Keutamaan sholat tarawih malam ke 7

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

TRIBUNSOLO.COM - Bagi seorang umat Muslim hendaknya berloma berbuat amal kebaikan pada Ramadhan 1442 Hijriah. Salah satu ibadah yang disunnahkan saat Ramadhan adalah shalat tarawih. Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Kabupaten Wonogiri Minggu 18 April 2021 atau 6 Ramadhan 1442 H Shalat tarawih memiliki 30 keutamaan dan ganjaran pahala di bulan Ramadhan, meski semua ibadah yang dikerjakan pada bulan ini akan mendatangkan pahala besar karena setiap pahalanya akan dilipatgandakan, sedangkan dosa tidak.

Tapi, karena ibadah ini hanya bisa dilangsungkan di Bulan Ramadan, yang diyakini sebagai bulan suci oleh para muslim, maka ibadah sholat tarawih dinantikan oleh seluruh umat muslim dunia. Nah, bagi anda yang akan melaksanakan sholat tarawih pada hari ini, Sabtu 17 April 2021, berarti menjalankan sholat tarawih di malam ke-6, atau hari ke-5 Ramadhan.

Nah, inilah keutamaan Sholat Tarawih di malam ke-6, atau hari ke-5 Ramadhan : Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib bahwasanya beliau berkata: “Nabi Muhammad SAW, pernah ditanya tentang keutamaan shalat Tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian beliau menjawab tentang nilai-nilai sholat Tarawih. "Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam kedelapan, Allah SWT akan memberikan segala sesuatu yang sudah diberikan-NYA kepada Nabi Ibrahim AS," Untuk lebih lengkapnya, berikut ganjaran sholat tarawih di 30 malam Ramadhan : Salah satu yang menjadi ciri khas Bulan Suci Ramadan ialah pelaksanaan shalat tarawih yang biasa dilakukan selepas shalat 'isya.

Ibadah sunnah ini memiliki banyak sekali keutamaan seperti yang dijelaskan dalam kitab Durratun Nashihin Fil Wa’zhi wal Irsyad karya Syaikh ‘Utsman bin Hasan bin Ahmad Syakir Al Khubari (seorang ulama yang hidup di abad ke-9 Hijriyah). Illustrasi Shalat Tarawih - irtaqi.net Dalam kitab tersebut terdapat hadist yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib yang menerangkan tentang keutamaan shalat tarawih setiap malam selama bulan Ramadan.

Berikut ini keutamaan-keutamaan shalat tarawi mulai dari hari pertama hingga hari terakhir. Keutamaan Shalat Tarawih Selama Ramadan عن علي بن ابي طالب رضي الله تعالى عنه أنه قال: ” سئل النبي عليه الصلاة والسلام عن فضائل التراويح فى شهر رمضان فقال يخرج المؤمن ذنبه فى اول ليلة كيوم ولدته أمه وفى الليلة الثانية يغفر له وللأبوية ان كانا مؤمني وفى الليلة الثالثة ينادى ملك من تحت العرش؛ استأنف العمل غفر الله ماتقدم من ذنبك وفى الليلة الرابعة له من الاجر مثل قراءة التوراه والانجيل والزابور والفرقان وفى الليلة الخامسة أعطاه الله تعالى مثل من صلى في المسجد الحرام ومسجد المدينة والمسجد الاقصى وفى الليلة السادسة اعطاه الله تعالى ثواب من طاف بالبيت المعمور ويستغفر له كل حجر ومدر وفى الليلة السابعة فكأنما أدرك موسى عليه السلام ونصره على فرعون وهامان وفى الليلة الثامنة أعطاه الله تعالى ما أعطى ابراهيم عليه السلام وفى الليلة التاسعة فكأنما عبد الله تعالى عبادة النبى عليه الصلاة والسلام وفى الليلة العاشرة يرزقة الله تعالى خير الدنيا والآخر وفى الليلة الحادية عشر يخرج من الدنيا كيوم ولد من بطن أمه وفى الليلة الثانية عشر جاء يوم القيامة ووجهه كالقمر ليلة البدر وفى الليلة الثالثة عشر جاء يوم القيامة آمنا من كل سوء وفى الليلة الرابعة عشر جاءت الملائكة يشهدون له أنه قد صلى التراويح فلا يحاسبه الله يوم القيامة وفى الليلة الخامسة عشر تصلى عليه الملائكة وحملة العرش والكرسى وفى الليلة السادسة عشر كتب الله له براءة النجاة keutamaan sholat tarawih malam ke 7 النار وبراءة الدخول فى الجنة وفى الليلة السابعة عشر يعطى مثل ثواب الأنبياء وفى الليلة الثامنة عشر نادى الملك ياعبدالله أن رضى عنك وعن والديك وفى الليلة التاسعة عشر يرفع الله درجاته فى الفردوس وفى الليلة العشرين يعطى ثواب الشهداء والصالحين وفى الليلة الحادية والعشرين بنى الله له بيتا فى الجنة من النور وفى الليلة الثانية والعشرين جاء يوم القيامة آمنا من كل غم وهم وفى الليلة الثالثة والعشرين بنى الله له مدينة فى الجنة وفى الليلة الرابعة والعشرين كان له اربعه وعشرون دعوة مستجابة وفى الليلة الخامسة والعشرين يرفع الله تعالى keutamaan sholat tarawih malam ke 7 عذاب القبر وفى الليلة السادسة والعشرين يرفع الله له ثوابه أربعين عاما وفى الليلة السابعة والعشرين جاز يوم القيامة على السراط كالبرق الخاطف وفى الليلة الثامنة والعشرين يرفع الله له ألف درجة فى الجنة وفى الليلة التاسعة والعشرين اعطاه الله ثواب الف حجة مقبولة وفى الليلة الثلاثين يقول الله: ياعبدى كل من ثمار الجنة واغتسل من مياه السلسبيل واشرب من الكوثرأنا ربك وأنت عبدى Dari Ali bin Abi Thalib berkata: “Aku bertanya kepada Nabi Muhammad tentang keutamaan (shalat) tarawih di bulan Ramadhan lalu beliau berkata: Tarawih malam ke-1 Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.

Tarawih Malam ke-2: Ia diampuni dan juga kedua orang tuanya (diampuni dosa-dosanya), jika keduanya mukmin. Tarawih Malam ke-3: Seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, karena Allah telah mengampuni dosamu yang telah lewat.” Tarawih Malam ke-4: Dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).

Tarawih Malam ke-5: Allah Ta’ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah (Nabawi) dan Masjidil Aqsha.

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

Tarawih Malam ke-6: Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang berthawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas. Tarawih Malam ke-7: Seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa AS dan kemenangan Beliau atas Fir’aun dan Haman. Tarawih Malam ke-8: Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Allah berikan kepada Nabi Ibrahim as.

Tarawih Malam ke-9: Seolah-olah ia beribadat kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadatnya Nabi Muhammad SAW. Tarawih Malam ke-10: Allah Ta’ala mengkaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.

Tarawih Malam ke-11: Ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya. Tarawih Malam ke-12: Ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama. Tarawih Malam ke-13: Ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.

Tarawih Malam ke-14: Para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah membebaskannya dari Hisab pada hari kiamat.

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

Tarawih Malam ke-15: Ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi. Tarawih Malam ke-16: Allah tetapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam Surga.

Tarawih Malam ke-17: Allah berikan padanya pahala seperti pahala para Nabi. Tarawih Malam ke-18: Seorang malaikat berseru, “Hai hamba ALLAH, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu." Tarawih Malam ke-19: Allah mengangkat derajat-derajatnya dalam Surga Firdaus. Tarawih Malam ke -20: Allah memberikannya pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).

Tarawih Malam ke-21: Allah membangunkan untuknya sebuah gedung dari cahaya. Tarawih Malam ke-22: Ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan. Tarawih Malam ke-23: Allah membangunkan untuknya sebuah kota di dalam surga.

Tarawih Malam ke-24: Ia memperoleh 24 (duapuluh empat) doa yang dikabulkan. Tarawih Malam ke-25: Allah Ta’ala membebaskannya dari azab kubur. Tarawih Malam ke-26: Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun. Tarawih Malam ke-27: Ia dapat melewati Shiroth pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar. Tarawih Malam ke-28: Allah mengangkat baginya 1000 (seribu) derajat dalam surga. Tarawih Malam ke-29: Allah memberinya pahala 1000 (seribu) haji yang diterima. Tarawih Malam ke-30: Allah berfirman: “Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar.

Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku." • tag [#1173] Created with Sketch. Artikel • tag [#1173] Created with Sketch. Berita • tag [#1173] Created with Sketch. Cerpen • tag [#1173] Created with Sketch. Doa • tag [#1173] Created with Sketch. Download • tag [#1173] Created with Sketch. Gallery • tag [#1173] Created with Sketch. Kitab • tag [#1173] Created with Sketch. Opini • tag [#1173] Created with Sketch. Profil • tag [#1173] Created with Sketch.

Puisi • tag [#1173] Created with Sketch. Sedekah Nulis • tag [#1173] Created with Sketch. Tokoh
Di Bab Keistimewaan Ramadhan dari Ali bin Abi Thalib RA bahwa dia berkata : Nabi Muhammad SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian Beliau menyampaikan " Seorang Muslim yang melaksanakan Sholat Tarawih dari Malam Pertama hingga Malam Terakhir (Ke-29 atau 30), maka Fadhilah (Kebaikan) yg Allah SWT sediakan baginya pada tiap malam adalah" 30.

Dan pada malam ketiga puluh, ALLAH SWT berfirman : “Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar.

Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku.” *Update Ramadhan 2016 ada yang mengatakan bahwa hadis di atas adalah kurang sahih atau dikatakan tidak bersumber dari Nabi Muhammad SAW, bukun bagi yang memiliki ilmu lebih boleh sharing di komentar di bawah.

Anonim 7 Juli 2014 07.07 Assalamu'alaikum, maaf mas, tanpa bermaksud mengurangi semangat kita dalam mengisi Ramadhan dengan ibadah, ternyata hadits tersebut tidak ada asalnya alias tidak benar jika disandarkan kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Cukup bagi kita hadits-hadits yang shahih tentang keutamaan tarawih dan ibadah lainnya di bulan ramadhan. Untuk hadits tsb bisa dilihat di sini : http://abangdani.wordpress.com/2012/08/07/hadits-30-keutamaan-shalat-tarawih-adalah-hadits-palsu/ Tulisan lainnya tentang Ramadhan dapat dilihat di sini : http://abangdani.wordpress.com/tag/Ramadhan/ Jazakumullaahu khairan.

Balas Hapus GRATIS KABEH 18 Mei 2018 09.21 Amalan Shalat Tarawih terlihat sederhana, tetapi tidak semua orang yg sanggup menjalankan sampe sebulan penuh selama Ramadhan, itu menunjukkan bahwa Shalat Tarawih bukan amalan sederhana apalagi seperti yg kita ketahui bersama bahwa sekecil apapun amalan di Bulan Ramadhan ini akan dilipatgandakan pahanyanya.

Bahkan saya yakin yg menyebutkan bahwa hadis tersebut palsu pun belum tentu bisa melaksanakannya sebylan penuh, hanya berbekal Copy Paste dari web lain tanpa bertabayyun terlebih dahulu justru khawatirnya malah menyebarkan fitnah nantinya. Yuk, qita tetap beribadah meski sekecil apapun bentuknya karena sekecil apapun ibadah/kebaikan yg qita kerjakan maka Allah akan membalasnya dengan kebaikan pula, begitupun sebaliknya.

Tengok QS:Az-Zalzalah;7-8. Wallahu'alam bissawab. Wassalam, Diko. Balas Hapus Unknown 22 Oktober 2018 14.30 Keutamaan sholat tarawih malam ke 7 sebelumnya Hadits ini palsu, tidak ada di dalam kitab hadits mu'tabaroh yang meriwatkan hadits ini, hadits ini hanya ada d dalam kitab dzurrotun nasihin tanpa sanad Banyak ulama' hadits mengatakan bahwa hadits tersebut palsu Ciri2 hadits palsu adalah amalan sedikit pahala besar, Seutama-utamanya sholat sunnah masih lebih mulia amalan fardu, dan amalan fardu tidak ada pahalanya seperti itu Hukum menyebarkan atau meriwayatkan hadits mau'dho (palsu) adalah haram kesepakatan ijma' ulama' kecuali sebagai peringatan kpd orang bahwa hadits trsbt adalah keutamaan sholat tarawih malam ke 7 Balas Hapus PortalYogya.com - Keutamaan sholat tarawih malam ke 7 di bulan Ramadhan dijelaskan oleh nabi Muhammad SAW kepada para sahabat.

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

Keutamaan sholat tarawih memang berbeda di tiap malamnya seperti halnya keutamaan sholat tarawih malam ke 1 hingga ke 6, begitupun juga malam ke 7 yang memiliki keutamaan tersendiri.

Adapun hukum sholat tarawih di bulan Ramadhan adalah sunnah, Hal tersebut dibenarkan oleh keempat madzhab dalam Islam. Baca Juga: Amalan untuk Melancarkan Rezeki, Tips dari Quraish Shihab Artinya mereka sepakat bahwa hukum sholat tarawih adalah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan di bulan Ramadhan.

Sebelum membahas mengenai keutamaan tarawih malam ke 7, berikut ini adalah hadits yang membahas mengenai kesunnahan sholat tarawih. Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menjelaskan tentang kesunnahan ibadah sholat tarawih sebagai berikut: Baca Juga: 17 Amalan Sunah untuk Menghidupkan Bulan Ramadhan, Dari Bangun Tidur Sampai Ibadah Malam وَأما صَلَاة التَّرَاوِيح فَلَا شكّ فِي سنيتها وانعقد الْإِجْمَاع على ذَلِك قَالَه غير وَاحِد وَلَا عِبْرَة بشواذ الْأَقْوَال
Sejumlah mendengarkan tausiyah singkat sebelum pelaksanaan shalat tarawih di Masjid Nururrahman, Depok, Sabtu (2/4).

Di dalam Kitab Durrotun Nasihin, dijelaskan secara lengkap Fadhilah atau Keutamaan dari shalat tarawih. Seperti apa? Berikut penjelasannya: 1. Malam pertama ﻋﻦ ﻋﻠﻰ ﺑﻦ ﺍﺑﻰ ﻃﺎﻟﺐ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻨﻪ ﺍﻧﻪ ﻗﺎﻝ ﺳﺌﻞ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻦ ﻓﻀﺎﺋﻞ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ ﻓﻰ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻓﻘﺎﻝ ﻳﺨﺮﺝ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﻣﻦ ﺫﻧﺒﻪ ﻓﻰ ﺍﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻛﻴﻮﻡ ﻭﻟﺪﺗﻪ ﺍﻣﻪ Diriwayatkan dari Ali bin Abi Tholib Ra.

Bahwa sesungguhnya Ali berkata : Nabi alaihis sholatu was salamu ditanya tentang keutamaan tarowih di bulan ramadhan. Maka Nabi menjawab : di "pada malam pertama keluarlah dosa orang mukmin (yang melakukan tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia Scroll untuk membaca 2. Malam ke 2 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻳﻐﻔﺮ ﻟﻪ ﻭﻷﺑﻮﻳﻪ ﺍﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺆﻣﻨﻴﻦ Pada malam yang ke 2, orang yang sholat tarawih akan diampuni dosanya dan dosa ke-2 orang tuanya jika keduanya mukmin 3.

Malam ke 3 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﻳﻨﺎﺩﻱ ﻣﻠﻚ ﻣﻦ ﺗﺤﺖ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﺍﺳﺘﺄﻧﻒ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻏﻔﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻣﻦ ﺫﻧﺒﻚ Pada malam yang keutamaan sholat tarawih malam ke 7 3, malaikat dibawah arasy berseru,mulailah melakukan amal kebaikan (sholat tarawih) maka Allah akan mengampuni dosamu.

4. Malam ke 4 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺮﺍﺑﻌﺔ ﻟﻪ ﻣﻦ ﺍﻻﺟﺮ ﻣﺜﻞ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﺘﻮﺭﺍﺕ ﻭﺍﻻﻧﺠﻴﻞ ﻭﺍﻟﺰﺑﻮﺭ ﻭﺍﻟﻔﺮﻗﺎﻥ Pada malam yang ke 4, bagi yang melakukan tarawih dapat pahala sebagaimana pahala orang yang membaca kitab Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qur'an. 5. Malam ke 5 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺨﺎﻣﺴﺔ ﺍﻋﻄﺎﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﺜﻞ ﻣﻦ ﺻﻠﻰ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ﻭ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺍﻟﻤﺪﻳﻨﺔ ﻭﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺍﻻﻗﺼﻰ Pada malam yang ke 5, Allah memberikan pahala bagi yang tarawih sebagaimana pahalanya orang yang sholat di masjidil harom, masjid madinah/nabawi dan masjidil aqsho 6.

Malam ke 6 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺴﺎﺩﺳﺔ ﺍﻋﻄﺎﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ keutamaan sholat tarawih malam ke 7 ﻣﻦ ﻃﺎﻑ ﺑﺎﻟﺒﻴﺖ ﺍﻟﻤﻌﻤﻮﺭ ﻭﻳﺴﺘﻐﻔﺮ ﻟﻪ ﻛﻞ ﺣﺠﺮ ﻭﻣﺪﺭ Pada malam yang ke 6, Allah memberikan pahala pada yang bertarawih sebagaimana pahalanya orang yang thowaf dibaitul makmur dan setiap batu dan tanah memintakan ampunan padanya 7. Malam ke 7 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻓﻜﺄﻧﻤﺎ ﺍﺩﺭﻙ ﻣﻮﺳﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻭﻧﺼﺮﻩ ﻋﻠﻰ ﻓﺮﻋﻮﻥ Pada malam yang ke 7, yang melakukan tarawih seakan-akan menemui zaman nabi Musa as dan menolongnya dari serangan fir'aun dan haman.

8. Malam ke 8 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺜﺎﻣﻨﺔ ﺍﻋﻄﺎﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﺎ ﺍﻋﻄﻰ ﺍﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ Pada malam yang ke 8, Allah akan memberi anugrah sebagaimana anugrah yang diberikan pada Nabi Ibrohim alaihis salam 9. Malam ke 9 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺘﺎﺳﻌﺔ ﻓﻜﺄﻧﻤﺎ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ Pada malam yang ke 9, seolah-olah orang yang tarawih beribadah pada Allah sebagaimana ibadahnya para Nabi alaihis sholatu was salam 10.

Malam ke 10 ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻌﺎﺷﺮﺓ ﻳﺮﺯﻗﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺧﻴﺮﻯ keutamaan sholat tarawih malam ke 7 ﻭﺍﻵﺧﺮﺓ Pada malam yang ke 10, Allah akan memberi rezeki yang lebih bagus didunia maupun akhirat bagi yang tarawih.

Network • - Algebra • - Antariksa • - Bandung24jam • - Boyanesia • - Bulutangkis • - Bundalogy • - Calakan • - Caricuan • - Chingudeul • - Depok24jam • - Digitaldonat • - Digdaya • - Eksplora • - Ibuwarung • - Jouron • - Jurnal • - Kabarturki • - Kakibukit • - Kampus • - Kereta • - Kartumerah • - Kurusetra • - Kuyliner • - Literat • - Legioma • - Matapantura • - Magenta • - Maktabu • - Nyantri • - Plot • - Mlipir • - Rihlah • - Rumahberkah • - Ramenten • - Sepakpojok • - Tadabbur • - Tekno
Artikel Terbaru • Bolehkah Puasa Syawal, Tetapi Masih Memiliki Utang Puasa Ramadhan Karena Haidh?

• Buku Gratis: Fikih Bulan Syawal • Cara Puasa Syawal Menurut Ulama Syafi’iyah • Benarkah Banyak Bergaul dan Bermedsos, Makin Banyak Dosa? • Naskah Khutbah Idul Fitri 2022 Terfavorit: Realisasi Syukur Bakda Ramadhan • Faedah Sirah Nabi: Pensyariatan Jihad dan Pelajaran di Dalamnya • Khutbah Jumat: Kiat Istiqamah Bakda Ramadhan • Tingkatan Menghidupkan Lailatul Qadar • Faedah Surat An-Nuur #48: Adab Terhadap Rasulullah, Tidak Boleh Menyelisihi Perintahnya • Faedah Sirah Nabi: Sejarah Pensyariatan Zakat dan Pelajaran di Dalamnya Shalat ini dinamakan tarawih yang artinya istirahat karena orang yang melakukan shalat tarawih beristirahat setelah melaksanakan shalat empat raka’at.

Shalat tarawih termasuk qiyamul lail atau shalat malam. Akan tetapi shalat tarawih ini dikhususkan di bulan Ramadhan. Jadi, shalat tarawih ini adalah shalat malam yang dilakukan di bulan Ramadhan.

[1] Adapun shalat tarawih tidak disyariatkan untuk tidur terlebih dahulu dan shalat tarawih hanya khusus dikerjakan di bulan Ramadhan. Sedangkan shalat tahajjud menurut mayoritas pakar fiqih adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah bangun tidur dan dilakukan di malam mana saja.

[2] Para ulama sepakat bahwa shalat tarawih hukumnya adalah sunnah (dianjurkan). Bahkan menurut ulama Hanafiyah, Hanabilah, dan Malikiyyah, hukum shalat tarawih adalah sunnah mu’akkad (sangat dianjurkan). Shalat ini dianjurkan bagi laki-laki dan perempuan. Shalat tarawih merupakan salah satu syi’ar Islam. [3] Imam Asy Syafi’i, mayoritas ulama Syafi’iyah, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad dan sebagian ulama Malikiyah berpendapat bahwa lebih afdhol shalat tarawih dilaksanakan secara berjama’ah sebagaimana dilakukan oleh ‘Umar bin Al Khottob dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum.

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

Kaum muslimin pun terus menerus melakukan shalat tarawih secara berjama’ah karena merupakan syi’ar Islam yang begitu nampak sehingga serupa dengan shalat ‘ied. [4] Keutamaan Shalat Tarawih Pertama, akan mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ قَامَ رَمَضَانَ keutamaan sholat tarawih malam ke 7 وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ “ Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR.

Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759). Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. [5] Hadits ini memberitahukan bahwa shalat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah, bukan karena riya’ atau alasan lainnya.

[6] Yang dimaksud “pengampunan dosa” dalam hadits ini adalah bisa mencakup dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadits, sebagaimana ditegaskan oleh Ibnul Mundzir. Namun An Nawawi mengatakan bahwa yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah khusus untuk dosa kecil.

[7] Kedua, shalat tarawih bersama imam seperti shalat semalam penuh. Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda, إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً “ Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” [8] Hal ini sekaligus merupakan anjuran agar kaum muslimin mengerjakan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengikuti imam hingga selesai.

Ketiga, shalat tarawih adalah seutama-utamanya shalat. Ulama-ulama Hanabilah (madzhab Hambali) mengatakan bahwa seutama-utamanya shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan dilakukan secara berjama’ah. Karena shalat seperti ini hampir serupa dengan shalat fardhu. Kemudian shalat yang lebih utama lagi adalah shalat rawatib (shalat yang mengiringi shalat fardhu, sebelum atau sesudahnya). Shalat yang paling ditekankan dilakukan secara berjama’ah adalah shalat kusuf (shalat gerhana) kemudian shalat tarawih.

[9] Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal Cuplikan dari Buku Panduan Ramadhan [1] Lihat Al Jaami’ Li Ahkamish Sholah, 3/63 dan Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 2/9630.

[2] Lihat Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 2/9630.

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

{INSERTKEYS} [3] Lihat Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah, 2/9631. [4] Lihat Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 6/39. [5] Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 6/39. [6] Lihat Fathul Bari, 4/251. [7] Idem. [8] HR. An Nasai no. 1605, Tirmidzi no. 806, Ibnu Majah no. 1327, Ahmad dan Tirmidzi.

Tirmidzi menshahihkan hadits ini. Syaikh Al Albani dalam Al Irwa’ no. 447 mengatakan bahwa hadits ini shahih. [9] Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 2/9633.TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Ibadah Sholat Tarawih menjadi ibadah besar bagi umat muslim dunia, karena ibadah ini bersifat unik. Ibadah sholat Tarawih bukanlah ibadah wajib. • Keutamaan dan Ganjaran Pahala Sholat Tarawih Malam ke-6, Hari ke-5 Ramadhan : Pahala Orang Thowaf • Kumpulan Surat Pendek yang Mudah Dihafalkan, Bisa Digunakan saat Salat Tarawih di Rumah Tapi, karena ibadah ini hanya bisa dilangsungkan di Bulan Ramadan, yang diyakini sebagai bulan suci oleh para muslim, maka ibadah sholat Tarawih sangat dinanti-nanti oleh muslim dunia.

Nah, bagi anda yang akan melaksanakan sholat tarawih pada malam ke-6, atau 5 Ramadhan yang jatuh pada 28 April 2020, inilah keutamaan Sholat Tarawih tersebut : Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib bahwasanya beliau berkata: “Nabi Muhammad SAW, pernah ditanya tentang keutamaan shalat Tarawih di bulan Ramadhan.

{/INSERTKEYS}

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

Kemudian beliau menjawab tentang nilai-nilai sholat Tarawih. "Pada Malam ketujuh, Bagi yang melaksanakan Sholat Tarawih seakan-akan menemui zaman Nabi Musa dan menolongnya dari serangan bala tentara Fir'aun dan Haman," Untuk lebih lengkapnya, berikut ganjaran sholat tarawih di 30 malam Ramadhan : - Keutamaan Shalat Tarawih Pada malam pertama, keluarlah dosa orang mukmin (yang melakukan sholat Tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia didunia.

- Pada malam kedua, Orang yang melaksanakan Sholat Tarawih akan diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.

• Lafal Bacaan Doa Kamilin Arab dan Latin, Doa yang Dibaca Setelah Menjalankan Salat Tarawih - Pada malam ketiga, Para Malaikat menyeru dari bawah ‘Arsy: “mulailah untuk melakukan amal kebajikan, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu”.
.

• News • Nasional • Internasional • Megapolitan • Finance • Keuangan • Makro • Bisnis • Sport • Soccer • All Sport • Lifestyle • Music • Film • Health • Seleb • Muslim • Travel • Otomotif • Techno • Multimedia • Video • Photo • Infografis • Indeks • Daerah • Aceh • Sumut • Sumsel • Jabar • Jateng • Yogya • Jatim • Bali • Kalbar • Sulsel • Babel • Lampung • Maluku • Papua • Sumbar • NTB • Sulut • Kalteng • Kalsel • Kaltim • Regional • • BACA JUGA: Tata Cara Sholat Tahajud 2, 4 Rakaat Lengkap Bacaan Niat, Doa, Waktu, Keutamaan سُمِّيَتِ الصَّلَاةُ فِي الْجَمَاعَةِ فِي لَيَالِي رَمَضَانَ التَّرَاوِيحَ لِأَنَّهُمْ أَوَّلَ مَا اجْتَمَعُوْا عَلَيْهَا كَانُوا يَسْتَرِيحُوْنَ بَيْنَ كُلِّ تَسْلِيمَتَيْنِ.

Artinya: Shalat jamaah yang dilaksanakan pada setiap malam bulan Ramadhan dinamai Tarawih karena para sahabat pertama kali melaksanakannya, beristirahat pada setiap dua kali salam.

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

BACA JUGA: Bacaan Bilal Tarawih dan Witir 23 Rakaat, Arab, Latin, Arti Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan jumlah rakaat shalat tarawih. Ulama salaf 4 madzhab hampir sepakat bahwa sholat tarawih itu 20 rakaat dan Witi 3 rakaat. Waktu pelaksanaan shalat Tarawih dimulai setelah sholat Isya, berakhir sampai terbit fajar.

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

Bagi yang belum melaksanakan shalat Isya, tidak diperkenankan melakukan shalat Tarawih. Bahkan shalat Tarawihnya menjadi tidak sah. Keutamaan Sholat Tarawih Ada dua hadits yang masyhur berkaitan dengan keutamaan shalat tarawih, yaitu:Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosadosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Hadits kedua: “Siapa saja yang ikut shalat tarawih berjemaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti shalat semalam suntuk.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi) Selain disebutkan kedua hadits di atas, dalam Kitab Durrotun Nashihin sebagaimana dilansir dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB disebutkan 30 keutamaan sholat tarawih di Bulan Ramadhan.

Berikut keutamaan sholat tarawih hari ke 1-30 di Bulan Ramadhan 1. Malam pertama, Keluarnya Dosa Orang Mukmin عن على بن ابى طالب رضى الله تعالى عنه انه قال سئل النبى عليه الصلاة والسلام عن فضائل التراويح فى شهر رمضان فقال يخرج المؤمن من ذنبه فى اول ليلة كيوم ولدته امه Diriwayatkan dari Ali bin Abi Tholib Radhiallahu Anhu, bahwa sesungguhnya Ali berkata : Nabi SAW ditanya tentang keutamaan tarawih di Bulan Ramadan.

Maka Nabi SAW menjawab : "pada malam pertama keluarlah dosa orang mukmin (yang melakukan tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia 2.

keutamaan sholat tarawih malam ke 7

Malam ke-2, Diampuni dosa kedua orang tua وفى الليلة الثانية يغفر له ولأبويه ان كان مؤمنين Pada malam yang ke 2, orang yang sholat tarawih akan diampuni dosanya dan dosa ke-2 orang tuanya jika keduanya mukmin 3. Malam ke-3, Diampuni Allah وفى الليلة الثالثة ينادي ملك من تحت العرش استأنف العمل غفر الله ما تقدم من ذنبك Pada malam yang ke 3, malaikat di bawah arasy berseru mulailah melakukan amal kebaikan (sholat tarawih) maka Allah akan mengampuni dosamu.
Memang benar, shalat tarawih itu berpahala besar dan Ramadhan bulan pernuh berkah dan magfirah.

Tapi umat Islam harus senantiasa berpegang kepada Al-Quran dan Sunnah (Hadits Shahih). Hadits tentang 30 Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan yang bisa ditemui dalam Kitab Durratun Nashihin itu berunyi sebagai berikut: Dari Ali bin Abi Thalib berkata: “Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang keutamaan (shalat) Tarawih di bulan Ramadhan lalu beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata: Di malam ke-1: Dosa-dosa orang yang beriman keluar darinya pada malam pertama seperti hari dilahirkan ibunya.

Di malam ke-2: Dirinya diampuni juga (dosa) kedua orang tuannya jika keduanya beriman. Di malam ke-3: Malaikat memanggil dari bawah ‘Arsy: ‘Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang lalu!’ Di malam ke-4: Baginya pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur dan Al Furqan (Al Qur’an).

Di malam ke-5: Allah memberinya pahala seperti orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah, dan Masjid Aqsha. Di malam ke-6: Allah memberinya pahala seperti orang yang melakukan thawaf mengelilingi Baitul Makmur dan bebatuan pun memohonkan ampunan baginya. Di malam ke-7: Seakan-akan dia bertemu Musa as dan kemenangannya atas firaun dan Haman. Di malam ke-8: Allah memberikan kepadanya seperti apa yang telah diberikan-Nya kepada Ibrahim ‘Alaihis Salam.

Di malam ke-9: Seakan-akan dia beribadah kepada Allah seperti ibadahnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di malam ke-10: Allah memberikan rezeki kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.

Di malam ke-11: Dirinya keluar dari dunia seperti hari kelahirannya dari rahim keutamaan sholat tarawih malam ke 7. Di malam ke-12: Pada hari kiamat dirinya akan datang seperti bulan di malam purnama.

Di malam ke-13: Pada hari kiamat dia akan datang dengan keamanan dari segala keburukan. Di malam ke-14: Malaikat datang untuk menyaksikannya shalat taraweh dan keutamaan sholat tarawih malam ke 7 Allah tidak akan menghisabnya pada hari kiamat. Di malam ke-15: Para malaikat dan para malaikat pembawa Arsy dan kursi bershalawat kepadanya. Di malam ke-16: Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan baginya kebebasan dari api neraka dan dimasukan ke surga. Di malam ke-17: Diberikan pahala seperti pahala para Nabi.

Di malam ke-18: Para malaikat memanggil, ‘Wahai Abdullah, sesungguhnya Allah telah meridhaimu dan meridhai kedua orang tuamu.’ Di malam ke-19: Allah mengangkat derajatnya di surga Firdaus.

Di malam ke-20: Dia diberikan pahala para syuhada dan orang-orang shaleh. Di malam ke-21: Allah membangunkan baginya sebuah rumah dari cahaya di surga.

Di malam ke-22: Pada hari kiamat ia akan datang dengan rasa aman dari semua kesulitan dan kecemasan. Di malam ke-23: Allah membangun baginya sebuah kota di surga. Di malam ke-24: Dikatakan kepadanya, ‘Ada 24 doa yang dikabulkan.’ Di malam ke-25: Allah mengangkat siksa kubur darinya. Di malam ke-26: Allah mengangkatnya seperti pahala 40 ulama.

Di malam ke-27: Pada hari kiamat ia akan melintasi Shirathul Mustaqim bagai kilat yang menyambar. Di malam ke-28: Allah mengangkatnya 1000 derajat di surga. Di malam ke-29: Allah memberikan ganjaran baginya 1000 hujjah (argumentasi) yang dapat diterima. Di malam ke-30: Allah berfirman: Wahai hamba-Ku makanlah dari buah-buahan surga dan mandilah dari air Salsabila.” Status Hadits Lembaga fatwa Arab Saudi, Al Lajnah Ad Daimah Li al Buhuts Al Ilmiyah wa Al Ifta dalam fatwanya nomor 8050 menyebutkan bahwa hadits tersebut tidak memiliki landasan dan termasuk dalam hadits-hadits dusta terhadap Rasulullah Saw.

DR. Lutfi Fathullah, penulis disertasi Tahqiq Kitab Durratun Nashihin mengatakan: “Ada sekitar 30 persen hadits palsu dalam kitab Durratun Nashihin. Di antaranya adalah hadits tentang fadhilah atau keutaman shalat tarawih, (yaitu) dari Ali Radhiallahu ‘Anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaih wa sallam ditanya tentang keutamaan shalat tarawih, (lalu beliau bersabda) malam pertama pahalanya sekian, malam kedua sekian, dan sampai malam ketiga puluh.Hadits tersebut tidak masuk akal.

Selain itu, jika seseorang mencari hadits tersebut di kitab-kitab referensi hadits, niscaya tidak akan menemukannya.”




2022 www.videocon.com