Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

Ikuti kami selengkapnya di: WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu) Website: https://nasihatsahabat.com/ Email: [email protected] Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/ Instagram: NasihatSahabatCom Telegram: https://t.me/nasihatsahabat Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat Pengertian Mukjizat dan Kejadian Luar Biasa Lainnya (Karomah, Ma’unah, dan Irhas) 1.

Mukjizat Mukjizat berasal dari bahasa Arab معجزة yang artinya melemahkan, yaitu membuat sesuatu menjadi tidak mampu. Mukjizat merupakan sesuatu yang luar biasa sehingga manusia tidak mampu mendatangkan hal yang serupa. Menurut istilah, mu’jizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi dalam diri nabi atau rasul Allah SWT. Mukjizat bertujuan untuk membuktikan kenabian atau kerasulan seorang nabi atau rasul Allah SWT yang tidak dapat ditiru oleh siapapun dan untuk melemahkan segala macam usaha dan alasan orang kafir dan menentang islam, dan menyeru kepada umat agar percaya akan keesaan Allah.

Unsur yang harus ada dalam mukjizat, antara lain: 1) Kejadian luar biasa 2) Tampak pada diri seorang nabi 3) Ada tantangan dari kaum yang menyangsikan kedudukan seorang nabi 4) Manusia tidak mampu menandingi hal yang luar biasa tersebut. Lazimnya, nabi atau rasul menampakkan mukjizatnya hanya pada saat-saat yang sangat dibutuhkan, misalnya untuk membela diri atau menjawab tantangan orang- orang kafir.

Dalam al-Qur’an, mukjizat biasanya disebutkan dengan kata-kata ayat atau burhan,yang berarti bukti atau keterangan yang jelas. Allah SWT berfirman dalam Q.S. Asy-Su’ara’: 4 إِنْ نَشَأْ نُنَزِّلْ عَلَيْهِمْ مِنَ السَّمَاءِ آيَةً فَظَلَّتْ أَعْنَاقُهُمْ لَهَا خَاضِعِينَ Artinya : “Jika kami kehendaki niscaya Kami menurunkan kepada mereka mukjizat dari langit, maka senantiasa kuduk-kuduk mereka tunduk kepadanya.” Setiap muslim wajib memercayai mukjizat yang dimiliki nabi dan rasul.

Mengingkari mukjizat nabi dan rasul berarti mengingkari ayat-ayat yang ada dalam al-Qur’an itu sendiri. Jadi, orang yang mengingkari mukjizat nabi dan rasul termasuk orang kafir. Contoh Mukjizat yang Diberikan Kepada Rasul Allah Mukjizat yang diberikan oleh Allah antara lain sebagai berikut: 1) Nabi Ibrahim a.s Mukjizat Nabi Ibrahim a.s.

adalah tidak hangus ketika dibakar oleh Raja Namrud. Jika orang biasa dibakar dalam kobaran api dalam suhu 1700 C, tentu hangus terbakar dalam sekejap.

Namun Nabi Ibrahim a.s. tidak terbakar sedikit pun, bahkan api terasa dingin oleh beliau. Allah berfirman dalam Q.S. al-Anbiya’:69. قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلامًا عَلَى إِبْرَاهِيمَ Kami berfirman, “Hai api, jadikanlah dingin dan menjadi irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi bagi Ibrahim.” 2) Nabi Musa a.s Nabi Musa a.s merupakan nabi yang diutus untuk menyeru Bani Israil agar beriman kepada Allah.

Dakwahnya ditentang oleh seorang raja yang kejam dan durhaka kepada Allah yang bernama Fir’aun. Raja Fir’aun mengumpulkan para tukang sihir untuk mengalahkan Nabi Musa a.s.

Para tukang sihir tersebut melemparkan tongkat-tongkat yang ada di tangan mereka dan menjelma menjadi ular-ular yang siap menyerang Nabi Musa a.s. Allah memerintahkan Nabi Musa a.s. melemparkan tongkat yang biasanya digunakan untuk menggembala kambingnya. Tongkat itu berubah menjadi ular besar dan menelan habis semua ular para tukang sihir tersebut.

Kisah ini termaktub dalam al-Qur’an Surah Toha ayat 19-21. 3) Nabi Muhammad saw. Mukjizat Nabi Muhammad saw. adalah sebagai berikut. a) Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar.

b) Celah-celah jari beliau dapat memancarkan air yang diminum para sahabatnya. c) Mi’raj ke Sidratul Muntaha dalam waktu yang singkat. irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi Nabi Saleh a.s Nabi Saleh dapat mengeluarkan unta besar dari lubang batu yang sangat kecil. 5) Nabi Sulaiman a.s. Kisah kehebatan Nabi Sulaiman a.s. dapat kita baca dalam surah Saba’ dan surah An-Nahl. Ia seorang nabi yang dapat berbicara dengan semua jenis binatang, termasuk dengan bangsa jin, contohnya Ifrid.

Ia juga dapat mengendalikan angin. Ia juga seorang raja bagi manusia dan hewan dan berhasil mengislamkan ratu Balqisyang sebelumnya menyembah berhala. 6) Nabi Isa a.s. Mukjizat Nabi Isa a.s.

adalah sebagai berikut. a) Membuat burung dari tanah dan benar-benar hidup atas izin Allah. b) Menyembuhkan orang yang buta sehingga dapat melihat lagi. c) Menyembuhkan orang yang sakit lepra. d) Menghidupkan orang yang sudah meninggal dengan izin Allah. 2. Karamah Karamah berasal dari bahasa arab كرم berarti kemuliaan, keluhuran, dan anugerah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengistilahkan karomah dengan keramat diartikan suci dan dapat mengadakan sesuatu diluar kemampuan manusia biasa karena ketaqwaanya kepada Tuhan. Menurut ulama sufi, karamah berarti keadaan luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada para wali-Nya. Wali ialah orang yang beriman, bertakwa, dan beramal shaleh kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Q.S. Yunus: 62-64, أَلا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْيَحْزَنُونَ۞ الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ۞ لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ Artinya : “Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada rasa takut pada mereka, dan mereka tidak bersedih hati.

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan di akhirat….” Ulama’ sufi meyakini bahwa para wali mempunyai keistimewaan, misalnya kemampuan melihat hal-hal ghaib yang tidak dimiliki oleh manusia umumnya. Allah SWT dapat memberi karamah kepada orang beriman, takwa, dan beramal shaleh menurut kehendaknya.

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

1) Kejadian yang Dialami Seorang Ahli Ilmu pada masa Nabi Sulaiman a.s. Ketika Nabi Sulaiman a.s. sedang duduk di hadapan dengan para tentaranya yang terdiri atas manusia, hewan, dan jin, beliau meminta kepada mereka mendatangkan singgasana Ratu Bulqis.

Ada seorang yang berilmu berkata kepada Nabi Sulaiman a.s. menurut sebuah keterangan, orang yang berilmu itu bernama Asif. Perkataan orang berilmu tersebut diabadikan Allah SWT dalam firman-Nya Q.S. an-Naml: 40, قَالَ الَّذِي عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الْكِتَابِ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهُ قَالَ هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِي مٌ Artinya : “Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”.

Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barang siapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barang siapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia”. 2) Kejadian yang Dialami Maryam binti Imran Nabi Zakaria a.s. menemukan makanan setiap hadir di mihrab Maryam binti Imran.

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

Allah berfirman dalam Q.S. Ali Imran: 37, فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّى لَكِ هَذَا قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ Artinya: “Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya.

Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.” Peristiwa yang disaksikan Nabi Zakaria a.s.

merupakan karamah yang dianugerahkan Allah SWT kepada maryam binti Imran. Allah SWT mentakdirkan bahwa pengasuh Maryam adalah pamannya sendiri, yakni Nabi Zakaria a.s. 3. Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi Ma’unah berarti pertolongan. Ma’unah adalah pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang mukmin untuk mengatasi kesulitan yang menurut akal sehat melebihi kemampuannya.

Ma’unah terjadi pada orang yang biasa berkat pertolongan Allah. Misalnya, orang yang terjebak dalam kobaran api yang sangat hebat, namun berkat ma’unah/pertolongan Allah, ia selamat. 4. Irhash Irhash adalah kejadian luar biasa atau hal-hal yang istimewa pada diri calon nabi atau Rasul ketika masih kecil. Contohnya, Muhammad saw. Selalu dinaungi awan sehingga kepanasan saat melakukan perjalanan dagang ke negeri Syam. Peristiwa yang terjadi pada diri Nabi Isa a.s.

ketika beliau masih bayi dalam buaian ibunya, Maryam. Pada saat masih bayi, Nabi isa dapat berbicara kepada orang-orang yang melecehkan ibunya. Pembicaraan Nabi Isa a.s.

ketika masih bayi itu disebutkan dalam firman Allah, Q.S. Maryam: 29-33. فَأَشَارَتْ إِلَيْهِ قَالُوا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَنْ كَانَ فِي الْمَهْدِ صَبِيًّا۞ قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا۞ وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ‎وَأَوْصَانِي بِالصَّلاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا۞ وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا۞ وَالسَّلامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا۞ Artinya : “Maka dia (Maryam) menunjuk kepada anaknya, mereka berkata “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?” Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku kitab Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada dan Dia memerintahkan kepadaku melaksanakan shalat dan menunaikan zakat selama hidup, dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.

Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.” • Macam-macam Mukjizat Menurut sifatnya, mukjizat dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu mukjizat hisyiah/kauniyah dan mukjizat maknawiyah/aqliyah. 1) Mukjizat hisyiah/kauniyah ialah mukjizat yang dapat dilihat, didengar, dirasakan, dan dipegang.

Mukjizat hisyiah ditujukan kepada orang biasa, yang kurang mampu menggunakan akal pikirannya secara baik. Contohnya, mukjizat Nabi Nuh a.s. beliau membuat perahu untuk menghadapi banjir yang pada waktu itu tidak pernah dilakukan orang dan mustahil dapat dilakukan oleh orang biasa. Setelah perahu selesai dibuat, banjir datang dan sumber airnya datang dari tiap-tiap rumah penduduk yang kafir. Akhirnya, semua penduduk kafir tenggelam sedangkan Nabi Nuh a.s. dan para pengikutnya selamat.

2) Mukjizat maknawiyah ialah mukjizat yang tidak dapat dilihat, didengar, dirasakan, dicium, dan dipegang. Mukjizat maknawiyah hanya dapat dimengerti dan dikenal oleh orang-orang yang berpikir sehat, berbudi luhur, dan berperasaan halus. Contohnya mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad saw. berupa al-Qur’an. Tidak semua orang mau menerima petunjuk al-Qur’an. Hanya orang yang sehat, berbudi luhur, dan berperasaan halus yang sanggup menerima al-Qur’an dengan senang hati.

Al-Qur’an memiliki keistimewaan yang luar biasa, salah satunya adalah dalam hal balaghah (sastra). Tidak ada seorang pun yang mampu menyusun atau merangkai kata-kata sebagaimana al-Qur’an meskipun hanya satu ayat •Perbedaan antara Mukjizat, Karamah, Ma’unah, dan Irhash Pada dasarnya mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhas adalah sama, yaitu anugerah Allah SWT yang diberikan kepada hamba-Nya.

Perbedaannya terletak pada siapa yang menerimanya. Perbedaan antara mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhas adalah sebagai berikut. a. Mukjizat diberikan kepada para nabi dan rasul. b. Karamah dianugerahkan kepada wali. c. Ma’unah diberikan kepada orang mukmin. d. Irhas dianugerahkan kepada calon nabi atau rasul Allah SWT (sebelum diangkat menjadi nabi dan rasul) Persamaan antara mukjizat, karomah, ma’unah dan irhas adalah sama-sama datangnya dari Allah SWT.

Orang yang diberikan mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhas pantas diteladani hidupnya, karena mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhas hanya diberikan kepada hamba-hamba Allah SWT yang bertakwa dan beramal shaleh. • Hikmah Mukjizat Hikmah adanya mukjizat adalah sebagai berikut. a. Melemahkan dan mengalahkan alasan,usaha,dan tipu daya orang-orang yang menentang dakwah rasul allah. b. Bagi yang telah percaya kepada kenabian maka mukjizat akan berfungsi untuk memperkuat iman serta menambah keyakinan akan kekuasaan Allah SWT.

c. Membuktikan kebenaran rasul yang diutus Allah dan ajaran – ajarannya. • Hikmah Karamah, Ma’unah, dan Irhash Hikmah adanya karamah, ma’unah, dan irhas adalah sebagai berikut. a. Mempertebal iman kepada Allah SWT. b. Mendekatkan diri kepada Allah. c. Tidak takut akan kesulitan, karena yakin Allah selalu memberikan pertolongan kepada hambanya yang beriman dan bertakwa. = Ryana = Search Recent Comments kampoengcelotehkita on DO’A PEMBUKA DAN PENUTUP… kampoengcelotehkita on DO’A AGAR DICINTAI KAWAN… kampoengcelotehkita on DO’A AGAR DICINTAI KAWAN… Edwar saputra on DO’A AGAR DICINTAI KAWAN… Santi on DO’A AGAR DICINTAI KAWAN… Annie Ambo on DO’A PEMBUKA DAN PENUTUP… kampoengcelotehkita on TELEPATI DAN DOA MENYAMPAIKAN… kampoengcelotehkita on DOA AGAR DIBERI KETETAPAN… NAIM on DOA AGAR DIBERI KETETAPAN… Khls on TELEPATI DAN DOA MENYAMPAIKAN… kampoengcelotehkita on OPINI MISTIK : ILMU HITAM DAN… EKSPLORASI TERKINI • TENANG DALAM SIKAP • SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H • KISAH MENANGISNYA POHON KURMA PADA ZAMAN RASULULLAH SAW • MENJAGA HATI AGAR TETAP BERSIH • DOA HARIAN RAMADHAN • FIQIH PUASA • Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi HIDUP WEJANGAN SEORANG GURU KEPADA MURIDNYA • SEPENGGAL KISAH WANITA PEJALAN SPIRITUAL • AMALAN-AMALAN MENARIK RIZKI • AMALAN MENARIK KEKAYAAN • KUNCI-KUNCI RIZKI • CARA BERDOA DENGAN MENGGUNAKAN ASMAUL HUSNA • UNGKAPAN KEGALAUAN CINTA BUAT KEKASIH • PSIKOLOGI KEPRIBADIAN POSTIVE THINKING DAN NEGATIVE THINKING • DOA MUSTAJAB MEMBAKAR JIN IFRIT DAN PENGIKUTNYA Archives • August 2015 (1) • July 2015 (2) • June 2015 (4) • April 2015 (9) • March 2015 (10) • February 2015 (4) • January 2015 (9) • December 2014 (11) • November 2014 (6) • October 2014 (19) • September 2014 (32) • August 2014 (20) • July 2014 (20) • June 2014 (23) • May 2014 (33) • April 2014 (37) • March 2014 (26) • February 2014 (12) • January 2014 (35) Data Base • ADAB SEORANG MUSLIM KETIKA SEDANG BERDO'A • AHLI BATU • AJI MAHKOTA ALAM • AKU YANG TERLUPAKAN • AL-KISAH NABI IDRIS, AS • AL-QURAN BERSAMPUL GAMBAR TOKOH CALEG • ALIF Part – 2 • AMALAN 1000 PENGAWAL GAIB • AMALAN DOA KILAT MUSTAJAB • AMALAN JUAL TANAH DAN RUMAH AGAR CEPAT LAKU • AMALAN MEMBUAT TENTARA GHAIB • AMALAN MEMPERTAJAM MATA • AMALAN MENARIK KEKAYAAN • AMALAN MENEMPATI RUMAH BARU • AMALAN MENGHARAPKAN CINTA SEJATI • AMALAN MENYEMBUHKAN MIMISAN • AMALAN POHON RIZKI • AMALAN REJEKI ASMAUL HUSNA • AMALAN UNTUK MENGASAH ILMU • AMALAN UNTUK MENJADI SEORANG PEMIMPIN • AMALAN-AMALAN MENARIK RIZKI • ANALISA ILMIAH DISPARITAS PACARAN, JOMBLO, DAN LDR DALAM PARADIGMA PSIKOLOGIS DAN LIFE EXPERIENCE • ANTARA KISAH JOKOWI – JK DAN PANDAWA LIMA • APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA DIRENDAHKAN TEMAN ?

• APABILA MERASA KELUAR KENTUT SEWAKTU SHOLAT • APAKAH SHOLAT TAHAJUD HARUS TIDUR DULU ? • ARTI WARNA PADA PERUSAHAAN DAN PENGARUHNYA • ASAL – USUL KEKUATAN YANG TERDAPAT DALAM TUBUH MANUSIA • BAGAIMANA CARA KITA BERTERIMAKASIH KEPADA TUHAN ? • BAHAYA HP YANG HARUS KITA TAHU • BEBERAPA HAL YANG MESTI DIKETAHUI SEBELUM RAMADHAN • BERLINDUNG DARI AURA NEGATIF • BERWUDHU MENGGUNAKAN GAYUNG ATAU AIR PANCURAN/KRAN ?

• BISMILLAH 9 • BONGKAR HABIS PENIPUAN PENGIRIM SMS/TELEPON GELAP BAGIAN Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi – 1 • CARA BERDOA DENGAN MENGGUNAKAN ASMAUL HUSNA • CARA MELACAK PENGIRIM SMS/TELEPON GELAP BAGIAN KE – 2 • CARA MEMBACA SURAH YASIN YANG BENAR SEWAKTU SESEORANG MENGHADAPI SAKARATUL MAUT • CARA MEMUTASIKAN PEJABAT YANG JAHAT MENGGUNAKAN TELEPATI • CARA MENGATASI HANDHONE YANG TERENDAM AIR • CEMETI HALILINTAR ( KALIMAT TAMMAH ) • DAFTAR LENGKAP TRAGEDI KECELAKAAN PESAWAT DI INDONESIA • DALAM MIMPI AYAH DATANG • DAMPAK PSIKOLOGIS BAGI PECANDU NARKOBA • DELAPAN BELAS MANUSIA DI AKHIRAT MENURUT IJTIHAD IBNU QOYYIM AL JAUZIAH • DELAPAN GOOD GOVERNANCE • DO'A • DO'A AGAR DICINTAI KAWAN DAN DISEGANI DALAM PERGAULAN • DO'A ATABATUL GHULAM • DO'A MENGHILANGKAN RASA SAKIT • DO'A MENGHIMPUN BIAYA UNTUK SUATU ACARA ATAU KEPERLUAN LAIN • DO'A MENUNDUKKAN SESEORANG YANG KERAS KEPALA • DO'A NABI NUH KETIKA BANJIR MULAI SURUT • DO'A NAIK KENDARAAN LAUT, DARAT, DAN UDARA • DO'A ORANG YANG DIZALIMI/TERSAKITI • DO'A PEMBUKA DAN PENUTUP ACARA • DO'A PENGUNCI HAFALAN ( Surah Al-A’raaf : Ayat 171) • DO'A TERKAIT KEMARAHAN • DO'A UNTUK MENGETAHUI PEKERJAAN YANG COCOK • DO'A UNTUK MENYADARKAN ORANG PINGSAN • DOA ACARA PERTUNANGAN • DOA AGAR AURA TUBUH DAN WAJAH BERSINAR • DOA AGAR CEPAT MENDAPATKAN KETURUNAN • DOA AGAR DIBERI BANGUNAN INDAH DI SURGA • DOA AGAR DIBERI KEDUDUKAN YANG MULIA • Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi AGAR DIBERI KETETAPAN HATI • DOA AGAR DICINTAI UMMAT • DOA AGAR DILINDUNGI DARI SIFAT PENAKUT, PIKUN DAN BAHAYA FITNAH • DOA AGAR DISAYANG OLEH SUAMI/ISTERI • DOA AGAR DISELAMATKAN DARI PENYAKIT KIKIR • DOA BEPERGIAN AGAR TIDAK LELAH • DOA BERLINDUNG DARI PERBUATAN BURUK • DOA DAN ADAB DALAM PERNIKAHAN • DOA DAN AMALAN AGAR AWET MUDA DAN WAJAH BERSERI • DOA DI KALA TELINGA BERDENGUNG • DOA HARIAN RAMADHAN • DOA KELUARGA MASLAHAH • DOA KELUASAN REZEKI • DOA KETIKA MENDENGAR PETIR • DOA KETIKA MENJUMPAI LAILATUL QADAR • DOA KETIKA TERJADI HUJAN DERAS DAN BERAKIBAT BANJIR • DOA MASUK PASAR • DOA MEMOHON DI BERI PERLINDUNGAN ALLAH • DOA MEMOHON KEADILAN • DOA MEMOHON KECINTAAN ALLAH • DOA MEMOHON PERTOLONGAN ALLAH SUPAYA LEKAS DIBALAS • DOA MEMPERMUDAH SEGALA URUSAN • DOA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH DAN TEST UMUM LAINNYA • DOA MENGHILANGKAN RASA MALAS • DOA MENYAMBUT HARI ULANG TAHUN • DOA MENYEMBUHKAN PENYAKIT MATA • DOA MENYEMBUHKAN SAKIT KEPALA • DOA MENYEMBUHKAN TUBUH YANG KESELEO • DOA MOHON CEPAT AGAR DAPAT MEMAHAMI ILMU • DOA MOHON DIBERI KEMUDAHAN • DOA MOHON DIJAGA DARI MURTAD • DOA MOHON JODOH DAN KETURUNAN YANG BAIK • DOA MOHON KEMULIAAN • DOA MOHON KESABARAN DAN PERTOLONGAN • DOA MOHON PERLINDUNGAN DARI KEDZALIMAN • DOA MUSTAJAB MEMBAKAR JIN IFRIT DAN PENGIKUTNYA • DOA MUSTAJAB MENGUSIR DAN MEMBAKAR PASUKAN IBLIS • DOA NABI IBRAHIM SEMASA DIBAKAR • DOA NABI SULAIMAN • DOA PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN SUMPAH JABATAN • DOA PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN RUMAH/GEDUNG/KANTOR/SEKOLAH/KAMPUS/MASJID • DOA PEMBUKA 12 PINTU • DOA PENERANG DAN PEMBUKA HATI • DOA PERLINDUNGAN BAGI ANAK • DOA SEBELUM DAN SETELAH SELESAI BEKERJA • DOA SEORANG ISTRI SHOLEHAH BUAT SUAMI TERCINTA • DOA TATKALA DIRUNDUNG GUNDAH, SEDIH, DAN PERASAAN TAK MENENTU • DOA UNTUK ACARA-ACARA FORMAL • DOA UNTUK MENGEMBALIKAN PEMBANTU YANG MINGGAT • DOA-DOA TOLAK BALA/BENCANA • DO’A SENANTIASA KELIHATAN CANTIK/TAMPAN DAN JUGA MENARIK • DUA BELAS ORANG YANG DI DO'AKAN OLEH MALAIKAT • DUA BELAS TIPS SEHAT BERPUASA DI BULAN RAMADHAN • DUA PULUH DUA MANFAAT DAN KHASIAT GINSENG UNTUK KESEHATAN • DZIKIR AMPUH SETELAH SHOLAT FARDHU • DZIKIR APABILA ADA ANGIN KENCANG/TOPAN/BADAI/DLL • DZIKIR DAN DOA SETELAH SHOLAT FARDHU • DZIKIR SETELAH SHOLAT DHUHA • DZIKIR TOLAK BALA • EKSOTISME CINTA • EMPAT TANDA-TANDA ANDA MEMPUNYAI KEMAMPUAN BATIN • ETIKA PEDAGANG DAN PENGUSAHA MUSLIM • ETIKA PERANG • FENOMENA MENPAN-RB TERKAIT PENGANAN " REBUS " • FENOMENA MISTIS • FIQIH PUASA • GOA PENINGGALAN JEPANG SELAMA DI INDONESIA • GOLONGAN MALAIKAT DAN PEMBAGIAN TUGASNYA • GURU ADALAH MANIFESTASI SEBUAH PERADABAN • HAK-HAK ISTERI DALAM POLIGAMI • HARIMAU DALAM SISI SUPRANATURAL • HIPNOTERAPI MENGHILANGKAN KECANDUAN • HIZIB AL-FATIHAH • IKHLAS • ILMU AHLI DALAM PENYAMARAN • ILMU HIKMAH PANAH JIBRIL • ILMU KEKUATAN SEJATI • ILMU MEMBACA PIKIRAN ORANG MELALUI TELEPATI • ILMU PERANG SUN TZU • ILMU PSIKOLOGI KEPRIBADIAN • ILMU PUKULAN MANGUN TAPA • ISTILAH DALAM BAHASA ARAB SEHARI-HARI • JENIS KARAKTER MANUSIA DALAM ILMU PSIKOLOGI • JENIS-JENIS AIR YANG DI GUNAKAN UNTUK BERWUDHU/BERSUCI • KARAKTER MANUSIA BERDASARKAN PSIKOLOGI • KAROMAH PARA WALI ALLAH • KE KHUSUSSAN SURAT AN-NAJM AYAT 58 • KEJADIAN – KEJADIAN LUAR BIASA YANG DIALAMI OLEH NABI DAN PARA WALI ALLAH • KENALI KEPRIBADIAN SESEORANG BERDASARKAN HURUF AWAL PADA NAMA • KERAPAN SAPI IKON BUDAYA MADURA YANG MENDUNIA • KEUTAMAAN 2 AYAT TERAKHIR SURAH AL BAQARAH • KEUTAMAAN AYAT KURSI (MULTIFUNGSI) • KHALID IBNU AL-WALID irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi KHASIAT SURAT AL-INFITHAR AYAT 1-5 • KIAT-KIAT MENJADI PEMIMPIN YANG HEBAT DAN SUKSES • KISAH DILEMPARKANNYA NABI IBRAHIM KEDALAM API • KISAH KHUSYUK DAN HIKMADNYA BANGSA JIN DALAM MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN • KISAH MENANGISNYA POHON KURMA PADA ZAMAN RASULULLAH SAW • KISAH NABI SAM'UN GOZI AS (SAMSON) • KISAH PENCURIAN JASAD NABI MUHAMMAD SAW • KISAH PERTEMPURAN PANDAWA LIMA VS KURAWA • KLASIK • KUNCI-KUNCI RIZKI • KWA • APA SIH TUJUAN BELAJAR ILMU?

• AYAT KAF 40 • KEPAHLAWANAN DIPONEGORO • KERIS KYAI NAGA SILOEMAN PANGERAN DIPONEGORO • OPINI MISTIK : ILMU HITAM DAN ILMU PUTIH • SEJARAH ASMAK SONGE RADJEH (ASR) • SHOLAWAT TIBIL QULUB DAN FAEDAHNYA • LAPORAN • LEGENDA MANUSIA HARIMAU DARI GUNUNG DEMPO • MAK LAMPIR, IBLIS AND THE FORCE BAGIAN KE – Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi • MAK LAMPIR, IBLIS AND THE FORCES • MAK LAMPIR, IBLIS AND THE FORCES BAGIAN KE – II • MAKNA HIDUP WEJANGAN SEORANG GURU KEPADA MURIDNYA • MALAIKAT PELINDUNG ANDA • MARI BERSAMA-SAMA AMALKAN DO'A QUNUT NAZILAH BAGI BANGSA PALESTINA • MAU TAU SIFAT DAN KARAKTER ANDA.???

• MAWAR HITAM • MELACAK SI PELAKU KRIMINAL DENGAN SIDIK JARI • MEMBUMIKAN HUKUM SPIRITUAL DI INDONESIA • MENANGANI SUATU KASUS DENGAN SISTEM IDENTIFIKASI MANUSIA • MENCARI JEJAK SANG GURU • MENCARI KHIDIR, MEMBURU ILMU HIKMAH • MENELUSURI PEMILIHAN CAPRES/CAWAPRES 2014 • MENGENAL AJI KESERABAN • MENGENAL JENIS DZIKIR • MENGENAL KHODAM JIN DAN KHODAM MALAIKAT • MENGETAHUI KONDISI PSIKOLOGIS SEORANG PENIPU • MENGGAPAI MAKRIFAT MELALUI METODE DZIKRULLOH BEBAS RUANG DAN WAKTU • MENILAI KONDISI PSIKOLOGIS SESEORANG KETIKA SEDANG MARAH • MENJAGA HATI AGAR TETAP BERSIH • MENYEMBUHKAN KEGELISAHAN DAN INSOMNIA (susah tidur) • MISTERI 9 ISTRI PRESIDEN SOEKARNO • MISTIK DI BALIK PENEMUAN PEDANG BERLAPIS EMAS DI ACEH • MISTIK KAYU WONGLEN • MISTIK PAKU EMAS • PARA NABI YANG MENDIAMI 7 TINGKATAN LANGIT • PEMBAGIAN TELEPATI • PEMIMPIN PANUTAN DAN BAWAHAN ANDALAN • PENDEKAR KUNGFU YANG MELEGENDA SEPANJANG SEJARAH • PENEMUAN KERIS RAKSASA DI SUNGAI KAPUAS • PENGARUH WARNA BERDASARKAN KEPRIBADIAN DAN KEJIWAAN • PENGUCAPAN KATA-KATA YANG BENAR YANG SERING SALAH DIARTIKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI • PENINGGALAN PURBAKALA DITEMUKANNYA di MALALAK • PENJABARAN LATIFAH MENURUT TASAWUF/THOREKAT • PERSEPSI TENTANG TUHAN • PESTA RAKYAT • PRAY FOR INDONESIA • PRESIDENT CINTA • PSIKOLOGI DON’T JUDGE A BOOK BY IT’S COVER • PSIKOLOGI KEPRIBADIAN POSTIVE THINKING DAN NEGATIVE THINKING • PSIKOLOGI MENGENAI INDERA KE ENAM • RATUSAN IKAN PARI TERDAMPAR SECARA MISTERIUS DI GAZA-PALESTINA • RDR MIKAIL • RENUNGAN BAGI ORANG YANG DITIMPA UJIAN/MUSIBAH • REVOLUSI MENTAL • RIBUAN PEJUANG JIHAD ISLAM MERAYAKAN KEMENANGAN DI GAZA • RUHANI DAN DZULMANI • SABDA PUITIS • SANG GURU SEJATI, mmm.Siapakah Dia.??

• SATU MIMPI SATU PLETON SATU BARISAN • SEJARAH DAN TOKOH HYPNOTHERAPY • SEJARAH KESULTANAN BANTEN • SEJARAH KHULAFAUR RASYIDIN, PARA KHOLIFAH YANG ARIF DAN BIJAKSANA • SEJARAH PENEMUAN ALAT PENDETEKSI KEBOHONGAN • SEJARAH SENI TARI BARONGSAI • SEJARAH SYARIAT, TAREKAT, HAKEKAT, DAN MAKRIFAT • SEJATINYA RASA DALAM MENGENAL GHOIB • SEKILAS BIOGRAFI MBAH KH.MOHAMMAD MA'ROEF RA.

(PENDIRI PONDOK PESANTREN KEDUNGLO) • SEMBILAN TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA • SEMBILAN WAKTU YANG DIANJURKAN MEMBACA SURAT AL-IKHLAS • SENI BUDAYA DAN TRADISI ISLAM NUSANTARA • SEPENGGAL KISAH WANITA PEJALAN SPIRITUAL • SEPULUH ANEKA PERMAINAN KHAS INDONESIA • SEPULUH JENDERAL TERKUAT DIDUNIA • SEPULUH TANDA KEBANGKITAN SPIRITUAL • SHALAHUDDIN AL-AYYUBI • SHOLAWAT AL – FARAJ • SHOLAWAT ASY-SYAMILAH • SHOLAWAT IBRAHIMIYAH • SHOLAWAT MEMPERBESAR REJEKI • SHOLAWAT MUNJIYAT • SHOLAWAT MUSTAJAB UNTUK MELUMPUHKAN ORANG DZOLIM • SHOLAWAT MUSTAJAB UNTUK PARA GURU DAN MURID • SHOLAWAT PELARIS ( bagi seseorang yang mengalami kesulitan ekonomi ) • SHOLAWAT UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN • SILATURAHIM bukan SILATURAHMI • SISTEM MILITER DAN STRATEGI PERANG RASULULLAH • SNOWDEN : PROGRAM DIRNSA INTAI TOKOH ISLAM PENGAKSES SITUS PORNO • SOMBONG VS TAWADHU • SPIRITUAL • STRATEGI MENGALAHKAN MUSUH YANG DZOLIM • SURAT WASIAT ALI BIN ABI THALIB • SURAT [Ar Ra'd/13:17] PENJELASAN ANTARA ILMU, AIR DAN KEBATHILAN • SUSUNAN ACARA TUNANGAN (LAMARAN) • SUSUNAN LENGKAP KABINET KERJA JOKOWI-JK • SYARAT DAN RUKUN POLIGAMI • TAHAPAN-TAHAPAN PEMBERSIHAN JIWA ( TAZKIYATUN NAFS ) • TAKTIK BERPERANG • TEATER RAKYAT • TEKHNIK PENYAMARAN PETEMBAK RUNDUK • TELEPATI DAN DOA MENYAMPAIKAN PIKIRAN DAN RASA KEPADA ORANG YANG KITA SAYANGI/PASANGAN YANG JAUH/KABUR/HILANG DARI RUMAH • TELEPATI.PENYAMPAIAN BAHASA MELALUI PIKIRAN DAN RASA • TEMPOE DOLOE, PRESIDEN SOEHARTO MENYAMAR SEBAGAI RAKYAT JELATA • TENANG DALAM SIKAP • TERAWANGAN KI JOKO KENDIL MENGENAI HILANGNYA AIR ASIA QZ8501 • TERJEBAK DI KLINIK BERHANTU • TERSENYUMLAH JIKALAU DIRIMU DI UJI • THABAQAT (Tingkatan) PARA SAHABAT BERDASARKAN ZAMAN/WAKTU • THARIQAH DALAM ALQUR'AN DAN SUNNAH • TIGA TUAK • TIK ?

• TIM BASARNAS KERAHKAN 60 KAPAL MENCARI PUING AIRASIA QZ 8501. • TIPS ANTI MALAS SHOLAT 5 WAKTU • TIPS MENGHADAPI CACIAN, HINAAN DAN OLOK-OLOK ORANG LAIN • TRADISI LOMPAT BATU FAHOMBO NIAS SEBAGAI RITUAL DAN SIMBOL BUDAYA ORANG NIAS • TUHANKU, IZINKAN AKU MENANGIS DI HADAPAN-MU • TUJUH CIRI KEDATANGAN KEMBALI NABI ISA A.S • TUJUH PINTU NERAKA DAN PENGHUNINYA • UCAPAN DAN DOA SELAMAT ULANG TAHUN UNTUK SESEORANG • UCAPAN SELAMAT UNTUK JOKOWI DAN JUSUF KALLA MENJADI PRESIDEN BARU RI TAHUN 2014-2019 • UCAPAN-UCAPAN YANG DIKATAKAN KETIKA ADA ORANG YANG MENINGGAL • UNGKAPAN KEGALAUAN CINTA BUAT KEKASIH • WAHYU, ILMU LADUNI, FIRASAT DAN KASYAF • WANITA TERCIPTA DARI TULANG RUSUK LAKI-LAKI • WANITA-WANITA CANTIK DALAM TOKOH PEWAYANGAN • YAH, BEGITULAH • ZIONIS-ISRAEL MENDAPATKAN PUKULAN TELAK DARI BRIGADE AL-QASSAM
Pengertian Mukjizat dan Kejadian Luar Biasa Lainnya (Karamah, Ma’unah, dan Irhas) 1.

Mukjizat Mukjizat berasal dari bahasa Arab معجزة yang artinya melemahkan, yaitu membuat sesuatu menjadi tidak mampu. Mukjizat merupakan sesuatu yang luar biasa sehingga manusia tidak mampu mendatangkan hal yang serupa. Menurut istilah, mu’jizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi dalam diri nabi atau rasul Allah SWT. Mukjizat bertujuan untuk membuktikan kenabian atau kerasulan seorang nabi atau rasul Allah SWT yang tidak dapat ditiru oleh siapapun dan untuk melemahkan segala macam usaha dan alasan orang kafir dan menentang islam, dan menyeru kepada umat agar percaya akan keesaan Allah.

Unsur yang harus ada dalam mukjizat, antara lain: 1) Kejadian luar biasa 2) Tampak pada diri seorang nabi 3) Ada tantangan dari kaum yang menyangsikan kedudukan seorang nabi 4) Manusia tidak mampu menandingi hal yang luar biasa tersebut. Lazimnya, nabi atau rasul menampakkan mukjizatnya hanya pada saat-saat yang sangat dibutuhkan, misalnya untuk membela diri atau menjawab tantangan orang- orang kafir.

Dalam al-Qur’an, mukjizat biasanya disebutkan dengan kata-kata ayat atau burhan,yang berarti bukti atau keterangan yang jelas. Allah SWT berfirman dalam Q.S. Asy-Su’ara’: 4 إِنْ نَشَأْ نُنَزِّلْ عَلَيْهِمْ مِنَ السَّمَاءِ آيَةً فَظَلَّتْ أَعْنَاقُهُمْ لَهَا خَاضِعِينَ “Jika kami kehendaki niscaya Kami menurunkan kepada mereka mukjizat dari langit, maka senantiasa kuduk-kuduk mereka tunduk kepadanya.” Setiap muslim wajib memercayai mukjizat yang dimiliki nabi dan rasul.

Mengingkari mukjizat nabi dan rasul berarti mengingkari ayat-ayat yang ada dalam al-Qur’an itu sendiri.

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

Jadi, orang yang mengingkari mukjizat nabi dan rasul termasuk orang kafir. Contoh Mukjizat yang Diberikan Kepada Rasul Allah Mukjizat yang diberikan oleh Allah antara lain sebagai berikut: 1) Nabi Ibrahim a.s Mukjizat Nabi Ibrahim a.s. adalah tidak hangus ketika dibakar oleh Raja Namrud. Jika orang biasa dibakar dalam kobaran api dalam suhu 170 0 C, tentu hangus terbakar dalam sekejap. Namun Nabi Ibrahim a.s. tidak terbakar sedikit pun, bahkan api terasa irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi oleh beliau.

Allah berfirman dalam Q.S. al-Anbiya’:69. قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلامًا عَلَى إِبْرَاهِيمَ Kami berfirman, “Hai api, jadikanlah dingin dan menjadi keselamatan bagi Ibrahim.” 2) Nabi Musa a.s Nabi Musa a.s merupakan nabi yang diutus untuk menyeru Bani Israil agar beriman kepada Allah.

Dakwahnya ditentang oleh seorang raja yang kejam dan durhaka kepada Allah yang bernama Fir’aun. Raja Fir’aun mengumpulkan para tukang sihir untuk mengalahkan Nabi Musa a.s. Para tukang sihir tersebut melemparkan tongkat-tongkat yang ada di tangan mereka dan menjelma menjadi ular-ular yang siap menyerang Nabi Musa a.s. Allah memerintahkan Nabi Musa a.s. melemparkan tongkat yang biasanya digunakan untuk menggembala kambingnya. Tongkat itu berubah menjadi ular besar dan menelan habis semua ular para tukang sihir tersebut.

Kisah ini termaktub dalam al-Qur’an Surah Toha ayat 19-21. 3) Nabi Muhammad saw. Mukjizat Nabi Muhammad saw. adalah sebagai berikut. a) Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar. b) Celah-celah jari beliau dapat memancarkan air yang diminum para sahabatnya.

c) Mi’raj ke Sidratul Muntaha dalam waktu yang singkat. 4) Nabi saleh a.s Nabi Saleh dapat mengeluarkan unta besar dari lubang batu yang sangat kecil. 5) Nabi Sulaiman a.s.

Kisah kehebatan Nabi Sulaiman a.s. dapat kita baca dalam surah Saba’ dan surah An-Nahl. Ia seorang nabi yang dapat berbicara dengan semua jenis binatang, termasuk dengan bangsa jin, contohnya Ifrid. Ia juga dapat mengendalikan angin. Ia juga seorang raja bagi manusia dan hewan dan berhasil mengislamkan ratu Bulqis yang sebelumnya menyembah berhala.

6) Nabi Isa a.s. Mukjizat Nabi Isa a.s. adalah sebagai berikut. a) Membuat burung dari tanah dan benar-benar hidup atas izin Allah. b) Menyembuhkan orang yang buta sehingga dapat melihat lagi. c) Menyembuhkan orang yang sakit lepra. d) Menghidupkan orang yang sudah meninggal dengan izin Allah. 2. Karamah Karamah berasal dari bahasa arab كرم berarti kemuliaan, keluhuran, dan anugerah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengistilahkan karomah dengan keramat diartikan suci dan dapat mengadakan sesuatu diluar kemampuan manusia biasa karena ketaqwaanya kepada Tuhan. Menurut ulama sufi, karamah berarti keadaan luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada para wali-Nya. Wali ialah orang yang beriman, bertakwa, dan beramal shaleh kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Q.S. Yunus: 62-64, أَلا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ۞ الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ۞ لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ …… “Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada rasa takut pada mereka, dan mereka tidak bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan di akhirat….” Ulama’ sufi meyakini bahwa para wali mempunyai keistimewaan, misalnya kemampuan melihat hal-hal ghaib yang tidak dimiliki oleh manusia umumnya.

Allah SWT dapat memberi karamah kepada orang beriman, takwa, dan beramal shaleh menurut kehendaknya. 1) Kejadian yang Dialami Seorang Ahli Ilmu pada masa Nabi Sulaiman a.s. Ketika Nabi Sulaiman a.s. sedang duduk di hadapan dengan para tentaranya yang terdiri atas manusia, hewan, dan jin, beliau meminta kepada mereka mendatangkan singgasana Ratu Bulqis.

Ada seorang yang berilmu berkata kepada Nabi Sulaiman a.s. menurut sebuah keterangan, orang yang berilmu itu bernama Asif. Perkataan orang berilmu tersebut diabadikan Allah SWT dalam firman-Nya Q.S. an-Naml: 40, قَالَ الَّذِي عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الْكِتَابِ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهُ قَالَ هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ “ Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”.

Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barang siapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barang siapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia”.

2) Kejadian yang Dialami Maryam binti Imran Nabi Zakaria a.s. menemukan makanan setiap hadir di mihrab Maryam binti Imran. Allah berfirman dalam Q.S. Ali Imran: 37, فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّى لَكِ هَذَا قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ “Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya.

Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”.

Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.” Peristiwa yang disaksikan Nabi Zakaria a.s. merupakan karamah yang dianugerahkan Allah SWT kepada maryam binti Imran.

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

Allah SWT mentakdirkan bahwa pengasuh Maryam adalah pamannya sendiri, yakni Nabi Zakaria a.s. 3. Ma’unah Ma’unah berarti pertolongan. Ma’unah adalah pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang mukmin untuk mengatasi kesulitan yang menurut akal sehat melebihi kemampuannya. Ma’unah terjadi pada orang yang biasa berkat pertolongan Allah.

Misalnya, orang yang terjebak dalam kobaran api yang sangat hebat, namun berkat ma’unah/pertolongan Allah, ia selamat. 4. Irhash Irhash adalah kejadian luar biasa atau hal-hal yang istimewa pada diri calon nabi atau Rasul ketika masih kecil. Contohnya, Muhammad saw. Selalu dinaungi awan sehingga kepanasan saat melakukan perjalanan dagang ke negeri Syam. Peristiwa yang terjadi pada diri Nabi Isa a.s. ketika beliau masih bayi dalam buaian ibunya, Maryam.

Pada saat masih bayi, Nabi isa dapat berbicara kepada orang-orang yang melecehkan ibunya. Pembicaraan Nabi Isa a.s. ketika masih bayi itu disebutkan dalam firman Allah, Q.S. Maryam: 29-33.

فَأَشَارَتْ إِلَيْهِ قَالُوا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَنْ كَانَ فِي الْمَهْدِ صَبِيًّا ۞ قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا ۞ وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ ‎ وَأَوْصَانِي بِالصَّلاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا ۞ وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا ۞ وَالسَّلامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا ۞ “Maka dia (Maryam) menunjuk kepada anaknya, mereka berkata “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?” Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku kitab Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada dan Dia memerintahkan kepadaku melaksanakan shalat dan menunaikan zakat selama hidup, dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.

Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.” · Macam-macam Mukjizat Menurut sifatnya, mukjizat dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu mukjizat hisyiah/kauniyah dan mukjizat maknawiyah/aqliyah.

1) Mukjizat hisyiah/kauniyah ialah mukjizat yang dapat dilihat, didengar, dirasakan, dan dipegang. Mukjizat hisyiah ditujukan kepada orang biasa, yang kurang mampu menggunakan akal pikirannya secara baik. Contohnya, mukjizat Nabi Nuh a.s. beliau membuat perahu untuk menghadapi banjir yang pada waktu itu tidak pernah dilakukan orang dan mustahil dapat dilakukan oleh orang biasa. Setelah perahu selesai dibuat, banjir datang dan sumber airnya datang dari tiap-tiap rumah penduduk yang kafir.

Akhirnya, semua penduduk kafir tenggelam sedangkan Nabi Nuh a.s. dan para pengikutnya selamat. 2) Mukjizat maknawiyah ialah mukjizat yang tidak dapat dilihat, didengar, dirasakan, dicium, dan dipegang.

Mukjizat maknawiyah hanya dapat dimengerti dan dikenal oleh orang-orang yang berpikir sehat, berbudi luhur, dan berperasaan halus. Contohnya mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad saw. berupa al-Qur’an. Tidak semua orang mau menerima petunjuk al-Qur’an. Hanya orang yang sehat, berbudi luhur, dan berperasaan halus yang sanggup menerima al-Qur’an dengan senang hati. Al-Qur’an memiliki keistimewaan yang luar biasa, salah satunya adalah dalam hal balaghah (sastra). Tidak ada seorang pun yang mampu menyusun atau merangkai kata-kata sebagaimana al-Qur’an meskipun hanya satu ayat · Perbedaan antara Mukjizat, Karamah, Ma’unah, dan Irhash Pada dasarnya mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhas adalah sama, yaitu anugerah Allah SWT yang diberikan kepada hamba-Nya.

Perbedaannya terletak pada siapa yang menerimanya. Perbedaan antara mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhas adalah sebagai berikut. a. Mukjizat diberikan kepada para nabi dan rasul. b. Karamah dianugerahkan kepada wali. c. Ma’unah diberikan kepada orang mukmin. d. Irhas dianugerahkan kepada calon nabi atau rasul Allah SWT (sebelum diangkat menjadi nabi dan rasul) Persamaan antara mukjizat, karomah, ma’unah dan irhas adalah sama-sama datangnya dari Allah SWT.

Orang yang diberikan mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhas pantas diteladani hidupnya, karena mukjizat, karamah, ma’unah, dan irhas hanya diberikan kepada irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi Allah SWT yang bertakwa dan beramal shaleh. · Hikmah Mukjizat Hikmah adanya mukjizat adalah sebagai berikut. a. Melemahkan dan mengalahkan alasan,usaha,dan tipu daya orang-orang yang menentang dakwah rasul allah. b.

Bagi yang telah percaya kepada kenabian maka mukjizat akan berfungsi untuk memperkuat iman serta menambah keyakinan akan kekuasaan Allah SWT. c. Membuktikan kebenaran rasul yang diutus Allah dan ajaran – ajarannya.

· Hikmah Karamah, Ma’unah, dan Irhash Hikmah adanya karamah, ma’unah, dan irhas adalah sebagai berikut. a. Mempertebal iman kepada Allah SWT.

b. Mendekatkan diri kepada Allah. c. Tidak takut akan kesulitan, karena yakin Allah selalu memberikan pertolongan kepada hambanya yang beriman dan bertakwa. Sumber: Al-Azhar, Aqidah akhlaq Mts, Gresik: Putra Kembar Jaya. Al-Qusyairi, Syarif, Kamus Akbar Arab-Indonesia, Surabaya: Giri Utama, 2009.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro,2000. Departement Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. Jazam, Abdullah; Ridho, Ahmad Rasyid; Hidayat, Masykur, Modul Pembelajaran Akidah Akhlak, Jakarta: Arafah Mitra Utama, 2008. Katsir, Ibnu, Kisah Para Nabi, Jakarta: Pustaka Azzam, 2007.

Search for: • Recent Posts • SEJARAH MBAH SLAGAH PEJUANG KOTA PASURUAN • Protected: AGAMA ISLAM 6 2020 • SUDAH PATUTKAH KITA BAHAGIA? • KHUTBAH BULAN ROJAB • NAUNGAN ALLAH PADA 7 ORANG DI PADANG MAHSYAR • Categories • Bahtsul Masail Diniyah • Berbagai Info • Diktat Kuliah • Fiqih Wanita • Hukum Islam • Journal Penelitian • Khutbah-bulan Rajab • Khutbah-bulan Ramadlon • Khutbah-bulan Sya'ban • Khutbah-Hari Raya • KITAB GRATIS PARA ULAMA ASWAJA • Kumpulan Doa • Kumpulan Khutbah • Kumpulan Kitab syeh M.

Ramadlon Al Bouthi • Makalah Agama Islam • Makalah Agama Islam 2 • MANAQIBUL ULAMA • Pendidikan anak • Pengetahuan Umum • Archives • May 2021 • March 2020 • May 2019 • March 2019 • December 2018 • May 2018 • January 2018 • October 2017 • June 2017 • March 2017 • December 2016 • November 2016 • October 2016 • July 2016 • May 2016 • April 2016 • March 2016 • February 2016 • January 2016 • December 2015 • November 2015 • October 2015 • September 2015 • July 2015 • April 2015 • March 2015 • February 2015 • January 2015 • December 2014 • November 2014 • October 2014 • September 2014 • August 2014 • July 2014 • June 2014 • May 2014 • April 2014 • March 2014 • February 2014 • January 2014 • December 2013 • November 2013 • October 2013 • September 2013 • August 2013 • July 2013 • June 2013 • May 2013 • April 2013 • March 2013 • February 2013 • January 2013 • December 2012 • November 2012 • MGMT6138- Leadership and Organizational Behaviour LEARNING OUTCOMES LO3 Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keuntungan dan tantangan dari beberapa alternatif yang diambil dalam mencapai kinerja yang tinggi baik dalam level individu, tim, dan level organisasi.

LO4 Mahasiswa diharapkan mampu memberikan evaluasi dan rekomendasi dalam upaya meningkatkan kinerja individu, tim, dan organisasi. OUTLINE MATERI (Sub-Topic): - Groups and Teams - Managing Conflict and Negotiations - Power, Politics, and Empowerment MGMT6138- Leadership and Organizational Behaviour ISI MATERI A. Group and Team Secara umum, group atau kelompok didefinisikan sebagai dua orang atau lebih berkumpul dan berinteraksi serta saling tergantung untuk mencapai tujuan tertentu.

Sebuah kelompok dapat berbentuk formal dan informal. Kelompok formal adalah kelompok yang sengaja dibentuk dengan keputusan manajer melalui bagian organisasi untuk menyelesaikan suatu tugas secara efisien dan efektif. Sedangkan, kelompok informal adalah suatu kelompok yang tidak dibentuk secara formal melalui struktur organisasi, yang muncul karena adanya kebutuhan akan kontak sosial.

Kelompok formal dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kelompok komando ( command group) dan kelompok tugas (task group). Kelompok komando adalah kelompok yang ditentukan oleh bagian organisasi dan melakukan tugas-tugas rutin organisasi.

Kelompok ini terdiri dari bawahan yang melapor dan bertanggung jawab langsung kepada pemimpin tertentu, misalnya departemen-departemen yang ada dalam perusahaan merupakan contoh dari kelompok komando. Sedangkan, kelompok tugas adalah suatu kelompok yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek tertentu. Anggota kelompok ini biasanya terdiri dari berbagai unit dalam organisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan akan keterampilan dan keahlian yang diperlukan untuk melaksanakan tugas atau proyek tersebut.

Misalnya satuan tugas yang dibentuk oleh manajer perusahaan untuk mengendalikan/menurunkan biaya operasional sebesar 20%. Kelompok informal dibedakan menjadi dua yaitu kelompok persahabatan dan kelompok kepentingan. Kelompok persahabatan merupakan kelompok yang terbentuk karena ada kesamaan-kesamaan tentang suatu hal, seperti kesamaan dalam hobi, status perkawinan, jenis kelamin, latar belakang, pandangan politik dan lain sebagainya. Sedangkan, kelompok kepentingan merupakan kelompok yang berafiliasi untuk mencapai sasaran yang sama.

Sasaran jenis kelompok ini tidak berkaitan dengan tujuan organisasi tetapi semata-mata untuk mencapai kepentingan kelompok itu sendiri. • Company About Us Scholarships Sitemap Q&A Archive Standardized Tests Education Summit • Get Course Hero iOS Android Chrome Extension Educators Tutors • Careers Leadership Careers Campus Rep Program • Help Contact Us FAQ Feedback • Legal Copyright Policy Academic Integrity Our Honor Code Privacy Policy Terms of Use Attributions • Connect with Us College Life Facebook Twitter LinkedIn YouTube Instagram
Para pemuda yang menjadi anggota Heiho mendapatkan pendidikan militer dan mendapat latihan untuk menggunakan senjata dan kendaraan perang.

Tujuan pembentukan Heiho adalah melatih para pemuda Indonesia untuk menjadi pasukan cadangan dan membantu prajurit Jepang di dalam peperangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
★ SMP Kelas 7 / Menuntut Ilmu - PAI SMP Kelas 7 Salah satu keistimewaan orang yang berilmu adalah… A. Diangkat derajatnya oleh Allah Swt B. Diangkat penyakitnya oleh Allah Swt C. Menjadi sampah masyarakat D. Menjadi idola masyarakat Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Ujian Tengah Semester 1 Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi MID UTS IPS SMP MTs Kelas 7 Masa pra aksara disebut juga dengan masa …… A.

Pra sejarah B. Pra huruf C. Pra berburu D. Plestosin Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia. Materi Latihan Soal Lainnya: • Kegiatan Ekonomi - IPS SD Kelas 4 • UAS Geografi SMA Kelas 11 • Seni Budaya Tema 3 SD Kelas 6 • PAS Prakarya SMA Kelas 11 • Tema 6 Subtema 4 SD Kelas 2 • Al-Quran Hadits MI Kelas 6 • Tema 6 Subtema 1 SD Kelas 1 • PAT Ekonomi SMA Kelas 11 • Tema 4 Subtema 1 SD Kelas 5 • Lahirnya Pancasila - IPS SD Kelas 5 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •BAB I PENDAHULUAN Didalam Islam terdapat sebuah keajaiban yang diberikan kepada hamba Allah yang takwa, seperti mu’jizat, karomah,maunah dan irhash.

Dan yang dimaksud dengan kemu'jizatan, karomah,maunah dan irhash. Bukan berarti melemahkan manusia, artinya memberi pengertian kepada mereka dengan kelemahannya untuk mendatangkan kyakinan, karena hal itu telah dimaklumi oleh setiap orang yang berakal, tetapi maksudnya adalah untuk menjelaskan bahwa karomah,maunah dan irhash untuk membuat mereka yakin akan keberadaan Allah.

Tujuannya hanya untuk melahirkan kebenaran mereka, menetapkan bahwa yang mereka bawa adalah semata-mata pemberian dari Dzat Yang Maha Bijaksana, dan diturunkan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Mereka hanyalah menyampaikan risalah Allah dan tiada lain tugasnya hanya memberitahukan dan menyampaikan. Oleh karena itu mu'jizat karomah,maunah dan irhash, adalah dalil-dalil dari Allah SWT. kepada hamba-Nya untuk membenarkan rasul-rasul dan nabi-nabi. Dengan perantaraan mu'izat, karomah,maunah dan irhash.

ini, seolah-olah Allah bersabda: "Benar hamba-Ku dalam hal yang ia sampaikan dari Aku, dan Aku mengutusnya agar ia menyampaikan sesuatu kepadamu". Rumusam masalah a. Menjelaskan makna mu’jizat, karomah,maunah dan irhash. b. Menjelaskan orang-orang yang pantas mendapatkanya BAB II PEMBAHASAN A. Memahami pengertian 1. Mu’jizat Beberapa Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi Mengenai Mukjizat a.

Secara Bahasa Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi Mu’jizat adalah isim fa’il yg diambil dari fi’il madhi arti melemahkan yg kata itu berasal dari kata yg berarti lemah lawan dari kata yg berarti mampu.

Jadi ungkapan mu’jizat Nabi berarti sesuatu yg melemahkan lawan saat berhadapan. Secara Istilah Para ulama memberikan beberapa definisi tentang mu’jizat di antaranya: Mu’jizat adalah suatu perkara yg luar biasa dan tidak bisa ditandingi yg disertai degan tantangan dgn maksud membuktikan kebenaran seseorang yg mengaku bahwa diri adalah rasul.

Ibnu Hamdan mendefinisikan: “Mu’jizat adl suatu keluarbiasaan baik ucapan atau perbuatan jika diiringi dan tepat degan pengakuan kerasulan serta sesuai dengannya. Awal mula dalam rangka tantangan. Dan tidak seorangpun yang mampu melakukan menyamai bahkan mendekati sekalipun.” Nama Lain Mu’jizat Mu’jizat disebut juga dengan Ayat Burhan Dala‘il Nubuwwah dan A’lam Nubuwwah.

Ibnu Taimiyyah mengatakan: “Lafadz-lafadz ini tadi bila dijadikan sebagai nama Ayat kenabian sebenar lbh tepat menjelaskan maksud dan tujuan dibandingkan lafadz Mu’jizat. Oleh karena lafadz Mu’jizat tdk ada dlm Al-Qur`an dan As-Sunnah justru yang ada di dalam dengan sebutan Ayat Bayyinah dan Burhan.

Ahlul kalam tidaklah menyebut Mu’jizat kecuali yg melekat pada Nabi saja.

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

Adapun yang untuk wali mereka menyebut Karamah. b. Dan ada yang mendinifisikan mujizat adalah tanda atau bukti menakjubkan yang diberikan oleh Allah supaya manusia percaya kepada Nya. c. Dalam bahasa asing mu'jizat itu disebut miracle seperti yang berlaku pada Musa dengan tongkatnya yang menjadi ular atau telapak tangannya menjadi putih bersinar terang.

d. Mu'jizat dinamakan mu'jizat (melemahkan) karena manusia lemah untuk mendatangkan sesamanya, sebab mu'jizat berupa hal yang irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi dengan adat. e. Pengertian Mukjizat Menurut Agama Islam Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001) kata mukjizat diartikan sebagai “kejadian ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia” menurut Quraish Shihab pengertian kata ini tidak sama dengan pengertian kata tersebut dalam istilah agama islam.

Kata mukjizat diambil dari kata bahasa Arab a’jaza yang berarti melemahkan atau menjadikan tidak mampu. Pelakunya (yang melemahkan) dinamai mu’jiz dan bila kemampuannya melemahkan pihak lain amat menonjol sehingga mampu membungkam lawan, maka dinamai mu’jizat. Tambahan ta’ marbuthah pada akhir kata itu mengandung makna mubalaghah (superlatif).

Oleh para pakar agama islam mukjizat antara lain didefinisikan sebagai “suatu hal atau peristiwa luar biasa yang terjadi melalui seseorang yang mengaku nabi, sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada yang ragu, untuk melakukan atau mendatangkan hal serupa, namun mereka tidak mampu melayani tantangan itu.

Menurut Quraish Shihab (1998) secara garis besar mukjizat dibagi kedalam mukjizat yang bersifat material indrawi lagi tidak kekal dan mukjizat immaterial, logis dan dapat dibuktikan sepanjang masa. Mukjizat nabi-nabi terdahulu kesemuanya merupakan jenis yang pertama. Mukjizat mereka bersifat material dan indrawi dalam arti dapat disaksikan atau dijangkau lewat indra secara langsung, misalnya perahu nabu Nuh as, tidak terbakarnya nabi Ibrahim as, tongkat nabi Musa as dan penyembuhan yang dilakukan oleh nabi Isa as atas izin allah swt.

Hal ini berbeda dengan mukjizat nabi Muhammad saw, yang bukan indrawi atau material, namun dapat dipahami oleh akal, misalnya mukjizat Al Qur’an. Contoh Mujizat nabi besar Muhammad Saw Misteri Terbelahnya bulan dan bersatu kembali adalah mukjizat. Dan Al-Qur'an Suci adalah mukjizat abadi Nabi terakhir Saw dan Mukjizat para nabi sebelumnya seperti Nabi Ibrahim as, Nabi Musa as dan Nabi Isa as, masing-masing Nabi ini mendapat Kitab suci dan juga memiliki mukjizat,tidak identik dengan Kitab-kitab suci mereka.

Mereka melakukan perbuatan mukjizat seperti mengubah api yang berkobar menjadi "dingin dan damai", mengubah tongkat kayu menjadi ular besar, dan menghidupkan orang mati. Jelaslah mukjizat-mukjizat ini sementara sifatnya. Namun untuk Nabi terakhir saw, Kitab sucinya itu sendiri merupakan mukjizatnya.

Kitab sucinya merupakan bukti kenabiannya. Dengan demikian, mukjizat Nabi terakhir saw, tak seperti mukjizat yang lain, abadi sifatnya, bukan dimaksudkan hanya untuk sementara waktu. 2.

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

Unsur-unsur yang menyertai mukjizat Dari definisi mukjizat di atas kita dapat memahami bahwa terdapat beberapa unsure yang menyertai mukjizat yakni: Pertama, adanya hal atau peristiwa luar biasa. Menurut Quraish Shihab (1998) yang dimaksud dengan luar biasa adalahsesuatu yang berada di luar jangkauan sebab dan akibat yang diketahui secara umumhukum-hukumnya.

Peristiwa-peristiwa alam misalnya yang terlihat sehari-hari, walaupun menakjubkan tidak dinamai mukjizat karena ia telah merupakan sesuatu yang biasa. Demikian halnya dengan hipnotisme atau sihir,walaupun sekilas ia terlihat ajaib dan luar biasa, keduanya bukanlah hal atau sesuatu yang luar biasa karena ia dapat dipelajari. Kedua, terjadi atau dipaparkan oleh seorang yang mengaku nabi. Tidak mustahil terjadi hal-hal diluar kebiasaan pada diri siapa pun. Namun jika bukan dari seseorang yang mengaku nabi, maka ia tidak dinamai mukjizat, namun irhash atau karamah (kekeramatan), bahkan tidak mustahil terjadi pada orang yang durhaka pada Allah swt dan hal ini disebut ihanah (penghinaan) atau istidraj (“rangsangan” untuk lebih durhaka) Berawal dari hal tersebut umat islam memiliki keyakinan bahwa Muhammad saw adalah nabi terakhir.

Konsekuensi dari keyakinan tersebut yakni tidak mungkin lagi adanya mukjizat sepeninggal Nabi saw, walaupun ini bukan berarti bahwa keluarbiasaan tidak dapat lagi terjadi dewasa ini. Ketiga, mengandung tantangan terhadap yang meragukan kenabian.

Tantangan ini meski berbarengan dengan pengakuan sebagai nabi. Disamping itu tantangan tersebut juga sejalan dengan ucapan sang nabi.

Misalnya jika ia berkata “batu ini dapat berbicara” tetapi ketika batu tersebut berbicara bahwa “sang penantang berbohong” maka keluarbiasaan ini bukanlah suatu mukjizat tetapi ihanah atau ihanah atau istidraj.

Hal ini misalnya di jelaskan dalam Al-Qur'an yang merupakan satu-satunya kitab samawi yang dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa tidak seorang pun yang mampu mendatangkan kitab sepertinya, meskipun seluruh manusia dan jin berkumpul untuk melakukan hal itu.

Bahkan, mereka tidak akan mampu sekalipun untuk menyusun, misalnya, sepuluh surat saja atau malah satu surat pendek sekalipun yang hanya mencakup satu baris saja Oleh karena itu, Al-Qur'an menantang seluruh umat manusia untuk melakukan hal itu.

Dan banyak sekali ayat-ayat Al-Qur'an yang menekankan tantangan tersebut. Sesungguhnya ketidakmampuan mereka untuk mendatangkan hal yang sama dan memenuhi tantangan tersebut merupakan bukti atas kebenaran kitab suci itu dan risalah Nabi Muhammad saw dari Allah SWT Dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi telah membuktikan pengakuannya sebagai mukjizat.

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

Sebagaimana Rasul saw, pembawa kitab ini, tersebut telah menyampaikannya kepada umat manusia sebagai mukjizat yang abadi dan bukti yang kuat atas kenabiannya hingga akhir masa. Keempat, tantangan tersebut tidak mampu atau gagal dilayani.

Bila yang ditantang berhasil melakukan hal serupa, bahwa ini berarti bahwa pengakuan sang penantang tidak terbukti, disisi lain kandungan tantangan harus benar-benar dipahami oleh yang ditantang. Bahkan untuk lebih membuktikan kegagalan mereka, biasanya aspek kemukjizatan masing-masing nabi adalah hal-hal yang sesuai dengan bidang keahlian umatnya. contoh untuk hal ini misalnya mukjizat nabi Musa as yakni tongkat yang bisa berubah menjadi ular (Q.S.

Thaha ayat 63-76). Mukjizat nabi Shaleh as kepada kaum Tsamud yang amat gandrung melukis dan memahat, maka oleh allah swt Nabi Saleh as diberi mukjizat berupa seekor unta yang benar-benar hidup dari batu karang yang kemudian mereka lihat makan dan minum (Q.S.

Al A’raf ayat 73 dan Q.S. Asy Syu’ara’ ayat 155-156 dan hukuman terhadap kaum Tsamud dalam Q.S. Asy Syams ayat 13-15). Demikian halnya dengan mukjizat nabi Isa as dalam hal pengobatan (Q.S. Ali Imran ayat 49).

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

3. Tujuan dan fungsi mukjizat Mukjizat memiliki fungsi sebagai bukti kebenaran para nabi. Namun demikian bagi yang telah percaya kepada kenabian maka mukjizat akan berfungsi untuk memperkuat iman serta menambah keyakinan akan kekuasaan Allah SWT.

A. Memahami pengertian 1. Karomah a. Karomah menurut bahasa/lughoh sama dengan Aza-zah artinya kemuliaan (munjid hal 682). Pengertian karomah menurut Syeck Ibrahim Al Bajuri dalam kitabnya “Tuhfatul Murid” hal 91 bahwa karomah adalah” sesuatu luar biasa yang tampak dari kekuasaan seorang hamba yang telah jelas kebaikannya yang diteyapkan karena adanya ketekunan didalam mengikuti syariat nabi dam mempunyai i’tiqod yang benar” b.

Menurut Hakim At-Tirmidz Adapun yang dimaksud karamah al-awliya’ tiada lain, kemuliaan, kehormatan,(al-ikram); penghargaan (al-taqdir); dan persahabatan (al-wala) yang dimiliki para wali Allah berkat penghargaan, kecintaan dan pertolongan Allah kepada mereka. Karamah al-awliya itu, dalam pandangan Hakim at-Tirmidzi, merupakan salah satu ciri para wali secara lahiriah (‘alamat al-awliya’ fi al-zhahir) yang juga dinamakannya al-ayat atau tanda-tanda.

c. Karamah secara bahasa adalah kemuliaan, namun secara istilah dalam agama maka banyak makna yg berbeda, yaitu pada muamalah (pergaulan) karamah adalah orang yg mulia dan dermawan, pada bab Tasawwuf karamah adalah kelebihan yg Allah berikan pada orang yg shalih berupa keajaiban d.

Imam Qusyairi menjelaskan karomah sebagai penampakan karomah merupakan tanda-tanda kebenaran sikap dan kelakuan seseorang. Barangsiapa yang tidak benar sikap dan kelakuannya, maka tidak dapat menunjukkan kekaromahannya.

Dan Allah yang maha Qodim memberi tahu kepada kita agar membedakan orang yang benar dan mana yang batil. [Abul Qosim Abdul Karim Hawazim Qusyairi Naisabury, Risaltul Qusyairiyah, Darul Khoir, halaman 353] e. Karomah ialah suatu perkara (mencakup ucapan dan perbuatan) yang telah melanggar (keluar) dari adat kebiasaan manusia, yang selamat dari berbagai sanggahan (hal-hal yang membatalkannya) yang Allah berikan kepada hambanya yang shalih.

f. Istilah karomah berasal dari bahasa Arab. Secara bahasa berarti mulia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengistilahkan karomah dengan keramat diartikan suci dan dapat mengadakan sesuatu diluar kemampuan manusia biasa karena ketaqwaanya kepada Tuhan.

[Dept. P&K, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka Jakarta, halaman 483] g. Syaikh Thohir bin Sholeh Al-Jazairi mengartikan kata karomah adalah perkara luar biasa yang tampak pada seorang wali yang tidak disertai dengan pengakuan seorang Nabi. [Thohir bin Sholeh Al-Jazairi, Jawahirul Kalamiyah, terjemahan Jakfar Amir, Penerbit Raja Murah Pekalongan, hal.

40] B. Klasifikasi manusia yang mendapatkan karomah: 1. Wali Aqthab atau Wali Quthub Wali yang sangat paripurna. Ia memimpin dan menguasai wali diseluruh alam semesta. Jumlahnya hanya seorang setiap masa. Jika wali ini wafat, maka Wali Quthub lainnya yang menggantikan. 2. Wali Aimmah Pembantu Wali Quthub. Posisi mereka menggantikan Wali Quthub jika wafat. Jumlahnya dua orang dalam setiap masa. Seorang bernama Abdur Robbi, bertugas menyaksikan alam malakut.

Dan lainnya bernama Abdul Malik, bertugas menyaksikan alam malaikat. 3. Wali Autad Jumlahnya empat orang. Berada di empat wilayah penjuru mata angin, yang masing-masing menguasai wilayahnya. Pusat wilayah berada di Kakbah. Kadang dalam Wali Autad terdapat juga wanita. Mereka bergelar Abdul Haiyi, Abdul Alim, Abdul Qadir dan Abdu Murid. 4. Wali Abdal Abdal berarti pengganti. Dinamakan demikian karena jika meninggal di suatu tempat, mereka menunjuk penggantinya.

Jumlah Wali Abdal sebanyak tujuh orang, yang menguasai ketujuh iklim. Pengarang kitab Futuhatul Makkiyah dan Fushus Hikam yang terkenal itu, mengaku pernah melihat dan bergaul baik dengan ke tujuh Wali Abdal di Makkatul Mukarramah. Pada tahun 586 di Spanyol, Ibnu Arabi bertemu Wali Abdal bernama Musa al-Baidarani. Abdul Madjid bin Salamah sahabat Ibnu Arabi pernah bertemu Wali Abdal bernama Mu’az bin al-Asyrash. Beliau kemudian menanyakan bagaimana cara mencapai kedudukan Wali Abdal.

Ia menjawab dengan lapar, tidak tidur dimalam hari, banyak diam dan mengasingkan diri dari keramaian. 5. Wali Nuqoba’ Jumlah mereka sebanyak 12 orang dalam setiap masa. Allah memahamkan mereka tentang hukum syariat. Dengan demikian mereka akan segera menyadari terhadap semua tipuan hawa nafsu dan iblis. Jika Wali Nuqoba’ melihat bekas telapak kaki seseorang diatas tanah, mereka mengetahui apakah jejak orang alim atau bodoh, orang baik atau tidak.

6. Wali Nujaba’ Jumlahnya mereka sebanyak 8 orang dalam setiap masa. 7. Wali Hawariyyun Berasal dari kata hawari, yang berarti pembela. Ia adalah orang yang membela agama Allah, baik dengan argumen maupun senjata.

Pada zaman nabi Muhammad sebagai Hawari adalah Zubair bin Awam. Allah menganugerahkan kepada Wali Hawariyyun ilmu pengetahuan, keberanian dan ketekunan dalam beribadah. 8. Wali Rajabiyyun Dinamakan demikian, karena karomahnya muncul selalu dalam bulan Rajab. Jumlah mereka sebanyak 40 orang. Terdapat di berbagai negara dan antara mereka saling mengenal.

Wali Rajabiyyun dapat mengetahui batin seseorang. Wali ini setiap awal bulan Rajab, badannya terasa berat bagaikan terhimpit langit. Mereka berbaring diatas ranjang dengan tubuh kaku tak bergerak. Bahkan, akan terlihat kedua pelupuk matanya tidak berkedip hingga sore hari. Keesokan harinya perasaan seperti itu baru berkurang.

Pada hari ketiga, mereka menyaksikan peristiwa ghaib. Berbagai rahasia kebesaran Allah tersingkap, padahal mereka masih tetap berbaring diatas ranjang. Keadaan Wali Rajabiyyun tetap demikian, sesudah 3 hari baru bisa berbicara. Apabila bulan Rajab berakhir, bagaikan terlepas dari ikatan lalu bangun. Ia akan kembali ke posisinya semula. Jika mereka seorang pedagang, maka akan kembali ke pekerjaannya sehari-hari sebagai pedagang.

9. Wali Khatam Khatam berarti penutup. Jumlahnya hanya seorang dalam setiap masa. Wali Khatam bertugas menguasai dan mengurus wilayah kekuasaan ummat nabi Muhammd,saw. A. Memahami Pengertian 1. Maunah a. Dalam kamus Lisanul 'Arab, kata ma'unah dari 'awana,mashdar-nya adalah al'aun dan mu'awanah dan juga ma'unah kata kata tersebut suka dikiaskan dengan arti pertolongan, bantuan.

Itu jika kita kaji secara bahasa saja. b. Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi pandangan Islam, ma'unah pertolongan dari Allah dapat kita minta dengan cara yang telah ditentukan Allah dalam Alquran dan juga petunjuk Nabi-Nya, sebagaimana Allah menyatakan dalam Al-Quran, "Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan." (Al-Fatihah: 5). Kemudian pada ayat lain "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.

Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu." (Al-Baqarah: 45). c. Dalam kamus Lisanul 'Arab, kata ma'unah dari 'awana,mashdar-nya adalah al'aun dan mu'awanah dan juga ma'unah kata kata tersebut suka dikiaskan dengan arti pertolongan, bantuan. Itu jika kita kaji secara bahasa saja.

Dalam pandangan Islam, ma'unah pertolongan dari Allah dapat kita minta dengan cara yang telah ditentukan Allah dalam Alquran dan juga petunjuk Nabi-Nya, sebagaimana Allah menyatakan dalam Al-Quran, "Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan." (Al-Fatihah: 5).

Dalam kamus Lisanul 'Arab, kata ma'unah dari 'awana,mashdar-nya adalah al'aun dan mu'awanah dan juga ma'unah kata kata tersebut suka dikiaskan dengan arti pertolongan, bantuan. Itu jika kita kaji secara bahasa saja. Dalam pandangan Islam, ma'unah pertolongan dari Allah dapat kita minta dengan cara yang telah ditentukan Allah dalam Alquran dan juga petunjuk Nabi-Nya, sebagaimana Allah menyatakan dalam Al-Quran, "Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan." (Al-Fatihah: 5).

2. Irhash Irhash adalah sesuatu yang luar biasa yang diberikan Allah kepada seseorang yang dipersiapkan untuk membawa risalah.

Seperti melindunginya awan atas Nabi Muhammad Saw sebelum Pengutusan beliau. Dapat dikatakan Irkhash adalah sesuatu yang diberikan kepada calon Nabi berupa keluarbiasaan. BAB III KESIMPULAN Secara Bahasa Kata Mu’jizat adalah isim fa’il yg diambil dari fi’il madhi arti melemahkan yg kata itu berasal dari kata yg berarti lemah lawan dari kata yg berarti mampu.

Jadi ungkapan mu’jizat Nabi berarti sesuatu yg melemahkan lawan saat berhadapan. Secara Istilah Para ulama memberikan beberapa definisi tentang mu’jizat di antaranya: Mu’jizat adalah suatu perkara yg luar biasa dan tidak bisa ditandingi yg disertai degan tantangan dgn maksud membuktikan kebenaran seseorang yg mengaku bahwa diri adalah rasul. Ibnu Hamdan mendefinisikan: “Mu’jizat adl suatu keluarbiasaan baik ucapan atau perbuatan jika diiringi dan tepat degan pengakuan kerasulan serta sesuai dengannya.

Awal mula dalam rangka tantangan. Dan tdk seorangpun yg mampu melakukan menyamai bahkan mendekati sekalipun. Karomah menurut bahasa/lughoh sama dengan Aza-zah artinya kemuliaan (munjid hal 682). Pengertian karomah menurut Syeck Ibrahim Al Bajuri dalam kitabnya “tuhfatul Murid” hal 91 bahwa karomah adalah” sesuatu luar biasa yang tampak dari kekuasaan seorang hamba yang telah jelas kebaikannya yang diteyapkan karena adanya ketekunan didalam mengikuti syariat nabi dam mempunyai i’tiqod yang benar” Dalam kamus Lisanul 'Arab, irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi ma'unah dari 'awana,mashdar-nya adalah al'aun dan irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi dan juga ma'unah kata kata tersebut suka dikiaskan dengan arti pertolongan, bantuan.

Itu jika kita kaji secara bahasa saja. Irhash adalah sesuatu yang luar biasa yang diberikan Allah kepada seseorang yang dipersiapkan untuk membawa risalah.

Seperti melindunginya awan atas Nabi Muhammad Saw sebelum Pengutusan beliau. Dapat dikatakan Irkhash adalah sesuatu yang diberikan kepada calon Nabi berupa keluarbiasaan. • ▼ 2012 (301) • ► Juli (15) • ► Juni (19) • ► Mei (51) • ▼ April (91) • BUAH KESABARAN • Contoh surat lamaran dalam bhs inggris • Bahaya Masa Bodo Untuk Mempelajari Islam • Izinkan Aku Menikah Tanpa Pacaran • Keyakinan dalam Diri. • Jagalah Diri dan Keluarga dari Api Neraka. • 10 Hak Ukhuwah dan Kasih Sayang • Doa Khatam Al Qur’an • SIFAT WAJIB BAGI ALLAH SWT • PETUAH IMAM SYAFI’IE • 73 Penyebab Kerusakan • Sesama Muslim Bersaudara • JADIKAN DUNIA MENJADI AKHIRAT • Kumpulan Teka-Teki Lucu • Aku Ingin Bertaubat • Resep Hidup Bahagia • Keutamaan Taubat • CARA BERTAUBAT • Taubat • KRITERIA PRIA IDAMAN • Hukum Pengobatan Alternatif 2 • Hukum Pengobatan Alternatif • Berbakti kepada Kedua Orang Tua • Agar tak Salah Langkah (Hukum dan Macam Pernikahan) • Ketahuilah, Tidak Ada Bid’ah Hasanah!!

• Tertutupnya Pintu Tobat • Berhati-hatilah dalam bersholawat • Memaknai Syukur Nikmat • Paham Agama, Syarat Utama Menjadi Baik di Sisi All.

• Bolehkah Sengaja Menampakkan Amal Shalih Agar Ditiru? • Bukti Keistimewaan Wanita Dalam Islam • Kedamaian Hati Dalam Iman • Nasihat Agung bagi Wanita Muslimah • Wasiat Agung untuk Kaum Perempuan • Bagaimana dengan Shalatmu • Keutamaan Wanita • Untukmu.

• 3 Tanda kebahagiaan&Dzikir dan Syukur yang sebenarnya • Membaca Alqur'an disisi Kuburan • Tampakkanlah Nikmat Alloh • Kejelekan diganti Kebaikan • Barang yang Haram diperjualbelikan • Niat syarat seluruh Amal.

• Hari-Hari yang Dilarang Puasa • Kelebihan hari Sabtu dalam Islam • Manusia • Menikahi Janda • Berita Gaib Antara Kufur dan Iman • Iradah dan Masyi’ah • Tanda-tanda Kekuasaan Allah di Akhir Zaman • Penghalang Malaikat Rahmat Masuk ke Rumah • Lima Tahapan Kehidupan yang Dialami Manusia • Tujuh Tips Agar Menjadi “Sahabat” Allah • 7 Ciri Manusia "Berwajah Buruk" Menurut Nabi • Mengikis Iman, Amalan Tertolak, Doa Tak Terkabul • Enam Cara Cegah Lunturnya Iman!

• Istiqomah Lebih Mulia dari Seribu Karomah • pengertian mukjizat, karomah, maunah, dan irhas • Tentang Sholawat • Do’a Robithoh (Do’a Pengikat Hati) & Keutamaan Bul. • Istiqomah lebih baik dari 1000 karomah • Tafsir Surat Al-Fatihah • Sembilan Faedah Surat al-Fatihah (2) • Sembilan Faedah Surat al-Fatihah (1) • Keutamaan Surah Al-Waqiah, Ar Rahman, As Sajdah, d. • Mahar Nikah, Hafalan Surah Ar Rahman • Surat Ar-RaÄ¥mān (The Beneficent) • SURAH AR-RAHMAN • Blackhole • ''Asmaul Husna" • Keajaiban Matematika • PENGERTIAN SYARIAT, THARIQAT, HAKIKAT, DAN MAKRIFAT • Meluruskan Maksud Ucapan Imam Syafi’i • Lailatul Qadr • Amarah • Zikir - Menangkal Panah-Panah Setan • Pengertian Bid’ah • HATI MANUSIA ADA 4 MACAM & SIAPAKAH ORANG YANG PAL.

• ISA DAN AL-FATIHAH & EMPAT GOLONGAN YANG DI BENCI. • PERBEDAAN MUSYRIK DAN AHLI KITAB • Rahasia angka 7 dalam islam • X.Tahun Duka Cita ( ‘Amul Huzni) dan peristiwa di . • IX. Pengucilan dan Boikot Ekonomi terhadap kaum Mu.

• VIII.Penolakan orang-orang Musyrik Mekah terhadap . • VII.Dakwah secara terang-terangan ( Jahriyatud Dak. • VI.Dakwah secara rahasia ( Sirriyatud Dakwah). • V.Pernikahannya dengan Khadijah dan datangnya wahy. • IV. Masa remaja Muhammad saw.

irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi

• III. Kelahiran dan masa kecil Muhammad saw. • II. Silsilah Rasulullah. • I. Asal muasal Tahun Gajah. • ► Maret (125)
cintakuu201203 Jawaban: contoh dari Maunah adalah sebagai berikut : 1. Allah membantu para korban bencana tsunami Palu yang baru terjadi beberapa tahun lalu. 2. ketika seseorang tertabrak kendaraan, Allah juga akan memberikan mauna tersebut agar orang tersebut bisa selamat. 2. contoh dari irhas adalah sebagai berikut : 1.

Satu hal yang terjadi pada Nabi Muhammad SAW terjadi ketika dia bermain dengan saudara-saudari perahnya ketika dia masih kecil. Kemudian seorang malaikat mendatanginya, dan kemudian malaikat itu membelah dada Muhammad untuk menghilangkan semua kotoran dari hatinya. Penjelasan: semoga membantu refiana8293 May 2021 - 0 Replies 1)Position value system bilangan octal adalah perpangkatan dari nilai…Pilih salah satu:a.

16b. 4c. 8d. 10e. 22)Berikut ini merupakan storage device adalahPilih salah satu:a. Keyboardb. Pentiumc. Monitord.

Flashdiske. Core i73)Fungsi operasi komputer yang dapat menghubungkan komputer dengan lingkungan luar adalahPilih salah satu:a.

Fungsi operasi pemindahan datab. Fungsi operasi pengolahan datac. Fungsi operasi perhitungan datad. Fungsi operasi penyimpanan datae. Fungsi operasi kontrol data
Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas Beserta Contohnya – Sering kita mendengar kata mukjizat dalam kehidupan sehari-hari, dan mengenal kata ini sebagai sesuatu yang luar biasa terjadi kepada siapapun.

Contohnya, saat sedang sakit keras, berharap mendapatkan mukjizat dari Allah agar bisa sembuh. Atau saat sedang mengalami suatu kesempitan, kesusahan atau penderitaan selalu berharap mukjizat dari Allah agar terselamatkan atau diberi pertolongan.

Nah, teman-teman yang sudah pernah belajar tentu sudah tahu bahwa hal ini dalam bahasa dan penggunaannya sangatlah keliru. Karena mukjizat itu hanya dimiliki oleh para Nabi dan Rasul Allah SWT. Daftar Isi • 1 Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas Beserta Contohnya • 1.1 Pengertian Mukjizat • 1.1.1 Ciri-Ciri Mukjizat • 1.1.2 Contoh Mukjizat • 1.2 Pengertian Karomah • 1.2.1 Contoh Karomah • 1.3 Pengertian Maunah • 1.3.1 Contoh Maunah • 1.4 Pengertian Irhas • 1.4.1 Contoh Irhas • 1.5 Share this: • 1.6 Related posts: Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas Beserta Contohnya Berikut penjelasan tentang Mukjizat, Kejadian luar biasa lainnya seperti Karomah, Maunah dan Irhas.

Pengertian Mukjizat Pengertian mukjizat menurut bahasa yaitu sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan. Sedangkan menurut istilah adalah suatu kejadian luar biasa yang terjadi pada diri nabi dan rasul Allah SWT., dalam rangka untuk membuktikan bahwa dirinya adalah nabi dan rasul. Mukjizat merupakan kejadian luar biasa yang tidak bisa diterima oleh akal manusia dan tidak dimiliki oleh siapapun karena Allah SWT hanya memberikannya sebagai kelebihan kepada para utusan-Nya untuk membuktikan kebenaran atas kenabian dan kerasulannya.

Ciri-Ciri Mukjizat Adapun ciri-ciri mukjizat diantaranya yaitu: • Berasal dari Allah SWT. • Kejadian yang sanga luar biasa, diluar nalar manusia. • Terjadinya secara tiba-tiba tanpa ada kesengajaan. • Terjadi pada diri seorang nabi dan rasul. • Sebagai bukti kebesaran Allah.

• Berguna untuk melemahkan hujjah atau sanggahan bagi orang-orang kafir yang mengingkarinya. Contoh Mukjizat Contoh mukjizat diantaranya, Mukjizat yang diberikan kepada: • Nabi Ibrahim as. ⇒ saat dibakar oleh raja Namrud. Api yang panas berubah menjadi dingin. • Nabi Musa as. ⇒ dapat membelah laut merah dengan memukulkan tongkatnya diatas air laut. • Nabi Sulaiman as. ⇒ bisa memahami dan berbicara bahasa hewan, menguasai bangsa jin, menundukkan angin.

• Nabi Isa as. ⇒ bisa menghidupkan orang yang sudah meninggal atas izin Allah, dapat menyembuhkan orang buta dan penyakit kusta. • Nabi Muhammad SAW.

⇒ dapat membelah bulan menjadi dua bagian, sehingga terlihat dari semua negara ketika peristiwa itu terjadi, bisa mengeluarkan air dari celah-celah jarinya, peristiwa isra’ mi’raj dalam waktu singkat (semalam). Pengertian Karomah Secara bahasa, karomah adalah kemuliaan, kehormatan dan anugerah. Sedangkan secara istilah, karomah berarti kejadian-kejadian luar biasa yang diberikan Allah SWT.

kepada para waliyullah, yakni hamba Allah yang sholeh dan taat kepada-Nya. Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas Beserta Contohnya Contoh Karomah Seperti diantaranya para wali yang mampu melihat hal-hal ghaib atau memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya. Contohnya adalah kejadian yang dialami oleh Sa’ad bin Abi Waqqash, doanya selalu dikabulkan oleh Allah SWT. Begitu juga dengan Amir bin Fuhairah ketika wafat, jasadnya diangkat oleh para malaikat dan disaksikan oleh sahabatnya Amir bin Thufail.

Maryam binti Imran ra., yang selalu mendapatkan makanan di mihrab, sedangkan Maryam sendiri tidak pernah keluar dari mihrab. Hal ini diabadikan dalam QS. Al-Imran ayat 37. فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۖ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۖ قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّىٰ لَكِ هَٰذَا ۖ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ Artinya: “ Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya.

Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.” Pengertian Maunah Secara bahasa, maunah artinya pertolongan.

Sedangkan secara istilah, maunah merupakan kemampuan yang diberikan Allah SWT. kepada seorang mukmin untuk mengatasi kesulitan dalam hidupnya. Maunah ini Allah berikan kepada siapapun yang dikehendaki-Nya, baik kepada nabi, para wali, atau manusia biasa. Contoh Maunah Contohnya pertolongan Allah yang diberikan kepada korban bencana tsunami di Palu tahun lalu, ada beberapa rumah warga yang selamat dari air dan reruntuhan dimana rumah-rumah tersebut adalah rumah yang dimiliki oleh orang yang suka dzikir dan hafal qur’an, itulah salaah satu pertolongan Allah kepada orang pilihan yang Ia kehendaki.

Contoh lainnya seperti saat seseorang yang tertabrak kendaraan, Allah beri maunah atau pertolongan sehingga ia selamat. Pengertian Irhas Yang dimaksud irhas adalah kejadian luar biasa atau istimewa yang terjadi pada diri calon nabi atau rosul ketika masih kecil.

Contoh Irhas Contohnya nabi Isa as., sewaktu beliau masih bayi dalam buaian ibunya, beliau berbicara kepada orang-orang yang melecehkan ibunya. Kejadian itu diabadikan dalam QS. Maryam ayat 29-33. Selain itu kejadian yang terjadi pada nabi Muhammad SAW., ketika beliau masih kecil dan sedang bermain dengan saudara sepersusuannya, ada dua malaikat yang mendatanginya, lalu malaikat membelah dada nabi Muhammad SAW untuk membersihkan hatinya dari segala kotoran hati.

Setelah kita ketahui tentang pengertian mukjizat, karomah, maunah dan irhas, insyaAllah tidak akan lagi tertukar cara memaknainya. Semoga pembahasan kali ini tentang Pengertian Mukjizat, Karomah, Maunah Dan Irhas Beserta Contohnya bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua, terimakasih 🙂 Posted in Agama, Aqidah & Akhlak Tagged Al-Imran ayat 37, apa itu mukjizat, apa saja mukjizat para nabi, ciri ciri mukjizat, Contoh Karomah, contoh kejadian luar biasa irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi, contoh mukjizat, irhas, karomah, karomah adalah, kejadian luar biasa, maunah, Mukjizat, mukjizat karomah, mukjizat nabi, mukjizat nabi dan rasul, mukjizat rasul, Pengertian Karomah, pengertian karomah maunah irhas, pengertian maunah Post navigation Recent Posts • Keistimewaan Anak Perempuan Dalam Islam • Kisah Nabi Idris As Secara Ringkas • Kumpulan Ayat Alquran Tentang Aqidah Islam Irhas adalah salah satu keistimewaan bagi seseorang yang akan diangkat menjadi • Kisah Nyata Jenazah Berubah Seperti Babi Hutan • 40 Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islami Pilihan Dan Artinya • Kisah Siti Khadijah Yang Penuh Inspirasi • Nama nama 25 Nabi dan Rasul Yang Wajib Diketahui • Kisah Nabi Zakaria as Singkat Dan Lengkap • Keutamaan Bulan Muharram Dalam Islam & Kelebihannya • Macam-macam Mukjizat Nabi dan Rasul serta Pengertiannya




2022 www.videocon.com