Apa yang dimaksud tempo dalam lagu

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Berikut ini adalah kumpulan file download Soal PTS/UTS Tema 7 Kelas 4 Semester 2 K13 Terbaru 2021/2022 yang terdiri apa yang dimaksud tempo dalam lagu soal PPkn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan SBdP. Semoga kumpulan soal PTS/UTS Tema 7 kelas 4 semester 2 ini dapat dijadikan referensi belajar khususnya adik-adik kelas 4 untuk persiapan diri menghadapi UTS/PTS (Penilaian Tengah Semester) 2. Dengan adanya soal PTS/UTS Tema 7 kelas 4 per mata pelajaran ini, semoga belajar tematik K13 menjadi lebih mudah.

Dengan demikian maka diharapkan peserta didik nantinya memiliki perbendaharaan soal yang lebih komplit. Di samping itu, soal PTS/ UTS per mata pelajaran ini juga dapat digunakan oleh Bapak/ Ibu guru sebagai referensi untuk membuat soal-soal tematik PTS/ Penilaian Tengah Semester 2.

Soal PTS / UTS Tema 7 Kelas 4 Semester 2 (PPKN) Berikut ini adalah kutipan soalnya, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian. 7. Pakaian adat ini terdiri dari celana panjang dan atasan berupa Teluk Belanga, serta penutup kepala atau peci untuk pria. Sedangkan, wanita memakai kain sarung, kebaya panjang, dan penutup kepala berupa kain yang dililitkan ke kepala.

Sebutkan nama pakaian adat dan asal daerah pakaian adat tersebut ! Semua Soal PTS Tema 7 Kelas 4 Semester 2 T.A 2021/2022 adalah konten yang disusun oleh Juragan Les dan dilindungi Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih Itulah kumpulan file Soal PTS Tema 7 Kelas 4 Semester 2 T.A 2021/2022 per muatan pelajaran/kompetensi dasar. Oke. Semoga bermanfaat yaaa .

Posting Komentar Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available).

Jadi . kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :) Bab Artikel atau bagian mungkin perlu ditulis ulang agar sesuai dengan standar kualitas Wikipedia. Anda dapat membantu memperbaikinya. Halaman pembicaraan dari artikel ini mungkin berisi beberapa saran.

Gerakan Pramuka Indonesia Lambang Gerakan Pramuka Pimpinan Budi Waseso Didirikan 14 Agustus 1961 Pembubaran Negara Indonesia Kantor Gedung Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Jalan Medan Merdeka Timur No.

6, Jakarta 10110 Bumi perkemahan Buperta Cibubur, Jakarta Timur Website www .pramuka .id Lambang Tunas Kelapa Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Kata " Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata "Poromuko" yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Pramuka apa yang dimaksud tempo dalam lagu sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7โ€“10 tahun), Pramuka Penggalang (11โ€“15 tahun), Pramuka Penegak (16โ€“20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka dipimpin oleh Ketua Kwartir Nasional, yang saat ini dijabat Komisaris Jenderal Polisi ( Purn.) Budi Waseso. Daftar isi โ€ข 1 Sejarah โ€ข 1.1 Masa Hindia Belanda โ€ข 1.2 Masa Perang Dunia II โ€ข 1.3 Masa Republik Indonesia โ€ข 1.4 Kelahiran Gerakan Pramuka Indonesia โ€ข 1.5 Gerakan Pramuka diperkenalkan โ€ข 1.6 Pasca-Reformasi โ€ข 2 Tujuan โ€ข 3 Prinsip dasar โ€ข 4 Metode โ€ข 5 Keanggotaan โ€ข 6 Lambang โ€ข 7 Sifat โ€ข 7.1 Nasional โ€ข 7.2 Internasional โ€ข 7.3 Universal โ€ข 8 Lagu โ€ข 9 Kode kehormatan โ€ข 10 Lencana Kwartir Daerah (sekarang) โ€ข 10.1 Sumatra โ€ข apa yang dimaksud tempo dalam lagu Jawa โ€ข 10.3 Kalimantan โ€ข 10.4 Bali dan Nusa Tenggara โ€ข 10.5 Sulawesi โ€ข 10.6 Kepulauan Maluku dan Papua โ€ข 11 Lambang Kwartir Daerah (dulu) โ€ข 12 Lihat pula โ€ข 13 Referensi โ€ข 14 Pranala luar Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Lambang identitas dari INPO yang berupa bendera merah dan putih berukuran 84 x 120 cm.

Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung.

[1] Di Jakarta, didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinders-Organisatie (JIPO) pada tahun yang sama. [1] [2] Kedua organisasi cikal bakal kepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926. [1] Di luar Jawa, para pelajar sekolah agama Sumatra Barat mendirikan kepanduan El-Hilaal pada tahun 1928.

[3] Organisasi Kepanduan Indonesia di seputaran tahun 1920-an. Pada tanggal 26 Oktober 2010, Dewan Perwakilan Rakyat mengabsahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Berdasarkan Undang Undang ini, maka Pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

Organisasi profesi juga diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan. [4] Masa Hindia Belanda [ sunting - sunting sumber ] Anggota pramuka dari Indonesia (pada masa Hindia Belanda) sedang melakukan jambore internasional di Amsterdam, Belanda pada 19 Juli 1937.

Kenyataan sejarah menunjukkan bahwa pemuda Indonesia mempunyai "saham" besar dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia serta ada dan berkembangnya pendidikan kepanduan nasional Indonesia. Dalam perkembangan pendidikan kepanduan itu tampak adanya dorongan dan semangat untuk bersatu, namun terdapat gejala adanya berorganisasi yang Bhinneka.

Organisasi kepanduan di Indonesia dimulai oleh adanya cabang " Nederlandsche Padvinders Organisatie" (NPO) pada tahun 1912, yang pada saat pecahnya Perang Dunia I memiliki kwartir besar sendiri apa yang dimaksud tempo dalam lagu kemudian berganti nama menjadi " Vereeniging Nederlandsch Indische Padvinders" (NIPV) pada tahun 1916.

[2] Organisasi Kepanduan yang diprakarsai oleh bangsa Indonesia adalah Javaansche Padvinders Organisatie; berdiri atas prakarsa S.P. Mangkunegara VII pada tahun 1916. Kenyataan bahwa kepanduan itu senapas dengan pergerakan nasional, seperti tersebut di atas dapat diperhatikan pada adanya "Padvinder Muhammadiyah" yang pada 1920 berganti nama menjadi " Hizbul Wathan" (HW); "Nationale Padvinderij" yang didirikan oleh Budi Utomo; Syarikat Islam mendirikan "Syarikat Islam Afdeling Padvinderij" yang kemudian diganti menjadi "Syarikat Islam Afdeling Pandu" dan lebih dikenal dengan SIAP, Nationale Islamietische Padvinderij (NATIPIJ) didirikan oleh Jong Islamieten Bond (JIB) dan Indonesisch Nationale Padvinders Organisatie (INPO) didirikan oleh Pemuda Indonesia.

Hasrat bersatu bagi organisasi kepanduan Indonesia waktu itu tampak mulai dengan terbentuknya PAPI yaitu "Persaudaraan Antara Pandu Indonesia" merupakan federasi dari Pandu Kebangsaan, INPO, SIAP, NATIPIJ dan PPS pada tanggal 23 Mei 1928. Federasi ini tidak dapat bertahan lama, karena niat adanya fusi, akibatnya pada 1930 berdirilah Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) yang dirintis oleh tokoh dari Jong Java Padvinders/Pandu Kebangsaan (JJP/PK), INPO dan PPS (JJP-Jong Java Padvinderij); PK-Pandu Kebangsaan).

PAPI kemudian berkembang menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI) pada bulan April 1938. Antara tahun 1928โ€“1935 bermunculan gerakan kepanduan Indonesia baik yang bernapas utama kebangsaan maupun bernapas agama. kepanduan yang bernapas kebangsaan dapat dicatat Pandu Indonesia (PI), Padvinders Organisatie Pasundan (POP), Pandu Kesultanan (PK), Sinar Pandu Kita (SPK) dan Kepanduan Rakyat Indonesia (KRI). Sedangkan yang bernapas agama El-Hilaal, Pandu Ansor, Al Wathoni, Hizbul Wathan, Kepanduan Islam Indonesia (KII), Islamitische Padvinders Organisatie (IPO), Tri Darma (Kristen), Kepanduan Asas Katolik Indonesia (KAKI), Kepanduan Masehi Indonesia (KMI).

Sebagai upaya untuk menggalang kesatuan dan persatuan, Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia BPPKI merencanakan "All Indonesian Jamboree". Rencana ini mengalami beberapa perubahan baik dalam waktu pelaksanaan maupun nama kegiatan, yang kemudian disepakati diganti dengan "Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem" disingkat PERKINO dan dilaksanakan pada tanggal 19โ€“23 Juli 1941 di Yogyakarta.

Masa Perang Dunia II [ sunting - sunting sumber ] Pada masa Perang Dunia II, bala tentara Jepang mengadakan penyerangan dan Belanda meninggalkan Indonesia. Partai dan organisasi rakyat Indonesia, termasuk gerakan kepanduan, dilarang berdiri. Namun upaya menyelenggarakan PERKINO II tetap dilakukan.

Bukan hanya itu, semangat kepanduan tetap menyala di dada para anggotanya. Karena Pramuka merupakan suatu organisasi yang menjunjung tinggi nilai persatuan. Oleh karena itulah bangsa Jepang tidak mengizinkan Pramuka di Indonesia.

Masa Republik Indonesia [ sunting - sunting sumber ] Sebulan sesudah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, beberapa tokoh kepanduan berkumpul di Yogyakarta dan bersepakat untuk membentuk Panitia Kesatuan Kepanduan Indonesia sebagai suatu panitia kerja, menunjukkan pembentukan satu wadah organisasi kepanduan untuk seluruh bangsa Indonesia dan segera mengadakan Kongres Kesatuan Kepanduan Indonesia.

Kongres yang dimaksud dilaksanakan pada tanggal 27โ€“29 Desember 1945 di Surakarta dengan hasil terbentuknya Pandu Rakyat Indonesia. Perkumpulan ini didukung oleh segenap pimpinan dan tokoh serta dikuatkan dengan "Janji Ikatan Sakti", lalu pemerintah RI mengakui sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditetapkan dengan keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No.93/Bag. A, tertanggal 1 Februari 1947.

Tahun-tahun sulit dihadapi oleh Pandu Rakyat Indonesia karena serbuan Belanda.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Bahkan pada peringatan kemerdekaan 17 Agustus 1948 waktu diadakan api unggun di halaman gedung Pegangsaan Timur 56, Jakarta, senjata Belanda mengancam dan memaksa Soeprapto menghadap Tuhan, gugur sebagai martir gerakan kepanduan di Indonesia. Di daerah yang diduduki Belanda, Pandu Rakyat dilarang berdiri. Keadaan ini mendorong berdirinya perkumpulan lain seperti Kepanduan Putera Indonesia (KPI), Pandu Puteri Indonesia (PPI), Kepanduan Indonesia Apa yang dimaksud tempo dalam lagu (KIM).

Masa perjuangan bersenjata untuk mempertahankan negeri tercinta merupakan pengabdian juga bagi para anggota pergerakan kepanduan di Indonesia, kemudian berakhirlah periode perjuangan bersenjata untuk menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan itu, pada waktu inilah Pandu Rakyat Indonesia mengadakan Kongres II di Yogyakarta pada tanggal 20โ€“22 Januari 1950. Kongres ini antara lain memutuskan untuk menerima konsep baru, yaitu memberi kesempatan kepada golongan khusus untuk menghidupkan kembali bekas organisasinya masing-masing dan terbukalah suatu kesempatan bahwa Pandu Rakyat Indonesia bukan lagi satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia dengan keputusan Menteri PP dan K nomor 2344/Kab.

tertanggal 6 September 1951 dicabutlah pengakuan pemerintah bahwa Pandu Rakyat Indonesia merupakan satu-satunya wadah kepanduan di Indonesia, jadi keputusan nomor 93/Bag. A tertanggal 1 Februari 1947 itu berakhir sudah. Mungkin agak aneh juga kalau direnungi, sebab sepuluh hari sesudah keputusan Menteri No. 2334/Kab. itu keluar, maka wakil-wakil organisasi kepanduan mengadakan konferensi di Jakarta.

Pada saat inilah tepatnya tanggal 16 September 1951 diputuskan berdirinya Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO) sebagai suatu federasi. Pada 1953 Ipindo berhasil menjadi anggota kepanduan sedunia. Ipindo merupakan federasi bagi organisasi kepanduan putera, sedangkan bagi organisasi puteri terdapat dua federasi yaitu PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia) dan POPPINDO (Persatuan Organisasi Pandu Puteri Indonesia).

Kedua federasi ini pernah bersama-sama menyambut singgahnya Lady Baden-Powell ke Indonesia, dalam perjalanan ke Australia. Dalam peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-10 Ipindo menyelenggarakan Jambore Nasional, bertempat di Ragunan, Pasar Minggu pada tanggal 10โ€“20 Agustus 1955, Jakarta. Ipindo sebagai wadah pelaksana kegiatan kepanduan merasa perlu menyelenggarakan seminar agar dapat gambaran upaya untuk menjamin kemurnian dan kelestarian hidup kepanduan.

Seminar ini diadakan di Tugu, Bogor pada bulan Januari 1957. Seminar Tugu ini menghasilkan suatu rumusan yang diharapkan dapat dijadikan acuan bagi setiap gerakan kepanduan di Indonesia. Dengan demikian diharapkan kepramukaan yang ada dapat dipersatukan. Setahun kemudian pada bulan November 1958, pemerintah RI, dalam hal ini Departemen PP dan K mengadakan seminar di Ciloto, Bogor, Jawa Barat, dengan topik "Penasionalan Kepanduan".

Kalau Jambore untuk putra dilaksanakan di Ragunan Pasar Minggu-Jakarta, maka PKPI menyelenggarakan perkemahan besar untuk puteri yang disebut Desa Semanggi bertempat di Ciputat.

Desa Semanggi itu terlaksana pada tahun apa yang dimaksud tempo dalam lagu. Pada tahun ini juga Ipindo mengirimkan kontingennya ke Jambore Dunia di MT. Makiling Filipina. Nah, masa-masa kemudian adalah masa menjelang lahirnya Gerakan Pramuka. Kelahiran Gerakan Pramuka Indonesia [ sunting - sunting sumber ] Gerakan Pramuka lahir pada tahun 1961, jadi kalau akan menyimak latar belakang lahirnya Gerakan Pramuka, orang perlu mengkaji keadaan, kejadian dan peristiwa pada sekitar tahun 1960.

Dari ungkapan yang telah dipaparkan di depan kita lihat bahwa jumlah perkumpulan kepanduan di Indonesia waktu itu sangat banyak. Jumlah itu tidak sepadan dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan itu. Peraturan yang timbul pada masa perintisan ini adalah Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960, tanggal 3 Desember 1960 tentang rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana.

Dalam ketetapan ini dapat ditemukan Paragraf 330 yang menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila. Seterusnya penertiban tentang kepanduan (Pasal 741) dan pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30). Kemudian โ€œkepanduan supaya dibebaskan dari sisa-sisa Lord Baden Powellismeโ€ (Lampiran C Ayat 8). Ketetapan itu memberi kewajiban agar Pemerintah melaksanakannya.

Karena itulah Presiden/Mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan kepanduan Indonesia, bertempat di Istana Negara. Hari Kamis malam itulah Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka.

Presiden juga menunjuk panitia yang terdiri atas Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Menteri P dan K Prof. Prijono, Menteri Pertanian Dr.A. Azis Saleh dan Menteri Transmigrasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa, Achmadi.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Panitia ini tentulah perlu apa yang dimaksud tempo dalam lagu pengesahan. Dan kemudian terbitlah Keputusan Presiden RI No.112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan apa yang dimaksud tempo dalam lagu seperti yang disebut oleh Presiden pada tanggal 9 Maret 1961.

Ada perbedaan sebutan atau tugas panitia antara pidato Presiden dengan Keputusan Presiden itu. Masih dalam bulan April itu juga, keluarlah Keputusan Presiden RI Nomor 121 Tahun 1961 tanggal 11 April 1961 tentang Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka.

Anggota Panitia ini terdiri atas Sri Sultan (Hamengku Buwono IX), Prof. Prijono, Dr. A. Azis Saleh, Achmadi dan Muljadi Djojo Martono (Menteri Sosial). Panitia inilah yang kemudian mengolah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, sebagai Lampiran Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka ditandai dengan serangkaian peristiwa yang saling berkaitan yaitu: โ€ข Pidato Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Tunas Gerakan Pramuka. โ€ข Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman, petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya.

Tanggal 20 Mei adalah; Hari Kebangkitan Nasional, namun bagi Gerakan Pramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah untuk pendidikan di lingkungan ke tiga. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Permulaan Tahun Kerja. โ€ข Pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yang dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka, dilakukan di Istana Olahraga Senayan pada tanggal 30 Juli 1961.

Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka. โ€ข Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, serta penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961.

Selain pelantikan pengurus Gerakan Pramuka, pada tanggal 14 Agustus 1961 pula dilangsungkan defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia kepada khalayak. Sejak itu, tanggal 14 Agustus kemudian dikenal sebagai Hari Pramuka. [5] Gerakan Pramuka diperkenalkan [ sunting - sunting sumber ] Pidato Presiden pada tanggal 9 Maret 1961 juga menggariskan agar pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Gerakan Pramuka telah ada dan dikenal oleh masyarakat.

Oleh karena itu Keppres RI No.238 Tahun 1961 perlu ada pendukungnya yaitu pengurus dan anggotanya. Menurut Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, pimpinan perkumpulan ini dipegang oleh Majelis Pimpinan Nasional (MAPINAS) yang di dalamnya terdapat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kwartir Nasional Harian. Badan Pimpinan Pusat ini secara simbolis disusun dengan mengambil angka keramat 17-8-โ€™45, yaitu terdiri atas Mapinas beranggotakan 45 orang di antaranya duduk dalam Kwarnas 17 orang dan dalam Kwarnasri 8 orang.

Namun dalam realisasinya seperti tersebut dalam Keppres RI No.447 Tahun 1961, tanggal 14 Agustus 1961 jumlah anggota Mapinas menjadi 70 orang dengan rincian dari 70 anggota itu 17 orang di antaranya sebagai anggota Kwarnas dan 8 orang di antara anggota Kwarnas ini menjadi anggota Kwarnari. Mapinas diketuai oleh Dr. Ir. Soekarno, Presiden RI dengan Wakil Ketua I, Sri Apa yang dimaksud tempo dalam lagu Hamengku Buwono IX dan Wakil Ketua II Brigjen TNI Dr.A. Aziz Saleh.

Sementara itu dalam Kwarnas, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat Ketua dan Brigjen TNI Dr.A. Aziz Saleh sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Kwarnari. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja apa yang dimaksud tempo dalam lagu Ibu kota Jakarta, tetapi juga di tempat yang penting di Indonesia. Di Jakarta sekitar 10.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta.

Sebelum kegiatan pawai/defile, Presiden melantik anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, di Istana negara, dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No.448 Tahun 1961) yang diterimakan kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai/defile dimulai.

Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai HARI PRAMUKA yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka. Pasca-Reformasi [ sunting - sunting sumber ] Pramuka dijadikan ekstrakurikuler wajib pada tahun 2013 dengan adanya Kurikulum 2013.

Meskipun demikian, sekolah-sekolah, terutama Sekolah Dasar, sudah menjadikan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib sejak lama sebelum kebijakan ini. [6] [7] Pada Juli 2017, pemerintah Indonesia menangguhkan dukungan untuk Gerakan Pramuka Indonesia setelah Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Adhyaksa Dault menyatakan dukungannya untuk Hizbut Tahrir, [8] karena Hizbut Tahrir bertentangan dengan landasan legislatif Indonesia Pancasila.

[9] Bantuan keuangan ditangguhkan menunggu klarifikasi dari Adhyaksa Dault atas kehadirannya di rapat umum Hizbut Tahrir pada tahun 2013 dan wawancara dengan videografer Hizbut Tahrir [10] yang menyatakan "Kekhalifahan adalah ajaran Nabi.

Jika Tuhan menghendaki, dengan atau tanpa bantuan kita, khilafah akan bangkit. Cara kita mungkin berbeda tapi tujuan kita sama. Itulah mengapa saya di sini. Kita terus membuat perubahan kecil. Kita harus membuat perubahan besar. Tatanan dunia harus diubah. Kita harus memaksakan syariah." [8] Tujuan [ sunting - sunting sumber ] Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka: โ€ข Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani; โ€ข Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik, dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan.

[11] Prinsip dasar [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Prinsip Dasar Kepramukaan Gerakan Pramuka berlandaskan prinsip-prinsip dasar [11] sebagai berikut: โ€ข Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. โ€ข Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya โ€ข Peduli terhadap diri pribadinya. โ€ข Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka. Metode [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Metode Kepramukaan Metode Kepramukaan [11] merupakan cara belajar interaktif progresif melalui: โ€ข Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.

โ€ข Belajar sambil melakukan. โ€ข Kegiatan berkelompok, bekerja sama, dan berkompetisi. โ€ข Kegiatan yang menarik, dan menantang. โ€ข Kegiatan di alam terbuka. โ€ข Kehadiran orang dewasa yang memberikan bimbingan, dorongan, dan dukungan.

โ€ข Penghargaan berupa tanda kecakapan. โ€ข Satuan terpisah antara putra, dan putri. Keanggotaan [ sunting - sunting sumber ] Anggota Gerakan Pramuka [11] terdiri dari Anggota Muda, dan Anggota Dewasa. Anggota Muda adalah Peserta Didik Gerakan Pramuka yang dibagi menjadi beberapa golongan di antaranya: โ€ข Golongan Siaga merupakan anggota yang berusia 7 s.d.

10 tahun โ€ข Golongan Penggalang merupakan anggota yang berusia 11 s.d. 15 tahun โ€ข Golongan Penegak merupakan anggota yang berusia 16 s.d. 20 tahun โ€ข Golongan Pandega merupakan anggota yang berusia 21 s.d. 25 tahun Anggota yang berusia di atas 25 tahun berstatus sebagai anggota dewasa. Anggota dewasa Gerakan Pramuka terdiri atas: Tenaga Pendidik โ€ข Pembina Pramuka โ€ข Pelatih Pembina โ€ข Pembantu Pembina โ€ข Pamong Saka โ€ข Instruktur Saka Fungsionaris โ€ข Ketua, dan Andalan Kwartir (Ranting s.d.

Nasional) โ€ข Staf Kwartir (Ranting s.d. Nasional) โ€ข Majelis Pembimbing (Gugus Depan s.d. Nasional) โ€ข Pimpinan Saka (Cabang s.d. Nasional) โ€ข Anggota Gugus Dharma Gerakan Pramuka Gerakan Pramuka Indonesia memiliki 17.103.793 anggota (per 2011), [12] menjadikan Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan terbesar di dunia. Lambang [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Lambang Pramuka Lambang Gerakan Pramuka [11] adalah Tunas Kelapa.

Sifat [ sunting - sunting sumber ] Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas, yaitu: Nasional [ sunting - sunting sumber ] Organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan, dan kepentingan masyarakat, bangsa, apa yang dimaksud tempo dalam lagu negara.

Internasional [ sunting - sunting sumber ] Organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina, dan mengembangkan rasa persaudaraan, dan persahabatan antara sesama Pandu, dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/ agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa. Apa yang dimaksud tempo dalam lagu [ sunting - sunting sumber ] Kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja Lagu [ sunting - sunting sumber ] H.

Mutahar salah seorang pejuang, pengubah lagu, dan tokoh Pramuka menciptakan sebuah Hymne Pramuka bagi Gerakan Pramuka. Lagu itu berjudul Hymne Pramuka. Hymne Pramuka menjadi lagu yang selalu dinyanyikan dalam upacara-upacara yang dilaksanakan dalam Gerakan Pramuka.

Syair lagu Hymne Pramuka adalah โ€œ Kami Pramuka Indonesia Manusia Pancasila Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan agar jaya, Indonesia, Indonesia tanah air ku Kami jadi pandumu.

โ€ Kode kehormatan [ sunting - sunting sumber ] Kode kehormatan dalam Gerakan Pramuka terdiri dari tiga janji yang disebut "Trisatya" dan sepuluh moral yang disebut "Dasadarma". Khusus untuk golongan siaga kode kehormatan terdiri dari dua janji yang disebut "Dwi Satya" dan dua moral yang disebut "Dwi Darma" Trisatya Pramuka Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh: โ€ข Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila โ€ข Menolong sesama hidup, dan mempersiapkan diri serta membangun masyarakat โ€ข Menepati Dasadarma Dasadarma Pramuka โ€ข Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

โ€ข Cinta Alam, dan kasih sayang sesama manusia. โ€ข Patriot yang sopan, dan kesatria. โ€ข Patuh, dan suka bermusyawarah. โ€ข Rela menolong, dan tabah. โ€ข Rajin, terampil, dan gembira. โ€ข Hemat, cermat, dan bersahaja. โ€ข Disiplin, berani, dan setia.

โ€ข Bertanggung jawab, dan dapat dipercaya. โ€ข Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Lencana Kwartir Daerah (sekarang) [ sunting - sunting sumber ] Sumatra [ sunting - sunting sumber ] โ€ข โ€ข ^ a b c Buku Panduan Museum Sumpah Pemuda. Museum Sumpah Pemuda, Jakarta. 2009. Periksa nilai tanggal di: -year= ( bantuan) โ€ข ^ a b Het Padvindersblad; officieel orgaan der Vereeniging Nederlandsch Indische Padvinders, jrg 20, 1934, no 3, 1934 โ€ข ^ Mestika Zed; Amri, Emizal; Edmihardi (2002).

Sejarah perjuangan kemerdekaan 1945-1949 di Kota Padang dan sekitarnya. Yayasan Citra Budaya Indonesia. hlm. 22. ISBN 978-979-95830-5-5. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) โ€ข ^ Wakil Presiden Sosialisasikan Undang-Undang Pramuka [ pranala nonaktif permanen], tempo interaktif. Diakses pada 27 September 2011. โ€ข ^ "Keppres 104-2004::Pengesahan AD Gerakan Pramuka".

ngada.org. Diakses tanggal 2020-09-12. โ€ข ^ "Pramuka Menjadi Ekskul Wajib". KOMPAS.com. 20 November 2012. Diakses tanggal 26 Januari 2022. โ€ข ^ Wibowo, Said Edy (26 Juli 2017). "Ektrakurikuler Wajib Pramuka Pada Kurikulum K13 dan Sebuah Pemikiran". Kumparan. Diakses tanggal 26 Januari 2022. โ€ข ^ a b http://www.theaustralian.com.au/news/world/indonesian-boy-scout-leader-called-for-sharia-law/news-story/889feb92be1eefc9f06412fb6387363a Indonesian Boy Scout leader called for sharia law โ€ข ^ "Indonesia to disband hardline Islamist group Hizb ut-Tahrir".

Reuters. 8 May 2017. Diakses tanggal 14 May 2017. โ€ข ^ https://www.youtube.com/watch?v=UqgoY7nY0HA Adhyaksa Dault Dukung Khilafah โ€ข ^ a b c d e Anggaran Dasar Gerakan Pramuka (edisi ke-Hasil Munaslub 2012). Kwartir Nasional, Jakarta. 2012. Periksa nilai tanggal di: -year= ( bantuan) โ€ข ^ "Sensus Pramuka Indonesia" (PDF). World Organization of the Scout Movement. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-08-31. Diakses tanggal 13 Januari 2013. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikisource memiliki naskah asli yang berkaitan dengan artikel ini: Kategori tersembunyi: โ€ข Halaman dengan berkas rusak โ€ข Galat CS1: tanggal โ€ข Halaman dengan rujukan yang menggunakan parameter yang tidak didukung โ€ข Artikel dengan pranala luar nonaktif โ€ข Artikel dengan pranala luar nonaktif permanen โ€ข Artikel dengan parameter tanggal yang tidak valid pada templat โ€ข Semua artikel kurang kutipan baris โ€ข Artikel yang membutuhkan perubahan gaya penulisan โ€ข Templat webarchive tautan wayback โ€ข Halaman ini terakhir diubah pada 20 April 2022, pukul 09.29.

โ€ข Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

โ€ข Kebijakan privasi โ€ข Tentang Wikipedia โ€ข Penyangkalan โ€ข Tampilan seluler โ€ข Pengembang โ€ข Statistik โ€ข Pernyataan kuki โ€ข โ€ข
Sedang mencari contoh cerpen? Perhatikan ulasan gramedia berikut ini ya.Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang paling banyak dijadikan sebagai bahan bacaan untuk hiburan.

Dalam penyajiannya, ada berbagai macam tema yang bisa diangkat untuk menjadi ide dari penulisan cerpen, dan salah satunya adalah tema motivasi. Penulisan cerpen bertema motivasi harus disertai dengan struktur yang lengkap agar karya sastra tersebut semakin menarik untuk dibaca.

Namun, sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian cerpen beserta struktur penulisannya. Berikut adalah ulasan secara lengkap mengenai cerpen motivasi. Table of Contents โ€ข Pengertian Cerpen โ€ข Anda Mungkin Juga Menyukai โ€ข Struktur Cerpen โ€ข 1 Abstrak โ€ข 2 Orientasi โ€ข 3 Komplikasi โ€ข 4 Evaluasi โ€ข 5 Resolusi โ€ข 6 Koda โ€ข Kumpulan Contoh Cerpen โ€ข 1. Contoh Cerpen Motivasi : Mimpi Sang Dara โ€ข 2. Contoh Cerpen Lucu: Teman Yang Baik โ€ข 3.

Contoh Cerpen tentang Kehidupan โ€ข 4. Contoh Cerpen Anak : Ied Adha Bersama Teman-Teman โ€ข 5. Contoh Cerpen Anak : Bilang Dulu Sebelum Pinjam โ€ข 6. Contoh Cerpen Pendidikan: Pendidikan yang Aku Tunggu โ€ข 7.

Contoh Cerpen Persahabatan: Persahabatan yang Tak Akan Pernah Luntur โ€ข 8. Contoh Cerpen Singkat: Hadiah dari Ayah โ€ข Contoh cerpen dan karya siapa? โ€ข Apa saja bentuk cerpen? โ€ข Apa judul mencerminkan isi cerpen? โ€ข Apa saja struktur dalam teks cerpen? Pengertian Cerpen Apa itu cerpen?

Cerpen adalah karya sastra yang berbentuk prosa pendek dengan jumlah kalimat yang dibatasi, biasanya isi ceritanya bukan kejadian nyata dan hanya dibuat-buat. Pembatasan panjang cerpen ini ditujukan agar pembaca bisa menyelesaikannya dalam waktu yang singkat, yaitu sekitar 30 menit hingga 2 jam saja. Alur cerita di dalam karya sastra berbentuk cerita pendek yang biasanya disusun dengan seringan mungkin agar pembaca tidak memerlukan waktu lama untuk memahaminya.

Di samping itu, alur yang ringan tersebut juga ditujukan agar tidak membuat konflik yang diceritakan di dalamnya semakin luas. Cerpen adalah bahan bacaan yang tepat bagi penyuka karya sastra berbentuk prosa, namun tidak menyukai kisah berbelit. Kisah yang diangkat pada cerpen biasanya langsung pada titik utama permasalahan dari tokoh utamanya.

Pengantar yang disajikan dalam cerpen untuk membawa tokoh utama mencapai titik permasalahan pun umumnya dibuat dengan tidak terlalu panjang.

Hal ini ditujukan agar pembaca tidak bosan terhadap pengantar tersebut yang malah bisa merusak alur puncak permasalahan. Berkaitan dengan itu, tentu Anda perlu memahami bahwa, menurut KBBI, cerpen adalah cerita yang menyajikan kesan tertentu dengan memusatkan hanya pada satu tokoh utama saja.

Kisah yang diangkat dalam cerpen mempunyai makna tersendiri bagi para pembaca dengan ukuran penulisan relatif pendek. Seperti yang sudah kita kenal cerpen merupakan cerita pendek, yang memiliki unsur-unsur, seperti penokohan, tema, alur, latar, dan juga gaya bahasa. Biasanya cerpen hanya memuat jalan peristiwa yang padat dan latar maupun kilas baiknya disinggung sambil lalu saja. Kiat Menulis Cerita Pendek Oleh Harris Effendi Thahar ini berisi tentang pengertian, hakikat cerpen, kiat menulis cerpen, hingga proses kreatif.

Grameds bisa mempelajari hal tersebut dalam buku tersebut dan juga bisa Grameds beli dengan klik โ€œBeli Bukuโ€ di bawah ini. Struktur Cerpen Saat akan membuat cerita pendek, termasuk pada karya yang bertema motivasi, penulis harus memahami strukturnya terlebih dahulu.

Patokan dalam menulis cerpen ini harus dipahami agar penulis bisa menyusun kisah fiksi yang runtut, sehingga bisa diterima oleh pembaca dengan mudah. Penulis bisa memahami setiap struktur cerpen terlebih dahulu untuk selanjutnya dikembangkan sesuai tema yang diangkat agar bisa berkesinambungan ketika dibaca.

Berikut adalah ulasan terkait beberapa struktur cerita pendek yang wajib untuk dipahami saat akan menulis karya prosa tersebut.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

1 Abstrak Bagian pertama di dalam cerpen adalah abstrak yang sifatnya opsional, sehingga tidak semua bentuk karya sastra tersebut harus menyertakannya. Abstrak merupakan bagian dari cerpen yang memuat inti dari sebuah cerita atau ringkasan pendeknya. Abstrak ini bisanya hanya terdiri dari beberapa kalimat saja untuk membuka cerpen atau sebagai pengantar saja.

Bagian ini berguna untuk memudahkan pembaca untuk sedikit lebih memahami kisah yang dituliskan dalam cerpen, sebab sudah disampaikan ringkasan singkatnya. Pada cerpen bertema motivasi, bagian abstrak ini berfungsi untuk menarik perhatian pembaca agar bisa memusatkan fokusnya ke dalam kisah yang disajikan.

Abstrak akan membawa pembaca untuk berpikir luas, sehingga bisa menangkap kisah yang diangkat di dalam cerpen tersebut. Teks cerpen boleh saja tidak mencantumkan bagian abstrak apabila diperkirakan tidak perlu untuk memberi ringkasan cerita. Bagian yang satu ini sifatnya tidak paten harus ada dalam penulisan cerpen, melainkan digunakan secara opsional sesuai dengan kehendak penulis. 2 Orientasi Orientasi merupakan tahap pengenalan yang berkaitan dengan munculnya tokoh dan latar cerita.

Bagian pengenalan tokoh berkaitan dengan peristiwa apa yang sedang dialami oleh tokoh utama. Pada tahapan pengenalan tokoh ini akan ditunjukkan bagaimana karakter dari pemeran utama tersebut. Bagian lain dari orientasi adalah pengenalan latar waktu dan suasana atas peristiwa yang ada dalam cerpen. Fungsi dari latar dalam cerita pendek adalah untuk membuat suasana semakin hidup, sehingga pembaca bisa terhanyut di dalamnya.

Selanjutnya fungsi dari bagian orientasi adalah untuk menunjukkan watak tokoh, baik secara psikis maupun fisik. Orientasi merupakan bagian yang wajib ada di dalam cerpen, sebab merupakan struktur awal untuk membangun suasana. Orientasi pada cerpen motivasi memuat hal yang sedang dialami oleh tokoh utamanya di awal cerita. Di samping itu, akan ditunjukkan pula bagaimana karakteristik dari tokoh tersebut. Bagian ini juga akan menunjukkan awal mula hal-hal yang memicu permasalahan bisa terjadi pada tokoh.

3 Komplikasi Tahapan munculnya permasalahan dalam sebuah cerita pendek akan ditunjukkan pada bagian komplikasi. Bagian ini akan menunjukkan bagaimana sang tokoh utama di dalam cerpen akan menyikapi konflik yang dihadapi dalam kisah tersebut.

Komplikasi ini bermula dari mulai munculnya bibit permasalahan yang dialami oleh tokoh utama. Selanjutnya, akan terjadi peningkatan konflik akibat adanya permasalahan tersebut hingga mencapai titik puncak atau biasa dikenal dengan istilah klimaks. Apa yang dimaksud tempo dalam lagu konflik pada cerpen motivasi bisa muncul dari pemikiran sang tokoh utama sendiri yang diperbesar dengan terlibatnya karakter lain.

Konflik ini akan memunculkan gejolak di dalam batin sang tokoh utama yang digambarkan melalui latar suasana, sehingga bisa membuat pembaca merasa terbawa.

Ada pula konflik lainnya yang melibatkan secara langsung para tokoh di dalam cerpen. Pada konflik jenis ini apa yang dimaksud tempo dalam lagu akan dimunculkan tokoh penengah ketika permasalahan sudah mencapai titik klimaks.

Peran dari tokoh penengah tersebut adalah untuk membantu meredam terjadinya konflik. 4 Evaluasi Evaluasi merupakan struktur cerpen yang berfungsi untuk mengarahkan konflik kepada penyelesaian. Saat konflik sudah mencapai klimaks, penulis akan mulai mengarahkan alurnya menjadi peredaman suasana. Hal tersebut dilakukan dengan cara mulai menunjukkan jalan keluar atas konflik tersebut.

Pembaca bisa mulai menemukan tanda-tanda bahwa konflik akan segera menemui titik penyelesaian pada tahap evaluasi.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Cara yang bisa dilakukan untuk mengupayakan solusi ini bisa dengan menghadirkan tokoh lain atau permainan karakter dari pemeran yang sebelumnya sudah ada. Kehadiran tokoh lain sebagai penengah ini bisa dipilih oleh penulis apabila pemeran di dalam cerpen tersebut apa yang dimaksud tempo dalam lagu terlalu banyak.

Tokoh tritagonis ini akan berperan penting sebagai penengah apabila konflik yang diangkat merupakan perseteruan antara dua pihak.

Evaluasi konflik dengan memainkan karakter para pemeran di dalam cerpen bisa dilakukan dengan membawa alurnya untuk mendalami pemikiran dari tokoh utamanya. Pada tahap ini, penulis bisa memfokuskan tahapan evaluasi pada pemikiran tokoh utama yang mencari jalan keluar atas konflik tersebut.

Cerpen motivasi bisa menggunakan kedua cara evaluasi tersebut bergantung pada latar suasana yang dibangun oleh penulis. Tahapan evaluasi ini bisa dibuat hanya sebatas gambaran singkat berisi klue bahwa konflik akan segera menemukan titik penyelesaian. 5 Resolusi Pada bagian resolusi ini konflik yang ada di dalam cerpen akan benar-benar menentukan titik penyelesaian.

Konflik dalam cerpen akan terpecahkan secara keseluruhan, sehingga bisa menemukan titik penyelesaiannya. Resolusi ini berisi pengungkapan fakta terkait permasalahan yang terjadi hingga pada solusi untuk menyelesaikannya.

Semua permasalahan yang sudah dialami oleh tokoh di dalam cerpen tersebut akan segera berakhir karena solusinya sudah ditemukan. Bagian ini merupakan tahapan yang cukup dramatis dalam cerpen setelah terjadinya konflik.

Hal ini disebabkan karena para pembaca akan dimainkan sisi emosionalnya untuk menanggapi solusi atas konflik tersebut. Pembaca akan terpengaruh dengan suasana yang dibuat ketika konflik tersebut dalam tahap pemecahan. Dalam pembuatannya sendiri, penulis harus mampu memberikan suasana tersebut, sehingga cerita yang disajikannya bisa mempengaruhi pembaca. 6 Koda Akhir sebuah cerpen akan ditandai dengan bagian koda yang merupakan struktur terakhir dari karya sastra ini.

Penulis cerpen bisa menyampaikan pesan moral dari kisah yang diangkat melalui tahap koda atau dalam istilah lain dikenal sebagai reorientasi. Koda memberikan pembaca suguhan nilai-nilai pembelajaran yang bisa dipetik dari cerita pendek tersebut. Bagian koda ini bersifat opsional, sehingga tidak selalu harus dicantumkan di dalam cerita pendek. Koda dalam cerpen bisa dibuat sesuai dengan struktur ending yang diinginkan oleh penulis.

Apabila penulis menghendaki ending yang menggantung, maka koda ini tidak perlu dicantumkan. Namun, apabila penulis ingin pembaca merasa sudah menyelesaikan seluruh bagian cerpen tanpa rasa penasaran lagi, maka bagian koda ini diperlukan. Dasar yang digunakan dalam sebuah cerita pendek berasal dari Imajinasi. Maka, menulis cerita pendek itu akan mudah, jika mengerti trik-trik yang digunakan untuk membangun cerita. Baca juga : 12 Ciri-ciri Cerpen Secara Umum dan dari Berbagai Sisi 5 Buku Yang Membuatmu Lebih Mengerti Tentang Cerpen 1.

13 Poin Menulis Cerpen Dalam buku 13 Poin Menulis Cerita Pendek ini Oleh @imperialJathee, kamu akan memahami tentang tips memilih tema, membuka cerita apa yang dimaksud tempo dalam lagu baik, membangun karakter, mengatur porsi dialog dan narasi yang seimbang, dan lainnya. Grameds dapat beli buku ini dengan klik โ€œBeli Bukuโ€ di bawah ini. 13 Poin Menulis Cerita Pendek 2.

Kumpulan Cerpen Cerita di Balik Lirik Lagu Kumpulan Cerita Pendek Cerita Di Balik Lirik Lagu 3. Kumpulan Cerita Pendek Cinta dan Sosial Media 4.

Sepulus Meretas Batas: Kumpulan Puisi dan Cerita Pendek 5. Kiat Menulis Cerita Pendek Kiat Menulis Cerita Pendek Kumpulan Contoh Cerpen 1. Contoh Cerpen Motivasi : Mimpi Sang Dara Mimpi Sang Dara Pagi menjelang saat seorang gadis yang biasa dipanggil dengan nama Dara mulai menjerang air untuk membuat segelas teh panas.

Dara, ialah gadis yang hidup dengan sejuta mimpi di dalam sebuah rumah berdinding tinggi. Dara merupakan gadis yang tumbuh di dalam keluarga berkecukupan, bahkan bisa dibilang sangat kaya. Namun sayangnya Dara tidak bisa menopang tubuhnya sendiri tanpa menggunakan bantuan kursi apa yang dimaksud tempo dalam lagu, sehingga merasa diacuhkan bahkan saat berada di istana mewah tersebut.

Kedua orang tua Dara selalu mengacuhkannya karena merasa tidak ada yang bisa diharapkan dari gadis dengan kursi roda tersebut.

Sementara kakaknya mungkin saja malu mempunyai adik dengan kondisi seperti Dara. Setiap hari Dara hanya menghabiskan waktunya di dalam kamar dan sesekali mengarahkan kursi rodanya menuju arah taman. Gadis yang berusia 17 tahun tersebut sangat senang untuk menggambar di taman guna menghilangkan pikiran buruknya yang menyesali keadaannya.

Suatu pagi Dara jatuh dari kursi rodanya, namun tidak ada seorangpun di dalam rumah tersebut mendekat untuk menolongnya. Rasa kecewanya terhadap hal tersebut membuat Dara memiliki kekuatan untuk menggerakan kursi rodanya ke arah taman kompleks, berniat menenangkan diri.

Saat sedang terisak di taman, tiba-tiba Dara dihampiri oleh seorang gadis seusianya dengan kondisi yang sama. Gadis tersebut mengulurkan tangan untuk Dara dan mulai menyebutkan namanya, yaitu Hana. mereka berdua mudah sekali akrab, mungkin karena keduanya saling mengerti kondisi masing-masing. Tiba-tiba Hana Berkata, โ€œ Dara, ingatlah bahwa tidak ada seorangpun di dunia ini yang terlahir sia-sia. Mungkin kita tidak bisa berdiri tegak layaknya manusia lain.

Tapi, kita masih punya hak untuk merasakan bahagia. Cobalah untuk menerima dirimu sendiri, Dara.โ€ lalu, akhirnya gadis itu berpamitan pada Dara. Semenjak pertemuannya di taman dengan Hana, Dara mulai merenungi kata-kata yang diucapkan oleh gadis tersebut.

Dara berpikir bagaimana ia bisa seutuhnya menerima dirinya ketika orang di dekatnya tidak mendukungnya sama sekali. Dara mencoba mencerna perkataan dari Hana secara perlahan, meskipun seringkali ia menangis ketika teringat kenyataan bahwa ia hanyalah seorang gadis yang diacuhkan. Hal yang dipikirkan oleh Dara adalah bagaimana ia bisa mewujudkan mimpinya dengan kondisi tersebut.

Mimpi Dara adalah menjadi seorang pelukis yang karyanya bisa dipajang di dalam pameran besar. Hal yang dilakukan Dara untuk memulainya adalah rajin membuat lukisan. Kesibukan tersebut juga dilakukan Dara untuk tidak memikirkan mengenai dirinya yang selalu diacuhkan dan mulai memahami perkataan Hana. Perlahan mimpi sang Dara mulai terwujud saat diam-diam ia sering memposting lukisannya melalui media sosial. Hingga suatu hari ada seseorang datang ke rumah Dara untuk menemui gadis itu guna mengajaknya untuk bergabung di dalam sebuah pameran lukisan.

Kedua orang tua Dara terperangah mendengar ucapan pria tersebut, sebab tidak menyangka bahwa Dara si gadis kursi roda bisa menghasilkan karya lukisan yang indah. Dara hanya tersenyum melihat respon kedua orang tuanya dan memilih menerima tawaran pameran tersebut. Berbagai lukisan indah dipajang dalam pameran yang diberi tema Mimpi Sang Dara.

Orang tua Dara menghadiri pameran tersebut dan merasa terharu atas pencapaian putri yang selama ini diacuhkannya. Sementara Dara merasa lega bisa menerima keadaan fisiknya dan memanfaatkan apa yang dimiliki. 2. Contoh Cerpen Lucu: Teman Yang Baik Teman yang Baik Rina dan Dini dikenal sebagai sahabat baik yang populer di sekolah.

Meskipun berbeda kelas, tapi mereka selalu menghabiskan waktu istirahat bersama. Tidak ada yang meragukan eratnya persahabatan di antara mereka.

Meski berbeda karakter, tetap tidak menghalangi kedekatan mereka. Rina merupakan seorang siswi pendiam yang tidak akan populer jika tidak bersama Dini. Sedangkan Dini cenderung seperti seorang pembual yang hobi memamerkan barang-barang milik Rina. Suatu hari pada sebuah acara pengundian hadiah, Rina terpilih menjadi salah satu pemenang.

Ia datang bersama Dini. Di sana para pemenang diperbolehkan untuk memilih sendiri hadiah berupa voucher belanja dengan berbagai nominal. Dari lima pemenang terpilih, Rina mendapat giliran keempat untuk mengambil hadiah.

Rina melihat pemenang yang akan mengambil hadiah setelahnya, yaitu seorang ibu berpakaian lusuh dengan keempat anaknya yang masih kecil. Ia kemudian melihat voucher yang tersisa. Melihat nominal pada voucher yang tinggal dua pilihan, ia memilih voucher belanja dengan nominal paling rendah kemudian berbalik dan tersenyum pada ibu dan empat anaknya.

Hal ini membuat Dini terkejut dan menganggapnya bodoh. Dini kemudian mencoba menguji Rina dengan uang yang ia bawa. Ia meminta Rina untuk mengambil salah satu uang yang ia sodorkan. Sedikit bingung, Rina mengambil uang dengan nominal paling rendah.

Keesokan harinya Dini bercerita kepada teman-temannya tentang kebodohan Rina. Untuk membuktikannya, Dini memanggil Rina ke hadapan teman-teman kelasnya. โ€œHai, Rin, aku ada uang nganggur nih. Kamu pilih yang mana? Aku kasih buat kamu.โ€ Dini menyodorkan uang sejumlah Rp10.000 dan Rp20.000 kepada Rina. Rina pun mengambil Rp10.000 dari Dini. Dini dan teman-temannya tertawa dan mengatakan bahwa Rina bodoh. Peristiwa ini tidak hanya terjadi satu atau dua kali. Beberapa teman Dini juga ikut-ikutan melakukan hal itu.

Rina tetap diam dipermalukan seperti itu. Dan setiap kali dipaksa untuk memilih, ia selalu bersikap tenang dan memilih uang dengan nominal yang paling rendah. Ia juga ikut tertawa apa yang dimaksud tempo dalam lagu orang-orang menertawakannya. Hingga suatu hari ketika Dini memamerkan kebodohan Rina pada salah seorang kakak kelas terpopuler bernama Rifki dihadapan teman-teman kelasnya.

Dini kembali menyodorkan uang, kali ini bernominal Rp50.000 dan Rp100.000, kepada Rina dan memintanya memilih. Lagi-lagi Rina memilih uang dengan nominal terendah. Semua orang tertawa, menertawakan Rina yang hanya tertunduk, kecuali Rifki.

Ia tertegun mengamati siapa sebenarnya yang sedang membodohi siapa. โ€œLihat, Kak. Teman baikku yang satu ini unik kan?โ€ kata Dini kembali mulai mempermalukan Rina. โ€œYa, dia memang unik dan cerdas. Jika saja ia memilih uang dengan nominal tertinggi dari awal, maka kalian tidak akan mau bermain dengannya bukan? Cobalah kalian hitung berapa ratus ribu yang sudah kalian keluarkan cuma-cuma,โ€ kata Rifki. Dia pintar, memilih bersabar untuk mengambil keuntungan lebih. Jadi, sebenarnya siapa yang sedang membodohi siapa?โ€ lanjut Rifki tertawa.

Semua orang terdiam mendengar penjelasan dari Kak Rifki. Seketika mereka merasa telah melakukan hal bodoh yang sia-sia.

Sedangkan Rina tersenyum memandang Kak Rifki yang berbalik menertawakan Dini dan teman-temannya. Pada akhirnya, bagi Rina teman yang baik itu selalu ada memberikan tambahan penghasilan tak terduga meski harus dibayar dengan kesabarannya. Tapi tidak apa-apa, setiap perbuatan pasti ada bayarannya dan perbuatan Dini dibayar dengan uang serta rasa malu.

3. Contoh Cerpen tentang Kehidupan Andi adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Informatika di salah satu Perguruan Tinggi favorit di Jogjakarta. Setiap hari ia bertemu dengan aku di kampus. Suatu hari, dia bercerita kepadaku tentang masalah hidupnya.

Dia berpikir kalau orang lain selalu terlihat senang dan bahagia terlepas dari masalah yang dialami dalam hidupnya. Mereka terlihat seperti orang-orang yang tak apa yang dimaksud tempo dalam lagu beban di pundaknya. Namun anehnya, Andi merasa tidak terlalu suka saat melihat temannya tersenyum bahagia. โ€œHaikal, kok aku aneh ya selalu merasa bahwa kehidupan orang lain selalu baik-baik aja bahkan kelihatan seperti tidak punya masalah, beda banget sama kehidupan aku yang rasanya kayak punya banyak beban terus aku juga merasa tidak bisa bahagia.โ€ Kata Andi waktu itu.

Pada waktu itu juga aku mengatakan kepada Andi bahwa setiap orang memiliki permasalahan dan beban hidup yang ditanggung di pundaknya. Tentunya masing-masing beban hidup yang dialami setiap orang pasti berbeda-beda. Jika beban hidupmu selalu dibandingkan dengan orang lain maka percayalah bahwa semua itu akan semakin berat.

Yang selama ini dipikirkan Andi tentang orang lain tidak semuanya benar. Padahal dia sendiri tidak tahu betul bagaimana kondisi orang lain yang menurutnya selalu baik-baik saja bisa jadi kebalikannya, serta perjuangan orang-orang untuk menenangkan dirinya sendiri.

Bisa saja mereka telah berhasil melalui masa-masa terberat dalam hidupnya. Setelah itu, dia hanya terdiam merenungi perkataanku. Dia memikirkan apa yang aku katakan saat itu. Meskipun terkadang menasehati orang lain tidak semudah menasehati diri sendiri. Terkadang aku sendiri masih suka membanding- bandingkan diri dengan orang lain. Waktu dulu aku juga pernah merasakan seperti di posisi Andi saat ini. Saat itu juga ada yang menasehati aku bahwa Tuhan selalu memberikan beban masalah sesuai dengan kemampuan masing-masing orang.

Oleh karena itu respon dari orang-orang pun juga berbeda-beda, terkadang ada yang merasa dibebani ada juga yang tidak. โ€œTuhan tahu seberapa kuat kita untuk bisa menghadapi masalah yang diberikan oleh-Nya, maka dari itu kalau soal porsi jangan ditanyakan ya, karena kita tahu kalau Tuhan itu memang Maha Adil,โ€ ujar seseorang kepadaku. Mulai saat itu aku mulai introspeksi perihal diriku sendiri. Aku berusaha untuk menyelesaikan segala permasalahan yang menimpaku dengan hati yang lapang.

Karena dengan begitu aku bisa menjadi bahagia. Aku juga tidak perlu membandingkan diriku dengan orang lain. Aku hanya perlu membandingkan diriku dengan aku yang kemarin. Maka dari itu aku bisa menjadi pribadi yang lebih baik hingga saat ini. Aku juga percaya jika setiap masalah yang menimpaku nantinya bisa menjadi pelajaran dalam hidupku. Karena selalu ada hikmah yang bisa aku ambil dari setiap suka dan duka ku. Yang membuat aku selalu yakin adalah setiap permasalahan ini datang dan dirancang oleh-Nya.

4. Contoh Cerpen Anak : Ied Adha Bersama Teman-Teman Mengingat betapa banyaknya cerita yang beredar di media sosial, bisa dipastikan jadi tantangan tersendiri apa yang dimaksud tempo dalam lagu kamu yang mau tahu lebih banyak perihal cerita anak. So, di bawah ini adalah contoh cerita anak yang kami sajikan. Contoh 1 : Ied Adha Bersama Teman-Teman Beberapa hari ini, sekolah sedang ramai perbincangan hari raya kurban. Kata Apa yang dimaksud tempo dalam lagu, hari raya kurban adalah hari rayanya umat Islam.

Hari raya kurban adalah hari raya pemotongan kambing. Aku senang saat hari raya kurban. Ada banyak sekali kawan-kawan di sekolah. Karena saat hari raya kurban, banyak peristiwa di sekolah kami yang menyenangkan. Biasanya, ustadzah menceritakan hari raya kurban di masa lalu. Aku dan teman-teman selalu senang mendengarkan beliau cerita.

Kata Ustadzahku, dahulu Nabi Ibrahim As sudah tua usianya dan baru dikarunia anak. Namun, sayangnya begitu memiliki anak bernama Ismail, Allah datang lewat mimpi dan menyuruh Nabi Ibrahim menyembelihnya. Karena Nabi Ibrahim sangat taat pada Allah SWT, akhirnya menceritakan mimpinya pada nabi Ismail.

Ismail pun bersedia untuk disembelih. Namun, begitu pisau menyentuh leher Ismail langsung berubah menjadi kambing. Sejak saat itulah dirayakan hari raya kurban. Ada hal lain yang membuatku senang ketika hari raya kurban. Salah satunya adalah membeli kambing. Di sekolah kami menabung setiap.hati dan uangnya dikumpulkan.

Saat hari raya kurban, uangnya digunakan untuk membeli kambing. Kami ramai-ramai ke penternakan untuk membeli kambing. Di penternakan ada banyak sekali macam kambing. Kambing-kambing makan rumput dan mempunyai kaki empat. Terkadang, kambing bersuara dan aku sangat senang mendengarnya. Setelah membeli kambing, kami kembali ke sekolah.

Kambing-kambing juga ikut ke sekolah dan keesokan harinya siap disembelih. Aku melihat kambing yang disembelih. Ada banyak darahnya dan bau. Daging kambing dipisahkan dari kulitnya. Kemudian dibungkus dan dibagi-bagikan ke orang-orang. Aku dan teman-teman ikut membagikan daging kambing. Aku juga ketemu teman baru, namanya Naya. Naya sudah tidak memiliki Ayah dan Ibu. Tapi, Naya sudah menjadi temanku. Sejak menerima daging dariku dan dibawanya pulang untuk dimasak bersama neneknya, Naya jadi berterima kasih.

Sejak saat itu, Naya jadi selalu baik hati. Bahkan ia menolong saat terjatuh. Nah! Kata Naya, dagingnya di sate. Naya senang sekali karena sudah lama tidak makan sate. Kalau aku dagingnya diolah jadi sup. Ibu suka sekali membuatkan aku sup. Saat hari raya idul kurban, Naya ikut ke rumahku dan apa yang dimaksud tempo dalam lagu sup bersama.

5. Contoh Cerpen Anak : Bilang Dulu Sebelum Pinjam Contoh 2 : Bilang Dulu Sebelum Pinjam Di suatu sekolah, ada anak bernama Arkhan. Arkhan adalah anak kelas TK besar dan sering membuat Bu guru marah. Karena sering membuat Bu guru marah, Arkhan sering dipanggil tetapi tidak dimarahi. Arkhan sering meminta maaf atas kesalahannya. Dia juga sering membuat teman-teman menangis.

Arkhan selalu begitu dan tidak pernah kapok. Beberapa barang juga diambil oleh Arkhan. Arkhan juga terkenal sering kabur-kaburan. Pada suatu hari saat pulang sekolah, Arkhan belum dijemput oleh ibunya. Kalau belum dijemput, maka belum boleh pulang. Tetapi, Arkhan sering berlari dan bersembunyi.

Arkhan menghindari Bu guru dan selalu berkeliling halaman sekolah yang luas. Seperti biasanya, Bu guru mencari Arkhan ke setiap sudut ruangan. Namun, Arkhan tidak ditemukan.

Biasanya Arkhan bermain di taman. Begitu Bu guru kesana, Arkhan tidak ada. Sudah beberapa tempat dikunjungi, tapi tetap tidak ada tanda-tanda keberadaan Arkhan. Akhirnya, Bu guru pun kelelahan dan ia istirahat di aula. Suasana segar dari angin yang keluar di kipas membuat Bu Guru tidak menyadari kalau Arkhan ada di sana. โ€œBu Guru!โ€ Arkhan menghambur ke arah Bu guru dan memeluknya. โ€œArkhan kaku dari mana aja? Ibu nyariin kamu ternyata ada di sini?โ€ Ucap Bu Guru.

โ€œIya Bu, soalnya aku masih nungguin jemputan Ibu.โ€ jawab Arkhan. โ€œIya, lain kali bilang dulu sama Bu guru, ya! Jadinya ibu nggak nyariin kamu.โ€ โ€œBaik bu.โ€ Jawa Arkhan. Setelah itu, Arkhan dan Ibu guru pun ke ruang tunggu penjemputan dan Arkhan bermain beberapa puzzle. Arkhan sangat suka bermain puzzle terlebih puzzle panda milik Humaira, temannya yang dibawa akhir-akhir ini. Humaira juga belum pulang, masih menunggu jemputan. apa yang dimaksud tempo dalam lagu Arkhan dijemput!โ€ Suara Bu guru menggelegar.

Sontak dengan senang hati, Arkhan pun langsung menghambur ke arah ibunya, dan mereka pun pulang. Tinggal Humaira dan beberapa teman lainnya yang belum dijemput. Mereka masih bermain beberapa mainan. Tak beberapa lama kemudian, terdengar suara Bu guru. โ€œMba Humaira Dijemput!โ€ Humaira yang terbiasa rapi pun membereskan mainannya. Namun, ada satu yang mengganjal. Humaira mulai mondar-mandir ke sana kemari, lalu tidak lama kemudian ia mewek.

Tangisnya pun pecah, membuat heboh seisi ruangan. โ€œPanda Dede nggak adaโ€ฆ.โ€ Ucap Humaira sambil menangis. โ€œPanda yang mana?โ€ tanya Bu guru. Tapi, Humaira semakin menangis dan semakin kencang tangisannya. Semakin membuat orang bingung, apa yang dimaksud panda miliknya? โ€œItu bu, tadi Humaira bawa Puzzle panda. Tapi puzzlenya dipinjem sama Arkhan.โ€ ucap Aurel, salah satu anak yang belum dijemput juga.

Bu guru pun bertanya, โ€œSama Arkhan puzzlenya ditaruh di mana?โ€ โ€œNggak tau.โ€ Jawa Aurel. Pun pada akhirnya semua yang ada di ruangan mencari puzzlenya Humaira yang bergambar panda, tetap tidak ditemukan.

Hanya ada satu kemungkinan, bisa jadi puzzle itu ikut Arkhan apa yang dimaksud tempo dalam lagu. Akhirnya, Bu guru pun menghubungi Ibunya Arkhan. โ€œOh iya Bu, maaf yaa puzzlelnya kebawa sama Arkhan. Nanti segera saya antarkan.โ€ Ucap Ibunya Arkhan dari seberang telepon. Pada akhirnya, telepon pun ditutup. Menunggu hingga setengah jam, dua orang bertubuh tinggi dan kecil datang dari arah gerbang. โ€œItu Arkhan, Bu!โ€ Teriak Aurel dari dalam ruang tunggu jemputan. Akhirnya Arkhan un mengembalikan puzzle milik Humaira yang sudah mulai berhenti menangis.

โ€œArkhan, kenapa kamu bawa puzzlenya Humaira?โ€ Tanya Bu guru. โ€œAnu itu Bu, aku nggak tau puzzlenya tiba-tiba ada di tasku.โ€ Jawab Arkhan. Bu guru menghela napas. Sudah biasa terjadi, Arkhan sering membawa pulang benda-benda di sekolah yang menurutnya menarik. Bahkan tempo lalu ia pernah membawa kabel.mic yang didapat dari lemari kantor sekolah. โ€œArkhan kamu harus minta maaf sama Humaira.โ€ ucap Aurel. โ€œKenapa aku harus minta maaf? Kan puzzlenya sudah aku kembalikan?โ€ โ€œSoalnya kamu udah bikin Humaira nangis.

Iya kan, Bu?โ€ Kepala kecil nan mungil itu mendongak ke arah wanita yang lebih tinggi darinya. โ€œNggak mau!โ€ Arkhan melipat tangannya dan membuang muka dari Humaira. Humaira pun menangis lagi. โ€œTuh, kan! Humaira jadi nangis lagi. Arkhan, sih!โ€ โ€œArkhan, ayo minta maaf nak.โ€ ucap Ibunya. Arkhan masih kekeuh tidak mau minta maaf, masih dalam posisinya semula. โ€œArkhan, kamu suka apa?โ€ Tanya Ibu Guru. โ€œMobil.โ€ Apa yang dimaksud tempo dalam lagu Arkhan. โ€œArkhan punya mobil-mobilan di rumah?โ€ โ€œPunya.โ€ โ€œNah!

Sekarang, ibu guru main ke rumah Arkhan. Trus ibu guru minjem mobil-mobilannya Arkhan buat mainan. Tapi, mobil-mobilannya ibu bawa pulang, bagaimana?โ€ โ€œLoh! Kok dibawa pulang? Itu kan punya Arkhan, Bu! Bu guru mau mencuri, ya!โ€ โ€œNah!

Itu tau. Berarti, kalau kamu minjem mainannya Humaira tapi nggak bilang-bilang sama aja dengan mencuri, kan?โ€m tanya ibu guru. Arkhan terdiam. Sekali lagi, dibujuknya Arkhan untuk minta maaf. Akhirnya, mau tidak mau Arkhan pun luluh juga meski masih sedikit kelihatan sewot. โ€œYa deh iya! Aku minta maaf! Tapi besok aku pinjam puzzlenya lagi, ya!โ€ Ucap Arkhan. โ€œT-tapi kalo mau pinjam bilang dulu, Arkhan.โ€ Sahut Aurel.

โ€œYa iyalah kan aku udah tau.โ€ Jawab Arkhan. Setelah kejadian di hari itu, keesokan harinya Arkhan pun selalu bilang saat hendak meminjam barang.

Bukan hanya itu saja, Arkhan juga jadi lebih hati-hati dalam bertindak sehingga tidak melukai hati teman-temannya. Dengan begitu, Arkhan pun jadi punya banyak teman. Sekarang teman-teman sudah tidak takut lagi saat bergaul dengan Arkhan. Berbeda pada saat dulu, pasti banyak yang takut dekat dengan Arkhan karena Arkhan terkenal nakal. Mereka juga cenderung menjauh supaya bisa menghindari barang-barangnya hilang karena dicuri oleh Arkhan. Namun, karena sudah minta maaf sama Humaira, keesokan harinya Aurel bilang ke teman-teman kalau Arkhan sudah menjadi baik.

Meski beberapa teman masih ada yang takut, Aurel tetap meyakinkannya supaya mau berteman baik dengan Arkhan. Pada akhirnya semua teman-teman jadi mau bergaul dan bergabung dengan Arkhan. 6. Contoh Cerpen Pendidikan: Pendidikan yang Aku Tunggu Pendidikan yang Aku Tunggu Pendidikan, sebuah kata yang seharusnya bisa dirasakan oleh setiap orang terutama bagi anak-anak. Namunm pada kenyataannya tak semua orang bisa merasakan pendidikan di sekolah, salah satu penyebabnya adalah harus mencari rezeki.

Bagus, itulah nama panggilanku dan aku satu dari sekian banyak yang tak bisa merasakan apa itu arti bersekolah. Usiaku saat ini 10 tahu, kata teman-temanku, โ€œseharusnya akus sudah kelas 4 atau 5 SDโ€, tetapi karena keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan aku harus mencari rezeki demi bisa memenuhi kebutuhan hidup aku dan adikku yang masih berusia 5 tahun. Aku dan adikku hanya tinggal di rumah berukuran 4ร—4 meter persegi dan itu pun milik orang lain.

Tak pernah terbayangkan oleh diriku apabila tak ada rumah ini, mungkin saja aku dan adikku harus tidur di depan ruko yang setiap malam harus melawan dinginnya malah atau hujan. Pada suatu waktu, malam hari terasa lebih dingin, kami berdua tak memiliki selimut dan hanya mempunyai satu sarung, kemudian sarung itu kuberikan kepada adikku. Orang tua kami sudah lama meninggal dunia karena motor yang dikendarai oleh ayahku jatuh disaat hujan sedang turun dengan deras.

Kedua orangtuaku sempat dibawa ke rumah sakit, tetapi apa hendak dikata, orangtuaku meninggal dunia dan aku yang mendengar kabar itu merasakan sedih yang mendalam.

Hingga akhirnya di tahun ketiga, aku dan adikku mendapatkan pembiayaan sekolah sampai lulus SMA dari lembaga pendidikan pemerintah. Setelah mendengar kabar seperti itu, aku pun merasa senang karena bisa merasakan bersekolah dan bertemu dengan teman-teman baru. Tak hanya sampai disitu. Aku sangat merasa bahagia karena adikku tercinta bisa menempuh pendidikan yang layak dan kami berdua belajar dengan sungguh-sungguh.

Sejak saat itulah aku dan adikku mendapatkan banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat, bahkan aku juga berhasil melanjutkan pendidikan sarjana dengan beasiswa yang aku peroleh.

Jadi, selalu percayalah bahwa kelak suatu saat nanti, hal yang kita inginkan bisa tercapai dan kita bisa bahagia. 7. Contoh Cerpen Persahabatan: Persahabatan yang Tak Akan Pernah Luntur Persahabatan yang Tak Akan Pernah Luntur Surat ini kutuliskan untuk sahabatku yang Bernama Jasmine yang sudah berpindah ke luar kota.

Dengan ditulisnya surat ini, aku berharap agar persahabatan kita terus terjaga walaupun dipisah jarak yang cukup jauh.

Kisah persabahatanku dengan Jasmine dimlai sejak kami masuk SMP. Pada saat itu, aku dan dia apa yang dimaksud tempo dalam lagu berkenalan ketika aku ingin pingsan di jam olaharaga.

Sebelum pingsan, Jasmine bertanya padaaku, โ€œ kamu terlihat lemas, apakah kamu perlu kupanggil guru agar segera dibawa ke UKS?โ€ aku yang berusaha untuk tetap kuat kemudian menjawab, โ€œtidak perlu, aku masih kua untuk mengikuti jam olahraga.โ€ Jasmine yang merasa kalau diriku benar-benar sedang tidak sehat, kemudian memanggil guru untuk memberitahukan bahwa Putri sepertinya akan pingsan. Tanpa berlama-lama, guru olahraga segera membawa Putri ke ruangan UKS agar bisa beristirahat.

Setelah masuk ke ruang UKS, aku merasa sudah lebih baik dan tahu kalau penyebab ingin pingsan adalah karena belum sarapan di pagi hari. Sesampainya kembali ke kelas, aku sangat berterima kasih kepada Jasmine karena sudah memberitahukan kepada guru kalau aku bisa saja pingsan.

Tanpa Jasmine, mungkin aku akan pingsan. Kami berdua pun pulang bersama naik angkutan umum yang sama karena tanpa diduga rumah kami searah. Tiga tahun sudah aku dan Jasmine memiliki tali persabahatan dan kami selalu berbagi cerita sedih atau bahagia. Setelah kami berdua lulus dari SMP, Jasmine bersama orangtuanya pindah ke luar kota. Mendengar kabar itu, aku sedih karena akan sulit untuk bertemu langsung dengan Jasmine.

Meskipun sudah alat komunikasi canggih, tetapi rasanya akan kurang kalau tidak bisa berbagi cerita secara langsung. Tak terasa juga, aku sudah hampir selesai menempuh pendidikan SMA, sehingga aku berinisiatif untuk menulis surat kepada Jasmine. Pada bagian akhir surat itu, aku menulis, โ€œapakah kita bisa bertemu kembali di universitas yang sama?โ€ 8. Contoh Cerpen Singkat: Hadiah dari Ayah Hadiah dari Ayah Ketika sudah memasuki Sekolah Dasar (SD), ayah selalu berjanji kalau aku mendapatkan rangking 10 besar akan diberikan hadiah.

Namun, saat pertama kali aku kelas 1 SD tak pernah mendapatkan rangking 10 besar, sehingga aku gagal mendapatkan hadiah.

Melihat keadaaku yang murung, ayah memberikanku sebua motivasi untuk tidak menyerah dan selalu belajar agar bisa mencapai rangking 10 besar dan hanya berada di 15 besar saja. Masuk tahun ajaran baru dan aku naik ke kelas 2 SD, di kelas ini, aku selalu ingat dengan motivasi ayah agar rajin belajar. Kemudian aku terus belajar agar bisa masuk ke 10 besar, tetapi ketika belajar aku selalu merasa lelah karena apa yang dimaksud tempo dalam lagu belajar di sekolah dan belajar lagi di rumah.

Bahkan, aku seperti merasa sia-sia ketika sudah belajar dengan sungguh-sungguh karena tetap belum bisa masuk ke 10 besar. Tak pernah berhenti, ayah selalu berusaha mengingatkanku untuk terus semangat dan tidak pernah menyerah. Ayah berkata, โ€œcoba kamu lihat waktu kelas satu kamu sudah berhasil mencapai 15 besar, kini di kelas 2 SD, kamu sudah naik ke peringkat 12 besar itu tandanya usaha kamu tidak sia-sia.โ€ Aku yang mendengarkan perkataan ayah menjadi lebih semangat untuk melakukan belajar kembali di rumah.

Ketika semester pertama di kelas 3 SD, aku sangat senang karena berhasil masuk ke 9 besar. Ayah mendengar kabar itu sangat senang dan tak lupa dengan janjinya ketika pertama kali aku masuk SD. โ€œAnak ayah memang hebat, kamu mau hadiah apa karena sudah berhasil masuk ke 9 besar?โ€ โ€œAku ingin hadiah mainan robot-robotan yang kemarin kita lihat di mall.โ€ โ€œBerarti hari minggu besok, kita pergi ke mall untuk beli robot-robotan.โ€ Setelah mendapatkan hadiah, akhirnya aku mengerti bahwa berjuang dengan sungguh-sungguh pasti akan ada hasilnya.

Jadi, itulah beberapa contoh cerpen yang bisa dibaca atau diceritakan kepada anak-anak. Pada dasarnya cerita anak menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan tidak mengangkat kisah yang rumit. Terlebih saat tahu temanya tentang kebaikan dalam kehidupan.

Anak jadi semangat berbuat kebaikan. Selain itu, penggunaan kaidah bahasanya juga mudah dipahami oleh anak-anak. Biasanya cerita anak dibaca saat hendak menjelang tidur atau ketika sedang ada pelajaran di kelas TK. Beberapa kisah anak yang populer juga sangat banyak tersedia. Ada banyak sekali buku kumpulan cerpen terbaik yang bisa kita baca, salah satunya buku Kumpulan Cerita Pendek Cerita Di Balik Lirik Lagu oleh Suprihadi, S.Pd.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Penulis mencoba menghadirkan cerita-cerita pendek dengan latar belakang kampus serta mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia sebagai pelaku cerpen. Grameds bisa menggali cerpen dalam buku tersebut dan juga membelinya dengan klik โ€œBeli Bukuโ€ di bawah ini. 1 Abstrak 2 Orientasi 3 Komplikasi 4 Evaluasi 5 Resolusi 6 Koda Artikel terkait dengan โ€œContoh Cerpenโ€ : โ€ข Contoh Puisi โ€ข Ciri-ciri Cerpen โ€ข Perbedaan Cerpen dan Novel โ€ข Pengertian Unsur Ekstrinsik dalam Novel dan Cerpen โ€ข Cara Membuat Cerpen โ€ข Contoh Cerita Anak Fiksi Pengantar Tidur โ€ข Pengertian Cerita Fiksi โ€ข Contoh Cerita Non Fiksi โ€ข Kalimat Tidak Efektif: Pengertian, Ciri-ciri, Unsur dan Contohnya โ€ข Cara Membuat Resensi Buku Dan Contohnya โ€ข Pengertian Opini: Ciri-Ciri, Jenis, hingga Cara Membuatnya โ€ข Pengertian Proposal: Fungsi, Jenis, Tujuan dan Manfaat โ€ข Apa itu Pokok Pikiran?

Fungsi, Ciri, dan Cara Menentukannya Recent Post โ€ข Rekomendasi Buku Tes BUMN + Latihan Soal dan Jawaban Mei 9, 2022 โ€ข Review Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari Mei 9, 2022 โ€ข Yuk, Berkenalan dengan 23 Member NCT! Mei 9, 2022 โ€ข Review Novel Unfamiliar Twins Mei 9, 2022 โ€ข Review Novel Layla Majnun Mei 9, 2022 โ€ข Memahami Arti Bad Mood dan Cara Mengatasinya Mei 9, 2022 โ€ข Review Novel Inevitably in Love Karya Cecilia Wang Mei 9, 2022 โ€ข 16 Ciri Istri Atau Pacar Selingkuh, Para Suami Harus Tau Mei 9, 2022 โ€ข Review Novel Mozachiko Karya Poppi Pertiwi Mei 9, 2022 apa yang dimaksud tempo dalam lagu 10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Bertema English Classics Mei 9, 2022 โ€ข Indonesia IMDb Informasi di IMDb Eiffel.

I'm in Love ( bahasa Indonesia: Eiffel. Aku Jatuh Cinta) adalah film komedi remaja romantis tahun 2003 dari Indonesia mengenai konflik remaja dan orang tua. Dibintangi oleh Samuel Rizal dan Shandy Aulia sebagai karakter utama, film ini diangkat dari novel laris berjudul sama karya Rachmania Arunita. Kocak sekaligus menggemaskan, beberapa bintang kondang juga turut meramaikan film bernuansa cinta ini, di antaranya Titi Kamal, Helmy Yahya, Didi Petet, dan Hilda Arifin.

Plot dari film ini adalah Tita yang tumbuh dalam keluarga overprotektif bertemu dengan Adit, anak dari teman orang tua Tita. Interaksi antara Tita dan Adit yang judes dan jutek membuat banyak hal dalam hidup Tita terbolak balik. Saat Tita mengunjungi Adit di Perancis, mereka berkencan di bawah Menara Eiffel.

Daftar isi โ€ข 1 Versi diperpanjang โ€ข 2 Penghargaan dan Nominasi โ€ข 3 Sinopsis โ€ข 4 Album โ€ข 4.1 Daftar lagu โ€ข 4.2 Tambahan lagu versi repackage โ€ข 5 Sekuel โ€ข 6 Referensi โ€ข 7 Pranala luar Versi diperpanjang [ sunting - sunting sumber ] Film ini mempunyai versi yang diperpanjang ( bahasa Inggris: extended version) yang mengulas kisah dalam film ini secara lebih mendalam.

Penghargaan dan Nominasi [ sunting - sunting sumber ] Film ini juga meraih beberapa penghargaan dan Nominasi di antaranya pada MTV Indonesian Movie Awards 2004. Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil 2004 MTV Indonesia Movie Awards Most Favorite Movie Eiffel I'm in Love Menang Best Movie Nominasi Most Favorite Actor Samuel Rizal Menang Most Favorite Actress Shandy Aulia Nominasi Best Song in Movie Melly Goeslaw (featuring Jimmo) โ€“ "Pujaanku" ( Eiffel I'm in Love) Nominasi Best Crying Scene Shandy Aulia Nominasi Best Director Nasri Cheppy Nominasi Sinopsis [ sunting - sunting sumber ] Tita adalah seorang anak dari 2 bersaudara.

Tita mempunyai kakak bernama Alan. Usia Tita kini 15 tahun. Saat-saat remaja yang indah bagi anak seusianya. Namun, berbeda dengan remaja pada umumnya, Tita adalah seorang remaja yang menghabiskan masa remajanya di rumah saja karena mamanya yang over protektif. Suatu hari Tita meminta izin untuk pergi ke mall dengan teman-temannya. Namun, mamanya tidak mengizinkan Tita untuk pergi karena mamanya tidak ingin terjadi hal-hal buruk padanya. Tita tidak boleh pergi jalan-jalan hingga usianya 20 tahun.

Tita sebenarnya sudah mempunyai pacar bernama Ergi. Mereka sudah berpacaran backstreet selama 2 tahun tetapi mereka belum pernah jalan bersama. Tita sudah mencoba berulang kali mencari alasan untuk bisa jalan dengan Ergi.

Namun, usahanya sia-sia. Suatu hari Tita disuruh Papa-Mamanya menjemput teman orang tua mereka yang datang dari Prancis di bandara. Alan berkata bahwa mungkin Tita akan dijodohkan dengan anak teman orangtuanya itu yaittu Om Reza dengan anaknya bernama Adit. Mendengar hal tersebut Tita tertawa lebar,Tita tahu bahwa itu hanya lelucon. Disaat itu Ananda sedang menelfon Tita. Ananda adalah Sahabat Tita sekaligus teman sebangku Tita. Ananda memang sering mentelpon Tita sekadar untuk menanyakan keadaan Alan.

Nanda naksir berat dengan Alan. Tita juga sering curhat dengan Nanda. Kali ini Tita juga menceritakan tentang kedatangan Adit pada Nanda. Nanda kemudian menebak bahwa Tita akan dijodohkan dengan Adit. Mendengar hal tersebut Tita menjadi berpikir tentang perjodohan tersebut.

Apakah benar Apa yang dimaksud tempo dalam lagu akan dijodohkan dengan Adit ? Lalu Ergi bagaimana nasibnya ? Keesokan harinya menjemput Adit dan Om Reza di bandara.

Sudah 3 jam Tita menunggu kedatangan Om Reza dan Adit. Tita sudah mulai bosan dan jenuh. Lalu Tita mengeluarkan walkman dan menyetel radio acara kesukaannya โ€œ Tisam โ€œ atau โ€œ Titip Salam โ€œ. saat sedang asyik mendengarkan radio, Tita sangat kaget ketika mendegar apa yang dikatakan Fara di radio. Fara mengatakan bahwa Tita sedang menjemput calon suaminya dari Prancis di bandara.

Setelah Apa yang dimaksud tempo dalam lagu, Ergi pun ikut-ikutan menelfon di radio. Ergi ingin bertanya apakah semua gosip tentang Tita mau dijodohkan itu benar atau tidak.

Bahkan ada gosip yang beredar bahwa Tita hamil dengan Ergi yang menyebabkan Tita menikah. Setelah itu, pembawa acara memutar lagu kesukaan Tita. Tita tidak seceria biasanya saat mendengarkan lagu tersebut. Tita gelisah dan bingung bagaimana teman-teman Tita bisa tau tentang Adit. Sesaat, lamunannya terganggu oleh suara sopirnya yang menyuruh Tita menanyakan ke Papa Tita mengapa Om Reza tak kunjung datang. Setelah mentelpon Papanya, Tita baru sadar bahwa Tita menunggu di tempat yang salah.

Dengan terburu-buru, Tita menuju tempat Om Reza yang dimaksud oleh Papa. Tiba-tiba Tita menabrak seseorang yang tidak lain tidak bukan adalah Adit. Saat pertemuan pertamanya itu, Adit langsung marah-marah ke Tita karena baju Adit basah terkena minuman yang dibawanya ditambah lagi Adit sudah menunggu selama 2 jam. Sikap Adit yang Jutek, pemarah, angkuh, judes, dan cuek bertolak belakang sekali dengan Om Reza yang baik, ramah dan penyabar. Om Reza tidak henti-hentinya mengajak Tita mengobrol hingga sampai di rumah Tita.

Sesampainya di rumah, kedatangan Om Reza dan Adit disambut baik oleh keluarga Tita. Saat Tita di bandara tadi, ternyata Ergi dan Nanda telpon ke rumah. Kemudian Tita mentelpon Nanda dan marah โ€“ marah karena dia menceritakan soal Adit ke teman-teman Tita. Selain itu, Tita juga menanyakan PR tadi pagi ke Nanda.

Setelah selesai mentelpon Nanda, Tita langsung mengerjakan PR Fisika nomor 1-50 essay hingga larut malam. Saat Tita ingin mentelpon Ergi ke bawah Tita tidak sengaja mendengar pembicaraan Adit bahwa dia akan dijodohkan dengan Tita. Tita semakin penasaran mendengar hal tersebut. Kemudian Tita mengintip lewat lubang kunci untuk memastikan apakah Om Reza ada di dalam atau tidak. Baru sebentar ia membungkuk, tiba-tiba pintu kamar terbuka dan Adit keluar.

Kemudian Adit memarah-marahi Tita lagi. Kemudian Tita kembali ke kamarnya. Tita tidak bisa membayangkan kalau Adit menjadi suami Tita nanti. Hilang sudah cita-cita Tita untuk mendapatkan cowok yang tampan, tinggi, hangat, ramah, pengertian dan baik. Keesokan harinya, Tita menjadi pemurung dan pendiam. Tita tidak semangat untuk pergi keluar kelas. Namun, Fara tetap bersikeras untuk mengajak Tita ke kantin.

Dengan terpaksa, Tita menuruti Fara. Fara merupakan teman akrab yang satu kelas dengan Tita. Fara dulunya suka dengan Ergi, tetapi Fara kesal karena Ergi lebih memilih Tita daripada Fara. Kini Fara tak lagi kesal dengan Tita. Fara merupakan cewek yang cukup popular di sekolah.

Dia banyak kenal anak kelas 3. Saat Apa yang dimaksud tempo dalam lagu dan Fara melewati segerombolan anak kelas 3 yang nongkrong di kantin, Tita mendengar gosip-gosip yang buruk tentang Tita.

Mendengar hal tersebut, Tita berlari meninggalkan kantin sambil menangis. Tiba-tiba Tita menabrak seseorang yakni Ergi. Kemudian Tita menceritakan apa yang sebenarnya terjadi antara Tita dan Adit di kelas Tita. Apa yang dimaksud tempo dalam lagu selesai, Ergi kembali ke kelasnya.

Tak sengaja Tita melihat Fara yang tak henti-hentinya memandangi Ergi. Setelah itu, Uni menghampiri Tita dan mengageti Tita. Uni menanyakan kepada Tita secara langsung apakah benar gosip yang beredar tersebut. Kemudian Tita menjelaskan panjang lebar apa yang sebenarnya terjadi antara Tita dengan Adit.

Uni memutuskan untuk mampir ke rumah Tita saat pulang sekolah nanti untuk melihat sosok Adit itu. Sesampainya di rumah, Tita dan Uni langsung ke kamar Tita yang berada di atas. Setelah Uni menaruh tas, Uni lalu ke kamar mandi. Tak sengaja ia bertemu dengan cowok yang tampan dan keren.

Uni seperti cacing kepanasan melihat sosok tersebut yang super tampan. Kemudian Uni memberitahukannya kepada Tita. Lalu Tita dan Uni mengecek kembali ke kamar mandi.

Tita semakin penasaran dengan sosok yang diceritakan Uni tadi. Karena penasaran, Tita lalu mengintip lewat lubang kunci kamar mandi. Tiba-tiba pintu terbuka. Ternyata sosok yang dilihat Uni tadi adalah Adit. Tita menjadi salah tingkah karena kepergok sedeng mengintip Adit. Buru-buru tita kembali ke kamarnya. Setelah di kamar, Uni bertanya tentang Adit pada Tita. Uni sangat mendukung apabila Tita dijodohkan dengan Adit. Lebih-lebih Uni menyuruh Tita untuk putus dengan Ergi. Saat Uni ingin pulang, Mama Tita menyuruh Tita untuk mengantar Adit jalan-jalan membeli oleh-oleh untuk teman-teman Adit yang ada di Prancis.

Spontan Uni mengatakan kalau ia bersedia untuk mengantarkan Adit membeli oleh-oleh bersama dengan Tita. Dengan terpaksa, Tita menuruti kemauan Mamanya. Lalu Tita dan uni ganti baju. Tita membantu merapikan dandanan Uni. Kemudian mereka turun ke bawah. Tita yang kebingunan mencari Adit di bawah, dengan senang hati Uni membantu Tita, ia mencari Adit di atas.

Saat Uni bertemu Adit, Uni lalu berkenal dengan Adit. Adit yang mengetahui kalau Uni teman dekat Tita, ia lalu meminta sesuatu bantuan pada Uni. Setelah selesai berbicara, Adit dan Uni turun kebawah langsung naik mobil kemudian berangkat.

Sesampainya di mall, Adit sibuk memilih-milih barang dengan Uni. Mereka berdua terlihat akrab sekali. Sesekali Tita merekomendasikan barang pada Adit, tetapi Adit menghiraukannya. Setelah itu, Uni ke kamar mandi. Disaat itu Tita lalu menanyakan apa yang didengarnya tempo lalu tentang pembicaraan Adit di kamar mengenai perjodohan ia dan Tita. Dengan santainya Adit membenarkan perkataannya waktu itu. Tita tidak terima dengan perjodohan tersebut, karena Tita sudah mempunyai Ergi.

Tita memuji-muji Ergi di depan Adit. Karena Adit tidak mau kalah, Adit mengajak Tita untuk double date agar Tita tau bahwa pacar Adit lebih perfect daripada pacar Tita. Tita setuju dengan ajakan Adit tersebut dan mengusulkan untuk pergi ke acara kembang api di taman kota. Saat di bawah, Uni tidak sengaja melihat Ergi bersama seseorang. Lalu Uni memberitahukannya ke Tita. Untuk memastikannya Tita turun ke lantai 1 mall tersebut, teryata apa yang dikatakan Uni benar. Dalam perjalanan pulang, Tita masih memikirkan apa yang dilihatnya tadi.

Apakah benar itu Ergi ? Apakah Ergi jalan dengan Farah ? Sesampainya di rumah Tita lalu mentelpon Nanda dan curhat tentang Ergi tadi.

Tita juga memberitahukan PR tadi pagi pada Nanda karena Nanda tadi tidak masuk sekolah. Kemudian Tita mentelpon Ergi untuk memastikan perempuan apa yang dilihatnya tadi. Ternyata Ergi berbohong. Lalu Ergi meminta tolong pada Tita untuk titip absen tidak masuk karena ia akan mengikuti tes LIA.

Keesokan harinya, Tita ke kelas Ergi untuk menyampaikan pesan dari Ergi tadi malam. Tita bertemu dengan ketua kelas Ergi yang bernama Mita.

Mita menyuruh Tita untuk jangan pulang dulu setelah pulang sekolah nanti. Setelah itu Tita kembali ke kelas lagi.

Saat di kelas, Nanda lalu memberikan surat pada Tita dari anak kelas 3. Setelah membaca suratnya, ternyata itu adalah surat cinta dari seseorang yang bernama Surya. Nanda yang penasaran dengan surat tersebut, lalu menanyakannya pada Tita. Saat Nanda tau bahwa itu surat cinta, Nanda tertawa terbahak-bahak karena tidak berani mengatakannya secara langsung. Kemudian Tita menceritakan pembicaraan Mita tadi kepada Nanda. Nanda tidak mau campur tangan dengan urusan Tita yang satu ini.

Karena kesal dengan sikap Nanda, Tita lalu keluar kelas untuk menghirup udara segar. Tita yang melihat Fara di luar lalu menyapanya. Lalu Fara ingin berbicara serius dengan Tita. Fara menyuruh Tita untuk putus dengan Ergi tanpa alasan yang jelas. Mendengar perkataan Fara tersebut, Tita menjadi emosi dan menjawab perkataan Fara bahwa Tita akan putus dengan Ergi.

Sambil menangis Tita pergi meningggalkan Fara. Tita tidak habis fikir kalau Fara setega itu dengan Tita. Tita ingat waktu dulu jadian dengan Ergi, Tita minta maaf ke Fara sampai jungkir balik. Waktu itu Tita dimaafkan, tetapi hubungan mereka nggak pernah seakrab dulu lagi. Tita sudah menunggu 10 menit setelah bel pulang sekolah berbunyi.

Kemudian datanglah seseorang anak kelas 3 yang berjalan menghampiri Tita. Cowok tersebut bernama Angga. Ia ingin mengajak Tita jalan. Namun, Tita tidak bisa karena ia sudah ada janji dengan Ergi. Mendengar hal tersebut, wajah Angga tampak murung. Lalu ia turun ke bawah bersama Tita.

Saat di gerbang sekolah, Tita melihat segerombolan anak perempuan kelas 3. Ternyata mereka mengerumuni Adit. Adit yang melihat Tita lalu memanggilnya dan menghampirinya. Kemudian Adit mengajak Tita pergi dari tempat kerumunan tersebut.

Kemudian Adit dan Tita bertemu dengan Uni. Uni lalu mengajak untuk pergi ke kantin. Namun, Tita tidak mau dan ingin langsung pulang. Tita tidak tau bahwa sopir yang biasa menyemputnya kali ini tidak ada, akhirnya Tita pulang bersama Adit. Adit saat menjemput Tita memakai mobil VW Beetle baru berwarna kuning. Saat di dalam mobil Tita dan Adit tidak berbicara sama sekali.

Tiba-tiba mobil Adit berhenti di tengah jalan yang jaraknya lumayan jauh dari rumah Tita. Adit menyuruh Tita untuk turun dan dan pulang sendiri karena Adit ada urusan penting. Dengan terpaksa Tita pulang jalan kaki karena Tita tidak pernah diberi uang lebih. Adit kembali melanjutkan perjalanan menuju ke apartemen. Ia naik lift ke lantai 7 kamar nomor 20. Ia ingin bertemu dengan seseorang yakni mantan pacarnya dulu yang bernama Intan. Saat itu Intan tidak sendiri, ia bersama dengan seorang laki-laki yang usianya lebih muda daripada Intan.

Kemudian laki-laki itu pergi meninggalkan mereka. Adit ingin meminta bantuan Intan untuk menjadi pacar bohongannya saat double date nanti di acara kembang api. Tanpa berpikir panjang Intan membantu Adit. Bahkan ia juga mau kalau benar-benar menjadi pacar Adit lagi. Intan meminta imbalan atas pertolongannya tersebut. Sesampainya dirumah, Tita marah-marah dengan Bi Ica karena kakinya sakit setelah jalan kaki. Tita lalu langsung ke kamarnya untuk tidur karena Tita sangat lelah.

Pada waktu sore hari, Tita meminta izin ke Mamanya untuk memperbolehkan Tita pergi ke acara kembang api yang diadakan hanya setahun sekali itu. Tita terus merengek agar dapat pergi ke acara tersebut. Bak seorang pahlawan, Adit menawarkan diri ke Mama Tita untuk menemani dan menjaga Tita di acara kembang api itu. Akhirnya Mama Tita mengizinkan Tita pergi bersama Adit. Tita lalu buru-buru ganti baju dan tampil secantik mungkin karena ini kencan pertama Tita dengan Ergi.

Sesampainya di taman kota, Adit dan Tita sibuk mencari pacar-pacar mereka. Kemudian Intan datang menghampiri Adit. Tita sangat kagum dengan penampilan Intan yang begitu cantik. Kemudian Tita dan Intan berkenalan.

Setelah beberapa saat, barulah Ergi datang dan menghampiri Tita. Kemudian Ergi berkenalan dengan Adit dan Intan. Adit terlihat sinis sejak kedatangan Ergi. Kemudian Tita menarik Adit dan mengajaknya bicara empat mata. Tita marah dengan sikap Adit yang terlihat sinis dan judes dengan Ergi karena ini kencan pertama Tita dengan Ergi, jadi Tita tidak ingin merusak suasana.

Adit tidak menghiraukan perkataan Tita dan kembali menemui Intan. Adit mengajak Intan pergi jalan-jalan melihat bazar tanpa melirik Ergi sedikitpun. Intan lalu mengajak Tita dan Ergi ikut jalan-jalan. Tita, Ergi, Adit dan Intan berjalan-jalan melihat bazar sembari menunggu acara puncak kembang api. Intan mengeluh karena kakinya capek jalan-jalan. Kemudian Ergi menawarkan mengambil minum. Aditpun ikut-ikutan mengambil minum dengan wajah yang sinis. Saat Ergi dan Adit pergi, Intan dan Tita berbinca-bicang.

Intan menanyakan sedekat apa Tita dengan Adit. Setelah Tita menjawab semua pertanyaan Intan, Intan menyimpulkan bahwa Adit menyukai Tita dan memberitahukannya pada Tita. Namun, Tita masih tidak mengerti tentang semua perkataan Intan.

Lalu Intan menceritakan panjang lebar tentang sikap Adit waktu pacaran dulu yang jauh berbeda dengan sekarang terhadap Tita. Tita lalu menanyakan sikap Adit yang sinis terhadap Ergi. Namun, Intan tidak menjawabnya.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Tita yang sudah menunggu lama minuman dari Ergi, akhirnya mengajak Intan untuk pergi mencari Adit dan Ergi. Apa yang dimaksud tempo dalam lagu Intan melihat keramaian yang tak apa yang dimaksud tempo dalam lagu dari tempat ia berdiri. Intan dan Tita lalu menuju ke tempat tersebut untuk melihat apa yang terjadi. Ternyata Intan melihat ada yang sedang berkelahi yang tidak lain adalah Ergi dan Adit. Mereka berdua sudah berlumuran darah dan babak belur.

Kemudian Tita melerai perkelahian tersebut. Tita sangat marah dan kecewa terhadap sikap Adit kali ini karena sudah merusak kencan pertama Tita dan memukuli Ergi. Kemudian Tita menuju ke Ergi dan Intan menuju ke Adit untuk melihat keadaan pacar-pacarnya. Kemudian Ergi mengajak Tita untuk pulang. Baru beberapa langkah berjalan, Adit menarik lengan Ergi dan menonjoknya sambil berkata bahwa Jangan pernah menyentuh Tita lagi. Lalu Adit menarik tangan Tita dan membawanya lari dari kerumunan orang itu.

Tita berusaha melepaskan tangannya dari genggaman Adit tetapi tidak bisa. Setelah sampai di tempat yang jauh dari kerumunan banyak orang, Adit baru melepaskan tangan Tita. Tita lalu marah-marah dan memukuli dada Adit sambil menangis. Kemudian Adit menggenggam tangan Tita dan meminta untuk tidak pulang sekarang dengan keadaannya yang babak belur seperti ini.

Mendengar hal tersebut, Tita mengerti akan keadaan Adit saat ini. Tita lalu mengambilkan es batu untuk Adit untuk mengobati luka memarnya agar tidak membengkak.

Setelah semuanya tenang, Tita lalu menanyakan penyebab Adit memukul Ergi. Kemudian Adit menjelaskan kalau Ergi berselingkuh dengan perempuan lain. Ternyata yang Adit lihat laki-laki yang ada di apartemen Intan tadi siang adalah Adit. Sesaat, Tita terdiam setelah mendengar penjelasan Adit. Tita teringat akan kejadian saat Tita melihat Ergi bersama seseorang di mall. Kemudian Tita menangis dan memeluk Adit. Kemudian Adit menasehati Tita yang dapat membuat Tita sedikit tenang.

Kemudian Tita menanyakan perkelahian tadi untuk membela siapa. Namun, Adit gugup dan tidak bisa menjawab. Tita menyesal karena semua ini salah Tita. Tita yang tidak pernah memberikan perhatian yang lebih pada Ergi, membuat Ergi pergi ke lain hati untuk mendapatkan perhatian. Tita tidak menyalahkan Ergi kalau Ergi selingkuh karena Tita memang tidak bisa membahagiakan Ergi.

Tita telah rela apabila Tita putus dengan Ergi. Mendengar pengakuan Tita tersebut Adit sangat setuju dan mendukung kalau Tita putus dengan Ergi.

Disaat itu suara kembang api sudah terdengar. Lalu Adit dan Tita menyaksikan acara kembang api tersebut. Lalu setelah itu Adit menawarkan untuk mentraktir nonton karena telah memukuli pacar Tita. Lalu Tita menyetujuinya. Keesokan harinya, Tita menceritakan semua kejadian tadi malam kepada Nanda.

Dengan antusias Nanda mendengarkannya. Tiba-tiba Fara masuk dalam kelas. Tita lalu menghampiri Fara untuk meminta maaf atas tuduhannya waktu itu. Fara kemudian menceritakan apa yang sebenarnya terjadi antara dia dengan Ergi.

Tita sangat berterima kasih kepada Fara karena sudah mau membantunya. Kemudian Ergi tiba-tiba muncul. Lalu Tita menghampiri Ergi dan Tita meminta putus. Sepulang sekolah, Tita menagis dikamarnya.

Kamar Tita sudah seperti kapal pecah karena tisu berserakan dimana-mana. Kemudian Tita pindah ke kamar Adit untuk tidur karena kamar Tita yang berantakan dan tidak nyaman. Kamar Adit yang jauh lebih nyaman membuat Tita tidur dengan nyenyak. Beberapa jam kemudian Tita terbangun. Dengan berat Tita membuka matanya.

Kelopak matanya terasa berat sekali seperti digantungi oleh karung beras. Penglihatannya menjadi kabur. Mungkin karena terlalu banyak menangis. Tita kemudian duduk di tempat tidur Adit, berusaha mengembalikan pengelihatannya. Kepalanya masih terasa sedikit pusing. Tiba-tiba Tita mendengar suara aneh di ruangan tersebut.

Ternyata Tita tidak sendirian. Adit tidur di sofa kamar.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Ia tidur dengan nyenyak sekali. Karena Tita tertidur di tempat tidurnya, Adit terpaksa tidur di sofa. Tita lalu menghampiri Adit. Tita teringat niatnya untuk curhat dengan Adit.

Kemudian Tita menagis dan meneteskan air mata ke wajah Adit. Aditpun terbangun dan marah-marah. Kemudian Tita curhat dengan Adit kalau Tita putus dengan Ergi.

Namun, Tita bingung, Tita ingin balikan dengan Ergi lagi. Lalu Adit dengan sigap mengatakan jangan. Adit menasehati Tita panjang lebar agar tidak balikan dengan Ergi. Untuk menghibur diri, Tita menagih janji Adit untuk mentraktir Tita nonton dan makan pada hari minggu.

Kemudian Tita menanyakan perempuan yang bersama Adit di foto yang terdapat di kamar Adit. Adit menjelaskan bahwa itu dalah Mamanya. Mama Adit meninggal saat kecelakaan mobil bersama Papanya. Foto tersebut diambil satu minggu sebelum kecelakaan. Papa dan Mama Adit sudah bercerai waktu itu. Saat Adit menjelaskan tentang Apa yang dimaksud tempo dalam lagu, tiba-tiba HP Adit berbunyi. Adit kemudian mengambilnya. Tita lalu menanyakan siapa yang mentelpon, ternyata yang mentelpon adalah Uni.

Kemudian Adit mentelpon Uni dan menyuruh Tita untuk keluar. Sepulang sekolah, Tita dan Nanda mengajak Uni untuk creambath di salon.

Namun, Uni tidak bisa karena dia sudah ada janji dengan Adit untuk pergi nonton. Mendengar har tersebut, Tita menjadi cemburu terhadap Uni.

Saat melihat Adit menjemput Uni, Tita menjadi semakin cemburu terhadap mereka. Hari minggu yng ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Akhirnya Tita ditraktir Adit makan dan nonton. Adit menyuruh Tita untuk buru-buru menghabiskan makanannya karena takut kehabisan tiket nonton. Saat sampai di loket, Tita dan Adit berdebat untuk memilih film yang akab di tonton.

Tita menginginkan film Chicken Run dan Adit menginginkan film Asterix. Setelah melalui perdebatan yang cukup panjang akhirnya film kesukaan Adit yang akan ditonton, Asterix.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Adit dan Tita lalu duduk di bangku samping kanan baris 4 paling belakang. Saat menunggu filmnya mulai, Tita tiba-tiba melihat Ergi. Kemudian Adit menyuruh Tita untuk berpura-pura menjadi pacar Adit. Tita menurut saja karena Tita tidak tau harus bicara apa dengan Ergi. Disaat-saat seperti itu, tiba-tiba Uni mentelpon Adit dan Aditpun meninggalkan Tita sendirian bersama Ergi.

Kemudian Ergi menanyakan surat yang diberikannya waktu itu. Ergi selama seminggu yang lalu sering memberikan surat kepada Tita untuk meminta balikan. Namun, Tita tidak menjawabnya sama sekali. Kali apa yang dimaksud tempo dalam lagu Tita bingung harus menjawab apa. Tiba-tiba Intan datang menghampiri Ergi. Tita lega karena Tita tidak jadi menjawab pertanyaan Ergi.

Saat Ergi pergi membelikan minuman untuk Intan, Intan menanyakan pula tentang surat-surat dari Ergi tersebut. Ternyata semua surat yang diberikannya pada Tita adalah buatan Intan, bukan Ergi.

Setelah mendengarkan penjelasan Intan yang ternyata Ergi tidak bisa apa-apa, Tita semakin yakin kalau Tita tidak akan balikan dengan Ergi. Setelah itu, Intan juga menanyakan kelanjutan hubungan Tita dengan Adit. Kemudian Tita menjelaskan secara panjang lebar tentang masa lalu Adit bersama Mamanya. Setelah selasai menceritakan tentang Mama Adit, Tita lalu masuk ke studio karena filmnya telah diputar.

Kemudian disusul Adit yang masuk ke dalam. Setelah di dalam, Tita marah-marah dengan Adit karena tadi Tita ditinggal sendirian. Adit menghiraukan omelan Tita dan beranjak untuk membeli camilan untuk dirinya sendiri.

Adit meninggalkan jaketnya di kursi. Tita penasaran dengan isi dompet Adit, lalu Tita membukanya. Tita melihat sebuah tiket pesawat dengan jadwal keberangkatan besok. Setelah itu Tita mengembalikan dompetnya ke jaket dengan rapi. Setelah Adit kembali, Tita menanyakan kepada Adit tentang tiket tersebut. Kemudian Adit marah-marah karena Tita membuka dompet Adit dan melihat isinya.

Karena berisik, Adit dan Tita dimarahi oleh orang yang berada di belakang tempat duduk mereka. Adit dan Tita tidak sadar kalau filmna sudah dimulai. Adit melihat film tersebut dengan saksama. Sesekali Adit bertanya jam pada Tita. Adit seperti orang apa yang dimaksud tempo dalam lagu sedang gelisah memikirkan sesuatu.

Beberapa saat kemudian, Adit engajak Tita untuk buru-buru pulang. Adit ingin mengemasi barang-barangnya untuk dibawa pulang. Akhirnya Tita dan Aditpun pulang. Sesampainya di rumah Tita mentelpon Nanda tentang peristiwa yang dialaminya tadi. Tita mengaku kalau Tita benar-benar suka dengan Adit kali ini. Saat mendengar kalau Adit akan pulang ke Prancis besok, Nanda cepat-cepat menyuruh Tita untuk menyatakannya pada Adit.

Belum sampai 5 menit Tita berpikir bagaimana cara menyatakannya, Nanda sudah kembali mentelpon Tita kembali. Saat Tita akan ke atas, Tita bertemu dengan Bi Ica. Kemudian Tita menanyakan keadaan Adit.

Bi Ica menjawab kalau Adit berterima kasih karena sudah membantunya dan memuji masakan Bi Ica. Kemudian Tita menyuruh Bi Ica untuk membuatkan susu coklat kesukaan Tita. Setelah itu Mama Tita telpon ke rumah untuk menyuruh Adit agar cepat-cepat berangkat ke bandara diantar sopir. Kemudian Tita menuju ke kamar Adit, tetapi Adit tidak ada di kamarnya. Kemudian Tita mencari adit kesemua ruangan, tetapi tetap tidak ada. Kemudia Tita akhirnya masuk ke kamar Tita sendiri, ternyata Adit sudah ada di dalam dan menunggu Tita dari tadi.

Tita kecewa pada Adit karena Tita tidak diberitahu kalau Adit pulang hari ini dan bukan besok. Tita menangis dan sedih, tetapi Adit hanya diam dan memandangi Tita dengan lembut.

Kemudian Tita menyampaikan pesan Mama kepada Adit. Adit menyuruh Tita untuk ikut ke bandara mengantar Adit. Lalu tita ganti baju. Tita tidak lupa membawa tisu untuk berjaga-jaga. Setelah selesai Tita menyusul Adit ke bawah yang sudah menunggu di depan mobil. Setelah semua sudah siap, Adit dan Tita berangkat ke bandara. Saat di dalam mobil, Tita diam saja. Lalu Adit bicara pada Tita untuk memperenak suasana. Adit berpesan bahwa Tita tidak boleh balikan dengan Ergi dan juga kalau Tita ingin curhat, Tita bisa curhat dengan Uni dan Alan.

Lalu pak sopir menyalakan radio kesukaan Tita. Baru beberapa detik memutar radio, Tita sudah dikagetkan dengan suara seseorang yang tita sangat kenal yakni Ananda.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

Nanda membongkar rahasia Tita tentang Adit. Mulai dari Tita suka dengan Adit, Ergi yang berselingkuh dengan mantan pacar Adit sampai Tita yang cemburu pada Uni yang pacar Adit. Tita masih tidak mengaku kalau yang dibicarakan di radio itu Tita dan Adit. Tita berusaha untuk menutup-nutupi dan menyangka semua kecurigaan Adit.

Tiba-tiba HP Adit berbunyi, dan yang telpon Adit pada saat-saat yang tidak tepat pasti Uni. Uni apa yang dimaksud tempo dalam lagu tentang Nanda yang baru telpon di radio tadi. Setelah selesai, Adit dan Tita akhirnya sampai di bandara. Adit yang kelaparan memutuskan untuk makan terlebih dulu di McD. Adit menawari Tita makanan, tetapi Tita tidak mau makan. Tita hanya melihati Adit makan dengan lahapnya. Saat makan, HP Adit berbunyi. Adit menyuruh Tita untuk mengangkatnya.

Ternyata yang menghubunginya adalah Mama Tita. Mama menyuruh Tita untuk menemui mamanya di depan Dunkinโ€™ Donut. Akhirnya Tita menuju kesana. Setelah bertemu Mama Tita, Alan disuruh ikut dengan Tita kembali ke tempai Adit uuntuk membawakan koper dan menyuruh Adit untuk cepat-cepat karena Om Reza akan segera berangkat.

Saat menuju tempat Adit, Alan melontarkan berbagai macam pertanyaan kepada Tita tentang kedekatannya dengan Adit. Setelah mengintrogasi Tita, Alan yang melihat Pak Udin membantu membawakan koper Adit. Sedangkan Tita disuruh Alan untuk memanggil Adit. Saat Tita akan memanggil Adit, ucapan Tita terhenti ketika melihat seseorang perempuan yang duduk bersama Adit. Saat Adit melihat Tita, Adit lalu memanggil Tita dan perempuan tersebut pun ikut menoleh. Ternyata perempuan tersebut adalah Uni.

Tita yang melihat Uni berada di bandara, semakin kesal dan sebal. Tita menuju ke tempat Adit dan Uni sambil marah-marah sendiri. Setelah bertemu, Uni menanyakan tanggapan Tita tentang pernyataan Nanda saat telpon di radio tadi. Tita menjadi salah tingkah mencari alasan untuk menjawab pertanyaan Uni. Setellah itu, Tita menyuruh memberitahukan ke Adit kalau Om Reza akan segera berangkat.

Setelah Uni marah dan buru-buru pulang karena janji Adit untuk Uni belum ditepati dan menunggu Adit datang ke Indonesia lagi untuk menepati janjinya. Kemudian Ait berlari mengejar Uni. Melihat kejadian tersebut, Tita serasa ingin pingsan. Setelah Adit kembali, ia mengajak Tita untuk segera pergi ke tempat Om Reza. Kemudian Mama dan Papa Tita pulang duluan karena ada undangan penting.

Tita merengek untuk tetap di bandara mengantarkan Adit sampai benar-benar naik pesawat. Om Reza yang sedang apa yang dimaksud tempo dalam lagu telpon lalu menjauh kari tempat Adit dan Tita karena di situ sangat berisik dan ramai banyak orang. Tita mulai sedih karena tidak rela kalau Adit meninggalkannya disaat Tita mulai menyukai Adit. Adit lalu memeluk Tita untuk menenangkan hati Tita. Kemudian Adit mengantarkan Tita tempat parkir mobil untuk memastikan Tita pulang. Sebelum pulang, Tita mencoba menggoda Adit kalau Tita mempunyai rencana ingin balikan dengan Ergi.

Adit menjadi gelisah dan bertengkar dengan Tita, karena ia tidak ingin kalau Tita balikan dengan Ergi. Disaat-saat terakhir, Tita baru mulai menagis. Adit kebingungan melihat Tita menangis karena ia takut kalau orang-orang melihatnya dikira Adit melakukan sesuatu yang tidak baik pada Tita.

Tita semakin keras menangis karena Tita dibentak oleh Adit. Tita menangis sambil memarah-marahi Adit. Spontan, Adit langsung memeluk Tita dengan erat dan meminta maaf kepada Tita dengan nada yang lembut.

Setelah dipeluk oleh Adit, Tita sudah berhenti menangis dan mulai tenang. Disaat-saat seperti itu, tiba-tiba Ergi datang. Ia mengira kalau Tita akan pergi ke Prancis bersama Adit. Kali ini Adit benar-benar pergi meninggalkan Tita.

Setelah itu, Tita pulang bersama sopir. Sebelumnya Adit telah menitipkan makanan untuk Tita pada sopir Tita. Karena kelaparan, Tita langsung menyantap makanan tersebut dengan lahapnya. Tita menghabiskan semua makanan yang diberikan Adit. Keesokan harinya Tita menceritakan semua peristiwa yang terjadi saat di bandara kepada Nanda saat waktu istirahat di kantin. Lalu Fara dartang menghampiri Tita dan Nanda dan menyampaikan pesan dari anak kelas 3 kalau Tita sedang ditaksir seseorang bernama Angga.

Fara dan Nanda menghibur Tita yang sedang sedih karena ditinggal Adit. Fara dan Nanda merekomendasikan Angga untuk pengganti Adit. Tapi, Tita tetap saja lebih memilih Adit. Sepulang sekolah, Tita langsung ke kamarnya dan menangis seperti waktu itu di kamarnya. Kemudian, Alan masuk ke kamar Tita.Alan bertanya pata Tita antara seorang kakak pada adiknya. Alan menanyakan tentang perasaan Tita pada Adit.

Adit juga menceritakan bahwa dulu Adit adalah teman masa kecil Tita dan pernah tinggal bersama keluarga Tita. Saat Alan membuka pintu kamar dan ingin keluar, ia berpapasan dengan Uni. Uni datang ke rumah Tita. Uni menceritakan semua ke Tita antara Uni dan Adit. Sebenarnya Uni berniat mencomblangkan Tita dengan Adit. Saat mendengar hal tersebut, Tita sedikit kecewa karena Uni dan Adit berbohong pada Tita. Namun, Tita terlanjur senang karena cintanya tidak bertepuk sebelah tangan.

Sudah beberapa bulan Adit meninggalkan Tita, 3 bulan pertamanya Adit masih sering memberi tahukan kabarnya kepada Tita lewat perantara Uni. Selama 3 bulan itu juga, Tita juga dekat dengan Angga. Awalnya Angga suka pada Tita, tetapi Tita terus menolaknya. Angga kini menjadi sahabat sekaligus teman curhat Tita. Tita sering curhat tentang Adit pada Angga. Tapi bulan-bulan berikutnya, Adit tak lagi memberi kabar kepada Tita.

suatu hari disaat teman teman Tita asyik karya wisata ke Bali, orang tuanya memutuskan untuk pergi berkunjung ke Prancis alias ke rumah om Reza, papa Adit. Tita menjadi bosan dirumah karena ditinggal orang tua serta teman-temannya. Karena Mama Tita tidak mengizinkan Tita untuk ikut karya wisata ke Bali. Beberapa hari sebelum valentine, Tita dan Alan dikirimi tiket pesawat oleh bunda yang sudah duluan ke Prancis.

Mendengar hal itu, Tita kembali bersemangat. Apalagi saat mendengar kalau Adit yang akan menjemput mereka dibandara. Namun setelah melewati perjalanan yang melelahkan, betapa kecewanya Tita saat mengetahui yang menjemputnya bukanlah Adit, melainkan sopir pribadinya om Reza. Saat tiba dirumah Adit, betapa bahagianya dia saat melihat ratusan bunga mawar putih menghiasi kamar tidur dan kasurnya.

Adit lah yang menghias semua itu untuk Tita. Dan yang membuat Tita tambah bahagia, Adit menyelipkan selembar foto mereka saat kecil di antara ratusan mawar putih yang ada dimeja apa yang dimaksud tempo dalam lagu tempat tidur Tita. Dibelakang foto itu terdapat tulisan "I Love You".

Akhirnya Tita sadar kalau Adit sudah menyukainya sejak kecil. Malamnya, Adit mengajak Tita makan malam disalah satu restaurant di Paris, namun karena rengekan Tita, mereka membatalkan acara makan malam itu dan pergi ke menara Eiffel, sesuai permintaan Tita. Adit mengajak tita duduk bangku taman di dekat menara. Dibawah menara Eiffel, Tita dan Adit saling mengungkapkan perasaan cinta mereka.

Adit merangkai sekuntum bunga yang dijadikan cincin tunangan untuk Tita. Yang mengetahui Adit dan Tita tunangan adalah Alan, Uni, Ananda, Angga dan Fara. Adit pulang ke Jakarta setiap liburan semester. Tepat 1 tahun mereka tunangan, Adit mengganti cincin rangkaian bunga dengan cincin berlian asli. Adit juga mengakui kebohongannya selama ini tentang perjodohan mereka. Sejak awal mereka tidak dijodohkan, itu semua hanya karangan Adit agar Tita bisa menjadi pasangannya suatu hari nanti dan itu terwujud sekarang.

Walaupun rencana untuk dijodohin ngga ada, tetapi Om Reza, Mama dan Papa tetap membiarkan Tita jalan dengan Adit dan merestui hubungan mereka Album [ sunting - sunting sumber ] Ost. Eiffel. I'm in Love Album lagu tema karya Melly Goeslaw Dirilis 2003 Direkam 2003 Genre Pop Label Aquarius Musikindo Produser Anto Hoed Kronologi Melly Goeslaw Ost.

Ada Apa dengan Cinta? (2002) String Module Error: Match not found2002 Ost. Eiffel. I'm in Love (2003) Intuisi (2005) Intuisi2005 Singel dalam album Ost. Eiffel. I'm in Love โ€ข "Dahsyat" Ost. Eiffel. I'm in Love adalah album lagu tema tahun 2003 yang diproduksi oleh Aquarius Musikindo untuk mengiringi dari film yang berjudul sama. Lagu-lagu dalam album ini dinyanyikan oleh Melly Goeslaw. Berisi 11 buah lagu dengan lagu hit Pujaanku yang dinyanyikannya berduet dengan Jimmo. Selain itu masih ada lagu Tak Tahan Lagi dan Bercintalah Denganku sebagai hit singel berikutnya.

Daftar lagu [ sunting - sunting sumber ] โ€ข " Bercintalah Denganku" โ€ข " Memang Enak" โ€ข " Paling Tidak" โ€ข " Dalam Hening Hati" โ€ข " Pujaanku" (duet dengan Jimmo) โ€ข " Dunia Milik Berdua" โ€ข " Tak Tahan Lagi" โ€ข " Eiffel. I'm In Love" โ€ข " Bulan Kedua" โ€ข " Ternyata" Feat.

Yann "Koolkynky" โ€ข " Kamu" Tambahan lagu versi repackage [ sunting - sunting sumber ] โ€ข Dahsyat โ€ข Paling Tidak (Remix) โ€ข Bulan Kedua (Remix) โ€ข Bercintalah Denganku (versi Akustik) Semua lagu versi "Remix", diremix oleh Guy Gray. Sekuel [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Lost in Love dan Eiffel.

I'm in Love 2 Pada tahun 2008, Rachmania Arunita melalui rumah produksinya, i-Trema (PT Indonesia Trend Maestro), memproduksi sebuah sekuel dari Eiffel. I'm in Love berjudul Lost in Love, dengan pemeran yang sama sekali berbeda. Seperti prekuelnya, Lost in Love masih melibatkan penulis aslinya.

Sekuel ini cukup laris meskipun tidak disambut dengan baik dari segi kritikan. Sepuluh tahun kemudian pada tahun 2018, Soraya Intercine Films memproduksi sekuel lain, dengan para pemain yang sama dengan prekuelnya, namun tidak terkait sama sekali dengan Lost in Love, berjudul Eiffel.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

I'm in Love 2, yang dirilis pada tanggal 14 Februari 2018. [1] Referensi [ sunting - sunting sumber ] Kategori tersembunyi: โ€ข Semua film tanpa templat tanggal film di parameter released โ€ข Templat:Infobox film dengan templat flag di param negara โ€ข Semua film dengan parameter awards โ€ข Artikel film April 2022 โ€ข Semua artikel film โ€ข Pages using infobox film with unknown parameters โ€ข Pages using infobox film with unknown empty parameters โ€ข Music infoboxes with Module:String errors โ€ข Artikel dengan mikroformat hAudio โ€ข Kotak info musik dengan parameter usang โ€ข Halaman ini terakhir diubah pada 28 April 2022, pukul 09.27.

โ€ข Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. โ€ข Kebijakan privasi โ€ข Tentang Wikipedia โ€ข Penyangkalan โ€ข Tampilan seluler โ€ข Pengembang โ€ข Statistik โ€ข Pernyataan kuki โ€ข โ€ข
MENU โ€ข Home โ€ข SMP โ€ข Agama โ€ข Bahasa Indonesia โ€ข Kewarganegaraan โ€ข Pancasila โ€ข IPS โ€ข IPA โ€ข SMA โ€ข Agama โ€ข Bahasa Indonesia โ€ข Kewarganegaraan โ€ข Pancasila โ€ข Akuntansi โ€ข IPA โ€ข Biologi โ€ข Fisika โ€ข Kimia โ€ข IPS โ€ข Ekonomi โ€ข Sejarah โ€ข Geografi โ€ข Sosiologi โ€ข SMK โ€ข S1 โ€ข PSIT โ€ข PPB โ€ข PTI โ€ข E-Bisnis โ€ข UKPL โ€ข Basis Data โ€ข Manajemen โ€ข Riset Operasi โ€ข Sistem Operasi โ€ข Kewarganegaraan โ€ข Pancasila โ€ข Akuntansi โ€ข Agama โ€ข Bahasa Indonesia โ€ข Matematika โ€ข S2 โ€ข Umum โ€ข (About Me) 3.1.

Sebarkan ini: Seumpama pengalaman saat kita jatuh cintah, sedih dan bahagia. Lirik lagu sebenarnya dapat muncul setiap saat ketika kita memikirkan sesuatu hal, hanya saja apa yang kita pikirkan itu tidak diiringi dengan nada atau irama. Lirik lagu merupakan susunan/rangkaian kata yang bernada, lirik lagu memang tidak semudah menyusun karangan, namun dapat diperoleh dari berbagai inspirasi.

Inspirasi itu sendiri dapat diperoleh dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Syair Beserta Ciri Dan Contohnya Lengkap Dan secara luas Lirik Lagu merupakan ekspresi seseorang tentang suatu hal yang sudah dilihat, didengar maupun dialaminya. Dalam mengekspresikan pengalamannya, penyair atau pencipta Lagu melakukan permainan kata-kata dan bahasa untuk menciptakan daya tarik dan kekhasan terhadap lirik atau syairnya.

Permainan bahasa ini dapat berupa permainan vokal, gaya bahasa maupun penyimpangan makna kata dan diperkuat dengan penggunaan melodi dan notasi musik yang disesuaikan dengan lirik lagunya sehingga pendengar semakin terbawa dengan apa yang dipikirkan pengarangnya. Definisi lirik atau syair Lagu dapat dianggap sebagai puisi begitu pula sebaliknya. Hal serupa juga dikatakan oleh Jan van Luxemburg (1989) yaitu definisi mengenai teks-teks puisi tidak hanya mencakup jenis-jenis sastra melainkan juga ungkapan yang bersifat pepatah, pesan iklan, semboyan-semboyan politik, syair-syair lagu pop dan doa-doa.

Seperti permainan vokal gaya bahasa dan penyimpangan makna kata merupakan permainan bahasa dalam menciptakan lirik lagu. Selain itu juga notasi musik dan melodi yang disesuaikan dengan lirik digunakan untuk memperkuat lirik, yang sehingga pendengar semakin terbawa dengan apa yang dipikirkan pengarangnya.

โ€ข Menurut Jan Van Luxemburg โ€œ1989โ€ Definisi lirik atau syair lagu dapat dianggap sebagai puisi begitu pula sebaliknya dan sesuai, seperti definisi teks-teks puisi tidak hanya mencukup jenis-jenis sastra melainkan juga ungkapan yang bersifat iklan, pepatah, semboyan, doa-doa dan syair lagu pop.

โ€ข Menurut Rchmat Djoko Pradopo โ€œ1990โ€ Harus diketahui apa yang dimaksud dengan puisi bila definisi lirik lagu dianggap sama dengan apa yang dimaksud tempo dalam lagu. Puisi menurutnya merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting dan diubah dalam wujud yang berkesan. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 10 Pengertian Pantun Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya Lengkap โ€ข Menurut Herman J.

Waluyo โ€œ1987โ€ Mengatakan puisi ialah bentuk karya sastra yang mengungkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa pada struktur fisik dan struktur batinya. โ€ข Menurut Awe โ€œ2003, p.49โ€ Mkaudnya bahasa yang digunakan harus dibedakan dengan bahasa sehari-hari atau bahkan bahasa ilmiah dan bahasa yang digunakan penuh ambiguitas dan memiliki segi ekspresif yang justru dihindari oleh ragam bahasa ilmiah dan bahasa sehari-hari.

โ€ข Menurut Littlejohn โ€œ1996 p.64โ€ Tanda atau sign menurutnya merupakan basis apa yang dimaksud tempo dalam lagu seluruh komunikasi. โ€ข Menurut Kurniawan โ€œ2001 p.53โ€ Sedangkan yang disebut tanda dapat berupa gambar atau tulisan. โ€ข Menurut Wellek & Warren โ€œ1989 p. 14-15โ€ Karena sifat yang ambigu dan penuh ekspresi ini menyebabkan bahasa sastra cenderung untuk mempengaruhi, membujuk dan pada akhirnya mengubah sikap pembaca.

Bubungan antara unsur musik dengan unsur syair atau lirik lagu merupakan salah satu bentuk komunikasi massa dari lagu yang terbentuk dan lagu oleh kumunikator kepada komunikan dalam jumlah yang besar melalui media massa berfungsi sebagai media penyampaian.

Dengan melalui lirik lagu yang berupa pesan maupun lisan dan kalimat-kalimat berfungsi untuk menciptakan suasana serta gambaran imajinasi kepada pendengar dan menciptakan makna yang beragam. Fungsi dari lagu sebagai media komunikasi seperti bersimpati tentang realitas dan cerita imajinatif. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 110 Pengertian Sastra Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenis Sastra Fungsi Lagu Sedangkan fungsi lagu dapat digunakan untuk pengobar semangat seperti pada masa perjuangan, menyatukan perbedaan, mempermainkan emosi dan perasaan seseorang dengan tujuan menanamkan sikap atau nilai yang kemudian dapat dirasakan orang sebagai hal yang wajar, benar dan tepat.

Dengan demikian kata yang digunakan alam lirik lagu tidak seperti bahasa sehari-hari dan memiliki sifat yang ambigu, yang sehingga untuk menemukan makna pada lirik lagu dengan metode semiotika yang notabene merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang sistem tanda. Bagaimana tanda itu diartikan selain dipengaruhi oleh budaya dan persepsi dan bagaimana tanda memaknai keadaan sekitar. Makna Lirik Lagu Maka untuk menemukan makna dari pesan yang ada pada lirik lagudigunakanlah metode semiotika yang notabene merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang sistim tanda.

Mulai dari bagaimana tanda itu diartikan, dipengaruhi oleh persepsi dan budaya, serta bagaimana tanda membantu manusia memaknai keadaan sekitarnya. Tanda atau sign menurut Littlejohn adalah basis dari seluruh komunikasi. Baca Juga Apa yang dimaksud tempo dalam lagu Yang Mungkin Berhubungan : 14 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap Sebarkan ini: โ€ข โ€ข โ€ข โ€ข โ€ข Posting pada Bahasa Indonesia, SMA, SMK, SMP, Umum Ditag apa arti birama lagu 2/4, apa fungsi sajak, apa fungsi tempo saat menyanyikan sebuah lagu, apa tujuan pembuatan intro pada sebuah lagu, apa unsur utama dalam lagu, apa yang dimaksud deklamasi puisi, apa yang dimaksud dengan musik daerah, apa yang disebut lagu wajib, apa yang disebut syair lagu, apa yang kalian ketahui tentang lirik lagu, arti lirik atau syair lagu, bagaimana pola lagu anak anak, beda syair dan lirik, berdasarkan liriknya lagu yang sesuai dengan ekspresinya adalah, definisi lagu, definisi lagu menurut para ahli, fungsi lirik lagu, jelaskan pengertian tempo dalam sebuah lagu, lagu modern secara unisono adalah, larik dalam puisi disebut, lirik lagu artinya, lirik puisi adalah, musikalisasi puisi, pencipta lagu dari aspek ragamnya, pengertian lagu, pengertian lagu daerah menurut para ahli, pengertian lagu menurut kbbi, pengertian melodi lagu, pengertian pola syair, pengertian syair dalam seni musik, pengertian syair lagu dan contohnya, pengertian tema lagu, puisi adalah, puisi merupakan karya sastra yang bahasanya, syair lagu dibawakan dengan cara, unsur-unsur lirik lagu Navigasi pos Pos-pos Terbaru โ€ข Pengertian Gerakan Antagonistic โ€“ Macam, Sinergis, Tingkat, Anatomi, Struktur, Contoh โ€ข Pengertian Dinoflagellata โ€“ Ciri, Klasifikasi, Toksisitas, Macam, Fenomena, Contoh, Para Ahli โ€ข Pengertian Myxomycota โ€“ Ciri, Siklus, Klasifikasi, Susunan Tubuh, Daur Hidup, Contoh โ€ข โ€œPanjang Ususโ€ Apa yang dimaksud tempo dalam lagu & ( Jenis โ€“ Fungsi โ€“ Menjaga ) โ€ข Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran Dan Fungsinya โ€ข โ€œMasa Demokrasi Terpimpinโ€ Sejarah Dan ( Latar Belakang โ€“ Pelaksanaan ) โ€ข Pengertian Sistem Regulasi Pada Manusia Beserta Macam-Macamnya โ€ข Rangkuman Materi Jamur ( Fungi ) Beserta Penjelasannya โ€ข Pengertian Saraf Parasimpatik โ€“ Fungsi, Simpatik, Perbedaan, Persamaan, Jalur, Cara Kerja, Contoh โ€ข Higgs domino apk versi 1.80 Terbaru 2022 โ€ข Contoh Soal Psikotes โ€ข Contoh CV Lamaran Kerja โ€ข Rukun Shalat โ€ข Kunci Jawaban Brain Out โ€ข Teks Eksplanasi โ€ข Teks Eksposisi โ€ข Teks Deskripsi โ€ข Teks Prosedur โ€ข Contoh Gurindam โ€ข Contoh Kata Pengantar โ€ข Contoh Teks Negosiasi โ€ข Alat Musik Ritmis โ€ข Tabel Periodik โ€ข Niat Mandi Wajib โ€ข Teks Laporan Hasil Observasi โ€ข Contoh Makalah โ€ข Alight Motion Pro โ€ข Alat Musik Melodis โ€ข 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran โ€ข 69 Contoh Teks Anekdot โ€ข Proposal โ€ข Gb WhatsApp โ€ข Contoh Daftar Riwayat Hidup โ€ข Naskah Drama โ€ข Memphisthemusical.Com
Musik Kontemporer โ€“ Berbicara soal seni, ia merupakan bidang yang luas.

Di dalamnya terdapat cabang-cabang seperti seni tari, seni teater, seni rupa, dan seni musik. Cabang-cabang ini pun dibagi lagi dalam beberapa kelompok. Cabang seni musik misalnya, berdasarkan bentuknya terpecah menjadi seni vokal, musik instrumental, dan campuran vokal dan instrumen.

Sama halnya dengan seni lukis yang memiliki aliran-aliran seni lukis. Kemudian dalam segi waktu, seni musik juga dibagi menjadi seni musik tradisional dan modern. Istilah seni musik dalam pengertian seni kontemporer pada dasarnya sama dengan seni musik modern. Musik Kontemporer merupakan istilah dalam bahasa Indonesia untuk bidang kegiatan kreatif yang dalam konteks berbahasa Inggris paling sering disebut dengan musik baru, musik kontemporer atau lebih tepatnya, disebut dengan sebagai musik seni kontemporer.

Nah itulah sekilas penjelasan singkat tentang pengertian musik kontemporer. Karena sebelum kalian mengenal lebih jauh, kalian harus memahami terlebih dahulu mengenai dasarnya. Di dalam pelajaran seni budaya tentunya seni musik akan selalu dipelajari, dari kalian mulai menginjak SD hingga dengan kalian SMA. Untuk itu jika kalian merasa memiliki jiwa seni pastinya kalian akan mengetahui dan sangat menyukai hal ini terutama dalam seni musik modern yang sangat populer di zaman ini.

Dan tidak perlu lama-lama dalam bercerita, untuk penjelasan lebih lengkap dari musik kontemporer mulai dari Pengertian Musik Kontemporer, Fungsi Musik Kontemporer, Manfaat Musik Kontemporer, Tokoh Musik Kontemporer, Konsep Musik Kontemporer, Ciri Musik Kontemporer, Tujuan Musik Kontemporer, Contoh Musik Kontemporer dan Sejarah Musik Kontemporer, ada dibawah ini secara lengkap.

Daftar Isi โ€ข 1 Pengertian Musik Kontemporer โ€ข 1.1 Pengertian Musik Kontemporer Menurut Para Ahli โ€ข 1.2 Sejarah Singkat Musik Kontemporer โ€ข 1.3 Ciri Ciri Musik Kontemporer โ€ข 1.4 Fungsi Musik Kontemporer โ€ข 1.5 Manfaat Musik Kontemporer โ€ข 1.6 Tujuan Musik Kontemporer โ€ข 1.7 Unsur Musik Kontemporer โ€ข 1.7.1 Harmoni โ€ข 1.7.2 Tone Color/ Warna Nada โ€ข 1.7.3 Melodi โ€ข 1.7.4 Ritme โ€ข 1.8 Konsep Musik Kontemporer โ€ข 1.9 Alat Musik Kontemporer โ€ข 1.10 Jenis Jenis Musik Kontemporer โ€ข 1.11 Tokoh Musik Kontemporer โ€ข 1.11.1 Tokoh Musik Kontemporer di Dunia โ€ข 1.11.2 Tokoh Musik Kontemporer di Indonesia โ€ข 1.12 Contoh Musik Kontemporer โ€ข 1.12.1 Tetabuhan Sungut โ€ข 1.12.2 Badingkut โ€ข 1.12.3 OAEO โ€ข 1.12.4 Philosophy Gang โ€ข 1.12.5 Body Tjak Pengertian Musik Kontemporer Musik kontemporer ialah istilah di bahasa Indonesia yang mengedepankan aktivitas kreatif pada konteks berbahasa Inggris apa yang dimaksud tempo dalam lagu biasa dinamakan dengan musik baru, music kontemporer atau yang tepatnya disebut dengan musik seni kontemporer.

Definisi musik kontemporer lainnya yakni memainkan musik tidak memakai alat musik asli, namun alunan musik yang dihasilkan cukup baik seperti memakai alat musik aslinya seperti memainkan musik dengan kaleng, pipa.

Keanekaragaman dari musik ini secara resmi diakui dan dilembagakan dan dalam hal ini ditetapkan sebagai sebuah gerakan yang lebih besar yakni pekan komponis. Sebuah pertemuan tahunan untuk para komposer dari berbagai daerah di Indonesia. Pertemuan ini biasanya dilaksanakan di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Pengertian Musik Kontemporer Apa yang dimaksud tempo dalam lagu Para Ahli Adapun pengertian musik kontemporer menurut para ahli yang diantaranya yaitu: โ€ข Menurut Gendon Humardani Seperti Yang Dikutip Rustopo (1990:22-26) Membatasi kontemporer sebagai suatu sikap berkesenian yang sejalan dengan konsep seni modern yang berorientasi pada masalahmasalah kehidupan masa kini.

โ€ข Menurut Mistortoify, (1991:3) Penerapan pengertian kontemporer dari yang semula sangat ideologis menjadi lebih khusus, yaitu mengarah ke sebuah gaya untuk menggolongkan karya-karya yang selalu disemangati pencarian kemungkinan baru, menekankan sifat anti kaidah-kaidah kompositoris, bahkan anti pada bentuk-bentuk penyajian musikal yang baku dan mapan โ€ข Menurut Edi Sedyawati (1981:122) Istilah kontemporer pengertiannya luas, rumusannya mudah dikatakan, tetapi tidak semudah menentukan batas-batasnya, bahkan cenderung kurang memberi manfaat.

Sedyawati menawarkan suatu batasan yang bergeser dari arti katanya tetapi lebih mendekati maksud yang dituju, yaitu seni kontemporer adalah seni yang menunjukkan daya cipta yang hidup sesuai dengan kondisi kreatif dari masa terakhir. โ€ข Menurut Jiwa Atmaja (1993:31) Menerangkan bahwa seni kontemporer adalah buah hasil kreativitas dan konstalasi kerja keras seniman yang ingin menuntut hak hidup yang sama dan berdampingan dengan seni-seni lainnya โ€ข Menurut Suka Harjana (2003:252-253) Menyatakan.

apa yang dimaksud tempo dalam lagu

โ€œโ€ฆMusik kontemporer tidak menunjuk kepada sesuatu apapun yang bersifat spesifik kecuali menyiratkan tentang suatu waktu โ€œmasa kiniโ€ atau sesuatu yang bersifat kekinian yang tidak dibatasi oleh suatu periode waktu tertentu. Sifat-sifat dasar musik kontemporer pada setiap zaman, dulu maupun kini tidak pernah berubah, yaitu menyangkut kebutuhan akan adanya pembaharuan sebagai tuntutan terhadap masa lalu yang dianggap sudah tidak relevan dan usangโ€.

โ€ข Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Menurut kbbi adalah segala hal yang berkaitan dengan keadaan dan kejadian yang terjadi pada saat ini.

Sejarah Singkat Musik Kontemporer Musik kontemporer muncul semenjak abad ke-19. Kemunculan seni kontemporer berawal dari suatu gerakan seni lukis impresionis. Kelompok yang membentuk gerakan selanjutnya ialah sekelompok pelukis dari Perancis yaitu Degas, Monet, Renoir, dan temannya yang lain. Baca Juga : Musik Tradisional : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Contoh Dan Alat Musik Tradisionalnya Pembentukan gerakan selanjutnya didasarkan ketidak setujuan mereka pada pandangan romantisme yang saat itu di terima oleh penduduk dengan aliran seni baru yaitu impresionisme.

Aliran baru selanjutnya lebih mengedepankan kesan atau impresi yang dibikin dari karya seni. Sehingga di dalam musik kontemporer, banyak menggunakan elemen baru yang memahami menonjolkan dan menciptakan impresi.

Pada 3 bulan paling akhir di abad ke-19, musik orkestrasi dan terhitung piano menjadi membuahkan suara-suara merdu yang bahannya berasal dari seni sastra dan seni lainnya. Munculnya ritme dan melodi baru yang tidak berasal dari Barat.

Kord dan tangga suara yang baru dan dipakai hingga kini. Musik pada abad ke-20 perlihatkan ada pengaruh sastra dan seni di dalam mekanismenya. Musik saat ini udah mempunyai banyak variasi dan juga warna musik yang beragam.

Mulai dari pos modernisasi hingga impresionisme, tak sekedar itu muncul rencana melodi irama baru bila dari Stravinsky, Bantok, Coplad, Shostakovich, Prokofiev, Gorecki dan Barber. Di Indonesia, seni musik kontemporer mempunyai bermacam tipe variasi yang beranekaragam, dan udah ditetapkan dan juga diakui sebagai suatu gerakan yang besar.

Sehingga pada tiap tahunnya, tersedia peringatan Pekan Komponis yaitu bagi para komposer di semua Indonesia. Ciri Ciri Musik Kontemporer Berikut adalah lebih dari satu ciri-ciri umum seni musik kontemporer: โ€ข Warna bunyi mampu sejenis atau mampu bermacam jenis.

โ€ข Memiliki improvisasi yang begitu banyak ragam ikuti keinginan dari pemusik. โ€ข Notasi musik hanya mampu dimengerti oleh pemusik dikarenakan notasinya dituli dengan lambang atau tanda. โ€ข Jenis tangga suara yang dipakai bervariasi. โ€ข Jenis birama tidak terpaku pada satu birama saja. โ€ข Bunyi mampu berasal dari sumber yang beragam, bukan hanya dari instrumen musik.

โ€ข Dinamik dan tempo bervariasi. โ€ข Ada pergantian komposisi instrument. โ€ข Banyak menggunakan modulasi (perubahan suara dasar). โ€ข Dinamik dan tempo dengan variasi tak lazim. โ€ข Harmoni lepas diri dari system tonal (pengelompokan tingkat akor). Itulah lebih dari satu ciri-ciri yang dimiliki oleh seni musik kontemporer. Apakah kamu udah lumayan memahami akan penjelasan diatas perihal karakteristiknya? Fungsi Musik Kontemporer Berikut adalah lebih dari satu contoh manfaat musik kontemporer secara umum: โ€ข Fungsi Religi atau Keagamaan, sama saja di dalam dunia seni muaik yang mana mempunyai manfaat untuk menyebarkan nilai-nilai keagamaan.

โ€ข Fungsi Komunikasi, yaitu menggunakan musik untuk mengkomunikasikan gagasannya kepada masyarakat. Baik itu berbentuk ide, kritik sosial dan lain sebagainya. โ€ข Fungsi Pendidikan, setiap cabang seni mempunyai manfaat pendidikannya sendiri. Dalam musik group atau sebut saja ansambel, diperlukan kerjasama tim agar musik yang tercipta harmonis.

โ€ข Fungsi Artistik adalah manfaat yang bertujuan sebagai tempat ekspresi seniman di dalam menyajikan karyanya. โ€ข Fungsi Rekreasi/Hiburan merupakan manfaat yang tidak lepas dari sebuah karya seni pertunjukan. Manfaat Musik Kontemporer Sedangkan, untuk manfaat seni musik kontemporer secara khusus adalah: โ€ข Aktualisasi gata bermusik para komponis. โ€ข Sebagai bentuk ditemukan dan berkembangnya gramatika musik. โ€ข Mengembangkan tipe musik baru baik yang berakar pada rutinitas maupun tidak. Tujuan Musik Kontemporer Tujuan musik kontemporer adalah melacak rangsangan baru untuk mengungkap situasi jiwa.

Manusia itu hidup, selamanya meraih pengalaman budaya baru. Manusia selamanya beralih dan selamanya menghendaki hidup yang lebih baik. Komponis, sebagai manusia pemuka di bidang musik, menciptakan komposisi baru untuk mengungkap pengalaman budaya manusia sekarang. Lalu, bagaimana musik kontemporer di Indonesia? NKRI sendiri udah berumur setengah abad lebih. Usaha yang penting pada saat ini adalah mengembangkan Kebudayaan Nasional Indonesia.

Kebudayaan Nasional Indonesia mampu berikan identitas bagi warga Negara dan mesti mencerminkan kepribadian bangsa tersebut. Untuk itu mesti mencorak khas dan bermutu tinggi. Musik kontemporer yang tersedia di Indonesia tengah melacak corak khas Indonesia dengan pengalaman budaya manusia Indonesia sekarang.

Unsur Musik Kontemporer Secara umum, unsur seni kontemporer tidak jauh beda dengan unsur-unsur seni musik pada umumnya. Ini adalah lebih dari satu unsur musik kontemporer secara memahami dan lengkap: Harmoni Dalam seni kontemporer dikenal sebuah istilah polychord, di mana 2 kunci suara terdengar pada saat yang bersamaan. Selain itu, di dalam harmoni musik ini menggunakan 4 kunci nada.

Musik ini terhitung menggunakan tone cluster yang dihasilkan dari suara piano. Istilah lain di dalam harmoni musik adalah Polytonality yang menggunakan 2 atau lebih kunci suara pada saat apa yang dimaksud tempo dalam lagu bersamaan.

Tone Color/ Warna Nada Yang pertama adalah bahwa terdapat sedikit penekanan pada campuran suara di dalam musik ini. Selain itu, pada musik ini, perkusi memainkan peran utama. Warna suara yang dimainkan secara individu akan terdengar memahami pada musik ini. Melodi Pengertian melodi sendiri merupakan tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya suara di dalam musik. Dalam musik ini, melodi mempunyai range yang terlampau lebar/besar. Menggunakan 12 suara kromatik tanpa tonel center.

Baca Juga : Filsafat Ilmu Ritme Ritme merupakan keliru satu unsur musik ini yang paling mencolok. Kebanyakan ritme yang digunakan pada musik ini merupakan ritme yang membangkitkan semangat, motivasi dan kegembiraan. Kelompok ketukan tidak beraturan. Dikenal istilah Polyrythm yaitu menggunakan dua ritme yang kontras di dalam saat yang bersamaan.

Konsep Musik Kontemporer Puncaknya, karya-karya musik ini tidak kembali menyebutkan ciri-ciri latar belakang rutinitas budayanya, biarpun sumber rutinitas itu masih menjadi lekat. Sikap dan analisis individual adalah landasan di dalam kreatifitas kontemporer. Musik ini cenderung mengubah cara pandang, yang mana udah terkurung standarisasi, seragam dan berbentuk sentral. Konsep musik kontemporer jadi terlampau personal (individual), agar perkembangannya beragam.

Paham ini yang di tawarkan oleh musik ini, agar di dalam karya-karya yang lahir banyak terjadi vokabuler tehnik garapan dan ketentuan rutinitas yang udah mapan ke di dalam bentuk yang baru bahkan urakan. Secara kompositoris, karakteristik karyanya mampu dipetakan jadi 3 kategori, yaitu: โ€ข Karya musik yang berbentuk โ€œmusik iringanโ€.

Konsep komposisi di dalam karya layaknya ini berdasar pada penciptaan suatu melodi, kemudian elemen-elemen lainnya berfaedah mengiringi melodi tersebut.

โ€ข Karya musik yang berbentuk โ€œilustratifโ€. Konsep komposisinya mengusahakan menggambarkan sesuatu dari naskah cerita, puisi dll. Dengan demikian, orientasi musiknya lebih tertuju pada penciptaan suasana-suasana yang berdasar pada interpretasi komponisnya. โ€ข Karya musik yang berbentuk โ€œotonomโ€. Karya musik layaknya ini biasanya terlampau susah dimengerti oleh orang awam.

Selain bentuknya yang tidak baku, faktor gramatika musiknya terlampau tidak sama jikalau dibandingkan dengan karya-karya tradisi. Dari faktor alat musik sajian kontemporer menggunakan perpaduan pada instrumen tradisional dan moderen agar menaikkan variasi suara yang dihasilkan. Dari faktor sikap penyaji bergerak sesuai alur cerita, layaknya jalan, berdiri, dan duduk.

Alat Musik Kontemporer Berikut adalah lebih dari satu contoh alat musik kontemporer: โ€ข Piano. โ€ข Biola. โ€ข Kecapi. โ€ข Suling. โ€ข Gelas plastik. โ€ข Gamelan. โ€ข Berbagai macam alat perkusi. โ€ข Angklung. โ€ข Kolintang. โ€ข Sasando. โ€ข Talempong. โ€ข Gitar. โ€ข Dll. Jenis Jenis Musik Kontemporer Berikut adalah lebih dari satu tipe musik kontemporer yang mesti kamu tahu: โ€ข Musik Klasik.

โ€ข Musik Pop. โ€ข Musik R&B. โ€ข Musik Jazz. โ€ข Musik Rock. โ€ข Musik Blues. Tokoh Musik Kontemporer Seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dahulu dan berkembang sesuai zaman sekarang.

Nah, bagaimana untuk tokoh-tokoh musik kontemporer yang tersedia di dunia maupun Indonesia? Berikut adalah lebih dari satu contohnya. Tokoh Musik Kontemporer di Dunia Adapun, selanjutnya adalah 5 tokoh seni musik kontemporer yang tersedia di dunia: โ€ข Johan Sebastian Bach Musisi klasik populer Jerman, meninggal dunia di dalam usia 65 tahun.

Bach dilahirkan pada tahun 1685 di dalam keluarga yang mencintai musik. Ayahnya, Johann Ambrosius adalah pemimpin group musik di kota Eisenach. Pada usia kanak-kanak, Johann Sebastian diajari ayahnya memainkan biola. Dia terhitung mempelajari organ dari pamannya yang terhitung populer sebagai musisi, Johann Christoph Bach. Pada usia delapan tahun, Bach memasuki Latin Grammar School dan disana ia join di dalam kombinasi suara yang memicu bakat musiknya makin lama terasah.

Pada usia remaja, ia menjadi join di dalam bermacam group musik dan selanjutnya ia menciptakan sendiri karya-karya musiknya yang banyak bertema relijius. โ€ข Ludwig Van Beethoven Ia adalah seorang komponis musik klasik asal Jerman.

Karyanya yang populer adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan terhitung lagu piano Fรผr Elise. Ia dipandang sebagai keliru satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting di dalam masa peralihan pada Zaman klasik dan Zaman romantik.

Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di pada orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801 ia menjadi jadi tuli dan makin lama kronis di 1817.

Kemudian, ia terus mencipta musik dan mencipta lebih dari satu karya-karyanya yang terbesar. โ€ข Hector Berlioz Ia adalah seorang komponis Perancis di Zaman Romantik. Karyanya yang populer adalah Symphonie Fantastique, pertama kali ditampilkan pada tahun 1830.

Berlioz menggemari sastra, dan biasanya karya terbaiknya diilhami dari karya sastra. Berlioz terhitung mengagumi Beethoven, yang saat itu tidak populer di Perancis. โ€ข Anton Bruckner Ia adalah komposer Austria yang paling dikenal dengan karya simfoni, misa, dan motet. Komposisi musik Bruckner mendukung mendefinisikan radikalisme kontemporer, yang mengambil disonan, modulasi tanpa persiapan dan harmoni rumit Bruckner.

Karya Bruckner, terhitung mempunyai pegkritik yang mengkritik panjangnya, banyaknya pengulangan. Dan ia terhitung sering sangsi mana versi yang dia lebih utamakan. โ€ข Robert Schumann Ia adalah seorang penggubah dan pianis asal Jerman dan diakui sebagai keliru satu dari komponis musik Romantik Eropa yang paling penting dan kritikus musik yang terkenal.

Karya-karya musik pertamanya merupakan percobaan untuk melepas diri dari rutinitas bentuk dan susunan klasik yang dia pikir terlampau membatasi. Tokoh Musik Kontemporer di Indonesia Adapun, selanjutnya adalah lebih dari satu tokoh-tokoh musik kontemporer yang tersedia di Indonesia: โ€ข Harry Roesli Beliau melahirkan budaya musik yang komunikatif, dan konsiten memancarkan kritik sosial.

Dia mampu secara kreatif melahirkan dan menyajikan kesenian secara komunikatif. Harry Roesli bukan musisi biasa, kehidupan yang sesungguhnya baginya adalah seni musik.

Alat yang digunakan sebagai penunjang karyanya yaitu perkusi, band, rekaman musik dan lain-lain. โ€ข Slamet Abdul Sjukur Slamet mengaitkan karya musik ini dengan masa sekarang. Salah satunya ciri khasnya yaitu ada cii-ciri mendobrak. Di di dalam musik itu banyak hal yang mesti dikembangkan. Maka dari itulah tanda kreatifitas mengembangkan seni musik, ia terhitung menonjolkan tari dan musik yang ditampilkan sendirian.

โ€ข I Nyoman Winda Musik tradisional Bali sepanjang ini didominasi alat-alat pukul agar karakteristik musiknya cenderung keras, bersemangat dan terhitung lincah. Inilah yang sering diakui sebagai ciri khas musik Bali.

I Nyoman Winda menggarap seni musik dengan komposisi baru, yaitu simfoni bambu yang dipadu musik vokal. โ€ข Djaduk Ferianto Ia menggabungkan pada elemen musik tradisional dan modern.

Dalam karya musiknya, alat musik yang digunakan udah sering kami lihat, hanya saja perpaduan yang belum dulu tersedia sebelumnya. Misal kendang dipadukan dengan flute. Djaduk banyak sekali bereksperiman dengan group musiknya yang berbasis di Yogya, Sinten Remen.

โ€ข Al Suwardi Gamelan Genta udah lama diakui โ€œmatiโ€ di Kerajaan Solo. Suara yang indah itu, tampak-tampaknya terus terngiang di telinga dan menggugat pikiran dan perasaan Al Suwardi yang selanjutnya bersusah payah memicu peralatan baru dan tangga suara baru pula. Swara Genta, begitulah judul yang apa yang dimaksud tempo dalam lagu menggema dari musik kontemporer Al Suwardi.

Baca Juga : Keanggotaan DPR Diresmikan Dengan Contoh Musik Kontemporer Adapun, selanjutnya adalah lebih dari satu contoh seni musik kontemporer dan penjelasannya: Tetabuhan Sungut โ€œTetabuhan Sungutโ€ merupakan karya yang dimainkan oleh sekelompok kombinasi laki-laki dan perempuan, karya Slamet Abdul Sjukur.

Ide utamanya yaitu mentransfer bunyi-bunyi gamelan, vokal, dan alat perkusi rutinitas berbentuk saron, kendang, dan semacamnya (dung tak gen bern jer, na nomor ne, e o e, โ€ฆ) lewat vokal manusia. Ibarat main gamelan, namun dengan suara mulut. Bunyi-bunyi selanjutnya dikemas jadi satu kesatuan suara yang otonom. Bukan berniat mengimitasi suara gending dan dimainkan oleh suara manusia, namun bunyi-bunyi selanjutnya disusun kembali hingga membentuk sebuah komposisi mandiri.

Badingkut โ€œBadingkutโ€ merupakan satu karya seorang dosen, Oya Yukarya. Pada satu anggota tertentu, idenya bertolak dari eksplorasi warna-warna suara vokal manusia. Seperti jenis melodi berkata dengan menggunakan suatu kata-kata yang bunyi huruf vokalnya diganti dengan hanya menggunakan vokal yang sama a, apa yang dimaksud tempo dalam lagu, u, e, atau o.

Nuansa akrab dan lucu menjadi pada anggota ini, agar kadangkala memicu pemirsa larut di dalam karyanya. Namun, pasti saja kekayaan karyanya terletak pada kemampuan menyusun bunyi-bunyi yang satu sama lain tidak selamanya sama dengan menggunakan bermacam tehnik komposisi yang khas. OAEO โ€œOAEOโ€ adalah keliru satu karya I Wayan Sadra pada tahun 1993. Komposisi yang terdapat pada karya ini mempunyai kesan yang menarik, dikarenakan dengan menggunakan vokal ini saja mampu jadi satu karya yang baru.

Vokal selanjutnya dipadukan dengan lebih dari satu alat musik perkusi dan menggunakan bermacam alur melodi sebagai bahan musikal rutinitas dengan tehnik pengulangan dan bermacam variasi di setiap bagiannya. Warna suara vokal laki-laki dan perempuan membuahkan satu kesatuan warna yang khas, bahkan di dalam karya ini terdapat solois-solois biarpun tidak dominan.

Philosophy Gang Philosohphy Gang merupakan album perdana dari group musik bentukan Harry Roesli, Harry-Roesli Gang. Meski direkam di Musica Studioโ€™s Jakarta, album ini dirilis oleh Lion Records di Singapura tahun 1973. Pada tahun 2017, album selanjutnya dirilis kembali di dalam bentuk CD dan piringan hitam.

Dalam daftar โ€œ150 Album Indonesia Terbaikโ€ versi majalah Rolling Stone Indonesia yang terbit edisi #32 bulan Desember 2007. Album Philoshopy Gang menduduki peringkat ke-34. Salah satu lagu dari album tersebut, โ€œMalariaโ€, meraih posisi ke-44 di dalam daftar โ€œ150 Lagu Indonesia Terbaikโ€ versi majalah yang sama edisi #56 bulan Desember 2009. Body Tjak โ€œBody Tjakโ€ merupakan karya seni pertunjukan multi-kultural yang menggabungkan unsur-unsur seni budaya Barat (Amerika) dan Timur (Bali, Indonesia).

Dengan dua produksinya: โ€œBody Tjak 1990โ€ dan โ€œBody Tjak 1999โ€ merupakan hasil kolaborasi pada I Wayan Dibia (Bali) dan Keith Terry (California). Digarap dengan menggabungkan unsur-unsur seni Kecak Bali dan Body Musis, โ€œBody Tjakโ€ membuahkan sebuah tipe musik baru yang menggunakan tubuh manusia sebagai sumber bunyi.

Karya ini murni lahir dari keinginan seniman untuk mengekspresikan jiwanya yang udah tergugah oleh dinamisme seni kecak dan body music. Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Musik Kontemporer semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Posted in P.Umum Tagged apa saja paduan alat musik kontemporer, apa saja unsur-unsur musik, apa yang dimaksud dengan seni musik klasik, ciri-ciri musik kontemporer brainly, contoh musik kontemporer, fungsi alat musik dapat digolongkan menjadi, grup musik kontemporer, jelaskan ciri-ciri musik kontemporer, jelaskan pengertian musik kontemporer, jelaskan teknik-teknik musik kontemporer, jelaskan unsur unsur seni musik, jelaskan yang dimaksud suara, jenis musik kontemporer, konsep musik kontemporer, menganalisis musik kontemporer, musik kontemporer brainly, musik modern, musik tradisional modern dan kontemporer, pagelaran musik kontemporer, pendapat tentang musik kontemporer, pengertian dari panggung arena adalah, pengertian kontemporer menurut para ahli, pengertian musik etnis, pengertian musik kontemporer brainly, pengertian musik kontemporer menurut para ahli, pengertian musik kontemporer menurut para ahli brainly, perbedaan musik kontemporer dan musik kreasi, perkembangan musik kontemporer di indonesia, sebutkan ciri-ciri dari musik kontemporer, sebutkan ciri-ciri musik kontemporer, sebutkan tokoh musik kontemporer dunia, sejarah musik abad 21, sejarah musik kontemporer, sejarah musik kontemporer di indonesia, teknik musik kreasi, tokoh musik kontemporer luar negeri brainly, tujuan musik kontemporer, tuliskan contoh musik kontemporer luar negeri, tuliskan jenis-jenis musik kontemporer Post navigation Recent Posts โ€ข Narkoba : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Jenis โ€“ Faktor โ€“ Tanda Gejala โ€“ Akibat โ€“ Dampak โ€ข Komunikasi : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Tujuan โ€“ Fungsi โ€“ Jenis โ€“ Syarat โ€“ Unsur โ€ข Kewirausahaan : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Fungsi โ€“ Ciri โ€“ Tujuan โ€“ Manfaat โ€ข Pajak : Pengertian Secara Umum, Undang-Undang Dan Menurut Para Ahli Serta Unsur โ€“ Ciri โ€“ Perspektif โ€“ Fungsi โ€“ Jenis โ€“ Manfaat โ€ข Sistem : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Unsur โ€“ Ciri โ€“ Elemen โ€“ Jenis โ€ข Negara : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli & Empat Sudut Serta Unsur โ€“ Fungsi โ€“ Sifat โ€“ Tujuan โ€“ Asal Mula โ€“ Bentuk โ€ข Organisasi : Apa yang dimaksud tempo dalam lagu Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Ciri โ€“ Unsur โ€“ Tujuan โ€“ Manfaat โ€“ Bentuk โ€ข Hukum : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Tujuan โ€“ Jenis โ€“ Contoh โ€“ Macam Pembagiannya โ€ข Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap โ€ข Suku Ternate : Sejarah, Mata Pencaharian, Bahasa Serta AgamaKhiyar merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam melaksanakan berbagai aktifitas bisnis, khususnya dalam persoalan jual beli.

Saking pentingnya persoalan ini, maka para ulama fikih ( fuqahaโ€™) membahasnya secara panjang lebar dalam pembahasan tersendiri atau setidaknya dalam sub pembahasan tersendiri pada bab buyuโ€™ (jual beli). Atas dasar itulah, maka dalam pembahasan kali ini, penulis membahas persoalan khiyar baik dari aspek definisi khiyar, dasar hukumnya, klasifikasinya, problematikanya, dampaknya serta hikmah disyariโ€™atkannya khiyar.

Dalam praktiknya, tidak sedikit orang merasa gelo (menyesal) dalam melakukan transaksi jual beli. Penyesalan tersebut dapat terjadi baik di pihak penjual maupun pihak pembeli. Penyesalan umumnya dapat diakibatkan oleh tidak adanya transparansi, tekhnik penjualan yang tidak oftimal sampai persoalan kualitas barang yang ditransaksikan tidak sesuai dengan harapan, baik karena kesengajaan pihak penjual maupun karena ketidak cermatan, kurang hati-hati (tergesa-gesa) atau faktor-faktor lainnya dari pihak pembeli.

Padahal salah satu prinsip pokok dalam transaksi jual beli adalah harus didasari oleh sikap saling suka atau saling ridha ( Innamal baiโ€™ โ€˜an taradin; hanya saja jual beli harus didasari saling meridhai) sebagaimana dijelaskan dalam hadis Nabi.

Atas dasar itulah, agama memberi kesempatan kepada kedua belah pihak yang melakukan transaksi atau akad jual beli untuk memilih antara dua kemungkinan, yaitu melangsungkan transaksi (akad) jual beli atau membatalkannya, atau yang sering disebut dengan khiyar. Pengertian Khiyar Secara lughah (bahasa), khiyar berarti; memilih, menyisihkan atau menyaring. Secara semantik kebahasaan, kata khiyar berasal dari kata khair yang berarti baik.

Dengan demikian khiyar dalam pengertian bahasa dapat berarti memilih dan menentukan sesuatu yang terbaik dari dua hal (atau lebih) untuk dijadikan pegangan dan pilihan. Sedangkan menurut istilah, khiyar adalah; hak yang dimiliki seseorang yang melakukan perjanjian usaha (jual-beli) untuk menentukan pilihan antara meneruskan perjanjian jual-beli atau membatalkannya. Macam-Macam Khiyar Khiyar dalam transaksi atau akad jual beli โ€“ sebagaimana dijelaskan oleh Wahbah Az-Zuhaili dalam kitabnya โ€œ Al-Fiqhu Al-Islami wa Adillatuhuโ€, banyak sekali ragamnya.

Ulama Hanafiyah membagi khiyar menjadi 17 macam, dan ulama Hanabilah membaginya menjadi 8 (delapan) macam, yaitu; Khiyar Masjlis, Khiyar Syarat, Khiyar Ghubn, Khiyar Tadlis, Khiyar Aib, Khiyar Takhbir Bitsaman, Khiyar bisababi takhaluf, dan Khiyar ruโ€™yah.

Sementara Ulama Malikiyah membagi khiyar menjadi 2 (dua) macam ( khiyar mutlak dan khiyar naqishah), yakni apabila terdapat kekurangan atau aib pada barang yang dijual. Sedangkan Ulama Syafiโ€™iyah berpendap bahwa khiyar terbagi dua; Pertama, khiyar at-tasyahhi, yakni khiyar yang menyebabkan pembeli memperlamakan transaksi sesuai dengan seleranya terhadap apa yang dimaksud tempo dalam lagu, baik dalam majlis maupun syarat.

Kedua, khiyar naqhisah yang disebabkan adanya perbedaan dalam lafazh atau adanya kesalahan dalam pembuatan atau pergantian. (Lihat Al-Fiqhu Al-Islami Wa Adillatuhu, karya Wahbah Az-Zuhaili, Juz.

IV, hlm. 519-522, Damaskus, Dar Al-Fikri, cet. Ke-2 th.1985). Agar tulisan ini dapat menjadi sebuah tuntunan praktis, maka dari berbagai pembagian khiyar sebagaimana dikemukakan oleh para ulama tersebut di atas, di sini hanya dibahas tiga macam khiyar yang umumnya dijelaskan dalam kitab-kitab fikih muโ€™tabar dan banyak dilakukan dalam praktek jual-beli masyarakat.

Ketiga macam khiyar tersebut adalah; Khiyar Majlis, Khiyar Syarat dan Khiyar Aib. Pertama: Khiyar Majlis (Hak Pilih di Lokasi Perjanjian) Pengertian khiyar majlis adalah; hak untuk memilih bagi pihak-pihak yang melakukan transaksi atau perjanjian jual-beli, antara melanjutkan atau membatalkan transaksi/perjanjian selama masih berada dalam majlis akad (seperti; di toko, kios, pasar dan sebagainya).

Atau, khiyar majlis adalah; kebebasan untuk memilih bagi pihak penjual dan pembeli untuk melangsungkan jual beli atau membatalkannya selama masih berada ditempat jual beli. Apabila kedua belah pihak telah terpisah dari majlis maka hilanglah hak khiyar sehingga perubahan dalam jual beli itu tidak bisa dilakukan lagi.

Dalam ungkapan yang paling sederhana, khiar Majlis adalah tawar menawar antara penjual dan pembeli pada saat mereka masih berada di tempat transaksi, yang menyebabkan terjadinya jual beli atau sebaliknya.

Dampak dari khiyar majlis adalah, transaksi jual beli dinilai sah dan mengikat secara hukum semenjak disepakatinya akad jual beli hingga mereka berpisah, selama mereka berdua tidak mengadakan kesepakatan untuk tidak ada khiyar, atau kesepakatan untuk menggugurkan hak khiyar setelah dilangsungkannya akad jual beli. Landasan Hukum Khiyar Majlis Landasan dasar disyariatkannya khiyar ini berdasarkan hadis-hadis Nabi saw., antara lain: ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฅูุฐูŽุง ุชูŽุจูŽุงูŠูŽุนูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ุงูŽู†ู ููŽูƒูู„ูู‘ ูˆูŽุงุญูุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุจูุงู„ู’ุฎููŠูŽุงุฑู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽููŽุฑูŽู‘ู‚ูŽุง ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽุง ุฌูŽู…ููŠู’ุนู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ูŠูุฎูŽูŠูู‘ุฑู ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุงู„ู’ุขุฎูŽุฑูŽ ููŽุฅูู†ู’ ุฎูŽูŠูŽู‘ุฑูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุขุฎูŽุฑูŽ ููŽุชูŽุจูŽุงูŠูŽุนูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽู‚ูŽุฏู’ ูˆูŽุฌูŽุจูŽ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุนูŽ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุชูŽููŽุฑูŽู‘ู‚ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุจูŽุงูŠูŽุนูŽุง ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชู’ุฑููƒู’ ูˆูŽุงุญูุฏูŒ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุนูŽ ููŽู‚ูŽุฏู’ ูˆูŽุฌูŽุจูŽ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุนูŽ.

โ€“ ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆู…ุณู„ู… โ€œDari Ibnu Umar ra. dari Rasulullah saw, bahwa beliau bersabda, โ€œApabila ada dua orang melakukan transaksi jual beli, maka masing-masing dari mereka (mempunyai) hak khiyar, selama mereka belum berpisah dan mereka masih berkumpul atau salah satu pihak memberikan hak khiyarnya kepada pihak yang lain.

Namun jika salah satu pihak memberikan hak khiyar kepada yang lain lalu terjadi jual beli, maka jadilah jual beli itu, dan jika mereka telah berpisah sesudah terjadi jual beli itu, sedang salah seorang di antara mereka tidak (meninggalkan) jual belinya, maka jual beli telah terjadi (juga).โ€ ( HR. Al.Bukhari dan Muslim) ุนูŽู†ู’ ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุงุจู’ู†ู ุดูุนูŽูŠู’ุจู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู’ู‡ู ุนูŽู†ู’ apa yang dimaksud tempo dalam lagu ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุงู„ู’ุจูŽูŠูู‘ุนูŽุงู†ู ุจูุงู„ู’ุฎููŠูŽุงุฑู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽููŽุฑูŽู‘ู‚ูŽุง ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽูƒููˆู†ูŽ ุตูŽูู’ู‚ูŽุฉูŽ ุฎููŠูŽุงุฑู ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุญูู„ูู‘ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูููŽุงุฑูู‚ูŽ ุตูŽุงุญูุจูŽู‡ู ุฎูŽุดู’ูŠูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽู‚ููŠู„ูŽู‡ู โ€“ ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ูŠุฐู‰ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠ โ€œ Dari Amr bin Syuโ€™aib dari bapaknya dari kakeknya, bahwasanya Rasulullah saw bersabda: โ€œPembeli dan penjual (mempunyai) hak khiyar selama mereka belum berpisah, kecuali jual beli dengan akad khiyar, maka seorang di antara mereka tidak boleh meninggalkan rekannya karena khawatir dibatalkan.โ€ (HR.

Tirmidzi dan Nasaโ€™i). Kedua: Khiyar Syarat (Hak Pilih Berdasarkan Persyaratan) Khiyar Syarat yaitu, khiyar yang dijadikan syarat pada waktu akad jual beli, artinya pembeli atau penjual memilih antara meneruskan atau membatalkan transaksi sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Setelah hari yang ditentukan itu tiba, maka jual beli itu harus dipastikan apakah dilanjutkan atau tidak. Dalil yang dijadikan dasar disyariatkan (kebolehan) khiyar Syarat adalah hadis yang diriwayatkan imam al-Bukhari, Musllim, Nasaโ€™i dan Abu Dawud: ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุญูŽุงุฑูุซู ุนูŽู†ู’ ุญูŽูƒููŠู…ู ุจู’ู†ู ุญูุฒูŽุงู…ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุงู„ู’ุจูŽูŠูู‘ุนูŽุงู†ู ุจูุงู„ู’ุฎููŠูŽุงุฑู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูู’ุชูŽุฑูู‚ูŽุง ููŽุฅูู†ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุง ูˆูŽุจูŽูŠูŽู‘ู†ูŽุง ุจููˆุฑููƒูŽ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ููู‰ ุจูŽูŠู’ุนูู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุชูŽู…ูŽุง ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุจูŽุง ู…ูุญูู‚ูŽุชู ุงู„ู’ุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุจูŽูŠู’ุนูู‡ูู…ูŽุง.

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุชูŽููŽุฑูŽู‘ู‚ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุฎู’ุชูŽุงุฑูŽ. โ€“ ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ โ€œDari Abdillah bin al-Harits, dari Hakim bin Hizam bahwasanya Rasulullah saw bersabda: Dua orang yang melakukan apa yang dimaksud tempo dalam lagu beli mempunyai hak khiyar dalam jual belinya selama mereka belum berpisah,jika keduanya jujur dan keduanya menjelaskannya (transparan), niscaya diberkahi dalam jual beli mereka berdua, dan jika mereka berdua menyembunyikan atau berdusta, niscaya akan dicabut keberkahan dari jual beli mereka berdua.

Abu Dawud berkata โ€œsehingga mereka berdua berpisah atau melakukan jual beli dengan akad khiyar.โ€ ( HR. Al-Bukhari-Muslim dan imam ahli hadis lainnya) ุนูŽู†ู’ ู†ูŽุงููุนู ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ : ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุงูŽู„ู’ุจูŽูŠูู‘ุนูŽุงู†ู ูƒูู„ูู‘ ูˆูŽุงุญูุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุจูุงู„ู’ุฎููŠูŽุงุฑู ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูŽุงุญูุจูู‡ู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽููŽุฑูŽู‘ู‚ูŽุง ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูŽูŠู’ุนูŽ ุงู„ู’ุฎููŠูŽุงุฑู โ€“ ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… โ€œ Dari Nafiโ€™ dari Ibnu Umar; bahwasanya Rasulullah saw bersabda: Dua orang yang melakukan jual beli, masing-masing mereka memiliki hak untuk memilih atas saudaranya (teman akadnya) selama mereka berdua belum berpisah kecuali jual beli dengan menggunakan akad khiyar.โ€ (HR.

Muslim). ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ: ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุจูŽุงูŠูŽุนู’ุชูŽ ููŽู‚ูู„ู’ ู„ุงูŽ ุฎูู„ุงูŽุจูŽุฉูŽ. ุซูู…ูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ููู‰ ูƒูู„ูู‘ ุณูู„ู’ุนูŽุฉู ุงุจู’ุชูŽุนู’ุชูŽู‡ูŽุง ุจูุงู„ู’ุฎููŠูŽุงุฑู ุซูŽู„ุงูŽุซูŽ ู„ูŽูŠูŽุงู„ู ููŽุฅูู†ู’ ุฑูŽุถููŠุชูŽ ููŽุฃูŽู…ู’ุณููƒู’ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุณูŽุฎูุทู’ุชูŽ ููŽุงุฑู’ุฏูุฏู’ู‡ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูŽุงุญูุจูู‡ูŽุง.

โ€“ ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡ โ€œ Nabi saw bersabda: Apabila kamu menjual maka katakanlah dengan jujur dan jangan menipu. Jika kamu membeli sesuatu maka engkau mempunyai hal pilih selama tiga hari, jika kamu rela maka ambillah, tetapi jika tidak maka kembalikan kepada pemiliknya.โ€ (HR. Ibnu Majah) Secara faktual, khiyar syarat sebagaimana dijelaskan di atas sangat dibutuhkan oleh seseorang dengan berbagai alasan dan pertimbangan, sehingga kedua belah pihak merasa nyaman dan hak-hak mereka terlindungi.

Namun, terkait dengan batas maksimal waktu kebolehan khiyar Syarat, terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Dalam hal ini pendapat para ulama dapat dikategorikan menjadi tiga pendapat: Pertama: Mazhab Hanafi, Syafiโ€™i dan Zhahiri berpendapat; bahwa tidak boleh bagi kedua belah pihak yang berakad atau salah satunya untuk memberikan syarat lebih dari tiga hari untuk jenis barang apa saja.

Jika keduanya atau salah satunya menyaratkan lebih dari tiga hari, maka akadnya menjadi rusak (tidak sah). Kedua: Mazhab Hambali, Al-Auzaโ€™i dan sebagian ulama Hanafi berpendapat; kedua belah pihak boleh mensyaratkan lebih dari tiga hari asalkan penjual merelakannya (ridha). Sedangkan yang ketiga; Madzhab Maliki berpendapat; bahwa tempo khiyar berbeda-beda berdasarkan perbedaan barang yang dijual apakah ia termasuk barang yang perlu ada khiyar untuk mencari informasi atau meminta pendapat keluarga atau pihak yang ahli di bidangnya, seperti dalam satu, dua atau tiga hari untuk memilih baju, satu bulan untuk membeli tanah, semuanya ditetapkan berdasarkan keperluan dan pertimbangan barang yang dijual.

Dari ketiga pendapat ulamaโ€™ tersebut, tentu yang paling realistis adalah gabungan dari pendapat yang kedua dan ketiga, yaitu kebolehan untuk melakukan hak khiyar disesuaikan dengan keperluan dan pertimbangan barang serta keridhaan dari pihak penjual. Jika tengggang waktu khiyar yang disyaratkan habis tanpa pernah terjadi penolakan atau meneruskan akad pada saat tenggang waktu masih tersisa, maka khiyar dianggap gugur, sebab ia terbatas dengan tenggang waktu tertentu, dan sesuatu yang dibatasi dengan batas waktu ( limits) tertentu maka ia dianggap habis jika masa itu tiba.

Perbedaan dan Persamaan a ntara Khiyar Syarat dan Garansi Jika mencermati pengertian, tujuan dan maksud disyariatkannya khiyar Syarat, maka dapat difahami bahwa antara khiyar Syarat dan garansi memiliki perbedaan yang cukup mendasar sekalipun dalam hal tertentu memiliki sisi kesamaan.

Perbedaan mendasarnya adalah; bahwa Khiyar Syarat merupakan suatu transaksi antara penjual dan pembeli yang dapat menyebabkan terjadinya pembatalan transaksi jual beli sesuai dengan kesepakan kedua belah pihak. Sedangkan garansi umumnya merupakan salah satu bentuk pelayanan pihak penjual untuk menjamin kualitas barang, dimana selama waktu yang telah ditentukan, penjual memberikan perawatan terhadap barang yang telah dijual jika terjadi sesuatu, baik menyangkut perawatan maupun kerusakan dan tidak berakibat pada pembatalan transaksi jual beli.

Adapun persamaannya adalah, baik khiyar Syarat maupun sistem garansi, sama-sama memiliki motif untuk menjamin hak-hak mereka (penjual dan pembeli) sehingga mereka tidak merasa dirugikan apa yang dimaksud tempo dalam lagu terciptanya kepuasan dan saling ridha antara mereka berdua sesuai dengan spirit yang diajarkan oleh Rasulullah saw โ€œ Innamal baiโ€™ โ€˜an tarad h inโ€ (hanya saja jual beli harus atas dasar saling meridhai).

Ketiga: Khiyar โ€˜Aib (Hak Pilih karena Cacat Barang) Yang dimaksud dengan khiyar โ€˜aib adalah; hak untuk memilih antara membatalkan atau meneruskan akad jual beli apabila ditemukan kecacatan (aib) pada obyek (barang) yang diperjualbelikan, sedang pembeli tidak mengetahui adanya kecacatan pada saat akad berlangsung. Atau dengan kata lain, jika seseorang membeli barang yang mengandung kecacatan dan ia tidak mengetahuinya hingga si penjual dan si pembeli berpisah, maka pihak pembeli berhak mengembalikan barang dagangan tersebut kepada penjualnya, dengan meminta ganti barang yang baik atau meminta kembali uangnya, atau sesuai dengan perbandingan kerusakan dan harganya.

Dalam khiyar โ€˜aib, pembeli memiliki dua pilihan (hak khiyar) apakah ia rela dan puas terhadap barang yang dibelinya ataukah tidak. Jika pembeli rela dan merasa puas dengan kecacatan yang ada pada barang, maka khiyar tidak berlaku baginya dan ia harus menerima barang yang telah dibelinya tersebut. Namun jika ia menolak dan mengembalikan barang kepada pemiliknya, maka akad tersebut menjadi batal.

Konsekwensinya, bagi penjual harus menerima pengembalian barang tersebut jika kecacatannya murni dari pihak penjual (cacat bawaan) dan bukan karena kelalaian ata kesalahan pembeli seperti akibat terjatuh dan lainnya.

Dalam hal mengembalikan barang yang cacat tersebut, pihak pembeli hendaknya mengembalikannya dengan segera tanpa menunda-nunda. Karena menunda-nunda waktu pengembalian โ€“ terlebih lagi dalam waktu yang cukup lama โ€“ merupakan salah satu bentuk melalaikan tanggung jawab, sehingga ia dapat dianggap rela terhadap barang yang cacat, kecuali karena ada halangan yang dapat dibenarkan dan dimaklumi bersama.

Dasar Hukum Disyariatkan Khiyar โ€˜Aib Dasar hukum disyariโ€™atkannya khiyar aib dapat dijumpai penjelasannya dalam berbagai hadis Nabi saw, antara lain hadis yang diriwayatkan oleh imam Ahmad, Ibnu Majah, ad-Daruqutni, al-Hakim dan at-Thabrani dari Uqbah bin Amir ra.: ุฃูŽู†ูŽู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูŽู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุฃูŽุฎููˆ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุญูู„ูู‘ ู„ูู…ูุณู’ู„ูู…ู ุจูŽุงุนูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฎููŠู‡ู ุจูŽูŠู’ุนู‹ุง ูููŠู‡ู ุนูŽูŠู’ุจูŒ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูŽูŠูŽู‘ู†ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏ ูˆุงุจู† ู…ุงุฌุฉ ูˆุบูŠุฑู‡) โ€œBahwasanya Nabi saw bersabda: Muslim yang satu dengan Muslim lainnya adalah bersaudara, tidak halal bagi seorang muslim menjual barangnya kepada muslim lain, padahal pada barang tersebut terdapat aib/cacat melainkan dia harus menjelaskannyaโ€.

(HR. Ahmad, Ibnu Majah, Ad-Daraquthni, Al-Hakim dan Ath-Thabrani ) Faktor-Faktor yang Menghalangi Pembatalan Akad dan Pengembalian Barang Ketentuan dalam pembatalan akad dan pengembalian barang cacat telah banyak dirumuskan dalam kitab-kitab fikih, termasuk faktor-faktor yang menghalangi pembatalan akad dan pengembalian barang.

Dalam pembahasana ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama: Pihak pembeli ridha setelah mengetahui adanya kecacatan barang, baik dengan mengucapkkannya secara langsung atau berdasarkan petunjuk/indikator lainnya.

Misalnya; membeli buah yang sudah diumumkan atau diberitahukan kecacatannya oleh pihak penjual seperti sudah layu atau sebagiannya ada yang rusak, lalu pembeli rela/ridha membelinya setelah terjadi penyesuaian harga, maka pembatalan dan pengembalian barang tidak dapat dilakukan (tidak ada hak khiyar โ€˜aib).

Kedua: Menggugurkan Khiyar, baik secara langsung atau adanya indikator/petunjuk lainnya. Seperti ucapan seorang pembeli, โ€œAku telah menggugurkan khiyar (hak pilih) kuโ€, atau setelah ia mengetahui adanya kecacatan barang, si pembeli tidak mengembalikan barang tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama atau bahkan barang yang dibelinya sudah berubah wujud atau habis karena telah dikonsumsi. Ketiga: Barang rusak karena perbuatan pembeli atau berubah dari bentuk aslinya.

Seperti gelas pecah atau retak karena terjatuh oleh pihhak pembeli, atau sebagian barang ada yang tidak utuh atau hilang akibat kelalaian pembeli. Namun apabila pembeli dan penjual berselisih tentang pihak yang menyebabkan terjadinya kecacatan barang, sementara transaksi sudah selesai dilakukan serta tidak ada bukti yang menguatkan salah satunya, maka menurut para ulamaโ€™ pernyataan penjuallah yang dimenangkan atau yang diterima setelah disumpah.

Hal ini didasarkan pada hadis Nabi saw: ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…:ุฅูุฐูŽุง ุงุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ุงู„ู’ุจูŽูŠูู‘ุนูŽุงู†ู ููŽุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู„ู ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ู’ุจูŽุงุฆูุนู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุจู’ุชูŽุงุนู ุจูุงู„ู’ุฎููŠูŽุงุฑู. โ€“ ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ูŠุฐูŠ ูˆ ุฃุญู…ุฏ โ€œ Dari Ibnu Masโ€™ud ra berkata; Rasulullah saw bersabda: Apabila penjual dan pembeli berselisih maka perkataan yang diterima adalah perkataan penjual, sedangkan pembeli memiliki hak pilih โ€œ.

(HR. At-Tirmidzi dan Ahmad ) (imam at-Tirmidzi menjelaskan bahwa hadis ini termasuk hadis mursal karena salah seorang rawi bernama โ€˜Aun bin Abdillah tidak bertemu langsung dengan Ibnu Masโ€™ud, namun Al-Albani menshahihkannya ) ุนูŽู†ู’ ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ุดูุนูŽูŠู’ุจู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ู ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุฏูู‘ู‡ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ุจูู‰ูŽู‘ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ูŽุงู„ูŽ ููู‰ ุฎูุทู’ุจูŽุชูู‡ู ุงู„ู’ุจูŽูŠูู‘ู†ูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุฏูŽู‘ุนูู‰ ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽู…ููŠู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุฏูŽู‘ุนูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู.

โ€“ ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ูŠุฐูŠ โ€œ Dari Amru bin Syuโ€™aib, dari ayahnya dari kakeknya; bahwasanya Nabi saw bersabda dalam khutbahnya: mendatangkan bukti ( a l-Bayyinah) bagi pengklaim/penuduh dan harus bersumpah bagi yang tertuduhโ€. (HR. at-Tirmidzi) (hadis ini dikuatkan dari berbagai sumber yang kuat baik dengan lafaz yang hampir sama maupun dengan lafaz yang berbeda ).

Hikmah Disyariโ€™atkan Khiyar Hikmah disyariatkannya khiyar apa yang dimaksud tempo dalam lagu untuk memilih) dalam Islam sangat banyak sekali dan bersifat menyeluruh dan jangka panjang. Bahkan khiyar dalam bisnis Islami memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk menjaga kepentingan, transparansi, kemaslahatan, kerelaan kedua belah pihak yang melakukan transaksi serta melindungi mereka dari bahaya dan kerugian bagi semua pihak. Secara leih rinci dapat dikemukakan beberapa hikmah disyariโ€™atkan khiyar dalam Islam, antara lain: (1) Dapat mempertegas adanya kerelaan dari pihak-pihak yang terikat dalam transaksi jual beli, (2) mendatangkan kenyamanan dan kepuasan bagi kedua belah pihak (penjual dan pembeli), (3) menghindarkan terjadinya penipuan dalam urusan jual beli, (4) Menjamin kejujuran dan transparansi bagi pihak penjual dan pembeli, (5) Menjamin kesempurnaan proses transaksi, (6) untuk menjaga agar tidak terjadi perselisihan atau pertengkaran antara penjual dan pembeli, dan lain-lain.

Wallahu Aโ€™lam bish-Shawab. Narasumber utama artikel: Ruslan Fariadi

Pengertian Tempo




2022 www.videocon.com