Bapak komputer di dunia adalah

bapak komputer di dunia adalah

( 164) Penemu.co – Charles Babbage, Sejarah dan Penemu Komputer Pertama. Dahulu sebelum Charles Babbage menemukan komputer pertama, “komputer” adalah seseorang yang benar-benar duduk sepanjang hari, menambah dan mengurangi angka dan memasukkan hasilnya ke dalam tabel. Tabel-tabel itu kemudian muncul dalam buku-buku, sehingga orang lain dapat menggunakannya untuk menyelesaikan tugas, dan menghitung pajak.

Daftar Isi • Sejarah dan Penemu Komputer Pertama • Menciptakan Difference Engine Asal Usul Komputer • Menciptakan Analytical Engine • Gelar The Lucasian Chair Of Mathematics • Profil Charles Babbage • Charles Babbage ‘Bapak Komputer’ Sejarah dan Penemu Komputer Pertama Komputer pertama ditemukan oleh Ahli Matematika asal Inggris bernama Charles Babbage antara tahun 1833 hingga 1871. Mesin hitung yang dikenal sebagai komputer pertama menyerupai mesin modern yang diberi nama Analytical Engine.

Pada Awalnya Kaisar perancis yakni Napoleon Bonaparte pada tahun 1790 memerintahkan peralihan sistem penghitungan lama kekaisaran ke sistem penghitungan baru. Selama 10 tahun, sejumlah sejumlah orang melakukan konversi penghitungan dan memasukkannya ke dalam tabel. Namun, Napoleon Bonaparte tidak pernah menerbitkan tabel-tabel itu, dan hanya bertumpuk dan berdebu di Académie des sciences di Paris. Pada tahun 1819, Charles Babbage mengunjungi Paris dan melihat tabel-tabel yang tidak diterbitkan oleh Napoleon Bonaparte di Académie des sciences di Paris.

Dia kemudian berfikir, bahwa ada cara untuk dapat menghasilkan tabel seperti itu lebih cepat, dengan lebih sedikit tenaga kerja dan lebih sedikit kesalahan yang dihasilkan. Babbage memikirkan banyak keajaiban yang dihasilkan oleh Revolusi Industri di Inggris. Jika penemu kreatif dan para pekerja keras dapat mengembangkan dan menciptakan lokomotif uap, lantas mengapa tidak pada pengembangan mesin penghitungan?

Menciptakan Difference Engine Asal Usul Komputer Charles Babbage kemudian kembali ke Inggris dan memutuskan untuk membuat mesin seperti yang ia pikirkan. Mesin hitung pertama ia beri nama Difference Engine, yang bekerja membuat perhitungan matematika dengan sistem penambahan dan pengurangan saja. Charles Babbage mendapatkan dana dari pemerintah untuk mengembangkan mesin hitung ini pada tahun 1824 dan menghabiskan waktu selama 80 tahun menyempurnakan hasil temuannya.

Pada tahun 1832, Charles Babbage memproduksi prototipe mesin hitung pertamanya, namun dana untuk pengembangan mesinnya dari pemerintah telah habis. Menciptakan Analytical Engine Alih-alih menyederhanakan desainnya karena dananya telah habis, Charles Babbage kemudian memikirkan ide yang revolusioner yakni membuat Analytical Engine.

Analytical Engine yang bapak komputer di dunia adalah oleh Charles Babbage merupakan jenis komputer mekanik baru yang dapat memuat perhitungan lebih rumit, termasuk perkalian dan pembagian berbeda dengan Difference Engine sebelumnya yang hanya bisa memuat penjumlahan dan pengurangan. Bagian dari Analytical Engine yang didesain oleh Charles Babbage menyerupai komponen dari setiap komputer yang dijual di pasaran saat ini.

Dalam komputer sekarang terdapat tiga bagian utama yakni unit pemrosesan pusat atau CPU, dan memori. Sementara Analytical Engine milik Babbage tidak menggunakan istilah itu.

Dia menyebut CPU dengan istilah “pabrik.” Memori RAM dengan istilah “toko.” Babbage juga memiliki perangkat yang disebut sebagai reader untuk memasukkan instruksi, serta cara untuk merekam di atas kertas hasil yang dihasilkan oleh mesin. Babbage menyebut perangkat output ini sebagai printer, pelopor dari printer inkjet dan laser yang sangat umum saat ini.

Catatan mengenai penemuan Charles Babbage ia bukukan ada hampir seluruhnya. Dia menyimpan banyak catatan dan sketsa tentang komputernya sekitar 5.000 halaman. Mesin penghitung Difference Engine dan Analytical Engine yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Karya Babbage kurang begitu terkenal sampai suatu saat dia bertemu dengan Ada, Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron.

Babbage mula-mula bertemu ada di sebuah acara tanggal 6 Juni 1833. Sembilan tahun kemudian, Luigi Federico Manabrea bapak komputer di dunia adalah insinyur dari Italia) menjelaskan cara kerja Analytical Engine. Karya ini kemudian diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace di tahun 1843. Mulai dari saat itu orang mulai mengenal karya Charles Babbage. Namun sayang, hanya sedikit sisa peninggalan dari prototipe mesin Difference Engine, dikarenakan kebutuhan mesin tersebut melebihi teknologi yang tersedia pada zaman itu.

Dan walaupun pekerjaan Babbage dihargai oleh berbagai institusi sains, Pemerintah Inggris menghentikan sementara pendanaan untuk Difference Engine pada tahun 1832, dan akhirnya dihentikan seluruhnya tahun 1842. Demikian pula dengan Difference Engine yang hanya terwujudkan dalam rencana dan desain. Gelar The Lucasian Chair Of Mathematics Tahun 1828 sampai 1839, Babbage mendapat gelar the Lucasian bapak komputer di dunia adalah of mathematics (gelar professor matematika paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge.

bapak komputer di dunia adalah

Selain mesin hitung, Babbage juga memberikan berbagai kontribusi lain. Ia diantaranya menciptakan sistem pos modern di Inggris, menyusun table asuransi pertama yang dapat diandalkan, menemukan locomotive cowcather (struktur berbentuk segitiga di bagian depan kereta api, yang mampu membersihkan rel dari gangguan) dan beberapa lainnya. Selain itu Babbage juga menyumbangkan ide-idenya di bidang ekonomi dan politik. Model Komputer Saat Ini Charles Babbage juga seorang ahli cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher).

Kepandaiannya ini sebetulnya sudah dimilikinya sejak tahun 1854, setelah dia berhasil mengalahkan tantangan Thwaites untuk memecahkan ciphernya. Akan tetapi penemuannya ini tidak dia terbitkan sehingga baru ketahuan di abad 20 ketika para ahli memeriksa notes-notes (tulisan, catatan) Babbage. Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer. Profil Charles Babbage Charles Babbage sebagai penemu komputer pertama lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker.

Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.

Di usia 20 tahunan Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika terutama dibidang fungsi kalkulus. Tahun 1816, dia terpilih sebagai anggota “Royal Society” (organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya, masih aktif hingga kini). Ia juga memainkan peran penting di yayasan “Astronomical Society” (organisasi Astronomi dan geofisika Inggris raya, masih aktif hingga kini) pada tahun 1820. Pada masa ini Babbage mulai tertarik pada mesin hitung, yang berlanjut hingga akhir hayatnya.

Dibalik seluruh keberhasilannya, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kegagalan bantuan pemerintah kepadanya, meninggalkan Babbage dalam kecewaan dan kesedihan di akhir masa hidupnya.

Babbage meninggal di rumahnya di London pada tanggal 18 Oktober 1871. Charles Babbage ‘Bapak Komputer’ Charles Babbage dikenal sebagai penemu komputer pertama, Difference Engine dan Analytical Engine menjadi sumbangan paling bermanfaat bagi umat manusia. Charles Babbage sendiri kemudian disebut sebagai ‘Bapak Komputer’ atas jasa jasanya dalam menemukan cikal bakal komputer. Sejak saat itu temuan Babbage terus dikembangkan terutama penemuan komputer modern yang dibuat oleh Alan Turing. Saat ini komputer menjadi alat penunjang dalam kehidupan manusia dan bentuknya pun semakin moden dan semakin canggih dari personal komputer, laptop hingga super komputer.

Humor sebagai hiburan rasanya tak bisa lepas dari keseharian. Ada humor atau jokes yang terbilang jayus, jokes receh, tebak-tebakan receh, hingga dark jokes. Apa pun itu, sebuah jokes dianggap berhasil jika mampu membuat orang lain terhibur. Di kalangan bapak-bapak, tipe jokes yang receh sangat digemari. Jokes ini terbilang garing tetapi tetap mampu mengocok perut. Nah, beberapa artis juga sering melontarkan jokes receh secara spontan, misalnya Tengku Wisnu dan Kunto Aji.

Jokes ala bapak-bapak ini biasanya terlontar dalam pembicaraan spontan di pos ronda, atau dari sosial media seperti Twitter dan Facebook. Yuk, simak kelucuan kumpulan jokes dan tebak-tebakan receh yang dijamin bikin tepok jidat berikut Ini! Artikel terkait: 10 Rekomendasi Editor Video Terbaik, Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan Kumpulan Jokes Receh • Saya tadi beli obat tidur di apotek, saya bawa pulang pelan-pelan takut obatnya bangun.

• Pak, barusan saya mau masak, tapi tiba-tiba pancinya jalan sendiri enggak tau ke mana. Ternyata panci petualang. • Pak, jadi maling enak, ya. Banyak yang ngejar-ngejar tapi nggak pandang fisik.

• Kalo ada orang yang jahatin kita biarin karena biar iwan yang fales. • Kalo kamu masih diselimuti masalah berarti kamu manusia, kalo kamu diselimuti wijen berarti onde-onde. • Apa bener kalo kita ngisi bensin premium, motor jadi nggak ada iklannya? • Kalo mau manasin motor enaknya direbus apa digoreng? • Andai matahari mau minum inzana pasti sekarang tidak sepanas ini.

• Pak, anak saya ditawari kerja tanpa modal, tapi anak saya disuruh bawa linggis. • Penyanyi dangdut adalah salah satu makhluk hidup yang unik karena bisa hidup sama organ tunggal. • Pohon pisang kalo dikagetin copot gak yah jantungnya? • Kalo kita mau masak air, airnya dicuci dulu nggak, Pak? • Kenapa nyamuk bunyinya nguung? Karena dia minumnya darah, coba kalo minum bensin bunyinya jadi bruuum.

• Mau tanya, kalo baju tidur bangunnya jam berapa, ya? • Anak saya ngeyel kuliah ngambil komputer, pulang-pulang bapak komputer di dunia adalah bonyok. • Kemarin anak saya demam, terus saya kompres eh malah jadi rar. • Kalo cinta masih mandang fisik, suruh aja pacaran sama bapak komputer di dunia adalah karena ikan banyak fisiknya. • Di balik usapan tangan suami ke kepala istri sebenarnya ia ingin memastikan di kepala istrinya tidak ada paku.

Artikel terkait: 10 Joke Bapak-Bapak ala Teuku Wisnu, Receh Tapi Kocak! Jokes Tebak-tebakan Receh • Kenapa air mata warnanya bening? Karena kalo warnanya ijo namanya air matcha. • Kenapa naik sepeda motor maunya ketawa terus? Karena duduknya di atas jokes. • Saat kecil dia tinggal di Jawa Barat, tapi pas udah tua dia tinggal di Sumatera Selatan. Siapa dia? Lembang soalnya kalau sudah bapak komputer di dunia adalah namanya jadi Pa-Lembang.

• Apa nama kota di Jawa Tengah yang semuanya bapak-bapak? Purwodaddy! • Hewan apa yang jualannya rokok? Kodok karena bunyinya rokok-rokok-rokok. • Kesenian yang selalu dilakukan nasabah bank, apakah itu? Tari tunai. • Gendang, gendang apa yang nggak bisa dipukul? Gendang telinga. • Pisang kalo masih panas namanya apa? Hihang hoheng. • Bundaran HI kalo diputerin 3 kali namanya jadi apa? HIHIHI • Hewan apa yang punya paling banyak teman? A crab. • Gajah, gajah apa yang paling baik?

Gajahat. • Benda yang kalo dibalik selalu rusak? Kasur. • Kendaraan apa yang bunyinya paling imut? Kereta api cute cute cute. • Kalo dipotong malah tambah tinggi, apa itu? Celana. • Bedanya sarung sama kotak apa? Kalo sarung bisa kotak-kotak, kalo kotak nggak bisa sarung-sarung. • Sayur apa yang ikut perang?

Sayur mayor. • Buah apa yang paling durhaka? Melon Kundang. • Kenapa kerang adanya di laut? Soalnya kalo di darat namanya kering. • Apa sih bahasa inggrisnya adat? Adat is tiadat. • Orang apa yang kalo berenang nggak basah? Orang botak. • Sapi, sapi apa yang bisa nempel di tembok? Sapidermen • Telor, telor apa yang diinjak nggak pecah? Telortoar • Hewan apa yang hanya terdiri dari satu huruf? I, kan? • Kuda apa yang jalannya ke kiri terus?

Kuda dikunci stang. • Kol apa yang jadi penyanyi? Kolplay Artikel terkait: 8 Contoh Jokes Bapak-Bapak, Makin Absurd Makin Kocak Tebak-tebakan Lucu • Sayur, sayur apa bapak komputer di dunia adalah pintar nyanyi? Kolplay. • Buah apa yang pernah jadi penjajah Indonesia?

Terong Belanda. • Buah apa yang nggak seger? Buah alpucat.

bapak komputer di dunia adalah

• Kenapa di Indonesia sering ditanyain “kapan nikah?” Karena Indonesia adalah negara “marrytime”. • Bulu apa yang bisa bicara? Bulurah. • Kenapa ayam berkokok selalu merem? Karena dia sudah hafal teksnya. • Kamu sama kuburan bedanya apa?

Kalo kuburan nyeremin, kalo kamu ngeselin. • Kenapa tayo warnanya biru? Kalo merah namanya tayi. • Surat, surat apa yang susah buat dipalsukan? Suratan takdir. • Hewan, hewan apa yang kalo diinjek nggak marah? Kera-mik • Kenapa air laut asin? Karena ikannya pada berkeringat. • Kenapa anak kodok suka loncat-loncat? B iasalah, namanya juga anak-anak. Suka iseng. Nah, itulah 50 jokes ala bapak-bapak yang ngeselin dan bikin tepok jidat. Melontarkan jokes receh mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk menikmati hidup yang pelik ini.

Parents sendiri merasa terhibur, nggak, nih? • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Bapak komputer di dunia adalah • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan
Jakarta - Meraih gelar profesortentunya membutuhkan usaha yang tak mudah dan membutuhkan perjalanan panjang.

Pengajuan gelar profesor di Indonesia sendiri diatur melalui Permenpan RB nomor 46. Kandidat perlu memiliki pendidikan sampai tingkat S3 atau doktor dan berpengalaman sebagai dosen minimal selama 10 tahun. Sementara, di luar negeri gelar profesor bisa didapat jika seseorang punya kemampuan akademis yang dinilai sangat mumpuni untuk mendapatkan gelar tersebut. Beberapa syarat lain juga mirip dengan yang ada di Indonesia. Namun, apakah detikers tahu ada beberapa orang yang sudah menjadi profesor ketika usianya masih sangat muda?

Dua di antaranya bahkan berasal dari Indonesia, lo. Baca juga: 15 Ilmuwan Terkenal Rusia dan Penemuannya, Bidang Apa Saja? 4 Profesor Termuda di Dunia 1. Erik Demaine Erik Demaine sudah menunjukkan inteligensinya yang tinggi sejak usia 7 tahun.

Pria asal Kanada ini pernah berpetualang bersama ayahnya ke Amerika Utara saat umurnya 12 tahun dan melakukan sekolah jarak jauh. Gelar sarjana diraihnya ketika berusia 14 tahun, dari Dalhousie University, Kanada. Demaine pun meraih gelar profesor termuda ketika berumur 20 tahun di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Dikutip dari blog resminya, Demaine kini juga menjadi pengajar MIT untuk jurusan Ilmu Komputer. Dia mempunyai minat meneliti geometri, algoritma, serta komputasi dalam game.

Meski begitu, hobinya justru di bidang seni seperti teater, sulap, origami, atau juggling. 2. Alia Sabur Disebutkan dari detiknews, Alia Sabur mendapatkan gelar profesor ketika usianya masih 19 tahun. Berdasarkan Guinness Books of Records, dia menjadi profesor termuda sepanjang sejarah.

Kecerdasan Alia bisa ditelusuri sejak masih balita. Dia mampu berbicara dan membaca saat masih 8 bulan. Alia juga sudah tamat SD saat masih 5 tahun. Bangku perkuliahan dijajaki Alia ketika dia 10 tahun. Bapak komputer di dunia adalah sebab itu, gelar sarjana diraihnya saat masih 14 tahun. Alia pada saat itu meraih gelar sarjana Sains dalam Bidang Matematika Aplikasi dari University of Stony Brook.

Dia selanjutnya memperoleh gelar master dan Ph.D di University of Drexel untuk jurusan sains dan teknik. Alia juga sempat menjadi pengajar Konkuk University tahun 2008.

Selain unggul di bidang akademik, Alia pun punya kecerdasan memainkan alat musik. Di bidang olahraga, dia adalah pemegang sabuk hitam taekwondo.

bapak komputer di dunia adalah

3. Agus Pulung Sasmito Agus Pulung Sasmito adalah peraih gelar profesortermuda yang berasal dari Wonosobo. Dia pernah menjadi mahasiswa Bapak komputer di dunia adalah Gadjah Mada jurusan Teknik Fisika. Agus meraih gelar sarjananya tahun 2005 dan pada tahun berikutnya memperoleh beasiswa di National University of Singapore (NUS). Di kampus kenamaan Singapura itu, dia mengambil jurusan Teknik Mesin. Pada tahun kedua perkuliahan, Agus mendapat tawaran dari pembimbingnya untuk meneruskan ke gelar doktor tanpa merampungkan S2.

Program yang diusulkan pembimbingnya itu disebut direct PhD. Agus kemudian berlanjut ke jenjang professorship dan mengajar sekaligus menjadi peneliti di McGill University tahun 2013. Pada waktu itu usianya 32 tahun. 4. Nelson Tansu Profesor termuda lain dari Indonesia adalah Nelson Tansu.

Dikatakan dalam buku Ilmuwan Indonesia Gapai Citamu, Terangi Negerimu oleh Aisyah Khoirunnisa, Nelson Tansu merupakan kelahiran 20 Oktober 1977. Dia berasal dari Medan, Sumatra Utara. Nelson merupakan anak dari Iskandar Tansu dan Lily Auw. Anak kedua dari tiga bersaudara ini punya latar belakang keluarga yang memandang pendidikan sebagai hal utama.

Baca juga: 3 Perempuan dengan IQ Tertinggi di Dunia, Einstein Kalah Nelson pernah kuliah di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat dengan beasiswa. Dia juga mendapat gelar profesor muda sebelum umur 25 tahun di tempatnya menimba ilmu. Ada dua penemuan Nelson yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Salah satunya dipergunakan oleh sejumlah perusahaan dalam membuat laser serta lampu LED. Pemanfaatan LED sendiri bisa menghemat energi amat besar.

Bapak komputer di dunia adalah 4 profesortermuda di dunia di mana dua di antaranya adalah orang Indonesia. Membanggakan, bukan? Simak Video " Laporan Balik Rektor Ibnu Chaldun soal Pencemaran Nama Baik Diterima Polisi" [Gambas:Video 20detik] (nah/faz) • العربية • Asturianu • বাংলা • Català • Čeština • Deutsch • Ελληνικά • English • Español • فارسی • Français • עברית • हिन्दी • Italiano • 日本語 • Қазақша • ភាសាខ្មែរ • ಕನ್ನಡ • bapak komputer di dunia adalah • Latviešu • Bahasa Melayu • Nederlands • Polski • پنجابی • پښتو • Português • Română • Русский • Српски / srpski bapak komputer di dunia adalah Svenska • Kiswahili • தமிழ் • తెలుగు • ไทย • Tagalog • Türkçe • Українська • اردو • Tiếng Việt • 中文 Artikel ini tidak memiliki referensi atau sumber tepercaya sehingga isinya tidak bisa dipastikan.

Bantu perbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang layak. Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu. Cari sumber: "Sejarah Internet" – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET"(Advanced Research Project Agency Network) baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Daftar isi • 1 Pendahulu • 2 Simbiosis Komputer-Manusia • 3 Packet bapak komputer di dunia adalah • 4 Daftar kejadian penting • 4.1 Kejadian penting lainnya • 5 WEB 1.0, 2.0, dan 3.0 • 5.1 Web 1.0 • 5.2 Web 2.0 • 5.3 Web 3.0 Pendahulu [ sunting - sunting sumber ] Sebelum Internet muncul, telah ada beberapa sistem komunikasi yang berbasis digital, salah satunya adalah sistem telegraf yang sering kali dianggap sebagai pendahulu Internet.

Sistem ini muncul pada abad ke-19, atau lebih dari seratus tahun sebelum internet digunakan secara meluas pada tahun 1990-an.

Teknologi telegraf sendiri berasal dari konsep yang ada bahkan sebelum komputer modern pertama diciptakan, yaitu konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti radio atau kabel. Namun teknologi ini masih terbatas karena hanya mampu menghubungkan maksimal dua perangkat. Di era selanjutnya, ilmuwan seperti Claude Shannon, Harry Nyquist, dan Ralph Hartley, mengembangkan teori transmisi data dan informasi, yang menjadi dasar bagi banyak teori di bidang ini.

Perkembangan terjadi antara lain dalam bentuk jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang meningkat. Namun kesulitan masih terjadi karena hubungan antara dua alat komunikasi tersebut harus terjadi secara fisik, misalnya melalui kabel. Sistem seperti ini tentu tidak aman karena dapat dengan mudah diputus khususnya saat terjadi perang. Simbiosis Komputer-Manusia [ sunting - sunting sumber ] Pada tahun 1960, J.

C. R. Licklider memperkenalkan istilah "Man-Computer Symbiosis" (Simbiosis Komputer-Manusia) dalam karya ilmiahnya. Istilah tersebut ia definisikan sebagai "jaringan komputer yang terkoneksi satu sama lain melalui pita komunikasi lebar yang berfungsi sebagai perpustakaan, dilengkapi dengan teknologi penyimpanan dan pencarian informasi." Licklider bersama seorang ilmuwan lain bernama Welden Clark juga menerbitkan karya lainnya berjudul "On-Line Man-Computer Communication" (Komunikasi Manusia-Mesin Dalam-Jaringan).

Dalam karya tersebut, ia menjelaskan tentang bagaimana kehidupan manusia berubah dengan adanya jaringan komputer yang saling terhubung.

Dua tahun kemudian, Licklider mendapatkan tawaran dari Jack Runia untuk bekerja sebagai direktur Information Processing Techniques Office (IPTO), sebuah divisi baru di dalam DARPA.

Tujuan dari tim ini adalah untuk membuat jaringan yang menghubungkan tiga komputer utama Departemen Pertahanan Amerika Serikat di Pegunungan Cheyenne, Pentagon, dan SAC HQ.

Ia menyetujuinya dan segera membentuk tim yang ia sebut sebagai "Members and Affiliates of the Intergalactic Computer Network" ("Anggota dan Afiliasi Jaringan Komputer Antargalaksi"). Meski akhirnya Licklider keluar dari IPTO pada tahun 1964, visi tentang jaringan universal yang diajukan olehnya berujung pada terciptanya ARPANET lima tahun kemudian, pada tahun 1969. Pada tahun 1973 Licklider kembali memimpin selama dua tahun.

Packet switching [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Packet switching Masalah yang muncul pada perkembangan selanjutnya adalah tentang bagaimana menyatukan jaringan fisik yang terpisah menjadi satu jaringan logis. Pada tahun 1960, Paul Baran menerbitkan sebuah penelitian mengenai sistem jaringan untuk militer Amerika Serikat. Sistem ini dirancang untuk dapat bertahan seandainya terjadi perang nuklir.

Dengan sistem ini, informasi yang melintas dibagi-bagi dalam bentuk yang lebih kecil, yang disebut sebagai message-block (blok pesan).

Di tempat lain, Donal Davies juga mengembangkan teknologi jaringan yang hampir mirip. Teknologi ini berbasis sebuah sistem yang ia beri nama packet-switching, dengan berbagai kelebihan dibandingkan teknik-teknik sebelumnya, antara lain memiliki utilisasi pita jaringan yang lebih baik dan waktu respon yang lebih cepat dibandingkan sirkuit tradisional. Teori matematis untuk teknologi ini kemudian dikembangkan oleh Leonard Kleinrock dari MIT.

Riset lanjutan kemudian dilakukan oleh Tommy Krash dan Paul Baran. Didanai oleh militer Amerika Serikat, mereka berusaha memanfaatkan sistem message-block yang ditemukan sebelumnya untuk memecahkan masalah kerentanan struktur pada teknologi sistem jaringan yang ada. Kerentanan ini terjadi akibat struktur routing yang terpusat, sehingga bila rusak seluruh sistem akan Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Daftar kejadian penting [ sunting - sunting sumber ] Tahun Kejadian 1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958 Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut.

Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer. 1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Pada tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer. Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan " Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. 1965 Istilah " Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1968 Jaringan Tymnet dibuat. 1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas. 1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet.

Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai " Bapak Internet" 1972- 1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up. 1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel " A Protocol for Packet Network Interconnection". 1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama. 1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.

1978 Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol ( TCP/IP) 1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.

Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie. Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah bapak komputer di dunia adalah anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET ( Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).

CSNET ( Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

1982 Istilah " Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.

Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet. 1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Kejadian penting lainnya [ sunting - sunting sumber ] Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.

Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet.

Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.

Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP bapak komputer di dunia adalah Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.

Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.

bapak komputer di dunia adalah

Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.

Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.

Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.

Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator. Bapak komputer di dunia adalah 1.0, 2.0, dan 3.0 [ sunting - sunting sumber ] Web 1.0 [ sunting - sunting sumber ] Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat komputer, aktivitasnya hanya searching saja).

Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja. Contohnya web 1.0 adalah cnn.com Web 2.0 [ sunting - sunting sumber ] Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.

Kelebihan dari web ini adalah bapak komputer di dunia adalah berikut: • Web sebagai platform • Data sebagai pengendali utama • Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur bapak komputer di dunia adalah • Inovasi disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen • Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan • Akhir dari siklus peluncuran (release cycle) perangkat lunak.

• Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user • Teknologi yang dipakai adalah AJAX Web 3.0 [ sunting - sunting sumber ] Web ini masih dalam tahap pengembangan dan akan berkembang pada tahun 2010-2020. Teknologi web generasi ketiga ini merupakan perkembangan lebih maju dari Web 2.0 dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata. Web 3.0 memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide.Web 3.0 mempunyai kemampuan interaksi di dalamnya menyediakan apa yang kita butuhkan dengan bisa memberi saran atau nasihat.

Semantic Web (web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat) • Halaman ini terakhir diubah pada 14 November 2021, pukul 10.00. • Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Daftar isi • Contoh Surat Lamaran Kerja Staff HRD • Contoh Surat Lamaran Kerja Resepsionis / Receptionist • Contoh Surat Lamaran Kerja Admin • Contoh Surat Lamaran Kerja Customer Service • Contoh Surat Lamaran Kerja Guru • Contoh Surat Lamaran Kerja Fotografer / Photographer • Contoh Surat Lamaran Kerja Chef • Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank • Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit • Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat • Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan • Contoh Surat Lamaran Kerja SPG / SPB • Contoh Surat Lamaran Kerja Security • Contoh Surat Lamaran Kerja Supir • Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik • Contoh Surat Lamaran Kerja Waiter / Pelayan / Pramuniaga • Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate • Contoh Surat Lamaran Kerja Part Time • Contoh Surat Lamaran Kerja Magang / Internship • Contoh Surat Lamaran Kerja Kurir JNE J&T • Contoh Surat Lamaran Kerja Cleaning Service • Contoh Surat Lamaran Kerja Dosen • Contoh Surat Lamaran Kerja Freelance • Contoh Surat Lamaran Kerja Penulis • Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel • Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart • Contoh Surat Lamaran Kerja di Indomaret • Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD • Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email • Contoh Bapak komputer di dunia adalah Lamaran Kerja Lulusan SMA / SMK • Contoh Surat Lamaran Kerja di Restoran • Contoh Surat Lamaran Kerja Accounting • Contoh Surat Lamaran Kerja IT • Contoh Surat Lamaran Kerja Finance • Contoh Surat Lamaran Kerja Editor • Contoh Surat Lamaran Kerja Dokter • Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS • Contoh Surat Lamaran Kerja di Yamaha • Contoh Surat Lamaran Kerja Sales • Contoh Surat Lamaran Kerja di Gudang • Contoh Surat Lamaran Kerja di Hypermart • Contoh Surat Lamaran Kerja di Garment • Contoh Surat Lamaran Kerja di Shopee • Contoh Surat Lamaran Kerja di PT • Contoh Surat Lamaran Kerja Umum • Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar • Contoh Surat Lamaran Kerja Simple • Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan • Contoh Surat Lamaran Kerja di Honda • Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Contoh Surat Lamaran Kerja Staff HRD (DOC) Free Download Contoh Surat Lamaran Kerja Staff HRD Dengan hormat, Saya menulis surat lamaran kerja ini terkait dengan postingan yang saya temukan di website perusahaan sebagai Staff Human Resource Development (HRD).

Saya memiliki minat yang besar pada posisi ini dan akan menghargai pertimbangan Bapak jika memasukkan saya sebagai kandidat di posisi tersebut. Pada pengalaman saya sebelumnya, saya bekerja di departemen Sumber Daya Manusia untuk memberikan dukungan pada industri yang berbeda. Saya telah bekerja dalam posisi saya saat ini sebagai staf rekrutmen selama tiga tahun terakhir. Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai staf personalia selama dua tahun, yang menunjukkan kemampuan saya untuk maju dalam karir saya.

Saya memiliki minat yang kuat untuk menyusun strategi dan kebijakan pengembangan SDM di perusahaan. Saya juga memiliki kepuasan tersendiri ketika saya bisa membantu orang lain dalam memberikan dukungan kepada sesama karyawan dengan cara win win solution yang tentunya akan menguntungkan mereka baik secara personal maupun profesional. Saya memiliki keterampilan dalam berkomunikasi yang tentunya sangat berguna bagi kesuksesan di bidang SDM. Pendidikan terakhir saya bergelar Sarjana dalam bidang studi Psikologi dari Universitas Gunadarma.

Selama pendidikan, saya banyak mengikuti pelatihan-pelatihan mengenai seleksi karyawan yang efektif, bagaimana meningkatkan produktivitas karyawan, dan pelatihan lainnya yang menambah wawasan dan pengalaman saya di bidang SDM. Saya menghargai waktu Bapak dalam meninjau surat ini dan berharap dari Bapak memperkenankan saya ke langkah selanjutnya dalam proses perekrutan ini untuk menjelaskan lebih detail potensi saya.

Dengan hormat Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya pada lowongan pekerjaan sebagai Resepsionis di Rumah Sakit Sehat Selalu Surabaya. Saya yakin pengalaman kerja saya selama bertahun-tahun sebagai resepsionis, serta keterampilan komunikasi dan teknologi, membuat saya cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Selama 2 tahun terakhir, saya bekerja sebagai resepsionis PT XYZ dengan lingkungan kerja yang sibuk dan banyak telepon dari staf profesional yang besar. Oleh karena itu, saya dapat menangani lingkungan besar seperti Rumah Sakit yang Bapak / Ibu pimpin. Saya juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik secara lisan dan tulisan. Pada pekerjaan saya saat ini, saya menyapa sekitar tiga puluh hingga empat puluh klien setiap harinya, menjawab tentang perusahaan, dan mengarahkan orang ke kantor yang benar.

Saya menerima puluhan telepon dan email untuk mengatur janji temu klien setiap harinya. Saya memiliki pengalaman yang kuat terhadap berbagai perangkat lunak seperti Microsoft Office.

bapak komputer di dunia adalah

Latar belakang dan keterampilan saya menjadikan saya sebagai kandidat yang sangat baik untuk posisi ini. Terimkasih atas waktu dan pertimbangan Bapak / Ibu.

Saya menunggu kabar dari Bapak / Ibu untuk mengatur waktu berbicara secara langsung.

bapak komputer di dunia adalah

Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai staf Administrasi di PT Tirto Adi Perkasa. Saya telah berpengalaman selama lima tahun sebagai staf Administrasi di sebuah perusahaan cukup bonafit di daerah Padalarang. Oleh sebab itu, saya siap menyalurkan kemampuan dan pengalaman saya bapak komputer di dunia adalah perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Berikut saya lampirkan dokumen-dokumen pendukung yang bisa Bapak / Ibu jadikan sebagai bahan pertimbangan, di antaranya : • Curriculum Vitae • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang • Pas Foto 3 x 4 1 lembar Dengan hormat, Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari LinkedIn bahwa perusahaan yang Bapak pimpin, yaitu PT Cyberindo Mediatama sedang membutuhkan Customer Service (CS).

Oleh karena itu, saya berharap bisa mengisi posisi yang kosong tersebut dan bisa menjadi bagian dari perusahaan yang Bapak pimpin. Saya merupakan alumni Universitas Padjajaran Bandung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen yang lulus per tanggal 10 Desember 2018. Saya orang yang jujur, aktif, mau bekerja keras, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Selain itu, saya juga bisa bekerja sama dengan tim maupun individual dan kemampuan bahasa Inggris saya mencakup lisan dan tulisan. Oleh sebab itu, saya merasa mampu untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin guna memajukan perusahaan. Bersamaan dengan ini, saya juga menyertai berbagai dokumen yang mungkin akan jadi bahan pertimbangan Bapak, di antaranya : Curriculum Vitae (CV); Fotokopi Ijazah Terakhir; Fotokopi Transkip Nilai; Fotokopi KTP; Pas Foto Ukuran 3 x 4; dan Sertifikat Keahlian Bidang.

Besar harapan saya agar dapat untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya akan bekerja semaksimal mungkin dan akan menghasilkan kinerja yang luar biasa untuk perusahaan Bapak. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak / Ibu Kepala Sekolah SMP Kesatuan Bogor karena telah meninjau surat lamaran kerja saya.

Saya melamar sebagai Guru IPA karena saya ingin menggunakan gelar saya di bidang Pendidikan yang terkonsentrasi pada bidang IPA. Saya pernah berkesempatan bekerja dengan anak-anak dan orang dewasa di segala usia dan menggunakan kemampuan saya untuk mengajar di Sekolah Avicenna, menggantikan posisi guru yang sudah lama kosong, menjadi guru Biologi di Sekolah Harapan Bangsa, dan asisten dosen pada mata kuliah Biokimia dan Kimia Organik.

Saya mencari karir yang memungkinkan saya untuk terus bekerja dengan orang-orang dalam berbagai cara. Saya harap Bapak / Ibu dapat merasakan bahwa saya memenuhi syarat untuk posisi yang Bapak / Ibu hendak isi. Jika Bapak / Ibu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai latar belakang dan kualifikasi saya, dapat menghubungi saya di 081234567890 atau e-mail saya [email protected] Sekali lagi, saya menghargai waktu yang telah Bapak / Ibu luangkan untuk meninjau surat lamaran kerja saya.

Dengan hormat, Saya membaca dengan penuh minat pada postingan yang Bapak / Ibu posting pada laman JobStreet sebagai Photographer di PT Espresso Italia.

Saya percaya pengalaman saya selama delapan tahun terakhir, pada fotografi serta keterampilan teknis saya akan menjadikan saya sebagai kandidat yang kuat. Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai fotografer produk kosmetik selama 4 tahun, pertama sebagai asisten fotografer lalu 2 tahun selanjutnya sebagai fotografer utama. Saya ahli dalam memperkirakan biaya dan mengembangkan anggaran yang akan dikeluarkan perusahaan. Para atasan juga memuji kemampuan saya dalam memotret secara efisien dan efektif.

Saya selalu membawa keterampilan dan sikap profesional dalam setiap pemotretan. Di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin membutuhkan seseorang yang terampil Adobe Photoshop dan Lightroom sesuai dengan tren fotografi saat ini. Setelah lulus dari LaSalle College International dengan bidang fotografi, saya berpengalaman dalam tren fotografi saat ini. Saya percaya pengalaman yang luas dan keterampilan terkini saya menjadikan saya sebagai kandidat ideal yang akan mengisi posisi fotografer di PT Espresso Italia.

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang Bapak / Ibu berikan untuk meninjau surat lamaran kerja saya. Besar harapan saya agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Bersamaan dengan ini, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu pimpinan untuk mengisi posisi koki (juru masak) di Lembur Kuring Restaurant. Sebagai bahan pertimbangan, saya menyertakan beberapa dokumen yang dibutuhkan, di antaranya : • Pas Foto Ukuran 3 x 4 sebanyak 1 Lembar • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir • Daftar Riwayat Hidup (CV) Demikian surat lamaran kerja ini saya buat.

Besar harapan saya agar diterima bekerja di Lembur Kuring Restaurant. Dengan hormat, Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari bapak komputer di dunia adalah pengertian.id pada tanggal 17 April 2020, saya hendak mengajukan diri untuk melamar pekerjaan sebagai Teller di Bank Mandiri Cabang Jambi Sam Ratulangi yang Bapak / Ibu pimpin. Berikut saya sampaikan data diri singkat saya : Nama : Keizia Ratuliu Tempat, Tanggal Lahir : Jambi, 23 Juli 1993 Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi – Universitas Jambi Nomor Telepon : 089912345678 e-mail : [email protected] Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen berikut : • Daftar Riwayat Bapak komputer di dunia adalah • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikianlah surat lamaran kerja ini dibuat.

Sangat besar harapan saya agar dapat bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin dan saya akan mengerahkan usaha terbaik saya untuk Bank Mandiri Cabang Jambi Sam Ratulangi. Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas perhatian dan waktu yang Bapak / Ibu berikan untuk meninjau surat lamaran bapak komputer di dunia adalah.

Melalui surat lamaran kerja ini, saya menyatakan ketertarikan saya untuk menjadi Asisten Apoteker di RS JIH Yogyakarta. Saya merupakan alumni D3 Farmasi Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia yang lulus di tahun 2015 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.78.

Saya telah bekerja sebagai Asisten Apoteker selama 5 tahun belakangan di salah satu Rumah Sakit di Yogyakarta. Berikut saya lampirkan dokumen yang mendukung kualifikasi saya : • Fotokopi KTP • Pas Foto 4 x 6 Sebanyak 1 Lembar • Daftar Riwayat Hidup (CV) • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi STRTTK • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah Bapak / Ibu berikan untuk meninjau surat lamaran kerja saya. Dengan hormat, Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh, diketahui bahwa Klinik Cahaya Bunda sedang membutuhkan karyawan yang akan mengisi posisi sebagai perawat. Bersamaan dengan surat lamaran kerja ini, saya mengajukan diri untuk posisi tersebut.

Berikut data diri saya : Nama : Ridha Althafunnisa Tempat, Tanggal Lahir : Meulaboh, 12 Oktober 1994 Pendidikan Terakhir : D3 Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh Status Pernikahan : Belum Menikah Agama : Islam Nomor Handphone : 089712345678 e-mail : [email protected] Sebagai bahan pertimbangan, saya juga menyertakan dokumen pendukung kualifikasi saya yang akan digunakan oleh Bapak / Ibu : • Curriculum Vitae (CV) • Fotokopi KTP • Pas Foto Ukuran 4 x 6 1 Lembar • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu menerima saya bekerja di Klinik Cahaya Bunda. Atas perhatian Bapak komputer di dunia adalah / Ibu saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Sehubungan dengan informasi terkait lowongan pekerjaan untuk posisi tenaga medis bidan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Lia Mariani Tempat, Tanggal Lahir : Lamongan, 10 September 1995 Pendidikan Terakhir : D3 Universitas Islam Lamongan Status Pernikahan : Belum Menikah Alamat : Jalan Raya Plalangan Plosowahyu Lamongan Nomor Handphone : 081234567890 e-mail : [email protected] Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di Puskesmas Turi Lamongan sebagai tenaga medis bidan.

Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya menyertai beberapa dokumen yang diperlukan guna memenuhi persyaratan : • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto 4 x 6 Sebanyak 1 Lembar • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi SKCK • Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) Saya berharap agar bisa menjadi salah satu kandidat yang akan lolos di tahap selanjutnya dan menjadi bagian dari Puskesmas Turi Lamongan.

Atas perhatian dan peluang yang diberikan saya ucapkan terima kasih. Bersamaan dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Sales Promotion Girl (SPG) untuk menjaga store atau toko. Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen penting berikut ini : • Pas Foto Ukuran 4 bapak komputer di dunia adalah 6 – 1 Lembar • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) • Fotokopi Ijazah SMA • Daftar Riwayat Hidup Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas waktu dan pertimbangan yang Bapak / Ibu berikan. Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Indra Sinaga Tempat, Tanggal Lahir : Binjai, 28 Oktober 1990 Pendidikan Terakhir : SMA Alamat : Jalan Perintis Kemerdekaan No. 324 Kel. Cengkeh Turi Kec. Binjai Utara Kota Binjai Sumatera Utara Status : Menikah Nomor Telepon : 081234567890 Bersamaan dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai security atau satpam di PT Industri Pembungkus Internasional yang Bapak / Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan saya ajukan dokumen pelengkap sesuai kualifikasi saya : • Fotokopi KTP • Pas Foto 3 x 4 • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTA yang masih aktif • Fotokopi Ijazah SMA • Fotokopi SKCK Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya, besar harapan saya agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sesuai dengan keahlian bidang saya.

Atas waktu dan kesempatan yang diberikan Bapak / Ibu, saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Bersamaan dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu untuk diterima sebagai driver atau supir forklift di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan data berikut : • Fotokopi KTP • Pas Foto 3 x 4 • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi Ijazah SMK • Fotokopi SKCK Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

Dengan hormat, Sesuai dengan adanya info lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari pengertian.id sebagai Press Station Operator, saya berminat untuk melamar di bagian tersebut. Adapun biodata diri singkat saya sebagai berikut : Nama : Addi Juliansyah Tempat & Tanggal Lahir : Tarakan, 28 Agustus 1990 Alamat : Bintang Utara Residence I Jalan Damai Tanjung Selor Pendidikan Terakhir : SMK Teknik Mesin Status : Menikah Agama : Islam Nomor Telepon : 087790123456 Sebagai dokumen pelengkap, saya melampirkan data berikut : • Fotokopi KTP • Pas Foto 3 x 4 • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi SKCK • Fotokopi Ijazah Terakhir • Surat Pengalaman Kerja (Paklaring) Demikian surat lamaran kerja ini saya buat.

Saya sangat berharap bisa lolos ke tahap selanjutnya dan menjadi bagian dari PT Abdi Borneo Plantations. Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih. Mohon terima bapak komputer di dunia adalah antusias saya untuk posisi yang baru ini Bapak / Ibu iklankan di pengertian.id yang menyatakan bahwa Kalluna Cafe membutuhkan Waiter atau Pelayan dengan pengalaman dalam industri makanan, keterampilan layanan pelanggan yang kuat, dan kemampuan berkomunikasi yang baik serta ramah kepada pelanggan.

Saya yakin bahwa saya memenuhi semua persyaratan ini dan karena itu saya adalah kandidat yang sangat baik untuk posisi tersebut.

Saya memiliki pengalaman yang luas dalam industri makanan. Saya bekerja selama dua tahun di sebuah restoran keluarga. Selama ini saya mendapatkan pengalaman hampir di setiap aspek pelayanan makanan. Saya menerima pesanan dan menyajikan makanan kepada pelanggan, dan menangani kasir. Sebagai Waiter Kalluna Cafe, saya dapat membantu tidak hanya dalam menerima pesanan dan melayani pelanggan tetapi juga dalam berbagai kapasitas lain di mana mungkin Bapak / Ibu memerlukan bantuan saya.

Saya juga bekerja di layanan pelanggan sebagai seorang Crew di restoran selama tiga tahun, saya membantu sebanyak seratus pelanggan setiap harinya. Saya juga memesan, mengontrol, dan mengatur pemakaian bahan baku serta penempatan dan kebersihannya. Saya tidak hanya melakukan transaksi pembayaran, tetapi saya juga berinteraksi dengan banyak pelanggan setiap hari; Saya selalu memastikan untuk memberikan jawaban yang jelas dan menyeluruh atas pertanyaan tentang pilihan makanan di restoran kami dan harganya.

Saya tahu saya bapak komputer di dunia adalah membawa bapak komputer di dunia adalah pelanggan yang ramah dan membantu ini ke posisi sebagai pelayan di Kalluna Cafe. Demikian surat lamaran kerja dan resume singkat saya. Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangannya.

Dengan hormat, Sesuai dengan adanya info lowongan pekerjaan di PT Senior Marketing System Indonesia yang saya peroleh dari jobstreet.com pada tanggal 11 September 2020, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan dan saya ingin sekali bergabung di PT Senior Marketing System Indonesia sebagai Doctor Network Executive. Berikut data diri singkat saya : Nama : Jossica Da Silva Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 19 September 1994 Alamat : Jalan Kemuning No. 67 Pademangan Jakarta Utara Pendidikan Terakhir : Strata I Psikologi Universitas Mercu Buana Agama : Kristen Protestan Status : Lajang Nomor Telepon : bapak komputer di dunia adalah e-mail : [email protected] Saat saya membuat surat lamaran kerja ini saya dalam keadaan sehat rohani dan jasmani.

Kemampuan Bahasa Inggris saya juga sangat memadai baik lisan maupun tulisan. Saya juga bisa beradaptasi dengan mudah terhadap lingkungan baru. Saya mampu bekerja secara cepat karena terbiasa mengatur waktu seefisien mungkin. Tak lupa saya menyertakan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan : • Pas Foto Ukuran 4 x 6 • Fotokopi KTP • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang • Fotokopi Sertifikat Magang Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Besar harapan saya agar saya lolos ke tahap selanjutnya dan menjadi bagian dari PT Senior Marketing System Indonesia. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan oleh Bapak / Ibu untuk meninjau surat lamaran kerja saya ini.

Dengan hormat, Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari jobsdb.com bahwa Rumah Pintar Pku sedang membutuhkan guru, oleh sebab itu saya menyatakan ketertarikan saya dan mengajukan surat lamaran pekerjaan. Sebelumnya, saya pernah mengajar di salah satu Rumah Belajar di Pekanbaru selama satu tahun. Adapun data diri saya sebagai berikut : Nama : Muhammad Yusuf Tempat & Tanggal Lahir : Pekanbaru, 15 Mei 1990 Alamat : Jalan Kulim Ujung No.

89 Pekanbaru Pendidikan Terakhir : S1 Program Studi Fisika Universitas Muhammadiyah Riau Status : Menikah Nomor Telepon :089712345678 e-mail : [email protected] Berikut saya lampirkan data pendukung kualifikasi saya : • Fotokopi KTP • Pas Foto ukuran 4 x 6 • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi Ijazah S1 • Fotokopi Transip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikian surat lamaran kerja yang saya buat ini.

Sangat besar harapan saya agar Bapak / Ibu mempertimbangkan saya sebagai bagian dari Rumah Pintar Pku. Atas perhatian dan waktu yang Bapak / Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar Graphic Design Internship di PT Sinar Mas Land.

Saya yakin kemampuan dan pengalaman saya menjadikan saya sebagai kandidat yang ideal. Saya memiliki banyak pengalaman dalam menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator. Sebagian besar dari pengalaman saya, lebih sering menggunakan Adobe Ilustrator. Saat ini saya sedang membuat akun media sosial Instagram dan memposting quote dengan desain menggunakan Adobe Ilustrator.

Saya tahu penilaian pada kemampuan menggunakan aplikasi editing adalah komponen utama dari magang ini, dan saya tahu pengalaman saya akan menjadikan saya kandidat utama untuk ini.

Sebelumnya, saya pernah bekerja part time di PT Astra Daihatsu Motor selama tiga bulan. Saya membuat beberapa konsep desain kreatif produk lalu mempresentasikannya di jajaran supervisor. Selain itu, saya juga membuat desain yang akan di posting di media sosial.

Meskipun pengalaman bekerja saya hanya tiga bulan, tetapi saya mendapatkan pujian khusus dari Manager terkait dengan hasil kerja saya yang detail dan dedikasi penuh saya. Saya yakin saya akan menjadi aset bagi program magang di perusahaan PT Sinar Mas Land. Magang ini akan memberikan kesempatan ideal bagi saya untuk membantu perusahaan dan memperluas keterampilan saya. Terima kasih atas pertimbangan Bapak / Ibu pimpinan.

Dengan hormat, Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh dari postingan Instagram terkait dengan adanya bapak komputer di dunia adalah pekerjaan di PT Global Jet Express yang membutuhkan tenaga kurir, saya menyatakan minat saya dan bermaksud melamar kerja di posisi tersebut. Adapun biodata diri saya sebagai berikut : Nama : Romi Jaya Tempat & Tanggal Lahir : Surabaya, 23 Februari 1995 Alamat : Jalan Babatan Pratama No.

123 Wiyungan Surabaya Pendidikan Terakhir : SMA Status : Lajang Nomor Telepon : 0899123456789 Bersama ini saya lampirkan data berikut : • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto 4 x 6 • Fotokopi KTP • Fotokopi KK • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Sertifikat Magang Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, sangat besar harapan saya agar Bapak / Ibu mempertimbangkan saya menjadi bagian dari J&T Express.

Atas waktu dan perhatian dari Bapak / Ibu saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Sesuai dengan lowongan yang saya dapatkan dari Jobstreet bahwa PT Jakarta Indah Makmur sedang membutuhkan karyawan sebagai Cleaning Service, bersamaan dengan surat ini saya mengajukan diri untuk melamar kerja di posisi tersebut. Berikut data diri saya : Nama : Kilat Kurniawan Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 22 Maret 1992 Alamat : Jalan Mondelez No.

99 Tangerang Bapak komputer di dunia adalah Terakhir : SMK Jurusan Teknik Perkayuan Nomor Telepon : 081234567890 Berikut saya lampirkan berkas pelengkap sebagai persyaratan di antaranya : • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTP • Pas Foto Ukuran 3 x 4 • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Kartu Tanda Pencari Kerja Demikian surat lamaran kerja ini saya buat.

Besar harapan saya agar dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah Bapak / Ibu berikan. Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Uswatun Hasanah Tempat & Tanggal Lahir : Bogor, 26 Juli 1990 Alamat : Graha Taman Sukabumi Blok A/5 Gunung Puyuh Pendidikan Terakhir : Magister Sistem Informasi Universitas Gunadarma Agama : Islam Status : Menikah Nomor Handphone : 081234567890 e-mail : [email protected] dengan ini menyampaikan surat lamaran kerja untuk mengajukan diri sebagai Dosen di Universitas Nusa Putra.

Saya melampirkan beberapa dokumen pendukung kualifikasi saya di antaranya : • Pas Foto Ukuran 4 x 6 • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah S1 dan S2 • Fotokopi Transkip Nilai S1 dan S2 • Fotokopi Sertifikat TOEFL • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang • Fotokopi Surat Bebas Narkoba • Fotokopi Sertifikat Pengalaman Kerja Demikian surat lamaran kerja ini saya buat agar bisa diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Dengan Hormat, Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari jobstreet.com bahwa PT Barewa Tekno Gemilang sedang membutuhkan Freelance Tutor Penulis Tutorial, oleh sebab itu saya mengajukan diri melamar untuk posisi tersebut. Adapun data singkat saya di bawah ini : Nama : Muhammad Alghani Syuza Tempat & Tanggal Lahir : Cianjur, 25 Juli 1997 Alamat : Jalan Raya Sukabumi Gang Pulo Komodo No.

17 Cianjur Pendidikan Terakhir : SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Nomor Telepon : 089912345678 e-mail : [email protected] Sebagai bahan pertimbangan saya melampirkan dokumen berikut : • Fotokopi KTP • Pas Foto Ukuran 3 x 4 • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Sertifikat Magang Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya.

Saya sangat berharap bisa diterima bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan perhatian dari Bapak / Ibu saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Oktarina Mustikasari Tempat & Tanggal Lahir : Palembang, 10 Oktober 1990 Alamat : Green Center Park Palembang Blok N/12 Alang-Alang Lebar Pendidikan Terakhir : Sarjana Teknik Informatika STIKOM Dinamika Bangsa Nomor Telepon : 088812345678 e-mail : [email protected] Dengan hal ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di PT Era Media Informasi sebagai Penulis.

Sebelumnya saya pernah freelance sebagai Content Creator selama 6 bulan di sebuah situs yang bergerak di bidang pendidikan.

Sebelum menulis konten, saya melakukan riset mendalam terlebih dahulu dari berbagai sumber baik nasional maupun internasional. Oleh sebab itu, saya siap menuangkan segala kemampuan dan pengalaman saya untuk PT Era Bapak komputer di dunia adalah Informasi. Sebagai data pendukung saya melampirkan dokumen berikut : • Fotokopi KTP • Pas Foto Ukuran 4 x 6 • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat.

Besar harapan saya agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Bapak / Ibu, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Roni Alamsyah Tempat & Tanggal Lahir : Langkat, 18 April 1990 Alamat : Givency One Jalan Gaperta Ujung Pondok Kelapa Medan Pendidikan Terakhir : D4 Pengelolaan Perhotelan Politeknik Pariwisata Medan Status : Menikah dengan 2 Anak Agama : Islam Nomor Handphone : 089912345678 e-mail bapak komputer di dunia adalah [email protected] Bersama ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, yaitu PT GAIA Lifestyle Group sebagai Banquet Manager.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen berikut yang akan mendukung kualifikasi saya : • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTP • Pas Foto Ukuran 4×6 • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Saya sangat berharap bisa diterima bekerja di PT GAIA Lifestyle Group dan mengimplementasikan pengalaman dan keahlian saya.

Atas waktu dan kesempatan yang diberikan Bapak / Ibu saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Bersamaan dengan surat ini, saya menyatakan ketertarikan saya dan berinisiatif untuk melamar pekerjaan di PT Sumber Alfaria Trijaya sebagai Kasir. Oleh karena itu, saya mengajukan diri agar bisa bergabung karena saya memiliki kemampuan yang diperlukan perusahaan.

Berikut biodata saya : Nama : Nella Kharisma Tempat & Tanggal Lahir : Bogor, 13 Mei 1997 Alamat : Pesona Kahuripan 2 Klapanunggal Bogor Pendidikan Terakhir : SMK Jurusan Akuntansi Nomor Telepon : 087712345678 Adapun dokumen yang saya lampirkan sebagai berikut : • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto Ukuran 3 x 4 • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir Demikian surat lamaran kerja ini saya buat.

Besar harapan saya agar dapat bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terima kasih atas waktu bapak komputer di dunia adalah peluang yang diberikan. Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya ketahui dari teman saya bahwa PT Indomarco Prismatama sedang membutuhkan karyawan.

Oleh sebab itu, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi Kasir. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen berikut : • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTP • Pas Foto Ukuran 3 x 4 Terbaru • Fotokopi KK • Fotokopi Ijazah SMK Sangat besar harapan saya kepada Bapak / Ibu untuk meluangkan waktu dan memberikan kesempatan wawancara kepada saya agar saya bisa menjelaskan dengan lebih rinci mengenai potensi dan keahlian yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya agar saya bisa diterima bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih. Dengan Hormat, Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari Jobstreet.com bahwa PT Bringin Sejahtera Makmur sedang membutuhkan karwayan sebagai Senior Staf Asuransi Kredit.

Maka dari itu, saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut. Adapun biodata singkat saya sebagai berikut : Nama : Sidi Tarsidi Tempat & Tanggal Lahir : Malang, 19 Januari 1990 Alamat : Jalan Sukabumi No. 12 RT05 RW09 Menteng Pendidikan Terakhir : S1 jurusan Manajemen Universitas Jayabaya Nomor Telepon : 085699991111 e-mail : [email protected] Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan data berikut : • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTP • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6 • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebaik-baiknya.

Saya sangat berharap bisa bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin dan mengaplikasikan kemampuan dan pengalaman saya. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Kalibrr.com bahwa PT Kalbe Farma sedang membutuhkan Public Relation Specialist. Oleh sebab itu, saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

Adapun biodata singkat saya sebagai berikut : Nama : Muhammad Faeyza Jazuli Tempat & Tanggal Lahir : Depok, 18 Maret 1995 Alamat : Jalan Bambon II Gang Kelinci Beji Depok Pendidikan Terakhir : Strata I Public Relations London School Public Relations Jenis Kelamin : Laki-Laki Status : Lajang Agama : Islam Nomor Telepon : 087712345678 e-mail : [email protected] Saya memiliki status kesehatan yang sangat baik, saya juga berpenampilan menarik dan rapi, mampu membangun komunikasi dengan baik dan mampu bekerja secara individu maupun tim.

Sebelumnya, saya bekerja di Bapak komputer di dunia adalah ABC selama 3 tahun belakang dengan posisi yang sama. Saya biasanya melakukan maintenance sosial media perusahaan seperti Facebook, Instagram, dan Website. Tidak hanya itu, saya juga membangun relasi dengan media baik cetak maupun daring.

Kemampuan Bahasa Inggris saya sangat mumpuni baik lisan maupun tulisan. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen berikut : • Scan KTP • Daftar Riwayat Hidup • Scan Pas Foto Terbaru • Scan Ijazah Terakhir • Scan Transkip Nilai • Scan Sertifikat IELTS • Scan Sertifikat Keahlian Bidang Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Saya sangat berharap Bapak / Ibu berkenan memberikan saya kesempatan untuk lanjut ke sesi tes selanjutnya dan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai kemampuan dan pengalaman saya. Atas perhatian dan waktu yang Bapak / Ibu berikan saya ucapkan terima kasih. Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di PT Infomedia Solusi Humanika sebagai Sales Merchandiser, saya sangat berminat untuk mengisi posisi tersebut.

Sebelumnya, saya pernah bekerja selama 1 tahun di Erafone dan berhasil menjual ratusan smartphone sampai saya mendapat reward karena pencapaian target penjualan tertinggi. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen berikut : • Fotokopi KTP • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto Ukuran 3 x 4 Terbaru • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Sertifikat Reward Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Besar harapan saya agar bisa bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan Bapak / Ibu saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari rekan saya bahwa PT Asindo Berkat Sentosa sedang membutuhkan karyawan sebagai Cooker.

Maka dari itu, saya mengajukan diri melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Adapun biodata singkat saya sebagai berikut : Nama : Kamila Latifa Tempat & Tanggal Lahir : Bandung, 16 Maret 1996 Alamat : Jalan Bojongsoang Raya No. 189 Bandung Pendidikan Terakhir : SMK Jurusan Tata Boga Nomor Telepon : 085612345678 Selama satu tahun terakhir saya bekerja di sebuah restoran cepat saji.

Dimana posisi saya sebagai Cooker dengan rutinitas pekerjaan mempersiapkan makanan sesuai resep yang terstandardisasi perusahaan dan juga bertanggung jawab akan kebersihan area kitchen, persediaan bahan makanan, dan seluruh perlengkapan kitchen.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya agar bisa bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatannya saya bapak komputer di dunia adalah terima kasih.

Dengan hormat, Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari Kalibrr.com bahwa CV Indo Javaland, saya mengajukan diri untuk bergabung dengan tim Finance di CV Indo Javaland. Saat ini saya berusia 25 tahun, belum menikah, dan status kesehatan saya sangat baik. Saya merupakan alumni Universitas Mercu Buana jurusan Akuntansi dengan IPK 3.56.

Kemampuan bahasa Inggris saya baik lisan dan tulisan sangat mumpuni. Bapak komputer di dunia adalah juga memiliki sertifikat Brevet A dan B. Saya memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft Office, seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point, Microsoft Access, mengolah data menggunakan Microsoft Excel dan membuat laporan keuangan. Sebelumnya, saya bekerja selama 3 tahun di sebuah perusahaan yang begerak di bidang kesehatan sebagai staff accounting.

Saya sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, semangat belajar hal apapun, dan bisa bekerja bapak komputer di dunia adalah personal maupun tim. Saat bekerja pun, saya sangat detail sampai mengecek pekerjaan saya sebanyak 2 kali memastikan tidak ada kesalahan.

Saya harap Bapak / Ibu mau meluangkan waktu untuk memberikan saya kesempatan wawancara agar saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan kemampuan saya. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih Dengan hormat, Bersamaan dengan surat ini, saya menyatakan minat saya pada pekerjaan yang diposting pada website Jobstreet.com sebagai Front End Developer Programmer yang berpengalaman dan berorientasi pada detail.

Seperti yang akan Bapak / Ibu tahu, bahwa saya telah berpengalaman selama 8 tahun dalam mengkode situs web menggunakan HTML, CSS, Javascript, dan jQuery. Dalam setiap project yang saya lakukan, saya selalu mengutamakan membangun situs web yang mudah digunakan, canggih, ramah user, cross browser, mobile friendly, dan SEO friendly dan saya yakin hal ini akan sangat menambah nilai pada perusahaan Bapak / Ibu.

Selain pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh baik dari kampus maupun lingkungan kerja, saya secara aktif mengikuti bapak komputer di dunia adalah teknologi terbaru dan kemajuan industri. Hal ini memungkinkan saya menjadi yang terdepan dan memberikan hasil kerja yang luar biasa kepada semua orang yang memberikan saya pekerjaan atau project.

Saya melampirkan beberapa dokumen pendukung sesuai kualifikasi yang lebih merinci pada pengalaman saya, bersamaan dengan URL situs web yang telah saya kerjakan. Saya berharap Bapak / Ibu berkenan menerima saya untuk bekerja dan bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Dengan hormat, Saya sangat tertarik mengenai informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari rekan saya bahwa PT Solusi Digital Industri sedang membutuhkan Finance Staff.

Saya merupakan alumni Universitas Pamulang jurusan Akuntansi yang lulus pada tahun 2016 dengan IPK 3.68. Saya bekerja di PT ABC selama 2 tahun, dimana biasanya saya menangani berbagai anggaran, mengelola pajak karyawan dan perusahan, serta melakukan riset pasar sambil menangani berbagai masalah administrasi. Pengalaman tersebut yang memungkinkan saya untuk mempelajari keterampilan penting seperti, mengembangkan rasa kepercayaan diri yang diperlukan dalam lingkungan kerja yang kompetitif.

Kemampuan bahasa Inggris saya baik lisan maupun tulisan sangat mumpuni, yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL. Saya juga memilik semangat yang tinggi untuk belajar apapun. Saya mampu bekerja secara tim maupun personal.

Saya melampirkan beberapa dokumen pendukung kualifikasi saya. Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan Bapak / Ibu. Saya akan senang sekali apabila Bapak / Ibu meloloskan saya ke tahap tes dan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan kemampuan saya.

Dengan hormat, Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari situs web Jobstreet.com bahwa PT Merah Cipta Media sedang membutuhkan karyawan sebagai Editor.

Maka dari itu, saya mengajukan diri melamar pekerjaan untuk posisi tersebut. Berikut biodata singkat saya : Nama : Agatha Christie Tempat & Tanggal Lahir : Depok, 16 November 1993 Alamat : Jalan Kedondong No. 56 Beji Pendidikan Terakhir : Strata I jurusan Manajemen Universitas Jayabaya Agama : Kristen Protestan Status : Lajang Nomor Telepon : 087712345678 e-mail : [email protected] Saya melampirkan dokumen berikut yang akan menjadi bahan pertimbangan : • Fotokopi KTP • Pas Foto Berwarna Terbaru ukuran 4 x 6 • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikian surat lamaran kerja ini saya buat.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu berkenan menerima saya bergabung dan bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Wahyu Septian Tempat & Tanggal Lahir : Purwakarta, 26 Desember 1990 Alamat : JABABEKA Residence Blok A2/18 Jalan Jatireja VI Cikarang Timur Pendidikan Terakhir : Dokter Umum Status : Menikah dengan 1 anak Nomor Handphone : 089912345678 e-mail : [email protected] Bersama ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan sebagai Dokter Umum sesuai dengan posisi yang tersedia.

Sebagai bahan pertimbangan, saat ini saya berusia 29 tahun. Saya lulusan Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter dari Universitas Trisakti. Selama 3 tahun terakhir, saya praktik di Rumah Sakit Siloam Cikarang sebagai dokter umum. Dengan berbekal pengalaman dan Kepaniteraan Klinik II & III, masa program Internship Dokter Indonesia maka saya merasa saya kelak dapat menjalankan tugas saya sebagai dokter umum dengan baik apabila saya diberi kesempatan untuk bergabung di Rumah Sakit Metro Cikarang.

Sebagai dokumen pelengkap, saya melampirkan data berikut : • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto Berwarna Terbaru ukuran 4 x 6 • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Sarjana Kedokteran • Fotokopi Ijazah Dokter Umum • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Surat Keterangan Selesai Internship • Fotokopi Sertifikat Kompetensi Dokter ACLS, ATLS, GELS • Fotokopi STR Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya agar dapat berkontribusi di Rumah Sakit yang Bapak / Ibu pimpin.

Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih. Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Sylvia Lazuardi Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 16 November 1994 Jenis Kelamin : Perempuan Pendidikan : Strata I Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta Formasi yang dilamar Jenis : Umum Jabatan : Penyuluh Bahasa Unit Kerja Penempatan : UPT Kemendikbud Wilayah Bali Alamat Domisili : Jalan Karomiyah No.

12 RT 04 RW 05 Bidara Cina Jatinegara Dengan ini menyampaikan surat lamaran kerja untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut : • Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan; • Surat pernyataan; • KTP elektronik (e-KTP); • Pas foto berlatar belakang merah; • Ijazah Asli; • Transkip/ Daftar Nilai Asli; • Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi;*) • Surat keterangan asli dari dokter yang menerangkan tentang jenis dan/atau tingkat disabilitas yang dialami; **) • Asli akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir; ***) • Asli KTP orang tua (bapak kandung dan/atau ibu kandung); ***) • Asli surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang tua (bapak dan/atau ibu) adalah asli Papua/Papua Barat.

***) Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/ kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020.

Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Sehubungan dengan adanya informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari Job Fair yang berlangsung dari tanggal 18-21 Oktober 2020 bahwa PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sedang membutuhkan karyawan sebagai Operator. Maka dari itu, saya bermaksud mengajukan diri melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

Saya melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan di antaranya : • Form Aplikasi Yamaha • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto Berwarna Ukuran 3 x 4 Sebanyak 2 Lembar • Fotokopi KTP • Fotokopi NPWP • Fotokopi SIM-C • Fotokopi Kartu Keluarga • Fotokopi Akta Kelahiran • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi SKHUN • Fotokopi SKCK Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap agar Bapak / Ibu berkenan menerima saya bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Sesuai dengan adanya informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari Jobstreet.com bahwa PT Gadingmas Wirajaya sedang membutuhkan Sales. Oleh sebab itu, saya bermaksud mengajukan diri melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Berikut biodata singkat saya : Nama : Heru Abidzar Tempat & Tanggal Lahir : Solo, 30 Oktober 1994 Alamat : Jalan Popda No.

11 Manahan Banjarsari Pendidikan Terakhir : SMA Negeri 1 Surakarta Nomor Telepon : 087712345678 Berikut saya melampirkan beberapa dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan : • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto Terbaru Ukuran 3 x 4 • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi SIM • Fotokopi Surat Pengalaman Kerja Mengenai pengalaman, saya memiliki pengalaman bekerja di PT ABC sebagai Sales selama 2 tahun.

Pengalaman yang saya miliki inilah yang membuat saya percaya diri untuk menuangkan segala kemampuan dan keterampilan saya di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak / Ibu memberikan saya kesempatan untuk bergabung di PT Gadingmas Wirajaya. Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh rekan saya bahwa PT Shining Star Electronic Indonesia sedang membutuhkan karyawan sebagai Staff Gudang.

Oleh sebab itu, saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Sebelumnya, saya berpengalaman kerja di PT Zensei Indonesia selama 2 tahun sebagai Staff Gudang. Berkaitan dengan hal tersebut, saya melampirkan biodata saya sebagai berikut : Nama : Salim Hariyadi Tempat & Tanggal Lahir : Semarang, 19 Desember 1990 Alamat : Grand Armina Jalan Permata Grafika II Banyumanik Pendidikan Terakhir : SMA Agama : Islam Nomor Telepon : 085612345678 Untuk data tambahan yang diminta perusahaan, maka saya melampirkan beberapa dokumen yang akan menjaddi bahan pertimbangan : • Daftar Riwayat Hidup • Bapak komputer di dunia adalah Foto Berwarna Terbaru Ukuran 3 x 4 • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi SKCK Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu berkenan menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Berdasarkan informasi dari koran Republika terbitan tanggal 30 Agustus 2020, bahwa PT Matahari Putra Prima Tbk membutuhkan karyawan sebagai Kasir.

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran kerja kepada Bapak / Ibu. Saya yakin mampu berkontribusi secara positif terhadap perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen berikut : • Fotokopi KTP • Pas Foto Berwarna Terbaru Ukuran 3 x 4 • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi SKCK Demikian surat lamaran kerja ini sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu menerima saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Dengan hormat, Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang diposting pada laman web Jobstreet.com, saya bermaksud mengajukan diri untuk bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Production Manager. Saat ini saya berusia 30 tahun dan belum menikah. Saya merupakan alumni Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya jurusan Teknik Industri yang lulus pada tahun 2012 bapak komputer di dunia adalah IPK 3.40.

bapak komputer di dunia adalah

Saya memiliki kepribadian yang baik, jujur, tanggung jawab, pekerja keras, dedikasi, loyalitas tinggi, dan berjiwa pemimpin.

Kemampuan saya dalam mengoperasikan komputer dan Microsoft Office sangat baik. 4 tahun belakangan ini saya bekerja di PT Vido Garment yang bergerak di bidang industri garment sebagai Production Manager. Pemahaman saya akan dunia Garment sangat baik, mulai dari alur produksi hingga teknik menjahit. Pengalaman yang saya miliki inilah yang membuat saya percaya diri ketika mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Saya mengharapkan kesediaan Bapak / Ibu untuk memberikan saya kesempatan wawancara agar saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan kemampuan saya.

Atas waktu dan peluangnya, saya mengucapkan terima kasih. Dengan ini menyampaikan permohonan kerja kepada Bapak / Ibu, agar berkenan menjadikan saya karyawan di PT Shopee Internasional Indonesia sebagai Finance Ops Shopee Express.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen berikut : • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto Terbaru 4 x 6 • Ijazah Terakhir • KTP • Kartu Keluarga • Surat Pengalaman Kerja • Sertifikat Keahlian Bidang Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar Bapak / Ibu berkenan memberikan saya kesempatan wawancara sehingga saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi saya. Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan terima kasih.

Dengan hormat, Sesuai dengan informasi yang saya peroleh dari postingan Bapak / Ibu di laman Jobstreet.com bahwa PT Medco Power Indonesia sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai Electrical & Instrumentation Technician. Dengan surat ini, saya ingin bergabung di bapak komputer di dunia adalah yang Bapak / Ibu pimpin.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Yudha Gautama Tempat & Tanggal Lahir : Bogor, 26 Oktober 1993 Alamat : Jalan Mangga No. 12 Pusaka Jaya, Pasir Kuda Pendidikan Terakhir : Strata I Jurusan Teknik Elektro Status : Lajang Agama : Islam Nomor Telepon : 087712345678 e-mail : [email protected] Saya merupakan alumni Universitas Padjajaran yang lulus di tahun 2012 dengan IPK 3.79. Selama 5 tahun terakhir, saya bekerja di bapak komputer di dunia adalah perusahaan pembangkit listrik PT PLN Indonesia sebagai Teknisi Listrik.

Rutinitas pekerjaan saya melakukan perawatan dan perbaikan terkait peralatan atau sistem elektrikal, instrumentasi, dan sistem kontrol. Saya juga melampirkan beberapa dokumen berikut sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, di antaranya : • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6 • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Besar harapan saya untuk dapat mengikuti tes selanjutnya dan suatu kebanggaan bagi saya dapat bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Sesuai dengan adanya informasi lowongan pekerjaan yang termuat dalam laman Jobstreet.com bahwa PT Dalzon Chemicals Indonesia sedang membutuhkan karyawan sebagai Mekanik.

Maka dari itu, saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Berikut biodata singkat saya : Nama : Afrizal Akbar Tempat & Tanggal Lahir : Gresik, 12 April 1994 Alamat : Taman Wisata Regency Blok F/6 Jalan Raya Driyorejo Gresik Pendidikan Terakhir : Strata I Jurusan Manajemen Rekayasa Universitas Internasional Semen Indonesia Nomor Telepon : 089912345678 e-mail : [email protected] Saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan, di antaranya : • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto Berwarna Terbaru Ukuran 4 x 6 • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang Demikian surat lamaran kerja ini saya buat.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu berkenan menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Aisyah Oliveira Riany Tempat & Tanggal Lahir : Surabaya, 30 September 1992 Alamat : CitraLand the GreenLake Alena Blok B/11 Pendidikan Terakhir : S1 Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa timur Status : Menikah Nomor Telepon : 087712345678 e-mail : [email protected] Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya ketahui dari kerabat saya bahwa PT Platinum Ceramics Industry sedang membutuhkan Legal Staff, dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran kerja pada posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen berikut : • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTP • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6 • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang • Fotokopi TOEFL • Fotokopi SKCK Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya agar diterima bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Atas waktu dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan yang termuat di dalam Harian Kompas tanggal 20 September 2020, saya bermaksud bapak komputer di dunia adalah diri melamar pekerjaan di PT Fixco Karya Nusantara sebagai Admin Online, karena saya memiliki pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan perusahaan. Berikut, saya lampirkan data singkat saya : Nama : Sahara Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 27 Desember 1994 Alamat : Jalan Elang Laut No.

77 Tanjung Priok Pendidikan Terakhir : DIII Jurusan Manajemen Bisnis Nomor Telepon : 089912345678 e-mail : [email protected] Saya juga melampirkan beberapa dokumen sesuai kualifikasi saya sebagai bahan pendukung, antaranya : • Daftar Riwayat Hidup • Pas Foto Ukuran 4 x 6 • Fotokopi KTP • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi Transkip Nilai • Fotokopi Sertifikat Keahlian Bidang • Fotokopi Surat Pengalaman Kerja Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu berkenan menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan peluangnya, saya ucapkan terima kasih. Melalui surat lamaran kerja ini, saya menyatakan ketertarikan saya untuk menjadi karyawan di PT Asuransi Central Asia sebagai Service Quality Control. Pengalaman kerja saya sebelumnya di PT Penta Artha Impressi sebagai teknisi selama 4 tahun. Berikut saya melampirkan beberapa dokumen yang akan menjadi bahan pertimbangan, di antaranya : • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTP • Pas Foto Berwarna Terbaru • Fotokopi Ijazah Terakhir • Fotokopi SKCK • Fotokopi Surat Pengalaman Kerja Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Dengan hormat, Melalui surat lamaran pekerjaan ini, saya mengajukan permohonan untuk dapat bergabung di PT Honda Precision Parts Manufacturing sebagai Operator (administrasi dan warehouse). Saya memiliki kriteria yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan tertera di postingan situs web Jobstreet.com pada 10 September 2020.

Berikut biodata singkat saya : Nama : Aris Munandar Tempat & Tanggal Lahir : Depok, 3 Januari 1997 Alamat : Jalan Kedondong No. 55 Beji Depok Pendidikan Terakhir : SMKN 1 Depok Jurusan Teknik Mesin Nomor Telepon : 089912345678 Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, saya melampirkan beberapa dokumen berikut : • Daftar Riwayat Hidup • Fotokopi KTP • Pas Foto Terbaru Berwarna Ukuran 4 x 6 • Fotokopi Ijazah • Fotokopi SKHUN • Fotokopi Surat Pengalaman Kerja Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat.

Besar harapan saya agar Bapak / Ibu berkenan menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas waktu dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih.

Dear Sir / Madam I am writing to express my interest in the job vacancy at your company as Internal Audit Manager which was advertised on Jobstreet.com website. My experience aligns well, as I have worked in Internal Audit Manager for nine years at several company, and I know I would make a valuable addition to your team. After working for almost decade in Internal Audit Manager, I have advance knowledge in auditing financial and operation, perform auditing for related department in accordance with the planning and methodology, collect data and reports from other department to perform analysis and preparation of audit implementation, prepare the paper work of the audit with excellent compliance and timeframe, and give advice and recommendations about any internal audit matters and findings.

For your further consideration, I also have a Major degree in Accounting from University of Indonesia. I have strong leadership, communicative, and highly attention to any details. I also good command of English as well as Mandarin. I am hardworking, able to work well under pressure, creative, and pleasent. I am confident the skills I homed in previous positionshave prepared me for this opportunity with your company. My expertise in auditing and my experience make me a great candidate for this opening.

I would love to meet you and share more about my previous experience. Thank you very much for your consideration.
Saat ini perkembangan teknologi komputer seperti halnya aliran air di sungai yang terus mengalir tanpa henti. Kamu mungkin sudah menyadarinya bukan? Setiap waktu terus bermunculan teknologi-teknologi baru yang semakin maju dan canggih tentunya.

Kata algoritma berasal dari kata nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi, ilmuwan Persia yang menulis buku “Al Jabr W’Al-Muqabala” (Rules of Restoration and Reduction), terbit 825 M. Kemajuan teknologi ini tidak terlepas dari perkembangan berbagai disiplin ilmu pengetahuan di masa sebelumnya yang menjadi dasar perkembangan teknologi kedepannya.

Salah satu ilmuwan yang memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi terutama di bidang komputer adalah Al Khawarizmi. 💻 Mulai Belajar Pemrograman Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional. Daftar Sekarang Muhammad ibn Musa Al Khawarizmi dikenal sebagai matematikawan yang menemukan Aljabar dan juga merupakan bapak dari algoritma.

Bagi sebagian orang yang berprofesi sebagai programmer atau developer tentunya algoritma ini sering kamu pergunakan saat melakukan pengembangan program.

Jadi siapakah Al Khawarizmi ini? Yuk, mari kita kenali lebih jauh bapak dari algoritma dan penemu aljabar ini. Al Khawarizmi Al-Khawarizmi memiliki nama lengkap Muhammad ibn Musa Al Khwarizmi, sedangkan di negara-negara barat Al Khawarizmi dikenal dengan sebutan Al Goritmi, Al Gorismi, Al Cowarizmi, dan sebutan dengan ejaan yang lainnya.

Al Khawarizmi lahir sekitar tahun 780 M di Khawarizm jika sekarang tempat kelahirannya dikenal dengan kota Khiva di Uzbekistan. Keluarga beliau merupakan turunan Persia yang telah menetap di Khawarizm, namun dari beberapa catatan sejarah diketahui bahwa beliau ketika kecil pindah bersama keluarganya ke selatan kota Baghdad, sehingga di sinilah beliau meniti karirnya sebagai seorang matematikawan.

Beliau diperkirakan hidup di masa khalifah Abbasiyah Al-Ma’mun, Al-Mu’tashim dan Al-Watsiq yang dikenal sebagai masa keemasan ilmu pengetahuan di daerah Arab berkat translasi buku dan ilmu pengetahuan ke dalam bahasa Arab.

Pada masa itu terdapat Bait Al-Hikmah yang menjadi pusat penelitian, penerjemahan buku ke dalam bahasa Arab, dan juga publikasi ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh para cendekiawan muslim tak terkecuali Al Khawarizmi. Al Khawarizmi bergabung bersama cendekiawan yang lain di Bait Al-Hikmah ketika berusia 20 tahun. Semasa hidupnya beliau bekerja di Sekolah Kehormatan yang didirikan oleh Khalifah Al-Ma’mun. Di sanalah beliau banyak menulis berbagai gagasan dan mempublikasikan buku ilmu pengetahuan baik di bidang matematika, astronomi, sejarah maupun geografi, termasuk mempelajari terjemahan literatur sansekerta dan Yunani.

Karya pertama beliau dipublikasikan dalam buku al-Jabar ( Al-Kitāb al-mukhtaṣar fī ḥisāb al-jabr wa-l-muqābala), buku tersebut merupakan buku pertama yang menjelaskan solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Berkat karya tersebutlah beliau dijuluki sebagai Bapak Aljabar, selain itu buku tersebut juga membawa kontribusi dalam kebahasaan. Kata aljabar berasal dari kata al-Jabr yang tercantum di dalam bukunya.

Hasil pemikiran beliau dalam buku al-Jabar dianggap sebagai revolusi besar dalam bidang matematika. Beliau berhasil mengintegrasikan konsep-konsep geometri dari matematika yunani kuno ke dalam konsep matematika yang baru.

Pemikirannya menghasilkan sebuah teori gabungan yang memungkinkan bilangan rasional, irasional, dan besaran-besaran geometri diperlakukan sebagai objek-objek aljabar. Al Khawarizmi juga berkontribusi terhadap cabang aritmatika, hasil pemikirannya mengenai bidang ini dituangkan dalam karyanya yang berjudul Kitāb al-Jam’a wa-l-tafrīq bi-ḥisāb al-Hind. Kitab tersebut dikenal sebagai buku ilmu pengetahuan pertama yang ditulis menggunakan sistem bilangan desimal.

Teori yang dibahas dalam buku tersebut merupakan titik awal penyeimbangan ilmu matematika dan sains dan dari buku tersebut juga lah cikal bakal dari algoritma muncul. Di belahan Eropa, karyanya banyak ditranslasikan ke dalam bahasa Latin sebagai Algorithmi, Algorismi, Alchawarizmi sehingga di literatur barat Al Khawarizmi dikenal sebagai Algorizm. Sebutan inilah yang kemudian digunakan untuk menyebutkan konsep algoritma yang ditemukannya perhitungan logaritma yang sekarang banyak dipergunakan secara luas terutama di bidang komputer atau sains dan engineering yang berasal dari hasil pemikiran beliau.

Selain itu matematika biner yang digunakan dalam pemrograman juga didasari oleh konsep algoritma Al Khawarizmi. Perkembangan yang semakin maju bagi komputer digital dan pemrogramannya tak terlepas dari pemikiran beliau yang menjadi gerbang kemajuan. Kata algoritma sendiri yang kita kenal sekarang merupakan kata yang diambil dari kata algorismi yang dilatinisasi dari bapak komputer di dunia adalah.

Al Khawarizmi diperkirakan wafat pada tahun 850 M dan semasa hidupnya karyanya tidak seputar bidang matematika saja, namun banyak bidang dari ilmu pengetahuan yang ikut terpengaruh dari hasil pemikirannya tersebut. Seperti pada bidang geografi beliau menyempurnakan peta Ptolemeus dalam karya yang berjudul Kitāb ṣūrat al-Arḍ dan menurut Paul Gallez, hal ini sangat bermanfaat untuk menentukan posisi kita dalam kondisi yang buruk.

Pengaruh Al Khawarizmi dalam Bidang Ilmu Pengetahuan Al Khawarizmi banyak memberikan pengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dunia, diantaranya sebagai berikut bapak komputer di dunia adalah • Menemukan konsep aljabar yang kita kenal sekarang melalui buku Al-Jabr yang berisi mengenai persamaan linear dan kuadrat.

• Orang yang pertama menjelaskan dan mempopulerkan kembali penggunaan angka nol (0) serta mengenalkan sistem notasi desimal dan tanda pengalian dua. • Memperkenalkan tanda negatif pada bilangan. • Membuat tabel perhitungan astronomi guna mengukur jarak dan kedalaman bumi. Tabel ini juga menjadi dasar untuk penelitian di bidang astronomi. • Model pembuatan peta dunia yang dituliskan dalam buku ṣūrat al-Arḍ yang digunakan para ahli geografi barat dalam menggambar peta.

• Menemukan konsep alat penunjuk waktu dengan bayang sinar matahari dalam buku sundials. • Menemukan konsep dasar algoritma melalui pembahasan aturan-aturan melakukan aritmatika menggunakan bilangan Hindu-Arab dan solusi sistematis.

Masih banyak lagi karya-karya beliau semasa hidupnya yang mempengaruhi ilmu pengetahuan saat ini. Selain ahli matematika Al Khawarizmi juga seorang ahli geografi, ahli astronomi, ahli astrologi, ahli sejarah bahkan teori bapak komputer di dunia adalah seni musik dan lukis yang beliau tuliskan dalam bukunya.

Beliau merupakan sosok yang cerdas dalam berbagai bidang dan menjadi cerminan identitas muslim yang sesungguhnya. Sebagai seorang muslim kamu seharusnya bangga sekaligus menjadi cambuk bagi kamu yang sering bermalas-malas atau kaum rebahan. Al Khawarizmi dalam Bidang Komputer Ilmu pengetahuan matematika pada dasarnya sangat berperan dalam pengembangan komputer dan teknologi dari dahulu hingga sekarang dan peran itu tidaklah sedikit melainkan sangatlah besar, dan itu tak terlepas dari peran Al Khawarizmi di dalamnya.

Kendati demikian namun sedikit yang mengenang jasa dari Al Khawarizmi. Algoritma tidak bisa terlepas dan selalu berdampingan dengan perkembangan teknologi yang saat ini semakin maju.

Bahkan untuk teknologi kecerdasan buatan sekalipun tak dapat pintar tanpa sistem algoritma dalam pemrogramannya. Menurut David Berlinski dalam bukunya yang berjudul “The Advent of the Algorithm: The Idea that Rules the World” mengatakan dua gagasan terbentang gemerlap di atas beludru, yang pertama adalah kalkulus, yang kedua, algoritma. Kalkulus adalah gagasan yang memungkinkan sains modern menjadi mungkin. Algoritma adalah gagasan tentang prosedur yang efektif yang memungkinkan dunia modern menjadi mungkin.

Di samping algoritma, salah satu kontribusi yang dilakukan oleh Al Khawarizmi yang cukup besar untuk perkembangan bidang komputer adalah memperkenalkan angka 0 dalam sistem penomoran Arab, yang nantinya diadaptasi pada bidang komputer. Angka nol sendiri merupakan bagian yang ada dalam kode biner dan merupakan dasar dari pembentukan program komputer.

bapak komputer di dunia adalah

Angka nol sendiri digunakan kembali oleh George Boole seorang ahli matematika dan logika asal Inggris untuk merumuskan Aljabar Boolean. Bahkan aljabar sendiri merupakan salah satu konsep yang ditemukan oleh Al Khawarizmi.

bapak komputer di dunia adalah

Aljabar boolean memiliki peran penting dalam evolusi digital untuk mewakili bentuk-bentuk logis dan silogisme dengan simbol-simbol aljabar dan logika melalui formula yang beroperasi pada 0 dan 1. “Hidup hanya sekali, jangan menua tanpa adanya karya dan inspirasi” (Ridwan Kamil) Dari kisah hidup Al Khawarizmi tersebut, kita dapat belajar satu hal penting, yaitu karya.

Melalui karya tersebutlah kamu bisa diingat dan dikenang dan untuk bisa membuat karya tentunya kamu harus memiliki kemampuan dan kemampuan merupakan buah dari proses belajar. Oleh karena itu jika kamu berkeinginan membuat karya dalam bentuk program atau dalam bidang IT, sebaiknya kamu kembangkan kemampuan yang kamu punya dengan belajar di Dicoding, cek daftar kelasnya disini.

Simak juga artikel menarik lainnya di blog Dicoding berikut ini mengenai kisah kesuksesan mereka dalam membuat karya yang bermanfaat bagi orang lain. • Aplikasi Pendidikan untuk Tunanetra Karya Pemuda Sumbawa • Lewat Ngoding, Putra Lereng Gunung Sumbing Berkarya untuk Negeri • Sistem Pendaftaran Pasien Online: Inovasi Keren Karya Putra Papua • 6 Ciri Algoritma Pemrograman Referensi ~ Untold Islamic History oleh Abdul Syukur al-Azizi ~ Matematika Islam (Kajian Terhadap Pemikiran Al khawarizmi) oleh Juhriyansyah Dalle Biografi Al khawarizmi, Bapak Algoritma dan Penemu Aljabar – karya Robby TakdirillahIntern Junior Content Writer di DicodingLiterature review atau tinjauan pustaka adalah istilah yang sering dikerjakan oleh mahasiswa ketika sedang mengerjakan skripsi, tesis atau disertasi.

Dosen dan peneliti juga fasih menggunakan istilah ini karena kehidupan akademisi sangat dekat dengan perilaku literature review. Literature review atau tinjauan pustaka pasti akan kita lakukan misalnya ketika kita memulai memahami suatu topik penelitian baru, mengikuti trend penelitian baru dan memahami state-of-the-art dari suatu topik penelitian.

Sayangnya literature review sering dimaknai sederhana yaitu hanya membaca literatur ilmiah, padahal sebenarnya prosesnya tidak sesederhana itu. Literature review tidak hanya bermakna membaca literatur, tapi lebih ke arah evaluasi yang mendalam dan kritis tentang penelitian sebelumnya pada suatu topik. Literature Review is a critical and in depth evaluation of previous research (Shuttleworth, 2009).

Literature review yang baik adalah yang melakukan evaluasi terhadap kualitas dan temuan baru dari suatu paper ilmiah. Perlu dipahami bahwa yang disebut dengan literatur ilmiah dapat berupa: • Paper dari Journal Ilmiah • Paper dari Conference (Proceedings) • Thesis dan Disertasi • Report (Laporan) dari Organisasi yang Terpercaya • Buku Textbook Sebaiknya dipahami bahwa untuk menghindari tsunami literatur ketika kita memulai suatu topik penelitian, usahakan mengutamakan journal ilmiah yang terindeks oleh Web of Science (ISI) dan SCOPUS.

Keduanya saat ini terpercaya sebagai organisasi pengindeks dan perangking journal dan proceedings di dunia penelitian. Web of Science atau dulu bernama ISI sebelum akhirnya diakuisisi oleh Thomson Reuters, mengindeks sekitar 12 ribu journal ilmiah di dunia ini, dan termasuk pengindeks journal yang paling terpercaya. Sedangkan SCOPUS mengindeks kurang lebih 20 ribu journal ilmiah, dan biasanya menjadi standard publikasi ilmiah dan syarat kelulusan bagi mahasiswa di luar negeri yang mengambil program S2 dan S3.

Untuk mengecek apakah suatu journal dan proceedings terindeks SCOPUS, bisa menggunakan situs ScimagoJR.Com. Manfaat dari literature review yang kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

Tanda dalam kurung saya berikan untuk memberi clue tentang jenis literatur jenis apa yang kita gunakan. • Memperdalam pengetahuan tentang bapak komputer di dunia adalah yang diteliti ( Buku Textbook) • Mengetahui hasil penelitian yang berhubungan dan yang sudah pernah dilaksanakan ( related research) ( Paper) • Mengetahui perkembangan ilmu pada bidang yang kita pilih ( state-of-the-art research) (Paper) • Memperjelas masalah penelitian ( research problems) ( Paper) • Mengetahui metode-metode terkini yang diusulkan para peneliti untuk menyelesaikan masalah penelitian ( state-of-the-art methods) ( Paper) Setelah melakukan literature review, peneliti tidak berhenti sampai hanya membaca literatur, tetapi juga merangkumkan, membuat analisis dan melakukan sintesis secara kritis dan mendalam dari paper-paper yang direview atau ditinjau.

Hasil dari rangkuman, analisis dan sintesis ini kemudian dituliskan dalam bentuk paper ilmiah yang sering kita kategorikan ke dalam paper survei ( survey paper).

Perlu dipahami bahwa paper secara umum terbagi menjadi dua: technical paper dan survey paper. Technical paper berisi hasil eksperimen dan penelitian kita yang biasanya dituntut adanya temuan-temuan baru yang arahnya ke contribution to knowledge di dalamnya.

Sedangkan survey paper berisi, hasil literature review, dalam hal ini adalah berupa rangkuman, analisis, dan sintesis dari ratusan atau bahkan ribuan paper pada satu topik penelitian. Survey paper yang kita buat inilah yang kemudian kita jadikan Bab 2 dari skripsi/tesis/disertasi kita. Rangkuman dari state-of-the-art methods yang kita temukan pada saat literature review, juga kita masukan pada Bagian 1 ( Introduction) dan Bagian 2 ( Related Research/Work) dari t echnical paper yang kita tulis.

Sayangnya kesalahan besar mahasiswa kita adalah menuliskan Bab 2 Tinjauan Pustaka di skripsi/tesis/disertasi, dengan isi hanya copy paste dari buku tentang teori-teori dasar. Padahal seharusnya berisi evaluasi yang mendalam dan kritis tentang penelitian sebelumnya pada suatu topik, sesuai dengan makna literature review yang sebenarnya.

Efeknya kebanyakan Bab 2 dari skripsi/tesis/disertasi mahasiswa kita hancur lebur ketika kita lemparkan ke aplikasi anti plagiarism seperti Turnitin, iThenticate, Viper, dan sebagainya.

Jenis dan metode yang digunakan para peneliti untuk melakukan literature review atau tinjauan pustaka dan kemudian merangkumkannya ke dalam suatu paper, secara umum terbagi menjadi empat: • Traditional Review • Systematic Mapping Study (Scoping Study) • S ystematic Literature Review atau Systematic Review • Tertiary Study Traditional review adalah metode tinjauan pustaka yang selama ini umum dilakukan oleh para peneliti, dan hasilnya banyak kita temukan pada survey paper yang ada.

Paper-paper ilmiah yang direview dipilih sendiri oleh para peneliti pada satu topik penelitian, dan dipilih berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh seorang peneliti.

Kelemahan dari traditional review adalah tergantung kepada pengetahuan dan pengalaman peneliti, sehingga memungkinkan terjadinya bias pada saat memilih paper-paper yang direview, yang akhirnya berpengaruh pada kualitas survey paper yang dihasilkan.

Contoh dari traditional review adalah sebagai berikut: • Liao et al., Intrusion Detection System: A Comprehensive Review, Journal of Network and Computer Applications, 36(2013) • Cagatay Catal, Software fault prediction: A literature review and current trends, Expert Systems with Applications 38 (2011) Systematic mapping studyadalah metode literature review yang sistematis dengan menggunakan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pemilihan paper juga tidak dilakukan secara subyektif oleh peneliti, akan tetapi menggunakan protokol dan filter yang telah ditetapkan di depan.

Systematic mapping study biasanya dilakukan untuk topik penelitian yang lebih luas daripada traditional review. Biasanya hasilnya berupa klaster dan klasifikasi dari temuan-temuan yang didapatkan pada suatu topik penelitian. Kadang dilakukan untuk mengidentifikasi tren penelitian ke depan suatu topik penelitian. Beberapa contoh systematic mapping study adalah sebagai berikut: • Neto et al., A systematic mapping study of software product lines testing, Information and Software Technology Vol.

53, Issue 5, May 2011 • Elberzhager et al., Reducing test effort: A systematic mapping study on existing approaches, Information and Software Technology 54 (2012) Systematic literature review atau sering disingkat SLR atau dalam bahasa indonesia disebut tinjauan pustaka sistematis adalah metode literature review yang mengidentifikasi, bapak komputer di dunia adalah, dan menginterpretasi seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian, untuk menjawab pertanyaan penelitian ( research question) yang telah ditetapkan sebelumnya (Kitchenham & Charters, 2007).

Metode SLR dilakukan secara sistematis dengan mengikuti tahapan dan protokol yang memungkinkan proses literature review terhindar dari bias dan pemahaman yang bersifat subyektif dari penelitinya.

SLR adalah metode literature review yang biasa dilakukan peneliti di bidang farmasi dan kedokteran, meskipun boleh dikatakan baru mulai dibawa ke dunia computing pada tahun 2007 oleh Barbara Kitchenham lewat papernya berjudul Guidelines in performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering.

Setelah itu mulai booming karena banyak journal terindeks SCOPUS dan ISI mulai merekomendasikan para bapak komputer di dunia adalah survey paper untuk menggunakan metode SLR ini. Beberapa contoh dari SLR adalah sebagai berikut: • Hall et al., A Systematic Literature Review on Fault Prediction Performance in Software Engineering, IEEE Transaction on Software Engineering, Vol. 38, No. 6, 2012 • Romi Satria Wahono, A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks, Journal of Software Engineering, Vol.

1, No. 1, April 2015 • Jianfeng Wen, Shixian Li, Zhiyong Lin, Yong Hu, Changqin Huang, Systematic literature review of machine learning based software development effort estimation models, Information and Software Technology 54 (2012) 4159 Tertiary Studyadalah SLR dari SLR. Menggunakan metode yang sama dengan SLR, perbedaanya adalah apabila SLR membahas satu topik penelitian, tertiary study lebih luas, karena membahas satu bidang penelitian.

Contoh dari tertiary study adalah sebagai berikut: • Kitchenham et al., Systematic literature reviews in software engineering A tertiary study, Information and Software Technology 52 (2010) • Cruzes et al., Research synthesis in software engineering: A tertiary study, Information and Software Technology 53 (2011) Pembahasan lebih komprehensif tentang literature review saya sajikan di slide mata kuliah research methodology, khususnya pada pembahasan tentang literature review.

Sekali lagi, literature review tidak hanya bermakna membaca literatur, tapi lebih ke arah evaluasi yang mendalam dan kritis tentang penelitian sebelumnya pada suatu topik penelitian, dan kemudian merangkumkan, menganalisis dan mensintesis isinya dan menyajikannya dalan bentuk suatu survey paper.

Saya akan menjelaskan secara detail tentang systematic literature review, beserta tahapan dan contoh studi kasusnya pada artikel berikutnya tentang Systematic Literature Review: Pengantar, Tahapan dan Studi Kasus. Mari kita luruskan makna literature review ke arah yang lebih baik bapak komputer di dunia adalah benar 🙂 Tetap dalam perdjoeangan!

Mengapa “patent searching” tidak dimasukkan ke dalam proses literature review, Pak? Menurut saya (subjektif), pada dasarnya tujuan literatur review adalah untuk mengetahui metode state of the art (termuktahir) pada suatu sub bidang keilmuan. Mengapa? Sederhana saja jawabannya, yaitu: jangan sampai hasil penelitian kita di suatu sub bidang keilmuan bisa dikerjakan dengan mudah oleh orang yang sama sekali tidak ada keahlian di sub bidang keilmuan kita.

Menurut saya juga (subjektif), untuk mengetahui metode yang sedang trend pada suatu sub bidang keilmuan, itu adalah urusan yang bukan hal mendasar pada proses literature review. Sehingga, saya masih belum mendapatkan jawaban memuaskan dari tulisan Pak Romi mengenai pertanyaan berikut: Bagaimana supaya proses studi literatur bisa membuat metode yang benar-benar baru (S3)?

Atau mungkin kalimat lainnya adalah: Bagaimana bisa merintis sebuah blue-ocean kalau hanya mengetahui cara mempelajari red-ocean? Salam hormat, • 1. Patent searching boleh dilakukan, meskipun sebenarnya kalau ngomongin result dunia akademisi, letaknya kebanyakan justru di paper publication, bukan di patent. Patent itu output yang biasanya dikejar oleh dunia industri.

Tapi sekali lagi, kalau mau ideal, itu boleh dilakukan 2. Trending topics, trending methods atau bahasa bapak komputer di dunia adalah umumnya state-of-the-art methods itu ada di paper2 yang dipublikasikan di journal terindeks.

Itu pemahaman yang sifatnya umum harus dipahami oleh para peneliti. 3. Dalam proses pencarian contribution to knowledge, itu kita memang harus paham dulu state-of-the-art methods yang ada. Ga mungkin kita bisa membuat suatu hal yang lebih baru kalau hal yang sebelumnya dilakukan orang tidak kita pahami. 4. Supaya lebih komprehensif, ikuti slide mata kuliah research methodology ku, sudah aku link di artikel di atas.

• Trackbacks/Pingbacks • SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGANTAR, TAHAPAN DAN STUDI KASUS - […] yang ada untuk melakukan literature review sudah dibahas pada artikel sebelumnya tentang Literature Review: Pengantar dan Metode. Pada artikel… • Systematic Literature Review: Pengantar, Tahapan dan Studi Kasus – Site Title - […] yang ada untuk melakukan literature review sudah dibahas pada artikel sebelumnya tentang Literature Review: Pengantar dan Metode. Pada artikel… • Literature Review – Mila Sari - […] Literature Review: pengantar dan metode […] • 5 Kiat Sukses S3 Lulus Tepat Waktu Posted by Romi Satria Wahono on 27 May, 2020 • Analisis dan Desain Sistem dengan Unified Modeling Language (UML) Posted by Romi Satria Wahono on 19 May, 2020 • Knowledge Management: Konsep, Proses, Sistem atau Apa?

Posted by Romi Satria Wahono on 14 May, 2020 • Software Engineering Research Trends Posted by Romi Satria Wahono on 7 May, 2020 • 10 Mitos Software Engineering Posted by Romi Satria Wahono on 3 May, 2020 • Big Data Trends 2018 Posted by Romi Satria Wahono on 20 Mar, 2018 • 10 Mitos Penelitian Computing Posted by Romi Satria Wahono on 8 Dec, 2017 • Research in Progress 2016: Software Defect Prediction Posted by Romi Satria Wahono on 5 Dec, 2016 • Systematic Literature Review: Pengantar, Tahapan dan Studi Kasus Posted by Romi Satria Wahono on 15 May, 2016 • Literature Review: Pengantar dan Metode Posted by Romi Satria Wahono on 7 May, 2016 • PNS Tidak Cocok Untuk … Posted by Romi Satria Wahono on 28 Jun, 2006 • Defragmentasi Otak Posted by Romi Satria Wahono on 10 Aug, 2009 • 20 Gaya Posting Blog Posted by Romi Satria Wahono on 8 Mar, 2010 • Penghitungan Subnetting, Siapa Takut?

Posted by Romi Satria Wahono on 11 Feb, 2006 • Wajibnya Skill Coding Bagi Mahasiswa Computing Posted by Romi Satria Wahono on 13 Apr, 2009 • 3 Kiat Jitu Mengatur Waktu Posted by Romi Satria Wahono on 15 May, 2008 • Membangun Sendiri Radio Internet Posted by Romi Satria Wahono on 1 Feb, 2006 • Ketika Cinta Ini Membunuhmu … Posted by Romi Satria Wahono on 18 Nov, 2008 • Tips dan Trik Memilih Jurusan Komputer Posted by Romi Satria Wahono on 3 Aug, 2007 • Penelitian Tugas Akhir Itu Mudah (1) Posted by Romi Satria Wahono on 16 Dec, 2007 • Gap Akademi dan Industri: Masalah dan Pemecahan Posted by Romi Satria Wahono on 23 Dec, 2009 • 7 Langkah Mudah Membuat Multimedia Pembelajaran Posted by Romi Satria Wahono on 3 Mar, 2008 • Tahapan Memulai Penelitian untuk Mahasiswa Galau Posted by Romi Satria Bapak komputer di dunia adalah on 23 Jan, 2013 • 10 Kiat Mengurus Administrasi KPR Posted by Romi Satria Wahono on 6 Feb, 2010 • Kontribusi Penelitian dan Perbaikan Metode Posted by Romi Satria Wahono on 10 Jan, 2014 • Sehari Keluyuran di PENS ITS Posted by Romi Satria Wahono on 5 Nov, 2007 • Beri Kami Kebebasan Posted by Romi Satria Wahono on 29 Jan, 2006 • Teknik Perangkingan Universitas ala Webometrics Posted by Romi Satria Wahono on 26 Sep, 2007 • Konflik Dunia, Perang dan Gap Sosial Posted by Romi Satria Wahono on 25 Apr, 2006 • Kaleidoskop Kegiatan 2006 Posted by Romi Satria Wahono on 2 Jan, 2007 Dosen, peneliti & technopreneur.

Founder dan CEO PT Brainmatics, IlmuKomputer.Com dan Intelligent Systems Research Center.

bapak komputer di dunia adalah

Pengajar di beberapa program pasca sarjana ilmu komputer di Indonesia. Research interest di bidang Software Engineering dan Machine Learning.

Professional member dari IEEE CS (90598687), ACM (6680333) dan PMI (2822015). Kontak melalui: - Telegram: +628118228331 - Brainmatics: +622183793383 - Youtube: romisatriawahono - Facebook: romisatriawahono - Instagram: romisatriawahono - Twitter: romisw - Email: romi@romisatriawahono.net
Orang yang menciptakan penemuan baru, biasanya alat teknik seperti alat atau metode mekanis, elektronik, atau piranti lunak disebut Seorang penemu.

Meskipun penemu bisa juga seorang ilmuwan, tapi biasanya penemu menemukan sesuatu berdasarkan berbagai bapak komputer di dunia adalah dari ilmuwan lainnya, bereksperimen dengan penerapan praktis dan kombinasi berbagai pengetahuan tersebut, serta dengan mengembangkan dan mengombinasi alat-alat yang ada, untuk menciptakan alat baru yang bermanfaat.

Hak Cipta Sebuah sistem paten ditetapkan untuk menyemangati para penemu, dengan cara memberikan monopoli dalam waktu terbatas untuk penemuan yang dinilai cukup baru. Belakangan ini dipandang bahwa sistem ini sering disalahgunakan, terutama di AS, dan sebagian orang menuntut adanya perombakan, atau bahkan penghapusan sistem paten. Di AS, hak paten berasal dari Konstitusi, jadi penemu akan terus melindungi penemuannya dengan cara tersebut untuk waktu yang lama.

Daftar Para Penemu Benda Penting Dunia ( Klik nama Penemu untuk melihat biografi dan sejarah penemuannya) Keterangan: Nama Penemu - Asal negara - temuan terkenal • Albert Einstein - Jerman - teori relativitas.

• Alessandro Volta - Penemu Batu baterai, Berasal dari Negara Italia • Alexander Graham Bell - Amerika Serikat - Penemu Telepon (Versi Lama), Piringan hitam. • Alfred Nobel - Swedia - Penemu Dinamit. • Anthony Van Leuwenhook - Belanda - Penemu Lensa. • Antonio Meucci - Italia - Penemu Telepon (Versi Baru 2002) • Artur Fischer - Jerman - Penemu dowel Fischer. • Benyamin Franklin - Amerika Serikat - Penemu Lensa kaca mata.

• Benjamin Holt - Amerika serikat - Penemu Traktor • Bette Nesmith Graham - Amerika Serikat - Penemu Tipp-ex / Liquid Paper • Bill Gates - Amerika Serikat - Penemu Microsoft Windows • Blaise Pascal - Prancis - Penemu Mesin hitung • Cai Lun - Cina - Penemu kertas • Caroline Herschel - Penemu Komet Periodik 35P / Herschel-Rigollet • Charles Goodyear - Amerika Serikat - Penemu Ban karet vulkanisasi • Christiaan Huygens - Belanda - Penemu Jam • Christian Buschmann - Christian Buschmann menemukan Organ Mulut.

• Christopher Sholes - Amerika Serikat - Penemu Mesin ketik QWERTY, tahun 1868 • C. Marconi - Italia - Penemu Radio tahun 1895 • Cornelius van Drebbel - Belanda - Penemu Kapal selam. • Dennis Gabor - Hongaria - Penemu Holografi • Dmitri Mendeleev - Rusia - Penemu Tabel Periodik • Diophantus - Yunani - Bapak aljabar (penulis Arithmetica) • Edward Jenner - Inggris - mengembangkan penelitian Vaksin Cacar • Elis G.

Otis - Amerika - Penemu rem elevator/lift • Elmer R. Gates, Penemu Busa Pemadam Kebakaran • Emil Berliner - Jerman/Amerika - menemukan bapak komputer di dunia adalah rekaman piringan hitam. • Ernest Swinton - Inggris - Penemu Tank • Ernst August Friedrich Ruska - Jerman - Penemu mikroskop elektron Pertama • Evangelista Torricelli - Itali - Penemu Barometer air raksa • Felix Hoffmann - Jerman - penemu Aspirin.

• Frank Whittle - Inggris - Penemu mesin jet turbo • Friedrich Karl von Drais - Jerman - penemu Sepeda. • Fritz Pfleumer - Jerman - penemun tape Audio/pita rekam.

bapak komputer di dunia adalah

• Galileo Galilei - Italia - Penemu Bapak komputer di dunia adalah tahun 1593 • George de Hevesy - Hongaria - Penemu Unsur Kimia Hafnium • George Eastman - Amerika Serikat - Penemu Film gulung dan pendiri KODAK, tahun 1888 • Gottlieb Daimler - Jerman - menemukan mobil dan mesin pembakaran internal.

• Hans Geiger - Jerman - Penemu Pencacah Geiger • Hans Lippershey - Jerman - penemu teleskop • Hans von Ohain - Jerman - Penemu mesin Jet.

• Henrich Focke - Jerman - Pengembang sistem propulsi poros turbo untuk helikopter • Heinrich Gobel - Heinrich Gobel menemukan bola cahaya. • Heinrich Hertz - Heinrich Hertz menemukan teori gelombang elektromagnetik cahaya dan elektromagnetik.

• Hans Geiger - Penemu Pencacah Geiger • Hans Lippershey - Penemu Teleskop, tahun 1608 • Hugo Junkers - Jerman - Perintis pembuatan pesawat udara dari bahan logam serta penerapan motor disel untuk penerbangan. • Igor Ivanovich Sikorsky - Ukraina - Penemu helikopter moderen • Irving Langmuir - Amerika - Penemu Kawat pijar dan tabung vacum tinggi • Isaac Newton - Inggris - Penemu hukum grafitasi • Jacques Charles - Perancis - Penemu balon Hidrogen • James Watt - Penemu Mesin uap Berasal dari Negara Inggris, tahun 1765 • J.L.

Baird & C.F. Jenkins - Inggris, bapak komputer di dunia adalah 1920 - Penemu Televisi - • Johannes Gutenberg - Penemu Mesin cetak, Berasal dari Negara Jerman • Johann Philipp Reis - Jerman - Penemu Telepon • Josep dan J. Montgolfier - Penemu Balon berudara panas • Joseph Lister, 1st Baron Lister - Inggris - Penemu antiseptik untuk pembedahan • Josephine Cochrane - Penemu Alat Pencuci Piring Otomatis • Julius Lothar Meyer - Jerman - menciptakan tabel periodik unsur-unsur kimia.

• Karls Drais - Jerman - Penemu Sepeda. • Karlheinz Brandenburg - Karlheinz Brandenburg menemukan teknologi MP3. • Levi Strauss - Jerman - menemukan Jeans. • Louis Daguerre - Perancis - Penemu Proses Fotografi Daguerreotype • Louis Jacques Monde da Guerre - Perancis - Penemu Proses Fotografi Daguerreotype • Edwin Land - Amerika Serikat - Penemu Kamera Polaroid • Louis Pasteur - Perancis - Penemu Vaksinasi • Manfred von Ardenne - Jerman - menemukan televisi • Melitta Bentz - Melitta Bentz menemukan penyaring kopi pertama • Michael Faraday - Penemu Dinamo, Berasal dari Negara Inggris, tahun 1831 • Murdocks - Inggris - Penemu Kereta api • Nikolaus Otto - Jerman - Penemu yang mengembangkan Mesin Pembakaran dalam • Nicolaus Copernicus - Polandia - pengembang teori Heliosentrisme • Nikola Tesla - Serbia - Penemu Motor listrik • Konrad Zuse - Konrad Zuse menciptakan penemuan terbesar sepanjang masa itu adalah Komputer.

• Otto Hahn - Jerman - menemukan fisi nuklir. • Otto Lilienthal - Jerman - menciptakan penerbangan Meluncur. • Peter Henlein - Peter Henlein menemukan jam saku.

• Philipp Reis - Jerman - menemukan Telepon. • Ray Tomlinson, Penemu Email (Surat Elektronik) Pertama Kali • Rene Laennec - Perancis - Penemu Stetoskop • Robert H. Goddard - Amerika - Penemu Roket Berbahan Bakar Cair • Robert Koch - Robert Koch menemukan metode untuk memurnikan bacillus antraks dari sampel darah dan mengembangkan kultur murni.

• Rudolf Diesel - Rudolf Diesel menemukan mesin pembakaran.( Mesin diesel), Berasal dari Negara Amerika Serikat, tahun 1897 • Rudolf Hell - Jerman - Penggagas awal mekanisme pengiriman dan scanning dokumen pada mesin faks • Robert Boyle, John Walker - Penemu Korek api • Robert Fulton - Penemu Kapal api, Berasal dari Negara Amerika Serikat, tahun 1807 • Rowland Hill - Penemu Perangko • Samuel Hahnemann - Jerman - menemukan Homeopati.

• Samuel F.B. Morse - Penemu Telegrap - Amerika Serikat, tahun 1837 • Thomas Alva Edison - Berasal dari Negara Amerika Serikat - Penemu Bola lampu, Proyektor film, tahun 1893 • Wernher Von Braun - Jerman Amerika - Pengembang Teknologi Roket • Werner von Siemens - Jerman - Penemu dan Pendiri Perusahaan Listrik dan Telekomunikasi Siemens • Wilbur dan 0rville Wright - Amerika Serikat 1903 - Penemu Pesawat terbang • Wilhelm Conrad Röntgen - Wilhelm Conrad Röntgen menemukan sinar-X.

• Willem Johan Kolff - Bapak komputer di dunia adalah - Penemu Mesin Dialisis Ginjal & Organ Buatan Pertama • Williarn Sturgeon - Inggris, tahun 1823 - Penemu Elektromagnet • Willis Haviland Carrier - Amerika bapak komputer di dunia adalah - Penemu AC Modern • Yum Soemarsono - Indonesia - Penemu Helikopter • Zacharias Janssen - Penemu Mikroskop, tahun 1590 • ► 2022 (2) • ► February (1) • ► January (1) • ► 2021 (2) • ► August (1) • ► January (1) • ► 2020 (14) • ► October (2) • ► April (2) • ► March (4) • ► February (6) • ► 2019 (38) • ► November (3) • ► September (2) • ► August (8) • ► July (7) • ► June (3) • ► May (1) • ► February (3) • ► January (11) • ► 2018 (50) • ► December (10) • ► November (9) • ► October (9) • ► September (7) • ► August (5) • ► July (1) • ► June (1) • ► February (1) • ► January (7) • ► 2017 (138) • ► December (5) • ► November (4) • ► October (21) • ► September (8) • ► August (7) • ► July (20) • ► June (28) • ► May (22) • ► April (17) • ► March (5) • ► February (1) • ► 2016 (98) • ► October (8) • ► September (2) • ► August (9) • ► July (7) • ► June (11) • ► May (7) • ► April (12) • ► March (17) • ► February (9) • ► January (16) • ► 2015 (153) • ► December (4) • ► November (7) • ► October (5) • ► September (1) • ► August (11) • ► July (15) • ► June (26) • ► May (28) • ► April (10) • ► March (20) • ► February (12) • ► January (14) • ▼ 2014 (361) • ► December (28) • ► November (36) • ► October (26) • ► September (33) • ► August (29) • ► July (25) • ► June (21) • ► May (31) • ► April (33) • ► March (31) • ▼ February (40) • George Eastman - Penemu film gulung dan pendiri Kodak • Biografi Fritz Pfleumer - Penemu Pita perekam suara • Biografi Felix Hoffmann - Penemu Aspirin • Biografi Emile Berliner - Penemu Alat Rekam Piring.

• Elisha Otis - Penemu Rem Elevator/Lift • Cornelius Drebbel - Penemu Kapal Selam Pertama • Christopher Latham Sholes - Penemu Mesin Ketik QWERTY • Penemu dan Pendiri LinkedIn - Reid Hoffman • Charles Goodyear - Penemu Ban Karet Vulkanisasi • Alfred Nobel - Penemu dinamit • Albert Einstein - Penemu Teori Relativitas • Daftar Nama Penemu Terkenal di Dunia • Blaise Pascal - Penemu Mesin Hitung • Benjamin Franklin - Penemu Kaca Mata • Penemu Traktor - Benjamin Holt • Artur Fischer - Penemu Benda kecil dan Unik • Antony van Leeuwenhoek - Bapak Mikrobiologi Penemu.

• Penemu Mikroskop - Zacharias Janssen • Gottlieb Daimler - Penemu Mobil dan Sepeda motor • Robert Koch - Penemu metode untuk memurnikan bacil. • Penemu Kapal Uap - Robert Fulton • Penemu Korek api Gesek - John Walker • Penemu Termometer Pertama kali - Galileo Galilei • Penemu Batu Baterai - Alessandro Volta • Pendiri WHATSAPP - Brian Acton dan Jan Koum • Pendiri aplikasi mesengger LINE - Lee Hae-Jin • Penemu Teknologi MP3 - Karlheinz Brandenburg • Penemu Sepeda - Karl Drais • Penemu Jam tangan - Peter Henlein • Penemu Mesin Diesel - Rudolf Diesel • Penemu Sinar X - Wilhelm Conrad Röntgen • Penemu Mesin Cetak - Johannes Gutenberg • Heinrich Hertz - Penemu teori Radiasi Elektromagne.

• Penemu Tetikus (mouse) komputer Pertama - Dr. Doug. • Benarkah Penemu Google Glass Leonardo Davinci? • George Samuel Hurst Penemu Touch Screen (Layar Sen. • Penemu Laptop Pertama - Bill Moggridge • Penemu Mesin Uap Pertama - Thomas Savery • Sejarah Penemu Benua Australia Yang Sebenarnya (fa.

• Penemu Android - Andrew E. Rubin • ► January (28)

ROCKY PUTRA A - PEMBAHASAN SPESIFIKASI BAPAK KOMPUTER MODERN




2022 www.videocon.com