Kasda online bank sulutgo co id

kasda online bank sulutgo co id

Manado - Bertempat di Aula Bank Indonesia, PT BPD Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank SulutGo) bekerjasama dengan pemerintah Sulawesi Utara dan BPKP hari ini (14/11) melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Implementasi elektronifikasi transaksi pembayaran/penerimaan pemda melalui aplikasi Kasda Online yang diintegrasikan dengan Simda Online antara Pemda Bolaang Mongondow, Minahasa Utar, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Talaud, dan Kota Manado dengan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Global Insight (2003) di beberapa negara, setiap peningkatan transaksi non tunai sebesar 10% akan berdampak pada peningkatan pembelanjaan konsumen sebesar 0,5%.

kasda online bank sulutgo co id

Di negara-negara tetangga, persentasi penggunaan non tunai (ritel dan high value) sudah di atas 50%, sementara di Indonesia, pembayaran penggunaan transaksi non tunai baru mencapai 31%. Penggunaan transaksi pembayaran non tunai di Indonesia yang masih relatif rendah tersebut perlu ditingkatkan mengingat luasnya wilayah dan jumlah populasi yang cukup besar merupakan potensi untuk perluasan akses layanan sistem pembayaran.

oleh karena itu, Bank Indonesia, telah mencanangkan "Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)" pada kamis, 14 Agustus 2014 lalu di Jakarta. Gerakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis dan juga lembaga-lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan, yang tentunya memberikan berbagai kemudahan terhadap stakeholder.

kasda online bank sulutgo co id

Untuk mengurangi ketergantungan terhadap transaksi tunai Bank Indonesia melaksanakan dua kebijakan untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat.

Kebijakan tersebut adalah Kebijakan Elektronifikasi dan Kebijakan Keuangan Inklusif. Elektronifikasi adalah suatu upaya yang terpadu dan terintegrasi untuk mengubah pembayaran tunai menjadi non tunai. Kebijakan ini diarahkan agar masyarakat mengenal layanan keuangan sehingga meningkatkan akses keuangan yang terbatas menjadi luas (inklusif) kebijakan dimaksud berdasarkan prinsip easy to use, secure dan convinience, transaksi mudah, aman dan nyaman serta terintegrasi.

Seperti yang kita ketahui bersama, penggunaan transaksi tunai memiliki kelemahan yang antara lain tidak efisien dan tidak aman apabila melakukan transaksi dalam jumlah besar, tidak transparan sehingga dapat menjadi sarana pencucian uang dan/atau korupsi, serta fakta tentang maraknya peredaran uang palsu baik secara nasional maupun regional. Tahun 2016 ini, Bank Indonesia telah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara dan Bank SulutGo untuk mendorong implementasi elektronifikasi transaksi pembayaran dan penerimaan seluruh Pemda Kabupaten/Kota yang belum melakukan implementasi demi tercapainya tata kelola yang baik dan transparansi pengelolaan keuangan pemda.

Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Dr. Peter Jacobs SH,MPA dalam sambutannya menyampaikan apresiasi bagi pemda kabupaten/kota yang telah melaksanakan implementasi elektronifikasi, karena dengan dilaksanakannya implementasi elektronifikasi untuk pembayaran dan penerimaan pemda akan membawa manfaat besar dalam pengelolaan keuangan pemda.

Ditambahkannya pula, bahwa Bank Indonesia berharap kiranya pelaksanaan ini dapat mentrigger seluruh Pemda Kabupaten/Kota serta instansi dan/atau pihak terkait lainnya yang belum melaksanakan untuk segera mungkin turut bersiap untuk melaksanakan implementasi elektronifikasi. Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - PT Bank Pembangunan Daerah Sulut Gorontalo (Bank SulutGo atau BSG) mendapat kepercayaan tiga pemerintah daerah di Sulut.

Torang pe Bank diberi kepercayaan mengelola Rekening Umum Kas Daerah (RKUD) Pemkab Bolmong, Pemkab Boltim dan Kota Kotamobagu. Direktur Utama Bank SulutGo, Jeffry Dendeng, Kepala Perwakikan BPKP Sulut, Setya Nugraha menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Bupati Boltim, Sam Sahrul Mamonto dan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara Penandatanganan berlangsung di aula lantai lima kantor pusat Bank SulutGo, Manado, Rabu (17/03/2021).

Kerja sama dengan Pemkab Bolmong dan Boltim terkait pemanfaatan Kas Daerah (Kasda) Online yang terintegrasi dengan Aplikasi Simda Keuangan dalam Rangka Peningkatan Pengelolaan Keuangan. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bank SulutGo dengan Pemkab Bolmong, Boltim dan Kota Kotamobagu, Rabu (17/03/2021). (tribunmanado.co.id/Fernando Lumowa) Selain itu, Bank Kasda online bank sulutgo co id dan Pemkab Bolmong bekerja sama dalam hal layanan pembayaran gaji dan tunjangan lainnya.

Sementara, kerja sama dengan Pemkot Kotamobagu, terkait pengembangan dan penggunaan aplikasi koneksi transaksi antar Rekening Kas Umum Daerah dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Direktur Utama Bank SulutGo, Jeffry Dendeng mengatakan, kepercayaan yang diberikan tiga Pemda memberi kebanggaan bagi pihaknya. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bank SulutGo dengan Pemkab Bolmong, Boltim dan Kota Kotamobagu, Rabu (17/03/2021).

(tribunmanado.co.id/Fernando Lumowa) "Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan," jelas Dendeng.
Bone Bolango - sebanyak 154 peserta pejabat pengelola keuangan dari Dinas, Badan, Bagian, Puskesmas, RSUD, Insepktorat dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan Keuangan daerah tahun kasda online bank sulutgo co id.

Kegiatan yang digelar Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKP) kabupaten Bone Bolango itu dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 6-10 Februari 2019, di Mercure Tateli Manado Resort and Convention, Provinsi Sulawesi Utara. Bupati Bone Bolango Hamim Pou didampingi Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone dan Sekda Ishak Ntoma mengatakan bahwa tujuan Bimtek para pejabat pengelola keuangan ini adalah agar mereka mempunyai pengetahuan yang semakin luas tentang regulasi maupun aturan dan substansi dari tata kelola keuangan yang baik.

Sehingga anggarannya menjadi terarah, maka dampaknya ke masyarakat Tidak ada Korupsi, tidak ada mark-up, tidak ada kebocoran, tidak ada penyimpangan dan juga tidak ada penyelewengan," kata Hamim Pou saat memberikan arahan pada Bimtek pengelolaan keuangan daerah tersebut, Sabtu (9/2/2019) Menurut Hamim, Bimtek seperti ini perlu dilakukan pemerintah daerah.

kasda online bank sulutgo co id

Apalagi saat ini punya standar tinggi." Kita ini sudah lima tahun berturut-turut meraih opini WTP. Sementara peraturan-peraturan baru terus datang dari pemerintah pusat yang harus dipahami oleh aparat pemerintah daerah, makanya perlu dilakukan Bimtek tentang pengelolaan kuangan,"ujar Hamim.

Sementara itu Jeffry A.M. Dendeng dalam sambutannya menekankan pentingnya penerapan aplikasi KASDA Online yang memberikan benefit kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten kota se-Sulut dan Gorontalo dari sisi keamanan, kemudahan, kecepatan dan Kehandalan (4K). Adapun keuntungan dari Aplikasi KASDA online Bank SulutGo yaitu Dari segi KEAMANAN aplikasi KASDA online menggunkaan 3-tier-authorization jadi setiap transaksi yang dilakukan pada aplikasi KASDA online akan diawasi oleh 3 pihak dan menggunkaan OTP Transaksi atau One Time Password, Password OTP merupakan salah satu cara transaksi dalam dunia digital sekarang yang di fungsikan sebagai pin untuk keamanan, dimana Pin tersebut dikirim langsung melalui sms langsung kepada pengguna.

Dari Segi KECEPATAN entry transaksi pada aplikasi KASDA Online Bank SulutGo bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pengguna sudah bisa melakukan transaksi secara real time (Real Time Transaction).

kasda online bank sulutgo co id

Dari Segi KEMUDAHAN, apalikasi KASDA Online Bank SulutGo dapat diakses dari perangkat apapun (PC, Lapto, atau Ponsel) yang penting terkoneksi internet dan aplikasi ini mudah penggunaannya.

Dari Segi KEHANDALAN, fitur dari KASDA Online Bank SulutGo adalah fitur informasi Saldo Rekening, Mutasi Rekening Koran Harian, Pemindahbukuan (single & multi-rekening), Pembayaran (Telkom, Pajak, PLN) dan Pembelian (Token PLN).

kasda online bank sulutgo co id

Penerapan Aplikasi KASDA Online ini sudah sejalan dengan edaran Mentri dalam Negeri dalam pengimplementasian transaksi non tunai mulai 1 Januari 2018 (Surat Edaran Mendagri No.

910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kota). Untuk itu Bank SulutGo berupaya mendukung solusi pengelolaan keuangan Pemda secara Non tunai, salah satunya melalui aplikasi KASDA Online V2.0 ini. PT Bank Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo) saat ini juga sedang berkonsentrasi untuk membantu membiayai sejumlah proyek yang akan dibangun di wilayah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melalui pemberian pinjaman daerah yang dibutuhkan.

"Jadi Bank SulutGo rencana akan memberikan pinjaman daerah.

kasda online bank sulutgo co id

Ada beberapa proyek yang akan dibangun di Kabupaten Bonebol. Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila yang akan kita proses untuk diberikan bantuan berupa pinjaman daerah", kata Direktur Utama PT. Bank SulutGo Jeffry A.M. Dendeng, Launching KASDA Online SIMDA dan Bank Sulteng Bertepatan dengan ulang tahun Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah YANG KE-54 tanggal 13 Kasda online bank sulutgo co id 2018 telah dilaunching KASDA ONLINE SIMDA dan Bank Sulteng, yang sebelumnya telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah oleh Gubernur Sulawesi Tengah H.

Longki Djanggola M.Si, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah dan Bank Sulteng. Persyaratan untuk implem,entasi Kasda Online adalah Pemerintah daerah menggunakan Aplikasi SIMDA Keuangan dan bekerjasama untuk mengaplikasikan Kasda Online untuk memperoleh interface dengan aplikasi Bank Sulteng. Perolehan file interface ini adalah tanpa biaya atau gratis.

Beberapa manfaat Kasda Online adalah pencairan SP2D dapat dilakukan tepat waktu (tanpa harus dikirim ke Bank terlebih dahulu), mengurangi resiko pengembalian berkas SP2D yang dikarenakan adanya kesalahan nomor rekening atau nama rekening tujuan, Pemerintah Daerah dapat memantau kondisi keuangan Kas Daerah terkini melalui rekening koran setiap waktu (Real time), monitoring terhadap pengeluaran Rekening Kas Daerah (RKUD) di Bank dapat dilakukan secara online dari kantor Kas Daerah Pemda, mempermudah Kasda dan Bank dalam melakukan rekonsiliasi data pencairan SP2D ke rekening SKPD/Dinas atau pihak ketiga penerima proyek, mempermudah Kasda dalam melakukan integrasi dengan aplikasi eksternal yang sudah digunakan di Kasda sebelumnya, mempermudah administrasi Bank dan Kasda dalam proses pencairan SP2D.

Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Tengah memberikan apresiasi kepada BPKAD Provinsi Sulawesi Tengah, BPKP dan Bank Sulteng.

kasda online bank sulutgo co id

Kedepan Gubernur berharap untuk mengaplikasikan transaski non tunai. Acara selanjutnya berupa pemotongan tumpeng oleh Kepala BPKAD Provinsi Sulawesi Tengah bu Eda Nur Ely yang diserahkan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah. Implementasi Kasda Online ini dipraktekkan langsung dengan demo oleh salah satu OPD yang mengajukan SPM, SPM diterima oleh salah satu petugas Bidang Perbendaharaan untuk dilakukan verifikasi, setelah data cukup maka disipakan SP2D, SP2D siap ditandatangani oleh Kuasa BUD dan dibuatkan Daftar Penguji SP2D.

Sementara dengan adanya SPM yang masuk, Bank Sulteng sudah menguji kesesuaian kasda online bank sulutgo co id penerima Pencairan, maka setelah selesai dibuatkan Daftar Penguji dan dikirim pemberitahuan ke Bank Sulteng, saat itu juga Bank Sulteng mengirim dana ke piahk ketiga/Bendahara Pengeleuaran yang tercantum di SPM.

Acara diakhiri dengan tepuk tangan dan bersalaman dengan Gubernur Sulawesi Tengah, pegawai BPKAD, Bank sulteng dan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah. Berita Terkini • BPKP Sulteng dan TVRI Sulteng, Inisiasi Kemitraan Publikasi Pengawasan 26 April 2022 12:29:57 • Saku Desa, Inovasi BPKP Sulteng Cegah Korupsi Keuangan Desa di Sulawesi Tengah 23 April 2022 12:49:04 • Layanan Si@PIP: Inovasi BPKP Sulteng untuk Akselerasi Peningkatan Kapabilitas APIP 20 April 2022 11:02:31 Berita Terkait • Kepala Perwakilan BPKP Sulteng Lantik Pejabat Baru: Adaptasi dan Jalin Komunikasi dengan Mitra 08 April 2022 09:17:25 • BPKP Sulteng Lepas Dua Pegawai yang Akan Bertugas di Tempat yang Baru 30 Maret 2022 15:00:42 • Doa Bersama di Akhir Bulan Maret, Menutup Bulan dengan Kebaikan 30 Maret 2022 14:58:43
Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - PT Bank Sulut Gorontalo (Bank SulutGo atau BSG) kembali mendapat kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Setelah kerja sama pengelolaan keuangan Rekening Umum Kas Daerah (RKUD), Pemkab Bolsel mempercayakan pengelolaan transaksi keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP ke Torang pe Bank. Baca juga: Mahasiswi Cantik Asal Tondano Isabella Lensun Ajak Masyarakat Jaga Destinasi Wisata Baca juga: Dulu Desa Tambang kini Desa Lihunu Kini Jadi Desa Wisata, Pulau Bangka Likupang Sambut KEK Baca juga: IPDN 2021 Resmi Dibuka, Terbuka Kesempatan Bagi Anda, Berikut Syarat hingga Tahapan Seleksinya Direktur Utama BSG, Revino M Pepah dan Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Transaksi Elektronik Dana Bantuan Operasional (BOS) SD dan SMP se-Bolsel.

Penandatanganan PKS dilakukan Kepala Cabang BSG Molibagu Yunik Paputungan dengan Kepala Dinas Pendidikan Bolsel, Rante Hattani di Quality Hotel Manado, Jumat (09/04/2021) sore. Baca juga: Disdik Bolsel Ubah Mekanisme Transaksi ke Program Gerakan Non Tunai Baca juga: Kunci Chord Gitar To The Bone - Pamungkas - Lirik: Take Me Home Im Fallin Baca juga: Nikita Mirzani Ingin Punya Anak dari Dimas BecK, Meskipun Tidak Menikah Nggak Apa-apa Revino Pepah mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kepercayaan Pemkab Bolsel.

kasda online bank sulutgo co id

"Kami komit memberikan pelayanan terbaik ke Pemkab Bolsel," ujar Pepah. Menurutnya, pengelolaan Dana BOS akan semakin mudah dengan layanan Kasda Online BSG. Transaksi dana BOS tidak lagi tunai tapi online.
PT Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank SulutGo) terus berupaya meningkatkan pelayanan sekaligus dalam rangka mendukung program pemerintah daerah (Pemda) dalam mencapai pengelolaan keuangan daerah yang baik, transparan dan akuntabel.

kasda online bank sulutgo co id

Hal itu salah satunya diwujudkan dengan peluncuran Kas Daerah (Kasda) online. Hari Jumat (10/6), setidaknya ada empat pemda di Provinsi Gorontalo melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Kasda Online Bank SulutGo.

kasda online bank sulutgo co id

Mereka masing-masing Pemda Kabupaten Boalemo, Pemda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Pemda Kabupaten Pohuwato dan Pemda Kota Gorontalo. Sebelumnya, Pemda Kabupaten Gorontalo dan Pemda Bone Bolango (Bonbol) telah lebih dulu menandatangani nota kesepahaman dan PKS pada Desember 2015 lalu.

Kasda online bank sulutgo co id begitu, seluruh pemda tingkat II di Provinsi Gorontalo menerapkan Kasda Online. Kegiatan buka puasa bersama keluarga besar PT Bank SulutGo dibuka langsung oleh Direktur Utama PT Bank SulutGo, Johanis Ch.

Salibana. Pada kesempatan itu, Johanis menyampaikan apresiasinya terhadap upaya dan sinergitas yang dilakukan pemerintah provinsi dan Bank SulutGo sehingga dapat mewujudkan Kasda Online. Melalui Kasda Online, dapat memberi dampak positif terhadap pelayanan publik dan hal ini dapat dirasakan pemerintah diantaranya mengurangi resiko pengembalian berkas SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana), memudahkan pemerintah dalam memantau transaksi keuangan daerah, mempercepat proses pembayaran atas realisasi SP2D kepada pihak ketiga dan memudahkan pemerintah melakukan rekonsiliasi keuangan.

"Berbagai manfaat tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel serta meningkatkan opini BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah", ungkap johanis dalam sambutannya. Ditambahkannya pula, bahwa PT. Bank SulutGo akan terus mendukung kesungguhan pemerintah di Provinsi Gorontalo dalam melakukan perbaikan demi perbaikan yang meliputi kebijakan akuntansi, memperbaiki sistem pembukuan dan pencatatan terhadap transaksi transaksi keuangan, perbaikan dalam pengelolaan aset melalui inventaris aset dan penatausahaan yang lebih tertib, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama yang berkaitan tentang pengelolaan keuangan daerah yang dimulai dari tingkat pelaksana sampai manajemen, "Dengan demikian, setiap pengambilan keputusan yang mempengaruhi kekayaan daerah telah mengacu pada ketentuan UU serta azas transparansi dan akuntabilitas", pungkasnya.

Acara Penandatanganan Kasda Online dan Buka puasa bersama ini merupakan ajang silahturahmi antara pimpinan Bank SulutGo dengan para stakeholder yang berada di wilayah Gorontalo dan sekitarnya.

kasda online bank sulutgo co id

Tidak lupa dalam kesempatan tersebut Bank SulutGo menyerahkan paket bantuan kepada 101 anak yatim dari tiga panti asuhan se-Gorontalo.

Tutorial Approve Transaksi Kasda Online V.2.0 Via Telegram




2022 www.videocon.com