Humidifier untuk batuk pilek

humidifier untuk batuk pilek

Tinjauan Medis : dr. Maria Arlene, Sp.Ak Humidifier menambahkan kelembaban pada udara, yang dapat bermanfaat bagi orang dengan gejala pernasapan atau kulit yang kering. Udara yang kering dapat menyebabkan evaporasi atau penguapan kelembaban sehingga . menyebabkan kulit kering dan gejala pernapasan memburuk.

Selain itu humidifier dapat membantu orang dengan gejala iritasi mata, kering pada tenggorokan, alergi, batuk, mimisan, bibir yang pecah-pecah. Terdapat beberapa macam humidier yang tersedia di pasaran, dengan kelebihannya bermasing-masing dan ukuran yang berbeda-beda pula.

Anda dapat memilih humidifier yang dirasa paling cocok untuk rumah atau kantor Anda. Read more Semakin lama masyarakat semakin memperdulikan masalah lingkungan.

Salah satunya adalah kelembapan udara. Sebagian orang menggunakan humidifier untuk mengatasi permasalah udara yang kering, baik itu di rumah atau di kantor. Seperti yang kita ketahui, udara yang kering dapat mengurangi kelembapan pada kulit, serta juga dapat meningkatkan gejala pernapasan yang buruk seiring berjalan waktu.

[1] Humidifier ini dapat membantu untuk orang-orang yang mengalami: [1] • Kulit kering • Iritasi pada mata • Kekeringan di tenggorokan atau saluran udara • Alergi • Batuk yang terlalu sering • Hidung berdarah • Sakit kepala • Bibir pecah-pecah Daftar isi • 1. Menghindari Influenza • 2. Meredakan Hidung Tersumbat • 3. Mencegah Kulit Kering humidifier untuk batuk pilek 4. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala • 5.

Mengurangi Dengkuran Ketika Tidur • 6. Menghangatkan Rumah • 7. Melindungi Perabot dan Lantai di Rumah • Risiko Menggunakan Humidifier • Tips Menggunakan Humidifier 1. Menghindari Influenza Manfaat pertama dari penggunaan humidifier adalah menghindari influenza. Ketika musim dingin atau musim hujan, pilek dan flu merupakan penyakit yang umum terjadi.

Walaupun begitu, kondisi ini sangat tidak menyenangkan karena dapat memengaruhi tidur seseorang. [2] Virus pada kondisi ini dapat dengan mudah berkembang sehingga dapat berpindah dari satu orang ke orang lain.

Namun hal humidifier untuk batuk pilek dapat dihindari dengan memiliki kelembapan udara yang tepat. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa tingkat kelembapan 40 persen atau lebih tinggi dapat menurunkan infektivitas dari virus influenza.

Penurunan tersebut bisa mencapai angka 14 persen. [2] Sedangkan jika kelembapan udara kurang dari 23 persen, maka 75 persen virus yang ada dapat bertahan. Hal ini karena pada kelembapan yang tinggi virus akan menempel pada tetesan uap air, sehingga tidak menempel pada manusia dan menginfeksi secara langsung.

[2] 2. Humidifier untuk batuk pilek Hidung Tersumbat Ketika hidung tersumbat, maka akan terdapat lendir di dalamnya. Jika udara di sekitar kering, maka dapat menyebabkan lendir tersebut menjadi kering dan kental. Lendir inilah yang dapat mengakibatkan hidung tersumbat. [2] Lebih lanjut, lendir yang kering tersebut tidak hanya mampu menyebabkan hidung tersumbat, namun juga sakit tenggorokan dan nyeri sinus.

[2] Karena hal tersebut, maka penggunaan humidifier mampu untuk menambahkan kelembapan pada area tersebut. Dengan meningkatnya kelembapan udara, dahak yang berada di hidung tidak akan kering dan tidak menyebabkan hidung tersumbat. [2] 3. Mencegah Kulit Kering Manfaat ketiga dari penggunaan humidifier adalah mencegah kulit kering. Ketika udara pada sebuah ruangan kering, maka kelembapan kulit juga akan berkurang dan mengakibatkan kulit menjadi kering.

[2] Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka kulit dapat pecah dan menjadi berkerut. Mungkin Anda berpikir bahwa kulit kering tidak menjadi masalah. Kulit pecah dan kerut merupakan efek samping awal dari kulit kering. Jika kulit kering ini terus terjadi, dapat menyebabkan kulit gatal seperti eksim yang dapat menggangu tidur.

[2] Demi mengurangi efek samping ini, banyak masyarakat yang menggunakan lotion dan pelembab bibir. Faktanya, lotion dan pelembab tersebut belum tentu mampu melembabkan tubuh. [2] Ketika hal ini terjadi, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan tingkat kelembapan udara di area sekitar.

Dengan begitu, kulit dapat menyerap kelembapan tersebut dan terhindar dari kulit kering. [2] 4. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala Apakah Anda mengalami ketombe yang terlalu parah?

Apakah Anda sudah menggunakan berbagai jenis perawatan namun ketombe tidak mau hilang? Jika iya, mungkin penyebab Anda ketombe adalah udara yang kering. Sama dengan kulit di bagian tubuh lain, kulit kepala juga dapat kering dan iritasi karena kekurangan kelembapan. [2] Kekeringan inilah yang dapat menyebabkan ketombe sulit untuk dihentikan.

Hal ini juga dapat memengaruhi kesehatan rambut karena rambut memiliki kolagen. Kolagen pada rambut perlu kelembapan pada jumlah tertentu untuk tetap menjaga kekuatan rambut. Jika rambut kekurangan kolagen, maka rambut akan menjadi kering dan rapuh.

Hal inilah yang dinamakan dengan rambut rontok. [2] 5. Mengurangi Dengkuran Ketika Tidur Manfaat selajutnya dari menggunakan humidifier adalah mampu mengurangi dengkuran. Mendengkur merupakan salah satu hal yang mungkin terjadi pada seseorang ketika tidur. Hal ini dapat diperparah dengan kurangnya kelembapan pada udara. [3] Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Ketika udara di kamar Anda kering, tenggorokan Anda akan membengkak dan hidung menjadi tersumbat.

Pada kondisi ini, pergerakan udara yang melalui hidung akan semakin terbatas. [3] Hal inilah yang akhirnya menyebabkan Anda bernapas melalui mulut alih-alih melalui hidung. Ketika bernapas melalui mulut tersebut, akan mengakibatkan suara yang kita sebut dengan dengkuran. [3] Menghadirkan udara dengan tingkat kelembapan yang tepat tentunya mampu untuk mengatasi udara yang kering.

Udara yang lembap juga dapat mengurangi dengkuran ketika tidur. [3] 6. Menghangatkan Rumah Rumah yang dingin identik dengan udara yang kering. Sedangkan rumah yang hangat identik dengan tingginya kelembapan. Dengan menggunakan humidifier, Anda bisa menghadirkan rumah yang hangat untuk tetap nyaman di dalamnya. Terlebih ketika musim dingin datang, alat ini mampu untuk mengatasi hawa dingin yang masuk ke dalam rumah.

[3] 7. Melindungi Perabot dan Lantai di Rumah Bahaya tidak hanya mengancam pada kulit ketika udara kering, namun juga pada perabot humidifier untuk batuk pilek lantai rumah. Jika Anda menggunakan barang-barang yang terbuat dari kayu, usahakan udara di rumah tersebut tidak terlalu kering.

[3] Karena udara yang kering mampu mengurangi tingkat kelembapan pada barang tersebut. Bisa saja perabotan di rumah tersebut menjadi retak dan pecah. [3] Cara utama untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghadirkan udara yang lembap.

Dengan begitu, perabotan dan lantai Anda tetap terjaga dan tidak mudah patah. [3] Risiko Menggunakan Humidifier Dibalik tingginya manfaat menggunakan humidifier, tentu alat satu ini juga memiliki bahaya. Bahaya tersebut adalah: • Luka Bakar Humidifier menghasilkan uap panas. Uap panas dan juga alat yang panas dapat menimbulkan luka bakar jika tersentuh. [4] Bagi Anda yang memiliki anak, jagalah sang anak sehingga tidak humidifier untuk batuk pilek humidifier.

Selain itu, usahakan untuk tidak meletakkan humidifier di kamar anak. [4] • Kondensasi Dinding Udara yang lembap memang penting, namun udara yang terlalu lembap dapat berbahaya. Jika humidifier mengeluarkan terlalu banyak kelembapan, dapat membuat kondensasi pada dinding. Akibatnya dinding di rumah menjadi berjamur dan jamur ini dapat menyebar ke seluruh rumah.

[4] • Meningkatkan Pertumbuhan Bakteri Humidifier memang dapat mengurangi virus penyebab flu. Namun jika humidifier tersebut tidak dijaga kebersihannya, maka bakteri penyebab batuk dan pilek dapat berkembang. [4] Cara membersihkannya pun sebenarnya mudah. Cukup dengan mengikuti aturan yang diberikan produsen tersebut, Anda sudah bisa menjaganya. [4] • Mengeluarkan Mineral dan Mikroorganisme Ketika Anda menggunakan humidifier untuk batuk pilek keran, mineral yang di dalamnya dapat terendap di dalam humidifier.

Jika terlepas ke udara, mineral ini akan muncul seperti debu putih. [5] Sebenarnya hal ini tidak terlalu berbahaya, namun residu atau debu putih yang keluar tersebut dapat mengganggu para penderita asma. Bagi penderita asma, disarankan untuk menggunakan air suling karena air suling memiliki tingkat mineral yang lebih rendah. [4,5] Tips Menggunakan Humidifier Menggunakan humidifier memang mudah, namun penggunaan yang salah dapat mengakibatkan masalah. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan ketika menggunakan humidifier: [1] • Periksa tingkat kelembapan rumah atau kantor • Gantilah air di humidifier secara teratur • Bersihkan humidifier secara teratur • Gunakan air suling atau air yang telah dimurnikan sehingga tidak mengandung mineral • Atur filter yang disarankan pada kertas instruksi 1.

Jon Johnson & Alana Biggers, MD, MPH. Benefits of Using a Humidifier. Medical News Today; 2018. 2. Christina Vanvuren. What are the Benefits of a Humidifier for Your Home?. Molekule; 2019.

humidifier untuk batuk pilek

3. Jeff Flowers. 10 Reasons Why Everyone Should Use a Humidifier. Compact Appliance; 2018. 4. Kristeen Moore & Debra Sullivan, Ph.D, MSN, RN, CNE, COI. Humidifiers and Health. Healthline; 2020. 5. Mayo Clinic Staff. Humidifiers: Air Moisture Eases Skin, Breathing Symptoms. Mayo Clinic; 2021. Memilih humidifier terbaik memang tidak mudah.

Apalagi kini banyak produk humidifier humidifier untuk batuk pilek beragam model dan fiturnya yang canggih, seperti fitur bebas debu dan bakteri yang bisa membantu meringankan gejala batuk pilek maupun alergi.

Untuk membantu Anda saat ingin membelinya, berikut kami sajikan rekomendasi humidifier terbaik lengkap dengan harga beserta ulasannya.

Tapi sebelum itu, simak ulasan terkait humidifier dan cara memilihnya di bawah ini. Kenali manfaat humidifier sebelum memutuskan untuk membelinya! Pada dasarnya, humidifier terbaik tidak hanya menjaga kelembapan saja, melainkan juga memiliki manfaat lain.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya. • Menjaga saluran pernapasan Alat ini membantu menjaga lingkungan sekitar menjadi lembap, sehingga kelembapan hidung dan saluran pernapasan tetap terjaga. Ini karena lendir yang ada pada hidung merupakan salah satu pertahanan tubuh agar virus dan bakteri tidak mudah masuk ke tubuh.

Jadi, apabila kelembapan hidung terjaga, Anda akan terhindar dari batuk dan pilek.

humidifier untuk batuk pilek

Hidung yang kering, selain humidifier untuk batuk pilek virus, juga mudah mengalami iritasi hingga berdarah. Sangat penting menjaga udara lingkungan tetap lembap agar sekeluarga lebih sehat. • Menjaga kesehatan kulit Udara yang kering juga bisa mengganggu kesehatan kulit. Umumnya, kulit akan bereaksi menjadi kemerahan, tampak kering, gatal, bahkan pecah-pecah. Kondisi ini juga bisa terjadi pada bibir, sehingga kadang muncul retakan berdarah.

Namun, apabila menggunakan humidifier terbaik, kondisi kelembapan udara di ruangan akan terjaga, sehingga dapat meminimalisir gangguan kesehatan kulit dan bibir. Alat ini akan membuat Anda tetap sehat meskipun berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama. • Mengatasi gangguan mendengkur Apabila Anda tinggal bersama orang yang memiliki kebiasaan mendengkur, pasti mengalami terganggu akibat suara berisiknya. Solusinya adalah menempatkan humidifier di meja sebelah tempat tidur.

Alat ini bisa membantu menurunkan intensitas suara dengkurannya. • Mencegah terjadinya listrik statis Pada iklim kering atau musim dingin, udara akan lebih sering mengalami adanya listrik statis. Hal ini dapat berbahaya apabila listrik statis tersebut menimbulkan percikan api yang dapat menyambar benda mudah terbakar di dekatnya. salah satu cara mencegah hal ini terjadi adalah dengan melembapkan ruangan menggunakan humidifier yang terbaik.

Alat ini akan membuat udara di sekitar Anda penuh dengan partikel air halus yang dapat mencegah terjadinya listrik statis. • Menjaga furnitur lebih awet Lingkungan yang kering dapat membuat wallpaper mudah mengelupas. Selain itu, furnitur yang terbuat dari kayu juga akan mudah memuai, melengkung, dan terjadi retakan.

Anda harus menjaga lingkungan tetap lembap menggunakan humidifier untuk menghindari hal ini. Melihat banyaknya manfaat humidifier, sudah saatnya Anda memilikinya di rumah. Ditambah lagi kondisi pandemi saat ini yang membuat perlindungan terhadap risiko batuk pilek harus lebih ditingkatkan. Namun, Anda harus memahami pertimbangan ketika membelinya. Perhatikan penggunaan dayanya Humidifier terbaik yang Anda pilih, sebaiknya memiliki penggunaan daya lebih hemat.

Hal ini akan membuat pemakaian listrik di rumah Anda juga tidak mengalami lonjakan drastis ketika menggunakannya. Ada baiknya juga memperhatikan sumber daya humidifier tersebut.

Apakah Anda harus mencolokkannya pada sumber listrik, atau alat tersebut menggunakan daya baterai rechargeable. Pertimbangkan kemampuan melembapkan ruangan Air humidifier terbaik mampu melembapkan ruangan dengan coverage yang luas.

Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunakan dua alat atau lebih untuk satu ruangan. Untuk memastikan hal itu, sebaiknya memilih alat yang humiditasnya lebih luas dari area ruangan. Pada ruang kerja humidifier untuk batuk pilek kamar tidur, jenis desktop humidifier sudah cukup. Namun, apabila ruangan lebih luas, ada baiknya memilih jenis alat pelembap ruangan yang lebih besar, seperti tipe stationary atau console.

Ada juga tipe humidifier yang langsung terpasang pada AC. Pilih humidifier terbaik yang tidak bising Oleh karena humidifier merupakan alat elektrik, sangat mungkin akan menimbulkan bunyi pada saat sedang beroperasi. Namun, beberapa produk mampu mengatasi hal ini dengan sistem operasional yang lebih hening. Dengan memilih perangkat yang lebih tenang, Anda tidak akan terganggu dengan adanya alat tersebut.

Terutama apabila Anda meletakkan humidifier tersebut di ruang kerja atau kamar tidur. Periksa apakah humidifier yang Anda pilih memiliki fitur tambahan Beberapa fitur tambahan yang memberikan nilai plus pada humidifier adalah adanya lampu LED, timer, pengaturan pencahayaan, pengaturan mode penyemprotan kabut, dan auto shut off.

Fitur-fitur tersebut, selain menambah fungsinya, juga membuat alat menjadi lebih aman ketika sedang beroperasi. Contohnya pada fitur auto shut off yang membuat alat otomatis mati ketika jumlah air menipis, sehingga mencegah terjadinya korsleting listrik.

Fitur timer juga memudahkan Anda ketika akan mengatur berapa lama alat pelembap udara tersebut beroperasi. Humidifier terbaik yang memiliki tambahan lampu LED juga bisa membuatnya menjadi pengganti lampu tidur. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan suasana kamar yang menenangkan.

Untuk lebih mengoptimalkan fungsinya, tak ada salahnya memilih humidifier yang juga bisa berfungsi sebagai diffuser. Dengan demikian, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak aromaterapi yang membantu humidifier untuk batuk pilek stres dan mengatasi gangguan kesehatan. Perhatikan kemudahan saat membersihkannya Sebagai alat yang menyebarkan partikel air ke udara di ruangan, Anda harus memastikan humidifier tersebut selalu dalam keadaan bersih.

Hal ini untuk menghindari risiko alat itu justru menyebarkan bakteri dan spora jamur ke seluruh ruangan. Periksa apakah Anda mudah membongkar dan memasang ulang bagian-bagiannya ketika tiba waktunya membersihkannya. Cuci bagian tangki dan outlet kabutnya agar tidak terjadi kerak membandel. Perhatikan jenis kabut yang dihasilkan produk humidifier Produk humidifier bisa menghasilkan uap kabut hangat dan dingin.

Oleh sebab itu, pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Alat yang mengeluarkan kabut hangat mampu membunuh spora dan bakteri. Biasanya jenis ini juga lebih hening ketika beroperasi. Humidifier dengan kabut hangat juga cocok untuk Anda yang sedang mengalami batuk pilek, karena membuat kerja obat lebih baik.

Alat ini juga membuat saturasi kelembapan menjadi lebih tinggi. Adapun produk yang menghasilkan kabut dingin lebih hemat daya. Selain itu, lebih aman, terutama bagi anak-anak, karena minim risiko kebakaran. Alat ini juga membuat ruangan terasa lebih sejuk pada saat udara sangat panas. 10 Rekomendasi humidifier terbaik Apabila Anda memutuskan membeli humidifier untuk membantu mengatasi gejala batuk pilek atau keluhan kesehatan lain, pastikan memilih yang tepat.

Agar lebih mudah dan tidak bingung dalam memilihnya, silakan melihat daftar rekomendasi berikut ini. 10. Smart Frog Waterlily Mini Humidifier Harga : Rp 150.800 Cek Di Shopee Bisa pengisian daya menggunakan power bank Ini merupakan humidifier mobil terbaik berukuran mini.

Anda bisa meletakkannya di dashboard untuk menjaga kelembapan kabin. Humidifier untuk batuk pilek juga cukup mudah, yaitu hanya dengan one button control. Rechargeable battery alat ini bisa Anda isi ulang dengan menggunakan power bank atau laptop. Tak perlu khawatir terjadi korsleting, karena fitur auto off membuat alat otomatis mati ketika air habis. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

9. Aromatherapy Humidifier Preserved Fresh Flower Harga : Rp 285.500 Cek Di Shopee Bentuk unik, menyerupai bola kristal Apabila Anda menginginkan humidifier terbaik yang bias sekaligus menjadi hiasan, produk ini adalah pilihan tepat. Modelnya menyerupai bola kristal dengan bunga di dalamnya dan lampu aneka warna cahaya. Tidak hanya melembapkan, alat ini juga membantu menghilangkan bau tak sedap.

Jadi, ruangan akan terasa lebih segar dan menyenangkan. Produk ini juga memiliki fitur auto off untuk keamanan. Humidifier ini juga tersedia di Shopee.

8. Deerma F628S Air Humidifier Harga : Rp 282.000 Cek Di Shopee Humidifier sekaligus diffuser dan purifier Ingin produk dengan kegunaan komplet? Humidifier yang satu ini bisa jadi andalan menciptakan udara terbaik di rumah. Tidak hanya melembapkan dan memurnikan udara, tetapi humidifier untuk batuk pilek sebagai alat aromaterapi. Alat ini memiliki garis tangki transparan, sehingga Anda bisa dengan mudah mengetahui ketika air sudah habis. Humidifier tipe desktop ini memiliki kapasitas tangki 5 liter, dengan waktu operasi mencapai 12 jam.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial pada tangki, maka ruangan akan penuh dengan udara lembap yang sehat. Apabila ingin mengecek temperatur, cukup dengan melihat pada layar LED yang jernih. Humidifier ini tersedia juga di Shopee. 7. Crane USA Adorable Curtis The Cow Air Humidifier Harga : Rp 990.000 Cek Di Shopee Bentuk lucu, membuat kamar anak makin ceria Humidifier terbaik untuk anak-anak ini memiliki desain lucu.

Tidak hanya berbentuk sapi, melainkan juga Hello Kitty, bebek, dan kodok.

humidifier untuk batuk pilek

Ruangan jadi lebih lembap dan anak-anak terhindar dari batuk pilek akibat udara kering. Kapasitas tangkinya mencapai 3,8 liter dan apabila kosong, alat akan otomatis mati berkat fitur auto off. Tak perlu khawatir tidur anak terganggu, karena alat ini bekerja dalam mode senyap. Keunggulan lainnya adalah humidifier ini memiliki antimicrobacterial yang sudah humidifier untuk batuk pilek FDA. Bahkan, mampu membunuh mikroba hingga 99,96%.

Lindungi kesehatan anak dengan membeli humidifier ini, yang tersedia di Shopee. 6. Dr Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier Harga : Rp 880.000 Cek Di Shopee Kendali mudah dengan satu tombol Perlu humidifier dengan pengoperasian mudah? Alat yang satu ini cocok untuk Anda. Pengaturan pengoperasiannya cukup hanya dengan satu tombol saja. Humidifier dan diffuser terbaik ini mampu membuat udara ruangan jadi berkualitas.

Kapasitas tangkinya adalah 3,8 liter dan mampu menyala terus hingga 30 jam. Apabila Anda sering berada di ruangan ber-AC, gunakan humidifier yang menyemprotkan kabut dingin ke segala arah ini.

Meskipun meletakkannya di meja kerja, Anda tidak akan merasa terganggu suaranya. Alat ini bekerja cukup tenang dan senyap. Humidifier ini bisa Anda temui di Shopee. 5. Babymoov Air Humidifier Hygro Plus Harga : Rp 1.699.000 Cek Di Shopee Memiliki fitur silent ultrasonic Kulit bayi memiliki sifat sangat sensitif, apalagi bagi yang baru lahir.

Udara kering dapat membuat kulitnya kemerahan, gatal, bahkan bersisik. Oleh sebab itu, akan tepat jika meletakkan humidifier terbaik untuk bayi ini di kamarnya. Fitur silent ultrasonic pada alat ini membuatnya bekerja cukup senyap, sehingga tidak mengganggu tidur bayi.

Anda bisa mengatur level humidifying melalui smart touchscreen dengan mudah. Apabila air habis, alat ini akan mati otomatis. Mist nozzle pada humidifier ini bisa mengarah ke 360 derajat, sehingga memenuhi ruangan dengan udara lembap. Fungsikan sebagai diffuser dengan menambahkan minyak esensial lavender agar bayi tidak diganggu nyamuk. Alat humidifier ini bisa Anda beli di Shopee. 4. Panasonic F-PXF35AHN air purifier Harga : Rp 2.400.000 Cek Di Shopee Hemat energi dengan teknologi econavi Tidak hanya sebagai air purifier saja, alat ini juga berperan melembapkan udara di seluruh ruangan.

Teknologi econavi yang membuatnya hemat energi merupakan nilai plus tersendiri. Selain itu, teknologi nanopartikel menciptakan kabut ekstra kecil dan bertahan lama di udara.

Humidifier terbaik tipe stasioner ini juga memiliki fitur timer dan child lock yang membuatnya aman. Anda bisa membeli humidifier ini melalui Shopee. 3. Sharp KCF3OY-W Air Purifier With Humidifying Harga : Rp 2.590.000 Cek Di Shopee Menghilangkan debu penyebab alergi Bernapas lebih lega karena bebas debu dan bakteri bisa membuat Anda terhindar dari batuk pilek saat musim kering.

Alat ini membantu mewujudkan hidup lebih sehat dengan udara bersih. Humidifier ini juga melepaskan ion negatif dan positif untuk mengikat dan menghancurkan mikroba.

Dengan demikian, lingkungan menjadi lebih sehat. Produk tipe stasionery ini cocok untuk orang yang rentan alergi agar hidup lebih sehat. Anda bisa mendapatkan humidifier ini di Shopee. 2. New Crane 4 in 1 True HEPAAir Purifier Humidifier Anak Harga : Rp 2.290.000 Cek Di Shopee Bisa memilih uap panas dan dingin Humidifier ini mampu memenuhi semua kebutuhan Anda.

Selain melembapkan, memurnikan udara, sekaligus sebagai diffuser. Ketiga fungsi ini bisa memberikan kualitas udara terbaik bagi Anda. Alat ini mampu menyerap debu, bakteri dan virus hingga 99,7% berkat True HEPA filternya. Ditambah dengan teknologi UV yang mampu membunuh kuman, membuat udara semakin bersih. Fungsi humidifier-nya membebaskan Anda dari udara kering, dengan menyemprotkan uap hangat dan dingin. Uap hangat dan dingin membantu meringankan keluhan batuk, pilek, dan sinusitis.

Anda bisa membeli pelembap udara ini di Shopee. 1. Boneco E2441A Humidifier Harga : Rp 3.580.500 Cek Di Shopee Pengisian ulang tangki sangat mudah Humidifier Boneco ini tidak hanya melembabkan udara, tetapi juga mengharumkan ruangan, berkat fungsi tambahan sebagai diffuser. Desainnya simpel dan menarik, hingga memenangkan penghargaan Red DOT Design. Pengoperasian humidifier ini cukup mudah, apalagi dengan adanya indikator air.

Tidak usah membongkar humidifier ini untuk pengisian ulang. Anda hanya perlu menuangkan dari bagian atas saja. Saat beroperasi, humidifier ini hanya mengeluarkan suara kurang dari 25 dB. Jadi, tidak berisik dan mengganggu. Anda bisa membeli produk humidifer ini di Shopee.

Kesimpulan • Menjaga kelembapan udara menggunakan humidifier dapat membantu mengurangi gejala batuk, pilek, dan gangguan pernapasan lain. • Ketika membeli humidifier, perhatikan kapasitas tangki, tingkat kebisingan, fitur auto off, dan fungsi tambahan lainnya. • Apabila Anda membutuhkan produk berkualitas yang tidak berisik, mudah pengisian ulangnya, pilih Boneco E2441A Humidifier dengan keunggulan desainnya.

• Agar kamar anak menjadi sehat dan makin ceria, Anda bisa memilih Crane USA Adorable Curtis The Cow Air Humidifier yang modelnya menarik bagi si buah hati. • • Adapun produk yang tidak hanya melembapkan, melainkan juga memurnikan udara, pilihannya adalah Sharp KCF3OY-W Air Purifier With Humidifying dengan fitur penyaring debu.

Referensi • Allergy Buyers Club (2019), How to Choose a Humidifier, https://www.allergybuyersclub.com/learning/humidifiers-cool-mist-warm-review.html • Sylvane (2021), 5 Things to consider When Buying a Humidifier, https://www.sylvane.com/humidifier-buying-tips.html • Mariette Miflin (2021), 10 Things to Consider When Choosing a Room Humidifier, https://www.thespruce.com/room-humidifier-shopping-1908137
Meski manfaatnya beragam, penggunaan humidifier secara berlebihan atau dengan cara yang salah, justru bisa memicu gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, sebelum memilih, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan humidifier yang benar. Cara menggunakan humidifier yang benar Sebelum memasang humidifier, perhatikan beberapa hal berikut ini. • Atur kelembapan dengan baik Jangan buat ruangan terlalu lembap. Soalnya kalau kelewat lembap, bakteri dan lumut justru cepat tumbuh. Ini akan membuat risiko munculnya penyakit seperti asma dan humidifier untuk batuk pilek meningkat.

Untuk mencegah ruangan menjadi terlalu lembap, pastikan kamu sesekali membuka pintu atau jendela agar aliran udara di dalam ruangan bisa berlangsung dengan baik. • Isi humidifier dengan air mineral Air yang diisikan ke humidifier akan disemprotkan kembali ke udara.

Jadi, pastikan kamu menggunakan air yang bersih dan steril, seperti air mineral dibandingkan dengan air mentah. Dengan begitu, risiko adanya partikel berbahaya yang ikut menyebar di udara akan berkurang. • Jaga kebersihan alat dengan baik Setelah selesai menggunkan humidifier, bersihkan alat ini dengan baik. Ganti air dan filter secara berkala. Sebab, jika terus-menerus dibiarkan, air yang ada di dalam alat bisa mengandung bakteri, jamur, maupun partikel berbahaya lain yang dapat memicu penyakit.

Setelah humidifier dibersihkan, pastikan alat tersebut sudah benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali. • Pilih humidifier yang khusus untuk anak Tidak semua humidifier memiliki fitur yang sama, sehingga kalau kamu memutuskan untuk memasangnya di kamar anak, pastikan pilih jenis yang sesuai. Jenis humidifier yang memanaskan air dan menyemprotkan kehangatan di udara sebaiknya tidak digunakan di kamar anak.

Soalnya, suhu hangat berisiko menimbulkan kerusakan di kulit bayi yang masih sensitif. Sebaliknya, jika yang digunakan adalah humidifier yang mengeluarkan udara dingin, pastikan kamu rutin membersihkannya sebab humidifier untuk batuk pilek yang ada di dalam alat lebih berisiko terkontaminasi. Rekomendasi humidifier terbaik Nah, setelah mengetahui cara menggunakan humidifier yang baik, kamu bisa mulai memilih jenis yang paling cocok untuk dibeli.

Berikut ini beberapa rekomendasinya. Humidifier dari Belli to Baby adalah jenis yang mengeluarkan percikan air dingin untuk membuat udara di sekitar lebih lembap. Dilengkapi dengan fitur hemat listrik dan ramah lingkungan, humidifier ini cocok untuk digunakan di kamar bayi dan anak. Belli To Baby Humidifier juga sekaligus bisa menstabilkan kelembapan di udara dan mengurangi polusi akibat asap rokok dan udara yang kotor, sehingga cocok untuk orang yang punya alergi.

Harga: Rp1.750.000 Dengan bentuk yang menarik, humidifier Belli To Baby jenis ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai pelembap tapi juga sekaligus hiasan yang mempercantik ruangan. Selain dengan air, kamu juga bisa mengisi humidifier ini dengan campuran essential oils yang sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa memberikan manfaat ekstra selain menyaring udara dari polusi.

Harga: Rp1.100.000 Boneco Ultrasonic Humidifier S250 ideal untuk digunakan sebagai pelembap ruangan keluarga karena mampu menyemprotkan embun higienis ke udara, sehingga aman untuk anak-anak.

Humidifier ini juga dilengkapi dengan fitur otomatis yang akan mengatur tingkat kelembapan sesuai dengan yang kamu inginkan. Ini bisa mencegah ruangan menjadi terlalu lembap, sehingga risiko munculnya gangguan kesehatan bisa berkurang. Kamu juga bisa menteskan essential oils, sehingga udara tidak hanya lembap, tapi juga harum dan memberikan efek menenangkan.

Harga: mulai dari Rp2.900.000 Humidifier personal dari Crane cocok untuk digunakan di ruangan kecil atau di meja kerja dan bisa berperan sekaligus sebagai diffuser untuk aroma terapi.

Alat ini cocok untuk kamu yang sering berada di ruangan ber-AC dan memiliki kulit yang kering, bibir pecah-pecah, sering mimisan, dan mengalami tenggorokan gatal karena kering. Humdifier ini bisa memberikan kelembapan hingga delapan jam lamanya, sehingga cocok dinyalakan sepanjang malam dan membuat tidur menjadi lebih nyaman dan nyenyak. Harga: mulai dari Rp 500.000 Menggunakan Duux Tag White Humidifier bisa membantu meningkatkan kelembapan pada kadar yang tepat sehingga mata perih, sakit kepala, atau rasa lelah bisa berkurang.

Humidifier ini dilengkapi dengan teknologi khusus yang membuatnya senyap saat bekerja, sehingga tidak akan mengganggu fokus saat berkegiatan maupun saat tidur. Karena embun yang dikeluarkan adalah embun dingin, Duux Tag White Humidifier aman digunakan meski di rumah ada anak-anak dan binatang peliharaan. Harga: mulai dari Rp 1.750.000 Dr. Brown Ultrasonic Cool Mist Humidifier cocok digunakan di kamar bayi, terutama yang memiliki pendingin ruangan.

AC bisa membuat kulit bayi kering dan mudah terserang batuk dan pilek akibat udara yang terlalu kering. Jadi dengan menjaga ruangan tetap lembap di kadar tertentu, kamu bisa membantu mencegah gangguan tersebut. Humidifier ini tidak menghasilkan suara yang besar, sehingga tidak akan mengganggu tidur bayi.

Dilengkapi denga fitur otomatis, alat ini akan mati dengan sendirinya ketika kadar kelembapan yang diinginkan sudah tercapai. Harga: mulai dari Rp990.000 Air purifier yang juga memiliki fungsi melembapkan dari Humidifier untuk batuk pilek ini mampu membersihkan udara sekaligus menjaga kelembapannya. Jadi, kamu bisa menghirup udara yang ideal dan mengurangi risiko sakit karena udara kotor atau kering.

Alat ini memiliki sistem otomatis yang akan menjaga kelembapan tetap humidifier untuk batuk pilek di angka yang ideal yaitu 60%, sehingga bisa menekan pertumbuhan bakteri, jamur, dan hal berbahaya lain. Harga: mulai dari Rp2.550.000 Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang merk air purifier terbaik, kali ini kita akan membahas humidifier terbaik.

Beberapa orang mungkin menganggap air purifier dan humidifier ini sama padahal nyatanya tidak sama. Air purifier sendiri berfungsi untuk membersihkan udara dari bakteri, debu, virus dan humidifier untuk batuk pilek sedangkan Humidifier berfungsi untuk melembapkan udara di ruangan yang kering. Humidifier ini sangat bermanfaat ketika musim kemarau tiba, karena pada musim ini kondisi kulit menjadi sedikit lebih kering dan menyebabkan ketidak nyamanan.

humidifier untuk batuk pilek

Agar kondisi kulit tetap terjaga kesehatannya dan kelembapannya, humidifier sangat diperlukan. Table of Contents • Tips Memilih Humidifier Yang Humidifier untuk batuk pilek • 1.

Pilihlah Humidifier Sesuai Dengan Proses Kerja dan Manfaatnya • 2. Pilih Produk Berdasarkan Daya Humidifikasi dan Ukuran Ruangan • 3. Pastikan Tingkat Kelembapan Tidak Membuat Ruangan Terlalu Lembap • 4. Perhatikan Kelebihan Lainnya Dari Produk Humidifikasi • 5.

Pilih Produk Yang Penggunaan dan Perawatannya Mudah • Rekomendasi Merk Humidifier Terbaik • 1. Boneco Steam Humidifier S450 • 2. Baseus Slim Waist Humidifier • 3. Babymoov Hygro+ Humidifier • 4. Crane USA Personal Humidifier & Aroma Diffuser • 5. Crane Adorable Humidifier Curtis the Cow • 6. CIJI Maple Deer Humidifier • 7. Deerma DEM-SJS600 Ultrasonic Humidifier • 8. Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier • 9. Deerma F628 Air Humidifier + Aroma Oil Space • 10.

Dyson Humidifier • 11. Fujisan Volcano Humidifier • 12. Honeywell Humidifier • 13. Inone Cool Mist Humidifier Purifier Motif Rusa • 14. Smart Frog Waterlily Humidifier • 15. Taffware Humi H24 Electric Humidifier • Penutup • Related posts: Tips Memilih Humidifier Yang Bagus Ada beragam merk humidifier yang dijual dipasaran, dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Agar kamu tidak bingung ketika memilihnya, berikut ini ada beberapa tips memilih humidifier yang bagus 1. Pilihlah Humidifier Sesuai Dengan Proses Kerja dan Manfaatnya Tahukah kamu jika humidifier dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu warm mist humidifier dan cool mist humidifier. Masing-masing tipenya memiliki keunggulan sendiri yang mesti kamu pertimbangkan. Warm mist humidifier, seperti namanya produk ini akan menghasilkan kabut yang hangat untuk mengurangi bakteri, kuman dan meredakan batuk.

Dengan menggunakan produk ini ruanganmu akan terasa lebih hangat, namun tipe ini memerlukan lebih banyak energi. Walaupun produk ini humidifier untuk batuk pilek membantu meredakan batuk, warm mist humidifier ini tidak cocok digunakan ketika pilek karena dapat membuat proses bernafas lebih sulit. Cool mist humidifier, produk ini menghasilkan sensasi dingin yang aman untuk anak-anak dan bayi.

Tipe ini lebih hemat energi hanya saja produknya tidak menghasilkan uap yang cukup panas sehingga daya humidifikasinya terasa lebih lama. Alat ini cocok diletakkan di tempat relaksasi seperti kamar tidur dan ruang baca. Yang perlu kamu perhatikan lagi, karena tidak dipersenjatai dengan elemen pemanas, air di dalam tangkinya tidak bisa steril otomatis humidifier untuk batuk pilek kamu perlu menggantinya secara teratur. 2. Pilih Produk Berdasarkan Daya Humidifikasi dan Ukuran Ruangan Ada berbagai macam ukuran humidifier yang dijual, nah sebelum memutuskan untuk membelinya ketahui terlebih dahulu seberapa luas ruangan.

Dengan begitu, kamu pun menjadi lebih mudah untuk memilih produk yang tepat. Jika kamu memiliki ruangan yang kecil hingga medium, humidifier desktop atau tabletop humidifier bisa dipilih. Humidifier ini memiliki ukuran yang ringkas sehingga sangat mudah diletakkan dimana saja ataupun dibawa. Namun, kamu harus sering-sering mengisi ulang tangki airnya. Untuk ruangan yang luas, pilihlah stationary atau console humidifier.

Umum humidifier ini memiliki tangki antara 5 liter keatas sehingga kamu dapat menikmati hawa lembap tanpa harus sering-sering mengisi ulang tangkinya. Selain itu, humidifier ukuran ini juga memiliki fitur lainnya seperti air purifier dan diffuser. 3. Pastikan Tingkat Kelembapan Tidak Membuat Ruangan Terlalu Lembap Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan ketika memilih humidifier yaitu memeriksa kekuatan melembapkannya.

Carilah produk yang kelembapannya dapat diatur agar ruangan tidak terlalu lembap. Sebab jika ruangan terlalu lembap sangat tidak nyaman untuk ditempati dan bisa juga menyebabkan tumbuhnya jamur pada dinding.

4. Perhatikan Kelebihan Lainnya Dari Produk Humidifikasi Perlu kamu ketahui, beberapa produk humidifier juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya.

Selain melembapkan ada juga yang menawarkan fitur menarik seperti aromatherapy, automatic shut-off hingga pengaturan arah uap.

Dengan adanya berbagai fitur ini, sudah pasti kamu harus mengeluarkan budget yang lebih besar. 5. Pilih Produk Yang Penggunaan dan Perawatannya Mudah Yang tak kalah pentingnya dari point diatas yaitu kemudahan penggunaan dan perawatannya juga harus kamu perhatikan. Pastikan produk yang kamu pilih mudah digunakan agar kamu tidak bingung ketika mengoperasikannya. Jika bingung kamu bisa tanyakan langsung kepada penjual. Selain penggunaan, perawatannya juga mesti kamu perhatikan. Apapun itu merknya, pastikan jika air di dalam tangki bisa diganti dnegan mudah.

Saluran pipa pada humidifier juga harus kamu perhatikan, pastikan jika pipanya cukup mudah untuk dibersihkan. Rekomendasi Merk Humidifier Terbaik Jika kamu sudah memahami cara memilih humidifier yang bagus. Kini saatnya kamu memilih produk humidifier yang kamu butuhkan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi merk humidifier terbaik 1. Boneco Steam Humidifier S450 photo via shopee.co.id Buat kalian yang ingin menciptakan lingkungan dalam ruangan yang sehat, bisa gunakan produk humidifier satu ini.

Produk ini dikatakan memiliki uap yang hangat ditangan sehingga aman untuk anak-anak.

humidifier untuk batuk pilek

Berkat pemanasnya, bakteri dapat dihilangkan dan mineralnya dipertahankan di dalam unit. Humidifier ini menjamin melembapkan ruangan yang sehat terlepas humidifier untuk batuk pilek kualitas dan kandungan mineral air. Terdapat fitur cerdas seperti auto dan sleep-mode yang memastikan alat sangat nyaman digunakan.

Humidifier ini memiliki 3 level humiditas ruangan yang dapat diatur sendiri. Untuk tangki airnya sendiri sangat mudah mengisi air di dalamnya dan dengan adanya handle membuat tangki lebih mudah dikeluarkan.

2. Baseus Slim Waist Humidifier photo via tokopedia.com Jika kalian berada di ruangan ber-AC setiap hari, tidak bisa dipungkiri kulit akan terasa kering.

Untuk menghindari kekeringan yang berlanjut kamu bisa menggunakan alat satu ini. Sebab humidifier terbaik ini dapat diletakkan dimana saja karenan bersifat portable.

Produk ini memiliki desain ramping dengan sentuhan gaya minimalis. Baseus Slim Waist Humidifier ini memiliki mode pencahayaan yang dapat menghangatkan suasana ruangan terlebih ketika ruangan gelap. Waktu istirahatmu juga tidak akan terganggu karena dilengkapi dengan msin ultasonik yang bekerja kurang dari 25 dB. 3.

humidifier untuk batuk pilek

Babymoov Hygro+ Humidifier photo via tokopedia.com Seperti nama produknya, humidifier ini sangat cocok digunakan untuk kalian yang memiliki bayi. Alat ini dapat mengatur tingkat kelembapan dengan tangan atau srcara otomatis dan memonitornya bersamaan dengan suhu ruangan pada layar sentuh. Terdapat juga lampu malam yang berwarna-warni yang bisa dikendalikan melalui layar. Babymoov Hygro+ Humidifier ini sangat cocok digunakan untuk kamar berukuran hingga 20 m². Teknologi silent ultrasonic-nya khusus dibuat agar bayi tidur nyenyak tanpa terganggu dengan suara alat.

Ketika jumlah air tidak mencukupi, alat ini akan mati secara otomatis. 4. Crane USA Personal Humidifier & Aroma Diffuser photo via shopee.co.id Merk humidifier terbaik selanjutnya ada Crane USA Personal Humidifier & Aroma Diffuser. Produk ini tidak hanya dapat melembapkan saja, tapi juga dapat mengharumkan ruangan berkat fitur tambahannya yaitu diffuser. Alat ini juga sangat tepat digunakan diruangan ber-AC agar tubuh semakin rileks dengan adanya aroma essential oil.

Produk ini juga telah teruji oleh FDA (Food and Drug Administration). Selain itu produknya juga telah tersertifikasi BPA free. Material yang digunakan sudah terbukti dapat menghilangkan pertumbuhan bakteri sampai dengan 99.68% 5. Crane Adorable Humidifier Curtis the Cow photo via tokopedia.com Crane Adorable Humidifier Curtis the Cow merupakan merk humidifier terbaik yang dapat kamu letakkan di kamar si kecil apalagi jika kamu menggunakan AC.

Produk ini dapat membuat ruangan si kecil menjadi lembap karena udara yang kering tidak baik untuk sistem pernafasan si kecil. Kapasitas tempatnya sebesar 3.8 liter dan sangat mudah diisi ulang. Alatnya pun tidak berisik sehingga akan membuat si kecil tertidur nyenyak.

Dengan ultrasonic cool mist, mampu meningkatkan kelembapan udara agar memudahkan si kecil bernapad dan tidur pada malam hari. 6. CIJI Maple Deer Humidifier photo via shopee.co.id Humidifier ini memiliki bentuk dan warna yang cocok sekali dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Ukurannya yang kecil, memungkinkan produk ini dapat dibawa berpergian atau diletakkan dimana saja.

CIJI Maple Deer Humidifier ini dapat digunakan selama 4 jam. Dilengkapi dengan lampu LED, produk ini akan sangat cantik untuk menemani tidur. 7. Deerma DEM-SJS600 Ultrasonic Humidifier photo via tokopedia.com Tak perlu repot-repot mengisi air berulang-ulang, karena kapasitas dari tangkinya sendiri sekitar 5L yang dapat melembapkan ruangan selama belasan jam. Tangki dari produk ini didesan dengan tiga lapisan proteksi untuk mencegah air terkontaminasi dari berbagai bakteri atau partikel dari luar.

Yang menarik dari produk ini yaitu bisa digunakan sebagai humidifier untuk batuk pilek. Kamu hanya perlu mengisikan minyak esensial favoritmu kedalamnya saja. 8. Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier photo via shopee.co.id Udara yang kering bisa membuat kulit menjadi kering hingga bersisik.

Untuk menghindari kulit yang kering, kamu dapat menggunakan pelembap udara dari Dr.Brown’s yaitu Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier. Dengan menggunakan alat ini, dapatkan udara lembap dalam waktu yang lama.

Kamu juga akan terhindar dari kulit kering yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan iritasi. Menggunakan humidifier ini cukup mudah, hanya dengan 1 control button saja alat ini sudah bisa digunakan dengan baik.

Jaminan keamanan juga terjamin berkat fitur auto shut-off untuk mencegah konsleting listriknya. 9. Deerma F628 Air Humidifier + Aroma Oil Space photo via shopee.co.id Next ada Deerma F628 Air Humidifier + Aroma Oil Space sebagai merk humidifier terbaik.

Alat pelembap udara ini memiliki keterangan temperatur ruangan dalam satuan celsius di LED screen-nya. Produk ini juga memiliki indikator jumlah air yang transparan yang dapat memberitahumu kapan harus mengisi tangki air. Disisi kanan dan kiri LED screen alat ini tertera panel sentuh untuk menjalankan fungsi humidifikasi atau timer. Oh iya, produk dari Deerma ini juga memiliki mini box yang bisa kamu teteskan dengan essential oil agar ruangan menjadi lebih nyaman.

Kapasitas dari produk ini sekitar 5 L dengan daya melembapkan 300 ml perjam. 10. Dyson Humidifier photo via dyson.com Selain mengeluarkan produk pengering rambut, Dyson juga memiliki produk pelembap udara. Pelembab udaranya dapat membunuh bakteri di dalam air hingga 99,9% dengan teknologi Ultraviolet Cleanse, membuat setiap tetes air terkena sinar UVC.

Humidifikasi yang tenang dan higienis Humidistat cerdas dan pengaturan pengatur waktu tidur dengan mati otomatis memastikan penggunaan terus menerus hingga 18 jam pada satu tangki air.

11. Fujisan Volcano Humidifier photo via tokopedia.com Humidifier ini memiliki bentuk yang unik seperti gunung merapi, ya karena memang alat ini terinspirasi dari gunung berapi terlihat dari namanya. Fujisan Volcano Humidifier ini memiliki kapasitas air 160 ml dan dapat digunakan untuk 2 cara yaitu USB dan DV 5V USB adapter. Ketika air habis, alat ini akan otomatis mati sehingga aman digunakan. Buat kalian yang ingin menikmati aroma theraphy, tambahkan essensial oil ke dalamnya untuk efek menyegarkan dan kenyamanan.

12. Honeywell Humidifier photo via honeywellstore.com Produk produksi dari Honeywell ini bisa kamu andalkan untuk melembapkan udara ruangan. Tak hanya cocok diletakkan di ruang tamu, humidifier ini juga bisa diletakkan di kamar bayi. Untuk kalian yang menggunakan AC, produk ini sangat cocok diletakkan di ruangan sehingga udara tidak akan terlalu kering akibat AC.

13. Inone Cool Humidifier untuk batuk pilek Humidifier Purifier Motif Rusa photo via walmart.ca Memiliki desain yang cantik, humidifier ini cocok sekali diletakkan untuk menghiasi ruangan.

Dengan tanduk rusa yang menggemaskan ini, dijamin ruanganmu terasa lebih cantik. Menariknya lagi terdapat LED dengan 7 warna berbeda yang menjadi daya tariknya. Bagaimana tertarik memilikinya? Untuk kapasitas airnya sendiri sekitar 220 ml yang dapat digunakan sekitar 6 – 12 jam. 14. Smart Frog Waterlily Humidifier photo via humidifier untuk batuk pilek Next ada Smart Frog Waterlily Humidifier, salah satu merk humidifier terbaik.

Berbeda dari humidifier lainnya, produk ini memiliki tangki berupa botol air mineral. Botolnya juga bisa kamu ganti dengan botol air mineral yang ukurannya tidak lebih dari 600 ml. Ada yang menarik dari humidifier ini, jika tidak ada sumber listrik alat ini bisa dipasangi dengan tiga buah baterai AAA. 15. Taffware Humi H24 Electric Humidifier photo via blibli.com Terakhir ada Taffware Humi H24 Electric Humidifier.

Produk ini dilengkapi dengan lampu LED yang akan memancarkan suasana menyenangkan di ruangan. Ketika tidak dinyalakan, produknya akan berwarna putih cocok sekali dengan suasana minimalis. Selain lampu LED, alat ini dilengkapi dengan remote control yang mempermudahmu dalam mengoperasikannya dari jauh. Jika ingin suasana tenang dan nyaman, bisa juga menambahkan aroma kedalamnya. Penutup Itulah beberapa rekomendasi merk humidifier terbaik yang bisa kamu pilih untuk melembapkan ruangan.

Kamu juga bisa memperhitungkan humidifier yang memiliki tambahan fitur yang bermanfaat seperti auto shut-off dan timer demi kenyamanan. • 15 Rekomendasi Merk Diffuser Terbaik Untuk… • 8 Merk Baterai Hp Terbaik dan Awet • 15 Merk Pengharum Mobil Yang Bagus Dan Tahan Lama • 15 Merk Kipas Angin Berdiri Terbaik Dan Awet • 10 Merk Semen Terbaik Untuk Kualitas Bangunan Yang Kuat • 15 Merk Lampu LED Terbaik Dan Tahan Lama • 15 Merk Tisu Wajah Terbaik Dengan Kualitas Yang Bagus • 15 Merk Keju Mozzarella Terbaik Dan Murah
Penggunaan humidifier mampu menjaga kelempan udara.

Meski demikianAnda harus mem p erhatikan aturan penggunaan humidifier agar manfaat nya bagi kesehatan dapat diperoleh. Humidifier merupakan alat pelembap udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Penggunaan humidifier tidak hanya membuat kelembapan udara terjaga, tapi juga humidifier untuk batuk pilek membantu mengatasi iritasi yang dipicu oleh udara kering, seperti kulit kering, bibir humidifier untuk batuk pilek, pilek, hingga sakit tenggorokan.

Namun, perlu diingat bahwa pemakaian humidifier yang berlebihan justru dapat memperburuk gangguan pernapasan. Memahami Manfaat Humidifier Penggunaan humidifier mampu menjaga kelembapan udara sehingga membawa ragam manfaat bagi kesehatan, seperti: 1.

Mencegah sakit tenggorokan Sakit tenggorokan bisa terjadi ketika kadar kelembapan di ruangan sangat rendah. Humidifier dapat meringankan kondisi ini dengan cara meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan sehingga mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan dan mencegahnya terulang kembali.

2.

humidifier untuk batuk pilek

Melembapkan kulit dan bibir pecah-pecah Penggunaan humidifier dapat membantu mencegah kulit kering dan bibir pecah-pecah, terutama jika Anda sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC. Pasalnya, penggunaan AC dalam waktu yang humidifier untuk batuk pilek dapat membuat udara menjadi kering sehingga menurunkan kelembapan kulit dan bibir.

3. Mencegah atau mengurangi risiko iritasi mata Debu dan partikel asing dapat bertebaran dengan sangat cepat saat udara kering sehingga mudah mengiritasi permukaan mata.

Dengan menggunakan humidifier, kelembapan udara dapat lebih terjaga sehingga mampu mengurangi penyebaran partikel debu di udara yang memicu iritasi mata. 4. Meredakan flu dan batuk Flu dan batuk dapat semakin parah jika Anda berada di lingkungan udara yang kering, sehingga penggunaan humidifier dapat membantu meredakan flu dan batuk yang diderita.

Bahkan tak hanya itu saja, humidifier juga bermanfaat menghilangkan ketidaknyamanan termasuk hidung mampet, akibat gejala alergi yang sering menyerang saluran pernapasan juga dapat menjadi solusi untuk mengeluarkan dahak secara alami. 5. Mencegah mimisan dan radang tenggorokan Udara yang terlalu kering juga dapat memicu mimisan, sehingga penggunaan humidifier dapat membantu mencegah sekaligus mengatasi kondisi ini.

Selain itu, penggunaan pelembap udara ini juga bisa mencegah Anda dari penyakit radang tenggorokan serta mengobati suara serak yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

6. Mencegah penularan COVID -19 Penggunaan humidifier diyakini dapat membantu mencegah penularan virus Corana karena penularan COVID-19 akan lebih mudah terjadi pada cuaca yang dingin dan kering. Namun, efektivitas humidifier terkail hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Idealnya, kelembapan udara dalam ruangan berkisar antara 30 hingga 50 persen. Kelembapan udara yang terlalu rendah bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan mengiritasi saluran pernapasan. Namun, kelembapan yang terlalu tinggi juga tidak baik, karena dapat menyebabkan udara ruangan menjadi pengap dan memicu pertumbuhan jamur, bakteri, serta tungau.

Kekurangan Humidifier Beberapa tipe humidifier tidak dilengkapi dengan alat pengukur kelembapan, seperti humidistat atau hygrometer. Hal ini membuat Anda perlu untuk mengecek kelembapan udara di ruangan secara manual agar kelembapan udara tetap terjaga.

Jika udara di ruangan terlalu lembap, pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa meningkat dan merusak struktur bangunan. Selain itu, beberapa tipe humidifier menghasilkan suara yang bising ketika mulai bekerja. Namun, Anda bisa menggantinya dengan model ultrasonik yang lebih tenang. Di balik kelebihan yang dimiliki humidifier, terdapat pula dampak negatif yang perlu Anda waspadai jika alat ini tidak dijaga kebersihannya, yaitu: Memicu p ertumbuhan bakteri dan jamur Humidifier harus dibersihkan secara rutin.

Jika Anda malas membersihkannya, Anda berisiko terkena infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Memicu kekambuhan alergi Humidifier yang kotor justru dapat mengotori udara di dalam ruangan, sehingga dapat menyebabkan kambuhnya gejala alergi dan asma. Oleh karena itu, bersihkanlah humidifier secara rutin dengan cara yang benar.

Tips Membersihkan Humidifier Dalam membersihkan humidifier, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan: 1. Bersihkan humidifier setiap 3 hari sekali Bersihkan bagian tangki humidifier dari endapan mineral dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida. Anda humidifier untuk batuk pilek rutin membersihkan tangki humidifier setiap 3 hari sekali agar pertumbuhan jamur dan humidifier untuk batuk pilek terhambat. 2. Selalu bilas tangki setelah dibersihkan Biasakan untuk membilas tangki dengan air bersih setelah dibersihkan.

Ini dilakukan agar tidak ada bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tangki. 3. Ganti air humidifier secara rutin Sebelum Anda mengganti air humidifier, hendaknya kosongkan tangki humidifier terlebih dahulu. Kemudian keringkan bagian dalam tangki dan isi kembali dengan air bersih.

Sebaiknya ganti air humidifier setiap hari. 4. Gunakan air sulingan atau demineralisasi Anda disarankan untuk mengganti air humidifier dengan air sulingan (demineralisasi). Hal ini bertujuan untuk mengurangi debu mineral yang ikut dilepaskan ke udara. Selain itu, membersihkan tangki menggunakan air sulingan juga bermanfaat mengurangi endapan mineral yang memicu pertumbuhan bakteri.

Penggunaan humidifier di ruangan yang memiliki tingkat kelembapan rendah memang sangat bermanfaat. Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit pernapasan tertentu, seperti asma, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memasang humidifier di ruangan rumah Anda.
• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

• Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 25 Agustus 2020 Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani - Ditinjau oleh: dr.

Ursula Penny Putrikrislia Humidifier adalah alat yang berfungsi melembapkan udara untuk mencegah iritasi akibat kekeringan dalam ruangan.

humidifier untuk batuk pilek

Selengkapnya simak fungsi, bahaya, dan cara menggunakannya di bawah ini! Apa Itu Humidifier? Humidifier adalah alat yang mengeluarkan uap air atau steam untuk meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan.

Alat ini mampu mencegah kekeringan yang dapat menyebabkan iritasi di beberapa bagian tubuh. Humidifier sangat efektif untuk mengatasi kekeringan pada kulit, hidung, tenggorokan, dan bibir. Alat ini juga dapat meredakan beberapa gejala yang disebabkan oleh flu atau flu biasa. Namun, penggunaan yang berlebihan berpotensi memperburuk masalah pernapasan. Fungsi Humidifier untuk Kesehatan Humidifier adalah alat yang biasa digunakan ketika musim panas atau musim hujan untuk mencegah kekeringan dalam ruangan.

Kekeringan dapat mengganggu sistem pernapasan sampai mengakibatkan bibir kering. Berikut ini adalah sejumlah fungsi humidifier untuk kesehatan: 1. Mengatasi Gejala Flu Jika mengalami pilek atau flu, alat pelembap udara ini dapat membantu meringankan berbagai gejala yang muncul bersamaan dengan sakit. Gejalanya mungkin termasuk sesak napas, hidung tersumbat, dan tenggorokan kering dan nyeri.

Mengatasi gejala flu dengan humidifier tidak hanya membantu Anda untuk beristirahat yang sangat dibutuhkan tubuh, tetapi juga dapat membantu mempercepat waktu pemulihan secara keseluruhan. Pelembap udara ini juga dapat mengurangi risiko terkena flu.

2. Mencegah Batuk Kering Udara kering dapat menyebabkan batuk kering atau batuk tidak produktif. Sebagai solusinya, menambahkan kelembapan ke udara menggunakan alat ini bisa membuat saluran napas menjadi lebih lembap. Kondisi ini pada akhirnya dapat membuat batuk lebih produktif alias menghasilkan dahak.

Batuk kering dapat menyebabkan sakit tenggorokan. 3. Mengurangi Dengkuran Meningkatkan kelembapan udara ruangan juga dapat mengurangi dengkuran. Jika udara ruangan kering, saluran pernapasan akan cenderung tidak cukup terlumasi dan dampaknya dapat memperburuk dengkuran. Mengingat fungsi humidifier dapat melembapkan udara ruangan, dengkuran humidifier untuk batuk pilek tidur malam dapat dikurangi.

4. Menjaga Kelembapan Kulit dan Rambut Ketika musim dingin atau musim hujan, sebagian orang mengalami kekeringan pada kulit, bibir, dan rambut yang menjadi rapuh.

Banyak jenis alat penghangat udara ruangan rumah atau kantor dapat membuat kulit kering, gatal, atau bersisik.

Udara dingin di luar juga dapat menyebabkan kulit mengering. Cobalah menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan udara dalam ruangan untuk membantu mengurangi kemungkinan kulit kering dan pecah-pecah. 5. Meredakan Gejala Alergi Humidifier adalah alat yang bagus untuk membantu meringankan gejala alergi.

Alat ini juga dapat mencegah munculnya tungau debu rumah yang menyebabkan alergi. Bahkan penderita alergi akan cenderung merasa lebih nyaman dengan kelembapan yang tinggi karena dapat membantu menenangkan jaringan di tenggorokan dan saluran hidung. 6. Menjaga Silia Hidung Tetap Sehat Manfaat humidifier membantu menjaga silia di hidung tetap sehat dan efektif. Silia adalah jaringan kecil dalam rongga hidung yang berfungsi untuk membersihkan kotoran.

Ketika Anda bernapas, silia dan lendir di dalam hidung akan membantu menangkap beberapa polutan yang mengambang di udara. Polutan ini termasuk debu, bulu, jamur, dan segala humidifier untuk batuk pilek partikulat lain yang seharusnya tidak masuk ke paru-paru. Saat menghirup udara kering, silia tidak dapat melakukan tugasnya secara efektif sebagaimana mestinya. 7. Menenangkan Sinus Kelembapan yang rendah dapat mengeringkan saluran sinus.

humidifier untuk batuk pilek

Kondisi inilah yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada hidung, tekanan sinus, sakit kepala, dan bahkan hidung berdarah. Ketika hidung tersumbat, fungsi humidifier dapat membantu membersihkan hidung secara alami. Udara lembap membantu menjaga lendir tetap mengalir, mengurangi kemungkinan hidung tersumbat. Memiliki tingkat kelembapan udara yang optimal tidak hanya membantu menenangkan sinus, tetapi juga membantu mengurangi kemungkinan mengalami hidung berdarah dan memungkinkan untuk membersihkan lendir yang berlebih sehingga dapat bernapas dengan lebih lancar.

humidifier untuk batuk pilek

8. Membantu Menghangatkan Rumah Semakin lembap udara ruangan dalam rumah, semakin hangat rasanya. Di sisi lain, udara yang lebih kering cenderung terasa lebih dingin. Fungsi humidifier di musim dingin akan membantu menjaga suhu pada tingkat yang nyaman, tanpa membebani alat pemanas.

Bahkan, disarankan untuk menggunakan kedua alat ini bersama-sama saat suhu mulai turun. Baca Juga: Apa Perbedaan Virus dan Bakteri? Begini Penjelasan Lengkapnya Bahaya Humidifier bagi Kesehatan Meskipun bermanfaat untuk mengatasi gejala dan mencegah penyakit, alat pelembap udara ini juga memiliki beberapa bahaya atau efek samping yang tidak baik jika digunakan tidak benar. Berikut ini sejumlah bahaya humidifier bagi kesehatan: 1. Memicu Pertumbuhan Bakteri Manfaat humidifier memang bisa menjadi cara yang efektif untuk melembapkan udara, tetapi memiliki risiko yang perlu diperhatikan cara menggunakannya.

Alat ini bekerja dengan mengubah air menjadi uap yang menyebar di udara. Jika tangki air pada alat pelembap udara ini kotor, uap yang dihirup juga kotor. Tangki dalam kondisi gelap dan lembap adalah lingkungan yang dapat menumbuhkan kuman dan bakteri, tetapi membersihkan alat ini secara rutin dapat membantu mencegah perkembangan bakteri.

2. Udara Terlalu Lembap Udara lembap memang bisa menjadi hal yang baik bagi kesehatan, tetapi kadar yang berlebihan bisa membuat sesak napas dan beberapa gejala alergi menjadi lebih buruk. Misalnya, alergen umum seperti tungau debu, jamur, dan lumut (biasanya tumbuh di lingkungan yang lembap). Tingkat kelembapan udara dalam ruangan harus antara 30 dan 50 persen. Tingkat kelembapan di atas 60 persen terlalu tinggi.

Menggunakan alat pelembap udara juga harus memiliki pengukur kelembapan atau disebut hygrometer. Beberapa alat pelembap udara memiliki alat pengukur kelembapan bawaan, sementara yang lain membutuhkan pengukur tambahan. 3. Memicu Alergi Meskipun manfaat humidifier dapat membantu mengatasi sinus kering, tetapi hal itu juga dapat membahayakan. Tungau debu dan pertumbuhan jamur dapat memicu perkembangannya di lingkungan yang lembap.

Jadi, jika Anda alergi terhadap debu dan jamur, atau jika menderita asma, menggunakan alat pelembap udara dapat memperburuk kondisi ini. 4. Luka Bakar Bahaya humidifier humidifier untuk batuk pilek termasuk luka bakar uap dari alat yang menggunakan panas dan tumbuhnya jamur di mana uap air telah terkumpul di dinding dan langit-langit.

Oleh karenanya, menggunakan alat ini harus menghindari terlalu dekat dengan mesin. Jika menggunakannya di kamar dengan anak-anak, penting untuk diawasi! 5. Bising Semua alat pelembap udara menghasilkan tingkat kebisingan, tetapi beberapa tidak terlalu bising dibandingkan dengan yang lain. Humidifier ultrasonik adalah model yang paling tidak bising, dengan kemungkinan pengecualian menyiasatinya menggunakan handuk basah yang dibungkus di atas radiator.

6. Debu Putih Air yang digunakan dalam alat pelembap udara ini mengandung mineral. Ketika mineral dalam air menguap, ini akan jatuh sebagai debu putih di humidifier untuk batuk pilek ruangan. Meskipun efek samping menghirup debu tidak diketahui, namun diyakini berpotensi tidak sehat.

Hal demikian dapat dihindari dengan menggunakan air suling yang memiliki kandungan mineral lebih sedikit daripada air keran atau air kemasan. Baca Juga: humidifier untuk batuk pilek Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri (Harus Diwaspadai) Cara Menggunakan dan Membersihkan Humidifier Setiap kali menggunakan alat ini, sebaiknya harus humidifier untuk batuk pilek. Hal ini karena tidak hanya akan memperpanjang masa pakai humidifier, tetapi juga dapat memastikan bahwa Anda dan rumah mendapatkan manfaat dan tidak merugikan bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa cara menggunakan dan membersihkan humidifier: • Menggunakan air suling atau air demineralisasi. Menggunakan air keran untuk alat pelembap dapat mengandung mineral yang dapat memicu tumbuhnya jamur. Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan air yang telah difilter. Langkah ini akan membantu memastikan pelembap udara tidak membantu pertumbuhan jamur atau bakteri. • Mengganti air setiap hari. Genangan air dapat memicu pertumbuhan jamur yang tidak baik untuk kesehatan.

Jadi, pastikan untuk mengganti air dalam alat ini setiap hari. • Membersihkan humidifier setiap minggu. Bakteri dan jamur adalah dua hal yang harus hindari demi mencegah datangnya penyakit.

Untuk itu, bersihkan bagian dalam alat pelembap udara ini dengan disinfektan secara teratur. • Mengganti filter secara teratur. Tidak semua alat pelembap udara memiliki filter, tetapi jika memilikinya, pastikan untuk menggantinya sesering mungkin. Jika tidak diganti, jamur dan bakteri yang terperangkap di dalam filter dapat menyebar di udara. • Udara ruangan jangan terlalu lembap. Tingkat kelembapan udara yang ideal adalah antara 30 dan 50 persen.

Jika melihat kondensasi atau embun pada permukaan, dinding, atau lantai di dekat humidifier, akan memicu perkembangan jamur, bakteri, dan tungau debu. Jadi, pantau kelembapan udara ruangan menggunakan hygrometer.

humidifier untuk batuk pilek

• Anonim. 2020. Humidifier Health Hazards: The Dirty Details. https://rtkenvironmental.com/indoor-air-quality-radon/humidifier-health-hazards/. (Diakses pada 25 Agustus 2020) • Flowers, Jeff. 2018. 10 Reasons Why Everyone Should Use a Humidifier. https://learn.compactappliance.com/why-you-should-use-a-humidifier/. (Diakses pada 25 Agustus 2020) • Johnson, Jon. 2018.

Benefits of using a humidifier. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322228. (Diakses pada 25 Agustus 2020) • Kane, E.

E. 2017. 5 Benefits And Drawbacks Of Air Humidifiers. https://www.everydayhealth.com/healthy-living/healthy-home/5-benefits-drawbacks-air-humidifiers/. (Diakses pada 25 Agustus 2020) • Moore, Kristeen dan Kristeen C. 2020. Humidifiers and Health. https://www.healthline.com/health/humidifiers-and-health.

(Diakses pada 25 Agustus 2020) • Vanvuren, Christina. 2019. What Are Benefit of a Humidifier fot Your Home?. https://molekule.science/home-humidifier-benefits/. (Diakses pada 25 Agustus 2020) Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,




2022 www.videocon.com