Pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

Pengertian Cermin Cekung Salah satu jenis cermin yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah cermin cekung. Cermin cekung adalah cermin yang bentuknya lengkung, di mana permukaan cermin yang memantulkan cahaya melengkung ke belakang.

Untuk mempermudah pemahaman anda, amati gambar cermin cekung di samping. Penggunaan Bila hendak mengamati kulit wajah anda lebih jelas dan detail, dekatkan wajah anda pada permukaan cermin cekung yang memantulkan cahaya hingga bayangan wajah anda tampak lebih besar dan pori kulit wajah dapat dilihat dengan jelas.

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

Bayangan wajah anda tampak lebih besar daripada wajah anda karena cermin memperbesar bayangan wajah, di mana hal ini terjadi ketika jarak wajah anda dari cermin lebih kecil daripada panjang fokus cermin.

Silahkan pelajari topik bayangan cermin cekung agar anda lebih memahami hal ini. Karena dapat memperbesar bayangan maka cermin biasanya digunakan oleh wanita untuk berdandan dan digunakan pria ketika bercukur. Cermin cekung juga digunakan pada lampu senter dan lampu depan mobil. Penggunaan cermin pada lampu senter, lampu depan mobil atau lampu sorot lainnya adalah untuk memparalelkan cahaya sehingga semua cahaya dapat bergerak lurus ke depan. Jika anda membuka kaca penutup depan lampu senter dan melepaskan cermin maka cahaya senter yang dihasilkan melebar ke semua arah dan tidak dapat menerangi benda atau permukaan jalan pada jarak jauh.

Prinsip kerja cermin pada lampu senter atau lampu depan mobil dijelaskan kemudian pada ulasan mengenai titik fokus cermin. Selain digunakan pada lampu senter atau lampu sorot lainnya, cermin juga digunakan pada pembangkit tenaga surya. Pada pembangkit listrik tenaga surya, cermin mengumpulkan cahaya matahari dan semua cahaya diarahkan menuju titik fokus cermin, di mana pada titik fokus cermin ditempatkan bejana.

Cahaya matahari digunakan untuk menguapkan air dalam bejana, di mana uap digunakan untuk menggerakan turbin pembangkit energi listrik. Titik Fokus Jika permukaan cermin yang memantulkan cahaya dihadapkan pada benda yang sangat jauh misalnya matahari, maka berkas cahaya yang dipancarkan matahari akan sejajar dengan sumbu utama cermin, sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah.

Sumbu utama adalah garis khayal yang tegak lurus dengan bagian tengah permukaan cermin. Pada gambar di bawah, garis sumbu utama berhimpit dengan titik potong semua sinar cahaya pantul.

Ketika menumbuk permukaan cermin, masing-masing berkas cahaya atau sinar cahaya mematuhi pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan pemantulan cahaya. Di antara sinar datang dan sinar pantul terdapat garis normal yang tegak lurus dengan permukaan cermin yang dilalui sinar cahaya, tetapi garis normal tidak digambarkan. Sudut antara sinar datang dengan garis normal sama dengan sudut antara sinar pantul dengan garis normal.

Berbeda dengan cermin datar yang mempunyai permukaan datar sehingga semua garis normal searah, pada cermin cekung garis normal tidak searah karena permukaan cermin melengkung dan tidak datar.

Semua sinar pantul tersebut berpotongan pada satu titik yang berhimpit dengan sumbu utama yang dinamakan titik fokus (F). Dengan kata lain, titik fokus merupakan titik bayangan dari benda yang berjarak sangat jauh dari permukaan cermin, misalnya matahari dan bintang. Berpedoman pada hukum pemantulan cahaya, arah berkas cahaya atau sinar cahaya dapat dibalik, berlawanan dengan gambar sebelumnya. Jika diandaikan sebuah sumber cahaya berada pada titik fokus cermin maka berkas cahaya yang dipancarkan benda tersebut mengenai permukaan cermin dan dipantulkan oleh permukaan cermin.

Arah berkas cahaya pantul sejajar atau paralel dengan sumbu utama cermin cekung. Ini adalah prinsip dasar dibalik penggunaan cermin pada lampu senter, lampu depan mobil atau lampu sorot lainnya, penggunaan cermin pada pembangkit listrik tenaga matahari Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa jika terdapat sumber cahaya yang berada di titik fokus cermin maka berkas cahaya yang dipancarkan benda tersebut dipantulkan oleh cermin di mana berkas cahaya pantul sejajar dengan sumbu utama cermin.

Sebaliknya apabila benda berada pada jarak sangat jauh maka bayangan benda tersebut berada di titik fokus cermin cekung. Jika benda berjarak sangat jauh mempunyai bayangan pada titik fokus, di manakah bayangan benda tersebut jika jarak benda dari permukaan cermin berhingga atau dekat ? Untuk memahami hal ini, silahkan pelajari topik bayangan cermin cekung dan untuk mempercepat pemahaman mengenai topik tersebut, pelajari terlebih dahulu sinar istimewa cermin cekung dan rumus cermin cekung.

Panjang Fokus Panjang fokus (f) adalah jarak antara titik fokus (F) dengan permukaan cermin cekung. Berikut ini dijelaskan cara menentukan panjang fokus cermin cekung menggunakan sebuah sinar datang dan sinar pantul. Titik C adalah titik pusat kelengkungan cermin cekung.

Panjang fokus cermin cekung adalah f (panjang fokus = f = FQ) dan jari-jari kelengkungan cermin cekung adalah r (jari-jari kelengkungan = r = CQ = CP). Sinar datang menumbuk cermin cekung di P lalu dipantulkan menuju titik fokus F. Garis putus-putus CP adalah garis normal. Sinar datang dan sinar pantul memenuhi hukum pemantulan cahaya di mana sudut datang (θ) sama dengan sudut pantul (θ) dan sudut ini sama dengan sudut segitiga PCQ (θ). Sudut segitiga PCQ sama dengan sudut segitiga CPF karenanya segitiga PFC merupakan segitiga sama sisi.

Karena segitiga PFC merupakan segitiga sama sisi maka panjang PF sama dengan panjang CF. Dengan menganggap lebar cermin lebih kecil daripada jari-jari kelengkungan cermin karenanya panjang PF dianggap sama dengan panjang FQ. Karena CF = PF dan PF = FQ maka CQ = 2 CF = 2 FQ. CQ = r = jari-jari kelengkungan cermin cekung dan FQ = f = pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan fokus cermin cekung.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jari-jari kelengkungan cermin cekung (r) = 2 ten panjang fokus (f) cermin cekung. Secara matematis : r = 2 f atau f = r / 2 Bayangan Cermin datar hanya dapat membentuk bayangan maya sedangkan cermin cekung dapat membentuk bayangan nyata dan bayangan maya.

Bayangan suatu benda bersifat nyata atau maya bergantung pada jarak benda tersebut dari permukaan cermin cekung dan mengenai hal ini sudah dijelaskan secara mendetail pada topik bayangan cermin cekung. Bayangan Nyata Suatu bayangan bersifat nyata jika berkas cahaya pantul atau sinar cahaya pantul melewati titik di mana bayangan tersebut berada. Bila diletakkan sebuah layar pada posisi di mana diperkirakan terdapat bayangan nyata maka akan tampak berkas cahaya pada layar tersebut dan berkas cahaya ini mempunyai bentuk seperti bentuk benda.

Adanya bayangan nyata yang dibentuk oleh cermin cekung merupakan alasan mengapa cermin cekung dimanfaatkan pada teleskop astronomi. Pada topik alat optik lensa, anda akan mengetahui bahwa kemampuan suatu lensa membentuk bayangan nyata melatarbelakangi pemanfaatan lensa tersebut pada alat optik teleskop. Bayangan Maya Suatu bayangan bersifat maya jika berkas cahaya pantul atau sinar cahaya pantul tidak melewati titik di mana bayangan tersebut berada.

Apabila diletakkan sebuah layar pada posisi di mana diperkirakan terdapat bayangan maya maka tidak tampak berkas cahaya pada layar tersebut. Bayangan yang bersifat maya/semu/palsu sebenarnya tidak ada pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan mata manusia melihat berkas cahaya bergerak dalam lintasan lurus sehingga terlihat seolah-olah cahaya bergerak lurus dari titik di mana bayangan tersebut berada.

Cermin Yang Digunakan Pada Proyektor Film Atau Senter Adalah Cermin Source: https://gurumuda.net/cermin-cekung.htm Terbaru • Cara Menghapus Pintasan Di Layar Utama Xiaomi • Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta • Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp • How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf • Lingkungan Ternak Ayam Cocok Gak Buat Rumah Tinggal • Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster • Panduan Ht Baofeng Uv 82 Bahasa Indonesia • Jelaskan Cara Mengubah Interval Nada D Mayor Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized anantakendek.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan membagikan kumpulan contoh soal materi cahaya dan alat optik dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPA kelas VIII revisi.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang kumpulan contoh soal materi cahaya dan alat optik dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPA. Gambar: freepik.com 1. Titik dekat yang dapat dilihat mata normal adalah . A. 20 cm B. 23 cm C. 25 cm D. 27 cm 2. Sifat bayangan pada cermin datar adalah. A. maya, tegak, diperbesar B. maya, tegak, sama besar C. maya, tegak, diperkecil D. nyata, terbalik, diperkecil 3.

Seseorang yang mempunyai penglihatan yang sehat, akan dapat melihat benda secara normal tanpa harus memerlukan alat bantu penglihatan. Berikut yang tidak termasuk cara untuk menjaga agar mata tetap sehat adalah . A. Menghindari melihat layar komputer / hp terlalu lama B. Makan buah-buahan dan sayuran C. Tidak langsung melihat cahaya yang terlalu terang D. Membaca buku dalam cahaya redup 4. Cacat mata yang tidak dapat melihat benda yang jaraknya dekat adalah.

A. miopi B. emetropi C. hipermetropi D. pesbiopi 5. Benda gelap adalah . A. benda yang tidak dapat meneruskan cahaya B. benda yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri C. benda yang dapat meneruskan cahaya D. benda yang dapat memancarkan cahaya 6. Kacamata berlensa cekung digunakan untuk membantu penderita. A. miopi B. emetropi C. hipermetropi D.

pesbiopi 7. Kemampuan lensa mata untuk menebal atau menipis sesuai dengan jarak benda yang dilihat disebut . A. pembiasan B. kekuatan lensa C. daya akomodasi D. indeks bias 8. Berikut yang bukan sifat cahaya adalah . A. Merambat lurus B. Dapat dipantulakn C. Merambat melalui medium D. Dapat dibiaskan 9. Titik dekat yang dapat dilihat mata normal adalah.

A. 20 cm B. 25 cm C. 27 cm D. 30 cm 10. Kemampuan lensa mata untuk menipis atau menebal sesuai dengan jarak benda yang dilihat disebut. A. pembiasan B. daya akomodasi C. kekuatan lensaa D. indeks bias 11. Pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan. A. cermin cekung B.

cermin cembung C. lensa cekung D. lensa cembung 12. Perhatikan gambar berikut! Benda terletak di depan cermin cekung f = 15 cm seperti gambar. Jika benda digeser sejauh 25 cm menjauhi cermin, terbentuk bayangan bersifat . A. Nyata, tegak, lebih kecil dari bayangan semula B. Maya, tegak, lebih besar dari bayangan semula C. Nyata, terbalik, lebih kecil dari bayangan semula D.

Maya, terbalik, lebih besar dari bayangan semula 13. Cacat mata yang tidak dapat melihat benda yang jaraknya dekat adalah. A. miopi B. emetropi C. hipermetropi D. pesbiopi 14. Sebuah benda berada 4 cm di depan cermin cekung yang menghasilkan bayangan 12 cm di belakang cermin cekung. Jika benda tersebut digeser 5 cm menjauhi cermin, maka sifat bayangan akhirnya adalah . A. Maya, tegak, diperbesar B.

Maya, tegak, diperkecil C. Nyata, terbalik, diperbesar D. Nyata, terbalik, diperkecil 15. Kacamata berlensa cekung digunakan untuk membantu penderita.

A. miopi B. emetropi C. hipermetropi D. pesbiopi 16. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Perenang terlihat lebih pendek dari aslinya 2) Pensil terlihat patah dalam air 3) Pada waktu panas terik jalanan seperti ada air 4) Dengan lup, benda terlihat lebih besar 5) Pada waktu hujan terjadi pelangi terbalik Terjadinya pembiasan dan pemantulan sempurna terjadi pada pernyataan nomor . A. 1 dan 3 B. 3 dan 5 C. 2 dan 4 D. 2 dan 5 17.

Bagian mata yang berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk adalah. A. iris B. lensa mata C. pupil D. retina 18. Perhatikan gambar berikut! Apabila benda digeser 15 cm mendekati lensa, maka jarak dan sifat bayangan yang baru menjadi .

A. 7,5 cm nyata, terbalik B. 7,5 cm maya, tegak C. 15 cm maya, tegak D. 26, 25 cm nyata, terbalik 19. Perhatikan pernyataan berikut ini! 1) Merambat lurus 2) Dapat dipantulkan dapat dibiaskan 3) Gelombang elektromagnetik Pernyataan di atas merupakan sifat. A. cahaya B. bunyi C. api D. air 20. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm. Agar ia dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah . A. 1/3 dioptri B.

3/4 dioptri C. 2/3 dioptri D. 4/3 dioptri 21. Pernyataan yang benar adalah. A. Pemantulan baur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti aspal, tembok dan kayu B. Pemantulan baur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang tidak rata, seperti cermin datar C. Pemantulan teratur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti aspal, tembok dan kayu D.

Pemantulan teratur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti cermin datar 22. Sebuah alat optik yang berguna untuk melihatbenda-benda yang jauh agar tampak lebih dekatdan jelas adalah . A. Lup B. Mata C. Teleskop D. Mikroskop 23. Berikut ini yang menjelaskan bahwa cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, yaitu.

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

A. gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan spektrum cahaya dan medan listrik secara periodik B. gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik C. gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan spektrum cahaya dan medan listrik secara periodik D. gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan spektrum cahaya dan radiasi secara periodik 24. Sebuah teropong bumi memiliki jarak titik fokus dari lensa pembalik = 2 cm, titik fokus lensa okuler = 2 cm sedangkan jarak titik fokus benda adalah 0,5 cm tentukan panjang dari teropong berikut .

A. 4.5 B. 5 C. 6 D. 10.5 25. Sebuah cermin cembung memilki jari-jari kelengkungan 40 cm. Jika benda diletakkan pada jarak 10 cm di depan cermin cembung, tentukan perbesaran bayangannya . A. 0,67 kali B.

0,57 kali C. 0,47 kali D. 0,37 kali 26. Berikut ini adalah sifat-sifat cahaya! 1. Cahaya dapat dipantulkan (refleksi) 2. Cahaya dapat dibiaskan (refraksi) 3.

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

Cahaya dapat dilenturkan (difraksi) 4. Cahaya memerlukan medium. 5. Cahaya dapat diuraikan (dispersi) 6. Kecepatan cahaya 300 m/s 7. Cahaya dapat digabungkan (interferensi) 8. Cahaya dapat dikutubkan (polarisasi) Sifat-sifat cahaya yang benar adalah . A. 1,2,3,4,5 dan 6 B. 1,2,4,5,7 dan 8 C. 1,2,4,6,7 dan 8 D. 1,2,3,5,7 dan 8 27. Sebuah benda diletakkan 5 cm di depan cermin cekung. Jika jarak focus cermin tersebut 3 cm. Hitunglah jarak bayangan yang dibentuk . A. 4,5 cm B. 5,5 cm C.

6,5 cm D. 7,5 cm 28. Perhatikan gambar berikut! Jika benda digeser 10 cm menjauhi lensa, maka bayangan yang terbentuk bersifat . A. Maya, tegak, diperbesar B. Nyata, terbalik, sama besar C. Nyata, terbalik, diperkecil D. Nyata, terbalik, diperbesar 29. Panjang fokus sebuah lensa cembung (lensa konvergen) 15 cm. Jika jarak benda dari lensa cembung adalah 5 cm, tentukan sifat bayangannya .

A. nyata, diperbesar, tegak dan bayangan ada di ruang III B. nyata, diperkecil, tegak dan bayangan ada di ruang I C. maya, diperbesar, tegak dan bayangan ada di ruang IV D. maya, diperkecil, terbalik dan bayangan ada di ruang II 30. Sebuah objek berada di depan sebuah lensa cembung sejauh 8 cm dan menghasilkan bayangan maya berjarak 12 cm. jika, benda tersebut digeser 20 cm menjauhi lensa, maka bayangan akhir yang terbentuk adalah .

A. Nyata, terbalik, diperbesar B. Nyata, terbalik, diperkecil C. Maya, tegak, diperbesar D. Maya, tegak, diperkecil 31. Panjang fokus sebuah lensa cekung (lensa divergen) 30 cm. Jika jarak benda dari lensa cekung adalah 15 cm, tentukan perbesaran bayangannya . A. 1/2 kali B. 2/3 kali C. 3/4 kali D. 4/5 kali 32. Mengapa intan terlihat sangat berkilauan setelah diasah . A. Cahaya yang masuk ke dalam intan mengalami beberapa kali pembiasan pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan permukaan intan.

B. Cahaya yang masuk ke dalam intan mengalami beberapa kali pemantulan oleh permukaan intan. C. Cahaya yang masuk ke dalam intan mengalami beberapa kali polarisasi oleh permukaan intan.

D. Cahaya yang masuk ke dalam intan mengalami beberapa kali dispersi oleh permukaan intan. 33. Kemampuan lensa untuk mengumpulkan / menyebarkan cahaya adalah.

A. daya lensa B. gaya lensa C. kapasitas lensa D. fokus lensa 34.

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

Perhatikan gambar berikut! Sebuah benda diletakkan di depan lensa positif sehingga terbentuk bayangan seperti gambar. Bila benda digeser 4 cm mendekati lensa, sifat bayangan yang terbentuk adalah. A. maya, terbalik, diperbesar B. nyata, terbalik, diperkecil C. maya, tegak, diperbesar D. nyata, tegak, diperkecil 35. Bagian mata yang berfungsi melindungi bagian yang sensitive yang berada dibelakangnya dan membantu memfokuskan bayangan pada retina adalah. A. lensa mata B. iris C.

kornea D. retina 36. Penderita miopi Adrian dan Sena, untuk melihat normal mengenakan kacamata dengan kuat lensa -2,5 dioptri dan -0,25 dioptri.

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

Selisih jarak terjauh yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh Adrian dan Sena tanpa mengenakan kacamata adalah. A. 40 cm B. 36 cm C. 4 cm D. 0,4 cm 37. Iris pada mata berfungsi. A. mengatur sejumlah cahaya yang masuk ke mata B.

mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina C. membentuk bayangan benda yang kemudian dikirim oleh syaraf mata ke otak D. melindungi bagian yang sensitive yang berada dibelakangnya dan membantu memfokuskan bayangan pada retina 38. Sebuah benda tingginya 2 cm terletak 15 cm dari sebuah lensa cembung. Bayangan nyata terbentuk pada jarak 10 cm dari lensa. Tentukan jarak titik api lensa . A. 3 cm B. 6 cm C.

8 cm D. 12 cm 39. Jika seseorang tidak dapat melihat benda jarak dekat dengan jelas, maka orang ini ada kemungkinan menderita. A. presbiopi B. astigmatisma C. mipoi D. hipermetropi 40. Perhatikan gambar berikut! Jenis cacat mata dan lensa untuk menolong cacat mata yang tepat adalah . A. Hipermetropi, Negatif B. HipermetropiPositif C. MiopiNegatif D. Miopi, Positif 41. Titik dekat mata seseorang terletak pada jarak 150 cm di depan matanya. Berapakah kekuatan lensa yang harus digunakan agar dapat membaca koran dalam jarak 30 cm .

A. 2,67 D B. 3,67 D C. 4,67 D D. 5,67 D 42. Perhatikan beberapa pernyataan berikut! 1) Cahaya dapat dipantulkan 2) Cahaya dapat merambat lurus 3) Cahaya dapat dibiaskan 4) Cahaya dapat membentuk bayangan yang tetap Pernyataan yang merupakan sifat-sifat cahaya ditunjukkan oleh . A. 1 dan 3 B. 2 dan 4 C. 1, 2 dan 3 D.

1, 2, 3 dan 4 43. Penderita rabun jauh tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas karena. A. bayangan yang terbentuk jatuh di depan lensa mata B. bayangan yang terbentuk jatuh di depan retina C. bayangan yang terbentuk jatuh di belakang retina D. bayangan yang terbentuk jatuh di belakang lensa mata 44. Sebuah benda dapat terlihat oleh mata kita karena .

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

A. Benda berukuran besar B. Benda berada di tempat terang C. Berkas cahaya dipantulkan ke mata D. Berkas cahaya mengalami pembiasan ke mata 45. Penderita miopi dapat ditolong dengan kaca mata berlensa.

A. rangkap B. cembung C. cekung D. silindris 46. Seorang siswa MTs Hasyim Asy'ari melakukan pemeriksaan mata ke dokter spesialis mata. Siswa tersebut disarankan dokter untuk menggunakan kaca mata berlensa silindris. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tersebut mengalami gangguan penglihatan . A. Hipermetropi B. Miopi C. Presbiopi D. Astigmatisme 47. Alat optik yang biasa digunakan untuk mengambil gambar dalam kehidupan sehari-hari adalah. A. mikroskop B. kamera C. lup D.

teropong 48. Berikut yang bukan sifat cahaya adalah . A. Merambat lurus B. Dapat dipantulakn C. Merambat melalui medium D. Dapat dibiaskan 49. Jika kalian akan meilihat jaringan yang terdapat pada daun maka dapat menggunakan. A. kamera B. lup C. mikroskop D. teropong 50. Pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan. A. cermin cekung B. cermin cembung C. lensa cekung D. lensa cembung 51.

Bagian mata yang berfungsi mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina adalah. A. retina B. kornea C. iris D. lensa mata 52. Pernyataan yang benar adalah. A. Pemantulan baur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti aspal, tembok dan kayu B.

Pemantulan baur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang tidak rata, seperti cermin datar C. Pemantulan teratur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti aspal, tembok dan kayu D. Pemantulan teratur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti cermin datar 53. Penderita atigmatisma dapat ditolong dengan kaca mata berlensa. A. silindris B. cembung C. cekung D. rangkap 54. Sifat bayangan cermin datar, yaitu . A. nyata, tegak, sama besar, dan jarak benda sama dengan jarak bayangan B.

maya, terbalik, sama besar, dan jarak benda sama dengan jarak bayangan C. maya, tegak, sama besar, dan jarak benda sama dengan jarak bayangan D. maya, tegak, sama besar, dan jarak benda lebih dekat jarak bayangan 55. Bagaimanakah konsep penggunaan jam matahari . A. Menggunakan kesan bayang-bayang B.

Menggunakan pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan cahaya bergerak lurus C. Menggunakan konsep bayang-bayang yang panjang dan pendek D. Menggunakan konsep bayang-bayang yang terbentuk apabila cahaya matahari dihalang oleh objek 56. Sebuah benda diletakkan 5 cm di depan cermin cekung.

Jika jarak focus cermin tersebut 3 cm. Hitunglah jarak bayangan yang dibentuk .

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

A. 4,5 cm B. 5,5 cm C. 6,5 cm D. 7,5 cm 57. Apakah contoh pantulan cahaya dalam kehidupan seharian .

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

A. Cermin B. Jaket pantul cahaya C. Bayang-bayang D. Pelangi 58. Sebuah cermin cembung memiliki jari-jari kelengkungan 40 cm.

Jika benda diletakkan pada jarak 10 cm di depan cermin cembung, tentukan perbesaran bayangannya . A. 0,67 kali B. 0,57 kali C. 0,47 kali D. 0,37 kali 59. Mengapakah pensil kelihatan bengkok dalam gelas berisi air . A. Pembiasan cahaya B. Pantulan cahaya C. Udara lebih tumpat daripada air D.

Magik 60. Panjang fokus sebuah lensa cembung (lensa konvergen) 15 cm. Jika jarak benda dari lensa cembung adalah 5 cm, tentukan sifat bayangannya .

A. nyata, diperbesar, tegak dan bayangan ada di ruang III B. nyata, diperkecil, tegak dan bayangan ada di ruang I C. maya, diperbesar, tegak dan bayangan ada di ruang IV D. maya, diperkecil, terbalik dan bayangan ada di ruang II 61. Terdapat beberapa jenis warna dalam satu pelangi . A. 7 B. 8 C. 11 D. 100 62. Panjang fokus sebuah lensa cekung (lensa divergen) 30 cm. Jika jarak benda dari lensa cekung adalah 15 cm, tentukan perbesaran bayangannya . A. 1/2 kali B. 2/3 kali C. 3/4 kali D. 4/5 kali 63.

Pemantulan pada bidang yang tidak rata disebut pemantulan . A. Baur B. Bias C. Tenang D. Teratur 64. Bagian mata yang berfungsi melindungi bagian yang sensitive yang berada dibelakangnya dan membantu memfokuskan bayangan pada retina adalah. A. lensa mata B. iris C. kornea D. retina 65. Pemantulan yang terjadi pada bidang datar merupakan jenis pemantulan. A. Baur B. Sempurna C. Rata D. Tidak beraturan 66. Penderita astigmatisma dapat ditolong menggunakan kacamata berlensa .

A. Cembung B. Silindris C. Cekung D. Bifocal 67. Mata rabun dekat memiliki ciri-ciri! (1) Bayangan benda pada titik dekat normal berada di depan retina. (2) Titik dekatnya lebih dari 25 cm (3) Dapat ditolong dengan lensa bikonkav (4) Lensa mata tidak dapat berakomodasi sekuat-kuatnya pada titik dekat 25 cm.

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

Pernyataan di atas yang benar adalah . A. (1), (2), dan (3) B. (1) dan (3) C. (2) dan (4) D. (4) saja 68. Jika seseorang tidak dapat melihat benda jarak dekat dengan jelas, maka orang ini ada kemungkinan menderita. A. presbiopi B. astigmatisma C. mipoi D. hipermetropi 69. Seseorang yang cacat mata miopi tidak mampu melihat dengan jelas benda yang terletak lebih dari 50 cm dari matanya. Kacamata yang dibutuhkannya untuk melihat benda jauh harus memiliki kekuatan lensa sebesar .

A. pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan D B. -4 D C. +2 D D. -2 D 70. Penderita miopi Adrian dan Sena, untuk melihat normal mengenakan kacamata dengan kuat lensa – 2,5 dioptri dan-0,25 dioptri. Selisih jarak terjauh yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh Adrian dan Sena tanpa mengenakan kacamata adalah. A. 40 cm B. 36 cm C. 4 cm D. 0,4 cm 71. Sebuah alat optik yang berguna untuk melihatbenda-benda yang jauh agar tampak lebih dekatdan jelas adalah .

A. Lup B. Mata C. Teleskop D. Mikroskop 72. Perhatikan gambar berikut! Sinar istimewa pada gambar di atas adalah. A. Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan seakan-akan datang dari titik fokus F B. Sinar datang menuju titik fokus maya F dipantulkan sejajar sumbu utama C.

Sinar datang menuju ke titik pusat kelengkungan dipantulkan kembali seakan-akan datang dari titik pusat kelengkungan tersebut. D. Sinar datang sejajar sumbu utama dibiaskan menuju titik fokus F 73. Sebuah teropong bintang memiliki perbesaran 4 kali jika jarak lensa okuler 2 cm tentukan jarak titik fokus lensa tersebut . A. 2 cm B. 4 cm C. 6 cm D. 8 cm 74. Spion menggunakan jenis cermin apa . A.

cekung B. cembung C. datar D. silindris 75. Mengapa langit kelihatan biru pada waktu tengah hari . A. Pantulan cahaya B. Penyebaran cahaya C. Pembiasan cahaya D. Penyerakan cahaya 76. Objek yang diamati dengan menggunakan mikroskop adalah . A. benda-benda renik yang tembus cahaya B. benda-benda renik yang tidak tembus cahaya C. benda-benda renik yang menyerap cahaya D. benda-benda renik yang memantulkan cahaya 77. Bagaimanakah cahaya putih disebarkan menjadi spektrum cahaya . A. Cahaya dibiaskan mengikut kelajuan cahaya B.

Cahaya dibiaskan mengikut ketumpatan medium C. Prisma kaca menukar jenis cahaya D. Prisma kaca menambah cahaya 78. Bagian mata yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata adalah . A. iris B. pupil C. kornea D. syaraf mata 79. Apakah sifat cahaya yang menyebabkan pembentukan bayang-bayang . A. Cahaya bergerak lurus B.

Cahaya boleh dibiaskan C. Cahaya boleh dipantulkan D. Cahaya boleh dibengkokkan 80. Teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda di luar angkasa adalah.

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

A. Teropong prisma B. Teropong Bumi C. Teropong Yohana D. Teropong bintang
none Latihan Soal IPA Cahaya dan Optik SMP MTs Kurikulum 2013 Dvcodes.com. Berikut ini dibagikan latihan soal IPA materi Cahaya dan Optik jenjang SMP MTs Kurikulum 2013 (K13).

Latihan soal IPA ini berisi soal-soal tentang mengenai Cahaya dan Optik yang diajarkan pada peserta didik SMP MTs Kurikulum 2013. Melalui latihan soal IPA ini, diharapkan dapat membantu peserta didik jenjang SMP/MTs dalam memahami materi IPA tentang Cahaya dan Optik. D. benda yang dapat memancarkan cahaya Soal nomor 2 Cahaya termasuk dalam gelombang …. A. mekanik B. longitudinal C. elektromagnetik D. transversal Soal nomor 3 Sifat gelombang berikut ini yang merupakan sifat cahaya adalah ….

A. dapat dibiaskan (refraksi) B. tidak membutuhkan medium C. arah rambatnya lurus D. dapat dipantulkan (refleksi) Soal nomor 4 Perhatikan tabel berikut! Berdasarkan data pada tabel tersebut, maka pernyataan yang benar adalah ….

A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 Soal nomor 5 Berikut proses terjadinya bayangan manusia dapat melihat dengan mata. 1. Cahaya difokuskan oleh lensa menuju ke retina menghasilkan bayangan 2. Ada cahaya yang dipantulkan oleh benda 3. Bayangan diubah menjadi sinyal-sinyal elektrik 4. Sinyal elektrik ditransfer ke otak, diterjemahkan sebagai obyek Urutan jawaban yang benar adalah …. A. 1, 2, 3, dan 4 B. 1, 3, 2, dan 4 C. 2, 3, 1, dan 4 D. 2, 1, 3, dan 4 Soal nomor 6 Perhatikan angka pada gambar tes buta warna berikut!

Angka yang tertulis pada gambar (1), (2), (3), dan (4) tersebut adalah …. A. 72, 6, 38, dan 1 B. 72, 8, 38, dan 7 C. 74, 6, 38, dan 7 D. 74, 8, 38, dan 1 Soal nomor 7 Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah ….

A. nyata, terbalik, sama besar, dan jarak benda sama dengan jarak bayangan B. maya, tegak, diperbesar, dan jarak benda sama dengan jarak bayangan C. maya, tegak, sama besar, dan jarak benda sama dengan jarak bayangan D. nyata, terbalik, diperbesar, dan jarak benda sama dengan jarak bayangan Soal nomor 8 Sebuah benda diletakkan diantara dua cermin datar yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sudut.

Jika terbentuk sejumlah bayangan seperti pada gambar 1 (kiri) dan gambar 2 (kanan), maka sudut antara 2 cermin datar tersebut adalah …. A. 120º dan 90º B. 60º dan 45º C. 90º dan 45º D. 90º dan 30º Soal nomor 9 Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan gambar (1) dan gambar (2), bunyi Hukum Snellius berikut ini yang sesuai adalah …. A. Gambar (1) Besarnya sinar datang = sinar pantul Gambar (2) Sinar datang dari medium renggang ke medium rapat akan dibiaskan mendekati garis normal B.

Gambar (1) Besarnya sinar datang = sinar pantul Gambar (2) Sinar datang dari medium pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan ke medium rapat akan dibiaskan menjauhi garis normal C.

Gambar (1) Besarnya sinar datang > sinar pantul Gambar (2) Sinar datang dari medium renggang ke medium rapat akan dibiaskan mendekati garis normal D. Gambar (1) Besarnya sinar datang < sinar pantul Gambar (2) Sinar datang dari medium renggang ke medium rapat akan dibiaskan menjauhi garis normal Soal nomor 10 Pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan …. A. cermin cekung B. cermin cembung C. lensa cekung D.

lensa cembung Soal nomor 11 Titik dekat yang dapat dilihat mata normal adalah …. A. 20 cm B. 23 cm C. 25 cm D. 27 cm Soal nomor 12 Perhatikan gambar berikut!

pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan

Gambar tersebut merupakan jalannya sinar pada penderita cacat mata …. dan dibantu dengan …. A. miopi, lensa cekung B. miopi, lensa cembung C. hipermetropi, lensa cekung D. hipermetropi, lensa cembung Soal nomor 13 Kemampuan lensa mata untuk menebal atau menipis sesuai dengan jarak benda yang dilihat disebut ….

A. pembiasan B. kekuatan lensa C. daya akomodasi D. indeks bias Soal nomor 14 Perhatikan gambar berikut! Sinar istimewa pada gambar tersebut, yaitu ….

A. sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan seakan-akan datang dari titik fokus F B. sinar datang menuju titik fokus maya F dipantulkan sejajar sumbu utama C.

sinar datang sejajar sumbu utama dibiaskan menuju titik fokus F D. sinar datang menuju ke titik pusat kelengkungan dipantulkan kembali seakan-akan datang dari titik pusat kelengkungan tersebut Soal nomor 15 Pernyataan yang benar tentang pemantulan adalah …. A. pemantulan baur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti aspal, tembok dan kayu B. pemantulan teratur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti aspal, tembok dan kayu C. pemantulan baur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang tidak rata, seperti cermin datar D.

pemantulan teratur, jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti cermin datar Soal nomor 16 Bagian mata yang berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk adalah …. A. iris B. pupil C. lensa mata D. retina Soal nomor 17 Sebuah benda diletakkan 5 cm di depan cermin cekung. Jika jarak focus cermin tersebut 3 cm. Jarak bayangan yang terbentuk dan perbesarannya adalah …. A. 7,5 cm ; 1,5 kali B.

7,5 cm ; 2/3 kali C. 4,5 cm ; 1,5 kali D. 4,5 cm ; 2/3 kali Soal nomor 18 Seseorang dengan tinggi 160 cm berdiri di depan cermin datar. Supaya orang tersebut dapat melihat seluruh bayangannya, minimal diperlukan cermin yang panjangnya ….

A. 60 cm B. 160 cm C. 80 m D. 120 cm Soal nomor 19 Budi memeriksakan matanya di poliklinik mata karena sudah tidak bisa melihat dengan jelas tulisan di papan tulis kelasnya.

Setelah diperiksa, dokter menyarankan untuk memakai kacamata minus 2 Dioptri. Cacat mata yang diderita oleh Budi dan jarak terjauh benda yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh Budi tanpa kacamata adalah …. A. hipermetropi dan 80 cm B. hipermetropi dan 60 cm C. miopi dan 50 cm D. miopi dan 100 cm Soal nomor 20 Perhatikan gambar berikut! Nama alat optik secara berurutan pada gambar tersebut adalah …. A. (1) mikreoskop; (2) periskop; (3) teropong; (4) kamera; (5) lup B.

(1) kamera; (2) teropong; (3) periskop; (4) mikroskop; (5) lup C. (1) mikroskop; (2) lup; (3) periskop; (4) kamera; (5) teropong D. (1) mikroskop; (2) teropong; (3) periskop; (4) kamera; (5) lup Kunci jawaban – Unduh Demikian yang dapat kami bagikan mengenai latihan soal IPA Cahaya dan Optik SMP MTs Kurikulum 2013.

Semoga bermanfaat. Category: Kumpulan Soal Tag: Cahaya dan Optik, Contoh Soal CAhaya dan Optik, Latihan Soal Cahaya dan Optik, Soal Cahaya dan Optik, Soal IPA, Soal IPA SMP Leave a comment Search for: Search Pos-pos Terbaru • Panduan Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022 • Edaran Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPG Daljab 2022 Tahap 2 • Daftar Sekolah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Tahap 1 • Petunjuk Teknis Bantuan KKG dan Tenaga Kependidikan Madrasah 2022 • Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Hardiknas Tahun 2022
Pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan cermin cekung (a).

Cermin cekung pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan cermin yang memiliki bentuk lengkung. Pada cermin cekung, permukaan cermin akan memantulkan cahaya melengkung ke belakang.

Pembahasan Cermin cekung adalah cermin yang bersifat konvergen yaitu mengumpulkan cahaya. Fokus cermin cekung selalu bernilai positif. Sedangkan sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cekung akan tergantung pada letak benda. Pemantulan pada lampu sorot mobil dan senter yang memanfaatkan cermin cekung bersifat megumpulkan cahaya. Cahaya akan dipararelkan sehingga semua cahaya dapat bergerak lurus ke depan.

Cermin cekung juga digunakan pada pembangkit tenaga surya, serta digunakan oleh wanita untuk berdandan dan pria ketika bercukur. Pelajari lebih lanjut • Materi tentang bayangan yang di bentuk oleh cermin datar brainly.co.id/tugas/5516371 • Materi tentang sinar sinar istimewa pada lensa cekung dan cembung brainly.co.id/tugas/10717521 • Materi tentang tentukan letak dan perbesaran bayangan brainly.co.id/tugas/22522560 Detil jawaban Kelas: 8 Mapel: Fisika Bab: Cahaya dan Alat Optik Kode: 8.6.5 #AyoBelajar 1.) Harahap mengamati preparat irisan pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan suatu batang tanaman menggunakan mikroskop.

Hasil pengamatan yang diperoleh seperti pada gambar berik … ut. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, kemungkinan tanaman yang diamati Harahap adalah .

a. jagung b. bayamc. kacang hijaud. ketela pohon bantu jawab dgn benar yaa ​
Pemantulan Pada Lampu Sorot Mobil Dan Lampu Senter Memanfaatkan Pemantulan pada lampu sorot mobil dan lampu senter memanfaatkan cermin cekung.

Cermin cekung merupakan cermin yang memiliki bentuk lengkung. Pada cermin cekung, permukaan cermin akan memantulkan cahaya melengkung ke belakang. A. Cermin cekung B. Cermin cembung C. Lensa cekung D. Lensa cembung E. Semua jawaban benar Sehingga jawaban yang benar adalah A




2022 www.videocon.com