Goceng berapa rupiah

goceng berapa rupiah

Kalau kamu tinggal di daerah seperti Medan, Jakarta, atau Surabaya, mungkin udah nggak asing lagi dengan istilah Cepek, Gopek, Goceng, Ceban, Gocap, dan lain sebagainya. Bahkan mungkin udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari untuk menyebut jumlah uang dibanding penyebutan uang seratus rupiah, seribu, 10 ribu, 100 ribu dan lainnya. Tapi bagi orang di daerah lain, istilah ini jelas masih terdengar asing. Terutama bagi mereka yang merantau ke daerah-daerah seperti Jakarta dan Medan, mungkin bakal dipusingkan dengan arti dari istilah-istilah pasar tersebut.

Oleh karena itulah, Hipwee News & Feature bakal membantumu goceng berapa rupiah mengenal istilah bilangan atau jumlah ini biar nanti kamu nggak bingung atau malah dibohongin sama orang-orang yang nggak bertanggung jawab.

Cekidot! Sejarah istilah Cepek, Gopek, Goceng, Ceban, Gocap, Istilah Hokkian via andumcrita.wordpress.com Dilansir dari laman Tionghoa.Info, istilah tersebut merupakan dialek Hokkian. Bahasa Hokkian adalah Bahasa Banlamwe (Munnanhua) yang terdapat di provinsi Hokkian (Fujian), Tiongkok.

goceng berapa rupiah

Istilah untuk bilangan tersebut dibawa oleh orang Tionghoa yang datang ke Indonesia. Populernya sebutan-sebutan ini di masyarakat karena mayoritas pendatang dari provinsi Fujian tersebut menjadi pedagang di Tanah Air dan sudah pasti sehari-harinya, dalam transaksi jual beli, mereka selalu menyebutkan jumlah dan bilangan.

Istilah angka dan jumlah yang populer dipakai di beberapa daerah Bukan hanya digunakan oleh orang Tionghoa saja, tapi masyarakat umum juga nggak asing lagi dengan istilah-istilah ini.

Bahkan, istilah untuk jumlah atau bilangan ini kerap digunakan oleh anak muda karena menganggap lebih ringkas dan gaul. Di Jakarta saja misalnya, gaya berhitung ala pedagang Tinghoa ini justru lebih populer. Jadi buat goceng berapa rupiah yang ingin merantau ke Ibukota, rasanya perlu belajar dan menguasai istilah ini biar nanti nggak bingung atau malah dikibulin. Istilah uang dari bahasa Mandarin dialek Hokkien Dasar sebutan atau istilah Hokkian via beritadaerah.co.id Tentu saja nggak semua istilah bilangan atau jumlah yang populer di masyarakat.

Hanya ada beberapa, seperti Gocap (50), Cepek (100), Gopek (500), Seceng (1000), Ceban (10 ribu), Goban (50 ribu), Cepek Ceng (100 ribu), G opek Ceng (500 ribu), dan Cetiau (1 juta).

Tapi dasar perhitungan ala orang Tionghoa ini memang tetap perlu kamu ketahui. Berikut istilah dalam bahasa Hokkian goceng berapa rupiah seakan udah jadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Untuk satuan: 1 = I t 2 = Ji atau No (untuk bilangan ratusan ke atas) 3 = Sa 4 = Si 5 = Go 6 = Lak 7 = Cit 8 = Pek 9 = Kau Untuk belasan: 10= Cap 11 = Cap It 12 = Cap Ji 13 = Cap Sa 14 = Cap Si 15 = Cap Go 16 = Cap Lak 17 = Cap Cit 18 = Cap Pek 19 = Cap Kau Untuk puluhan: 20 = Ji Cap 30 = Sa Cap 40 = Si Cap 50 = Go Cap 60 = Lak Cap 70 = Cit Cap 80 = Pek Cap 90 = Kau Cap Untuk ratusan: 100 = Ce Pek 200 = No Pek 300 = Sa Pek 400 = Si Pek 500 = Go Pek 600 = Lak Pek 700 = Cit Pek 800 = Pek Pa Tun 900 = Kau Pek Untuk ribuan: 1000 = Seceng 2000 = No Ceng 3000 = Sa Ceng 4000 = Si Ceng 5000 = Go Ceng 6000 = Lak Ceng 7000 = Cit Ceng 8000 = Pek Ceng 9000 = Kau Ceng 10000 = Ce ban Untuk jumlah bilangan selanjutnya, kamu tinggal menggabungkan sadar-dasar goceng berapa rupiah yang ada di atas.

Menggunakan istilah Bilangan Hokkian ini memang masih asing di sebagian kalangan masyarakat. Pasalnya, transaksi jual beli di beberapa daerah memang jarang dilakukan oleh pedagang Tinghoa. Sehingga istilah-istilah ini pun juga nggak digunakan di daerah tersebut. Tapi istilah ini tetap perlu kamu ketahui karena kadang kamu bakal berhadapan atau mendengar sebutan-sebutan ini.

goceng berapa rupiah

Jadi daripada bingung atau malah nanti dibohongin, mending dihapalin meski cuma istilah-istilah yang goceng berapa rupiah aja. Pernahkah Anda di sebuah toko menanyakan harga barang lalu penjualnya menjawab gocap, cepek, gopek, seceng, goceng, ceban, goban, tiao, dan lain sebagainya? Tak perlu jadi ahli bahasa, cukup mendengarnya saja kita sudah bisa menebak istilah-istilah ini berasal dari bahasa Cina. Meski begitu, saya tidak sedang membicarakan Negara Tiongkok jauh di sana.

Di negara kita juga dengan mudahnya menemukan pedagang warga keturunan ini. Mulai dari toko elektronik di mall sampai makanan di warteg yang “seharusnya” dimiliki orang Tegal pun, katanya ada.

Istilah-istilah harga gocap, cepek, gopek, seceng, goceng, ceban, goban, tiao, dan seterusnya sangat populer. Pemakainya tidak hanya orang Tionghoa saja. Penjual Arab melayani pembeli Betawi dan Jawa juga sering mengucapkannya.

Nah buat Anda yang belum tau, biar tidak bengong apalagi goceng berapa rupiah, ada baiknya cari tau artinya sekarang juga. Baca juga: Inilah alasan hujan pada hari imlek pertanda kemakmuran bagi orang Tionghoa Apa maksud dari kata gocap, cepek, gopek, seceng, goceng, ceban, goban, tiao, dan seterusnya Sebelum bahas artinya, uangindonesia.com ingin bahas asal usulnya dulu.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, istilah-istilah tersebut berasal dari bahasa Cina, atau lebih tepatnya Khek/Hokkian.

goceng berapa rupiah

Tidak hanya harga, gocap, cepek, gopek, seceng, goceng, ceban, goban, tiao, dan selanjutnya digunakan juga untuk menyatakan bilangan dan jumlah. Mungkin dikarenakan banyak orang Tionghoa yang sukses jadi pedagang menjadikan bahasa tersebut makin terkenal.

Dalam perkembangannya, istilah-istilah ini di Ibu Kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya menjadi bahasa gaul yang sangat lumrah diucapkan oleh siapa saja. Jangan pernah tanya saya apakah Anda lebih baik mengikuti bahasa gaul tersebut atau tidak.

Saya cuma tau, yang penting saat bayar dan kembaliannya harus pakai rupiah.

goceng berapa rupiah

Jangan mata uang asing apalagi permen. Mengapa? Ada undang-undang yang bisa menghukum Anda dipenjara dan denda jika transaksi selain menggunakan rupiah. Baca juga: Hati-hati, penjual kasih kembalian permen bisa kena hukuman penjara Arti gocap, cepek, gopek, seceng, goceng, ceban, goban, tiao, dan lain sebagainya Daripada makin panjang lebar dan keluar dari topik, langsung saja inilah artinya.

Satuan: 1 = it 2 = Ji/No (spesial untuk ratusan/ribuan/puluh ribuan/jutaan) 3 = sa 4 = si 5 = go 6 = lak 7 = cit 8 = pek 9 = kau Puluhan: puluh = cap 10= cap 11 = cap it 12 = cap ji 13 = cap sa 14 = cap si 15 = cap go 16 = cap lak 17 = cap cit 18 = cap pek 19 = cap kau 20 = ji cap 21 = ji cap it 22 = ji cap ji 23 = ji cap sa 24 = Ji cap si 25 = goceng berapa rupiah go 50 = go cap 60 = lak cap 70 = cit cap 80 = pek cap 90 = kau cap Ratusan: ratus = pek 100 = ce pek 150 = pek go 200 = no pek 250 = no pek go 300 = sa pek 400 = si pek 500 = go pek 600 = lak pek 700 = cit pek 800 = pek pa tun 900 = kau pek Ribuan: ribu = ceng 1000 = seceng 1500 = ceng go 2000 = no ceng 2500 = no ceng go 3000 = sa ceng 4000 = si ceng 5000 = go ceng 6000 = lak ceng 7000 = cit ceng 8000 = pek ceng 9000 = kau ceng Baca juga: Mitos rezeki bisa pindah hanya celana dalam dicucikan orang 10 ribu = ceban 15 ribu = ban go 20 ribu = no ban 25 ribu = no ban go 30 ribu = sa ban 35 ribu = sa ban go 40 ribu = si ban 45 ribu = si ban go 50 ribu = go ban 60 ribu = lak ban 70 ribu = cit ban 80 ribu = pek ban 90 ribu = kau pan 100 ribu = ce pek ceng 125 ribu = pek ji go (umumnya orang paham 125 ribu) 110 ribu = pek it 120 ribu = pek ji 130 rbiu = pek sa 140 ribu = pek si 150 ribu = pek go 160 ribu = pek lak 170 ribu = pek cit 180 ribu = pak pek 190 ribu = pek kau 200 ribu = nopek ceng 250 ribu = nopek go 300 ribu = sa pek ceng 350 ribu = sa pek go 400 ribu = si pek ceng 500 ribu = go pek ceng 600 ribu = lak pek ceng goceng berapa rupiah ribu = cit pek ceng 800 ribu = pek pak ceng 900 ribu = kau pek ceng Jutaan: juta tiao 1 juta = ce tiao 1,1 juta = tiao it 1,2 juta = tiao ji 1,3 juta = tiao sa 1,4 juta = tiao si 1,5 juta = tiao puah = sejuta setengah 1,6 juta = tiao lak 1,7 juta = tiao cit 1,8 juta = tiao pek 1,9 juta = tiao kau 2 juta = no tiao 2,1 juta = no tiao it 2,2 juta = no tiao ji 2,3 juta = no tiao sa 2,5 juta = no tiao puah 3 juta = sa tiao 4 juta = si tiao 5 juta = go tiao 6 juta = lak tiao 7 juta = cit tiao 8 juta = pek tiao 9 juta = kau tiao 10 juta = cap tiao 50 juta = go cap tiao 100 juta = cepek tiao 500 juta = gopek tiao Untuk rupiah disebutnya tun, contoh: Rp5 = go tun Rp10 = cap tun Rp 25 = ji go tun Rp 50 = goceng berapa rupiah cap tun Rp 100 = ce pek tun Baca juga: Cara agar dapat angpao banyak saat tahun baru Cina imlek Itulah arti gocap, cepek, gopek, seceng, goceng, ceban, goban, tiao, dan seterusnya.

Tulisan di atas saya tulis setelah mengumpulkan beberapa macam sumber. Saya sendiri non-Tionghoa. Jadi apabila terdapat kesalahan baik penyebutan atau penulisan, mohon memberi tau lewat kontak atau komentar di bawah ini agar saya bisa segera perbaiki.

Terima kasih. Masukkan email untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru secara gratis! • Recent Posts • Cara memasukan kartu ATM ke dalam mesin posisi benar / tidak terbalik • Cerita pesugihan babi ngepet yang sering tertangkap warga • Cara mendapatkan uang gaib milyaran dengan jual sate gagak semalam? • Cara beli pulsa listrik via SMS banking BCA, BNI, BRI, dan Mandiri • Cara ganti PIN ATM BCA, BNI, BRI, MANDIRI di mesin ATM
Jakarta: Goceng berapa rupiah pasti tahu istilah goceng atau goban.

Istilah nominal mata uang ini juga masih digunakan hingga sekarang. Namun tahukah Anda, ada beberapa istilah nominal mata uang yang digunakan sebelum Indonesia merdeka. Melansir laman Bank Indonesia, Senin, 16 Agustus 2021, sebelum Indonesia merdeka, banyak istilah-istilah yang dipergunakan oleh para pendahulu kita untuk menyebut berbagai nominal uang. Salah satu contohnya adalah setali.

Istilah ini dipergunakan untuk seikat uang gobok atau kasya Cina dengan jumlah tertentu. Istilah setali ini karena uang tersebut bolong ditengahnya dan kemudian diikat dengan goceng berapa rupiah hingga mencapai jumlah yang diinginkan. Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini? • Happy • Inspire • Confuse goceng berapa rupiah Sad Istilah-istilah tersebut kemudian terus berkembang pada masa Pemerintah Kolonial Hindia Belanda hingga bahkan terus dilanjutkan pada periode Indonesia merdeka.

Terdapat beberapa contoh istilah yang dimaksud yaitu ringgit (ƒ2,50 atau 2,5 rupiah) setali (ƒ0,25 atau 25 sen), picis (ƒ0.10 atau 10 sen) dari bahan dasar perak; lima sen (ƒ0,05), gobang (ƒ0,025), sen (ƒ0,01) dan setengah sen (ƒ0,005) dari tembaga.

Ketika nilai nominal rupiah semakin besar, terjadi juga pergeseran istilah uang tersebut. Salah satu contohnya adalah penyebutan nominal di wilayah Jakarta. Untuk pecahan Rp50 disebut dengan istilah, cepek (Rp100), gopek (Rp500), seceng (Rp1.000), noceng (Rp2.000), goceng (Rp5.000), ceban (Rp10 ribu), noban (Rp20 ribu), goban (Rp50 ribu), dan masih banyak lagi.

Adapun istilah-istilah tersebut merupakan dialek Hokkian, Tiongkok. Kata-kata tersebut sudah meresap dalam kehidupan masyarakat Jakarta sehari-hari dan menunjukkan betapa kayanya Bahasa Indonesia dengan berbagai keragamannya. Disadari atau tidak, ternyata Bahasa Hokkien sudah melekat dan banyak dipakai dalam keseharian di tanah air. Istilah umum yang cukup umum dipakai adalah penyebutan nominal uang. Misalnya saja gocap, goceng, cepek, hingga seceng.

goceng berapa rupiah

Tapi, kosa kata ini juga tidak familiar bagi kelompok lainnya. Banyak yang kadang tak tahu gocap berapa dan arti dari bilangan lainnya. Bahasa Mandarin yang merupakan asalnya dari Provinsi Fujian di Cina Mainland ini secara tidak langsung disebarkan sejak zaman dulu kala ketika banyak warga Tiongkok yang tinggal menyebar di Indonesia.

Penyebutan angka tersebut memang terbilang unik dan lebih singkat. Bagi Sedulur yang ingin mempelajari dan menghafalkannya dalam waktu singkat, simak penjelasannya di bawah ini. Dijamin kamu bakal bisa mengingat gocap adalah dan mengucapkannya dengan fasih tanpa takut keliru lagi. BACA JUGA: Belajar Angka Bahasa Arab 1 – 100 goceng berapa rupiah Cara Membacanya 1.

Gocap Pexels Masih bingung gocap itu berapa, ya? Dalam bilangan dari Bahasa Mandarian Hokkien, ini adalah sebutan untuk angka 50. Dalam percakapan sehari-hari, banyak yang bilang gocap untuk menyebut uang dengan pecahan Rp50 ribu. Hal ini memang terbilang lebih singkat dan cepat. Supaya lebih mudah memcerna, simak contoh goceng berapa rupiah di bawah ini. Brian: Bro, ada gocap? Jevan: Buat apaan?

Brian: Pinjem dong buat beli makan. Gak ada cash, nih. BACA JUGA: Nama Hari dalam Bahasa Inggris, Cara Membaca & Kalimatnya 2. Cepek Pexels Lupa-lupa ingat cepek artinya berapa? Ini adalah penyebutan untuk angka 100. Seperti kebiasaan orang Indonesia pada umumnya yang malas menuebut kata ribu, sebagian dari kita memang lebih nyaman menyebut nominal 100 dibanding 100 ribu.

Sungjin: Uang tinggal cepek selembar nih. Kevin: Ambil di ATM, dong. Goceng berapa rupiah Belum gajian, gak ada yang bisa diambil. 3. Gopek Pexels Setelah mengetahui arti cepek gocap berapa sih, kini saatnya beralih ke gopek. Bilangan ini bisa dibilang adalah angka yang sempat ramai disebut setelah kemunculan iklan produk belasan tahun yang lalu.

Sejak saat itu, penyebutan gopek untuk nominal Rp500. Surya: Punya gopek gak? Alif: Ada nih, ambil aja. Surya: Makasih ya, bro. Buat bayar parkir nih soalnya. BACA JUGA: 12 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea Untuk Pasangan Kamu 4. Seceng Pexels Setelah hafal gocap berapa ribu, saatnya naik ke seceng. Penyebutan angka 1.000 ini memang masih mudah untuk dihafalkan. Berawalan dengan kata se- angka ini memang diawali dengan 1 di bagian depannya.

akhiran -ceng merupakan bilangan ribuan. Reza: Widiw, HP baru nih. Ilham: Iya nih, bro. Diskonan nih murah aja. Reza: Berapaan emang? Ilham: 3 juta kurang seceng, Reza: Pas tuh buat bayar parkir. 5. Noceng Pexels Setelah tahu gocap berapa Rupiah dan seceng, saatnya mengetahui angka yang lebih tinggi nominalnya. Ada noceng yang memiliki arti 2.000. Berhubung nominal angka kertas ini sudah sangat umum, tidak ada salahnya untuk menyebutkan istilah ini dalam obrolan sehari-hari.

Umar: Pingin beli tahu bulat tapi dikit aja boleh gak, sih? Agnes: Boleh lah.

goceng berapa rupiah

Beli noceng tetep dilayanin, kok. Umar: Asik, beli aaah! BACA JUGA: 100+ Kosa Kata Bahasa Korea Percakapan Sehari-hari, Lengkap! 6. Goceng Pexels Sudah masuk bilangan ribuan, tentu kamu familiar dengan goceng artinya berapa. Ini adalah istilah untuk menyebutkan uang Rp5.000. Tanpa perlu dijelaskan lebih lanjut, tentu kamu sudah paham dengan artinya, ‘kan?

Fariz: Pingin yang seger-seger, nih. Jajan apa ya enaknya? Megan: Ada es buah tuh goceng berapa rupiah depan. Goceng doang. Fariz: Murah banget, borong ah! 7. Ceban Pexels Ceban itu berapa? Ternyata istilah ini adalah untuk menyebut angka 10.000. Istilah untuk menyebut nominal pecahan Rupiah ini juga terbilang mudah diingat.

Yang perlu diingat, akhiran -ban dipakai untuk angka puluhan ribu. Titis: Mas, kamu tau gak harga boba di toko sebelah? Jeje: Kayaknya Rp25 ribu, tapi kalo promo cuma ceban. Titis: Bungkus, gan! 8. Goban Pexels Apabila ingin menebak, kamu perlu mengingat istilah dua suku katanya. Ada go dan ban. Karena go adalah 5 dan ban adalah puluhan ribu, dapat ditarik kesimpulan jika goban adalah angka 50.000. Koko: Belum gajian, goban bisa buat berapa hari, ya? Sanpras: Bisa buat seminggu tuh.

Koko: Kok bisa? Sanpras: Beli mi instan dapet 21 biji. Sehari 3 kali makan. Koko: Pinter juga! BACA JUGA: Cara Belajar Bahasa Korea Sendiri dengan Cepat untuk Pemula 9.

Cetiao Pexels Di pecahan jutaan, ada cetiao untuk menyebut angka 1 juta. Karena angkanya cukup besar, penggunaan istilah ini tidak terlalu sering dipakai. Tapi tak apa sesekali digunakan agar obrolan jadi semakin seru sambil belajar bahasa baru. Mino: Investasi reksa dana lo gimana, nih?

Hoony: Cuan banget. Barusan cek return udah cetiao. Mino: Mantap! Bilangan dalam Bahasa Mandarin Hokkien Selain mengetahui istilah angka mulai dari gocap berapa, Sedulur mungkin juga penasaran dengan beberapa angka dari pecahan puluhan, ratusan, ribuan, pulihan ribu, hingga jutaan, ‘kan? Di bawah ini ada tabel yang bisa disimak dan dipelajari.

Satuan 1 it 2 ji/no 3 sa 4 si 5 go 6 lak 7 cit 8 pe 9 kau Puluhan 10 cap 11 cap it 12 cap ji 13 cap sa 14 cap si 15 cap go 16 cap lak 17 cap sit 18 cap pek 19 cap kau 20 ji cap 21 ji cap it 22 ji cap ji 23 ji cap sa 24 ji cap go 25 ji cap go 50 gocap 60 lak cap 70 cit cap 80 pek cap 90 kau cap Ratusan 100 ce pek 150 pek go 200 no pek 250 no pek go 300 sa pek 400 si pek 500 gopek 600 lak pek 700 cit pek 800 pek pa tun 900 kau pek Ribuan 1.000 se ceng 5.000 go ceng Puluhan ribuan 10.000 ce ban 15.000 ban go 20.000 no ban 25.000 no ban go 30.000 sa ban 40.000 si goceng berapa rupiah 50.000 go ban 60.000 lak ban 70.000 cit ban 80.000 pek ban 90.000 kau ban Ratusan ribu 100.000 cepek ceng 150.000 pek go 500.000 gopek ceng Jutaan 1.000.000 cetiao 1.500.000 tiao puah 2.000.000 no tiao 2.500.000 no tiao puah 3.000.000 sa tiao 4.000.000 si tiao 5.000.000 go tiao 6.000.000 lak tiao 7.000.000 cit tiao 8.000.000 pek tiao 9.000.000 kau tiao 10.000.000 cip tiao 50.000.000 go cap tiao 100.000.000 ce pek tiao 500.000.000 go pek tiao Pengertian Kloning Beserta Manfaat, Contoh & Macamnya Mempelajari bahasa ini untuk penyebutan angka dan nominal uang terbilang mudah, bukan?

Hampir selalu dipakai oleh keluarga Tionghoa, kamu juga bisa memakai istilah ini untuk memperluas wawasan Sedulur. Sekarang, goceng berapa rupiah nggak hanya tahu gocap berapa, ‘kan? Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Superlho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel.

Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang. Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga.

goceng berapa rupiah

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu goceng berapa rupiah yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.

Trending Topic • Kontraktor: Pengertian, Jenis, Tugas & Tanggung Jawab • Kisah Seorang Ibu Dua Anak Yang Sukses Buka Peluang Usaha di Desa • Bacaan Surat Ad Dhuha: Latin, Arab Beserta Terjemahannya • 14 Resep Telur Puyuh Enak, Lezat & Mudah untuk Dibuat di Rumah • Resep Kue Putri Salju, Kue Kering untuk Sajian Lebaran
Arti Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Goceng, Ceban sampai Gotiao – Bilangan Mandarin tentunya sangat sering kita dengar di kehidupan kita sehari-hari.

Hal tersebut bisa terdengar di rumah, di sekolah, di kantor, khususnya di tempat perdagangan. Bilangan mandarin ini tentunya ada karena beberapa suku Tionghoa yang tinggal di Indonesia. Sehingga terjadinya campur kode antara bahasa Indonesia dengan bahasa Mandarin, khususnya pada bagian bilangan.

goceng berapa rupiah

Istilah-istilah bilang tersebut contohnya seperti Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Goceng, Ceban, Goban, Cepek Ceng, Cetiao, Gotiao. Bilangan-bilangan dalam bahasa Mandarin tersebut biasanya digunakan oleh suku Tionghoa yang berdialek hokkian.

Lalu, bagaimana bisa orang-orang Indonesia sangat mengenal bilangan Mandarin tersebut? Hal tersebut karena mayoritas pendatang suku Tionghoa di Indonesia berasal dari Tiongkok terutama provinsi Fujian dan sekitarnya. Bahasa tersebut menyebar karena warga Tionghoa yang berdagang dan dekat dengan kelas menengah bawah, dengan demikian bahasa Mandarin ini melekat dengan rakyat Indonesia.

Goceng berapa rupiah bahasa ini berkembang di Jakarta, setelah itu tersebar lebih luas ke kota-kota besar lainnya yang banyak suku Tionghoa. Kota-kota tersebut antara lain, Medan, Riau, Kep. Bangka Belitung, Palembang, Pontianak, Tarakan, Surabaya, goceng berapa rupiah Makassar.

Selain itu, terdapat daftar kosakata untuk membantu pembaca mengembangkan dan mempraktikkan percakapan yang disertai dengan fonetik, untuk membantu dan memudahkan pembaca menguasai bahasa Mandarin dengan cepat secara lisan, juga dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia.

Ebook ini berisi topik-topik yang sering dijumpai dalam hal kesekretariatan seperti membuat janji, menerima tamu, menelepon, memo, fax, surat, email dan lain-lain. Segera miliki buku ini agar kamu dapat lancar berbahasa mandarin untuk kesekretariatan. Lalu, apa saja arti dari bilangan-bilangan tersebut jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia?

Yuk Grameds, simak ulasan berikut! Arti Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Goceng, Ceban sampai Gotiao Berikut adalah arti dari bilangan-bilangan Mandarin jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu, ada pula terjemahan untuk bilangan dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan, dan rupiah tunggal.

goceng berapa rupiah

Gocap = lima puluh (50) Cepek = seratus (100) Sembilan (9) = kau 2. Puluhan Sepuluh (10) = cap Sebelas (11) goceng berapa rupiah cap it Dua belas (12) = cap ji Tiga belas (13) = cap sa Empat belas (14) = cap si Lima belas (15) = cap go Enam belas (16) = cap lak Tujuh belas (17) = cap cit Delapan belas (18) = cap pek Sembilan belas (19) = cap kau Dua puluh (20) = ji cap Dua puluh satu (21) = ji cap it Dua puluh dua (22) = ji cap ji Dua puluh tiga (23) = ji cap sa Dua puluh empat (24) = ji cap si Dua puluh lima (25) = ji go Lima puluh (50) = go cap Enam puluh (60) = lak cap Tujuh puluh (70) = cit cap Delapan puluh (80) = pek cap Sembilan puluh (90) = kau cap goceng berapa rupiah.

Ratusan Seratus (100) = cepek Seratus goceng berapa rupiah puluh (150) = pek go Dua ratus (200) = no pek Dua ratus lima puluh (250) = no pek go Tiga ratus (300) = sa pek Empat ratus (400) = si pek Lima ratus (500) = go pek Enam ratus (600) = lak pek Tujuh ratus (700) = cit pek Delapan ratus (800) = pek pa tun Sembilan ratus (900) = kau pek 4. Ribuan Seribu (1.000) = seceng Seribu lima ratus (1.500) = ceng go Dua ribu (2000) = no ceng Dua ribu lima ratus (2.500) = no ceng go Tiga ribu (3.000) = sa ceng Empat ribu (4.000) = si ceng Lima ribu (5.000) = go ceng Enam ribu ( 6.000) = lak ceng Tujuh ribu (7.000) = cit ceng Delapan ribu (8.000) = pek ceng Sembilan ribu (9.000) = kau ceng 5.

Puluhan Ribu Sepuluh ribu (10.000) = ceban Lima belas ribu (15.000) = ban go Dua puluh ribu (20.000) = no ban go Dua puluh lima ribu (25.000) = no ban go Tiga puluh ribu (30.000) = sa ban Tiga puluh lima ribu (35.000) = sa ban go Empat puluh ribu (40.000) = si ban Empat puluh lima ribu (45.000) = si ban go Lima puluh ribu (50.000) = go ban Enam puluh ribu (60.000) = lak ban Tujuh puluh ribu (70.000) = cit ban Delapan puluh ribu (80.000) = pek ban Sembilan puluh ribu (90.000) = kau pan 6. Ratusan Ribu Seratus ribu (100.000) = cepek ceng Seratus sepuluh ribu (110.000) = pek it Seratus dua puluh ribu (120.000) = pek ji Seratus dua puluh lima ribu (125.000) = pek ji go Seratus tiga puluh ribu (130.000) = pek sa Seratus empat puluh ribu (140.000) = pek si Seratus lima puluh ribu (150.000) = pek go Seratus enam puluh ribu (160.000) = pek lak Seratus tujuh puluh ribu (170.000) = pek cit Seratus delapan puluh ribu (180.000) = pak cek Seratus sembilan puluh ribu (190.000) = pek kau Dua ratus ribu (200.000) = no pek ceng Dua ratus lima ratus ribu (250.000) = no pek go Tiga ratus ribu (300.000) = sa pek ceng Tiga ratus lima puluh ribu (350.000) = sa pek go Empat ratus ribu (400.000) = si pek ceng Lima ratus ribu (500.000) = go pek ceng Enam ratus ribu (600.000) = lak peng ceng Tujuh ratus ribu (700.000) = cit pek ceng Delapan ratus goceng berapa rupiah (800.000) = pek pak ceng Sembilan ratus ribu (900.000) = kau pak ceng Ebook ini disusun untuk Anda agar dapat menguasai bahasa Mandarin untuk berbelanja.

Di bawah tulisan Mandarin diberikan fonetiknya sehingga sangat membantu Anda dalam membaca tulisan Mandarin. Selain itu, diberikan pula terjemahan bahasa Indonesia sehingga Anda dapat memahami teks yang ada dengan cepat.

7. Jutaan Satu juta (1.000.000) = cetiao Satu juta seratus ribu (1.100.000) = tiao it Satu juta lima ratus ribu (1.500.000) = tiao puah Dua juta (2.000.000) = no tiao Dua juta lima ratus ribu (2.500.000) = no tiao puah Tiga juta (3.000.000) = sa tiao Empat juta (4.000.000) = si tiao Lima juta (5.000.000) = go tiao Enam juta (6.000.000) = lak tiao Tujuh juta (7.000.000) = cit tiao Delapan juta (8.000.000) = pek tiao Sembilan juta (9.000.000) = kau tiao Sepuluh juta (10.000.000) = cap tiao Lima puluh juta (50.000.000) = go cap tiao Seratus juta (100.000.000) = cepek tiao Lima ratus juta (500.000.000) = go goceng berapa rupiah tiao 8.

Rupiah Tunggal Lima rupiah (Rp5) = go tun Sepuluh rupiah (Rp10) = cap tun Dua puluh lima rupiah (Rp25) = jo go tun Lima puluh rupiah (Rp50) = go cap tun Seratus rupiah (Rp100) = cepek tun Baca juga artikel terkait “Arti Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Goceng, Ceban sampai Gotiao”: • Arti Kata Bucin • Arti Kata Syafakillah dan Syafakallah • Arti Kata Ukhti, Akhi, Akhwat, Ikhwan • Arti Kata LOL • Arti Ghosting • Arti Sukses • Arti Posesif • Arti Baper Recent Post • Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu Mei 6, 2022 • Cara Membuat Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik dan Benar Mei 6, 2022 • 8 Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis Mei 6, 2022 • Tips Membangkitkan Semangat Kerja & Penyebab Semangat Kerja Menurun Mei 6, 2022 • 70 Ucapan Selamat Idul Fitri Lengkap Mei 6, 2022 • Menu Sahur Enak, Mudah, dan Praktis Mei 6, 2022 • 5 Contoh Surat Pengunduran Diri Mei 6, 2022 • 11 Cara Menghilangkan Ngantuk Secara Efektif Mei 6, 2022 • Menghilangkan Bau Ketiak Secara Efektif Mei 6, 2022 • Rekomendasi Buku Hijrah Muslimah Mei 6, 2022
TRIBUNSUMSEL.COM-Pernah dengar istilah cepek, goceng, gecap, gopek untuk penyebutan nominal uang?

Biasanya istilah-istilah Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Goceng, Ceban, Goban, Cepek Ceng, Cetiao, Gotiao ini, sering diucapkan dalam bahasa pergaulan. Terkadang ada orang yang terbalik-balik mengartikan penyebutan nominal ini.

Ternyata kata-kata pengucapan cepek, gocap, gopek tersebut berasal dari Tionghoa yang merupakan bahasa Mandarin. Kata-kata Gocap, Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Goceng, Ceban, Goban, Cepek Ceng, Cetiao, Gotiao merujuk pada bilangan atau jumlah dalam bahasa Mandarin yang berdialek hokkian.

Lalu, pertanyaannya mengapa kata-kata tersebut bisa populer di Indonesia dan dipakai sebagai bahasa sehari-hari khususnya wilayah Jakarta? Hal ini dikarenakan mayoritas pendatang atau leluhur orang Tionghoa di Indonesia berasal dai Tiongkok terutama dari provinsi Fujian dan sekitarnya.

Kata-kata ini merakyat karena warga Tionghoa sukses menjadi pedagang yang dekat dengan kelas menengah ke bawah. Di Indonesia sendiri, kata-kata ini awalnya berkembang di ibukota Jakarta kemudian tersebar luas ke kota-kota besar lainnya di Tanah Air yang menjadi kantong etnis Tionghoa.

Memahami Hitungan Uang Gopek, Goceng, Cepek, Ceban DII.




2022 www.videocon.com