Cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

August 7, 2018 Touchpad merupakan salah satu kompoten yang berperan penting pada laptop. Sebagai pengganti peran mousetouchpad memberikan kemudahan setiap pengguna laptop untuk mengklik suatu aplikasi atau file apapun.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Maka itu, saat touchpad mengalami gangguan yang membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, pasti mengganggu kenyamanan dalam melakukan kegiatan komputasi. Tak perlu buru-buru panik, Acer punya solusi untuk menyelesaikan masalah seperti ini.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi touchpad laptop yang bermasalah. Aktifkan touchpad yang disable Pada beberapa laptop biasanya sudah dilengkapi tombol khusus di keyboard untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Jadi bisa saja tanpa sengaja kamu menekan tombol tersebut sehingga membuat touchpad tidak berfungsi.

Untuk mengatasinya, carilah tombol di keyboard yang memiliki ikon bergambar touchpad. Biasanya tombol tersebut berada di antara tombol F1 – F12. Jika berhasil ketemu, kamu hanya perlu melakukan tekan kombinasi Fn + tombol tersebut untuk mengaktifkan kursor yang freezemisalnya Fn + F6 atau Fn + F9.

Cara lainnya, kamu bisa mengaktifkan touchpad dari Mouse Setting menggunakan mouse eksternal. Untuk Windows 7 atau 8, dari menu Start, lalu ketik Mouse. Setelah jendela Mouse Setting terbuka, lalu pilih opsi Enable Touchpad, klik Apply, dan OK. Sementara pada Windows 10, klik tombol Windows, lalu masuk ke Setting dan klik Device. Setelah itu, pilih Mouse & Touchpad untuk masuk ke dalam jendela pengaturan touchpad.

Lihat opsi di bagian bawah dan klik Additional Mouse Options untuk mengaktifkan touchpad. Baca Juga: Cara Cerdas Menguatkan Sinyal Wi-Fi di Laptop Kamu! Hapus perangkat lunak mouse Banyak pengguna laptop yang memasang perangkat lunak bawaan mouse untuk tujuan tertentu. Sayangnya, software tersebut dapat membuat touchpad menolak untuk bekerja dengan baik.

Maka itu, hapuslah software mouse tersebut, lalu restart laptop. Adapun cara untuk menghapus perangkat lunak mouse pada Windows 7 dan 8 adalah tekan logo Windows di keyboard + R secara bersamaan, lalu ketik “dvmgmt.msc” dan OK. Cari bagian Mice And Other Pointing Device, lalu klik software yang telah terinstal.

Klik kanan pada software tersebut, lalu Uninstall. Nantinya, akan keluar jendela dialog lalu Delete The Driver Software For Device, dan klik OK. Sementara untuk Windows 10, kamu bisa buka Control Panel, lalu pilih software yang ingin dihapus.

Klik kanan dan pilih Uninstall. Update atau install cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi Jika kamu melakukan install ulang laptop, sudah pasti semua driver di dalam laptop akan ikut hilang. Makanya, hal ini kemungkinan besar dapat membuat touchpad tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kunjungi situs produsen laptop kamu untuk mencari instalasi driver touchpad yang sesuai.

Biasanya, produsen besar menyediakan unduhan driver secara gratis untuk mengurangi risiko eror. Jika tidak, kamu bisa mendatangi pusat servis resmi untuk melakukan update driver untuk touchpad. Perbaiki laptop Jika semua metode di atas tidak dapat membuat touchpad berfungsi, maka ada sesuatu yang salah dengan laptopmu. Jika laptopmu masih baru, alangkah baiknya untuk segera membawanya ke pusat servis resmi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Nantinya, pihak teknisi akan membantu menemukan penyebab pasti masalah tersebut dan menentukan apakah perangkat dapat diperbaiki atau diganti.

Baca Juga: The New Nitro 5, Laptop Bertenaga AMD untuk Casual Gamer Nahternyata caranya sangat mudah, bukan?

Beberapa cara di atas bisa langsung kamu coba untuk mengembalikan fungsi touchpad seperti semula. Jika kurang paham, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba! Dear Fiza, Mohon maaf atas situasi yang di hadapi. Agak sulit memastikannya tanpa melihat unit secara langsung. Kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center agar dapat dicek secara langsung dan menyeluruh terkait dengan hal itu. Lokasi Acer Service Center terdekat bisa di temukan disini ya www.acerid.com/acer-service-center/ Dear Fiza, Mohon maaf atas situasi yang di hadapi. Agak sulit memastikannya tanpa melihat unit secara langsung.

Kami sarankan membawa unitnya ke Acer Service Center agar dapat dicek secara langsung dan menyeluruh terkait dengan hal itu. Lokasi Acer Service Center terdekat bisa di temukan disini ya www.acerid.com/acer-service-center/ Dok, Laptop Acer Aspire 5. Keyboard saya nggak berfungsi knapa cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi dok, saya cek disitus untuk lihat keyboard test nya ada beberapa tombol yang kepencet sendirinya, dan juga berdampak pada touchpad juga.

Biasanya yang kepencet sendiri // 1,2,-,},p,j,t,u,CTRL,pg Down, >//. Kejadiannya setiap waktu ada pemberitahuan update software. Saya sudah service ke tempat saya beli laptopnya cuma kelihatannya tidak ada perubahan.

Saya beli akhir tahun 2019 dok. Dear Rafi, untuk mengecek apakah kendalanya ada pada sistem atau hardware bisa reinstall OS Windows dan driver. Untuk driver Aspire 5 bisa didownload di https://www.acer.com/ac/en/ID/content/support Apabila kendalanya tetap terjadi, kami sarankan membawa unitnya ke ACSC agar dapat diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di sana.

Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Untuk solusi awal bisa reinstall OS Windows untuk mengecek apakah kendalanya disebabkan oleh sistem atau hardware.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Apabila setelah reinstall OS Windows kendalanya tetap terjadi, kami sarankan membawa unitnya ke ACSC agar dapat diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di sana. Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Halo dok laptop acer aspire a514 51kg kemarin saya resetart pas nyala touchpadnya ga fungsi terus saya liat driver yang touchpad ternyata ilang cuman ada driver mouse aja, udah instal manual lewat acer driver manual "Touchpad ELANTECH sama SYNEPTIC Tetep ga bisa plis dokk cara download driver PS/2 GIMANAAAA Dear, untuk solusi selanjutnya bisa reinstall OS Windows-nya.

Apabila kendalanya tetap cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi setelah reinstall OS Windows, kami sarankan membawa unitnya ke ACSC agar dapat diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di sana. Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Dear Kifti, solusi awal bisa jalankan program Disk Cleanup untuk membersihkan file cache, temporary dan junk yang ada di laptop.

Selain itu bisa matikan beberapa program atau servis yang berjalan dibackground yang banyak memakan memory melalui task manager. Info lengkapnya bisa dilihat di https://www.acerid.com/cara-mempercepat-performa-windows-10/ Dear Nabila, coba ikuti cara yang ada di https://www.acerid.com/cara-mempercepat-performa-windows-10/ Apabila kendalanya tetap terjadi, kami sarankan untuk membawa unitnya ke ACSC agar dapat diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di sana.

Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Saya juga sama, Laptop saya Acer Swift 3. Kemarin, saya coba pakai touchpad tapi tidak berfungsi. Jadi saya pakai mouse saja. Hari ini, mouse saya macet-macet, kursornya tidak bisa bergerak dengan sempurna. Touchpad jiga tidak bisa. Bagaimana ini ya Tolong mimin acerid dibales, saya bingung. Mau kerja tapi ga bisa karena mouse, ttouchpad dan kuroar macet. Makasi Dear Ren, coba tekan tombol F7 (Fn+F7) untuk mengaktifkan touchpad, jika kendalanya tetap terjadi, bisa rollback cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi OS Windows melalui Settings > Update&recovery > Recovery, lalu pilih opsi Get back to prevous version OS Windows.

Jika opsi tersebut tidak ada, bisa pilih reset this PC (pastikan untuk backup data sebelum melakukan reset OS). laptop saya acer aspire one 725, touchpad tiba2 tidak respons dan kursor tidak bergerak. saya pakai mouse eksternal, normal2 aja bisa dipakai. saya cek driver nya juga working properly. saya sudah coba pakai tombol fn+f7, ga bisa juga. kira2 saya harus bagaimana ya?

NB: saya pakai windows 7, S/N dibelakang laptop NUSGQSN0032290BEBF7600 Dear Zahra, sulit bagi kami untuk mengetahui permasalahan yang terjadi tanpa memeriksa langsung unit tersebut. Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat sehingga teknisi Acer bisa mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami.

Daftar alamat Acer Service Center bisa kamu lihat di http://www.acerid.com/acer-service-center/ please, laptop saya acer.

ketika laptop dimatikan atau restart, akan muncul antivirus, ketika kita klik exit antivirus, klik kanan dan kiri masih berfungsi, namun setelah itu klik kanan dan kiri tidak berfungsi lagi hanya muncul sekilas klik kanan dan kiri, jika kita menekan salah satu tombol di keyboard bru bisa berfungsi lagi, bagaiman cara mengatasinya?

Hallo, saya menggunakan laptop Acer Aspire ES 14 dengan SNID 64910723476, saya sempat menginstal laptop saya di salah satu tempat laptop, namun setelh diinstal, saya tidak dapat menggunakan touchpad saya, sebelumnya saya bisa menggunakan dua jari untuk men-scroll ataupun untuk men-zoom out atau zoom in, setelah saya cek ternyata tidak ada instalan touchpad seperti ELAN atau SYNAPTICS di laptop saya.

saya sudah menownload dan menginstal ELAN dan SYNAPTICS, proses instalnya berhasil tapi tidak terdeteksi pada device manager > mice and other pointing devices, cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi sampai saat ini saya tidak bisa menggunakan dua jari untuk menscroll seperti sedia kala saat saya belum menginstal laptop saya.

untuk Fn+F7 di laptop saya sudah sata nonaktifkan, sehingga saya masih bisa menggunakan touchpad, yang tidak saya bisa gunakan ialah menscroll atau zoom in zoom out. kira kira hal apa ya yang menyeabkan laptop saya menjadi seperti itu?

terima aksih sebelumnya Bang please ini gimana yak,laptop saya Acer apire 3 A314-41-9556,waktu itu saya nge install driver VGA yang ada di web resminya,tapi kok malah touchpad gk berfungsi,kursornya juga ilang,tapi kalo pake mouse bisa,tapi gak nyaman gitu kalo touchoadnya gak bisa,saya juga sudah install driver touchpad yg sypnatic apalah namanya itu di web Acer juga tapi masih nggak berfungsi Dear Kevin, untuk solusi berikutnya bisa pertimbangkan untuk reinstall OS Windows.

Jika kendalanya tetap terjadi, kami sarankan untuk membawa unitnya ke ACSC agar dapat diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di sana. Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Dear Wigi, sudah coba tekan tombol Fn+F7 untuk mengaktifkan touchpad?

Jika sudah dan kendalanya tetap terjadi, kami sarankan membawa unitnya ke ACSC agar dapat dibantu diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di sana. Untuk proses perbaikan di ACSC sekitar 5-14 hari kerja, tergantung dari jumlah antrian pekerjaan dan ketersediaan spare parts di ACSC tersebut.

Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Dear Chocky, mohon maaf, setelah kami cek untuk unitnya tidak memiliki garansi resmi PT Acer Indonesia sehingga kami tidak dapat mengecek tipe serta OS bawaan dari notebook tersebut. Kami sarankan untuk menghubungi customer service yang tertera di kartu garansi distributor berikan atau menghubungi toko yang memberikan garansi.

Dear Abdillah, apakah sudah coba tekan tombol Fn+F7 untuk mengaktifkan touchpad? Apabila sudah dan kendalanya tetap terjadi, kami sarankan membawa unitnya ke ACSC agar dapat diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di sana.

Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Dok. Laptop A314-33 tadi pertama di buka bisa di pakai seperti biasa kursornya.

Setelah itu waktu masih digunakan untuk membuat PowerPoint setengah jalan, kemudian ada gambar tangan yang menyentuh kursor dan ada tanda lingkar merahnya kemudian kursornya gak mau gerak kalo abis ada gambar itunya. Kenapa ya dok ko bisa kayak gitu? Dok, DI Laptop windows 10 menu taskbar nya hilang tidak bisa digunakan, di coba untuk ke control panel melalui keyboard tidak berfungsi keyboard hanya bisa “ctrl+alt+del” di coba untuk explorer.exe untuk di endtask dan di run new task tetap hasilnya sama, sudah di coba di restart ulang tapi tetap hasil sama tidak ada perubahan.

Sempat ada virus tapi sudah di bersihkan tetap tidak bisa. Jadi harus gmn dok? Dear Tbx, untuk solusi awal bisa tekan tombol Fn+F7 (jika tidak bisa, coba tekan tombol F7), selain itu bisa coba update OS Windows melalui Settings > Update&recovery > Windows update.

Untuk driver Aspire A514-52G sendiri bisa didownload di https://www.acer.com/ac/en/ID/content/support-product/8007?b=1 Dok, laptop saya pilihan pada klik kanan di touchpad nya kok gak kelihatan ya dok?

Tqpi kali pake mouse pilihn pada klik kanannya kelihatan. Touchpadnya berfungsi sih dok. Tapi tampilan pilihan pada klik kanan itu hilang. Kemarin sempat hilang, trus saya baca cara dokter yang pertama. Berhasill. Ehhhh malah balik lagi. Saya coba lagi juga udah gak bisa pakai cara dokter yang diatas. Itu kenapa ya dok? Masalah ini terjadi setelah install ulang dok. Kesal saya dok plus sedih lagi 😢 Tolong bantu dokk😖 Dear Nina, untuk solusi terakhir yaitu melakukan clear install OS Windows menggunakan media installasi OS Windows 10.

Untuk membuat media installasi OS Windows 10 bisa menggunakan Media Creation Tool yang dapat kamu download di https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10 Pastikan menggunakan versi OS Windows yang sama dengan bawaan notebook dan sudah menghubungkan akun microsoft dengan OS Windows 10 sebelum clear install OS Windows. Dear Ga, sulit bagi kami untuk mengetahui permasalahan yang terjadi tanpa memeriksa langsung unit tersebut. Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat sehingga teknisi Acer bisa mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami.

Daftar alamat Acer Service Center bisa kamu lihat di http://www.acerid.com/acer-service-center/ Jadi gini Kemarin noramal aja terus saya intal ulang karena sudah terlalu lemot, terus setelah saya intal ulang ehh touchpadnya ngabisa dipakai kalau di bios settinganya advance harus basic baru bisa di gunakan padahal kemari2 bisa kok klo advance karena bisa buat banyak perintah seperti tap 3 jari dll.

Tapi sekarang tidak cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi di gunakan lagi padahal driver touchpad dari situs resminya sudah saya download dan instal. Hallo kak. Kak laptop saya kalau dipakai harus di cas terus kira kira yanv rusak apanya yaa? Trs tauchpad saya juga enggak mau dijalankan kalau saya hidupkan. Saya aktifkan yang ada di setting bisa di gerakanbtapi enggak bisa buat klik. Terkadang dua bulan sekali touchpadnya nornal.

Kira kira bagaimana ya solusinya? Sekian terimakasih Dr. Acer, saya memiliki acer one 10 s1001 trus instal win 10 64bit kmudian keyboard tidak bisa dgunakan saya pikir lag karna trlalu berat 64 bit kmdian saya install ke 32bit dengan type EFI. setelah selesai kenapa ya audio dan touchscreenya tidak bisa saya ke control panel setingan untuk touchscreenya tidak ada. sudah instal driver jg tetap sama.

dan kadang keyboardya tidak bisa dkigunakan saya kira lag tetapi pas di perhatikan di layar padnya downloadya berjalan. mhon ijin pencerahan dari Dr. acer.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

trimakasih. Dear Harly, apakah sudah coba bersihkan touchpad-nya terlebih dahulu? Jika sudah namun kendalanya tetap terjadi, kami sarankan membawa unitnya ke HSN (Acer Service Center) agar dapat dibantu diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi kami di sana. Lokasi HSN terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Selamat Sore, Laptop saya Aspire 3 A311-31-C64M, SNID : 93705365776, windows 10 Home Single Language ori 64 bit, touchpad nya mendadak tidak jalan, upaya tekan F7 sudah tapi tidak ada respon, reinstall OS sudah hasil tetap tidak jalan, cari driver di tautan https://www.acer.com/ac/en/ID/content/support-product/5397?b=1 tdk ada drivernya, mohon solusi, mksh.

Dear Wibowo, coba jalankan Windows Update untuk mengupdate driver yang diperlukan. Jika kendalanya tetap terjadi, kami sarankan membawa unitnya ke HSN (Acer Service Center) agar dapat dibantu diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di sana.

Lokasi HSN terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center/ Halo, saya mau bertanya, saya mau nginstal laptop saya dari win 7 ke win 10, disaat baru mulai mengjnstal, kursor saya hilang, tapi kalau di pakau mouse eksternal itu, kursornya muncul. Dan setelah saya instal pun win 10 nya, kursornya juga tidak muncul kalau pakai touchpad di laptop. Tapi sebelumnya emang laptopnya kadang hilang muncul gitu kursornya, kalau di pakai in mouse eksternal, bakalan muncul lg kursornya.

Mohon pencerahannya. Dear Ahmad, sudah coba buka device manager untuk mengecek apakah touchpad-nya terdeteksi atau tidak? Jika tidak, coba jalankan Windows Update melalui settings > update&recovery > windows update. Apabila kendalanya tetap terjadi, kami sarankan membawa unitnya ke ACSC agar dapat dibantu diperiksa secara langsung oleh teknisi kami di cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi.

Dear FHRUL, seharusnya bisa karena cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi Aspire E5-411 sendiri sudah support OS Windows 10 64 bit. Untuk solusi awal bisa coba ubah BIOS ke UEFI, lalu format HDD ke GPT setelah itu install ulang OS Windows-nya menggunakan installer OS Windows 10 yang dapat didownload di website Microsoft berikut ini https://www.microsoft.com/en-au/software-download/windows10 #ask Laptop ane tiba-tiba keluar bacaan stuck gitu.Trus ane keluarin dari bacaan stuck nya klik alt+f4.sehabis di klik gambar kursornya nggak keluar.trus ane restart biar keluar gambar kursor nya.

akhirnya setelah direstart keluar juga gambar kursornya. Cuma masalahnya pas kursornya keluar,touchpadnya nggak bisa dipakai buat gerakin itu kursor.Tapi kalau pakai mouse masih bisa digerakin. Ada solusinya nggak? Ane belum ada sebulan beli laptop Dear Evi, sulit bagi kami untuk mengetahui permasalahan yang terjadi tanpa memeriksa langsung unit tersebut.

Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu oleh teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami. Lokasi ACSC terdekat bisa dilihat di https://www.acerid.com/acer-service-center Dear Agung, solusi berikutnya bisa coba reset OS Windows-nya melalui Setting > update&recovery > recovery lalu pilih reset this PC untuk mengecek apakah kendalanya disebabkan oleh sistem/program tertentu atau hardware.

Selain itu bisa coba update BIOS yang dapat didownload di website Acer berikut ini https://acer.com/ac/en/ID/content/support Saya punya 3 mouse yang semuanya berfungsi ketika disambungkan ke laptop (windows 7), tapi sekarang kenapa hanya satu mouse saja yang bisa terdeteksi & bisa digunakan di laptop.

Namun ketika 3 mouse ini saya sambungkan ke komputer desktop (windows XP), semua mouse berfungsi dengan baik. Mohon solusinya permasalahan mouse yang dilaptop?

Tolong bantuannya Laptop saya E5-421 windows 10-64 bit tidak bisa klik kanan pakai mouse-pun tidak bisa selama seminggu, apakah ada cara untuk menormalkannya kembali? acer touchpad drivernya pun saya cari tidak ada di bagian product support anda. terakhir kali windows update otomatis minggu kmaren dan langsung tidak bisa klik kanan Mohon solusinya gan.laptop saya acer z1401.

Saat hidupkan setelah nyala, saya me refresh nya. Ini kadang2 bisa kebalik gak.kadang2 mau refresh gak bisa, kadang2 mau cek persentase batre sama sekali gak bisa di klik di bagian task bar, begitu juga dengan logo start nya. Mohon solusinya gan. Itu penyebabnya karna apa ya??? Klo di sleep sebentar saja di nyalakan lagi, normal2 aja gan. Dear Putu, kemungkinan ada kendala pada penggunaan memory, bisa disebabkan oleh banyaknya program yang berjalan dibackground atau virus.

Untuk mengeceknya bisa masuk safe mode dengan cara tekan tombol F8 pada saat booting.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Jika masih bermasalah, kamu bisa pertimbangkan untuk reinstall OS Windows-nya. Pengalaman saya mengatasi Acer E5-411 TouchPad tidak fungsi setelah install ulang Windows 8.1 ataupun Windows 10. Lakukan Update driver! Driver yg saya maksud BUKAN drivers touchpad Elantech atau Synaptics. TETAPI Serial I/O Drivers (Intel) ( https://www.acer.com/ac/en/US/content/support-product/5397?b=1).

Semoga membantu Anda yang sedang mengalami hal yang sama. saya ingin bertanya, saya memliki laptop Acer dengan tipe Aspire E 14(E5-475-30NA). kendala pada laptop saya adalah touchpad tidak bisa bergerak., padahal sebelumnya bisa. dan tidak ada terjadi kerusakan fisik pada laptop saya. saya belum lama membelinya. beberapa cara sudah saya lakukan seperti menguninstal driver beberapa kali dan mendisable/enable kan sudah saya lakukan, tetapi touchpad saya masih tidak bisa berfungsi atau bergerak.

bahkan saya coba mendownload driver dari beberapa sumber di internet dan itu juga tidak berpengaruh. jadi apakah hardwarenya yang bermasalah? sedangkan laptop saya tidak ada kerusakan fisik. mohon penjelasannya. Dear Iwan, bisa diinformasikan apakah kendalanya tetap terjadi meskipun membuka program selain program browser seperti Chrome atau Internet Explorer?

Jika masih, kamu bisa coba masuk safe mode dengan cara tekan tombol F8 pada saat booting untuk cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi apakah kendalanya disebabkan oleh sistem atau hardware. Apabila hardware, kami sarankan untuk membawa unitnya ke ACSC agar dapat dibantu diperiksa oleh teknisi kami di sana.

Dear Syaripudin, sulit bagi kami untuk mengetahui permasalahan yang terjadi tanpa memeriksa langsung unit tersebut. Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat untuk dibantu oleh teknisi Acer mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami. Daftar alamat Acer Service Center bisa kamu lihat di menu ‘Support > Acer Service Center’ pada bagian atas web ini.

Hallo, saya mau tanya. Laptop saya acer aspire e5-411 awalnya windows 8.1 64bit saya upgrade jadi windows 10 pro 64 bit tapi setelah saya upgrade ke windows 10 pro 64 bit, touchpad tidak berfungsi, padahal sudah saya download driver di acer support tapi tetap tidak bisa. Solusinya bagaimama min. Makasih. Dear Amelia, kendala tersebut bisa dikarenakan oleh OS atau software yang terinstall, kamu bisa coba restart unit atau mematikannya dengan cara menekan tombol power dalam waktu lama sampai notebook mati lalu coba nyalakan kembali.

Setelah menyala dan masuk desktop, coba jalankan program defrag dan uninstall program yang tidak digunakan. Dear Faiz, sulit bagi kami untuk mengetahui permasalahan yang terjadi tanpa memeriksa langsung unit tersebut.

Kami sarankan untuk membawa unit tersebut ke Acer Service Center terdekat sehingga teknisi Acer bisa mendiagnosa dan memberikan solusi yang tepat untuk kendala yang kamu alami. Daftar alamat Acer Service Center bisa kamu lihat di menu ‘Support > Acer Service Center’ pada bagian atas web ini. helo dok laptop saya acer swift 3, setelah 2 bulan mengalami kendala keyboard tidak berfungsi pada huruf "Q" & "ESC", kadang dia bisa aktif ketika saya tekan Fn+F6, Fn+F9 & Fn+ESC, Tapi cara itu sekarang sudah tidak bisa digunakan kembali, dan saya haru menggunakan kira kenapa itu bisa terjadi & bagai mana saya harus memperbaikinya ?

Haloo. selamat siang. saya ada keluhan mengenai touchpad laptop saya, ketika baru di aktifkan touchpad saya berfungsi secara normal akan tetapi ketika saya menutup layar laptop saya kemudian saya buka kembali tiba tiba touchpadnya tidak berfungsi, lalu cara mengaktifkan kembali yaitu dengan melakukan sleep pada laptop terlebih dahulu, dan itu menurut saya memakan waktu bagi saya di saat saat tertentu.

terimakasih Maaf pak tnya, awal nya TouchPad gk bisa dan menu TouchPad di control panel ada tapi gak bisa d setting atau d update driver, alhasil ak install ulang os, dan sekrng malah driver gak ada dan menu di control cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi pun hilang, udah coba dowload driver dan isntall sukses tapi di device manager ttp gak ada, laptop saya acer ES1-431 SERIES PK halo acer, laptop saya acer aspire v5-471.

touchpad pada awal dinyalakan berfungsi dengan normal, namun lama2 menjadi bergetar dan sulit mengarahkan kemana2 (mau cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi ikon A malah terpencet ikon B karna kursor terus bergerak). apakah ini masalah dari driver atau touchpadnya ya? mohon bantuannya dan terimakasih!

Dear Raisa, untuk solusi awal, kamu bisa coba reinstall driver touchpad yang dapat didownload di tautan berikut ini https://www.acer.com/ac/en/ID/content/support Apabila kendalanya tetap terjadi, kemungkinan ada kendala pada touchpad sehingga kami sarankan membawa unitnya ke ACSC agar dapat diperiksa oleh teknisi kami di sana. Mau tanya, jadi gini, saata laptop di hidupku. Layar pertama yg muncul itu gambar saya, lalu biasanya saya enter atau tekan terserah, baru tampil bagian password, nah ini itu dari awal dihidupinya dan tampilnya gambar saya, ketika saya enter atau klik kanan itu tidak bisa berpindah layar ke password.

Kira-kira solusinya apa ? Thanks Salam hormat, Saya pake Aspire E14. Dalam seminggu ini, saat dipress pada lower right corner di touch pad tidak bisa difungsikan untuk klik kanan, juga yang lower left biasanya kalau sy press (fungsinya seperti left click biasa, cuma buat ngetes saja) juga tidak berfungsi. Sekarang terpaksa saya pakai mouse. Mohon pencerahannya, pada saat menekan touchpad tidak berfungsi.

tapi saat di sentuh 2x atau di klik bagian sudut kiri bawah baru berfungsi. padahal sebelum saya instal ulang bagian touchpad manasaja (bagian atas ataupun bagian tengah) yang di tekan dapat berfungsi.

seperti tidak berfungsi normal kayak sebelumnya laptop saya Acer Aspire E5 - 411 tolong om Dr. Acer Dear Ikbal, saat ini kami belum dapat memastikan penyebabnya secara pasti.

Kamu bisa coba untuk lakukan recovery OS Windows menggunakan Acer Recovery Management untuk solusi awal. Jika kendalanya tetap terjadi, kami sarankan membawa unitnya ke ACSC terdekat agar dapat dibantu diperiksa oleh teknisi kami di sana. Hallo, mohon bantuannya, laptop tiba2 mati, setelah di hidupkan kursor hilang jika pake touchpad, dan keyboard tidak berfungsi sama sekali, sudah coba pakai mouse, tp tidak bisa klik kanan, dan klik kanan berfungsi hanya sekali sewaktu membuka menu, setelah itu tidak bisa di klik utk kedua kali, tp jika buka di menu berbeda bisa.

kursor laptop tidak berfungsi, kursor laptop tidak bergerak, touchpad laptop tidak bergerak, touchpad laptop tidak berfungsi. baik di laptop acer, asus, lenovo, toshiba dan lain-lain. okee dari permasalahan kursor atau touchpad laptop tidak bisa berfungsi atau tidak bergerak yaitu berdasarkan pengalaman saya yang sering menangani masalah itu biasanya ada 3 Faktor Penting, diantaranya yaitu driver Taouchpad/kursor belum terinstal, Pengaturan BIOS salah, dan terakhir yaitu kerusakan perangkat keras pada touchpad/kursor itu sendiri.

namun kerusakan pada perangkat keras kursor sangat jarang terjadi, umumnya yaitu driver IO kursor belum terinstall dan Pengaturan di BIOS masih salah? Lali bagaimana cara mengatasinya? silahkan ikuti dan praktik kan langsung langkah-langkah dari saya berikut ini : • Silahkan kamu masuk/buka explore (itu loh yang biasa kamu buka sewaktu kamu mau nyimpan/buka dokumen) • kemudian silahkan klik Kanan My Computer atau This PC • pilih Manage Tunggu sampai tampilan manage terbuka • jika sudah terbuka kemudian silahkan klik Device Manager • lalu pada daftar device silahkan pilih/klik Mice And Other Pointing Devices • pastikan ada HID-Compliant Mouse (Biasanya ada 2) • jika ada berarti driver nya sudah terinstall, jika belum ada berarti driver mouse/touchpad nya belum terinstall dan kamu harus download drivernya dahulu di internet banyak tinggal sesuaikan saja dengan merek laptop kamu • silahkan restart laptop kamu • sewaktu restart masih berjalan silahkan kamu tekan tombol keyboard f2 atau f10, atau f 12 (Pilih salah satu saja / sesuaikan merk laptop kamu, karena setiap laptop masuk bios nya berbeda-beda) tekan berkali kali sampai masik bios • jika bingung tampilan BIOS seperti apa silahkan lihat Video saya lewat Link https://www.youtube.com/watch?v=WD32Xa9MjP8 • setelah Pengaturan BIOS nya terbuka silahkan arahkan ke menu advance • pilih dan gantilah menjadi mode advance • exit an save • selesai • maka nanti laptop kamu akan restart dan biarkan hidup kembali
• Kursor laptop tidak bergerak bisa sangat merepotkan, terutama jika Anda tidak dapat menggunakan keyboard sebagai alternatif.

• Artikel di bawah cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi akan membantu dengan semua jenis kursor membeku yang mungkin Anda temui.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Jika Anda menggunakan Windows 10 dan kursor Anda membeku, melompat, atau menghilang selama permainan Anda atau saat melakukan sesuatu di tempat kerja, maka tutorial ini akan membantu. Windows 10 memiliki fitur bawaan yang seharusnya membuat kursor Anda menghilang saat Anda mengetik.

Fitur ini sangat berguna saat menggunakan perangkat laptop Windows 10 karena jika kursor Anda aktif maka kursor akan melompat ke mana-mana jika Anda tidak sengaja menyentuhnya saat mengetik sesuatu. Dengan mengikuti petunjuk yang diposting di bawah ini, Anda dapat mengatasi masalah kursor dan juga mengetahui cara menggunakan fitur kursor dengan benar.

Ketika mouse Anda tidak bergerak, sulit untuk mengetahui apakah masalahnya adalah aplikasi yang dibekukan, touchpad laptop Anda, atau hanya komputer yang beku. Perilaku ini dapat muncul dengan cara berikut: • Pointer tidak bergerak di Windows 10 Menurut pengguna, masalah umum dengan mouse adalah pointer membeku.

Pengguna melaporkan bahwa pointer mereka membeku secara acak di Windows 10. • Kursor membeku setiap beberapa detik Masalah lain dengan kursor mouse adalah sering membeku. Karena kesalahan ini, Anda tidak akan dapat melakukan tugas-tugas dasar sekalipun. • Kursor membeku saat mengetik Ini adalah variasi dari kursor laptop tidak bergerak, dan banyak pengguna melaporkan bahwa kursor mereka membeku saat mengetik.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Ini terdengar seperti bug yang aneh, tetapi Anda seharusnya dapat memperbaikinya dengan salah satu solusi kami. • Kursor membeku lalu menghilang Terkadang kursor laptop tidak bergerak atau membeku dan kemudian menghilang. Ini bisa menjadi masalah besar, dan kemungkinan besar disebabkan oleh driver yang bermasalah. • Kursor tidak bergerak sama sekali Masalah lain yang dapat muncul dengan mouse laptop adalah ketidakmampuan untuk memindahkan kursor Anda.

Menurut pengguna, kursor mereka macet di tempatnya dan sama sekali tidak bisa bergerak. • Kursor melompat-lompat Salah satu masalah yang paling umum adalah kursor melompat.

Ini bisa menjadi masalah yang mengganggu, tetapi Anda dapat memperbaikinya dengan salah satu solusi pada panduan ini. • Kursor tidak muncul Ini adalah masalah lain yang dilaporkan pengguna di PC mereka. Menurut mereka, kursor mereka menghilang membuat mereka tidak dapat menggunakan mouse mereka. — Anda mungkin berpikir kursor mouse tidak bergerak jelas merupakan masalah dengan mouse atau touchpad, tetapi itu hanya satu kemungkinan dan tidak selalu demikian.

Penyebab lain termasuk komputer mogok sebagian, satu aplikasi menghabiskan semua sumber daya CPU, driver mouse mogok, atau aplikasi yang Anda gunakan membeku. Langkah pemecahan masalah cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi bawah ini akan membantu Anda mengisolasi masalah dan membuka kunci mouse beku di laptop.

Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak di Laptop Masalah ini berlaku untuk semua edisi Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan Windows Vista, termasuk versi 32-bit dan 64-bit dari sistem operasi ini. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk memperbaiki kursor laptop yang tidak bisa bergerak: 1. Periksa masalah fisik Bergantung pada mouse mana yang tidak berfungsi: • Jika itu adalah mouse touchpad, lanjutkan ke solusi selanjutnya. • Jika itu adalah mouse eksternal, coba port lain, mouse yang berfungsi berbeda, dan ganti/isi ulang baterai (jika ada) untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah.

Jika tidak, lanjutkan ke ke solusi di bawah. 2. Restart Laptop Anda Biasanya, salah satu cara memperbaiki masalah seperti ini adalah dengan mencoba me-restart komputer Anda. Namun, ketika komputer tidak merespons, ini tidak mudah.

Cobalah beberapa metode untuk mematikan komputer yang beku, termasuk hard start (Restart paksa). 3. Periksa properti mouse Kemungkinan penyebab lain untuk masalah kursor laptop tidak bergerak adalah trackpad dimatikan. Untuk melepaskan mouse Cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi 1. Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows, lalu salin & tempel main.cpl ke dalam kotak dan klik OK. 2. Klik tab Device Settings > your device > Enable > Apply > OK. Semoga kali ini mouse Anda tidak beku dan berfungsi dengan baik.

Jika masalah berlanjut, coba solusi selanjutnya. 4. Coba tombol fungsi Terkadang masalah mouse tidak bergerak terjadi hanya karena Anda menekan tombol fungsi dan menonaktifkan trackpad tanpa sadar. Jika itu masalahnya, kita mungkin harus menekan tombol lagi untuk menyalakannya kembali.

Berikut caranya: 1. Pada keyboard Anda, tahan tombol Fn dan tekan tombol touchpad (atau F7F8F9F5tergantung pada merek laptop yang Anda gunakan).

2. Gerakkan mouse Anda dan periksa apakah mouse beku pada masalah laptop telah diperbaiki. Jika masalah berlanjut, lanjutkan ke solusi selanjutnya, di bawah ini. 5. Nonaktifkan fitur menghilang di Windows 10 1.

Klik kiri pada icon Desktop dari Start Menu Windows 8, 10. 2. Pindahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah layar. 3. Sebuah menu akan muncul dan klik kiri pada icon Settings yang telah muncul di layar laptop. 4. Klik kiri pada fitur Control Panel. 5. Klik kiri pada icon Mouse. 6.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Sebuah jendela dengan Mouse Properties akan terbuka; Anda perlu mengklik kiri pada tab Pointer Options di sisi atas jendela. 7. Hapus centang pada kotak di sebelah Hide pointer while typing. 8. Klik kiri pada tombol OK di sisi bawah layar. 9. Tutup setiap jendela yang Anda buka dan reboot perangkat Windows 8 atau Windows 10. 6. Ketuk dua cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi touchpad Anda Pada banyak laptop seperti Notebook HP, mengetuk dua kali bidang sentuh adalah salah satu cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bidang sentuh.

Pengaturan ini sering diaktifkan secara default, sehingga mengetuk dua kali secara tidak sengaja dapat menonaktifkan touchpad. Ketuk dua kali lagi untuk menyalakannya kembali. 7. Periksa apakah touchpad tidak dinonaktifkan Pengguna terkadang secara tidak sengaja mematikan trackpad laptop mereka, yang akan menyebabkan kursor tidak bergerak.

Anda juga dapat secara tidak sengaja menonaktifkan keyboard. Jika laptop dan touchpad berbagi satu driver, touchpad juga akan berhenti berfungsi. Setiap produsen laptop memiliki pintasan keyboard yang akan menonaktifkan trackpad. Beberapa keyboard memiliki tombol fungsi dengan gambar trackpad yang akan mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Telusuri situs web produsen untuk mempelajari pintasan tersebut sehingga Anda dapat menghindarinya. 8. Aktifkan Mouse Jika masalah ini muncul di laptop Anda, Anda perlu memeriksa apakah perangkat Anda diaktifkan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1.

Buka Control Panel > Mouse. 2. Arahkan ke tab terakhir di sebelah kanan dan pastikan perangkat diaktifkan. Dan Anda dapat mengakses ini dengan membuka Device Manager dan mencari Mice and other pointing devices. Cari tanda seru, yang dapat menunjukkan driver mouse yang dinonaktifkan atau gagal.

Device Manager juga tempat Anda akan menonaktifkan Hard Drive seperti mouse atau trackpad. Setelah melakukan itu, mouse Anda akan muncul kembali dan semuanya akan mulai berfungsi dengan baik.

Ingatlah bahwa Anda mungkin harus melakukan langkah-langkah ini menggunakan keyboard Anda. 9. Lakukan Troubleshooting 1. Buka control Panel. 2. Pilih opsi Troubleshooting. 3. Jendela Troubleshooting akan terbuka, dari sisi kanan jendela klik kiri pada opsi Hardware and Sound. 4. Sekarang di kategori Device klik kiri pada tombol Next untuk Hardware and Devices.

5. Pemindaian akan dimulai dan cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi selesai klik kiri pada Apply this fix. 6. Tutup jendela yang telah Anda buka. 7. Reboot perangkat Windows 8 atau Windows 10 dan lihat apakah kursor laptop yang tidak bergerak sudah bisa bergerak.

Baca juga: • Cara mengatasi tidak bisa klik kanan di laptop 10. Perbarui driver mouse Jika kursor laptop masih membeku, Anda mungkin perlu melakukan ini dalam mode aman.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Jika pencarian driver otomatis tidak berhasil, Anda mungkin perlu mengunduh driver dari situs cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi produsen mouse. Jika trackpad Anda tidak berfungsi, Anda seharusnya bisa mendapatkan driver dari situs web produsen komputer. Nyalakan kembali komputer setelah driver diperbarui.

11. Instal ulang driver mouse Perbarui driver secara manual Terkadang kursor laptop tidak bergerak karena driver mouse Anda. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mouse mereka dikenali sebagai PS/2 dan bukan mouse USB, dan itu menyebabkan berbagai masalah muncul. Jika kursor laptop tidak bergerak, melompat, atau menghilang, Anda dapat memperbaiki masalah dengan menginstal ulang drivernya. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Tekan tombol Windows + X untuk membuka menu Win + X dan pilih Device Manager dari menu.

2. Temukan mouse Anda, klik kanan, dan pilih Uninstall device. 3. Ketika pesan konfirmasi muncul, klik Uninstall. 4. Setelah melakukan itu, mouse Anda akan dinonaktifkan. Dengan menggunakan tombol keyboard, Anda dapat menavigasi ke Action > Scan for hardware changes. Jika Anda tidak dapat membuka menu ini dengan keyboard Anda, cukup restart PC Anda. Setelah melakukan itu, mouse Anda akan terdeteksi dan seharusnya Anda dapat menggunakannya kembali tanpa masalah. Update driver mouse secara otomatis Memperbarui driver secara manual mungkin merupakan tugas yang menghabiskan waktu.

Itu sebabnya kami menyarankan untuk menggunakan tool khusus yang dapat melakukannya secara otomatis. Alat yang direkomendasikan di bawah ini cepat dan akan memperbarui dan memperbaiki semua driver Anda dalam satu kesempatan tanpa kerumitan. Seringkali driver cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi untuk Hard Drive dan periferal PC Anda tidak diperbarui dengan benar oleh sistem.

Ada perbedaan utama antara driver generik dan driver pabrikan. Mencari versi driver yang tepat untuk setiap komponen Hard Drive Anda bisa menjadi hal yang membosankan. Itu sebabnya asisten otomatis dapat membantu Anda menemukan dan memperbarui system Anda dengan driver yang benar setiap saat, dan kami sangat menyarankan DriverFix.

Berikut cara melakukannya: 1. Unduh dan instal DriverFix. 2. Luncurkan Software. 3. Tunggu deteksi semua driver Anda yang salah. 4. DriverFix sekarang akan menunjukkan kepada Anda semua driver yang memiliki masalah, dan Anda hanya perlu memilih yang ingin diperbaiki. 5. Tunggu aplikasi untuk mengunduh dan menginstal driver terbaru.

6. Restart PC Anda agar perubahan diterapkan. Disclaimer: Program ini perlu ditingkatkan dari versi gratis untuk melakukan beberapa tindakan tertentu. 12. Kembali ke driver sebelumnya Terkadang masalah dengan kursor Anda dapat muncul karena driver baru. Menurut pengguna, masalah ini dapat muncul jika Anda baru saja memperbarui driver mouse atau touchpad Anda. Jika kursor laptop tidak bergerak, melompat atau menghilang, Anda perlu memutar kembali ke driver yang lebih lama.

Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 1. Buka Device Manager dan temukan perangkat yang bermasalah. Klik dua kali perangkat untuk membuka properties. 2. Ketika jendela Properties terbuka, buka tab Driver dan klik tombol Roll Back Driver. Setelah memutar kembali ke driver yang lebih lama, periksa apakah masalahnya telah teratasi.

Jika opsi Roll Back Driver tidak tersedia, Anda mungkin harus menginstal ulang driver dengan mengikuti langkah-langkah dari Solusi 4. Perlu Anda pahami bahwa Windows terkadang dapat memperbarui driver Anda secara otomatis dan menyebabkan masalah ini muncul kembali.

Untuk mencegahnya, pastikan untuk memeriksa artikel kami tentang cara mencegah Windows memperbarui driver tertentu secara otomatis. 13. Nonaktifkan driver mouse tambahan dari Device Manager Menurut pengguna, masalah dengan kursor Anda dapat terjadi karena beberapa driver mouse pada PC Anda. Jika kursor laptop tidak bisa bergerak, melompat, atau menghilang, Anda mungkin harus menonaktifkan driver mouse tambahan di PC Anda.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Buka Device Manager dan navigasikan ke bagian Mice and other pointing devices. 2. Jika Anda melihat beberapa entri di bagian ini, Anda harus menonaktifkan semua perangkat yang tidak Anda gunakan. • Untuk melakukannya, cukup klik kanan perangkat yang ingin Anda nonaktifkan dan pilih Nonaktifkan perangkat dari menu.

3. Jendela konfirmasi sekarang akan muncul. Klik Yes untuk melanjutkan. Setelah menghapus perangkat tambahan, kursor laptop yang tidak bergerak akan berfungsi kembali.

14.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Hapus Centang Fitur ‘Enhance pointer precision’ 1. Buka Control Panel dan arahkan ke bagian Mouse. 2. Arahkan ke tab Pointer Options dan nonaktifkan fitur Enhance pointer precision. Sekarang klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah mematikan fitur ini, masalah dengan kursor Anda akan hilang. 15.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Nonaktifkan Zona Kontrol HP Jika kursor laptop tidak bisa bergerak, melompat, atau menghilang, masalah Anda mungkin terkait dengan HP Control Zone. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka memperbaiki masalah hanya dengan menonaktifkan HP Control Zone.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah sederhana ini: 1. Arahkan ke bagian Mouse di Control Panel. 2. Buka tab HP Control Zone dan nonaktifkan HP Control Zone. Klik Apply dan OK. Menonaktifkan fitur ini merupakan salah satu cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak. Ingatlah bahwa HP Control Zone mungkin tidak tersedia di PC Anda, kecuali jika itu adalah perangkat HP. 16. Hapus AdAware Terkadang aplikasi pihak ketiga dapat menyebabkan masalah dengan mouse Anda.

Banyak pengguna melaporkan bahwa kursor laptop tidak bisa bergerak, melompat, atau menghilang karena AdAware. Ini adalah aplikasi anti-spyware yang solid, tetapi terkadang dapat menyebabkan berbagai masalah muncul.

Pengguna melaporkan bahwa mencopot pemasangan AdAware memperbaiki masalah bagi mereka, jadi silakan mencobanya. Jika Anda ingin terus menggunakan aplikasi ini, pastikan untuk memperbaruinya ke versi terbaru dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah.

17. Hapus Aplikasi Yang Baru Diinstal Jika kursor laptop tidak bisa bergerak lagi setelah restart, mungkin ada masalah driver atau aplikasi. Boot komputer ke mode amanlalu hapus instalan aplikasi terbaru yang mungkin baru saja Anda instal.

Nyalakan kembali komputer setelah Anda selesai. 18. Nonaktifkan Realtek HD Audio Manager Menurut pengguna, terkadang Realtek HD Audio Manager dapat menyebabkan masalah pada kursor kursor laptop Windows 10. Jika kursor laptop tidak bisa bergerak, melompat, atau menghilang, Anda perlu mencegah Realtek HD Audio Manager memulai secara otomatis pada PC Anda.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager. 2. Saat Task Manager terbuka, buka tab Startup. Cari Realtek HD Audio Manager, klik kanan dan pilih Disable.

Setelah melakukan itu, restart PC Anda dan periksa apakah masalah muncul kembali. Jika Anda tidak dapat menemukan Realtek HD Audio Manager dalam daftar, Anda dapat memperbaiki masalah dengan membuka C:Program -> FilesRealtekAudioHDA dan mengganti nama FMAPP.exe. Setelah melakukan itu, aplikasi tidak akan mulai secara otomatis setiap kali menyalakan laptop.

19. Jalankan pemindaian SFC System File Checker ( SFC ) adalah fitur praktis di Windows yang membantu memindai file sistem Anda dan memperbaiki file sistem yang hilang atau rusak (termasuk yang terkait dengan masalah mouse yang tidak responsif). Berikut adalah cara menjalankan pemindaian SFC : 1) Pada keyboard Anda, tekan tombol Windows dan ketik cmd. Kemudian klik kanan pada Command Prompt dan klik Run as administrator.

Klik Yes saat diminta untuk mengonfirmasi. 2) Di jendela command prompt, ketik sfc /scannow dan tekan Enter. SFC akan membutuhkan waktu untuk mengganti file sistem yang rusak dengan yang baru jika terdeteksi, jadi harap bersabar. 3) Nyalakan kembali komputer Anda dan semoga masalah mouse beku pada laptop telah diperbaiki sekarang. Akhir Kata Kesalahan ini bukan satu-satunya yang dapat mengganggu Anda. Ada banyak masalah terkait kursor yang bisa terjadi pada laptop Windows.

Anda mungkin mengalami masalah kursor serupa lainnya dan kami memiliki beberapa solusi untuk beberapa di antaranya: • Cara mengatasi layar hitam dengan kursor di Windows 10 • Cara mengatasi kursor hilang di Windows 10 Kami terus mencari solusi lain dan jika kami menemukannya, kami akan memastikan untuk memperbarui artikel dengan yang relevan.

Jadi, jika Anda mengikuti cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak pada postingan ini dengan hati-hati, Anda bisa memperbaiki masalah apa pun terkait kursor Anda di Windows 10 dan melanjutkan pekerjaan Anda. Baca juga: • • JAKARTA - Kursor laptop tidak bergerak atau tidak bekerja, tentu menyebalkan dan dapat mengganggu pekerjaan sehari-hari. Apalagi bila Anda tidak mempunyai mouse cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi untuk menggantikan kursor Anda yang rusak atau eror.

BACA JUGA - Heboh Laptop Rp10 Juta Ada beberapa penyebab kursor laptop tidak bergerak atau frozen. Di antaranya saja sistem operasi laptop yang mengalami gangguan, ada hardware yang rusak, pengaturan touchpad di laptop yang mungkin telah dinonaktifkan, driver yang kedaluwarsa atau rusak, ada software yang rusak, hingga adanya kotoran dan debu yang mungkin menempel di touchpad laptop Anda. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi kursor laptop tidak bergerak.

Bila Anda mengalaminya, cobalah langkah-langkah berikut ini: 1, Restart Laptop Mematikan dan menghidupkan kembali laptop dapat memperbaiki banyak masalah, termasuk kursor laptop atau panel sentuh yang tidak berfungsi. Saat sistem operasi tidak merespons atau terhenti, perangkat keras lain di laptop Anda mungkin juga berhenti bekerja.

Matikan dan hidupkan lagi dan lihat apakah cara ini dapat memperbaiki masalah. 2, Bersihkan Debu di Touchpad Minyak dan kotoran dari jari, makanan, dan zat lain dapat menumpuk di panel sentuh dan menyebabkan masalah. Jadi, bersihkanlah kotoran secara teratur dengan kuas, kain mikrofiber, dan alat pembersih lainnya.

3. Putuskan Perangkat Bluetooth
none
Daftar Isi • Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak • Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak • 1. Cek Konektivitas USB • 2. Coba Gunakan Tombol Fn • 3. Cek Mouse Properties • 4. Cek Enhanced Pointer Precision • 5. Update Driver Mouse dan Touchpad • 6. Scan Melalui Command Prompt • 7.

Service Hardware Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak Kursor laptop yang tidak bergerak bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah: • Masalah konektivitas (Mouse) • Kesalahan pengaturan mouse atau touchpad • Driver yang tidak up-to-date • Mencabut mouse terlalu keras • Menekan touchpad dengan keras • Kerusakan pada hardware • Dan lain-lain Jika masalah pada kursor disebabkan oleh hal-hal di atas, umumnya masih bisa diperbaiki dengan mudah melalui pengaturan yang ada di sistem operasinya, khususnya yang menggunakan Windows.

Nah, untuk memperbaikinya, silakan kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak Berikut adalah beberapa cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak.

Kamu bisa coba satu per satu terlebih dahulu. Jika cara yang satu tidak berhasil, baru kamu lanjut ke cara cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi lainnya.

⚠️ Penting Karena kursormu tidak bisa digerakkan, maka kamu harus menggunakan keyboard untuk memasukkan input. Caranya adalah sebagai berikut: • Pindah ke atas, bawah, kiri, kanan: gunakan tombol arah panah.

• Pindah cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi gunakan tombol Tab. • OK atau Klik: gunakan tombol Enter. • Keluar/Exit: gunakan tombol Alt + F4. 1. Cek Konektivitas USB Jika kamu menggunakan Mouse, silakan cek terlebih dahulu konektivitas USB-nya. Kamu bisa cabut dan pasang kembali kabel colokan Mouse-nya ke laptop.

cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

Jika masih tidak bisa, coba pasang pada port USB yang berbeda. Jika tidak berhasil, silakan coba cara lainnya di bawah ini. 2. Coba Gunakan Tombol Cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi Jika kamu menggunakan Touchpad untuk menggerakkan kursor, coba cek terlebih dahulu apakah touchpadmu sudah diaktifkan atau belum.

Di beberapa tipe laptop, terdapat tombol function yang bisa digunakan untuk mengaktifkan dan cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi touchpad.

Coba cek apakah ada logo touchpad pada tombol F1 - F12 yang ada di laptopmu. Jika ada, coba tekan Fn + Fx, di mana Fx adalah tombol yang ada logo touchpadnya. Jika masih tidak bergerak, kamu bisa coba cara lain untuk memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi. 3. Cek Mouse Properties Kursor laptop yang tidak bisa bergerak juga bisa disebabkan oleh pengaturan mouse atau touchpad yang ter- disable. Untuk mengatasinya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini. • Tekan tombol Windows untuk membuka Start Menu • Cari dengan mengetikkan control panel • Pilih Control Panel • Pilih Hardware and Sound • Pilih Mouse • Masuk ke tab Device Settings • Arahkan pada hardware yang ditampilkan (biasanya ditandai dengan nama Synaptics atau TouchPad) • Pilih Enable • Pilih Apply • Pilih OK untuk menyimpan pengaturan 4.

Cek Enhanced Pointer Precision Penyebab lain dari masalah pada kursor bisa jadi dikarenakan fitur Enhanced Pointer Precision telah diaktifkan. Fitur ini sebenarnya digunakan untuk meningkatkan presisi dari pointer atau kursor laptop. Namun, pada beberapa kasus, fitur ini malah menyebabkan kursor laptop tidak bisa bergerak, khususnya di Windows 10.

Untuk memperbaikinya kamu bisa menonaktifkan fitur tersebut dengan cara berikut ini. • Tekan tombol Windows untuk membuka Start Menu • Cari dengan mengetikkan control panel • Buka Control Panel • Pilih Hardware and Sound, kemudian pilih Mouse • Pada kotak Mouse Properties, pergi ke tab Pointer Options • Hapus centang pada Enhance pointer precision • Pilih Apply • Pilih OK • Terakhir, silakan cek apakah kursor sudah bisa bergerak atau belum Jika masih belum bisa digerakkan, silakan coba metode lainnya di bawah ini.

• Cara Melihat Versi Windows • Cara Melihat MAC Address • Cara Melihat Bit Laptop 5. Update Driver Mouse dan Touchpad Hal lain yang bisa menyebabkan kursor laptop tidak bergerak adalah karena drivernya sudah usang. Dengan kata lain, kamu harus mengupdate driver mouse atau touchpad laptop kamu agar tetap bisa berfungsi dengan baik.

Cara mengupdate driver mouse atau touchpad adalah sebagai berikut. • Tekan kombinasi tombol Windows + R • Ketikkan devmgmt.msc • Tekan Enter • Pada jendela Device Manager yang terbuka, arahkan ke Mice and other pointing device dengan menekan tombol Tab kemudian arah panah bawah • Tekan tombol arah panah kanan untuk melakukan expand • Arahkan ke driver yang memiliki tulisan mouse dengan menekan panah bawah lagi • Tekan tombol SHIFT + F10 • Pilih Update Driver Software • Pilih Search Automatically for updated driver software • Tunggu proses update sampai selesai • Cek apakah kursor laptopmu sudah bisa digerakkan atau belum Jika masih belum bisa, silakan coba cara selanjutnya di bawah ini.

6. Scan Melalui Command Prompt Cara ini akan mengandalkan Command Prompt atau CMD untuk melakukan scan dan memperbaiki masalah kursor pada Windows. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi.

• Tekan tombol Windows di keyboard • Ketikkan cmd • Tekan CTRL + SHIFT + Enter untuk masuk ke mode Administrator CMD • Pada jendela Command Prompt yang terbuka, ketikkan perintah sfc /scannow • Tekan Enter untuk melanjutkan proses • Tunggu sampai prosesnya selesai • Jika sudah selesai, lakukan restart laptop dengan mengetikkan perintah shutdown -r kemudian tekan Enter • Silakan cek apakah kursor sudah normal atau belum • Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara • Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop • Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian 7.

Service Hardware Jika kursor laptopmu masih tidak bisa bergerak setelah mencoba beberapa cara di atas, kemungkinan terdapat kerusakan pada hardwarenya. Cara yang paling mudah untuk memperbaikinya adalah dengan membawanya ke tempat service laptop. Jika kamu bisa bongkar laptop sendiri, kamu bisa cek apakah ada kabel yang terputus, sensor mouse yang rusak, dan sebagainya. Jika masalah terdapat pada touchpad, mungkin kamu juga harus mengganti touchpad sesuai dengan merk dan tipe laptopmu.

💡 Rangkuman Untuk memperbaiki kursor laptop yang tidak bisa bergerak, cara yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah: • Cek konektivitas USB • Mengaktifkan kursor dengan tombol FN • Mengaktifkan kursor melalui Mouse Properties • Menonaktifkan Enhanced Pointer Precision • Mengupdate driver mouse atau touchpad • Melakukan scan kerusakan melalui Command Prompt, dan • Membawanya ke tempat service laptop jika terdapat kerusakan pada hardware.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kursor laptop yang tidak bergerak, baik di Windows 10, Windows 8, ataupun Windows 7. Saat kamu ingin memperbaikinya, pastikan keyboardmu berfungsi normal karena kamu akan membutuhkannya untuk memasukkan inputan ataupun memilih opsi tertentu.

Jika ada kendala dalam mengikuti langkah-langkah di atas, silakan bertanya pada kolom komentar yang ada di bawah ini. Sekian, semoga berhasil.Bagi seseorang yang kerjanya di depan laptop, tentu permasalahan kursor yang tidak bergerak merupakan masalah serius. Hal menyebalkan ini bisa menghampiri laptop kamu kapan saja, bahkan di waktu yang tak pernah kamu duga. Sehingga kamu mungkin akan segera mencari tahu cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak.

Ini karena memang kursor adalah bagian yang sangat penting di laptop kamu, yang dengannya kamu akan sangat terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugas di kantor, sekolah, atau kampus.

Jika kursornya rusak? Ya pasti kamu akan bingung, karena kesulitan untuk menjalankan aplikasi yang ada. Nah, jika tiba-tiba kursor laptop atau komputer kamu error atau mati, apa yang akan kamu lakukan? Membiarkannya dengan berharap ia normal kembali? Menutupnya lalu meninggalkannya? Jika dulu kamu melakukan hal tersebut, sekarang bukan waktunya lagi, karena kini kami akan memberikan cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak.

Tapi, sebelumnya kamu harus tahu, apa alasan yang memuat kursor laptop tidak bergerak. Kursor laptop tidak bisa di klik biasanya ada dua penyebab utama. Penyebabnya kursor laptop kamu error atau tidak bergerak, yakni karena kamu menggunakan touchpadnya dengan kasar, sengaja ataupun tidak, dan kamu mencabut mouse terlalu kasar.

Jika salah satunya kamu lakukan, maka tak heran kalau kursor laptop tidak dapat bergerak. Maka, mulai sekarang berhenti melakukan hal tersebut, karena akan menyebabkan kerusakan pada kursor. Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak dengan Tombol Selain karena kerusakan, ada juga loh kursor yang tidak bergerak hanya disebabkan oleh hal yang sangat sepele, misalnya tidak sengaja mematikan fungsi kursornya.

Hal ini karena memang ada beberapa laptop yang memiliki sensitivitas tinggi, sehingga hanya tersenggol sedikit saja kursor bisa tidak berfungsi, dan ini pasti akan sangat menyebalkan. Pertama, coba kamu perhatikan seluruh keyboard yang ada. Perhatikan dengan baik, apakah terdapat ikon atau gambar touchpad? Nah, jika kamu menemukannya, coba tekan agar touchpad berfungsi lagi dengan mengkombinasikan kunci, dan ini selalu menggunakan Fn. Contohnya Fn ditambahkan dengan tombol yang ada simbol touchpadnya.

Atau, bisa saja touchpad laptop kamu tidak diaktifkan di pengaturannya, sehingga untuk membuatnya aktif lagi kamu harus mengaktifkan di tempat yang serupa. Caranya mudah, kamu tinggal pergi ke logo windowsnya, lalu pada bagian pencarian ketikkan kata ‘ mouse’. Kamu bisa memilih mouse setting. Kan touchpadnya mati, bagaimana caranya? Tenang, kamu bisa menggunakan tab dan enter saja kok. Lalu, di menu mouse properties, kamu bisa memilih device setting.

Laptop akan menunjukkan beberapa perangkat touchpad, kemudian klik enable, dan enter. Selesai, mudah bukan cara mengaktifkan touchpad laptop ? Baca juga: Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10 Atasi dengan Masuk ke Control Panel Jika dengan cara di atas masih gagal, kamu bisa mencoba cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak ini.

Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak lewat Control Panel 1. Masuk ke Control Panel Pertama, masuk ke control panel. Biasanya setiap windows berbeda-beda. Namun, pada umumnya kamu hanya perlu mengetikkan tulisan “ Control Panel” pada menu pencarian di laptop.

2. Hardware and Sound Jika sudah, carilah tulisan hardware and sound, lalu klik. 3. Device and Printer Setelah mengklik hardware and sound, akan keluar banyak menu pilihan. Maka, kamu bisa mencari device and printer, di bagian pilihan menu yang ada di device and printer ini ada tulisan mouse.

Nah, klik pada tulisan mouse tersebut. 4. Enable Begitu kamu mengklik mouse, tampilannya akan berubah, dan masih tetap muncul menu yang berbeda. Kamu perlu masuk ke tab bagian device setting, cari tulisan ‘ enable’ lalu klik. Dan di bagian paling bawahnya ada tulisan apply, kamu klik juga, kemudian oke. 5. Done Sekarang kursor kamu sudah bisa berfungsi sebagaimana biasanya. Kalau kursor di laptop kamu sudah aman, dan bisa berfungsi itu berarti aman.

Kamu tidak perlu mencari cara lagi untuk mengatasinya. Demikian sekilas cara memperbaiki kursor yang mati. Jika setelah langkah-langkah di atas masih gagal, mungkin masih ada kerusakan yang lain dan sifatnya memang tidak bisa diperbaiki dari dalam laptop.

So, bawa saja ke toko komputer terdekat, biarkan mas-masnya yang memeriksa, dan memberikan solusi perbaikan yang terbaik untuk kursor laptop kamu yang mati. Semoga artikel tentang cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak dari Wong Cerdas bermanfaat ya. Kategori Teknologi Tag Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak Navigasi Tulisan

CARA MENGATASI TOUCHPAD LAPTOP TIDAK BERFUNGSI




2022 www.videocon.com