Sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Variasi gerak dasar lokomotor (berpindah tempat) dalam permainan sepak bola adalah (C) melangkah dan berlari berkelok-kelok. Sebab gerakan melangkah menyebabkan kita berpindah tempat, dan gerakan berlari menyebabkan kita berpindah tempat. Kedua gerakan tersebut adalah gerakan yang disertai dengan perindahan tempat sehingga semua gerakannya adalah lokomotor. Dalam permainan bola besar, seperti sepak bola terdapat 3 variasi gerak dasar yaitu: • Lokomotor = Berpindah tempat.

• Nonlokomotor = Tidak berpindah tempat. • Manipulatif = Menggunakan benda seperti bola. Dari soal ini yang ditanya adalah lokomotor, berarti gerakan yang berpindah tempat. D. menekuk dan menarik kaki. Penjelasan • Maksud soal: gerakan yang berpindah tempat pada permainan sepak bola apa hayo ?.

• Kata kunci: lokomotor = berpindah tempat • Jawaban yang benar adalah C. Jika kita perhatikan pada pilihan jawaban yang tersedia, ada 2 gerakan seperti contohnya berdiri (gerakan pertama), dan mengayun kaki (gerakan kedua). Nah, dalam soal ini, kata kuncinya kan gerakan lokomotor yang berarti gerakan yang berpindah tempat.

Karena setiap pilihan jawaban ada 2 gerakan.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Berarti yang kedua-duanya adalah gerakan lokomotor. • A. sikap berdiri dan mengayunkan kaki. (Nonlokomotor dan Nonlokomotor). Sikap berdiri tidak menyebabkan perindahan tempat, maka termasuk gerakan nonlokomotor.

Dari gerakan pertama saja sudah ketahuan kalau jawaban A salah. Sebab yang ditanya oleh soal adalah gerak lokomotor bukan nonlokomotor. • B. menggulirkan dan mengoper bola. (Manipulatif dan Manipulatif). Gerakan menggulir, berarti berkaitan dengan bergulir yang berarti menggunakan benda seperti bola untuk digulirkan, maka termasuk gerakan yang menggunakan benda sehingga termasuk manipulatif.

Dari gerakan pertama sudah jelas kalau pilihan B salah, karena yang ditanya adalah lokomotor bukan manipulatif.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

• C. melangkah dan berlari berkelok-kelok. Gerakan melangkah, menyebabkan perindahan tempat berarti termasuk gerakan lokomotor.

Lalu gerakan berlari berarti menyebabkan perindahan tempat sehingga gerakan kedua ini juga termasuk lokomotor. Maka kedua gerakan adalah lokomotor, sehingga sesuai dengan yang dimaksud olah soal yaitu gerakan yang lokomotor. Makanya jawaban yang benar itu C. Hal itu disebutkan pada buku paket halaman 4 dan 5: • D. menekuk dan menarik kaki.

Gerakan menekuk kaki, berarti kakinya cuma ditekuk artinya tidak menyebabkan perindahan tempat, maka termasuk gerakan nonlokomotor. Sehingga pilihan D salah sebab yang ditanya adalah lokomotor bukan NONlokomotor. Begitulah teman-temanku yang cantik dan ganteng2. Kenapa jawabannya C. Rekomendasi • Pada permainan sepak bola terdapat variasi gerak dasar nonlokomotor, Contoh variasi gerak dasar nonlokomotor dalam sepak bola adalah (A) • Bayu bermain sepak bola bersama Martin, Bayu menggiring dan menendang bola ke arah Martin, Kegiatan tersebut menunjukkan variasi gerak dasar (B) • Apa maksud beriman kepada Allah melalui kitab suci Jelaskan !

(Jawabannya) • Apa maksud beriman kepada Allah melalui asmaNya Jelaskan ! (Jawabannya) • Sebutkan sepuluh nabi dan rasul yang kamu ketahui ! (Jawabannya) • Jika temanmu tidak menghargaimu bagaimana sikapmu kepadanya Jelaskan ! (Jawabannya) Kategori Kelas IV, SD Tag Brainly, PJOK Navigasi Tulisan Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola – Rangkuman materi PJOK tentang gerak dasar yang harus dikuasai seorang pemain.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Sepak bola termasuk salah satu cabang olahraga permainan bola besar. Dalam permainan sepak bola, terdapat gerak lokomotor (berpindah tempat), nonlokomotor (tidak berpindah tempat), dan manipulatif (gerak yang melibatkan benda di luar tubuh. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar lokomotor? Variasi gerak dasar lokomotor menunjukkan aktivitas berpindah tempat. Variasi gerak dasar lokomotor dapat dilakukan dalam gerakan menendang, menghentikan, dan menggiring bola. 1. Gerak Dasar Melangkah dan Berlari Amatilah variasi gerak dasar lokomotor seperti gambar dibawah ini.

Pada gambar, tampak seorang anak berjalan dan berlari (gerak lokomotor). Aktivitas berjalan dan berlari menunjukkan pergerakan tanpa bola. Peragakan gerakan seperti gambar, kemudian jelaskan langkah-langkahnya kepada guru secara santun. Melangkah dan berlari merupakan contoh variasi gerak lokomotor. Kamu dapat melakukan gerak melangkah dan berlari ke berbagai arah.

2. Gerak Dasar Berjalan dan Berkelok-Kelok Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar lokomotor berjalan dan berkelok-kelok? Diskusikan variasi gerak dasar lokomotor dalam berjalan dan berlari berkelok-kelok bersama temanmu! Gunakan berbagai sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Jelaskan hasil diskusimu kepada teman dan guru secara santun. 3. Gerak Dasar Berlari dan Melompat Bagaimana gerak berlari dan melompat dalam permainan sepak bola? Variasi gerak dasar lokomotor ini dapat dilakukan dalam gerakan menyundul bola. Variasi gerak dasar ini diawali dengan berlari, kemudian melompat. Saat melayang di udara, ikuti ayunan lengan untuk memperoleh gaya dorong.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Tujuan dari gerakan sundulan ini adalah untuk mengoper bola kepada kawan satu tim atau mencetak gol ke gawang tim lawan. Bagaimana pemahamanmu terkait variasi gerak dasar lokomotor pada permainan sepak bola? Bersama temanmu, lakukan variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan sepak bola.

Lakukan variasi lari berkelok-kelok dalam menggiring bola dengan percaya diri. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada guru secara santun. Baca Juga: Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen
Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola – Apa olahraga kegemaranmu?

Apakah sepak bola, bola voli, atau bola basket? Ketiga olahraga tersebut termasuk permainan bola besar. Dalam permainan bola besar, terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Contoh bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada permainan sepak bola terdiri dari berjalan dan berlari dengan menendang bola, berlari dan melompat dengan menendang bola ke arah gawang, berjalan dan berlari dengan menggiring bola, berlari dan melompat dengan menyundul bola.

Berikut ini penjelasannya. 1. Berjalan dan Berlari dengan Menendang Bola Amatilah variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak manipulatif pada gambar diatas! Praktikkan gerakan seperti gambar, kemudian komunikasikan langkah-langkahnya kepada guru.

Gerakan menendang bola untuk mengoper atau mengumpan kepada teman. Gerak menendang bola dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui kura-kura (punggung) kaki. 2. Berlari dan Melompat dengan Menendang Bola ke Arah Gawang Bagaimana berlari dan melompat dengan kombinasi menendang bola ke arah gawang (shooting)?

Gerak dasar ini untuk menendang bola ke arah gawang. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama teman. Mintalah temanmu menendang bola ke arahmu. Kamu berlari dan melompat menyambut bola. Pada saat bola berada di depanmu, lakukan tendangan dengan punggung kaki.

Arahkan tendanganmu gawang. 3. Berjalan dan Berlari dengan Menggiring Bola Menggiring bola adalah aktivitas mendorong bola dengan posisi bola tetap dalam jangkauan dan penguasaan sambil berjalan dan/atau berlari ke arah tertentu. Dalam permainan sepak bola, menggiring bola bertujuan melewati pemain lawan dan membawa bola sedekat mungkin ke daerah pertahanan lawan.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Agar terampil menggiring bola, pemain sepak bola harus berlatih dengan disiplin, tekun, dan semangat. Menggiring bola menunjukkan variasi gerak dasar lokomotor (berjalan dan berlari) dengan kombinasi gerak dasar manipulatif (menggiring bola). 4. Berlari dan Melompat dengan Menyundul Bola Bagaimana variasi gerak dasar berjalan dan melompat dengan kombinasi menyundul bola?

Gerakan ini diawali dengan berlari, kemudian melompat menyambut datangnya bola. Saat bola di depan atas kepala, lakukan gerakan menyundul bola. Usahakan bola menyentuh kening dan dahimu. pada kening atau dahi. Baca Juga: Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dan Kombinasi Manipulatif Sepak Bola Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Sepak Bola : Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif – Sepak bola termasuk salah satu cabang olahraga permainan bola besar.

Dalam permainan ini, terdapat gerak lokomotor (berpindah tempat), nonlokomotor (tidak berpindah tempat), dan manipulatif (gerak yang melibatkan benda di luar tubuh). Apa sajakah variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam sepak bola?

Bagaimana mempraktikkan variasi gerak dasar tersebut? Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh. Berikut ini penjelasannya! Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola Bagaimana bentuk variasi gerak dasar lokomotor dalam sepak bola?

Variasi gerak dasar lokomotor menunjukkan aktivitas berpindah tempat. Variasi gerak dasar lokomotor dapat dilakukan dalam gerakan menendang, menghentikan, dan menggiring bola. 1). Melangkah dan Berlari : Aktivitas berjalan dan berlari menunjukkan pergerakan tanpa bola.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Melangkah dan berlari merupakan contoh variasi gerak lokomotor. Kamu dapat melakukan gerak melangkah dan berlari ke berbagai arah. 2). Berjalan dan Berlari Berkelok-kelok : Diskusikan variasi gerak dasar lokomotor dalam berjalan dan berlari berkelok-kelok bersama temanmu! Gunakan berbagai sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi. Jelaskan hasil diskusimu kepada teman dan guru secara santun.

3). Berlari dan Melompat : Variasi gerak dasar lokomotor ini dapat dilakukan dalam gerakan menyundul bola. Variasi gerak dasar ini diawali dengan berlari, kemudian melompat. Saat melayang di udara, ikuti ayunan lengan untuk memperoleh gaya dorong. Tujuan dari gerakan sundulan ini adalah untuk mengoper bola kepada kawan satu tim atau mencetak gol ke gawang tim lawan.

Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola 1). Menekuk dan Mengayun Kaki. Bagaimana cara melakukannya? berikut ini langkah-langkahnya : • Buka kaki selebar bahu. Satu kaki ditekuk (misalnya kaki kiri) dan kaki kanan ditarik ke belakang. • Ayunkan kaki kanan ke depan.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Pandangan ke arah depan. • Lakukan gerakan mengayun dengan kuat. Gerakan ini diikuti ayunan lengan untuk menjaga keseimbangan tubuh. 2). Berdiri, Menekuk Kaki, dan Menarik Kaki Apa yang dapat dilakukan saat menerima operan dari teman?

Menekuk dan menarik kaki, jawabannya! Langkah-langkah variasi gerak dasar nonlokomotor sebagai berikut : • Sikap awal, berdiri tegap, kaki sejajar. Pandangan lurus ke depan. • Pelaksanaannya, angkat kaki sambil menekuk lutut. • Sikap akhir, tarik kaki ke arah belakang. Gerakan ini digunakan untuk belajar menghentikan bola. 3) Meliukkan Badan ke Belakang dan Mengayunkan Badan Bagaimana cara melakukan variasi gerak meliukkan badan ke belakang dan mengayun badan ke depan?

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Dalam permainan sepak bola, variasi gerak ini tampak dalam gerakan menyundul bola. Awalnya, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Badan diliukkan ke belakang, kedua tangan diangkat di samping kepala. Ayunkan badan ke depan. 4). Berdiri dan Mengayunkan Lengan Amati saat pesepak bola melakukan lemparan bola ke dalam. Dalam gerakan ini, kamu dapat melihat variasi gerak dasar nonlokomotor. Pesepak bola tersebut berdiri, meliukkan badan, dan mengayun lengan dalam lemparan bola ke dalam.

Lakukan gerakan yang kamu amati tanpa menggunakan bola. Baca Juga: Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola 1) Menggelindingkan dan Menendang Bola Dalam sepak bola, gerakan menendang bola sangat sering digunakan.

Gerakan ini dapat diawali dengan menggelindingkan bola ke depan. Bagaimana cara melakukan variasi gerak menggelindingkan dan menendang bola? Awalnya, bola digulirkan sedikit ke depan, kemudian diikuti menendang bola. 2) Menghentikan dan Menendang Bola Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar manipulatif dalam menghentikan dan menendang bola? Pembelajaran variasi gerak dasar ini dapat dilakukan secara kelompok. 3) Menggiring dan Menendang Bola Bagaimana cara melakukan variasi gerak menggiring dan menendang bola?

Langkah-langkahnya sebagai berikut. Pertama, bentuklah kelompok yang terdiri atas 8–10 orang, misalnya kelompok C, D, dan seterusnya. Berbarislah dalam kelompok masing-masing secara tertib dan disiplin.

Siapkan tiang pancang atau corong (cone) untuk tanda garis awal (titik X) dan akhir (titik Y) sejauh 5–7 meter. Kedua, Anggota kelompok C paling depan (pemain C1) menggiring bola ke arah tiang pancang akhir (titik Y).

Pemain C1 menggunakan kaki kanan saat menggiring bola. Sesampainya di titik Y, pemain C1 menendang bola ke arah teman kelompoknya (pemain C2). Bola dihentikan oleh pemain C2 dengan kaki kanan bagian dalam. Ketiga, Pemain C2 menggiring bola menuju titik Y. Langkah-langkahnya sama seperti pemain C1. Begitu seterusnya, hingga semua anggota kelompok menerima giliran. Keempat, Lakukan latihan ini dengan variasi kaki kanan terlebih sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui, kemudian kaki kiri.

Ingat, perhatikan unsur keselamatan dan keamanan saat berlatih sepak bola. Baca Juga: Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen
SETIDAKNYA ada lima variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan sepak bola.

Mulai dari berjalan, berlari, meloncat, melompat dan menggiring bola. Gerak lokomotor sendiri merupakan gerak salah satu bagian tubuh yang dapat menghasilkan perpindahan tempat. Gerak lokomotor banyak dijumpai dalam permainan berregu dengan tujuan mencetak nilai dan menjebol pertandingan lawan. Salah satunya sepak bola. Baca Juga : Perbedaaan Gerak Dasar Lokomotor dan Non Lokomotor 1. Berjalan Untuk menghemat tenaga, pemain sepak bola juga berjalan. Mereka berjalan ketika daerah yang dijaga aman dari sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui.

Mereka selalu mengangkat kaki dan bukannya menyeret saat berjalan, serta menegakkan postur dan kepala dengan pandagan awas kedepan.
Sebutkan tiga contoh variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan sepak bola !

Jawab: (1) melangkah dan berlari, (2) berjalan dan berlari, (3) berlari dan melompat. Gerak dasar lokomotor adalah gerakan berpindah tempat. Pada permainan sepak bola terdapat gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. Gerakan lokomotor dan non lokomotor termasuk ke dalam jenis gerakan tanpa menggunakan benda. Sedangkan gerakan manipulatif adalah gerakan dengan menggunakan benda. Benda dalam sepak bola adalah bola. Oleh sebab itu, gerakan lokomotor berarti gerakan yang tanpa menggunakan bola, dan geraknnya berpindah tempat.

Hmmm, kira-kira pada saat melakukan apa ya, yang gerakannya tidak pakai bola dan prinsip geraknya berpindah tempat ?.

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Sebutkan tiga contoh variasi gerak dasar lokomotor dalam sepak bola ! Jawab: Gerak dasar lokomotor sepak bola antara lain: • Melangkah dan berlari dalam pergerakan tanpa bola.

• Berjalan dan berlari zig-zag / berkelok-kelok melewati rintangan. • Berlari dan melompat dalam jarak tertentu. Begitulah jawabannya teman-teman. Gerakan melangkah, berlari, berjalan hingga melompat adalah gerakan berpindah tempat yang gerakannya tanpa menggunakan bola makanya termasuk gerakan lokomotor. Melangkah dan berlari gerakannya ada pada saat persiapan sebelum menendang bola, kuta melangkah dan berlari terlebih dahulu sebelum bolanya kita tendang.

Gerakan melangkah dan berlarinya adalah lokomotor. Gerakan berjalan dan berlari zig-zag ada pada saat kita menggiring bola, sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui pada saat kita akan mendekati daerah pertahanan lawan dengan melewati para pemain lawan untuk bersiap menerima operan.

Sedangkan gerakan berlari dan melompat dilakukan pada saat sebelum kita menyundul bola. Pada awalnya kita berlari untuk ancang-ancang atau untuk mendekati bola atas, kemudian meloncat untuk menggapai bola dan menyundulnya.

Jadi pada intinya gerakan lokomotor adalah gerakan yang tanpa menggunakan bola dan gerakannya berpindah tempat. Hal ini disebutkan dalam rangkuman buku paket kelas 4: Rekomendasi • Yuda belajar permainan bola voli, Yuda melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor, Gerak yang dilakukan Yuda adalah (B) • Wulan dan Siti bermain bola basket, Kedua anak ini melakukan variasi gerak menggiring dan menembak bola, Jelaskan cara melakukan variasi gerak manipulatif tersebut !

(Jawabannya) • Pada permainan kasti, terdapat variasi gerak dasar manipulatif, Contoh variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan kasti adalah (D) • Angga dan teman-temannya bermain kasti, Saat bermain kasti, Angga melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor, yaitu (A) • Kemampuan gerak dasar berjalan dapat dikembangkan melalui variasi (A) • Dian bersiap melakukan variasi gerak dasar lempar bola ayun, Jelaskan sikap yang benar saat melakukan variasi gerak dasar tersebut !

(Jawabannya) Kategori Kelas IV, SD Tag Brainly, PJOK Navigasi TulisanFotokita.net - Berikut gerak lokomotor pada permainan sepak bola yang wajib kita tahu agar dapat menjawab soal tentang gerak lokotomor, nonlokomotor dan manipulatif. Gerak lokomotor bisa kita jumpai dalam aktivitas permainan.

Kita juga dapat menemukan gerak nonlokomotor dan manipulatif di dalamnya. Saat melakukan permainan, bagian tubuh akan melakukan banyak gerak dasar yang terdiri dari gerak sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui, nonlokomotor, dan manipulatif. Salah satu permainan yang menggunakan gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif adalah sepak bola. Sepak bola merupakan permainan kelompok yang sangat populer di negara kita.

Nah, melalui permainan sepak bola, kita bisa mempelajari tentang gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Apa saja contoh gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam olahraga sepak bola? Baca Juga: Contoh Gerak Lokomotor dan Nonlokomotor, Ini Pengertian Lengkapnya ARTIKEL TERKAIT • Contoh Gerak Lokomotor dan Nonlokomotor, Ini Pengertian Lengkapnya • Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan Organ Gerak Manusia dan Hewan • Ini Contoh Hewan Vertebrata dan Invertebrata dengan Cara Geraknya • Cara Berkembang Biak Kentang Beserta Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami • Ini Contoh Hewan Ovovivipar Serta Pengertian Lengkapnya, Yuk Kita Cari Tahu • Ide Pokok dan Kalimat Pengembang dalam Paragraf Kunci Jawaban Soal Kelas 5 SD Tema 1
Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola - Sepak bola termasuk salah satu cabang olahraga permainan bola besar.

Dalam permainan ini, terdapat gerak lokomotor (berpindah tempat), nonlokomotor (tidak berpindah tempat), dan manipulatif (gerak yang melibatkan benda di luar tubuh). Sebelum membahas variasi gerak dasar dalam permainan sepak bola, lakukan kegiatan berikut.

Apa saja variasi gerak dasar dalam permainan sepak bola? Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar seperti di gambar? Bagaimana bentuk variasi gerak dasar lokomotor dalam sepak bola? Berikut ini penjelasannya secara singkat dan lengkap.

Amatilah variasi gerak dasar lokomotor seperti gambar diatas. Pada gambar, tampak seorang anak berjalan dan berlari (gerak lokomotor). Aktivitas berjalan dan berlari menunjukkan pergerakan tanpa bola. Peragakan gerakan seperti gambar, kemudian jelaskan langkah-langkahnya kepada guru secara santun. Gambar diatas menunjukkan gerak melangkah dan berlari. Melangkah dan berlari merupakan contoh variasi gerak lokomotor.

Kamu dapat melakukan gerak melangkah dan berlari ke berbagai arah. b. Berjalan dan Berlari Berkelok-kelok Amati dan praktikkan diatas!

Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada teman dan guru. Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar lokomotor seperti Gambar tersebut? Diskusikan variasi gerak dasar lokomotor dalam berjalan dan berlari berkelok-kelok bersama temanmu! Gunakan berbagai sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi. Jelaskan hasil diskusimu kepada teman dan guru secara santun. c. Berlari dan Melompat Bagaimana gerak berlari dan melompat dalam permainan sepak bola?

sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui

Sebutkan variasi gerak lokomotor pada sepak bola yang kamu ketahui variasi berlari dan melompat seperti Gambar dibawah ini. Peragakan variasi gerak tersebut seperti Gambar 1.4 secara disiplin. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatan kepada guru secara santun. Variasi gerak dasar lokomotor ini dapat dilakukan dalam gerakan menyundul bola. Variasi gerak dasar ini diawali dengan berlari, kemudian melompat. Saat melayang di udara, ikuti ayunan lengan untuk memperoleh gaya dorong.

Tujuan dari gerakan sundulan ini adalah untuk mengoper bola kepada kawan satu tim atau mencetak gol ke gawang tim lawan. Bagaimana pemahamanmu terkait variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan sepak bola? Bersama temanmu, lakukan variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan sepak bola. Lakukan variasi lari berkelok-kelok dalam menggiring bola dengan percaya diri.

Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada guru secara santun. Variasi gerak lainnya : Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola dan Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola Materi Pelajaran Pelajaran PJOK
Dalam permainan sepak bola, terdapat variasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif, Contoh variasi gerak nonlokomotor (tanpa berpindah tempat) dalam permainan sepak bola adalah ( C ) meliukkan badan dan mengayun lengan.

Karena gerakan meliukkan badan tidak menyebabkan perindahan tempat, begitupun gerkaan mengayunkan lengan tidak menyebabkan berpindah tempat. Sehingga kedua gerakan tersebut adalah gerakan yang tanpa disertai perpindahan tempat / nonlokomotor. Dalam permainan bola besar, seperti sepak bola, terdapat 3 gerakan dasar yaitu: • Lokomotor = berpindah tempat.

• Nonlokomotor = tidak berpindah tempat. • Manipulatif = menggunakan benda. Yang ditanya soal adalah gerakan nonlokomotor, berarti contoh gerakan yang tidak berpindah tempat.

Dalam permainan sepak bola, terdapat variasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif, Contoh variasi gerak nonlokomotor dalam permainan sepak bola adalah D. menendang dan mengumpan bola. Penjelasan • Maksud soal: contoh gerak nonlokomotor. • Kata kunci: tidak berpindah tempat.

• Jawaban yang benar adalah C. Pada intinya, kata kunci soal ini contoh dari gerakan nonlokomotor. Berarti gerakan yang tidak berpindah tempat. Maka kita fokus saja pada pilihan yang tersedia gerakan mana yang semuanya tanpa berpindah tempat ?.

• A. melangkah dan berlari ke samping. (Lokomotor dan Lokomotor). Sekarang kita fokus aja, kata nonlokomotor udah diganti jadi TIDAK berpindah tempat Gerakan melangkah berarti berpindah tempat, yang ditanya adalah gerakan yang tidak berpindah tempat. Berarti A salah. • B. menggulirkan dan menggiring bola. (Manipulatif dan Manipulatif).

Menggulir berarti menggunkaan benda untuk menggulirkan, dalam hal ini benda tersebut adalah bola. Berarti B salah karena yang ditanya adalah gerakan yang tidak berpindah tempat, bukan yang memakai benda.

• C. meliukkan badan dan mengayun lengan. Meliukan badan, berarti badan cuma meliuk artinya gerakannya tidak beprindah tempat.

Lalu mengayun lengan juga cuma diayun, tidak berpindah tempat. Berarti kedua gerakan tersebut adalah tidak berpindah tempat. Sesuai dengan yang dimaksud soal, makanya jawaban yang benar itu C.

Jawabannya ada di halaman 8 poin D, gerakan meliukan badan dan mengayunkan lengan adalah gerakan saat kita melempar bola dari luar ke dalam lapangan. Dalam permainan sepak bola, terdapat variasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif, Contoh variasi gerak nonlokomotor dalam permainan sepak bola adalah (C) meliukkan badan dan mengayun lengan, karena gerakan ini tidak menyebabkan berpindah tempat sehingga termasuk gerak nonlokomotor. Jawaban diverifikasi BENAR. Rekomendasi • Pada permainan sepak bola terdapat variasi gerak dasar nonlokomotor, Contoh variasi gerak dasar nonlokomotor dalam sepak bola adalah (A) • Variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan sepak bola adalah (C) • Bayu bermain sepak bola bersama Martin, Bayu menggiring dan menendang bola ke arah Martin, Kegiatan tersebut menunjukkan variasi gerak dasar (B) • Apa maksud beriman kepada Allah melalui kitab suci Jelaskan !

(Jawabannya) • Sebutkan sepuluh nabi dan rasul yang kamu ketahui ! (Jawabannya) • Jika temanmu tidak menghargaimu bagaimana sikapmu kepadanya Jelaskan ! (Jawabannya) Kategori Kelas IV, SD Tag Brainly, PJOK Navigasi Tulisan

Variasi gerak lokomotor pada gerak dasar sepakbola




2022 www.videocon.com