi. Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Kata Kiasan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua. Baca Juga: • Contoh Frasa Nomina • Contoh Analogi • Contoh Talibun • Contoh Syair Pendidikan Share this: • • • • • Posted in B.

Indonesia Tagged (DOC) Majas plus kata kata kiasan, 120 Contoh Ungkapan dan Artinya - Idiom Bahasa Indonesia, 20 Contoh Kata Kiasan dalam Kalimat Bahasa Indonesia, 45 Contoh Kata Kiasan Dalam Bahasa Indonesia, 50 Contoh Makna Kias dan Artinya dalam Kalimat, 95 Kata Kata Kiasan, Ciri, contoh kalimat kiasan dan maknanya, contoh kalimat kiasan manis, contoh kalimat ungkapan dan peribahasa, contoh makna khusus, Contoh Makna Kias - Pengertian, contoh makna lugas, contoh soal makna kata, contoh ungkapan, dan, ensiklopedia bebas, Fungsi dan Contoh, Inggris, jelaskan pengertian bahasa komunikatif, kalimat berisi penolakan diucapkan oleh, kamus kiasan, Kata kiasan - Wikipedia bahasa Indonesia, kata kiasan sabar dan tidak mudah putus asa, kata kiasan takut, kumpulan arti kata kiasan, kumpulan kosakata puisi dan artinya, makna kata kias diendus, makna khusus, makna kias dalam novel sejarah, Makna Kias dan Contohnya dalam Kalimat, puisi kiasan, sebutkan contoh kata kiasanMENU • Home • Text • Advertisement Text • Analytical Exposition • Anecdote Text • Descriptive Text • Discussion Text • Explanation Text • Functional Text • Hortatory Exposition • News Item Text • Narrative Text • Procedure Text • Review Text • Recount Text • Report Text • Spoof Text • Letter • Quotes • Skills • Listening • Reading • Speaking • Writing • Grammar • Advance • Conjunction • Future • Idiom • Interjection • Intermediate • Tenses • Modal • Past • Parts Of Speech • Adjective • Adverb • Noun • Preposition • Present contoh ungkapan kiasan Pronoun • Learning • Toefl • Contoh Soal • Games • Teaching • Questions • Silabus SD • Silabus SMP • Silabus SMA • Conversation • Vocabulary • 3.

William Shakespeare – Romeo and Juliet How now! a conduit, girl? what, still in tears? / Evermore showering? In one little body / Thou counterfeit’s a bark, a sea, a wind; / For still thy eyes, which I may call the sea, / Do ebb and flow with tears; the bark thy body is, / Sailing in this salt flood; the winds, thy sighs; / Who, raging with thy tears, and they with them, / Without a sudden calm, will over set.

5. F. Scott Fitgerald This is a valley of contoh ungkapan kiasan – a fantastic farm where ashes grow like wheat into ridges and hills and grotesque gardens; where ashes take the forms of houses and chimneys and rising smoke and, finally, with a transcendent effort, of ash-grey men, who move dimly and already crumbling through the powdery air. Occasionally a line of grey cars crawls along an invisible track, gives out a ghastly creak, and comes to rest, and immediately the ash-grey men swarm up with leaden spades and stir up an impenetrable cloud, which screens their obscure operations from your sight.

… The valley of ashes is bounded on one side by a small foul river, and, when the drawbridge is up to let barges through, the passengers on waiting trains can stare at the dismal scene for as long as half an hour. Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai “ Contoh – Contoh Ungkapan Kiasan (Metaphors) Berdasarkan Literature Bahasa Inggris “.

contoh ungkapan kiasan

Terima kasih dan semoga bermanfaat serta membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar bahasa inggris. Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui : • Ungkapan Kiasan (Metaphor) Berdasarkan Lagu Terkenal Bahasa Inggris • Definisi Dan Contoh Penggunaan Metaphors Dalam Bahasa Inggris • 9 Contoh Frase Metaphor Tentang Olahraga (Sport) Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya • 15 Contoh Frase Kiasan (Metaphors) Mengenai Dunia Artis Dalam Bahasa Inggris Pos-pos Terbaru • “Advice vs Advise” : Perbedaan Dan Penjelasan Lengkap Dalam Bahasa Inggris • 20 Soal Countable Dan Uncountable Noun Dalam Bahasa Inggris Lengkap • “Lie vs Lay ” : Perbedaan Dan Contoh Kalimat Lengkap Dalam Bahasa Inggris • Narrative Text : Cerita Timun Mas Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Lengkap • “Live vs Life” : Perbedaan Dan Contoh Lengkap Dalam Bahasa Inggris • Story Telling Cerita “CINDERELLA” dalam Bahasa Inggris Dan Artinya • Contoh Isi ‘Trisatya Dan Dasadarma’ Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya • Perbedaan “Present Tense vs Present Continuous Tense” Dalam Bahasa Inggris Beserta Penjelasan Lengkap • Procedure Text : Cara Membuat Pancake Durian Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya • Lirik Lagu Mother How Are You Today – Maywood Beserta Artinya • Perbedaan “Fast vs Quick” Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat Lengkap • Penjelasan Lengkap “TO BE” Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh • Discussion Text • Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang • Pantun Bahasa Inggris • Kata Kerja Beraturan dan Tidak Beraturan • Ucapan Selamat Bahasa Inggris • Pancasila Dalam Bahasa Inggris • Biografi Bahasa Inggris • Contoh Descriptive Text Tentang Hewan • Nama Buah Dalam Bahasa Inggris • Contoh Kalimat Simple Future Tense • Cerpen Bahasa Inggris • Contoh Kalimat Present Continuous Tense • Contoh Pengumuman Dalam Bahasa Inggris • Slogan Bahasa Inggris • Contoh Kalimat Object Pronoun • Biodata Dalam Bahasa Inggris
Merdeka.com - Kata kiasan merupakan salah satu gaya bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya, kata kiasan digunakan untuk menggambarkan sesuatu, mulai dari sifat seseorang atau suatu benda hingga bentuk fisik.

Gaya bahasa ini kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun digunakan dalam sebuah tulisan. Secara umum, pengertian kata kiasan adalah penggunaan kata-kata dengan cara yang menyimpang makna untuk menjelaskan atau menyampaikan makna yang rumit sehingga mudah contoh ungkapan kiasan dibayangkan. Sering kali, kata kiasan contoh ungkapan kiasan menggunakan perbandingan-perbandingan sehingga makna atau gambaran tentang suatu hal dapat tersampaikan dengan baik.

Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis kata kiasan yang masih kerap digunakan di dunia modern ini. Mulai dari kata kiasan yang berupa perumpamaan, metafora, hiperbola, personifikasi, sinekdok, hingga onomatopoeia.

Berbagai jenis kata kiasan ini memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan dengan lebih unik dan menarik. Terlebih, jika Anda berkecimpung di dunia penulisan, berbagai jenis kata kiasan ini dapat digunakan untuk menghasilkan tulisan yang berbeda dan menarik bagi pembaca.

Dengan menggunakan kata-kata contoh ungkapan kiasan dalam menggambarkan sesuatu, tulisan Anda pun akan memiliki ciri khas unik yang membedakan dari karya penulis lain. BACA JUGA: Jadi Ikon Pariwisata Jogja, Begini Keramaian Pantai Parangtritis Selama Libur Lebaran Polres Semarang Ungkap Kasus 'Pembunuhan Sebelum Salat Ied', Ternyata Ini Motifnya Dilansir dari situs Corporate Finance Institute, berikut kami merangkum pengertian kata kiasan, jenis serta contoh penggunaannya, perlu Anda ketahui.

moneycrashers.com Seperti disebutkan sebelumnya, pengertian kata kiasan mengacu pada penggunaan kata-kata yang menyimpang dari makna konvensional untuk menjelaskan atau menyampaikan makna yang lebih rumit. Biasanya kata kiasan menggunakan gaya bahasa perbandingan untuk memberikan gambaran sifat atau bentuk fisik dari suatu hal yang lebih jelas. BACA JUGA: Berkunjung ke Makassar, Ini Momen Hangat Ganjar Pranowo Bertemu Raja Gowa Ruas Jalan Ajibarang-Bumiayu Macet, Petugas Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Ini Gaya bahasa perbandingan ini juga efektif untuk merujuk pada makna tertentu tanpa harus menyatakannya secara langsung.

Dengan kata kiasan, Anda bisa menyampaikan maksud dengan cara yang lebih menarik dari biasanya. Kata kiasan ini sering kali digunakan penulis fiksi dalam membuat cerita lebih kreatif. Terkadang, penggunaan kata kiasan ini bisa memancing pemikiran hingga humor. Hal inilah yang membuat tulisan fisik semakin menarik dan dramatis, dibandingkan menggunakan kata-kata langsung yang merujuk pada pernyataan fakta.

Selain digunakan untuk tulisan fiksi, kata kiasan yang lebih sederhana juga kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jenis dan Contoh Kata Kiasan: Perumpamaan, Metafora, Hiperbola Perumpamaan Setelah mengetahui pengertian kata kiasan, berikutnya terdapat beberapa jenis kata kiasan yang sering digunakan dalam sehari-hari.

Kata kiasan pertama adalah perumpamaan. Perumpamaan adalah kiasan yang membandingkan dua hal yang berbeda dan menggunakan kata-kata "seperti" atau "sebagai" dan mereka umum digunakan dalam komunikasi sehari-hari. BACA JUGA: Ratusan Penumpang Arus Balik Terlantar di Terminal Kudus, Ini Faktanya Kata-kata Kehilangan Seseorang yang Kita Sayangi Bahasa Inggris, Penuh Makna Bijak Berikut beberapa contoh penggunaan kata kiasan perumpamaan: • Anak itu berani seperti singa di hutan.

• Asisten itu sibuk seperti lebah ketika dia mempersiapkan podium untuk pidato kepresidenan.

contoh ungkapan kiasan

• Guru baru itu setinggi jerapah. • Tetangga baru itu sama penasarannya dengan kucing; tidak ada yang luput dari perhatiannya. Metafora Metafora adalah pernyataan yang membandingkan dua hal yang tidak sama.

Tidak seperti perumpamaan, metafora tidak menggunakan kata-kata "seperti" atau "sebagai". Sedangkan kata kiasan metafora hanya masuk akal dan dimengerti ketika pembaca memahami hubungan antara dua hal yang dibandingkan.

Contoh metafora populer adalah "Waktu adalah uang." Pernyataan tersebut membandingkan waktu dan uang, dan itu tidak secara harfiah berarti bahwa jumlah waktu yang Anda miliki sama dengan uang yang Anda miliki.

Sebaliknya, itu berarti bahwa waktu adalah sumber daya yang berharga, dan harus digunakan secara efektif untuk mendapatkan uang. Setiap waktu yang terbuang berarti bahwa seseorang kehilangan kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak uang. BACA JUGA: Resep Cireng Kerupuk Gurih, Cocok untuk Camilan Sehari-hari Manfaat Puasa Media Sosial bagi Kesehatan Mental, Efektif Meningkatkan Suasana Hati Contoh penggunaan metafora lain: • Prajurit itu berhati batu.

• Cinta adalah medan perang. • Sayang, kamu adalah matahariku. • Aku tenggelam dalam lautan kesedihan. • Teman sekamar saya sedang mengalami rollercoaster emosi. Hiperbola Hiperbola adalah kata-kata yang dilebih-lebihkan yang dibuat untuk menekankan suatu hal atau memunculkan rasa humor. Kata contoh ungkapan kiasan ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Contoh hiperbola adalah, “Aku rela mati untukmu.” Kalimat itu tidak berarti bahwa satu orang secara harfiah rela mati untuk yang lain, tetapi digunakan untuk melebih-lebihkan jumlah cinta yang dimiliki satu orang untuk orang lain. Kematian hanya digunakan untuk menunjukkan sejauh mana kasih sayang. BACA JUGA: Dibuka Tiga Menteri Sekaligus, Begini Penerapan Sistem "One Way" di Tol Jateng Cegah Hepatitis Akut, Dirut RSI Banjarnegara Imbau Ini pada Masyarakat Contoh hiperbola lainnya: • Aku sudah memberitahumu jutaan kali untuk mencuci piring.

• Kamu begitu ramping sehingga angin dapat membawamu pergi. • Sore hari begitu cerah sehingga matahari harus memakai kacamata hitam. • Anda mendengkur seperti contoh ungkapan kiasan barang. ©Unsplash Personifikasi Selain mengetahui pengertian kata kiasan, masih terdapat beberapa jenis kata kiasan lain yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jenis kata kiasan selanjutnya adalah personifikasi. Personifikasi adalah memberikan label sifat-sifat manusia pada benda mati.

Menggunakan personifikasi memengaruhi cara pembaca membayangkan sesuatu, dan itu memicu minat pada subjek. Contoh personifikasi adalah, "Matahari menyapa saya ketika saya bangun di pagi hari." Matahari adalah benda non-manusia tetapi telah diberi ciri-ciri manusia karena salam hanya dapat dilakukan oleh makhluk hidup.

Contoh personifikasi lainnya adalah: • April adalah bulan paling kejam sepanjang tahun. • Radio menatapku. • Rem mobil menjerit sepanjang perjalanan. • Mobil berhenti dengan keluhan mengerang. Sinekdok Sinekdok adalah adalah jenis bahasa kiasan yang menggunakan satu bagian untuk merujuk pada keseluruhan, atau keseluruhan untuk merujuk pada bagian. Misalnya, satu set roda dapat digunakan untuk merujuk pada kendaraan.

Dalam contoh ini, jika mengacu pada mobil sebagai satu set roda, roda hanyalah bagian dari mobil dan bukan keseluruhannya. Contoh sinekdok lainnya meliputi: • Roti dapat digunakan untuk menyebut makanan secara umum atau uang. • Kepala dapat merujuk pada penghitungan ternak atau orang. • Tangan yang disewa dapat digunakan untuk merujuk pada pekerja.

Onomatopoeia Terakhir, onomatopoeia adalah bahasa yang menamai sesuatu atau tindakan dengan meniru suara yang terkait contoh ungkapan kiasan. Mereka menambahkan beberapa kenyataan pada tulisan.

contoh ungkapan kiasan

Contoh onomatopoeia meliputi: • Pemanas perapian mendesis dan retak. • Mesin truk menderu saat mendaki bukit. • Jam weker berbunyi saat aku hendak ke kamar mandi. 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 5 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran Selengkapnya

Arti Kata Ungkapan dan Contoh kalimatnya




2022 www.videocon.com