Ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

Rumah Bapa 14:1 "Janganlah gelisah w hatimu; percayalah x kepada Allah, y percayalah juga kepada-Ku. 14:2 Di rumah Bapa-Ku 1 banyak tempat tinggal.

Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ z untuk menyediakan tempat bagimu. 14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali 2 a dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, b kamupun berada. 14:4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." 14:5 Kata Tomas c kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah d jalan e dan kebenaran f dan hidup.

g Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. h 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga i mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Ayat alkitab tentang kasih setia tuhan 14:8 Kata Filipus j kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." 14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?

Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; k bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?

l Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, m tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. 14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. n 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya o kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, p bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar 3 dari pada itu.

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

Sebab Aku pergi kepada Bapa; 14:13 dan apa juga yang kamu minta q dalam nama-Ku ayat alkitab tentang kasih setia tuhan, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. 14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." Yesus menjanjikan Penghibur 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

r 14:16 Aku akan minta kepada Bapa 5, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong 6 s yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 14:17 yaitu Roh Kebenaran 7. t Dunia tidak dapat menerima Dia, u sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu 8.

14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. v Aku datang kembali kepadamu 9. w 14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, x sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup.

y 14:20 Pada waktu itulah z kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku a dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. b 14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku 10 dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. c Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku d dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." 14:22 Yudas, e yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?

f" 14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku g ayat alkitab tentang kasih setia tuhan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia 11. h 14:24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku 12, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. i 14:25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; 14:26 tetapi Penghibur, j yaitu Roh Kudus 13, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, k Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu l kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

m 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, n dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah o dan gentar hatimu. 14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. p Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, q sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

r 14:29 Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, s apabila hal itu terjadi. 14:30 Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini t datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku.

14:31 Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, u bangunlah, marilah kita pergi dari sini." [14:2] 1 Full Life : DI RUMAH BAPA-KU.

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

Nas : Yoh 14:2 Frasa ini dengan jelas menunjuk ke sorga karena ke sanalah Yesus harus "pergi" untuk menyediakan tempat bagi kita ( Mat 6:9; bd. Mazm 33:13-14; Yes 63:15). Allah mempunyai tempat tinggal yang ada banyak ruangan di mana nantinya akan tinggal "keluarga Allah" yang ada di dunia sekarang ( Ef 2:19); "di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap" ( Ibr 13:14). [14:3] 2 Full Life : AKU AKAN DATANG KEMBALI. Nas : Yoh 14:3 Teks : • 1) Sepasti Kristus terangkat ke sorga, demikian juga Dia akan kembali dari kehadiran Allah untuk menjemput pengikut-Nya agar tinggal bersama dengan Dia di sorga (lihat cat.

--> Yoh 14:2 di atas; [atau ref. Yoh 14:2] bd. Yoh 17:24) ke tempat yang telah disediakan untuk mereka. Inilah pengharapan orang Kristen zaman PB dan semua orang percaya dewasa ini. Tujuan utama dari kedatangan kembali Tuhan Yesus ialah agar orang percaya dapat bersama-sama dengan-Nya untuk selama-lamanya (lihat art.

KEBANGKITAN TUBUH; dan lihat art. KEANGKATAN GEREJA). • 2) Perkataan "membawa kamu ke tempat-Ku" menunjuk kepada keangkatan gereja, bila semua orang percaya yang hidup akan "diangkat bersama-sama . dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan" ( 1Tes 4:17). • 3) Kedatangan Kristus untuk umat-Nya yang setia akan melepaskan mereka dari "hari pencobaan" yang akan datang atas dunia ini 1Tes 5:9; (lihat cat.

--> Luk 21:36; lihat cat. --> 1Tes 1:10; lihat cat. --> Wahy 3:10). [atau ref. Luk 21:36; 1Tes 1:10; Wahy 3:10] • 4) Reuni yang penuh kemuliaan dan abadi ini merupakan suatu doktrin yang menghibur bagi semua pengikut Kristus yang rindu "bersama-sama dengan Tuhan.

Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini" ( 1Tes 4:17-18). [14:12] 3 Full Life : PEKERJAAN-PEKERJAAN YANG LEBIH BESAR. Nas : Yoh 14:12 Yesus ingin agar para pengikut-Nya melakukan pekerjaan yang telah dilakukan-Nya. • 1) "Pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar" itu meliputi baik pekerjaan membawa orang kepada Kristus maupun mengadakan mukjizat-mukjizat.

Kenyataan ini tampak dalam cerita-cerita di Kisah Para Rasul ( Kis 2:41,43; 4:33; 5:12) dan dalam pernyataan Yesus di Mr 16:17-18 (lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA). • 2) Alasan mengapa hal ini dapat terjadi ialah karena Yesus akan pergi kepada Bapa untuk mengirim kuasa Roh Ayat alkitab tentang kasih setia tuhan (lih.

ayat Yoh 14:16; Yoh 16:7; Kis 1:8; 2:4) dan menjawab doa dalam nama-Nya (ayat Yoh 14:14). Pekerjaan para rasul akan "lebih besar" dalam jumlah dan jangkauan.

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

{INSERTKEYS} [14:13] 4 Full Life : MINTA DALAM NAMA-KU. Nas : Yoh 14:13 Berdoa dalam nama Yesus meliputi setidak-tidaknya dua hal: • (1) berdoa selaras dengan kehendak, kepribadian, dan tabiat-Nya; • (2) berdoa dengan penuh kepercayaan kepada-Nya dan kekuasaan-Nya serta dengan kerinduan untuk memuliakan Bapa dan Anak ( Kis 3:16). Dengan demikian, berdoa dalam nama Yesus berarti bahwa Yesus akan menjawab semua doa yang akan dipanjatkan-Nya sendiri.

Kuasa doa tidak terbatas bila ditujukan kepada Yesus atau Bapa dalam iman yang suci menurut kehendak-Nya (lihat cat. --> Mat 17:20; bd. [atau ref. Mat 17:20] lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF). [14:16] 5 Full Life : AKU AKAN MINTA KEPADA BAPA. Nas : Yoh 14:16 Yesus akan meminta kepada Bapa untuk memberi sang Penghibur hanya kepada mereka yang sungguh-sungguh mengasihi Dia dan menaati Firman-Nya. Dalam ayat Yoh 14:15 Yesus menggunakan bentuk masa kini ("jikalau kamu mengasihi Aku"), yang menekankan sikap mengasihi dan taat yang berkesinambungan.

[14:16] 6 Full Life : PENOLONG. Nas : Yoh 14:16 Yesus menyebut Roh Kudus sebagai "Penolong". Kata ini adalah terjemahan dari kata Yunani _parakletos_, yang secara harfiah berarti, "seseorang yang dipanggil untuk mendampingi agar menolong." Kata ini kaya artinya: Penasihat, Penguat, Penghibur, Penolong, Pembela, Juruselamat, Sekutu, dan Sahabat. • 1) Roh Kudus akan melaksanakan bagi para murid apa yang dilaksanakan Yesus bagi mereka ketika Ia masih bersama mereka.

Roh Kudus akan mendampingi mereka untuk menolong dan menguatkan mereka (bd. Mat 14:30-31), mengajar mereka dalam hidup yang benar (ayat Yoh 14:26), menghibur dalam situasi yang sulit (ayat Yoh 14:18), serta menaikkan doa syafaat bagi mereka ( Rom 8:26-27; bd. Rom 8:34), menjadi seorang sahabat untuk membantu kepentingan mereka (ayat Yoh 14:17) dan untuk tinggal beserta dengan mereka untuk selamanya.

• 2) Istilah parakletos ini juga dipakai untuk Tuhan Yesus dalam 1Yoh 2:1. Oleh karena itu Yesus merupakan penolong dan jurusyafaat kita di sorga (bd. Ibr 7:25), sedangkan Roh Kudus merupakan penolong dan jurusyafaat yang tinggal di dalam kita di bumi ini ( Rom 8:9,26; 1Kor 3:16; 6:19; 2Kor 6:16; 2Tim 1:14). [14:17] 7 Full Life : ROH KEBENARAN. Nas : Yoh 14:17 Roh Kudus juga disebut "Roh Kebenaran" ( Yoh 15:26; 16:13; bd. 1Yoh 4:6; 5:6), karena Dia adalah Roh Yesus, yang adalah kebenaran itu.

Dengan demikian Dia bersaksi tentang kebenaran itu ( Yoh 18:37), menerangkan tentang kebenaran, menyingkapkan hal-hal yang tidak benar ( Yoh 16:8), dan menuntun orang percaya ke dalam seluruh kebenaran ( Yoh 16:13). Mereka yang bersedia mengorbankan kebenaran demi kesatuan, kasih atau alasan lainnya menyangkal Roh Kebenaran, yang katanya tinggal di dalam diri mereka.

Gereja yang meninggalkan kebenaran adalah gereja yang telah meninggalkan Tuhan. Roh Kudus tidak akan menjadi Penolong orang-orang yang acuh tak acuh terhadap iman atau hanya setengah-setengah dalam komitmen kepada kebenaran. Roh Kudus hanya mendatangi mereka yang menyembah Tuhan dalam "roh dan kebenaran" ( Yoh 4:24). [14:17] 8 Full Life : IA MENYERTAI KAMU DAN AKAN DIAM DI DALAM KAMU.

Nas : Yoh 14:17 Roh Kudus pada saat itu tinggal bersama dengan para murid, dan Kristus berjanji bahwa Roh itu akan "diam di dalam kamu". Janji bahwa Roh Kudus akan diam di dalam orang percaya digenapi setelah kebangkitan Kristus ketika Yesus mengembusi murid-murid-Nya dan berkata, "Terimalah Roh Kudus" ( Yoh 20:22). Untuk pembahasan mengenai peranan Roh Kudus dalam pembaharuan, lihat art.

PEMBAHARUAN PARA MURID. [14:18] 9 Full Life : AKU DATANG KEMBALI KEPADAMU. {/INSERTKEYS}

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

Nas : Yoh 14:18 Yesus menyatakan diri kepada orang percaya yang taat melalui Roh Kudus yang memperkenalkan kehadiran pribadi Yesus di dalam dan beserta orang yang mengasihi Dia (ayat Yoh 14:21). Roh Kudus menyadarkan kita tentang dekatnya Yesus dan realitas kasih-Nya, berkat-Nya, dan pertolongan-Nya.

Hal ini termasuk tugas utama Roh Kudus. Kenyataan bahwa Kristus ayat alkitab tentang kasih setia tuhan kita melalui Roh Kudus seharusnya menyebabkan kita menanggapi dengan kasih, penyembahan, dan pengabdian. [14:21] 10 Full Life : BARANGSIAPA MEMEGANG PERINTAH-KU.

Nas : Yoh 14:21 Menaati perintah-perintah Kristus bukan merupakan suatu pilihan bagi mereka yang mengingini hidup kekal ( Yoh 3:36; 14:21,23; 15:8-10,13-14; Luk 6:46-49; Yak 1:22; 2Pet 1:5-11; 1Yoh 2:3-6).

• 1) Ketaatan kepada Kristus, sekalipun tidak pernah sempurna, seharusnya bersifat sungguh-sungguh. Ketaatan merupakan aspek hakiki dari iman yang menyelamatkan, yang timbul dari kasih kita bagi-Nya (ayat Yoh 14:15,21,23-24; lihat cat.

--> Mat 7:21). [atau ref. Mat 7:21] Tanpa kasih kepada Kristus, semua usaha kita untuk menaati perintah-Nya hanya merupakan legalisme. • 2) Kepada orang yang mengasihi Kristus serta berusaha untuk senantiasa menaati perintah-Nya, Kristus menjanjikan kasih yang khusus, kasih karunia, dan kehadiran-Nya yang mendalam (bd.

ayat Yoh 14:23). [14:23] 11 Full Life : KAMI AKAN . DIAM BERSAMA-SAMA DENGAN DIA. Nas : Yoh 14:23 Mereka yang benar-benar mengasihi Yesus dan sungguh-sungguh menaati perkataan-Nya akan mengalami kehadiran dan kasih yang langsung dari Bapa dan Anak.

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

Bapa dan Anak datang kepada orang percaya melalui Roh Kudus (lihat cat. --> Yoh 14:18). [atau ref. Yoh 14:18] Perlu diperhatikan bahwa ayat alkitab tentang kasih setia tuhan Bapa tergantung pada kasih kita kepada Yesus dan kesetiaan kepada Firman-Nya. [14:24] 12 Full Life : BARANGSIAPA TIDAK MENGASIHI AKU. Nas : Yoh 14:24 Mereka yang tidak menaati ajaran Kristus tidak memiliki kasih pribadi bagi Dia dan tanpa kasih itu iman yang menyelamatkan tidak ada ( 1Yoh 2:3-4).

Mengatakan bahwa orang tetap selamat walaupun mereka berhenti mengasihi Kristus dan mulai hidup cabul, menghujat, kejam, membunuh, mabuk, dst. bertentangan dengan perkataan Yesus tentang kasih, ketaatan dan Roh Kudus yang diam di dalam orang percaya.

[14:26] 13 Full Life : ROH KUDUS. Nas : Yoh 14:26 Penghibur di sini disamakan dengan Roh Kudus. Bagi orang Kristen PB hal yang terpenting tentang Roh Kudus bukanlah kebesaran dan kuasa-Nya ( Kis 1:8), tetapi bahwa Dia adalah "Kudus". Tabiat-Nya yang kudus, bersamaan dengan manifestasi tabiat yang kudus itu dalam kehidupan orang-orang percaya itulah yang paling penting (bd. Rom 1:4; Gal 5:22-26). Ada banyak tantangan yang dihadapi pasangan suami-istri untuk bisa tetap menjaga keutuhan rumah tangga serta menjaga cinta mula-mula.

Masalah kadang tidak hanya datang dari luar, tetapi juga eksternal.

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

Hanya oleh kasih setia Tuhan dan firman-Nya sajalah semuanya itu bisa dihadapi dan diselesaikan dengan baik. Berikut ini 15 ayat Alkitab tentang pernikahan yang selalu bisa menguatkan Anda dan pasangan. 15 Ayat Alkitab tentang Pernikahan, Setia Sampai Maut Memisahkan Ketika Dua Menjadi Satu • Markus 10:9 “Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Artinya: Bagi umat Kristiani, pernikahan adalah sesuatu yang kudus karena Tuhan sendiri yang mengikat pasangan tersebut menjadi suami-istri dan janji yang diucapkan mereka suci sifatnya di hadapan Allah.

Dengan menjaga ikatan dan janji ini, suami-istri sudah menghormati Allah. • Kejadian 2:24 “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.” Artinya: Tuhan ingin agar tiap orang bersama pasangannya tidak lagi bergantung pada keluarganya dan keluar dari rumah untuk menciptakan keluarga yang baru.

Pasangan tersebut hidup bersama menjadi satu unit dan saling bergantung satu sama lain, sama seperti bagaimana orangtua mereka melakukannya terlebih dahulu. • Pengkhotbah 4:9-11 “Berdua lebih baik dari pada seorang ayat alkitab tentang kasih setia tuhan, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.

Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!

Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas?” Artinya: Jadikan pasangan Anda partner dalam segala hal. Dengan kehadirannya di sisi Anda, Anda akan menjadi lebih kuat, lebih mampu, dan lebih bahagia. • Kidung Agung 2:16 “Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.” Artinya: Setelah diberkati oleh Tuhan dalam pernikahan yang kudus, suami dan istri saling memiliki dalam suka dan duka, selamanya hingga mau memisahkan.

Artikel terkait: 35 Ayat Alkitab untuk Janin, Doa untuk Keselamatan Ibu dan Bayi Kasihilah Pasanganmu Seperti Kasihmu pada Allah • Efesus 5:25 “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.” Artinya: Yesus sudah mengorbankan diri-Nya sebagai bukti Ia mengasihi anak-anak-Nya.

Melalui ini, Tuhan mau para suami mengasihi istrinya sama seperti Ia mengasihi kita. • 1 Yohanes 4:8 “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.” Artinya: Jika Anda tidak lagi mengasihi pasangan Anda, itu sama Seperti Anda tidak lagi mengasihi Allah. Ini karena kasih yang dimiliki pasangan suami-istri sama seperti sucinya kasih Tuhan kepada anak-Nya. • Roma 13:8 “Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi.

Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.” Artinya: “Janganlah kamu berhutang” maksudnya adalah jangan hanya hidup dengan menerima kasih dari Tuhan dan orang lain, tapi kita juga harus mengasihi Tuhan dan sesama. Utang yang dimaksud ayat di atas adalah utang kasih, bukan merujuk pada utang finansial. Ayat Alkitab tentang Pernikahan Ajarkan untuk Menerima Pasangan Apa Adanya • Efesus 4:32 “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.” Artinya: Tiap pernikahan pasti melewati masa-masa sulit, dan adakalanya pasangan melakukan kesalahan entah itu disengaja atau tidak.

Hanya dengan mengampuni dan pertobatan sajalah persoalan itu bisa selesai. Dan mengampuni merupakan salah satu bentuk dari sifat kasih, Seperti yang tertulis pada 1 Korintus 13:4-5. • Amsal 31:10 “Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya?

Ia lebih berharga dari pada permata.” Artinya: Wahai para suami, ingalah selalu pesan ini, perlakukanlah istrimu layaknya batu permata.

Pesan ini bukan diartikan agar para suami memanjakan istrinya. Melainkan memperlakukannya tidak dengan kasar, dihargai pendapatnya dan layak. • 1 Korintus 13:13 “Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.” Artinya: Tiga prinsip utama ajaran Kristus adalah iman, pengharapan, dan kasih.

namun dari ketiganya, Tuhan mengatakan kasihlah yang terutama. Artinya tanpa kasih, iman dan pengharapan akan menjadi sia-sia. Sama halnya iman dan pengharapan kita kepada Tuhan tidak akan berguna, jika kita tidak mengasihi pasangan sama seperti Tuhan mengasihi kita. Artikel terkait: Doa Pagi Kristen, Memulai Hari dengan Ucapan Syukur kepada Tuhan Kasih Allah Melampaui Segala Tantangan dan Masalah • 1 Korintus 13:4-5 “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu.

Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.” Artinya: Dari ayat ini Tuhan mau mengingatkan seperti apa perwujudan dari kasih. Kasih ini diajarkan Tuhan agar suami menunjukkannya kepada istri dan istri kepada suami agar pernikahan mereka selalu bahagia.

• 1 Petrus 4:8 “Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.” Artinya: Pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna. Namun dengan kasih yang diajarkan Tuhan, tiap orang pasti mampu menerima kelebihan dan kekurangan pasangannya masing-masing.

• Kolose 3:14 “Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.” Artinya: Tidak ada dua orang yang benar-benar cocok satu sama lain dalam segala hal. Namun dengan kasih yang dari Kristus, setiap perbedaan –karakter, suku, hobi, karakter dan kebiasaan- dapat disatukan. Artikel terkait: 7 Cerita Alkitab Perjanjian Lama untuk Dibacakan pada Anak Anda Ayat Alkitab tentang Pernikahan yang Sehidup Semati • Kidung Agung 8:6-7 “Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!

Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina.” Artinya: Apakah Anda pernah melihat sesuatu yang lebih kuat dari cinta? Bahkan kematian pun tidak dapat mengalahkannya. Di masa-masa tergelap kehidupan pernikahan Anda, hanya kasihlah yang dapat menguatkan Anda dan pasangan untuk terus maju dan menyelesaikan masalah.

• Amsal 3:3 “Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu.” Artinya: Seruan ini bermakna agar kita selalu menaruh kasih dan setia kepada pasangan. Menjaga janji suci di hari pernikahan dengan selalu mengingat akan pentingnya dua hal tersebut. “Kalungkan itu pada lehermu” berari membawa pesan ini ke mana pun Anda pergi. Dan “Tuliskanlah itu pada loh hatimu” artinya mengingatnya setiap waktu dalam setiap hembusan napas Anda.

Demimikanlah ayat Alkitab untuk pernikahan pasangan Kristen. Kiranya firman Tuhan ini bisa semakin menguatkan pernikahan Anda dan selalu mengingatkan akan janji Tuhan dalam keluarga Anda.

Baca juga: • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan
1 Timotius dinasihati lagi agar setia dan tekun, dan mengerjakan tugas sebagai hamba Allah dengan setia di dalam memilah ajaran firman yang benar, dari antara omongan yang kotor dan sia-sia.

17 Tentang Himeneus dan Filetus. 19 Dasar Tuhan adalah teguh. 22 Dia diajarkan untuk waspada, dan tentang apa yang dikejar, dan bagaimana seharusnya seorang hamba Allah berperilaku. Panggilan untuk ikut menderita 2:1 Sebab itu, hai anakku, u jadilah kuat v oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus.

2:2 Apa yang telah engkau dengar dari padaku w di depan banyak saksi, x percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai 1, yang juga cakap mengajar orang lain. 2:3 Ikutlah menderita 2 y sebagai seorang prajurit z yang baik dari Kristus Yesus. 2:4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

2:5 Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota a sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga. 2:6 Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.

b 2:7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu. 2:8 Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, c yang telah dilahirkan sebagai keturunan Daud, d itulah yang kuberitakan dalam Injilku. e 2:9 Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, f malah dibelenggu g seperti seorang penjahat, tetapi firman h Allah tidak terbelenggu.

2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya i itu bagi orang-orang pilihan j Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan k dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal. l 2:11 Benarlah perkataan ini: m "Jika kita mati dengan Dia, kitapun akan hidup dengan Dia; n 2:12 jika kita bertekun 3, kitapun akan ikut memerintah dengan Dia; o jika kita menyangkal Dia, Diapun akan menyangkal kita; p 2:13 jika kita tidak setia, Dia tetap setia 4, q karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya." Nasihat dalam menghadapi pengajar yang sesat 2:14 Ingatkanlah dan pesankanlah semuanya itu dengan sungguh-sungguh kepada mereka di hadapan Allah, agar jangan mereka bersilat kata, r karena hal itu sama sekali tidak berguna, malah mengacaukan orang yang mendengarnya.

2:15 Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran s itu. 2:16 Tetapi hindarilah omongan yang kosong t dan yang tak suci yang hanya menambah kefasikan.

2:17 Perkataan mereka menjalar seperti penyakit kanker. Di antara mereka termasuk Himeneus u dan Filetus, 2:18 yang telah menyimpang dari kebenaran dengan mengajarkan bahwa kebangkitan kita telah berlangsung v dan dengan demikian merusak iman sebagian orang. w 2:19 Tetapi ayat alkitab tentang kasih setia tuhan yang diletakkan Allah itu teguh 5 x dan meterainya ialah: "Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya y" dan "Setiap orang yang menyebut nama Tuhan z hendaklah meninggalkan kejahatan." 2:20 Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.

a 2:21 Jika seorang menyucikan dirinya 6 dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan b yang mulia. 2:22 Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih c dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan d dengan hati e yang murni.

2:23 Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan tidak layak. Engkau tahu bahwa soal-soal itu menimbulkan pertengkaran, f 2:24 sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar g 2:25 dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran, h 2:26 dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis i yang telah mengikat mereka pada kehendaknya.

[2:2] 1 Full Life : PERCAYAKANLAH . KEPADA ORANG-ORANG YANG DAPAT DIPERCAYAI. Nas : 2Tim 2:2 Untuk ulasan tentang tanggung jawab gereja ayat alkitab tentang kasih setia tuhan membina orang percaya dalam iman lihat art. PENDALAMAN ALKITAB BAGI ORANG KRISTEN). [2:3] 2 Full Life : IKUTLAH MENDERITA. Nas : 2Tim 2:3 Pelayan Injil yang tinggal setia kepada Injil dan Kristus akan dipanggil untuk ikut menderita (bd. 2Tim 1:8; 2:9; 2Kor 11:23-29). Seperti tentara, mereka harus bersedia menghadapi kesulitan dan penderitaan serta berperang secara rohani dalam pengabdian sepenuh hati kepada Tuhan mereka ( Ef 6:10-18); seperti atlet mereka harus bersedia berkorban dan hidup berdisiplin keras (ayat 2Tim 2:5); seperti petani, mereka harus siap untuk bekerja keras dan lama (ayat 2Tim 2:6).

[2:12] 3 Full Life : JIKA KITA BERTEKUN. Nas : 2Tim 2:12 Mereka yang "bertekun" (Yun. _hupomeno_) dan tetap bertahan di dalam iman sehingga kesudahan akan hidup (bd. ayat 2Tim 2:11; Mat 10:22; Mat 24:13) dan memerintah dengan Kristus ( 2Tim 4:18; Wahy 20:4).

Pada hari penghakiman Kristus akan menyangkal mereka yang tidak bertekun dan yang menyangkal Dia dalam perkataan atau perbuatan (bd. Mat 10:33; Mat 25:1-12; lihat art. KEMURTADAN PRIBADI). [2:13] 4 Full Life : DIA TETAP SETIA. Nas : 2Tim 2:13 Kristus pasti akan menggenapi janji-janji (bd. Mat 10:32) dan peringatan-Nya kepada kita (bd.

Mat 10:33). Kesetiaan ilahi adalah penghiburan bagi mereka yang tetap setia ( 1Tes 5:24; 2Tes 3:3; Ibr 10:23) dan peringatan yang serius bagi mereka yang meninggalkan iman dalam Kristus.

Allah harus tetap setia terhadap Firman-Nya ( 2Sam 7:28; Yer 10:10; Tit 1:2; Wahy 3:7). [2:19] 5 Full Life : DASAR YANG DILETAKKAN ALLAH ITU TEGUH. Nas : 2Tim 2:19 Kendatipun fakta bahwa banyak orang murtad dari iman ( Mat 24:11) dan guru palsu menyerbu ke dalam gereja (ayat 2Tim 2:14-18), maksud Allah bagi umat-Nya yang setia tak dapat dihalangi.

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan yang diletakkan Allah", yaitu gereja sejati, tidak bisa dihancurkan. Pada dasar ini dua kebenaran tertulis yang menunjuk kepada anggota gereja Kristus.

• (1) Allah tahu dengan tepat siapa yang tetap setia kepada Injil yang asli dan siapa yang berkompromi dengan kebenaran itu (bd. Kej 18:19; Kel 33:12,17; Bil 16:5; 1Kor 8:1-3), dan • (2) mereka yang sungguh-sungguh menjadi milik-Nya akan berpaling dari kefasikan dan ajaran palsu (bd.

1Tim 6:3-5,11). [2:21] 6 Full Life : MENYUCIKAN DIRINYA. Nas : 2Tim 2:21 Di dalam gereja yang tampak di bumi ada banyak "benda". Ada benda "untuk maksud yang mulia", yaitu orang percaya yang memisahkan diri dari kejahatan dan dengan teguh mempertahankan Injil yang sejati sesuai dengan penyataan alkitabiah, dan benda untuk maksud "yang tidak mulia," yaitu orang percaya yang berpaling dari kebenaran (ayat 2Tim 2:14-19).

Mereka yang setia yang ingin berguna bagi Tuhan harus memisahkan diri dari semua kepercayaan dan orang yang menganjurkan ajaran yang bertentangan dengan Alkitab (ayat 2Tim 2:19). Hubungan dengan mereka yang mengajar ajaran tidak alkitabiah hanya boleh diadakan dengan maksud untuk memperbaiki dengan kasih, supaya mereka bisa bertobat dan berbalik kepada kebenaran (ayat 2Tim 2:25). 3 menit Di dalam agama Kristen, Yesus Kristus mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan.

Mari kita bersama-sama merenungkan ayat alkitab tentang bersyukur berikut ini. Setiap hari, Tuhan telah memberikan rezeki kepada setiap orang.

Semua hal yang kita dapatkan, baik itu besar atau kecil, merupakan karunia yang kita dapat dari campur tangan Tuhan dalam hidup kita. Maka dari itu, kita harus tetap bersyukur atas apa yang kita dapat. Hal itu juga tertulis dalam Alkitab.

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

Berulang kali firman Tuhan mengenai pentingnya bersyukur terus berulang dari perjanjian lama hingga perjanjian baru. Ayat-ayat ini tertulis untuk kita renungkan dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Ayat alkitab tentang kasih setia tuhan, ayat mana saja nih yang membahas mengenai firman Tuhan tentang pentingnya rasa bersyukur?

Berikut adalah ayat Alkitab tentang bersyukur yang dapat kita renungkan bersama-sama. 10 Ayat Alkitab tentang Bersyukur 1. Mazmur (7:17) Berikut adalah kutipan ayatnya: “Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.” 3. Mazmur (28:6-7) Ungkapan rasa bersyukur harus dilakukan dengan hati gembira, bukan karena hal tersebut sebuah kewajiban semata. Hal itu tertulis dalam sebuah ayat di Kitab Mazmur berikut ini: “Terpujilah Tuhankarena Ia telah mendengar suara permohonanku.

Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.” 4. Yesaya (42:10) sumber: Freepik.com/jcomp Nabi Yesaya juga mengajarkan bahwa ungkapan rasa bersyukur kepada Tuhan bisa dilakukan dengan riang gembira.

Bahkan, akan sangat baik jika dilantunkan dalam nyanyian. “Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya.” 5.

Yohanes (16:33) Kepada Rasul Yohanes, Tuhan meyakinkan bahwa Dia akan membawa manusia pada kedamaian. Maka dari itu, kita harus bersyukur bahwa Tuhan selalu ada untuk kita. Berikut adalah kutipan dari Kitab Yohanes mengenai ajaran tersebut: 6. 1 Timotius (4:4) Dalam suratnya kepada Timotius, Rasul Paulus mengajarkan bahwa semua ciptaan Tuhan itu baik.

Maka dari itu, kita harus menerimanya dengan ucapan syukur. “Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur.” 7. 1 Tesalonika (5:18) Kepada umat di Tesalonika, Rasul Paulus mengajarkan bahwa Yesus Kristus menghendaki kita untuk selalu bersyukur.

“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” 8. Yakobus (1:17) Yakobus meyakinkan kita bahwa semua hal baik yang kita terima berasal dari karunia Tuhan. Maka dari itu, kita harus bersyukur atas hal-hal baik yang kita terima tersebut.

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

“Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapak segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” 9. Kolose (3:17) Rasul Paulus juga mengingatkan kepada umat di Kolose bahwa Yesus Kristus selalu menyertai kita dalam setiap perjalanan hidup. Maka dari itu, kita tidak boleh lupa bersyukur karena rahmat tersebut.

“Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapak kita.” 10. 1 Korintus (1:4) sumber: Freepik.com/jcomp Kita juga harus bersyukur bukan hanya karena karunia yang diberikan kepada kita, tetapi juga saat orang di sekitar mendapat karunia dari Tuhan. Hal tersebut juga telah dicontohkan oleh Rasul Paulus.

“Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkanNya kepada kamu dalam Kristus.” *** Itulah sejumlah ayat Alkitab tentang bersyukur. Semoga artikel ini menginspirasi Sahabat 99, ya!

ayat alkitab tentang kasih setia tuhan

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di portal Berita 99.co Indonesia. Jika sedang mencari rumah di Bogor, bisa jadi Makmur Indah Residence adalah jawabannya. Cek saja di 99.co/id untuk menemukan rumah idamanmu!




2022 www.videocon.com