Hidung mampet tapi tidak keluar ingus

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Merdeka.com - hidung kamu tersumbat, padahal kamu sedang tidak dalam kondisi flu atau pilek? Kamu juga tidak memiliki alergi pada apapun? memang benar, pilek, flu dan alergi (pada hewan) adalah penyebab utama hidung kamu tersumbat. Namun, ternyata penyebabnya tak hanya itu. Ada beberapa kondisi tubuh yang memungkinkan hidung kamu tersumbat. Seperti yang dilansir melalui prevention.com, berikut ini merupakan empat penyebab hidung tersumbat alias mampet,selain flu. 1. Kondisi hamil kehamilan akan memberikan banyak perubahan bagi wanita.

Pergeseran hormonal yang besar yang disertai oleh banyaknya peredaran darah di dalam tubuh. Mungkin pembengkakan di kaki saat kehamilan tak membuat kamu terkejut, tetapi bagaimana dengan pembengkakan di selaput hidung? Kehamilan bisa menyebabkan hal tersebut pada hidung kamu.

Cobalah mengatasinya dengan mengonsumsi lebih banyak air putih. 2. Tiroid tak bekerja efektif BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Dijaga Kebersihannya Agar Kamu Tidak Tertular Flu Jenis Imunisasi untuk Orang Dewasa dan Fungsinya, Ketahui Lebih Dini Hipotiroidisme adalah sebuah kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan hormon tiroid (thyroid-stimulating hormone) yang cukup.

Kondisi ini dapat menyebabkan hidung kamu tersumbat, meskipun kamu sedang tidak dalam kondisi flu. Tak hanya itu, hipotiroidisme juga menunjukkan gejala lain seperti kelelahan, sembelit, rambut menipis, kulit kering dan merasa dingin. 3. Infeksi sinus Apa kamu mengalami flu yang disertai dengan hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh-sembuh?

Kebanyakan infeksi virus, termasuk pilek dan flu akan sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. Jika kamu tak mengalami kesembuhan dalam jangka waktu itu, kamu patut memeriksakannya ke dokter.

Ada kemungkinan kamu mengembangkan infeksi bakteri hidung mampet tapi tidak keluar ingus. Gejala lain yang mungkin dimunculkan antara lain demam, ingus mengandung nanah dan rasa sakit pada bagian sinus. 4. Polip hidung BACA JUGA: Perbedaan Flu Biasa dan Omicron yang Perlu Diketahui, Ketahui Setiap Gejalanya CEK FAKTA: Hoaks, CDC Akui Ketidakmampuan Tes PCR Membedakan Covid-19 dan Influenza Selain infeksi sinus, polip dapat menjadi penyebab flu kamu kunjung sembuh.

Polip adalah pertumbuhan non-kanker yang terjadi pada hidung atau sinus yang tidak berbahaya.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Tetapi, polip secara fisik menghalangi saluran udara (sinus) dan membuat hidung kamu terasa tersumbat. Polip seringkali dialami pada orang-orang yang memiliki alergi,asma, atau infeksi sinus kronis. [SRA] Baca juga: Penting, ini 6 fakta tentang sianida yang harus kamu waspadai Cokelat, obat lezat untuk atasi batuk kamu Sudah tahu? Ini 5 penyakit yang tak butuh antibiotik 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie hidung mampet tapi tidak keluar ingus Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah Selengkapnya Hidung tersumbat memang bisa membuatmu merasa tidak nyaman, terutama saat sedang tidur. Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan, baik dengan bantuan obat, penggunaan inhaler, maupun hanya mengompresnya dengan handuk hangat.

Hidung sering tersumbat bisa jadi sangat mengganggu aktivitas. Sebelum kamu mengambil langkah untuk mengatasinya, ada baiknya kamu pahami dulu penyebab hidung tersumbat. Penyebab hidung tersumbat Kondisi hidung mampet ini biasanya terjadi karena inflamasi dan penyumbatan di hidung. Penyebab hidung tersumbat ini biasanya merupakan kondisi-kondisi kesehatan yang tidak terlalu parah. Contohnya adalah pilek, flu, dan adanya infeksi di sinus. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan hidung kamu mampet selama beberapa minggu, meskipun demikian, bisa saja kamu mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek.

Itu sebabnya kondisi hidung mampet yang kamu alami bisa berlangsung lebih dari seminggu.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Beberapa masalah kesehatan yang bisa jadi penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek adalah sebagai berikut: • Alergi • Hay fever atau alergi di hidung • Tumbuhnya polip atau tumor jinak di hidung • Paparan kimia • Iritasi dari udara atau lingkungan • Infeksi sinus yang berlangsung lama atau sinusitis kronis. Cara mengatasi hidung tersumbat Nah, kondisi-kondisi ini tentu membuat kamu tidak nyaman. Yuk, simak bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini.

1. Mengatasi hidung tersumbat dengan inhaler Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan inhaler. Inhaler sendiri adalah obat hidung tersumbat yang dihirup dan sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Aroma yang kuat pada inhaler membuatnya menembus lendir yang telah menggumpal.

Hasilnya, ada rongga yang tercipta dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar. Hidung akan terasa lebih lega dan keluhan hidung tersumbat sedikit demi sedikit akan mereda. Baca juga: Ini Perbedaan Pilek dan Flu yang Perlu Kamu Tahu 2. Mengatasi hidung mampet dengan mandi Cara mengatasi hidung tersumbat termudah berikutnya adalah dengan mandi.

Bukan mandi biasa, tapi menggunakan air hangat atau panas. Uap dari air akan membantu menipiskan lendir pada hidung. Tidak hanya itu, uap juga bisa mengurangi peradangan, lho. Ini bisa meredakan keluhanmu tentang hidung tersumbat, setidaknya untuk sementara waktu. 3. Kompres air hangat Jika kamu sudah selesai mandi, kompres kepala menggunakan air hangat.

Ini bisa membuka saluran pernapasan dari luar. Caranya mudah, cukup rendam kain atau handuk terlebih dulu dengan air panas atau hangat. Kemudian, peras handuk tersebut lalu lipat dan letakkan di atas dahi atau hidung. Air dengan suhu tinggi akan meresap ke dalam pori-pori, memberikan rasa nyaman dan meredakan inflamasi pada hidung. Lakukan cara ini secara berkala, ya! 4. Menggunakan minyak kayu putih Siapa sangka, minyak kayu putih ternyata bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, lho.

Cara ini sebenarnya sudah digunakan oleh orang-orang terdahulu dalam meredakan pilek dan gangguan hidung lainnya. Prinsip kerjanya sama dengan inhaler, yaitu aroma dari minyak bisa melegakan hidung dan membuka selaput yang telah tertutup lendir. Hidung mampet tapi tidak keluar ingus bisa mengoleskannya di bawah lubang hidung secara langsung, hidung mampet tapi tidak keluar ingus masukkan beberapa tetes ke dalam panci berisi air mendidih, lalu hirup uapnya. 5. Obat alergi dan dekongestan Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan minum dekongestan atau obat-obatan untuk alergi seperti antihistamin.

Obat hidung tersumbat jenis ini bisa mengurangi terjadi pembengkakan di saluran pernapasan. Kombinasi dari dekongestan dan antihistamin bisa meredakan tekanan sinus dan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Tetap saja, kamu harus mengikuti takaran yang dianjurkan agar tidak mengalami overdosis.

Ada baiknya kamu minum obat ini saat tidak sedang beraktivitas berat. Baca juga: Panduan Pemberian Obat Batuk Pilek Anak yang Aman dan Efektif 6. Gunakan pelembap ruangan Jika kamu memiliki pelembap ruangan atau humidifier di rumah, ini bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada saat hidung mampet tapi tidak keluar ingus. Humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap yang secara perlahan mengisi udara, lalu meningkatkan kelembapan ruangan.

Menghirup udara lembap bisa menenangkan jaringan hidung yang teriritasi, serta meredakan pembengkakan pembuluh darah di saluran pernapasan. Uap tersebut akan bekerja dengan menipiskan lendir yang menjadi pemicu utama hidung mampet tapi tidak keluar ingus. Dengan begitu, lendir yang menggumpal dan mengeras bisa menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan. Letakkan humidifier pada ruangan yang sering kamu tempati untuk beraktivitas, misalnya kamar tidur.

7. Minum air putih Selain cara-cara di atas, memperbanyak asupan cairan adalah cara paling praktis untuk mengatasi hidung tersumbat.

Biarkan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik, karena ini bisa membantu mengencerkan lendir. Selain itu, teh hangat dan sup ayam panas juga bisa menjadi alternatif jika hidung tersumbat disertai sakit tenggorokan.

Sensasi panas akan meringankan ketidaknyamanan pada tenggorokan. 8. Mengatasi hidung mampet dengan neti pot Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan mengeluarkan lendir yang menjadi pemicunya. Kamu bisa melakukannya secara manual atau menggunakan bantuan neti pot. Mengutip The US Food and Drug Administration (FDA), neti pot adalah teko kecil dengan belalai panjang yang dirancang untuk membersihkan lendir atau cairan sinus pada hidung.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Caranya, buat badanmu dalam posisi tegak dengan kepala mendongak ke atas, miringkan neti pot sampai air memasuki satu lubang hidung. Setelah itu, air yang telah masuk akan hidung mampet tapi tidak keluar ingus melalui lubang yang lain. Lakukan cara ini selama satu menit secara bergantian. Cara mengatasi hidung bayi tersumbat Bayi tidak boleh sembarangan diberi obat karena itu bisa mengganggu pertumbuhan mereka.

Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, kamu harus pahami terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab hidung bayi tersumbat biasanya tidak terlalu jelas. Mereka biasanya mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek karena mereka sedang membangun sistem imun terhadap berbagai virus yang ada di udara.

Beberapa penyebab hidung mampet pada bayi adalah: • Alergi • Virus dan pilek • Udara yang kering • Kualitas udara yang buruk • Kelainan yang membuat posisi yang salah dari tulang rawan yang memisahkan kedua lubang hidung Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengikuti cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikut ini: 1. Menggunakan obat tetes Salah satu cara yang aman untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan spray tetes hidung saline (air garam).

Kedua produk ini, dilansir Web MD, bisa didapatkan tanpa resep. Jika menggunakan obat tetes, lebih baik tanya dulu kepada dokter keamanannya. Setelah mendapat persetujuan, kamu bisa aplikasikan dua tetes pada setiap lubang hidung untuk mengencerkan lendir di dalamnya.

Lalu segera gunakan pipa pengisap yang ada dalam kemasan untuk menarik kembali cairan saline dengan lendir yang sudah mencair. Pastikan kamu menekan pengisap sebelum memasukkannya ke hidung agar dia bisa menarik saline dan lendir tersebut saat tekanan dikendurkan.

2. Menguapkan ruangan Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah menggunakan vaporizer atau humidifier untuk menguapkan ruangan. Cara ini dinilai aman selama benda-benda tersebut jauh dari jangkauan bayi kamu. Meskipun demikian, alat tersebut harus diletakan tidak terlalu jauh dari bayi agar kabut yang dihasilkan dapat mencapai bayi pada saat dia sedang tidur.

Untuk mencegah jamur dan bakteri tumbuh, gantilah air di dalam hidung mampet tapi tidak keluar ingus tersebut setiap hari. Kondisi hidung tersumbat tapi tidak pilek hingga hidung tersumbat ciri corona Keluhan kesehatan hidung bisa terjadi dalam berbagai bentuk.

Tidak hanya gejala hidung mampet, tapi ada juga yang berupa hidung tersumbat tapi tidak pilek, hidung sering tersumbat, sampai hidung tersumbat ciri corona. Secara umum kondisi hidung mampet tapi tidak keluar ingus atau malah hidung sering tersumbat, bisa disebabkan oleh alergi pada tungau debu, serbuk sari, atau bahkan rinitis alergi.

Untuk meredakannya kamu bisa mengurangi paparan alergen dengan mengontrol kondisi di sekitarmu. Adapun karena saat ini kita semua sedang berjuang melawan pandemi, tak jarang gejala hidung tersumbat pun jadi dikaitkan sebagai ciri corona. Ini wajar, mengingat dilansir dari NCBI, keluhan ini memang ditemukan pada sekitar 4,8 persen penderita COVID-19. Namun untuk memastikan diagnosisnya serta mendapat perawatan yang tepat, kamu perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di rumah sakit terdekat.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya! • Healthline, diakses 16 Mei 2020, How to Clear a Stuffy Nose.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

• Medical News Today, diakses 16 Mei 2020, How to get rid of a snuffy nose: ten possible treatments. • Everyday Health, diakses 16 Mei 2020, 7 Natural Remedies for Congestion Relief. • The US Food and Drug Administration (FDA), diakses 16 Mei 2020, Is Rinsing Your Sinuses With Neti Pots Safe? • Webmd.com (2016) diakses 02 September 2020. How to Treat Your Baby’s Stuffy Nose • Healthline.com (2019) diakses 02 September 2020.

What Causes a Stuffy Nose? • Healthline.com (2019) diakses 02 September 2020. How to Treat Nasal and Chest Congestion in a Newborn • Upper airway symptoms in coronavirus disease 2019 (COVID-19), https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7128936/ diakses pada 28 Januari 2021 • 5 Nasal Allergy Symptoms You Shouldn’t Ignore, https://www.webmd.com/allergies/features/allergy-symptoms#1 diakses pada 28 Januari 2021 • My Nose Is Stuffy All the Time.

What Can I Do? https://health.usnews.com/health-care/for-better/articles/2017-07-11/my-nose-is-stuffy-all-the-time-what-can-i-do diakses pada 28 Januari 2021
Ingus bukan hanya komponen berlendir yang berada di hidung Anda, namun ingus sebenarnya memiliki fungsi yang bermanfaat. Ingus dapat berfungsi untuk menjebak bakteri, kuman, sisa jaringan mati, dan mencegah bakteri dan komponen lain masuk ke paru-paru Anda.

Dalam beberapa kasus, seperti ketika Anda menderita pilek atau alergi, lendir dapat mengalir keluar dari hidung Anda atau ke tenggorokan Anda. Ketika lendir keluar dari hidung Anda, hal tersebut disebut juga dengan keluarnya ingus dari hidung.

Kondisi ini juga bisa disebut sebagai post-nasal drip atau rhinorrhea. Meskipun menyebalkan, keluarnya ingus dari hidung sering sekali terjadi dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi dalam beberapa kasus, ingus merupakan tanda dari suatu masalah kesehatan yang mungkin memerlukan perhatian medis.

Apa yang menyebabkan keluarnya ingus dari hidung? Ada banyak penyebab keluarnya ingus dari hidung.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Beberapa kondisi yang paling sering termasuk infeksi dan alergi. Pilek atau flu Pilek disebabkan oleh suatu infeksi virus di hidung dan tenggorokan Anda. Ada banyak jenis virus yang dapat menyebabkannya. Meskipun hidung beringus mungkin membuat Anda merasa terganggu, namun kondisi tersebut biasanya tidak berbahaya jika terjadi dalam jangka panjang. Flu disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Strain virus influenza terus berubah-ubah.

Flu dapat berbahaya bagi orang yang berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi, hidung mampet tapi tidak keluar ingus pada anak-anak, orang tua, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Hidung beringus adalah gejala yang sangat umum dari pilek dan flu. Ketika Anda mengalami penyakit ini, tubuh Anda akan menghasilkan lendir ekstra untuk menjebak virus sebelum dapat mencapai paru-paru dan bagian lain dari tubuh Anda.

Sebagian lendir ini akan keluar dari tubuh Anda melalui hidung. Alergi Anda mungkin akan mengalami hidung beringus jika Anda menghirup, makan, atau menyentuh zat-zat tertentu yang membuat Anda alergi. Bahan yang menyebabkan reaksi alergi disebut dengan alergen. Alergen yang paling sering menyebabkan alergi termasuk debu, bulu hewan peliharaan, dan rumput.

Tubuh Anda akan bereaksi terhadap alergen dengan cara yang sama seolah-olah alergen tersebut adalah bakteri berbahaya, dan menyebabkan hidung Anda mengeluarkan ingus. Sinusitis Sinusitis terjadi ketika sinus Anda(rongga disekitar hidung)meradang menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan.

Sinusitis dapat mempersempit saluran hidung Anda, menyebabkan Anda kesulitan bernapas dan terjadi penumpukan lendir pada rongga hidung dan sinus. pada kondisi normal sinus merupakan ruangan berisi udara. Jika Anda memiliki kondisi seperti ini, lendir biasanya dapat keluar dari hidung Anda.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin akan merasakan lendir tersebut mengalir ke tenggorokan Anda. Ingus yang berhubungan dengan sinusitis biasanya berbentuk tebal. Ingus tersebut juga memiliki warna kuning atau hijau. Penyebab lainnya Penyebab lainnya dari hidung beringus, termasuk: • Cacar air • Kehamilan • Deviasi septum (bentuk sekat ruang hidung yang bengkok) • Sakit kepala cluster • Kecanduan narkoba • Asap rokok • Udara yang kering • polip hidung • benda asing pada hidung Bagaimana cara mengobati hidung beringus?

Rencana pengobatan yang diberikan untuk Anda akan tergantung pada penyebab dari hidung beringus Anda. Dalam banyak kasus, Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk meredakan gejala dengan menggunakan pengobatan rumahan yang sederhana.

Dalam beberapa kasus, dokter Anda juga dapat merekomendasikan penggunaan obat-obatan atau pengobatan lainnya. Jika pilek atau flu yang menyebabkan keluarnya ingus dari hidung Anda, pilihan pengobatan Anda mungkin akan terbatas.

Dalam kebanyakan kasus, tubuh Anda akan membaik dengan sendirinya. Anda harus banyak istirahat dan minum cairan yang banyak. Obat-obatan yang dijual bebas juga dapat membantu meringankan beberapa gejala Anda. Jika gejala flu Anda parah, dokter mungkin akan meresepkan obat antibiotik untuk Anda.

Obat ini membutuhkan waktu untuk proses penyembuhan Anda. Pengobatan di rumah Ingus yang kental dan lengket dapat menyebabkan masalah dengan pernapasan Anda. Hal ini juga dapat menempatkan Anda pada risiko komplikasi yang besar, seperti infeksi telinga. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengencerkan ingus Anda. Hal ini dapat membantu meringankan gejala Anda dan menurunkan resiko terjadinya komplikasi.

Langkah-langkah dibawah ini dapat membantu Anda untuk mengencerkan ingus yang mengental: • Konsumsi banyak cairan • Gunakan semprotan hidung • Gunakan pelembab udara untuk menambahkan air ke udara • Menghirup uap air dari semangkuk air panas • makan makanan bergizi • istirahat cukup Jangan menggunakan semprotan hidung dekongestan selama lebih dari tiga hari berturut-turut, kecuali jika dokter Anda merekomendasikan.

Obat Antihistamin Obat Antihistamin adalah obat yang dapat membantu mencegah dan mengobati gejala reaksi alergi. Beberapa obat antihistamin dapat membuat Anda sangat mengantuk. Selalu periksa kemasan obat untuk melakukan tindakan seperti mengoperasikan mesin berat atau melakukan tugas-tugas lain saat menggunakan obat antihistamin. Obat Antihistamin juga dapat bereaksi dengan beberapa obat-obatan lain. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat antihistamin, terutama jika Anda sudah menggunakan obat yang melemaskan otot, obat tidur, atau obat penenang.

Bagaimana mencegah hidung beringus? Anda tidak dapat mencegah semua kasus hidung beringus. Tetapi Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk menurunkan risiko terkena beberapa kondisi yang menyebabkan keluarnya ingus dari hidung secara berlebihan. Untuk menurunkan kemungkinan terkena flu Anda bisa lakukan beberapa langkah seperti: • sering-seringlah mencuci tangan agar bebas dari kuman penyebab penyakit • gunakan tisu saat mengeluarkan ingus Anda dan segera buang tisu bekas tersebut • cuci tangan Anda setelah mengeluarkan ingus • dapatkan vaksin flu setiap tahun Jika Anda memiliki alergi, lakukan langkah-langkah untuk menghindari alergen.

Langkah ini dapat membantu mencegah gejala reaksi alergi, termasuk keluarnya ingus dari hidung. Jika Anda tidak tahu penyebab gejala dari alergi Anda, buatlah catatan harian tentang aktivitas dan gejala Anda. Hal ini dapat membantu Anda dan dokter untuk mengidentifikasi alergen Anda. Dokter Anda juga dapat merekomendasikan untuk pemeriksaan alergi.

Menghindari asap rokok dan iritan lainnya juga dapat membantu menjaga saluran hidung Anda agar tidak teriritasi dan meradang. Ajukan hidung mampet tapi tidak keluar ingus dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app Anda mungkin pernah mengalami hidung tersumbat yang mengganggu, tapi tidak sedang pilek. Selain flu, hidung tersumbat memang dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya.

Otomatis, perawatannya pun akan disesuaikan dengan penyebab tersebut. Sebenarnya, kenapa hidung bisa mampet tapi tidak pilek? Simak penjelasannya berikut ini. Penyebab hidung tersumbat tapi tidak sedang pilek Sebelum mengetahui penyebab hidung sering tersumbat padahal tidak pilek atau flu, Anda perlu memahami tentang hidung tersumbat itu sendiri.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa hidung tersumbat terjadi ketika hidung dan jaringan serta pembuluh darah di sekitarnya membengkak karena ada cairan berlebih. Hidung mampet tapi tidak keluar ingus tersumbat mungkin terjadi bersamaan dengan cairan yang keluar dari hidung (meler). Berikut ini penjelasan tentang kumpulan penyebab hidung tersumbat, tapi tidak berhubungan dengan pilek: 1. Alergi Penyebab hidung tersumbat tapi bukan pilek yang pertama adalah alergi.

Kondisi ini menimbulkan banyak gejala, termasuk hidung berair dan tersumbat. Gejala alergi dapat memengaruhi saluran udara, sinus, saluran hidung, kulit, hingga sistem pencernaan Anda.

Ini tergantung dari zat yang memicu munculnya alergi. 2. Kehamilan Hidung mampet tapi tidak berhubungan dengan pilek maupun flu juga bisa terjadi pada wanita hamil. Kondisi ini disebut juga sebagai rhinitis kehamilan atau pregnancy rhinitis.

Biasanya, rhinitis kehamilan muncul selama trimester pertama. Gejala ini dapat bertahan selama kurang lebih 6 minggu dan akan menghilang sekitar 2 minggu setelah persalinan. 3. Sleep apnea Jika Anda mengalami gangguan tidur serius yang menyebabkan berhenti bernapas berulang kali, hal ini berisiko membuat hidung tersumbat tapi tidak berhubungan dengan pilek.

Gangguan tidur yang satu ini dikenal dengan nama sleep apnea. Selain hidung tersumbat, gejala lain sleep apnea adalah mengorok dengan keras dan tetap lelah meski telah tidur semalaman. 4. Polip hidung Selain yang telah disebutkan, hidung tersumbat juga merupakan gejala dari polip hidung. Polip hidung adalah pertumbuhan daging non-kanker pada lapisan hidung atau sinus.

Ukuran polip hidung yang mungkin tidak menimbulkan gejala. Akan tetapi, jika polip hidung berukuran besar, dapat membuat saluran hidung tersumbat, menimbulkan masalah pernapasan, hingga kehilangan indra penciuman.

5. Hay fever Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab hidung sering tersumbat, padahal tidak pilek. Pasalnya, gejala hay fever atau rinitis alergi memang mirip dengan flu. Bedanya, penyebab flu adalah virus, sedangkan rinitis alergi disebabkan oleh respons alergi dari paparan lingkungan di dalam atau di luar ruangan.

6. Benda asing di hidung Penyebab hidung mampet tapi tidak pilek atau flu lainnya adalah terdapat benda asing yang tertinggal di dalam hidung. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak atau orang dengan penyakit kejiwaan atau mengalami disabilitas. Pengobatan kondisi ini cukup sederhana, yaitu dengan menyingkirkan benda asing tersebut. 7. Sinusitis kronis Sinusitis kronis terjadi ketika ruang di dalam hidung dan kepala (sinus) membengkak dan meradang selama tiga bulan atau lebih meski telah diobati.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Kondisi ini dapat mengganggu jalannya lendir yang biasanya mengalir sehingga membuat hidung tersumbat. Ketika mengalami kondisi ini, Anda mungkin juga merasakan kesulitan bernapas. 8. Kelainan pada septum Kelainan pada dinding tipis di antara saluran hidung (septum) dapat menjadi alasan lain mengapa hidung Anda tersumbat tapi tidak pilek atau flu.

Penyumbatan pada hidung akibat kelainan septum terjadi ketika jaringan yang melapisi hidung bengkak. Sama seperti sinusitis kronis, kondisi ini juga menyebabkan kesulitan bernapas.

9. Asma akibat kerja Tahukah Anda asma bisa muncul hanya saat sedang bekerja? Ya, kondisi ini dinamakan occupational asthma atau asma karena kerja. Occupational asthma adalah asma yang terjadi karena menghirup asap kimiawi, gas, debu, atau gas lain selama melakukan pekerjaan. Selain menyebabkan hidung tersumbat, asma ini dapat memunculkan serangkaian gejala lain, termasuk sesak dada, mengi, dan sesak napas.

10. Penyebab lainnya Selain berbagai kondisi di atas, hidung tersumbat yang tidak berhubungan dengan pilek atau flu juga bisa muncul akibat hal lain, seperti: • stres, • gangguan tiroid, • merokok, • perubahan hormon, • konsumsi obat-obatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi, depresi, hingga kejang, • makanan, khususnya makanan pedas, • alkohol.

Bagaimana cara mengatasi hidung mampet tapi tidak keluar ingus tersumbat? Ada beragam penyebab hidung mampet padahal tidak sedang flu atau pilek. Itu sebabnya, penanganan untuk masing-masing kondisi hidung tersumbat tersebut tentu tidak sama. Namun, Anda bisa mengurangi rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat meski tidak pilek dengan cara-cara di bawah ini: • Cobalah untuk meniup dengan hidung Anda secara perlahan. • Hindari pemicu alergi yang Anda ketahui. • Jika penyebab hidung tersumbat adalah alergi, antihistamin mungkin dapat membantu Anda.

• Minum yang banyak untuk mencairkan lendir dalam hidung. • Singkirkan cairan hidung dengan pencuci hidung atau semprotan garam. • Gunakan humidifier untuk melembapkan udara. Segera hubungi dokter jika mengalami kondisi-kondisi di bawah ini. • Gejala Anda bertahan lebih dari 10 hari.

• Anda mengalami demam tinggi. • Cairan hidung Anda berwarna kuning atau hijau dan Anda mengidap sakit akibat sinus atau demam. • Ada darah dalam cairan hidung atau keluar cairan bening terus-menerus setelah cedera kepala. Dokter akan memberikan Anda pilihan pengobatan sesuai dengan penyebab hidung tersumbat. Sebelumnya, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi Anda.

Berikut merupakan pengobatan yang mungkin dokter berikan untuk mengatasi kondisi Anda. • Produk saline hidung untuk mengurangi kekeringan di dalam hidung. • Semprotan kortikosteroid atau antihistamin oral. • Pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki cacat bentuk hidung yang menyebabkan sumbatan. Jangan ragu untuk menghubungi dokter jika mengalami gejala-gejala di atas.

Deteksi awal penyakit dapat membantu Anda mendapatkan perawatan yang terbaik. Nasal congestion: Sometimes more than just a stuffy nose. (2021). Retrieved 30 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/nasal-congestion/basics/definition/sym-20050644 Allergies – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 30 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/allergies/symptoms-causes/syc-20351497 Encyclopedia, M., & adult, S. (2021). Stuffy or runny nose – adult: MedlinePlus Medical Encyclopedia.

Retrieved 30 March 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/003049.htm Nasal Congestion. (2021). Retrieved 30 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17980-nasal-congestion Could nasal polyps be the cause of your stuffy nose?.

(2021). Retrieved 30 Hidung mampet tapi tidak keluar ingus 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/could-nasal-polyps-be-the-cause-of-your-stuffy-nose Pregnancy rhinitis. (2021). Retrieved 30 March 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/pregnancy-rhinitis Nasal polyps – Symptoms and causes.

(2021). Retrieved 30 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nasal-polyps/symptoms-causes/syc-20351888 Hay fever – Symptoms and causes. (2021).

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Retrieved 30 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hay-fever/symptoms-causes/syc-20373039 Baranowski, K., Aaraj, M., & Sinha, V. (2021). Nasal Foreign Body. Statpearls Publishing. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459279/ Chronic sinusitis – Symptoms and causes.

(2021). Retrieved 30 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-sinusitis/symptoms-causes/syc-20351661 Deviated septum – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 30 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/deviated-septum/symptoms-causes/syc-20351710
Hai Hidung tersumbat sebelah dapat disebabkan oleh: • Alergi yang bisa disebabkan oleh cuaca, debu, polusi udara sehingga terjadi pembesaran dari dinding (mukosa) dalam hidung • Flu • Polip • Sinusitis (infeksi dari rongga sinus) • Benda asing • Deviasi septum.

Tidak lurusnya dinding pembatas antara hidung kiri dan kanan. Pada polip yang kecil atau di dalam bisa tidak terlihat dengan pemeriksaan biasa, sehingga untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih mendetil dengan alat nasoendoskopi oleh dokter spesialis THT.

Berikut tim alodokter.com telah mengulas secara lengkap mengenai polip hidung yang dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Polip hidung. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william
Fakta unik seputar ingus Membicarakan soal ingus mungkin terdengar menggelikan bagi segelintir orang. Padahal, cairan kental ini memiliki fakta-fakta menarik yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya, lho.

Ingus merupakan lendir atau cairan yang dihasilkan oleh kelenjar mukosa yang melapisi saluran pernapasan. Saluran ini meliputi hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Tubuh menghasilkan lendir secara terus menerus, bahkan mencapai satu sampai dua liter lendir setiap harinya. Menariknya lagi, Anda tidak sadar bahwa setiap hari Anda menelan ingus saat sedang tidak dalam kondisi flu. Hal ini terjadi ketika rambut halus pada sel hidung (silia) memindahkan lendir ke saluran hidung bagian belakang menuju tenggorokan dan menelannya. Namun jangan salah, lendir hidung memiliki peran penting untuk tubuh Anda, di antaranya: • menjaga kelembapan lapisan dalam hidung agar tidak kering, • menangkap debu dan partikel lain saat bernapas, • melawan infeksi, dan • melembapkan udara yang dihirup sehingga menjadi lebih nyaman saat bernapas.

Fakta lainnya, debu dan partikel yang telah tertangkap silia hidung akan mengering dan terbungkus lendir hidung. Dari sinilah kerak hidung mampet tapi tidak keluar ingus terbentuk di dalam hidung, atau yang lebih Anda kenal dengan istilah upil. Dari mana asal ingus? Lendir hidung yang normal memiliki tekstur yang sangat tipis dan encer. Peningkatan produksi ingus merupakan salah satu cara tubuh merespon zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Pasalnya, lendir tersebut berperan sebagai penghalang infeksi dengan cara membersihkan organ hidung dari partikel-partikel yang menyebabkan peradangan.

Bila selaput lendir meradang, maka hal ini dapat membuat tekstur lendir menjadi lebih pekat, kental, dan lengket. Kondisi inilah yang cenderung membuat Anda tak nyaman saat kena flu. Penyebab peradangan selaput lendir bisa karena infeksi, alergi, iritan, atau rhinitis vasomotor. Warna ingus penanda kondisi kesehatan Apakah Anda pernah memperhatikan warna ingus saat sedang pilek?

Jika diperhatikan, warna lendir yang dihasilkan tidaklah selalu sama.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Kadang warnanya kuning, hijau, kecokelatan, atau bahkan kemerahan. Sehat atau tidaknya kondisi tubuh Anda dapat dilihat dari warna ingus. Meski demikian, perubahan warna ingus tidak selalu mutlak menandakan adanya infeksi bakteri dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, segera tanyakan pada dokter untuk diagnosis yang lebih tepat.

Nah, berikut adalah berbagai ciri-ciri lendir hidung yang menandakan adanya masalah pada kesehatan tubuh atau gangguan pada hidung Anda. 1. Warna ingus bening Ingus yang berwarna bening umumnya berbentuk esinusitissinutisincer dan transparan. Hal ini pertanda bahwa ada peningkatan produksi lendir. Namun secara umum, lendir berwarna bening tidak mengindikasi masalah kesehatan tertentu. Setiap harinya kita memproduksi lendir sekitar 4 cangkir guna menjaga lapisan hidung agar tetap lembab dan sebagai alat penangkal jamur, virus, bakteri, dan polutan.

2. Warna hidung mampet tapi tidak keluar ingus putih Musim dingin biasanya rawan terhadap penyakit flu, alergi, dan dehidrasi. Hal ini terjadi ketika sel rambut hidung terluka karena peradangan sehingga lendir susah keluar dan kehilangan kelembaban yang menyebabkan warna lendir menjadi putih.

Meski begitu, lendir hidung berwarna putih masih dianggap normal. 3. Warna ingus kuning Pada dasarnya, perubahan warna tergantung pada seberapa banyak lendir di hidung serta parahnya peradangan yang dialami.

Jika ingus Anda berwarna kuning, berarti kemungkinan Anda sedang mengalami infeksi atau sinusitis, dengan catatan jika pilek terjadi secara terus menerus lebih dari sepuluh hari. Ingus yang berwarna kuning muda berarti tubuh Anda sedang melawan sesuatu, seperti demam. Ingus kuning bukan berarti Anda harus ke dokter, itu adalah gejala normal sebagai bentuk pertahanan tubuh.

Namun apabila gejala ini lebih dari seminggu, kadang diiringi dengan demam, sakit kepala, atau batuk berlendir, ini pertanda kalau Anda harus memeriksakan diri ke dokter. 4. Ingus warna hijau Ingus berwarna hijau berarti Anda terkena infeksi bakteri atau jamur.

Warna hijau diproduksi oleh sel darah putih yang merespon infeksi atau peradangan. Ketika rongga hidung Anda meradang, ia akan membengkak. Hal ini menyebabkan ingus terjebak dan jamur tumbuh. 5. Ingus merah atau cokelat Rona merah atau cokelat pada lendir hidung adalah darah yang berasal dari pembuluh darah yang rusak.

Ingus berdarah ini terjadi ketika Anda mungkin bersin terlalu keras atau karena lapisan hidung hidung yang terlalu kering sehingga menyebabkan pembuluh darah dalam rongga hidung pecah. Kondisi ini kadang juga dikaitkan dengan mimisan. Cara menghilangkan ingus yang menumpuk di saluran hidung Lendir hidung yang kental dan lengket sering kali meler keluar dari hidung, bahkan mengalir ke belakang tenggorokan.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Kondisi ini memang menyebalkan dan membuat Anda tidak nyaman. Untungnya, kondisi hidung meler ini bisa Anda atasi dengan mudah di rumah. Cara penanganannya memang bisa saja bergantung pada apa penyebabnya, namun berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti untuk mengeluarkan ingus dengan benar: 1.

Minum air yang banyak Setiap kali hidung Anda menghasilkan lendir berlebihan, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Dengan minum air yang banyak, lendir menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.

Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. 2. Bernapas dengan uap air panas Tuang air panas ke dalam ember atau baskom. Kemudian, dekatkan wajah Anda ke uap yang keluar dari air panas tersebut. Tutupi kepala Anda dengan sehelai handuk atau kain, lalu bernapaslah seperti biasa dengan uap panas tadi. Cara ini diyakini dapat membantu ingus lebih mudah keluar dari hidung, sehingga Anda bisa membuangnya segera. 3. Pasang humidifier Apabila Anda sering berada di tempat atau ruangan dengan udara yang kering, misalnya di ruangan ber-AC sepanjang hari, Anda perlu mempertimbangkan memakai humidifier.

Fungsinya adalah menyeimbangkan kelembapan di dalam ruangan, sehingga kelembapan tersebut membantu lendir lebih mudah mengalir dari hidung. 4. Menggunakan obat-obatan Selain mengikuti cara-cara rumahan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan penyebab hidung Anda meler. Obat-obatan akan bekerja langsung pada penyebab utama hidung ingusan, sehingga ingus pun tidak lagi menumpuk di hidung Anda.

Misalnya, jika hidung Anda meler akibat alergi, Anda bisa coba menggunakan obat antihistamin atau obat hidung steroid seperti budesonide dan fluticasone. Menurut situs Wexner Medical Center, durasi lamanya ingus atau lendir berlebih bertahan di hidung akan bergantung pada penyebabnya: • Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, meski tanpa pengobatan antibiotik, lendir akan menghilang sendiri dalam 10-14 hari.

• Infeksi virus butuh waktu lebih lama, yaitu sekitar 3 minggu. • Penyakit peradangan saluran pernapasan seperti asma dan PPOK memakan waktu lebih lama, bahkan cenderung tidak kunjung membaik, kecuali jika penyakit ditangani secara maksimal. What the Color of Your Snot Really Means – Cleveland Clinic. (2017). Retrieved October 21, 2020 from https://health.clevelandclinic.org/what-the-color-of-your-snot-really-means/ Â Mucus and Phlegm: What to Do If You Have Too Much – Cleveland Clinic.

(2018). Retrieved October 21, 2020 from https://health.clevelandclinic.org/mucus-and-phlegm-what-to-do-if-you-have-too-much/  Runny Nose: Care and Treatment – Cleveland Clinic. (2017). Retrieved October 21, 2020 from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17660-runny-nose/care-and-treatment  Nasal congestion – Mayo Clinic.

(2019). Retrieved October 21, 2020 from https://www.mayoclinic.org/symptoms/nasal-congestion/basics/when-to-see-doctor/sym-20050644 Â Runny nose – Mayo Clinic. (2020). Retrieved October 21, 2020 from https://www.mayoclinic.org/symptoms/runny-nose/basics/when-to-see-doctor/sym-20050640 Â Trafton, A.

(2012). Fighting bacteria with mucus – MIT News. Retrieved October 21, 2020 from https://news.mit.edu/2012/fighting-bacteria-with-mucus  Acute Upper Respiratory Infection (Cold) – UCSF Student Health and Counseling Services. (n.d.). Retrieved October 21, 2020 from https://studenthealth.ucsf.edu/cold  What Is Mucus? Surprising Facts About Your Phlegm – UPMC Health Beat. (2018). Retrieved October 21, 2020 from https://share.upmc.com/2018/01/mucus-surprising-facts-boogers/#:~:text=What%20Does%20the%20Color%20of,(aka%20a%20dry%20nose) . Shmerling, RH.

(2020). Don’t judge your mucus by its color – Harvard Health Publishing. Retrieved October 21, 2020 from https://www.health.harvard.edu/blog/dont-judge-your-mucus-by-its-color-201602089129Suara.com - Apa yang Anda lakukan saat hidung mampet?

Mengembuskan udara dengan keras untuk mengeluarkan ingus memang biasa dilakukan. Namun, benarkah cara ini berhasil? Dilansir dari timesofindia, cara ini ternyata justru memperparah flu. Sebuah tes yang dilakukan oleg Dr.J.Owen Hendley dan peneliti lain di University of Virginia mengungkapkan bahwa batuk dan bersin menyebabkan sedikit tekanan pada rongga hidung dibanding mengeluarkan ingus.

Faktanya, batuk dan bersin hanya menghasilkan sepersepuluh dibanding tekanan yang timbul akibat hidung mampet tapi tidak keluar ingus ingus terlalu keras.

Selain itu, saat seseorang mengeluarkan ingus dengan keras, maka sekitar satu milimeter lendir masuk hidung mampet tapi tidak keluar ingus dalam sinus.

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Aktivitas ini juga memberi tekanan besar pada rongga hidung, yang setara dengan pembacaan tekanan darah diastolik seseorang.

Baca Juga: Bukan Pilek, Ini Penyebab Hidung Tersumbat Saat Hamil Meskipun belum jelas apakah masuknya lendir ke sinus bisa berbahaya atau tidak, tetapi masuknya virus atau bakteri ke sinus saat Anda sakit bisa menyebabkan infeksi.

Gejala Flu dan Pilek. (Shutterstock) Cara terbaik untuk mengatasi hidung buntu adalah dengan mengeluarkan ingus secara perlahan. Bisa juga dengan mengambil dekongestan, obat untuk meredakan hidung tersumbat.

Hal ini untuk mencegah penumpukan tekanan berlebih pada sinus. Anda juga perlu memulai pengobatan untuk flu. Jangan menunggu satu atau dua hari untuk melihat apakah flu akan sembuh dengan sendirinya atau tidak.
Merdeka.com - Tidak peduli berapa kali kamu mengeluarkan ingus, namun tetap saja ingus itu terus muncul.

Padahal kamu sedang tidak pilek atau flu. Kamu juga merasa kondisi tubuhmu baik-baik saja. Seorang naturopati dari New York yaitu Serena Goldstein mengatakan bahwa selain pilek dan flu, kondisi kesehatan berikut ini turut memicu produksi ingus di hidung. • Alergi • Polip hidung • Udara kering • Radang di selaput lendir • Terlalu sering menggunakan semprotan hidung atau decongestant • Trauma tengkorak kepala Selain kondisi tersebut, asma, infeksi paru-paru, dan gangguan saluran pernapasan juga bisa membuat hidungmu sering mengeluarkan ingus.

"Warna dan tingkat kekentalan ingus juga patut kamu perhatikan. Ingus yang berwarna hijau menandakan bahwa masih adanya bakteri yang hidup di hidungmu," ungkap penelitian dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention. BACA JUGA: Apakah Benar Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Menyehatkan? Mengenal Hidrokel, Kondisi Hidung mampet tapi tidak keluar ingus Cairan di Sekitar Testis [feb] Baca juga: Bagaimana upil manusia bisa terbentuk? Tak hanya untuk bernapas, ini 7 fakta menarik lain tentang hidung Mengupil, penting atau tidak untuk dilakukan?

hidung mampet tapi tidak keluar ingus

1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat! Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah Selengkapnya

BONGKAR TUNTAS Polip Hidung/ Benjolan Daging Dalam Hidung.Penyebab Mampet/Tersumbat




2022 www.videocon.com