Pengusir lalat alami

pengusir lalat alami

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangan hama di halaman rumah tentu saja sangat mengganggu, karena bisa merusak tanaman. Namun demikian, ada beberapa tanaman yang dapat mengusir hama secara alami, termasuk lalat. Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (31/1/2022), jika selama ini Anda mengandalkan pestisida yang dibeli di toko untuk mengusir lalat, bagaimana dengan mencoba tanaman pengusir lalat secara alami?

Karena bau dan minyak yang kuat secara alami dalam tumbuh-tumbuhan dan tanaman ini, menyingkirkan nyamuk, lalat, dan serangga lain di halaman rumah atau taman akan menjadi hal yang mudah.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Siput dari Pekarangan Berikut adalah 5 tanaman pengusir lalat secara alami di halaman rumah. UNSPLASH/YAKOV LEONOV Kemangi adalah tanaman herbal yang mudah didapatkan dan baunya enak, tetapi tidak disukai lalat sehingga bisa dicoba sebagai cara mengusir lalat. 1. Kemangi Tanam tanaman pengusir nyamuk yang luar biasa ini sebagai hiasan di meja teras atau di tanah halaman rumah Anda.

Berguna sebagai pengusir serangga maupun bahan makanan, kemangi mudah tumbuh dari biji atau transplantasi. Ada banyak varietas kemangi dan semuanya mengusir serangga, jadi pilihlah varietas yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Nyamuk dengan Cuka 2. Mint Selain lalat, tikus juga akan jauh dengan bantuan tanaman. Varietas mint, seperti peppermint, dapat mencegah tikus di rumah Anda. Pengusir lalat alami, seperti nyamuk, semut, lalat, dan hewan pengerat lainnya, seperti tikus, tidak akan ada lagi dengan tanaman ini diletakkan di halaman rumah atau teras rumah.

Berita Terkait 6 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan Ini Cocok sebagai Dekorasi Imlek Ciri-ciri Tanaman Diserang Kutu Sisik dan Cara Membasminya 5 Tanaman Hias Berukuran Kecil yang Cocok untuk Meja Kerja Mungil Cara Membuat Fungisida Alami untuk Tanaman dari Bumbu Dapur Manfaat Menyiram Tanaman Anggrek Menggunakan Es Batu Berita Terkait 6 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan Ini Cocok sebagai Dekorasi Imlek Ciri-ciri Tanaman Diserang Kutu Sisik dan Cara Membasminya 5 Tanaman Hias Berukuran Kecil yang Cocok untuk Meja Kerja Mungil Cara Membuat Fungisida Alami untuk Pengusir lalat alami dari Bumbu Dapur Manfaat Menyiram Tanaman Anggrek Menggunakan Es Batu Kehadiran lalat bukan cuma mengganggu, melainkan juga membahayakan kesehatan.

Untuk itu, ketahui cara mengusir lalat pengusir lalat alami mudah dan terbukti ampuh berikut ini! Ada beberapa hewan yang sangat tidak diinginkan kehadirannya di dalam rumah, s alah satunya adalah lalat.

Bukan cuma mengganggu karena terbang ke sana ke mari, lalat juga menjadi sumber berbagai penyakit karena datang dari tempat-tempat kotor seperti tempat sampah, makanan basi, hingga kotoran hewan lainnya.

Ketika hewan tersebut masuk ke dalam rumah dan hinggap di makanan, tentu dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan anggota keluarga. Belum lagi jika lalat yang hinggap bertelur. Wah, bisa-bisa anggota keluarga di rumah. Dengan menggunakan cara mengusir lalat secara alami ini, mereka dijamin tak akan datang lagi!

Ketika kamu mendapati kehadiran lalat di rumah, jangan biarkan dan segera usir lalat tersebut. Mungkin akan sulit, karena lalat terbang dengan sangat cepat.

pengusir lalat alami

Tapi, masih banyak cara mengusir lalat di rumah yang mudah dan dijamin ampuh. Penasaran bagaimana? Simak artikel selengkapnya berikut ini! 1. Buang sampah secara rutin Sampah selalu mengundang hewan-hewan kotor seperti lalat, kecoa, dan tikus. Untuk itu, penting sekali menjaga kebersihan rumah.

Sapu seluruh bagian rumah hingga bersih secara rutin. Pastikan tidak ada sedikitpun sampah yang tersisa.

pengusir lalat alami

Sebisa mungkin jangan pengusir lalat alami sampah rumah tangga menumpuk. Setor secara rutin hasil sampah rumahmu kepada petugas kebersihan yang mendatangi rumah. 2. Bersihkan kotoran binatang peliharaan  Lalat juga suka hinggap di kotoran binatang lain. Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, pastikan kotoran mereka dibersihkan setiap hari. Gunakan juga pasir wangi menggumpal, sehingga bau kotoran bisa sedikit tertutupi dan tak mengundang lalat untuk datang.

3. Cara mengusir lalat dengan daun pandan, bawang putih, garam, dan kulit jeruk Bahan-bahan alami yang ada di dapur selalu bisa diandalkan, termasuk untuk mengusir hewan-hewan kotor seperti lalat. Lalat pengusir lalat alami menyukai aroma beberapa bahan seperti daun pandan, kulit jeruk, garam, dan bawang putih.

Kamu cukup meletakkan salah satu bahan tersebut di tempat yang kira-kira akan didatangi oleh lalat. 4. Cara mengusir lalat d ari rumah dengan mem elihara tanaman karnivora Untuk kamu yang nggak mau repot membuat jebakan untuk lalat lalu membersihkannya, bisa membeli tanaman karnivora. Misalnya seperti tanaman kantong semar, atau venus fly trap. Tanaman-tanaman tersebut akan memakan serangga yang hadir. 5. Gantung plastik berisi air Cara satu ini memang bisa dibilang aneh, tapi masih banyak juga loh yang menggunakannya karena memang efektif mengusir lalat.

Kamu bisa mengisi plastik dengan air hingga menggembung, dan gantungkan pada area yang sering didatangi lalat. Air yang membiaskan cahaya akan membuat lalat pergi dan takut untuk datang lagi. 6. Gunakan minyak kayu putih Punya minyak kayu putih di rumahmu? Manfaatkanlah untuk mengusir lalat. Aroma kayu putih yang kuat membuat lalat kabur.

Cukup tuangkan sedikit minyak kayu putih di sekitar tempat yang kerap didatangi lalat, atau buka tutup botol kayu putih dan letakkan di tengah ruangan. 7. Jangan bersihkan sarang laba-laba Mungkin sebagian dari kamu akan merasa terganggu dengan adanya sarang laba-laba di rumah. Tapi ternyata, laba-laba juga bisa membantu mengusir lalat dengan cara memangsanya. Jadi jika kamu mau menghindari lalat, biarkan sarang laba-laba tersebut pada tempatnya.

8. Cara mengusir lalat buah Pengusir lalat alami dan buah yang terlalu matang atau hampir busuk seringkali dihinggapi lalat buah. Banyak orang yang menganggap hal ini wajar dan tidak melakukan apa-apa untuk mengusirnya. Padahal, lalat buah sama berbahayanya dengan lalat biasa dan bisa membuat anggota keluarga sakit. Untuk mengusirnya, kamu bisa menggunakan cuka apel yang diletakkan di dekat buah sebagai perangkap lalat tersebut. 9. Cara mengusir lalat di kandang ayam Banyak orang yang suka memelihara ayam di rumahnya.

Tapi, lalat juga seringkali menghampiri kandang ayam, sehingga mengganggu kamu dan berbahaya untuk ayam peliharaanmu.

pengusir lalat alami

Untuk menghindarinya, kamu bisa menanam serai di dekat kandang ayam. Lalat membenci bau serai sehingga ia akan pergi ketika mencium baunya. Selain untuk mengusir lalat, tanaman serai juga bermanfaat untuk banyak hal. Itu dia 9 cara mengusir lalat yang mudah dan dijamin efektif.

Yuk, coba sendiri di rumah dan buktikan sendiri keampuhannya! Mau mencari cara mengusir semut, cara mengusir kecoa, cara mengusir cicak, atau hewan lainnya yang menurutmu mengganggu? Simak di artikel.rumah123.com!
Cara mengusir lalat dengan cepat dan efektif. Mulai melakukan kebiasaan baik yang ringan hingga menggunakan bahan alami. Toppers pasti sudah pada tahu dong, serangga bersayap yang suka hidup di tempat kotor yang satu ini merupakan biang keladi dalam urusan menularkan virus, bakteri, dan parasit kepada manusia.

Lalat sangat menyukai tempat lembap seperti genangan air, bak sampah, atau selokan. Tidak heran hewan ini dianggap jorok dan sumber berbagai penyakit. Beberapa masalah kesehatan pengusir lalat alami dapat disebabkan oleh lalat antara lain diare, disentri, tipus, kolera, hingga hepatitis A.

Baca Juga: Cara Mengusir Tikus: Praktis dan Ampuh dengan Bahan Alami Cara Mengusir/Membasmi Lalat di Rumah Sumber Gambar: Universal.org Lalat rumah hampir ada disetiap hunian. Meskipun begitu mengusir atau mencegah lalat bukanlah hal rumit. Salah satunya, tentu dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Berikut pengusir lalat alami lengkap cara membasmi lalat agar tidak betah berlama-lama di rumah: 1. Rutin Membersihkan Tempat Sampah Tempat sampah yang kotor apabila tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan bau serta mengundang lalat untuk hinggap dan bertelur di sana.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk membersihkan tempat sampah secara menyeluruh minimal satu kali dalam seminggu. Kamu juga bisa melapisi tempat sampah dengan plastik agar lebih rapi dan menghindari bau menyebar disekitar rumah.

pengusir lalat alami

2. Menggantungkan Kantong Air di Rumah Salah satu cara tradisional yang efektif mengusir lalat adalah dengan menggantungkan kantong berisi air. Cara ini umumnya digunakan pada rumah makan atau pedagang keliling untuk mencegah lalat hinggap. Pantulan cahaya pada kantong berfungsi mengganggu dan mengaburkan penglihatan lalat. 3. Merawat Tanaman Herbal dan Bunga Merawat tanaman herbal seperti kemangi, lavender, daun salam, dan bunga buntut kucing dapat membuat rumah kamu terbebas dari lalat.

Wewangian dari tumbuhan tersebut tidak disukai lalat. Kamu bisa menanamnya di kebun atau pot kecil dalam rumah. Selain efektif mencegah kehadiran serangga si pembawa kuman, kamu juga bisa menggunakannya untuk bumbu masak. 4. Pasang Bohlam Kuning Memasang bohlam lampu kuning di seluruh bagian rumah merupakan salah satu cara ampuh mengusir lalat pada saat malam hari.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menyebutkan cahaya kuning tidak disukai oleh lalat. 5. Bakar Lilin Serai ( Citronella Candle) Lilin aromaterapi terbukti efektif mencegah berbagai hewan pengusir lalat alami erangga seperti nyamuk dan lalat.

Asap dan aroma lilin serai khususnya sangat dibenci serangga yang satu ini. Kamu bisa membakar lilin ini di tempat-tempat lembap atau sekitar tempat sampah. Wangi yang menenangkan, membuat stres menjauh dari diri. Temukan lilin aromaterapi pilihan di sini! Baca Juga: Obat Anti Rayap Terbaik, Dijamin Ampuh agar Rumah Tak Rapuh!

pengusir lalat alami

6. Bersihkan Kotak Kotoran Hewan Peliharaan Selain tempat sampah, kotak pasir kotoran hewan merupakan sarang kuman. Jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah sebaiknya sering-sering membersihkan kotak pasir.

Selain itu, bersihkan juga kotoran hewan yang tersebar di halaman rumah agar tidak mengundang lalat.

pengusir lalat alami

Perhatikan juga kebersihan hewan peliharaan kamu, pastikan tidak menempelkan kuman ke barang-barang di dalam rumah. 7. Campuran Larutan Cuka dan Sabun Cuci Piring Campuran cuka dan sabun cuci piring dapat menjebak lalat. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu mencampurkan sekitar satu inci cuka sari apel dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam gelas tinggi, kemudian tutup dengan plastik yang sudah di lubangi.

pengusir lalat alami

Tunggu beberapa saat, bau cuka apel akan menarik perhatian lalat, pengusir lalat alami sabun cuci piring menjebak lalat hingga tenggelam. 8. Gunakan Perangkap Lalat Cara paling efektif dan cepat mengusir lalat selanjutnya adalah menggunakan perangkap seperti raket listrik. Umumnya raket ini digunakan untuk membunuh nyamuk, namun alat ini juga bisa digunakan untuk membunuh lalat disekitar kamu.

Selain raket, ada juga lem perekat lalat yang bisa kamu beli di pasaran. 9. Semprotkan Larutan Cabai Rawit dengan Air Selain raket nyamuk kamu juga bisa memanfaatkan air campuran cabai rawit untuk di semprot di sekitar rumah. Cara ini terbukti efektif membuat serangga bersayap ini terbang jauh menghindari area yang telah disemprot. 10.

Pasang Perangkap Alami Selain perangkap cuka apel dan sabun cuci piring. Masih ada cara mengusir lalat secara alami lainnya dengan memasang perangkat alami menggunakan bahan-bahan seperti madu, molase, anggur, dan buah jeruk yang dikombinasikan dengan wangi cengkeh.

11. Usir dengan Kapur Pengusir lalat alami Menebar kapur barus di dekat tempat sampah atau toilet dapat mengusir bau dan hewan seperti kecoa atau lalat. Kapur barus juga berfungsi mencegah timbulnya jamur di dalam lemari akibat udara lembap. Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Daun: Rumah Jadi Lebih Anggun Meskipun terlihat remeh, lalat merupakan salah satu hewan yang berbahaya khususnya saat mereka hingga ke atas makanan yang akan kamu makan. Dengan mengikuti trik di atas semoga bisa menjadi solusi efektif melindungi hunian kamu dari lalat rumah.

Temukan produk-produk aromatherapy pilihan dan rasakan manfaatnya bagi tubuh! Penulis: Andina Naza Apriliani Cara Mengusir Lalat di Dalam Rumah bisa menjadi panduan anda apabila sudah geram dengan keberadaan lalat dirumah yang sangat mengganggu.

Hewan yang satu ini adalah hewan yang terkesan kotor. Sejenis serangga yang menyukai karbohidrat, protein, dan lemak. Tetapi hewan ini suka dengan tempat tempat yang kotor. Serangga tersebut bernama Lalat dan pastinya kita semua kenal dengan hewan tersebut. Lalat adalah binatang yang suka mengganggu. Terdapat banyak jenis lalat. Ada lalat kecil hitam, sedang sampai lalat besar yang berwarna hijau.

Hewan ini adalah hewan yang membutuhkan protein dan bahan bahan organik untuk proses pertumbuhannya. Dalam masa perkembangbiakannya dan regenerasi sel sel nya yang rusak, lalat suka menghinggapi makanan/sisa makanan yang berada di atas meja. Perilaku lalat yang seperti inilah yang membuat kita merasa terganggu bahkan ingin sekali membasminya dengan segala cara.

Banyak cara lalat menyebarkan penyakit, salah satunya adalah dengan cara hinggap pada suatu makanan dan lalat tersebut akan meninggalkan kuman serta kotorannya di makanan tersebut.

pengusir lalat alami

Makanan yang kita makan setelah dihinggapi oleh lalat akan menimbulkan penyakit, karena terdapatnya kuman yang masuk kedalam tubuh kita melalui proses pencernaan dalam lambung.

Sebenarnya bukan makanan yang menyebabkan penyakit, tapi kotoran dan kuman lalat itulah yang akan menyebabkan kita terkena penyakit. Penyakit yang sering terjadi adalah maag atau pun gejala gejala pada pencernaan. Baca Juga : • Cara Membersihkan Kompor • Cara Merawat Kaktus • Cara Merawat Kolam Renang • Cara Membasmi Rayap • Cara Mengatasi Tembok Rembes • Cara Mengecat Tembok Anti Lembab Cara Mengusir Pengusir lalat alami di Dalam Rumah Di dalam lingkungan yang bersih akan tercipta hidup yang sehat, begitu pun di rumah kita.

Ada yang mengatakan bahwa ‘Kebersihan adalah sebagian dari iman’. Jika hidup kita bersih, lingkungan kita bersih maka iman kita juga ikut bersih. Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib bagi kita semua, apalagi kebersihan rumah kita. Rumah adalah tempat yang kita tinggali, kalau tidak bersih kita akan kehilangan rasa kenyamanan saat berada di dalam rumah.

Udara didalam rumah juga sangat berpengaruh terhadap datangnya hewan yang satu ini. Bukalah secara rutin ventilasi jendela rumah agar udara yang masuk tetap segar.

Faktor utama yang menyebabkan hewan yang satu ini suka berkeliaran di dalam rumah kita adalah kurang bersihnya lingkungan di sekitar pengusir lalat alami kita. Biasanya karena keadaan tumpukan cucian piring di dapur atau bisa juga karena keadaan sampah yang menumpuk yang berada di dalam rumah. Bisa juga karena semakin banyaknya sisa sisa makanan yang menumpuk di meja ruangan dalam rumah.

Ingat lalat sangat suka hinggap pada makanan. Bukan hanya makanan bersih tapi sisa sisa makanan pun ia hinggapi. Hal hal tersebut yang kebanyakan menyebabkan lalat suka berkeliaran di dalam rumah kita. Untuk membantu mengusir lalat yang ada di rumah kita, berikut beberapa cara yang akan nantinya bisa kalian praktikkan. ( baca juga : Cara Mengatasi Tembok Retak ) 1.

Membersihkan Lingkungan Rumah Dengan melakukan pola hidup bersih akan membantu mengurangi lalat di dalam rumah. Lingkungan yang tercipta bersih akan berimbas pada hidup kita, yaitu hidup yang sehat. Taruklah bak sampah di luar rumah, agar mencegah adanya lalat yang masuk kedalam rumah. Tutuplah sampah tersebut dan jangan dibiarkan terbuka. Jika didalam rumah ada bak sampah, maka usahakan sampah yang ada di dalam adalah sampah kering karena biasanya lalat sangat suka pada hal yang kotor, jorok atau sampah basah.

Siapkan sedikit keresek atau plastik untuk wadah beberapa sampah kering dan jangan lupa menutupnya. Buanglah sampah kering maupun basah setiap hari. (baca juga : Cara Menata Rumah) 2.

pengusir lalat alami

Memakai semprotan serangga Cara yang satu ini merupakan cara yang ampuh untuk mengusir lalat yang ada di dalam rumah kita. Dengan semprotan serangga tak hanya lalat yang akan hilang. Bahkan serangga lainnya seperti kecoa dan lain-lain akan terbasmi juga. Tetapi cara ini sangat beresiko bagi penghuni rumah, karena pada semprotan serangga akan meninggalkan racun yang berbahaya. Tidak bagi lalat saja akan tetapi juga membahayakan tubuh manusia.

Selain itu, apabila kita salah dalam hal penggunaannya akan berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Yang perlu diperhatikan ketika memakai cara ini adalah hati-hati dalam penggunaannya. (baca pengusir lalat alami : Ciri-Ciri Rumah) 3. Dengan Daun Kemangi Ada yang tidak tau kemangi.? kemangi adalah semacam daun yang biasanya dibuat lalapan pada warung warung nasi sambel. Contohnya ‘tempe penyet’, ‘lele penyet’ dll. Caranya adalah ambil kemangi secukupnya, taruklah kemangi tersebut pada sebuah plastik dan berikan sedikit air.

Kemudian bungkus plastik yang berisikan kemangi dan air tersebut. Aturlah sedemikian rupa agar terlihat menarik. Dengan demikian bisa digunakan untuk mengusir lalat sekaligus dibuat hiasan dalam rumah. Selain itu baunya yang wangi juga bisa dipakai pengharum ruangan secara alami. (baca juga : Cara Membuat Lemari) 4. Nyalakan Kipas Angin Cara yang satu ini adalah cara yang sangat mudah. Cukup nyalakan kipas angin yang kalian miliki, arahkan pada serangga khususnya lalat.

Maka lalat langsung terusir terbawa oleh angin. Tetapi ini khusus pada rumah yang memiliki kipas angin. Ketika belum memiliki harusnya juga membeli kipas angin yang baru. Agar bisa menggunakan cara mudah yang satu ini. (baca juga : Fungsi Ruang Tamu Rumah) 5.

Dengan Daun Cengkeh Daun cengkeh juga bisa digunakan mengusir lalat. Pencariannya juga mudah, banyak terdapat dipasar pasar tradisional. Daun cengkeh memiliki aroma yang harum. Tipe jenis rempah rempah yang satu ini sangat ampuh buat pengusir lalat. Karena lalat juga alergi pada rempah yang baunya harum ini.

(baca juga : Kriteria Rumah Sehat) 6. Menggunakan Lilin Ternyata lalat adalah salah satu serangga yang takut dengan api. Nyalakan lilin didalam rumah anda ditempat tempat yang sering dihinggapi oleh lalat. Api pada lilin membuat lalat kabur begitu saja. Perlu diketahui juga bahwa lalat sangat benci cairan yang beraroma khas.

Salah satunya cairan lilin ini. Misalnya kita nyalakan lilin, lalu tempatkan di dapur dekat tempat makanan atau di meja makan. Cara ini terkesan lebih aman. Biasanya cara ini banyak digunakan bagi orang yang berjualan nasi di pinggir jalan dan diletakkan disebelah lauknya agar terhindar dari lalat. (baca juga : Cara Membasmi Semut) 7. Menggunakan Sapu Lidi Cara ini salah satu cara yang cukup menguras tenaga.

Ambillah sapu lidi lalu kipaskan pada lalat atau bisa langsung pukul pada arah lalat yang berada di dalam rumah. Satu persatu lalat yang terkena akan langsung mati. Tetapi cara ini cukup digunakan pada jenis lalat yang besar, biasanya lalat yang berwarna hijau.

Semakin banyak lalat yang ada akan semakin menguras tenaga jika menggunakan cara ini. (baca juga : Cara Jual Beli Apartemen) 8. Minyak Kayu Putih Minyak kayu putih mempunyai bau wangi yang menyengat.

Ambillah minyak kayu putih seukuran tutup botol, letakkan pada ruangan yang sering dihinggapi lalat. Dan lalat akan kabur terkena wanginya bau minyak kayu putih. (baca juga : Cara Perawatan Dapur) 9. Daun Pandan Daun pandan juga bisa untuk mengusir lalat.

Tanamlah daun pandan di dalam rumah. Aroma daun pengusir lalat alami yang akan mengusir beberapa lalat yang berkeliaran di dalam rumah. Selain daun pandan, bisa juga menggunakan daun Lavender. Daun pandan terkenal untuk mengusir nyamuk, akan tetapi pengusir lalat alami juga dapat difungsikan untuk mengusir lalat.

(baca juga : Penyerap Lembab Ruangan) 10. Menggunakan Plastik Yang Diisi Air Cara yang satu ini tergolong cara yang unik. Siapa sangka kalau plastik dan air bisa digunakan untuk mengusir lalat. Caranya siapkan beberapa plastik, lalu isi plastik tersebut dengan air jernih dan ikat plastik yang terisi air pengusir lalat alami sampai melembung.

Letakkan pada tempat tempat yang sering dihinggapi lalat. Cara ini terbukti sangat ampuh. Memang sedikit tidak masuk akal kalau menggunakan cara ini.

Secara teori plastik yang berisi air ketika didatangi lalat, lalat tersebut akan bingung dan menghilang dikarenakan adanya pembiasan cahaya oleh plastik. Baca Juga : • Syarat Jual Beli Tanah • Cara Pasang Saklar Lampu • Cara Jual Beli Tanah 11.

Lem Lalat Lem lalat sangat ampuh untuk membasmi lalat. Banyak terjual lem lalat ini di toko toko khususnya toko yang menjual obat pembasmi serangga. Caranya letakkan lem tersebut pada kertas ataupun kayu triplek, taruklah ditempat yang biasanya dihiggapi lalat.

Saat lalat terkena lem, lalat tersebut tidak akan bisa kemana mana lagi dan hasilnya sangat memuaskan. (baca juga: Pengertian KPR Bersubisidi) 12. Raket Nyamuk Ada yang tau raket nyamuk.? ya. raket yang biasanya di pakai untuk membasmi nyamuk. Raket nyamuk ini merupakan raket mengandung tegangan listrik. Disamping biasanya raket ini untuk mengusir nyamuk, raket ini juga bisa dialih fungsikan untuk mengusir lalat yang berada di dalam rumah kita. Caranya sama dengan yang kita lakukan untuk mengusir nyamuk biasanya.

(baca juga : Cara Membersihkan Kompor) 13. Dengan Bunga Lavender Pengusir lalat alami ini hampir sama dengan salah satu cara diatas yang menggunakan daun pandan. Bunga Lavender mempunyai aroma yang sangat wangi.

Lalat sangat tidak suka dengan bau wangi yang sangat menyengat, salah satunya bunga Lavender. Caranya cukup tanamlah bunga Lavender didalam rumah. Selain digunakan mengusir lalat, juga berfungsi sebagai pengharum ruangan. Selain itu pula bunga lavender dapat menjadi penghias ruangan anda agar lebih terlihat asri.

Baca Juga : • Tips Memilih Furniture • Tips Memilih Pengusir lalat alami • Cara Membasmi Semut Api 14. Dengan Jeruk Lemon Jeruk lemon juga bisa untuk mengusir lalat. Caranya ambillah jeruk lemon, kemudian taruklah paa sebelah makanan atau tempat tempat yang sering dihinggapi lalat. Bisa juga dibuat untuk campuran sabun pencuci piring. Sehingga kalau terkena cairan jeruk lemon, Lalat pun enggan hinggap. 15. Dengan Garam Dapur Garam merupakan salah satu yang digunakan dalam resep makanan.

Tentunya tidak asing bagi kita semua dan sangat mudah untuk mencarinya. Caranya sangat gampang. Ambillah garam dan taburkan garam ke sudut sudut tempat yang sering didatangi lalat. Contohnya taburkan di atas lemari lemari dapur. Bukan cuma lalat yang terusir, semut pun juga akan terusir.

16. Dengan Membuang Sampah Secara Rutin Cara yang satu ini adalah cara yang sangat wajib bagi kita semua. Karena bukan cuma untuk mengusir lalat saja, juga buat kebersihan kesehatan di dalam rumah kita. Membuang sampah yang rutin adalah kunci kebersihan didalam rumah. Dengan membuang sampah secara rutin, rumah akan terhindar dari yang namanya lalat.

Karena tempat seperti sampah adalah tempat favorit sang lalat. Beberapa penjelasan diatas sangat ampuh untuk mencegah datangnya lalat dan pasti itu adalah salah satu cara mengusir lalat di dalam rumah. Namun gunakan satu persatu cara tersebut, jangan gunakan ke 12 cara tersebut secara bersamaan.

Dan yang terpenting adalah jangan malas untuk menjaga kebersihan yang ada dirumah kita, karena kebersihan rumah adalah cerminan lingkungan kita. Selamat mencoba! Artikel Terkait” state=”closed • Cara Menata Rumah • Cara Mengatasi Rumah Lembab • Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi • Cara Menjaga Kebersihan Rumah • Cara Mencegah Rumah Kemalingan • Cara Membersihkan Debu • Cara Membuat Gorden • Cara Menata Rumah Sempit • Cara Mengatasi Dinding Tembok Lembab dan berjamur • Cara Membersihkan Kaca Kamar Mandi berjamur • Cara Membuat Lemari Pakaian dari Tripleks • Tata Cara Jual Beli Tanah yang Belum Bersertifikat • Cara Kredit Rumah Tanpa DP • Cara Memasang Meteran Listrik • Cara Membeli Tanah • Cara Membuat Alat Penghemat Listrik • Kriteria Rumah Sehat • Cara Mencuci Sofa Kain • Cara Menyambung Kabel Listrik • Cara Kredit Mobil Tanpa DP • Tata Cara Jual Beli Rumah Artikel Lainnya • Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga • Tips Membuat Rumah Minimalis Modern • tips dalam memilih lampu
7 menit Lalat merupakan salah satu hewan kecil yang cukup mengganggu karena sering hinggap di makanan atau minuman.

Tak hanya itu, lalat juga biasanya membawa berbagai jenis penyakit. Lalu bagaimana cara mengusir lalat dari rumah dan membuatnya tak kembali lagi? Penggunaan bahan kimia pun seringkali menjadi senjata untuk mengusir lalat, tapi terkadang tidak ampuh. Kini kamu tidak perlu bingung, 99.co punya cara ampuh untuk mengusir lalat dengan alat sederhana maupun menggunakan bahan alami. Semua bahannya sangat mudah didapat, lo! Cara Mengusir Lalat di Rumah Cukup banyak bahan alami di sekitar kita yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat.

Tidak membahayakan bagi tubuh, pun aman di kantong karena dapat dibeli dengan harga murah. Selain menggunakan bahan alami, ada pula cara dan bahan lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan lalat di rumah, baik itu jenis lalat besar maupun lalat buah.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 1. Cara Mengusir Lalat dengan Daun Pandan Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa helai daun pandan yang kemudian diiris sampai halus. Selanjutnya, letakkan irisan daun tersebut pada piring atau mangkuk.

Jika sudah, simpanlah piring atau mangkuk yang sudah berisi irisan daun pandan di tempat yang banyak dihinggapi lalat. 2. Mengusir Lalat dengan Cengkeh Seperti yang kita ketahui, cengkih atau kerap disebut cengkeh memiliki wangi khas yang cukup tajam. Ternyata lalat tidak pengusir lalat alami aroma wangi dari rempah yang satu ini. Oleh sebab itu, kamu dapat memanfaatkannya untuk mengusir lalat di rumah.

Lalu bagaimana cara mengusir lalat menggunakan cengkeh? Mudah dan sangat sederhana. Cukup rendam biji cengkih secukupnya di semangkuk air. Selanjutnya, letakkan rendaman cengkeh tersebut pada tempat yang banyak lalat. 3. Paduan Jeruk dan Lemon untuk Usir Lalat Bukan pengusir lalat alami enak untuk diminum, kedua buah ini pun dapat berfungsi sebagai pengusir lalat. Apabila kamu akan menggunakan kedua buah ini, harus sertakan juga dengan cengkeh. Ya, buah jeruk dan lemon tidak akan mampu mengusir lalat jika tidak ditambahkan dengan cengkih.

Hal yang harus dilakukan yaitu: • Potong masing-masing buah menjadi empat bagian • Tancapkan 12 biji cengkeh pada setiap potongan buah • Simpan semuanya pada sudut-sudut yang sering didatangi oleh lalat.

Tidak hanya lalat, aroma yang cukup tajam dari kombinasi ini dapat mengusir serangga kecil lainnya. 4. Wangi Bunga Lavender yang Tak Disukai Lalat Kamu pasti sudah tidak asing dengan bunga indah yang satu ini. Bunga lavender memang terkenal untuk mengusir nyamuk, tapi ternyata bunga indah ini juga mampu mengusir lalat, lho.

Selain mengusir kedua hewan tersebut, bunga lavender juga dapat mempercantik tampilan rumah. Caranya sangat mudah karena kamu hanya perlu menyimpan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, terutama di sudut yang sering didatangi oleh lalat.

Tidak butuh waktu lama, mereka pun akan langsung pergi dan rumah Anda akan terbebas dari lalat. 5. Pakai Cuka Apel untuk Mengusir Lalat Jika kamu memutuskan untuk pengusir lalat alami bahan yang satu ini, cukup sediakan cuka apel dan gelas berukuran tinggi atau sebuah botol. Tak perlu memasukan cuka apel terlalu penuh, cukup setengah botol saja. Akan lebih ampuh jika ditambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu membuat lubang kecil pada bagian atasnya menggunakan plastik bening yang diikat dengan karet. Lalat pun akan terpancing dengan aroma cuka apel dan akan masuk ke dalamnya. Setelah lalat masuk, maka ia akan sulit keluar karena lubang yang dibuat sangat kecil. 6. Cara Mengusir Lalat dengan Garam Garam bisa dikatakan sebagai bumbu dapur yang tentu dimiliki semua rumah. Selain digunakan untuk memperkuat rasa makanan, garam pun bisa jadi cara mengusir lalat dari rumah yang sangat ampuh.

Lagi-lagi caranya sangat mudah. Kamu cukup mengambil garam secukupnya dan menaburkannya pada pengusir lalat alami yang kerap dihinggapi hewan menjijikkan ini. Beberapa bagian yang bisa kamu taburi garam misalnya sekitar tudung saji makanan, area counter untuk memasak, atau tempat sampah dekat sink.

Di sisi lain, semut pun ternyata bisa kabur dengan bahan satu ini. 7. Cara Mengusir Lalat dengan Bawang Putih Campuran bawang putih, kayu manis, bubuk cabai, dan air bisa jadi semprotan pengusir lalat yang ampuh. Membuat semprotan ini cukup mudah, kamu cukup lakukan tahapan ini: • Haluskan bawang putih, kayu manis, dan bubuk cabai hingga rata dan bercampur; • Tuangkan air ke dalam ulekan/blender yang digunakan untuk menghaluskan; • Aduk-aduk hingga air berubah warna lalu diamkan beberapa saat; • Saring air campuran dari sisa-sisa bahan yang telah dihaluskan; • Masukkan ke dalam botol semprotan.

Super mudah, ‘kan? 8. Cara Mengusir Lalat di Siang Hari dengan Kemangi Daun kemangi umum digunakan sebagai lalaban ataupun campuran makanan berkuah. Mendapatkan daun ini sangatlah mudah, baik bisa ditanam sendiri di rumah maupun dibeli di tukang pengusir lalat alami. Harganya pun tak seberapa, mungkin tidak sampai Rp2.000 per ikat. Sisa-sisa kemangi yang masih segar dan tak termakan bisa kamu manfaatkan untuk mengusir lalat di rumah.

Cukup mencelupkan kemangi ke dalam gelas atau wadah berisi air. Diamkan di tempat-tempat seperti dapur atau ruang yang dekat area memasak. Jangan lupa untuk mengganti kemangi dan air setelah beberapa hari agar aromanya tetap segar dan ampuh untuk mengusir lalat.

9. Membuat Perangkap Lalat dari Lem Banyak lem lalat yang mudah ditemukan di pasaran. Biasanya lem lalat telah dioleskan pada permukaan kertas berwarna coklat berukuran A4. Saat akan digunakan, kamu cukup membentangkannya lalu menaburkan umpan makanan di atas kertas. Seketika, lalat pun akan hinggap dan tidak bisa kabur. Lem lalat dengan bentuk sedotan pun bisa kamu temukan. Nah, bukan tak mungkin untuk membuat lem ini sendiri di rumah.

Berikut bahan yang diperlukan: • 5-10 buah sedotan plastik • Gula, madu, dan air bersih • Panci dan pengusir lalat alami • Kuas • Gelas kecil berisikan pasir Cara Membuat Perangkap Lalat dengan Lem: • Masak gula, madu, dan air bersih dengan perbandingan 1:1:1 dengan api sedang • Setelah semuanya tercampur rata, matikan api dan sisihkan agar suhunya menyesuaikan dengan ruangan • Ambil satu sedotan lalu lumuri permukaannya dengan campuran gula hingga merata • Lakukan cara ini untuk seluruh sedotan • Siapkan gelas kecil yang telah diisi pasir, lalu tancapkan dua hingga sedotan berlumur lem lalat alami Setelah selesai, letakkan di area meja makan atau dapur.

Kamu tidak perlu menancapkan umpan pada sedotan karena aroma gula dan madu sudah cukup menarik untuk lalat. Jangan lupa untuk mengganti sedotan lem lalat ketika sudah banyak yang terperangkap di permukaannya.

10. Menangkap Lalat dengan Perangkap Botol Selain perangkap lem lalat dari kertas atau sedotan, kamu juga bisa membuatnya dari botol bekas. Cara mengusir lalat dengan perangkap botol ini sangat mudah dibuat dan digunakan. Ini dia bahan-bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dulu: • Botol bekas soda atau air mineral ukuran 1,5 liter • Pisau/ cutter • Potongan buah beraroma manis • Air • Plastik bening kecil • Karet Cara Membuat Perangkap Lalat dari Botol: • Siapkan botol dan buka penutupnya • Belah botol menjadi dua bagian, biarkan bagian bawah lebih tinggi daripada atas • Tutup moncong botol menggunakan plastik bening dan karet • Buat lubang kecil pada permukaan atas plastik untuk jalur masuk lalat • Masukkan masukkan buah manis yang telah dipotong kecil ke dalam bagian bawah botol • Tuangkan air secukupnya • Tutup bagian bawah botol menggunakan potongan atas yang dibalik sehingga moncongnya berada di bawah • Letakkan di sudut rumah yang biasa dilalui lalat.

Aroma wangi buah akan mengundang lalat masuk ke dalam perangkap. Air yang berada di bagian bawah botol akan mempersulit lalat keluar dari perangkap. Hewan kecil ini pun akan mati di dalam.

Setelah digunakan, jangan lupa untuk membuang lalat mati ya! 11. Simpan Bahan Makanan untuk Menangkal Lalat Supaya bahan makanan tetap aman dan lalat tersebut tidak datang ke dapur, taruhlah mereka di tempat yang aman.

pengusir lalat alami

Akan lebih baik jika menyimpan bahan makanan yang mudah busuk di dalam kulkas. Jika ditempatkan di luar, masukkan ke dalam wadah yang berpenutup pengusir lalat alami kedap. Cara ini akan membuat lalat buah tidak datang ke dapur. 12. Bersihkan Saluran Air Setelah datang ke dapur, lalat-lalat kecil itu tidak akan langsung pergi begitu saja. Mereka bisa berdiam di dalam saluran air pada tempat cuci piring serta wadah sampah. Bukan hanya menggerogoti sisa makanan, mereka pun berkembang biak di sana.

Cegah hal ini dengan membersihkan saluran air tersebut. Cara mengusir lalat buah ini mudah, cukup tuangkan saja cairan pembersih pengusir lalat alami kandungan klorin ke dalamnya lalu siram dengan air panas. Sementara itu, tempat sampah yang kotor bisa kamu tutup rapat serta menyamarkan baunya dengan semprotan disinfektan.

13. Nyalakan Lilin Sebagai Penangkal Lalat Cara mudah membasmi lalat buah adalah dengan menyemprotkan disinfektan kimia, tapi hal itu tentu tak bisa dilakukan karena area dapur menyimpan banyak makanan.

Kamu bisa kok menangkal kedatangan mereka dengan menyalakan lilin di sekitar makanan. Mudah dan pengusir lalat alami berbahaya bukan? 14. Amankan Bahan yang Mengundang Lalat Lalat buah terbang ke dapur karena mencium aroma makanan yang menusuk atau busuk. Selain itu, mereka pun kerap menghinggapi kecap dan minuman manis seperti sirup yang lupa ditutup botolnya.

Lalat ini biasanya akan masuk ke dalam, lalu terperangkap hingga mati dan bersemayam di dalamnya. Supaya hal ini tidak terjadi, jangan lupa untuk membersihkan bahan-bahan makanan yang tak lagi dikonsumsi. Jangan absen juga untuk menutup seluruh wadah bumbu masakan serta botol minuman yang ada di dapur. Melakukan cara ini pun bisa mencegah lalat besar atau hijau datang dan mengotori makanan. 15. Mengusir Lalat dari Rumah dengan Jahe Tak disangka, ternyata jahe yang biasa dipakai untuk memasak atau membuat minuman ampuh untuk mengusir lalat buah dari rumah.

Kamu cukup melakukan cara-cara di bawah ini: • Campurkan satu sendok teh jahe kering ke dalam air • Aduk hingga tercampur merata • Pindahkan campuran jahe dan air ke dalam botol semprotan Gunakan semprotan ini jika bertemu dengan lalat buah di rumah.

Di sisi lain, hewan serangga lain seperti nyamuk pun bisa keok bila terkena air jahe tersebut. 16. Menggunakan Campuran Garam dan Kunyit Sama seperti cara mengusir lalat besar yang sudah dijabarkan di atas, kamu pun dapat menggunakan bahan ini untuk mengusir lalat buah dari rumah. Biar makin ampuh, campurkan garam dengan bubuk kunyit. Setelah tercampur merata, taburkan bahan pengusir lalat alami di sekitar area yang dilalui lalat buah.

Tidak hanya mencampurnya dengan kunyit, bahan lain seperti merica pun ampuh untuk mengusir lalat tersebut dari dapur maupun ruangan lainnya. 17. Menggunakan Insektisida Alami dari Air Cuka Sahabat 99, tentu kamu tahu ‘kan bahwa lalat dan lalat buah termasuk dalam jenis hewan insect. Maka itu, kamu bisa membuat cairan insektisida alami untuk mengusirnya dari rumah. Cara mengusir lalat satu ini sangat mudah dilakukan. Setelah menggunakan air garam, kunyit, dan merica, kamu juga bisa memanfaatkan cuka, lo!

Ini bahan dan alat yang kamu perlukan untuk membuat insektisida alami ini: • Dua sendok makan cuka • Satu sendok makan minyak kayu putih • Segelas air dingin • Corong plastik • Botol semprotan.

Masukkan cuka, kayu putih, dan air ke dalam botol menggunakan corong. Setelah itu, tutup botol dan kocok-kocok hingga semuanya bercampur rata. Gunakan campuran ini untuk membasmi lalat buah dari rumah. 18. Pasang Kipas Angin untuk Mengusir Lalat Terakhir, coba deh pasang kipas angin di ruangan yang banyak lalat. Langkah ini bisa dilakukan sebagai cara mengusir lalat dengan cepat. Pasalnya, hembusan angin yang kuat dari kipas angin elektrik akan membuat lalat susah terbang di sekitar ruangan.

Mudah banget ya? 19. Cara Mengusir Lalat di Kandang Ayam Selain mengganggu rumah, lalat pun kerap kali memenuhi kandang ayam yang ada di halaman. Agar hewan peliharaan tidak terganggu, kamu bisa menggunakan hal yang sudah dibahas di atas sebagai cara mengusir lalat di kandang ayam. Manfaatkan juga aplikasi pengusir lalat yang bisa kamu unduh di ponselmu.

Ukurannya memang kecil, tetapi lalat buah sama menjijikkannya dengan lalat pada umumnya. Hewan yang satu ini kerap bersemayam pada bahan makanan di dapur.

pengusir lalat alami

Saking mungilnya, kita pun kadang tak melihat keberadaan lalat ini lalu ikut memakannya. Ngeri juga ya! Pasti kamu tidak mau ‘kan jika mendapati bahan-bahan makananmu dihinggapi lalat ini. Supaya seluruh makanan serta bagian dapurmu aman dari gangguannya, ayo halau mereka!

Ini pengusir lalat alami cara mengusir lalat buah yang bisa kamu lakukan di rumah. *** Bagaimana Sahabat 99 tips dan cara mengusir lalat di atas tadi? Semoga bermanfaat untukmu, ya! Baca terus ulasan lainnya hanya di Berita 99.co Indonesia.

Jangan lupa juga, cari properti idamanmu hanya di 99.co/id.
Memiliki rumah yang bersih dan asri adalah idaman setiap orang. Salah satu pertanda rumah tersebut bersih adalah bebas dari kehadiran serangga terutama lalat yang sering berterbangan kesana kemari.

Kehadiran lalat di rumah acapkali menjadi pertanda rumah kotor. Selain sangat mengganggu, lalat yang berkeliaran membuat rumah tampak tak terawat.

Parahnya, lalat memiliki sisi buruk yaitu bisa mendistribusikan kuman saat hinggap di makanan, minuman ataupun peralatan rumah tangga lainnya sehingga menjadi sumber penyakit.

Mencari cara mengusir lalat pun perlu dilakukan demi menjaga kesehatan keluarga. Salah satu cara mengusir lalat adalah dengan rutin menjaga kebersihan rumah. Hal itu dikarenakan lalat tidak menyukai suatu tempat yang bersih. Selain menjaga pengusir lalat alami, cara mengusir lalat juga bisa dilakukan dengan sejumlah bahan alami yang mudah ditemukan di rumah atau di pasaran sebagai cara mengusir lalat yang ampuh.

pengusir lalat alami

1. Menaruh Air Beraroma Cengkeh Cara mengusir lalat yang pertama adalah dengan memberikan wewangian cengkeh di sejumlah titik dimana lalat sering hinggap. Arom cengkeh mempunyai bau khas yang sangat tajam. Oleh karenanya aroma cengkeh juga sangat tidak disukai oleh lalat. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan cengkeh sebagai cara mengusir lalat dengan merendam beberapa biji cengkeh pada air, lalu simpan rendaman tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Baca Juga • Mengenal Oseltamivir, Antivirus yang Dipakai untuk Terapi Covid-19 2. Menanam Bunga Lavender Pada opsi kedua sebagai cara mengusir lalat yang ampuh adalah dengan menanam bunga lavender dalam pot. Hal itu disebabkan bahwa bunga lavender memiliki kekuatan untuk mengusir lalat. Cara mendapat manfaat dari bunga lavender cukup mudah, hanya dengan menempatkan beberapa tangkai bunga lavender ke dalam pot dan menyimpannya di sudut rumah yang banyak dihinggapi lalat. Sudah pasti, cara mengusir lalat ini ampuh dan sekaligus mempercantik tampilan rumah Anda.

3. Menaburkan Irisan Daun Pandan Irisan daun pandan ternyata tidak hanya menjadi salah satu pelengkap dalam masakan namun bisa digunakan sebagai cara mengusir lalat yang ampuh. Sebagai salah satu bahan alami, daun pandan memiliki warna hijau, dan bentuknya yang panjang. Keampuhan daun pandan adalah aromanya yang tidak pengusir lalat alami lalat. Sehingga keberadaanya berfungsi untuk mengusir lalat agar keluar dari rumah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu pengusir lalat alami beberapa helai daun pandan, mengirisnya hingga halus, menyimpannya di wadah seperti mangkuk atau piring, kemudian simpan di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

4. Menjebak Lalat dengan Cuka Apel Cuka apel selain menjadi salah satu suplemen vitamin bagi kesehatan tubuh, juga ampun sebagai umpan kehadiran lalat.

Cara mengusir lalat dengan cuka apel cukup mudah hanya dengan menyiapkan botol bekas air mineral gunting bagian tengahnya dan tuang cuka apel hingga separuh botol. Setelah itu, tutup botol mengunakan kertas yang telah dilubangi dan bisa dimasuki lalat. Pastikan bahwa proses pengemasan itu dilakukan secara benar agar bisa mengundang lalat untuk masuk ke dalam botol dan membuat lalat tersebut terendam di dalam cuka apel.

5. Menyalakan Lilin di Rumah Cara mengusir lalat dengan lilin sering ditemukan di sebuah rumah makan atau restoran karena panas dari lilin sangat ampuh mengusir lalat agar tak hinggap ke dalam makanan. Oleh karenanya, Anda dapat menyalakan lilin di atas meja makan saat menyantap hidangan di rumah. Selalu berhati-hatil dan perhatikan melakukan cara mengusir lalat yang ini dengan tidak meletakkannya secara berdekatan dengan benda yang mudah terbakar.

Anda bisa menggunakan jenis lilin apa pun untuk cara mengusir lalat ini. pengusir lalat alami. Menebar Garam di Titik Rawan Kehadiran Lalat Selain menjadi bumbu pengusir lalat alami, ternyata garam juga memiliki fungsi sebagai salah satu bahan alami untuk mengusir lalat. Caranya cukup mudah, hanya dengan menaburkan di sejumlah titik yang sering dihinggapi lalat, seperti area memasak di dapur, sekitar rak dapur atau di sekitar tempat sampah.

Sebagai informasi tambahan, ternyata garam tidak hanya ampuh untuk mengusir lalat saja, namun juga semut yang sering mengganggu. 7. Aroma Irisan Mentimun Timun tidak hanya nikmat sebagai bahan lalapan saja, namun juga amouh sebagai bahan alami untuk mengusir lalat. Untuk memanfaatkannya cukup mudah. Potong timun hingga menjadi beberapa lembar dan posisikan di tempat yang kerap dikunjungi lalat. Dijamin lalat mulai berkurang di rumah kamu!

8. Plastik Isi Air Apabila Anda rutin menemani ibu atau istri belanja ke warung atau pasar maka dapat dengan mudah menemukan sebuah plastik bening berisi air. Plastik berisi pengusir lalat alami menjadi berungsi karena mampu menipu penglihatan lalat yang memiliki mata sebanyak 3.000-6.000. Mata lalat bisa jadi tidak fokus. Cara mengusir lalat dengan plastik air sebenarnya cukup mudah.

Pertama isi plastik dengan air. Lalu, gantungkan di area yang kerap dihinggapi lalat, misalnya area meja makan atau dapur. Cara yang satu ini akan lebih terasa efeknya bila dilakukan di siang hari. 9. Memanfaatkan Kapur Barus Baunya yang menyengat juga berkhasiat untuk mengusir kehadiran para lalat yang meresahkan. Kapur barus juga dinilai ampuh untuk mengusir kecoak hingga tikus.

Cara mengusir lalat dengan kapur barus cukup mudah hanya dengan meletakkan kapur barus di area yang sering dihinggapi lalat. Agar efektif, letakkan kapur barus di akses lalat masuk, misalnya pintu atau jendela. Dengan begitu, seolah Anda menolakkehadiran lalat di rumah dan dia akan langsung pergi.

Baca Juga • 9 Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami 10. Membuat Campuran Air Bumbu Dapur Cara mengusir lalat lainnya adalah dengan menggunakan olahan dari hasil campuran air bumbu dapur. Campuran itu berisi beragam bumbu dapur seperti: kayu manis, bubuk cabai, bawang putih, dan air. Semua bumbu dapur itu dihaluskan dengan menggunakan blender tuang air dan aduk hingga rata. Saring campuran air untuk menghilangkan sisa bahan yang dihaluskan, lalu masukkan ke dalam botol semprotan. Apabila campuran cairan itu selesai dibuat, Anda cukup melakukan cara mengusir lalat tersebut dengan menyemprotkan cairan ke lalat yang sedang mengurumuni makanan.

Demikianlah cara mengusir lalat dengan bahan alami yang bisa dipraktikkan di rumah dengan mudah. • Wabah Hepatitis Akut Disebut Efek Vaksin Covid-19? Ini Penjelasan Ahli • Heboh BBM Air Nikuba, Ahli Sebut Sulit Proses Air Menjadi Energi • Elektabilitas Tiga Capres 2024 Makin Tinggi, Ini Harta Kekayaannya • Fakta Terkini Hepatitis Akut, Gejala hingga Dugaan Penyebabnya • Kasus Baru Covid-19 Mencapai 218 Orang, Ini SebarannyaMerdeka.com - Lalat menjadi salah satu binatang yang kerap dibasmi oleh banyak orang.

Hal ini lantaran keberadaan lalat dianggap sangat mengganggu karena berisiko menyebarkan penyakit. Dilansir dari Liputan6, peneliti di Penn State Eberly College of Science di Amerika Serikat, menemukan bahwa lalat yang datang ke rumah dapat membawa kuman dan bakteri seperti salmonella, e-coli dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit maag serta sepsis atau keracunan pada darah.

Menggunakan Lilin Sereh Tumbuhan sereh memiliki aroma khas yang tajam. Aroma sereh yang khas terkenal ampuh mengusir nyamuk. Tak hanya nyamuk, ternyata aroma sereh pun tak disukai oleh lalat. Cara mendapatkan aroma sereh dengan mudah yaitu dengan menggunakan lilin aromaterapi beraroma sereh.

Lilin yang telah dibakar dapat diletakkan di beberapa sudut rumah yang kerap dihinggapi lalat. Dilansir dari Hellosehat, pada dasarnya lalat tak menyukai tumbuhan dengan bau yang tajam. Salah satu tumbuhan yang berbau tajam adalah kemangi. Kemangi memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang mampu menciptakan lingkungan rumah yang sehat. Cara menggunakan kemangi untuk mengusir lalat yaitu dengan meletakan daun kemangi di area yang sering didatangi oleh lalat.

Cara tersebut mampu mengurangi hingga mengusir populasi lalat di rumah. Kantong Plastik Berisi Air Bagi beberapa orang, mengusir lalat dengan kantong plastik berisi air mungkin jarang dilakukan. Lalat memiliki 3000-6000 mata pada setiap bulatan matanya Hal tersebut memungkinkan mereka untuk mendeteksi gerakan cahaya. Dengan menggantung kantong air berisi plastik, lalat pun akan menjadi bingung karena kantong akan memantulkan cahaya di seluruh tempat.

Letakkan gantungan plastik berisi air di ruangan yang memiliki cahaya terang. Dilansir dari Hellosehat, minyak esensial dipercaya dapat mengusir lalat dari rumah. Minyak esensial yang berasal dari bahan alami seperti daun serai, minyak peppermint, minyak lavender dapat digunakan untuk menggantikan semprotan berbahan kimia.

Menggunakan minyak esensial berbahan daun serai cukup dengan menyemprotkan pada pintu, jendela dan area yang sering didatangi lalat. Untuk penggunaan minyak peppermint hanya dengan mengoleskan minyak peppermint pada bola kapas dan meletakkannya di area yang sering didatangi lalat.

Sedangkan penggunaan minyak lavender yaitu mencampurkan minyak tersebut dengan beberapa tetes minyak bunga matahari ke dalam botol. Semprotkan di area yang terkena infeksi atau tempat yang tak ingin didatangi lalat. Salah satu tumbuhan yang tak disukai lalat yaitu pandan. Daun pandan memiliki aroma wangi yang tak disukai oleh lalat. Tak hanya mengusir lalat, pandan pun terbukti ampuh dapat mengusir kecoa dari rumah.

Cara mengusir lalat dengan daun pandan yaitu dengan memotong daun pandan dan simpan dalam sebuah wadah. Kemudian letakkan wadah berisi potongan daun pandan tersebut di tempat-tempat yang sering didatangi oleh lalat. 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengusir lalat alami Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

Selengkapnya
none

KAPOK.!!! Lalat Buah Minggat Menggunakan Ini




2022 www.videocon.com