Manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

Hai Milea W, kakak bantu jawab ya :) Jawaban untuk soal di atas adalah E. Kedudukan dan peranan yang dimilikinya. Yuk penjelasannya berikut ini!

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu maupun kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Manusia dituntut melakukan interaksi sosial berdasar pada kedudukan dan peran yang dimilikinya. Peran adalah seperangkat tingkah laku yang diharapkan berjalan sesuai dengan status seseorang.

Misalnya seseorang yang berkedudukan sebagai guru, memiliki peran positif di masyarakat sebagai seorang pendidik. Maka ia melakukan interaksi sosial kepada peserta didiknya untuk mencapai tujuan belajar yang maksimal.

Terimakasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya :) Konflik yang melibatkan serikat buruh dan jajaran direksi perusahaan akhirnya diselesaikan dengan menggelar pertemuan antarperwakilan pihak yang berselisih. Dari pertemuan tersebut, dicapai kesepakatan dengan persyaratan kedua belah pihak sama-sama menurunkan tuntutan sehingga terjadi titik temu. Bentuk akomodasi pada kasus tersebut adalah . manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar.

koersi b. mediasi c. kompromi d. konsiliasi e. ajudikasi Ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat dapat dipengaruhi oleh faktor kesehatan. Berikut yang menunjukan faktor pendukung munculnya ketimpangan sosial dilihat dari faktor kesehatan adalah. a. fasilitas kesehatan b. adanya pembatasan pengobatan c.

banyaknya wabah penyakit di lingkungan masyarakat d. melimpahnya jumlah tenaga medis e. adanya perbedaan fasilitas kesehatan di masyarakat ★ Sosiologi Manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar …. a. status ekonomi b. kemauan dan kemampuan seseorang c. keinginan sendiri d.

kedudukan dan peranan yang dimilikinya Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: UTS Semester 1 Sosiologi SMA Kelas 12 Suatu tindakan dikatakan kriminal jika …. a. bertentangan dengan nilai dan norma dalam masyarakat yang bersangkutan b. tidak sejalan dengan kesepakatan bersama masyarakat c.

bertentangan dengan hukum yang berlaku d. adanya denda yang besar bagi pelaku e. todak sesuai dengan kehendak pribadi Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Materi Latihan Soal Lainnya: • Tema 6 Subtema 1 SD Kelas 1 • Mengevaluasi Routing Statis - TKJ SMK Kelas 12 • Olimpiade Sains SMP • Vocabulary / Kosa Kata Bahasa Inggris • Reklame - Tema 4 SD Kelas 6 • Penilaian Akhir Semester Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 • PAS Bahasa Mandarin SMP Kelas 7 • PTS PAI Semester 2 Genap SD Kelas 2 • Iman kepada Qada dan Qadar - PAI SMP Kelas 9 • Menuntut Ilmu - PAI SMA Kelas 10 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •
Soal No. 1). Hubungan sosial terjadi karena adanya …. a. kepatuhan terhadap nilai dan norma b. komunikasi dan proses sosial c. proses sosial dan kontak sosial d. kontak sosial dan komunikasi Jawaban: D Soal No. 2). Tindakan berikut ini merupakan bentuk hubungan sosial adalah ….

a. mahasiswa membaca biografi orang terkenal b. seorang anak mencium potret c. dua anak saling tersenyum dan melambaikan tangan d. ayah menonton televisi Jawaban: C Soal No. 3). Upaya untuk meredakan konflik antarmasyarakat dengan melakukan penyesuaian perbedaan di segala bidang dinamakan ….

a. ajudikasi b. koordinasi c. asimilasi d. akomodasi Jawaban: D Soal No. 4). Manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar …. a. status ekonomi b. kemauan dan kemampuan seseorang c. keinginan sendiri d. kedudukan dan peranan yang dimilikinya Jawaban: B Soal No. 5). Banyak murid baru yang ikut dalam kegiatanekstrakulikuler dengan seniornya.

Hubungan sosial antara yunior dengan seniornya tersebut dipengaruhi oleh faktor …. a. Identifikasi b. imitasi c. motivasi d.

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

simpati Jawaban: A Soal No. 6). Bapak Sosiologi Indonesia, yaitu …. a. Kamanto Soenarto b. Koentjaraningrat c. Selo Soemardjan d. Soerjono Soekanto Jawaban: C Soal No. 7). lnteraksi sosial pasti terjadi dalam kehidupan masyarakat karena manusia merupakan …. a. makhluk politik b. makhluk sosial c. makhluk individu d. makhluk budaya Jawaban: B Soal No. 8). Selain kontak sosial, syarat lain terbentuknya interaksi sosial adalah… (A) komunikasi (B) imitasi (C) sugesti (D) adaptasi (E) motivasi Jawaban: A Soal No.

9). Yang bukan merupakan komponen dalam proses komunikasi adalah… A. Pihak pengirim pesan atau komunikator B. Pesan yang akan disampaikan C. Pihak yang menerima pesan atau komunikasi D. Waktu yang digunakan E.

Tanggapan dari penerima pesan Jawaban: D Interaksi Sosial Soal tentang interaksi sosial (hubungan sosial) beserta jawabannya. Interaksi sosial merupakan manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar hubungan timbal balik yang terjadi di masyarakat. Ada banyak faktor mengapa interaksi sosial terjadi di masyarakat, antara lain imitasi, sugesti, simpati, dan empati. Sebagai bagian dari kehidupan di masyarakat interaksi sosial dapat terjadi mana kala ada dua syarat, yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi sosial.

Untuk lebih memahami tentang interaksi sosial, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan latihan soal tentang interaksi sosial (hubungan sosial) dan kunci jawabannya. Soal yang akan kami paparkan dalam artikel ini tersusun atas beberapa materi pokok, yaitu : 1) bentuk-bentuk interaksi sosial (hubungan sosial), 2) Syarat terjadinya interaksi sosial, 3) Faktor-faktor pendorong interaksi sosial, 4) bentuk-bentuk interaksi sosial.

Untuk materi lebih detail, anda bisa membuka materi mata pelajaran IPS SMP/MTs atau Sosiologi SMA/MA. Buka juga : 40 Soal Pilihan Ganda Bab Interaksi Sosial dan Jawaban Untuk lebih memperkaya pengetahuan tentang interaksi sosial, ada 3 jenis soal yang kami sediakan, yaitu soal pilihan ganda, soal essay, dan soal uraian. Ketiga jenis soal ini sudah ada pembahasannya pada akhir artikel. Jadi pembaca dapat menjawab semua pertanyaan yang disediakan dengan tenang.

Namun di mohon untuk tetap teliti dalam mengerjakan, siapa tahu ada kunci jawaban yang salah. Tanpa panjang lebar, berikut ini latihan soal bab interaksi sosial dan jawaban.

Soal Pilihan Ganda Bab Interaksi Sosial 1. Hubungan sosial terjadi karena adanya . a. kepatuhan terhadap nilai dan norma b. komunikasi dan proses sosial c.

proses sosial dan kontak sosial d. kontak sosial dan komunikasi 2. Tindakan berikut ini merupakan bentuk hubungan sosial adalah . a. mahasiswa membaca biografi orang terkenal b.

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

seorang anak mencium potret c. dua anak saling tersenyum dan melambaikan tangan d. ayah menonton televisi 3. Upaya untuk meredakan konflik antarmasyarakat dengan melakukan penyesuaian perbedaan di segala bidang dinamakan .

a. ajudikasi b. koordinasi c. asimilasi d. akomodasi 4. Manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar . a. status ekonomi b. kemauan dan kemampuan seseorang c. keinginan sendiri d. kedudukan dan peranan yang dimilikinya 5. Banyak murid baru yang ikut dalam kegiatanekstrakulikuler dengan seniornya. Hubungan sosial antara yunior dengan seniornya tersebut dipengaruhi oleh faktor .

a. Identifikasi b. imitasi c. motivasi d. simpati 6. Dalam masa reformasi sering diwarnai perbedaan pendapat, ini diperlukan proses akomodasi dengan cara mengakui dan menghormati ragam pendapat. Proses akomodasi itu dinamakan . a. Toleransi b.

konsiliasi c. kompromi d. konversi 7. Musyawarah untuk membahas mengenai ganti rugi masalah pembebasan tanah antara masyarakat dengan pengusaha / pemerintah merupakan contoh dari bentuk akomodasi, yaitu . a. Kompromi b.

konversi c. toleransi d. mediasi 8. Penyelesaian konflik antara kelompok sosial masyarakat melalui proses yang difasilitasi dan dipandu oleh pihak pemerintah merupakan akomodasi baru dalam bentuk . a. Mediasi b. koordinasi c. arbitrasi d. konsiliasi 9. Syarat terjadinya hubungan sosial adalah komunikasi karena seseorang dapat . a. menimbulkan pertentangan b. menimbulkan hubungan romantis c. memberikan dorongan emosional d. menimbulkan saling pengertian antarindividu satu dengan lainnya 10.

Komunikasi dapat menghasilkan kerjasama apabila . a. semua pihak sama-sama diuntungkan b. terjadi pergaulan c. tidak terjadi bentrok d. timbul sikap saling memahami maksud dan tujuan 11. Interaksi sosial adalah suatu proses dimana terjadi kontak sosial saling mempengaruhi. Yang paling penting dalam interaksi sosial itu adalah . a. Berkaitan dengan untung / rugi b. Saling mengalah c. Saling tergantung d. Bersifat timbal balik 12.

Bentuk proses sosial yang bersifat asosiatif adalah . a. akomodasi b. kontraversi c. persaingan d. pertentangan 13. Seperangkat aturan yang mengatur manusia dengan Tuhan disebut pranata. a. Sosial b. Agama c. Pendidikan d.

Ekonomi 14. Seorang menang dalam pencalonan kepala desa. Kemengannya tersebut ditengarai karena tindakan kekerasan dan tekanan yang dilakukan oleh tim suksesnya. Kemenangan semacam itu disebut. a. demokratis b. kontraversi c. akomodasi d. kebetulan 15. Pertandingan sepak bola antara dua kesebelasan menunjukkan bentuk hubungan sosial .

a. kelompok dengan individu b. individrl dengan individu c. kelompok dengan kelompok d. individu dengan kelompok 16. Berikut yang bukan menunjukkan wujud interaksi sosial adalah . a. berteriak- teriak b. Berjabatan tangan c. saling mencibir d. saling mengejek 17. Upaya untuk mencapai manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar dari suatu konflik disebut .

a. persaingan/ kompetisi b. akomodasi c. kooperasi d. kontravensi 18. Upaya penyelesaian konflik yang terjadi di masyarakat dengan cara melakukan penyesuaian perbedaan di segala bidang disebut . a. adaptasi b.

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

asimilasi c. ajudikasi d. akomodasi 19. Tuntutan masyarakat untuk mengadakan reformasi di segala bidang kepada pemerintah karena menilai kebijakan pemerintah tak sesuai lagi dengan kebutuhan zaman, adalah bentuk konflik . a. antarindividu b. antarinstitusi c. antarkepentingan d. antargenerasi 20. Suatu bentuk perdebatan dalam proses perjanjian pada pihak-pihak yang saling bertikai sering disebut sebagai . a. Kooptasi b. rekonsiliasi c. kompromi d.

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

koersi 21. Perbedaan pendapat merupakan penyebab terjadinya . a. Radaptasi b. akomodasi c. kontravensi d. identifikasi 22. Unjuk rasa yang dilakukan oleh buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) menuntut supaya pihak perusahaan besedia menyediakan tempat kerja baru bagi mereka.

Hal ini adalah bentuk konflik . a. antarindividu b. antarkelompok c. antarkelas d. antarinstitusi 23. Upaya penyelesaian konflik yang terjadi antara kelompok sosial melalui proses yang dipandu oleh pihak pemerintah adalah bentuk akomodasi yang disebut .

a. koalisi b. koersi c. arbitrasi d. mediasi 24. Bentuk proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan perbedaan di antara orang-orang atau kelompok-kelompok manusia disebut . a. kerja sama b. akomodasi c. asimilasi d. kontrovensi 25. Remaja yang meniru gaya berpakaian idolanya merupakan proses interaki sosial dalam bentuk . a. Imitasi b. simpati c. sugesti d. identifikasi 26. Berikut adalah faktor-faktor yang mempermudah proses asimilasi, kecuali .

a. sikap tertutup dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat b. sikap menghargai c. toleransi d. adanya musuh bersama dari luar 27. Termasuk dalam proses disosiatif adalah .

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

a. kontravensi dan persaingan b. kerjasama dan akomodasi c. kerjasama dan persaingan d. kerjasama dan kontravensi 28. Warisan biologis yang mempengaruhi kepribadian adalah . a. jenis kelamin dan ukuran tubuh b. kemauan dan ukuran tubuh c. tingkah laku dan jenis kelamin d. potensi pikir dan kemampuan tubuh 29. Usaha manusia untuk meredakan suatu pertentangan disebut . a. kontrovensi b. asimilasi c. kerja sama d. akomodasi 30.

Dua orang yang bertemu kemudian terjadi interaki sosial di antara mereka, berarti . a. hampir terjadi interaksi sosial b.

belum terjadi interaksi sosial sepanjang mereka belum saling berkenalan c. belum terjadi interaksi sosial sepanjang mereka belum berbicara d. sudah terjadi interaksi sosial 31. Proses sosial yang terjadi jika ada percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi dinamakan .

a. kerja sama b. akulturasi c.

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

asimilasi d. kontrovensi 32. Tindakan seseorang untuk meniru orang lain melalui sikap, penampilan, dan gaya hidup bahkan apa saja yang dimiliki orang disebut . a. kerla sama b. akomodasi c. asimilasi d. imitasi 33. Pengaruh, pandangan, atau sikap yang diberikan seorang individu terhadap individu lain kemudian diterima, dituruti, dilaksanakan tanpa berpikir lagi secara rasional disebut .

a. simpati atau empati b. akomodasi c. indentifikasi d. sugesti 34. Permasalahan dalam masyarakat dapat diselesaikan dengan mempelajari bentuk bentuk . a. kehidupan sosial b. proses sosial c. interaksi sosial d.

kepribadian 35. Keikutsertaan merasakan apa yang dirasakan oranglain disebut. a. simpati atau empati b. akomodasi c. indentifikasi d.

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

sugesti Soal Essay : Interaksi Sosial 1. Proses hubungan timbal balik antar orang perorang atau kelompok disebut . 2. Ada kontak dan komunikasi merupakan . 3. Proses meniru dalam interaksi sosial dinamakan . 4. Proses sosial ketika dua pihak saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu dinamakan .

5. Guru sedang mengajar murud-muridnya, penceramah dengan peserta seminar merupakan contoh bentuk kontak sosial . 6. Tawar menawar barang atau jasa dalam kerja sama dinamakan . 7. Hubungan sosial yang mengarah pada perpedahan dan konflik dinamakan . 8. Kerjasama dalam proyek-proyek tertentu dalam bagi hasil dinamakan . 9. Masyarakat pada umumnya memiliki kebudayaan sederhana, tidak ambisius, sabar, terikat pada tradisi, adalah masyarakat . 10. Proses penerimaan dan pengolajan unsur-unsur kebudayaan asing menjadi bagian dari kebudayaan suatu kelompok tanpa menghilangkan kepribadian kebudayaan asli (perpaduan 2 budaya dalam waktu yang lama) .

11. Seorang yang meneteskan air mata ketika melihat korban tsunami aceh merupakan bentuk . 12. Perbedaan ciri fisik (warna kulit, bentuk rambut, dll), merupakan faktor . asimilasi 13. Perkawinan campur istilahnya ialah . 14. Penyelesaian konflik lewat pengadilan dinamakan .

15. Intimiasi, provokasi, mengejutkan pihak lawan, mengganggu atau membingungkan pihak lawan merupakan bentuk kontravensi yang bersifat . Soal Uraian 1. Sebutkan faktor pendorong interaksi sosial! 2. Jelaskan perbedaan kontak sekunder langsung dan tidak langsung! 3. Sebutkan faktor-faktor yang menghamnat terjadinya asimilasi! 4. Jelaskan perbedaan akulturasi dan asimilasi!

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

5. Sebutkan bentuk-bentuk kerja sama Kunci Jawaban Soal Interaksi Sosial Jawaban Soal Pilihan Ganda Link : Download Jawaban Pilihan Ganda Soal Interaksi Sosial Jawaban Soal Essay Buka juga : 40 Soal Pilihan Ganda Bab Interaksi Sosial dan Jawaban 1.

Interaksi sosial 2. Hubungan sosial 3. Imitasi 4. Kompetisi 5. Individu dengan kelompok 6. Bargaining 7. Dissosiatif 8. Joint ventura 9. Desa 10. Akulturasi 11. Empati 12.

manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar

Penghambat 13. Amalgamasi 14. Adjudikasi 15. Taktis Jawaban Soal Uraian 1. Imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, empati, dan motivasi 2. Kontak sekunder langsung ialah kontak yang dilakukan dengan bantuan alat tertentu (telepon, televisi, surat). Sedangkan kontak sekunder tidak langsung adalah kontak yang dilakukan dengan bantuan pihak lain atau pihak ketiga 3. Perbedaan fisik, perbedaan latar belakang, dan prasangka negatif. 4. Akulturasi adalah perpaduan dua kebudayaan tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asli, sedangkan asimilasi adalah pencampuran dua kebudayaan dengan menghilangkan budaya lama.

5. Kerukunan, bargaining, cooptation, condition, joint venture, dan koalisi Latihan soal tentang interaksi sosial dan kunci jawabannya telah kami sampaikan kepada pembaca, baik itu soal pilihan ganda, soal essay, dan soal uraian. Jika masih tidak puas, silahkan buka soal lain pada kategori soal IPS atau soal sosiologi. Muttaqin 9:46 AM Terima kasih sudah membaca soal tentang interaksi sosial di blog kami ini.

Link kunci jawaban sudah tersedia, yaitu ada tulisan Link : Download Jawaban Pilihan Ganda Soal Interaksi Sosial. Jika tidak bisa, silahkan buka ke http://corneey.com/q3wgHe atau https://drive.google.com/file/d/0BwmWPkqW4U6zeE9Ma0VpR0RnTlE/view Balas Hapus
• status ekonomi • kemauan dan kemampuan seseorang • keinginan sendiri • kedudukan dan peranan yang dimilikinya • Semua jawaban benar Jawaban: D.

kedudukan dan peranan yang dimilikinya Dilansir dari Encyclopedia Britannica, manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar kedudukan dan peranan yang dimilikinya.
Manusia manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar?

C.Kedudukan dan peranan yang dimilikinya Pembahasan: Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu lain atau kelompok. Interaksi sosial merupakan proses saling memengaruhi tindakan individu atau kelompok melalui simbol-simbol dan bahasa.

Manusia dituntut melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sosial berdasar kedudukan dan peranan yang dimilikinya. Misalnya guru dituntut berinteraksi dengan mengajar para siswa di kelas. Interaksi sosial merupakan aspek fundamental manusia sebagai makhluk sosial, karena manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lainnya di masyarakat.

Interaksi sosial dapat berupa: • Interaksi antar sesama individu, atau interaksi orang dengan orang. Misalnya adalah pembeli dan penjual yang bertransaksi di pasar • Interaksi antar individu dan kelompok, jika seseorang berinteraksi dengan sekelompok orang.

Misalnya adalah guru yang memberi pelajaran kepada para siswa di kelas • Interaksi antar kelompok, terjadi ketika kelompok orang saling berinteraksi. Misalnya adalah pertandingan antara dua tim sepakbola --------------------------------------------------------------------------------- Pelajari lebih lanjut: • Kondisi keterkaitan antar ruang dalam interaksi perdagangan di: brainly.co.id/tugas/15240268 • Mengapa interaksi sosial mampu mempengaruhi kehidupan sosial di: brainly.co.id/tugas/6146115 • Mengapa perbedaan potensi fisik suatu daerah dapat menyebabkan terjadinya interaksi antar ruang di: brainly.co.id/tugas/17999218 Detail Jawaban: Kode: 7.10.4 Kelas: VII Mata pelajaran: IPS Materi: Bab 4 - Dinamika Interaksi Manusia Kata kunci: Interaksi Antar Individu, Interaksi Individu dengan Kelompok, Interaksi Antar Kelompok #TingkatkanPrestasimuERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied.

The Amazon CloudFront distribution is configured to block access from your country. We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact the app or website owner. If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation.

Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: oxMwVRwlV0cbCKRdjztB4-R8oL11VXm17gqGR0rxw7bpbSNDafTrXw==

Hubungan Interpersonal




2022 www.videocon.com