Penambah trombosit anak

penambah trombosit anak

Menurunnya trombosit dapat menjadi kondisi yang mengkhawatirkan pada manusia, dikarenakan efek samping yang dialami apabila semakin parah akan dapat mengancam keselamatan jiwa seseorang.

Apabila trombosit menurun, maka otomatis sistem kekebalan tubuh kan kehilangan salah satu sel andalan mereka dalam memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak serta menutup luka baik yang berada di dalam organ maupun yang terjadi di area keluar tubuh.

Kadar trombosit normal pada seseorang yang sehat adalah antara 150,000-400,000 sel per mikroliter, dan apabila terjadi penurunan, sampai penambah trombosit anak tahap dimana trombosit hanya berjumlah sekitar 50,000 sel/mikroliter masih bisa diobati dengan makanan penambah jumlah trombosit, tetapi apabila sudah sampai ke jumlah 20,000 ke bawah maka perlu dilakukan transfusi trombosit. Sama seperti manfaat transfusi darah, transfusi trombosit berguna untuk mengisi tubuh dengan sel-sel trombosit baru sehingga jumlahnya di dalam tubuh akan meningkat.

Metode pelaksanaannya pun sama seperti cara melakukan transfusi darah terutama cara transfusi darah pada manusia. Dikarenakan penurunan trombosit merupakan salah satu penyebab transfusi darah dilakukan, maka demi menghindari hal tersebut sebaiknya kita perlu selalu mengatur pola makan dan menjaga kesehatan diri sendiri dikarenakan proses transfusi darah tersebut merupakan jalan paling terakhir mengingat prosedurnya yang kompleks dan rumit.

Akibat salah transfusi darah bisa menjadi faktor yang membahayakan bagi pasien, karena malah bisa memunculkan penyakit-penyakit baru seperti gagal ginjal atau gangguan pernafasan serta alergi, yang biasanya merupakan salah satu penambah trombosit anak efek transfusi darah beda golongan. Terutama apabila yang menderita penurunan trombosit adalah anak-anak, maka sebaiknya orang tua wajib melakukan beragam tindakan pencegahan untuk meminimalisir kemungkinan dilakukannya transfusi darah pada anak.

Beberapa cara yang paling tepat dalam melakukan hal itu adalah dengan memberikan asupan makanan yang mengandung banyak vitamin C, omega 3, serta vitamin B dan kaya akan kandungan zat besi sehingga daya tahan tubuh anak tetap terjaga. Tidak hanya itu saja, orang tua juga harus memantau dan mengawasi lokasi tempat si anak bermain supaya terhindar dari tempat-tempat yang rawan akan bakteri ataupun nyamuk pembawa virus sehingga mereka tidak dengan mudah tertular.

Selain itu, apabila kadar trombosit sudah sangat menurun, orang tua sebaiknya memberikan obat-obatan yang aman untuk diminum oleh anak dan tentunya berguna dalam menaikkan jumlah trombosit yang menurun. Beberapa obat untuk menaikkan trombosit pada anak tersebut antara lain adalah sebagai berikut: [AdSense-B] Obat ini mengandung ekstrak beras angkak dan buah jambu yang tinggi di dalamnya, dan karena sifatnya yang bisa dibilang herbal maka obat ini cukup aman dikonsumsi oleh anak-anak.

• Sari Kurma Bentuknya yang berupa sirup serta rasanya yang alami menjadikan Sari Kurma sebagai piliham tepat dalam mengobati masalah trombosit pada anak. Sesuai namanya, obat yang satu ini mengandung buah kurma yang lezat dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama dalam meningkatkan daya tahan. • Trolit Obat yang satu ini berbentuk serbuk sehingga mudah dikonsumsi oleh anak, dan merupakan salah satu produk dari Bintang Toedjoe yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi reputasinya dalam dunia medis dan juga pengobatan herbal di Indonesia.

Trolit mengandung ekstrak angkak dan jambu biji serta dilengkapi dengan kandungan vitamin B1, B2, dan B12 yang berguna dalam menguatkan darah di dalam tubuh sehingga akan dengan mudah menaikan kadar trombosit.

penambah trombosit anak

{INSERTKEYS} [AdSense-B] • Remufit Remufit merupakan obat yang sangat dipercaya dalam menyembuhkan seseorang dari penyakit demam berdarah (DBD) yang disebabkan oleh virus dengue. Penyakit demam berdarah itu sendiri merupakan penyakit yang dapat menurunkan kadar trombosit di dalam tubuh dikarenakan virus tersebut menyerang sumsum tulang tempat darah dan juga trombosit diproduksi.

Obat ini juga termasuk obat alami yang mengandung ekstrak jambu biji dan angkak, serta juga mengandung banyak vitamin dan zat yang diperlukan tubuh seperti vitamin B1, B2, B6, B12 dan juga zinc dan NaCl. • Susu Kolostrum Power Mix Susu Kolostrum yang satu ini sebenarnya bukan dikhususkan untuk menaikkan kadar trombosit, tetapi tetap bisa disebut sebagai obat untuk menaikkan trombosit pada anak dikarenakan bentuknya yang berupa susu sangat mudah diminum oleh mereka.

Khasiat utama dari Susu kolostrum Power Mix ini adalah untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh dari serangan bakteri serta virus yang berbahaya dimana susu tersebut mengandung banyak zat dan gizi yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh anak dan juga dapat membantu tingkat pertumbuhan anak.

Semoga artikel singkat dari kami ini dapat bermanfaat serta membantu Anda dalam memulihkan kondisi anak atau dalam meningkatkan kesadaran akan perlunya menjaga kesehatan darah dan sistem imun anak Anda. Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya? • 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!

Liputan6.com, Jakarta Cara menaikkan trombosit pada anak bisa dilakukan dengan memenuhi nutrisi yang tepat. Trombosit merupakan sel darah berbentuk pelat, lengket, dan tidak berwarna yang membantu proses pembekuan darah. Ketika trombosit rendah, tubuh bisa mengalami serangkaian gejala seperti kelelahan, mudah memar, dan gusi berdarah. Trombosit lemah bisa terjadi karena beragam penyakit mulai dari tifus, leukemia, anemia, hingga demam berdarah. Kondisi ini bisa terjadi pada anak-anak. Untuk mengatasinya, penting mengetahui Cara Menaikkan Trombosit pada anak.

Selain pengobatan dan istirahat yang cukup, cara menaikkan trombosit pada anak yang tak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak. Cara menaikkan trombosit pada anak melalui asupan nutrisi ini dapat membantu tubuh membuat dan menjaga trombosit dalam darah. Cara menaikkan trombosit pada anak bisa dilakukan dengan pemberian makanan seperti buah, sayur, suplemen dan daging.

Cara menaikkan trombosit pada anak bisa membantu mempercepat pemulihan. Berikut cara menaikkan trombosit pada anak melalui makanan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(9/7/2020) Cara menaikkan trombosit pada anak yang pertama adalah meningkatkan asupan folat. Folat adalah vitamin B9 yang membantu pertumbuhan sel-sel, termasuk sel darah. Kekurangan folat dalam tubuh dapat menyebabkan jumlah trombosit darah yang lebih rendah. Makanan kaya folat sangat penting untuk pembelahan sel sehat dalam tubuh yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.

Makanan yang mengandung folat meliputi sayuran hijau gelap seperti bayam dan kale, hati sapi, telur, jeruk, pisang, alpukat, serta kacang dan biji-bijian.

Zat besi menjadi nutrisi yang penting dalam produksi sel darah. Zat besi sangat penting untuk tingkat sel darah merah dan trombosit yang sehat. Kekurangan zat besi pada anak dan remaja dapat meningkatkan risiko penurunan trombosit. Mengatur kadar zat besi penting untuk mengurangi kelelahan, mengobati anemia, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan kaya zat besi meliputi tiram, hati sapi, kedelai, bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Vitamin C berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu trombosit bekerja dengan benar. Konsumsi vitamin C bersama zat besi juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih efisien. Perpaduan zat besi dan vitamin C membantu meningkatkan jumlah trombosit.

Sumber vitamin C yang baik meliputi buah-buahan seperti mangga, jambu, dan jeruk, sayuran seperti bayam, brokol dan kembang kol. Konsumsi makanan-makanan ini dalam keadaan segar sangat disarankan karena proses pemanasan bisa merusak kandungan vitamin C. Vitamin B-12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Kadar B-12 yang rendah dalam tubuh juga dapat menyebabkan jumlah trombosit yang rendah. Vitamin B12 juga membantu mencegah jenis anemia yang disebut anemia megaloblastik yang menyebabkan lelah dan lemah.

Vitamin B12 juga terlibat dalam produksi energi dalam tubuh. Ini dapat membantu mengembalikan energi yang hilang selama pemulihan. Vitamin B-12 hadir dalam produk-produk hewani, termasuk daging sapi dan hati sapi, telur, ikan, dan produk susu. Vitamin D berkontribusi pada berfungsinya tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam fungsi sel sumsum tulang yang menghasilkan trombosit dan sel darah lainnya.

Tubuh dapat menghasilkan vitamin D dari paparan sinar matahari. Sumber vitamin D lainnya meliputi kuning telur, ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel, minyak hati ikan, serta produk makanan yang difortifikasi.

Cara menaikkan trombosit pada anak selanjutnya adalah konsumsi makanan kaya vitamin K. Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Mengonsumsi vitamin K membantu peningkatan jumlah trombosit dan gejala perdarahan. Nutrisi ini diperlukan untuk memastikan pertumbuhan sel yang sehat pada tingkat optimal dalam tubuh. Makanan yang kaya vitamin K meliputi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kale, dan brokoli, kedelai dan produk olahannya, telur, hati, dan labu.

Vitamin A sangat penting untuk produksi trombosit yang sehat. Nutrisi ini dikenal penting untuk pembentukan protein dalam tubuh. Kandungan protein yang sehat dalam tubuh membantu dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel. Makanan kaya vitamin A termasuk wortel, labu, kale, dan ubi jalar. Vitamin A juga bisa ditemukan pada sumber hewani seperti hati sapi, minyak hati ikan kod, dan ikan berlemak.

{/INSERTKEYS}

penambah trombosit anak

Klorofil adalah pigmen hijau yang memungkinkan tanaman menyerap penambah trombosit anak dari matahari. Konsumsi klorofil dapat membantu mengurangi beberapa gejala jumlah trombosit yang rendah. Selain itu, klorofil secara kimiawi mirip dengan hemoglobin, protein yang penting dalam sel darah merah karena membawa oksigen ke seluruh tubuh seseorang. Manfaat klorofil bisa didapat dari mengonsumsi langsung sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, atau rumput gandum. Klorofil juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Sebagian besar suplemen klorofil mengandung klorofilin. Klorofilin adalah turunan klorofil alami yang larut dalam air yang berpotensi diserap lebih baik oleh tubuh daripada bentuk klorofil lainnya.
Bagi siapa saja yang memiliki kadar trombosit rendah, maka sudah sepatutnya berusaha agar trombosit naik kembali.

Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan penambah trombosit, disamping menjalani pengobatan yang diberikan oleh dokter.

Kenapa trombosit harus normal? karena salah satu fungsi utama trombosit adalah melindungi tubuh sehingga tak kehilangan terlalu banyak darah saat terluka. Bila kadar trombosit terlalu rendah, maka berbagai masalah kesehatan akibat perdarahan baik luar maupun dalam bisa terjadi. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan jumlah trombosit dalam darah turun, mulai dari infeksi virus (misalnya DBD), efek alkohol, faktor genetik, efek samping obat-obatan tertentu, kehamilan, hingga penyakit kanker.

Walau jumlah trombosit secara alami bisa naik dengan sendirinya ketika penyebabnya teratasi, namun tak ada salahnya bila Anda juga memperbanyak penambah trombosit anak deretan makanan penambah trombosit berikut ini agar kenaikannya lebih cepat.

Makanan Penambah Trombosit Buah jambu biji, begitu populer dan dinobatkan menjadi buah yang memiliki khasiat menaikkan trombosit dengan cepat. Namun nyatanya tidak hanya jambu biji, karena masih banyak makanan penambah trombosit anak yang bisa menambah trombosit dalam darah. Berikut beberapa makanan penambah trombosit. • Bayam Bayam merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K (jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menghentikan pendarahan).

Didihkan 4-5 lembar daun bayam bersama 2 cangkir air selama beberapa menit. Dinginkan lalu campur dengan ½ cangkir jus tomat, minum 3x sehari untuk hasil terbaik. Anda juga bisa menyertakan bayam sebagai lauk, bahan smoothies, salad, atau makanan lainnya. • Biji-bijian Biji-bijian mengandung vitamin B9 yang dapat meningkatkan trombosit dalam darah. Sumber makanan lain yang juga mengandung vitamin ini antara lain asparagus, bayam, serta jeruk.

• Kacang-kacangan Saat trombosit turun, pertimbangkan untuk memilih cemilan sehat seperti almond, kacang tanah, walnut, atau pistachio. Kandungan vitamin K, D, dan fibrinogen yang membantu penyerapan kalsium sangat bagus untuk mendongkrak naik kadar trombosit.

• Kiwi Selain daun pepaya, kiwi merupakan alternatif makanan penambah trombosit yang bercitarasa lebih nikmat. Meski hasilnya mungkin tidak instan, namun mengonsumsi kiwi 2-3 kali sehari selama 4-5 hari bisa membawa dampak.

• Buah naga Buah naga mengandung banyak vitamin dan kerap dijadikan makanan penambah trombosit secara alami. • Makanan yang kaya dengan asam omega-3 Sebut saja biji rami, ikan, walnut, atau bayam, semuanya mengandung asam omega-3 yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta menaikkan kadar trombosit dalam darah.

penambah trombosit anak

• Makanan yang kaya akan vitamin B12 Kekurangan vitamin B12 kerap menjadi salah satu penyebab rendahnya kadar trombosit dalam penambah trombosit anak. Anda bisa mengonsumsi suplemennya atau mengonsumsi makanan yang sarat vitamin B12 seperti daging sapi, salmon, hati ayam, tuna, yogurt, serta kalkun. • Jus plum dan asam jawa Rendam asam jawa dalam air selama 2 jam, buang bijinya, lalu blender dengan 5-6 buah plum segar.

Saring lalu minum airnya 2-3 gelas. Agen antioksidan yang terkandung dalam jus ini dapat mendongkrak kadar trombosit dalam darah. • Strawberry dan yogurt Campurkan 9-10 strawberry ke dalam semangkuk yogurt, minum setiap hari saat sarapan. • Jus labu dan madu Dibutuhkan 4-5 potongan labu dan 1-2 sdt madu untuk membuat jus ini. Konsumsi 2-3 kali sehari agar hasilnya lebih efektif. • Kismis dan madu Celupkan 10-15 kismis dalam sedikit madu, lalu konsumsi bersama susu hangat sebelum sarapan.

Setelah 2-3 minggu, niscaya kadar trombosit akan kembali normal. • Acar gooseberry Untuk membuatnya, Anda perlu buah gooseberry, gula, dan asam sitrat. Cuci gooseberry, lalu tusuk dengan garpu, dan didihkan dalam 3 kendi air. Biarkan selama 3 menit lalu rendam buah seharian. Keesokan harinya, taburkan gula dan diamkan lagi seharian. Hari berikutnya, tambahkan asam sitrat lalu didihkan selama 15 menit, biarkan selama 2 hari. Simpan dalam wadah tertutup rapat, dan konsumsi 3-4 buah gooseberry saat perut masih dalam keadaan kosong.

• Kuning telur dan susu Sisihkan 1-2 kuning telur, lalu tuang ke dalam susu, campur dan tambahkan sedikit gula sebelum penambah trombosit anak. • Wortel, bit, dan seledri Cara terbaik untuk mengonsumsi sayuran di atas adalah dalam keadaan mentah, sebagai salad misalnya, guna memperoleh asupan vitaminnya dengan maksimal. • Air putih Untuk meningkatkan trombosit, hindari minum air dingin, pilihlah air hangat atau yang bersuhu ruang.

• Lidah buaya Lidah buaya bisa memurnikan darah sekaligus menaikkan trombosit.

penambah trombosit anak

• Makanan kaya asam amino Bee pollen adalah salah satu makanan kaya asam amino yang disarankan karena bisa membantu proses pembuatan sel darah (hemopoesis). • Makanan kaya antioksidan dan anti-radang Sayuran, gandum, biji-bijian organik, maupun aneka buah berry merupakan makanan penambah trombosit lain yang dapat mengoptimalkan produksi sel darah. • Rumput gandum (wheatgrass) Rumput gandum merupakan salah satu makanan penambah trombosit terbaik.

Selain tinggi kandungan klorofilnya, wheatgrass juga mengandung struktur molekul yang hampir sama dengan molekul hemoglobin manusia. Oleh sebab itu, minumlah ½ gelas jus rumput gandum yang dibubuhi perasan lemon setiap hari. Dari sekian banyak makanan penambah trombosit yang disebutkan tadi, ternyata masih banyak sumber pangan lainnya seperti: • Jambu biji • Pepaya • Delima • Labu • Ikan dan protein • Makanan yang kaya vitamin C • Sayuran berdaun hijau • Minyak wijen • Bit • Bawang putih • Susu • Makanan yang sarat dengan folat • Minyak ikan cod dan minyak biji rami • Makanan yang kaya vitamin A • Makanan yang kaya vitamin K • Ikan dan kacang-kacangan • Tomat dan berry • Kale • Aprikot • Kurma • Makanan dari gandum • Almond dan milk shake buah ara Makanan penambah trombosit yang terakhir kami sarankan ini mungkin agak susah didapatkan.

Namun bila Anda memiliki bahannya, maka cobalah merendam 10-12 kacang almond ke dalam segelas air semalaman. Keesokan harinya, kupas almond, lalu campurkan dengan susu. Anda bisa minum susu almond 3-4 kali untuk meningkatkan trombosit secara alami. Tambahkan 2-3 buah ara kering untuk hasil yang lebih optimal. Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih penambah trombosit anak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial penambah trombosit anak di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app Jangan sampai anak kekurangan trombosit, akibatnya bisa fatal Trombosit atau keping sel darah adalah pemeran utama dalam proses pembekuan darah.

Jika trombosit menurun, dapat dipastikan proses pembekuan darah akan sangat terganggu. Penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan trombosit dalam tubuh agar fungsi organ dalam tubuh bisa berjalan dengan maksimal. Yuk, ketahui tentang penyebab turunnya trombosit dan juga makanan penambah trombosit yang dapat mengatasinya!

Makanan Penambah Trombosit Darah Penanganan trombisitopenia harus disesuaikan dengan penyakit penyebabnya. Namun di samping menjalami pengobatan, kamu juga bisa menggunakan makanan penambah trimbosit untuk dapat meningkatkan trombosit.

Makanan ini juga cocok sekali dikonsumsi sebagai oleh kamu yang berpotensi mengalami penurunan trombosit. Berikut adalah beberapa pilihan makanan penambah trombosit darah yang bisa kamu coba: 6 Menu Toping Keju Paling Nyeleneh, Rekomendasi Paling Anti Mainstream Buah delima Ilustrasi Buah Delima © 2020 https://rawpixel.com Makanan penambah trombosit selanjutnya adalah buah delima.

Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dan meningkatkan trombosit. Sayuran Hijau Sayuran hijau juga merupakan makanan penambah trombosit. Sayuran hijau seperti bayam dan sayuran lainnya, memiliki kandungan zat besi dan vitamin K yang cukup tinggi.

Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam proses pembekuan darah, yang artinya vitamin K sangat baik untuk meningkatkan trombosit. Buah Naga Ilustrasi Buah Naga Merah © 2020 https://www.asiaone.com/ Makanan penambah darah selanjutnya yang berasal dari buah-buahan adalah buah naga.

Buah naga yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi dipercaya dapa meningkatkan trombosit dan juga mencagah pengantalan darah pasien demam berdarah. Makanan dan Minuman Penambah Trombosit Ilustrasi Kiwi © 2020 https://www.prevention.com Kondisi menurunnya trombosit bisa memunculkan berbagai gejala seperti penambah trombosit anak memar pada kulit, muncul ruam merah di kulit, gusi berdarah, mimisan, pendarahan abnormal saat mentruasi, pendarahan pada luka lebih lama berhenti, kelelahan, muntah darah, hingga buang air besar dan kecil mengandung darah.

Resep Praktis Sehat untuk Buka Puasa: Omelet Sayur Oleh karenanya, penting untuk selalu memenuhi asupan trombosit dalam tubuh. Berikut kami rekomendasikan beberapa makanan dan minuman penmabh trombosit yang bisa kamu coba di rumah Kiwi Kiwi juga dinyatakan sebagai makanan penambah trombosit alami dan cepat. Buah kiwi juga dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi anemia. Namun jika kamu memiliki riwayat alergi, maka berhati-hatilah karena banyak orang yang alergi terhadap buah lezat satu ini.

Putih telur Ilustrasi Putih Telur © 2020 https://http://homemadefacialmasksforacne.blogspot.com/ Telur merupakan jenis makanan yang murah dan sangat mudah ditemukan.

Putih telur ternyata juga merupakan makanan penambah trobosit. Telur mengandung senyawa albumin yang merupakan sumber protein yang sebagain besar membentuk plasma darah. Tomat Sama seperti buah naga dan delima, tomat juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Hal ini lah yang membuat tomat juga dipercaya menjadi makanan penambah trombosit. Tomat dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus. Kurma Ilustrasi Buah Kurma © 2020 https://www.stylecraze.com Kurma tidak hanya mengandung berbagai gula alami yang penambah trombosit anak menjadi energi bagi tubuh, tetapi juga bisa menajdi salah stau pilihan makanan panambah trombosit.

Kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi seperti penambah trombosit anak hijau sehingga dapat meningkatkan trombosit. Buah bit Buah bit dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan sel darah merah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain meningkatkans sel darah merah, ternyata buah bit penambah trombosit anak mampu untuk meningkatkan trombosit dalam tubuh.

Air Mineral Apakah Air Mineral Bisa Kadaluwarsa? © © Diadona Agar nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik maka minumlah air hangat, dan ini tentu ampuh sebagai cara menaikkan trombosit.

Sel darah terbuat dari air dan protein, maka dengan minum banyak air akan menghasilkan lebih banyak sel darah dan bisa jadi cara menaikkan trombosit. Makanan Penambah Trombosit Anak Kebutuhan trombosit pada anak juga harus diperhatikan oleh para orang tua. Langkah ini dilakukan agar anak terhindari dari berbagai penyakit seperti leukimia, tifus, pendarahan di lambung, dan lain-lain.

penambah trombosit anak

Yuk, kenali beberapa pilihan makanan penmabah trombosit anak, agar buah hati bisa sehat selalu. Buat Sahurmu Lebih Praktis, Ini Resep Telur Dadar Padang Kismis Meskipun merupakan buah kering, tetapi kandungan kismis tidak kalah dengan buah segar. Kismis memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga mampu untuk menjadi makanan penambah trobosit. Konsumsi kismis secara langsung atau dapat dikombinasikan dengan madu dan susu.

Alpukat Ilustrasi Buah Alpukat © rawpixel.com Alpukan merupakan buah yang tinggi lemak baik dan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Selain mengandung penambah trombosit anak baik, alpukat ternyata juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menambah kadar eritrosit.

Angkak Angkak merupakan beras yang sudah difermentasi. Angkak memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk meningkatkan trombosit.

Angkak umumnya sudah tersedia dalam bentuk suplemen herbal yang siap konsumsi. Kacang-kacangan Ilustrasi Kacang-Kacangan © rawpixel.com Mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, salah satunya seperti kacang kenari juga sangat baik untuk meningkatkan kadar trombosit. Hal ini disebabkan oleh karena kacang mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Makanan Penambah Trombosit untuk Demam Berdarah Ilustrasi Jambu Biji Merah © 2020 https://epicurious.com/Shutterstock Ketika seseorang sedang terkena penyakit demam berdarah, umumnya akan disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan penambah trombosit.

Ya, penurunan trombosit memang merupakan salah satu gejala dari demam berdarah. Kondisi menurunnya trombosit tentu saja bukan merupakan hal yang baik untuk tubuh karena trombosit merupakan salah satu komponen darah yang sangat penting.

7 Makanan Ini Bisa Kamu Konsumsi Agar Puasa Kuat Seharian dan Kenyang Tahan Lama Jambu biji dan daunnya Kamu tentu sudah sering mendengar bahwa jambi biji memiliki khasiat untuk menambah trombosit. Tidak heran jika penderita demam berdarah sangat sering disarankan untuk mengonsumsi jambu biji sebagai makanan penambah trombosit.

Tapi sebagian ahli juga berpendapat bahwa daun jambu biji lebih ampuh untuk meningkatkan trombosit dibandingkan buahnya. Daun dan buah pepaya Ilustrasi Buah Pepaya © unsplash.com Hal yang serupa juga terjadi pada pepaya.

Buah pepaya yang dipercaya sebagai makanan penambah trombosit, diduga kalah khasiatnya dibanding daun pepaya yang dapat mencegah pecahnya trombosit. kamu bisa mengonsumsi kedunya untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Gandum utuh Makanan penambah darah selanjutnya adalah makanan yang berasal dari gandum utuh. Pilihan gandum utuh bisa menjadi alternatif makanan penganti nasi ketika kamu sedangan mengalami trompositopenia.

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, kamu jga harus rajin berolahraga dan istirahat dengan cukup. Semoga bermanfaat! Editor's Pick • Tak Pernah Rasakan Bangku Sekolah, Bocah Ini Harus Cari Nafkah Jualan Kangkung Demi Hidupi Keluarga • Pria Ini Jualan Soto Gerobak yang Buka Jam 12 Malam, Omzetnya Mencapai Rp6 Juta lho! • Beli Puluhan Video Dea Onlyfans, Marshel Widianto Akui Tahu dari Deddy Corbuzier • Salut, Bocah Ini Rela Jualan Koran Keliing agar Bisa Sekolah Lagi • Buka Warung Bakso di Arab Saudi, Ibu Ini Sukses Raih Omzet Sampai Rp19 Juta Per Hari Trending • Momen-momen Wulan Guritno Pamer Kekasih Baru yang Beda Usia 15 Tahun ke Geng Selebritinya, Lengket Bak Perangko!

• 10 Potret Penampilan Terbaru Amel Carla, Dulu Berisi Kini Jadi Sering Pamer Body Goals dan Pipi Tirus! • Jadi Mualaf, Ini Potret DJ Katty Butterfly Ajarkan Anak yang Masih Balita Berhijab dan Mengaji • Disebut Mirip Boneka, Ini Pesona Queen Eijaz Anak Fariuz A Rafiq yang Belajar Berhijab Sejak Kecil • Dari Idola Cilik Sampai Juara X Factor Indonesia, Begini Kumpulan Potret Transformasi Alvin Jonathan
OKEMOM – Semua orang tua tentu akan merasa khawatir apabila si kecil sakit, terlebih saat trombositnya turun.

Penurunan trombosit (trombositopenia) biasanya terjadi karena beberapa faktor, mulai dari demam berdarah, penyakit autoimun, anemia aplastik, hingga leukemia. Umumnya, seseorang tidak menimbulkan gejala apapun ketika mengalami trombositopenia ringan. Namun, apabila trombosit terus menurun, tak menutup kemungkinan penderita akan mengalami gejala berupa perdarahan. Salah satu cara untuk mengatasi trombosit turun dengan gejala ringan, Mom bisa memberikan si kecil makanan sehat dan bergizi sebagai penambah kadar trombosit.

Berikut OKEMOM rangkum makanan dan cara alami menaikkan trombosit anak dengan cepat. Simak sampai tuntas, ya! 1. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 Source: Freepik Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B12 erat kaitannya dengan penurunan jumlah trombosit.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B12 penambah trombosit anak dapat menjaga sel darah tetap sehat. Sehingga kecil kemungkinan trombosit menurun. Adapun rekomendasi makanan terbaik yang mengandung vitamin B12, diantaranya hati sapi dan telur.

Memang vitamin B12 ini juga bisa ditemukan dalam produk susu dan keju, namun para peneliti tidak menganjurkan untuk mengonsumsi apabila trombosit menurun.

Sebab, beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu dan keju ternyata bisa mengganggu produksi trombosit. 2. Perbanyak makanan yang kaya akan folat Source: Freepik Vitamin B merupakan jenis folat yang paling direkomendasikan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk turunnya produksi trombosit.

Sebab, makanan yang tinggi folat diyakini dapat meningkatkan kadar trombosit dengan baik. Sumber folat alami bisa kita temukan di beberapa makanan seperti: • Brokoli • Kacang-kacangan • Hati sapi • Daun bawang • Kacang merah • Kol 3.

Konsumsi jambu biji Source: Freepik Saat si kecil sakit demam berdarah, para dokter pasti menyarankan untuk memberinya jambu biji.

Anjuran ini memang bukan sekadar isu belaka. Dalam sebuah penelitian dalam Journal of Natural Medicines pun telah meyakini bahwa jambu biji mampu merangsang pembentukan trombosit darah baru. Sebab, jambu biji mengandung quercetin dan trombinol yang dapat menekan perkembangan virus penyebab menurunnya trombosit. Itulah alasan mengapa jambu biji sangat efektif untuk mengobati demam berdarah atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh penurunan trombosit. 4. Perbanyak mengonsumsi makanan kaya vitamin C Source: Freepik Banyak orang yang mengenal vitamin C sebagai salah satu kandungan yang baik untuk merawat kesehatan kulit.

Rupanya, manfaat vitamin C tak sampai situ saja, lho. Vitamin yang banyak terdapat pada buah dan sayur seperti, mangga, nanas, brokoli, jeruk, dan tomat ini ternyata juga dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit. Pasalnya, kandungan vitamin C penambah trombosit anak untuk penambah trombosit anak menyerap zat gizi pada tubuh sehingga trombosit akan berkumpul lebih cepat.

5. Mengonsumsi makanan kaya akan kandungan zat besi Source: Freepik Makan-makanan, seperti kerang, daging sapi tanpa lemak, tahu, bayam, kentang, serta dark chocolate ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, Mom. Fakta ini telah dipublikasikan oleh National Institutes of Health yang menemukan bahwa zat besi dapat meningkatkan jumlah trombosit pada peserta dengan anemia defisiensi besi. Selain itu, zat besi juga berperan penting dalam produksi sel darah merah dalam tubuh.

Nah, kelima cara alami dan sederhana ini bisa Mom terapkan apabila ingin menaikkan trombosit anak.

penambah trombosit anak

ARTIKEL MENARIK LAINNYA • 10 Cara Mengatasi Demam Anak Menggunakan Metode Alami • Bahaya, Penyakit Demam Berdarah Dengue Mengintai di Musim Hujan • Bahan Alami Menghilangkan Cradle Cap pada Bayi • 5 Cara Tepat Merawat Anak yang Terinfeksi Virus Covid-19 • Anak Mengalami Sembelit saat MPASI? Begini Mom Cara Mengatasinya

Infeksi virus dengue menyebabkan penyakit dengan spektrum luas, di antaranya demam dengue (DD), demam berdarah dengue (DBD), dan sindrome syok dengue (SSD). Kasus terbanyak yang ditemukan adalah kasus DBD. Diagnosis DBD dapat ditegakkan antara lain dengan pemeriksaan laboratorium, Salah satu pemeriksaan laboratorium yang menunjang adalah pemeriksaan trombosit. Jumlah trombosit bisa turun sampai di bawah 100.000/mm3.

Penurunan trombosit terjadi seiring dengan beratnya penyakit.

penambah trombosit anak

Penyakit DBD dapat menyerang siapa pun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk itu tetap waspada menjaga kebersihan dan sistem imun tubuh. Jika penyakit DBD sudah terlanjur menyerang anak-anak, selain pengobatan yang intens kamu juga bisa mengimbangi pengobatan DBD dengan menyiapkan makanan yang sehat untuk anakmu agar trombositnya lekas naik. Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai 7 cara menaikkan trombosit pada anak, mudah dan efektif telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

BACA JUGA: Trombosit adalah Komponen Darah, Berikut Fungsi dan Jenis Gangguannya Makanan Penambah Trombosit yang Mudah Ditemukan, Bantu Perbaiki Pola Makan Kandungan protein yang sehat dalam tubuh membantu dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel. Beberapa makanan kaya vitamin A adalah wortel labu, kale, dan ubi jalar.

Vitamin A juga bisa ditemukan pada sumber hewani seperti hati sapi, minyak hati ikan kod, dan ikan berlemak. 2. Penuhi Kebutuhan Vitamin D Cara menaikkan trombosit apda anak berikutnya adalah memenuhi kebutuhan vitamin D untuk tubuhnya. Vitamin D berkontribusi pada berfungsinya tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam fungsi sel sumsum tulang yang menghasilkan trombosit dan sel darah lainnya.

Tubuh dapat menghasilkan vitamin D dari paparan sinar matahari. Penambah trombosit anak vitamin D lainnya meliputi kuning telur, ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel, minyak hati ikan, serta produk makanan yang difortifikasi.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C Vitamin C berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu trombosit bekerja dengan benar. Konsumsi vitamin C bersama zat besi juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih efisien.

Perpaduan zat besi dan vitamin C membantu meningkatkan jumlah trombosit. BACA JUGA: 8 Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami Saat Demam Berdarah Menyerang Jalan Sinjai-Malino Longsor, Pemudik Balik ke Makassar Diimbau Pilih Jalur Alternatif Sumber vitamin C yang baik nuntuk penambah trombosit anak tubuh meliputi buah-buahan seperti mangga, jambu, dan jeruk, sayuran seperti bayam, brokol dan kembang kol. Konsumsi makanan-makanan ini dalam keadaan segar sangat disarankan karena proses pemanasan bisa merusak kandungan vitamin C.

4. Makanan Kaya Kandungan Folat Selain vitamin C, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan makanan kaya kandungan folat untuk menaikkan trombosit anakmu. Folat adalah vitamin B9 yang membantu pertumbuhan sel-sel, termasuk sel darah.

Kekurangan folat dalam tubuh dapat menyebabkan jumlah trombosit darah yang lebih rendah. Makanan kaya folat sangat penting untuk pembelahan sel sehat dalam tubuh yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.

Makanan yang mengandung folat meliputi sayuran hijau gelap seperti bayam dan kale, hati sapi, telur, jeruk, pisang, alpukat, serta kacang dan biji-bijian. 5. Cukupi Kebutuhan Vitamin B12 Tak hanya itu, ada juga vitamin B-12 yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

Kadar B-12 yang rendah dalam tubuh juga dapat menyebabkan jumlah trombosit yang rendah. Vitamin B12 juga membantu mencegah jenis anemia yang disebut anemia megaloblastik yang menyebabkan lelah dan lemah. Vitamin B12 juga terlibat dalam produksi energi dalam tubuh. Ini dapat membantu mengembalikan energi yang hilang selama pemulihan.

Vitamin B-12 hadir dalam produk-produk hewani, termasuk daging sapi dan hati sapi, telur, ikan, dan produk susu. 6. Makanan Kaya Vitamin K Cara menaikkan trombosit pada anak selanjutnya adalah konsumsi makanan kaya vitamin K. Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Mengonsumsi vitamin K membantu peningkatan jumlah trombosit dan gejala perdarahan. Penambah trombosit anak ini diperlukan untuk memastikan pertumbuhan sel yang sehat pada tingkat optimal dalam tubuh.

Makanan yang kaya vitamin K meliputi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kale, dan brokoli, penambah trombosit anak dan produk olahannya, telur, hati, dan labu.

7. Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi Kita semua tahu bahwa zat besi merupakan salah satu nutrisi yang penting dalam produksi sel darah. Zat besi sangat penting untuk tingkat sel darah merah dan trombosit yang sehat.

Kekurangan zat besi pada anak dan remaja dapat meningkatkan risiko penurunan trombosit. Mengatur kadar zat besi penting untuk mengurangi kelelahan, mengobati anemia, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan kaya zat besi meliputi tiram, hati sapi, kedelai, bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian.

1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna penambah trombosit anak Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 5 Selamat!

penambah trombosit anak

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran SelengkapnyaKetika musim hujan datang, ada beberapa penyakit berbahaya yang turut serta.

Salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini tidak pandang bulu saat menyerang.

Maka dari itu tidak sedikit anak-anak yang terkena DBD di tiap tahunnya. Ketika DBD, trombosit pada tubuh anak-anak turun drastis sehingga menyebabkan anak lemas.

penambah trombosit anak

Untuk mengembalikan kondisinya agar kembali normal caranya adalah dengan mengkonsumsi obat dan makanan yang bisa menambah trombosit. Sebagai informasi yang sangat berguna, berikut ini 7 makanan yang bisa menambah trombosit bagi anak yang terkena DBD. Berapa jumlah trombosit yang normal? Trombosit atau keping sel darah merupakan yang berfungsi dalam proses pembekuan darah.

Jika trombosit menurun, dapat dipastikan proses pembekuan darah akan terganggu. Sel darah ini tidak berwarna dan memiliki siklus hidup hanya selama 10 hari. Tubuh akan memperbaharui persediaan trombosit dengan menghasilkan trombosit baru di sumsum tulang. Jumlah trombosit normal pada tubuh anak adalah sekitar 150.000-400.000 trombosit penambah trombosit anak mikroliter (mcL). Namun, jumlah trombosit setiap orang bisa saja berbeda.

Masih dalam batas normal selama berada di rentang angka tersebut. Apa sebenarnya peranan trombosit pada tubuh? Trombosit berada di dalam darah dan limpa. Salah satu jenis sel darah ini tidak memiliki warna dan dihasilkan dari sumsum tulang belakang. Saat adanya luka, trombosit berperan untuk menyembuhkan luka dengan cara menghentikan pendarahan. Jika tubuh kekurangan trombosit maka yang terjadi adalah darah akan sulit menggumpal.

Hal ini menjadikan luka lebih lama sembuh karena darah tidak dibekukan oleh trombosit. 1. Jambu Biji Buah jambu biji bermanfaat sebagai penambah trombosit bagi penderita DBD. (Foto: Shutterstock) Kamu pasti tahu kalau jambu biji memiliki khasiat sebagai penambah trombosit. Maka dari itu tidak jarang penderita DBD dianjurkan untuk mengkonsumsi jus jambu biji dengan rutin. Vitamin C pada jambu biji cukup ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita DBD. Pada setiap 100mg jambu biji terdapat 228 mg vitamin C.

Hubungan antara penambah trombosit anak tubuh dengan naiknya trombosit adalah ketika stamina dan kekebalan tubuh Naik darah putih juga akan memberikan perlawanan yang baik terhadap virus. Hal ini menjadikan kondisi pasien semakin baik dan berbarengan dengan jumlah trombosit yang kembali normal. Jadi jambu biji ini selain kandungannya yang baik dan bisa membantu menambah trombosit, buah dengan daging warna pink ini juga bisa jadi sumber serat dan cairan yang baik. 2. Buah Delima Buah delima kaya akan vtiamin C.

(Foto: Shutterstock) Buah berikutnya yang bisa membantu menaikan trombosit ketika anak sedang terkena DBD adalah buah delima. Buah yang bentuknya terdiri dari banyak biji ini memang kaya akan cairan dan juga memiliki antioksidan yang baik. Selain itu buah yang delima juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu dalam meningkatkan daya tahan penderita DBD. Untuk menyajikan kepada anak-anak bisa dengan cara menyaring memeras airnya sehingga.

Sehingga si kecil tidak perlu memakan dengan bijinya. Dengan mengkonsumsi buah ini selain trombosit akan naik, sistem imun si kecil juga semakin kuat.

Baca juga: Ini 5 Produk Andalan Artika Sari Devi untuk Cegah Anak Sakit Saat Musim Hujan 3. Sayuran Hijau Sayuran hijau mengandung vitamin K baik untuk penderita DBD. (Foto: Shutterstock) Ternyata sayuran hijau termasuk ke dalam makanan yang bisa menaikkan trombosit anak saat terkena DBD. Jenis sayuran yang bisa dikonsumsi adalah bayam, sawi, pakcoy, atau brokoli.

Manfaat sawi dan sayuran hijau berikut bisa menambahkan trombosit karena mengandung zat besi dan vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K ini merupakan vitamin yang berperan dalam hal pembekuan penambah trombosit anak yang juga sebagai penambah trombosit pada tubuh anak. 4. Buah Naga Buah naga mengandung antioksidan dan penambah trombosit.

(Foto: Shutterstock) Sama halnya dengan jambu biji dan delima, buah naga juga bisa menjadi salah satu opsi untuk meningkatkan trombosit. Buah yang kaya dengan air ini memang dikenal mengandung vitamin C yang tinggi.

Apalagi buah naga yang berwarna merah, warna yang pekat merupakan tanda bahwa juga mengandung antioksidan yang baik. Dengan kandungan yang baik tersebut maka buah naga dipercaya sebagai buah yang bisa memberikan manfaat sebagai penambah trombosit tubuh. Baca juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Anak di Musim Hujan agar Tidak Mudah Sakit 5.

Kurma Kurma sebagai penambah energi tubuh. (Foto: Shutterstock) Siapa yang tidak mengenal buah asal Timur Tengah ini? Ya, buah kurma memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah manfaat bagi penderita DBD karena kurma ini ternyata bisa menambah trombosit yang sedang drop. Kurma tidak hanya mengandung berbagai gula alami yang bisa menjadi energi bagi tubuh, kurma juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi seperti sayuran hijau sehingga dapat meningkatkan trombosit.

6.

penambah trombosit anak

Putih Telur Berikan putih tekur untuk bantu pulihkan anak yang terkena DBD. (Foto: Shutterstock) Telur merupakan makanan yang paling mudah ditemui sehari-hari.

Namun ternyata dibalik kesederhanaan makanan telur, bagian putih telur ternyata baik untuk penderita DBD karena dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit. Hal ini disebabkan putih telur mengandung senyawa albumin yang merupakan sumber protein yang berperan penting pada pembentukan plasma darah. Baca juga: 5 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Tubuh Anak agar Tidak Gampang Sakit 7. Buah Kiwi Selain untuk penderita anemia, kiwi juga bisa sebagai penambah trombosit tubuh.

(Foto: Shutterstock) Buah kiwi juga sudah dinyatakan sebagai salah satu buah yang bisa memberikan penambah trombosit anak sebagai penambah trombosit pada tubuh dengan cepat. Buah kiwi ini juga dikenal sebagai buah yang baik untuk penambah trombosit anak anemia. Dengan kandungan air dan vitamin C yang tinggi, sudah tentu menjadi alasan kuat kalau kiwi bisa jadi pilihan dari beberapa buah yang bisa menaikkan trombosit bagi penderita DBD.

Agar anak tidak bosan dengan makanan penambah trombosit yang itu-itu saja, coba berikan selingan makanan dengan mengikuti daftar makanan penambah trombosit di atas.
Buka Tutup • Trombosit adalah keping darah atau platelet yang berperan penting dalam proses pembekuan darah dan membantu menghentikan perdarahan • Kadar trombosit yang rendah sering disebut dengan trombositopenia jika jumlahnya berada di bawah 150 ribu keping per miktroliter darah • Salah satu penyebab rendahnya kadar trombosit adalah penyakit demam berdarah, kanker, anemia aplastik, ataupun cacar air • Cara penambah trombosit anak trombosit bisa dilakukan dengan: mengonsumsi makanan sehat, vitamin B12, asam folat, zat besi, asam lemak omega 3, serta suplemen pendukung • Klik untuk membeli obat darah dan produk suplemen dan vitamin ke rumah Anda di HDmall.

Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD; • Temukan dan booking ragam tes darah dan paket pemeriksaan kesehatan dengan harga terjangkau di klinik terdekat melalui HDmall.

Trombosit adalah keping darah atau platelet yang berperan penting dalam proses pembekuan darah dan membantu menghentikan perdarahan. Jumlah trombosit normal berkisar antara 150.000-450.000 trombosit per mikro liter darah. Trombosit biasanya hanya bertahan dalam waktu singkat dan memiliki siklus hidup sekitar 9 hari di dalam aliran darah.

Jumlah trombosit akan terus berganti dengan sel-sel baru yang dibentuk oleh sumsum tulang. Mengapa trombosit bisa turun?

penambah trombosit anak

Trombosit yang rendah dengan jumlah di bawah 150 ribu keping per miktroliter darah sering disebut trombositopenia. Hal ini bisa terjadi ketika mengalami penyakit tertentu, salah satunya adalah demam berdarah. Apabila tidak mendapat penanganan yang tepat dan cepat, kondisi itu bisa berbahaya. Penyebab trombosit turun lainnya juga bisa terjadi pada masa kehamilan dan persalinan, mengalami perdarahan, menderita penyakit autoimun (trombosit dihancurkan oleh sistem imun sendiri), serta terdapat infeksi bakteri dalam darah (bekteremia).

Penyakit lain seperti kanker, anemia aplastik, cacar air, dan radiasi juga dapat mengurangi penambah trombosit anak trombosit. Baca juga: Mengenal Gejala DBD sampai Cara Mengobati Demam Berdarah Fungsi trombosit terutama saat terjadi luka sangatlah penting untuk membantu menghentikan perdarahan. Apabila kadar trombosit terlalu rendah, maka perdarahan berlebihan dapat terjadi dan bisa mengancam jiwa.

Pendarahan bisa terjadi secara internal (tak terlihat karena di organ dalam) maupun eksternal (dapat dilihat, seperti: mimisan, bab berdarah, atau bintik merah pada kulit). Saat penyebab turunnya trombosit sudah teratasi, maka jumlah trombosit akan naik dengan sendirinya.

Cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami Ada beberapa cara menaikkan trombosit secara alami penambah trombosit anak kadar trombosit normal kembali, di antaranya: Konsumsi makanan sehat Jangan lewatkan menu makanan dengan buah-buahan dan sayuran segar. Sayuran hijau, buah jeruk, jambu biji, tomat, dan kiwi dapat membantu menaikkan trombosit.

penambah trombosit anak

Kurangi makanan olahan, gula halus, junk food, alkohol, dan minuman berkafein karena itu dapat menghambat dan menurunkan jumlah trombosit yang diproduksi oleh sumsum tulang.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam penambah trombosit anak Vitamin B12 dan asam folat berperan penting dalam meningkatkan produksi penambah trombosit anak. Makanan yang kaya folat seperti bayam, brokoli, kol, kacang merah, buah jeruk, serta telur, susu, keju, hati yang mengandung vitamin B12 sangat baik untuk dikonsumsi untuk menaikkan trombosit. Baca juga: Pentingnya Mengonsumsi Asam Folat Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 Salah satu cara menaikkan trombosit adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung omega 3.

Ikan salmon, tuna, minyak ikan, dan minyak biji rami merupakan pilihan makanan sehat yang kaya asam lemak omega 3. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh secara alami dan dapat meningkatkan trombosit.

Suplemen vitamin dan mineral Cara menaikkan trombosit juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan zat besi. Suplemen ini bekerja untuk memperkuat sistem imun tubuh dan dapat menaikkan trombosit secara alami. Minum air putih hangat Dengan minum air putih hangat, tubuh akan lebih mudah memproduksi trombosit. Sel darah sendiri terbuat dari air dan protein, maka kadar trombosit akan meningkat. Oleh karena itu, hindari minum air dingin karena dapat memperlambat saluran pencernaan sekaligus mempengaruhi cara tubuh dalam menyerap nutrisi.

Istirahat atau tidur yang cukup Salah satu cara menaikkan trombosit lainnya adalah memiliki waktu tidur yang cukup setidaknya 7-8 jam setiap hari. Istirahat atau tidur yang cukup dapat membantu mengembalikan tubuh agar kembali fresh dan ikut membantu meningkatkan produksi trombosit.

Hindari obat tertentu Hindari obat pereda nyeri dan penurun panas (demam) yang dapat menghambat produksi dan fungsi trombosit, seperti Aspirin dan Ibuprofen. Meski obat-obat tersebut dijual bebas di apotek tetapi penggunaannya harus berhati-hati karena dapat berpengaruh pada kadar trombosit dalam darah. Jika mengalami cedera berupa benturan, gores, luka, ataupun mengalami gejala dbd, segera lakukan cara menaikkan trombosit di atas.

Selain membantu mencegah terjadinya perdarahan yang lebih parah juga dapat mengurangi risiko penurunan trombosit secara drastis. Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan penambah trombosit anak pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app

Hitung Jumlah Trombosit Cara Langsung Rees Ecker - LENGKAP PERHITUNGAN PLUS TAMPILAN SEL TROMBOSIT




2022 www.videocon.com