Barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Doa Pengantin Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika – Menikah merupakan salah satu ibadah sunnah dalam agama Islam. Sepasang kekasih laki-laki dan perempuan melalui ibadah ini mengikat janji untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Tujuan utama pernikahan antara lain yaitu berjuang bersama untuk menggapai ridho Allah Ta’ala serta untuk melestarikan keturunan dan kehidupan.

Telah menjadi budaya bahwa masyarakat kita dalam setiap acara resepsi pernikahan seringkali membawa hadiah kepada pengantin baru. Ada kado yang berwujud barang yang sederhana, ada pula kado mewah yang bernilai tinggi. Namun demikian, kado yang paling pengantin baru kehendaki adalah doa.

Maka dari itu, berikut bacaan doa untuk pengantin lengkap dengan teks Arab Latin sesuai sunnah Rasul yang shahih. Baca juga : Barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya Melupakan Mantan Agar Hati Bisa Move On Doa Pengantin Barakallahu Laka بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir. Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal dan mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan .” (HR.

Abu Dawud, Ahmad, Tirmidzi) Baca juga : 5 Macam Hukum Menikah dalam Kitab Qurrotul Uyun Tujuan Hidup Berkeluarga Agama Islam mempunyai ajaran yang lengkap dan mencakup masalah-masalah dalam keluarga.

Ada sejumlah puluhan ayat dalam Al-Qur’an dan ratusan hadis Nabi Saw. yang berisi petunjuk yang membahas tentang kehidupan berkeluarga. Pembahasan itu mulai dari sebelum pembentukan keluarga, hak-hak dan kewajiban pasangan keluarga hingga masalah kewarisan.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang …” (QS.

Ar- Rum: 21). Baca juga : Kitab Fathul Izar Tentang Tata Cara Hubungan Intim Berdasarkan ayat itu jelas bahwa Islam menginginkan pasangan suami istri senantiasa langgeng dan bahagia dalam menjalani rumah tangga. Selain itu, tentu menjalani keharmonisan antara suami istri dengan cara saling mengasihi dan menyayangi. Buahnya yakni keluarga menjadi damai lahir maupun batin. Lebih jauh, tujuan pokok yang lain dalam perkawinan adalah demi menjaga kelangsungan hidup umat manusia dan memelihara martabat serta kemurnian silsilahnya.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Sedang kelangsungan hidup manusia ini hanya mungkin dengan berlangsungnya keturunan. Rumah tangga yang demikian ini adalah keinginan Islam, yakni rumah tangga sakinah. Hal ini sebagaimana Allah Swt. firmankan dalam surat Ar-Rum ayat 21. Memetik Buah Berumah Tangga Dalam pandangan KH Cholil Nafis (2010: 6-10), ada tiga (3) kata kunci yang Allah sampaikan dalam ayat 21 Surat Ar-Rum.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Kata kunci ini berkaitan dengan kehidupan rumah tangga yang ideal menurut Islam, yaitu sakinah ( as-sakînah), mawadah ( al-mawaddah), dan rahmat ( ar-rahmah). Ulama tafsir Imam Al-Qurtuby menjelaskan bahwa as-sakînah adalah suasana damai yang melingkupi rumah tangga yang bersangkutan; masing-masing pihak menjalankan perintah Allah Swt. dengan selalu tekun, saling menghormati, dan saling toleransi. Baca juga : Jomblo Harus Tahu, Perbedaan Hukum Nikah dalam Pandangan 4 Mazhab Dari suasana as-sakînah tersebut akan muncul rasa saling mengasihi dan menyayangi ( al-mawaddah), sehingga rasa tanggung jawab kedua belah pihak semakin tinggi.

Selanjutnya, para mufasir mengatakan bahwa dari as-sakînah dan al-mawaddah inilah nanti kemudian memunculkan rasa ar-rahmah.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Maknanya yaitu keturunan yang sehat dan penuh berkat dari Allah Ta’ala. Artinya juga sekaligus sebagai pencurahan rasa cinta dan kasih suami istri dan anak-anak mereka. Demikian doa untuk pengantin baru berupa bacaan Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Jamaa Bainakumaa Fii Khoir. Semoga bermafaat.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Wallahu a’lam. (M. Zidni Nafi’) Selain membawa kado, sebagai seorang Muslim dianjurkan untuk berdoa kepada kedua pengantin. Salah satunya adalah barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir. Dalam doa ini berisikan keberkahan dan kebaikan kepada kedua pengantin. Lantas barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya apa?

“Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Karena menikah itu lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan siapa saja yang belum mampu menikah, maka hendaklah dia berpuasa, karena sesuangguhnya puasa itu bisa berfungsi sebagai tameng.” (HR.

Bukhari no. 5066 dan Muslim no. 1400)
• Senin, 9 Mei 2022 • Network • Pikiran Rakyat • Gowapos.com • PR Cirebon • PR Cianjur • PR Tasikmalaya • Pedoman Tangerang • PR Bogor • PR Depok • PR Pangandaran • PR Indramayu • PR Bekasi • PRFM News • Seputar Tangsel • Portal Jember • Ringtimes Banyuwangi • Zona Jakarta • Kabar Besuki • Mantra Sukabumi • Lensa Purbalingga • Zona Banten • Lihat Semua • • • PORTAL PURWOKERTO - Kalimat barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir merupakan sebuah doa yang dipanjatkan untuk para pengantin yang menjalankan prosesi ijab qobul.

Menikah merupakan salah satu sunnah Rasullullah SAW yang disampaikan sebagai penyempurna agama. Adapun tujuan menikah yakni untuk bersama-sama mencapai misi dan visi beribadah di jalan Allah SWT.

Baca Juga: Aa Gym Unggah Doa untuk Penjaga Masjid Al Aqsa dan Palestina Berikut Ini Kalimat barakallahu laka wa baarakaa alaika barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya jamaa bainakumaa fii khoir juga menjadi doa yang disampaikan oleh para keluarga kerabat dan sahabat yang turut berbahagia atas pernikahan sejoli.

Doa ini biasa dipanjatkan oleh para penghulu selepas menikahkan pasangan laki-laki dan perempuan. Bukan hanya penghulu, para kerabat yang hadirpun ikut memberikan doa terbaik bagi kelangsungan kehidupan berumah-tangga pasangan tersebut. Baca Juga: Doa Sepertiga Malam untuk Seseorang yang Kita Cintai Bagaimana kalimat barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab dan arti dari doa ini?

• Arti Barakallah • Arti Baraka Allahu Lakuma • Share this: Arti Barakallah Pada dasarnya mengucapkan kalimat Barakallah merupakan ekspresi seseorang dalam mendoakan orang lain dengan harapan orang yang di do’akan tersebut mendapatkan/ diberikan limpahan rahmat dan hidayah dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalani kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. Arti Baraka Allahu Lakuma Barakallah, yang mana kalimat tersebut mengandung makna/arti : ‘ semoga mendapat berkah dari Allah’. Namun ada pula yang mengartikan /memaknainya ; ‘semoga diberkahi Allah’.

Barakallah ini juga sering digunakan dengan tambahan kata barakallahu fiik, barakallah fii umrik ailah dan masih banyak lagi. Apa arti dari kalimat tersebut ; Barakallahu fiik, artinya “Semoga Allah memberkahi mu” / “Semoga Allah memberkati kamu”. Barakallah Fii Umrik, artinya ; Semoga mendapatkan berkah dari Allah SWT dalam usiamu Sedangkan, arti dari barakallah fii umrik ailah artinya ; ‘semoga mendapatkan berkah dari Allah dalam usiamu ’/ ‘semoga diberkahi Allah di usiamu saat ini’.

Baca Juga : Arti Afwan Arti Baraka Allahu Lakuma Baraka Allahu Lakuma ( Bahasa arab ; بارك الله لكما ) artinya ; Semoga berkah Allah dilimpahkan kepada kalian. Kata tersebut adalah doa, adapun doa yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang mana di dalam do’a beliau dalam hal ini ada kalimat Baraka Allahu Lakuma, yakni seperti berikut ; بارك الله لكما وبارك عليكما وجمع بينكما بخير Latin ; Barakallahu lakuma wa baaraka ‘alaikuma wa jama’a bainakumaa fi khoir.

Terjemah ; Semoga Allah SWT memberkahi kalian berdua dalam keadaan mudah maupun dalam keadaan sulit, dan mengumpulkan kalian berdua senantiasa dalam kebaikan. Doa yang di atas merupakan doa yang dicontohkan dan juga dianjurkan Nabi Muhammad SAW apabila kita menghadiri acara pernikahan, saudara, sahabat atau yang lainnya. Kita telah mengerti, Arti Barakallahu lakuma yang mana doa ini mengandung makna yang sangat mulia. Maka dari mulailah mengucapkan kalimat tersebut ketika menghadiri acara pernikahan doa pengantin, ulang tahun atau yang lainnya karena pada hakikatnya dengan kita mendo’akan orang lain pada dasarnya seperti mendo’akan diri kita sendiri.

Baca Juga : Arti Tafadhol Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Arti Baraka Allahu Lakuma. Apakah kalian tahu arti dari syukron yang sebenarnya? jika tidak Yuk sinau bareng, cek Syukron Artinya Lengkap. Terima kasih telah berkunjung. Posted in Agama, Umum Tagged Arti barakallah, Arti barakallahu laka wa baraka alaika wa jamaa bainakuma fii khair, Arti jazakallah, Barakallah nikah, Barakallahu lakum wa baraka alaikum tulisan arab, Barakallahu lakum wa baraka alaikuma barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya, Barakallahu lakuma lirik terjemahan, Barakallahu lakuma mp3, Beda laka dan lakuma, Doa untuk pengantin, Doa untuk pernikahan, Jawaban barakallahu lakuma, Lagu barakallah fii umrik, Lirik lagu barakallah dan artinya, Lirik lagu barakallah versi arab, Tabarakallah artinya Post navigation
Barakallahu lakuma wa baa raka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoiir berarti “Semoga Allah karuniakan barakah kepadamu, dan semoga Ia limpahkan barakah atas mu, dan semoga Ia himpun kalian berdua dalam kebaikan“.

Barakallahu lakuma yaa akhii wa ukhtii…! Setidaknya begitulah ucapan trend barakallahu yang sering kita temui di berbagai sosial media. Begitu seringnya kita mendengar ucapan baarakallahu lakuma, sehingga paham jika pengucapan barakallahu lakuma dapat berarti perasaan ikut bersuka cita akan kebahagiaan orang lain. Selain itu, dengan pengucapan barakallahu lakuma dapat berarti meskipun bukan kita yang merasakan kebahagiaan atas sesuatu, tapi kita dapat ikut turut bersuka ria melalui rahmat-Nya kepada orang lain.

Barakallahu lakuma menjadi trend seiring dengan kampanye penggunaan istilah ucapan islami dan keagamaan di berbagai sosial media. Hal ini tidak terlepas dari makna barakallahu lakuma sebagai salah satu ajaran Rasulullah SAW.

kepada umat muslimin kala itu hingga sekarang sering kita praktekkan. Berikut penjelasan lanjut mengenai kalimat barakallahu lakuma. Daftar Isi • Pengertian Barakallahu Lakuma • Arti Barakallahu Lakuma • Macam Ucapan Barakallah • Kesimpulan Pengertian Barakallahu Barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya Barakallahu lakuma dalam lafadz lengkap sebagai wa barakallahu alaikuma wa jama’a bainakuma fii khoiir yang berarti, Semoga Allah memberkahimu dan memberkahi atasmu serta mengumpulkan kamu bersama orang-orang yang baik.

Dalam ajaran agama Islam sangat beragam kita temui ucapan doa yang seringkali diucapkan dala situasi tertentu. Hal ini dianjuran agar senantiasa mengingat besarnya kasih sayang Allah SWT melalui rahmaat dan rahiim-Nya sebagai Tuhan semesta alam dengan mengagungkan lafadz-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut lafadz barakallahu lakuma secara lengkap. بَارَكَاللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكُمَا فِيْ خَيْرٍ Baca juga: Wanita Sholehah: Sifat dan Ciri-Cirinya dalam Islam Baarakallahu laka wa baa raka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoiir Artinya: Semoga Allah karuniakan barakah kepadamu, dan semoga Ia limpahkan barakah atas mu, dan semoga Ia himpun kalian berdua dalam kebaikan.

Arti Barakallahu Lakuma Dalam bahasa arab, baarakallahu lakuma mempunyai arti : “Semoga Allah memberkati Anda”. Lafadz tersebut diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam doa beliau yang berbunyi sama.

بارك الله لكما “Semoga Allah memberkati Mu” Memahami lafadz doa yang beliau ajarkan ini, dapat diketahui bahwa makna dari arti baarakallahu lakuma sangatlah mulia sehingga makna dari pengucapannya pun demikian sebagai doa yang baik diucapkan kepada sesama.

Lafadz barakallahu lakuma diharapkan mampu memberikan doa keberkahan untuk orang yang dimaksud. Hal ini sangat mengandung kebajikan dimana setiap kaum muslimin dianjurkan untuk memberikan doa-doa yang baik kepada umat muslim lainnya.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Selain itu pengucapan baarakallahu lakuma merupakan bentuk syukur nyata akan kehadirat-Nya melalui limpahan berkah yang diberikan kepada orang lain. Macam Ucapan Barakallah Ternyata selain barakallahu lakuma, terdapat beberapa ucapan barakallah dalam kalimat lain yang berarti sama yaitu semoga diberi rahmat Allah SWT, ketika kita mengucapkan lafadz tersebut kepada orang lain.

Berikut beberapa macam ucapan barakallah. Barakallah Barakallah mempunyai arti “Semoga mendapat berkah dari Allah.” Kalimat barakallah merupakan kalimat umum yang bisa digunakan ketika peristiwa apapun karena artinya yang umum untuk mendoakan sesama mendapat berkah dari-Nya. Barakallahu fiik Serupa dengan barakallahu, ucapan barakallahu fiik mempunyai makna “Semoga Allah memberkahi kamu.” Lafadz barakallahu fiik dapat kita ucapkan ketika bertemu dengan orang lain dan memang ingin memberikan doa baik melalui lafadz barakallah.

Baca juga: Materi Zakat : Pengertian, Syarat, Perhitungan, Dalil tentang Zakat, dan Manfaatnya [LENGKAP] Barakallah fii umrik Berbeda dengan lafadz barakallah sebelumnya, pengucapan barakallahu fiik dikhususkan ketika hendak ingin memberikan doa atau ucapan baik kepada orang lain ketika mereka sedang berulang tahun. Lafadz barakallahu fiik mempunyai makna “Semoga mendapat berkah dari Allah SWT dalam usiamu.” Hal ini bermakna bahwa kita mendoakan orang lain dalam sisa usia mereka.

Semoga diberikan limpahan keberkahan rahmat dari-Nya sehingga dapat memanfaatkan sisa usia orang lain yang kita doakan dalam kebaikan dan beribadah kepada Allah SWT.

Barakallahhu fii ilmi Lafadz barakallahu fii ilmi merupakan ucapan barakallah yang spesifik pula seperti barakallahu fii umrik. Barakallahu fii ilmi merupakan ucapan doa barakallah yang diucapkan kepada orang yang sedang berhasil dalam masa belajarnya atau bisa diartikan pula mendoakan orang lain dengan keilmuan yang dimilikinya.

Lafadz barakallahu fii ilmi berarti “Semoga mendapat berkah Allah atass ilmumu.” Lafadz barakallahu fii ilmi dapat kita ucapkan ketika melihat teman dan kerabat telah lulus ujian sekolah maupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Kesimpulan Mempelajari mengenai lafadz barakallahu lakuma beserta dengan pemaknaan dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari memberikan kita pemahaman baru dimana barakallahu lakuma sebagai doa yang baik bagi sesama umat muslim.

Karena, pada hakikatnya dengan mendoakan orang lain pada dasarnya seperti mendoakan diri kita sendiri. Selayaknya pula sebagai sesama ciptaan-Nya kita turut belajar bahagia atas kebahagiaan orang lain dengan ikut mendoakan yang baik.

Demikian penjelasan mengenai ucapan barakallahu lakuma meliputi pengertian, lafadz bahasa arab, terjemah, serta makna yang terkandung di dalamnya. Semoga bermanfaat!
Pertanyaan: Bismillah.

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Afwan Ustadz, ada sebagian teman yang jika ada teman menikah lantas memberi ucapan semoga sakinah mawadah warohmah tapi ucapannya disingkat menjadi “Samawa”.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Apakah ini dibenarkan ustadz? Jazaakallahu khairan Jawaban: Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh Pertama, singkatan seperti itu tidak dibenarkan dan tidak dianggap doa. Kedua, mengapa sebagian kita malas berdoa atau mendoakan orang lain sehingga harus disingkat-singkat?

Apa merasa doa itu tidak penting? Ketiga, yang dicontohkan oleh Nabi adalah mendoakan keberkahan. Doa yang diajarkan oleh Nabi bagi pasangan pengantin: بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ /Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khayrin/ “ Semoga Allah memberikan keberkahan padamu dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan” (HR.

Abu Daud no. 2130, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud). Atau dalam riwayat lain versi ringkasnya cukup: بَارَكَ اللهُ لَكَ /Baarakallahu lak/ “ Semoga Allah memberikan keberkahan padamu” (HR. At Tirmidzi no.1094, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi). Boleh juga dengan bahasa Indonesia: “ Semoga berkah ya…” atau “ Semoga Allah berkahi…” dan semisalnya.

Keempat, singkatannya pun keliru. Jika yang dimaksud adalah sakinah (langgeng), mawaddah (penuh cinta), dan rahmah (penuh sayang), semestinya disingkat samara bukan samawa. Karena “wa” di sana adalah kata sambung, artinya: dan. Wallahu a’lam. Dijawab oleh Ustadz Yulian Purnama hafidzahullaah melalui WAG Muslimah.Or.Id Artikel Muslimah.Or.Id Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami.

Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan 🔍 Panduan Ramadhan Pdf, Baarakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir, Apa Itu Samawa, Kisah Ajaib Penghafal Quran, Doa Dimudahkan Persalinan, Azab Meninggalkan Sholat, Cara Agar Sholat Khusyu, Arti Nama Namira Dalam Islam, Teman Sejati Menurut Islam, Arti Naudzubillah Min Dzalik 7 Artikel Terbaru • Wajibkah Menikahi Wanita Yang Disarankan Oleh Orang Tua?

• Uang Lebaran, Apakah Mengajarkan Mental Minta-Minta Kepada Anak? • Perasaan Penduduk Surga Dan Penduduk Neraka • Jangan Suka Ngerumpi! • Apakah Orang Tua Boleh Mengambil THR Anak? • Kemuliaan Jiwa Seorang Mukmin • Buka Puasa Dengan Kurma Yang Ganjil? Penting Diketahui! • Definisi Tauhid • Tauhid Adalah Inti Dakwah Seluruh Nabi Dan Rasul • Mengenal Manhaj Salaf • Mengenal Kata Bid’ah • Wahai Muslimah, Cintailah Ilmu Syar’i • Saudariku, Kembalilah ke Hijab Asalmu • Wanita Bercadar Berfoto Selfie (bag.

1) : Dakwah atau Musibah? • Perempuan Bekerja Boleh Saja, Asal… • Safar Bagi Wanita (bag. 1): Larangan Safar Tanpa Mahram • Musibah PacaranJakarta - Sering memberikan ucapan pernikahan dengan doa 'barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir'? Sebelum memberikan doa tersebut, yuk pahami dulu arti ucapan pernikahan barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir. Saat menghadiri undangan pernikahan, mungkin kamu sering memberikan doa untuk pengantin.

Salah satunya dengan memberikan ucapan pernikahan barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir. Apa sebenarnya arti ucapan pernikahan barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir yang sering menjadi doa untuk pengantin?

Yuk memahami lebih lanjut mengenai artinya. Baca juga: 60 Ucapan Pernikahan Lengkap dan Terbaik, Bisa Bikin Pengantin Terkesan Arti Ucapan Pernikahan Barakallahu Laka Ucapan pernikahan barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir menjadi salah satu doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Arti ucapan pernikahan barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir lebih dianjurkan Rasulullah SAW dibanding hanya mengucap samawa.

Arti ucapan pernikahan barakallahu laka merupakan versi singkat dari ucapan pernikahan barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir. Arti ucapan pernikahan barakallahu laka adalah sebagai berikut; بَارَكَ اللهُ لَكَ Barakallahu laka Artinya: "Semoga Allah SWT memberikan keberkahan padamu" (HR. At Tirmidzi). Arti Ucapan Pernikahan Barakallhu Laka Versi Panjang Sementara arti ucapan pernikahan barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir sebagai berikut; بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ Barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir Artinya: "Semoga Allah SWT memberikan keberkahan padamu dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan" (HR.

Abu Daud) MOST POPULAR • 7 Foto Elin, Pengamen Badut Cilik yang Kecantikannya Viral • Berlian Biru Langka Terjual Hampir Rp 1 Triliun Setelah 'Perang' 8 Menit • Gaya Seksi Barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya Stewart Ekspos Paha Pakai Rok Transparan di Show Chanel • Begini Nasib Penyiar Radio yang nge-Prank Orang Sampai Bunuh Diri • Serba-serbi Diet IU Korea, Turun 4 Kg Dalam 4 Hari Tapi Tidak Sehat • Hari Ibu, Priyanka Chopra dan Nick Jonas Unggah Foto Perdana Bersama Anak • 10 Foto Transformasi Artis Sebelum dan Setelah Photoshop, Madonna Bikin Kaget • Viral Kisah Sedih Anak Bupati Istrinya Meninggal Dunia Usai Melahirkan • Ramalan Zodiak 9 Mei: Cancer Kesempatan Terbuka, Sagitarius Lebih Semangat • Ramalan Zodiak 9 Mei: Aries Lakukan Pengetatan, Libra Main Aman Saja
• Beranda • Profil • Visi misi • • Sejarah singkat • • Struktur organisasi • • Prestasi • Pendidikan • Kurikulum TPA/TKIT • • Kurikulum SDIT • • Kurikulum MTs Terpadu • • Kurikulum SMAIT • • Kurikulum Kepondokkan • Fasilitas • Asrama Putra/Putri • • Lab Komputer • • Lab Bahasa • • Lab IPA • • Aula • • Lap Batminton • • Tenis Meja • • Lap Footsal • • Hotspot Area • Yayasan • Profil • • Struktural • • Kebijakan • • • • • PPDB • PPDB 2013 • • Info Kontak • • Pengumuman • Galeri • Foto • • Video • Alumni • All • • Kuliah • • Kerja • Download “Keluarga Besar Ponpes Alhikmah Mengucapkan” “Barakallahu laka wa baraka ‘alaik, wa jama’a bainakuma fi khair” Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang mahupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan” Barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya : Ustadz Bila l + Ustadzah Ari yang hari ini : 30 Juni 2013 Mengikat janji suci sebagai suami istri sedikit nasehat buat antum berdua .

Hari ini akan menjadi satu di antara hari-hari yang paling bersejarah di dalam kehidupan kalian berdua. Sebentar lagi kalian akan menjadi sepasang suami-isteri, yang darinya kelak akan lahir anak-anak yang sholeh dan sholehah, dan kalian akan menjadi seorang bapak dan seorang ibu, untuk kemudian menjadi seorang kakek dan seorang nenek, ……insya الله.

Rentang perjalanan hidup manusia yang begitu panjang … sesungguhnya singkat saja. Begitu pula…liku-liku dan pernik-pernik kerumitan hidup sesungguhnya jugalah sederhana.

Kita semua. diciptakan ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa tidak lain untuk beribadah kepada NYA. Maka, jika kita semua berharap kelak dapat berjumpa dengan ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa …dalam keadaan IA ridlo kepada kita, hendaklah kita jadikan segala tindakan kita semata-mata di dalam rangka mencari keridlo’an-NYA dan menyelaraskan diri kepada Sunnah Nabi-NYA Yang Mulia - Shallallahu alaihi wa sallam- Maka ambilah nanti putriku sebagai isteri sekaligus sebagai amanah yang kelak kamu dituntut bertanggung jawab atasnya.

Dengannya dan bersamanya lah kamu beribadah kepada ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa, di dalam suka…di dalam duka. Gaulilah ia secara baik, sesuai dengan yang diharuskan menurut syari’at ALLAH. Terimalah ia sepenuh hati, kelebihan dan kekurangannya, karena ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa telah memerintahkan demikian: Maka agar kamu dapat memimpin rumah tanggamu, penuhilah syarat-syaratnya, berupa kemampuan untuk menafkahi, mengajari, dan mengayomi.

Raihlah kewibawaan agar isterimu patuh di bawah pimpinanmu. Jadilah suami yang bertanggungjawab, arif dan lemah lembutsehingga isterimu merasa hangat dan tentram di sisimu. Berusahalah sekuat tenaga menjadi teladan yang baik baginya, sehingga ia bangga bersuamikan kamu.

Ya, inilah sa’atnya untuk membuktikan bahwa kamu laki-laki sejati, laki-laki yang bukan hanya lahirnya. Dan semoga -tentunya- calon suamimu datang dan diterima karena agama dan akhlaqnya, bukan karena yang lain.

Maka hendaknya kau luruskan pula niatmu. Sambutlah dia sebagai suami sekaligus pemimpinmu. Jadikanlah perkawinanmu ini sebagai wasilah ibadahmu kepada ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Camkanlah sabda Nabi - Shallallahu alaihi wa sallam-: Inilah satu kebahagiaan hakiki -bukan khayali- yang diidam-idamkan oleh setiap wanita beriman. Maka bersyukurlah, sekali lagi bersyukurlah kamu untuk semua itu, karena tidak semua wanita memperoleh kesempatan sedemikian berharga. Kesempatan menjadi seorang isteri, menjadi seorang ibu.

Terlebih lagi, adanya kesempatan, diundang masuk ke dalam surga dari pintu mana saja yang kamu kehendaki. Yang demikian ini mungkin bagimu selagi kamu melaksanakan sholat wajib lima waktu -cukup yang lima waktu- puasa -juga cukup yang wajib- di bulan Ramadhan, menjaga kemaluan -termasuk menutup aurat-dan ta’at kepada suami. Cukup, cukup itu.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Sebagaimana sabda Nabi - Shallallahu alaihi wa sallam-: Melalui rangkaian ayat-ayat suci Al Qur’an dan Hadits-Hadits Nabi Yang Mulia, kami semua yang hadir di sini mengantarkan kalian berdua memasuki gerbang kehidupan yang baru, bersiap-siap meninggalkan ruang tunggu, dan mengakhiri masa penantian kalian yang lama.

Kami semua hanya dapat mengantar kalian hingga di dermaga. Untuk selanjutnya, bahtera rumah-tangga kalian akan mengarungi samudra kehidupan, yang tentunya tak sepi dari ombak, bahkan mungkin badai.

Bersyukurlah kalian berdua akan ni’mat ini semua. ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa telah mengarunia kalian separuh dari agama ini, ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa telah mengarunia kalian kesempatan untuk menjalankan syari’at-NYA yang mulia, ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa juga telah mengaruniai kalian kesempatan untuk mencintai dan dicintai dengan jalan yang suci dan terhormat.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Ketahuilah, bahwa pernikahan ini menyebabkan kalian harus lebih berbagi. Orang tua kalian bertambah, saudara kalian bertambah, bahkan sahabat-sahabat kalian pun bertambah, yang kesemua itu tentu memperpanjang tali silaturahmi, memperlebar tempat berpijak, memperluas pandangan, dan memperjauh daya pendengaran.

Bukan saja semakin banyak yang perlu kalian atur dan perhatikan, sebaliknya semakin banyak pula yang akan ikut mengatur dan memperhatikan kalian. Maka, barang siapa yang tidak kokoh sebagai pribadi dia akan semakin gamang menghadapi kehidupannya yang baru. Ketahuilah, bahwa anak-anak yang sholeh dan sholehah yang kalian idam-idamkan itu sulit lahir dan tumbuh kecuali di dalam rumah tangga yang sakinah penuh cinta dan kasih sayang.

Dan tentunya tak akan tercipta rumah-tangga yang sakinah, kecuali dibangun oleh suami yang sholeh dan isteri yang sholehah. Ya, selama masih ada iman di dalam dada segalanya akan menjadi mudah bagi kalian. Bukankah dengan pernikahan ini kalian bisa saling tolong-menolong di dalam kebajikan dan taqwa. Bukankah dengan pernikahan ini kalian bisa saling menutupi kelemahan dan kekurangan masing-masing.

Bersungguh-sungguhlah untuk itu, untuk meraih segala kebaikan yang ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa sediakan melalui pernikahan ini. Jangan lupa untuk senantiasa memohon pertolongan kepada ALLAH. kemudian jangan merasa tak mampu atau pesimis. Jangan, jangan kalian awali kehidupan rumah tangga ini dengan perasaan lemah ! Bantu dan bimbing mereka, tetapi jangan mengatur. Biarkan., Karena sepenuhnya diri mereka dan keturunan yang kelak lahir dari perkawinan mereka adalah tanggung-jawab mereka sendiri di hadapan ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa.

Hargailah harapan dan cita-cita yang mereka bangun di atas ilmu yang telah sampai pada mereka. Keterlibatan kita yang terlalu jauh dan tidak pada tempatnya di dalam persoalan rumah tangga mereka bukannya akan membantu.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Bahkan sebaliknya, membuat mereka tak akan pernah kokoh. Sementara mereka dituntut untuk menjadi sebenar-benar bapak dan sebenar-benar ibu di hadapan…dan bagi anak-anak mereka sendiri. Ketahuilah, bahwa bukan mereka saja yang sedang memasuki kehidupannya yang baru, sebagai suami isteri.

Kita pun, para orang tua, sedang memasuki kehidupan kita yang baru, yakni kehidupan calon seorang kakek atau nenek – insya الله. Maka hendaknya umur dan pengalaman ini membuat kita,…para orangtua, menjadi lebih arif dan sabar, bukannya semakin pandir dan dikuasai perasaan.

barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa bainakumaa fii khoir artinya

Pengalaman hidup kita memang bisa jadi pelajaran, tetapi belum tentu harus jadi acuan bagi mereka. Jika kelak -dari pernikahan ini- lahir cucu-cucu bagi kita. Sayangilah mereka tanpa harus melecehkan dan menjatuhkan wibawa orangtuanya. Berapa banyak cerita di mana kakek atau nenek merebut superioritas ayah dan ibu. Sehingga anak-anak lebih ta’at kepada kakek atau neneknya ketimbang kepada kedua orangtuanya. Sungguh, akankah kelak cucu-cucu kita menjadi anak-anak yang ta’at kepada orangtuanya atau tidak, sedikit banyak dipengaruhi oleh cara kita memanjakan mereka.

Mix - Maher Zain - Baraka Allahu Lakuma




2022 www.videocon.com