Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Liputan6.com, Jakarta - Lubang buaya adalah saksi bisu pembantaian para jenderal pada 30 September 1965. Dalam tragedi itu, tujuh pahlawan revolusi yang gugur dibuang ke dalam sumur berdiameter 75 sentimeter dengan kedalaman 12 meter. Sebelum peristiwa 30 September 1965, PKI telah melakukan beberapa persiapan yaitu melatih Pemuda Rakyat dan Gerwani. Kemudian, menyebarkan desas-desus tentang adanya Dewan Jenderal yang akan merebut kekuasaan pemerintahan.

Dewan Jenderal adalah sebuah nama yang ditujukan untuk menuduh beberapa jenderal TNI AD yang akan melakukan kudeta terhadap Presiden Soekarno pada Hari ABRI, 5 Kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki 1965. Situasi semakin memanas ketika berkembang isu bahwa Dewan Jenderal merencanakan pameran kekuatan ( machts-vertoon) pada hari Angkatan Bersenjata 5 Oktober 1965 dengan mendatangkan pasukan-pasukan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Sesudah terkonsentrasinya kekuatan militer yang besar ini di Jakarta, Dewan Jenderal bahkan telah merencanakan melakukan coup kontra-revolusioner. Alex Dinuth (1997) dalam Dokumen Terpilih Sekitar G.30.S/PKI menyebutkan, susunan Kabinet Dewan Jenderal yang sudah disiapkan, terdiri dari: 1.

Perdana Menteri: Jenderal AH Nasution 2. Wakil Perdana Menteri/Menteri Pertahanan: Letjen Ahmad Yani 3. Menteri Dalam Negeri: RM Hadisubeno Sosrowerdojo (Politikus Partai Nasional Indonesia, Mantan Gubernur Jawa Tengah, Mantan Walikota Semarang) 4.

Menteri Luar Negeri: Roeslan Abdulgani (Politikus Partai Nasional Indonesia) 5. Menteri Hubungan Perdagangan: Brigjen Ahmad Sukendro 6. Menteri /Jaksa Agung: Mayjen S Parman 7. Menteri Agama: KH Rusli 8. Menteri / Panglima Angkatan Darat: Mayjen Ibrahim Adjie (Pangdam Siliwangi waktu itu) 9.

Menteri / Panglima Angkatan Laut: tidak diketahui 10. Menteri / Panglima Angkatan Udara: Marsekal Madya Rusmin Nurjadin 11. Menteri / Panglima Angkatan Kepolisian: Mayjen Pol Jasin Pimpinan PKI DN Aidit membicarakan isu Dewan Jenderal dengan Subandrio yang merangkap ketua BPI (Badan Pusat Intelijen).

Isu itu sampai ke telinga Presiden Soekarno. Bung Karno kemudian menanyakan kepada Pangad Letjen. A. Yani: "Apa benar ada Dewan Jenderal dalam Angkatan Darat, antara lain, untuk menilai kebijaksanaan yang telah saya gariskan?" Jenderal Yani menjawab, "Tidak benar, Pak.

Yang ada ialah Wanjakti (Dewan Jabatan dan Kepangkatan Perwira Tinggi). Dewan ini mengurus jabatan dan kepangkatan perwira-perwira Tinggi Angkatan Darat,". Lalu isu itu dikembangkan lagi dengan menyebutkan, ada jenderal-jenderal yang tidak loyal pada Pemimpin Besar Revolusi. Dewan Jenderal akan mengadakan c oup kontra-revolusioner. Isu itu berkembang sekitar Mei, Juni dan Juli, mencapai puncaknya pada bulan Agustus dan September 1965.

Seperti dikutip dari Sekretariat Negara RI: "Gerakan 30 September, Pemberontakan Partai Komunis Indonesia - Latar belakang, aksi dan penumpasannya", tanggal 4 Agustus 1965, Presiden Soekarno jatuh pingsan dan muntah-muntah.

Menurut dokter terdapat dua kemungkinan dengan kondisi Soekarno yaitu beliau akan wafat atau akan menjadi lumpuh. Rupanya kejadian ini menimbulkan pikiran Pimpinan PKI, DN Aidit yang baru kembali dari Moskow dan Peking untuk merebut kekuasaan. Tampaknya ia berpikir, lebih baik mendahului daripada didahului oleh TNI AD.

PKI kemudian melaksanakan rapat dalam rangka menentukan langkah-langkah yang dianggap tepat. Rapat yang dilaksanakan tersebut adalah: 1. Tanggal 6 September 1965 membicarakan mengenai situasi umum dan sakitnya Presiden Soekarno. 2. Tanggal 9 September 1965 membicarakan kesepakatan bersama untuk turut serta dalam mengadakan gerakan dan mengadakan tukar pikiran tentang taktik pelaksanaan gerakan.

3. Tanggal 13 September 1965 tentang peninjauan kesatuan yang ada di Jakarta. 4. Tanggal 15 September 1965, di antaranya membicarakan persoalan kesatua-kesatuan yang akan diajak serta dalam gerakannya. 5. Tanggal 17 September 1965 membicarakan tentang kesatuan yang sudah sanggup dalam gerakan seperti yang disediakan oleh Kol.

Inf. A. Latief, Mayor Udara Sujono. 6. Tanggal 19 September 1965 membahas gerakan-gerakan di bidang politik, militer, dan observasi dengan Sjamkamarujaman ditunjuk sebagai koordinatornya. 7. Tanggal 22 September 1965 penentuan sasaran para perwira tinggi Angkatan Darat.

8. Tanggal 24 September 1965 memantapkan kesanggupan dan kesediaan tenaga-tenaga yang telah ditetapkan sebagai pimpinan pasukan-pasukan yang akan digerakkan. 9. Tanggal 26 September 1965 pemantapan terhadap rapat sebelumnya. 10. Tanggal 29 September 1965 penetapan nama gerakannya yaitu Gerakan 30 September dan putusan perubahan hari H dan jam J yang dibuat oleh Sjam. Saat Tragedi Berdarah Gerakan G30S ini juga melibatkan sebagian pasukan Tjakrabirawa.

Adalah Komandan Batalyon I Kawal Kehormatan Letkol Untung Syamsuri yang memimpin gerakan ini. Seperti dikutip dari Merdeka.com, Petrik Matanasi, penulis buku, "Tjakrabirawa", Untung memanfaatkan hari ulang tahun ABRI yang jatuh pada 5 Oktober untuk menggalang kekuatan pada 30 September 1965.

Dalam peringatan HUT ABRI, dia ditunjuk sebagai pengatur parade pasukan. Posisi ini membuat dia punya kesempatan mengontak bekas anak buahnya di Kodam Diponegoro. Pasukan G30S dibagi dalam tiga kelompok yakni Pasopati, Bimasakti dan Pringgodani dan dipimpin perwira dari Tjakrabirawa, anak buah Untung.

Pasopati dalam penculikan membunuh langsung tujuh Jenderal AD yang akan diculik. Sebelumnya ada 8 Jenderal yang akan diculik. Namun satu nama, Brigadir Jenderal Ahmad Soekendro lolos karena sedang melawat ke China. Satuan Pasopati terdiri dari 250 anggota Tjakrabirawa. Sersan Mayor Boengkoes, anggota resimen Tjakrabirawa yang menjadi salah satu pelaku penculikan terhadap tujuh jenderal mengungkap sebelum penculikan terjadi, ada pengarahan di kawasan Halim Perdanakusuma pada 30 September 1960 pukul 15.00 WIB.

Dalam arahan tersebut, disebutkan ada sekelompok jenderal yang dinamakan Dewan Jenderal untuk melakukan kudeta terhadap Soekarno. Boengkoes mengungkapkan, dia bersama para komandan pasukan kemudian dikumpulkan pada dini hari oleh Komandan Resimen Tjakrabirawa, Letnan Satu Doel Arif. Kemudian pasukan dibagi menjadi tujuh yang bertugas menculik ketujuh Dewan Jenderal.

Adapun Boengkoes masuk dalam tim yang bertugas menculik Jenderal MT Harjono, hidup atau mati. Tepat 1 Oktober 1965 dini hari, rombongan pasukan ini pun berarak dari Lapangan Udara Halim Perdanakusuma kemudian membelah Jakarta. Mereka menuju Menteng, dimana rumah para jenderal berada. Sebagian lagi ke Kebayoran Baru, rumah Jenderal DI Panjaitan.

Tiga dari tujuh jenderal tersebut diantaranya telah dibunuh di rumah mereka masing-masing, yakni Ahmad Yani, M.T. Haryono dan D.I. Panjaitan. Sementara itu ketiga target lainya yaitu Soeprapto, S. Parman dan Sutoyo ditangkap hidup-hidup. Sementara Jenderal Abdul Harris Nasution yang jadi target utama penculikan berhasil lolos. Sementara putrinya bernama Ade Irma Suryani Nasution meninggal dunia dan ajudannya Lettu CZI Pierre Andreas Tendean yang dikira Nasution diculik.

Korban tewas semakin bertambah disaat regu penculik menembak seorang polisi penjaga rumah tetangga Nasution. Abert Naiborhu menjadi korban terakhir dalam kejadian ini. Menurut keterangan Boengkoes, Tjakrabirawa bukan pasukan mengeksekusi mati para jenderal. Dirinya hanya ditugaskan membawa para jenderal itu ke Lubang Buaya. Menurut dia, ada pasukan lain yang melakukan eksekusi tersebut.

Dikisahkan Yutharyani, Perwira Seksi Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki Informasi Monumen Pancasila Sakti dari TNI Angkatan Darat yang diwawancarai CNN Indonesia, tiga jenderal yang masih hidup termasuk Pierre Andreas Tendean dibawa ke rumah penyiksaan.

Rumah penyiksaan yang dimaksud Yutharyani itu merupakan kediaman salah seorang warga Desa Lubang Buaya. Rumah itu kini berada dalam Kompleks Monumen Pancasila Sakti. Tak seperti sekarang, dulu Lubang Buaya ialah hutan karet yang sepi penduduk. "Sebelum dibunuh, mereka disuruh menandatangani yang namanya Dewan Jenderal, tipu muslihat PKI bahwa Angkatan Darat akan melakukan kudeta terhadap pemerintahan yang sah," ujar dia.

"Padahal itu cerita khayalan yang dikarang PKI. Pak S. Parman lalu disuruh tanda tangan. Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki dia mau tanda tangan, berarti TNI AD benar-benar akan melakukan kudeta. Tapi beliau kukuh TNI AD tidak akan melakukan kudeta," kata Yutharyani. Pada titik itulah, menurut Yutharyani, penyiksaan terhadap para jenderal dan ajudan Nasution yang masih hidup dimulai. Mereka semua Mayjen S. Parman, Mayjen R Suprapto, Brigjen Sutoyo, Lettu Pierre Andreas Tandean akhirnya tewas dibunuh.

"Dipukul, dipopor pakai ujung senjata. Hasil visum menunjukkan ada retak di tulang kepala, tangan dan kaki patah, karena mereka ditendang pakai sepatu lars yang keras,". Dalam kondisi antara hidup dan mati, ujar Yutharyani, tubuh para jenderal itu lantas digeret dan dimasukkan ke sebuah sumur di Lubang Buaya.

"Setelah tubuh mereka masuk semua, untuk meyakinkan mayat meninggal, mereka langsung ditembak lagi. Lalu jasad ditutup dengan sampah pohon karet, dan ditutup tanah serta ditanah pohon pisang utuh di atasnya seakan-akan di bawah itu tak ada mayat." Saat jasad para jenderal itu terkubur di sumur Lubang Buaya itu, hari telah berganti. 1 Oktober 1965. Sumur ditemukan pada sore, 3 Oktober.

Sumur lalu digali pakai tangan. Keesokannya, 4 Oktober, mayat diangkat. Sementara mengenai penyiksaan kepada para jenderal sebelum dimasukan dalam sumur tua di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur, terbantahkan melalui hasil visum yang dilakukan lima dokter atas perintah tertulis yang ditandatangani Soeharto saat itu selaku Pangkostrad.

Kelima dokter itu diperintahkan untuk melakukan otopsi dan VR (visum et repertum) atas jenazah para jenderal tersebut. Kelima dokter itu adalah: 1. Dr. Roebiono Kertopati, Brigadir Jenderal pimpinan tinggi kedua pada Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat. 2. Dr.

Frans Pattiasina, Kolonel TNI, Korp Kesehatan Militer Nrp. 14253, Perwira Kesehatan pada RSPAD. 3. Dr. Sutomo Tjokronegoro, Profesor pada Fakultas Kedokteran pada Universitas Indonesia, ahli Penyakit dan Kedokteran Forensik 4. Dr. Liauw Yan Siang. Ahli Kedokteran Forensik Universitas Indonesia, 5. Dr. Lim Joe Thay, Dosen pada Kedokteran Forensik, Universitas Indonesia. Hasil otopsi dan visum itu tidak menemukan adanya pencungkilan bola mata maupun sayatan pada tubuh jenderal.

Para dokter juga tidak menemukan adanya pemotongan pada alat vital salah satu jenderal seperti cerita yang berkembang selama ini. Jauh sebelum tragedi memilukan itu terjadi, nama tempat di Jakarta Timur itu memang sudah disebut Lubang Buaya.

Ini tentu memiliki sejarah tersendiri atas penyebutan wilayah tersebut. Setelah ditelusuri, nama Lubang Buaya tersebut konon disematkan oleh orang sakti zaman dahulu bernama Datuk Banjir.

Tempat ini dikenal sebagai markas buaya ganas. Menurut keturunan Datuk Banjir, Yanto, kala itu sang buyut tengah melintasi sungai besar di kawasan Lubang Buaya dengan menggunakan getek, serta bambu panjang sebagai dayungnya.

Namun dalam perjalanan, bambu dayung itu tak menyentuh dasar sungai. Bambu itu tiba-tiba menyentuh ruang kosong. Setelah itu, lanjut dia, ruang kosong itu seolah menyedot material di atasnya. Akibatnya, bambu dayung dan getek serta Datuk Banjir turut tenggelam. Saat tenggelam itulah, Datuk melihat sarang buaya di dasar sungai. "Bambu panjang (buat dayung) itu makin tenggelem, sampai bener-bener tenggelem. Lalu Mbah juga ikut tenggelem. Namun tiba-tiba dia muncul di deket sini," kata Yanto kepada Liputan6.com, Rabu, 22 Maret 2017, sambil menunjuk hamparan tanah kosong berupa rawa-rawa.

Setelah tenggelam ke dalam sungai dan muncul dengan tiba-tiba, Datuk Banjir kemudian menepi. Dia merenungi pengalaman spritual itu termasuk saat melihat sarang buaya di dalam sungai itu.

"Karena itulah dinamai Lubang Buaya dan Mbah langsung bermukim di sini, beranak pinak, sampai saya sekarang," kata Yanto. Datuk Banjir hidup di zaman Belanda masih menjajah. Ia turut serta dalam perjuangan melawan kompeni. Dalam pertempuran melawan Belanda, Datuk Banjir disebutkan menunjukkan kesaktiannya. Meski kisah-kisah itu disebut tak masuk logika, Yanto menyatakan kejadian itu memang terjadi.

Bahkan sekitar dua bulan lalu, peristiwa yang sama juga terjadi. "Ya, bisa kelelep gitu, kayak orang kelelep. Mereka (serdadu kompeni) kayak tenggelem. Dua bulan lalu ada yang berenang segala, itu di aspal, ada tentara yang berenang. Pas ditanya, dia bilang ada banjir, padahal kering," tutur Yanto. Kejadian yang dialami tentara itu lantaran sang prajurit dianggap bersikap arogan. Dia tidak mengindahkan pantangan yang ada sehingga seolah-olah merasa tenggelam​. "Enggak usah dilanjutin.

Tapi ya gitu, sudah dibilang jangan, masih dikerjain, ya kena jadinya," ucap Yanto. Hingga akhir hayatnya, Datuk Banjir mengajarkan ilmu agama dan ilmu silat, serta ilmu batin. Ia meninggal dunia di Lubang Buaya dan dimakamkan tak jauh dari Monumen Pancasila Sakti. Sejak 30 September 1965, Lubang Buaya berubah wujud. Pemerintah Orde Baru di bawah Soeharto menyulapnya menjadi kompleks memorial megah. Dua tahun setelah Gerakan 30 September, 1967, Soeharto membebaskan 14 hektare lahan di Lubang Buaya dari permukiman warga.

Enam tahun kemudian, 1973, di atas lahan itu diresmikan Kompleks Monumen Pancasila Sakti. John Roosa, Associate Professor Departemen Sejarah University of British Columbia dalam bukunya D alih Pembunuhan Massal Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto, mengistilahkan Lubang Buaya kini sebagai “tanah keramat.” "Sebuah monumen didirikan dengan tujuh patung perunggu para perwira yang tewas.

Semua berdiri setinggi manusia dengan sikap gagah dan menantang. Pada dinding belakang deretan patung para perwira, ditempatkan patung garuda raksasa dengan sayap mengembang," demikian John Roosa memaparkan dalam bukunya. Di Kompleks monumen Pancasila Sakti juga dijadikan area tempat wisata bagi orang-orang yang ingin mengetahui sejarah.

Kompleks Lubang Buaya kini memang bukan hanya berfungsi sebagai monumen sejarah, tapi juga jadi bagian dari wisata ziarah. Sementara sumur yang menjadi tempat pembuangan jasad para jenderal menjadi situs inti di zona utama Kompleks Memorial Lubang Buaya. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, situs itu memiliki luas sembilan hektare. Lubang sumur berdampingan dengan tiga bangunan yang menjadi saksi bisu Gerakan 30 September 1965, yakni rumah penyiksaan, pos komando, dan dapur umum.

Kompleks Lubang Buaya terus mengalami penataan sepanjang Orde Baru. Terhitung dua dekade setelahnya, Soeharto membangun dua museum sebagai etalase sejarah dalam bentuk diorama. Pada 1981, Soeharto meresmikan Museum Paseban yang merunutkan cerita persiapan pemberontakan, penculikan jenderal, penganiayaan, pelarangan Partai Komunis Indonesia, hingga peralihan kekuasaan dari Sukarno ke Soeharto. Selanjutnya pada 1992, Soeharto meresmikan Museum Pengkhianatan PKI. Ini museum penutup sebelum Soeharto lengser pada 1998.

Museum ini memuat diorama tentang sepak terjang PKI di Indonesia. Peristiwa G30S tahun 1965, dengan Lubang Buaya sebagai lokasi sentral tragedi menjadi tanda berakhirnya riwayat PKI.

Kejadian itu membuat PKI dihancurkan, dan dinyatakan sebagai partai terlarang tahun berikutnya, 1966. Benar atau tidaknya eksistensi Dewan Jenderal tak diketahui jelas hingga saat ini, sama seperti G30S yang memiliki sejarah gelap, dengan dalang yang tak pernah terungkap.

Jakarta - Detikers tahu, mengapa disebut Lubang Buaya? Apakah ada kaitannya dengan hewan reptil buaya? Nama Lubang Buaya sudah kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki sebelum terjadi peristiwa G30S/PKI. Lubang Buaya sebenarnya adalah nama sebuah jalan.

Jalan Lubang Buaya, ada di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Baca juga: G30S PKI: Sejarah, Tujuan, Kronologi, dan Latar Belakangnya Mengapa Disebut dengan Lubang Buaya? Ada sebuah penelitian berjudul 'Menelisik Sejarah Penamaan Jalan Lubang Buaya dan Kaitannya dengan Peristiwa G30S' yang ditulis Aqiilah Afifadiyah Rahman yang dimuat dalam jurnal Local History & Heritage. Di sana disebutkan bahwa asal mula Lubang Buaya adalah nama sebuah jalan sekaligus kelurahan di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Di daerah yang bernama Lubang Buaya ini, dulunya ada kali yang penuh dengan buaya. Tak cuma buaya yang tampak mata, tapi juga buaya tak tampak mata, yakni siluman buaya putih. Buaya-buaya ini dapat diatasi sosok ulama bernama Pangeran Syarif atau Datok Banjir. Sejak saat itulah, daerah ini disebut dengan Lubang Buaya.

Warga di kawasan Lubang Buaya kemudian memanggil Pangeran Syarif dengan panggilan Datok Banjir. Ini karena keyakinan mereka bahwa Datok Banjir punya kemampuan yang tidak dimiliki orang lain. Narasumber penelitian ini mengatakan, "Dulu pasukan Belanda yang mau nguasain daerah sini tidak berhasil berkat doa yang dipanjatkan beliau.

Waktu itu, sepenglihatan pasukan Belanda, daerah Lubang Buaya terlihat seperti lautan sampai akhirnya tidak jadi menyerbu kawasan Lubang Buaya." Daerah ini pada akhirnya menjadi tempat pembunuhan dan pembuangan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD, Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Suprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Pandjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Tendean.

Isi Desa Lubang Buaya pada 1965 Dalam arsip laporan DetikX, disebutkan bahwa Desa Lubang Buaya ada 1965 tidak ramai seperti saat ini. Di Jakarta Timur saat itu masih berupa kebun dan hutan, termasuk hutan karet, dan masih sepi.

Di Desa Lubang Buaya saat itu hanya ada 13 rumah yang terpencar jauh datu dari yang lain. Satu kawasan hanya ada tiga rumah dan satu sumur. Nah, demikianlah alasan mengapa disebut dengan Lubang Buaya dan apa isi Desa Lubang Buaya kala itu. Bagaimana menurut detikers?
Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Putri Mako mengirimkan pesan video sebagai Gubernur Kehormatan pada upacara pembukaan Festival Keramik Internasional yang dimulai di Prefektur Gifu pada tanggal 30 September 2021.

Mako seharusnya menjabat sebagai presiden kehormatan ini hingga tanggal 17 Oktober 2021. Tetapi pensiun di fasilitas pameran museum Universitas Tokyo, tempat dia bekerja selama lima setengah tahun. Kini Putri Mako sedang mempersiapkan pernikahannya dengan Kei Komuro (29). Sementara itu Kei Komuro kembali dari Amerika Serikat pada tanggal 27 September 2021 dan sedang dalam masa karantina untuk tindakan pencegahan virus corona hingga tanggal 11 Oktober 2021.

Baca juga: Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang Putuskan Tak akan Berikan Rp 19,8 Miliar kepada Putri Mako Jika masa tunggunya berakhir, Putri Mako akan bertemu kembali dengan Komuro untuk pertama kalinya dalam waktu sekitar tiga tahun. Badan Rumah Tangga Kekaisaran sedang mempersiapkan pernikahan Putri Mako dan Komuro dan berencana untuk mengumumkannya bersama dengan jadwal pernikahan pada tanggal 1 Oktober siang ini. Mengenai pernikahan Mako, semua upacara tidak akan diadakan, dan diharapkan tidak ada pembayaran sekaligus ketika meninggalkan keluarga kekaisaran.

Badan Rumah Tangga Kekaisaran diharapkan untuk menjelaskan latar belakang bentuk yang tidak biasa itu. Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang. Adblock test (Why?) Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM, KARAWANG - Aksi tawuran marak terjadi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Dalam satu pekan terakhir terjadi tiga aksi tawuran. Pertama di daerah Rengasdengklok, Jalan Raya Syeh Quro, Cilamaya Kulon, dan terakhir di Jalan Baru Tanjung Pura.

Melihat hal itu, Pemerintah Kabupaten Karawang akan melakukan evaluasi sekolah yang siswanya terlibat tawuran untuk diberhentikan sementara pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Baca juga: Belum Sebulan PTM Digelar, Sejumlah Siswa SD, SMP, SMA di Bekasi dan Tangerang Terpapar Covid-19 Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Asep Junaedi mengatakan, terjadinya tawuran pelajar, pihaknya akan menghentikan kembali sekolah yang siswanya terlibat aksi tawuran.

"Untuk peristiwa kemarin-kemarin belum kami terapkan sanksinya. Hanya kami awasi dan lakukan pembinaan sekolah-sekolah dan siswa," katanya, pada Kamis (30/9/2021). Akan tetapi, kata dia, apabila hal serupa dilakukan kembali. Maka kegiatan PTM di sekolah itu akan dihentikan sementara. Tentu, ini menjadi pelajaran bagi seluruh sekolah di wilayah Kabupaten Karawang.

Pihak sekolah maupun orangtua wajib mengawasi anak-anak agar tidak melakukan aksi tawuran tersebut. Adblock test (Why?) Tribunnews.com October 01, 2021 at 12:57PM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Minggu terakhir MPL ID Season 8 akan dibuka dengan dua pertandingan, Jumat (1/10/2021) hari ini.

Alter Ego yang menelan kekalahan dua beruntun di pekan kemarin akan dihadapkan dengan lawan AURA Fire. Celiboy dkk yang telah dipastikan masuk ke babak upper bracket sedang mencari pelampiasan akibat rekor kemenangan atau winstre ak selama 6 pekan terputus. Sekali rekor itu terputus, Alter Ego pun kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki menelan dua kekalahan beruntun. Para pemain Alter Ego di MPL ID Season 8 (Insagram @ae.nasiuduk) Bigetron Alpha menjadi tim pertama di MPL ID Season 8 yang sanggup mengalahkan Alter Ego.

Berikutnya, RRQ Hoshi merupakan tim kedua yang memberikan pil pahit untuk Alter Ego. Akibat dua kekalahan beruntun itu, Alter Ego harus menyerahkan puncak klasemen kepada RRQ Hoshi. Sementara itu calon lawannya AURA FIRE juga sudah dipastikan masuk ke babak playoffs dan akan berusaha semaksimal mungkin membalaskan dendam pertemuan pertama. Beralih ke pertandingan lainnya ada EVOS Legends kontra Bigetron Alpha.

EVOS Legends yang harus dikalahkan pada pertemuan pertama, tentu akan semakin kuat untuk membalaskan dendamnya. Adblock test (Why?) Tribunnews.com NEWSTICKER 11:55 LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021 PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021 SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021 SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19 Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang merekam tindakan polisi lalu lintas menilang pengendara mobil di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, viral di media sosial, Kamis (30/9/2021) sore.

Polisi menilang karena di dalam mobil ada satu unit sepeda. Sepeda jenis MTB itu ditaruh di atas jok baris kedua dan ketiga. Sopir bernama Agus itu merekam sambil menjelaskan masalah yang tengah dia alami.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Dia diberhentikan polisi, lalu ditilang, meski tidak ada masalah dengan SIM dan STNK. "Jadi kesalahannya apa?" tanya pengemudi. "Tentang daya angkut barang. Ada di pasal 307, lihat di Google," jawab polisi bernama Rizky. "Bawa sepeda boleh, tapi jangan di dalam," timpal polisi lain bernama Fahmi. Video tersebut kemudian menyebar ke grup-grup pesepeda di media sosial Facebook hingga WhatsApp. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Sang sopir bingung dengan tindakan kedua polantas tersebut.

Netizen, terutama para pesepeda, pun juga bingung. Kok bisa kena tilang? Berat sepeda hanya belasan kilogram dan tidak mengganggu pengemudi. Membawa sepeda di dalam mobil alias loading, sudah biasa dilakukan pesepeda selama ini. Pasal apa yang dikenakan ke Agus? Pasal 307 yang dimaksud polantas tersebut berada di dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Masalahnya, pasal tersebut mengatur kendaraan angkutan umum, bukan kendaraan pribadi. Sepeda tersebut berada di dalam mobil pelat hitam.

Pasal 307 berbunyi: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor Angkutan Umum Barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 169 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Jika menilik Pasal 169 ayat (1) di atas, substansinya juga mengatur angkutan umum. Isinya: Pengemudi dan/atau Perusahaan Angkutan Umum barang wajib mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi Kendaraan, dan kelas jalan.

Minta maaf Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo langsung merespons keramaian tersebut. Baca juga: Polisi Beri Penjelasan soal Mobil Ditilang karena Angkut Sepeda Dalam Kabin Dia mengakui tindakan polantas itu salah, terutama pengenaan pasal. "Anggota tersebut salah dalam menerapkan pasal. Pasal 307 menjelaskan tentang kendaraan bermotor angkutan umum barang melebihi dimensi angkutan dan dapat membahayakan keselamatan," kata Sambodo dalam keterangannya, Kamis (30/9/2021).

Menurut Sambodo, sang sopir dapat ditilang apabila barang bawaan di dalam mobil mengganggu proses mengemudi. Jika barang bawaan di dalam mobil bisa mengganggu konsentasi pengemudi, maka pasal yang dapat dikenakan adalah Pasal 283.

Isinya: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

"Menindak kendaraan berpelat hitam seharusnya menggunakan Pasal 283. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dipengaruhi suatu keadaan dapat mengganggu konsentrasi berkendara," ucap Sambodo. Sambodo akhirnya meminta maaf atas perilaku anggotanya dan akan memberikan sanksi sesuai dengan kesalahannya.

"Direktorat Lalu Lintas meminta maaf dan akan mengingatkan kembali petugas di lapangan, khusus terhadap petugas tersebut dan akan kita berikan sanksi sesuai kesalahannya," ucap Sambodo. Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo kembali mempersoalkan hilangnya patung Presiden ke-2 Soeharto.

Usai mempersoalkan hilangnya patung Soeharto di Markas Kostrad, Gatot kini membandingkan patung Soeharto dengan patung Proklamator Sukarno. Gatot Nurmantyo menyampaikan hal itu kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki akun YouTube Karni Ilyas dengan tajuk 'KOMUNIS BANGKIT LAGI??

JENDERAL GATOT: SAYA MEMBERIKAN WARNING!" - KARNI ILYAS CLUB'. Gatot memberi jawaban ketika ditanya tentang harapannya usai peristiwa hilangnya patung Soeharto dkk di Markas Kostrad.

"Ya saya tetap berpikir positif bahwa karena Kostrad itu adalah tulang punggung, pada saat '65 (1965) dan seterusnya, untuk menjaga. Karena justru museum itu ada di Kostrad itu adalah bentuk pewarisan sejarah, agar semua prajurit Kostrad itu tahu dan sadar, bahwa panglimanya seperti itu, kemudian Kostrad seperti itu, sehingga suatu saat operasi pasti dia paling depan Kostrad," kata Gatot dalam YouTube Karni Ilyas seperti dilihat, Kamis (30/9/2021). Gatot kemudian bicara mengenai keberadaan patung Soeharto.

Gatot merasa ironis karena patung Soeharto hilang bahkan tidak ada, sementara patung Sukarno ada di mana-mana. "Nah ini, tiga-tiganya mengusik kebangsaan saya, sosok Sarwo Edhie, saya juga prajurit komando, Pak Harto (Soeharto), saya juga mantan Pangkostrad, Pak AY (Azmyn Yusri) Nasution juga mantan KSAD, beliau-beliau inilah contoh, panutan, tentang bagaimana perjuangan, bagaimana cara berpikir, bagaimana cara merencanakan mengambil keputusan yang efisien. Sehingga dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa memutarbalikkan.

Ini kan suatu hal sangat strategis bagi bukan hanya TNI, keluarganya, maupun masyarakat," tutur Gatot. "Bung Karni, di mana-mana patung Bung Karno ada, bahkan nama Soekarno-Hatta jalan ada, Pak Harto mantan presiden ada jasanya juga, mana sih ada patung? Hanya patung kecil seperti itu pun musnah. Ini kan suatu hal yang sangat ironis," lanjutnya. Tentang Museum Kostrad yang Urusan Patungnya Disorot Gatot (dok.Kostrad) Dia meminta siapa pun menghormati Presiden Indonesia.

Dia berharap ada patung-patung presiden RI di Markas Kostrad. Gatot berharap setiap Presiden RI dapat dihargai seluruh pihak.

Gatot mengatakan seluruh Presiden RI dapat punya jasa kepada Indonesia. "Nah harapan saya, marilah sama-sama kita hormati siapapun mantan presiden kita semuanya. Sehingga dunia melihat bahwa kita bangsa yang besar menghargai apapun kesalahannya, ini hanya sebagai pelajarannya jangan sampai terulang, tetapi kita angkat sama-sama.

Bung Karno contohnya bawa proklamasi, kemudian Pak Harto Bapak Pembangunan, Bu Mega presiden wanita pertama, dan seterusnya, Jokowi mungkin Presiden infrastruktur, kan gitu, jadi ditokohkan semuanya pada posisi yang sama.

Sehingga dunia melihat wah itu Indonesia," pungkasnya. Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita October 01, 2021 at 09:06AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini berita populer nasional Tribunnews selama 24 jam terakhir. Letnan Kolonel (Letkol) Untung Samsoeri merupakan pemimpin dalam aksi Gerakan 30 September pada 1965 silam. Ia merupakan Komandan Batalyon I Resimen Cakrabirawa.

Namun, nasibnya ternyata tak seberuntung namanya. Sementara itu, polemik isu komunis menyusup di tubuh TNI masih bergulir. Baca juga: Acara Kesenian Alihkan Perhatian Warga Lubang Buaya Saat Malam G30S PKI Baca juga: Saksi Sejarah Ungkap Tragedi G30S PKI Menyisakan Trauma Terkait hal ini, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen (Purn) Azmyn Yusri Nasution, buka suara.

Dirangkum Tribunnews, inilah berita populer nasional yang dapat Anda simak: 1. Profil Letkol Untung, Pemimpin Aksi G30S Letkol Untung (paling kiri) saat mengawal Presiden Ir Soekarno.

(via KOMPAS.com) Berikut ini profil Komandan Batalyon I Resimen Cakrabirawa, Letkol Untung Samsoeri, yang memimpin aksi Gerakan 30 September (G30S) di tahun 1965.

Banyak pihak menilai Letkol Untung adalah satu di antara pengkhianat dalam kejadian G30S. Adblock test (Why?) Tribunnews.com October 01, 2021 at 09:04AM Feed Digital: Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Denny Sumargo mengumumkan jika sang mantan manajer bernisial DA melakukan penipuan. Tak hanya dirinya, Dennt Sumargo juga menyebut adalagi talent yang diduga ditipu kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki mantan manajernya itu. Pria yang akrab disapa Densu itu mengatakan bahwa mantan manajernya diduga menyalahgunakan nama Densu Management. Baca juga: Somasi Tak Ditanggapi, Jadi Alasan Denny Sumargo Laporkan Mantan Manajernya Ke Polda Metro Jaya Baca juga: Denny Sumargo Ungkap Modus Penggelapan Honor yang Diduga Dilakukan Sang Manajer "Dalam perjalanannya ternyata ditemukan, ada talent lain yang mengalami kerugian dari Densu Management.

Nama manajemen saya yang digunakan untuk kerja sama tersebut, menyatut Densu Management," ucap Denny Sumargo di kawasan Meruya Jakarta Barat, Kamis (30/9/2021). "Densu manajemen itu manajemen pribadi yang dibuat oleh saya," ujarnya. Denny Sumargo saat menggelar jumpa pers di kawasan Meruya Jakarta Barat, Kamis (30/9/2021).

(Tribunnews.com/Bayu Indra Permana) Denny mengatakan bahwa dalam perjalanan ia membangun mnajemennya itu, dirinya mengangkat DA selaku mantan manajer untuk membantu mengelola menejemennya "Saya mengangkat satu orang yang membantu saya dia manajer saya ini untuk menyelesaikan urusan kontrak dan deal-dealan," tuturnya.

Sampai akhirnya Denny Sumargo menyadari bahwa DA diduga menyalahgunakan nama menejemennya. Baca juga: Baru Nikah, Olivia Allan Muntah-muntah, Denny Sumargo Sebut Hamil, Ini Faktanya Baca juga: Kini Resmi Menikah, Olivia Allan Ungkap Mamanya Sempat Khawatir saat Awal Dekat dengan Denny Sumargo "Kemudian Densu manajemen digunakan sama dia atas izin saya untuk merekrut talent.

Tapi saya berpesan janganlah Densu Manajemen dibuat untuk hal yang tidak benar," jelasnya. Adblock test (Why?) Tribunnews.com October 01, 2021 at 09:03AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Pekan ketujuh Liga Italia dijadwalkan mempertemukan Atalanta vs AC Milan, pada Senin (4/10/2021) dini hari.

Laga Atalanta vs AC Milan berlangsung di Gewiss Stadium, mulai pukul 01.45 WIB, Live beIN Sports 2. Dalam pertandingan ini, tim tamu AC Milan akan kembali diperkuat oleh salah satu bek andalannya. Ia adalah Simon Kjaer yang telah melewatkan tiga pertandingan terakhir AC Milan.

Penyerang Italia Genoa Gianluca Scamacca (kanan) menantang bek Denmark AC Milan Simon Kjaer selama pertandingan sepak bola Serie A Italia AC Milan vs Genoa pada 18 April 2021 di stadion San Siro di Milan. Filippo MONTEFORTE / AFP (Filippo MONTEFORTE / AFP) Baca juga: Pengabdian Piero Ausilio di Inter Milan, Tolak Juventus & Arsenal, Rekrut Lautaro hingga Marotta Baca juga: Ambisi Andreas Jungdal di AC Milan, Pujian dari Pioli, Kecermatan Moncada dan Geser Plizzari Simon Kjaer sebelumnya harus absen karena mengalami cedera dan kini diklaim telah pulih dari cedera.

Menurut Tuttosport, Kjaer masih harus memulihkan fisiknya terlebih dahulu dalam persiapan yang tersisa. Bek berusia 32 tahun itu juga dipastikan tak ambil dalam pertandingan Timnas Denmark di jeda internasional pekan depan.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Kemungkinan Kjaer akan turun sebagai pemain pengganti saat AC Milan meladeni perlawanan tuan rumah Atalanta. Kjaer sendiri terakhir bermain bersama AC Milan saat ditahan imbang Juventus dengan skor 1-1. Dirinya hanya bermain selama 34 menit dan 3 pertandingan berikutnya absen karena cedera. Adblock test (Why?) Tribunnews.com October 01, 2021 at 05:59AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Jadwal potensial yang akan dilakoni Chelsea dalam beberapa gameweek kedepan tampaknya menarik minat para manajer FPL untuk merekrut pemain The Blues.

Para manajer FPL seakan bertindak sigap berburu aset pemain Chelsea untuk dimasukkan ke skuatnya mulai gameweek ketujuh Salah satu aset paling menarik yang diburu manajer FPL yakni Marcos Alonso yang tak lain merupakan fullback kiri andalan Chelsea. Aset pertahanan Chelsea sendiri memang cukup menjanjikan semenjak tim asal London itu ditangani Thomas Tuchel. Baca juga: Efek Fixture Swing Manchester United, Aset Setan Merah Banyak Dilego Manajer FPL Baca juga: Efek Domino Arsenal Menang Beruntun - Peluang Aset FPL Laris Manis, Harga Murah Performa Gacor Pelatih kepala Chelsea asal Jerman Thomas Tuchel (kanan) mengucapkan selamat kepada bek Spanyol Chelsea Marcos Alonso (tengah) dan gelandang Chelsea AS Christian Pulisic setelah pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Chelsea dan Burnley di Stamford Bridge di London pada 31 Januari 2021.

JUSTIN TALLIS / POOL / AFP (JUSTIN TALLIS / POOL / AFP) Keberadaan Tuchel seakan mampu membuat lini pertahanan Chelsea tampak semakin kokoh dengan skema tiga beknya. Alonso yang sempat tidak mendapatkan tempat ketika Chelsea masih dibesut Frank Lampard pada musim lalu. Justru kini menjadi sosok andalan yang jarang tak tergantikan peranannya dalam menyisir sisi kiri pertahanan Chelsea. Dengan jadwal potensial, peluang cleansheet plus attacking return yang menjanjikan.

Baca juga: Kilas Menarik FPL - Poin Clean Sheet Bek MU Melayang, Liverpool & Chelsea Lebih Menjanjikan Nama Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki memang cukup menggiurkan para manajer FPL untuk merekrutnya.

Kemampuan Alonso dalam hal menangani set piece juga menjadi nilai tambah pemain berkebangsaan Spanyol tersebut.

Adblock test (Why?) Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bocah 3 tahun berinisial J yang ditemukan terkurung di dalam rumah bersama jasad neneknya akhirnya dijemput keluarga. Sebelumnya, J ditemukan dalam kondisi memprihatinkan setelah berhari-hari hidup bersama jasad neneknya di dalam rumah Jalan Gambir Anom 2, RT 06 RW 06 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/9/2021).

Ia kemudian dibawa ke Puskesma terdekat untuk mendapat perawatan sampai akhirnya keluarganya datang menjemput. Diketahui J ditinggal ayahnya yang merupakan warga negara Belanda hingga akhirnya dirawat ibu dan neneknya.

Namun, dalam sebulan terakhir, J kehilangan dua orang yang merawatnya itu. Ibunya yang berusia 35 tahun meninggal setelah menderita sakit pada Agustus lalu. Baca juga: Bocah Temani Jasad Nenek Berhari-hari di Kelapa Gading, Terungkap Setelah Warga Cium Bau Menyengat Kemudian sang nenek, OJ (64) meninggal beberapa hari lalu, juga meninggal dunia dengan riwayat penyakit TBC Jasad sang nenek ditemukan polisi dan warga di dalam rumahnya di Jalan Gambir Anom 2, RT 06 Kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki 06 Pegangsaan Dua, pada Kamis (30/9/2021) siang tadi. Jasad si nenek terbujur kaku dengan ditemani cucunya, J, dalam kondisi memprihatinkan.

Diduga si nenek sudah meninggal sejak lebih tiga hari lalu lantaran warga sempat sekitar sempat menicum aroma tak sedap dari rumah korban. Adblock test (Why?) Tribunnews.com October 01, 2021 at 05:36AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Simak jadwal siaran langsung pertandingan bulutangkis bertajuk Piala Sudirman 2021 yang telah memasuki babak perempat final hari ini, Jumat (1/10/2021).

Kontingen bulutangkis Indonesia dijadwalkan harus bertemu Malaysia untuk memperebutkan tiket semifinal Piala Sudirman 2021. Indonesia sendiri lolos ke babak perempat final dengan status sebagai juara Grup C. Sementara itu, Malaysia lolos sebagai runner-up Grup D, tepat dibawah Jepang yang menguasai puncak.

Pertempuran antara Indonesia dan Malaysia dipastikan akan menyajikan laga sengit mengingat rivalitas kedua negara. Baca juga: Resmi! Hasil Drawing Piala Sudirman 2021: Indonesia Jumpa Malaysia, Peluang Semifinal Terbuka Lebar Baca juga: Kalahkan Anthony Ginting Dua Gim Langsung, Anders Antonsen Mengaku Tak Pakai Strategi Pebulutangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) melakukan pukulan di sebelah pemain Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dalam pertandingan perempat final bulu tangkis ganda putra Soh Wooi Yik (bawah) dari Malaysia dan Aaron Chia dari Malaysia selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 29 Juli 2021.

(PEDRO PARDO / AFP) Salah satu duel paling sengit diprediksi akan tersaji di sektor ganda putra. Sektor ganda putra tampaknya memang menjadi andalan masing-masing tim untuk berburu kemenangan dalam ajang apapun. Dari kubu Indonesia, skuat Merah Putih dihuni oleh beberapa pasangan ganda putra andal yang telah diakui dunia setiap generasinya.

Pada ajang Piala Sudirman 2021, ada tiga ganda putra utama Indonesia yang siap tempur di babak perempat final. Baca juga: Update Piala Sudirman 2021: Cedera Bahu dan Lutut Tak Bikin Kevin Sanjaya Gentar Baca juga: Delapan Negara Lolos ke Perempat Final Piala Sudirman 2021 Ada sosok pasangan ganda putra terbaik dunia dalam diri Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Adblock test (Why?) Tribunnews.com October 01, 2021 at 05:04AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Berbagai hasil pertandingan menarik matchday kedua Liga Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki telah selesai digelar, Kamis (30/9/2021) sampai Jumat (1/10/2021) dinihari WIB. Napoli yang tampil luar biasa ketika mengarungi Liga Italia justru mengalami nasib apes di kompetisi Eropa.

Tim asal Naples itu kembali gagal meraih kemenangan setelah dipecundangi oleh Spartak Moscow dengan skor 2-3. Napoli harus menelan kekalahan dengan cara comeback setelah sempat unggul cepat lewat Elif Elmas pada menit pertama atas Spartak Moscow. Hanya saja kartu merah yang diterima Mario Rui pada menit 30 menjadi awal bencana Napoli. Penyerang Napoli asal Nigeria Victor Osimhen (kanan) merayakan gol dengan penyerang Napoli Italia Lorenzo Insigne setelah membuka skor selama Serie A Italia antara Napoli dan Cagliari pada 26 September 2021 di stadion Diego-Maradona di Naples.

(Carlo Hermann / AFP) Napoli selaku tuan rumah pun harus kebobolan setelah Quincy Promes mencetak gol penyeimbang pada menit 55. Usaha Spartak Moscow untuk membalikkan keadaan berhasil dilakukan saat memasuki menit 80. Ialah Mikhail Ignatov yang menggandakan keunggulan Spartak Moscow pada menit 80. Spartak Moscow hampir dibuat senam jantung setelah salah seorang pemainnya bernama Maximiliano Caufriez menerima kartu merah dua menit pasca gol kedua timnya.

Beruntung, tim asal Rusia itu mampu menjaga ritme permainan terbaiknya. Adblock test (Why?) Tribunnews.com Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saksi sejarah G30S/PKI, Yasin (71) mengungkap ada upaya mengalihkan perhatian warga sekitar pada malam pembantaian tujuh jenderal. Ia menyebut malam itu, PKI menggelar pesta kesenian reog ponorogo, pentas lawak, hingga layar tancap. "Seingat saya banyak warga yang menyaksikan reog ponorogo," kata Yasin kepada Tribun Network, Kamis (30/9/2021).

Kala itu, sejumlah truk hingga bus hilir mudik melintas masuk ke arah tempat yang sekarang menjadi Monumen Pancasila Sakti. Menurut dia, tidak ada satupun warga yang menaruh curiga karena sudah kalut dalam acara kesenian.

"Rumah saat itu sangat jarang dan kebanyakan masih pohon karet sehingga warga tidak mengetahui pasti apa yang terjadi," ujarnya. Baca juga: Saksi Sejarah Ungkap Tragedi G30S PKI Menyisakan Trauma Sampai akhirnya terbongkar penemuan mayat 7 jenderal di dalam sebuah sumur.

"Setelah ditemukan baru sadar kalau pas waktu saya sama warga di sini nonton layar tancap dan reog," ucapnya. Yasin baru tersadar bahwa tronton yang melintas kemungkinan membawa mayat dan para pahlawan. Adblock test (Why?) Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM, BADUNG - Seorang wanita menjadi korban penganiayaan mantan pancarnya yang merupakan warga negara asing asal Nigeria. Kini pelaku yang diketahui bernama Koffe Christian Tao (26) Alias Harry sudah diringkus aparat kepolisian dari jajaran reskrim Polsek Kuta Utara.

Saat dihadirkan Polres Badung, Bali, di hadapan awak media, pelaku hanya bisa menunduk Kamis (30/9/2021). Pelaku ternyata tidak mempunyai uang selama berada di Bali.

Sehingga dirinya menghubungi mantan pacarnya untuk diajak bertemu. Nekatnya lagi, pelaku Harry malah menganiayaa mantan pacarnya dan mengambil dompet yang berisi uang serta handpone korban. Baca juga: Tentara Gadungan Asal Afrika di Bali Dideportasi Kapolsek Kuta Utara AKP Putu Diah Kurniawandari saat dikonfirmasi mengatakan dari hasil penyelidikan dan wawancara pelaku, diketahui pelaku memang tidak punya uang selama di Bali.

Sehingga dirinya merampas uang milik mantan pacarnya tersebut. [embedded content] "Jadi WNA itu sudah tidak punya uang, sehingga dia melakukan aksi kejahatan," ujarnya. Dijelaskan tidak hanya itu, WNA asal Nigeria itu juga sempat kabur saat kasusnya dilaporkan. Adblock test (Why?) Tribunnews.com Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yasin (71), saksi sejarah Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) menceritakan rasa trauma yang kini dialami warga Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Saat peristiwa, Yasin masih duduk di kelas 3 Sekolah Dasar. Penggerebekan yang dilakukan prajurit PKI ke perkampungan membuat warga ketakutan. "Penggerebekan besar-besaran membuat trauma warga sekitar," kata Yasin mengisahkan pengalamannya kepada Tribun Network, Kamis (30/9/2021). Yasin menuturkan pada zamannya warga kampung tidak paham apa yang sebenarnya terjadi. Menurut dia, sulit membedakan mana PKI dan mana Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD).

"Orang kampung di sini ibaratnya kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki dan tidak mengerti persoalan begitu," ucap Yasin yang dulunya berprofesi penjual papan penggilasan. Baca juga: Satpol PP Sawah Besar Tertibkan Sejumlah Spanduk Tolak Nobar Film G30S/PKI Ia tidak menampik banyak warga yang dihasut untuk menjadi anggota PKI.

Namun, menurutnya, tidak ada satupun warga yang menyiyakan ajakan itu. Adblock test (Why?) Tribunnews.com October 01, 2021 at 02:51AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini hasil drawing babak perempat final Piala Sudirman 2021 yang secara resmi telah digelar, Jumat (1/10/2021) dinihari WIB.

Kontingen bulutangkis Indonesia dipastikan akan bertemu dengan Malaysia pada babak perempat final. Pertempuran Indonesia kontra Malaysia dipastikan akan berlangsung sengit mengingat rivalitas kedua kubu. Indonesia sendiri lolos ke babak perempat final dengan status sebagai juara Grup C. Trofi Piala Sudirman (Dok : PB Djarum) Tim Merah Putih berhasil melangkahi Denmark yang menjadi pesaing terkuatnya di grup tersebut.

Sementara itu, Malaysia lolos sebagai runner-up Grup D, tepat dibawah Jepang yang menguasai puncak. Keseruan laga antara Indonesia kontra Malaysia dijadwalkan akan berlangsung di Vantaa, Finlandia. Anda dapat menyaksikan keseruan laga kedua tim melalui tayangan TVRI, Jumat (1/10/2021) pukul 20.00 WIB. Hasil Drawing Perempat Final Piala Sudirman 2021: - China vs Denmark Adblock test (Why?) Tribunnews.com October 01, 2021 at 02:45AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - AS Roma sukses meraih kemenangan penting di lanjutan matchday UEFA Europa Conference League (UECL) melawan Zorya Luhansk, Kamis (30/9/2021) malam, WIB.

AS Roma menang dengan skor meyakinkan 3-0 di pertandingan kali ini. Ketiga gol Giallorossi dibuat oleh Stephan El Shaarawy (6'), Chris Smalling (65') dan Tammy Abraham (67'). Penyerang AS Roma Tammy Abraham merayakan gol rekan setimnya gelandang Italia Lorenzo Pellegrini selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki vs As Roma di stadion Arechi di Salerno pada 29 Agustus 2021. (Alberto PIZZOLI / AFP) Baca juga: Skor Babak 1 Zorya vs AS Roma, Europa Conference League: Giallorossi Unggul 1-0 Berkat El Shaarawy Kemenangan telak ini tentu sangat berharga bagi skuat asuhan Jose mourinho. Sebab, raihan poin sempurna ini mereka dapatkan kala menjalani partai tandang ke Ukraina.

Hingga matchday kedua UEFA Europa Conference League, Serigala Ibu Kota selalu berhasil meraih kemenangan, Alhasil, Lorenzo Pellegrini dkk kini mengoleksi 6 poin hasil dari dua kemenangan di dua laga yang sudah dijalani. Baca juga: Aksi Nyeleneh Zaniolo dan Lucas Leiva Kembali Sulut Persaingan AS Roma dan Lazio Raihan 6 poin sekaligus membuat mereka menjadi penguasa Grup C untuk sementara.

AS Roma unggul atas Bodo/Glimt dan CSKA Sofia yang berada di tangga kedua dan ketiga. Jalannya Laga Adblock test (Why?) Tribunnews.com Jakarta, CNN Indonesia -- Anak Nia Daniaty, Olivia Nathania dan suaminya, Rafly N Tilaar disebut memanfaatkan foto bersama para pejabat untuk menipu para korbannya.

Pengacara salah satu korban, Odie Hodianto mengatakan Olivia selalu memamerkan foto dengan para pejabat untuk meyakinkan para korbannya bisa jadi PNS. "Dari cerita para korban ketika misalnya ada Oli ketemu korban, dia nunjukin 'nih kemarin saya ketemu sama si ini si A'," kata Odie di Polda Metro Jaya, Kamis (30/9). Namun, Odie tak membeberkan siapa para pejabat yang fotonya ditunjukkan oleh Olivia kepada para korban.

Pelapor Olivia, Karnu hari ini juga telah diperiksa oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dalam pemeriksaan ini, ia dicecar 25 pertanyaan oleh penyidik. Disampaikan Odie, dalam pemeriksaan ini pihaknya turut menyertakan bukti tambahan terkait dugaan penipuan dan penggelapan perekrutan CPNS oleh Olivia. "Tiga dokumen diduga bohong yaitu nota dinas, SK, dan nomor induk pegawai langsung disita penyidik agar cepat prosesnya," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Odie, rencananya pada Jumat (1/10) besok pihaknya juga akan dilakukan pemeriksaan enam saksi yang diajukan pelapor. Salah satunya adalah merupakan seorang saksi penting "Termasuk bu Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki.

Bu Agustin tokoh penting yang pertama jadi korban Olivia," ucap Odie. Dalam kesempatan sama, Karnu selaku pelapor dan korban mengungkapkan dirinya dijanjikan oleh Olivia bahwa anaknya bisa menjadi PNS Pemprov DKI Jakarta.

Karnu pun telah mentransfer uang sebesar Rp40 juta dan kemudian diberikan SK pengangkatan oleh Olivia. Namun, surat itu ternyata palsu setelah dicek ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). "Anak dijanjiin jadi CPNS Pemprov DKI," kata Karnu. Sebelumnya, Olivia Nathania dan suaminya bernama Rafly N Tilaar atau Raf dilaporkan terkait dugaan penipuan perekrutan PNS. Laporan ini terdaftar dengan nomor LP/B/4728/IX/SPKT/Polda Metro Jaya.

Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham juga tengah memeriksa Rafly terkait laporan ini. Sebab, Rafly diketahui merupakan salah satu pegawai di Ditjen PAS. "Inspektorat Jenderal Kemenkumham, Ditjen PAS sedang melakukan pemeriksaan terhadap kasus terkait pengaduan terhadap saudara Rafly," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti saat dikonfirmasi, Selasa (28/9).

(dis/ain) [Gambas:Video CNN] Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita October 01, 2021 at 01:03AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate secara resmi telah merilis 23 nama yang dipanggil untuk memperkuat The Three Lions menghadapi babak lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Dalam daftar 23 pemain yang dipanggil Southgate terlihat adanya nama palang pintu pertahanan AC Milan yang tampil brilian sejauh ini.

Ialah Fikayo Tomori yang akhirnya mendapatkan panggilan Timnas Inggris setelah terakhir kali pada November 2019. Performa gemilang yang diperlihatkan Tomori saat membela AC Milan sejak pertengahan musim lalu tampaknya membuat Southgate merasa jatuh hati. Striker Liverpool asal Portugal Diogo Jota (tengah) bersaing dengan bek AC Milan Inggris Fikayo Tomori (kiri) selama pertandingan sepak bola Grup B putaran pertama Liga Champions UEFA antara Liverpool dan AC Milan di Anfield di Liverpool, Inggris barat laut pada 15 September 2021.

AFP/Paul ELLIS (AFP/PAUL ELLIS) Southgate pun menjelaskan alasannya memanggil Tomori pada kesempatan kali ini. Absennya Harry Maguire membuat Southgate memutuskan untuk memanggil Tomori yang memang sedang berada dalam kondisi terbaiknya.

"Dia sekarang bermain dengan klub dimana ada harapan untuk menang setiap pekan, jadi dia terbiasa tampil di bawah tekanan," ujar Southgate dilansir BBC. "Saya suka Tomori dalam hal agresivitasnya sebagai bek, dia punya kecepatan, dia percaya diri ketika bertahan dengan kaki,". Kejutan dari keputusan Southgate barangkali ketika ia memutuskan untuk tidak memanggil dua wonderkid yang sejatinya tampil cukup brilian awal musim ini.

Dua wonderkid yang dimaksud yakni Mason Greenwood dan Jude Bellingham. Gelandang Inggris Jude Bellingham (tengah) dan gelandang Kroasia Luka Modric berebut bola pada pertandingan sepak bola Grup D UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Kroasia di Stadion Wembley di London pada 13 Juni 2021. Laurence Griffiths / POOL / AFP (Laurence Griffiths / POOL / AFP) Adblock test (Why?) Tribunnews.com Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo TRIBUNNEWS.COM, BATU - Aparat Polres Batu dan Koramil 0818/02 Batu mengamankan seorang tentara gadungan, Kamis (30/9/2021).

Danramil 0818/02 Batu, Kapten Abdul Kodir menjelaskan, tentara gaadungan tersebut ditangkap di sebuah vila yang ada di Kelurahan Songgokerto. Penangkapan tersebut dilakukan, setelah pihaknya menerima laporan warga. Pelaku mengaku bernama Suharto dan berpura-pura menjadi anggota TNI dengan pangkat mayor. Hal yang aneh adalah foto identitas dirinya. Dalam foto yang disimpan Suharto, ia mengenakan seragam TNI AU dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

Sedangkan foto identitas yang tergantung sebelah kiri, berseragam loreng dengan pangkat mayor. Sebelah kanan seragamnya, ada tanda nama S Prasetiawan.

Di lengan kirinya ada bet provos. Baca juga: Tentara Gadungan Asal Afrika di Bali Dideportasi Tertangkapnya Suharto berawal dari kecurigaan warga yang melihat gerak-gerik Suharto karena meminta-minta uang. Adblock test (Why?) Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM, MANCHESTER - Cristiano Ronaldo mengatakan bahwa momen hebat saat ketika mencetak gol kemenangan Manchester United dari Villarreal menjadi faktor mengapa dia kembali ke Manchester United. Bintang Portugal itu menambah ceritanya setelah bergabung kembali dengan Setan Merah dengan mencetak gol pada menit ke-95 untuk menciptakan kemenangan 2-1 atas klub Spanyol di Liga Champions pagi tadi.

Gol kemenangan di penghujung pertandingan menyelamatkan Manchester United dari hanya meraih satu poin dari dua pertandingan penyisihan grup dan menjadi gol kelima Cristiano Ronaldo dalam lima penampilan musim ini. Fans di Old Trafford senang setelah pahlawan mereka menyumbangkan gol kemenangan meskipun dia sudah memainkan peran kunci dalam banyak pertandingan.

"Inilah mengapa saya kembali, saya sangat merindukan klub ini," kata Cristiano Ronaldo. Dia menyatakan keinginan untuk mengembalikan kejayaan yang dia nikmati selama penampilan pertamanya di United, yang membuat Ronaldo meraih tiga gelar Liga Premier dan Liga Champions dalam daftar trofi lainnya yang dimenangkan. “Saya memiliki sejarah dengan klub ini dan saya ingin mengulanginya lagi, bukan hanya untuk saya tetapi untuk tim,” tutur Cristiano Ronaldo.

Pemain berusia 36 tahun itu mengakui bahwa United berada dalam situasi sulit melawan Villarreal setelah kekalahan di tangan Young Boys di leg pembuka Liga Champions. “Jika hari ini kami tidak mendapatkan (tiga) poin, maka akan sulit untuk melangkah ke level berikutnya.

Tapi sekarang semuanya tidak mungkin, semuanya terbuka dan kami yakin kami akan melewatinya," jelas Cristiano Ronaldo. Adblock test (Why?) Tribunnews.com Laporan Kontributor TribunJabar.id, Sidqi Al Ghifari TRIBUNNEWS.COM - Seorang kakek berinisial MS (55) harus berurusan dengan polisi.

Ia ditangkap karena telah mencuri tiga unit sepeda motor. Satu di antaranya adalah motor dinas Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat. Uang hasil penjualan motor curian itu dipakai pelaku untuk main perempuan dan foya-foya. "Tersangka ini menjual barang curiannya di media sosial. Kami kemudian melakukan penyelidikan kerja sama dengan Tim Sancang.

Pelaku akhirnya bisa diringkus," ujar Kapolsek Garut Kota, Deden Mulyana, saat dihubungi Tribunjabar.id, Kamis (30/9/2021). Baca juga: Maling Modus Jadi Petugas PLN Beraksi di Cilandak, Brankas Isi 4 Sertifikat Rumah dan Berlian Dicuri Baca juga: Viral di Media Sosial, Polisi Tangkap Perampok yang Sekap Wanita di Parkiran Pusat Perbelanjaan PIK Saat hendak diringkus, pelaku sempat melarikan diri sehingga polisi menghadiahinya tinta panas di kakinya.

Deden menjelaskan, pelaku juga menggasak motor dinas milik Pemda Garut. Uang hasil jual motor tersebut, kata Deden, dipakai untuk main perempuan. "Tersangka ini menggunakan uang haram tersebut untuk foya-foya dengan perempuan," ucapnya. Dalam penangkapan tersebut polisi berhasil mengamankan dua unit motor hasil curian MS dan kunci letter T, alat yang digunakan pelaku untuk menggasak motor orang lain. "Tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, ancaman hukuman 6 tahun," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kakek Bercucu Dua Asal Garut Ini Mencuri Motor Dinas Pemkab demi Foya-foya dan Main Perempuan Adblock test (Why?) Tribunnews.com Jakarta - Kenapa disebut Lubang Buaya? Asal muasal nama Lubang Buaya sebenarnya sudah ada sebelum lokasi itu jadi saksi bisu tragedi G30S/PKI. Pada awalnya Lubang Buaya adalah sebuah nama jalan. Lokasinya di Jalan Lubang Buaya, yang terletak di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Lokasi ini menyimpan sejarah yang dalam bagi bangsa Indonesia. Lantas, bagaimana sejarah Lubang Buaya? Apa yang menyebabkan tempat ini begitu lekat dengan tragedi G30S/PKI? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui selengkapnya.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Dikutip dari penelitian berjudul 'Menelisik Sejarah Penamaan Jalan Lubang Buaya dan Kaitannya dengan Peristiwa G30S' yang ditulis oleh Aqiilah Afiifadiyah Rahman dan Jumardi dan dimuat di jurnal Local History & Heritage, sejarah Lubang buaya awalnya dari nama jalan sekaligus kelurahan di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Diketahui bahwa daerah Lubang Buaya ini dulunya terdapat kali yang dipenuhi buaya. Selain buaya yang bisa dilihat dengan mata, ada buaya yang gaib alias siluman buaya putih. Namun halangan buaya-buaya itu bisa diatasi oleh seorang ulama bernama Pangeran Syarif (Datok Banjir). Sejak saat itu, daerah tersebut diberi nama Lubang Buaya. Kemudian, warga daerah Lubang Buaya menyebut Pangeran Syarif sebagai Datok Banjir. Hal ini karena mereka percaya bahwa beliau memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain.

"Dulu pasukan Belanda yang mau nguasain daerah sini tidak berhasil berkat doa yang dipanjatkan beliau. Waktu itu, sepenglihatan pasukan Belanda, daerah Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki Buaya terlihat seperti lautan sampai akhirnya tidak jadi menyerbu kawasan Lubang Buaya," ujar Pak Yanto, narasumber penelitian tersebut.

Kenapa Disebut Lubang Buaya: Kaitannya Dengan G30S/PKI Dalam sejarahnya, daerah ini pernah menjadi saksi bisu tragedi besar, yaitu peristiwa G30S. Pada waktu itu Lubang Buaya dijadikan tempat pembunuhan dan pembuangan sejumlah perwira Angkatan Darat (AD), yang terdiri atas Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Suprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Pandjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Tendean.

Pertanyaan kenapa disebut Lubang Buaya telah terjawab. Di halaman sebelumnya, ada informasi tentang Monumen Pancasila Sakti yang ada di Lubang Buaya. Simak video 'Gatot Sebut PKI Gaya Baru Sudah Menyusup ke TNI': [Gambas:Video 20detik] Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dan DPR RI sepakat meneruskan pembahasan RUU KUP yang saat ini diubah menjadi RUU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP) untuk disahkan menjadi UU dalam rapat Paripurna.

Rencananya akan dilaksanakan pada pekan depan. Selain menetapkan tarif pajak baru, melalui RUU HPP ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menambah fungsi KTP. Ini untuk menguatkan sistem administrasi perpajakan di dalam negeri. "RUU ini juga akan memperkuat reformasi administrasi perpajakan yang saat ini dilakukan oleh pemerintah, melalui implementasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai NPWP untuk Wajib Pajak orang pribadi," ujarnya melalui keterangan resmi yang dikutip, Kamis (30/9/2021).

Menurutnya, RUU ini juga hadir pada saat yang tepat.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

RUU ini dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian yang berkelanjutan yang inklusif dan sekaligus mendukung percepatan pemulihan perekonomian serta mengoptimalkan penerimaan negara. RUU ini juga bertujuan untuk mewujudkan sistem perpajakan yang lebih berkeadilan dan berkepastian hukum, serta melaksanakan reformasi administrasi, kebijakan perpajakan yang konsolidatif, dan perluasan basis perpajakan.

Lebih lanjut, Sri Mulyani berharap RUU ini juga akan terus meningkatkan kepatuhan sukarela Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

"Pemerintah meyakini bahwa RUU ini akan dapat mewujudkan sistem perpajakan yang lebih berkeadilan dan berkepastian hukum," tegasnya. [Gambas:Video CNBC] (mij/mij) Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita JAKARTA, KOMPAS.com - Perempuan muda bernama Sharon Florencia akan mengambil alih peran Erick Thohir sebagai Menteri BUMN pada hari ini, Kamis (30/9/2021).

Sharon merupakan peserta dari program Girls Take Over 2021 asal Bekasi, Jawa Barat, berusia 24 tahun. Mengutip akun instagram resmi Kementerian BUMN, Erick Thohir mengungkapkan kegiatan yang akan dilakukan Sharon selama menggantikannya. Salah satunya adalah memimpin rapat pimpinan. "Sharon nanti kamu gantiin saya. Hari Kamis itu ada rapat pimpinan, jadi kamu pimpin rapat, nanti akan dibahas dua hal kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki rapat," ujar Erick seperti dikutip dari Instragam @kementerianbumn, Kamis (20/9/2021). Baca juga: Erick Thohir: Gedung Sarinah akan Punya Ikon Relief Peninggalan Soekarno Ia menjelaskan, dua hal yang dibahas dalam rapat yakni, pertama memastikan program kesetaraan gender berjalan atau tidak di Kementerian BUMN. Kedua, bagaimana memastikan program-program kementerian yang sekarang akan difokuskan pada keberpihakan di bidang edukasi, lingkungan hidup dan UMKM.

"Hal-hal inilah yang akan direviu di dalam rapat pimpinan,” imbuh Erick. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Untuk diketahui, Sharon merupakan lulusan terbaik dari universitas negeri di bidang psikologi dan best graduate officer development program salah satu BUMN di 2019.

Ia memiliki cita-cita dalam mendorong kesetaraan perempuan dalam dunia kerja. Selama pandemi Covid-19 saat ini, Sharon berkesempatan memimpin tim Covid Rangers dalam mendorong kesadaran seluruh anggota tim demi mencegah penularan virus corona.

Selain itu, dia telah meningkatkan keterwakilan perempuan sebesar 20 persen di tim pemasarannya dengan berdasarkan kapabilitas individu. Dalam perjalanannya, Sharon kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki anggota tim, khususnya perempuan untuk mampu memimpin diri sendiri, keluarga, dan lingkungan yang lebih luas. Selain Sharon yang mengambil alih posisi Erick, dalam program Girls Take Over 2021 ada lima peserta perempuan muda lainnya yang akan mengambil alih posisi direktur utama (dirut) di lima perusahaan BUMN selama satu hari ke depan.

Kelimanya yakni Virdha Yudha (23) asal Jawa Tengah menjadi Dirut Angkasa Pura I, Sisilia Tunga (22) asal Nusa Tenggara Timur menjadi Dirut BRI, Adinda Zenniar (20) asal Jawa Tengah menjadi Dirut Bank Mandiri, Indira Arum (23) asal Sulawesi Selatan menjadi Dirut Kimia Farma, dan Putri Gayatri (20) asal Jawa Barat menjadi Dirut Telkomsel. Baca juga: Erick Thohir Ingin Bursa Indonesia Jadi Pasar Modal Terbesar di Asia Tenggara Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan, judicial review (JR) advokat Yusril Ihza Mahendra terhadap Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat Tahun 2020 ke Mahkamah Agung (MA) tak ada gunanya.

"Secara hukum, gugatan Yusril ini enggak akan ada gunanya. Karena, kalaupun dia menang, tidak akan menjatuhkan Demokrat yang sekarang," tegas Mahfud dalam diskusi virtual di Twitter, Rabu (29/9/2021) malam. Mahfud mengatakan, seandainya gugatan tersebut memenangkan Yusril, itu hanya berlaku untuk pengurus Demokrat yang akan datang, bukan untuk yang saat ini.

Baca juga: Elite Demokrat: Yusril Mengaku Netral, tetapi Kok Jadi Kuasa Hukum Moeldoko Artinya, kata dia, kemenangan gugatan tersebut tidak berpengaruh terhadap kepengurusan Partai Demokrat yang tengah berjalan saat ini. "Kalau mengabulkan enggak ada gunannya juga gitu. Karena pihak pengurus sekarang tetap dia, Agus Harimurti dan dia yang akan tetap memimpin," terang Mahfud.

Sebaliknya, Mahfud menilai langkah yang ditempuh Yusril seharusnya menggugat Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM yang mengesahkan AD/ART, termasuk kepengurusan Partai Demokrat periode 2020-2025. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Itu pun, kata dia, gugatan tersebut diajukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Kalau mau dibatalkan, salahkan menterinya yang mengesahkan. Artinya, SK menterinya itu yang diperbaiki," ungkap Mahfud. Mahfud menambahkan bahwa perselisihan terkait Moeldoko dan Partai Demokrat tidak ada gunanya. "Apa pun putusan MA, ya AHY, SBY, Ibas, semua tetap berkuasa (di Partai Demokrat) di situ Pemilu tahun 2024," imbuh dia. Sebelumnya, Yusril mendampingi empat anggota Partai Demokrat kubu Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang mengajukan JR terhadap AD/ART Partai Demokrat ke MA.

Yusril mengatakan, JR tersebut meliputi pengujian formil dan materiil terhadap AD/ART Partai Demokrat dengan termohon Menteri Hukum dan HAM selaku pihak yang mengesahkan AD/ART partai politik. "Advokat Yusril Ihza Mahendra dan Yuri Kemal Fadlullah membenarkan pertanyaan media bahwa kantor hukum mereka Ihza & Ihza Law Firm SCBD-Bali Office mewakili kepentingan hukum empat orang anggota Partai Demokrat mengajukan judicial review ke Mahkamah Agung," kata Yusril dalam siaran pers, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Yusril Jadi Kuasa Hukum Kubu Moeldoko Ajukan Uji Materi AD/ART Demokrat ke MA Yusril mengakui, langkah menguji formil dan materil AD/ART partai politik merupakan hal baru dalam hukum Indonesia. Ia mendalilkan bahwa MA berwenang untuk menguji AD/ART partai politik. Alasannya, karena AD/ART dibuat oleh sebuah partai politik atas perintah undang-undang dan delegasi yang diberikan UU Partai politik.

"Nah, kalau AD/ART Parpol itu ternyata prosedur pembentukannya dan materi pengaturannya ternyata bertentangan dengan undang-undang, bahkan bertentangan dengan UUD 1945, maka lembaga apa yang berwenang untuk menguji dan membatalkannya?

Ada kevakuman hukum untuk menyelesaikan persoalan di atas," ujar Yusril. Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita TRIBUNNEWS.COM - Berikut aturan pengibaran bendera setengah tiang di Indonesia. Pengibran bendera setengah tiang biasa dilakukan dalam masa berkabung. Sementara setiap tanggal 30 September, pengibaran bendera setengah tiang juga kerap dilakukan untuk peringatan peristiwa Gerakan 30 September 1965.

Hal ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan revolusi yang gugur pada peristiwa tersebut. Lalu, bagaimana aturan pengibaran bendera setengah tiang? Baca juga: Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Saksi Bisu Eksekusi Keji G30S yang Simpan Sejarah Kelam Aturan pengibaran bendera setengah tiang termuat dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Dalam Pasal 12 ayat (4) dijelaskan bahwa Bendera Negara digunakan sebagai tanda berkabung sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b apabila Presiden atau Wakil Presiden, mantan Presiden atau mantan Wakil Presiden, pimpinan atau anggota lembaga negara, menteri atau pejabat setingkat menteri, kepala daerah, dan/atau pimpinan dewan perwakilan rakyat daerah meninggal dunia.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Kemudian lebih dijelaskan pada Pasal 12 ayat (7): "Apabila pimpinan lembaga negara dan menteri atau pejabat setingkat menteri sebagaimana dimaksud pada ayat (4) meninggal dunia, pengibaran Bendera Negara setengah tiang dilakukan selama dua hari berturut-turut terbatas pada gedung atau kantor pejabat negara yang bersangkutan." Pasal 14 ayat (2) lebih lanjut menjelaskan mengenai pengibaran bendera setengah tiang. Adblock test (Why?) Tribunnews.com September 30, 2021 at 10:46AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat, mengabarkan penyidik hingga saat ini belum temukan unsur kesengajaan atas tragedi kebakaran Lapas Kelas I Tangerang.

Meski begitu, Tubagus menyebut penyebab kebakaran adalah karena faktor kelalaian. Hal tersebut diungkap Tubagus saat memberikan keterangan selama konferensi pers dalam penetapan tersangka baru kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (29/9/2021).

"Sejauh ini belum ditemukan unsur kesengajaan. Bahwa berdasarkan gelar perkara, sepakat tidak ada kesengajaan tapi lalai sebagai unsur yang paling kuat dalam persangkaaan kasus ini," terang Tubagus dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (30/9/2021).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat saat memberikan keterangan soal penetapan tersangka baru kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (29/9/2021) (Tribunnews.com/Fandi Permana) Baca juga: Faktor Kelalaian Jadi Penyebab Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Baca juga: Enam Keluarga Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang Bakal Gugat Pemerintah Lewat PTUN Polisi Tetapkan 3 Tersangka Baru yang Libatkan Napi Mengutip Tribunnews.com, penyidik telah menetapkan 3 tersangka baru dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang.

Sebelumnya 3 tersangka lainnya juga telah ditetapkan oleh penyidik sebagai tersangka. Sehingga, hingga saat ini pihak kepolisian telah menetapkan 6 tersangka dalam tragedi kebarakan yang menewaskan 49 napi ini. Ketiga tersangka baru ini terdiri dari napi dan pegawai lapas. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, menyebutkan ketiga tersangka baru ini dijerat Kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki 188 KUHP Juncto Pasal 55 dan 56 KUHP tentang kealpaan yang mengakibatkan kebakaran. Baca juga: Kebakaran Lapas Tangerang Karena Arus Pendek Listrik, Polisi: Instalasi Dipasang Bukan oleh Ahlinya Adblock test (Why?) Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengapresiasi perhatian publik terhadap perkembangan kebun raya.

Hal ini terkait kekhawatiran dari masyarakat dengan adanya wisata malam (Glow) di Kebun Raya Bogor. Menurut Handoko hal itu kurang beralasan. Terlebih seperti Kebun Raya Bogor yang ada di tengah keriuhan dan gemerlap kota. "Kami mengapresiasi dan terima kasih atas perhatian dan kepedulian masyarakat atas kebun raya yang kita cintai," ungkap Laksana Tri Handoko. Menurutnya, inovasi eduwisata semacam glow bisa diselenggarakan di berbagai kebun raya di dunia. "Inovasi eduwisata semacam glow bisa diselenggarakan di berbagai kebun raya di dunia.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Itupun tidak setiap hari," ucap Handoko. Handoko mengatakan, berdasarkan fungsinya, kebun raya memiliki lima fungsi utama. "Yaitu konservasi, penelitian, edukasi, wisata, dan jasa lingkungan.

Kelima fungsi tersebut membutuhkan inovasi agar kebermanfaatannya optimal dirasakan publik," tambahnya. Mengenai kegiatan komersial di kebun raya, menurut Handoko, sudah ada sejak dulu. Baca juga: Fraksi PKS Minta Pemerintah Evaluasi Komersialisasi Kebun Raya Adanya cafe, guest house kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki bahkan hotel, fotografi komersil, menandakan bisnis berlangsung, yang seyogianya sudah tidak asing lagi bagi publik. Adblock test (Why?) Tribunnews.com JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi PDI Perjuangan Putra Nababan menyebutkan, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sabam Sirait meninggal dunia karena penyakit paru-paru kronis "Beliau itu sudah dua bulan dirawat Rumah Sakit Siloam Karawaci karena beliau itu mengidap penyakit paru-paru kronis non-Covid-19," ujar Putra, yang juga menantu Putra, melalui sambungan telepon, Kamis (30/9/2021).

Putra mengatakan, seluruh keluarga besar hadir lengkap mendampingi Sabam Sirait saat mengembuskan nyawa terakhirnya. Baca juga: Abdul Wahab Dalimunte Gantikan Sabam Sirait Pimpin Sidang Paripurna ke-2 MPR Selain itu, Putra mengungkapkan, hingga kini pihak keluarga belum memutuskan waktu dan di mana lokasi pemakaman jenazah Sabam Sirait.

Menurutnya, hal ini belum diputuskan lantaran untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat guna memberikan penghormatan terakhir untuk Sabam Sirait.

"(Keluarga) ingin memberi kesempatan semua relasi, untuk masyarakat yang selama ini berhubungan dengan Pak Sabam, sesuai prokes untuk memberi penghormatan," kata Putra. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Sebelumnya diberitakan, Sabam Sirait meninggal dunia di RS Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (29/9/2021) sekitar pukul 22.37 WIB.

Politikus senior yang sebelumnya berkiprah di PDI-P tersebut meninggal di usia 85 tahun. Sabam Sirait lahir di Pulau Simardan, 13 Oktober 1936. Baca juga: Anggota DPD Sabam Sirait Tutup Usia Ia mengawali karier dari Partai Kristen Indonesia (Parkindo) yang kemudian menjadi Sekretaris Jenderal Parkindo periode 1967-1973.

Saat kebijakan fusi partai politik menjadi tiga di era Orde Baru, Sabam turut membidani pembentukan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) dan menandatangani deklarasi pembentukan PDI pada 10 Januari 1973.

Ia sempat menjadi Sekjen PDI selama tiga periode, yakni periode 1973-1976, periode 1976-1981, dan periode 1981-1986. Adblock test (Why?) Artikel populer - Google Berita TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengangkat 56 pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri, menjadi perhatian publik.

Sigit mengaku sudah berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencananya itu. "Kami sudah berkirim surat kepada bapak Presiden memohon terhadap 56 orang yang melaksanakan tes TWK yang tidak lulus dan tidak dilantik sebagai ASN KPK, untuk bisa kita tarik kemudian kita rekrut menjadi ASN Polri," kata Sigit dalam konferensi pers daring di Papua, Selasa (29/9/2021).

Rencana itu kata Sigit sudah mendapat persetujuan Presiden Jokowi. "Tanggal 27 kami dapat surat jawaban dari Pak Presiden lewat Mensesneg. Prinsipnya beliau setuju 56 pegawai KPK itu bisa jadi ASN Polri," kata Sigit.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pun membenarkan pernyataan Kapolri itu. "Ada permohonan dari Pak Kapolri, permohonan itu kemudian dijawab melalui surat Mensesneg. Ya, ada permohonan, kita jawab," kata Pratikno di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Mantan Rektor UGM itu mengatakan dalam surat jawaban itu Presiden Jokowi mempersilakan Kapolri merekrut 56 pegawai KPK itu. Namun pelaksanaannya harus berkoordinasi dengan Kemenpan RB dan BKN.

Pratikno mengakui sempat bertemu Kapolri, Menpan RB, dan Kepala BKN membahas lebih lanjut mengenai hal itu pada Senin (27/9/2021) malam. Adblock test (Why?) Tribunnews.com September 30, 2021 at 08:45AM Feed Digital: Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat Olivia Nathania dituduh melakukan tindak pidana penggelapan dan penipuan berkedok tes CPNS, putri Nia Daniaty seolah menghilang. Pantauan Tribunnews.com, akun Instagram milik Olivia yakni @oliviadaniaty mendadak hilang.

Tak hanya akun Oliv, akun Instagram sang suami, Rafly Noviyanto Tilaar yakni @raflytilaar juga tak bisa ditemukan. Baca juga: Pihak Olivia Nathania, Anak Nia Daniaty Siapkan Bukti untuk Bantah Tudingan Penipuan Baca juga: Olivia Anak Nia Daniaty Terjerat Kasus Dugaan Penipuan, Gurunya Jadi Korban, Ini Respon Sang Biduan Padahal pihak Olivia melalui kuasa hukumnya baru saja angkat bicara dan mengatakan sedang mempersiapkan bukti untuk membantah segala tuduhan yang menimpa anak dan menantu Nia Daniaty ini.

"Kami tim kuasa hukum sedang mempersiapkan bukti-bukti," ucap Susanti Agustina dihubungi awak media, Rabu (29/9/2021). "Nanti kalau sudah ada, kami akan klarifikasi," lanjutnya. Namun hingga kini belum ada klarifikasi lebih jauh dari pihak Olivia maupun dari sang bunda, Nia Dhaniaty. Sekedar informasi, perempuan bernama Agustin dan Karnu mengaku jadi salah satu korban Olivia Nathania dan suaminya, Rafly Noviyanto Tilaar terkait dugaan penipuan berkedok tes CPNS.

Pernikahan Olivia Nathania dengan Rafly N Tilaar pada 19 Februari 2021. (Instagram @niadaniatynew) Keduanya pun sudah membuat laporan ke Polda Metro Jaya pada 23 September 2021. Laporan yang teregister dengan nomor LP/B/4728/IX/SPKT/Polda Metro Jaya itu menyangkakan dengan Pasal 378 dan atau Pasal 372 dan atau Pasal 263 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang Penggelapan, Penipuan, serta Pemalsuan Surat.

Adblock test (Why?) Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki TRIBUNNEWS.COM - Berikut hasil klasemen akhir babak penyisihan grup cabang olahraga Futsal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Pertandingan futsal babak penyisihan grup PON XX Papua 2021 sudah berlangsung sejak Jumat (24/9/2021). GOR Futsal SP 2, Kabupaten Mimika menjadi venue pertandingan cabang olahraga futsal PON XX Papua 2021. Terdapat sepuluh provinsi yang mengikuti pertandingan futsal babak grup PON XX Papua 2021. Dok. Pertandingan Futsal PON XX Papua 2021 (Tribun-Papua.com/Ridwan Abubakar) Dari sepuluh provinsi tersebut terbagi dalam dua grup, A dan B.

Grup A mempertemukan tuan rumah, Papua dengan Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat (Kalbar), Sumatera Utara (Sumut), dan Kepulauan Riau (Kepri). Baca juga: Pemerintah Pastikan Gelaran PON XX Papua di Zona Aman Covid-19 Baca juga: Klasemen Perolehan Medali PON Papua 2021: DKI Jakarta Melaju ke Puncak, Tuan Rumah Geser Posisi Ke-2 Sementara grup B, meliputi Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), Banten, dan Maluku Utara (Malut).

Masing-masing peserta telah melakoni empat kali pertandingan. Tuan rumah, Papua meraih kemenangan sempurna cabor futsal babak grup. Tim Futsal Papua untuk PON 2021 (Tribun Papua) Selama empat kali pertandingan futsal babak grup, Papua tidak tersentuh kekalahan.

Adblock test (Why?) Tribunnews.com Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Sudah ditraktir makan durian, seorang pria di Kota Tangerang berinisal AJ tega membawa kabur mobil temannya, Minggu (5/9/2021) pukul 19.00 WIB.

Tak hanya itu, AJ juga menggondol uang senilai Rp 69 juta yang ada di dalamnya. Lantas seperti apa kisahnya? Kapolsek Benda Kompol Wahid Key mengungkapkan kronologi kejadian. Antara tersangka AJ dan korban AE janjian bertemu makan durian di depan SPBU Duta Garden pada hari kejadian.

"Korban ini datang bawa mobil yang nantinya direncanakan tersangka untuk dibawa kabur. Mereka ini akhirnya ketemuan makan durian dulu," jelas Wahid di kantornya, Rabu (29/9/2021). Baca juga: Kakek 70 Tahun Ditemukan Meninggal Dunia di Lampung Tengah, Ada Luka Sabetan Benda Tajam di Tubuhnya Usut punya usut, hubungan keduanya merupakan mantan teman kerja di sebuah jasa ekspedisi.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Namun, tersangka AJ sudah tidak bekerja lagi di sana karena alasan tertentu. Adblock test (Why?) Tribunnews.com September 30, 2021 at 06:54AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar terancam dipolisikan oleh seorang warganet, Ustaz Subki Al Bughury ikut buka suara. Laporan itu berkaitan dengan pernikahan mereka yang dianggap membohongi publik. Baca juga: Polemik Nikah Siri Lesti-Billar, KUA Beri Penjelasan, Raffi Ahmad & Ustaz Subki Ikut Buka Suara Baca juga: Jonathan Frizzy Beberkan Bukti KDRT, Dhena Devanka Justru Berterima Kasih untuk Hal Ini Hebohnya pemberitaan tersebut, Ustaz Subki Al Bughury ikut memberikan tanggapannya.

Hal itu diketahui dalam video yang diunggah di kanal YouTube Cumicumi, Rabu (29/9/2021). Ustaz Subki mengatakan tidak masalah ada yang melaporkan Lesti Kejora dan Rizky Billar ke polisi.

Ustaz Subki Al Bughury memberikan tanggapan terkait kabar Lesti Kejora dan Rizky Billar akan dilaporkan ke polisi.

(Instagram @rizkybillar) "Kalau dia mau laporin, laporin aja nanti kan ada prosesnya secara hukum," ujar Ustaz Subki. Ustaz Subki Al Bughury lantas mempertanyakan sejauh apa Lesti Kejora dan Rizky Billar merugikan orang. Apabila dianggap merugikan, ia bertanya bagian mana yang menyatakan mereka berdua merugikan. "Dia merasa dirugikan apa?, dia misalnya sudah nonton itu acara saya merasa tertipu, itu kan tinggal diuji secara hukum," ucapnya.

Baca juga: 17 Tahun Menikah, Charly Van Houten Ngaku Sering Berantem dengan sang Istri Gara-gara Hal Ini Baca juga: Heboh Kabar Niko Al Hakim Berantem dengan Kekasih Rachel Vennya di Bali [embedded content] Pihak KUA Angkat Bicara soal Pernikahan Lesti Kejora & Rizky Billar Adblock test (Why?) Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM - Pernyataan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, tentang penyusupan paham komunis di tubuh TNI menuai perhatian berbagai pihak.

Termasuk di antaranya pensiunan jenderal yang pernah mengomandoi pasukan khusus TNI Angkatan Darat. Tak hanya itu, pengamat politik menyebut pernyataan Gatot gegabah. Sebelumnya, Gatot Nurmantyo menyampaikan indikasi adanya penyusupan kembali pendukung PKI ke tubuh TNI.

Pernyataan itu disampaikan dalam sebuah acara diskusi webinar bertajuk “TNI Vs PKI”, Minggu (26/9/2021), Baca juga: Jelang G30S, Gatot Sebut Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki TNI Disusupi PKI, Letjen Dudung Jelaskan Patung Soeharto Hilang Dalam diskusi itu, Gatot Nurmantyo menduga adanya penyusupan kembali pendukung PKI ke tubuh TNI.

Indikasi itu dibuktikan dengan diputarkannya video pendek yang menggambarkan hilangnya sejumlah bukti-bukti penumpasan G30S di Museum Dharma Bhakti di Markas Kostrad.

[embedded content] Adapun inilah kritik dari berbagai pihak menyoroti pernyataan Gatot soal TNI disusupi paham komunis: Pengamat Politik: Gegabah Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute, Karyono Wibowo menilai, pernyataan Gatot Nurmantyo soal PKI sudah menyusup di tubuh TNI terlalu gegabah. Adblock test (Why?) Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM, SERGAI - Mantan anggota DPRD Serdang Bedagai (Sergai) periode 2009-2014 dari partai PKB, Dahrizul (55) ditemukan tewas, Rabu (29/9/2021) pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Saat ditemukan, korban dalam kondisi bersimbah darah di dapur rumahnya sendiri di Jalan Kubang Gajah, Dusun III, Desa Pematang Cermai, Kecamatan Tanjung Beringin, Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara. Tidak berselang lama pelaku pun berhasil diamankan polisi. Pelaku diketahui bernama Zainuddin alias Sijai. Ia dikenal masyarakat memiliki gangguan kejiwaan. Selama ini, Sijai kerap bertingkah aneh, dan pernah nyaris membacok warga di kantor camat. Baca juga: Geger, Mantan Anggota DPRD Sergai Tewas Bersimbah Darah di Rumahnya Bukan cuma itu saja, Sijai juga pernah berencana membakar mobil milik masyarakat.

"Pelaku sehari-hari ada gangguan jiwa yang saya dengar dari masyarakat sekitar. Pelaku ini memang sering buat masalah, memang saya bukan orang sini, tapi dengar dari warga setempat seperti itu," kata Surya, menantu almarhum Dahrizul, Rabu (29/9/2021).

Kendati demikian, antara pelaku dan korban dikenal cukup dekat. Diduga kuat, pagi itu korban sempat berpas-pasan dengan pelaku. Baca juga: Warga Sergai Laporkan Polisi yang Menangkap dan Membuatnya Babak Belur ke Polda Sumut Adblock test (Why?) Tribunnews.com September 30, 2021 at 04:52AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Federico Chiesa mempertontonkan aksi brilian saat membawa Juventus mengalahkan Chelsea yang berstatus sang jawara bertahan Liga Champions, Kamis (30/9/2021) dinihari WIB.

Gol kilat Chiesa tepat sepuluh detik pasca wasit meniupkan peluit dimulainya babak kedua membuat Juventus unggul tipis melawan Chelsea di Allianz Stadium. Gol yang diciptakan pemain asal Italia itu akhirnya menjadi satu-satunya gol yang tercipta kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki laga sengit antara Juventus melawan Chelsea. Juventus akhirnya berhak keluar sebagai pemenang setelah gol Chiesa menjadi pembeda hasil pertandingan melawan Chelsea. Dilansir Opta, Chiesa berhasil menyamai catatan Alessandro Del Piero setelah berhasil mencetak gol kemenangan berjumpa Chelsea. Chiesa menjadi orang Italia pertama yang berhasil mencetak gol dalam empat laga beruntun dalam gelaran Liga Champions sejak terakhir kali Del Piero melakukannya pada tahun 1997.

Pemain depan Juventus Italia Federico Chiesa (kanan) merayakan setelah membuka skor selama pertandingan sepak bola Grup H Liga Champions UEFA antara Juventus dan Chelsea pada 29 September 2021 di stadion Juventus di Turin.

(MARCO BERTORELLO / AFP) Skor satu gol tanpa balas untuk kemenangan Juventus pun menjadi awalan yang bagus bagi Massimiliano Allegri selaku pelatih tim. Kemenangan beruntun yang didapat Chelsea membuat mereka saat berada di puncak klasemen sementara Grup H dengan koleksi enam poin dari dua laga. Jalannya Pertandingan Juventus vs Chelsea Chelsea mencoba melancarkan serangan pada awal laga untuk membuka keunggulan cepat namun belum berhasil. Adblock test (Why?) Tribunnews.com TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi akhirnya menetapkan Irjen Pol Napoleon Bonaparte dan empat tahanan lainnya menjadi tersangka kasus penganiayaan Muhammad Kece di tahanan Bareskrim Polri.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengungkap empat tahanan lain yang menjadi kasus penganiayaan Muhammad Kece merupakan tahanan dalam kasus yang berbeda-beda.

"Keempat tersangka lainnya DH tahanan kasus uang palsu, DW napi kasus ITE, H als C als RT napi kasus tipu gelap dan HP napi kasus perlindungan konsumen," kata rigjen Pol Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi, Rabu (29/9/2021). Sementara eks Panglima Laskar Front Pembela Islam (FPI) Maman Suryadi yang sempat dikait-kaitan dalam kasus tersebut belum bisa ditetapkan sebagai tersangka.

Maman Suryadi memang sempat diduga terlibat dalam dugaan kasus penganiyaan Muhammad Kece. Dia juga berada di kamar tahanan M Kece saat malam Irjen Napoleon diduga melakukan penganiayaan. Namun, menurut Andi, hasil gelar perkara dan pra-rekonstruksi memutuskan Maman Suryadi masih belum bisa ditetapkan tersangka dalam kasus ini. Baca juga: Terbaru Kasus Penganiayaan M Kace: Irjen Napoleon Jadi Tersangka hingga Ancaman Hukuman "Memang dia (Maman Suryadi) ada di TKP atas panggilan NB.

Dari hasil prarekonstruksi dan gelar perkara kemarin, yang bersangkutan belum bisa ditetapkan sebagai tersangka," katanya. Dua kali aniaya Muhammad Kece Brigjen Pol Andi Rian Djajadi pun mengungkap bila penganiayaan kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki dilakukan Irjen Napoleon Bonaparte terhadap Muhammad Kece tidak hanya sekali.

Adblock test (Why?) Tribunnews.com September 30, 2021 at 03:49AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Babak pertama laga Manchester United vs Villarreal ditandai dengan skor 0-0, Kamis (29/9/2021) dini hari. Meski masih sama kuat, tetapi Villarreal lebih banyak mendapat peluang matang untuk unggul di babak pertama. Beruntung bagi MU, mereka memiliki David de Gea di bawah mistar gawang. Gelandang Villarreal Spanyol Daniel Parejo (kiri) bersaing dengan gelandang Manchester United Prancis Paul Pogba selama pertandingan sepak bola grup F liga Champions UEFA antara Manchester United dan Villarreal di stadion Old Trafford di Manchester, barat laut Inggris, pada 29 September 2021.

(ANTHONY DEVLIN / AFP) Baca juga: Susunan Pemain MU vs Villarreal, Liga Champions, Live SCTV - Ronaldo Starter, Fred Cadangan De Gea pontang-panting untuk menyelamatkan gawang Setan Merah agar tak kebobolan.

Jika tak ada kiper asal Spanyol itu, barangkali Kapal Selam Kuning sudah unggul 0-3 dari The Red Devils. Sementara dari sisi tuan rumah, Cristiano Ronaldo cs belum banyak menebar ancaman. Bola masih sangat sulit mengalir mulus ke sepertiga akhir lapangan.

Alhasil, skor tetap sama kuat 0-0. Jalannya Laga Kritikan tajam yang mengarah pada Ole Gunnar Solskjaer akhir pekan lalu berdampak pada susunan pemain yang ia turunkan.

Adblock test (Why?) Tribunnews.com September 30, 2021 at 03:47AM Feed Digital: TRIBUNNEWS.COM - Penyerang Chelsea, Romelu Lukaku masih belum mendapatkan banyak bola manja dari rekan setimnya untuk bisa membobol gawang Juventus, Kamis (30/9/2021) dinihari.

Berlangsung di Allianz Stadium, pergerakan Lukaku sejauh ini berhasil dibatasi oleh Matthijs de Ligt dan Leonardo Bonucci. Peluang emas yang didapatkan Lukaku pun berhasil dimentahkan oleh Wojciech Szszcesny yang tampil cukup tenang di bawah mistar gawang lawan. Skor tanpa gol sementara menghiasi hasil pertandingan antara Juventus kontra Chelsea pada babak pertama.

Pemain depan Chelsea Belgia Romelu Lukaku (kiri) dan pemain belakang Juventus Italia Leonardo Bonucci mengejar bola selama pertandingan sepak bola Grup H Liga Champions UEFA antara Juventus dan Chelsea pada 29 September 2021 di stadion Juventus di Turin. (MARCO BERTORELLO / AFP) Jalannya Pertandingan Babak Pertama Chelsea mencoba melancarkan serangan pada awal laga untuk membuka keunggulan cepat namun belum berhasil. Peluang pertama didapatkan Kovacic yang mencoba melepaskan tembakan dari jarak jauh yang belum menghasilkan peluang berbahaya.

Tembakan mantan pemain Real Madrid itu masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan oleh kiper tuan rumah, Szszcesny. Sisi sayap pertahanan Juventus terus dieksploitasi oleh Ziyech dan Alonso yang dominan menyerang dari sisi kiri.

Lukaku mendapatkan peluang pertamanya ketika menyambut umpan datar Alonso yang masih mentah lantaran diamankan kiper Bianconeri pada menit ketujuh. Adblock test (Why?) Tribunnews.com Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam TRIBUNNEWS.COM, SIGI - Kepolisian menangkap seorang pria berinisial AT alias AS terkait kasus pembunuhan di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Sebelumnya jasad seorang penjaga kebun bernama Sarmin ditemukan di hutan dalam kondisi memprihatinkan, Minggu (26/9/2021) sekira pukul 08.00 WITA.

Tidak butuh waktu lama setelah penemuan jasad tersebut, kepolisian pun menangkap pelaku di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah. Saksi pemilik kebun tempat korban bekerja, Anto Lakile mengungkap fakta mengenai kasus ini. Menurut Anto, korban Sarmin sudah menjadi pekerja pipa di kebun miliknya selama 3 tahun. "Sarmin ini sudah kerja di kebunku lebih kurang 3 tahun, cuma waktu September 2020 posisi Min (Sarmin, red) sebagai pekerja pipa digantikan pelaku," ujar pemilik kebun, Anto Lakile, Rabu (29/9/2021).

Anto juga menjelaskan, pelaku AT bekerja dengan dirinya selama 5 bulan sejak September 2020 sampai Januari 2021. Baca juga: Kasus Pembunuhan Petani di Sigi Sulawesi Tengah Terungkap, Pemicunya Dendam Lama Selama pelaku bekerja memperbaiki pipa air di kebunnya, ada beberapa pipa yang hilang. "Jadi selama pelaku AT bekerja di kebun ku menggantikan korban Sarmin, ada 8 pipa air yang hilang di kebun," jelas Anto.

Adblock kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki (Why?) Tribunnews.com • ► 2022 (849) • May (41) • April (207) • March (197) • February (177) • January (227) • ▼ 2021 (8060) • December (389) • November (690) • October (713) • September (689) • August (713) • July (712) • June (705) • May (693) • April (686) • March (713) • February (644) • January (713) • ► 2020 (8340) • December (713) • November (690) • October (637) • September (688) • August (713) • July (713) • June (690) • May (713) • April (690) • March (713) • February (667) • January (713) • ► 2019 (19698) • December (711) • November (686) • October (711) • September (680) • August (703) • July (707) • June (689) • May (3001) • April (2955) • March (3050) • February (2748) • January (3057) • ► 2018 (3297) • December (2991) • November (306) Jakarta – Ukuran Lubang Buaya Jakarta ternyata masih dicari tahu sebagian orang kala peringatan tragedi G30S/PKI.

Sumur Lubang Buaya adalah saksi bisu kekejaman PKI berujung tewasnya para jenderal. Lubang Buaya sebenarnya merupakan sebuah nama Jalan yang terletak di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Namun, ingatan masyarakat lebih lekat dengan Lubang Buaya di tragedi G30S/PKI. Monumen Pancasila Sakti pun kerap dirujuk sebagai Lubang Buaya atau Monumen Lubang Buaya. Ulasan lengkap tentang Lubang Buaya Jakarta hingga ukuran Lubang Buaya dapat disimak di bawah ini.

Ukuran Lubang Buaya Jakarta Berapa? Ini Penjelasannya Dikutip dari Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya Kemendikbud, Lubang Buaya ini adalah sebuah sumur tua yang ukurannya berukuran 75 centimeter dengan kedalaman 12 meter. Tempat ini merupakan saksi bisu kekejaman PKI yang membunuh dan membuang 7 Pahlawan Revolusioner RI, mereka adalah Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Suprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Pandjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Tendean Baca juga: Kenapa Disebut Lubang Buaya?

Ini Sejarah Saksi Bisu Tragedi G30S/PKI Ada Apa Saja di Monumen Pancasila Sakti? Informasi mengenai ukuran Lubang Buaya Jakarta sudah diketahui. Selanjutnya, ada ulasan mengenai serba-serbi Monumen Pancasila Sakti. Masih dikutip dari Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya Kemendikbud, berikut ini tempat lainnya yang ada di dalam Monumen Lubang Buaya.

Ukuran Lubang Buaya Jakarta dan Sejarah Saksi Bisu Tragedi G30S/PKI Foto: Agung Pambudhy Rumah Penyiksaan Rumah Penyiksaan ini letaknya di sebelah sumur maut. Pada saat terjadinya pemberontakan, serambi rumah ini digunakan oleh gerombolan G30S/PKI sebagai tempat menawan dan menyiksa para perwira AD sebelum akhirnya dibunuh dan dimasukkan ke dalam sumur maut. Pos Komando Tidak jauh dari Rumah Penyiksaan, berikutnya ada rumah kecil yang dijadikan sebagai Pos Komando.

Rumah ini sebelumnya merupakan rumah milik seorang penduduk daerah Lubang Buaya yang bernama Bapak Sueb. Pada waktu peristiwa G30S/PKI, rumah ini dipakai oleh pimpinan gerakan yaitu Letkol Untung untuk mempersiapkan penculikan terhadap tujuh perwira AD. Dapur Umum Dapur umum ini dulunya dipakai oleh gerombolan PKI untuk melawan anggota pasukan pemberontakan. Rumah ini dipertahankan keasliannya mulai dari bentuk dan isi rumahnya hingga perabotan yang ada di dalamnya.

Baca juga: Kenapa 1 Oktober Disebut Hari Kesaktian Pancasila? Ini Latar Belakangnya Mobil-mobil Tua Peninggalan Pahlawan Revolusi Tidak jauh dari Rumah Dapur Umum, terdapat sebuah truk besar bertuliskan “PN. Artha Yasa”. Truk model Dodge tahun 61 ini merupakan replika kendaraan jemputan PN. Truk itu digunakan para pemberontak untuk menculik dan mengangkut Jenazah Brigjen D.I Panjaitan dari kediamannya menuju daerah Lubang Buaya, Jakarta timur.

Kemudian terdapat dua mobil tua, yaitu Mobil yang pertama adalah Mobil Dinas yang pernah digunakan oleh salah seorang Pahlawan Revolusi yaitu Jendral TNI Ahmad Yani sewaktu menjabat menteri/panglima Angkatan Darat (1962-1965). Mobil kedua adalah sebuah Jip, mobil dinas milik Pangkostrad Mayjen TNI Soeharto.

Mobil ini digunakan Mayjen TNI Soeharto untuk memimin operasi penumpasan pemberontakan G30S/PKI. Terdapat pula kendaraan militer yang bernama Panser Saraceen.

Panser dengan tipe PCMK-2 buatan inggris ini adalah panser yang mengangkut jenazah para Pahlawan Revolusi dari Markas Besar Angkatan Darat ke Taman Makam Pahlawan Kalibata. Monumen Pancasila Sakti Monumen ini terletak 45 m (melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia) sebelah utara dari cungkup sumur maut. Patung para Pahlawan Revolusi berdiri dengan latar belakang sebuah dinding setinggi 17 m (melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia) dengan hiasan patung Garuda Pancasila.

Ketujuh Patung Pahlawan Revolusi berdiri berderet dalam setengah lingkaran dari barat ke timur yaitu: Mayjen TNI Anumerta Soetojo Siswomihardjo, Mayjen TNI Anumerta D.I Panjaitan, Letjen TNI Anumerta R.

Soeprapto, Jendral TNI Anumerta Ahmad Yani, Letjen TNI Anumerta M.T. Harjono, Letjen TNI Anumerta S. Parman, dan Kapten Czi Anumerta P.A. Tendean. Di bawah patung tersebut terdapat sebuah relief yang menggambarkan peristiwa prolog, kejadian & penumpasan G30S/PKI oleh ABRI dan Rakyat. Di bawah relief juga terdapat tulisan “Waspada……Dan Mawas Diri Agar Peristiwa Sematjam Ini Tidak Terulang Lagi”.

Museum Pengkhianatan PKI Di lantai pertama museum ini, terdapat berbagai macam Diorama yang berhubungan dengan pemberontakan PKI di setiap daerah di Indonesia. Mulai dari Peristiwa 3 daerah, peristiwa revolusi sosial di langkat, pengacauan Surakarta, pemberontakan PKI di Madiun, Musso (pimpinan PKI) tertembak mati, pembunuhan massal di Tirtomoyo dan lain-lainnya.

Di lantai dua terdapat diorama-diorama pengadilan D.N Aidit, kampanye budaya PKI, peristiwa kanigoro, lahirnya MKTBP (Metode Kombinasi Tiga Bentuk perjuangan) PKI, Pawai ofensif revolusioner PKI di Jakarta, penyerbuan gubernuran Jawa Timur, peristiwa kentungan Yogyakarta dan lain-lainnya. Museum Paseban Museum Paseban diresmikan oleh Presiden Soeharto tanggal 1 Oktober 1981 bertepatan dengan dwi windu Hari Kesaktian pancasila.

Kemudian dalam perkembangannya, diadakan renovasi yang gagasannya berasal dari Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2007. (imk/imk) Sumber: DetikNews Program/Aplikasi Menerima Pembuatan Program atau Aplikasi untuk Perusahaan ataupun untuk Mahasiswa Informatika yang sedang dalam proses Skripsi, Hubungi 085221347480 an.

Nasrul Diet dan Tambah BB Mau Diet atau tambah berat badan? Yuk Konsumsi Limau Kasturi, bagi Daerah Riau dan sekitarnya, bisa hubungi via WA. 085374687282 an. Rahmi Sablon Kaos Polyflex Cetak kaos polyflex, berbahan cotton combed, bisa kirim ke seluruh daerah, murah meriah tapi berkualitas, hubungi melalui email: denko.dumai@gmail.com, jangan lupa sertakan gambar, ukuran kaos yang anda inginkan Info Iklan Mau usaha atau bisnis anda tampil kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki caranya cukup mudah kok, dan harganya juga terjangkau, hubungi kami di tribunriau@gmail.com
Jakarta - G30S PKI atau gerakan 30 September yang dilancarkan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) menjadi salah satu sejarah pahit bagi pemerintah Indonesia pada waktu itu. Peristiwa ini terjadi tepat hari ini (30/9), 56 tahun silam.

PKI merupakan salah satu partai tertua dan terbesar di Indonesia. Partai ini mengakomodir kalangan intelektual, buruh, hingga petani. Pada pemilu tahun 1955, PKI berhasil meraih 16,4 persen suara dan menempati posisi keempat di bawah PNI, Masyumi, dan NU. Sejarah berdirinya PKI tak lepas dari Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV), partai kecil berhaluan kiri yang didirikan oleh tokoh Sosialis Belanda, Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet atau dikenal dengan Henk Sneevliet.

Baca juga: Sejarah PKI: Tujuan, Tokoh, Pemberontakan Madiun, dan Gerakan 30 September Dikutip dari buku Sejarah untuk Kelas XII oleh Nana Supriatna, ISDV menyusup ke partai-partai lokal baik besar maupun kecil, seperti Sarekat Islam (SI). Beberapa tokoh SI yang melejit pada saat itu antara lain Semaoen dan Darsono, yang tak lain berperan penting dalam pendirian PKI. Pada tahun 1920-an, ISDV kemudian mengilhami lahirnya PKI dengan Semaoen sebagai ketua dan Darsono menjadi wakilnya.

Dalam buku Tan Malaka: Pergulatan Menuju Kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki 1897-1925 yang ditulis oleh Harry A. Poeze, Tan Malaka sempat mengusulkan PKI sebagai Partai Nasional Revolusioner Indonesia.

Namun, nama yang diusulkannya ditolak oleh Semaoen. Sejarah G30S PKI Peristiwa G30S PKI terjadi pada tahun 1965 dan dimotori oleh Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit, pemimpin terakhir PKI. Di bawah kendali DN Aidit, perkembangan PKI semakin nyata walaupun diperoleh melalui sistem parlementer. Dikutip dari buku Api Sejarah 2 oleh Ahmad Mansur Suryanegara, menurut Arnold C.

Brackman, DN Aidit mendukung konsep Khrushchev, yakni "If everything depends on the communist, we would kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki the peaceful way (bila segalanya bergantung pada komunis, kita harus mengikuti dengan cara perdamaian)." Pandangan itu disebut bertentangan dengan konsep Mao Ze Dong dan Stalin yang secara terbuka menyatakan bahwa komunisme dikembangkan hanya dengan melalui perang.

G30S PKI terjadi pada malam hingga dini hari, tepat pada akhir tanggal 30 September dan masuk 1 Oktober 1965. Gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya. Sedangkan lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya. Keenam perwira tinggi yang menjadi korban G30S PKI antara lain Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan dan Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo.

Tujuan G30S PKI Tujuan utama G30S PKI adalah menggulingkan pemerintahan era Soekarno dan mengganti negara Indonesia menjadi negara komunis. Seperti diketahui, PKI disebut memiliki lebih dari 3 juta anggota dan membuatnya menjadi partai komunis terbesar ketiga di dunia, setelah RRC dan Uni Soviet. Selain itu, dikutip dari buku Sejarah untuk SMK Kelas IX oleh Prawoto, beberapa tujuan G30S PKI adalah sebagai berikut: 1. Menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjadikannya sebagai negara komunis.

2. Menyingkirkan TNI Angkatan Darat dan merebut kekuasaan pemerintahan. 3. Mewujudkan cita-cita PKI, yakni menjadikan ideologi komunis dalam membentuk sistem pemerintahan yang digunakan sebagai alat untuk mewujudkan masyarakat komunis. 4. Mengganti ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis. 5. Kudeta yang dilakukan kepada Presiden Soekarno tak lepas dari rangkaian kegiatan komunisme internasional.

Kronologi G30S PKI Tindakan dan penyebarluasan ideologi komunis yang dilakukan oleh PKI menimbulkan kecurigaan dari kelompok anti-komunis. Tindakan tersebut juga mempertinggi persaingan antara elit politik nasional. Kecurigaan semakin mencuat dan memunculkan desas-desus di masyarakat, terlebih menyangkut kesehatan Presiden Soekarno dan Dewan Jenderal Angkatan Darat. Di tengah kecurigaan tersebut, Letnan Kolonel Untung, Komandan Batalyon I Kawal Resimen Cakrabirawa, yakni pasukan khusus pengawal Presiden, memimpin sekelompok pasukan dalam melakukan aksi bersenjata di Jakarta.

Pasukan tersebut bergerak meninggalkan daerah Lubang Buaya. Peristiwa ini terjadi pada tengah malam, pergantian hari Kamis, 30 September 1956 menuju hari Jumat, 1 Oktober 1965. Baca juga: Kenapa Disebut Lubang Buaya? Ini Sejarah Saksi Bisu Tragedi G30S/PKI Kudeta yang sebelumnya dinamakan Operasi Takari diubah menjadi gerakan 30 September. Mereka menculik dan membunuh para perwira tinggi Angkatan Darat. Aksi tentara tersebut pada tanggal 30 September berhasil menculik enam orang perwira tinggi Angkatan Darat.

Enam Jenderal yang gugur dalam peristiwa G30S PKI antara lain Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan dan Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo. Di samping itu, gugur pula ajudan Menhankam/Kasab Jenderal Nasution, Letnan Satu Pierre Andreas Tendean dan pengawal Wakil Perdana Menteri II Dr.

J. Leimena, Brigadir Polisi Satsuit Tubun. Salah satu Jenderal yang berhasil selamat dari serangan PKI adalah AH Nasution. Namun, putrinya yang bernama Ade Irma Suryani Nasution tidak bisa diselamatkan.

Sementara itu, G30S PKI di Yogyakarta yang dipimpin oleh Mayor Mulyono menyebabkan gugurnya TNI Angkatan Darat, Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Sugiyono. Kolonel Katamso merupakan Komandan Korem 072/Yogyakarta. Sedangkan Letnan Kolonel Sugiyono merupakan Kepala Staf Korem.

Keduanya diculik dan gugur di Desa Kentungan, sebelah utara Yogyakarta. Latar Belakang G30S PKI Secara umum, G30S PKI dilatarbelakangi oleh dominasi ideologi Nasionalisme, Agama, dan Komunisme (NASAKOM) yang berlangsung sejak era Demokrasi Terpimpin diterapkan, yakni tahun 1959-1965 di bawah kekuasaan Presiden Soekarno.

Beberapa hal lain yang menyebabkan mencuatkan gerakan yang menewaskan para Jenderal ini adalah ketidakharmonisan hubungan anggota TNI dan juga PKI.

Pertentangan pun muncul di antara keduanya. Selain itu, desas desus kesehatan Presiden Soekarno juga turut melatarbelakangi pemberontakan G30S PKI. Itulah sejarah G30S PKI. Setelah gerakan tersebut berhasil ditumpas, muncul berbagai aksi dari kalangan masyarakat untuk membubarkan PKI. Simak Video " Megawati Ingin Perbaiki Tendensi Bung Karno Komunis" [Gambas:Video 20detik] (kri/erd)
Jakarta - Kenapa disebut Lubang Buaya? Asal muasal nama Lubang Buaya sebenarnya sudah ada sebelum lokasi itu jadi saksi bisu tragedi G30S/PKI.

Pada awalnya Lubang Buaya adalah sebuah nama jalan. Lokasinya di Jalan Lubang Buaya, yang terletak di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Lokasi ini menyimpan sejarah yang dalam bagi bangsa Indonesia.

Lantas, bagaimana sejarah Lubang Buaya? Apa yang menyebabkan tempat ini begitu lekat dengan tragedi G30S/PKI? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui selengkapnya. Baca juga: Ringkasan Film G30S/PKI Lengkap, Masih Jadi Kontroversi hingga Kini Kenapa Disebut Lubang Buaya: Ini Sejarahnya Dikutip dari penelitian berjudul 'Menelisik Sejarah Penamaan Jalan Lubang Buaya dan Kaitannya dengan Peristiwa G30S' yang ditulis oleh Aqiilah Afiifadiyah Rahman dan Jumardi dan dimuat di jurnal Local History & Heritage, sejarah Lubang buaya awalnya dari nama jalan sekaligus kelurahan di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Diketahui bahwa daerah Lubang Buaya ini dulunya terdapat kali yang dipenuhi buaya. Selain buaya yang bisa dilihat dengan mata, ada buaya yang gaib alias siluman buaya putih.

Namun halangan buaya-buaya itu bisa diatasi oleh seorang ulama bernama Pangeran Syarif (Datok Banjir). Sejak saat itu, daerah tersebut diberi nama Lubang Buaya. Kemudian, warga daerah Lubang Buaya menyebut Pangeran Syarif sebagai Datok Banjir.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Hal ini karena mereka percaya bahwa beliau memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain. "Dulu pasukan Belanda yang mau nguasain daerah sini tidak berhasil berkat doa yang dipanjatkan beliau. Waktu itu, sepenglihatan pasukan Belanda, daerah Lubang Buaya terlihat seperti lautan sampai akhirnya tidak jadi menyerbu kawasan Lubang Buaya," ujar Pak Yanto, narasumber penelitian tersebut.

Baca juga: 7 Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Ini Profil Lengkapnya Kenapa Disebut Lubang Buaya: Kaitannya Dengan G30S/PKI Dalam sejarahnya, daerah ini pernah menjadi saksi bisu tragedi besar, yaitu peristiwa G30S.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Pada waktu itu Lubang Buaya dijadikan tempat pembunuhan dan pembuangan sejumlah perwira Angkatan Darat (AD), yang terdiri atas Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Suprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Pandjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Tendean.

Pertanyaan kenapa disebut Lubang Buaya telah terjawab. Di halaman sebelumnya, ada informasi tentang Monumen Pancasila Sakti yang ada di Lubang Buaya. Simak video 'Gatot Sebut PKI Gaya Baru Sudah Menyusup ke TNI': [Gambas:Video 20detik]detikNewsJumat, 01 Okt 2021 14:46 WIB Ukuran Lubang Buaya Jakarta dan Sejarah Saksi Bisu Tragedi G30S/PKI Ukuran Lubang Buaya Jakarta ternyata masih dicari tahu sebagian orang kala peringatan tragedi G30S/PKI.

Ini informasinya detikNewsKamis, 30 Sep 2021 13:37 WIB Kenapa Disebut Lubang Buaya? Ini Sejarah Saksi Bisu Tragedi G30S/PKI Kenapa disebut Lubang Buaya? Asal muasal nama Lubang Buaya sebenarnya sudah ada sebelum lokasi itu jadi saksi bisu tragedi G30S/PKI.
Jakarta - Di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, terparkir beberapa kendaraan bersejarah yang berkaitan dengan Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

Salah satunya adalah truk Dodge 500 berkelir biru. Dodge 500 ini cukup bersejarah.

kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki

Truk ini dipakai Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk menculik jenderal. Truk Dodge 500 yang terparkir di Monumen Pancasila Sakti ini adalah replika dari truk Dodge 500 yang dipakai PKI untuk menculik jenderal. Truk memiliki warna biru muda dengan tulisan besar P.N. Artha Yasa. Truk Dodge 500 digunakan beberapa anggota PKI untuk melakukan penculikan Mayjen TNI Anumerta Donal Isaac (D.I.) Pandjaitan dan Polisi Soekitman.

Baca juga: Menengok Isi Garasi Gatot saat Menjabat Panglima TNI, Punya Mobil Legendaris Truk yang diproduksi pada tahun 1961 tersebut dirampas oleh gerombolan gerakan G30S/PKI saat melintas di Jalan Iskandar Syah, daerah Blok M, Kebayoan Baru, Jakarta Selatan. Saat itu, truk sedang melakukan penjemputan P.N. Artha Yasa yang kini telah berubah nama menjadi Perum Peruri. Di salah satu sudut Monumen Pancasila Sakti terdapat pula mobil truk kelir biru muda yang terpampang tulisan besar P.N.

Artha Yasa. Terlihat masih dalam keadan baik-baik saja, siapa sangka bahwa mobil tersebut pernah digunakan beberapa anggota PKI untuk melakukan penculikan jenderal. Foto: detikOto Truk bernomor polisi B 2982 L itu digunakan untuk mengantar jenazah Mayjen TNI Anumerta D.I Pandjaitan. Seperti disebutkan sebelumnya, truk Dodge 500 ini merupakan replika dari yang digunakan G30S/PKI.

Truk versi aslinya yang memiliki peranan penting tersebut menghilang. Hingga saat ini, truk itu belum ditemukan. Baca juga: Mengintip Mobil Bersejarah Milik Letjen Ahmad Yani Sebagai gantinya, pada 29 September 1994, untuk mengenang Mayjen TNI Anumerta D.I Pandjaitan dan mengingat kembali keganasan akan peristiwa G30S/PKI, Dodge 500 dipajang menjadi salah satu koleksi yang menjadi saksi bisu di Monumen Pancasila Kenapa disebut lubang buaya?

ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki. Bagian belakang truk Dodge 500. Foto: detikOto Di Monumen Pancasila Sakti juga terdapat beberapa mobil lain yang bersejarah. Di antaranya GM Oldsmobile 98 yang pernah dipakai Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani, Toyota Land Cruiser yang pernah dipakai untuk mengangkut tujuh jenazah Pahlawan Revolusi dari sumur tua, hingga Panser PCMK-2 Saraceen yang digunakan oleh Batalyon Kavaleri 3 Kodam VIII/Brawijaya untuk membawa jenazah Letjen TNI M.T Haryono dari Markas Besar Angkatan Darat menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Simak Video " Saksi Mata Pembantaian Korban PKI di Geyer Grobogan" [Gambas:Video 20detik] (rgr/din)
Tujuh jenderal TNI diculik hingga dibantai oleh kelompok yang mereka sebut Partai Komunis Indonesia (PKI). Di antaranya Komandan TNU AD Jenderal Ahmad Yani, Letnan Jenderal Suprapto, Letnan Jenderal MT Haryono, Letnan Jenderal S Parman.

Kemudian Mayor Jenderal DI Padjaitan, Mayor, Jenderal Sutoyo Siswomiharjo dan Kapten Pieree Tendean.
Jakarta - Ukuran Lubang Buaya Jakarta ternyata masih dicari tahu sebagian orang kala peringatan tragedi G30S/PKI. Sumur Lubang Buaya adalah saksi bisu kekejaman PKI berujung tewasnya para jenderal.

Lubang Buaya sebenarnya merupakan sebuah nama Jalan yang terletak di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Namun, ingatan masyarakat lebih lekat dengan Lubang Buaya di tragedi G30S/PKI.

Monumen Pancasila Sakti pun kerap dirujuk sebagai Lubang Buaya atau Monumen Lubang Buaya. Ulasan lengkap tentang Lubang Buaya Jakarta hingga ukuran Lubang Buaya dapat disimak di bawah ini. Ukuran Lubang Buaya Jakarta Berapa?

Ini Penjelasannya Dikutip dari Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya Kemendikbud, Lubang Buaya ini adalah sebuah sumur tua yang ukurannya berukuran 75 centimeter dengan kedalaman 12 meter. Tempat ini merupakan saksi bisu kekejaman PKI yang membunuh dan membuang 7 Pahlawan Revolusioner RI, mereka adalah Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Suprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Pandjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Tendean Baca juga: Kenapa Disebut Lubang Buaya?

Ini Sejarah Saksi Bisu Tragedi G30S/PKI Ada Apa Saja di Monumen Pancasila Sakti? Informasi mengenai ukuran Lubang Buaya Jakarta sudah diketahui. Selanjutnya, ada ulasan mengenai serba-serbi Monumen Pancasila Sakti. Masih dikutip dari Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya Kemendikbud, berikut ini tempat lainnya yang ada di dalam Monumen Lubang Buaya.

Ukuran Lubang Buaya Jakarta dan Sejarah Saksi Bisu Tragedi G30S/PKI Foto: Agung Pambudhy Rumah Penyiksaan Rumah Penyiksaan ini letaknya di sebelah sumur maut.

Pada saat terjadinya pemberontakan, serambi rumah ini digunakan oleh gerombolan G30S/PKI sebagai tempat menawan dan menyiksa para perwira AD sebelum akhirnya dibunuh dan dimasukkan ke dalam sumur maut. Pos Komando Tidak jauh dari Rumah Penyiksaan, berikutnya ada rumah kecil yang dijadikan sebagai Pos Komando.

Rumah ini sebelumnya merupakan rumah milik seorang penduduk daerah Lubang Buaya yang bernama Bapak Sueb. Pada waktu peristiwa G30S/PKI, rumah ini dipakai oleh pimpinan gerakan yaitu Letkol Untung untuk mempersiapkan penculikan terhadap tujuh perwira AD. Dapur Umum Dapur umum ini dulunya dipakai oleh gerombolan PKI untuk melawan anggota pasukan pemberontakan. Rumah ini dipertahankan keasliannya mulai dari bentuk dan isi rumahnya hingga perabotan yang ada di dalamnya. Baca juga: Kenapa 1 Oktober Disebut Hari Kesaktian Pancasila?

Ini Latar Belakangnya Mobil-mobil Tua Peninggalan Pahlawan Revolusi Tidak jauh dari Rumah Dapur Umum, terdapat sebuah truk kenapa disebut lubang buaya? ini sejarah saksi bisu tragedi g30s/pki bertuliskan "PN. Artha Yasa". Truk model Dodge tahun 61 ini merupakan replika kendaraan jemputan PN. Truk itu digunakan para pemberontak untuk menculik dan mengangkut Jenazah Brigjen D.I Panjaitan dari kediamannya menuju daerah Lubang Buaya, Jakarta timur.

Kemudian terdapat dua mobil tua, yaitu Mobil yang pertama adalah Mobil Dinas yang pernah digunakan oleh salah seorang Pahlawan Revolusi yaitu Jendral TNI Ahmad Yani sewaktu menjabat menteri/panglima Angkatan Darat (1962-1965). Mobil kedua adalah sebuah Jip, mobil dinas milik Pangkostrad Mayjen TNI Soeharto. Mobil ini digunakan Mayjen TNI Soeharto untuk memimin operasi penumpasan pemberontakan G30S/PKI.

Terdapat pula kendaraan militer yang bernama Panser Saraceen. Panser dengan tipe PCMK-2 buatan inggris ini adalah panser yang mengangkut jenazah para Pahlawan Revolusi dari Markas Besar Angkatan Darat ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Monumen Pancasila Sakti Monumen ini terletak 45 m (melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia) sebelah utara dari cungkup sumur maut. Patung para Pahlawan Revolusi berdiri dengan latar belakang sebuah dinding setinggi 17 m (melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia) dengan hiasan patung Garuda Pancasila. Ketujuh Patung Pahlawan Revolusi berdiri berderet dalam setengah lingkaran dari barat ke timur yaitu: Mayjen TNI Anumerta Soetojo Siswomihardjo, Mayjen TNI Anumerta D.I Panjaitan, Letjen TNI Anumerta R.

Soeprapto, Jendral TNI Anumerta Ahmad Yani, Letjen TNI Anumerta M.T. Harjono, Letjen TNI Anumerta S. Parman, dan Kapten Czi Anumerta P.A.

Tendean. Di bawah patung tersebut terdapat sebuah relief yang menggambarkan peristiwa prolog, kejadian & penumpasan G30S/PKI oleh ABRI dan Rakyat.

Di bawah relief juga terdapat tulisan "Waspada.Dan Mawas Diri Agar Peristiwa Sematjam Ini Tidak Terulang Lagi". Museum Pengkhianatan PKI Di lantai pertama museum ini, terdapat berbagai macam Diorama yang berhubungan dengan pemberontakan PKI di setiap daerah di Indonesia. Mulai dari Peristiwa 3 daerah, peristiwa revolusi sosial di langkat, pengacauan Surakarta, pemberontakan PKI di Madiun, Musso (pimpinan PKI) tertembak mati, pembunuhan massal di Tirtomoyo dan lain-lainnya.

Di lantai dua terdapat diorama-diorama pengadilan D.N Aidit, kampanye budaya PKI, peristiwa kanigoro, lahirnya MKTBP (Metode Kombinasi Tiga Bentuk perjuangan) PKI, Pawai ofensif revolusioner PKI di Jakarta, penyerbuan gubernuran Jawa Timur, peristiwa kentungan Yogyakarta dan lain-lainnya. Museum Paseban Museum Paseban diresmikan oleh Presiden Soeharto tanggal 1 Oktober 1981 bertepatan dengan dwi windu Hari Kesaktian pancasila.

Kemudian dalam perkembangannya, diadakan renovasi yang gagasannya berasal dari Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2007.

(imk/imk)

Ini Alasan Tempat Ini Dinamakan Lubang Buaya




2022 www.videocon.com