Kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7 – Kelangkaan adalah terjemahan dari kata “scarcity”. Kelangkaan bukan berarti sulit ditemukan atau jumlahnya sangat sedikit, namun barang atau jasa tersebut tidak bisa digunakan secara bebas. Butuh pengorbanan untuk mendapatkan atau mengonsumsi barang tersebut.

Kalau barang atau jasa dapat kita peroleh secara bebas tanpa mengorbankan apa pun, dinamakan barang bebas. Contoh yang mendekati barang bebas adalah udara yang kita hirup. Lain lagi dengan beras, barang ini tidaklah langka namun tidak bisa kita konsumsi dengan bebas.

Kita harus melakukan pengorbanan atau mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya. Misalnya dengan membelinya. Ini adalah contoh dari kelangkaan. Jadi, kelangkaan bukan berarti barang itu susah kita temukan ya. Beras ini tidak disebut dengan barang langka, melainkan barang ekonomi atau “economic good”. Barang ekonomi adalah jenis barang yang memiliki nilai kegunaan atau jumlahnya terbatas.

Oleh karena itu, konsumen harus melakukan pengorbanan tertentu agar bisa mendapatkan atau mengonsumsinya. Kita lanjutkan bahasan materi kelangkaan dan kebutuhan manusia Kelas 7 ini dengan membahas tentang apa itu kebutuhan. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi agar manusia bisa melangsungkan kehidupannya dengan normal.

Misalnya saja kita butuh makan, maka kebutuhan manusia adalah makanan. Lalu apakah kebutuhan manusia itu tidak ada batasnya ? tentu saja ada. Setiap manusia normal hanya butuh makanan 3 piring dalam sehari.

Itu adalah bukti bahwa kebutuhan manusia itu ada batasnya. Hanya saja kebutuhan manusia itu kompleks, karena bukan hanya fisik (makanan, pakaian, perumahan dll.), tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri, sosialisasi, penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan akan berusaha dipuaskan, bila tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Di sinilah banyak yang beranggapan bahwa kebutuhan manusia itu tidak terbatas, padahal nyatanya tetap ada batasnya.

Tidak mungkin kita butuh 1000 mobil untuk keperluan kehidupan sehari-hari. Kebutuhan yang kompleks tadi bisa menjadi masalah karena harus dipuaskan dengan ketersediaan barang dan jasa, sedangkan untuk memproduksi barang dan jasa itu butuh sumber daya, terutama sumber daya alam.

Nah, di sinilah terjadi masalah besar dalam ekonomi, dimana sumber daya alam ini jumlahnya terbatas dan cenderung tidak bertambah, sedangkan kebutuhan manusia terus berkembang. Walaupun sebenarnya kita sudah diberi sumber daya alam yang cukup namun karena manusia merasa kebutuhannya terus berkembang maka terjadi ketidakseimbangan, terutama bila tidak dikontrol dengan baik. Jadi, hubungan kelangkaan dan kebutuhan manusia yang dipelajari di kelas 7 ini adalah dimana kebutuhan manusia kompleks dan terus berkembang (bukan tak terbatas) yang berhadapan dengan sumberdaya yang justru cenderung berkurang.

Disinilah manusia harus menentukan pilihan dalam setiap pemenuhan kebutuhannya. Inilah yang dinamakan dengan ilmu ekonomi, yaitu ilmu tentang pilihan rasional untuk memenuhi kebutuhan. Makhluk Sosial, Kelangkaan, dan Kebutuhan Manusia (kelas 7) Manusia juga dikenal sebagai makhluk ekonomi ( homo economicus) karena manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan, tentu saja dengan cara yang rasional sehingga dapat mencapai kesejahteraannya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia bertindak sebagai makhluk sosial. Manusia tidak mampu memenuhi kebutuhan tanpa melakukan interaksi dengan orang lain. Interaksi manusia dengan manusia lain menunjukkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial yang selalu hidup bersama dan tidak dapat hidup sendiri dalam memenuhi kebutuhan.

Kebutuhan manusia yang beragam dan selalu terus bertambah tersebut tidak mungkin dapat terpenuhi tanpa adanya interaksi sosial, sebagai makhluk sosial manusia selalu membutuhkan manusia lain. Interaksi sosial merupakan kunci dalam sendi-sendi kehidupan sosial, karena tanpa interaksi tidak mungkin terjadi aktivitas sosial. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis, baik yang menyangkut hubungan antara individu dan individu, antar individu dan kelompok, kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup antara kelompok dengan kelompok.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

Secara sederhana, interaksi terjadi apabila dua orang saling bertemu, saling menegur, berkenalan, dan memengaruhi. Interaksi sosial tidak terbatas oleh waktu karena dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya interaksi maka terjadi saling memengaruhi sehingga menimbulkan berbagai perubahan dalam kehidupan.

Kondisi tersebut dinamakan proses sosial, dimana terjadi pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama. Interaksi sosial adalah bentuk pelaksanaan kedudukan manusia sebagai makhluk sosial.

Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia Kebutuhan manusia demikian banyak, sedangkan barang-barang dan jasa serta sumber-sumber alam lain jumlahnya terbatas atau langka ( bukan langka dalam arti sulit ditemukan).

Sumber daya antara daerah yang satu dengan daerah lain tidak sama. Beberapa daerah yang tersedia secara melimpah dan sebagian daerah lain tersedia sumber daya yang sedikit sehingga terjadi interaksi antar daerah untuk memenuhi kebutuhan. Kelangkaan sumber daya dibanding dengan kebutuhan manusia akan menyebabkan kurangnya atau tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan untuk hidup. Kelangkaan ini merupakan masalah ekonomi manusia. Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang berkembang, sedangkan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa justru cenderung berkurang.

Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan itu disebut kelangkaan. Untuk mengatasi masalah kelangkaan maka perlu belajar ilmu ekonomi. Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikonomia yang berarti rumah tangga. Oikonomia merupakan kata majemuk yang terdiri dari dua kata ‘oikos’ dan ‘nomos’.

Oikos artinya rumah tangga, dan nomos artinya aturan, Jadi arti kata ekonomi berarti aturan rumah tangga atau ilmu yang mengatur rumah tangga. Ilmu ekonomi termasuk kelompok ilmu sosial. Para pakar ekonomi memberi batasan-batasan yang berbeda-beda tentang pengertian ilmu ekonomi. Meskipun definisi atau batasan yang mereka berikan berbeda tetapi pada dasarnya mengandung makna yang sama. Definisi ilmu ekonomi yang sering digunakan “Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran“.

Kebutuhan Manusia Kita lanjutkan bahasan tentang kelangkaan dan kebutuhan manusia untuk Kelas 7 ini dengan lebih dalam tentang apa itu kebutuhan dan macamnya. Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan. Untuk mengetahui lebih jelas tentang kebutuhan manusia sebaiknya kita perlu mengetahui macam-macam kebutuhan. Berikut jenis macam-macam kebutuhan : Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya atau Tingkatannya • Kebutuhan primer atau kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup.

Adapun yang termasuk kebutuhan primer antara lain: kebutuhan akan makan, pakaian, perumahan, dan sejenisnya. • Kebutuhan sekunder (tambahan) adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan pelengkap dari kebutuhan primer.

Tidak terpenuhinnya kebutuhan ini tidak mengganggu kelangsungan hidup. Kebutuhan sekunder antara lain, perabot rumah tangga, lemari, arloji, radio, dan sabun.

• Kebutuhan Tersier atau kebutuhan barang mewah adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi.

Kebutuhan ini tidak mutlak harus dipenuhi tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan dari masing-masing orang. Biasanya kebutuhan ini berhubungan dengan harga diri orang tersebut, apabila seseorang mampu memiliki barang-barang mewah. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Sifat Macam-macam kebutuhan menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

• Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani. Kebutuhan ini bersifat materi. Contoh kebutuhan ini antara lain kebutuhan akan makan, obat bagi yang sakit, minuman, kesehatan, dan olah raga.

• Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Apabila kebutuhan ini terpenuhi akan merasa puas, aman dan tenang. Contoh kebutuhan rohani antara lain kebutuhan akan rekreasi, pengajian, baca buku, dan pendidikan.

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya Menurut Waktunya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut. • Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan.

Apabila pemenuhan kebutuhan ini tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidupnya, yang termasuk kebutuhan sekarang antara lain: • Makanan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kelaparan • Minuman sangat dibutuhkan bagi orang yang kehausan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kehausan • Obat sangat dibutuhkan bagi orang yang sakit.

Kebutuhan ini tidak bisa ditunda karena akan berakibat fatal. • Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang. Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang. Contoh, seseorang saat ini bekerja untuk memperoleh uang tetapi tidak lupa menyisihkan sebagian uangnya untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang.

Uang tabungan ini bisa digunakan untuk pendidikan di masa depan bagi anak-anaknya. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Subjek Menurut subyek yang merasakannya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua macam yaitu: • Kebutuhan Individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan.

Kebutuhan ini dirasakan oleh diri pribadi seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu. Contoh kebutuhan ini seperti makan, minum, mobil, sepatu, dan kaca mata. Kebutuhan tergantung dari keinginan masing-masing. • Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama. Contoh kebutuhan ini antara lain : kebutuhan akan jalan, jembatan, sekolah, pasar, dan lapangan olahraga.

Faktor-Faktor Perbedaan Kebutuhan Manusia Mari kita lanjutkan belajar materi kelangkaan dan kebutuhan manusia Kelas 7 dengan mempelajari apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia yang satu dengan yang lain berbeda kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup dan jumlahnya.

Perbedaan ini disebabkan oleh faktor–faktor yang memengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain: • Jenis Kelamin. Perbedaan jenis kelamin dan umur pasti akan memengaruhi perbedaan jenis dan jumlah kebutuhan. Jenis kelamin akan berpengaruh pula pada variasi dan jenis kebutuhan. • Tingkat Pendidikan. Seseorang yang mengutamakan penambahan pengetahuan atau wawasan yang terkait dengan latar belakang pendidikan akan berpengaruh pada kebutuhannya.

• Lingkungan Tempat Tinggal. Lingkungan tempat tinggal sangat besar pengaruhnya terhadap kebutuhan manusia. Orang hidup di daerah pegunungan akan berbeda kebutuhannya dengan mereka yang hidup di dataran rendah. • Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kemajuan ilmu kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup dan teknologi menyebabkan adanya penemuan-penemuan baru dan produk-produk baru.

Munculnya produk baru ini akan memengaruhi orang untuk memiliki, sehingga muncul kebutuhan akan produk baru itu. • Tingkat Pendapatan. Semakin besar pendapatan seseorang maka semakin besar pula kebutuhan karena mereka memiliki sarana untuk memenuhinya dan sebaliknya semakin kecil pendapatannya akan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan. • Status Sosial. Semakin tinggi kedudukan seseorang di masyarakat biasanya semakin beragam dan bertambahnya kebutuhan. • Perbedaan Selera.

Perbedaan selera ini akan sangat berpengaruh terhadap barang / jasa yang dibutuhkan. Selera seseorang akan memengaruhi orang tersebut akan pemenuhan kebutuhannya. Video Pembelajaran Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7 Silakan simak video pembelajaran di bawah ini untuk membandingkan konsep-konsep yang ada dalam tulisan ini.

Silakan temukan persamaan dan perbedaannya dan jangan lupa ambil yang paling masuk akal menurut kamu. • Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru) • Klik untuk mengirim ini lewat surel kepada seorang teman(Membuka di jendela yang baru) • Suara.com - Hidup manusia di dunia tak lepas dari berbagai kebutuhan.

Kebutuhan sendiri diartikan sebagai suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, yang apabila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan. Contohnya bagi mereka yang lapar menuntut untuk dipenuhi makan, begitu juga mereka yang haus harus segera minum.

Apabila kebutuhan ini tidak dipenuhi, maka akan berakibat pada kelangsungan hidup orang tersebut. Mengutip buku elektronik terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud 2019, disebutkan jika kebutuhan manusia terdiri dari berbagai macam, kebutuhan berdasarkan intensitas atau tingkatan, kebutuhan berdasarkan sifat, kebutuhan berdasarkan waktu, dan kebutuhan menurut subjek. Macam-macam kebutuhan menurut intensitas atau tingkatannya Baca Juga: Patut Diterapkan, Berikut 5 Tips Irit di Masa Sulit 1.

Kebutuhan primer Ini adalah bentuk kebutuhan pokok, yang berarti kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup. Adapun yang temasuk kebutuhan primer antara lain: kebutuhan akan makan, kebutuhan ini bila tidak terpenuhi maka manusia tidak bisa hidup.

Kebutuhan pakaian, kebutuhan ini harus dipenuhi karena manusia perlu bersosialisasi dengan sesama, dan apabila tidak dipenuhi maka akan mengalami kesulitan dalam pergaulan.

Perumahan merupakan kebutuhan tempat untuk berteduh, istirahat dan melepas lelah sehingga kebutuhan ini mutlak harus dipenuhi. 2. Kebutuhan sekunder Kebutuhan ini adalah jenis kebutuhan tambahan, yakni kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan pelengkap dari kebutuhan primer.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anak Muda Susah Menabung, Sandwich Generation! Tidak terpenuhinnya kebutuhan ini tidak mengganggu kelangsungan hidup. Kebutuhan sekunder antara lain, perabot rumah tangga, lemari, arloji, radio, kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup sabun.

3. Kebutuhan tersier Jenis kebutuhan ini masuk dalam kategori kebutuhan barang mewah, yakni kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini tidak mutlak harus dipenuhi tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan dari masing-masing orang. Biasanya kebutuhan ini berhubungan dengan harga diri orang tersebut, apabila seseorang mampu memiliki barang-barang mewah.

Pada saat ini sulit menentukan mana barang mewah dan mana yang bukan, karena tergantung dari tingkat kekayaan yang dimiliki masing-masing orang. Macam-macam kebutuhan menurut sifat Macam-macam kebutuhan menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

1. Kebutuhan Jasmani Ini adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

Kebutuhan ini bersifat materi. Contoh kebutuhan ini antara lain kebutuhan akan makan, obat bagi yang sakit, minuman, kesehatan, dan olah raga. 2. Kebutuhan Rohani Kebutuhan rohani juga disebut sebagai kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Apabila kebutuhan ini terpenuhi akan merasa puas, aman dan tenang. Contoh kebutuhan rohani antara lain kebutuhan akan rekreasi, agama, nonton tv, baca buku, dan pendidikan.

Macam-macam kebutuhan menurut waktu digunakan Menurut waktunya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua yaitu kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang. Simak penjelasannya, sebagai berikut: 1. Kebutuhan sekarang Jenis kebutuhan ini termasuk dalam kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan. Apabila pemenuhan kebutuhan ini tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidupnya. Contohnya antara lain: • Makanan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kelaparan.

• Minuman sangat dibutuhkan bagi orang yang kehausan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kehausan. • Obat sangat dibutuhkan bagi orang yang sakit. Kebutuhan ini tidak bisa ditunda karena akan berakibat fatal. 2. Kebutuhan masa yang akan datang Jenis kebutuhan ini adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang.

Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang. Contoh, seseorang saat ini bekerja untuk memperoleh uang tetapi tidak lupa menyisihkan sebagian uangnya untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang.

Uang tabungan ini bisa digunakan untuk pendidikan di masa depan bagi anak-anaknya. Macam-macam kebutuhan menurut subjeknya 1. Kebutuhan Individual Termasuk dalam kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan. Kebutuhan ini dirasakan oleh diri pribadi seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu. Tentu saja kebutuhan ini tidak sama orang yang satu dengan yang lainnya. Contoh kebutuhan ini seperti makan, minum, sepatu, dan kaca mata.

Kebutuhan tergantung dari keinginan masing-masing. 2. Kebutuhan kelompok atau kolektif Ini adalah jenis kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama.

Contoh kebutuhan ini antara lain: kebutuhan akan jalan, jembatan, sekolah, pasar, dan lapangan. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
Kebutuhan manusia demikian banyak, sedangkan barang-barang dan jasa serta sumber-sumber alam lain jumlahnya terbatas atau langka.

Sumber daya antara daerah yang satu dengan daerah lain tidak sama. Beberapa daerah yang tersedia secara melimpah dan sebagian daerah lain tersedia sumber daya yang sedikit sehingga terjadi interaksi antar daerah untuk memenuhi kebutuhan. Kelangkaan sumber daya dibanding dengan kebutuhan manusia akan menyebabkan kurangnya atau tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan untuk hidup.Kelangkaan ini merupakan masalah ekonomi manusia.

Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa terbatas adanya.Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan itu disebut kelangkaan. Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan. Contoh, bagi mereka yang lapar menuntut untuk dipenuhi makan, begitu juga mereka yang haus harus segera minum.

Apabila kebutuhan ini tidak dipenuhi maka akan berakibat pada kelangsungan hidup orang tersebut. a. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya atau Tingkatannya 1. Kebutuhan primer/kebutuhan pokok. adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup. Adapun yang termasuk kebutuhan primer antara lain: • kebutuhan akan makan, kebutuhan ini bila tidak terpenuhi maka manusia tidak bisa hidup.

• Kebutuhan pakaian, kebutuhan ini harus dipenuhi kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup manusia perlu bersosialisasi dengan sesama, dan apabila tidak dipenuhi maka akan mengalami kesulitan dalam pergaulan.

• Perumahan merupakan kebutuhan tempat untuk berteduh, istirahat dan melepas lelah sehingga kebutuhan ini mutlak harus dipenuhi. 3) Kebutuhan Tersier atau kebutuhan barang mewah adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini tidak mutlak harus dipenuhi tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan dari masing-masing orang. Biasanya kebutuhan ini berhubungan dengan harga diri orang tersebut, apabila seseorang mampu memiliki barang-barang mewah.

Pada saat ini sulit menentukan mana barang mewah dan mana yang bukan, karena tergantung dari tingkat kekayaan yang dimiliki masing-masing orang.

• Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani. Kebutuhan ini bersifat materi. Contoh kebutuhan ini antara lain kebutuhan akan makan, obat bagi yang sakit, minuman, kesehatan, dan olah raga.

• Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Apabila kebutuhan ini terpenuhi akan merasa puas, aman dan tenang. Contoh kebutuhan rokhani antara lain kebutuhan akan rekreasi, agama, nonton TV, baca buku, dan pendidikan.

• Makanan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kelaparan • Minuman sangat dibutuhkan bagi orang yang kehausan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kehausan • Obat sangat dibutuhkan bagi orang yang sakit. Kebutuhan ini tidak bisa ditunda karena akan berakibat fatal.

2) Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang. Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang. Contoh, seseorang saat ini bekerja untuk memperoleh uang tetapi tidak lupa menyisihkan sebagian uangnya untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang.

Uang tabungan ini bisa digunakan untuk pendidikan di masa depan bagi anak-anaknya. • Kebutuhan Individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan.

Kebutuhan ini dirasakan oleh diri pribadi seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu. Tentu saja kebutuhan ini tidak sama orang yang satu dengan yang lainnya.

Contoh kebutuhan ini seperti makan, minum, mobil, sepatu, dan kaca mata. Kebutuhan tergantung dari keinginan masing-masing. • Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama.

Contoh kebutuhan ini antara lain : kebutuhan akan jalan, jembatan, sekolah, pasar, dan lapangan. Sudah kita ketahui bahwa kebutuhan manusia tidak ada batasnya artinya setiap saat selalu bertambah dan berkembang seiring dengan kemajuan peradaban manusia.Untuk bisa melangsungkan kehidupannya dan memperoleh kemakmuran, orang harus mampu mengimbangi kebutuhan dengan alat pemenuhan yang ada juga perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terusmenerus.

Alat pemenuhan kebutuhan manusia banyak sekali macamnya.Ada yang berupa barang dan jasa. Ada yang berwujud dan ada tidak berwujud.

Begitu juga untuk memperoleh perlu mengeluarkan uang atau tidak mengeluarkan uang untuk memperolehnya.Seperti halnya kebutuhan, alat pemuas kebutuhan terdapat berbagai jenis atau macamnya. Banyaknya alat pemenuhan kebutuhan itu agar mudah mengingat maka perlu diklasifikasikan sebagai berikut.

2. Barang bebas Barang bebas adalah barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak perlu pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara dan air. b. Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Hubungannya dengan Barang Lain Berdasar hubungannya dengan barang lain, barang dapat dibedakan menjadi; 1. Barang Substitusi Barang substitusi adalah barang yang dalam penggunaanya saling dapat menggantikan dengan barang lain dengan syarat barang tersebut memiliki kegunaan yang sama.

Contoh barang ini antara lain, nasi bisa diganti fungsinya dengan singkong, dan gula merah bisa digantikan dengan gula putih. 2. Barang Komplementer Barang komplementer adalah barang yang penggunaanya dapat saling melengkapi satu sama lain, karena bila tidak salah satu maka barang tersebut kurang bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali.

Contoh barang ini antara lain: motor tidak akan jalan kalau tidak ada bensin, kompor tidak menyala kalau tidak ada gas atau minyak tanah. c. Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Tujuan Penggunaannya Dilihat dari tujuan penggunaannya barang dapat dikelompokkan menjadi barang produksi dan barang konsumsi. 1. Barang Produksi (Barang Modal) Barang produksi disebut juga barang modal karena barang ini tidak dapat langsung memenuhi kebutuhan manusia tetapi melalui proses dahulu baru dapat digunakannya.

Barang ini kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup menghasilkan barang lain. Contoh barang modal antara lain: lahan, mesin, dan gedung. 2. Barang Konsumsi Barang konsumsi adalah barang-barang yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia.Barang ini banyak ragamnya tergantung dari masing-masing individu yang menginginkan.

Dalam kehidupan sehari-hari barang konsumsi disebut juga barang jadi atau siap pakai karena telah melalui proses produksi dan siap dipasarkan. Contoh barang ini antara lain, buku tulis untuk belajar dan alat tulis. d. Alat Pemenuhan Kebutuhan menurut Proses Pembuatannya. Berdasarkan proses pembuatan, alat pemuas kebutuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga macam,yaitu barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.

1. Barang Mentah Barang mentah adalah barang yang belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tetapi harus melalui proses produksi terlebih dahulu. Contoh barang mentah antara lain : padi belum bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan karna masih berupa barang mentah dan harus melalui proses dahulu, begitu juga kayu belum digunakan bila belum dibentuk dulu menjadi perabot. 2. Barang Setengah Jadi Barang setengah jadi yaitu barang atau alat pemuas kebutuhan yang masih dalam proses produksi.

Contoh barang ini antara lain : benang sebelum dibuat kain, dan tepung sebelum dibuat kue. 3. Barang Jadi Barang jadi adalah barang atau alat pemuas kebutuhan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.Contoh barang ini antara lain : nasi, kue, alat tulis, tas, baju, celana, buku, dan pensil. KOMPAS.com - Kita hidup dengan berbagai kebutuhan. Semua manusia butuh makan.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

Tapi tak semua manusia membutuhkan mobil. Banyak yang membutuhkan sambungan internet. Namun tak semua membutuhkan laptop atau komputer. Kebutuhan-kebutuhan itu bisa kita golongkan berdasarkan intensitas atau kepentingannya. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Baca juga: Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Kebutuhan primer kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan memengaruhi kelangsungan hidup disebut kebutuhan primer.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang berkaitan dengan mempertahankan hidup secara layak. Kebutuhan ini mendasar dan harus kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer terdiri dari sandang (pakaian), pangan (makan), dan papan (tempat tinggal). Tanpa pangan, manusia akan meninggal.

Begitu pula tanpa sandang dan papan. Manusia akan tersiksa hidupnya dan rentan terserang penyakit. Sejak zaman purba, nenek moyang manusia bisa bertahan hidup karena memenuhi kebutuhan ini. Kebutuhan sekunder Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau menambah kebahagiaan hidup.

Kebutuhan sekunder berupa penunjang hidup. Kebutuhan ini bisa ditunda pemenuhannya setelah kebutuhan primer dipenuhi. Manusia masih bisa hidup jika kebutuhan ini tidak dipenuhi. Contoh kebutuhan sekunder yakni perabotan rumah tangga, kendaraan bermotor, pendidikan, akses kesehatan, dan hiburan. Baca juga: Sistem Pendidikan Nasional Kebutuhan tersier Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau meningkatkan harga diri, prestise atau gengsi.

Kebutuhan ini bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Contohnya liburan ke luar negeri, memakai perhiasan, membeli barang bermerk, memiliki mobil mewah. Perkembangan kebutuhan Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia pun juga berkembang. Klasifikasi kebutuhan berdasarkan intensitas ini tidak bersifat mutlak.

Kebutuhan primer antara manusia yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda. Contohnya, bagi petani, cangkul adalah kebutuhan primer. Namun bagi polisi, cangkul tidak masuk menjadi kebutuhannya. Baca juga: Pelaku Ekonomi: Hubungan Antarpelaku Ekonomi Bagi siswa, buku adalah kebutuhan primer.

Namun bagi nelayan, buku boleh jadi kebutuhan tersier. Ponsel adalah kebutuhan primer para pekerja kantoran di bidang jasa. Sebab, ponsel dibutuhkan agar mereka bisa bekerja. Namun bagi peternak di desa, ponsel adalah kebutuhan sekunder atau bahkan tersier.

Mengetahui kebutuhan pribadi dan mengelompokannya ke dalam tiga pembagian itu penting untuk dilakukan. Tujuannya, agar kita tahu mana kebutuhan yang harus diprioritaskan dalam hidup. Memiliki tempat tinggal misalnya, perlu diprioritaskan dibanding membeli mobil mewah. Baca juga: Apa Itu Kegiatan Ekonomi? Berita Terkait Gizi Penderita Kanker Harus Terpenuhi, Seberapa Banyak Takarannya?

KADIN: 5 Tahun Lagi, Industri Pangan Bisa Tambah Sumbangan ke PDB 1,5 Persen Jokowi Sentil Impor Cangkul, Menperin Singgung Kesadaran Pembeli Pemerintah Akan Wajibkan Pembelian Cangkul Buatan Dalam Negeri Airlangga Minta Kementerian Serap Cangkul Buatan Indonesia Berita Terkait Gizi Penderita Kanker Harus Terpenuhi, Seberapa Banyak Takarannya?

KADIN: 5 Tahun Lagi, Industri Pangan Bisa Tambah Sumbangan ke PDB 1,5 Persen Jokowi Sentil Impor Cangkul, Menperin Singgung Kesadaran Pembeli Pemerintah Akan Wajibkan Pembelian Cangkul Buatan Dalam Negeri Airlangga Minta Kementerian Serap Cangkul Buatan Indonesia
Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan.

Contoh, bagi mereka yang lapar menuntut untuk dipenuhi makan, begitu juga mereka yang haus harus segera minum. Apabila kebutuhan ini tidak dipenuhi maka akan berakibat pada kelangsungan hidup orang tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas tentang kebutuhan manusia sebaiknya kita perlu mengetahui macam-macam kebutuhan.Berikut jenis macam-macam kebutuhan : a.

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya atau Tingkatannya 1) Kebutuhan primer atau kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup.

Adapun yang termasuk kebutuhan primer antara lain: kebutuhan akan makan, kebutuhan ini bila tidak terpenuhi maka manusia tidak bisa hidup. Kebutuhan pakaian, kebutuhan ini harus dipenuhi karena manusia perlu bersosialisasi dengan sesama, dan apabila tidak dipenuhi maka akan mengalami kesulitan dalam pergaulan. Perumahan kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup kebutuhan tempat untuk berteduh, istirahat dan melepas lelah sehingga kebutuhan ini mutlak harus dipenuhi.

2) Kebutuhan sekunder (tambahan) adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan pelengkap dari kebutuhan primer. Tidak terpenuhi-nya kebutuhan ini tidak mengganggu kelangsungan hidup.

Kebutuhan sekunder antara lain, perabot rumah tangga, lemari, arloji, radio, dan sabun. 3) Kebutuhan Tersier atau kebutuhan barang mewah adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuh i.

Kebutuhan ini tidak mutlak harus dipenuhi tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan dari masing-masing orang. Biasanya kebutuhan ini berhubungan dengan harga diri orang tersebut, apabila seseorang mampu memiliki barang-barang mewah. b. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Sifat Macam-macam kebutuhan menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. 1) Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani.

Kebutuhan ini bersifat materi. Contoh kebutuhan ini antara lain kebutuhan akan makan, obat bagi yang sakit, minuman, kesehatan, dan olah raga. 2) Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia.

Apabila kebutuhan ini terpenuhi akan merasa puas, aman dan tenang. Contoh kebutuhan rokhani antara lain kebutuhan akan rekreasi, agama, nonton TV, baca buku, dan pendidikan. c. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya Menurut Waktunya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut. 1) Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan.

Apabila pemenuhan kebutuan ini tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidupnya, yang termasuk kebutuhan sekarang antara lain: a) Makanan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kelaparan b) Minuman sangat dibutuhkan bagi orang yang kehausan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kehausan c) Obat sangat dibutuhkan bagi orang yang sakit.

Kebutuhan ini tidak bisa ditunda karena akan berakibat fatal 2) Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang. Contoh,seseorang saat ini bekerja untuk memperoleh uang tetapi tidak lupa menyi-sihkan sebagian uangnya untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang. Uang tabungan ini bisa digunakan untuk pendidikan di masa depan bagi anak-anaknya.

d. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Subjek Menurut subyek yang merasakannya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua macam yaitu: 1) Kebutuhan Individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan. Kebutuhan ini dirasakan oleh diri pribadi seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu.

Tentu saja kebutuhan ini tidak sama orang yang satu dengan yang lainnya. Contoh kebutuhan ini seperti makan, minum, mobil, sepatu, dan kaca mata. Kebutuhan tergantung dari keinginan masing-masing. 2) Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama.

Contoh kebutuhan ini antara lain : kebutuhan akan jalan, jembatan, sekolah, pasar, dan lapangan Kebutuhan manusia yang satu dengan yang lain berbeda ragam dan jumlahnya. Perbedaan ini disebabkan oleh faktor–faktor yang memengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain: a). Jenis Kelamin Perbedaan jenis kelamin dan umur pasti akan memengaruhi perbedaan jenis dan jumlah kebutuhan. Jenis kelamin akan berpengaruh pula pada variasi dan jenis kebutuhan.

b). Tingkat Pendidikan Seseorang yang mengutamakan penambahan pengetahuan atau wawasan yang terkait dengan latar belakang pendidikan akan berpengaruh pada kebutuhannya. Sebagai contoh: kebutuhan anak SD tentu akan berbeda bila dibandingkan anak SMP bila melihat jenis dan ragamnya. c). Lingkungan Tempat Tinggal Lingkungan tempat tinggal sangat besar pengaruhnya terhadap kebutuan manusia.

Orang hidup di daerah pegunungan akan berbeda kebutuhannya dengan mereka yang hidup di dataran rendah. d). Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan adanya penemuan-penemuan baru dan produk-produk baru. Munculnya produk baru ini akan memengaruhi orang untuk memiliki, sehingga muncul kebutuhan akan produk baru itu. e).

Tingkat Pendapatan Semakin besar pendapatan seseorang maka semakin besar pula kebutuhan karena mereka memiliki sarana untuk untuk memenuhinya dan sebaliknya semakin kecil pendapatannya kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan.

f). Status Sosial Semakin tinggi kedudukan seseorang di masyarakat biasanya semakin beragam dan bertambahnya kebutuhan. g). Perbedaan Selera Perbedaan selera ini akan sangat berpengaruh terhadap barang / jasa yang dibutuhkan. Selera seseorang akan memengaruhi orang tersebut akan pemenuhan kebutuhannya Sudah kita ketahui bahwa kebutuhan manusia tidak ada batasnya artinya setiap saat selalu bertambah dan berkembang seiring dengan kemajuan peradaban manusia.Untuk bisa melang-sungkan kehidupannya dan memperoleh kemakmuran, orang harus mampu mengimbangi kebutuhan dengan alat pemenuhan yang ada juga perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus Alat pemenuhan kebutuhan manusia banyak sekali macamnya.Ada yang berupa barang dan jasa.

Ada yang berwujud dan ada tidak berwujud. Begitu juga untuk memperoleh perlu mengeluarkan uang atau tidak mengeluarkan uang untuk memperolehnya. Seperti halnya kebutuhan, alat pemuas kebutuhan terdapat berbagai jenis atau macamnya. Banyaknya alat pemenuhan kebutuhan itu agar mudah mengingat maka perlu diklasifikasikan sebagai berikut.

a. Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Kelangkaannya atau Cara Memperolehnya Menurut kelangkaanya atau cara memperolehnya alat pemuas kebutuhan dibedakan atas barang ekonomis dan barang bebas.

1. Barang Ekonomis Barang ekonomis adalah semua barang yang keberadaanya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. Contoh barang ekonomis antara lain sepatu dan air minum kemasan. 1. Barang Substitusi Barang substitusi adalah barang yang dalam penggunaanya saling dapat menggantikan dengan barang lain dengan syarat barang tersebut memiliki kegunaan yang sama.

Contoh barang ini antara lain, nasi bisa diganti fungsinya dengan singkong, dan gula merah bisa digantikan dengan gula putih. 2. Barang Komplementer adalah barang yang penggunaanya dapat saling melengkapi satu sama lain, karena bila tidak ada salah satu maka barang tersebut kurang bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali.

Contoh barang ini antara lain: motor tidak akan jalan kalau tidak ada bensin, kompor tidak menyala kalau tidak ada gas atau minyak tanah. c. Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Tujuan Penggunaannya Dilihat dari tujuan penggunaannya barang dapat dikelompokkan menjadi barang produksi dan barang konsumsi. 1. Barang Produksi (Barang Modal) Barang produksi disebut juga barang modal karena barang ini tidak kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup langsung memenuhi kebutuhan manusia tetapi melalui proses dahulu baru dapat digunakannya.

Barang ini dapat menghasilkan barang lain. Contoh barang modal antara lain: lahan, mesin, dan gedung 2. Barang Konsumsi Barang konsumsi adalah barang-barang yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia.Barang ini banyak ragamnya tergantung dari masing-masing individu yang menginginkan. D alam kehidupan sehari-hari barang konsumsi disebut juga barang jadi atau siap pakai karena telah melalui proses produksi dan siap dipasarkan. Contoh barang ini antara lain, buku tulis yang kalian butuhkan untuk belajar dan alat tduis d.

Alat Pemenuhan Kebutuhan menurut Proses Pembuatannya. Berdasarkan proses pembuatan, alat pemuas kebutuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga macam,yaitu barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi. 1. Barang Mentah Barang mentah adalah barang yang belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tetapi harus melalui proses produksi terlebih dahulu. Contoh barang mentah antara lain : padi belum bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan karna masih berupa barang mentah dan harus melalui proses dahulu, begitu juga kayu belum digunakan bila belum dibentuk dulu menjadi perabot.

2. Barang Setengah Jadi Barang setengah jadi yaitu barang atau alat pemuas kebutuhan yang masih dalam proses produksi. Contoh barang ini antara lain : benang sebelum dibuat kain, dan tepung sebelum dibuat kue. 3. Barang Jadi Barang jadi adalah barang atau alat pemuas kebutuhan yang dapat digunakan langsung untuk memenuhi kebutuhan.Contoh barang ini antara lain : nasi, kue, alat tulis, tas, baju, celana, buku, dan pensil.

Apa yang mendorong tindakan ekonomi? Ayo selidiki faktor yang mendasari manusia melakukan kegiatan! Tindakan manusia didorong oleh kekuatan yang ada pada diri sendiri. Kekuatan yang ada dalam diri manusia untuk melakukan tindakan atau kegiatan disebut motif. Dalam tindakan ekonomis yang dilakukan manusia, motif tersebut berasal dari diri sendiri dan berasal dari luar diri manusia atau pengaruh dari orang lain.

Manusia melakukan berbagai macam tindakan agar semua kebutuhannya terpenuhi dan dapat mencapai kemakmuran.Segala kegiatan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya disebut dengan tindakan ekonomis atau perbuatan ekonomis.Tujuan dari tindakan ekonomis adalah untuk mengendalikan agar pengeluaran tidak melebihi pendapatan.

Tindakan ekonomis manusia dilakukan dalam kegiatan ekonomi. Tindakan ekonomis dilakukan setiap orang harus dengan penuh tanggungjawab, kejujuran dan santun.Kegiatan ekonomis manusia harus rasional agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kegiatan yang rasional adalah kegiatan dilakukan dengan pikiran dan akal yang sehat. Setiap orang melakukan kegiatan selalu didorong oleh keinginan untuk memperoleh sesuatu.

Keinginan atau alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Tindakan manusia selalu didorong oleh suatu keinginan.

Keinginan atau motif yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi ada bermacam -macam. Motif ekonomi dapat dibedakan menjadi empat macam, antara lain sebagai berikut a. Motif untuk Memenuhi Kebutuhan Motif paling penting yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi, yaitu ingin memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.

Setiap aktivitas yang dilakukan manusia dengan harapan dapat memperoleh penghasilan.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

Penghasilan itulah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Apabila penghasilannya tidak mencukupi maka berusaha mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan kegiatan ekonomi lainnya. Sebagai contoh, seorang pedagang sayur keliling dengan tujuan membantu mendapatkan tambahan penghasilan suaminya yang bekerja sebagai buruh pabrik b.

Motif Berbuat Sosial Rasa kemanusiaan selalu ada pada setiap orang.Selain ingi nmemenuhi kebutuhan manusia punya keinginan untuk menolong orang lain atau ingin membantu sesama manusia. Sebagai contoh, seorang siswa berkunjung ke Panti Asuhan untuk menyumbangkan buku-buku pelajaran yang tidak terpakai.

Apa yang mendasari kegiatan dilakukan untuk motif ini? Pernahkah kamu membantu orang lain dengan kemampuan yang kamu miliki? Ada banyak cara kegiatan yang dilakukan dengan motif sosial ini. Contoh, kalian membantu orang lain misalnya dengan menyumbangkan baju yang tidak terpakai, membantu teman yang kekurangan, membantu fakir miskin, dan membantu teman yang terkena musibah. c. Motif untuk Mendapatkan Penghargaan Penghargaan yangdimaksud bukan sekedar mendapat pujian atau piagam tetapi juga ingin status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar.

Penghargaan diperoleh apabila ada usaha dengan rajin untuk memperolehnya. Belajar dengan rajin untuk memperoleh pres-tasi maka akan mendapat penghargaan pada saat pembagian laporan hasil belajar pada akhir semester atau kompetisi mata pelajaran yang diadakan sekolah setiap pekan kreativitas. Penghargaan yang kamu dapat bisa berupa rangking atau piala. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang akan dibahas pada sub bab berikutnya, yang mendasarkan kegiatannya pada prinsip ekonomi.

Bagi pelaku produksi, tindakan yang dilakukan harus menggunakan bahan baku yang bagus, tenaga kerja yang terampil, mesin, sehingga dalam melakukan proses produksi dapat efisien dan barang hasil produksinya berkualitas.

Bagi distributor, berusaha agar barang yang disalurkan tepat sasaran. Bagi konsumen dapat memenuhi kebutuhan dengan cara membeli barang dengan harga yang sesuai dan kualitas bagus.

Apa yang dimaksud prinsip ekonomi? Di bawah ini ada beberapa pengertian prinsip ekonomi pada umumnya. 1. Prinsip ekonomi adalah usaha untuk mendapatkan hasil tertentu dengan pengorban an yang sekecil mungkin. Bahkan dalam dunia usaha prinsip ekonomi berhubungan dengan sebutan efisien dan efektif.

Efisien artinya kegiatan yang dilakukan tepat untuk mencapai target tertentu dan efektif artinya apa yang dilaksanakan benar. Prinsip ekonomi baik sekali digunakan dalam segala kegiatan ekonomi, baik kegiatan produksi, distribusi maupun konsumsi. Orang akan menerapkan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari. Sebagai contoh seseorang akan membeli sepatu pada toko A dengan harga Rp 150.000,00, pada toko B harga sepatu Rp 149.000,00 dan pada took C harga sepatu dengan kualitas yang sama Rp 149.500,00.

Berdasar prinsip ekonomi tentu orang tersebut akan membeli pada toko B yang harga lebih murah dan kualitas sama. Orang yang berpedoman pada prinsip ekonomi selalu melakukan pertimbangan-pertimbangan sehingga pengorbanan kita dapat memperoleh hasil yang maksimal Prinsip ekonomi dapat diterapkan dalam kegiatan ekonomi.

Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan-kegiatan ekonomi tentu dengan tujuan yang berbeda. Di bawah ini contoh penerapan dalam kegiatan ekonomi. 1. Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi antara lain: a. menggunakan bahan mentah atau bahan baku dengan mutu baik, b. mendirikan tempat perusahaan yang dekat dengan bahan mentah/bahan baku, c. menggunakan tenaga kerja dengan upah murah, dan d. harus selalu hemat dalam biaya produksi. 1. Kegiatan Produksi Setiap pagi kita bisa melihat aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar kita.

Ibu menyiapkan sarapan, misalnya dengan menanak nasi/ membuat nasi goreng/membuat roti/membuat nasi kuning. Kegiatan yang dilakukan ibu kalian setiap pagi dalam rangka menyiapkan sarapan pagi itu disebut dengan produksi.Semua kebutuhan manusia harus dipenuhi, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus dapat menghasilkan alat pemenuhan kebutuhan.Dalam satu keluarga untuk memenuhi kebutuhan makan dapat menghasilkan sendiri,akan tetapi bahan-bahan yang digunakan kadangkala dihasilkan oleh orang lain.

Apa yang dimaksud dengan kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup Produksi adalah kegiatan menghasilkan suatu barang. Pengertian produksi adalah kegiatan menghasilkan barang/jasa atau kegiatan menambah nilai guna barang/jasa.

Berdasarkan pengertian produksi tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai guna suatu barang akan bertambah bila barang tersebut diolah lagi dan menghasilkan barang lain. Setiap barang memiliki nilai guna ( utilitas) yang berbeda. PROSES TERJADINYA PRANATA SOSIAL Kebutuhan manusia yang sangat kompleks. yang berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lain menuntut diciptakannya pranata sosial guna mencapai kehidupan bersama yang tertib dan teratur.

Apabila masyarakat tidak mempunyai pranata, maka kehidupan masyarakat ini akan menjadi kacau. Hal ini karena tidak adanya aturan-aturan atau norma-norma yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan pegangan bagi anggotanya dalam bersikap dan bertingkah laku. Dengan demikian mereka akan cenderung untuk berperilaku seenaknya sendiri, yang menurut pendapatnya benar dan bisa tercapai tujuan pribadinya.

Untuk mendapatkan suatu kondisi yang tertib dan teratur itulah, maka masyarakat mempunyai sejumlah aturan atau norma yang harus dipegang oleh setiap anggota masyarakat. Norma EKONOMI BAHAN PTS 2 KELAS 8 Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian a.

Peran Rumah Tangga Keluarga/Rumah Tangga Konsumen (RTK) Rumah tangga keluarga atau sering disebut sebagai rumah tangga konsumen merupakan pelaku ekonomi yang menjalankan peran sangat penting di dalam kegiatan ekonomi. Rumah tangga konsumen adalah kelompok masyarakat yang melakukankegiatan konsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Rumah tangga konsumen membutuhkan barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga perusahaan. Jadi, barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga perusahaan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga konsumen. Rumah tangga konsumen memiliki dua peran, yaitu sebagai konsumen dan sebagai penyedia faktor produksi, yang meliputi penyediaan lahan, tenaga kerja, modal, dan keahlian.

Ketika konsumen membeli barang dan jasa dari produsen, konsumen berkewajiban membayar barang dan jasa yang diter
ASTALOG.COM – Kebutuhan manusia adalah hal yang harus atau sangat ingin dipenuhi untuk dapat bertahan hidup atau untuk memuaskan suatu hasrat yang kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup. Pada dasarnya,manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu,yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.

Selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan. Seperti: makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Model akademis kebutuhan yang paling terkenal adalah model yang dikembangkan oleh Abraham Maslow, yaitu Teori hierarki kebutuhan Maslow.

Dalam model itu, ia menyatakan bahwa manusia memiliki berbagai tingkat kebutuhan, mulai dari keamanan sampai aktualisasi diri. Model ini kemudian dikembangkan lagi oleh Clayton Alderfer. Macam-macam kebutuhan manusia dan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia merupakan dua hal utama. PELAJARI: Pasar Monopsono Adalah a.

Kebutuhan Mutlak Kebutuhan mutlak adalah kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap manusia dan tidak mungkin ditinggalkan. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka manusia akan mati. Contoh kebutuhan mutlak adalah makan dan minum. b. Kebutuhan Primer Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia yang ingin hidup layak. Contoh Kebutuhan Primer antara lain: makanan, minuman, pakaian, dan rumah. c. Kebutuhan Sekunder Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi.Kebutuhan ini berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.Misalnya mobil bagi orang berpenghasilan tinggi adalah kebutuhan sekunder, namun bagi orang yang berpenghasilan rendah adalah barang mewah.

d. Kebutuhan Tersier Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang tingkat pemenuhannya setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. 2. Kebutuhan Menurut Waktunya Kebuthuan menurut waktunya dapat digolongkan sebagai berikut, a. Kebutuhan Sekarang Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda.

Contoh kebutuhan sekarang antara lain, obat bagi orang sakit dan makanan bagi orang kelaparan. PELAJARI: Faktor Internal Yaitu Faktor Yang Berasal Dari Dalam Diri Seseorang Sebagai Subjek Antara Lain b.

Kebutuhan Mendesak Kebutuhan mendesak merupakan kebutuhan yang sangat kritis(tiba-tiba) dan sifatnya sangat insidentil. Misalnya, bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah atau bencana alam., kebutuhan konsultasi kesehatan atau pengacara. c. Kebutuhan Masa Akan Datang Kebutuhan masa akan daatang adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan di kemudian hari dan dapat ditunda karena tidak mendesak. Contoh kebutuhan masa akan datang adalah menabung.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

3. Kebutuhan Menurut Sifatnya Kebutuhan menurut sifatnya daoat diglongkan sebagai berikut. a. Kebutuhan Jasmani / Material Kebutuhan jasmani adalah kebuthan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik, yaitu menjaga penampilan atau kesehatan.Misalnya, berolehraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

b. Kebutuhan Rohani / Nonmaterial Kebutuhan rohani ada;ah kebutuhan yang berhubungan dengan keseshatan jiwa. Contoh kebutuhan rohani antara lain beribadah menurut agama, bersosialisasi, dan berekreasi. 4. Kebutuhan menurut subyeknya Kebutuhan menurut subyeknya yaitu: PELAJARI: Apa yang Dimaksud Pajak Tidak Langsung? a. Kebutuhan individu Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan seorang saja. Contoh: kebutuhan petani waktu bekerja berbeda dengan kebutuhan seorang dokter.

b. Kebutuhan Sosial Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang diperlukan untuk memenuhi kepentingan bersama kelompok. Contoh: siskamling, gedung sekolah, rumah sakit, dan jembatan serta berbagai contoh yang lainnya. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN Banyak kebutuhan manusia yang harus terpenuhi, karena jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka manusia tidak akan bisa memakukan aktivitasnya bahkan tidak bisa hidup.Macam-macam Kebutuhan tersebut jelas mempunyai dampak terhadap manusia dan lingkungannya, Namun Karena sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tak terbatas, maka terjadi kelangkaan dimana-mana, artinya banyak kebutuhan yang tak terpenuhi.

Kebutuhan manusia yang satu tidak selalu sama dengan kebutuhan manusia lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya Faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan, yaitu sebagai berikut. 1. Kondisi Alam 2. Peradaban 3. Agama dan Kepercayaan 4. Adat IstiadatSetiap wilayah yang ada di Indonesia memiliki kekayaan dan potensi alam yang berbeda.

Sumber daya yang tidak merata antarwilayah menimbulkan kelangkaan komoditas tertentu di suatu wilayah. Kelangkaan dapat terjadi karena sumber daya yang tersedia tidak sebanding dengan kebutuhan.

Tidak terpenuhinya kebutuhan manusia berarti munculnya masalah pemenuhan kebutuhan yang disebut masalah ekonomi.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

D. Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Manusia juga dikenal sebagai mahluk ekonomi ( homo economicus) karena manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan, tentu saja dengan cara yang rasional sehingga dapat mencapai kesejahteraannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia bertindak sebagai mahluk sosial. Sebagai mahkluk sosial yang selalu hidup bersama dan tidak dapat hidup sendiri dalam memenuhi kebutuhan. Tindakan manusia melakukan interaksi dengan manusia lain misalnya, untuk memperoleh beras dengan cara membeli dari pedagang di pasar karena secara individu tidak mampu menghasilkan beras itu.

Dengan adanya interaksi maka terjadi saling memengaruhi sehingga menimbulkan berbagai perubahan dalam kehidupan.

Kondisi tersebut dinamakan proses sosial, dimana terjadi pengaruh timbal balik antara perbagai segi kehidupan bersama.Interaksi sosial merupakan bentuk pelaksanaan kedudukan manusia sebagai mahkluk sosial perlu mematuhi aturan kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup aturan atau norma – norma tertentu.

1. Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia Kebutuhan manusia semakin hari semakin bertambah. Pada zaman pra aksara, kehidupan masih primitif untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan cara berburu dan meramu. Kemudian seiring dengan majunya cara berpikir dan kebudayaan, mereka mulai hidup menetap dan bercocok tanam dan untuk memenuhi kebutuhan dilakukan dengan cara barter.

Kebutuhan manusia demikian banyak, sedangkan barang – barang dan jasa serta sumber – sumber alam lain jumlahnya terbatas atau langka. Sumber daya antara daerah yang satu dengan daerah lain tidak sama. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan itu disebut kelangkaan. Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, Oikonomia yang berarti rumah tangga. Oikonomia merupakan kata majemuk yang terdiri dari dua kata ‘oikos dan nomos.

’Oikosartinya rumah tangga, dan nomosartinya aturan, Jadi arti kata ekonomi berarti aturan rumah tangga atau ilmu yang mengatur rumah tangga. Definisi ilmu ekonomi yang sering digunakan “ Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.“ Berdasar definisi itu maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemakmuran akan tercapai bila kebutuhan sudah terpenuhi. Untuk mencapai kemakmuran itu manusia harus selalu berusaha melakukan tindakan – tindakan atau pengorbanan, baik berupa tenaga, waktu maupun materi.

2. Kebutuhan Manusia Perhatikan gambar di atas ! Gambar tersebut merupakan barang-barang yang sangat dibutuhkan manusia.Barang tersebut bisa jadi merupakan kebutuhan atau keinginan. Agar alat pemenuhan yang kita miliki dapat mencukupi kebutuhan kita, maka sebaiknya dalam penggunaan kita harus sesuaikan dengan skala prioritas untuk menentukan kebutuhan yang paling penting harus diutamakan pemenuhannya. Skala prioritas dapat diterapkan oleh setiap rumah tangga dengan membuat suatu daftar yang memuat semua kebutuhan dan harus disesuaikan dengan penghasilan.

Dari daftar kebutuhan tersebut kita membuat rangking kebutuhan mana yang paling mendesak dan itulah yang akan kita penuhi lebih dahulu. Sehingga kita dapat memanfaatkan alat pemuas secara cermat dan alat pemuas itu benar – benar dapat memenuhi kebutuhan kita. Skala prioritas adalah ukuran kebutuhan yang tersusun dalam daftar berdasarkan tingkat kebutuhan seseorang, dimulai dari kebutuhan yang paling penting sampai kebutuhan yang bersifat bisa ditunda pemenuhannya.

Berikut adalah manfaat yang bisa dirasakan jika Kamu berhasil membuat daftar prioritas untuk mencapai suatu tujuan. 1. Membantu seseorang untuk lebih fokus mencapai tujuan 2. Mengerjakan sesuatu dengan lebih efektif 3. Membantu untuk mengukur progress dalam mencapai suatu tujuan Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan.

Contoh, bagi mereka yang lapar menuntut untuk dipenuhi makan, begitu juga mereka yang haus harus segera minum. Apabila kebutuhan ini tidak dipenuhi maka akan berakibat pada kelangsungan hidup orang tersebut. Berikut jenis macam – macam kebutuhan : a.

Kebutuhan Menurut Intensitasnya atau Tingkatannya 1) Kebutuhan primer atau kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup. 2) Kebutuhan sekunder ( tambahan ) adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi.

Kebutuhan sekunder merupakan pelengkap dari kebutuhan primer. 3) Kebutuhan Tersier atau kebutuhan barang mewah adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini tidak mutlak harus dipenuhi tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan dari masing – masing orang.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

b. Kebutuhan Menurut Sifat 1) Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani. 2) Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Apabila kebutuhan ini terpenuhi akan merasa puas, aman dan tenang. c. Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya 1) Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan. Apabila pemenuhan kebutuan ini tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidupnya.

2) Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang. Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang. d. Kebutuhan Menurut Subjek 1) Kebutuhan Individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan. Kebutuhan ini dirasakan oleh diri pribadi seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu.

Tentu saja kebutuhan ini tidak sama orang yang satu dengan yang lainnya. 2) Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama – sama.

e. Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Kelangkaannya atau Cara Memperolehnya 1. Barang Ekonomis adalah semua barang yang keberadaanya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. 2. Barang bebas adalah barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak perlu pengorbanan. f. Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Hubungannya dengan Barang Lain 1.

Barang Substitusi adalah barang yang dalam penggunaanya saling dapat menggantikan dengan barang lain dengan syarat barang tersebut memiliki kegunaan yang sama. 2. Barang Komplementer adalah barang yang penggunaanya dapat saling melengkapi satu sama lain, karena bila tidak salah satu maka barang tersebut kurang bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali.

g. Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Tujuan Penggunaannya 1. Barang Produksi ( Barang Modal ) Barang produksi disebut juga barang modal karena barang ini tidak dapat langsung memenuhi kebutuhan manusia tetapi melalui proses dahulu baru dapat digunakannya. 2. Barang Konsumsi Barang konsumsi adalah barang – barang yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Barang ini banyak ragamnya tergantung dari masing – masing individu yang menginginkan. h. Alat Pemenuhan Kebutuhan menurut Proses Pembuatannya. 1. Barang Mentah adalah barang yang belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tetapi harus melalui proses produksi terlebih dahulu. 2. Barang Setengah Jadi yaitu barang atau alat pemuas kebutuhan yang masih dalam proses produksi.

3.

kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup

Barang Jadi adalah barang atau alat pemuas kebutuhan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan manusia yang satu dengan yang lain berbeda ragam dan jumlahnya. Perbedaan ini disebabkan oleh faktor – faktor yang memengaruhinya antara lain : a). Jenis Kelamin b). Tingkat Pendidikan c). Lingkungan Tempat Tinggal d). Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi e). Tingkat Pendapatan f). Status Sosial g). Perbedaan Selera
Kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup manusia disebut kebutuhan primer.

Kebutuhan primer merupakan salah satu jenis kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya. Kebutuhan primer manusia terdiri dari sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal). Kebutuhan manusia berbeda-beda bergantung pada jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, dan lain sebagainya. Pembahasan Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan yang apabila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan.

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut: Kebutuhan primer, merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup.

Kebutuhan primer terdiri dari sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan sekunder, merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder terdiri dari televisi, radio, perabot rumah tangga, dan lain sebagainya. Kebutuhan tersier, merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier terdiri dari barang-barang mewah, seperti emas, mobil, dan lain sebagainya.

maaf kalo slh 1. Jelaskan letak geografis Indonesia! (IPS KD 3.2) Jawab: . 2. Apa keuntungan yang diperoleh Indonesia dengan memiliki letak yang strategis? (IPS … KD 3.2) Jawab: 3. Bacalah bacaan berikut! Masyarakat Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa. Di Indonesia terdapat kurang lebih 300 suku bangsa. Setiap suku bangsa hidup dalam kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaan berbeda-beda satu sama lain.

Jelaskan pokok pikiran pada teks di atas! (Bahasa Indonesia KD 3.7) Jawab: . 4. Sebutkan suku yang mendiami wilayah Sumatra Barat! (PPKn KD 3.4) Jawab: .

5. Berasal dari manakah suku Gumbak Cadek? (PPKn KD 3.4 Jawab: . Indahnya Keragaman di Negeriku 4 - 2 / PN 19​

KEBUTUHAN MANUSIA & KELANGKAAN - Materi IPS kelas 7




2022 www.videocon.com