Renang gaya dada disebut juga dengan

renang gaya dada disebut juga dengan

Renang Gaya Dada adalah salah satu teknik gaya renang yang sangat populer dalam olahraga air ini. Adapun, banyaknya gaya yang dimiliki, gaya ini masih jadi salah satu hal yang populer. Renang ini adalah yang paling diajarkan kepada pemula, memang ini lumayan mudah untuk dilakukan pemula. Suka renang dan mau mempelajari lebih jauh? Baca-baca lagi tahapan, teknik dan kelebihan dari renang di bawah ini. Karena, tentunya akan menambah wawasan Anda dan memperbaiki cara Anda dalam berenang.

Daftar Isi Artikel • Pengertian Renang Gaya Dada • Sejarah Renang Gaya Dada • Teknik Renang Gaya Dada • Kelebihan Renang Gaya Dada • Manfaat Renang Gaya Dada Pengertian Renang Gaya Dada Renang gaya dada merupakan salah satu gaya berenang yang umum dilakukan, renang ini juga bisa disebut dengan renang gaya katak. Disebut dengan gaya katak bukanlah tanpa alasan, mengingat renang tersebut memiliki gaya renang gaya dada disebut juga dengan hewan katak.

Renang gaya dada dilakukan dengan menggunakan tangan dan kaki untuk bergerak, sedangkan dada menghadap ke permukaan air bertujuan untuk menimbulkan daya apung. Renang ini cenderung lebih mudah dilakukan dari pada gaya renang lainnya. Sejarah Renang Gaya Dada Renang gaya dada konon sudah ada sejak zaman batu, hal ini dibuktikan dengan adanya ukiran-ukiran yang ada di batu purbakala.

Salah satunya yang digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang, Mesir barat daya. Dimana mereka berenang menggunakan kaki meniru gaya seekor katak, dalam prasasti di Babilonia kuno terdapat lukisan tersebut. Dibuat oleh orang Assyiria. Sekitar tahun 1538, profesor ilmu bahasa dari Jerman bernama Nicolas Wunman menerbitkan buku berenang yang pertama, Colymbetes. Tujuannya untuk mengurangi resiko bahaya tenggelam.

Di buku tersebut berisikan cara belajar berenang dengan gaya dada atau gaya katak. Pada tahun 1969, pengaran Perancis Melchisedech Thevenot menulis buku The Art of Swimming yang menjelaskan berenang gaya dada.

Salah seorang pembacanya adalah Benjamin Franklin. Adapun kejuaraan renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian, perenang memakai gaya dada. Dalam lomba renang tahun 1844 di London, sejumlah perenang suku Indian ikut serta di dalamnya. Perenang Inggris menggunakan gaya dada, sementara perenang suku Indian menggunakan gaya bebas. Sampai pada tahun 1873, orang Inggris lebih senang berenang gaya dada. Semakin berkembangnya zaman kini renang gaya dada menjadi salah satu gaya yang populer untuk digunakan, hal ini tidak lepas dari mudahnya melakukan gaya ini dan cenderung lebih cepat dalam berenang.

Sehingga gaya dada sering digunakan untuk perlombaan berenang di berbagai olimpiade. Pada tahun 1875, Kapten Matthew Webb berhasil mencatatkan diri sebagai orang pertama yang berenang menyeberangi Selat Inggris. Selat selebar 34,21 Km itu diseberanginya dengan berenang gaya dada selama 21 jam 45 menit. Olimpiade St. Louis 1904 adalah Olimpiade renang gaya dada disebut juga dengan pertama kali mempertandingkan nomor gaya dada secara terpisah.

Untuk jarak 440 yard (402 M). Pada waktu itu diperlombakan nomor gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas. Teknik Renang Gaya Dada Teknik renang yang harus Anda tahu adalah di bawah ini : 1. Teknik Meluncur Dalam berenang gaya dada terdapat beberapa tahapan atau teknik yang harus diketahui, hal ini akan membuat berenang lebih mudah dan juga lebih efektif.

Teknik yang pertama yaitu teknik meluncur, teknik tersebut digunakan saat pertama kali masuk ke dalam air. Dengan teknik meluncur yang baik maka saat berenang akan memiliki gaya dorong yang kuat dan berenangpun bisa lebih cepat. Posisi pertama yang dilakukan adalah berdiri di tepi kolam renang, lalu mendorong tubuh ke arah depan menggunakan kaki.

Setelah itu usahakan tubuh sejajar di permukaan air dengan tangan mengarah ke depan, ikutilah gaya dorong tersebut dengan sedikit gerakan kaki. Sehingga anda akan mendapatkan teknik meluncur yang bisa sangat cepat. 2. Teknik Gerakan Tangan Teknik gerakan tangan adalah teknik yang sangat penting untuk diperhatikan, dimana gerakan ini dibutuhkan untuk menjadi gaya dorong sekaligus berguna untuk menjadi daya apung.

Gerakan tangan tersebut dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari samping ke arah depan, lalu tarik kembali ke arah dada sehingga menimbulkan dorongan serta kepala bisa terangkat di atas permukaan air.

Untuk belajar pada pertama kalinya anda bisa menggunakan papan seluncur sebagai alat bantu, dengan papan seluncur ini anda bisa melatih gerakan tangan yang baik dan benar.

Perlu diperhatikan juga bahwa teknik gerakan tangan yang benar adalah dapat membuat tubuh seimbang di permukaan air. 3. Teknik Gerakan Kaki Gerakan berikutnya yaitu teknik gerakan kaki, dimana teknik ini adalah teknik yang paling penting untuk dipelajari. Teknik gerakan kaki yang baik bisa membuat kecepatan berenang semakin kencang, sehingga menjadi salah satu faktor penentu bagi seorang atlet renang gaya dada atau gaya katak tersebut.

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan meluruskan kaki saat meluncur, setelah dorongan dari teknik meluncur melemah lakukanlah teknik gerakan kaki. Lebarkan kaki menyerupai katak lalu doronglah ke arah belakang dengan kekuatan maksimal, ulang terus menerus hingga kaki menjadi lebih lentur dan juga bisa lebih fleksibel.

4. Teknik Bernapas Bernapas dengan baik juga sangat penting renang gaya dada disebut juga dengan melakukan renang gaya dada ini, mengambil napas yang benar adalah saat menarik tangan sehingga kepala terangkat hingga di atas permukaan air. Saat tersebut merupakan waktu yang tepat untuk menarik napas, usahakan menarik napas dengan panjang agar dorongan berikutnya kekuatan bisa lebih kuat. Dalam menarik napas hadapkan kepala ke arah permukaan air, hal ini akan mempermudah untuk menarik napas dan juga untuk melakukan gerakan selanjutnya.

renang gaya dada disebut juga dengan

Hindarilah menghadapkan wajah ke arah depan atau ke atas, hal ini akan membebani leher terlalu keras sehingga akan menimbulkan sakit pada renang gaya dada disebut juga dengan. Kelebihan Renang Gaya Dada Dalam melakukan olahraga, banyak hal yang akan menjadi keuntungan. Kelebihan dari renang adalah bonus ketika Anda menyukai olahraga ini. Jadi, apa sajakah kelebihan renang gaya dada? Simak beberapa kelebihan di bawah ini : 1.

Lebih Mudah Dilakukan Renang gaya dada merupakan salah satu gaya renang yang sering dipakai, hal ini tidak lepas dari keunggulan yang dimiliki oleh renang gaya dada tersebut. Salah satu kelebihan dari renang ini adalah dapat dengan mudah dilakukan, dimana renang gaya dada cenderung lebih mudah dari pada gaya renang lainnya.

Walaupun terdapat beberapa teknik yang harus dipelajari, namun jika dilakukan dengan benar sebenarnya renang tersebut sangat mudah untuk dipelajari. Selain itu renang gaya dada juga tidak memerlukan tenaga yang besar, sehingga cocok untuk digunakan oleh semua kalangan. 2. Membentuk Tubuh Kelebihan selanjutnya adalah dapat membentuk tubuh dengan baik, terutama bagian dada, otot tangan, dan otot paha.

Pastinya bila melakukan renang gaya dada secara rutin dapat membentuk tubuh menjadi lebih atletik, apalagi dibarengi dengan pola makan yang sehat untuk meningkatkan sistem renang gaya dada disebut juga dengan tubuh. Namun jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan renang gaya dada.

Selain bertujuan untuk keselamatan dengan melakukan pemanasan yang baik akan mempermudah untuk membentuk tubuh. Hal ini dikarenakan otot yang sudah lentur dengan pemanasan akan lebih mudah untuk lebih ideal lagi. 3. Baik Bagi Kesehatan Berenang memang merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat dianjurkan, hal ini disebabkan renang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Terutama renang dengan menggunakan gaya dada, dimana sistem pernapasan akan lebih teratur dan juga lebih lancar. Tentunya dengan latihan napas akan membuat kesehatan lebih meningkat, terutama paru-paru, jantung, dan sistem kekebalan tubuh. Baca juga materi penjaskes lainnya: 1. Lompat Tinggi 2. Lompat Jauh 3. Senam Lantai 4.

Kebugaran Jasmani 5. Sejarah Tolak Renang gaya dada disebut juga dengan 6. Sejarah Bola Voli 7. Sejarah Bola Basket 8. Sejarah Sepak Bola Manfaat Renang Gaya Dada Renang dengan teknik gaya dada, rupanya menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat berikut ini akan dirasakan apabila Anda melakukan gerakannya dengan benar. 1. Menurunkan Berat Badan Obesitas adalah hal yang paling menakutkan untuk manusia, apalagi untuk kaum hawa. Jika melakukan gerakan renang secara teratur dan konsisten, maka ini akan menjadi solusi bagi Anda. Gerakan gaya dada sendiri akan langsung membuat seluruh anggota badan bergerak.

Dengan demikian, kalori pun akan perlahan terbakar dan menjadi energi. Lemak akan luntur dengan mudah dan cepat. 2. Menurunkan Gula Darah Dengan teknik gaya dada, tidak hanya dilakukan untuk kegiatan renang santai, namun apabila ingin menurunkan gula darah yang tinggi Anda dapat melakukan gerakan ini.

Penderita diabetes, olahraga renang gaya dada mampu membuat metabolisme tubuh meningkat dan sekaligus juga peredaran darah yang semakin lancar. Untuk mengatasi diabetes atau menurunkan kadar gula darah tinggi, rajin-rajinlah melakukan olahraga renang gaya dada.

Tidak harus setiap hari, seminggu 2 kali saja sudah lebih dari cukup apabila dilakukan secara rutin. Efek baik tentunya akan terjadi pada renang gaya dada disebut juga dengan gula darah yang terlalu tinggi 3. Menurunkan Kolesterol Kolesterol tinggi dalam tubuh, khususnya kolesterol jahat mampu meningkatkan resiko penyakit jantung.

Dengan melakukan olahraga seperti renang, salah satunya dengan teknik gaya dada dapat mengurangi kolesterol. Ingat, bahwa kolesterol ini kerap kali ada hubungannya dengan obesitas, dimana pada intinya renang ini dapat menurunkan berat badan serta membasmi kolesterol yang naik. 4. Menghilangkan Stress Dalam sebuah pekerjaan, manajemen yang terlalu monoton atau kegiatan lain yang membuat otak menjadi tidak bersahabat akan menimbulkan stress yang berlebih.

Salah satu obat alami menghilangkan stress adalah dengan melakukan olahraga renang dengan teknik gaya dada. Ini bekerja secara alami dan aman. Begitu seluruh tubuh sudah masuk ke dalam air dan terkena percikan yang membuat badan segar, stress itu akan hilang seketika. Selain itu gerakannya yang agresif akan membuat tubuh sering bergerak, hal tersebut juga sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Sekian dari theinsidemag.com semoga bermanfaat! Terimakasih telah berkunjung, semoga dapat memahami semua materinya dan dapat di praktekan dengan baik dan benar. Salam olahraga dan salam sukses! Pada olahraga renang gaya dada, pengangkatan kepala dimulai setelah tarikan lengan selesai. Pada saat kedua lengan didorong ke depan dalam pemulihannya, leher ditekuk untuk mengangkat kepala atau wajah pada sudut 45 derajat dari garis horizontal.

Lalu, udara dikeluarkan di dalam air dari mulut perlahan.
KOMPAS.com - Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang dipertandingkan di ajang seperti Olimpiade. Jenis olahraga ini sudah dipertandingkan sejak Olimpiade Athena pada tahun 1896. Renang dada merupakan gaya tertua atau awal pada kegiatan berenang. Adapun, nomor renang gaya dada yang diperlombakan untuk pria adalah 100 dan 200 meter.

Nama lain renang gaya dada Istilah asing dari gaya dada adalah breaststroke. Selain itu gaya dada sering disebut sebagai gaya katak. Baca juga: Pengenalan Air dalam Olahraga Renang Alasan renang gaya dada disebut mirip katak, kareana gerakannya mirip dengan cara katak berenang saat di air. Teknik dasar renang gaya dada Mengutip Modul Melesat di Air Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX, empat teknik dasar renang gaya dada meliputi, posisi badan, mengapung dan gerakan kaki, gerakan lengan, dan pengambilan napas.

Berikut penjelasannya: • Posisi badan Hal pertama yang harus dikuasai untuk melakukan renang gaya dada adalah posisi badan ketika meluncur. Untuk melakukannya, posisikan badan dengan seluruh anggota badan rileks terlebih dulu, jangan sampai mengeluaran tenaga lebih, dan badan harus horizontal. Baca juga: 3 Perlengkapan Atlet Renang Kemudian, pada saat meluncur posisi badan harus relatif di atas dengan posisi kepala kira-kira 80 persen di dalam air dengan muka terangkat sedikit.

Selain itu, perenang juga harus memperhatikan posisi tubuh. Adapun renang gaya dada dilakukan dengan posisi tubuh telungkup. Duel 100 Kali Pun, McGregor Takkan Pernah Menang Lawan Poirier. https://www.kompas.com/sports/read/2021/07/15/19000068/duel-100-kali-pun-mcgregor-takkan-pernah-menang-lawan-poirier- https://asset.kompas.com/crops/5pD19065Una2_Lc6RvtLrxXpqBQ=/0x0:512x341/195x98/data/photo/2021/07/11/60ea84df505f6.jpg Gaya Dada atau Breast Stroke Teknik renang gaya ini adalah yang paling mudah.

Dalam renang empat gaya yang dipertandingkan adalah sebagai berikut. Renang Gaya Bebas Teknik Gerakan Dan Manfaatnya Hello Sehat Renang tidak begitu saja dilakukan karena ada beberapa kriteria untuk setiap jenis gaya renang.

Istilah lain renang gaya dada adalah. Renang gaya bebas memiliki istilah lainyaitu. Renang gaya dada adalah gaya renang yang menyerupai gerakan katak. Selain itu gaya dada sering disebut sebagai gaya katak.

Alternate arm stroke juga merupakan istilah lain dari renang gaya bebas ini. Polifenol memiliki fungsi untuk.

2 Jumlah lomba gaya dada putra adalah a. Renang Gaya Dada Ada Beberapa macam gaya renang salah satunya yaitu Gaya dada Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air namun berbeda dari gaya bebas batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Gaya bebas bahasa Inggris. Istilah asing dari gaya dada adalah breaststroke. Istilah Renang dalam Bahasa Inggris. Dalaam cabang peerlombaan renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang.

Renang merupakan salah satu gerakan yang dilakukan di dalam air yang dapat dilakukan oleh manusia dan hewan. Gaya dada atau nama lain dari breast stroke biasanya merupakan gaya yang pertama-tama dipelajari oleh orang-orang pada saat mereka baru belajar berenang.

Pada kesempatan pertama kita akan membicarakan tentang istilah dalam renang. 1 Posisi kaki renang gaya dada adalah a. 2 Jumlah lomba gaya dada putra adalah a. Front crawl adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Renang gaya dada disebut juga dengan renang yang diperlombakan adalah gaya bebas gaya kupu-kupu gaya punggung dan gaya dada.

Penyebutan akan gaya katak cukup populer dan hal ini dikarenakan memang gaya dada bila dilihat secara seksama memang mirip dengan cara renang katak.

Istilah lain dari gaya punggung adalah C backstroke. Istilah lain untuk renang gaya dada adalah a. Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air namun berbeda dari gaya bebas batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.

Gaya renang memiliki beberapa macam jenis seperti diantaranya adalah gaya bebas gaya dada gaya kupu-kupu dan gaya punggung. Istilah-Istilah Renang Sebenarnya masih banyak Istilah Olahraga Renang selain yang saya jelaskan dibawah ini karena keterbatasan ilmu saya hanya bisa memberikannya sedikit jika dilain waktu ada refrensi tambahan akan saya tambahkan lebih lengkap lagi selamat belajar. Pada kesempatan ini kita akan membicarakan tentang istilah renang. Dalam perlombaan renang dikenal istilah renang gaya ganti yang mengacu kepada urutan gaya renang yang harus dilakukan.

Istilah lain gaya renang bebas adalah. Bila anda belum memahami mengenai gaya renang ini silahkan menyimak uraian informasi berikut ini. Nama lain renang gaya dada adalah. 2 Jumlah lomba gaya dada putra adalah a. Dalam nomor renang gaya ganti perorangan perenang memulai. Doggy style dog paddle Gaya anjing gaya renang yang menyerupai gerakan anjing yang sedang.

Nama lain renang gaya dada. Dalam perlombaan dari kolam renang adalah istilah yang mengacu pada urutan gaya renang yang harus dilakukan. Teknik Renang Gaya Dada Pada kali ini yuksinaucoid akan menerangkan materi tentang Renang Gaya Dada yang mana pembahasanya meliputi pengertian cara bermain peraturan teknik dasar contoh gambar lapangan dan berita tentang. 1 Posisi kaki renang gaya dada adalah a. Gaya Samping adalah berasal dari perkembangan gaya dada. Manusia sudah berenang gaya dada sejak Zaman Batu seperti digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang dekat Wadi Sora Mesir barat dayaGerakan kaki gaya dada diperkirakan meniru gerakan.

Selain empat jenis gaya renang yang dipertandingkan gaya dada gaya bebas gaya punggung dan gaya kupu-kupu masih dikenal be rbagai variasi gaya renang yang lain. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Pengenalan Air dalam Olahraga Renang. Soal Renang Gaya Bebas Free Style Mapel PJOK Kelas 10 SMAMA Adik adik dimana saja berada bagaimana kabarnya.

Adapun nomor renang gaya dada yang diperlombakan untuk pria adalah 100 dan 200 meter. Sejarah Renang Di Indonesia Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah bukti renang gaya dada disebut juga dengan mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di gua perenang yang berdekatan dengan. Renang dada merupakan gaya tertua atau awal pada kegiatan berenang.

Istilah lain renang gaya dada adalah. Tangan digerakkan melingkar dari depan ke belakang kemudian kaki ditekuk dan dihentakkan lurus.

Kali ini PakDosen akan membahas tentang Komunikasi dalam Jaringan. Istilah lain bagi teknik gaya dada pada renang juga dikenal dengan sebutan breast stroke atau juga gaya katak. Itulah beragam Gaya Renang dan Istilah Asingnya yang lazim kita temukan dalam berbagai aktifitas olahraga renang umumnya dalam kompetisi resmi.

Jika anda berniat menjadi seorang perenang tentu anda harus tahu berbagai jenisrenang yang anda di keolahragaan ini. Gaya bebas freestyle front crawl jadi bukan hanya crawlgaya kupu-kupu. Istilah lain renang gaya dada adalah. Teknik Dasar Renang Gaya Dada Freedomsiana Memahami Teknik Dan Manfaat Renang Gaya Kupu Kupu Alodokter Renang Gaya Dada Sejarah Pengertian Teknik Dan Kelebihan Teknik Dasar Renang Gaya Dada Serta Penjelasan Dan Gambarnya Posisi Start Renang Gaya Dada Istilah Lain Renang Gaya Dada Yaitua Breaststroke B Back Crawlc Butterfly D Crawlmohon Brainly Co Id Gerak Dasar Renang Gaya Bebas Meluncur Gerakan Tungkai Gerakan Lengan Dan Pengambilan Napas Semua Halaman Bobo Manfaat Renang Gaya Dada Bagi Tubuh Dan Cara Melakukannya Dengan Benar 5 Teknik Berlatih Renang Gaya Dada Yang Baik Dan Benar Video Kategori wallpaper Tag adalah, dada, gaya, renang Navigasi Tulisan
tirto.id - Gaya renang posisi terlentang disebut sebagai gaya apa?

Bagaimana penerapan dan cara gaya renang dada? Konten kali ini akan merangkum bahasan-bahasan terkait macam-macam gaya renang yang dapat diaplikasikan. Renang telah dikenal oleh manusia sejak zaman dahulu. Dalam sejarah, keterampilan berenang digunakan oleh suku-suku di tepi pantai, danau maupun sungai untuk mencari kebutuhan makan sehari-hari.

Selain itu, sejak lama keterampilan berenang telah diajarkan kepada para pemuda dan prajurit untuk tujuan pertahanan negara. Orang Yunani dan Romawi kuno menjadikan keterampilan berenang sebagai kebutuhan vital dalam dunia militer. Para tentara dituntut untuk menjadi perenang yang hebat demi menjalankan strategi saat perang.

Sementara di Jepang, renang merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh para Samurai. Tercatat, pada tahun 36 Sebelum Masehi, Kaisar Suigui sudah membikin pertandingan renang pertama di Jepang. Hari ini, renang banyak dijadikan hobi oleh orang-orang guna renang gaya dada disebut juga dengan kesehatan tubuh.

Renang bisa melatih sistem pernafasan, meningkatkan tinggi badan, juga membakar kalori sehingga otot-otot menjadi lebih kencang. Saat kita berenang, otak akan memproduksi hormon endorfin sehingga pikiran lebih santai dan perasaan senang muncul. Selain itu, masih banyak segudang manfaat yang bisa didapatkan dari olah raga renang. Dalam praktiknya, renang bisa dilakukan dengan beberapa gaya.

renang gaya dada disebut juga dengan

Federasi Renang Internasional ( FINA) membagi renang menjadi 4 gaya. Keempatnya adalah gaya bebas ( crawl), gaya kupu-kupu, gaya punggung (backstroke) dan gaya dada (breaststroke). Berikut ini adalah penjelasan dari gaya-gaya tersebut. Renang Gaya Dada Renang gaya dada sering juga disebut dengan gaya katak. Renang gaya dada disebut juga dengan, gerakan tangan dan kaki menyerupai katak saat berenang. Perbedaan gerakan manusia dengan katak saat melakukan gerakan renang gaya dada adalah saat melakukan posisi meluncur.

Pada gaya dada, saat meluncur, kedua tangan dan kaki manusia harus dalam posisi lurus. Gerakan ini berguna mengurangi hambatan dan tekanan ketika tubuh sedang melaju di dalam air. Setelah meluncur, kaki dan tangan melakukan gerakan secara bersamaan.

Kedua kaki ditarik ke samping, lutut ditekuk sehingga kedua tungkai kaki bertemu di belakang pantat. Setelah itu, kedua kaki diluruskan ke belakang dengan membuat lecutan untuk mendapat luncuran. Di saat kedua kaki di tarik ke samping, secara bersamaan kedua lengan ditarik ke samping hingga telapak tangan sejajar dengan bahu, lalu diluruskan kembali ke depan. Saat tangan ditarik ke samping, gerakan dilanjutkan dengan mendorong air ke belakang.

Setelah itu, tangan ditarik ke dalam dada dan diluruskan ke depan sehingga tubuh akan mendapatkan luncuran. Begitulah gerakan renang gaya dada yang dilakukan secara berulang.

Untuk fase bernapas dalam gaya dada, kepala diangkat ke atas permukaan air saat tangan ditarik ke samping dan masuk ke dada. Ketika tangan sudah dalam posisi lurus, kepala harus sudah dalam posisi di dalam air. Infografik SC Macam Macam Gaya Renang, tirto.id/Fuad Renang Gaya Kupu-Kupu Renang gaya kupu-kupu merupakan gaya renang terbaru yang diadopsi dari renang gaya dada.

Dalam hal kecepatan, gaya kupu-kupu bisa menghasilkan kecepatan yang lebih baik dibanding gaya dada, tetapi membutuhkan tenaga yang lebih ekstra. Sikap kaki saat melakukan renang gaya kupu-kupu adalah dengan melakukan lecutan seperti ekor lumba-lumba, oleh karenanya gaya ini juga sering disebut sebagai gaya lumba-lumba.

Gerakan kaki dalam gaya kupu-kupu dilakukan dengan memanfaatkan gerak sendi pergelangan kaki dan punggung kaki. Pertama, pinggang diturunkan ke bawah diikuti dengan lecutan kaki ke arah bawah untuk menekan air ke bawah secara cepat serta kuat. Setelah itu pinggang diangkat ke atas agar kaki ikut naik, lalu gerakan diulangi dari awal. Sementara itu, untuk gerakan tangan, tangan diangkat ke luar menuju permukaan air, lalu diikuti dengan gerakan seperti menangkap saat tangan kembali masuk ke dalam air.

Dengan demikian air akan terdorong ke belakang dan perenang mendapatkan lecutan ke arah depan. Gerakan tersebut dilakukan secara berulang-ulang saat berenang. Adapun pernapasan dilakukan ketika tangan mulai ditarik ke arah bahu. Pada momen itu, kepala dapat diangkat ke atas air dan menghirup udara sebanyak-banyaknya. Saat kepala sudah kembali masuk di air, udara dikeluarkan lewat mulut dan hidung secara bersama-sama. Renang Gaya Terlentang Disebut Gaya Punggung, Apa Itu? Renang gaya terlentang dengan posisi tubuh menghadap atas disebut sebagai gaya punggung.

Berenang gaya punggung dilakukan dalam posisi tubuh terlentang. Ini membuat kita lebih mudah melakukan pernafasan, sebab wajah dan hidung tidak berada di dalam air. Namun, karena wajah menghadap ke atas, sulit bagi perenang untuk melihat ke depan saat melakukan gaya punggung.

Gerakan tungkai kaki dalam renang gaya punggung dilakukan dengan silih berganti menendang ke arah bawah antara kaki kanan dan kaki kiri. Dalam hal ini, posisi kaki lurus, lutut tidak ditekuk dan tidak ditarik ke arah samping. Kaki hanya lurus dan bergerak dari atas ke bawah secara bergantian. Sementara itu, ada 3 gerakan utama yang dilakukan oleh tangan dalam renang gaya dada disebut juga dengan punggung: menarik, mendorong, dan kembali.

Tangan di tarik ke arah depan atas, lalu saat sudah masuk di dalam air, tangan mendorong ke arah belakang untuk mendapat lecutan. Gerakan ini dilakukan bergantian antara tangan kanan dan kiri. Renang Gaya Bebas Renang gaya bebas sering juga disebut sebagai renang gaya crawl. Gerakan yang harus dilakukan hampir sama dengan gaya punggung. Hanya saja, gaya bebas dilakukan dengan posisi badan tengkurap.

Gerakan kaki dilakukan dengan mendorong tungkai ke arah bawah secara bergantian. Perlu diperhatikan, saat tungkai kaki menendang ke bawah, lutut tidak ditekuk, sehingga paha dan betis tetap dalam posisi lurus saat kedua kaki bergantian menendang ke arah bawah.

Sementara itu, gerakan tangan dilakukan seperti saat mengayuh perahu, bergantian antara tangan kiri dan kanan. Tangan ditarik ke arah depan, lalu masuk ke air sembari mendorong ke belakang untuk mendapatkan lecutan. Saat tangan kiri berada di depan, tubuh agak serong ke arah kanan lalu kepala diangkat sedikit ke sebelah kanan.

Pada saat itu, kita bisa mengambil nafas. Saat kepala kembali masuk ke dalam air, udara dikeluarkan secara bersamaan lewat hidung dan mulut, lalu giliran takan kanan ditarik ke depan, tubuh menyerong ke arah kiri. Gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang. Baca juga: • Bagaimana Bentuk Gerakan Kaki pada Renang Gaya Bebas? Hal-hal yang Dilakukan Sebelum Berenang Dikutip dari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VIIsebelum berenang, setiap orang harus melakukan pemanasan agar dapat mencegah terjadinya kejang otot saat berenang.

Otot-otot yang harus diregangkan, yaitu: • Peregangan otot-otot lengan. • Renang gaya dada disebut juga dengan otot-otot leher. • Peregangan otot pinggang. • Peregangan otot punggung dan perut.

renang gaya dada disebut juga dengan

• Peregangan otot-otot tungkai. Setelah melakukan peregangan pada otot-otot tersebut, hal yang perlu dilakukan adalah: • Mandilah dengan air pancuran yang disediakan sebelum masuk ke kolam renang; • Melatih irama kaki terlebih dahulu; • Berjalan-jalan di dasar kolam dengan kedalaman yang sesuai.

Hal-Hal yang Dilakukan Setelah Berenang Setelah berenang, Anda renang gaya dada disebut juga dengan melakukan serangkaian aktivitas berikut. • Basuhlah mata agar terhindar dari kotoran; • Bila ada air di telinga upayakan agar air tersebut keluar dengan cara melompat-lompat; • Keringkan pakaian renang di tempat yang teduh atau tidak terlalu terpapar sinar matahari; • Kemudian, istirahat dan makan yang cukup. Hal-Hal Lain yang Harus Diperhatikan Saat Berenang Agar dapat menghindarkan kecelakaan di kolam renang, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

• Tidak mendorong teman-teman dari pinggir kolam. • Tidak berenang di tempat dengan ketinggian lebih dari tinggi tubuh sebelum menguasai renang. • Tidak melompat dari pinggir kolam di tempat orang ramai berkumpul. • Tidak melompat di daerah kolam yang dangkal dengan posisi menukik. • Tidak membasuh wajah di pinggir kolam, hingga tergelincir ke dalamnya. Terdapat dua macam posisi tubuh ketika renang, versi Amerika Utara dan versi Eropa Timur.

Berikut posisi yang dilakukan pada saat berenang. • Posisi badan dan seluruh anggota badan rileks; • Luruskan tubuh; • Mulai gerakan dengan persiapan kaki; • Tarik tumit hingga mendekati pinggul dan buka lutut ke luar; • Secara bersamaan, dorong kaki ke belakang; • Kembali rapatkan kedua kaki layaknya sikap pertama; • Untuk pembelajaran pertama, lakukan dengan jarak 5-7 meter.
Pada materi kami yang sebelum nya kami sudah memhabahas Olahraga Air dimana materi sebelumnya termasuk salah satu jenis olahraga renang, olahraga sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari karena olahraga merupakan salah satu bentuk untuk menjadikan pola hidup dan menjaga kesehatan pada tubuh, dengan rutin melakukan kegiatan berolah raga pastinya kehidupan akan terasa lebih sehat.

Langsung saja simak penjelaan di bawah ini : Daftar Menu Artikel • Pengertian Renang Adalah • Teknik Renang Gaya Dada • A. Teknik Gerakan Kaki • B.

Teknik Mengambil Nafas • C. Teknik Gerakan Meluncur • D. Teknik Gerakan Tangan • Manfaat Renang Gaya Dada • 1. Menguatkan tulang dan otot • 2. Efektif bakar lemak • 3. Menjaga Kadar Kolesterol • 4. Menghilangkan Stres • 5. Cegah risiko penyakit kronis • Sejarah Renang • Share this: • Related posts: Pengertian Renang Adalah Renang gaya dada Merupakan bentuk salah satu cabang olahraga dan gaya yang mudah untuk dilakukan bagi setiap para atlit olahraga renang sehingga jika dilakukan dengan benar maka hal tersebut akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Seperti yang sudah di terangkan pada awal kalimat renang gaya dada dapat disebut juga sebagai renang gaya katak karena renang ini dapat di pelajari oleh banyak orang pada waktu libur kegiatan bekerja untuk menghilangkan rasa lelah pada tubuh.

Renang gaya dada yang pertama kali dipelajari oleh kebanyakan orang pada waktu mereka mulai belajar berenang sehingga hal ini disebabkan kesamaan pada gerakan tungkai. Teknik melatih gerakan kaki gaya ini sangat penting di lakukan setiap anggota pemain olahraga renang karena dengan gerakan kaki yang benar akan dapat menambah kecepatan saat berenang.

Diantara beberapa cara dalam gerakan kaki saat berenang adalah : • Pertama kali yang harus di perhatikan setelah meluncur keadaan posisi badan harus terlungkup yang sejajar dengan air kolam • Langkah kan kedua kaki secara bersamaan ke arah samping kemudian kedua kaki tersebut diluruskan seperti posisi kaki katak saat berenang • Lakukan lecutan yang sempurna lalu lakukan gerakan menutup • Lakukan gerakan santai agar dapat melakukannya dengan kemudian lakukan berulang sampai benar Baca Juga : Gaya Lompat Tinggi B.

Teknik Mengambil Nafas Salah satu teknik dalam olahraga berenang ini adalah teknik meluncur karena dengan melakukan luncuran yang sempurna dan bisa bergerak lebih Cepat maka awalan saat renang harus mengeluarkan energi yang ekstra. Diantara beberapa cara yang digunakan untuk meluncur dengan benar adalah : • Berdiri di pinggir kolam satu kaki menempel di dinding kemudian berdiri menopang tubuh.

• Posisikan badan sejajar dengan permukaan air • Lakukan lompatan memulai luncuran untuk mendorong badan dengan mengarahkan ke depan • Setelah masuk ke dalam air posisi badan lurus ke depan sampai dapat melakukan luncuran sejauh mungkin • Jaga keseimbangan di dalam air dan lanjutkan dengan gerakan kaki dan tangan Karena teknik luncuran ini merupakan salah satu faktor yang bisa membuat perenang menjadi pemenang D.

Teknik Gerakan Tangan teknik latihan dengan menggunakan gerakan tangan saat renang gaya dada dapat juga di lakukan dengan sebuah gerakan tangan karena gerakan tangan ini adalah salah satu faktor untuk lebih cepat bisa sampi ketempat finis. Dantara beberapa gerakan tangan tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini : • Kedua kaki harus diletakkan di dinding kolam pada permukaan air • Kedua tangan diluruskan dengan posisi kepala lurus keluar dari permukaan air • Kedua tangan harus ditarik bersama-sama ke renang gaya dada disebut juga dengan bagian dada bawah lalu telapak tangan mengayuh air • Pada gerakan tangan lakukan dengan bantuan papan peluncur Manfaat Renang Gaya Dada Berenang memang salah satu cabang olahraga yang sangat asyik sehingga banyak sekali masyarakat yang senang dengan melakukan olahraga tersebut, dengan demikian tentunya olahraga ini memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan manusia.

Diantara beberapa manfaat tersebut adalah: 1. Menguatkan tulang dan otot Renang gaya dada disebut juga dengan membuat tulang dan otot-otot seluruh tubuh menjadi lebih rileks dari kepala sampai kaki bahkan sampai keseluruh tubuh, berenang dapat menguatkan kekuatan otot sehingga menambah stamina massa otot di usia muda 2.

Efektif bakar lemak olahraga yang baik dan benar maka manfaat yang akan di dapatkan salah satunya untuk membakar kalori hingga 60 kalori bahkan otot perut akan terlihat indah, Pembakaran lemak terjadi setelah 20 menit melakukan renang sehingga pada awal mulai membakar karbohidrat cadangan dan setelahnya baru membakar lemak yang terdapat pada tubuh.

dengan demikian otomatis jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak 3. Menjaga Kadar Kolesterol olahraga yang baik dan benar saat melakukan olahraga 15 sampai dengan 30menit maka kolesterol dalam renang gaya dada disebut juga dengan biasanya dengan mudah akan menghilang karena hasil yang didapatkan mengandung lemak dalam darah menjadi meningkat dan menyebabkan kolesterol yang berlebihan 4. Menghilangkan Stres Selain dapat mencegah kolesterol dalam olahraga renang juga bisa menghilangkan beberapa penyakit dan bisa juga menghilangkan stres namun ada juga mampu menghilangkan berbagai macam penyakit.

5. Cegah risiko penyakit kronis Rutin berenang akan meningkatkan daya tahan tubuh bahkan mampu meningkatkan kekebalan dari penyakit dan dapat fungsi untuk melancarkan aliran dara pada jantung bahkan bisa juga mencegah penyakit sruke.

Sejarah Renang Renang gaya dada memang sudah populer pada tahun 1875 setelah mampu mencatatkan sebagai olahraga dalam berenang dan dapat menyeberangi sungai dan lautan, dan pada tahun 1904 olahraga ini sudah menjadi Olimpiade yang mempertandingkan jenis olahraga dalam tingkat dunia.

sehingga sampailah sekarang ini jenis olah raga ini sedah sampai keseluruh wilayah di indonesia bahkan sampai ke penjuru dunia hampir semua menyukai olah raga renang. Demikian yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini mengenai olah raga renang gaya dada, semoga mermanfaat dan menambah wawasan kita semua tentang dunia olah raga.

Terima Kasih Baca Juga : Teknik Dasar Fitnes Materi Terbaru • Bentuk Bentuk Bela Negara • Contoh Konflik Sosial • Pasal Tentang Ham • Contoh Perjanjian Internasional • Cara Kerja Proyektor – Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis • Benua Asia, Ciri-ciri, Peta, Karakteristik, Gambar dan Pembagian Wilayah renang gaya dada disebut juga dengan Shalat Jum’at – Rukun-Rukun, Syarat Dan Hukum Khutbah • Macam – Macam Alat Ukur Lengkap Dengan Fungsinya • Pengertian Ringkasan – Bentuk, Tujuan, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Contoh • Jenis – Jenis Validitas Beserta Penjelasannya [Lengkap] • Jenis – Jenis Tenaga Kerja Dan Contohnya [Lengkap] • Pengertian Vitamin – Jenis-Jenis, Manfaat, Fungsi dan Dampak • Masyarakat Tradisional dan Modern – Pengertian, Perbedaan dan Ciri-Ciri • Ancaman Terhadap NKRI • Pengertian Kitab-Kitab Allah – Taurat, Zabur, Injil Dan Al-QuranPengertian renang gaya dada adalah berenang dengan dada menghadap ke air, tetapi tidak seperti gaya bebas, badan selalu stabil.

Regangkan tangan Anda ke depan dan tendang kaki Anda ke luar. Rentangkan tangan Anda ke samping sisi air, agar tubuh Anda bisa bergerak lebih cepat. Gerakan tubuh meniru gerakan katak berenang, sehingga kadang disebut gaya katak. Setelah latihan satu tangan dan kaki atau dua latihan tangan dan kaki, bernapaslah dengan mulut di atas air.

Gaya dada adalah metode berenang paling populer dalam renang. Posisi tubuh stabil dan kepala mungkin tidak berada di dalam air untuk waktu yang lama. Dalam pelajaran renang, para pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. • Di dalam air. Kepala konsisten dengan seluruh tubuh. Bahu, paha, dan kaki sejajar. Cegah paha terendam air terlalu rendah. Bahu dan leher rileks sebanyak mungkin. • Gerakan tangan.

Tidak perlu meregangkan lengan terlalu lebar, karena dorongan berasal dari gerakan kaki Gerakkan tangan ke samping dan ke belakang, seolah menyentuh dada bagian atas. • Gerakan kaki. Posisikan lutut Anda lebih lebar dari paha Anda, lalu dorong ke belakang hingga kaki Anda lurus Saat kaki lurus, telapak kaki tetap aktif. • Nafas.

renang gaya dada disebut juga dengan

Angkat bahu untuk mengangkat wajah agar Anda bisa bernapas. Biarkan kepala Anda naik secara alami ke permukaan air untuk menghindari sakit punggung. Tarik napas dari hidung dan mulut saat wajah terkena air • Putar. Tangan Anda harus menyentuh dinding secara bersamaan di bawah atau di atas air. Saat menekuk pinggul, putar tubuh ke samping, tekuk lutut, dan injak dinding dengan kaki. Gerakkan tangan yang lebih tinggi di atas kepala untuk menusuk dan dorong ke dalam air saat menendang keluar dari dinding.

Jaga tangan Anda di bawah tubuh, kembalikan lengan ke depan kepala, dan tendang dengan keras untuk menjaga momentum. Saat mengangkat kepala Anda, pertama-tama kontak air dengan kepala Anda, kemudian mulai gerakan lengan normal, lalu gesek kembali tangan Anda ke tubuh. Setelah digunakan, pengguna gaya dada akan tahu kapan harus mengganti lengan dan kakinya.

Yang terpenting adalah memastikan tubuh terus bergerak maju secara aktif di dalam air. Baca juga: Renang Gaya Punggung Sejarah Renang Gaya Dada Manusia telah berenang dengan gaya dada sejak Zaman Batu, seperti yang digambarkan dalam lukisan di gua perenang dekat Wadi Sora di barat daya Mesir. Diyakini bahwa gaya dada meniru gerakan katak berenang. Pada lukisan dinding orang Asiria dan lukisan relief yang ditemukan di Babilonia. Pada tahun 1538, seorang profesor linguistik Jerman bernama Nicolas Wynman menerbitkan buku renang pertama “Collymbetes”.

Tujuan menulis buku bukanlah untuk mempromosikan renang, tetapi untuk mengurangi risiko tenggelam. Meski begitu, buku ini tetap memuat pengetahuan tentang cara belajar gaya dada. Pada 1696, penulis Prancis Melchisédech Thévenot menulis buku “The Art of Swimming”, menggambarkan gaya dada yang mirip dengan gaya dada saat ini.

Salah satu pembacanya adalah Benjamin Franklin. Kompetisi renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Kebanyakan perenang memakai gaya dada.

Dalam Kompetisi Renang London tahun 1844, banyak perenang India berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Perenang Inggris menggunakan gaya dada, sedangkan perenang India menggunakan gaya bebas. Sampai tahun 1873, orang Inggris suka berenang gaya dada. Pada tahun 1875, kapten Matthew Webb berhasil menjadi orang pertama yang berenang melintasi Selat Inggris. Ia melintasi selat 34,21 kilometer melalui gaya dada dalam waktu 21 jam 45 menit. Olimpiade St. Louis 1904 adalah atlet Olimpiade pertama yang bersaing memperebutkan nomor gaya dada dalam jarak 440 yard (402 m).

Ada kompetisi gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas. Cara Melakukan Renang Gaya Dada Renang gaya dada adalah salah satu cara berenang yang gerakannya mirip dengan katak saat berenang, sehingga renang gaya dada biasa disebut renang gaya katak.

Dalam gaya dada, setiap perenang harus menguasai beberapa langkah. Tahapan gaya dada adalah: • Meluncur. Gerakan meluncur pada renang gaya dada adalah membuat tubuh tengkurap dan renang gaya dada disebut juga dengan dengan air. Luruskan tangan Anda ke depan dan luruskan kaki Anda ke belakang. Ini dilakukan dalam keadaan rileks. • Gerakan kaki. Dalam gaya dada dilakukan dengan menarik kaki ke satu sisi dan menekuk lutut hingga bertemu setelah menampar.

Kemudian regangkan kaki Anda ke samping, lalu lipat kedua kaki Anda. • Gerakan tangan. Gerakan tangan dalam renang gaya dada harus membuat gerakan awal tangan lurus ke depan. Kemudian tarik tangan ke samping sampai telapak tangan sejajar dengan bahu, lalu tarik tangan ke bawah di bawah dada. • Pernapasan. Pernapasan pada renang gaya dada dilakukan dengan mengangkat kepala di atas air. Buang napas saat Anda menarik dada ke bawah dengan tangan. Renang gaya dada dilakukan melalui mulut, lalu buang napas perlahan di dalam air.

Manfaat Renang Gaya Dada Menurunkan berat badan Renang memang dikenal karena efeknya yang sangat efektif dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan. Materi renang gaya dada bisa membakar renang gaya dada disebut juga dengan kalori dalam 10 menit.

Karena itu, manfaat pertama dari renang payudara adalah menurunkan berat badan. Dengan berenang sesuka hati dalam waktu 30 menit, Anda bisa membakar 200 kalori, yang mana lebih banyak kalori daripada berjalan pada waktu yang sama. Jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda bisa berenang secara rutin minimal 30 menit sehari. Semakin cepat dan jauh Anda berenang, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Teknik renangnya adalah dengan melakukan aktivitas berenang selama 10 menit terlebih dahulu, kemudian secara bertahap menambah waktu berenang.

Mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah Manfaat kesehatan renang gaya dada selanjutnya adalah untuk mengontrol tekanan darah. Maka, Gaya dada renang memiliki efek yang baik pada kesehatan sistem kardiovaskular. Karena, berenang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Kemudian, Melalui kerja jantung yang lebih efektif dalam mengambil darah, tekanan darah bisa lebih terkontrol.

renang gaya dada disebut juga dengan

Dalam kasus kontrol tekanan darah, ini juga akan mempengaruhi metabolisme. Selanjutnya, Tubuh akan menggunakan lebih banyak karbohidrat yang dibakar atau cadangan lemak sebagai energi. Namun, Sebuah artikel dari University of California, Berkeley menunjukkan bahwa berenang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

renang gaya dada disebut juga dengan

Akibatnya, perubahan kadar glukosa darah dalam tubuh bisa lebih terjaga. Tingkatkan kerja jantung Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berenang secara teratur juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Karena, Berenang merupakan salah satu olahraga aerobik yang dapat meningkatkan detak jantung. Saat otot jantung kuat, maka pembuluh darah akan semakin banyak mengalirkan darah, sehingga semakin banyak oksigen yang mengalir ke setiap sel organ tubuh.

Kemudian, Manfaat kesehatan dari renang gaya dada membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien dan meningkatkan kemampuannya untuk bekerja. Maka, Semakin stabil detak jantung dan pola pernapasan Anda saat berolahraga, semakin baik kesehatan Anda. Hasilnya, Anda bisa melakukan latihan fisik seperti biasa tanpa cepat lelah, dan Anda bisa bernafas lebih baik.

Mencegah risiko penyakit kronis Masih berkaitan dengan pandangan di atas, manfaat renang gaya dada bagi kesehatan dapat mencegah risiko penyakit kronis. Kemudian, Berenang secara rutin dapat meningkatkan fungsi jantung.

Maka, Denyut jantung yang lebih kuat dan stabil dapat membantu Anda menghindari risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Berenang bahkan telah terbukti menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Berenang juga merupakan olahraga efektif yang dapat meredakan nyeri punggung bawah kronis.

Memperkuat tulang dan otot Berenang mengharuskan Anda renang gaya dada disebut juga dengan terus menggerakkan otot-otot seluruh tubuh dari kepala hingga ujung kaki. Jika dilakukan secara rutin, renang dapat memperkuat dan menjaga kekuatan otot, sehingga massa otot tidak akan turun tajam di usia muda. Maka, Mempertahankan massa otot sejak usia dini membantu menjaga kekuatan tulang.

Bahkan, Otot dan tulang yang lebih kuat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya pikun osteoporosis. Contoh Soal Renang Gaya Dada 1.) Posisi kaki renang gaya dada adalah … a.

renang gaya dada disebut juga dengan

Berdiri tegak b. Kaki terpisah c. Kaki bersama d. Lutut sedikit ditekuk 2.) Jumlah lomba gaya dada putra adalah … a.

50m dan 100m b. 100m dan 200m c. 300m dan 400m d. 400m dan 800m 3.) Jumlah perlombaan gaya dada wanita adalah … a. 100m dan 200m b. 200m dan 400m c. 300m dan 400m d. 400m dan 800m 4.) Nama lain dari renang gaya dada adalah … a. Kolam katak. b. Berenang gratis c. Gaya katak d. Gaya olahraga 5.) Berikut adalah keterampilan dasar gaya dada yang harus dikuasai, namun … a.

Latihan lompat. b. Posisi tubuh. c. Gerakan kaki d. Menghembuskan Untuk info lebih lengkap mengenai renang gaya dada bisa Anda baca pada makalah renang yang sudah banyak ada di internet.
Jika Anda ingin menguasai teknik dasar renangseperti gaya bebas, cobalah mulai berlatih gaya dada terlebih dulu. Apabila melakukan renang gaya dada dengan teknik yang tepat, maka hal ini bisa memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh Anda. Teknik renang gaya dada yang mudah bagi pemula Renang gaya dada atau breaststroke termasuk salah satu teknik renang yang paling mudah pemula pelajari.

Kalau Anda memilih untuk belajar dengan instruktur renang, gaya renang inilah yang umumnya pertama kali diajarkan terlebih dahulu. Alasannya teknik yang juga disebut renang gaya katak ini memungkinkan kepala perenang tetap berada di atas permukaan air. Ketika baru belajar berenang, Anda mungkin belum terbiasa, merasa takut, dan panik untuk menenggelamkan kepala ke dalam air. Nah, renang gaya ini yang juga disebut renang gaya katak memungkinkan pemula belajar berenang lebih santai tanpa harus merasa takut tenggelam.

Pasalnya, gaya renang lain cenderung mengharuskan kepala Anda untuk keluar dan masuk ke dalam air secara bergantian untuk mengambil napas. Bagi para pemula, berikut cara melakukan teknik renang gaya dada yang bisa Anda lakukan. 1. Posisi tubuh dan kepala Posisi tubuh dan kepala yang benar bertujuan untuk meningkatkan teknik gaya dada secara keseluruhan.

Saat berada dalam air, posisi tubuh harus lurus dengan permukaan air dan kepala menghadap ke depan sejajar dengan tubuh Anda. Kemudian jaga posisi bahu, pinggul, dan kaki Anda sejajar, tapi miringkan sedikit tubuh bagian belakang Anda untuk menjaga gerakan tendangan kaki tetap berada di dalam air. Selain renang gaya dada disebut juga dengan, Anda perlu menjaga kondisi bahu dan leher Anda serileks mungkin untuk membantu gerakan lengan dan mengurangi ketegangan.

Saat melakukan gerakan lengan meluncur ke depan, posisikan kepala sedikit menunduk untuk mencegah hambatan air. 2. Teknik gerakan tangan Gerakan lengan dalam renang gaya dada cenderung lebih banyak Anda lakukan dalam air. Pertama, arahkan kedua lengan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan saling bertemu.

Kemudian dorong tubuh Anda agar meluncur ke depan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melatih teknik gerakan lengan. • Dari meluncur dan posisi tubuh lumayan stabil, gerakkan kedua lengan Anda membentuk lingkaran ke luar tubuh. • Cobalah untuk tidak membuat gerakan lingkaran terlalu lebar, karena sebagian besar gaya dorong berasal dari kaki, bukan dari lengan.

• Setelah membentuk satu lingkaran penuh, satukan kedua telapak tangan Anda pada dada bagian atas. • Luruskan kembali kedua lengan ke depan dengan kedua telapak tangan berdekatan, lalu mulai kembali gerakan lengan. 3. Teknik gerakan kaki Berbeda dengan teknik renang gaya bebas (freestyle)mayoritas gaya dorong agar tubuh meluncur ke depan berasal dari tendangan kaki pada renang gaya dada.

Gerakan kaki yang Anda lakukan saat berenang mirip seperti kaki katak saat berenang. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah panduan teknik gerakan kaki pada renang gaya katak. • Setelah meluncur dalam posisi kedua kaki lurus, tekuk kedua lutut ke bawah hingga tumit mengarah ke bokong. Kedua telapak kaki juga mengarah ke permukaan air. • Posisikan kedua lutut terbuka sedikit lebar dari pinggul, menghadap ke bawah, dan berada sedikit di belakang garis pinggul.

• Kemudian lakukan tendangan menyapu ke luar dan ke belakang dalam renang gaya dada disebut juga dengan melingkar. Jaga kaki Anda dalam posisi kuat dan tidak longgar. • Satukan kembali kedua kaki dalam posisi lurus ke belakang, sementara lengan juga lurus ke depan untuk menghindari hambatan air.

renang gaya dada disebut juga dengan

4. Pernapasan Jika Anda sudah mahir berenang dengan gerakan lengan dan kaki, barulah Anda bisa mempelajari teknik pernapasan renang gaya dada. Anda harus bisa menyelaraskan dan menentukan waktu yang tepat untuk mengambil napas. Walaupun lebih mudah daripada teknik lainnya, Anda juga perlu menguasai teknik pernapasan seperti berikut ini.

• Saat kedua tangan berada di depan dada, angkat bahu Anda untuk mengeluarkan wajah dari air untuk menarik napas. • Angkat kepala Anda secara alami dan jangan paksakan untuk menghindari sakit punggung. Jangan juga turunkan pinggul yang dapat menghambat pergerakan.

renang gaya dada disebut juga dengan

• Lanjutkan dengan memasukkan kembali kepala dan buang napas dalam air ketika kedua lengan dan kaki telah rapat dan lurus kembali seperti semua. Manfaat berenang gaya dada bagi kesehatan Walaupun teknik ini cukup mudah untuk pemula kuasai, ada serangkaian manfaat baik yang akan Anda dapatkan jika berenang dengan gaya dada atau gaya katak beriku ini. 1.

Menguatkan tulang dan otot Renang membuat Anda harus terus menggerakkan otot-otot seluruh tubuh, mulai dari kepala sampai kaki. Apabila Anda melakukannya secara rutin, berenang dapat mempertahankan kekuatan otot sehingga massa otot tidak berkurang drastis di usia muda. Mempertahankan massa otot sejak dini juga ikut menjaga tulang Anda menjadi lebih kuat. Pada akhirnya, semakin kuat otot dan tulang Anda dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis di masa senja nanti.

2. Meningkatkan kebugaran jantung dan paru Cepat lelah dan kehabisan napas meski tidak sedang beraktivitas berat bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Nah, rutin berenang bisa membantu Anda mengatasi masalah ini.

Renang adalah olahraga kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga mengalirkan oksigen lebih banyak ke setiap sel organ tubuh.

Hal ini memungkinkan jantung dan paru untuk bekerja lebih efisien serta meningkatkan kapasitas kerjanya. Semakin stabil detak jantung dan laju pernapasan saat beraktivitas, semakin baik pula kebugaran jasmani Anda. Pada akhirnya, Anda dapat beraktivitas fisik seperti biasa tanpa cepat merasa capek, serta dapat bernapas lebih baik lagi.

3. Menjaga tensi dan kadar gula darah stabil Manfaat berenang juga tak kalah baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Aktivitas renang membantu meningkatkan kebugaran jantung. Jantung yang bekerja lebih efisien saat memompa darah bisa membuat tekanan darah Anda lebih terkontrol.

Sirkulasi darah yang baik juga membantu peningkatan metabolisme tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih maksimal membakar cadangan karbohidrat atau lemak sebagai sumber energi. Mengutip jurnal Hormone Molecular Biology And Clinical Investigation pada 2019 menyebutkan berenang membantu peningkatan sensitivitas insulin dengan mengurangi faktor penyebab komplikasi diabetes.

Alhasil, kadar gula darah dalam tubuh Anda bisa lebih terjaga. 4. Membakar lemak lebih efektif Renang termasuk olahraga untuk menurunkan berat badan dan membakar kalori. Berenang gaya dada bolak-balik selama 10 menit bisa membakar hingga 60 kalori. Anda bisa membakar 200 kalori hanya dengan berenang santai selama 30 menit.

Bahkan, jumlah pembakaran kalori ini lebih banyak daripada berjalan kaki dengan durasi yang sama. Pembakaran lemak biasanya terjadi 20 menit setelah berenang, sebab tubuh Anda akan lebih dulu membakar karbohidrat renang gaya dada disebut juga dengan, baru membakar lemak setelahnya. Jika ingin berat badan cepat turun, sebaiknya Anda rutin berenang minimal 30 menit per hari. Semakin cepat dan jauh jarak yang Anda tempuh saat berenang, otomatis jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak.

Untuk pemula, cobalah berenang selama 10 menit lebih dahulu, kemudian tingkatkan durasi dan jarak secara bertahap. Jangan lupa, manfaat berenang untuk menurunkan berat badan akan lebih maksimal jika mengimbanginya dengan pola makan sehat dan seimbang. 5.

renang gaya dada disebut juga dengan

Mencegah risiko penyakit kronis Rutin berenang bisa membantu Anda menjaga dan menguatkan fungsi jantung. Detak jantung yang semakin kuat dan stabil juga bisa menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke hingga diabetes.

Penelitian yang dimuat International Journal Of Biological Macromolecules pada 2018 juga membuktikan bahwa berenang dengan pengobatan tertentu mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah.

renang gaya dada disebut juga dengan

Berenang juga termasuk jenis olahraga yang efektif meringankan sakit punggung bawah atau low-back pain kronis. Improving Breaststroke Technique - Swimming Tips and Advice. Masters Swimming Hub. Retrieved 6 March 2019, from https://www.swimming.org/masters/improving-your-breaststroke-technique/. Best swimming stroke for weight loss - Benefits of the strokes. Just Swim. Retrieved 6 March 2019, from https://www.swimming.org/justswim/best-swimming-stroke-for-weight-loss/.

Williams, L., & Black, H. (2018). Try These Workouts to Build More Strength While Swimming. Verywell Fit. Retrieved 6 March 2019, from https://www.verywellfit.com/swimming-workouts-that-build-strength-4155213.

Marcin, A., & Bubnis, D. (2017). 12 Benefits of Swimming: Weight Loss, Health, and More. Healthline. Retrieved 6 March 2019, from https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming. Schaefer, A., & Bubnis, D. (2018). How Many Calories Do You Burn Swimming?. Healthline. Retrieved 6 March 2019, from https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/how-many-calories-do-you-burn-swimming. Davidson, J. What Are the Benefits of Swimming the Breaststroke?. Livestrong.com.

Retrieved 6 March 2019, from https://www.livestrong.com/article/523742-benefits-of-the-breaststroke/. Ghiasi, R., Naderi, R., Sheervalilou, R., & Alipour, M. (2019). Swimming training by affecting the pancreatic Sirtuin1 (SIRT1) and oxidative stress, improves insulin sensitivity in diabetic male rats.

Hormone Molecular Biology And Clinical Investigation40 (3). https://doi.org/10.1515/hmbci-2019-0011 Xiong, Y., Li, X., Xiong, M., Vikash, S., Liu, P., & Renang gaya dada disebut juga dengan, M. et al. (2018). Chitosan combined with swimming promotes health in rats. International Journal Of Biological Macromolecules1182092-2097. https://doi.org/10.1016/j.ijbiomac.2018.07.067

Video Pembelajaran Renang Gaya Dada




2022 www.videocon.com