Tepuk tangan harus dilakukan sesuai

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

KOMPETENSI INTI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 3.

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori KOMPETENSI DASAR 1.3.

Meyakini ketentuan shalat berjamaah 1.4. Menghayati makna adzan dan iqomah 1.5. Menghayati makna adzan dan iqomah 2.3 Menghayati nilai-nilai positif dalam shalat berjamaah 2.4 Menghayati makna adzan dan iqomah 3.5 Memahami ketentuan azan dan iqamah 3.6 Menganalisis ketentuan shalat berjamaah 4.2 Mempraktikkan azan dan iqamah 4.5 Mendemonstrasikan tatacara shalat berjama’ah PETA KONSEP KETENTUAN ADZAN, IQAMAT, DAN SHALAT BERJAMA’AH AMATI GAMBAR BERIKUT INI DAN BUATLAH KOMENTAR ATAU PERTANYAAN Setelah kalian mengamati gambar dan mendengarkan hasil pengamatan teman kalian, pertanyaan apa yang muncul dari pikiran kalian tentang shalat berjama’ah.

Tulislah tanggapan dan pertanyaan kalian TANGGAPAN Tanggapan saya terhadap ilustrasi tersebut adalah: a. Gambar 1: .………………………………………. b. Gambar 2: ………………………………………… PERTANYAAN Pertanyaan saya terhadap ilustrasi tersebut adalah: a. .………………………………………. b. ………………………………………. Salat berjamaah merupakan anjuran dalam syariat Islam yang merupakan simbol persatuan di kalangan umat Islam.

Bahkan zaman Rasulullah SAW sangat menekankan para sahabatnya baik dari golongan anshar maupun muhajirin untuk melaksanakannya sehingga ikatan ukhuwwah Islamiyah semakin kokoh 1. Pengertian Adzan dan Iqamah Adzan secara bahasa adalah pengumuman atau pemberitahuan, sedangkan dalam istilah adzan adalah perkataan tertentu yang bergun memberitahukan masuknya waktu shalat yang fardhu.

Sedangkan iqamah adalah pertanda shalat berjama’ah dimulai. Hukum adzan dan iqamat adalah sunnah. Adapun lafadz adzan adalah: اَللهُ اَكْــبَرُ اللهُ اَكْــَبر ………x.2 اَشْــهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ ………x2 اَشْــهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًارَّسُــوْ لُ اللهِ …x.2 حَيَّ عَلىَ الصَّـــــلاَ ة……x.2 حَيَّ عَلَى اْلفَـــــلاَحِ tepuk tangan harus dilakukan sesuai اللهُ اكْــبَرُ اللهُ اَكْــــبَرُ ……2x لَا اِلَـــــــهَ اِلاَّ الله1x ………… Khusus untuk adzan shubuh setelah “hayya ‘alal falah” Maka bacalah : الصَّــلَا ةُ خَيْرٌ مِّنَ النَّوْمِ الصَّــلَا ةُ خَيْرٌ مِّنَ النَّوْمِ Lafal Iqomah اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ أَشْهدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهُ حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَة X 2 اللهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ 1x 2.

Keutamaan Adzan dan Iqamah Adzan memiliki keutamaan yang besar sehingga andai saja orang-orang tahu keutamaan pahala yang didapat dari mengumandangkan Adzan, pastilah orang-orang akan berebutan. Bahkan kalau perlu mereka melakukan undian untuk sekedar bisa mendapatkan kemuliaan itu. Hal itu atas dasar hadits nabi SAW : عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ قَالَ لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فيِ الآذَانِ وَالصَّفِ الأَوَّلِ ثُمَّ لمَ ْيَجِدُوا إِلاَّ أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوا رواه البخاري وغيره Dari Abu Hurairah ra.

bahwa Rasulullah saw bersabda,”Seandainya orang-orang tahu keutamaan adzan dan berdiri di barisan pertama shalat (shaff), dimana mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali harus mengundi, pastilah mereka mengundinya di antara mereka.”(HR. Bukhari) Selain itu, ada keterangan yang menyebutkan bahwa nanti di akhirat, orang yang mengumandangkan adzan adalah orang yang mendapatkan keutamaan dan kelebihan. وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً ِمَّنْ مَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ Artinya: “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang tepuk tangan harus dilakukan sesuai, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?”(QS.

Fushshilat : 33) Menurut mereka, makna dari menyeru kepada Allah di dalam ayat ini adalah mengumandangkan adzan. Berarti kedudukan mereka paling tinggi dibandingkan yang lain.

3. Hukum Adzan dan Iqamah Hukum adzan menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkadah, yaitu bagi laki-laki yang dikerjakan di masjid untuk shalat wajib 5 waktu dan juga shalat Jumat. Sedangkan selain untuk shalat tersebut, tidak disunnahkan untuk mengumandangkan adzan, misalnya shalat Iedul Fithri, shalat Iedul Adha, shalat tarawih, shalat jenazah, shalat gerhana dan lainnya. Sebagai gantinya digunakan seruan dengan lafaz “Ash-shalatu jamiatan” (الصلاة جامعة). 4. Syarat Adzan dan Iqamah Untuk dibenarkannya adzan, maka ada beberapa syarat yang harus terpenuhi sebelumnya.

Diantara syarat-syarat adzan adalah : a. Telah Masuk Waktu Bila seseorang mengumandangkan adzan sebelum masuk waktu shalat, maka adzannya itu haram hukumnya sebagaimana telah disepakati oleh para ulama. Dan bila nanti waktu shalat tiba, harus diulang lagi adzannya. Kecuali adzan shubuh yang memang pernah dilakukan 2 kali di masa Rasulllah SAW. Adzan yang pertama sebelum masuk waktu shubuh, yaitu pada 1/6 malam yang terakhir. Dan adzan yang kedua adalah adzan yang menandakan masuknya waktu shubuh, yaitu pada saat fajar shadiq sudah menjelang.

b. Harus Berbahasa Arab Adzan yang dikumandangkan dalam bahasa selain arab tidak sah. Sebab adzan adalah praktek ibadah yang bersifat ritual, bukan semata-mata panggilan atau menandakan masuknya waktu shalat. c. Tidak Bersahutan Bila adzan dilakukan dengan cara sambung menyambung antara satu orang dengan orang lainnya dengan cara bergantian, hukumnya tidak sah.

d. Muslim, Laki, Akil Baligh. Adzan tidak sah bila dikumandangkan oleh non-muslim, wanita, orang tidak waras atau anak kecil. Sebab mereka semua bukan orang yang punya beban ibadah. e. Tertib Lafaznya Tidak diperbolehkan untuk terbolak-balik dalam mengumandangkan lafadz adzan. Urutannya harus benar. Namun para ulama sepakat bahwa untuk mengumandangkan adzan tidak disyaratkan harus punya wudhu`, menghadap kiblat, atau berdiri.

Hukum semua itu hanya sunnah saja, tidak menjadi syarat sahnya adzan. 5. Sunnah Adzan Disunnahkan orang yang mengumandangkan adzan juga orang yang mengumandangkan iqamat. Namun bukan menjadi keharusan yang mutlak, lantaran di masa Rasululah SAW, Bilal radhiyallahu ‘anhu mengumandangkan adzan dan yang mengumandangkan iqamat adalah Abdullah bin Zaid, shahabat Nabi yang pernah bermimpi tentang adzan. Dan hal itu dilakukan atas perintah nabi juga. Adapun sunah-sunah azan adalah sebagai berikut: – Hendaklah muadzin suci dan hadast besar dan kecil.

– Hendaklah ia berdiri menghadap kiblat. – Menghadapkan wajah dan lehernya ke sebelah kanan ketika mengucapkan ‘Hayya ‘alas shalah’ dan ke sebelah kiri ketika mengucapkan, ‘Hayya ‘alal falah’ – Memasukkan dua jari ke dalam telinganya, karena ada pernyataan Abu Juhaifah: Saya melihat Bilal adzan dan berputar serta mengarahkan mulut ke sini dan ke sini, sedangkan dua jarinya berada ditelinganya.” – Mengeraskan suaranya ketika adzan, sebagaimana yang dijelaskan dalam sabda Nabi saw., “Karena sesungguhnya tidaklah akan mendengar sejauh suara muadzin, baik jin, manusia, adapun sesuatu yang lain, melainkan mereka akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat.” 1.

Pengertian Shalat Jama’ah Jama’ah secara bahasa kumpulan atau bersama-sama. Menurut istilah shalat jama’ah adalah shalat yang dilakukan secara bersama-sama oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama, dan salah satunya menjadi imam, sedangkan lainnya menjadi makmum 2. Hukum dan Dalil Shalat Jama’ah Hukum berjamaah dalam shalat menurut jumhur ulama adalah sunnah muakad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan dan Nabi saw jarang sekali meninggalkannya.

Hal sesuai hadits riwayat Muslim: عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً Artinya : Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah saw.

bersabda: “shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian sebanyak 27 derajat. (H.R. Muslim) Walaupun sebagai ulama menyebutkan bahwa hukumnya adalah fardhu `ain, sehingga orang yang tidak ikut shalat berjamaah berdosa.

Ada yang mengatakan fardhu kifayah sehingga bila sudah ada shalat jamaah, gugurlah kewajiban orang lain untuk harus shalat berjamaah. Ada yang mengatakan bahwa shalat jamaah hukumnya fardhu kifayah. Dan ada juga yang mengatakan hukumnya sunnah muakkadah. Adapun dalil berkaitan dengan shalat berjama’ah, Allah swt berfirman dalam surat al baqarah ayat 43:    •     Artinya: “dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku” ( QS.

Al-Baqarah :43). Dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa kita diperingatkan untuk mengikuti shalat berjama’ah. Selanjutnya pada surat an-Nisa ayat 102       …  Artinya: “Dan apabila engkau (Muhammad) berada di tengah-tengah mereka, lalu engkau hendak melaksankanakan shalat bersama mereka …” 3.

Syarat Imam dan makmum a. Syarat Menjadi Imam Jika kamu melaksanakan sholat berjamaah, paling sedikit harus ada dua orang atau lebih. Satu orang menjadi imam, dan yang lain menjadi makmum. Yang dimaksud imam dalam sholat adalah seseorang yang diangkat untuk memimpin pelaksanaan sholat berjamaah.

Secara umum ketentuan untuk menjadi imam sholat meliputi: – Imam hendaklah orang yang lebih dalam ilmu agamanya – Imam hendaklah orang yang lebih fasih bacaan Al-Qur’annya dan banyak hafalannya – Imam hendaklah orang yang lebih tua umurnya dan baik penampilannya – Imam hendaklah berdiri di depan makmun – Imam hendaklah orang yang berakhlak mulia – Imam hendaklah berniat menjadi imam b.

Syarat Menjadi Makmum Makmum dalam sholat berjamaah adalah orang yang dipimpin oleh seorang imam dam menjadi pengikut di dalam sholat atau orang yang ikut bersembahyang di belakang imam. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi makmum dalah sholat berjamaah sebagai berikut.

– Makmum hendaklah berniat menjadi makmum – Makmum hendaklah mengetahui dan mengikuti gerak gerik imam – Makmum hendaklah tidak mendahului imam dalam gerakan sholat – Makmum hendaklah berada dalam satu tempat dengan imam – Tempat berdiri makmum tidak lebih maju kedepan daripada imam c.

Cara Melakukan Shalat Jama’ah Shalat berjama’ah hanya isa terwujud dengan cara-cara tertentu yang sudah dijelaskan para ulama, di antaranya sebagai berikut: 1. Tempat makmum tidak boleh di depan imam.

Yang menjadi patokannya adalah tumit, yakni bagian belakang telapak kaki. Kalau makmum terdiri dari dua orang atau lebihmaka mereka semuanya berbaris di belakang imam. Tetapi, kalau hanya seorang maka dia berdiri di sebelah kiri imam agak mundur sedikit ke belakang. 2. Mengikuti imam dalam semua gerakannya. Makmum memulai pekerjaannya sesudah imam, sedang imam mendahulukan selesainya makmum dalam setiap pekerjaan.

Apabila makmum tertinggal oleh imam selama satu rukun, maka makruh hukumnya. Bahkan dianggap shalatnya jika dia tertinggal dua rukun yang panjang misalnya imam sudah sujud dan bangkit, sementra makmum masih berdiri untuk sujud, padahal tidak ada udzur. Jika ada udzur seperti karena lambaat bacaannya atau factor fisik, maka itu tidak apa-apa.

3. Mengetahui perpindahan-perpindahan imam dengan cara melihat langsung atau melihat sebagian shaf, atau mendengar suara imam atau mubaligah. 4. Antara imam dan makmum tidak ada jarak tempat yang terlampau jauh, apabila kedua-duanya tidak berada dalam masjid.

Adapun kalau berkumpul dalam satu masjid, maka jama’ah tetap sah. Kalau imam ada di masjid dan makmum berada di luar masjid, maka dipersyaratkan agar jarak antara keduanya tidak tepuk tangan harus dilakukan sesuai jauh 5.

Makmum berniat berjama’ah atau menjadi makmun. Niat ini disyaratkan agar berbareng dengan takbiratul ihram. Jadi kalau ada seseorang tidak berniat menjadi makmum, namum demikian dia mengikuti gerakan-gerakan imam, maka shalatnya batal. Tetapi kalau mengikuti gerakan imam hanya karena kebetulan saja atanpa sengaja, maka shalatnya tidak batal. Adapun tata cara pengaturan saf dalam shalat jama’ah tepuk tangan harus dilakukan sesuai berikut: – Jika makmum hanya seorang, maka ia berdiri di belakang sebelah kanan imam.

Jika lebih dari seorang maka makmum berada di belakang imam, sehingga imam didepan saf tengah mereka.Saf hendaknya diluruskan dan dirapatkan dan jangan membuat saf baru ketika saf depan belum penuh. Apabila makmumnya terdiri dari laki-laki, perempuan dan anak-anak, maka laki-laki menempati saf paling depan, kemudian anak-anak dan saf wanita yang paling belakang.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Wanita tidak boleh menjadi satu saf dengan laki-laki. – Gerakan-gerakan salat makmum, mulai dari takbiratul ihram sampai dengan selesai (salam), selalu mengikuti gerakan-gerakan tepuk tangan harus dilakukan sesuai dan tidak boleh mendahului.

– Dalam salat berjamaah ketika imam membaca ayat atau surat dengan suara keras, makmum tidak usah lagi membaca, cukup dengan mendengarkannya saja d. Ketentuan Makmum Masbuk Masbuk artinya tertinggal, maka yang dimaksud dengan makmum masbuk adalah orang yang tertinggal atau datang terlambat untuk mengikuti shalat jama’ah.

Bagi makmum masbuk, berlaku beberapa ketentuan, yaitu sebagai berikut: 1. Makmum masbuk harus mengikuti imam pada keadaan yang dia dapati yaitu dia langsung berniat dan mengucapkan takbiratul ihram, lalu mengikuti gerakan imam. Apabila imam sujud, maka dia juga ikut sujud. 2. Makmum masbuk dihitung mendapat satu raka’at apabila dia masih sempat mendapati ruku bersama imam 3. Makmum masbuk mengganti raka’at yang tertinggal setelah imam salam e. Cara Mengingatkn Imam yang Lupa Jika imam keliru dalam bacaannya atau gerakannya maka hendaklah makmum mengingatkannya.

Untuk mengingatkan perbuatan imam yang keliru, makmum mengucapkan tasbih (subhanallah) bagi makmum laki-laki dan bagi makmum wanita dengan menepukkan punggung telapak tangan kiri pada bagian dalam telapak tangan kanan. Kedua cara tersebut, baik ucapatn tasbih amaupun tepuk tangan harus bias terdengar oleh imam.

Apabila kekeliruan tepuk tangan harus dilakukan sesuai adalah bacaannya, hendaklah makmum membenarkannya. Bila imam lupa meninggalkan rukun shalat seperti sujud dan ruku’, dan makmum telah mengingatkannya dengan tasbih, ia wajib segera melaksanakannya dan setelah itu melaksanakan sujud sahwi.

Khusus pada masalah imam lupa melaksanakan tashahhud awal, bila imam telah terlanjur berdiri tegak ketika makmum mengingatkannya, maka imam tidak perlu kembali duduk, namun melanjutkan shalat dan melakukan sujud sahwi. Namun bila imam belum berdiri tegak, misalnya masih dalam keadaan jongkok, ia harus kembali duduk dan melakukan sujud sahwi. Jadi hanya dalam masalah lupa meninggalkan amalan sunnah shalat, imam boleh melanjutkan shalat dan tidak menggubris peringatan dari makmum f.

Cara Menggantikan Imam yang Batal Apabila seorang imam batal, maka dia digantikkan oleh makmum yang tepat di belakangnya. Imam dapat diganti melalui isyarat yang mudah dipahami. Makanya sangat dianjurkan yang berada di belakang imam itu adalah yang siap menggantikan imam apabila dia lupa, yaitu orang yang paham ilmu agama.

Ada beberapa yang harus diperhatikan terkait imam yang batal dalam shalat berjama’ah, yaitu: – Makmum sebelah belakang kanan imam yang berhak menjadi pengganti imam kalau batal solatnya.

– Imam memberi isyarat kalau dirinya batal, dengan cara bergeser ke”kanan” dan balik kanan. – Makmum yang dikanan imam menggantikan maju kedepan menempati posisi Imam dan melanjutkan tugas – Ada juga model yang imam keluar barisan dengan shof bergeser, yang kanan bergeser kekiri menempati ruang kosong begitu seterusnya sampai lengkap, imam yang batal ambil wudlu dan masuk dibarisan paling belakang atau yang kosong (sesuai kondisi) untuk melanjutkan ikut imam baru secara masbuk g.

Mempraktekkan adzan, iqamat, dan shalat berjama’ah Setelah memperhatikan uraian tentang ketentuan adzan, iqamat, dan shalat berjama’ah, maka perlu sekali dipraktekkan untuk bias lebih memperdalam pemahaman pelaksanannya.

Teknisnya siswa dibagi dalam beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberikan tugas untuk mempratekkan adzan, iqamat dan shalat berjama’ah dalam posisi yang berbeda satu dengan kelopmpok lainnya. Misalnya dalam posisi: 1. Satu kelompok bersiap-siap melaksanakan shalat berjama’ah, dimulai dengan adzan dan iqamat, bagaimana adab adzan dan iqamatnya 2.

Shalat berjama’ah yang terdiri dari dua laki, dua perempuan dan salah satu di antara mereka menjadi imam. maka praktek mengatur posisi tempat imam dan makmum 3. Setelah emapat orang berjama’ah berjalan satu rakaat, dating lagi empatorang. maka praktek mengatur posisi shafnya 4. Setelah itu, sewaktu jama’ah dalam posisi ruku dating seorang lagi. Dan sewaktu bangkit dari ruku dan sewaktu dating masing seorang lagi (masbuk), maka praktek penyempurnaan bagi makmum masubk 5. Ketika berjama’ah berlangsung, imam melakukan kesalahan dalam bacaan dan hitungan rakaat.

Maka praktek cara mengingatkannhya 6. Ketika berjama’ah berlangsung, imam tiba-tiba batal shalatnya, maka praktek menggantikan imam Untuk memperluas wawasanmu, diskusikanlah masalah berikut ini: No. Masalah Hasil Diskusi 1.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Haruskah azan dilantunkan dengan suara yang merdu. Bagaimana pendapatmu? 2. Bagaimana jika ketika shalat berjamaah, kamu melihat najis melekat pada pakaian Imam. Apa yag kamu lakukan? 3. Mengapa perlu tumakninah dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan shalat? 4. Apa yang harus dilakukan, ketika kita merasa mendapat gangguan dari setan, terlintas pikiran yang mengganggu konsentrasi shalat, sehingga menyebabkan kita tidak bisa khusyu dalam shalat?

5. Tepuk tangan harus dilakukan sesuai ada seorang ibu mengimami anak perempuannya dalam shalat, sementara bayinya melakukan tindakan yang berbahaya dihadapannya, apa yang harus dilakukan?

Dahsyatnya Adzan – Dikumandangkan saat peristiwa-peristiwa bersejarah. Selain digunakan untuk menandakan waktu salat tiba, adzan juga dikumandangkan pada momen-memen penting dan bersejarah. Misalnya ketika seorang bayi lahir. Selain itu, saat peristiwa penting dalam Islam terjadi, adzan juga berkumandang. Ketika pasukan Rasulullah berhasil menguasai Makkah dan berhala-berhala di sekitar ka’bah dihancurkan. Demikian juga ketika Konstantinopel jatuh ke tangan pasukan Ottoman yang mengakhiri Kekaisaran Romawi Timur – Banyak non-muslim yang menjemput hidayah setelah mendengar adzan.

Banyak kisah perjalanan hidup kaum mualaf hingga akhirnya menemukan hidayah yang seringkali menyentuh nurani. Berbagai sebab mereka akhirnya masuk Islam. Salah satu sebab yang sering terjadi adalah suara adzan yang didengar mereka, telah menggetarkan hari dan kesadaran terdalam untuk mengucap syahadat.

Kementerian Urusan Agama Turki pernah melansir sedikitnya 634 orang telah masuk Islam selama tahun 2011. Mereka adalah turis-turis yang tengah melancong ke Turki. Masih banyak lagi kisah menyentuh mualaf yang masuk Islam setelah mendengar alunan kumandang adzan – Miliaran kali dikumandangkan sejak 14 abad lalu Adzan dikumandangkan 5 kali sehari. Semenjak adzan pertama kali dikumandangkan 14 abad lalu hingga saat ini, tak dapat dihitung berapa juta kali adzan telah berkumandang.

Anggaplah setahun 356 hari. Jika 14 abad adalah 1400 tahun, maka 1400 tahun x 356 hari = 511000 hari. Dalam satu hari, adzan 5x dikumandangkan. Sehingga sedikitnya adzan telah dikumandangkan 2.555.000 kali.

Jika dalam satu hari ada 1 juta muslim di dunia yang mengumandangkan adzan, jadi adzan telah dikumandangkan sebanyak 2.555.000.000.000 kali. – Tak henti dikumandangkan hingga kiamat. Bumi berbentuk bulat. Ini menyebabkan terjadi perbedaan waktu solat pada setiap daerah. Ketika adzan telah selesai berkumandang di satu daerah, maka selanjutnya adzan berkumandang di daerah lain. Satu jam setelah adzan selesai di Sulawesi, maka adzan tepuk tangan harus dilakukan sesuai bergema di Jakarta, disusul pula Sumatera.

Dan adzan belum berakhir di Indonesia, maka ia sudah dimulai di Malaysia. Burma adalah di baris berikutnya, dan dalam waktu beberapa jam dari Jakarta, maka adzan mencapai Dacca, ibukota Bangladesh.

Dan begitu adzan berakhir di Bangladesh, maka ia ia telah dikumandangkan di barat India, dari Kalkuta ke Srinagar. Kemudian terus menuju Bombay dan seluruh kawasan India.

Demikianlah seterusnya. 1. Hukum adzan menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkadah, yaitu bagi laki-laki yang dikerjakan di masjid untuk shalat wajib 5 waktu dan juga shalat Jumat. 2. Diantara syarat-syarat adzan adalah :Telah Masuk Waktu, Harus Berbahasa Arab, Tidak Bersahutan, Muslim, Laki, Akil Baligh, Tertib Lafaznya.

3. Shalat jama’ah adalah shalat yang dilakukan secara bersama-sama oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama, dan salah satunya menjadi imam, sedangkan lainnya menjadi makmum. 4. Hukum shalat berjamaah menurut jumhur ulama adalah sunnah muakad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan dan Nabi saw jarang sekali meninggalkannya.

5. Yang dimaksud dengan makmum masbuk adalah orang yang tertinggal atau datang terlambat untuk mengikuti shalat jama’ah 6. Syarat Menjadi Imam: Imam hendaklah orang yang lebih dalam ilmu agamanya, Imam hendaklah orang yang lebih fasih bacaan Al-Qur’annya dan banyak hafalannya, Imam hendaklah orang yang lebih tua umurnya dan baik penampilannya, Imam hendaklah berdiri di depan makmun, Imam hendaklah orang yang berakhlak mulia, Imam hendaklah berniat menjadi imam.

7. Syarat Menjadi Makmum: Makmum hendaklah berniat menjadi makmum, Makmum hendaklah mengetahui dan mengikuti gerak gerik imam, Makmum hendaklah tidak mendahului imam dalam gerakan sholat, Makmum hendaklah berada dalam satu tempat dengan imam, Tempat berdiri makmum tidak lebih maju kedepan daripada imam 8. Apabila seorang imam batal, maka dia digantikkan oleh makmum yang tepat di belakangnya. Imam dapat diganti melalui isyarat yang mudah dipahami. Ice Breaking sangat dibutuhkan untuk menghibur siswa di sela-sela kegiatan pembelajaran agar proses pembelajaran tidak berlangsung secara tegang.

Ice breaking sangat diperlukan untuk merefresh otak siswa agar siswa menjadi siap untuk memahami dan mengikuti proses pembelajaran selanjutnya. Ice breaking merupakan sebuah permainan peran yang sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan pembelajaran, proses presentasi, maupun training.

Ice breaking berupa suatu kegiatan, game, atau acara yang digunakan untuk menghangatkan pembicaraan antar peserta. Hal itu bisa meningkatkan komunikasi dan partisipasi yang merupakan faktor penting di dalam suatu kelompok, kelas, atau organisasi.

Kegiatan ice breaking dapat dilakukan saat perkenalan oleh sekelompok orang yang belum mengenal satu sama lain supaya acara perkenalan tersebut tidak kaku atau tegang. Maka dari itu diperlukan aktivitas yang membuat peserta didik semua untuk berkumpul, berbaur, dan melakukan sesuatu bersama-sama. Misalnya pada saat pertama kali tahun ajaran baru, khususnya peserta didik baru yang belum semua siswa saling mengenal. Maka, untuk mengekspresikan diri siswa di lingkungan yang baru tersebut membutuhkan ice breaking untuk membuat siswa saling berbaur dan mengakrabkan diri.

Sehingga dengan demikian, siswa tepuk tangan harus dilakukan sesuai nyaman untuk mengekspresikan dirinya. Selain membuat peserta saling mengenal serta dapat mengekspresikan dirinya, kegiatan ice breaking juga dapat dilakukan untuk memecah kejenuhan. Misalnya pada saat presentasi di kelas lalu audiens terlihat tidak tertarik, ngantuk, atau tidak fokus terhadap presentasi yang telah dibuat maka ice breaking perlu dilakukan untuk membuat suasana ruangan sedikit berbeda dan menyenangkan.

Selain manfaat tersebut, ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari kegiatan ice breaking dalam pembelajaran diantaranya: 1. Membangun suasana belajar yang friendly, sehingga siswa bisa lebih mudah mengikuti dan memahami proses pembelajaran. 2. Hiburan bagi para siswa agar tidak jenuh sehingga akan kembali bersemangat untuk mengikuti semua rangkaian proses pembelajaran.

3. Dapat menjadi sarana perkenalan yang asik. 4. Dapat membantu membangun hubungan antar siswa dan menumbuhkan lingkungan belajar yang produktif. 5. Dapat mendorong siswa untuk dapat saling memiliki terhadap lingkungan belajar di kelas dan sekolahnya. 6. Dapat digunakan untuk mempersiapkan siswa untuk melanjutukan ke jenjang materi yang lebih tinggi. Untuk menerapkan kegiatan ice breaking di kelas maka guru harus dapat memilih game yang tepat sesuai dengan keadaan siswa.

Berikut merupakan berbagai game ice breaking yang dapat diterapkan di dalam Kelas diantaranya: Baca Juga: Meningkatkan Semangat Guru Melalui Strategi Penyusunan Publikasi Ilmiah!

1. Membuat Kelompok dan Baris Pertama permainan kelompok dan baris merupakan salah satu kegiatan ice breaking yang sangat mudah untuk diterapkan yang mana peserta hanya perlu membuat barisan berdasarkan aturan yang diminta. Misalnya peserta harus berbaris dalam urutan tertentu berdasarkan tahun lahir, ukuran sepatu atau tinggi badan. Selain barisan, peserta juga dapat diminta untuk membuat kelompok berdasarkan warna favorit, jumlah saudara kandung, film kesukaan, dan sebagainya. Kegiatan ini dijamin membuat semua peserta terlibat dan menambah keseruan kegiatan pembelajaran.

Selain itu, game ini juga membuat siswa lebih mempunyai rasa memiliki, karena adanya kesamaan antar satu sama lain. 2. Permainan Jika Maka Kedua permainan Jika Maka merupakan salah satu bentuk ice breaking yang dapat dilakukan dengan membagikan kertas secara merata ke semua peserta di dalam ruangan. Kemudian, dibentuklah dua kubu, misalnya kanan dan kiri.

Setelah itu, mintalah kubu kanan untuk menuliskan kalimat yang diawali dengan kata “jika…”, dan kubu kiri untuk menuliskan kalimat yang diawali dengan kata “maka…”. Kalimat yang ditulis tersebut bebas sesuai dengan keinginan peserta.

Setelah itu, tulis pertanyaan mendasar pada tiap program unit permainan. Setelah semuanya selesai menulis, mintalah masing-masing perwakilan kelompok untuk membacakan kalimat jika-makanya. Apabila kalimat yang dibuat nyambung dan cocok, berarti kelompok tersebut mendapatkan poin karena telah berjodoh. 3. Permainan Berhitung Ketiga permainan Berhitung yang merupakan salah satu permainan ice breaking yang sangat mudah.

Aturan permainannya yakni masing-masing peserta harus berhitung, akan tetapi setiap hitungan kelipatan 4, peserta tidak boleh menyebutkan angkanya, melainkan “dorr” atau tepuk tangan. Selain itu guru juga dapat mengubah aturan dan mempersulit tepuk tangan harus dilakukan sesuai.

Peserta yang salah sebut maka akan dianggap gugur. 4. Permainan MengIkuti Apa yang Dilihat Kempat permainan MengIkuti Apa yang Dilihat merupakan salah satu permainan ice breaking yang dapat digunakan untuk menguji konsentrasi siswa. Kata kunci dari permainan ini yaitu, “Ikuti apa yang saya lakukan, jangan lakukan apa yang saya katakan!”. Contonya guru memegang hidung, tetapi ia mengatakan “pegang telinga”.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Sesuai aturan, berarti peserta harus memegang hidung, bukan telinga. Dalam game ini, pasti ada peserta yang akan terkecoh. Peserta yang terkecoh tersebut akan gugur.

5. Permainan Tepuk Tangan Kelima permainan Tepuk Tangan merupakan salah satu permainan ice breaking yang dapat dipakai baik dalam kegiatan pembelajaran online maupun offline untuk memeriahkan suasana. Baca Juga: Tips Persiapan Hibrid Learning Dalam Mendukung Pelaksanaan PTM Terbatas Contoh pelaksanaan permainan ini yakni ketika guru bilang selamat pagi, maka audiens harus tepuk tangan sekali. Ketika guru bilang selamat siang, maka audiens tepuk tangan 2x, selamat malam berarti tepuk 3x.

Lakukan secara berulang sampai suasana meriah, tepuk tangan harus dilakukan sesuai guru tepuk tangan harus dilakukan sesuai bisa kasih plesetan supaya semakin ramai.

Selain selamat pagi, guru juga dapat memakai instruksi lainnya yang dibalas dengan tepuk tangan. Ketika memainkan permainan ini, guru harus meningkatkan kecepatan, semakin cepat, maka ketika kamu melakukan prank atau plesetan, maka hasilnya akan banyak yang salah dan membuat suasana semakin seru. 6.

Permainan Tebak Gambar Keenam permainan Tebak Gambar merupakan salah satu permainan ice breaking yang mana guru berperan sebagai moderator yang akan memberikan potongan suatu gambar benda, hewan, tokoh, dll kepada siswa atau menunjukkan kompilasi gambar yang kemudian siswa diminta untuk menebak nama gambar dan sebagainya. 7. Permainan Quiz Ketujuh permainan Quiz merupakan salah satu permainan ice breaking yang cara bermainnya yakni guru harus melempar pertanyaan kepada siswa secara langsung ketika suasana kelas mulai membosankan dan siswa terlihat ngantuk, yang mana tepuk tangan harus dilakukan sesuai guru melempar pertanyaan ke siswa secara random.

8. Sambung Cerita Kedelapan permainan Sambung Cerita merupakan salah satu permainan ice breaking yang ditujukan untuk mengasah kreativitas seseorang dalam melakukan storytelling.

Teknis permainannya yakni satu orang pertama ditunjuk untuk bercerita tentang apa pun, lalu mereka akan berhenti di satu kata terakhir.

Setelah itu, orang selanjutnya harus melanjutkan cerita dan harus dimulai dengan satu kata terakhir tersebut seterusnya hingga sampai pada orang terakhir. 9. Permainan Ungkapan Tiga Kata Kesembilan permainan Ungkapan Tiga Kata merupakan salah satu permainan ice breaking yang teknis permainannya yakni dengan mengungkapkan sesuatu dalam tiga kata.

Caranya yaitu dengan guru mengajak siswa untuk menjelaskan satu topik yang sudah disepakati sebelumnya dalam tiga kata saja. Kemudian setiap siswa akan bergiliran melakukannya dalam waktu singkat. Tingkatkan Kualitas, Pengalaman Serta Kemampuan Anda Untuk Menjadi Pendidik Yang Hebat Serta Dapat Menerapkan Ice Breaking Edukatif dan Menyenangkan Dengan Mengikuti Pelatihan 32 JP yang Diselenggarakan Oleh e-guru.id Dengan Tema ” Ice Breaking Seru, No Boring & Anti Garing Agar Pembelajaran Menjadi Menarik dan Menyenangkan”.

DAFTAR SEKARANG Penulis : ( EYN) Most Popular • [Breaking News] Edaran Resmi Kemendikbud Untuk Seluruh Guru Paud, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK 262.7k views • 3 Tanggal Penting Dari Kemdikbud Wajib Diketahui Guru dan Kepala Sekolah 161.2k views • Segera Daftar Sebelum Ditutup!

DIKLAT 64JP Desain dan Implementasi Kurikulum Paradigma Baru di Satuan Pendidikan 154.3k views • 6 Penyebab Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru Diberhentikan di Tahun 2022! 143.9k views • Tunjangan Profesi Guru di Kurikulum 2022, Bikin Kaget! 142.4k views • Download Materi Hari Ke- 3 Diklat Bedah Kurikulum : Strategi Implementasi Kurikulum Prototipe 134.5k views • [Breaking News] Dari Dirjek GTK Kemdikbud Untuk Semua Guru Lakukan Hal Ini Sebelum 12 Maret 2022 131.6k views • Sangat Disayangkan, 7 Kategori Guru Ini Sudah Dipastikan Tidak Bisa Sertifikasi Tahun 2022 121.3k views • RPP Tidak Lagi Diwajibkan di Kurikulum 2022, Ini Penggantinya 115.1k views • Cara Download Sertifikat Diklat 32 JP Bedah Kurikulum Prototipe 106.8k views
Preview soal lainnya: Usaha - IPA SMP Kelas 8 Baden memindahkan kursi dengan energi 1000 Joule dalam waktu 20 detik.

Maka daya yang dilakukan Baden untuk memindah kursi tersebut sebesar. . Watt A. 50 B. 500 C. 2000 D. 20000 Materi Latihan Soal Lainnya: • Pembulatan - Matematika SD Kelas 4 • Renang - Penjaskes PJOK SMA Kelas 12 • PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 • IPS Bab 1 - SMP Kelas 8 • IPS SMP Kelas 8 • PAT Ekonomi SMA Kelas 10 tepuk tangan harus dilakukan sesuai Komunikasi dan Isyarat Visual - SMK Kelas 11 • Psikologi Abnormal • PTS 1 Seni Budaya SD Kelas 6 • PTS Matematika Semester 2 Genap SD Kelas 3 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • Follow us: Facebook • Instagram • Twitter tirto.id - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020 diperingati pada 12 November.

Pada peringatan HKN ini, “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” menjadi tema utama yang diusung.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Tahun ini, Kementerian Kesehatan mengajak masyarakat memperingati HKN dengan melakukan gerakan tepuk tangan. Dalam laman Twitter @KemenkesRI, tepuk tangan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada para tenaga kesehatan dan masyarakat yang telah melakukan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Gerakan tepuk tangan 56 detik akan dilakukan pada hari ini, Kamis (12/11/2020) pukul 12.00 WIB secara serentak di seluruh Indonesia selama 56 detik. Namun, ternyata tak hanya sebagai tanda penyemangat bagi tim medis dan masyarakat Indonesia, gerakan tepuk tangan juga memiliki manfaat lain.

Tubuh kita adalah sekumpulan saraf dan pembuluh darah yang menyebar ke seluruh tubuh dan merupakan salah satu jaringan paling kompleks yang pernah kita tahu. Dikutip jurnal Psychology and Behavioral Science, telapak tangan secara khusus mengandung ujung saraf dan pembuluh darah yang dapat dirangsang melalui tepuk tangan. Tepuk tangan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan organ seperti ginjal, saluran pencernaan, dan punggung bagian bawah. Ada sekitar 30 lebih titik akupresur di telapak tangan yang diaktifkan saat Anda bertepuk tangan.

Ini menghubungkan berbagai organ termasuk punggung bagian bawah, leher, ginjal, paru-paru perut, dan lain-lain. Manfaat tepuk tangan diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan dan meningkatkan tekanan darah.

Sirkulasi darah ke berbagai organ juga ditingkatkan dengan tepuk tangan secara teratur. Tepuk tangan juga membantu memperbaiki masalah terkait asma dengan meningkatkan fungsi ujung saraf yang menghubungkan organ-organ ini.

Khususnya pada anak-anak, tepuk tangan dapat meningkatkan fungsi otak dan berkontribusi pada tulisan tangan yang lebih baik, mengurangi kesalahan ejaan, dan meningkatkan konsentrasi. Tepuk tangan juga membantu kekebalan dengan meningkatkan sel darah putih yang penting untuk melawan kuman, dan hal itu dapat mengurangi seringnya terjadi infeksi. Tepuk tangan secara teratur juga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dalam kasus artritis dan nyeri.

Untuk punggung, baik itu nyeri punggung tengah atau bawah, ada manfaat besar dari tepuk tangan. Tingkat keparahan nyeri dapat dikurangi secara signifikan tepuk tangan harus dilakukan sesuai bertepuk tangan.

Meski kelihatannya aneh, bertepuk tangan juga terbukti mengurangi kejadian insomnia dan meningkatkan kesehatan rambut. Sementara, untuk penyakit mental seperti depresi dan kecemasan, bertepuk tangan bisa menjadi olahraga yang sangat mudah dilakukan tanpa biaya. Selain itu, untuk asam urat yang mempengaruhi ginjal, tepuk tangan terbukti sangat berguna.

Baik tingkat keparahan asam urat maupun perkembangan penyakit dapat dihentikan. Namun perlu diperhatikan, untuk hasil yang lebih baik, tepuk tangan harus dilakukan setelah mengoleskan minyak, seperti minyak mustard atau minyak kelapa.
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Fiersa Besari membuka panggung penutupan Big Bang Ramadhan 2022 yang digelar di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (8/5/2022), lewat singel "Rumah".

Masuknya Fiersa ke panggung disambut riuh tepuk tangan dan teriakan histeris kebanyakan dari penonton perempuan. "Selamat sore Big Bang, halo semuanya," kata Fiersa menyapa penonton.

Saat sampai di bagian reff, Fiersa mengajak penonton turut bernyanyi. Baca juga: Malam Ini, Penutupan Big Bang Ramadhan 2022 Bakal Tampilkan Tulus hingga Pamungkas "Jariku 'kan pulang pada genggamanmu, bibirku 'kan pulang pada keningmu, tubuhku kan pulang pada dekapanmu," suara penonton serentak mengiringi Fiersa saat masuk ke bagian reff lagu "Rumah".

Di lagu berikutnya, Fiersa membangkitkan kenangan pada orang-orang yang ditinggal menikah lewat singel "Belum Punah". Menurut Fiersa, lagu ini sangat relevan dengan suasana lebaran yang baru lewat. "Ketika lebaran kemarin, kita saling maaf-maafan, ternyata pesan dari mantan bukan cuma maaf lebaran tapi karena mau memulai hidup baru. Ini lagu untuk kalian yang sudah atau akan ditinggal menikah," ujar Fiersa. Baca juga: Pesta Kembang Api Iringi Diskoria di Panggung Big Bang Jakarta 2022 Usai menyanyikan lagu tersebut, Fiersa kembali menyapa penonton yang rela hadir meski panas matahari cukup menyengat sore ini.

"Apa kabar? Panas ya? Sudah panas cuacanya, bentar lagi panas hati," ucap Fiersa berkelakar. Sebelumnya, penyanyi Enau juga tampil dan mengajak penonton bernyanyi lewat singel hitnya yang berjudul "Negara". Nantinya, selain Fiersa dan Enau, panggung malam ini bakal dimeriahkan Fourtwnty, Pamungkas, Tulus, Dere hingga Feel Koplo. Berita Terkait Malam Ini, Penutupan Big Bang Ramadhan 2022 Bakal Tampilkan Tulus hingga Pamungkas Pesta Kembang Api Iringi Diskoria tepuk tangan harus dilakukan sesuai Panggung Big Bang Jakarta 2022 Juicy Luicy Siap Temani Momen Lebaran di Big Bang Jakarta 2022 Big Bang Ramadhan 2022 Hari Tepuk tangan harus dilakukan sesuai, Kerispatih dan Kahitna Ajak Penonton Bernostalgia hingga Karaoke Bersama Penyelenggara Big Bang Ramadhan 2022 Tetap Fokus pada Protokol Tepuk tangan harus dilakukan sesuai Berita Terkait Malam Ini, Penutupan Big Bang Ramadhan 2022 Bakal Tampilkan Tulus hingga Pamungkas Pesta Kembang Api Iringi Diskoria di Panggung Big Bang Jakarta 2022 Juicy Luicy Siap Temani Momen Lebaran di Big Bang Jakarta 2022 Big Bang Ramadhan 2022 Hari Ketiga, Kerispatih dan Kahitna Ajak Penonton Bernostalgia hingga Karaoke Bersama Penyelenggara Big Bang Ramadhan 2022 Tetap Fokus pada Protokol Kesehatan Adinda Thomas dan Wafda Saidan Beradu Akting di Sinetron Kekasih Halal https://www.kompas.com/hype/read/2022/05/08/160925466/adinda-thomas-dan-wafda-saidan-beradu-akting-di-sinetron-kekasih-halal https://asset.kompas.com/crops/Kl98sRV0yfQ9NxYFzgHdXYWlmTg=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2022/05/08/6277799e3259a.jpeg
Ini adalah pengumpulan darah dari pembuluh darah.

Hal ini paling sering dilakukan untuk tujuan pengujian laboratorium. Ini dilakukan dengan jarum, dan biasanya dilakukan oleh phlebotomist. Venipuncture juga dapat dilakukan untuk menghilangkan sel darah merah ekstra dari darah dan mengobati berbagai kelainan darah. Ada banyak faktor yang berperan selama prosedur pungsi vena.

Misalnya, urutan ekstraksi adalah konsep penting yang harus diikuti dan dipahami untuk menghindari kontaminasi silang aditif antar tabung. Venipuncture sebenarnya adalah salah satu prosedur invasif yang paling rutin. Alasan Venipuncture Ada lima alasan utama untuk melakukan pungsi vena: Pengambilan darah untuk tujuan diagnostik. Pemantauan kadar komponen darah. Pemberian terapi pengobatan (obat-obatan, nutrisi, kemoterapi).

Pengambilan darah karena kadar zat besi atau eritrosit (sel darah merah) yang berlebihan. Kumpulkan darah untuk digunakan nanti (transfusi donor). Persiapan sebelumnya untuk proses pungsi vena Semua persediaan yang diperlukan harus dikumpulkan dalam nampan. Peralatan yang digunakan selama tes pungsi vena dapat bervariasi, tetapi berikut ini adalah yang paling umum digunakan untuk pungsi vena rutin: Tourniquet lateks. Penyeka alkohol isopropil 70% yang dikemas secara individual. Wadah pembuangan benda tajam.

Wadah tahan tusukan yang dapat diterima bertanda ‘Biohazard’. Sarung tangan. Jarum pengaman, 22g atau kurang, jarum kupu-kupu. 21g atau kurang.

jarum suntik Pemegang tabung vacutainer. mentransfer perangkat. Tabung pengumpulan darah. Tabung vakum dirancang untuk menarik volume darah yang telah ditentukan. Tabung dengan aditif berbeda digunakan untuk mengumpulkan sampel darah untuk jenis tes tertentu. Warna tutup digunakan untuk mengidentifikasi aditif ini. Hal ini diperlukan untuk mempersiapkan pasien untuk proses dan untuk memverifikasi bahwa diet atau pembatasan waktu telah dipenuhi. Langkah-langkah kebersihan Menjaga kebersihan yang memadai dalam peralatan yang digunakan.

Mencuci tangan dengan sabun antiseptik. Penggunaan sarung tangan. Siapkan lengan pasien dengan membersihkan tempat tusukan dengan bantalan alkohol 70% atau lap klorhexadine dengan memutar perlahan keluar dari tempat penetrasi.

Biarkan mengering sebelum melanjutkan. Jangan menyentuh tempat tusukan setelah dibersihkan, jangan dilap dengan kain kasa, atau ditiup agar kering karena akan mencemari tempat tersebut. Jika ini terjadi secara tidak sengaja, tempat tusukan vena harus dibersihkan kembali. Pastikan tempat tusukan vena kering. Penempatan pintu putar Pasang tourniquet 3 sampai 4 inci di atas tempat tusukan yang dipilih dan minta pasien mengepalkan tangan dan menilai ruang antecubital.

Biarkan selama 1 menit dan instruksikan pasien untuk mengepalkan tangan dan menahannya, tanpa memompa tangan. Tourniquet tidak boleh dibiarkan selama lebih dari 1 menit dan jika tourniquet digunakan untuk pemeriksaan awal vena, lepaskan dan aplikasikan kembali setelah dua menit.

Posisikan pasien dengan lengan terentang membentuk garis lurus dari bahu ke pergelangan tangan. Situs tusukan vena Phlebotomists tidak selalu mengambil darah dari area dan tempat yang sama di tubuh manusia.

Venipuncture paling sering dilakukan di fossa antecubital, yaitu bagian dalam siku. Di wilayah ini, phlebotomists umumnya akan memutuskan antara tiga vena, termasuk vena ulnaris tengah, vena cephalic, dan vena basilika.

Jika semua vena di daerah siku bagian dalam tidak terlihat menjanjikan, maka teknisi phlebotomy dapat memilih vena dorsal di tangan atau, dalam kasus terburuk, vena di kaki. Masalah yang paling umum termasuk aliran darah yang tidak memadai dari vena, menyebabkan phlebotomists beralih situs. Pilih situs pungsi vena dengan meraba dengan jari telunjuk bersarung tangan. Vena akan menjadi lebih menonjol jika pasien mengepalkan tinjunya dengan erat. Karena kedekatannya dengan arteri brakialis dan saraf median, vena basilika, yang terletak di sisi merah muda lengan, harus digunakan hanya jika tidak ada yang lebih menonjol.

Situs yang harus dihindari Situs berikut harus dihindari saat melakukan pungsi vena: Jaringan parut yang luas dari luka bakar atau operasi. Pembuluh darah di kaki dan pergelangan kaki harus digunakan hanya sebagai pilihan terakhir. Flebotomist tidak boleh melakukan venipuncture di arteri dan vena di bagian bawah pergelangan tangan harus dihindari.

Ekstremitas atas di sisi tempat mastektomi dilakukan. Venipuncture tidak boleh dilakukan pada memar. Venipuncture harus dilakukan distal (di bawah) hematoma. Dalam kasus terapi IV atau transfusi darah, jika lengan yang berlawanan tidak dapat diangkat, maka darah harus diambil di bawah (distal) IV, tetapi tidak pernah di atas tempat IV.

Pada ekstremitas yang edema, karena akumulasi cairan di jaringan dapat mengubah hasil tes. Situs dengan kondisi kulit yang menonjol, seperti eksim atau infeksi. Sampel tidak boleh diperoleh dari lengan yang memiliki kanula, fistula, atau cangkok vaskular.

Tunggu 10-15 menit setelah transfusi selesai sebelum mengambil sampel darah. Jangan mencoba pungsi vena lebih dari dua kali. Memasukkan jarum Untuk menambatkan vena dengan benar dan melakukan pungsi vena, hal-hal berikut harus dipertimbangkan: Pilih jarum ukuran yang sesuai dan hubungkan ke spuit atau hub vacutainer.

Pegang erat lengan pasien dan remas kulit dengan ibu jari untuk mengencangkan kulit dan menahan vena, jari telunjuk tidak boleh digunakan untuk menarik kulit ke atas karena ini meningkatkan risiko lengket, jari telunjuk harus tepat di bawah tusukan lokasi. Saat menggunakan jarum suntik, pastikan untuk menarik plunger masuk dan keluar Pasang jarum yang sesuai ke hub dengan melepas tutup plastik di ujung kecil jarum dan masukkan ke hub, putar dengan kuat dan pegang bevel ke atas, pada sudut 15-30 derajat ke kulit, ke arah cahaya datang.

ke. Pegang jarum sejajar dengan vena, gunakan dorongan cepat dan kecil untuk menembus kulit dan masuk ke vena dalam satu gerakan halus.

Sambil memegang ember dengan aman, masukkan tabung aspirator pertama dengan urutan pelepasan yang benar ke ujung besar ember yang menembus stop. Darah harus mengalir ke dalam tabung yang dievakuasi.

Jika pasien mengeluh “tertembak, nyeri listrik, atau kesemutan atau mati rasa proksimal atau distal dari tempat tusukan”, jarum harus segera ditarik.

Saraf mungkin terjepit dan mungkin rusak. Jika terjadi insiden, pungsi vena harus diulang di tempat yang berbeda dan insiden tersebut harus didokumentasikan. Jika dicurigai adanya tusukan arteri, seperti yang ditunjukkan oleh aliran merah terang, cepat, berdenyut, dengan atau tanpa perkembangan hematoma yang cepat, jarum harus segera ditarik.

Tekanan langsung yang kuat harus diterapkan ke situs selama minimal lima menit atau sampai pendarahan berhenti. Jika darah tidak mulai mengalir, seharusnya: Ubah posisi jarum dengan menggerakkan jarum secara perlahan ke belakang atau ke depan pada lengan. Jika darah mengalir lambat, sudutnya harus disesuaikan dengan hati-hati untuk melihat apakah jarum menempel pada dinding vena. Tourniquet juga dapat dilonggarkan, karena dapat menyumbat darah. Jika menyedot debu, coba tabung lain, mungkin tidak ada ruang hampa di tabung.

Setelah Anda mencoba opsi ini dan darah masih tidak mengalir, lepaskan torniket, lepaskan jarum, dan mulai proses dengan tempat baru. Pelepasan jarum yang digunakan dalam pungsi vena Setelah proses selesai, aliran darah harus dipulihkan dan pasien harus diinstruksikan untuk mengendurkan tangan mereka dan kemudian melepaskan tourniquet dan menempatkan kain kasa di atas tempat tusukan vena dan lepaskan jarum. Berikan tekanan yang cukup pada tempat tusukan untuk menghentikan pendarahan dan mencegah memar.

Pasien atau pendampingnya harus diminta untuk memberikan tekanan setidaknya selama 2 menit. Setelah pendarahan berhenti, gunakan perban, kain kasa, atau selotip baru. Pertimbangan Tambahan Saat Melakukan Venipuncture Saat melakukan pungsi vena, pertimbangan berikut harus dipertimbangkan: Untuk pencegahan hematoma, hanya dinding atas vena yang harus ditusuk, dan pastikan jarum benar-benar menembus dinding atas vena, penetrasi parsial dapat memungkinkan darah meresap ke dalam jaringan di sekitar vena.

Tourniquet harus dilepas sebelum jarum dilepas dan tekanan harus diberikan untuk menghentikan pendarahan setelah flebotomi dilakukan.

Hematoma dapat menyebabkan cedera saraf kompresi setelah proses mengeluarkan darah. Untuk mencegah cedera pada saraf, tendon, atau otot, palpitasi hati-hati dan sudut masuk yang tepat harus digunakan. Probing berlebihan (tidak dihitung dari sisi ke sisi) dengan jarum harus dihindari.

Untuk mencegah pusing atau pingsan dan kemungkinan cedera, Anda harus memastikan bahwa pasien duduk di kursi traksi yang sesuai atau berbaring di tempat tidur. Memiliki staf pendukung yang sesuai jika tersedia.

Untuk pencegahan infeksi, kebijakan pengendalian infeksi yang tepat harus diikuti. Gambar urutan dalam pungsi vena Mengikuti urutan undian penting untuk menghindari kontaminasi silang oleh aditif tabung yang dapat menyebabkan hasil yang salah.

Setelah darah diambil, tabung harus diisi sesuai dengan ‘Urutan ekstraksi untuk pungsi vena’ menggunakan tabung sesuai dengan warna yang mengidentifikasi sebagai berikut: Kultur darah. Atasan biru muda (plasma) : 3,2% natrium sitrat.

Tabung ini digunakan untuk tes pembekuan dan harus diisi penuh untuk memastikan rasio yang tepat antara darah dan antikoagulan. Tutup merah (serum) : normal dan gel.

Digunakan untuk kimia dan tes benchmark. Tutup hijau (plasma): dengan dan tanpa gel, mengandung lithium heparin. Tabung ini digunakan terutama untuk tes kimia. Lavender atau Pink Top (plasma): mengandung EDTA. Terutama digunakan untuk hematologi dan analisis bank darah. Grey Top (Plasma) : Mengandung Sodium Fluoride / Potassium Oxalate. Digunakan oleh kimia untuk pengujian glukosa. Tutup Kuning (Plasma dan Sel) – Mengandung Larutan ACD A atau B. Ini digunakan untuk pengujian genetik.

Catatan: Bila Anda menggunakan set penampung darah bersayap untuk pungsi vena dan tabung koagulasi adalah tabung pertama yang dibutuhkan, harap lepaskan tabung pembuangan terlebih dahulu (bagian atas berwarna merah sederhana atau bagian atas biru muda. Tidak perlu mengisi tabung pembuangan sepenuhnya. Setelah tabung diisi, setiap tabung harus dibalik dengan hati-hati menurut warna: Atasan Biru Muda: Balikkan 3-4 kali.

Atasan merah dan emas dibalik 5 kali. Semua tabung lain yang mengandung aditif harus dibalik perlahan 8-10 kali.

Jangan mengocok atau mengaduk tepuk tangan harus dilakukan sesuai kuat. Jika beberapa tabung diperlukan, ikuti urutan ekstraksi yang benar. Teknik penanganan khusus harus diterapkan, dan sampel harus diangkut dengan aman dan teratur ke laboratorium untuk dianalisis. Pelabelan tabung Tabung harus diidentifikasi secara positif setelah diisi dengan label pasien yang terpasang kuat.

Label harus mencantumkan nama depan dan belakang pasien, tanggal lahir, tanggal dan waktu pengambilan, dan inisial kolektor. Jika tidak ada label pasien yang tersedia, beri label secara manual pada tabung dengan informasi yang diperlukan.

Semua label harus menyertakan dua pengenal. Tabung harus diberi label sebelum meninggalkan pasien. Langkah-langkah keamanan Tindakan pencegahan keselamatan universal (standar) harus diperhatikan. Semua prosedur isolasi yang berlaku harus diperhatikan. Mencuci tangan harus dilakukan dengan air hangat yang mengalir dengan produk cuci tangan yang sesuai.

Jika tangan tidak terlihat terkontaminasi, produk pencuci tangan busa komersial dapat digunakan sebelum dan sesudah setiap pengambilan pasien. Sarung tangan harus dipakai selama semua flebotomi dan diganti di antara koleksi pasien.

Palpasi tempat phlebotomy dapat dilakukan tanpa sarung tangan, selama kulit tidak rusak. Jas lab harus dipakai selama prosedur pengambilan darah. Jarum dan ember hanya untuk sekali pakai dan dibuang dalam wadah ‘benda tajam’ yang sesuai sebagai satu kesatuan. Jarum tidak pernah ditutup kembali, dilepas, dipatahkan, atau ditekuk setelah prosedur mengeluarkan darah.

Sarung tangan harus dibuang ke wadah yang sesuai segera setelah prosedur mengeluarkan darah. Semua barang lain yang digunakan untuk prosedur ini harus dibuang sesuai dengan kebijakan pembuangan limbah biohazard yang tepat.

Permukaan yang terkontaminasi harus dibersihkan dengan larutan pemutih 10% yang baru disiapkan. Semua permukaan dibersihkan setiap hari dengan pemutih.

Jika terjadi tusukan yang tidak disengaja, segera cuci area tersebut dengan sabun antibakteri, ambil darah dari luka, dan hubungi supervisor Anda Pos-pos Terbaru • Apa saja 4 langkah naturalisasi? • Apa unsur yang memiliki sifat mirip dengan natrium? • Apa peradaban awal Mesopotamia dan Mesir serupa? • Apa yang kita sebut keinginan untuk melakukan perilaku secara efektif untuk kepentingannya sendiri?

• Apa bentuk pemerintahan di mana warga negara memilih pemimpinnya disebut?Membersihkan tumpahan menggunakan zat pembersih dan peralatan pelindung yang benar Tumpahan pada area kerja perlu dibersihkan, dilaporkan dan dicatat apalagi dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan kecelakaan akibat kontak dengan bahan tumpahan.

Kecelakaan yang ditimbulkan antara lain : keracunan akibat menghirup uap bahan tersebut, korosif dan dapat menimbulkan kebakaran dan ledakan jika bereaksi dengan bahan-bahan mudah terbakar, serta menyebabkan kontaminasi oleh mikroba (untuk bahanbahan mikrobiologi). Penanganan yang sangat tepat adalah dengan mengikuti data/ petunjuk penanganan bahan dalam “Material Safety Data Sheet” (MSDS) Prosedur penanganan tumpahan secara umum adalah : • Kenali tumpahan/identifikasi bahan yang tumpah dan mengetahui teknik aman penanganannya.

• Pastikan penggunaan alat pengaman diri (khususnya sarung tangan, pelindung mata/muka dan pelindung pernafasan bila perlu). • Cegah tumpahan meluas dan hentikan sumber tumpahan jika hal tersebut aman dilakukan. • Tangani (di tempat) dengan cara yang tepat. Secara umum proses yang dilakukan adalah netralisasi. Netralisasi dapat menggunakan basa (soda ash/lime) untuk tumpahan yang bersifat asam dan larutan asam asetat untuk tumpahan yang bersifat basa.

Bahan yang paling umum digunakan untuk keadaan darurat apabila terjadi tumpahan adalah pasir, tanah, natrium karbonat dan kapur. Tetapi untuk penanganan yang lebih tepat dapat dilihat di dalam “Material Safety Data Sheet” (MSDS).Bekas tumpahan bahan kimia di area kerja dapat dibersihkan dengan air, sabun/detergen, atau pembersih lain yang sesuai dengan bahan pengotornya. • Simpan semua limbah pada tempatnya yang sesuai kemudian tutup untuk penanganan lebih lanjut • Bersihkan pastikan kembali area tersebut telah bersih dan aman.

Bersihkan meja kerja segera setelah terjadi tumpahan zat/ bahan kimia. Apabila bahan kimia yang tumpah tersebut cukup/sangat berbahaya, selain dibersihkan dengan lap, tangan harus dilindungi dengan sarung tangan. Ini adalah contoh yang salah jika bahan kimia yang tumpah tersebut cukup/sangat berbahaya dan praktikan tidak menggunakan sarung tangan seperti pada 2 tanda lingkaran di atas. Sarung tangan sangat penting untuk melindungi tangan dari bahaya bahan kimia yang menempel/meresap pada lap pembersih.

Membuang limbah sesuai dengan prosedur yang relevan Limbah yang dihasilkan di area kerja dan/atau selama bekerja perlu ditangani sehingga tidak berbahaya bahkan mencemari lingkungan. Oleh karena itu, pengetahuan tentang jenis-jenis limbah, penyimpanan secara terpisah, penanganan untuk mereduksi atau mengurangi tingkat bahayanya dan penyimpanannya perlu untuk diketahui jenis dan cara penanganan limbah tepuk tangan harus dilakukan sesuai lain : • Peralatan gelas yang pecah disimpan dalam tempat tertentu dan diberi label.

• Kertas tisu (paper towel) dan limbah yang tidak berbahaya sejenis lainnya dapat digolongkan ke dalam limbah umum setelah yakin bahwa tidak terdapat kontaminasi mikroorganisme. • Cairan/larutan mudah larut dalam air dan tidak berbahaya dapat dibuang langsung ke wastafel dengan dibilas menggunakan banyak air. Untuk larutan asam/ basa perlu dinetralkan terlebih dahulu sebelum dibuang.

• Bahan organik limbah yang mudah terbakar harus disimpan pada tempat tertentu dan diberi label. • Bahan-bahan anorganik yang mengandung logam berat disimpan pada tempat khusus. • Bahan-bahan yang mencemari lingkungan harus dipisahkan dan perlu penanganan pendahuluan. • Petrifilm dan media agar yang telah digunakan harus disterilisasi terlebih dahulu, dibakar atau disimpan di tempat tertentu.

Limbah-limbah tepuk tangan harus dilakukan sesuai perlu diolah/ditangani lebih lanjut. Hal ini dapat dilakukan oleh pihak lain, limbah yang telah diolah harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Berdasarkan cara penyimpanannya, limbah dapat dibagi dalam 10 kelas : • Limbah yang mengandung Halogen-bebas pelarut organik. • Limbah yang mengandung halogen dengan pelarut organik dan larutan yang mengandung bahanbahan organik (jangan disimpan pada bahan yang terbuat dari aluminium).

• Limbah residu bahan organik padat disimpan dalam kantong plastic (plastic bags) atau pada kemasan aslinya. • Limbah larutan garam ; pH dalam tempat penyimpanan harus selalu disesuaikan (antara 6-8).

• Limbah beracun bahan anorganik termasuk juga garam-garam dari logam-logam berat dan larutannya. Disimpan pada tempat yang tertutup rapat dan label yang jelas. • Limbah beracun dan senyawa mudah terbakar.

• Tempat penyimpanan yang tertutup dan tidak mudah pecah. Label yang jelas. • Limbah raksa dan garam garam anorganik raksa. • Limbah dapat diolah kembali (regenerable) dari residugram-residugram logam. Masing-masing garam logam disimpan terpisah. • Limbah anorganik padat Limbah secara umum dapat dikelompokkan dalam limbah kimia, radioaktif, bahaya mikrobiologi, benda tajam dan limbah tidak berbahaya. Limbah ditangani sesuai kelas/ penggolongannya Limbah kimia 1. Limbah yang mudah terbakar harus dikumpulkan dalam lemari asam dengan wadah terbuat dari bahan tahan api dan tertutup rapat 2.

Limbah-limbah korosif dipisahkan dari limbah asam, basa dan lainnya. 3. Limbah organik termasuk herbisida, pestisida dan semua larutan-larutan bahan terapeutik digolongkan sebagai pelarut organik disimpan terpisah dalam ruang asam.

4. Bahan-bahan kimia yang tidak boleh dibuang langsung ke tempat limbah melalui tempat pencucian: • Asam kuat atau Basa kuat • Sianida atau bahan beracun lainnya • Obat-obat pengobatan • Larutan pekat dari logam-logam berat • Asam pirikazida 5. Larutan yang mengandung obat-obatan adiktif ( DOA = Drugs of Addiction) disimpan dalam penampung limbah khusus DOA.

Radioaktif Semua bahan-bahan radioaktif harus disimpan pada wadah khusus dan pada area khusus radioaktif. Bahaya mikrobiologi 1. Semua larutan contoh dan specimen dari manusia, ternak harus diautoklaf sebelum ditangani 2. Kultur mikrobiologi dan yang terkait dengannya harus diautoklaf sebelum ditangani (lihat SPO : Limbah Mikrobiologi) Benda Tajam ( Sharps ) Peralatan gelas, tepuk tangan harus dilakukan sesuai campur, atau peralatan tajam lainnya disimpan dalam wadah khusus benda-benda berbahaya Limbah tidak berbahaya 1.

Semua tanah, pasir, batu-batuan, benda logam tak berbahaya disimpan dalam wadah khusus limbah padat 2. Larutan-larutan garam, buffer, asam dan basa berkonsentrasi rendah dapat langsung dibuang ke pembuangan limbah melalui tempat pencucian disertai pembilasan dengan banyak air. Melaporkan tumpahan yang besar dan kemudian membersihkannya.

Tumpahan bahan-bahan kimia maupun biologi dapat menyebabkan bahaya yang serius terhadap kesehatan dan keselamatan terhadap pekerja maupun lingkungan, apalagi tumpahan dalam jumlah besar. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem manajemen bahaya (emergency management) sehingga diketahui penanganan secara efektif terhadap bahaya khususnya tumpahan dan adanya kebocoran pada laboratorium.

Pengendalian dokumen ini harus berisi data-data MSDS (Material Safety Data Sheets). Sehingga diperoleh informasi penanganan/ minimalisasi efek tumpahan tumpahan bahan kimia bersangkutan. Tulisan singkat ini memaparkan air raksa bahaya-bahayanya dan batas-batas standar yang ditetapkan tepuk tangan harus dilakukan sesuai badan-badan kesehatan dan lingkungan dunia atau Amerika. Apakah raksa tepuk tangan harus dilakukan sesuai Air raksa adalah logam yang ada secara alami, satu-satunya logam yang pada suhu kamar berwujud cair.

Logam murninya berwarna keperakan, cairan tak berbau, mengkilap. Bila dipanaskan sampai suhu 357 oC air raksa akan menguap. Selain untuk kegiatan penambangan emas, logam merkuri digunakan dalam produksi gas khlor dan soda kaustik, termometer, tambal gigi, dan baterai. Air raksa, sering disebut merkuri, dapat berada dalam berbagai senyawa. Bila bergabung dengan khlor, belerang atau oksigen merkuri akan membentuk garam yang biasanya berwujud padatan putih.

Garam merkuri sering digunakan dalam krim pemutih dan krim antiseptik. Merkuri anorganik (logam dan garam merkuri) terdapat di udara dari deposit mineral, dan dari area industri. Merkuri yang ada di air dan tanah terutama berasal dari deposit alam, buangan limbah, dan aktivitas volkanik. Merkuri dapat pula bersenyawa dengan karbon membentuk senyawa organo merkuri. Senyawa organomerkuri yang paling umum adalah metil merkuri, yang terutama dihasilkan oleh mikroorganisme (bakteri) di air dan tanah.

Karena bakteri itu kemudian terikut (termakan) oleh ikan, maka di ikan cenderung konsentrasi merkurinya akan tinggi.

Nah, dari buangan di sungai Kalimantan ini dapat saja dalam waktu beberapa tahun kemudian akan terakumulasi di ikan, kemudian dampaknya akan tepuk tangan harus dilakukan sesuai pada generasi berikutnya. Ingat kasus Minamata di Jepang. Bagaimana orang dapat terkontaminasi merkuri? Ada beberapa cara: memakan ikan atau hewan air lainnya yang telah terkontaminasi metilmerkuri; terkontaminasi karena lepasnya merkuri dari penambal gigi (banyak pihak mengganggap kasus yang sangat jarang), menghirup udara yang mengandung merkuri dari tumpahan, atau limbah industri (orang-orang pekerja tambang yang tersebut dalam berita Kompas itu, penulis rasa rawan terhadap kontaminasi ini).

Efek merkuri pada kesehatan terutama berkaitan dengan sistem syaraf, yang sangat sensitif pada semua bentuk merkuri. Metilmerkuri dan uap merkuri logam lebih berbahaya dari bentuk-bentuk merkuri yang lain, sebab merkuri dalam kedua bentuk tersebut dapat lebih banyak mencapai otak. Pemaparan kadar tinggi merkuri, baik yang berbentuk logam, garam, maupun metilmerkuri dapat merusak secara permanen otak, ginjal, maupun janin. Pengaruhnya pada fungsi otak dapat mengakibatkan tremor, pengurangan pendengaran atau penglihatan dan pengurangan daya ingat.

Pemaparan dalam waktu singkat pada kadar merkuri yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan paru-paru, muntah-muntah, peningkatan tekanan darah atau denyut jantung, kerusakan kulit, dan iritasi mata.

Badan lingkungan di Amerika (EPA) menentukan bahwa merkuri klorida dan metilmerkuri adalah bahan karsiogenik.
Perkakas tangan dan Fungsinya – Perkakas tangan merupakan alat bantu yang digunakan untuk melakukan pekerjaan baik yang manual maupun yang menggunakan listrik sebagai energinya.

Karena fungsinya yang sangat membantu pekerjaan, hampir semua pekerja maintenance unit (mekanik) sangat ketergantungan terhadap peralatan-peralatan ini dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Pernahkah melihat karyawan sedang menggunakan tang untuk memukul paku? atau menggunakan gerinda untuk memotong kayu ? Pada suatu kasus kecelakaan yang mengakibatkan cidera pada pekerja yang mengakibatkan luka yang sangat serius di tangan kiri (siku bagian depan) antara lengan bawah dan lengan atas.

Luka robek dengan panjang 15 cm dan dalam sekitar 5 cm. Luka ini disebabkan karena pekerja tersebut menggunakan gerinda tidak sesuai dengan fungsinya. Si pekerja menggunakan gerinda untuk memotong pohon dengan terlebih dahulu mengganti batu gerinda dengan mata gergaji bulat. Saat melakukan pemotongan, gerinda tersebut meleset dan pisau gergaji tersebut menyayat tangan kirinya. Kasus tersebut mungkin sebagian kecil dari keadaan nyata di dunia kerja yang ada di sekitar kita, bayak pekerja yang masih menggunakan cara-cara konvensional untuk diterapkan di dunia pekerjaan.

Sebagian orang mungkin akan membiarkan penggunaan perkakas tangan yang tidak sesuai fungsinya, namun beberpa kasus kecelakaan yang serius sering terjadi akibat penggunaan perkakas tangan yang tidak benar.

Untuk menghindari kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan perkakas tangan, maka yang perlu diperhatikan adalah: Perkakas tangan harus sesuai dengan fungsinya Jangan pernah mencoba atau membiarkan pekerja untuk menggunakan perkakas tangan yang tidak sesuai dengan fungsinya. sebagai contoh: karena tidak ada palu, tepuk tangan harus dilakukan sesuai pekerja akan menggunakan peralatan seadanya untuk memukul sesuatu; Menggunakan gerinda potong untuk menghaluskan, dan lain-lain.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Kondisi Perkakas tangan layak Kondisinya Sering kita jumpai palu yang digunakan oleh pekerja dimodifikasi pegangannya menggunakan besi, dengan alasan agar tidak mudah patah. Namun, pekerja-pekerja tersebut tidak mengetahui betapa pentingnya pegangan palu dari kayu atau fiber untuk mengurangi getaran ke tangan saat palu dipukulkan. Kondisi lain yang sering terjadi adalah palu telah membentuk seperti jamur pada bagian kepalanya, ini sangat membahayakan bagi pekerja karena lentingan pecahan palu akibat benturan dengan besi yang dipukul dapat menembus ke badannya.

Kasus lentingan serpihan palu ini sudah pernah terjadi dan mengakibatkan si pekerja meninggal karena serpihan tembus sampai ke jantung pekerja. Jika perkakas tangan menggunakan listrik, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kondisi perkakas tangan, jangan ada bagian-bagian yang terkelupas sehingga tidak membahayakan bagi penggunanya.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Terdapat pelindung pada perkakas tangan yang memiliki bagian berputar Pelindung pada mesin tepuk tangan harus dilakukan sesuai berputar sangat diwajibkan untuk meminimalkan peluang terjadinya kecelakaan. Pemasangan perisai atau pelindung juga berfungsi untuk menahan agar serpihan sisa proses agar tidak mengenai pekerja. Beberapa cara di atas merupakan cara yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa perkakas tangan sudah sesuai dan aman untuk digunakan.

Namun cara-cara tersebut harus didukung oleh kemauan pekerja untuk menggunakan perkakas tangan secara benar agar kecelakaan dapat terhindar. Recent Posts • Penetapan Kebijakan – Sub Elemen 1.3 SMKP Minerba • Isi Kebijakan – SMKP Minerba Sub Elemen 1.2 • Penyusunan Kebijakan – SMKP Minerba Sub Elemen 1.1 • Potensi Kecelakaan Saat Dumping Lumpur dan Antisipasinya • PP No 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup • Tindakan Tidak Aman dan Kondisi Tidak Aman, Apa Saja dan Berapa Porsinya?

• Tema Bulan K3 Nasional 2021- Manusia Yang Unggul dan Berbudaya K3 Pada Semua Sektor Usaha
Mengganti kasa steril pada bekas luka operasi tidaklah sulit, tetapi penting melakukannya dengan benar untuk melindungi sayatan dan mencegah infeksi. Untuk melindungi sayatan dengan baik, tangan harus selalu bersih saat mengganti Hansaplast Kasa Steril.

Kebanyakan orang mengira mereka sudah menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum mengganti kasa steril. Kenyataannya, masih banyak yang belum mencuci tangan dengan tepat. Tidak ada salahnya mencari tahu kembali bagaimana langkah-langkah mencuci tangan yang tepat.

Mencuci tangan berlaku saat kamu akan mengganti kasa steril untuk dirimu atau untuk orang lain. Jika mengganti kasa steril atau perban orang lain, penting untuk menambahkan penggunaan sarung tangan ke dalam proses tersebut, yang digunakan untuk melindungimu dan orang tersebut.

Untuk satu kali proses mengganti kasa steril, kamu akan membutuhkan tiga pasang sarung tangan sekali pakai, yaitu, digunakan saat setelah mencuci tangan, setelah melepas perban lama, dan sebelum mengaplikasikan kasa steril atau perban baru.

Berikut langkah-langkah mengganti kasa steril untuk luka operasi dan penjelasan kenapa membutuhkannya hingga tiga pasang. Baca juga: Langkah Tepat Mengatasi Miliaria (Ruam Panas) Kembali ke atas 1. Perhatikan waktu mengganti Hansaplast Tepuk tangan harus dilakukan sesuai Steril Untuk melepas Hansaplast Kasa Steril atau perban tanpa menimbulkan rasa sakit, jangan menarik kasa steril atau perban dari kulit, melainkan tarik kulit dari perban dan dengan cara ini, rasa sakit dapat diminimalisir dan prosesnya jauh lebih lembut pada kulit di sekitar sayatan.

Jika ada kemerahan di sekitar perekat, kamu mungkin memiliki kulit yang sensitif terhadap perekat yang kamu gunakan. Pilih perekat yang berbeda, meskipun pilihanmu tidak sekuat yang sebelumnya, namun dapat mengurangi iritasi pada kulit Anda.

Sekali lagi, kamu harus mencuci tangan. Mengapa? Karena sebelumnya kamu sudah memegang kasa steril atau perban yang kotor. Jadi untuk menghindari kuman, kamu butuh cuci tangan lagi, karena kali ini kamu akan membersihkan bekas luka pascaoperasi.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Jika membantu orang lain, lepas sarung tangan, cuci tangan, dan kenakan sarung tangan baru setelah melepas perban. Ini akan membantu mencegah penyebaran bakteri ke sayatan saat membersihkannya. Kamu bisa membersihkannya langsung di kamar mandi, atau mengelapnya menggunakan waslap bersih dan segar atau bahan lain untuk membersihkan sayatan kemudian gunakan waslap bersih lainnya untuk mengeringkan sayatan.

Gunakan Hansaplast Spray Antiseptik untuk membersihkan luka sayatan dari kotoran dan bakteri, serta tepuk tangan harus dilakukan sesuai luka sayatan dari infeksi tanpa rasa sakit. Selain itu, jangan menggosok sayatan, menghilangkan koreng, atau mencoba membersihkan jahitan. Setelah itu tepuk-tepuk sayatan hingga kering atau biarkan mengering.

Jangan menutup luka yang masih lembap. Baca juga: Penanganan Pertama pada Luka Akibat Pecahan Kaca Kembali ke atas 6. Periksa kondisi luka Ini adalah waktu terbaik untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda infeksi dan memastikan luka menutup dengan baik. Sayatan mungkin terlihat berwarna merah, tetapi kemerahannya akan berkurang jika menunjukkan penyembuhan yang baik.

Perhatikan juga bekas jahitan, lihatlah apakah sisi-sisinya bergabung dengan rapi tanpa celah. Kembali ke atas 7. Cuci tangan lagi Kamu perlu mencuci tangan satu kali lagi.

Jika membantu seseorang, lepaskan dan buang sarung tangan, cuci tangan, dan kenakan sarung tangan baru. Dengan cara ini, kandungan infeksius apa pun yang mungkin ada, tidak akan memengaruhi luka operasimu. Tidak membersihkan tangan dapat menyebabkan hal-hal penyebab infeksi ke luka bersih tersebut.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Jika dokter bedah meresepkan salep atau perawatan khusus, inilah saatnya untuk mengaplikasikannya. Jangan gunakan lotion, bedak, atau pembersih apa pun yang belum disetujui oleh dokter bedah.

tepuk tangan harus dilakukan sesuai

Kamu bisa gunakan Hansaplast Salep Lukayang dapat membantu proses penyembuhan luka 2x lebih cepat* dan dengan risiko luka membekas yang lebih rendah.

Aplikasikan Hansaplast Salep Luka secara rutin hingga luka sembuh secara menyeluruh. Jika memungkinkan, keluarkan Hansaplast Kasa Steril atau perban dari kemasan sesuai kebutuhan dan letakkan langsung di atas sayatan.

Setelah kasa steril atau perban menutupi jahitan, jangan lupa tambahkan lebar setengah inci di setiap sisi, baru rekatkan keempat sisi dengan perekat sampai kasa steril atau perban tertutup rapat. Anda mungkin perlu menggunakan Hansaplast Rol Kain atau Hansaplast Cohesive Rol jika kasa steril atau perbannya tebal. *dibandingkan dengan luka yang tidak dirawat dengan tepat.

Jika terdapat luka atau cairan dari luka, bungkus plastik sebelum membuangnya. Buang ke tempat sampah, jangan membiarkannya apalagi jika kamu mengganti kasa steril atau perban di toilet, jangan sembarangan membuang kasa steril atau kasa steril atau perban karena dapat menyumbat saluran air.

Kembali ke atas 10. Cuci tangan lagi Setelah kasa steril atau perban diganti dan sudah membuang kasa steril atau perban bekas pakai, cuci tangan sekali lagi. Pencucian terakhir ini memastikan tanganmu bebas dari bakteri atau infeksi pada perban lama. Jika Anda membantu orang lain, buka sarung tangan baru kemudian cuci tangan hingga bersih. Bagaimana, tepuk tangan harus dilakukan sesuai sulit kan? Mengganti kasa steril atau perban bedah tidaklah sulit.

Melakukannya dengan benar dapat mencegah infeksi dan membantu penyembuhan. Pelajari cara mengubahnya dengan benar. Baca juga: Perawatan Tepat untuk Mengobati Bisul yang Mengganggu Kembali ke atas Produk yang Berhubungan Dengan menggunakan fitur ini pengunjung setuju bahwa data juga dapat ditransfer ke negara ketiga di luar Wilayah Ekonomi Eropa tanpa tingkat perlindungan data yang memadai (khususnya AS).

Ada kemungkinan pihak berwenang dapat mengakses data tersebut. Pengunjung dapat menarik persetujuan anda kapan saja dengan efek di masa mendatang. Info lebih lanjut: Kebijakan Privasi. Please select a local market website Copyright © Beiersdorf 2022 • Jejak • Kebijakan Privasi • Persyaratan penggunaan

LOMBA KIDUNG PASKAH PEMUDA GMIT KAISAREA, 06 Mei 2022




2022 www.videocon.com