Apa yang dimaksud dengan komik

apa yang dimaksud dengan komik

Istilah komik berasal dari bahasa Yunani yaitu komikus. Sedangkan dalam bahasa Perancis dikenal dengan comique, serta bahasa Inggris, yaitu Comic. Kata komik memiliki arti lucu atau menggelikan dan sebagai kata benda artinya pelawak atau badut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata komik memiliki arti cerita bergambar yang biasanya dimuat dalam majalah, surat kabar, atau dalam bentuk buku yang umumnya mudah dicerna dan lucu. Komik umumnya berbentuk rangkaian gambar, masing-masing dibuat dalam panel dan dipisahkan oleh gang yang keseluruhannya merupakan kesatuan cerita yang runtut.

Gambar-gambar tersebut biasanya dilengkapi dengan balon kata yang berisi ucapan yang disampaikan oleh tokoh dalam komik tersebut dan kadang diserti narasi sebagai penjelasan yang berbentuk kotak dan tersambung di tepi panel. Gambar dalam komik biasanya berbentuk gambar kartun. Bersifat sederhana dan memiliki alur cerita yang memuat pesan yang besar namun disajikan secara ringkas sehingga apa yang dimaksud dengan komik dicerna. Komik menyediakan cerita-cerita yang sederhana, mudah ditangkap dan dipahami isinya, sehingga sangat digemari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Berikut definisi dan pengertian komik dari beberapa sumber buku: • Menurut Sudjana dan Rivai (2015), komik adalah bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada para pembacanya.

• Menurut Gumelar (2011), komik adalah urutan-urutan gambar yang ditata sesuai tujuan dan filosofi pembuatnya hingga pesan ceria tersampaikan, komik cenderung diberi lettering yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan. • Menurut Elmy dkk (2010), komik adalah suatu kartun yang mengungkapkan suatu karakter yang memerankan cerita dalam urutan yang erat dan merupakan berita berita bergambar, terdiri dari berbagai situasi dan kadangkala bersifat humor. • Menurut Sadiman, dkk (2010), komik adalah suatu gambar interpretatif yang menggunakan simbol-simbol untuk menyampaikan suatu pesan secara cepat dan ringkas atau sesuatu sikap terhadap orang, situasi, atau kejadian-kejadian tertentu.

• Menurut McCloud (1993), komik adalah gambar-gambar dan lambang-lambang lain yang terjukstaposisi (saling berdampingan) dalam urutan tertentu, bertujuan untuk memberikan informasi dan atau mencapai tanggapan estetis dari pembaca. Unsur-unsur Komik Komik mempunyai unsur atau elemen tertentu yang menjadi syarat dasar berupa bahan-bahan atau bagian-bagian yang membentuk desain komik secara menyeluruh.

Menurut Gumelar (2011), beberapa unsur atau elemen dasar sebuah komik adalah sebagai berikut: • Space. Merupakan ruang dalam komik. Ruang dapat berupa kertas, kanvas, dan ruang di media digital. Space berguna sebagai tempat bagi karakter dalam komik untuk melakukan aksi tertentu. Space komik dapat berukuran 11,4 x 17,2 cm; 13,5 x 20 cm; 14 x 21 cm atau lebih besar dari ukuran tersebut sesuai dengan kebutuhan. • Image. Merupakan gambar, foto, ilustrasi, logo, simbol, dan icon yang membentuk komik.

Image dalam komik dapat dibuat dengan gambar goresan tangan. Image merupakan elemen yang penting dalam komik sebab image dapat menunjukkan beberapa adegan yang ada dalam komik. • Teks. Merupakan simbol dari suara yang ada dalam komik. Suara dapat berasal dari percakapan antar tokoh maupun efek suara dari adegan yang sedang terjadi. Suara yang berasal dari percakapan biasanya ditulis dalam balon kata setiap tokoh komik. Teks harus ditempatkan dengan jelas agar mudah dibaca dan tidak mengganggu gambar dalam komik.

• Colour. Merupakan warna dalam komik. Pewarnaan dibagi lagi menjadi tiga yaitu warna cahaya yang berasal dari tiga cahaya warna utama (merah, hijau, biru), warna cat transparan yang dihasilkan oleh empat warna utama utama (biru muda, pink, kuning, dan hitam), dan warna tidak transparan atau warna tidak tembus pandang yang berasal dari lima warna utama yaitu putih, kuning, merah, biru, dan hitam.

• Voice, Sound, Audio. Voice merupakan hasil ucapan atau kata-kata yang dikeluarkan melalui mulut oleh tokoh baik manusia, hewan, maupun makhluk lain. Sound adalah hasil bunyi apapun yang tidak dikeluarkan melalui mulut baik dari gesekan, hewan, benda elektronik, dan tumbuhan.

Audio lebih cenderung pada hasil suara alat elektronik seperti komputer, radio, televisi, dan telepon. Selain unsur dan elemen yang berupa aspek visual (gambar), komik juga harus menjadi sarana representasi aspek verbal (bahasa). Menurut Nurgiyantoro (2013), unsur-unsur bahasa dalam komik antara lain adalah sebagai berikut: • Penokohan.

Yaitu berupa subjek yang dikisahkan dalam komik. Tokoh adalah pelaku dan penderita peristiwa, dan pengurutan peristiwa-peristiwa inilah yang akan membentuk alur. • Alur. Perjalanan hidup tokoh cerita yang telah dikreasikan sedemikian rupa sehingga tampak menarik serta mampu memancing munculnya daya suspense dan sureprise. • Tema dan Moral. Aspek isi yang disampaikan kepada pembaca. • Gambar dan bahasa.

Unsur komik yang secara nyata dapat ditatap karena keduanya merupakan media representasi komik itu sendiri. Jenis-jenis Komik Menurut Arulan (2013), berdasarkan media yang digunakan dalam menampilkan atau menerbitkan, komik dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: • Komik Strip. Komik strip adalah komik pendek yang terdiri dari beberapa panel dan biasanya muncul di surat kabar. Komik strip biasanya bertema humor dan apa yang dimaksud dengan komik atau kartun karikatur.

• Buku Komik. Buku komik adalah kumpulan halaman komik yang dijilid rapi dan diterbitkan secara berkala. Di Indonesia buku komik umumnya hanya memuat satu judul saja, sedangkan di Jepang beredar dalam format satu buku yang terdiri dari beberapa judul komik. Komik jenis ini juga dikenal dengan sebutan comic magazine. • Graphic Novel. Graphic Novel atau novel grafis adalah komik yang memiliki gaya cerita yang naratif. Cerita pada novel grafis biasanya lebih kompleks dan cenderung ditujukan untuk pembaca dewasa.

• Webcomic. Adalah komik yang diterbitkan melalui media internet. Kelebihan dari webcomic adalah semua orang dapat menerbitkan komiknya sendiri dengan biaya relatif murah dan dapat diakses oleh semua orang di berbagai belahan dunia.

• Komik Instruksional. Komik instruksional adalah jenis komik strip yang dirancang untuk tujuan edukasi atau informasi. Bahasa yang digunakan biasanya bersifat universal (bahasa gambar dan simbol). Contohnya adalah petunjuk manual pada alat-alat elektronik dan instruksi penggunaan masker oksigen pada kabin pesawat terbang. Menurut Daryanto (2010), berdasarkan fungsinya komik dibagi menjadi dua jenis, yaitu: • Komik Komersial. Komik komersial jauh diperlukan di pasaran karena bersifat personal, menyediakan humor yang kasar, dikemas dengan bahasa percakapan dan bahasa pasaran.

Komik komersial memiliki kesederhanaan jiwa dan moral, dan adanya kecenderungan manusiawi universal terhadap pemujaan pahlawan. • Komik Pendidikan. Komik pendidikan cenderung menyediakan isi yang bersifat informatif.

Komik pendidikan banyak diterbitkan oleh industri, dinas kesehatan, dan lembaga-lembaga non-profit. Menurut Dermawan (2012), berdasarkan gaya ceritanya, komik dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: • Gaya kartun. Gaya ini biasanya dipakai untuk cerita-cerita humor, cerita petualangan untuk anak-anakatau fantasi anak -anak.

• Gaya realis. Gaya ini biasanya dipakai untuk cerita-cerita drama, petualangan/fantasi, sejarah, atau cerita-cerita untuk orang dewasa. • Gaya ekspresif. Gaya ini biasanya dipakai dalam cerita-cerita petualangan penuh aksi/laga/pertempuran.

Atau komik-komik seni. • Gaya surealistik. Gaya ini dipakai dalam menggambarkan keadaan-keadaan yang dekat dengan alam mimpi, atau alam bawah sadar.

Teknik Membuat Komik Menurut Gumelar (2011), terdapat tiga jenis teknik yang biasa digunakan dalam membuat sebuah apa yang dimaksud dengan komik, yaitu: a. Teknik Tradisional (Traditional Technique) Pembuatan komik dengan teknik tradisional yaitu dengan menggunakan alat dan bahan tradisional seperti pensil, pena, tinta tahan air, spidol kecil, penghapus, cat, pensil warna, kertas gambar, kertas HVS, cutter, dan hairdryer sebagai pengering serta bahan lain yang relevan digunakan.

Pembuatan komik dengan teknik tradisional dilakukan dengan tahapan berikut ini: • Siapkan kertas sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. • Siapkan skripnya, apabila tidak ada, pembuat komik dapat langsung menuangkan ide yang ada di pikirannya. • Tuliskan teks terlebih dahulu dengan memperhatikan skrip. • Buat gambar-gambar raw sketch (sketsa kasar). Sketsa kasar dibuat sesuai dengan skrip. Selanjutnya sketsa kasar akan disalin menjadi gambar hampir jadi.

Sketsa kasar juga dapat dijadikan finished sketch (sketsa yang sudah rapi dan siap ditinta) agar lebih menghemat waktu. • Sketsa kasar kemudian ditinta dengan menggunakan tinta bak atau pen permanen lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan.

• Langkah terakhir adalah mewarna secara tradisional. Pada saat mewarna, dapat digunakan marker atau spidol dengan membuka penutup belakangnya sehingga pewarnaan akan lebih mudah karena warna akan lebih banyak keluar. b. Teknik Digital (Digital Technique) Digital technique atau teknik digital merupakan teknik pembuatan digital dengan bantuan alat-alat digital. Alat-alat digital yang digunakan yaitu komputer atau tablet dan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Design, Corel Draw, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Pembuatan komik secara digital membutuhkan kemampuan yang lebih daripada pembuatan komik secara tradisional sebab pengerjaannya yang lebih rumit. Langkah-langkah yang dilakukan dalam teknik digital yang pertama adalah menggambar secara digital dengan menggunakan komputer atau tablet. Komputer atau tablet yang digunakan untuk menggambar tentunya telah berisi software yang telah disebutkan dalam alat-alat digital.

c. Teknik Hibrid (Hybrid Technique) Hybrid Technique adalah teknik membuat komik secara gabungan antara cara tradisional dan cara digital.

Jumlah dan persentase antara digital dan tradisional tidak dipermasalahkan, yang terpenting adalah menggabungkan dua teknik tersebut. Secara tradisional, alat-alat yang diperlukan sama dengan alat-alat dalam teknik tradisional. Alat-alat tersebut akan digabungkan dengan alat-alat digital seperti komputer, scanner, dan software dalam komputer untuk pewarnaan komik.

Langkah pembuatan komik dengan teknik gabungan, pertama adalah siapkan gambar hitam putih yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian, lakukan scan pada gambar hitam putih tersebut sehingga diperoleh gambar dalam bentuk copy digital. Setelah gambar menjadi bentuk copy digital, gambar akan diwarna dengan digital colouring.

Pewarnaan secara digital dapat dilakukan dengan software seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, The Gimp, atau sejenisnya. Apabila pewarnaan pada gambar telah selesai, langkah selanjutnya adalah lettering atau pemberian teks.

Pemberian teks dilakukan untuk memperjelas adegan tokoh dalam komik. Pemberian teks dapat dilakukan dengan Adobe Photoshop atau software sejenisnya. Kelebihan dan Kekurangan Komik Komik dapat menjadi pilihan sebagai media pembelajaran karena kecenderungan anak-anak yang lebih menyenangi bacaan media hiburan seperti komik dibandingkan dengan membaca buku pelajaran.

Menurut Trimo (1992), komik yang digunakan sebagai media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu: a. Kelebihan Komik Kelebihan atau keunggulan komik sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut: • Komik memiliki sifat sederhana dalam penyajiannya.

• Memiliki unsur apa yang dimaksud dengan komik cerita apa yang dimaksud dengan komik memuat pesan yang besar tetapi disajikan secara ringkas dan mudah dicerna. • Dilengkapi dengan bahasa verbal yang dialogis. • Dengan adanya perpaduan antara bahasa verbal dan non verbal, dapat mempercepat pembaca memahami isi pesan yang dibacanya, karena pembaca terbantu untuk tetap fokus dan tetap pada jalurnya.

• Ekspresi yang divisualisasikan membuat pembaca terlihat secara emosional, mengakibatkan pembaca ingin terus membacanya hingga selesai. b. Kekurangan Komik Kekurangan atau kelemahan komik sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut: • Kemudahan orang membaca komik membuat malas membaca sehingga menyebabkan penolakan-penolakan atas buku-buku yang tidak bergambar.

• Ditinjau dari segi bahasa komik hanya menggunakan kata-kata kotor atau kalimat-kalimat yang kurang dapat dipertanggungjawabkan. • Banyak aksi-aksi yang menonjolkan kekerasan atau tingkah laku yang prevented. • Banyak adegan percintaan yang menonjol. Daftar Pustaka • Sudjana, Nana dan Rivai, A. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. • Gumelar, M.S. 2011. Comic Making. Jakarta: Indeks. • Enawaty, Elmy dan Hilma.

2010. Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 3 Pontianak pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. • Sadiman, A.S., dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. • McCloud, Scott. 1993. Understanding comics. New York: Harper Collins Publisers. • Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. • Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

• Dermawan, Hikmat.

apa yang dimaksud dengan komik

2012. How to Make Comic. Yogyakarta: Plotpoint. • Arulan, B.D. 2013. Media Komik Matematika dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Perkalian pada Siswa Kelas 3 MI Nurul Huda Malang.

Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

apa yang dimaksud dengan komik

• Trimo, Soejono. 1992. Pengadaan dan Pemilihan Bahan Pustaka. Yogyakarta: Angkasa. 4 Pengertian Komik: Ciri, Jenis, Pembagian, Kesimpulan! – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik diartikan sebagai suatu cerita bergambar yang sifatnya mudah dicerna dan lucu (biasanya terdapat di majalah surat kabar atau dibuat berbentuk buku). Secara umum komik dapat diartikan sebagi salah satu media yang berfungsi untuk menyampaikan cerita melalui ilustrasi gambar untuk pendeskripsian cerita.

Komik juga dapat diartikan sebagai karya sastra berbentuk cerita yang ditampilkan berupa gambar dan didalam kisah ceritanya terdapat satu tokoh yang diunggulkan. Komik biasanya berisi tentang cerita fiksi, sama seperti dengan karya sastra yang lain. Daftar Isi • 1 Pengertian Komik Menurut Para Ahli • 1.1 Menurut Franz & Meier (1994:55) • 1.2 Menurut Scott McCloud (2002:9) • 1.3 Menurut Hurlock (1978) • 1.4 Menurut Sudjana dan Rifai (2011) • 2 Ciri-ciri Komik • 2.1 Bersifat Proposional • 2.2 Bahasa Percakapan • 2.3 Bersifat Kepahlawanan • 2.4 Penggambara Watak • 2.5 Menyediakan Humor • 3 Jenis-jenis Komik • 3.1 Komik strip (comic strip) • 3.2 Komik buku • 3.3 Komik humor dan petualangan • 3.4 Komik biografi dan komik ilmiah • 4 Pembagian Komik Berdasarkan Jenis Cerita • 4.1 Komik Edukasi • 4.2 Komik Promosi (Iklan) • 4.3 Komik Wayang • 4.4 Komik Silat • 5 Macam-macam komik lainnya,yaitu: • 5.1 Komik Kartun/ Karikatur • 5.2 Komik Potongan • 5.3 Komik Tahunan • 5.4 Komik Onlinew (Web Online) • 5.5 Buku Komik • 6 Kesimpulan Pengertian Komik Menurut Para Ahli Adapun pengetian komik menurut para ahli adalah sebagai berikut: • Menurut Franz & Meier (1994:55) komik adalah suatu cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata.

• Menurut Scott McCloud (2002:9) komik adalah kumpulan gambar yang berfungsi unutk menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi yang melihatnya. Seluruh teks cerita yang terdapat didalam komik sudah disusun secara rapi dan saling berhubungan antara gambar dengan kata-kata. Gambar di dalam sebuah komik diartikan sebgai gambar-gambar statis yang tersusun secarata berurutan dan saling berkaitan antara gamabar yang satu dengan gambar yang lain sehingga membentuk sebuah cerita.

• Menurut Hurlock (1978) komik merupakan sebuah media yang dapat memberikan model yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian anak. Komik juga dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi, sarana untuk menyampaikan cerita, pesan, dan bahkan sampai pada hal-hal yang berbau ilmiah sekalipun seperti halnya genre sastra anak yang lainnya.

• Menurut Sudjana dan Rifai (2011) komik dapat dipergunakan sebagai bahan apa yang dimaksud dengan komik berupa komik. Komik dapat dijadikan bahan ajar karena dapat mengefektifkan proses belajar mengajar, meningkatkan minat belajar siswa, dan menimbulkan minat apresiasi siswa. Dari berbagai pendapat tentang komik menurut para ahli yang telah dibahas diatas, dapat disimpulkan bahwa komik merupakan suatu cerita yang berupa kumpulan-kumpulan gambar yang diberi keterangan teks untuk penjelasan ceritanya.

Dalam bidang Pendidikan komik dapat digunakan sebagai bahan ajar atau media pembelajaran. Adapun bahan ajar yang jalan ceritanya seperti komik yang menuangkan cerita tentang potensi lokal daerah disebut dengan local wisdom education. Ciri-ciri Komik Sebagaimana halnya dengan buku bacaan fiksi (dalam hal tertentu juga nonfiksi). Namun, berbeda halnya dengan bacaan fiksi dan nonfiksi yang menyampaikan cerita dengan terks verbal, komik hadir lewat gambar dan bahasa, lewat teks verbal dan nonverbal sekaligus.

Keterkaitan antara terks verbal dan nonverbal dalam komik sedemikian erat dan tidak dapat dipisahkan tanpa kehilangan roh cerita. Cerita dan pesan yang ingin disampaikan juga diungkapkan lewat gambar dan bahasa, maka gambar-gambar yang ditampilkan ke dalam bentuk panel-panel itu mesti berurutan, yang satu hadir sesudah yang lain dan berhubungan secara makna. Dalam cerita komik panel-panel gambar lebih dominan daripada teks verbal, dan bahkan banyak panel gambar yang sudah berbicara tanpa unsur bahasa atau dengan unsur bahasa yang terbatas.

• Bersifat Proposional Komik mampu membuat pembaca terlibat secara emosional dalam membaca komik. Pembaca seperti ikut berperan dan terlibat dalam komik yang terbayang menjadi pelaku utama. • Bahasa Percakapan Bahasa yang digunakan dalam komik biasanya bahasa percakapan sehari-hari,jadi pembaca mudah mengerti dan memahami bacaan komik. Komik tidak menggunakan bahasa yang sulit untuk dipahami pembaca. • Bersifat Kepahlawanan Umumnya isi cerita yang ada didalam komik,akan cenderung membuat pembaca mempunyai rasa ataupun sikap kepahlawanan.

• Penggambara Watak Penggambaran watak dalam komik, digambarkan secara sederhana. Tujuan dari penggambaran adalah agar si pembaca mudah mengerti karakteristik tokoh-tokoh yang terlibat dalam komik tersebut.

• Menyediakan Humor Humor kasar yang tersaji dalam komik akan mudah dipahami seseorang karena memang humor apa yang dimaksud dengan komik sering ada dimasyarakat. Jenis-jenis Komik Sama halnya dengan berbagai genre sastra yang lain, komik juga dapat dibedakan kedalam beberapa kategori. Dilihat dari segi bentuk penampilan atau kemasan, komik dapat dibedakan menjadi 3, yaitu: • Komik strip (comic strip) Komik strip merupakan komik yang hanya terdiri dari beberapa panel gambar saja, namun dilihat dari segi isi telah mengungkapkan sebuah gagasan yang utuh.

apa yang dimaksud dengan komik

Tentu saja karena gambarnya hanya sedikit dan gagasan yang disampaikan juga tidak terlalu banyak, lazimnya hanya melibatkan satu focus pembicaraan seperti tanggapan terhadap berbagai peristiwa dan isu-isu mutakhir. Komik strip secara mudah ditemukan dalam berbagai majalah anak dan surat kabar seperti majalah bobo dan kids fantasi. • Komik apa yang dimaksud dengan komik Komik buku merupakan komik yang dikemas berbentuk buku dan satu buku biasanya menampilkan sebuah cerita yang utuh.

Komik-komik buku biasanya berseri dan satu judul buku komik sering muncul berpuluh seri dan seperti tidak ada habisnya. Komik-komik tersebut memang ada yang menampilkan cerita yang berkelanjutan, akan tetapi ada juga yang tidak. Yaitu antara komik seri sebelum dan sesudah tidak ada kaitan peristiwa dan konflik yang mempunyai sebab akibat.

• Komik humor dan petualangan Komik ini adalah salah satu komik yang banyak digemari oleh anak-anak. Secara isi komik humor adalah komik yang menampilkan sesuatu yang lucu yang mengandung pembaca untuk tertawa ketika menikmati komik tersebut.

Aspek kelucuan atau humor dapat diperoleh lewat berbagai cara baik lewat gambar-gambar maupun lewat kata-kata. Komik humor biasanya menampilkan gambar-gambar yang lucu baik dilihata dari segi potongan, ukuran tubuh, tampang, proporsionalitas bagian-bagian tubuh maupun bentuk-bentuk bagian tubuh yang lebih sering terlihat aneh.

Komik petualangan merupakan komik yang menampilkan cerita petualangan tokoh-tokoh cerita dalam rangka mengejar, mencari, memperjuangkan, membela, perkelahian atau aksi-aksi lain yang termasuk dalam aksi petualangan. Komik ini menampilkan dua kelompok tokoh, yakni kelompok baik dan kelompok jahat, yang berseberangan memperebutkan sesuatu atau mempertahankan perinsip-prinsip masing-masing dan hamper dipastikan kelompok baiklah yang selalu memenangkan perkelahian itu walaupun sebelumnya banyak terjadi kesulitan.

• Komik biografi dan komik ilmiah Komik biografi bermaksud sebagai kisah hidup seorang tokoh sejarah yang ditampilkan dalam bentuk komik. Biografi tokoh yang bersangkutan biasanya telah ditulis dalam bentuk buku biografi yang semata-mata menggunakan lambang verbal.

Komik ini selalu berkaitan dengan aspek lain sesuai dengan ketokohan tokoh yang dikomikkan misalnya, aspek sejarah, seni, religious, dan lain-lain. Komik ilmiah merupakan campuran antara narasi dan komik, dalam komik ilmiah tekanan ada pada proses penemuan dan barang temuannya.

Contoh buku campuran narasi dan komik dalam seri penemuan yang dimaksud antara lain penemuan telepon, penemuan televise, penemuan pesawat terbang, penemuan mobil penemuan film, dan lain-lain.

Buku tentang komik yang ditulis dengan kemasan komik Understanding Comics (Scott McCloud) yang dirujuk pada tulisan ini tampaknya dapat dikategorikan sebagai komik ilmiah murni karena lebih banyak berisi uraian konseptual dan tanpa unsure biografi tokoh. Pembagian Komik Berdasarkan Jenis Cerita • Komik Edukasi Komik edukasi memiliki 2 fungsi : • Pertama adalah fungsi hiburan • Apa yang dimaksud dengan komik dapat dimanfaatkan baik langsung maupun tidak langsung untuk tujuan edukatif.

Hal ini dikarenakan kedudukan komik yang semakin berkembang kearah yang baik karena masyarakat sudah menyadari nilai komersial dan nilai edukatif yang biasa dibawanya. • Komik Promosi (Iklan) Komik dapat menumbuhkan imajinasi yang selaras dengan dunia anak, sehingga muncul pula komik yang dipakai untuk keperluan promosi pada sebuah produk.

Visualisasi komik promosi ini biasanya menggunakan figur superhero. • Komik Wayang Komik wayang merupakan apa yang dimaksud dengan komik yang bercerita mengenai cerita wayang, misalnya komik yang menceritakan komik tentang mahabharata yang menjelaskan perang besar antara kurawa dan pandawa ataupun cerita ramayana yang bercerita tentang penculikan dewi shinta.

Komik jenis ini di indonesia muncul di tahun 60 hingga 70an dengan beberapa komik yang mengawali masa ini yaitu, lahirnya gatotkatja (Keng Po), raden palasara karya johnlo. Kisah mahabharata adalah karya R A kosasih yang sangat terkenal terbitan melodi dari bandung. • Komik Silat Komik silat sangatlah popular, karena tema-tema silat yang didominasi oleh adegan laga atau pertarungan sampai saat ini masih menjadi idola. Misalnya jepang dengan ninja dan samurainya atau china dengan kungfunya, sebut saja naruto.

Macam-macam komik lainnya,yaitu: • Komik Kartun/ Karikatur Merupakan komik yang isinya hanya berupa satu tampilan, komik ini didalamnya berisi beberapa gambar tokoh yang digabungkan dengan tulisan-tulisan.

Maksud komik ini biasanya mengandung unsur kritikan, sindiran dan humor. Sehingga dari gambar kartun atau tokoh dan tulisan tersebut dapat memberikan sebuah arti yang jelas kemudian si pembaca dapat memahami maksud dan tujuannya dari komik tersebut. • Komik Potongan Komik potongan adalah penggalan-penggalan gambar yang di gabungkan menjadi satu bagian / sebuah alur cerita pendek (cerpen).

Namun isi dari ceritanya tidak harus selesai disitu bahkan ceritanya bisa dibuat bersambung dan dibuat sambungan ceritanya lagi. Komik ini biasanya terdiri dari 3 sampai 6 panel atau bahkan lebih. Komik Potongan (Comic Strip) ini biasanya disodorkan dalan tampilan harian atau mingguan disebuah surat kabar, majalah maupun tabloid/buletin. Penyajian komik potongan ini berisi cerita humor, cerita yang serius nan asik untuk dibaca setiap epsisodenya hingga tamat ceritanya.

• Komik Tahunan Komik tahunan adalah komik ini biasanya terbit setiap satu bulan sekali bahkan dapat juga satu tahun sekali.

Penerbit biasanya akan menerbitkan buku- buku komik baik itu cerita putus maupun serial putus. • Komik Onlinew (Web Online) Selain media cetak, adapula media online.

Dengan adanya media Internet jangkauan pembacanya bisa lebih luas daripada media cetak. Komik tentu saja online lebih menguntungkan daripada komik media cetak, dikarenakan biaya komik online relatif lebih murah dan kita dapat menyebarluaskan komik yang bisa dibaca oleh siapa saja. • Buku Komik Buku komik ysitu suatu cerita yang berisikan gambar-gambar, tulisan dan cerita yang dikemas dalam sebuah buku. Buku komik ini sering kita temukan bahkan mungkin sering kita baca.

Buku komik biasa disebut dengan komik cerita pendek, yang biasanya didalam komik ini berisikan 32 halaman tetapi ada juga komik yang berisi 48 halaman dan 64 halaman. Komik ini biasanya berisikan cerita lucu, cerita cinta (cerita remaja), superhero(pahlawan).

Kesimpulan Komik adalah salah satu media yang penyampaian cerita melalui ilustrasi gambar, gambar berfungsi sebagai pendeskripsian cerita. Adapun jenis-jenis komik adalah komik karikatur, komik strip dan buku komik. Komik mempunyai kekurangan yaitu dapat membuat malas, menumpulkan imajinasi, iritasi mata dan kenakalan remaja jika cerita yang disajikan dalam komik tersebut negatif. Namun komik juga bisa memberikan dampak yang baik dalam diri anak-anak.Ini bisa dilihat dari anak-anak yang belum bisa membaca akan berusaha belajar membaca untuk membaca komik yang disukainya.Rasa ingin tahu membuat mereka mau belajar membaca.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Komik: Ciri, Jenis, Pembagian, Kesimpulan! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂 Baca juga artikel lainnya tentang: • 4 Pengertian Biaya Produksi: Jenis, Unsur, dan Tujuan! • 27 Pengertian Seni Tari : Unsur, Jenis, Contoh, Fungsi! • Pengertian Listosfer: Menurut Para Ahli, Jenis, Struktur, Fungsi • Arti Cinta: Jenis Jenis-Tanda tanda Cinta Terlengkap Menurut Ahli • Pengertian Sepak Bola: Tujuan, Sejarah, Teknik, Peraturan!

Posting pada Bahasa Indonesia Ditag agar gambar lebih menarik harus di, apa isi dari skrip naskah komik, apa pengertian komik menurut bahasamu sendiri, apa saja ciri ciri komik, apakah fungsi gambar pada komik, bagaimana gambar ilustrasi dalam komik, bentuk komik, cergam adalah, contoh komik pendidikan, ebook pengertian komik, fungsi komik, ilustrasi karya sastra adalah, jelaskan fungsi komik, jelaskan fungsi teks dalam komik, jelaskan pengertian kartun editorial, apa yang dimaksud dengan komik yang dimaksud karikatur, jurnal tentang komik pdf, kalimat dalam sebuah komik ditulis dalam, karikatur adalah, kartun adalah, komik adalah contoh karya, komik edukasi, komik edukasi adalah, langkah langkah membuat komik, materi komik sd, mengapa komik silat sangat populer, menjelaskan langkah-langkah membuat komik, pengertian dan ciri ciri komik brainly, pengertian ilustrasi karya sastra, pengertian kartun, pengertian komik dalam bahasa inggris, pengertian komik dan ciri ciri komik, pengertian komik pdf, pengertian komik promosi, pengertian komik strip, pengertian komik apa yang dimaksud dengan komik 1 kelas 5, pengertian menggambar komik, pengertian pamflet, sebelum membuat komik harus disiapkan adalah, sebutkan 5 poster yang kamu ketahui, sebutkan fungsi gambar pada komik, sebutkan fungsi teks pada komik, sebutkan macam macam komik, sebutkan tiga jenis gambar ilustrasi, skripsi komik sebagai media pembelajaran, teknik menggambar komik, tujuan komik, unsur unsur komik Navigasi pos
20.

Sebarkan ini: Komik adalah cerita bergambar yang disusun dari gambar-gambar tidak bergerak sehingga membentuk suatu cerita yang mudah dipahami. Komik termasuk dalam karya seni karena membutuhkan keterampilan dalam menggambar dan menyusunnya sehingga bermakna. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. • Pendapat dari Scott McCloud Menurutnya, komik adalah kumpulan gambar yang berfungsi untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi yang melihatnya.

Sejarah Perkembangan Komik perkembangan komik bermula dari peradaban kuno di kehidupan gua yang ditemukan para peneliti.yang akhirnya berkembang di daerah eropa dan komik yang berjudul the yelow kid di perkikan sebagai titik awal perkembangan komik di dunia.

Namun kemudian komik-komik berunsur aksi mula diterbitkan. Antara komik-komik aksi yang terawal adalah Superman, Batmandan Captain Amerika. Kewujudan komik telah berkembang ke Asia pada Perang Dunia ke-2. Jepang yang turut terpengaruh dengan budaya ini telah berjaya mencipta manga yang merupakan identitas gaya lukisan Jepang. Sejarah tradisi perkomikan di Indonesia boleh dikatakan sudah berlangsung lama, terlihat dari banyaknya naskah Jawa dan Bali abad ke-18 hingga ke-19 yang berbentuk mirip komik.Komik modern di Indonesia muncul sekitar 1930-an.

Baru sekitar 1950-an,komik Indonesia tampil dalam bentuk buku. Fungsi Komik Fungsi dari komik dapat dilihat di bawah ini, yakni: • Sebagai sarana Memberi Informasi dan edukasi • Media yang dapat Menghibur bagi pembaca • Melakukan pengungkapan ekspresi atau pesan Penulisan kepada khalayak ramai.

Ciri-Ciri Komik Ciri-ciri komik adalah: • Berfungsi untuk menyampaikan cerita yang mengandung apa yang dimaksud dengan komik dan informasi dengan menggunakan teks dan gambar. • Gambar dan teksnya proporsional sehingga membuat pembaca komik seakan-akan terlibat dan berperan langsung ke dalam cerita.

apa yang dimaksud dengan komik

• Menggunakan bahasa percakapan sehari-hari yang mudah dipahami. • Umumnya isi cerita komik bertema kepahlawanan yang membuat pembacanya mempunyai rasa atau sikap kepahlawanan.

• Penggambaran watak dalam komik dibuat apa yang dimaksud dengan komik sederhana agar pembaca mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan dalam cerita.

• Terdapat humor yang disajikan secara lugas sehingga akan mudah dipahami pembaca dan apa yang dimaksud dengan komik humor yang disajikan sering terjadi dan ada di masyarakat. • Teks atau kata-kata biasanya disajikan dalam gelembung-gelembung yang diserasikan dengan gambar. Tujuan Komik Berikut dibawah ini merupakan tujuan komik adalah: • Untuk mengembangkan kreativitas seseorang dengan menggunakan gambar serta mengembangkan daya imajinasi.

• Untuk mengaplikasikan seni ke dalam komik atau karikatur. • Untuk menjadi hiburan masyarakat yang membacanya. Syarat Menggambar Komik Berikut dibawah ini sebutkan menggambar komik adalah: • Memiliki Topik dan Tujuan Tentu saja ini masuk syarat membuat komik, topik dan tujuan menentukan arah dan tujuan pembuatan komik ini. Seperti semisal gambaran imajinasi, dan cara teknik menggambar komik tersebut merupakan dari topik dan tujuan pembuatan komik. Tujuan komik umumnya adalah untuk sebagai media hiburan, namun juga memiliki tujuan lainya seperti komersial, atau menceritakan suatu kisah, atau mencurahkan imajinasi pembuat komik • Membuat Kalimat Dalam Komik yang Efektif Ini tentu saja masuk syarat karena untuk mempermudah pembaca, serta membuat cerita singkat nan efektif.

Dan tujuan lain agar kalimat percakapan efektif adalah untuk mudah di ingat pembaca dan alasan lainya juga • Gambar Gambar harus sesuai topik, atau ide yang dibuat. Gambar bukan gambar apa saja, namun gambar tertentu yang sesuai komik. Dan gambar harus sesuai dengan teks yang ada. Dan teknik mengggambar komik dengan menggambar komik dengan baik dan teknik tertentu biar gambar baik. Dan sediakan alat, bahan untuk menggambar komik semisal kertas, pensil gambar dan lainya. Lihat Juga: Debit dan Kredit Adalah Jenis-Jenis Komik Ada banyak sekali jenis-jenis komik di mana pembagiannya adalah didasarkan pada alasan-alasan tertantu.

Beberapa di antara jenis-jenis komik tersebut adalah Kartun, Comic Strip atau Komik Potongan, Annual Comic atau Komik Tahunan, Komik Humor, Komik Petualangan, Komik Ringan, Komik Majalah, Instructional Comic dan masih banyak lagi lainnya. Berikut penjelasan beberapa jenis komik tersebut di atas: • Comic Strip atau komik potongan adalah jenis komik yang umumnya hanya terdiri atas 3 sampai 6 panel. Komik ini mengandung potongan atau penggalan cerita dengan alur yang pendek.

• Kartun, adalah jenis komik yang berupa gambar sejumlah tokoh yang digabung dengan unsur tulisan. Umumnya tujuan komik kartun ini adalah sebagai sindiran, kritik atau sekedar humor semata. • Komik Tahunan, adalah jenis komik yang penerbitannya hanya setahun (atau beberapa tahun) sekali. Biasanya komik jenis ini berupa kisah terbaik dari suatu serial dan sebagainya.

• Komik online, adalah jenis komik yang diakses dengan menggunakan jaringan internet. Pembagian Komik Berdasarkan Jenis Cerita Pembagian komik berdasarkan jenis cerita terbagi menjadi 4 macam yaitu : • Komik Edukasi Komik edukasi memiliki 2 fungsi : 1. Pertama adalah fungsi hiburan 2. Kedua dapat dimanfaatkan baik langsung maupun tidak langsung untuk tujuan edukatif. Hal ini karena kedudukan komik yang semakin berkembang ke arah yang baik karena masyarakat sudah menyadari nilai komersial dan nilai edukatif yang biasa dibawanya • Komik Promosi (Iklan) Komik juga mampu menumbuhkan imajinasi yang selaras dengan dunia anak, Sehingga muncul pula komik yang dipakai untuk keperluan promosi sebuah produk.

Visualisasi komik promosi ini biasanya menggunakan figur superhero. • Komik Wayang Komik wayang berarti komik yang bercerita tentang cerita wayang, yaitu Mahabharata yang menceritakan perang besar antara Kurawa dan Pandawa maupun cerita Ramayana yang bercerita tentang penculikan Dewi Shinta. Komik jenis ini di Indonesia muncul di tahun 60-70-an dengan beberapa komik yang mengawali masa ini yaitu; Lahirnya Gatotkatja (Keng Po), Raden Palasara karya Johnlo, Mahabharata karya R.A Kosasih yang sangat terkenal terbitan melodi dari Bandung.

• Komik Silat Komik silat sangatlah popular, karena tema-tema silat yang didominasi oleh adegan laga atau pertarungan sampai saat ini masih menjadi idola.

Misalkan Jepang dengan ninja dan samurainya atau China dengan kungfunya. Sebut saja Naruto. Sebarkan ini: • Facebook • Twit • WhatsApp Posting pada SD, SMP, UMUM Ditag alat dan bahan membuat komik, apa yang dimaksud dengan komik, apakah yang dimaksud dengan poster riset, bagaimana bahasa percakapan dalam komik, buatlah sebuah komik, cara membuat komik, ciri ciri komik, ciri teks investigasi, ciri-ciri cover yang baik adalah, contoh komik, definisi komik, fungsi komik, fungsi menggambar komik, fungsi utama dari sebuah komik adalah, hal yang umumnya ada di dalam komik adalah, jelaskan fungsi kata-kata dalam komik, jelaskan komik wayang, jelaskan yang dimaksud comic strip, jenis jenis komik, kalimat dalam komik berupa bahasa, kartun adalah, komik disebut juga dengan, komik edukasi, langkah-langkah menggambar komik, manakah yang termasuk gambar ilustrasi, menggambar komik sederhana, pengertian kartun, pengertian komik biografi, pengertian komik edukasi, pengertian komik promosi, pengertian komik strip, persamaan komik dengan buku cerita adalah, plot dalam komik merupakan hal penting karena, prinsip prinsip menggambar komik, sebutkan 10 unsur menggambar komik, sebutkan ciri-ciri komik, sebutkan fungsi kata-kata dalam komik, sebutkan jenis-jenis komik, sebutkan langkah praktek menggambar komik, sebutkan syarat menggambar komik, sejarah perkembangan komik, syarat menggambar komik, teknik menggambar komik, teks dalam komik disajikan dalam, tujuan komik, tuliskan 3 nama penemu komik di indonesia, unsur-unsur komik, uraikan tentang sifat proporsional pada komik, yang melekat pada tokoh komik adalah Artikel Terbaru • Norma Kesopanan • Pengertian Kedaulatan • Letak Astronomis Indonesia • √Flowchart adalah : Pengertian, Jenis, Perbedaan, Tujuan dan Fungsi Secara Lengkap • Momen Inersia • √ Manusia Purba Di Indonesia : SejarahPengertian dan Jenisnya • Manajemen Pemasaran Adalah • Kompetensi Adalah • Implementasi Adalah • Manajemen Operasional Adalah • E-book Adalah • Talak Adalah • Senyawa Adalah • Perbedaan Senyawa dan Campuran • Momentum dan Impuls Sekarang ini komik merupakan salah satu apa yang dimaksud dengan komik yang paling di gemari, namun bukan hanya anak-anak yang menjadi penggemar komik, orang dewasa juga menggemari bacaan tersebut.

Komik memang bacaan yang dibutuhkan pada usia anak-anak dan usia remaja, selain ceritanya yang asik untuk dibaca di dalam komik juga terdapat gambar-gambar yang menarik sebagai penunjang untuk memikat hati si pembaca. Menurut Wikipedia, komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik diartikan sebagai suatu cerita bergambar yang sifatnya mudah dicerna dan lucu (biasanya terdapat di majalah surat kabar atau dibuat berbentuk buku). Secara umum komik dapat diartikan sebagi salah satu media yang berfungsi untuk menyampaikan cerita melalui ilustrasi gambar untuk pendeskripsian cerita.

Selain itu, komik juga dapat diartikan sebagai karya sastra berbentuk cerita yang ditampilkan berupa gambar, yang didalam kisah ceritanya terdapat satu tokoh yang diunggulkan. Komik pada umumnya berisi tentang cerita fiksi, sama seperti dengan karya sastra yang lain. Jadi, Komik dapat diartikan suatu cerita bergambar yang disusun untuk pendeskripsian cerita melalui ilustrasi yang dilengkapi dengan teks untuk apa yang dimaksud dengan komik jalinan cerita.

Komik dalam bahasa Jepang yaitu Manga, sedangkan sebutan untuk orang yang membuat komik biasa disebut komikus. Ciri-Ciri Komik Komik memiliki beberapa ciri-ciri tersendiri antara lain sebagai berikut: • Komik hadir untuk menyampaikan cerita melalui gambar dan bahasa. Hal ini tentu berbeda dengan karya fiksi dan nonfiksi yang lain yang menyampaikan cerita dengan terks verbal. • Bersifat Proposional Komik dapat membuat pembaca terlibat langsung secara emosional ketika membaca komik.

Pembaca seperti ikut berperan dan terlibat dalam komik dan menjadi pelaku utamanya. • Bahasa Percakapan Komik tidak pernah menggunakan bahasa yang sulit untuk dipahami oleh pembaca. Dalam komik, bahasa yang digunakan biasanya adalah bahasa yang digunakan untuk percakapan sehari-hari sehingga pembaca mudah mengerti dan memahami isi komik tersebut.

• Penggambaran Watak Penggambaran watak dalam komik biasanya digambarkan secara sederhanasehingga pembaca lebih mudah mengerti karakteristik tokoh-tokoh yang terlibat dalam komik tersebut. • Menyediakan Humor Humor yang tersaji dalam komik akan sangat mudah dipahami oleh pembaca komik karena humor yang disajikan tersebut sering terjadi dalam masyarakat. Elemen dalam Komik Terdapat beberapa elemen dalam komik, elemen-elemen tersebut adalah : • Panel Panel adalah kotak yang berisi ilustrasi dan teks yang nantinya membentuk sebuah alur cerita.

• Sudut pandang dan ukuran gambar dalam panel • Parit Parit adalah ruang diantara panel • Bunyi huruf Disebut juga sound lettering. Bunyi huruf ini digunakan untuk mendramatisir sebuah adegan. • Ilustrasi Ilustrasi adalah seni gambar yang dipakai untuk memberi penjelasan atas suatu tujuan atau maksud tertentu secara visual. • Balon kata Balon kata merupakan representasi dari pembicaraan ataupun narasi dari peristiwa yang sedang terjadi atau keadaan yang sedang digambarkan dalam panel tersebut.

Secara garis besar Balon kata dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu : • Balon ucapan: Dalam komik representasi ucapan ini berbentuk seperti gelembung dengan penunjuk arah yang disebut ekor yang mengarah pada tokoh yang mengucapkan kata-kata tersebut. • Balon Pikiran:Balon ini dipakai untuk merepresentasikan pemikiran tokoh dalam komik. Pemikiran berarti sebatas hanya kata-kata dalam batin saja. Visualisasi balon apa yang dimaksud dengan komik ini bentuknya seperti rantai yang saling menyambung.

• Captions: Apa yang dimaksud dengan komik umum dipakai untuk pengisahaan atau penjelasan naratif non dialog. Bias juga berupa penjelasan situasi, adegan ataupun setting lokasinya. Komik dibedakan berdasarkan jenisnya : Komik strip atau komik potongan ini hanya terdriri dari beberapa panel gambar saja yang biasanya terdiri dari 3-6 panel, komik ini menyajikan sebuah alur cerita pendek, namun tetap dikemas dengan cerita yang utuh.

Komik jenis ini biasanya langsung menceritakan ke inti permasalahannya saja, dan biasanya hanya focus pada satu permasalahan saja. Tapi, cerita dari komik ini nggak harus selesai di situ saja, tetap bisa dibuat bersambung. Pembicaraannya juga beragam, mulai dari isu-isu yang sedang panas atau hanya sekadar cerita humor saja.

Untuk komik jenis ini banyak kita temukan pada majalah mingguan baik itu majalah ana-anak, majalah kampus, majalah remaja. Kalau dalam surat kabar, biasanya dihadirkan apa yang dimaksud dengan komik surat kabar harian ataupun mingguan. • Komik Kartun (Comic Cartoon) Biasanya hanya berupa satu tampilan saja, isi dari komik ini lebih ditekankan pada gambar seorang tokoh besar bisa pemain sepak bola, artis, bahkan orang penting dalam kenegaraan sekalipun.

Nah untuk isinya lebih pada humor, sindiran atau kritikan semata. Gambar dan tulisan pada komik tersebut dituntut untuk mampu memberikan sebuah arti yang jelas kepada pembaca sehingga mereka mudah memahami maksud dan tujuan dari komik tersebut. Komik buku adalah sekumpulan cerita beserta gambar yang dicetak menjadi sebuah buku. Jenis komik ini adalah komik yang paling sering kita jumpai.

Komik ini biasanya bersisi lebih dari 20 halaman yang menyajikan sebuah jalan cerita yang dikemas dalam sebuah buku. Komik buku ini biasanya terdiri dari beberapa chapter di dalamnya, namun dengan cerita yang tetap saling berhubungan. Ceritanya juga sangat beragam, mulai dari comedy, love story, superhero, dan lain sebagainya. Komik buku juga biasanya memiliki jalan cerita yang berkepanjangan, terdiri dari beberapa edisi.

Komik-komik Jepang misalnya, ada yang bukunya sampai nomor 30, dan bahkan ada juga yang sudah mencapai nomor 50-an. Komik Slam Dunk, Naruto, One Piece, Dragon Ball mungkin adalah beberapa komik buku yang sangat familiar di telingamu. • Manga Merupakan komik dari jepang atau yang dibuat oleh jepang dan menggunakan gaya penggambaran yang berbeda dari semua komik yang sering kita kenal dengan anime. Cerita manga biasanya dicetak hitam-putih, meskipun beberapa komik manga penuh warna.

Banyak dikalangan seluruh umur membaca komik ini. KOmik ini dengan berbagai tema yang ditanyangkan telah menyedot perhatian pembacanya seperti petualangan, romance, olah raga, bajak laut, detektif, horor,dll. Manga biasanya dibaca dari kiri kekanan. • Di zaman yang serba digital saat ini, mungkin komik online menjadi salah satu pilihan utama orang-orang yang ingin membaca komik, sudah banyak situs web yang menyediakan berbagai macam komik di dalamnya.

Komik-komik ini hanya bisa kamu temukan di dunia maya. Jangkauan pembacanya juga lebih luas karena siapa saja yang memilki koneksi internet bisa mengakses komik-komik online, selain itu juga lebih praktis, dan lebih mudah mencari komik yang ingin kamu baca.

PROSES PEMB UATAN KOMIK • PENENTUAN ISI CERITA Ide cerita sebenarnya bisa kita dapatkan di mana saja dan kapan saja. Mencari sebuah Ide cerita bisa kita awali dengan apa yang kita suka atau apa Hobby kita. Contoh, hobby saya bermain gamejadi saya bisa membuat sebuah ide cerita tentang game. Kemudian selain itu, ide cerita bisa kita dapatkan melalui kegiatan kita sehari-hari atau apa yang kita lihat sehari-hari. Mungkin hal yang paling penting dalam sebuah apa yang dimaksud dengan komik cerita adalah Pesan dan Tujuan.

Sebuah cerita harus ada Pesan dan Tujuan jangan sampai cerita tersebut berputar-putar. Hal lain tulislah semua Ide cerita yang ada dipikiran dan Simpan untuk waktu yang lama, karena apabila kamu buka lagi dan pasti akan muncul ide-ide baru. • MENENTUKAN KARAKTER PERAN Diantaranya dalam isi komik yaitu ; Judul Komik: Premis: Log-Line: Nama Karakter: Gender: Laki-laki Tempat/tanggal lahir/umur: Bandung, 22 Desember 1993 Asal-usul singkat: lahir yatim piatu, belajar kelas Hobby/Kemampuan khusus: Fisik yang kuat Sifat: bodoh, gigih, periang (ini akan mempengaruhi pose dan tingkah laku si karakter) Kelemahan: Api (bisa dijadikan bahan di ceritanya nanti) Kelebihan: Pantang menyerah (bisa jadi cara dia mengatasi masalah) Sesuatu yang bisa menjadi ciri visual: Ciri khas karakter bisa bentuk badan, wajah, rambut, pose, emblem/logo, senjata, kostum, dsb.

• PERALATAN MEMBUAT KOMIK 1. Pembuatan Komik Digital : – Komputer atau Laptop Alat menggambar komikus terpenting yang harus dipakai untuk membuat komik digital. Yah, kalau nggak ada komputer, gimana bisa bikin komik digital ya? Komputer ini nggak harus kamu beli lho, kamu bisa kok pakai komputer yang ada di warnet, di kampus, atau minjem punya temen. Asal jangan lupa komikmu disimpen di flash disk atau hard drive eksternal ya.

– Software Software yang paling sering dipakai komikus adalah Adobe Photoshop. Di Photoshop ini, kamu bisa menggambar apapun yang kamu mau. Kamu bahkan bisa masukin gambar lain sebagai referensi untuk komik kamu. Kamu juga nggak perlu repot-repot ngehabisin banyak kertas buat sketsa komik, karena semuanya bisa dilakukan di Photoshop ini. -Tablet Grafis Tablet Grafis ini adalah sebuah tablet persegi panjang yang berfungsi sebagai kanvas yang bisa dicoret-coret dengan pen yang disertakan.

Apapun yang digambar di sana, akan muncul di layar komputer. -Referensi Cara untuk mendapatkan ide apa yang dimaksud dengan komik dengan mencari referensi dari komik-komik lain. 2. Pembuatan Komik Manual : • Kertas HVS Kertas, merupakan paling dibutuhkan karna menggambar tanpa kertas itu tidak mungkin kan. Untuk mangaka/komikus pro biasanya menggunakan kertas ukuran B4 atau kertas khusus.

Akan tetapi tidak ada salahnya menggunakan kertas ukuran A4 saja. • Pensil Pensil, ini juga benda yang paling dibutuhkan dalam membuat komik.

apa yang dimaksud dengan komik

Pensil digunakan untuk membaut sketsa sebelum kamu membuat Line, dalam membuat sketsa dengan pensil kamu bisa menggunakan pensil mekanik (lebih tipis) atau pensil HB (kenapa HB ?, karna lebih mudah di hapus dari pada 2b). • Penghapus Dimana ada Pensil disitu ada penghapus, itu karna mereka saling membutuhkan. Kalo penghapus bisa pakai penghapus apa saja. • Penggaris Penggaris juga salah satu benda yang dibutuhkan dalam membuat komik. Terutama dalam membuat Background kota. • Pulpen Pulpen biasa digunakan untuk membantu membuat lineart.

Untuk pulpen baiknya menggunakan pulpen Joyko, karna warnanya hitam terang • Drawing Pen Inilah senjata andalan para Komikus indonesia. Drawing pen, digunakan untuk membuat Lineart.

Mempunyai berbagai macam ukuran. • G-pen, Maru-pen, Saji-pen Ini juga salah satu senjata andalan para komikus indonesia dan mangaka jepang. G-pen, Saji-pen, Maru-pen (Kiri-kanan), beda jenis beda juga hasil goresannya.

Jangan lupa untuk membeli Pen holdernya juga,karena terjual terpisah dengan mata pennya. • Kuas + Tinta Hitam Kuas dan Tinta digunakan untuk Inking.

Tinta hitam kamu bisa menggunakan Tinta Cina, untuk kuas, kamu beli kuas berukuran kecil atau berbagai macam ukuran. • Tinta Putih Tinta Putih Digunakan untuk membuat highlight dan menghapus bagian yang keluar garis.

Akan tetapi ini tidak harus, untuk membuat highlight dan menghapus bagian yang keluar itu bisa dilakukan saat diedit di Photoshop atau software lain. • Pensil Warna Tapi kebanyakan orang sudah mewarnai secara digital. Tapi kalau kamu mau mewarnai secara tradisional kamu bisa membeli pensil warna Faber Castle.

• Tracing Table Tracing Table yang selalu di pakai oleh komikus dan ilustrator. Tapi ini tidak wajib, karna harganya juga mahal.

Tapi jangan bersedih, apa yang dimaksud dengan komik bisa membuatnya sendiri dengan modal meja, kaca, dan lampu + imajinasi kamu sendiri. • Scanner Dan ini lah yang terakhir. Scanner, ini untuk men-Scan hasil komik kamu yang nantinya untuk di perbagus dengan photoshop atau software lain.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Komik https://www.freemagz.com/outloud/mengenal-jenis-jenis-komik-11923 http://www.ayoksinau.com/pengertian-komik-menurut-para-ahli-ciri-ciri-komik-dan-jenis-jenis-komik-ayoksinau-com/ http://tugaskuliahchrs.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-komik-ciri-ciri-komik-jenis.html http://ngomikindonesia.blogspot.co.id/2012/05/apa-itu-komik.html https://blog.internetclub.or.id/definisi-komik/ 9 April 2018 Graphic Design & Ilustration adobeilustrator, adobephotoshop, anime, apaituilustrasi, cartoon, comic, comicbook, comics, comicstrip, desaingrafis, design, digitaldrawing, digitalilustrasi, digitalpainting, draw, drawing, gambar, grafis, grafisvector, graphic, graphicdesign, ilustrasi, ilustration, ilustrator, komik, komikstrip, komikus, manga, manualdrawing, manualilustrasi, melukis, mengenalilustrasi, menggambar, pengertianilustrasi, sketch, sketchdrawing, sketsa, vector Navigasi pos
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik diartikan sebagai suatu cerita bergambar yang mudah dicerna dan lucu biasanya terdapat di majalah surat kabar atau dibuat berbentuk buku.

Secara umum komik dapat diartikan sebagai salah satu media yang berfungsi untuk menyampaikan cerita melalui ilustrasi gambar untuk pendeskripsian sebuah cerita.

Komik juga dapat diartikan sebagai karya sastra berbentuk cerita yang ditampilkan berupa gambar dan didalam kisah cerita terdapat satu tokoh yang diunggulkan. Komik biasanya berisi mengenai cerita fiksi, sama seperti dengan karya sastra yang lain. Dalam berbagai pendapat tentang komik menurut para ahli yang dibahas diatas, dapat disimpulkan bahwa komik menjadi suatu cerita yang berupa kumpulan-kumpulan gambar yang diberi keterangan seperti teks untuk penjelasan ceritanya.

Dalam bidang Pendidikan komik digunakan sebagai bahan ajar atau media pembelajaran. Berikut ini ulasan mengenai Pengertian Komik yang bisa diketahui: Baca juga : Apa Itu Novel ? • Ciri-ciri Komik • Bersifat Proposional • Bahasa Percakapan • Bersifat Kepahlawanan • Penggambaran Watak • Menyediakan Humor • Jenis-Jenis Komik • Komik Strip (Comic Strip) • Komik Buku • Komik Sense of humour dan Petualangan • Komik Biografi dan Komik Ilmiah • Pembagian Komik Berdasarkan Jenis Cerita • Komik Edukasi • Komik Promosi (Iklan) • Komik Wayang • Komik Silat • Macam-Macam Komik Lainnya • Komik Kartun atau Karikatur • Komik Potongan • Komik Tahunan • Komik Online • Buku Komik Ciri-ciri Komik Ciri-ciri Komik Seperti halnya dengan buku bacaan fiksi.

Namun, berbeda dengan bacaan fiksi dan nonfiksi yang menyampaikan cerita dengan teks verbal, komik hadir lewat gambar dan bahasa, lewat teks verbal dan nonverbal sekaligus. Hubungan antara teks exact dan nonverbal dalam komik begitu erat dan tidak bisa dipisahkan tanpa kehilangan spirit ceritanya. Cerita dan pesan yang ingin disampaikan diungkapkan lewat gambar dan bahasa, maka gambar-gambar yang ditampilkan dalam bentuk panel-console mesti berurutan, yang satu hadir sesudah yang lain dan berhubungan secara bermakna.

Dalam cerita komik panel gambar lebih dominan daripada teks verbal, dan banyak panel gambar yang sudah berbicara tanpa unsur bahasa atau dengan unsur bahasa yang terbatas. Bahasa Percakapan Bahasa yang digunakan dalam komik biasanya menggunakan bahasa percakapan sehari-hari, jadi pembaca mudah mengerti dan memahami bacaan komik. Komik tidak menggunakan bahasa yang sulit untuk dipahami oleh pembacanya. Bersifat Kepahlawanan Umumnya isi cerita yang ada didalam komik akan cenderung membuat pembaca memiliki rasa atau sikap kepahlawanan.

Penggambaran Watak Penggambaran watak dalam komik, digambarkan cukup sederhana. Tujuan dari penggambaran yaitu agar si pembaca mudah mengerti karakteristik tokoh- yang terlibat dalam komik tersebut. Menyediakan Humor Humor kasar yang tersaji dalam komik mudah dipahami seseorang karena memang humor tersebut sering ada di masyarakat sampai saat ini.

Jenis-Jenis Komik Jenis-Jenis Komik Sama dengan berbagai genre sastra lainnya, komik dapat dibedakan kedalam beberapa kategori. Dilihat dari segi bentuk penampilan atau kemasan, komik dapat dibedakan menjadi : Baca juga : Apa Itu Majas ?

Komik Strip (Comic Strip) Komik strip adalah komik yang hanya terdiri dari beberapa panel gambar, namun dilihat dari isi telah mengungkapkan sebuah gagasan yang utuh. Tentu saja karena gambarnya hanya sedikit dan gagasan yang disampaikan juga tidak terlalu banyak, maka hanya melibatkan satu fokus pembicaraan seperti tanggapan terhadap berbagai peristiwa dan isu-isu mutakhir.

Komik strip secara mudah ditemukan dalam berbagai majalah anak dan surat kabar seperti contohnya majalah bobo dan kids fantasi. Komik Buku Komik buku merupakan sebuah komik yang dikemas berbentuk buku dan satu buku yang menampilkan sebuah cerita yang utuh. Komik buku biasanya berseri dan satu judul buku komik sering muncul berpuluh seri dan seperti tidak ada habisnya. Komik tersebut memang ada yang menampilkan cerita yang berkelanjutan, tetapi ada juga yang tidak.

Antara komik seri sebelum dan sesudah tidak ada kaitan peristiwa dan konflik yang ada sebab akibat. Komik Sense of humor dan Petualangan Komik adalah salah satu yang banyak digemari oleh anak-anak. Secara isi komik humor menjadi komik yang menampilkan sesuatu yang lucu yang mengandung pembaca untuk tertawa saat menikmati komik tersebut.

Aspek kelucuan dan sense of humor dapat diperoleh melalui berbagai cara baik lewat gambar-gambar dan lewat kata-kata. Komik sense of humor menampilkan gambar-gambar yang lucu baik dilihat dari segi potongan, ukuran tubuh, tampang, proporsionalitas bagian tubuh dan bentuk-bentuk bagian tubuh yang lebih sering terlihat aneh. Komik petualangan menjadi komik yang menampilkan cerita petualangan tokoh-tokoh cerita dalam rangka mengejar, apa yang dimaksud dengan komik, memperjuangkan, membela, perkelahian dan aksi lain yang termasuk dalam aksi petualangan.

Komik menampilkan dua kelompok tokoh, yaitu kelompok baik dan kelompok jahat, yang berseberangan memperebutkan sesuatu atau mempertahankan prinsip masing-masing dan hampir dipastikan kelompok baik yang selalu memenangkan perkelahian walaupun sebelumnya banyak terjadi halangan. Komik Biografi dan Komik Ilmiah Komik biografi sebagai kisah hidup seorang tokoh sejarah yang ditampilkan dalam bentuk komik.

Biografi tokoh yang bersangkutan telah ditulis dalam bentuk buku biografi yang menggunakan lambang exact. Komik ini selalu berkaitan dengan aspek lain sesuai dengan tokoh yang dikomikkan seperti, aspek sejarah, seni, religious, dan lain-lainnya. Komik ilmiah adalah campuran antara narasi dan komik, dalam komik ilmiah tekanan ada pada proses penemuan dan barang temuannya. Contoh buku campuran narasi dan komik dalam seri penemuan yang dimaksud yaitu penemuan telepon, penemuan televisi, penemuan pesawat terbang, penemuan mobil penemuan film, dan sebagainya.

Buku tentang komik ditulis dengan kemasan komik Understanding Comics yang dirujuk pada tulisan tampaknya dapat dikategorikan sebagai komik ilmiah murni karena banyak berisi uraian konseptual dan tanpa unsur biografi tokoh.

Pembagian Komik Berdasarkan Jenis Cerita Pembagian Komik Berdasarkan Jenis Cerita Komik Edukasi Komik edukasi memiliki two fungsi, yaitu : • Apa yang dimaksud dengan komik adalah fungsi hiburan. • Kedua bisa dimanfaatkan baik langsung dan tidak langsung untuk tujuan edukatif.

Dikarenakan kedudukan komik semakin berkembang kearah yang baik karena masyarakat sudah menyadari nilai komersial dan nilai edukatif yang dibawanya. Komik Promosi (Iklan) Komik menumbuhkan imajinasi yang selaras dengan dunia anak, sehingga muncul komik yang dipakai untuk keperluan promosi pada sebuah produk. Visualisasi komik promosi biasanya menggunakan figur superhero. Komik Wayang Komik wayang adalah komik yang bercerita mengenai cerita wayang, seperti komik yang menceritakan tentang mahabharata yang menjelaskan perang besar antara kurawa dan pandawa atau cerita ramayana yang bercerita tentang penculikan dewi shinta.

Komik jenis ini di indonesia muncul di tahun lx dan 70an dengan beberapa yang mengawali yaitu, lahirnya gatotkatja (Keng Po), raden palasara karya John Lo.

Kisah mahabharata yaitu karya R A kosasih yang sangat terkenal terbitan melodi dari bandung. Macam-Macam Komik Lainnya Komik Kartun atau Karikatur Yaitu komik yang isinya berupa satu tampilan, komik didalamnya berisi beberapa gambar tokoh yang digabungkan dengan tulisan. Maksud komik ini mengandung unsur kritikan, sindiran dan humor.

Sehingga dari gambar kartun atau tokoh dan tulisan dapat memberikan sebuah arti yang jelas kemudian pembaca bisa memahami maksud dan tujuan dari komik tersebut. Komik Potongan Komik potongan yaitu penggalan-penggalan gambar yang digabungkan menjadi satu bagian atau sebuah alur cerita pendek (cerpen). Namun isi dari ceritanya tidak harus selesai disitu dan ceritanya bisa dibuat bersambung juga dibuat sambungan ceritanya lagi.

Komik biasanya terdiri dari iii sampai six panel atau lebih. Komik Potongan biasanya disodorkan dalan tampilan harian atau mingguan di sebuah surat kabar, majalah atau tabloid/buletin. Penyajian komik potongan berisi cerita humor, cerita yang serius dan asik untuk dibaca setiap episode sampai akhir ceritanya. Komik Tahunan Komik tahunan yaitu komik yang biasanya terbit setiap satu bulan sekali dan dapat juga satu tahun sekali.

Penerbit akan menerbitkan buku- buku komik baik itu cerita putus dan series putus. Komik Online Selain media cetak, juga ada media online. Dengan adanya media Internet jangkauan pembacanya bisa lebih luas daripada media cetak. Komik online lebih menguntungkan dibanding komik media cetak, dikarenakan biaya komik online lebih murah dan dapat menyebarluaskan komik yang bisa dibaca oleh siapa saja. Buku Komik Buku komik adalah suatu cerita yang berisi gambar-gambar, tulisan dan cerita yang dikemas dalam sebuah buku.

Buku komik sering ditemukan bahkan mungkin sering dibaca. Buku komik disebut dengan komik cerita pendek, yang biasanya di dalam komik berisikan 32 halaman namun ada juga komik yang berisi 48 halaman dan 64 halaman.

Komik biasanya berisikan cerita lucu, cerita cinta dan superhero. Baca juga : Kumpulan Gambar Poster Sekian ulasan tentang Pengertian Komik yang bisa diketahui, semoga bermanfaat.

Apa Yang Dimaksud Dengan Komik Edukasi Source: https://www.tahukau.com/apa-itu-pengertian-komik/ Terbaru • Download Video Cara Membuat Bros Dari Kain Perca • Bakteri Mempertahankan Diri Pada Lingkungan Buruk Dengan Cara • Pdf Peternakan Sapi Perah Di Indonesia • Cara Membuat Tas Dari Bungkus Kopi Kapal Api • Logo Bidang Peternakan Dinas Pertanian Dan Perikanan • Cara Mengatasi Kertas Nyangkut Di Printer Epson L3110 • Apa yang dimaksud dengan komik Membuat Pot Bunga Dari Gelas Aqua • Jurnal Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Kuda • Untuk Menambahkan Slide Baru Kita Dapat Menggunakan Cara Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
noneArtikel Terbaru • Sistem Parlementer • Pengertian Bela Negara • Ideologi Adalah • Tes Wartegg • Iman Kepada Allah • Struktur Kulit • Norma Kesopanan • Pengertian Kedaulatan • Letak Astronomis Indonesia • √Flowchart adalah : Pengertian, Jenis, Perbedaan, Tujuan dan Fungsi Secara Lengkap • Momen Inersia • √ Manusia Purba Di Indonesia : SejarahPengertian dan Jenisnya • Manajemen Pemasaran Adalah • Kompetensi Adalah • Implementasi Adalah
• Afrikaans • Alemannisch • Aragonés • العربية • مصرى • অসমীয়া • Asturianu • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Žemaitėška • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Български • Banjar • বাংলা • Brezhoneg • Bosanski • ᨅᨔ ᨕᨘᨁᨗ • Català • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • کوردی • Corsu • Qırımtatarca • Čeština • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Føroyskt • Français • Arpetan • Nordfriisk • Furlan • Frysk • Gaeilge • 贛語 • Kriyòl gwiyannen • Gàidhlig • Galego • Gaelg • 客家語/Hak-kâ-ngî • עברית • हिन्दी • Fiji Hindi • Hrvatski • Magyar • Հայերեն • Interlingua • Ilokano • Íslenska • Italiano • 日本語 • Patois • Jawa • ქართული • Қазақша • 한국어 • Kernowek • Кыргызча • Latina • Lëtzebuergesch • Limburgs • Lietuvių • Latviešu • Олык марий • Македонски • മലയാളം • Монгол • Bahasa Melayu • Mirandés • Plattdüütsch • नेपाली • नेपाल भाषा • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Nouormand • Occitan • Livvinkarjala • ਪੰਜਾਬੀ • Picard • Polski • پنجابی • Português • Runa Simi • Română • Русский • Sardu • Sicilianu • سنڌي • Srpskohrvatski / српскохрватски • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Shqip • Српски / srpski • Seeltersk • Sunda • Svenska • Kiswahili • தமிழ் • తెలుగు • Тоҷикӣ • ไทย • Tagalog • Türkçe • Татарча/tatarça • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Vèneto • Vepsän kel’ • Tiếng Việt • West-Vlams • Walon • Winaray • 吴语 • მარგალური • ייִדיש • 中文 • Bân-lâm-gú • 粵語 Balon ucapan Studi apa yang dimaksud dengan komik • Pendidikan • Sejarah apa yang dimaksud dengan komik Glosarium Metode • Kartun • Fumetti Format Media • Buku komik • Strip komik • Kartun editorial • Kartun lelucon • Novel grafik • Komik web • Webtoon Komik menurut Negara dan Budaya • Komik Amerika • Komik Belanda • Komik Belgia • Komik Britania Raya • Komik Indonesia • Komik Italia • Komik Jerman • Komik Kanada • Komik Prancis-Belgia • Manga • Manhua • Manhwa • Webtoon • Komik Portugal • Komik Spanyol Komunitas • Komikus • Penghargaan • Kartunis • Pengumpulan • Penerbit • Penjualan Salah satu ilustrasi komik ( Pepper&Carrot oleh David Revoy) Komik adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya.

Komik sering mengambil bentuk urutan panel yang disandingkan. Seringkali perangkat tekstual seperti balon ucapan, keterangan, dan onomatope menunjukkan dialog, narasi, efek suara, atau informasi lainnya. Ukuran dan pengaturan panel berkontribusi pada kecepatan narasi. Kartun dan bentuk-bentuk ilustrasi serupa adalah cara pembuatan gambar yang paling umum dalam komik; fumetti adalah bentuk yang menggunakan gambar fotografi.

Bentuk umum komik termasuk strip komik, editorial dan lelucon, dan buku komik. Sejak akhir abad ke-20, volume yang terikat seperti novel grafik, album komik, dan tankōbon telah menjadi semakin umum, sementara webcomic telah berkembang pada abad ke-21.

Sejarah komik telah mengikuti jalur yang berbeda dalam budaya yang berbeda. Para sarjana telah mengajukan pra-sejarah sejauh lukisan gua Lascaux. Pada pertengahan abad ke-20, komik tumbuh subur khususnya di Amerika Serikat, Eropa Barat (terutama di Prancis dan Belgia), dan Jepang.

Sejarah komik Eropa sering ditelusuri ke strip kartun Rodolphe Töpffer pada tahun 1830-an, dan menjadi populer setelah keberhasilan strip tahun 1930-an dan buku-buku seperti The Adventures of Tintin. Komik Amerika muncul sebagai media massa di awal abad ke-20 dengan munculnya komik strip; Buku komik bergaya majalah mengikuti pada 1930-an, di mana genre pahlawan super menjadi menonjol setelah Superman muncul pada 1938.

Sejarah komik dan kartun Jepang ( manga) mengusulkan asal-usul pada awal abad ke-12. Strip komik modern muncul di Jepang pada awal abad ke-20, dan output majalah dan buku komik berkembang pesat pada era pasca-Perang Dunia II dengan popularitas kartunis apa yang dimaksud dengan komik Osamu Tezuka.

Komik telah memiliki reputasi rendah untuk sebagian besar sejarahnya, tetapi menjelang akhir abad ke-20 mulai menemukan penerimaan yang lebih besar dengan masyarakat dan akademisi. Istilah bahasa Inggris comics digunakan sebagai kata benda tunggal ketika merujuk ke medium jamak dan merujuk pada contoh-contoh tertentu, seperti strip individu atau buku komik. Meskipun istilah ini berasal dari karya humor ( comic) yang mendominasi dalam koran komik strip Amerika, ini telah menjadi standar juga untuk karya-karya non-humor.

Adalah umum dalam bahasa Inggris untuk merujuk pada komik dari budaya yang berbeda dengan istilah yang digunakan dalam bahasa aslinya, seperti manga untuk komik Jepang, atau bandes dessinées untuk komik berbahasa Prancis.

Tidak ada konsensus di antara para ahli teori dan sejarawan tentang definisi komik; beberapa menekankan kombinasi gambar dan teks, beberapa urutan atau hubungan gambar lain, dan aspek historis lainnya seperti reproduksi massal atau penggunaan karakter berulang. Meningkatnya konsep penyerbukan silang dari berbagai budaya dan era komik telah membuat definisi semakin sulit. Daftar isi • 1 Terminologi • 1.1 Istilah cerita bergambar • 2 Posisi komik di dalam seni rupa • 3 Referensi • 4 Lihat pula • 5 Bacaan lebih lanjut • 6 Pranala luar Terminologi [ sunting - sunting sumber ] Pada tahun apa yang dimaksud dengan komik, Will Eisner menerbitkan buku Graphic Storytelling, di mana ia mendefinisikan komik sebagai "tatanan apa yang dimaksud dengan komik dan balon kata yang berurutan, dalam sebuah buku komik." Sebelumnya, pada tahun 1986, dalam buku Comics and Sequential Art, Eisner mendefinisikan teknis dan struktur komik sebagai sequential art, "susunan gambar dan kata-kata untuk menceritakan sesuatu atau mendramatisasi suatu ide".

Dalam buku Understanding Comics (1993) Scott McCloud mendefinisikan seni sekuensial dan komik sebagai juxtaposed pictorial and other images in deliberate sequence, intended to convey information and/or to produce an aesthetic response in the viewer.

Para ahli masih belum sependapat mengenai definisi komik. Sebagian diantaranya berpendapat bahwa bentuk cetaknya perlu ditekankan. Yang lain lebih mementingkan kesinambungan gambar dan teks. Sebagian lain lebih menekankan sifat kesinambungannya ( sequential). Definisi komik sendiri sangat supel karena itu berkembanglah berbagai istilah baru seperti: • Picture stories – Rodolphe Topffer (1845) • Pictorial narratives – Frans Masereel dan Lynd Ward (1930-an).

apa yang dimaksud dengan komik Picture novella – dengan nama samaran Drake Waller (1950s). • Illustories – Charles Biro (1950s) • Picto-fiction – Bill Gaine (1950s) • Sequential art ( graphic novel) – Will Eisner (1978) • Nouvelle manga – Frederic Boilet (2001) Untuk lingkup Nusantara, seorang penyair dari semenanjung Melayu (sekarang Malaysia) Harun Amniurashid (1952) pernah menyebut 'cerita bergambar' sebagai Referensi istilah cartoons dalam bahasa Inggris.

Di Indonesia terdapat sebutan tersendiri untuk komik seperti diungkapkan oleh pengamat budaya Arswendo Atmowiloto (1986) yaitu cerita gambar atau disingkat menjadi cergam yang dicetuskan oleh seorang komikus Medan bernama Zam Nuldyn sekitar tahun 1970. Sementara itu Seno Gumira Ajidarma (2002), jurnalis dan pengamat komik, mengemukakan bahwa komikus Teguh Santosa dalam komik Mat Romeo (1971) pernah mengiklankan karya mereka dengan kata-kata "disadjikan setjara filmis dan kolosal" yang sangat relevan dengan novel bergambar.

Istilah cerita bergambar [ sunting - sunting sumber ] Akronim cerita (ber)gambar, menurut Marcell Boneff mengikuti istilah cerpen ( cerita pendek) yang sudah terlebih dahulu digunakan, dan konotasinya menjadi lebih bagus, meski terlepas dari masalah tepat tidaknya dari segi kebahasaan atau etimologis katanya. Tetapi menilik kembali pada kelahiran komik, maka adanya teks dan gambar secara bersamaan dinilai oleh Francis Laccasin (1971) sebagai sarana pengungkapan yang benar-benar orisinal.

Kehadiran teks bukan lagi suatu keharusan karena ada unsur motion yang bisa dipertimbangkan sebagai jati diri komik lainnya.

Karena itu di dalam istilah komik klasik Indonesia, cerita bergambar, tak lagi harus bergantung kepada cerita tertulis. Hal ini disebut Eisner sebagai graphic narration (terutama di dalam film dan komik). Posisi komik di dalam seni rupa [ sunting - sunting sumber ] Komik menurut Laccasin (1971) dan koleganya dinobatkan sebagai seni ke-sembilan.

Walaupun sesungguhnya ini hanya sebuah simbolisasi penerimaan komik ke dalam ruang wacana senirupa. Bukanlah hal yang dianggap penting siapa atau apa saja seni yang kesatu sampai kedelapan. Menurut sejarahnya sekitar tahun 1920-an, Ricciotto Canudo pendiri Club DES Amis du Septième Art, salah satu klub sinema Paris yang awal, seorang teoritikus film dan penyair dari Italia inilah yang mengutarakan urutan 7 kesenian di salah satu penerbitan klub tersebut tahun 1923-an.

Kemudian pada tahun 1964 Claude Beylie apa yang dimaksud dengan komik televisi sebagai yang kedelapan, dan komik berada tepat dibawahnya, seni kesembilan. Thierry Groensteen, teoritikus dan pengamat komik Prancis yang menerbitkan buku kajian komiknya pada tahun 1999 berjudul "Système de la bande dessinée (Formes sémiotiques)" yang akan terbit tahun 2007 menjadi "The System of Apa yang dimaksud dengan komik.

Ia berbicara definisi seni kesembilan dalam pengantar edisi pertama majalah "9e Art" di Prancis. Menurutnya, yang pertama kali memperkenalkan istilah itu adalah Claude Beylie. Dia menulis judul artikel, "La bande dessinee est-elle un art?", dan seni kesembilan itu disebut pada seri kedua dari lima artikel di majalah "Lettres et Medecins", yang terbit sepanjang Januari sampai September 1964.

Baru kemudian pada tahun 1971, F. Laccasin mencantumkan komik sebagai seni kesembilan di majalah "Pour un neuvieme art", sebagaimana yang dikutip oleh Marcel Boneff pada 1972 di dalam Komik Indonesia. Referensi [ sunting - sunting sumber ] • Annabel Teh Gallop, Malay Comic Books from the 1959s and 1960s (unpublished draft article, 1995) • Atmowiloto, A. (1982). Komik dan Kebudayaan Nasional. Majalah Analisis Kebudayaan, Tahun ke II, Nomor 1, 1981-82, hal.

apa yang dimaksud dengan komik

109-120. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. • Boneff, M., 1998. Komik Indonesia. Jakarta: KPG • http://www.editionsdelan2.com/groensteen/Systemebd/Systemebd.html Diarsipkan 2007-01-02 di Wayback Machine. • http://www.engel-cox.org/textvision/comics_is_the_ninth_art.html Diarsipkan 2007-04-29 di Wayback Machine.

• http://www.fumetti.org/goria/scrivere/002.htm • http://www.sequart.com/SequentialCulture19.htm Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Komik Indonesia • Novel grafik • Webtoon • komik terbaru • Carrier, David (2002). The Aesthetics of Comics. Penn State Press. ISBN 978-0-271-02188-1. • Cohn, Neil (2013). The Visual Language of Comics: Introduction to the Structure and Cognition of Sequential Images. London: Bloomsbury. ISBN 978-1-4411-8145-9.

• Dowd, Douglas Bevan; Hignite, Todd (2006).

apa yang dimaksud dengan komik

Strips, Toons, And Bluesies: Essays in Comics And Culture. Princeton Architectural Press. ISBN 978-1-56898-621-0. • Eisner, Will (1995). Graphic Storytelling. Poorhouse Press. ISBN 978-0-9614728-3-2.

• Estren, Mark James (1993). A History of Underground Comics. Ronin Publishing. ISBN 978-0-914171-64-5. • Groensteen, Thierry (2007) [1999].

apa yang dimaksud dengan komik

The System of Comics. University Press of Mississippi. ISBN 978-1-57806-925-5. • Groensteen, Thierry (2014). "Definitions". Dalam Miller, Ann; Beaty, Bart. The French Comics Theory Reader. Leuven University Press. hlm. 93–114. ISBN 978-90-5867-988-8.

apa yang dimaksud dengan komik

• Groth, Gary; Fiore, R., ed. (1988). The New Comics. Berkley Books. ISBN 978-0-425-11366-0. • Heer, Jeet; Worcester, Kent, ed. (2012). A Comics Studies Apa yang dimaksud dengan komik.

University Press of Mississippi. ISBN 978-1-60473-109-5. • Horn, Maurice, ed. (1977). The World Encyclopedia of Comics. Avon. ISBN 978-0-87754-323-7.

• Kunzle, David (1973). The Early Comic Strip: Narrative Strips and Picture Stories in the European Broadsheet from c. 1450 to 1825. University of California Press. ISBN 978-0-520-05775-3. OCLC 470776042. • Kunzle, David (1990). History of the Comic Strip: The Nineteenth Century. University of California Press. ISBN 978-0-520-01865-5. • Sabin, Roger (1996). Comics, Comix and Graphic Novels: A History of Comic Art. Phaidon. ISBN 978-0-7148-3993-6. • Waugh, Coulton (1947). The Comics.

University Press of Mississippi. ISBN 978-0-87805-499-2. • Stein, Daniel; Thon, Jan-Noël, ed. (2015). From Comic Strips to Graphic Novels. Contributions to the Theory and History of Graphic Narrative. De Gruyter. ISBN 978-3-11-042656-4. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Cari tahu mengenai Komik pada proyek-proyek Wikimedia lainnya: Definisi dan terjemahan dari Wiktionary Gambar dan media dari Commons Berita dari Wikinews Kutipan dari Wikiquote Teks sumber dari Wikisource Buku dari Wikibuku • Komik di Curlie (dari DMOZ) Jurnal akademik • The Comics Grid: Journal of Comics Scholarship • ImageTexT: Interdisciplinary Comics Studies • Image [&] Narrative • International Journal of Comic Art Diarsipkan 2013-01-14 di Wayback Machine.

• Journal of Graphic Novels and Comics Arsip • Billy Ireland Cartoon Library & Museum • Michigan State University Comic Art Collection • Comic Art Collection Diarsipkan 2011-07-19 di Wayback Machine. at the University of Missouri • Cartoon Art Museum of San Francisco • Time Archives' Collection of Comics Diarsipkan 2012-12-16 di Archive.is • "Comics in the National Art Library". Prints & Books. Victoria and Albert Museum.

Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-11-04. Diakses tanggal 2011-03-15. Basis data • Comic Book Database Diarsipkan 2019-12-17 di Wayback Machine. • Grand Comics Database Kategori tersembunyi: • Templat webarchive tautan wayback • Templat portal dengan seluruh portal berpranala merah • Artikel berpranala Curlie • Templat webarchive tautan archiveis • Artikel Wikipedia dengan penanda GND • Artikel Wikipedia dengan penanda BNF • Artikel Wikipedia dengan penanda LCCN • Artikel Wikipedia dengan penanda NDL • Artikel Wikipedia dengan penanda NKC • Artikel Wikipedia dengan penanda HDS • Artikel Wikipedia dengan penanda MA • Artikel Wikipedia dengan penanda NARA • Artikel Wikipedia dengan penanda ganda • Halaman ini terakhir diubah pada 1 Apa yang dimaksud dengan komik 2022, pukul 23.27.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

• Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •

KARIKATUR DAN KOMIK (KLS 8)




2022 www.videocon.com