Berapa kalori kentang goreng

berapa kalori kentang goreng

KOMPAS.com - Kentang goreng merupakan salah satu penganan sampingan yang cukup populer di berbagai gerai restoran siap saji. Saking populernya, banyak pula yang menjual kudapan ini dalam bentuk frozen food untuk diolah sendiri di berapa kalori kentang goreng.

Jika dilihat sekilas menurut bahan bakunya, kentang mungkin adalah makanan rendah kalori dan rendah lemak. Baca juga: Dikira Baik untuk Diet, Ini Bahaya Makanan dengan Kalori Kosong Tapi, jika sudah menjadi kentang goreng, panganan ini biasanya tinggi lemak, kalori, dan natrium. Berdasarkan Departemen Pertanian AS (USDA), satu porsi atau sekitar 100 gram kentang goreng memiliki informasi nutrisi sebagai berikut: • Kalori : 196 • Lemak: 13.1g • Sodium: 141mg • Karbohidrat: 18.5g • Serat: 1.6g • Gula: 1.25g • Protein: 1,93g Karbohidrat Melansir dari Verywell Fit, terdapat 196 kalori dan 18,5 gram karbohidrat dalam 100 gram kentang goreng.

Namun, jumlah kalori ini bisa berbeda bergantung bagaimana cara penyajian kentang goreng.

berapa kalori kentang goreng

Indeks glikemik kentang goreng dapat bervariasi tetapi sebagian besar berkisar di angka 54 hingga 75. Ini membuat kentang goreng menjadi makanan glisemik sedang hingga tinggi. Lemak Kentang goreng merupakan makanan cepat saji cenderung lebih tinggi lemak total dan lemak jenuhnya.

Menurut data USDA, kentang goreng restoran cepat saji mengandung 15,5 gram lemak total dan 2,3 gram lemak jenuh per porsi 100 gram.

berapa kalori kentang goreng

3,48g Terdapat 274 kalori dalam Kentang Goreng (100 gram). Rincian Kalori: 45% lemak, 50% karb, 5% prot. Ukuran porsi umum: Ukuran Porsi Kalori 1 ons, mentah, hasil 36 1 10 porsi strip (2,5 cm - 5 cm) 96 1 10 porsi strip (5 cm - 9 cm) 137 1 10 porsi strip 137 1 mangkok 156 1 pesanan 156 1 porsi (70 g) 192 1 10 porsi strip (9 cm - 10 cm) 214 1 mangkok, kentang goreng 222 1 10 porsi wafel goreng 225 100 gram (g) 274 1 pesanan wafel kentang goreng 277 Jenis terkait dari Kentang Goreng : Kentang Goreng Dilapisi Roti atau Mentega Lihat Informasi Gizi Kentang Goreng Jenis terkait dari Sisi: Kentang Panggang (Kulit Dimakan) Pancake Kentang Onion Rings Lihat Informasi Gizi Sisi Lihat pula: Kentang Goreng (Buatan) Rumah Kentang Goreng (Seperti Waktu Beli, Ditambahi Garam, Beku) McDonald's French Fries (Small) Golden Farm Kentang Goreng Sambal Goreng Kentang Lihat Lainnya Harap dicatat bahwa beberapa makanan mungkin tidak cocok untuk beberapa orang dan Anda disarankan untuk mencari nasehat dari ahli gizi sebelum memulai program pengurangan berat badan atau diet.

Meskipun demikian, informasi yang disediakan di situs ini benar dan dapat dipercaya adanya, FatSecret tidak mewakili atau menjamin terhadap kelengkapan atau akurasi berapa kalori kentang goreng semua informasi, termasuk nilai gizi, sehingga penggunaannya menjadi resiko Anda sendiri.

berapa kalori kentang goreng

Semua merek dagang, hak cipta dan bentuk kekayaan intelektual lainnya adalah kepunyaan pemiliknya masing-masing.
1,98g Terdapat 156 kalori dalam Kentang Goreng (1 pesanan). Rincian Kalori: 45% lemak, 50% karb, 5% prot.

Ukuran porsi umum: Ukuran Porsi Kalori 1 ons, mentah, hasil 36 1 10 porsi strip (2,5 cm - 5 cm) 96 1 10 porsi strip (5 cm - 9 cm) 137 1 10 porsi strip 137 1 mangkok 156 1 pesanan 156 1 porsi (70 g) 192 1 10 porsi strip (9 cm - 10 cm) 214 1 mangkok, kentang goreng 222 1 10 porsi wafel goreng 225 100 gram (g) 274 1 pesanan wafel kentang goreng 277 Jenis terkait dari Kentang Goreng : Kentang Goreng Dilapisi Roti atau Mentega Lihat Informasi Gizi Kentang Goreng Jenis terkait dari Sisi: Onion Rings Kentang Panggang (Kulit Dimakan) Pancake Kentang Lihat Informasi Gizi Sisi Lihat pula: Kentang Goreng (Buatan) Rumah Kentang Goreng (Seperti Waktu Beli, Ditambahi Garam, Beku) McDonald's French Fries (Small) Golden Farm Kentang Goreng Sambal Goreng Kentang Lihat Lainnya Harap dicatat bahwa beberapa makanan mungkin tidak cocok untuk beberapa orang dan Anda disarankan untuk mencari nasehat dari ahli gizi sebelum memulai program pengurangan berat badan atau diet.

Meskipun demikian, informasi yang disediakan di situs ini benar dan dapat dipercaya adanya, FatSecret tidak mewakili atau menjamin terhadap kelengkapan atau akurasi dan semua informasi, termasuk nilai gizi, sehingga penggunaannya menjadi resiko Anda sendiri. Semua merek dagang, hak cipta dan bentuk kekayaan intelektual lainnya adalah kepunyaan pemiliknya masing-masing. Artikel New York Times baru-baru ini mengejutkan kita semua.

Profesor Eric Rimm dari Harvard T.H. Chan School of Public Health merekomendasikan agar kita makan hanya 6 kentang goreng satu berapa kalori kentang goreng.

berapa kalori kentang goreng

Yang mengejutkan lagi karena baru-baru ini restoran fast food meningkatkan ukuran porsi, alih-alih menguranginya. Menurut Prof.

berapa kalori kentang goreng

Rimm, kita harus fokus pada berapa banyak kalori kentang goreng yang ada dan membatasi konsumsinya. Berapa banyak kalori kentang goreng harus jadi batasan Anda mengonsumsinya Jadi ada berapa kalori kentang goreng dalam 6 batang? Departemen Pertanian Amerika mengatakan satu porsi khas adalah sekitar 3 ons, yang terlihat seperti 12 hingga 15 kentang goreng, dan sekitar 140 kalori.

Jika kita asumsikan setiap goreng adalah 10 kalori masing-masing, ini berarti bahkan 5 atau 6 kentang goreng bisa 60 kalori. Kentang bergizi buruk jika dibandingkan dengan sayuran lain yang nol kalori dan membawa banyak manfaat kesehatan.

Kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti makan lebih banyak dikaitkan dengan risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. Namun ketika kita melepas kulit dan menggorengnya, mereka menjadi magnet universal. Tidak ada yang bisa menolak mereka dan “hanya satu lagi” tidak pernah cukup.

Studi menunjukkan kentang goreng termasuk di antara makanan paling tidak sehat yang dikuduskan orang di kantor. Jika Anda tidak berpikir Anda bisa menangani berapa kalori kentang goreng ukuran porsi yang direkomendasikan Prof.

Rimm, maka kami berikan saran alternatif kentang goreng yang Anda beli di restoran fast food. • Resep • Makanan • Acara spesial • Tipe hidangan • Bahan-bahan • Masakan khas • Minuman • Dapur 101 • Alat Masak dan Gadget • Fakta Makanan • Tips and Tricks • Food Guide • Panduan Restoran • Tempat Belanja • Home • Home Guide • Panduan berbelanja • Tempat belanja • News • Desain • Kamar • Acara spesial • Inspirasi • Furnitur • Perkakas • Lainnya • Hubungi Kami • Tentang Kami • Kebijakan Privasi • Syarat dan Ketentuan
Kentang goreng kerap dijadikan camilan atau sumber karbohidrat.

Rasanya yang gurih dan renyah membuat kentang goreng menjadi favorit semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Pernahkan Parents bertanya-tanya berapa kalori dari kentang goreng?

berapa kalori kentang goreng

Jika Parents penggemar makanan cepat saji, tentunya familiar dengan sajian kentang goreng. Dewasa ini kentang goreng tak hanya bisa dinikmati di restoran saja, tapi sudah tersedia dalam bentuk frozen untuk dimasak di rumah atau dapat dibuat sendiri dari kentang. Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik dengan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan serat yang baik untuk tubuh. Tak jarang mereka yang yang sedang menjalani diet mengganti menu nasi putih dengan kentang.

Namun bagaimana jika kentang diolah dengan cara digoreng? Sumber: Freepik Karena berapa kalori kentang goreng dengan cara yang digoreng, kentang goreng memiliki tekstur yang garing. Lapisan mentega yang ada di luarnya dapat menambah cita rasa sehingga kentang goreng pun sangat enak untuk dikonsumsi. Mengutip dari SehatQ, pada dasarnya kentang hanya mengandung 1 gram lemak saja per 1 kilogram. Ketika kentang digoreng dengan menggunakan minyak ia akan kehilangan kandungan airnya dan menyerap lemak sehingga meningkatkan kandungan kalorinya.

Makanan yang digoreng dengan minyak pada suhu tinggi juga kemungkinan besar mengandung lemak trans. Lemak trans terbentuk ketika lemak tak jenuh mengalami proses yang disebut hidrogenasi.

Produsen makanan cepat saji menggunakan tekanan tinggi dan gas hidrogen untuk meningkatkan umur simpan dan stabilitas makanan, namun ketika dipanaskan dalam suhu tinggi struktur kimia lemak akan berubah sehingga sulit untuk dipecah oleh tubuh.

Kandungan Nutrisi dalam Kentang Goreng Berdasarkan data dari Departemen Pertanian AS (USDA), satu porsi atau sekitar 100 gram kentang goreng mengandung 196 kalori, 13 gram lemak, 141 mg sodium, berapa kalori kentang goreng gram karbohidrat, 1,6 gram serat, 1,25 gram gula, dan 1,93 gram protein.

Sumber: Freepik Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa kalori kentang goreng yang dibuat sendiri di rumah dan yang disajikan di restoran cepat saji besarnya berbeda. Kentang yang dimasak di restoran cepat saji umumnya menggunakan teknik deep fried dengan minyak yang banyak sehingga makin banyak pula kadar minyak yang terserap di kentang goreng.

Kentang ukuran kecil di restoran cepat saji atau sekitar 71 gram mengandung 222 kalori, 10 gram lemak, dan 29 gram karbohidrat.

berapa kalori kentang goreng

Lalu untuk ukuran sedang atau 117 gram mengandung 365 kalori, 17 gram lemak, dan 58 gram karbohidrat. Sumber: Freepik Mengonsumsi makanan yang digoreng dengan kalori tinggi dalam jumlah yang banyak dapat berakibat buruk untuk kesehatan. Beberapa penelitian menemukan adanya risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas yang mengintai apabila terlalu sering makan goreng-gorengan.

Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Parents coba untuk mengolah kentang goreng agar kalori dan lemaknya masih dalam batas aman untuk dikonsumsi dan tentunya lebih sehat. Berikut adalah tips-tipsnya. • Memanggang Kentang Selain digoreng, kentang juga dapat dimasak dengan cara dipanggang.

berapa kalori kentang goreng

Kentang pun tak akan menyerap banyak minyak dan lemak. Cara ini jauh lebih sehat dan dapat mencegah rasa tidak nyaman di lambung karena asam lambung yang dipicu makanan berlemak dan berminyak.

• Mengganti Garam Dalam menyajikan kentang goreng umumnya kita menambahkan garam sebagai bumbu. Parents bisa mengganti penggunaan garam dengan rempah-rempah lain untuk memberikan cita rasa gurih, seperti bawang putih, paprika bubuk, atau jintan.

berapa kalori kentang goreng

Sumber: Freepik Artikel Terkait: 5 Cara Membuat Gorengan Lebih Sehat, Bunda Sudah Tahu? • Menggunakan Minyak Zaitun Gantilah minyak goreng dengan minyak zaitun untuk menggoreng kentang agar lebih sehat.

Minyak zaitun tidak mengandung banyak lemak dan hanya perlu digunakan sedikit saja sekitar 2 sendok makan. Minyak ini juga baik untuk kesehatan jantung. • Menggunakan Kaldu atau Putih Telur Alih-alih menggunakan minyak, Parents bisa menggunakan kaldu sayuran atau putih telur untuk memanggang kentang. Panggang hingga kentang matang dan berwarna kecokelatan. *** Itulah beberapa hal yang perlu Parents ketahui seputar kalori kentang goreng dan cara mengolahnya agar lebih sehat.

Apakah Parents sekeluarga juga gemar menyantap hidangan gurih dan praktis ini? • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan
Kentang Goreng (French Fries) * saiz hidangan = 1 cawan atau bersamaan 90 gram 290 kalori Bagaimana nak membakar 290 kalori Untuk membakar 290 kalori kentang goreng, anda boleh lakukan salah satu daripada aktiviti berikut: (Lihat nota) Berjalan kaki selama 80 minit Jogging selama 33 minit Berenang selama 24 minit Mengayuh basikal selama 44 minit Nota: Pengiraan untuk wanita berusia 35 tahun dengan ketinggian 170 cm dan berat 65 kg.

Kepelbagaian Hidangan Makanan Kalori Bubur Ayam Filed Under: Bubur, Kaloria Kalori Nasi Kerabu Filed Under: Berasaskan Bijirin, Kaloria Kalori Kobis Goreng Filed Under: Kaloria, Sayuran Kalori Hot Chocolate Starbucks Filed Under: Kaloria, Minuman Kalori Sambal Telur Rebus Filed Under: Kaloria, Lauk-Pauk Kalori Ketam Masak Cili Filed Under: Kaloria, Lauk-Pauk, SeaFood Kalori Keria Filed Under: Kaloria, Kuih-MuihKetahui jumlah kalori kentang goreng dan cara sehat mengolahnya.

Kentang memang diakui memiliki dan mengandung berbagai nutrisi. Namun, mengolah kentang juga harus dengan cara yang tepat dan sehat, agar nutrisi dan gizi dalam kentang bisa keluar dan dapat bermanfaat untuk tubuh. Artikel kali ini akan membahas jumlah kalori kentang goreng dan bagaimana cara sehat mengolah kentang yang dapat memberikan nutrisi secara maksimal. Karena jika kita tidak mengetahui cara sehat mengolah kentang dan terus mengkonsumsi kentang goreng, hal tersebut hanya akan menambah berat badan dan bahkan bisa memberikan resiko penyakit.

Yuk, tanpa harus berbasa-basi, kita langsung saja simak penjelasan untuk menjawab pertanyaan kentang goreng berapa kalori dan berapa jumlah persis kalori pada kentang goreng. Baca Juga: 12 Resep Membuat Kentang Goreng Paling Enak ala Restoran Jumlah Kalori Pada Kentang Goreng Umumnya, porsi sedang kentang goreng di restoran siap saji mengandung kalori sebanyak 300-400 kalori. Hal tersebut membuat kentang goreng dicap sebagai makanan yang memiliki kalori dan lemak paling tinggi, bahkan dalam porsi sedang atau kecil sekalipun.

Penelitian para ahli menyebutkan bahwa makanan dengan kalori dan lemak tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain kalori dan lemak, kentang goreng juga mengandung berapa kalori kentang goreng miligram sodium atau garam.

Agar tubuh kita tidak terus menanggung kalori kentang goreng, sudah seharusnya kita juga mengetahui cara mengolah kentang goreng yang menyehatkan. Setelah mengetahui kalori kentang goreng, kita simak cara mengolah kentang goreng berapa kalori kentang goreng sehat untuk mencegah mengonsumsi kalori kentang goreng yang sangat tinggi.

berapa kalori kentang goreng

Cara Sehat Mengolah Kentang Agar Tidak Tinggi Kalori 1. Memanggang Kentang Agar tidak lagi mengkonsumsi kalori kentang goreng yang tinggi, cara sehat dan juga alternatif lain untuk mendapatkan nutrisi dari kentang adalah dengan cara memanggangnya. Bahkan para ahli pun lebih menganjurkan untuk memanggang kentang dibandingkan dengan menggorengnya.

Karena dengan cara dipanggang, kentang akan lebih banyak memangkas jumlah kalori dan lemak yang ada di dalam kentang. Cara ini juga bahkan dapat mencegah rasa tidak enak yang dirasakan perut akibat maag atau asam lambung. Mengkonsumsi kalori kentang goreng yang tinggi akan minyak dan lemak, dapat memicu perut merasa tidak nyaman.

Dengan konsumsi kentang secara dipanggang, maag dan asam lambung tidak akan kita rasakan, karena kandungan minyak dan lemak yang sangat aman. 2. Menggunakan Minyak Zaitun Walaupun kalori kentang goreng memang tinggi, namun tidak bisa kita ingkari bahwa kentang goreng merupakan makanan yang enak dan nikmat.

Untuk mendapatkan rasa nikmat kentang goreng tanpa harus khawatir dengan kandungan kalori di dalamnya, kita bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk menggoreng kentang.

Karena kalori kentang goreng yang tinggi didapatkan dari minyak yang mengandung banyak lemak dan kalori. Sedangkan minyak zaitun banyak manfaatnya bahkan dapat menyehatkan jantung. Kita pun bisa dengan tenang mengkonsumsi kentang goreng, tanpa harus khawatir kalori tinggi. Baca Juga: 15 Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk Dan Nagih 3.

Menggunakan Kaldu Sayur Atau Putih Telur Sumber kalori kentang goreng berapa kalori kentang goreng dari minyak yang mengandung tinggi lemak dan kalori. Bahkan jika memanggang kentang dan mengolesinya dengan minyak yang sama, pun akhirnya adalah mendapatkan kentang dengan kalori tinggi.

Kita bisa mengganti minyak dengan kaldu sayur atau putih telur saat akan mengolah kentang dengan cara dipanggang. Jangan lupa juga untuk tidak memanggang kentang terlalu lama, cukup panggan hingga berubah warna menjadi kecoklatan saja. Karena hal tersebut merupakan cara mengolah kentang yang sehat dan akan dapat memberikan manfaat baik kepada tubuh yang diberikan oleh nutrisi yang berapa kalori kentang goreng dalam kentang goreng.

4. Gunakan Rempah-Rempah Sebagai Pengganti Garam Kentang yang diolah dengan cara dipanggang atau direbus, jauh lebih baik dengan pengolahan kentang dengan cara digoreng. Hal tersebut akan semakin sempurna jika kita mengganti garam dengan rempah-rempah saat menikmati kentang. Karena dengan rempah-rempah, rasa kentang goreng akan semakin kaya dan juga akan memberikan berbagai manfaat yang didapatkan dari rempah-rempah itu sendiri.

Semoga penjelasan mengenai kalori kentang goreng dan cara mengolahnya yang benar di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait cara pengolahan kentang. Jika bisa mengolah kentang dengan baik, kita akan mendapatkan berbagai manfaat dari kentang.

berapa kalori kentang goreng

Seperti manfaat pertama yang bisa kita rasakan adalah bahwa kentang mengandung antioksidan yang tinggi. Kentang juga sangat kaya akan senyawa flavonoid, karotenoid dan asam fenolik. Ketiga senyawa tersebut dapat memberikan manfaat kentang yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

berapa kalori kentang goreng

Antioksidan sangat ampuh dalam mencegah radikal bebas masuk dan merusak sel yang ada pada tubuh. Bahkan, radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit yang bisa merusak tubuh. Manfaat kentang selanjutnya yaitu dapat memberikan kemampuan tubuh untuk mengendalikan gula dalam darah. Manfaat kentang untuk mengendalikan gula darah disebabkan oleh kandungan pati resisten yang tidak bisa diserap oleh tubuh sepenuhnya. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati akan menjadi sumber nutrisi bagi bakteri baik yang ada dalam usus.

Selain itu, pati resisten juga dapat membuat kerja insulin dan hormon pengendali gula dara menjadi lebih optimal. Manfaat kentang selanjutnya tidak kalah penting jika diolah dengan cara yang benar adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Hal yang dibutuhkan untuk menyehatkan sistem pencernaan adalah pati resisten.

Karena pati resisten dapat memberikan nutrisi bagi bakteri baik dalam usus besar, hal tersebut bisa memudahkan kerja usus dan sistem pencernaan. Pati resisten yang dikonsumsi sebagai nutrisi oleh bakteri baik dapat berubah menjadi asam lemak rantai pendek, Asam lemak rantai pendek tersebut terdapat dalam t kentang yang dapat menyehatkan sistem pencernaan. Risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus berapa kalori kentang goreng dan mengurangi risiko kanker kolorektal atau kanker usus besar.

Terbukti bahwa manfaat kentang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Sedulur tertarik untuk memakan kentang dengan cara yang sehat, Sedulur bisa menyiapkan kentang untuk jaga-jaga berapa kalori kentang goreng kebutuhan dapur. Selain itu, kentang juga merupakan bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan.

Sedulur bisa menyediakan stok kentang dengan membelinya di Aplikasi Super. Dengan membeli kentang di Aplikasi Super, Sedulur akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dengan cara yang jauh lebih mudah. Karena kentang merupakan salah satu jenis makanan beku yang menjadi produk unggulan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa download Aplikasi Super segera untuk cek harganya secara langsung.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, dan juga kenali lebih dekat Aplikasi Super.

Konsumsi Kentang Goreng, Banyak Manfaatnya atau Bahayanya?




2022 www.videocon.com