Cara menyembuhkan sakit tenggorokan

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

JAKARTA - Sakit tenggorokan bisa diobati dengan delapan cara meski biasanya sembuh sendiri dalam waktu seminggu. Sakit tenggorokan merupakan kondisi perasaan sakit di tenggorokan saat menelan. Sakit tenggorokan juga bisa terasa kering dan gatal serta menyebabkan kemerahan di bagian belakang mulut. Jika sakit tenggorokan, Anda juga mengalami bau mulut, batuk ringan, dan pembengkakan kelenjar leher. Dilansir dari Express, Selasa (28/9/2021) anak-anak dengan sakit tenggorokan biasanya memiliki suhu tinggi dan lemas.

Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh virus menular seperti pilek atau flu, tetapi juga dapat disebabkan oleh merokok. Baca Juga: Obat Penurun Gula Darah untuk Mengatasi Diabetes, Ini Daftarnya Laringitis, tonsilitis, radang tenggorokan dan demam kelenjar adalah contoh penyakit yang menyebabkan sakit tenggorokan. Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri dan Anda akan diberi resep antibiotik.

Anda dapat mengobati sakit tenggorokan dan mempersingkat durasinya dengan berkumur air hangat dan asin (tidak untuk anak-anak), minum banyak air, makan makanan dingin atau lunak, hindari merokok atau tempat berasap dan menghisap es batu, es loli atau permen. Jika ini tidak membantu, gunakan parasetamol atau ibuprofen, gunakan obat pelega tenggorokan yang mengandung anestesi lokal, antiseptik, atau obat antiinflamasi nonsteroid, gunakan semprotan anestesi (walaupun ada sedikit bukti bahwa mereka membantu).

Jakarta - Radang tenggorokan kerap terjadi ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Selain itu, faktor cuaca yang ekstrem, alergi debu, polusi udara, hingga kebiasaan berteriak juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Tak perlu bingung karena radang tenggorokan bisa disembuhkan tanpa obat.

Sebagian kasus radang tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, yang kemudian mengakibatkan peradangan. Paparan infeksi bakteri biasanya akan menunjukkan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan infeksi virus. Baca juga: 7 Obat Kolesterol Alami yang Mudah Dicari, dari Bawang Putih Sampai Ketumbar Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan rasa sakit saat menelan makanan atau minuman, sulit bernapas, ruam merah pada langit-langit mulut, suara serak, bahkan demam tinggi.

Hal itu tentu membuat aktivitas terasa tidak cara menyembuhkan sakit tenggorokan dan cukup terganggu. Jika sakit tenggorokan dirasa masih ringan, ada baiknya untuk melakukan pengobatan di rumah dengan bahan-bahan alami.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara menyembuhkan radang tenggorokan yang aman tanpa obat. 1. Perbanyak Konsumsi Air Putih Perlu diketahui bahwa mengonsumsi cairan terutama air putih dapat meringankan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Terlebih jika mengonsumsi air putih hangat.

Ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk. Cara menyembuhkan sakit tenggorokan minum banyak air putih, selaput lendir akan tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi.

2.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Mengonsumsi Madu Madu juga bisa menjadi obat radang tenggorokan. Madu dikenal memiliki sifat antimikroba. Dalam hal sakit tenggorokan, termasuk tenggorokan kering, madu sudah dipelajari dalam konteks tonsilektomi efektif sebagai pengobatan.

Madu juga efektif dalam mengurangi beberapa penyakit, seperti virus influenza. Cara mengonsumsinya bisa dengan mencampurkan dua sendok makan madu ke dalam segelas air hangat atau teh hangat.

Bisa juga diminum secara langsung. Konsumsi madu secara rutin sesuai kebutuhan. 3. Konsumsi Perasan Air Lemon Salah satu cara menyembuhkan radang tenggorokan dan sariawan tanpa obat adalah dengan perasan air lemon. Lemon tinggi akan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat meredakan radang dan sariawan. Kandungan astringent yang ada di dalam jus lemon dapat membantu mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam sehingga dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh jus lemon dengan secangkir air hangat. Bisa juga dengan memeras lemon dan menambahkan sedikit madu untuk meredakan radang di tenggorokan. 4. Mengonsumsi Teh cara menyembuhkan sakit tenggorokan Teh chamomile secara alami memberikan efek menenangkan. Teh ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, salah satunya untuk menenangkan radang tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Beberapa ulasan juga menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk radang tenggorokan. Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan.

Cara mengonsumsinya, yaitu ambil 2 hingga 4 sendok makan bunga chamomile yang sudah dikeringkan, tambahkan air panas untuk menyeduhnya. Setelah air seduhan berwarna coklat keemasan, teh chamomile siap dinikmati.

5. Berkumur dengan Air Garam Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara untuk menyembuhkan radang tenggorokan pada ibu hamil dan orang dewasa. Cara ini dipercaya dapat membantu mengurangi keluhan peradangan pada tenggorokan.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Lakukan pada tenggorokan (gargle) 2 hingga 3 kali dalam sehari. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir air putih dan seperempat sendok garam, kemudian kumur beberapa kali. Jangan berikan cara ini pada anak-anak yang masih terlalu kecil atau belum mampu meludah ya.

6. Berkumur dengan Cuka Apel Cuka apel bersifat asam yang dapat melapisi tenggorokan sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk bertahan hidup.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cuka apel, yaitu dengan mencampurkan 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, kemudian kumur dengan cairan ini setiap empat jam. 7. Berkumur dengan Soda Kue Berkumur dengan soda kue yang dicampur dengan air garam juga dapat membantu meredakan radang tenggorokan.

Berkumur dengan larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur. Caranya yaitu dengan mengombinasikan 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam, lalu kumur larutan tersebut cara menyembuhkan sakit tenggorokan tiga jam sesuai kebutuhan.

8. Berkumur dengan Air Kunyit Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat bisa campurkan 1/2 sdt kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu kumur selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

9. Mengonsumsi Teh Akar Manis Akar manis alias akar licorice telah lama digunakan untuk mengobati radang tenggorokan dan sariawan. Penelitian terbaru menunjukkan hal ini efektif bila dicampur dengan air untuk berkumur. Selain untuk berkumur, Mengonsumsi teh akar manis juga bisa untuk meredakan batuk, radang tenggorokan, nyeri perut, ataupun kram.

Caranya cukup mencampurkan 1 sendok makan (15 ml) akar manis halus dengan 2 cangkir (500 ml) air dalam panci kecil. Didihkan campuran tersebut dengan api kecil selama 15-20 menit, kemudian saring. Teh akar manis siap untuk diminum. 10.

Menghirup Udara yang Lembab Saat sedang radang tenggorokan biasanya akan menjalar ke flu dan batuk. Cara menyembuhkan radang tenggorokan salah satunya bisa dengan pelembap udara (humidifier). Udara yang lembap pada saluran napas cara menyembuhkan sakit tenggorokan atas akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan flu adalah dengan menghirup uap panas yang terbuat dari air rebusan sereh dan beberapa tetes minyak telon. Berita Terkait • Minuman yang Tak Disarankan Buat Buka Puasa, Malah Bikin Tambah Haus!

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

• 5 Tips untuk Berbuka Puasa Secara Sehat • Hati-Hati, Ciri-Ciri Radang Tenggorokan Pertanda COVID-19 • 6 Obat Sakit Cara menyembuhkan sakit tenggorokan Tradisional, Cocok Jadi Pertolongan Pertama di Rumah Saat Puasa • Cegah Dehidrasi, Ini Aturan Minum 8 Gelas Air Saat Puasa • Tips Minum Air Putih saat Puasa Biar Nggak Haus Seharian • 5 Obat Alami Radang Tenggorokan Akibat Asam Lambung • Para Ortu Wajib Tahu!

4 Obat Alami Redakan Radang Tenggorokan Anak MOST POPULAR • 1 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 2 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar? • 3 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • 4 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius?

Ini Penjelasan Pakar IDI • 5 Masih Misterius, IDAI Ungkap Kemungkinan Cara Penularan Hepatitis Akut • 6 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 7 Tips Curi-curi Waktu untuk Bercinta di Pagi Hari • 8 Post Holiday Blues Bikin Tak Semangat Bekerja?

Psikolog Sarankan Ini • 9 Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur • 10 5 Tips Foreplay yang Bikin Seks Makin Panas • SELENGKAPNYA
Jakarta - Sakit tenggorokan sering terjadi ketika daya tahan tubuh kita rendah. Secara alami, ternyata ada cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat. Apa saja? Radang tenggorokan biasanya terjadi secara mendadak. Hal ini bisa terjadi karena cuaca yang ekstrim ataupun ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Sebelum mengonsumsi obat, kamu bisa redakan radang tenggorokan dengan cara-cara alami.

Dikutip dalam detikHealth, berikut beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan dan flu: 1. Perbanyak Minum Air Putih Saat radang tenggorokan, kamu perlu lebih banyak mengonsumsi cairan untuk meringankan rasa sakitnya. Karena, ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk. Dengan minum banyak air putih, selaput lendir akan tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi.

2. Berkumur dengan Air Garam Cara menyembuhkan radang tenggorokan pada ibu hamil dan orang dewasa salah satunya adalah dengan air garam. Tindakan ini dipercaya dapat membantu mengurangi keluhan peradangan pada tenggorokan. Lakukan pada tenggorokan (gargle) 2 hingga 3 kali dalam sehari. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir air putih dan seperempat sendok garam.

Jangan berikan cara ini pada anak-anak yang masih terlalu kecil atau belum mampu meludah ya. 3. Air Perasan Lemon Cara menyembuhkan radang tenggorokan dan sariawan salah satunya adalah dengan air perasan lemon. Lemon tinggi akan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat meredakan radang dan sariawan. Kandungan astringent yang ada di dalam jus lemon dapat membantu mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam sehingga dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdt jus lemon dengan secangkir air hangat. Bisa juga dengan memeras lemon dan menambahkan sedikit madu untuk meredakan radang di tenggorokan. Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan air lemon. Foto: iStock 4. Kumur Cuka Apel dan Garam Cuka apel bersifat asam yang dapat melapisi tenggorokan sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk cara menyembuhkan sakit tenggorokan hidup. Cara menyembuhkan radang tenggorokan bisa dengan mencampurkan 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu kemudian kumur dengan cairan ini setiap empat jam.

5. Kumur Air Kunyit Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat bisa campurkan 1/2 sdt kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali dalam sehari. 6. Menghirup Udara Lembap Saat radang tenggorokan biasanya akan menjalar ke flu dan batuk. Cara menyembuhkan radang tenggorokan pada anak salah satunya bisa dengan pelembap udara (humidifier). Udara yang lembap pada saluran napas bagian atas akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan flu adalah dengan menghirup uap panas yang terbuat dari air rebusan sereh dan beberapa tetes minyak telon untuk anak. 7. Konsumsi Makanan Lembut Ketika menelan agak terasa sakit, sebaiknya pilih makanan yang bertekstur lembut supaya tidak melukai tenggorokan yang sedang radang. Makanan yang bisa kamu konsumsi adalah bubur ayam, sup hingga nasi tim. Obat pereda nyeri untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

Foto: iStock 8. Obat Pereda Nyeri Cara menyembuhkan sakit tenggorokan cara alami, aspirin, parasetamol dan ibuprofen jadi obat-obatan yang dapat meredakan nyeri peradangan. Obat-obatan ini adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-peradangan, sehingga akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan juga mengurangi beberapa pembengkakan yang terkait dengan sakit tenggorokan.

9. Berhenti Merokok Masih merokok? Hal ini dapat memicu peradangan yang cukup parah. Jika kamu masih merokok disarankan untuk menghentikan kebiasaan ini. Dengan berhenti merokok jadi salah satu cara menyembuhkan radang tenggorokan dan sariawan sehingga waktu pemulihan atau penyembuhan lebih cepat. Berita Terkait • Cara Mudah Redakan Radang Tenggorokan, Gejala Paling Umum Infeksi Omicron • WHO Sebut COVID-19 Bakal Jadi Endemik, Ini Pengertian dan Daftar Penyakitnya • Ciri-ciri Terpapar Virus Corona: Demam hingga Anosmia • Perbedaan Maag dan Asam Lambung yang Keduanya Sering Disamakan • 4 Doa Meminta Kesembuhan Penyakit yang Diajarkan Rasulullah dan Al Quran • Cek Tempat Tidur COVID-19 Rumah Sakit di yankes.kemkes.go.id/app/siranap • 7 Pengaruh Cuaca untuk Kesehatan dan Pikiran • Apa Itu Xenophobia yang Ramai Menyeret Nama Jisoo Blackpink?

MOST POPULAR • 1 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 2 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar? • 3 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • 4 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius? Ini Penjelasan Pakar IDI • 5 Masih Misterius, IDAI Ungkap Kemungkinan Cara Penularan Hepatitis Akut • 6 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 7 Tips Curi-curi Waktu untuk Bercinta di Pagi Hari • 8 Post Holiday Blues Bikin Tak Semangat Bekerja?

Psikolog Sarankan Ini • 9 Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur • 10 5 Tips Foreplay yang Bikin Seks Makin Panas • SELENGKAPNYA KOMPAS.com - Sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan dapat benar-benar mengganggu. Anda mungkin tergoda untuk segera mengunjungi dokter, tetapi beberapa tindakan ternyata dapat Anda lakukan untuk meredakannya. Berikut adalah 8 cara yang bisa Anda coba saat tenggorokan mulai terasa gatal, serak, atau mulai sakit saat menelan.

1. Kumur air garam Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan nyeri dan rasa panas sakit tenggorokan. Dilansir dari Health, beberapa studi menemukan bahwa cara menyembuhkan sakit tenggorokan air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Campur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Jika rasa asinnya tidak tertahankan bagi Anda, campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa. eskaylim ilustrasi air garam 2. Penuhi cairan tubuh Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya.

Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari pengobatan radang tenggorokan. Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Anda harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin Anda berwarna jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir Anda tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya.
KOMPAS.com - Sakit tenggorokan bisa jadi gejala beberapa jenis penyakit, seperti flu, alergi, atau infeksi bakteri.

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus, biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu tiga hingga sepuluh hari. Akan tetapi, jika dipicu oleh infeksi bakteri, seperti radang atau alergi, sakit tenggorokan bisa sembuh dalam waktu yang lebih lama kalau tidak ditangani dengan cara yang tepat.

Cara mengatasi sakit tenggorokan Ada beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (22/2/2022), berikut ini cara mengatasi sakit tenggorokan secara mudah. Baca juga: 4 Cara Mengatasi Masalah Jerawat akibat Sering Pakai Masker 1.

Mengonsumsi makanan atau minuman hangat cara menyembuhkan sakit tenggorokan dingin Mengonsumsi makanan atau minuman hangat seperti teh atau sup ayam akan membantu menenangkan tenggorokan yang terasa gatal. Spesialis kedokteran keluarga, Daniel Allan mengatakan, cairan akan membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran, dan mencegah infeksi sinus. "Cairan hangat juga dapat mengurangi batuk dengan menenangkan bagian belakang tenggorokan Anda," kata Allan.

2. Berkumur Larutkan setengah sendok teh garam atau soda kue dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Gunakan cairan tersebut untuk berkumur setiap tiga jam sekali.

Air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi di tenggorokan. Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk 7 Warisan Budaya Dunia UNESCO di Ukraina, Ada yang Dibangun di Abad ke-5 Sebelum Masehi https://www.kompas.com/wiken/read/2022/02/27/141300981/7-warisan-budaya-dunia-unesco-di-ukraina-ada-yang-dibangun-di-abad-ke-5 https://asset.kompas.com/crops/uI7C-GTbN_K3p1gF91b-iyVckIw=/0x77:1000x743/195x98/data/photo/2022/02/25/6218d2f086020.jpg
wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang.

Untuk membuat artikel ini, 464 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Ada 12 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman.

Artikel ini telah dilihat 37.971 kali. Sakit tenggorokan biasanya bukanlah pertanda penyakit serius, namun bukan berarti ini membuatnya lebih mudah dihadapi. Cara yang terbaik untuk menghilangkan rasa gatal atau kering di tenggorokan adalah dengan minum banyak cairan.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Air adalah cairan yang paling penting, tetapi larutan yang menenangkan seperti teh madu dan cabai, kaldu bawang putih, dan teh kamomil juga mengandung bahan bermanfaat yang akan meredakan rasa sakit dan membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Semprotan tenggorokan dan tablet isap sangat berguna untuk meredakan sakit, dan terapi uap adalah cara yang tepat untuk mengatasi iritasi dan membantu Anda rileks sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Jika Anda siap mencoba apa saja untuk menghilangkan gatal di tenggorokan, teruslah membaca. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5a\/Stop-a-Burning-Throat-Step-12.jpg\/v4-460px-Stop-a-Burning-Throat-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5a\/Stop-a-Burning-Throat-Step-12.jpg\/v4-728px-Stop-a-Burning-Throat-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berkumurlah dengan air garam hangat.

Ini adalah cara pengobatan tertua untuk sakit tenggorokan, dan sangat manjur.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Saat tenggorokan Anda terasa sakit, membran mukus membengkak dan meradang sehingga menyebabkan rasa sakit dan gatal. Garam akan menarik air dari dalam sel membran mukus, sehingga mengurangi pembengkakan dan membantu menenangkan tenggorokan Anda.

Buatlah air garam dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam meja dengan 1 cangkir air hangat. • Jangan hanya membilas mulut dengan air garam—berkumurlah dengan air garam itu. Tengadahkan kepala Anda dan pastikan air garam menyentuh bagian belakang tenggorokan, karena bagian inilah yang mengalami peradangan.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Berkumurlah selama sekitar 30 detik sebelum air garam diludahkan. • Anda bisa berkumur dengan air garam hingga 3 kali dalam sehari. Penggunaan yang lebih sering dari itu bisa membuat membran mukus terlalu kering sehingga menambah iritasi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f3\/Get-Rid-of-Ear-Wax-Step-8-Version-9.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Ear-Wax-Step-8-Version-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f3\/Get-Rid-of-Ear-Wax-Step-8-Version-9.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Ear-Wax-Step-8-Version-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah larutan hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida adalah antiseptik ringan yang dapat meredakan iritasi tenggorokan. Senyawa ini tersedia dalam bentuk botolan di apotek.

Untuk membuat larutannya, ikuti petunjuk yang ada dalam kemasan, yang biasanya mengarahkan Anda untuk mengencerkan satu tutup botol hidrogen peroksida dalam satu cangkir air. Masukkan larutan ini ke dalam mulut dan berkumurlah sehingga menyentuh bagian belakang tenggorokan Anda. Buang setelah satu menit.

• Gunakan larutan hidrogen peroksida 3%. Kadar ini seharusnya dinyatakan dengan jelas dalam kemasan yang Anda beli. cara menyembuhkan sakit tenggorokan Hidrogen peroksida memiliki rasa yang pahit. Anda bisa menambahkan sedikit madu sehingga rasanya lebih baik. [1] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5d\/Get-Rid-of-Bruises-Fast-Step-3.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-Bruises-Fast-Step-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5d\/Get-Rid-of-Bruises-Fast-Step-3.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-Bruises-Fast-Step-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan obat gosok.

Obat gosok ( vapor rub) memiliki kandungan bahan dekongestan aromatik seperti mentol dan pepermin yang bisa menenangkan tenggorokan dan membantu meredakan batuk. Dekongestan ini bisa juga dicampurkan dengan petroleum jelly untuk dibuat menjadi salep.

Pilih obat gosok di apotek dan oleskan di tenggorokan dan dada Anda untuk membantu melegakan napas dan meredakan batuk.

[2] X Sumber Tepercaya National Health Service (UK) Kunjungi sumber Anda juga dapat membuat obat gosok sendiri dengan cara berikut: • Lelehkan 1 sendok makan lilin lebah di panci ganda.

• Masukkan 1/2 cangkir minyak kelapa. • Tambahkan 10 tetes minyak pepermin. • Tuangkan campuran ke dalam wadah kaca dan biarkan hingga dingin sebelum digunakan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a9\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-5-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-5-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a9\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-5-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-5-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah plester moster.

Menggunakan plester untuk meredakan sakit tenggorokan dan melegakan pernapasan adalah terapi rumahan lama. Cara ini sangat berguna jika Anda mengalami batuk hebat dan rasa sakit yang menyebar hingga ke dada.

Moster bubuk diyakini bisa memberikan kehangatan dan sirkulasi ke dada dan tenggorokan. [3] X Teliti sumber • Campur 1/2 cara menyembuhkan sakit tenggorokan teh bubuk biji moster dan 1 sendok makan tepung. Tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta kental. • Sebarkan campuran ini ke atas tisu. Letakkan tisu di antara dua lembar kain bersih, seperti lap piring. • Letakkan plester ke tenggorokan dan dada Anda, pastikan campuran moster di dalamnya tidak sampai menyentuh kulit secara langsung.

• Diamkan plester di dada dan tenggorokan selama 15 menit, atau hingga kulit Anda menjadi hangat dan kemerahan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/52\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/52\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan semprotan tenggorokan atau tablet isap.

Semprotan tenggorokan dan tablet isap mengandung bahan yang dapat membantu menenangkan tenggorokan dan membuka saluran hidung. Carilah tablet isap terbuat dari madu yang mengandung mentol atau pepermin.

Anda juga bisa membeli semprotan atau tablet isap yang mengandung obat, yaitu berisi anestesi ringan untuk membuat tenggorokan Anda kebas dan meringankan sakit.

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

{INSERTKEYS} [4] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/16\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/16\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum obat pereda rasa sakit.

Antiinflamasi nonsteroid (AINS) seperti ibuprofen atau parasetamol bisa membantu meredakan radang yang menyebabkan sakit tenggorokan. Pastikan Anda tidak meminum lebih dari dosis yang dianjurkan dalam kemasan. • Aspirin dikaitkan dengan kondisi langka yang disebut dengan sindrom Reye, jadi berhati-hatilah saat memberikannya kepada anak-anak. • Anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pemulihan dari flu atau cacar air tidak boleh diberikan aspirin. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/85\/Stop-a-Burning-Throat-Step-11.jpg\/v4-460px-Stop-a-Burning-Throat-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/85\/Stop-a-Burning-Throat-Step-11.jpg\/v4-728px-Stop-a-Burning-Throat-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah minuman madu cabai.

Madu adalah bahan yang penting untuk disertakan dalam teh dan minuman lain yang Anda buat saat sakit tenggorokan. Penelitian mendukung pengobatan yang ditemukan orang-orang selama berabad-abad ini: madu dapat melapisi tenggorokan dan meringankan radang, serta membantu menekan batuk.

[5] X Teliti sumber Cabai adalah bahan yang juga mampu melawan sakit tenggorokan: cabai mengandung capcaisin, bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan sakit. [6] X Teliti sumber • Buatlah minuman sehat yang menenangkan dengan memasukkan 1/2 sendok teh bubuk cabai dan 1 sendok teh madu ke dalam 1 cangkir air mendidih.

Biarkan hingga dingin, lalu minum perlahan-lahan. • Jika Anda tidak tahan dengan rasa cabai yang pedas, kurangi jumlah cabai hingga 1/8 sendok teh atau bahkan lebih sedikit lagi. • Madu tidak boleh diberikan pada anak-anak di bawah usia 1 tahun karena diketahui bisa menyebabkan botulisme pada bayi. [7] X Teliti sumber • Jika Anda mengganti cabai dengan 30 ml wiski dan menambahkan sedikit lemon, minuman ini akan menjadi hot toddy.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a0\/Avoid-Stomach-Pain-when-Taking-Antibiotics-Step-6-Version-2.jpg\/v4-460px-Avoid-Stomach-Pain-when-Taking-Antibiotics-Step-6-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a0\/Avoid-Stomach-Pain-when-Taking-Antibiotics-Step-6-Version-2.jpg\/v4-728px-Avoid-Stomach-Pain-when-Taking-Antibiotics-Step-6-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah teh kamomil.

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa kamomil, herbal berbunga harum yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi sakit tenggorokan dan demam, benar-benar mengandung bahan yang dapat melawan infeksi dan mengendurkan otot. [8] X Teliti sumber Dengan merebus beberapa cangkir teh kamomil setiap hari, Anda akan dapat meredakan rasa sakit di tenggorokan dan sekaligus merasa lebih rileks. Teh kamomil sangat menenangkan terutama jika diminum sebelum tidur, karena juga berkhasiat untuk membuat tidur lebih nyenyak.

• Teh kamomil tersedia secara luas di supermarket. Periksa kandungan bahannya, dan pilih teh yang mengandung bunga kamomil murni, atau yang mengandung bunga kamomil sebagai bahan utamanya. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyeduh teh Anda. • Tambahkan satu sendok makan madu dan perasan lemon (sebagai astringen yang membantu memperkecil jaringan yang membengkak [9] X Teliti sumber ) untuk menambah manfaat teh Anda.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c6\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-14.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-14.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c6\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-14.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-14.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Cobalah kaldu bawang putih.

Bawang putih dipercaya memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri, juga mampu melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Walaupun manfaat kesehatannya belum didukung oleh penelitian ilmiah, banyak praktisi kesehatan holistis yang menyarankan bawang putih sebagai pereda sakit tenggorokan dan melawan infeksi saluran pernapasan. [10] X Teliti sumber • Buatlah kaldu bawang putih gurih untuk meredakan iritasi tenggorokan dengan mengupas dan menghaluskan 2 siung bawang putih dan menuang satu cangkir air mendidih ke atasnya.

Tambahkan sejumput garam untuk membuat minuman ini semakin bermanfaat bagi tenggorokan Anda. • Jika Anda suka rasa bawang putih, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan hanya mengupas satu siung bawang putih, menekannya hingga hancur, dan mengisapnya selama beberapa menit.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8e\/Cure-a-Morning-Stomach-Ache-Step-13.jpg\/v4-460px-Cure-a-Morning-Stomach-Ache-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8e\/Cure-a-Morning-Stomach-Ache-Step-13.jpg\/v4-728px-Cure-a-Morning-Stomach-Ache-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum teh licorice dan kayu manis.

Licorice mengandung senyawa kimia yang dianggap mampu meredakan sakit tenggorokan dengan menipiskan membran mukus dan mengurangi pembengkakan. Namun permen rasa licorice tidak mengandung kadar yang cukup, Anda bisa mendapatkannya bila membuat teh licorice dari akar licorice kering. [11] X Teliti sumber Kayu manis memilki sifat antibakteri alami dan bisa membuat rasa teh licorice lebih enak.

[12] X Teliti sumber • Untuk membuat minuman yang lezat, campurkan 1 sendok makan akar licorice dan 1/2 sendok makan kayu manis bersama 2 cangkir air dingin di dalam panci. Didihkan campuran ini, lalu biarkan selama 10 menit. Saring ke dalam cangkir dan nikmatilah. • Masukkan sedikit madu atau perasan lemon untuk membuat minuman ini semakin menyehatkan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/42\/Avoid-Stomach-Pain-when-Taking-Antibiotics-Step-9.jpg\/v4-460px-Avoid-Stomach-Pain-when-Taking-Antibiotics-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/42\/Avoid-Stomach-Pain-when-Taking-Antibiotics-Step-9.jpg\/v4-728px-Avoid-Stomach-Pain-when-Taking-Antibiotics-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum air jahe.

Anda mungkin sudah tahu bahwa jahe bisa membantu meredakan sakit perut, tetapi tahukah Anda bahwa herbal yang bermanfaat ini juga dapat meredakan sakit tenggorokan? Jahe dapat membuka saluran sinus dan membantu melegakan hidung dan tenggorokan, sekaligus memiliki sifat antiinflamasi. [13] X Teliti sumber Gunakan jahe segar untuk mendapat manfaat maksimal, bukan jahe kering atau jahe bubuk. • Kupas dan cincang 2,5 cm jahe segar. Masukkan dalam cangkir dan tuang secangkir air mendidih ke atasnya.

Biarkan selama 3 menit, kemudian saring, dan minum. Anda boleh menambahkan madu, lemon, atau sejumput bubuk cabai menurut selera. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/86\/Cure-a-Viral-Infection-with-Home-Remedies-Step-11.jpg\/v4-460px-Cure-a-Viral-Infection-with-Home-Remedies-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/86\/Cure-a-Viral-Infection-with-Home-Remedies-Step-11.jpg\/v4-728px-Cure-a-Viral-Infection-with-Home-Remedies-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah sup ayam.

Jika Anda mencari penenang tenggorokan lain dengan rasa yang enak dan gurih, Anda dapat membuat sup ayam biasa. Penelitian ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa sup ayam benar-benar mengandung bahan yang menyembuhkan infeksi dan melegakan saluran napas—sup ayam ternyata bukan hanya mitos ibu-ibu. [14] X Teliti sumber Karena mengandung banyak nutrisi, sup ayam adalah pilihan tepat jika Anda tidak merasa cukup lapar untuk makan besar. • Pastikan untuk memasak sup ayam sendiri dari ayam segar, atau beli dari tempat yang memasaknya menggunakan ayam segar.

Sup ayam kalengan kecil kemungkinannya memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan sup ayam segar. • Jika Anda mau, Anda bisa menyaring padatannya dan hanya minum kaldunya saja. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b0\/Cure-a-Viral-Infection-with-Home-Remedies-Step-15.jpg\/v4-460px-Cure-a-Viral-Infection-with-Home-Remedies-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b0\/Cure-a-Viral-Infection-with-Home-Remedies-Step-15.jpg\/v4-728px-Cure-a-Viral-Infection-with-Home-Remedies-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/af\/Use-Exercise-to-Help-You-Overcome-Addiction-Step-6.jpg\/v4-460px-Use-Exercise-to-Help-You-Overcome-Addiction-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/af\/Use-Exercise-to-Help-You-Overcome-Addiction-Step-6.jpg\/v4-728px-Use-Exercise-to-Help-You-Overcome-Addiction-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Banyak-banyak istirahat.

Jika Anda bangun pagi dan tidur terlalu malam untuk menyelesaikan berbagai kewajiban, tubuh Anda tidak akan memiliki waktu untuk sembuh. Jika Anda tidak ingin sakit tenggorokan yang Anda derita berkembang menjadi flu atau pilek, Anda harus beristirahat dan tidur nyenyak setiap malam.

• Saat Anda merasa tenggorokan mulai terasa sakit, beristirahatlah sepanjang hari. Minum banyak air, makan makanan sehat, dan jangan pergi keluar rumah di malam hari. • Mungkin Anda juga perlu cuti supaya bisa istirahat. Bila tidak memungkinkan, cari waktu di siang hari untuk tidur sebentar dan istirahat selama 15 menit. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/55\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-12.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/55\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-12.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Mandi atau berendam dalam air hangat.

Uap air hangat akan melembapkan tenggorokan Anda yang kering dan iritasi, serta membantu meredakan rasa sakit dan sumbatan pernapasan. Cobalah untuk menghirup uap melalui hidung dan mulut sehingga masuk ke tenggorokan dan saluran hidung. • Jika Anda memutuskan untuk berendam air hangat, tambahkan beberapa bahan herbal dan minyak esensial ke dalam bak mandi. Cobalah beberapa tetes minyak pepermin atau eukaliptus untuk membantu menenangkan tenggorokan seperti fungsinya pada obat gosok.

• Jika Anda hanya ingin mandi uap sebentar dan tidak berendam, tutup pintu kamar mandi dan nyalakan keran air panas untuk menghasilkan uap. Berdirilah atau duduk di kamar mandi dan hirup uap yang dihasilkan selama 5 hingga 10 menit. • Anda juga bisa menguapi wajah dengan mendidihkan sepanci air panas. Matikan apinya, kenakan handuk di atas kepala, lalu tempatkan wajah Anda di atas panci, sehingga uap akan mencapai hidung dan tenggorokan Anda.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/57\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-7-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-7-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/57\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-7-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-7-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Nyalakan humidifier.

Jika udara di rumah Anda kering, tenggorokan Anda bisa semakin sakit. Humidifier akan mengatur kelembapan dalam udara, sehingga udara akan lebih nyaman bagi jaringan lunak dan membran di tenggorokan yang harus tetap lembap agar tetap sehat.

Humidifier sangat berguna selama musim dingin, saat udara cenderung lebih kering. {/INSERTKEYS}

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

{INSERTKEYS} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0f\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0f\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah kompres hangat untuk tenggorokan Anda.

Kadang-kadang, sedikit rasa hangat dapat meredakan sakit tenggorokan lebih efektif dibandingkan obat lainnya. Alirkan air panas ke atas kain, peras, lipat, dan letakkan ditenggorokan Anda hingga kainnya dingin. Panas dalam kain akan membantu melancarkan sirkulasi di tenggorokan dan membantu mengurangi bengkak sedikit.

• Pastikan untuk tidak melukai kulit Anda. Air yang Anda gunakan tidak boleh terlalu panas sehingga melukai kulit saat diletakkan di tenggorokan. • Anda juga bisa menggunakan botol air hangat untuk memberikan kehangatan lebih lama di tenggorokan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b8\/Deal-With-Allergic-Reactions-Step-17.jpg\/v4-460px-Deal-With-Allergic-Reactions-Step-17.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b8\/Deal-With-Allergic-Reactions-Step-17.jpg\/v4-728px-Deal-With-Allergic-Reactions-Step-17.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jauhi bahan dan zat yang mengiritasi tenggorokan.

Pastikan lingkungan rumah Anda bebas dari bahan kimia yang semakin mengiritasi tenggorokan. Saat Anda menghirup bahan kimia keras dan bau yang tajam, tenggorokan Anda bisa membengkak dan gatal.

{/INSERTKEYS}

cara menyembuhkan sakit tenggorokan

Bersihkan udara yang Anda hirup dari penyebab iritasi berikut: • Parfum kimiawi, seperti yang ada dalam cairan pembersih, penyegar ruangan, parfum tubuh, lilin beraroma, dan bahan beraroma lainnya di rumah. • Bahan pembersih seperti pemutih, pembersih jendela, dan detergen. • Asap rokok dan asap lainnya. • Bahan penyebab alergi seperti debu, bulu kucing, serbuk sari, jamur, dan apa pun yang memicu alergi Anda.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/da\/Prevent-Q-Fever-%28Coxiella-Burnetii-Infection%29-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Prevent-Q-Fever-%28Coxiella-Burnetii-Infection%29-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/da\/Prevent-Q-Fever-%28Coxiella-Burnetii-Infection%29-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Prevent-Q-Fever-%28Coxiella-Burnetii-Infection%29-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Menjauhlah dari orang lain.

Sakit tenggorokan mungkin menular. Jadi, beristirahatlah di rumah jika bisa untuk menghindari penularan penyakit. Bahkan, sekadar batuk saja bisa membuat seluruh orang dalam satu ruangan ikut tertular penyakit. • Jika tidak bisa beristirahat di cara menyembuhkan sakit tenggorokan, coba kenakan masker yang menutupi hidung dan mulut Anda. Hindari batuk di dekat orang lain, dan tutupilah mulut selama berbicara di dekat orang lain.

Sebaiknya, berdirilah sejauh mungkin dari orang lain. • Meskipun Anda baru merasakan gejala awal sakit tenggorokan, sebaiknya hindarilah mencium atau memeluk orang lain. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/95\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-19.jpg\/v4-460px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-19.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/95\/Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-19.jpg\/v4-728px-Get-Rid-of-a-Sore-Throat-Quickly-Step-19.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ketahui kapan harus menemui dokter.

Jika sakit tenggorokan Anda tidak sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari dan gejala baru justru muncul, buatlah janji dengan dokter untuk mengetahui apakah penyakit yang Anda derita lebih serius dibandingkan pilek biasa. Anda mungkin saja mengidap infeksi virus atau bakteri (dalam bentuk radang tenggorokan, cacar air, flu, atau infeksi lainnya) yang tidak dapat disembuhkan tanpa pengobatan yang tepat.

Jika Anda mengalami masalah berikut ini, temui dokter Anda sesegera mungkin. [15] X Sumber Tepercaya Mayo Clinic Kunjungi sumber • Kesulitan bernapas atau menelan • Nyeri sendi • Sakit telinga • Ruam • Benjolan di leher • Demam lebih dari 38°C • Darah di dalam dahak • Hindari gula, karena gula dapat mengiritasi tenggorokan.

• Buatlah teh herbal yang sangat panas, dan sebelum diminum, biarkan uapnya naik mencapai wajah Anda hingga cukup dingin untuk diminum. • Gunakan hanya sedikit bahan khusus, karena jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi tenggorokan. • Berkumurlah dengan minyak kelapa dan air hangat (tambahkan madu atau jahe, atau lemon).

• Saat mandi air hangat, cobalah untuk menghirup sebagian udara hangat dan mengeluarkannya kembali. Cara ini bisa sedikit melegakan pernapasan Anda.

• Gunakan semprotan hidung! Alat ini sangat berguna jika ada cairan yang keluar dari hidung Anda. • Jika tenggorokan Anda sakit lebih dari 5 hari, Anda harus menemui dokter. Mungkin Anda menderita radang tenggorokan, amandel bengkak, atau infeksi lain di tenggorokan.

• Mandilah dengan air panas lebih lama untuk meredakan ketegangan otot, melancarkan aliran darah, dan mengencerkan mukus di rongga hidung dan tenggorokan. • Jika hidung Anda juga tersumbat, pastikan untuk mengeluarkan cairan di dalamnya (membersitkan hidung perlahan dengan menekan satu lubang hidung dan mengeluarkan isi lubang hidung satunya), jangan dihirup.

Menghirup hanya akan membuat mukus tetap berada dalam tubuh Anda. • Istirahatkan suara Anda—jangan bicara! • Buatlah oatmeal hangat yang akan terasa sangat nyaman di tenggorokan Anda. • Jika Anda mengalami sakit tenggorokan berulang-ulang, gantilah sikat gigi Anda.

Kemungkinan Anda menulari diri sendiri. Kuman dapat hidup di bulu sikat gigi, sehingga Anda terinfeksi kembali. • Makan buah jeruk atau buah delima untuk membantu menambah asupan vitamin C. • Campurkan madu dan jeruk nipis ke dalam air mendidih. Minum, dan ambil cuti sehingga Anda tidak stres. Beristirahatlah di tempat tidur, dan bereskan pekerjaan rumah hari itu sebelumnya sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Tonton film dan beristirahatlah. • Jangan berteriak!

Berteriak dapat memperparah sakit tenggorokan. Isitirahatkan tenggorokan Anda. Minum minuman hangat dan tablet isap secara teratur. cara menyembuhkan sakit tenggorokan Jangan melakukan apa pun yang akan meregangkan tenggorokan, misalnya bernyanyi.

Jangan memaksa suara Anda karena ada kemungkinan rusak secara permanen. • Kebanyakan sakit tenggorokan, walaupun mengganggu, merupakan hal yang biasa. Tetapi, sakit tenggorokan yang berkepanjangan atau berulang-ulang bisa menjadi tanda masalah yang serius. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan berat dan tidak membaik dalam beberapa hari, konsultasikan dengan dokter.

Dokter akan memeriksa bakteri dalam tenggorokan Anda, dengan cara mengambil sampel kecil dari belakang tenggorokan dan memeriksa keberadaan bakteri streptococcus. • Jika sakit tenggorokan Anda disertai dengan kaku leher dan otot, jangan tunggu lagi. Temui dokter, Anda mungkin sakit flu.

Penyakit Radang Tenggorokan : Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi




2022 www.videocon.com