Cerpen bahasa sunda dan artinya

cerpen bahasa sunda dan artinya

Untuk mengunduh File Gunakan tombol download dibawah ini. Dongeng Bahasa Sunda Pendek Dan Artinya Penulis Cilik Dongeng Bahasa Sunda Pendek dan Artinya belajar Bahasa Sunda. Cerpen bahasa sunda dan artinya. Temu silaturahmi nasional Ijazah Kubro 2016 Biaya. Setelah syech musa terjaga dari tidurnya menceritakan hal mimpinya kepada para penumpang kapal dan mengajari sholawat tersebut.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Selain itu cerpen atau cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya jika dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang seperti novella novel. Contoh kumpulan cerpen dalam bahasa sunda dan artinya. Untuk mencari cerita pendek Cerpen berdasarkan kata kunci tertentu Kamu bisa gunakan Cerpen bahasa sunda dan artinya pencarian di bawah ini. Jalan sebentar berhenti lagi terus saja seperti yang bingungTeu jauh didinya aya warung nya eta warung sakadang Kelenci.

Cerita Karangan Pengalaman Pribadi Belajar Online Jarak Jauh di Rumah Karena Virus Corona Covid-19 Dalam contoh karangan dibawah ini akan dibuat kurang lebih ada 4 buah contoh pengalaman pribadi tentang belajar online di rumah karena virus corona covid-19. Mengharap kehadirannya besuk pada. Klik pada judul artikel untuk memulai membaca. Berikut ini merupakan kumpulan Cerpen Bahasa Sunda terbaru karya para sahabat cerpenmu yang telah diterbitkan total diketemukan sebanyak 44 cerita pendek untuk kategori ini.

Cerpen menggunakan aksara jawa cerpen menggunakan aksara jawa beserta artinya cerpen menggunakan aksara jawa dan artinya minggu 11 februari 2018 cerpen jawa. Klik di sini untuk informasi file cerpen bahasa sunda dan artinya contoh cerpen bahasa sunda dan arti nya selengkapnya. 11-12 Desember 2016 Tempat. Dongeng fabel bahasa sunda kisah kuya yang membawa rumahnya. Satu diantaranya menggunakan bahasa sunda dan artinya dan selebihnya ditulis ke dalam bahasa indonesia berikut adalah beberapa contohnya.

Untuk mengunduh File Gunakan tombol download dibawah ini. Cerita pendek sendiri ialah karya sastra yang berupa prosa dan bersifat fiktif yang mana didalamnya menceritakan yang dialami suatu tokoh dengan ringkas. Contoh cerpen liburan sekolah dua orang sahabat yang menghabiskan waktu liburnya dengan memancing dikali seharian penuh. Dalam perkembangannya carpon disebut juga dengan tadok. Basecamp Kampus Tarbiyah Hukama Solo Acara. Isi blog ini sebagian besar merupakan terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat indonesia.

Selain menghibur tentunya membaca carpon Sunda juga akan menambah kosa kata dalam berbahasa Sunda. Sakadang Kancil kasampak keur ngalamun di sisi jalan manehna geus balik ti sakola. Kita akan mulai dari hal-hal sederhana dalam kehidupan orang-orang sunda ok langsung saja ke pembahasan inti.

Berikut ini merupakan kumpulan cerpen bahasa sunda terbaru karya para sahabat cerpenmu yang telah diterbitkan total diketemukan sebanyak 44 cerita pendek untuk kategori ini. Pamuda anu aya di karajaan eta sadayana hade laku lampahna sok sering gotong royong ngabatos wargi anu teu mampu. Sanes teu mampu teu gaduh artos tapi ku hormat sareng santun kanu langkung anom misanla wae aya aki-aki atanapi nini-nini anu nyandak gembolan di bantuan.

Dalam cerpen singkat bahasa sunda berikutnya ini akan menceritakan tentang seorang siswa yang melanggar peraturan sekolah dengan membawa hp ke sekolahnya tentu hal ini dapat mengganngu pelajaran sekolah. CONTOH JURNAL – Inilah contoh cerpen bahasa sunda dan arti nya yang Anda perlukan.

Carita pondok ini sering disingkat dengan nama carpon. Yuk kita baca dongeng selengkapnya. Mulai dari cerpen tentang persahabatan cerpen bahasa Sunda tentang cinta carpon Sunda sedih carpon Sunda misteri carpon Sunda lucu. Berikut ini tersedia beberapa artikel yang menjelaskan secara lengkap tentang cerpen bahasa sunda dan artinya.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Untuk mencari cerita pendek cerpen berdasarkan kata kunci tertentu kamu bisa gunakan kotak pencarian di bawah ini. Yth seluruh ikhwan dan pembaca blog Pakje. Dengan alur yang sederhana dan singkat untuk di baca menjadi syarat menariknya sebuah carpon Sunda. Dibawah ini merupakan salah satu contoh cerpen bahasa Sunda yang bisa kita baca di sela – sela kesibukan kita. Lazimnya bahasa sunda di bagi kedalam 2 kelas yaitu bahasa sunda kasar dan bahasa sunda halus. Selamat datang di bahasasundaidPerkenalkan blog ini berisi materi-materi pelajaran bahasa Sunda yang dikemas dalam media audio-visual untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan mudah dipahami dan memberikan banyak informasi baru kepada pengunjung.

Dan cerita moral kebaikan tentang menolong seseorang meskipun kita juga sedang dalam kesusahan. Namun kali ini saya akan menuliskan dasar-dasar bahasa sunda halus beserta artinya yang sering di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah cerpen bahasa sunda dan artinya dan ulasan lain mengenai hal-hal yang masih ada kaitannya dengan cerpen bahasa sunda dan artinya cerpen bahasa sunda dan artinya Anda cari. Lutung kasarung dongeng bahasa sunda lutung kasarung bukah hanya populer di wilayah jawa barat namun juga sudah menjadi cerita rakyat nusantara.

Cerpen atau cerita pendek merupakan suatu bentuk prosa naratif fiktif. Kumpulan 9 contoh cerita dongeng fabel sasatoan panjang pendek dan singkat bahasa sunda. Itu semua ditulis dalam bahasa sunda lengkap dengan terjemahan bahasa indonesia.

CONTOH CARPON SUNDA Assalamualaikum wr wb Terimakasih sudah berkunjung ke halaman blog ini. Cerpen bahasa Sunda atau cerita pendek bahasa Sunda sudah berkembang sejak lama di kesastraan Indonesia. Cerpen bahasa sunda dan artinya terbaru.

Kumpulan cerita pendek bahasa. 20 cerita dongeng kancil singkat terbaik sepanjang masa pesan moral. Seekor kancil terlihat sedang termenung di pinggir jalan dia baru pulang sekolah. Cerpen bahasa Sunda adalah salah satu cerpen dengan bahasa daerah yang masih sering cerpen bahasa sunda dan artinya jumpai di koran lokal Jawa Barat. Sinonim dalam bahasa Sunda dikenal dengan istilah carita pondok. Cerpen bahasa sunda dan artinya. Buatlah Cerpen Bertema Bebas Menggunakan Bahasa Sunda Dan Artinya Brainly Co Id Kumpulan Cerita Lucu Contoh Cerpen Bahasa Sunda Tentang Liburan Cerpen Bahasa Sunda Kumpulan Cerita Lucu Cerpen Bahasa Sunda Dan Artinya Cerpen Bahasa Sunda Berikut ini merupakan kumpulan Cerpen Bahasa Sunda terbaru karya para sahabat cerpenmu yang telah diterbitkan, total diketemukan sebanyak 50 cerita pendek untuk kategori ini.

Untuk mencari cerita pendek (Cerpen) berdasarkan kata kunci tertentu, Kamu bisa gunakan Kotak pencarian di bawah ini!

cerpen bahasa sunda dan artinya

Lilis dan Iyan (Part 3) Cerpen Kiriman: Xiuzeen - Lolos Moderasi Pada: 23 April 2022 Bisa-bisanya Bryan meninggalkan buku pelajaran Kewirausahaannya di rumah, padahal hari ini mesti presentasi nanti jam 2 siang bareng Melissa. “Izin ambil buku dulu deh ke rumah.” Ucap Melissa bingung harus gimana.

“Ck, gak boleh sama bu Nana. Serius.” Melissa » Baca lanjutan ceritanya. Bocah Tanah Wakaf Cerpen Kiriman: Yayah Uyah - Lolos Moderasi Pada: 17 April 2022 “Liat nih gaya salto, Yuyu! Cyiaaaat!” BYUR! Sorakan dan tepuk tangan bocah-bocah cilik membahana di tanah wakaf Haji Aeng.

Badan Yuyu, bocah perempuan berusia tujuh tahun yang sempat tenggelam di air dalam lubang, timbul kembali dengan senyum lebar menunjukkan » Baca lanjutan ceritanya. Lilis dan Iyan (Part 1) Cerpen Kiriman: Xiuzeen - Lolos Moderasi Pada: 7 April 2022 “Bryan Sword. Dance is my dream, especially modern dance. Everytime i played the song, my body will follow the rhythm of it.” Tutur Bryan memperkenalkan dirinya di depan kamera, Melissa yang berada di sampingnya menggelengkan kepala.

“Heh, Yan, ngomong » Baca lanjutan ceritanya. Aku Bukan Anak Pesantren Cerpen Kiriman: Nyayu Rindiani Dwi Lestari - Lolos Moderasi Pada: 3 January 2022 Hai perkenalkan namaku Rindiani biasa dipanggil rindi terkadang kerluargaku memanggilku mba indi, aku mempunyai impian yang bagiku tak akan bisa terwujud, namun jika Allah berkehendak kita bisa apa, hanya bisa bersyukur. Aku mempunyai satu kakak laki laki dan satu » Baca lanjutan ceritanya. Ngopi Ringan (Ngobrolin Politik di Angkringan) Cerpen Kiriman: Akmal - Lolos Moderasi Pada: 4 October 2021 Ribut, ricuh, pertentangan mungkin itu yang kerap kali kita dengar jika kita membahas mengenai politik.

perlahan demi perlahan definisi politik kian luntur bagaikan hilang ditelan alam. Matahari kian tenggelam menghilangkan cerpen bahasa sunda dan artinya, pertanda bahwa hari akan berganti jadi malam sekaligus » Baca lanjutan ceritanya.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Menginap di Rumah Darma Cerpen Kiriman: Mikhwanulkirom - Lolos Moderasi Pada: 10 April 2021 Darma mengajakku untuk pergi ke rumahnya di akhir pekan ini. Bukannya aku menolak, tapi rumahnya sangat jauh, bagaikan di ujung pulau jawa. Sebuah desa kecil di pedalaman Jawa Barat.

Tapi Darma rupanya tidak menyerah semudah itu, ketika aku menolak » Baca lanjutan ceritanya. Kebun Bambu Cerpen Kiriman: Ira Solihah - Lolos Moderasi Pada: 9 May 2020 Tugas kelompok sudah selesai dikerjakan. Aku merasa lega, teman-temanku dapat diandalkan dalam mencari materi untuk makalah. Saking semangatnya mengerjakan tugas, tak terasa hari pun mulai gelap. Aku, Tiara cerpen bahasa sunda dan artinya Mika bergegas pulang dari rumah Desi. Tiara dan Mika pulang » Baca lanjutan ceritanya.

Sampurasun Cerpen Kiriman: Raudhatul Jannah M.F - Lolos Moderasi Pada: 26 May 2019 Kalau aku punya kesempatan lagi, suatu hari aku akan kembali untuk bertemu denganmu lagi, Shofi. Diawal pertemuan kami, ia menyapaku dengan hangat. “Sampurasun” ujarnya sambil tersenyum manis dengan kedua telapak tangan yang saling disatukan dan gerakan sedikit membungkuk di » Baca lanjutan ceritanya.

Meuni Tega Cerpen Kiriman: Sirodin Ali - Lolos Moderasi Pada: 24 March 2019 Dina korsi taman, abi diuk sorangan. Kusabab baratur mah geus baralik da ieu teh geus hampir tengah peuting. Diuk culang-cileung bari jeung ngarasa sieun jeung gelisah. Geus 2 jam abi didieu, nungguan maneh anu ceunah rek manggihan abi di » Baca lanjutan ceritanya.

Berawal Dari Lab, Aku Memahamimu Cerpen Kiriman: Desi Eka Martuti - Lolos Moderasi Pada: 8 January 2018 Pagi ini terasa berat untuk beranjak dari tempat tidur karena aku tahu, hari ini perkuliahan ditiadakan (meliburkan diri efek saran dari dosennya).

Tapi tetap saja aku harus beranjak karena sudah ada janji hari ini pukul 10.00 ada pertemuan di » Baca lanjutan ceritanya. Kategori Cerpen • Cerpen Anak (2,468) • Cerpen Bahasa Daerah (26) • Cerpen Bahasa Inggris (124) • Cerpen Bahasa Jawa (104) • Cerpen Bahasa Sunda (50) • Cerpen Budaya (92) • Cerpen Cinta (4,698) • Cerpen Cinta Dalam Hati (Terpendam) (1,132) • Cerpen Cinta Islami (855) • Cerpen Cinta Pertama (350) • Cerpen Cinta Romantis (1,082) • Cerpen Cinta Sedih (2,465) • Cerpen Cinta Segitiga (970) • Cerpen Cinta Sejati (163) • Cerpen Covid 19 (Corona) (31) • Cerpen Dongeng (Cerita Rakyat) (154) • Cerpen Fabel (Hewan) (255) • Cerpen Fantasi (Fiksi) (1,854) • Cerpen Fiksi Penggemar (Fanfiction) (95) • Cerpen Galau (1,094) • Cerpen Gokil (177) • Cerpen Horor (Hantu) (1,173) • Cerpen Inspiratif (359) • Cerpen Islami (Religi) (889) • Cerpen Jepang (359) • Cerpen Kehidupan (1,722) • Cerpen Keluarga (3,305) • Cerpen Kisah Nyata (472) • Cerpen Korea (293) • Cerpen Kristen (53) • Cerpen Liburan (171) • Cerpen Lingkungan (153) • Cerpen Lucu (Humor) (613) • Cerpen Malaysia (9) • Cerpen Mengharukan (190) • Cerpen Misteri (1,043) • Cerpen Motivasi (657) • Cerpen Nasihat (561) • Cerpen Nasionalisme (85) • Cerpen Olahraga (32) • Cerpen Patah Hati (1,575) • Cerpen Penantian (318) • Cerpen Pendidikan (381) • Cerpen Pengalaman Pribadi (501) • Cerpen Pengorbanan (475) • Cerpen Penyesalan (1,283) • Cerpen Perjuangan (350) • Cerpen Perpisahan (672) • Cerpen Persahabatan (3,287) • Cerpen Petualangan (142) • Cerpen Ramadhan (108) • Cerpen Remaja (4,071) • Cerpen Renungan (10) • Cerpen Rindu (49) • Cerpen Rohani (62) • Cerpen Romantis (672) • Cerpen Sastra (123) • Cerpen Sedih (2,519) • Cerpen Sejarah (24) • Cerpen bahasa sunda dan artinya Slice Of Life (202) • Cerpen Terjemahan (9) • Cerpen Thriller (Aksi) (297)
…ketakmampuan mereka mengakses/memahami bahasa dalam setting di kelas.

Hal yang paling penting lagi bahwa anak-anak didik secara meinstreming (terintegrasi) harus mampu memahami bahasa yang ada di lingkungan.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Para pendidik diharapkan… Cinta dan Asmara, Gaya Hidup, Info Remaja Sebuah Senyum Yang Mengungkapkan Seribu Kata Cerpen Bahasa Sunda Cerpen Bahasa Sunda – Cerpen atau yang dikenal dengan cerita pendek, merupakan karangan fiktif yang isinya biasanya sebagian kehidupan seseorang atau juga kehidupan yang diceritakan secara ringkas kepada satu tokoh saja. Mungkin sobat-sobat semua sudah biasa dengan cerpen dalam bahasa indonesia akan tetapi dalam bahasa sunda juga ada karangan cerita pendek yang disebut cerpen bahasa sunda.

Cerpen bahasa sunda yang biasa disebut dengan carpon atau carita pondok. Cerpen dalam bahasa sunda itu seperti halnya cerpen dalam bahasa indonesia. Mengisahkan berbagai peristiwa hidup, baik fiksi atau non fiksi. Perbedaannya adalah dalam penggunaan bahasa dan keterkaitan dengan kehidupan dari budaya Sunda sendiri.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Cerpen bahasa sunda biasanya cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500-5.000 kata. Oleh karena itu, cerita pendek sering diungkapkan sebagai cerita yang dapat dibaca dalam sekali duduk. Cerpen bahasa sunda pada umumnya bertema sederhana. Jumlah tokohnya pun terbatas. Jalan ceritanya sederhana dan latarnya meliputi ruang lingkup yang terbatas sehingga jalan ceritanya langsung tamat.

Untuk unsur-unsur dan ciri ciri cerpen bahasa sunda juga sama halnya dengan cerpen dalam bahasa indonesia.
Daftar Isi • 1 Tugas Cerpen Bahasa Sunda • 2 Cerpen Bahasa Sunda Tentang Pengalaman yang Bermanfaat di Sekolah • 2.1 Contoh Cerpen Bahasa Sunda Lengkap dengan Unsur Intrinsik dan Amanatnya • 2.1.1 Unsur intrinsik cerpen • 3 Cerpen Teu Menang Nyandak Hp ka Sakola • 4 Kumpulan Contoh Cerpen Bahasa Sunda Menarik dan Lucu Tugas Cerpen Bahasa Sunda Memang beberapa cerpen yang ada nantinya perlu untuk direfisi ulang, karna mungkin ada beberapa penggunaan bahasa yang kurang tepat karna cerpen singkat yang akan dibagikan ini adalah hasil karangan karya tulis siswa siswi.

Sebagai saran, jika memang kebetulan kamu sedang mencari bahan referensi untuk membuat cerpen basa sunda jadi sebaiknya jangan mencari cerpen yang sangat pendek, minimal untuk tugas cerpen bahasa sunda dan artinya itu berkisar antara 1 hingga 2 lembar kertas. Baca juga: Contoh Cerpen Pribadi Bahasa Sunda Tentang Liburan Kenaikan Kelas Ku!

Sebenarnya dalam membuat karangan untuk tugas bahasa sunda cerita pendek (cerpen) tentang pengalaman pribadi itu mudah saja kita buat, sebab dalam membuat carita pendek ini kalau menurut saya sama halnya dengan kita cerpen bahasa sunda dan artinya atau menceritakan tentang kisah-kisah menarik yang kita alamai, menarik bukan?

Baik itu bercerita tentang pengalaman pribadi saat bermain kesuatu tempat, tentang persahabatan atau pertemanan dan segudang kisah menyenangkan lainnya, yang terpenting adalah cerita yang kita buat haruslah benar-benar terjadi atau real sehingga tidak mengada-ngada jangan membuat cerita seperti dongeng yang isinya bisa berupa khayalanan.

Baca: Bedana Dongeng Jeung Cerita Pondok Cerpen atau Carpon Pada tulisan ini basasunda.com akan mencoba menyediakan berbagai judul cerita pendek dari berbagai terma yang mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai bahan referensi kamu dalam membuat cerpen, meskipun mungkin kebutuhan tugas sekolah itu berbeda-beda misalnya seperti menganalisa unsur intrinsik, ekstrinsik, tokoh dalam cerpen, menganalisa amanat yang terkandung dalam sebuah cerpen yang dituliskan.

Cerpen Bahasa Sunda Tentang Pengalaman yang Bermanfaat di Sekolah Sebagai pembuka cerpen yang pertama dari kurang lebih ada 8+ contoh cerpen bahasa sunda yang ada dari beberapa judul cerpen yang sudah disiapkan nantinya dibawah ini, yuk langsung saja di simak sebuah cerpen pertama tentang pengalaman yang bermanfaat di sekolah Contoh Cerpen Bahasa Sunda Lengkap dengan Unsur Intrinsik dan Amanatnya Judul : Pangalaman Jadi Petugas Upacara Sakola Pengarang : Kustian (basasunda.com) Karya tulis : Cerpen pribadi Pangalaman Abdi Ngiring Kagiatan Pramuka di Sakola Di SD abdi tiheula dina saban dinten senen ngayakeun upacara sakola ti kelas 1 dugi ka kelas 6.

Nanging, abdi tacan pernah jadi patugas upacara hususna ti pengibaran bendera sabab abdi ngarasa isin sarta tacan tiasa. Saatos ngalajeungken atikan ka SMP Abdi ngiring kagiatan Pramuka. Mimitina abdi kirang boga niat kanggo kagiatan ieu, sabab ceuk abdi mah panas, lalungse sarta kirang cihuyy! Nanging kanyataan nyarios sanes. Abdi dipaksa ku sababaraha rerencangan katut guru kanggo ngiring aktip dina kagiatan pramuka.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Ahirna Abdi nyerah sareng ngiring sadaya kagiatan pramuka anu aya di SMP abdi kasebat. Abdi latihan jeung latihan terus! Saatos sa-sasih, dua sasih, ahirna Abdi tiasa mingpin baris berbaris cerpen bahasa sunda dan artinya aya rasa isin sareng sok rada-rada lepat sakedik, ah tapi ceuk abdi mah wajar weh, da ngarana ge diajar keneh, bener teu?!

Dina wanci eta abdi dititah ku guru sareng dipaksa kanggo jadi patugas upacara hususna pengibaran bendera merah putih di sakolaan, yen harita teh dinten kemis sareng engkin dinten senen na abdi di titah tugas ngibarkeun bandera pas upacara.

Ahirna Abdi sareng dua rerencangan abdi dina wanci eta keneh latihan mung aya 2 dinten kanggo latihan nyaeta kamis jeung juma’ah, sabab dinten sabtuna pas pisan sareng tanggal bereum. Singkat carita, sarta dugi ahirna di dinten senen ahirna abdi sareng kadua rerencangan abdi berhasil ngibarkeun bandera dugi teu aya kalepatan sakedik oge, alhamdulillah!

Tah, ti dinya abdi rumaos robah ti diri abdi anu mimitina jalmi nu sok isinan dugi tiasa janten jalmi anu percanten diri sarta aktif di unggal kagiatan di sakolaan dugi ayeuna. Sadaya anu dicarioskeun ka abdi ngeunaan kagiatan pramuka ieu tetela saleresna leres. Pramuka tiasa midamel urang jadi seueur rerencangan, pramuka tiasa ngalatih urang mikin tanggung jawab, pramuka ngarobah urang jadi kaayaan pribadi anu disiplin.

Sarta tinangtu saniskanten kagiatan pramuka oge tiasa midamel urang langkung percanten diri, cerpen bahasa sunda dan artinya borangan sarta henteu gampil isin lamun kedah pahareup-hareup kalawan rahayat atawa jalmi seueur. Leres naon anu disebutkeun ku guru abdi di SMP yen pramuka eta leres tiasa ngarobah diri abdi.

Kiwari abdi sok isinan. Abdi henteu deui kaku isinan lamun aya di payun kelas dina nepikeun hiji hal. Kiwari abdi tiasa langkung tanggung jawab, langkung disiplin sarta henteu borangan atanapi cemen! Unsur intrinsik cerpen Tema : Pramuka tiasa midamel urang jadi seueur rerencangan, pramuka tiasa ngalatih urang mikin tanggung jawab, pramuka ngarobah urang jadi kaayaan pribadi anu disiplin.

Kagiatan pramuka tiasa midamel urang langkung percanten diri, henteu borangan sarta henteu gampil isin lamun kedah pahareup-hareup kalawan rahayat atawa jalmi seueur. Gaya bahasa : Latar belakang yang ingin disampaikan pengarang bahwasanya dia seorang yang pemalu kini menjadi lebih percaya diri, pengarang menjelaskan bahwa pramuka sangat bermanfaat bagi perkembangan diri kita.

“Kiwari abdi sok isinan. Abdi henteu deui kaku isinan lamun aya di payuneun kelas dina nepikeun hiji hal. Kiwari abdi tiasa langkung tanggung jawab, langkung disiplin sarta henteu borangan atanapi cemen!” Cerpen Teu Menang Nyandak Hp ka Sakola Dalam cerpen singkat bahasa sunda berikutnya ini akan menceritakan tentang seorang siswa yang melanggar peraturan sekolah, dengan membawa hp ke sekolahnya, tentu hal ini dapat mengganngu pelajaran sekolah.

Mudah-mudahan cocok untuk dijadikan sebagai referensi untuk tugas dalam mengarang cerpen sunda di sekolahmu yang berisikan amanat dan juga pendidikan tatak rama disekolah. Teu menang nyandak hp ka sakolaan Dina hiji poe aya hiji rerencangan abdi ngarana rudi anu sok biasa nyanyandak hp ka sakolaan, padahal mah tos terang sadayana ge lamun di sakola abdi mah aya peraturan yen sakabeh siswana teu menang nyandak hp ka sakolaan.

Tapi si rudi mah malah nyandak hp bae ka sakolaan. Cerpen bahasa sunda dan artinya hiji waktu abdi jeung rerencangan sakelas teh keur nuju olah raga jeung pa guru. Ari abdi jeung babaturan nu lain mah olah raga, tapi ari si rudi mah kalah ka jero kelas sabari anteng maen game di hp. Abdi tos mere nyaho sabenerna lamun ulah nyandak hp komo deui maen game pas asup kana pelajaran sakola, lamun kanyahoan bisi ke di cokot ku guru.

Tapi si rudi mah kalah ngambeuk ka abdi.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Abdi: ”Rud, hayu urang olah raga ka lapangan, jeung ulah maen game wae bisi di sita hpna”. Rudi: “Gera ti heula lah” (si rudi ngajawab bari maen hp).

Ges tidinya abdi balik deui ka lapangan jeung babaturan anu laina, soalna lamun cicing di kelas sieun si rudi kanyahoan ku guru. Tapi poe eta si rudi salamet, soalna manehna teu ka nyahoan lamun mawa hp ka sakola. Isuk poena si rudi tetep mamawa hp deui ka sakola, kos siga teu boga ka sieun padahal mah eta peraturan sakola teh kudu ku urang ta’atan salaku cerpen bahasa sunda dan artinya siswa/siswi disakola eta.

Dina wanci palajaran matematika di kelas, ari kabehan mah maraca buku pelajaran, tapi si rudi mah kalah anteng nyo-nyo’o hp bae. Abdi jeung sabenerna rada kesel ka manehna sabab mun dibejaan teh kalah ngalawan kalah galakan manehna, ari padahal mah kan jeung kabaikan manehna oge.

Ti mulai poe harita, abdi jeung babaturan abdi moal bakal ngabejaan ka manehna deui, lamun hp manehna kungsi di cokot ku guru geh sabodo amat.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Deui ge si rudi mah lamun dibejaan ge ngabantah jeung sabodo bae. Pas isukana poe senen, si rudi teh horengan mawa hp deui, kabeneran jam pelajaran sakola poe eta teh keur kosong, pa guru nuju aya rapat jeung pupuhu sakola. Katingali si rudi atoh pisan, kalah kaluar kelas sareng ngaluarkeun hp dina tasna, ari gomongna mah sih arek ka kamar mandi tapi aya kana setengah jaman mah, telila pa guru asup ka kelas terus ngabsen murid-muridna, pas ngaran rudi di absen si rudi tacan aya bae, pa guru nanyakeun kamana si rudi?

Abdi ngajawab “tadi sih ngomongna arek ka kamar mandi pa”. Pelajaran sakola tuluy dimulai dugi ka rek rengsena tapi si rudi mah cerpen bahasa sunda dan artinya aya dikelas bae.

Pas pelajaran rek angges si rudi karek asup ka kelas, terus pa guru nanya ka si rudi: “Rudi tos timana bae maneh, kunaon karek asup ka kelas!” Si rudi kalah cicing heunteu ngajawab patarosan ti pa guru, pa guru nyarekanan si rudi beak-beakan si rudi ukur bisa cicing bari bengetna beureum.

Abdi jeung babaturan anu lain neuleukeun si rudi anu keur di carekan ku pa guru, rada karunya sih, tapi emang salah jeung kudu dicarekan ku pak guru. Isukna si rudi ka sakola mawa hp deui. Mimitina mah abdi teu nyaho amun si rudi mawa hp, abdi nyahona pas pelajaran geus dimulai pas bu ipah guru pelajaran ipa asup ka kelas rek ngajar pelajaran. Basa bu Ipah keur nerangkeun pelajaran, keur kitu hp si rudi nyuara, atuh meren si rudi oge reuwasun, bu ipah terus nanya saha anu mamawa hp.

Ari pertamana mah si rudi teh teu ngaku, Bu ipah ngarasa keuheul sabab euweuh murid anu ngaku saha anu ngahurungkeun hp di kelas. Pas kitu kabeh tas kantong baju diperiksa ku Bu ipah, keur kitu si rudi kanyahoan ku bu Ipah. Hp si rudi di sita ku bu ipah, si rudi kokosehan menta ka bu Ipah hpna ulah di sita, namun ceuk bu ipah eta hp kudu di sita, jeung di titah di cokot ku kolotna, lamun kolotna teu datang bae ka sakola, hp si rudi moal bakal di balikeun tepi lulus sakola.

Rudi oge ngomong ka bu ipah lamun manehna sieun dicarekanan ku ema jeung bapana lamun bebeja. Tapi bu ipah tetep keukeuh kudu kolotna wae nu nyokot ka sakolaan. Balik sakola, si rudi bebeja ka ema jeung bapana yen hpna di sita di sakolaan, si rudi kalah dicarekan ku ema jeung bapana, cek emana si rudi teh: “Maneh nyieun isin kolot bae, kan di bejaan ulah mamawa hp ari sakola teh!” Si rudi terus maksa bae ka emana jeung bakal jangji ka emana moal bakal mamawa hp deui ka sakolaan.

Terus ceuk emana mun si rudi teu nepati jangjina, misalkan hp si rudi dicokot deui ku guru, emana moal bakal deui daek nyokot hp ka sakola. Pas kitu emana si rudi daek nyokot hp ka sakola, tapi awas amun si rudi ngalanggar kana janjina, cek emana. Pas ka sakolaan emana si rudi ngahadap ka bu ipah. Terus emana si rudi diomongan ku bu ipah, ari si rudi teh sering mamawa hp bae ka sakola, kanyahoan lain saukur hiji dua kali hungkul.

Sageus di jelaskeun Hp si rudi diberekeun ka emana, cek bu ipa amun sakali deuikanyahoan mawa hp ka sakola, eta hp moal bakal diberekeun ka nepi ka lulus sakolana. Emana si rudi satuju kana kabijakeun ti guruna eta. (#Rengse) Amanat Cerpen : Mangpaat dina carita cerpen ieu nyaeta urang salaku siswa/siswi di sokola tos sakuduna Urang kudu patuh kana pelaturan naon bae nu aya disakolaan urang.

Kumpulan Contoh Cerpen Bahasa Sunda Menarik dan Lucu Dan berikut adalah list cerpen sunda singkat lainnya termasuk juga misalnya tentang pengalaman, pendidikan, kesehatan, persahabatan dan yang lainnya. Semoga bisa memenuhi bahan tulisan dari berbagai judul cerpen yang sudah disiapkan dibawah ini mudah-mudahan menarik bahkan mungkin lucu ceritanya. Judul cerpen Cerpen Hasil Buah Tina Kasabaran Untuk Tugas Basa Sunda Cerpen Si Udin Ragag Dina Sapedah Cerpen Kangge Ngalaksanakeun Tugas Bahasa Sunda Cerpen Tugas Sakola Judul Sahabat Sajati Cerpen Pergaulan Anu Salah Keur Ngalaksanakeun Tugas Sakola Tugas Basa Sunda Contoh Cerpen Udin Ka Bates Ku Ekonomi Cerpen Judul Ngajagi Kabersihan Kelas Jeung Walungan Baca juga: 10+ Contoh Carpon Carita Pondok Bahasa Sunda Lengkap Berbagai Tema Sebelum menggunakan beberapa cerpen diatas, sebelumnya perlu diketahui cerpen bahasa sunda diatas adalah memang beberapa karya dari siswa yang mungkin saja terdapat beberapa penggunaan kata bahasa yang kurang tepat didalamnya, jadi silahkan dirubah.

Semoga artikel bisa bermanfaat untuk kamu dalam menyelesaikan tugas mengarang sebuah karya sastra cerpen pribadi di sekolah, jangan lupa baca pengalaman-pengalaman pribadi lainnya dalam bahasa sunda dibawah ini. Baca juga: Contoh Pengalaman Pribadi Singkat Pergi ke Taman Mini Bahasa Sunda Cari untuk: KATEGORI • Adat Tradisi Sunda • Aksara Sunda • Artikel sunda • Autobiografi • Babad Sunda • Babasan Sunda • Bewara (Pengumuman) • Biodata biografi • Carita Pangalaman • Carita pantun cerpen bahasa sunda dan artinya Cerpen carpon • Contoh Wawacan • Dongeng fabel • Dongeng kabayan • Dongeng mite • Dongeng sasakala • Gaya basa sunda • Guguritan • Humor sunda • Iklan sunda • Karangan basa sunda • Kata bijak sunda • Kata cinta sunda • Kata mutiara sunda • Kaulinan barudak • Kawih & Kakawihan • Lagu daerah • Laporan Kagiatan • Mamanis basa • Meme sunda • Nadom sunda • Naskah drama • Novel Bahasa Sunda • Paguneman Percakapan • Pakeman Basa • Pepeling sunda • Pidato Bahasa Sunda • Pribahasa sunda • Pupuh sunda • Remaja • Sajak Puisi Sunda • Sisindiran Pantun Sunda • Sunda lemes • Surat basa sunda • Tatarucingan • Warta sunda • Wawancara sunda • Wawaran
noneBahasa sunda adalah bahasa dengan jumlah penutur terbanyak kedua di indonesia setelah bahasa jawa, lebih dari 40 juta penutur yang tersebar di daerah jawa barat dan banten.

Di awal tahun 2000an bahasa sunda adalah mata pelajaran wajib sewaktu saya duduk di sekolah dasar, jika teman-teman mengalami juga difase itu berarti kita satu angkatan. Bahasa sunda sudah menjadi bahasa ibu masyarakat jawa barat dan banten, dimana keseharian warganya berkomunikasi menggunakan bahasa sunda yang sudah dimuali sejak zaman nenek moyang hingga saat ini. Berbicara mengenai bahasa sunda, seketika saya mengingat dulu waktu masih SD guru menyuruh kita membuat semacam karangan atau cerpen menggunakan bahasa sunda lengkap dengan artinya.

Cerpen dalam bahasa sunda disebut CARPON (carita pondok) yang artinya sama dengan cerpen. Sebagus bagusnya cerpen yang kita tulis waktu sd jika masih ada arsipnya sampai sekarang, coba dibaca kembali pasti ketawa-ketawa sendiri "kok bisa yah saya nulis cerpen kayak gini" acak acakan sudah pasti, ditambah gak nyambung alias amburadul.

Maklumlah kala itu kita masih belum mengerti apa-apa. Cerpen bahasa sunda dan artinya kini saya ingin sekali mengulang masa itu kembali, akan tetapi dengan kualitas tulisan yang pastinya lebih baik dari tempo dulu.

Saya akan menuliskan contoh cerpen bahasa sunda dan artinya yang lebih relevan dengan kehidupan dimasa sekarang.

Contoh kumpulan cerpen singkat bahasa sunda dan artinya Contoh cerpen bahasa sunda tentang moral kebaikan dan artinya Di hiji mangsa kadua babaturan berangkat sakola dina cuaca keur hujan maribis Disuatu hari dua orang sahabat berangkat ke sekolah disaat cuaca sedang hujan gerimis Jarak ti imah ka sakola kira-kira 1km bari jeung ngaliwatan leweung jeung sawah jarak dari rumah ke sekolah sekitar 1km dengan melewati hutan dan sawah Di tungtung jalan eta barudak nempo aki-aki kokoseran katindih sapedah anu mawa beas diujung jalan dua orang sahabat itu melihat seorang kakek tertimpa sepeda yang membawa beras "weuy din tempo itu aya jalema kunaon nyah karunya amat" ngomong si asep bari nunjuk eta jalema eh din lihat itu orang kenapa yah kasian amat" bilang si asep sambil nunjuk orang tersebut "Geus sep ulah mikiran nukitu, iyeu urang sakola geus kaberangan" nyaletuk si udin bari nyekel lengen si asep.

"udah sep jangan mikirin itu, kita ini sekolah udah kesiangan" bales si udin sambil menarik tangan si asep. Teu loba omong dei si asep langsung ngejat nulungan eta aki-aki tanpa basa-basi si asep langsung lari menonglong kakek itu "Abah teu nanaon, kumaha biena iyeu bah bisa katindih sapedah kie" sabari ngangkat eta sapedah "kakek gak apa-apa, gimana ini kok bisa ketimpa sepedah gini" sambil megankat itu sepedah Diatas adalah contoh cerpen singkat bahasa sunda yang mengandung nilai kebaikan yang sudah semestinya kita contoh.

Dari cerpen diatas mengajarkan kita untuk saling peduli terhadap sesama dan tolong menolong kepada yang sedang kesusahan.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Tak lupa disetiap satu kalimat saya sertakan terjemahan bahasa indonesia dibawahnya agar orang yang tidak paham bahasa sunda bisa mengerti. Contoh cerpen tentang liburan sekolah dan artinya Harita kahirupan di kampung eta kacida adem ayemwargana alakur harade katatangga jeung semangat gotong royongna perlu diconto ku generasi ayeuna.

Dulu kehidupan di kampung itu adem tentram, warganya baik akur dengan tetangga dan semangat gotong royongnya patut dicontoh oleh generasi sekarang. Aya dua babaturan anu kacida pisan hobina kana ngeseup, nyaeta si asep jeung udin. Ada dua sahabat yang sangat hobi sekali mancing, yaitu si asep dan udin. Lamun tos dongkap waktosna libur sakola, teu aya dei pagawean iwal tina ngusep ti isuk mantare nepi ka burit.

Apabila sudah tiba waktunya libur sekolah, tak ada kerjaan kecuali mancing dari pagi sampai sore. Hiji mangsa asep jeng udin ngusep di cigede ditempat anu sakumaha biasa barudak ngusep, sanarien dina poe etamah barudak ngusepna siringan jadi menang loba laukna. Suatu cerpen bahasa sunda dan artinya asep dan udin mancing di kali ditempat biasa mereka mancing, tidak seperti biasanya dihari itu mereka sedang mujur sehingga dapat ikan banyak. Ekeur kelar-kelarna ngusep si udin nyaletuk "sep, parangsa iyeu cai lila-lila naek jeng bari kiruh nyah" Sedang asik-asiknya mancing si udin ngomong "sep, perasaan ini air lama-lama naikditambah keruh lagi" "Geus ulah loba omong dia din nu pentingmah urang menang lauk loba" nembal si asep sabari narik lauk" "Udahlah din jangan banyak ngomong yang penting kita dapat ikan banyak" jawab si asep sambil strike narik ikan" Lila-kalila cai ngadean bae bari jeung rungkang awi kadebong cau palid kabawa arus, iyeu ngarana ca,ah maling.

cerpen bahasa sunda dan artinya

Dimana hujan gede di hulu sahengga nyebabkeun arus cai ka hilir gede. Lama-kelamaan air arus tambah besar membawa sampah ranting bambu dan kdebong pisang hanyut terbawa arus, ini dinamakan (ca,ah maling) Dimana hujan besar turun dihulu sehingga menyebabkan arus air kehilir besar. Si asep teu ereun-ereun titadi narikan lauk bae, tapi si duin katempona gelisah ningali cai ngagedean bae.

Si asep tidak henti-hentinya strike terus, tapi si udin terlihat gelisah melihat air makin makin membesar.

cerpen bahasa sunda dan artinya

"Sep balik yu, moal endah iyeu diterusken mah bisi cilaka" ngabejaan si udin kasi asep "Sep balik yuk, ga bener nih kalu diterusin takutnya bahaya nanti" ngasih tau si udin kepada cerpen bahasa sunda dan artinya asep.

Teu make aba-aba dei si udin ngadurusut ngejat kulantaran nempo cai ti jauh jiga ombak laut. Tanpa aba-aba lagi si udin lari terbirit-birit melihat air dari jauh seperti ombak laut. "Din.din. kumaha geus menang loba sia?" nanya si asep bari ngalieuk kaburi eweuh sasaha. "din.din.gimana udah dapat banyak belum kamu?" tanya si asep sambil melihat kebelakang. Pas nempo kaburi si duin geus aya di tonggoh "sep gera naek itu cai gede" gorowok si udin di tonggoh. Pas melihat kebelakang si udin sudah ada diatas "sep cepetan naik itu air tambah gede" teriak si udin dari atas.

"Anjir eta sieta aing kuat ditinggalkeun" teu loba omong dei si asep langsung ambarasat ngejat, sampe lauk jeung usepgeh poho teu kabawa. "Anjir itu si udin gua sampe ditinggalin" tanpa banyak bicara lagi si asep langsung lari dengan kecepatan penuh, sampai ikan dan joran ketinggalan. Itulah contoh cerpen dalam bahasa sunda beseta artinya, supaya lebih mudah dibaca sengaja terjemahannya saya garis miring.

Segitu dulu untuk contoh cerpennya, lain kali akan terus saya update kumpulan cerita dalam bahasa sunda lainnya yang lebih menarik dilain waktu. Semoga bermanfaat, hatur nuhun.

Fajar: Bahasa Sunda (Study Tour)




2022 www.videocon.com