Perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Banyak wanita mengalami kesulitan dalam membedakan apakah yang ia alami adalah tanda hamil ataukah tanda haid. Tak heran, karena tanda-tanda dan gejala awal kehamilan memang memiliki kemiripan dengan tanda mau haid; seperti perubahan mood, sakit punggung, sering buang air kecil, dan nyeri payudara. Meskipun ada kemiripan, namun tanda kehamilan dan haid tersebut tetap memiliki perbedaan. Nah, perbedaan tanda hamil dan haid akan dibahas lengkap dalam artikel berikut ini. Haid ( menstruasi) adalah proses perdarahan dari vagina yang terjadi secara berulang setiap bulannya, rata-rata 28 hari sekali.

Siklus menstruasi ini dialami perempuan sejak menginjak usia pubertas dan berlangsung hingga menopause. Baca: Memahami 4 Fase Siklus Menstruasi Secara Berurutan Darah haid yang keluar sejatinya adalah peluruhan lapisan permukaan rahim karena kehamilan tidak terjadi. Sebelum keluarnya darah haid, banyak wanita mengalami gejala-gejala mau haid seperti kram, kembung, nyeri payudara, dan perubahan suasana hati.

Sekitar 20-30% wanita bahkan mengalami gejala dan tanda haid yang begitu berat, disebut PMS (premenstrual syndrome), gejalanya mencakup aspek psikologis dan fisik, seperti depresi, menangis, kelelahan, kembung, jerawatatan, nyeri payudara, dan perubahan nafsu makan termasuk mengidam makanan. Apa kesamaan antara tanda hamil dan haid (PMS)? Tanda-tanda dan gejala awal kehamilan memang memiliki kemiripan dengan gejala yang dialami wanita saat mendekati jadwal menstruasi.

Bahkan, ketika hanya berpatokan dengan gejala berikut, maka tidak akan mungkin dapat membedakan keduanya: perbedaan telat haid karena hormon dan hamil Sakit kepala. Sakit kepala bisa menjadi gejala kehamilan, tetapi banyak wanita juga mengalami sakit kepala atau migrain sebelum haid biasa ataupun dengan PMS.

• Nyeri punggung. Gejala ini dapat terjadi jika menstruasi semakin dekat, tetapi juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. • Perubahan mood. Perubahan suasana hati umum terjadi baik pada PMS ataupun kehamilan awal.

Perubahan ini dapat mencakup depresi, kecemasan, lekas marah, dan mood tak menentu. • Konstipasi. Hormon progesteron dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk sembelit. Karena kadar progesteron meningkat selama paruh kedua siklus menstruasi, konstipasi dapat terjadi pada wanita dengan PMS atau periode menstruasi yang mendekat.

Demikian juga, perubahan hormonal pada kehamilan awal juga dapat menyebabkan konstipasi. • Sering buang air kecil. Sering buang air kecil menjadi tanda hamil dan menstruasi. • Nyeri payudara. Nyeri payudara, sensitif, atau membesar, dapat terjadi pada awal kehamilan juga sebelum menstruasi. Payudara mungkin terasa berat, perih, atau lebih sensitif. Apa perbedaan antara tanda hamil dan haid? Meskipun terdapat sejumlah kemiripan, di sisi lain perbedaannya dapat diamati dengan memperhatikan tanda dan gejala berikut ini: • Bercak darah atau spotting.

Spotting ringan (tidak sampai membasahi celana dalam) kadang-kadang terjadi sekitar waktu implantasi embrio ke rahim pada awal kehamilan. Ini dikenal sebagai pendarahan implantasi. Bercak darah ini tidak sama dengan pendarahan yang banyak pada awal haid.

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Lebih lanjut, baca: Ciri-Ciri Flek Tanda Hamil dan Bedanya dengan Darah Haid • Kelelahan. Kelelahan umum terjadi pada wanita pada tahap awal kehamilan, tetapi juga terjadi sebagai tanda PMS pada banyak wanita.

Namun, kelelahan PMS umumnya hilang begitu darah haid keluar. • Mengidam makanan / keengganan. Banyak wanita mengidam makanan atau nafsu makan meningkat sebelum menstruasi. Mengidam makanan dan keengganan juga khas pada kehamilan, meskipun mengidam makanan pada kehamilan sering lebih spesifik dan intens daripada saat PMS atau sebelum menstruasi. • Mual dan atau muntah. Mual dan muntah lebih sering terjadi pada kehamilan awal dan jarang pada PMS atau jadwal mens yang semakin dekat.

• Kram. Kram perut serta rasa sakit terjadi pada banyak wanita sebelum, atau bahkan selama periode menstruasinya. Gejala-gejala ini sering sangat merepotkan bagi wanita dengan PMS. Namun, beberapa wanita biasanya hanya mengalami kram ringan pada tahap awal kehamilan.

Gejala-gejala tertentu lebih khas pada kehamilan awal, dan kurang mungkin terjadi karena mau haid atau PMS. Berikut tanda khas kehamilan: • Tidak menstruasi. Tidak adanya menstruasi adalah tanda utama kehamilan. • Perdarahan implantasi dan kram. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, selama awal kehamilan beberapa wanita mengalami perdarahan ringan disertai kram pada saat implantasi embrio di rahim.

Ini sangat berbeda dengan aliran darah menstruasi biasa. • Keputihan. Peningkatan produksi estrogen pada kehamilan dapat menyebabkan peningkatan cairan vagina berwarna putih susu. Baca: Seperti Inilah Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Hamil • Gelapnya areola atau puting. Puting susu terlihat lebih gelap dan membesar sejak satu atau dua minggu setelah pembuahan. Artinya ini menjadi tanda awal kehamilan, bukan tanda haid ataupun PMS. Perbedaan tanda hamil dan haid di atas dapat dirasakan sebelum jadwal haid terlewati.

Nah, jika jadwal haid terlampau dan hingga perbedaan telat haid karena hormon dan hamil ini Anda belum menstruasi, maka lakukanlah tes kehamilan. Hasil positif menandakan kemungkinan hamil. Sayle, Amy & Wilcox, Allen & Weinberg, Clarice & Baird, Donna.

(2002). A prospective study of the onset of symptoms of pregnancy. Journal of clinical epidemiology. 55. 676-80. 10.1016/S0895-4356(02)00402-X. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/11225541_A_prospective_study_of_the_onset_of_symptoms_of_pregnancy) Foxcroft, Katie & Callaway, Leonie & Byrne, Nuala & Webster, Joan.

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

(2013). Development and validation of a pregnancy symptoms inventory. BMC pregnancy and childbirth. 13. 3. 10.1186/1471-2393-13-3. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/234157112_Development_and_validation_of_a_pregnancy_symptoms_inventory) Lengkapnya Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya perbedaan telat haid karena hormon dan hamil email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, perbedaan telat haid karena hormon dan hamil dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected]id Buka di app • Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

• Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 2 Januari 2020 - Diperbarui: 20 Desember 2021 Ditulis oleh: Devani Adinda Putri - Ditinjau oleh: dr.

Jati Satriyo Beberapa tanda haid dan tanda hamil ternyata memiliki persamaan, seperti nyeri payudara, gejala mual dan muntah, perubahan mood, dll.

Bila Anda tidak bisa membedakan apakah gejala yang Anda rasakan merupakan tanda haid atau tanda hamil, berikut ini adalah penjelasan perbedaan tanda haid dan tanda hamil. Perbedaan Tanda Haid dan Tanda Hamil Tanda haid terjadi satu sampai dua minggu sebelum menstruasi dalam hitungan siklus menstruasi bulanan atau sekitar 28 hari.

Tanda haid ini meliputi gejala psikologis dan fisik seperti nyeri payudara, perubahan emosi, cepat lelah, timbul jerawat, mual, muntah, dll. Tanda-tanda haid tersebut ternyata hampir sama dengan tanda hamil muda. Beberapa wanita pun bingung membedakan apakah itu tanda haid atau tanda hamil, terlebih lagi bila Anda merasa telat datang bulan dari siklus menstruasi normal yang seharusnya.

Berikut ini adalah perbedaan tanda haid dan tanda hamil untuk membantu Anda memastikan apakah yang Anda alami merupakan tanda haid atau tanda hamil, yaitu: 1. Nyeri Payudara Nyeri payudara adalah gejala yang sama-sama dirasakan oleh wanita yang akan haid dan wanita yang akan hamil, namun apa perbedaannya? Pahami perbedaan tanda hamil dan haid di bawah ini: • Tanda Haid Nyeri payudara pada wanita yang akan haid atau PMS terjadi selama paruh kedua siklus menstruasi Anda.

Payudara akan terasa padat di area luar dengan rasa nyeri biasa hingga pembengkakan payudara dan rasa nyeri yang lumayan parah.

• Tanda Hamil Nyeri dan pembengkakan payudara pada wanita yang akan hamil umumnya terjadi sekitar satu sampai dua minggu setelah Anda positif hamil, atau terjadi selama beberapa saat seiring dengan naiknya level progesteron. 2. Flek Darah Perbedaan tanda haid dan tanda hamil selanjutnya adalah pada bercak-bercak darah yang terjadi di vagina.

• Tanda Haid Tanda haid atau PMS umumnya tidak mengalami bercak-bercak darah sebelum siklus menstruasi terjadi. Pendarahan terjadi saat siklus menstruasi yang umumnya berlangsung selama 5-7 hari dengan intensitas darah lebih banyak.

• Tanda Hamil Beberapa wanita mengalami tanda hamil berupa keluar bercak-bercak darah atau pendarahan ringan yang umumnya terjadi 10-14 hari selama masa awal kehamilan.

Gejala ini disebut pendarahan implantasi, namun beberapa wanita yang hamil muda mungkin tidak mengalami pendarahan implantasi ini.

3. Perut Kram Hamil dan haid sama-sama memiliki gejala kram perut, lalu apa bedanya tanda haid dan tanda hamil? • Tanda Haid Tanda haid adalah perut terasa kram selama 1 hingga 2 hari sebelum siklus menstruasi terjadi. Rasa kram umumnya terjadi di bagian bawah perut, namun rasa sakit ini akan berkurang sampai siklus menstruasi dijalani dan berakhir.

• Tanda Hamil Tanda hamil juga diidentifikasi dengan munculnya rasa kram ringan di bagian perut bawah dan punggung bawah yang terjadi selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan karena rahim mulai membesar 4. Kelelahan Wanita yang akan haid dan yang akan hamil juga sama-sama merasakan cepat lelah walaupun tidak banyak melakukan aktivitas.

Berikut ini adalah perbedaan tanda haid dan tanda hamil: • Tanda Haid Wanita yang akan haid atau PMS umumnya merasakan gejala kelelahan ringan sebelum menstruasi dan biasanya akan membaik setelah hari pertama menstruasi.

Kelelahan ini terjadi karena pengaruh hormon progesteron. Beberapa wanita yang mengalami menstruasi berat akan merasakan kelelahan parah yang berlangsung selama siklus menstruasi. • Tanda Hamil Tanda hamil juga ditandai dengan rasa lelah berkelanjutan hingga trimester pertama atau sepanjang masa kehamilan. Rasa kelelahan akan semakin buruk karena umumnya ibu hamil sulit tidur dan sering buang air kecil di malam hari.

5. Perubahan Nafsu Makan Wanita yang sedang PMS dan wanita hamil sama-sama memiliki pola makan yang berubah. Berikut ini adalah perbedaan tanda haid dan tanda hamil: • Tanda Haid Perubahan hormon saat PMS dapat meningkatkan nafsu makan wanita. Wanita di masa PMS umumnya makan lebih banyak dan menginginkan jenis makanan yang berlemak, makanan kaya karbohidrat, dan makanan manis. • Tanda Hamil Setiap wanita hamil memiliki tanda hamil yang berbeda, beberapa wanita di masa kehamilan muda memiliki nafsu makan yang bertambah, ada pula yang malah tidak nafsu makan dan tidak suka aroma atau rasa makanan tertentu.

6. Mual dan Muntah Pastikan perbedaan tanda hamil dan haid berikut ini: • Tanda Haid Beberapa wanita yang akan haid mungkin merasakan mual dan muntah, namun gejala ini hanya terkait masalah pencernaan atau pemilihan makanan. Umumnya, tanda haid tidak disertai rasa mual dan muntah. • Tanda Hamil Mual dan muntah adalah tanda hamil yang umum terjadi. Mual dan muntah terjadi di masa awal kehamilan dan dapat terjadi kapan saja. Gejala ini juga disebut dengan morning sickness.

7. Perubahan Mood Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa wanita yang sedang haid mengalami perubahan mood drastis dan umumnya lebih sensitif dari hari-hari biasa. Ketahui lebih detail perbedaan tanda haid dan tanda hamil berikut ini: • Tanda Haid Perubahan hormon pada masa menstruasi membuat wanita mengalami perubahan mood yang cukup drastis.

Sebagian besar wanita yang sedang haid akan mudah tersinggung, sensitif, mudah kesal, marah, cemas, panik. bahkan mudah menangis untuk hal-hal kecil. Perubahan mood ini akan berakhir saat siklus haid berakhir. • Tanda Hamil Perubahan mood pada wanita perbedaan telat haid karena hormon dan hamil akan berlangsung selama masa kehamilan. Wanita hamil juga menjadi lebih emosional, khawatir, sekaligus gembira dan tidak sabar untuk melahirkan anaknya.

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Perubahan mood ini juga harus diperhatikan karena dapat mengindikasikan depresi juga. 8. Konstipasi Perbedaan tanda hamil dan haid, yaitu: • Tanda Haid Wanita yang akan haid mengalami konstipasi atau sembelit yang diakibatkan perubahan hormon, namun gejala ini akan membaik setelah siklus menstruasi dimulai.

• Tanda Hamil Tanda hamil selanjutnya adalah sembelit yang diakibatkan karena pergerakan usus yang lambat. Gejala konstipasi ini umumnya terjadi sampai trimester kedua.

9. Sakit Kepala Perbedaan tanda hamil dan haid adalah beda sakit kepalanya. Wanita yang akan haid mengalami sakit kepala ringan sebelum siklus menstruasi dimulai, namun umumnya sakit kepalanya bukan gejala berat dan dapat segera sembuh.

Sementara wanita hamil mengalami gejala sakit kepala sampai gejala migrain di awal kehamilan karena perubahan hormon. 10. Sakit Punggung Baik wanita yang akan haid dan calon ibu sama-sama mengeluhkan sakit punggung, namun terdapat perbedaan tanda haid dan tanda hamil. • Tanda Haid Tanda haid yang paling umum adalah nyeri punggung di area bawah punggung hingga terasa pegal sampai ke betis. Nyeri punggung ini umumnya terasa di 2 hari awal haid dan akan membaik saat siklus menstruasi berakhir.

Bila Anda merasakan nyeri punggung mendekati tanggal haid, maka itu hanyalah tanda haid, bukan tanda hamil. • Tanda Hamil Nyeri punggung bukanlah tanda hamil, walaupun beberapa calon ibu mungkin merasakan nyeri punggung.

Nyeri punggung pada ibu hamil terjadi karena kenaikan berat badan di trimester kedua. 11. Waktu Datang Bulan Tanda hamil yang paling signifikan adalah apabila Anda telat datang bulan selama 5-7 hari dari siklus menstruasi normal Anda setelah Anda melakukan hubungan seksual pada beberapa waktu sebelumnya.

Walaupun demikian, telat haid dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, bukan semata-mata tanda hamil, yaitu: • Faktor berat badan. • Sindrom ovarium polikistik. • Kondisi penyakit tertentu seperti penyakit tiroid atau diabetes. • Anda mengganti kontrasepsi atau jenis pil KB Anda. • Tingkat stres. Anda dapat melakukan tes kehamilan untuk memastikannya apakah yang Anda alami adalah tanda hamil atau hanya sekadar tanda haid.

Nah, itulah pembahasan tentang perbedaan tanda haid dan tanda hamil. Semoga informasi kesehatan ini berguna untuk memastikan mana yang tanda haid dan mana yang tanda hamil. • Conrad Stöppler, Melissa MD. 2019. PMS vs. Pregnancy: How to Tell the Difference. https://www.medicinenet.com/pms_vs_pregnancy_differences_and_similarities/article.htm.(Diakses pada 2 November 2019).

• Feintuch, Stacey. 2015. PMS Symptoms vs. Pregnancy Symptoms. https://www.healthline.com/health/womens-health/pms-symptoms-vs-pregnancy-symptoms#breast-pain. (Diakses pada 2 November 2019). • Leonard, Jayne. 2018. How to tell the difference between PMS and pregnancy symptoms. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323122.php. (Diakses pada 2 November 2019).

Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia perbedaan telat haid karena hormon dan hamil Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,
Daftar Isi • Penyebab Terlambat Haid • Perbedaan Telat Haid karena Hormon dan Hamil • Bagaimana Cara Mengatasi Telat Haid tapi Bukan Hamil?

• Kesimpulan Penyebab Terlambat Haid Umumnya, siklus haid wanita masing-masing berbeda. Namun, normalnya siklus menstruasi wanita adalah 21 – 35 hari terhitung dari hari terakhir menstruasi dengan tanggal menstruasi berikutnya. Bagi beberapa wanita, terlambat haid merupakan tanda awal kehamilan namun nyatanya terlambat hamil bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon.

Tidak bisa dianggap sepele, nyatanya ketidakseimbangan hormon bisa memicu kondisi medis tertentu. Hal tersebut yang menyebabkan seorang wanita mengalami terlambat menstruasi. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita mengalami terlambat menstruasi.

1. Stres Stres bisa menjadi salah satu penyebab seorang wanita terlambat haid. Stres dapat memengaruhi produksi hormon gonadotropin dan kinerja hipotalamus. Hipotalamus sendiri merupakan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi. Hal ini yang membuat siklus menstruasi Anda terhambat.

2. Kelebihan atau kekurang berat badan Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seorang wanita terlambat menstruasi. Kelebihan berat badan dapat memicu perubahan hormon pada wanita. Sebaliknya, jika Anda mengalami kekurangan berat badan atau berat badan terlalu rendah dapat membuat fungsi tubuh akan terganggu.

Hal ini yang menyebabkan ovulasi akan terhenti sehingga membuat seorang wanita mengalami terlambat haid. 3. Faktor gaya hidup Faktor lain yang bisa menyebabkan siklus menstruasi terganggu adalah faktor gaya hidup salah satunya kebiasaan merokok.

Seperti yang diketahui, merokok merupakan kebiasaan yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini lantaran, zat-zat berbahaya yang terdapat pada rokok bisa memengaruhi hormon estrogen dan progesterone pada wanita. Dua hormon tersebut berperan pada siklus menstruasi wanita. 4. Kondisi medis tertentu Terlambat haid bisa disebabkan oleh adanya kondisi medis tertentu pada wanita.

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan siklus menstruasi terganggu, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan tiroid, hingga penyakit kronis.

5. Ibu menyusui Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan Anda tengah berada pada masa menyusui. Pasalnya, pada saat masa menyusui, produksi hormon prolaktin akan meningkat sehingga dapat memengaruhi kinerja hormon lain, yakni hormon estrogen dan progesteron, yang berperan pada proses menstruasi.

Perbedaan Telat Haid karena Hormon dan Hamil Selain disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, terlambat menstruasi juga bisa menjadi sebuah tanda awal kehamilan. Hal ini merupakan gejala umum kehamilan. Namun, Anda harus tahu bagaimana perbedaan telat haid karena hormon dan haid. 1. Kram perut Jika Anda mengalami terlambat menstruasi yang disertai dengan kram perut, hal ini bisa menandakan sebagai tanda awal kehamilan. Gejala kram perut hampir menyerupai gejala premenstruasi namun bedanya jika kram perut menstruasi akan terasa pada bagian perut bawah atau punggung.

Selain itu, kram perut tanda kehamilan akan berlangsung pada minggu pertama hingga keempat pasca pembuahan. 2. Perubahan puting payudara Jika Anda mengalami terlambat haid disertai dengan nyeri payudara bisa jadi ini merupakan gejala awal kehamilan. Meski gejala ini juga bisa menjadi tanda awal menstruasi, yang membedakan adalah berapa lama nyeri payudara berlangsung.

Biasanya, nyeri payudara yang menandakan tanda awal kehamilan berlangsung lebih lama. Gejala perbedaan telat haid karena hormon dan hamil kehamilan juga disertai dengan ukuran payudara yang membesar serta lebih sensitif. 3. Frekuensi buang air kecil meningkat Salah satu yang membedakan antara terlambat haid karena hormon dan hamil adalah frekuensi buang air kecil meningkat. Hal ini lantaran ginjal perlu memproses lebih banyak cairan sehingga cairan di kantung kemih penuh. Namun jika Anda terlambat menstruasi karena hormon maka kemungkian besar Anda tidak akan mengalami hal ini.

4. Perubahan lendir serviks Pada wanita hamil, lendir serviks memiliki tekstur yang lebih kental. Hal ini biasanya terjadi pasca pembuahan hingga selama masa kehamilan. Namun jika Anda tidak mengalaminya maka Anda hanya mengalami terlambat haid karena ketidakseimbangan hormon. 5. Peningkatan suhu basal tubuh Umumnya, jika seorang wanita terlambat menstruasi disertai dengan peningakatan suhu basal tubuh maka bisa ini merupakan tanda awal kehamilan.

Suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh pada saat dalam keadaan tidur atau istirahat. Pada wanita hamil, tanda ini bisa berlangsung selama beberapa bulan. Sementara itu, jika Anda hanya mengalami terlambat menstruasi karena hormon maka Anda tidak akan mengalami hal ini. Suhu basal tubuh akan naik ketika Anda melakukan kegiatan yang memerlukan banyak energi seperti olahraga atau kondisi cuaca yang panas. Meningkatnya suhu basal tubuh tidak akan berlangsung lama perbedaan telat haid karena hormon dan hamil dapat berlangsung cepat sehingga suhu tubuh normal kembali.

Selain itu, hal yang paling umum terjadi pada wanita hamil selain terlambat menstruasi adalah mual di pagi hari, badan lemas, hingga pusing. Jika Anda merasakan hal-hal tersebut, maka Anda dapat melakukan pengecekan lewat alat tes pack setelah 7 hari terlambat menstruasi. Bagaimana Cara Mengatasi Telat Haid tapi Bukan Hamil? Seperti yang sudah dijelaskan di atas terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita mengalami terlambat menstruasi, seperti stres, kelebihan dan kekurangan berat badan, gaya hidup, hingga kondisi medis tertentu.

Perlu diperhatikan, terlambat menstruasi karena ketidakseimbangan hormon jangan dianggap sepele. Pasalnya, jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan benar maka bisa menjadi masalah infertilitas. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Tidur yang cukup Memiliki jam tidur yang cukup dapat membuat siklus menstruasi normal kembali.

Jam tidur yang normal untuk orang dewasa adalah 7 – 9 jam perhari. Kualitas tidur sangat mempengaruhi kondisi hormon di dalam tubuh. Hindari stres berlebihan Hindari stres berlebihan, sebab stres dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur. Yoga perbedaan telat haid karena hormon dan hamil meditasi bisa menjadi pilihan terbaik untuk kelola pikiran stres. Ganti alat kontrasepsi Banyak dari para wanita mengalami siklus menstruasi tidak teratur karena alat kotrasepsi seperti pil KB. Hal ini dapat diatasi dengan mengganti alat kontrasepsi.

Jika bingung untuk menentukan alat kontrasepsi, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Pola hidup sehat Pola hidup sehat dengan olahraga serta makan makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin dapat membantu siklus menstruasi menjadi normal kembali. Pola hidup sehat juga dilengkapi dengan olahraga. Jaga berat badan Obesitas menjadi salah satu penyebab siklus menstruasi menjadi tidak normal. Cara mengatasinya, jaga berat badan agar tetap ideal. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan tidak melakukan diet yang berlebihan.

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami. Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah. • Ozimek, Noelle; Velez, Karen; Anvari, Hannah. Impact of Stress on Menstrual Cyclicity During the Coronavirus Disease 2019 Pandemic: A Survey Study.

Journal of Women’s HealthVol. 31, No. 1. • Leon, Lorena I Rasquin; Anastasopoulou, Catherine; Mayrin, Jane V. Polycystic Ovarian Disease. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan. • Underweight. (2019). • Hinkle, Stefanie N; Mumford,Sunni L; Grantz, Perbedaan telat haid karena hormon dan hamil L. Association of Nausea and Vomiting During Pregnancy With Pregnancy Loss A Secondary Analysis of a Randomized Clinical Trial.

JAMA Intern Med. 2016;176(11):1621-1627. • Krishnan, Sridevi; Tryon, Rebecca; Welch, Lucas C. M enstrual cycle hormones, food intake, and cravings. The FASEB JournalVolume 30, Issue S1 p. 418.6-418.6. Artikel Terkait: • 4 Ciri-Ciri Mual Hamil yang Harus Anda Ketahui • 5 Minuman Untuk Menghilangkan Nyeri Haid dan yang… • Pengaruh dan Fungsi Hormon Testosteron pada… • Pengaruh Hormon Perbedaan telat haid karena hormon dan hamil pada Kesuburan Pria dan Wanita • Fungsi Penting Hormon Androgen Pada Tubuh Pria dan Wanita • Peran Penting Hormon Beta-hCG Pada Terapi Mencapai Kehamilan • Histerektomi, Kenapa dan Kapan Harus Dilakukan?

• Waspadalah! Nyeri Haid yang Tidak Wajar Bisa… • #RAMADAN • #COVID-19 • Community • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Perbedaan telat haid dengan hamil bisa mirip.

Beberapa orang tidak sadar dirinya hamil karena tandanya mirip seperti PMS (sindrom pra-menstruasi). Dikutip dari E-Medicine Health, bukan tidak mungkin gejala awal kehamilan bisa mirip dengan yang dialami oleh perempuan sesaat mengalami menstruasi. Namun, ada beberapa ciri yang bisa dikenali agar kita tidak salah dalam membedakannya. Misalnya, keluarnya perbedaan telat haid karena hormon dan hamil seperti menstruasi sebenarnya tidak terjadi pada masa kehamilan. Meskipun banyak perempuan juga mengalami pendarahan ringan selama minggu-minggu pertama kehamilan mereka.

Gejala hamil yang mirip dengan PMS lainnya termasuk pembengkakan payudara, pembesaran, nyeri, dan badan mengalami ketidaknyamanan. Namun, gejala awal kehamilan seperti mual dan muntah tidak umum terjadi pada PMS. Agar Mama lebih tahu dan tidak salah, berikut Popmama.com rangkum perbedaan telat haid dengan hamil yang bisa mirip dengan PMS.

Freepik/diana.grytsku Sindrom pramenstruasi (PMS) adalah serangkaian gejala yang terjadi sebelum periode menstruasi. Gejala PMS bisa dimulai dalam dua minggu sebelum timbulnya perdarahan menstruasi. Sementara itu, ada beberapa orang yang mengalami gangguan dysphoric pramenstruasi (PMDD). PMDD adalah bentuk PMS parah yang terjadi pada sejumlah kecil perempuan. Mereka memiliki gejala fisik yang parah, misalnya sulit bergerak hingga pingsan.

Freepik/jcomp Apakah hanya mengalami PMS atau benar-benar hamil? Ini adalah pertanyaan umum bagi banyak perempuan karena tanda-tanda dan gejala tertentu dari awal kehamilan mirip dengan PMS.

Namun, kita dapat membedakannya dengan mudah kok. Berikut adalah telat haid dengan hamil yang mirip: • Kenaikan berat badan. • Payudara membesar, bengkak, dan menyakitkan, atau lembut. • Sakit kepala. • Kelelahan. • Kram perut ringan.

• Sakit punggung. • Perubahan suasana hati atau gejala emosional, misalnya sering menangis, cemas, insomnia atau gangguan tidur lainnya, mengidam makanan, gampang marah, lebih sensitif, dan merasa depresi. Freepik/freepik Perbedaan telat haid dengan hamil yang berbeda juga bisa dikenali. Berikut adalah ciri-cirinya yang bisa kita bedakan sendiri, meskipun beberapanya tidak spesifik.

Pendarahan menstruasi, berbeda dari yang dialami oleh beberapa perempuan di awal kehamilan. Pendarahan awal kehamilan jarang seberat atau panjang layaknya haid. Sebagian besar pendarahan pada kehamilan lebih ringan dengan warna kecoklatan. Bahkan pendarahan awal kehamilan biasanya hanya bercak saja. Pendarahan ini biasanya terjadi sekitar waktu periode menstruasi yang diharapkan. Sehingga mungkin membingungkan bagi beberapa perempuan untuk membedakannya. Kram PMS biasanya lebih parah daripada kram yang dialami wanita di awal kehamilan.

Sementara itu tanda lain seperti mual dan muntah biasanya hanya terjadi saat perempuan positif hamil. Beberapa perempuan yang mengalami PMS mengidam makanan atau tidak suka makanan. Namun, gejala ini lebih sering terjadi pada perempuan hamil. Keputihan berwarna putih susu dan penggelapan puting (area areola) adalah tanda-tanda awal kehamilan yang tidak terjadi pada perempuan yang mengalami PMS. Lalu, gejala PMS lainnya yang tidak terjadi pada awal kehamilan meliputi jerawat hormon, nyeri sendi.

Untuk sebagian besar perempuan, gejala PMS dapat diprediksi. Namun, untuk perempuan lainnya bisa terjadi secara berkala terkait dengan waktu siklus menstruasi. freepik.com/jcomp Penjelasan di atas kita bisa membedakan perbedaan telat haid dengan hamil. Kemudian ada pertanyaan lain, bisakah kita hamil tapi mengalami menstruasi? Dikutip E-Medicine Health, perempuan hamil tidak akan mengeluarkan darah menstruasi.

Sebab, menstruasi adalah peluruhan lapisan rahim untuk persiapan siklus menstruasi baru. Hal ini tidak terjadi pada kehamilan. Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya, banyak perempuan yang memiliki perdarahan selama minggu-minggu awal kehamilan misalnya pendarahan implantasi.

Perdarahan jenis ini sering keliru dan dikira menstruasi. Bedanya, biasanya hanya berupa flek dan perdarahannya lebih ringan. Tes kehamilan adalah cara terbaik dan satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah kita hamil atau tidak. Itulah tadi perbedaan telat haid dengan hamil yang bisa mirip dengan gejala PMS.

Semoga dengan informasi ini kita bisa lebih tahu perbedaan keduanya ya, Ma. Jangan salah! Baca juga: • Tak Selalu Tanda Hamil, Ini 7 Penyebab Lain Haid Telat dan Tak Teratur • Tanda Hamil Muda yang Paling Banyak Dirasakan Perempuan • Jangan Salah, Ini Bedanya Nyeri Payudara akibat PMS dan Tanda Hamil!
Kenapa tanda hamil dan haid bisa mirip? Tanda hamil dan haid memang mirip karena keduanya mulai dari proses yang sama, yaitu ovulasi. Mengutip dari Mayo Clinic, ovulasi adalah periode waktu ketika indung telur (ovarium) melepaskan sel-sel telur matang yang siap sperma buahi.

Masa ovulasi (masa subur) merupakan proses alami wanita dewasa yang sehat setiap bulannya. Umumnya, masa ovulasi terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum menstruasi.

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Proses produksi dan pelepasan sel telurbagian otak bernama hipotalamus mengatur masa ovulasi. Setelah ovarium memproduksi sel telur, tubuh akan mulai melepaskan enzim khusus yang bertugas membentuk lubang. Lubang ini berfungsi agar memudahkan sel telur turun ke rahim melewati tuba falopi (saluran indung telur). Sel telur rata-rata dapat bertahan hidup sampai 72 jam setelah tubuh lepaskan.

Bila Anda berhubungan seks dalam 72 jam setelah ovulasi, besar peluangnya untuk terjadi kehamilan .

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Alasannya, dalam rentang waktu tersebut sel telur bisa berhasil bertemu sperma dan terjadi pembuahan. Proses pembuahan terjadi di tuba falopi dan berlangsung sekitar 24 hingga 48 jam setelah berhubungan seksual.

Namun, jika tidak ada sperma yang masuk untuk membuahi, sel telur akan mati dan luruh dalam rahim dan vagina mengeluarkan darah pertanda haid.

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Cara membedakan tanda hamil atau haid Membedakan tanda hamil atau haid sebetulnya tidak terlalu susah. Namun, tidak semuanya tahu tanda haid atau hamil dengan benar dan tepat. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa perbedaan antara tanda hamil atau haid berikut ini.

1. Perbedaan nyeri payudara Ciri-ciri hamil atau haid umumnya sama-sama membuat payudara bengkak dan terasa nyeri. Saat menyentuhnya, Anda akan menyadari bahwa payudara terasa, berat, padat, atau keras. Selain nyeri payudarabeberapa wanita juga bisa mengalami nyeri sampai ke sekitar puting susu. Penyebab nyeri payudara adalah peningkatan hormon progesteron dalam tubuh untuk mempersiapkan pembuahan.

Berikut adalah perbedaan tanda kehamilan dengan tanda akan menstruasi dari nyeri payudaranya Tanda hamil Nyeri payudara tanda hamil bukan haid biasanya berlangsung selama 1 atau 2 minggu setelah Anda mengalami pembuahan. Mengutip dari Cleveland Clinic, payudara terasa bengkak akan terasa bisa Anda rasakan terus sepanjang masa kehamilan dan baru berhenti setelah melahirkan.

Tanda haid Sebaliknya, nyeri payudara tanda haid bukan hamil hanya berlangsung sebentar atau selama haid saja. Payudara bengkak sebagai tanda haid adalah pertama kali muncul di 1-2 hari sebelum Anda haid, dan berhenti saat hari pertama menstruasi.

2. Perbedaan kram perut Persamaan tanda hamil atau haid yang paling umum adalah kram perut. Sebagian besar wanita mengalami kram perut ketika akan menstruasi atau selama masa kehamilan. Namun, tidak berarti bahwa tanda kram yang terjadi saat menstruasi atau hamil itu sama, perhatikan lokasi dan intensitas rasa sakitnya. Tanda hamil Penyebab kram perut sebagai tanda hamil adalah proses implantasi embrio atau zigot.

Ini sebabnya rasa sakit cenderung terpusat pada satu sisi dan seolah seperti kulit tercubit. Sebagai contoh, jika telur sudah terbuahi oleh sperma dan menempel di sisi kanan rahim, kram akan lebih terasa pada sisi itu bukan di sebelah kiri. Kram atau nyeri perut tanda hamil juga cenderung sembuh lebih cepat. Biasanya kram saat hamil ini mulai terasa segera setelah ovulasi dan akan mereda dalam hitungan jam. Tanda mau haid Sementara itu, perbedaan kram perut sebagai tanda mau haid adalah penyebabnya karena otot rahim yang menegang.

Hal ini membuat sakitnya terpusat di bagian bawah dan perut rasanya seperti diperas kencang-kencang sesekali. Nyerinya juga umumnya menjalar hingga ke punggung. Jika kram berlangsung dalam satu atau dua hari, Anda mungkin hanya mau haid bukan tanda hamil.

Nyeri tanda haid bisa terus berlanjut sampai hari terakhir menstruasi, tidak seperti nyeri hamil yang lebih panjang. 3. Beda flek darah yang perbedaan telat haid karena hormon dan hamil Kram perut tanda hamil umumnya juga bersamaan dengan kemunculan bercak darah atau perdarahan implantasi .

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Namun sayang, tanda hamil ini sering dikira sebagai flek atau bercak haid hari pertama. Beda flek darah hamil dan haid terletak pada volume darah yang keluar. Tanda hamil Flek yang menjadi tanda hamil umumnya muncul hanya 1 atau 2 tetes, tidak banyak seperti haid.

Darah flek tanda hamil yang keluar juga bukan merah darah seperti haid, tetapi cenderung merah muda terang atau kekuningan. Perdarahan atau flek tanda hamil bisa terjadi kapan saja dalam 10-14 hari setelah pembuahan, dan berlangsung 1-2 hari saja dan tidak akan terjadi lebih dari 5 atau 7 hari.

Jika perdarahan ini terjadi terus lebih dari rentang waktu tersebut, tandanya ada yang tidak normal dengan kesehatan Anda. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, sekaligus bertanya lebih dalam mengenai perbedaan tanda kehamilan dengan tanda akan menstruasi.

Tanda mau haid Berbeda dengan hamil, haid tidak akan membuat Anda mengalami tanda flek atau bercak. Hal ini yang sangat membedakan tanda hamil dengan gejala PMS. Perdarahan baru akan keluar setelah menstruasi mulai, bukan sebelumnya. Anda menstruasi jika aliran darahnya terasa lebih deras dan berlangsung sampai seminggu.

Warna darah haid juga cenderung kental dan berwarna merah tua atau cokelat gelap, berbeda dengan kondisi bercak tanda hamil. Selain berbeda warna, darah tanda haid ini juga sering bersamaan dengan gumpalan darah, tidak seperti flek hamil. 4. Perbedaan telat haid karena hormon dan hamil durasi ngidam Nafsu makan yang lebih tinggi dan keinginan makan sesuatu yang spesifik juga bisa membingungkan wanita, apakah ini tanda hamil atau haid? Perubahan selera makan sebagai tanda hamil atau menstruasi ini terjadi karena tubuh Anda sedang mengalami kenaikan hormon.

Namun, jika masih kurang yakin apakah ini tanda hamil atau menstruasi, perhatikan yang Anda makan beberapa hari belakangan. Tanda hamil Ngidam sebagai tanda hamil, lebih ke perubahan selera makan yang sangat spesifik atau tidak biasa, misalnya, tiba-tiba ingin minum jus nangka, gulai tutut, atau sate bebek. Padahal, sebelumya tidak pernah makan atau tidak menyukainya. Selain itu, Anda merasa ngidam tersebut harus segera terpenuhi. Ngidam tanda hamil juga membuat Anda jadi tidak tertarik atau berminat lagi dengan makanan favorit selama ini, tidak seperti ngidam saat menstruasi.

Mungkin tadinya Anda suka dengan telur asin, tapi malah justru membencinya saat hamil karena membuat perut mual. Tanda mau haid Sementara, ngidam makan makanan yang cenderung manis atau asin seperti cokelat, keripik kentang, atau gorengan, kemungkinan besar adalah tanda menstruasi bukan hamil. Ngidam tanda haid ini cenderung membuat Anda ingin makan cokelat atau kue di hari ini. Namun, keesokan harinya Anda ingin makan yang asin-asin dan gurih. Satu lagi perbedaan antara tanda hamil atau haid adalah durasi waktu.

Ngidam atau nafsu makanan yang meningkat karena datang bulan biasanya hanya sebentar. Setelah menstruasi muncul, rasa ngidam pun hilang. 6. Perbedaan mual dan muntah Beberapa wanita melaporkan mual perbedaan telat haid karena hormon dan hamil muntah di pagi hari sebelum akhirnya dinyatakan positif hamil. Sementara yang lainnya juga mengalami hal yang sama saat jadwal menstruasi sudah dekat.

Jadi, ini tanda hamil atau haid? Tanda hamil Mual atau muntah saat pagi hari ( morning sickness ) lebih mengarah pada tanda hamil yang paling klasik dan tidak terbantahkan ketimbang menstruasi. Morning sickness biasanya sudah mulai sejak sebulan setelah pembuahan sampai sebelum minggu ke-9 kehamilan.

Ibu hamil di trimester keduatanda mual atau muntah ini pelan-pelan mereda. Namun, ada juga ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness sama sekali. Tanda mau haid Haid jarang membuat Anda mual atau muntah, sebaliknya ini lebih sering terjadi sebagai tanda hamil.

Namun, gejala PMS terkadang dapat membuat pencernaan terasa tidak nyaman, seperti mual, kembung, dan diare. 7.

Beda sakit punggungnya Baik tanda hamil atau haid sama-sama memunculkan sakit punggung. Untuk membedakannya lebih jelas, bedakan dari kapan waktu dimulainya dan berapa lama nyeri terjadi. Tanda hamil Tidak sedikit memang dari calon ibu yang mengeluhkan sakit punggung selama hamil. Namun, sakit punggung bukan termasuk tanda-tanda hamil muda.

Mengutip dari American College Obstetric and Gynecologist (ACOG). Nyeri punggung sebagai tanda hamil biasanya terasa saat perut sudah membesar dan hilang setelah bayi lahir.

Sakit punggung ini terjadi ketika janin semakin membesar dan mendorong punggung serta pinggul ibu. Tanda mau haid Sakit punggung adalah salah satu gejala atau tanda yang lebih umum mengarah pada menstruasi bukan hamil muda. Rasa nyerinya terpusat di area punggung bawah dan terasa berdenyut tumpul atau terasa pegal yang menjalar sampai betis.

Jika punggung mulai terasa nyeri dan pegal mendekati jadwal haid biasanya, kemungkinan terbesarnya itu pertanda mau menstruasi. 8. Perbedaan rasa lemas tanda hamil dan haid Menjelang haid tiba, tubuh akan terasa lebih lelah dari biasanya. hal tersebut juga dapat Anda rasakan saat awal kehamilan. Cepat capek dan gampang lemas saat haid atau hamil ini terjadi akibat peningkatan hormon progesteron.

Untuk membedakan mana tanda hamil atau menstruasi, harus melihat seberapa lama lelah yang Anda rasakan.

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Tanda hamil Kelelahan persisten atau terjadi dalam jangka panjang merupakan tanda yang lebih mengarah pada hamil bukan menstruasi. Bahkan bisa terus terjadi sepanjang masa kehamilan sampai akhirnya melahirkan. Ibu hamil mengalami kelelahan luar biasa walaupun baru masuk trimester pertama kehamilan. Perbedaan telat haid karena hormon dan hamil haid Kelelahan atau capek tanda menstruasi biasanya akan segera hilang begitu darah keluar dan rasanya lebih ringan daripada yang ibu hamil rasakan.

Untuk mengatasi kecapekan tanda menstruasi, istirahat yang cukup dan atur pola makan Anda dengan baik menjelang haid. 9. Perbedaan mood swing tanda hamil dan haid Perubahan mood secara drastis bisa jadi tanda hamil atau haid.

Keduanya memang sama-sama bisa membuat mood Anda gampang berubah. Anda mungkin jadi lebih mudah tersinggung, kesal, marah, hingga sering menangis daripada sebelumnya. Perbedaan perubahan mood tanda hamil atau haid, bisa Anda cek pada penjelasan berikut. Tanda hamil Mengutip dari American Pregnancy Association (APA), penyebab perubahan suasana hati adalah kadar hormon estrogen dan progesteron yang yang naik turun. Mood atau suasana hati sebagai tanda hamil ini dapat terjadi dalam waktu yang lama.

Bahkan mungkin baru benar-benar mereda setelah melahirkan. Tanda mau haid Mood swing atau perubahan mood akibat haid bukan tanda hamil biasanya tidak berlangsung lama dan akan segera hilang. Umumnya, perubahan suasana hati ini dirasakan beberapa hari menjelang haid dan di hari pertama haid.

10. Terlambat menstruasi Telat haid menjadi pertanda hamil yang paling utama. Di sisi lain, terlambat menstruasi juga bisa terjadi karena hal-hal lainnya di luar kehamilan.

Jadi bagaimana membedakan mana telat menstruasi yang jadi tanda hamil atau haid? Tanda hamil Telat menstruasi minimal 1 hingga 2 minggu dari tanggal yang seharusnya, bersamaan dengan ciri hamil lain.

Apalagi jika jadwal menstruasi Anda teratur, tidak pernah terlambat, sehingga lebih mudah untuk mengenali bahwa sedang hamil atau tidak. Tanda haid Umumnya terlambat haid bisa terjadi setelah 5 hari atau lebih tidak haid sejak tanggal seharusnya dan tidak bersamaan dengan ciri hamil lain.

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Penyebab terlambat haid tapi tidak hamil adalah stres yang berkelanjutanpenyakit, efek obat, penurunan berat badan yang ekstrem, atau perubahan pola makan. Telat menstruasi bukan tanda pasti bahwa Anda benar-benar hamil, terlebih jika siklus menstruasi tidak teratur.

Cara memastikan positif hamil Jika curiga hamil, segera cek dengan test pack. Tujuannya, untuk memastikan bahwa tanda-tanda yang Anda alami adalah tanda hamil bukan menstruasi atau kondisi lain. Anda bisa membeli test pack di apotek, toko obat, atau swalayan terdekat tanpa resep dokter. Hasil test pack umumnya cukup akurat, sekitar 97-99 persen. Namun, kehamilan baru dapat terdeteksi oleh alat setidaknya 10 hari setelah telat haid .

perbedaan telat haid karena hormon dan hamil

Pada alat tesnya, nanti akan muncul garis yang menunjukkan Anda hamil atau tidak. Selain mengetahui tanda-tanda hamil, biasakan untuk mencatat jadwal menstruasi setiap bulan untuk mengetahui polanya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui penyebab dan mengantisipasinya jika memang terlambat. Anda juga bisa konsultasi dokter kandungan untuk memastikan hamil atau tidak.

Terutama bila Anda memiliki siklus menstruasi tidak teratur dan sulit membedakan tanda hamil dan haid. Memiliki kisah dan pengalaman kehamilan yang menarik dan inspiratif? Mari berbagi cerita bersama para orang tua lain di sini Am I Pregnant? Early Symptoms of Pregnancy & When To Perbedaan telat haid karena hormon dan hamil.

(2021). Retrieved 16 December 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9709-pregnancy-am-i-pregnant PMS vs. Pregnancy: How to Tell the Difference.

(2021). Retrieved 16 December 2021, from https://www.medicinenet.com/pms_vs_pregnancy_differences_and_similarities/article.htm PMS vs. Pregnancy Symptoms & Signs. (2021). Retrieved 16 December 2021, from https://www.emedicinehealth.com/pms_vs_pregnancy_symptoms_and_signs/article_em.htm All About Periods (for Teens) – Nemours KidsHealth.

(2021). Retrieved 16 December 2021, from https://kidshealth.org/en/teens/menstruation.html Mood Swings During Pregnancy. (2019). Retrieved 17 December 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/mood-swings-during-pregnancy/ Back Pain During Pregnancy. (2021). Retrieved 17 December 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/back-pain-during-pregnancy
Terkadang Ibu yang sedang melakukan program hamil sering mengalami kebingungan saat akan memasuki masa haid ataupun masa hamil.

Adanya kesamaan tanda sering membuat Ibu menjadi bingung, apakah pada saat tersebut masih dalam proses masuk haid ataukah sudah mengalami tanda awal kehamilan. Oleh karenanya, kita perlu membahas contoh perbedaan haid dan hamil, agar Ibu bisa memahami tanda-tanda tersebut.

1. Perdarahan Pada saat menstruasi akan terjadi pengeluaran darah secara rutin dengan siklus tertentu pada tiap orang. Normalnya siklus secara umum sekitar 28 hari. Darah menstruasi terjadi dikarenakan masa subur rahim telah habis (akibat tidak terjadi pebuahan), sehingga terjadi peluruhan dari dinding-dinding rahim menjadi gumpalan darah yang dikenal sebagai darah haid.

Umumnya secara normal darah haid akan berlangsung selama kurang lebih 1 minggu. Selain perdarahan pada masa menstruasi, ternyata juga terdapat perdarahan kecil yang terjadi pada masa awal kehamilan. Darah tanda kehamilan ini terjadi karena proses penanaman janin (hasil pembuahan antara sel sperma dengan sel telur), dimana calon janin akan ditanam ke dinding rahim, sehingga dapat muncul bercak darah.

Pada rahim inilah kemudian terjadi perkembangan janin. Bercak darah biasanya berlangsng sekitar 2 minggu. Oleh karenanya, pada saat hari pertama bercak darah inilah yang disebut “Hari pertama haid terakhir” yang sering digunakan menjadi patokan menghitung usia kehamilan.

2. Nyeri pada payudara Contoh perbedaan haid dan hamil biasanya dilihat pada saat menjelang haid, wanita akan sering merasa bagian payudaranya terasa nyeri. Disisi lain biasanya menjadi lebih sensitif dan terasa lebih kencang dari biasanya.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon reproduksi pada saat masa subur hingga terjadinya haid, dimana hormon tersebut mempengaruhi payudara.

Ternyata banyak juga Ibu yang baru mengalami awal kehamilan juga merasakan nyeri pada payudara disertai rasa payudara seperti mengeras. Hal ini juga terjadi karena adanya pengaruh hormon perbedaan telat haid karena hormon dan hamil yang berubah pada saat teradinya kehamilan. Oleh karenanya, nyeri payudara juga termasuk ciri-ciri orang hamil. 3. Ngidam Sebernanya terdapat sedikit perbedaan antara keinginan perempuan yang memasuki masa haid dengan perempuan pada masa awal kehamilan.

Secara umum, perbedaan telat haid karena hormon dan hamil yang memasuki masa haid akan mengalami peningkatan metabolisme dikarenakan proses perubahan hormon. Perempuan cenderung akan mudah mengalami lapar dan perasaannya ingin makan terus. Pada masa haid biasanya perempuan akan banyak menginginkan suatu makanan atau minuman.

Sedangkan untuk perempuan yang sedang mengalami awal kehamilan cenderung hampir berlawanan keinginannya atau makanan yang diinginkan. Biasanya pada Ibu yang sedang hamil muda hanya menginginkan satu jenis makanan tertentu (berbeda dengan perempuan haid, yang cenderung banyank). Keinginannya tersebut cenderung harus dipenuhi, karena biasanya berpengaruh dengan mood Ibu hamil.

Disisi lain, pada masa mengidam juga ada sesuatu yang tidak dinginkan Ibu hamil muda, entah apapun bentuknya yang dianggap mengganggu penglihatan, penciuman, atau rasanya, maka harus disingkirkan. Pada intinya Ibu hamil biasanya sangat menginginkan sesuatu atau malah membenci sesuatu, dan umumnya hal tersebut kita anggap aneh karena berbeda dengan ketika sebelum hamil.

4. Kram perut Pada wanita haid biasanya juga mengeluh mengalami kram perut, dan juga berbagai tanda-tanda dismenorea lainnya yang mengikuti. Kram perut pada masa haid dikarenakan terjadinya proses peluruhan dari dinding rahim yang telah melewati masa subur menuju masa tidak subur.

Perubahan dinding rahim tersebut termasuk dalam hal normal dalam perjalanan siklus haid. Kadang kram perut ini juga diperberat dengan gejala-gejala dismenorea yang bahkan bisa mengganggu mood perempuan saat hamil.

Selain pada perempuan haid, ternyata Ibu hamil juga biasanya mengaku mengalami sakit perut saat hamil muda. Dikatakan bahwa hal ini juga t anda kehamilan, karena terjadi karena proses penanaman atau penanaman janin pada dinding rahim disertai semakin bertumbuhnya janin, hingga menimbulkan rasa kram pada perut.

Kram yang terjadi pada Ibu hamil biasanya lebih lama. 5. Kelelahan dan perubahan suasana hati Contoh perbedaan haid dan hamil lainnya misalnya pada perempuan yang sedang memasuki masa haid, biasanya akan merasa mudah mengalami lelah. Hal ini dikarenakan pengaruh peningkatan metabolisme yang salalu harus dipenuhi dengan asupan.

Disisi lain, pada masa haid perempuan juga mengalami ketidak stabilan suasana perasaan dan cenderung mudah menjadi marah. Hal ini membuat pikiran juga menjadi cepat lelah dan perlu ditenangkan. Disisi lain, kadang akibat rasa tidak nyaman karena keluarnya darah disertai kram perut membuat tidak fokus dalam aktivitas, sehingga mudah lelah.

Sedangkan pada perempuan yang hamil, keluhan rasa lelah juga dapat dirasakan oleh beberapa orang. Penyebab kelelahan diduga karena adanya pengaruh akibat perubahan sistem hormon saat memasuki masa kehamilan. Disisi lain, semakin bertumbuh dan berkembangnya janin, maka kebutuhan nutrisi juga semakin banyak. Kita tahu kebutuhan janin dipenuhi dengan cara mengambil cadangan nutrisi Ibu hamil.

Sehingga bila asupan Ibu tidak cukup, maka akan terjadi kekurangan nutrisi, janin lambat berkembang, dan Ibu dapat mengalami mudah lelah bila terlah terjadi kekurangan beberapa nutrisi, misalnya dampak anemia.

Selain itu ada banyak bahaya kelelahan pada Ibu hamil yang sebaiknya dihindari.

TANDA AWAL KEHAMILAN SEBELUM TELAT DATANG BULAN/HAID




2022 www.videocon.com