Sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

Penjelasan: Jenis patung berdasarkan fungsinya Patung Monumen (Patung Memorial), merupakan patung yang berfungsi sebagai peringatan terhadap seorang tokoh atau suatu peristiwa sejarah. Patung sebagai Lambang Pemujaan (Sakral), merupakan patung yang digunakan sebagai lambang pemujaan dalam acara keagamaan atau sebagai media peribadatan. Patung Miniatur, merupakan patung tiruan suatu bangunan atau arca dalam ukuran kecil.

Patung Dekorasi, merupakan patung yang berfungsi untuk keindahan (menghias) didalam maupun di luar ruangan. Jawaban: Jenis patung berdasarkan fungsinya Patung Monumen (Patung Memorial), merupakan patung yang berfungsi sebagai peringatan terhadap seorang tokoh atau suatu peristiwa sejarah. Patung sebagai Lambang Pemujaan (Sakral), merupakan patung yang digunakan sebagai lambang pemujaan dalam acara keagamaan atau sebagai media peribadatan.

Patung Miniatur, merupakan patung tiruan suatu bangunan atau arca dalam ukuran kecil. Patung Dekorasi, merupakan patung yang berfungsi untuk keindahan (menghias) didalam maupun di luar ruangan. 1. Ssbutkan macam - macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan ! 2. Sebutkan 2 daerah di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil kerajinan patung !

3. Sebutkan bahan yang dapat digunakan untuk membuat plastisin mainan ! 4. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk mewarnai patung ! 5. Sebutkan 3 contoh tarian yang kalian ketahui ! BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU MI NU THORIQOTUS SA’DIYAH PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Nama : . Mata Pelajaran : BAHASA JAWA Hari / Tanggal : . Waktu : 30 Menit Kelas : VI (Enam I.

Wenehono tanda ping (X) aksara a,b,c utowo d ing sak ngarepe wangsulan kang bener ! 1. Joko mangan sate karo kancane, ukoro iki kelebu basa ….

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

a. ngoko lugu b.

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

ngoko alus c. kromo lugu d. kromo alus 2. Pak guru kondur saking madrasah nitih sepeda motor, ukoro iki kelebu basa …. a. ngoko lugu b. ngoko alus c. kromo lugu d. kromo alus 3. Basa kang wujud tembung - tembunge arupa tembung kromo ora kecampuran ngoko, utowo kromo inggil. Dene ater - ater lan panambange ugo kromo diarani basa …. 4. Ukoro ing ngisor iki kang ora migunaake ngoko lugu yoiku …. a. aku arep lungo mancing, Man ! b. kuwe wes adus opo durung ?

c. bapak tindak Kudus nitih mobil d. anita lagi mangan sate ojek 5. Tembung kang ono gegayutane karo prastowo budaya yoiku …. 6. Prastawa sedekah bumi kelebu prastawa bidang …. 7. Reyog Ponorogo iku asale soko provinsi …. a. Jawa Tengah b. Jawa Timur c. Jawa Barat d. Yogyakarta 8. Raden Gathotkaca iku anake …. 9. Raden Gathotkaca duweni garwa kang asmane …. 10. Ringgit purwo iku basa ngokone wayang …. 11.

Raden Gahtokaca iku satriya kang biso mabur tanpo elar. Tegese elar yoiku …. a. tangan b. sikil c. suwiwi d. gulu 12. Tulodho pekerti kang becik yoiku …. 13. Amarga bijine apik, Ahmad diwenehi bebungah. Bebungah tegese ….

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

14. Ibu mundut jeruk sejinah.

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

Tembung sejinah tegese …. • Company About Us Scholarships Sitemap Q&A Archive Standardized Tests Education Summit • Get Course Hero iOS Android Chrome Extension Educators Tutors • Careers Leadership Careers Campus Rep Program • Help Contact Us FAQ Feedback • Legal Copyright Policy Academic Integrity Our Honor Code Privacy Policy Terms of Use Attributions • Connect with Us College Life Facebook Twitter LinkedIn YouTube Instagram
Jawaban: Jenis patung berdasarkan fungsinya Patung Monumen (Patung Memorial), merupakan patung yang berfungsi sebagai peringatan terhadap seorang tokoh atau suatu peristiwa sejarah.

Patung sebagai Lambang Pemujaan (Sakral), merupakan patung yang digunakan sebagai lambang pemujaan dalam acara keagamaan atau sebagai media peribadatan. Patung Miniatur, merupakan patung tiruan suatu bangunan atau arca dalam ukuran kecil. Patung Dekorasi, merupakan patung yang berfungsi untuk keindahan (menghias) didalam maupun di luar ruangan.

1.hasil susunan dari suatu aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu disebut a.motif c.pola ragam hias b.sulur-suluran d.ilustrasi 2.alat ya … ng digunakan untuk pemberian warna pada media kayu, batu ,keramik dan logam yaitu. a.pahat c.kuas b.politur d.masker 3. proses memindahkan motif/ garis ke benda kerja pada teknik ukir disebut. a.bukaki c.gethaki b.dasari d.benangi 4. proses membentuk pahat pada motif batang, daun,dan bunga disebut.

a.cawen c.mbabari b.benangi d.bukaki 5. jenis kerajinan ukir yang baik menggunakan bahan jenis kayu. a.kalimantan c.randu b.cendana d.jati Sebutkan 5 macam seni patung berdasarkan fungsinya ? Patung Arsitektur Patung ini ialah patung yang mempunyai sebuah nilai keindahan estetika yang melekat padanya.

Patung ini biasa difungsikan sebagai konstruksi dalam suatu bangunan Patung dekorasi Ini adalah jenis patung yang dapat difungsikan sebagai dekorasi suatu ruangan atau taman sehingga tampak dan akan terlihat lebih indah jika patung ini diletakkan didalamnya. Patung ini juga digunakan untuk sebagai penghias sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan bangunan. Bangunan yang bergaya romawi biasanya menggunakan patung sebagai penghias bangunannya Patung seni Ini adalah jenis patung yang digunakan untuk tujuan keindahan estetika.

Patung ini adalah karya murni yang dibuat yang ditujukan untuk diamati keindahan sert abentuknya. Banyak sekali patung-patung seni yang dijual di berbagai took kerajinan patung.

Patung kerajinan Ini ialah patung yang berasal dari hasil kerja. Hasil patung ini diperoleh dari para pengrajin patung. Patung ini bersifat konsumerisme yang artinya dikonsumsi untuk manusia sebagai hiasan baik didalam rumah ataupun taman. Patung monumen Patung ini bisa dibilang bersifat sacral. Karena yang menjadi objek dari pembuatan patung ini adalah para pahwalan kemerdekaan.

Patung ini dibuat dengan tujuan untuk memperingati pahlawan pejuang bangsa dan untuk mengingatkan kita aan jasa-jasanya ayng bersejarah.
ANTARA FOTO/NYOMAN HENDRA WIBOWOPetugas membersihkan area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang sepi pengunjung di Badung, Bali, Sabtu (21/3/2020). Pemprov Bali mengeluarkan seruan untuk menutup sementara kegiatan kunjungan di obyek wisata di seluruh Bali sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 atau Virus Corona.

KOMPAS.com - Patung merupakan salah satu contoh karya seni murni. Patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi atau volume, yang memungkinkan orang untuk menikmatinya dari berbagai arah. Awalnya pembuatan patung hanya dilakukan dengan meniru bentuk manusia atau binatang. Namun, seiring berjalannya waktu patung juga dibuat dalam berbagai bentuk. Menurut Elyandra Widharta dalam buku Pengetahuan Seni Rupa Indonesia (Edisi Revisi) (2018), pada umumnya patung terbuat dari hasil pahatan dengan objek tertentu sebagai medianya, seperti sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan, kayu, ataupun logam.

Umumnya, patung dibuat untuk menampilkan sisi keindahan serta memuaskan batin penikmatnya. Dalam proses pembuatan patung, diperlukan ketelitian dan jiwa seni yang kuat. Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), patung berdasarkan fungsinya dapat dibedakan menjadi enam jenis, yakni: Patung religi atau patung keagamaan Patung ini digunakan sebagai sarana peribadatan ataupun pemujaan dalam acara keagamaan tertentu.

Patung ini memiliki makna religius bagi masyarakat. Ditinjau dari fungsinya, patung yang dibuat untuk keperluan peribadatan mempunyai manfaat sakral. Patung religi mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya Patung Buddha Tidur di Mojokerto serta Patung Bunda Maria Assumpta di Ambarawa. Baca juga: Ciri-Ciri dan Jenis Patung Patung arsitektur Patung ini sangat kental dengan nilai keindahannya.

Patung arsitektur biasanya digunakan sebagai penunjang konstruksi bangunan. Patung arsitektur bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya patung yang ada dalam komplek Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
1. Ssbutkan macam - macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan ! 2. Sebutkan 2 daerah di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil kerajinan patung ! 3. Sebutkan bahan yang dapat digunakan untuk membuat plastisin mainan ! 4. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk mewarnai patung !

5. Sebutkan 3 contoh tarian yang kalian ketahui ! BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU MI NU THORIQOTUS SA’DIYAH PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Nama : . Mata Pelajaran : BAHASA JAWA Hari / Tanggal : . Waktu : 30 Menit Kelas : VI (Enam I.

Wenehono tanda ping (X) aksara a,b,c utowo d ing sak ngarepe wangsulan kang bener ! 1. Joko mangan sate karo kancane, ukoro iki kelebu basa …. a. ngoko lugu b. ngoko alus c. kromo lugu d. kromo alus 2. Pak guru kondur saking madrasah nitih sepeda motor, ukoro iki kelebu basa …. a. ngoko lugu b. ngoko alus c. kromo lugu d. kromo alus 3. Basa sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan wujud tembung - tembunge arupa tembung kromo ora kecampuran ngoko, utowo kromo inggil.

Dene ater - ater lan panambange ugo kromo diarani basa …. 4. Ukoro ing ngisor iki kang ora migunaake ngoko lugu yoiku …. a. aku arep lungo mancing, Man ! b. kuwe wes adus opo durung ? c. bapak tindak Kudus nitih mobil d.

anita lagi mangan sate ojek 5. Tembung kang ono gegayutane karo prastowo budaya yoiku …. 6. Prastawa sedekah bumi kelebu prastawa bidang …. 7. Reyog Ponorogo iku asale soko provinsi …. a. Jawa Tengah b. Jawa Timur c. Jawa Barat d. Yogyakarta 8. Raden Gathotkaca iku anake …. 9. Raden Gathotkaca duweni garwa kang asmane …. 10. Ringgit purwo iku basa ngokone wayang ….

11. Raden Gahtokaca iku satriya kang biso mabur tanpo elar. Tegese elar yoiku …. a. tangan b. sikil c. suwiwi d. gulu 12. Tulodho pekerti kang becik yoiku …. 13. Amarga bijine apik, Ahmad diwenehi bebungah. Bebungah tegese …. 14. Ibu mundut jeruk sejinah. Tembung sejinah tegese …. • Company About Us Scholarships Sitemap Q&A Archive Standardized Tests Education Summit • Get Course Hero iOS Android Chrome Extension Educators Tutors • Careers Leadership Careers Campus Rep Program • Help Contact Us FAQ Feedback • Legal Copyright Policy Academic Integrity Our Honor Code Privacy Policy Terms of Use Attributions • Connect with Us College Life Facebook Twitter LinkedIn YouTube InstagramJenis-jenis patung – Patung merupakan salah satu hasil kesenian dari cabang seni rupa.

Patung merupakan wujud seni rupa 3 dimensi yang bisa dilihat dan diraba secara visual. Dalam ilmu seni rupa, terdapat beberapa macam-macam patung yang bisa dibedakan berdasarkan bentuk, jenis atau fungsinya.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya. Patung termasuk salah satu hasil cabang seni rupa 3 dimensi yang memiliki dimensi tinggi, lebar, dan panjang. Untuk membuat patung bukanlah hal mudah. Seorang seniman sejati memiliki teknik membuat patung yang rumit dan khas.

Yang paling umum digunakan adalah teknik pahat, namun bisa juga membuat patung dengan teknik lain seperti teknik merakit, teknik butsir atau teknik cor. Patung juga memiliki klasifikasi jenis-jenis tersendiri, baik menurut bentuknya, menurut jenisnya atau menurut fungsinya.

Misalnya jika diklasifikasikan berdasarkan fungsinya, ada beberapa jenis patung seperti patung monumen, patung dekorasi, patung kerajinan atau patung religi.

(baca juga fungsi seni rupa) Jenis-Jenis Patung Berikut akan dibahas apa saja macam-macam patung berdasarkan bentuk, jenis, dan fungsinya lengkap. Jenis Patung Berdasarkan Bentuknya Terdapat 2 (dua) jenis patung berdasarkan bentuknya, yakni patung figuratif dan patung non-figuratif. 1. Figuratif Patung non-figuratif merupakan jenis patung yang bentuknya tidak menyerupai bentuk dalam kehidupan nyata.

Biasanya patung non-figuratif ini hanyalah menampilkan garis, lekukan atau bagian tertentu dari suatu objek sehingga tidak menyerupai bentuk asli dalam kehidupan nyata.

Jenis Patung Berdasarkan Jenisnya Terdapat 2 (dua) jenis patung berdasarkan jenisnya, yakni patung zonde bosse dan patung relief. 1. Zonde Bosse Patung relief adalah salah satu jenis patung yang menempel pada permukaan dinding.

Biasanya patung jenis relief ini menceritakan adegan penting yang terdapat dalam suatu sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan di zaman dahulu. Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya Terdapat 6 (enam) jenis patung berdasarkan jenisnya, yakni patung dekorasi, patung monumen, patung kerajinan, patung arsitektur, patung seni dan patung religi.

1. Patung Dekorasi Patung dekorasi adalah jenis patung yang dibuat dengan tujuan untuk menghias atau mendekorasi bangunan atau lingkungan taman. Jenis patung ini akan memberikan kesan indah dari suatu ruangan atau lingkungan eksterior.

2. Patung Monumen Patung monumen adalah jenis patung yang dibuat untuk memperingati suatu peristiwa bersejarah di masa lampau. Patung ini juga penting dan bisa digunakan untuk mengapresiasi dan mengenang jasa tokoh atau pahlawan. 3. Patung Kerajinan Patung kerajinan adalah jenis patung yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Nantinya jenis patung ini akan menghasilkan nilai jual untuk berbagai kebutuhan yang secara umum tidak spesifik. 4. Patung Arsitektur Patung arsitektur adalah jenis patung yang dibentuk untuk keperluan konstruksi bangunan dalam ilmu arsitektur. Patung ini penting untuk menunjang dan melengkapi sebuah kontruksi bangunan sehingga lebih terpadu dan harmonis dengan adanya desain arsitektur yang dirancang. 5. Patung Seni Patung seni adalah jenis patung yang dibuat hanya untuk kepentingan estetis saja.

Jenis patung ini termasuk seni murni yang estetis dan bisa menjadi eskperimental dari bentuknya, serta tidak memiliki nilai guna yang pasti.

6. Patung Religi Patung religi adalah jenis patung yang dibuat untuk keperluan agama dan religi. Hal ini banyak dijumpai pada kepercayaan zaman dahulu yang berkaitan erat dengan patung yang dianggap memiliki kekuatan mistis.

Teknik Pembuatan Patung Terdapat beberapa teknik seni patung untuk bisa membuat patung sesuai yang diinginkan. Berikut merupakan 6 teknik pembuatan patung secara umum. 1. Teknik Pahat Teknik pahat adalah salah satu teknik membuat patung dengan diaplikasikan pada bahan dengan tekstur keras, seperti kayu, batu, tanah liat, tulang, yang dipahat untuk mengurangi dan membuat bentuk patung yang diinginkan.

2. Teknik Merakit Teknik merakit merupakan teknik membuat patung yang menyerupai teknik menyusun puzzle, yaitu dengan cara merakit bahan, kemudian menyusunnya menjadi satu bagian utuh berbentuk patung yang diinginkan. 3. Teknik Membentuk Teknik membentuk patung dilakukan secara bertahap satu per satu sampai patung selesai.

Teknik ini membutuhkan ketelitian yang baik dari seniman, sehingga hasil kualitas patung ini sangatlah tinggi. 4. Teknik Butsir Teknik butsir adalah salah satu teknik pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam dan bahan lain sehingga tercipta karya patung yang memiliki nilai estetika.

5. Teknik Modeling Teknik modeling pada pembuatan patung dilakukan dengan cara membuat model terlebih dahulu, jika sudah selesai, maka setelah itu akan dibentuk patung sebenarnya sesuai model tersebut.

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

6. Teknik Cor Teknik cor pada pembuatan patung dilakukan dengan cara mencairkan bahan, kemudian dituangkan ke dalam alat cetak dan ditunggu sampai mengeras kembali. Teknik ini cukup sering digunakan dalam membuat patung. Nah itulah referensi jenis-jenis patung berdasarkan bentuk, jenis, dan fungsinya beserta contohnya lengkap.

Ada banyak bentuk-bentuk patung, dimana tiap jenisnya memiliki teknik pembuatan seni patung yang berbeda-beda pula. Artikel Terbaru • 50+ Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Nama Latinnya [Lengkap] • 30+ Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Pengertiannya • 4+ Fungsi Sosiologi Bagi Masyarakat Beserta Peran dan Manfaatnya • Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Para Ahli & Secara Umum • 8+ Unsur Intrinsik Novel Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap] Artikel Pilihan
Jenis – jenis Patung – Siapa sih yang tidak tahu patung?

Benda dengan bentuk menyerupai makhluk hidup atau benda lain yang seringkali ditemui di berbagai tempat. Misalnya ketika ke museum, kita akan melihat jenis patung yang menyerupai pahlawan. Ketika ke gereja kita akan melihat patung Tuhan Yesus. Atau di beberapa kota, patung dijadikan simbol selamat datang bagi para masyarakat yang masuk ke kota tersebut.

Table of Contents • Pengertian Patung • Anda Mungkin Juga Menyukai • Jenis-Jenis Patung • Jenis Patung Berdasarkan Bentuknya • 1. Figuratif • 2. Non-Figuratif • Bentuk-Bentuk Patung dan Contoh Patung • a. Free Standing • b. Zonde • c. Torso • d. Boss / Sedada • e. Kepala • Jenis Patung Berdasarkan Jenisnya • 1. Zonde Bosse • 2. Relief • 6 Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya • 1. Patung Religi • 2. Patung Hiasan • 3. Patung Arsitektur • 4. Patung Kerajinan • 5. Patung Monumental • 6.

Patung Seni • Jenis-Jenis Corak Patung • a. Corak Imitatif • b. Corak Deformatif • c. Corak Non-Figuratif / Abstrak • Fungsi Seni Patung • 1.

Patung Sebagai Monumen • 2. Patung Sebagai Dekorasi • 3. Patung Sebagai Kerajinan • 4. Patung Arsitektur • 5.

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

Patung Seni (fine art) • 6. Patung Religi • Bahan-bahan yang Digunakan Untuk Membuat Patung • a. Bahan Lunak • b. Bahan Sedang • c. Bahan Keras • Teknik Membuat Seni Patung • a. Teknik Pahat • b.

Teknik Membentuk • c. Teknik Merakit • d. Teknik Modeling • e. Teknik Butsir • f. Teknik Cor Pengertian Patung Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, patung merupakan sebuah benda yang secara sengaja diciptakan dan dipahat meniru bentuk makhluk hidup, baik itu manusia maupun hewan. Sementara itu, menurut Mikke Susanto patung adalah sebuah hasil karya tiga dimensi yang dibuat menggunakan teknik mengurangi bahan atau dibuat modelnya terlebih dulu.

Kemudian dilanjutkan dengan teknik cetak atau cor. Ada beberapa jenis patung yang ada di Indonesia. Hal tersebut dibedakan dari bentuk, ukuran, fungsi, serta proses pembuatannya.

Misalnya, ada patung yang terbuat dari kayu, semen, tanah liat, hingga bahan yang keras seperti batu ataupun logam. Patung adalah salah satu bentuk kesenian dari cabang seni rupa.

Patung adalah wujud dari seni rupa tiga dimensi yang bisa kita lihat secara visual dan bisa kita raba. Menurut ilmu seni rupa, ada beberapa macam patung yang dibedakan berdasarkan fungsinya, bentuknya, jenisnya, dan lain-lain.

Rp 79.000 Untuk membuat sebuah patung bukanlah hal yang mudah dilakukan. Seniman sejati tentu akan mempunyai teknik yang khas untuk membuat sebuah patung. Umumnya, teknik yang digunakan oleh para seniman yaitu teknik pahat. Akan tetapi, seorang seniman juga bisa membuat patung sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan teknik lainnya seperti teknik butsir, teknik merakit, atau sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan cor.

Jenis patung juga mempunyai klasifikasinya tersendiri. Mulai dari berdasarkan bentuknya dan berdasarkan jenis maupun fungsinya. Contohnya apabila jenis patung diklasifikasikan berdasarkan fungsinya. Maka akan ada beberapa jenis patung antara lain, patung kerajinan, patung properti atau dekorasi, dan juga patung religi.

Jenis-Jenis Patung Berikut adalah pembahasan mengenai apa saja macam-macam patung berdasarkan bentuk, jenis, serta fungsinya secara lengkap. Jenis Patung Berdasarkan Bentuknya Berdasarkan bentuknya patung memiliki 2 (dua) jenis, yaitu patung figuratif dan patung non-figuratif. 1. Figuratif Patung figuratif adalah salah satu jenis patung yang dibentuk dengan cara meniru bentuk aslinya yang ada dalam kehidupan nyata.

Jenis patung ini dibentuk melalui sebuah proses peniruan dari bentuk asli yang terdapat pada kehidupan nyata, contohnya patung yang serupa dengan bentuk hewan, manusia sampai tumbuhan. 2. Non-Figuratif Patung non-figuratif adalah jenis patung yang memiliki bentuk tidak serupa dengan bentuk yang ada pada kehidupan nyata.

Pada umumnya patung non-figuratif ini hanyalah sebuah patung yang menyajikan garis, lekukan atau bagian tertentu dari suatu objek. Oleh karena itu patung tersebut tidak menyerupai bentuk asli dari kehidupan nyata. Bentuk-Bentuk Patung dan Contoh Patung Dibawah ini terdapat beberapa bentuk dari patung beserta contoh patung yang perlu kamu kenalinya, diantaranya adalah sebagai berikut: a.

Free Standing Free Standing adalah salah satu dari seni patung yang menampilkan hampir dari keseluruhan bagian tubuh secara lengkap. Selain itu, patung ini memiliki posisi tegak berdiri. Dari situlah patung ini disebut sebagai patung free standing. b. Zonde Zonde adalah salah satu dari seni patung yang menampilkan hampir dari keseluruhan bagian pada tubuh.

Patung ini memiliki kemiripan dengan patung free standing, hanya saja patung zonde mempunyai posisi tidak berdiri. Akan tetapi berposisi tiarap, duduk, dan lainnya. c. Torso Torso adalah salah satu dari seni patung yang pada umumnya hanya menampilkan setengah dari bagian tubuhnya. Biasanya mulai dari bagian dada, kemudian pinggang, sampai dengan bagian pinggul. Sehingga patung ini tidak memiliki bagian kepala. d. Boss / Sedada Sedada atau Boss adalah salah satu dari seni patung yang menampilkan setengah dari bagian tubuhnya.

Terdiri dari bagian kepala sampai dengan bagian dada. e. Kepala Kepala adalah salah satu dari seni patung yang biasanya hanya menampilkan bagian kepala hingga bagian leher.

Jenis Patung Berdasarkan Jenisnya Berdasarkan jenisnya patung memiliki 2 (dua) jenis, yaitu patung zonde bosse dan patung relief.

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

1. Zonde Bosse Patung zonde bosse merupakan salah satu jenis patung yang mempunyai posisi berdiri sendiri atau tidak menempel pada bagian-bagian lainnya. Hal itu berarti bahwa patung ini tidak dapat menempel pada objek apa saja dan kanan kirinya lepas dengan objek lain.

2. Relief Patung relief merupakan salah satu jenis patung yang bisa menempel pada permukaan dinding. Pada umumnya jenis patung ini menggambarkan mengenai suatu adegan penting yang ada dalam cerita pada zaman dahulu. 6 Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya Tujuan utama dari proses pembuatan patung sangatlah berbeda-beda. Perbedaan itulah yang menjadikan jenis dari patung tersebut bervariasi. Dengan salah satunya yaitu patung dibuat dengan berdasarkan fungsi dari patung itu sendiri. Jenis patung ini merupakan jenis patung yang cukup banyak dibandingkan dengan jenis lainnya.

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

Total dari jenis patung itu berjumlah 6 jenis patung dan masing-masing patung tersebut telah ditemukannya di wilayah Indonesia. Nah apa saja itu?

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

Berikut penjelasan selengkapnya. 1. Patung Religi Patung religi, biasanya digunakan untuk keperluan agama, misalnya peribadatan atau pemujaan pada acara keagamaan. Patung ini memiliki makna religius bagi para pemeluk agama tertentu, sehingga setiap kegiatan pemujaan, masyarakat selalu melakukan di sekitaran patung religi tersebut.

Patung ini sudah cukup banyak jumlahnya, dan telah tersebar di wilayah Indonesia, sehingga tak heran jika patung religius mudah dijumpai. Salah satu contoh patung religius yang dapat dilihat keindahan yaitu patung Bunda Maria Assumpta yang letaknya berada di daerah Ambarawa, Jawa Tengah dan patung Buddha Tidur yang berada di daerah Mojokerto, Jawa Timur.

2. Patung Hiasan Patung selanjutnya yaitu patung hiasan, jenis patung dan fungsinya yakni untuk memberikan kesan indah dalam ruangan atau mempercantik halaman pada rumah. Sehingga patung ini biasa diletakkan di dalam ruangan atau luar ruangan, tergantung pada pemilik patung ingin meletakkannya dimana. Patung hiasan memiliki bentuk yang bervariasi, yakni manusia, binatang, dan lain sebagainya.

Bentuk itu semua sesuai dengan keinginan para pembuat patung maupun keinginan dari para konsumen. Patung ini tidak menjadi satu pada konstruksi bangunan, jadi apabila kamu menginginkannya, kamu dapat memesannya secara individu kepada para pengrajin. 3. Patung Arsitektur Patung arsitektur terkenal dengan keindahan dan estetika nya. Oleh karena itu banyak dari pecinta seni mencari parung jenis ini.

Pada umumnya patung ini mempunyai fungsi sebagai penunjang konstruksi dari sebuah bangunan. Maka tak heran jika di patung arsitektur sudah banyak dijumpainya. Patung arsitektur kerap kali dijumpai di tempat bersejarah yang memiliki konstruksi bangunan unik, misalnya bangunan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Kedua candi tersebut menyuguhkan keindahan patung arsitektur yang cukup menawan.

4. Patung Kerajinan Patung kerajinan juga merupakan salah satu patung yang disukai oleh masyarakat. Banyaknya jenis patung dan fungsinya, membuat patung kerajinan memiliki fungsi utama yaitu sebagai produk dagang. Jadi apabila kamu telah membuat patung, nantinya patung tersebut akan diperjualkan kepada para konsumen. Patung yang memiliki keunikan tersendiri akan dijual dengan harga yang cukup mahal.

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

5. Patung Monumental Sesuai dengan namanya, patung monumental mempunyai fungsi untuk mengenang para pahlawan yang telah berjasa kepada negara dan mengenang peristiwa-peristiwa bersejarah. Patung ini telah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia, sehingga sangat mudah ditemukannya. Salah satu contoh dari patung monumental yaitu patung Jenderal Sudirman yang terletak di Jakarta. 6. Patung Seni Jenis patung yang terakhir yaitu patung seni.

Patung ini adalah patung yang dibentuk dari hasil imajinasi seniman atau pegiat patung. Oleh karena itulah hasil patung ini bervariasi tidak sama semua.

Sebab imajinasi para pengrajin patung berubah-ubah. Patung seni dapat anda jumpai pada sebuah pameran seni atau acara tertentu. Jenis-Jenis Corak Patung Berikut adalah jenis dari corak patung, diantaranya yaitu sebagai berikut.

a. Corak Imitatif Corak imitatif merupakan hasil tiruan dari jenis makhluk hidup, misalnya hewan, tumbuhan, maupun manusia. Hasil dari patung ini hampir serupa dengan bentuk fisik dari obyek. Mulai dari segi proporsi, anatomi, dan lain sebagainya. b. Corak Deformatif Corak deformatif adalah corak patung dengan memiliki bentuk objek yang dirombak, serta diubah menjadi bentuk baru dari aslinya. c. Corak Non-Figuratif / Abstrak Corak Non-figuratif atau abstrak adalah corak yang menyimpang dari bentuk aslinya, serta dipengaruhi oleh aliran konstruksi.

Fungsi Seni Patung Beberapa fungsi seni patung antara lain: 1. Patung Sebagai Monumen Patung sebagai monumen berfungsi untuk mengenang jasa para pahlawan atau kelompok tertentu yang telah gugur. Contohnya mengenang para pahlawan yang berjasa di masing-masing negara dan memperingati momen bersejarahnya tersebut.

2. Patung Sebagai Dekorasi Fungsi patung sebagai dekorasi ini memiliki tujuan untuk memberi kesan keindahan dalam sebuah ruangan maupun di lingkungan eksteriornya. 3. Patung Sebagai Kerajinan Patung sebagai kerajinan, adalah patung yang dibentuk guna memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar dan menghasilkan nilai jual untuk berbagai kebutuhan secara umum atau tidak spesifik.

4. Patung Arsitektur Patung Arsitektur memiliki fungsi sebagai penunjang dan pelengkap sebuah konstruksi dalam sebuah bangunan yang sudah telah direncanakan dengan memakai desain arsitektur. Sehingga dapat menciptakan suasana yang harmonis dan lebih hidup. 5. Patung Seni (fine art) Patung Seni atau fine art, pada umumnya digunakan untuk kepentingan estetik.

Selain itu, patung ini juga dapat berubah menjadi eksperimental dari bentuknya (seni tidak selalu indah). 6. Patung Religi Patung religi biasanya dipakai oleh beberapa pemeluk agama guna memenuhi unsur kepercayaan atau keyakinan.

Maknanya yang religius tersebut dipakainya sebagai media atau sarana untuk peribadatan. Bahan-bahan yang Digunakan Untuk Membuat Patung Dalam membuat seni patung yang bernilai seni tinggi dan berkualitas, tentu akan membutuhkan bahan-bahan yang berkualitas pula. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat patung, yaitu: a. Bahan Lunak Bahan ini merupakan bahan untuk membuat patung yang memiliki tekstur lembut dan tergolong mudah untuk dibentuk.

Misalnya tanah liat, plastisin, sabun, dan juga clay. b. Bahan Sedang Bahan ini merupakan bahan yang memiliki tekstur tidak terlalu keras. Umumnya, bahan yang digunakan adalah kayu-kayu yang memiliki tekstur yang tidak keras, seperti kayu mahoni, kayu waru, kayu randu, dan lainnya. c. Bahan Keras Bahan keras adalah bahan yang memiliki tekstur seperti batu, kayu jati, dan lain nya. Teknik Membuat Seni Patung Dalam membuat sebuah patung, tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Sebab, seni patung memerlukan teknik khusus dalam pembuatannya.

Orang yang bisa menerapkan teknik tersebut adalah orang yang sudah berpengalaman atau sudah berkecimpung di dunia seni. Terdapat beberapa teknik dalam membuat patung yang bisa kamu pelajari dan gunakan. Berikut sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan beberapa teknik pembuatan seni patung.

a. Teknik Pahat Salah satu teknik pembuatan patung yang paling populer dan sering digunakan adalah teknik pahat. Teknik tersebut biasanya diterapkan pada bahan patung yang memiliki tekstur keras.

Misalnya pada batu, kayu, tulang, dan yang lainnya. Bahan tersebut nantinya akan di pahat sesuai dengan bentuk yang telah dirancang. b. Teknik Membentuk Teknik yang satu ini juga kerap digunakan oleh para pengrajin patung.

Dalam penggunaannya, teknik ini biasanya dilakukan secara bertahap sampai patung selesai. Seorang seniman yang menggunakan teknik ini biasanya adalah seniman yang sudah berpengalaman di bidang seni patung. Menggunakan teknik membentuk memang tergolong sulit, namun hasil akhirnya akan sangat berkualitas dan bernilai tinggi.

c. Teknik Merakit Teknik merakit merupakan salah satu teknik yang sangat berbeda dengan kedua teknik di atas. Proses pembuatan jenis patung dengan teknik ini hampir sama dengan teknik menyusun sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan puzzle. Jadi, seniman nantinya akan merakit bahan yang telah disiapkan. Kemudian bahan-bahan tersebut dirakit menjadi bagian yang utuh. Teknik ini tergolong ke dalam teknik yang cukup rumit. Sehingga masih sedikit seniman atau pengrajin yang menggunakannya.

d. Teknik Modeling Teknik modeling adalah teknik pembuatan patung yang prosesnya memakan waktu yang cukup lama.

Sebab, para pengrajin harus membuat model patungnya terlebih dulu. Kemudian setelah model patungnya selesai, maka pengrajin sudah bisa mulai membentuk patung yang sesuai dengan model yang sudah dibuat sebelumnya. Salah satu kunci agar patung yang dibuat berhasil, maka pembuatan modelnya harus benar-benar dilakukan dengan baik. e. Teknik Butsir Teknik butsir merupakan teknik pembuatan patung yang lebih sering dilakukan dengan menggunakan bahan yang bertekstur lunak.

Misalnya tanah liat, gips malam, dan bahan lainnya. Pembuatan patung yang menggunakan teknik butsir tergolong tidak sulit dan juga tidak memerlukan waktu yang lama. Sebab, bahan yang digunakan tidak bertekstur keras. Sehingga memudahkan pengrajin dalam membentuknya sesuai dengan jenis patung atau fungsinya. f.

sebutkan macam-macam patung yang dapat menjadi penghias ruangan

Teknik Cor Teknik cor merupakan teknik pembuatan patung yang dilakukan dengan cara mencairkan bahan yang akan digunakan. Setelah itu, bahan yang sudah dicairkan akan dituangkan ke dalam cetakan dan ditunggu hingga cairan tersebut mengeras kembali. Teknik cor tergolong sering digunakan oleh pengrajin dalam membuat sebuah patung, karena dianggap lebih mudah dan praktis. Itulah beberapa penjelasan mengenai berbagai jenis patung, bahan pembuatannya, hingga teknik membuat patung yang benar.

Untuk kamu yang kuliah di jurusan seni rupa, tentu teknik pembuatan patung nantinya akan kamu pelajari lebih dalam. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan artikel kali ini sebagai referensi belajar yang mudah dipahami. Dengan begitu, kamu akan mengeahui jenis-jenis patung berdasarkan bentuk dan juga fungsinya masing-masing. Recent Post • Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu Mei 6, 2022 • Cara Membuat Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik dan Benar Mei 6, 2022 • 8 Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis Mei 6, 2022 • Tips Membangkitkan Semangat Kerja & Penyebab Semangat Kerja Menurun Mei 6, 2022 • 70 Ucapan Selamat Idul Fitri Lengkap Mei 6, 2022 • Menu Sahur Enak, Mudah, dan Praktis Mei 6, 2022 • 5 Contoh Surat Pengunduran Diri Mei 6, 2022 • 11 Cara Menghilangkan Ngantuk Secara Efektif Mei 6, 2022 • Menghilangkan Bau Ketiak Secara Efektif Mei 6, 2022 • Rekomendasi Buku Hijrah Muslimah Mei 6, 2022

PEMBELAJARAN SBDP SUBTEMA 1 "Mengenal Karya Seni Patung"




2022 www.videocon.com