Cara bermain rubik 4x4

cara bermain rubik 4x4

Apakah kamu seorang pemula yang sedang mencari rumus cara bermain rubik 4x4 4Γ—4 untuk menyelesaikan rubrikmu? Sebenarnya cara bermain rubik 4Γ—4 itu gampang-gampang susah. Inti nya teknik untuk bermain rubik 4Γ—4 adalah sama dengan rubik 3Γ—3. Prinsip dasar dari keduanya adalah sama, yaitu mempunyai center, edge dan corner. Berkaitan dengan rumus pun dapat dikatakan hampir sama, hanya saja pada bagian algoritmanya akan ada sedikit perbedaan rumus yang akan gunakan.

Perbedaan tersebut tampak pada kubus rubik 3Γ—3 yang memiliki 3 layer dan 1 titik center, sedangkan kubus 4Γ—4 memiliki 4 layer dan 4 titik center (2 x 2). Nah, itu lah sebabnya jika kamu ingin bermain rubik 4Γ—4, sebelumnya lebih disarankan untuk kamu mahir terlebih dahulu rubik 3Γ—3 atau paling tidak kamu bisa memahaminya di luar kepala. Jika kamu belum tahu, tidak masalah kamu dapat coba mempelajarinya terlebihn dahulu.

Apabila kamu sudah mahir, barulah setelahnya bisa melanjutkan pada level 4Γ—4. Agar kamu tidak kebingungan saat mempraktekkan rumus rubik 4Γ—4, kamu perlu memahami terlebih dahulu bagian – bagian dari rubik 4Γ—4 dan arah pergerakannya. Mengenal Istilah pada Rubik 4Γ—4 β€’ Solving = Menyelesaikan Rubik β€’ Solved = Rubik dalam kondisi selesai β€’ Algoritma = rumus rubik berbentuk notasi yang sudah tersusun dan bisa praktikan. β€’ Notasi = kode untuk setiap gerakan putar pada rubik, contoh R = sisi kanan diputar ke atas, U = sisi atas diputar ke kiri, dan sebagainya.

β€’ Piece = bagian pada rubik, ada yang disebut Center, Edge, dan Corner Arah Gerakan Rubik 4Γ—4 (4Γ—4 notations) β€’ U ( Up ) = gerakan memutar sisi atas searah dengan jarum jam. β€’ Cara bermain rubik 4x4 ( U double ) = gerakan memutar 2 sisi atas searah dengan jarum jam. β€’ U’ ( U aksen ) = gerakan memutar sisi rubik atas berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ u ( inner up ) = gerakan memutar sisi atas bagian dalam (layer ke-2 dari atas kebawah) searah dengan jarum jam.

β€’ F ( Front ) = gerakan memutar sisi depan searah dengan jarum jam. β€’ Fw ( F double ) = gerakan memutar 2 cara bermain rubik 4x4 depan searah dengan jarum jam.

β€’ F’ ( F aksen ) = gerakan memutar sisi depan berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ f ( inner front ) = gerakan memutar sisi depan bagian dalam ( layer ke-2 dari depan ) searah dengan jarum jam. β€’ L ( Left ) = gerakan memutar sisi kiri searah dengan jarum jam. β€’ Lw ( L double ) = gerakan memutar 2 sisi kiri searah dengan jarum jam. β€’ L’ ( L aksen ) = gerakan memutar sisi rubik yang kiri berlawanan dengan arah jarum jam.

β€’ l ( inner left ) = gerakan memutar sisi kiri bagian dalam ( layer ke-2 dari pinggir ) searah dengan jarum jam. β€’ R ( Right ) = gerakan memutar sisi kanan searah dengan jarum jam. β€’ Rw ( R double ) = gerakan memutar 2 sisi kanan searah dengan jarum jam. β€’ R’ ( R aksen ) = gerakan memutar sisi kanan berlawanan dengan arah jarum jam.

β€’ r ( inner right ) = gerakan memutar sisi kanan bagian dalam ( layer ke-2 dari pinggir ) searah dengan jarum jam. β€’ B ( Back ) = gerakan memutar sisi belakang searah dengan jarum jam.

cara bermain rubik 4x4

β€’ Bw ( B double ) = gerakan memutar 2 sisi belakang searah dengan jarum jam. β€’ B’ ( B aksen ) = gerakan memutar sisi belakang berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ b ( inner back ) = gerakan memutar sisi belakang bagian dalam ( layer ke-2 dari belakang ) searah dengan jarum jam. β€’ D ( Down ) = gerakan memutar sisi bawah searah dengan jarum jam. Dw ( D double ) = gerakan memutar 2 sisi bawah searah dengan jarum jam.

β€’ D’ ( D aksen ) = gerakan memutar sisi bawah berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ d ( inner down ) = gerakan memutar sisi bawah bagian dalam (layer ke-2 dari bawah ke atas) searah dengan jarum jam.

Rumus Rubik 4Γ—4 Menyelesaiakan Center Rubrik 4Γ—4 berbeda dengan rubik 3Γ—3 yang sudah ada center yang konstan (tetap), dimana center ini tidak akan berubah posisinya walaupun diputar ke arah manapun.

Sedangkan pada rubik 4 x 4 centernya dapat selalu berubah atau berpindah posisinya.

cara bermain rubik 4x4

Bagian center rubik 4Γ—4 terdiri dari 2Γ—2 piece muka kubus, dan inilah yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu satu per satu. Sebenarnya posisi center pada rubik 4Γ—4 dan rubik 3Γ—3 adalah sama. Misalnya tampak pada sisi putih, jika kamu letakkan di bagian atas, maka sisi kuningnya akan menjadi berlawanan dengan sisi putihnya. Apabila sisi biru berada di depan, maka sisi belakang akan nampak warna hijau, dan jika sisi orange berada di sebelah kiri maka sisi merah lah yang akan berada di sebelah kanan.

Mudahnya jika kamu letakkan sisi putih di atas, sisi cara bermain rubik 4x4 di bawah, maka sisi sampingnya adalah MBOH (merah, biru, orange, hijau). Oleh sebab itu, cobalah selesaikan center masing–masing sisi dengan mengikuti langkah–langkah yang tampak pada gambar di bawah ini : Menyamakan Dua Buah Pinggir yang Bersebelahan Setelah itu ada 12 buah pasang pinggir yang harus kamu samakan.

Pada rubik 4Γ—4 akan ada sepasang pinggir seperti gambar A di bawah ini, dan kamu harus menyelesaikan satu per satu pinggir–pinggirnya agar menjadi seperti pada gambar B. Silahkan kamu bisa ikuti langkahnya seperti pada gambar di bawah ini, kamu juga bebas bisa mencari kondisi yang sesuai dengan gambar rubiknya.

cara bermain rubik 4x4

Karena ada 12 buah pasang pinggir yang harus di selesaikan, jika tinggal tersisa 2 buah pasang pinggir, maka gunakan rumus rubik 4x4pada gambar berikut ini. Kamu bisa sesuaikan dengan posisi warnanya.

cara bermain rubik 4x4

Langkah ini adalah penyelesaian double edge (degde) yang terakhir. Apabila seluruh sisi yang pinggir (dedge) sudah bertemu dengan pasangannya, maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar berikut ini: Setelah itu kamu dapat menyelesaikan langkahnya menggunakan rumus 3Γ—3. Pertama kamu perlu membuat 1 buah layer, setelah itu susunlah layer keduanya.

Pada bagian ini ada sedikit perbedaan dengan rubik 3Γ—3. Jika rubik 3Γ—3 setelah tersusun layer keduanya, maka langkah selanjut nya adalah kamu dapat langsung membuat palang (+), namun pada cara bermain rubik 4x4 4Γ—4 setelah menyuusun 2 buah layernya, sebelum membentuk palang (+) kamu akan bertemu dengan kondisi seperti gambar di bawah ini. Peluang terjadinya kondisi ini adalah 50% (gambar di bawahnya dengan sisi atasnya kuning): Di samping kondisi seperti pada gambar di atas, ada juga kondisi yang akan sering terjadi (dengan peluangnya yang sama besar yakni 50%) adalah seperti pada gambar di bawah ini : Nah, seperti itulah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menyelesaikan rubrik 4Γ—4.

Setelah kamu dapat menyelesiakan dengan cara-cara di atas, selebihnya kamu dapat menyelesaikan dengan menggunakan rumus-rumus yang ada pada rubik 3x3x3. Contohnya seperti menyamakan sisi palang dengan center, Finishing I dan Finishing II. Itulah penjelasan lengkap tentang rumus rubik 4 x4 silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

MENU β€’ Home β€’ SMP β€’ Agama β€’ Bahasa Indonesia β€’ Kewarganegaraan β€’ Pancasila β€’ IPS β€’ IPA β€’ SMA β€’ Agama β€’ Bahasa Indonesia β€’ Kewarganegaraan β€’ Pancasila β€’ Akuntansi β€’ IPA β€’ Biologi β€’ Fisika β€’ Kimia β€’ IPS β€’ Ekonomi β€’ Sejarah β€’ Geografi β€’ Sosiologi β€’ SMK β€’ S1 β€’ PSIT β€’ PPB β€’ PTI β€’ E-Bisnis β€’ UKPL β€’ Basis Data β€’ Cara bermain rubik 4x4 β€’ Riset Operasi β€’ Sistem Operasi β€’ Kewarganegaraan β€’ Pancasila β€’ Akuntansi β€’ Agama β€’ Bahasa Indonesia β€’ Matematika β€’ S2 β€’ Umum β€’ (About Me) Rumus Rubik 4X4 Dengan β€œGambar Dan Video” Tercepat – TRIK Cara MENYELESAIKAN RUBIK BAGI PEMULA – Sebelum kita belajar trik trik untuk menyelesaikan teka-teki rubik, ada beberapa istilah yang perlu diketahui terlebih dahulu.

Ini Dia Arti dan Langkah langkah dalam menyelesaikan rubik akan kita persingkat sebagai berikut : Balik lagi sama ane dipembahasan mengenai rubik. Kalian semua pasti udah tau kan sebuah permainan teka-teki berbentuk kotak yang terdiri dari kotak-kotak kecil dengan berbagai macam warna. Permainan ini akan memutar otak Agan untuk bisa menyamakan warna masing-masing sisinya.

Seru banget deh mainnya, menantang! Rubik yang biasa dimainkan oleh orang kebanyakan adalah rubik 3X3 Gan. Tapi jangan salah, ternyata rubik ada bentuk yang lain Gan, salah satunya adalah rubik 4X4. Rubik 4X4 tentu lebih rumit untuk menyelesaikannya Gan. Tapi tenang aja, setelah pembahasan ane tentang rumus rubik 3X3, sekarang ane mau bocorin rumus untuk menyelesaikan 4X4 Gan. Tapi ane gaakan bahas secara rinci ya Gan, untuk cara yang sama dengan rubik 3X3 Agan bisa langsung lihat dirumus rubik 3X3.

Langsung aja Gan, ini dia : Sebelum masuk ke rumus untuk menyelesaikannya, ane mau bahas tentang inisial-inisialnya dulu ya. Kurang lebih sama aja Gan seperti 3X3, tapi karena sisinya lebih banyak, jadi ada beberapa cara bermain rubik 4x4 tambahan ya Gan.

Ini dia inisial tambahannya Gan : β€’ f = Front (sisi ke 2 dari depan) – Putar bagian ke-2 dari depan searah jarum jam. β€’ f’ = Front (depan) – Putar bagian ke-2 depan berlawanan arah jarum jam β€’ F2 = Front Double (2 sisi depan) – Putar 2 sisi bagian depan searah jarum jam.

β€’ F2’ = Front Double (2 sisi depan) – Putar 2 sisi bagian depan berlawanan arah jarum jam. β€’ b = Back (sisi ke-2 belakang) – Putar bagian ke-2 belakang searah jarum jam.

β€’ b’ = Back (sisi ke-2 belakang) – Putar bagian ke-2 belakang berlawanan arah jarum jam. β€’ B2 = Back Double (2 sisi belakang) – Putar cara bermain rubik 4x4 sisi bagian belakang searah jarum jam. β€’ B2’ = Back Double (2 sisi belakang) – Putar 2 sisi bagian belakang berlawanan arah jarum jam. β€’ r = Right (sisi ke-2 kanan) – Putar bagian ke-2 kanan searah jarum jam. β€’ r’ = Right (sisi ke-2 kanan) – Putar bagian ke-2 kanan berlawanan arah jarum jam. β€’ R2 = Right Double (2 sisi kanan) – Putar 2 sisi bagian kanan searah jarum jam.

β€’ R2’ = Right Double (2 sisi kanan) – Putar 2 sisi bagian kanan berlawanan arah jarum jam. β€’ l = Left (sisi ke-2 kiri) – Putar bagian ke-2 kiri searah jarum jam. β€’ l’ = Left (sisi ke-2 kiri) – Putar bagian ke-2 kiri berlawanan arah jarum jam.

β€’ L2 = Left Double (2 sisi kiri) – Putar 2 sisi bagian kiri searah jarum jam.

cara bermain rubik 4x4

β€’ L2’ = Left Double (2 sisi kiri) – Putar 2 sisi bagian kiri berlawanan arah jarum jam. β€’ u = Up (sisi ke-2 atas) – Putar bagian ke-2 atas searah jarum jam. β€’ u’ = Up (sisi ke-2 atas) – Putar bagian ke-2 atas berlawanan arah jarum jam. β€’ U2 = Up Double (2 sisi atas) – Putar 2 sisi bagian atas searah jarum jam. β€’ U2’ = Up Double (2 sisi atas) – Putar 2 sisi bagian atas berlawanan arah jarum jam. β€’ d = Down (sisi ke-2 bawah) cara bermain rubik 4x4 Putar bagian ke-2 bawah searah jarum jam.

β€’ d’ = Down (sisi ke-2 bawah) – Putar bagian ke-2 bawah berlawanan arah jarum jam. β€’ D2 = Down Double (2 sisi bawah) – Putar 2 sisi bagian bawah searah jarum jam. β€’ D2’ = Down Double (2 sisi bawah) – Putar 2 sisi bagian bawah berlawanan arah jarum jam. β€’ Tahap 1 Tahap pertama untuk menyelesaikan rubik 4Γ—4 adalah menyelesaikan bagian centernya terlebih dahulu.

Berbeda dengan rubik 3X3 yang centernya tetap dan ga akan bisa berubah, rubik 4X4 bagian centernya harus cara bermain rubik 4x4 terlebih dahulu Gan. Posisi warnanya harus berurutan seperti ini ya Gan. Bagian atas kuning, bawah putih, dan bagian tengahnya harus berurutan biru – merah – hijau – oranye, gaboleh ada yang ketuker ya Gan. Kalau salah, Agan gaakan bisa menyelesaikan rubik 4X4 nya nanti.

Agan bisa memulai dengan center warna putih, kemudian letakkan center putih tersebut di sisi bagian bawah. Setelah itu Agan beralih menyelesaikan center berwarna kuning dan meletakkannya di sisi bagian atas. Setelah itu baru selesaikan center 4 sisi lainnya, ingat ya urutannya harus benar Gan. β€’ Tahap 2 Setelah menyelesaikan bagian center, Agan harus menyelesaikan bagian edgenya.

cara bermain rubik 4x4

Jadi semua edge harus dipasangkan sesuai pasangannya masing-masing seperti ini ya Gan.Agan bebas mau mulai menyelesaikan edge warna apa aja tapi setelah itu simpan edge yang sudah terpasang di sisi atas terlebih dahulu, kemudian sisi bawah, jika edge sisi atas dan bawah sudah berpasangan semua, Agan bisa menempatkannya di sisi-sisi lainnya. Setelah melakukan tahap 6, Agan Sista akan mendapatkan tanda β€œ+” pada warna kuning, atau bahkan ada sisi-sisi pojok lain yang sudah terisi warna kuning juga.

Selanjutnya Gan Sis harus membuat semua sisi atas berwarna sama (kuning) seperti ini. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Rumus Kuartil, Desil, Persentil, Menghitung Simpangan Rata Rata Dan Baku Beserta Contoh Soal β€’ Tahap 8 Pada tahap ini juga ada kemungkinan yang gaakan terjadi pada rubik 3X3 Gan, yaitu 2 sisi sudah sama namun 2 sisi lainnya tertukar.

Kondisi ini harus diselesaikan dengan rumus ini Gan : r r U U r r U2 U2 r r U2 U2 U USetelah menggunakan rumus di atas, kondisinya akan sama seperti yang terjadi pada rubik 3X3. Nah, Agan bisa lanjutkan dengan rumus rubik 3X3 Gan. β€’ Tahap 9 Ini dia tahap terakhir Gan. Jika pada salah satu sisi terdapat yang warnanya sudah sama semua maka, letakkan sisi yang yang sudah memiliki warna yang sama di bagian depan dan gunakan rumus seperti rumus rubik cara bermain rubik 4x4 ya Gan.Tapi, kalau belum ada yang sama, maka Agan bisa melakukan rumusnya di sisi yang mana aja.

Pokoknya sama persis seperti rubik 3X3 Gan. Sebarkan ini: β€’ β€’ β€’ β€’ β€’ Posting pada Matematika, SMA, SMK, SMP, Umum Ditag cara bermain rubik 2x2, cara bermain rubik 3x3, cara bermain rubik 4x4, cara membuat cross rubik, cara membuat pola rubik 4x4, cara menyelesaikan rubik 3x3 part 3, cara bermain rubik 4x4 menyelesaikan rubik 3x3 tanpa rumus, cara cara bermain rubik 4x4 rubik 2x2, cara menyusun rubik 4x4 yang hancur, cara pasang rubik 4x4, download rumus rubik 3x3 pemula, rahasia bermain rubik, rubik 4x4 ikan, rubik 4x4 parity error, rubik 4x4 problem, rumus akhir rubik 3x3, rumus main rubik tercepat, rumus rubik 16, rumus rubik 2x2, rumus rubik 2x2 cepat, rumus rubik 3x3, rumus rubik 3x3 f2l, rumus rubik 3x3 lengkap pdf, rumus rubik 3x3 pdf, rumus rubik 3x3 tahap akhir, rumus rubik 3x3 yang mudah dan cepat, rumus rubik 3x3 yang mudah dipahami, rumus rubik 4x3, rumus rubik 4x4, rumus rubik 4x4 center, rumus rubik 4x4 ikan, rumus rubik 4x4 kepala banteng, rumus rubik 4x4 parity, rumus rubik 4x4 pdf, rumus rubik 4x4 tercepat di dunia, rumus rubik 4x4x4 lengkap, rumus rubik 5x5, rumus rubik ikan, rumus rubik mata 4, cara bermain rubik 4x4 rubik mudah, rumus rubik mudah dimengerti, rumus terakhir rubik 3x3, susunan warna rubik 3x3, tata cara main rubik, urutan warna rubik 3x3, video rumus rubik 4x4, warna rubik 3x3 Navigasi pos Pos-pos Terbaru β€’ Pengertian Gerakan Antagonistic – Macam, Sinergis, Tingkat, Anatomi, Struktur, Contoh β€’ Pengertian Dinoflagellata – Ciri, Klasifikasi, Toksisitas, Macam, Fenomena, Contoh, Para Ahli β€’ Pengertian Myxomycota – Ciri, Siklus, Klasifikasi, Susunan Tubuh, Daur Hidup, Contoh β€’ β€œPanjang Usus” Definisi & ( Jenis – Fungsi – Menjaga ) β€’ Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran Dan Fungsinya β€’ β€œMasa Demokrasi Terpimpin” Sejarah Dan ( Latar Belakang – Pelaksanaan ) β€’ Pengertian Sistem Regulasi Pada Manusia Beserta Macam-Macamnya β€’ Rangkuman Materi Jamur ( Fungi ) Beserta Penjelasannya β€’ Pengertian Saraf Parasimpatik – Fungsi, Simpatik, Perbedaan, Persamaan, Jalur, Cara Kerja, Contoh β€’ Higgs domino apk versi 1.80 Terbaru 2022 β€’ Contoh Soal Psikotes β€’ Contoh CV Lamaran Kerja β€’ Rukun Shalat β€’ Kunci Jawaban Brain Out β€’ Teks Eksplanasi β€’ Teks Eksposisi β€’ Teks Deskripsi β€’ Teks Prosedur β€’ Contoh Gurindam β€’ Contoh Kata Pengantar β€’ Contoh Teks Negosiasi β€’ Alat Musik Ritmis β€’ Tabel Periodik β€’ Niat Mandi Wajib β€’ Teks Laporan Hasil Observasi β€’ Contoh Makalah β€’ Alight Motion Pro β€’ Alat Musik Melodis β€’ 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran β€’ 69 Contoh Teks Anekdot β€’ Proposal β€’ Gb WhatsApp β€’ Contoh Daftar Riwayat Hidup β€’ Naskah Drama β€’ Memphisthemusical.Com
Menyamakan 2 Buah Pinggir Yang Bersebelahan Cara Bermain Rubik 4Γ—4 Untuk cara bermain rubik 4 x 4 sebenarnya gampang – gampang susah, namun ada banyak gampang nya dan juga susah nya sedikit.

Karena pada inti nya teknik untuk bermain rubik 4 x 4 adalah sama dengan rubik 3 x 3. Prinsip dasar kedua nya yaitu sama memiliki center, edge dan corner. Soal rumus nya pun dapat di katakan 80% sama, hanya saja nanti nya antara algoritma nya akan ada sedikit perbedaan rumus yang akan gunakan. Untuk perbedaan ini di sebabkan karena pada kubus rubik 3 x 3 mempunyai 3 layer dan 1 titik center.

Sedangkan kubus 4 x 4 mempunyai 4 layer dan 4 titik center ( 2 x 2 ). Maka apabila kalian ingin bermain rubik 4 x 4, sebelum nya saya sarankan kalian mahir terlebih dahulu rubik 3 x 3. Ataupun paling tidak bisa memahami nya di luar kepala. Dan jika belum tidak masalah kalian dapat mempelajari terlebih dahulu. Apabila anda sudah mahir, barulah kita lanjutkan pada level 4 x 4.

Maka baiklah seperti biasa agar tidak mengalami kebingungan ketika mempraktekkan rumus nya. Sebelum nya akan saya jelaskan bagian – bagian dari rubik 4 x 4 dan arah pergerakan nya. Bagian – Bagian dari Rubik 4 x 4 β€’ U ( Up ) = adalah gerakan memutar sisi atas searah dengan jarum jam. β€’ Uw ( U double ) = adalah gerakan memutar 2 sisi atas searah dengan jarum jam. β€’ U’ ( Cara bermain rubik 4x4 aksen ) = adalah gerakan memutar sisi rubik bagian atas berlawanan dengan arah jarum jam.

β€’ u ( inner up ) = adalah gerakan memutar sisi atas bagian dalam ( layer ke-2 dari atas kebawah ) searah dengan jarum jam. β€’ F ( Front ) = adalah gerakan memutar sisi depan searah dengan jarum jam. β€’ Fw ( F double ) = adalah gerakan memutar 2 sisi depan searah dengan cara bermain rubik 4x4 jam.

β€’ F’ ( F aksen ) = adalah gerakan memutar sisi depan berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ f ( inner front ) = adalah gerakan memutar sisi depan bagian dalam ( layer ke-2 dari depan ) searah dengan jarum jam. β€’ L ( Left ) = adalah gerakan memutar sisi kiri searah dengan jarum jam. β€’ Lw ( L double ) = adalah gerakan memutar 2 sisi kiri searah dengan jarum jam. β€’ L’ ( L aksen ) = adalah gerakan memutar sisi rubik sebelah kiri berlawanan dengan arah jarum jam.

β€’ l ( inner left ) = adalah gerakan memutar sisi kiri bagian dalam ( layer ke-2 dari pinggir ) searah dengan jarum jam.

β€’ R ( Right ) = adalah gerakan memutar sisi kanan searah dengan jarum jam. β€’ Rw ( R double ) = adalah gerakan memutar 2 sisi kanan searah dengan jarum jam. β€’ R’ ( R aksen ) = adalah gerakan memutar sisi kanan berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ r ( inner right ) = adalah gerakan memutar sisi kanan bagian dalam ( layer ke-2 dari pinggir ) searah dengan jarum jam. β€’ B ( Back ) = adalah gerakan memutar sisi belakang searah dengan jarum jam.

β€’ Bw ( B double ) = adalah gerakan memutar 2 sisi belakang searah dengan jarum jam. β€’ B’ ( B aksen ) = adalah gerakan memutar sisi belakang berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ b ( inner back ) = adalah gerakan memutar sisi belakang bagian dalam ( layer ke-2 dari belakang ) searah dengan jarum jam.

β€’ D ( Down ) = adalah gerakan memutar sisi bawah searah dengan jarum jam. Dw ( D double ) = adalah gerakan memutar 2 sisi bawah searah dengan jarum jam. β€’ D’ ( D aksen ) = adalah gerakan memutar sisi bawah berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ d ( inner down ) = adalah gerakan memutar sisi bawah bagian dalam ( layer ke-2 dari bawah ke atas ) searah dengan jarum jam.

Rumus Rubik 4Γ—4 Menyelesaikan Center Nya Berbeda dengan rubik 3 x 3 yang sudah ada center yang konstan ( tetap ). Center ini tidak akan berubah posisi nya meskipun di putar ke arah manapun. Dan untuk rubik 4 x 4 center nya akan dapat selalu berubah atau berpindah posisi nya.

Dan bagian center rubik 4 x 4 terdiri dari 2 Γ— 2 piece muka kubus, dan inilah yang harus kamu selesaikan satu per satu. Pada dasar nya posisi center pada rubik 4 x 4 dengan rubik 3 x 3 yaitu sama. Kita ambil contoh sisi putih kita letakkan di bagian atas, maka sisi kuning nya akan menjadi berlawanan dengan sisi putih nya. Sisi biru misal nya berada di depan, maka sisi belakang akan nampak warna hijau, dan jika sisi orange berada di sebelah kiri maka sisi merah lah yang akan berada di sebelah kanan.

Mudah nya, kita letakkan putih di atas, kuning di bawah, maka sisi samping nya ialah MBOH ( merah, biru, orange, hijau ). Maka selesaikan lah center masing – masing sisi dengan mengikuti langkah di bawah ini : Menyamakan 2 Buah Pinggir Yang Bersebelahan Adapun 12 buah pasang pinggir yang harus di samakan. Di rubik 4 x 4 akan ada sepasang pinggir seperti gambar A di bawah ini.

Dan kita akan menyelesaikan satu per satu pinggir – pinggir nya agar menjadi seperti pada gambar B. Maka silahkan ikuti langkah nya. Dan kamu bebas bisa mencari kondisi yang sesuai dengan gambar rubik nya.

cara bermain rubik 4x4

Kemudian setah itu, selesaikan langkah nya dengan menggunakan rumus 3 x 3. Pertama membuat 1 buah layer, kemudian menyusun layer kedua nya. Ada perbedaan sedikit dengan rubik 3 x 3. Jika rubik 3 x 3 setelah tersusun layer kedua nya, maka langkah selanjut nya adalah kalian bisa langsung membuat palang ( + ). Baca Juga : Rumus Rubik 3Γ—3 Namun pada rubik 4 x 4 seteah tersusun 2 buah layer nya, sebelum membentuk palang ( + ) kita akan bertemu dengan kondisi seperti gambar di bawah ini.

Peluang kondisi ini adalah 50% terjadi ( gambar di bawah nya dengan sisi atas nya kuning ) : Setelah bisa menyelesaikan dengan cara-cara di atas, maka selebihnya bisa di selesaikan dengan menggunakan rumus-rumus yang ada pada rubik 3x3x3.

Seperti menyamakan sisi palang dengan center, Finishing I dan Finishing II. Demikian pembahasan mengenai Rumus Rubik 4Γ—4 semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih Merdeka.com - Cara main rubik 4x4 terbilang lebih rumit daripada metode kubus rubik cara bermain rubik 4x4. Tapi jika sudah tahu cara menyelesaikan 3x3, maka Anda juga tidak akan mengalami kesulitan dengan yang satu ini.

Apalagi main rubik 4x4 cara bermain rubik 4x4 menjadi solusi mengurangi stres. Mengisi waktu jenuh dengan hal positif bagi sebagian orang. Lantaran bisa melatih otak sembari bersantai.

Permainan teka-teki bentuk kubus ini memang sudah berkembang dengan berbagai variasi. Sesuai dengan minat dan keinginan dari para pemain rubik. Semakin berkelok-kelok, maka tingkat tantangannya makin tinggi pula. Tingkat kemungkinan permutasi dalam memecahkan teka-teki, menjadi kebahagiaan tersendiri. Kubus rubik 4x4 masih bisa diselesaikan dengan mengelompokkan 4 pusat dan pasangan tepi bersama-sama. Hingga akhirnya bisa diselesaikan layaknya main rubik 3x3.

Beberapa speedcuber dapat memecahkan kubus 4x4 ini dalam waktu kurang dari 30 detik. Notasi Rubik 4x4 Sebelum melangkah pada cara main rubik 4x4, alangkah baiknya kita mengenali dulu notasi dalam memutar rotasi. Hal ini akan mempermudah dalam memecahkan teka-teki. Gunakan huruf untuk menandai rotasi pada kubus, mirip dengan notasi kubus rubik biasanya.

Dilansir dari Ruwix, belokan dalam saat memindahkan dua huruf bersama-sama.Tapi bisa menentukan belokan irisan saat memindahkan lapisan kedua saja. Seperti menggunakan notasi NxNxN resmi: BACA JUGA: Contraflow KM 28 sampai Tol Halim Berakhir, Lalu Lintas Normal Bus Terjebak One Way, Ratusan Penumpang Terlantar di Terminal Kudus ruwix.com Β©2021 Merdeka.com F - Muka depan luar searah jarum jam U '- Muka luar ke atas berlawanan arah jarum jam L2 - Putar dua kali sisi kiri wajah (180o) Fw - Gerakan blok luar: dua sisi depan menyatu searah jarum jam.

Untuk kubus rubik 4x4 karena angkanya selalu 2: 2Rw '. Tutorial lainnya menggunakan huruf kecil untuk menandai belokan ganda. f - Huruf kecil menandai putaran irisan bagian dalam. u '= Uw' U Dasar Pergerakan dalam Rubik Bagi pemula yang masih bermain rubik, alangkah baiknya membiasakan diri dengan dasar pergerakan rubik.

Hal ini sama dengan menyelesaikan rubik 3x3.

cara bermain rubik 4x4

Semakin sering bermain rubik 3x3, makan akan terbiasa dengan setiap cara bermain rubik 4x4 dan nama pergerakan ini. Lalu diterapkan untuk main rubik 4x4. β€’ R (Right): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam. β€’ R' (R aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam. β€’ L (Left): memutar sisi kiri rubik searah jarum jam. β€’ L' (L aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.

β€’ U (Up): memutar sisi atas rubik searah jarum jam β€’ U' (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam. β€’ D (Down): memutar sisi bawah rubik searah jarum jam.

β€’ D' (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam. β€’ F (Front): memutar sisi depan rubik searah jarum jam. β€’ F' (F aksen): memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam. β€’ f (F kecil): memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam. β€’ f' (F kecil aksen): memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam.

β€’ B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam. β€’ B' (B aksen): memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam. Cara Main Rubik 4x4: Langkah 1 ruwix.com Β©2021 Merdeka.com Karena 4x4 tidak memiliki bagian tengah, Anda tetap harus menentukan warna setiap wajah.

Pilih dua pusat yang berdekatan skema warna. Menghitung skema warna dari warna potongan sudut. Jika Anda memiliki logo rubik di kubus, maka ini yang harus digunakan. Selesaikan dulu pusat yang berdekatan putih dan kuning. Jika tidak menemukan sudut yang memiliki dua warna ini bersebelahan, seharusnya tetap baik-baik saja. BACA JUGA: 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian Intip Foto Lawas Ivan Gunawan dengan Tubuh Langsing, Beda Banget dan Bikin Pangling Langkah ini seharusnya tidak menjadi masalah karena tidak ada bagian yang terpecahkan.

Gunakan algoritma singkat ini untuk memasukkan bagian dari atas ke lapisan depan. Dw' Rw' Dw ruwix.com Β©2021 Merdeka.com ruwix.com Β©2021 Merdeka.com Saat permukaan putih selesai, Cobalah untuk membuat balok kuning 2x2 pada sisi berlawanan dengan permukaan putih dipindahkan ke bawah.

Dengan pusat cara bermain rubik 4x4 selesai di bagian bawah: Rw U Rw 'dan Rw U2 Rw'. BACA JUGA: VIDEO: PARAH! Ambulans Isi Wisawatan Terobos One Way di Puncak H+5 Lebaran, Arus Balik di Trans Sulawesi Mulai Padat Cara Main Rubik 4x4: Langkah 2 ruwix.com Β©2021 Merdeka.com Pindahkan pusat yang telah selesai ke sisi kiri dan kanan agar tidak menghalangi.

Bangun blok pertama lalu perhatikan skema warna untuk blok berikutnya. Gunakan algoritma yang sama seperti di atas, dengan pusat putih dan kuning di kiri dan kanan: Rw U Rw '.

Langkah 3: Memasangkan Tepi ruwix.com Β©2021 Merdeka.com Blok tengah sudah selesai dan sekarang kita harus memasangkan tepinya. Gunakan algoritma seperti gambar di atas, untuk memasang dua tepi dari tepi kiri depan dan kanan depan. Pastikan tidak ada tepi lengkap di atas bagian tepi bawah (ditandai dengan panah) karena algoritma ini akan memecahkannya.

Ketika potongan yang cocok berdampingan pada tingkat yang sama (gambar ke-3), Anda perlu membalikkan bagian kanan untuk bisa melakukan salah satu gerakan. Gambar: Kasus pertama: Uw L 'U' L Uw' Kasus kedua: Uw' R U R 'Uw Berdampingan: R U 'B' R2 Gambar di atas untuk menyelesaikan tepi terakhir: Dw R F 'U R' F Dw '. Dw R F' U R' F Dw' ruwix.com Β©2021 Merdeka.com Saat mencapai dua tepi terakhir, maka Anda tidak akan dapat menggunakan pasangan tepi yang tidak cocok di lapisan atas.

Karena semuanya telah dipasangkan. Gunakan trik R U 'B' R2 di atas jika potongan tidak sejajar dengan benar. Langkah 4: Selesaikan Seperti Rubik 3x3 Dari titik ini cara bermain rubik 4x4 menyelesaikan kubus seperti rubik 3x3, memutar lapisan luar saja. ruwix.com Β©2021 Merdeka.com Langkah 5: Kasus Paritas Saat sudah mencapai lapisan terakhir, mungkin menemukan diri Anda dalam situasi di mana kubus tampaknya tidak dapat dipecahkan.

Misalnya saat mencapai salib kuning dan satu sisi tampaknya berorientasi salah atau. Atau menemukan dua bagian di tempat yang benar saat memposisikan sudut lapisan terakhir. Lihat algoritma panjang di bawah ini: ruwix.com Β©2021 Merdeka.com Ubah orientasi 2 dan 3: r2 B2 U2 l - U2 r 'U2 r - U2 F2 r F2 - l' B2 r2 Hal yang sama tanpa gerakan irisan: Rw2 R2 B2 U2 - Lw L 'U2 Rw' - R U2 Rw R '- U2 F2 Rw R' - F2 Lw 'L - B2 Rw2 R2 Tukar 4 dan 5: Rw2 f2 U2 Fw2 - D Rw2 U2 Fw2 - U 'Fw2 L2 U2 - B2 Lw2 U Algoritma yang sama tanpa gerakan irisan: Rw2 Fw2 F2 U2 Fw2 - D Rw2 U2 Fw2 - U 'Fw2 L2 U2 - B2 Lw2 U Tukar 1 dan 4: F2 R2 B '- D' B R2 F 'U - Fw2 F L2 - f2 Lw2 - f2 l2 U' (ok) Algoritma yang sama tanpa gerakan irisan: F2 R2 B '- D' B R2 F 'U - Fw2 F L2 - Fw2 F2 Lw2 - Fw2 F2 Lw2 L2 U' [kur] 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 3 Viral Video Kuda Penarik Delman Terjatuh di Tengah Jalan, Warganet Meradang 4 Ultah ke-43, Ini 5 Potret Terbaru Sara Wijayanto Disebut Awet Muda Bak Gadis 5 Potret Cantik Alyssa Soebandono Makin Kurus, Netizen Sebut Bak Anak SMA Selengkapnya
Rumus rubik 4Γ—4.

Pernah bermain rubik? Kamu pasti tahu kan sebuah permainan teka-teki berbentuk kotak yang terdiri dari kotak-kotak kecik berbagai macam warna bernama rubik ini. Permainan ini akan memutar otak kamu untuk bisa menyamakan warna dari masing-masing sisinya. Seru banget kan pastinya? Rubik yang biasa dimainkan oleh orang kebanyakan adalah rubik 3X3. Namun jangan salah, ternyata rubik ada bentuk yang lain juga lho, salah satunya adalah rubik 4X4.

Rubik 4X4 tentu lebih rumit untuk menyelesaikannya. Tapi tenang aja, sekarang kamu bisa melihat rumus rahasia untuk menyelesaikan 4X4. Konsep Cara Mengerjakan Rubik 4Γ—4 Sebenarnya untuk menyelesaikan rubik 4X4 ini gampang-gampang susah. Gampang untuk kamu yang sudah mengusai rubik 3X3 tapi susah kalau kamu belum mahir rubik 3X3. Untuk yang belum bisa rubik 3X3, kalian bisa pelajarin dulu dengan melihat tutorial atau artikel lainnya. Untuk kamu yang sudah mahir rubik 3X3 langsung aja kita bahas konsepnya.

Intinya, rubik 3Γ—3 dan 4X4 memiliki konsep yang kurang lebih sama. Keduanya memiliki center, edge, dan corner.

Lihat berikut ini. 1. Center 2.

cara bermain rubik 4x4

Edge 3. Corner Inisial Rubik 4Γ—4 Sebelum masuk ke rumus untuk menyelesaikannya, kita bahas terlebih dahulu tentang inisial-inisialnya ya. Kurang lebih sama aja seperti 3X3, tapi karena sisinya lebih banyak, jadi ada beberapa inisial tambahan. Berikut adalah inisial tambahannya: β€’ f = Front (sisi ke 2 dari depan) – Putar bagian ke-2 dari depan searah jarum jam.

β€’ f’ = Front (depan) – Putar bagian ke-2 depan berlawanan arah jarum jam β€’ F2 = Front Double (2 sisi depan) – Putar 2 sisi bagian depan searah jarum jam. β€’ F2’ = Front Double (2 sisi depan) – Putar 2 sisi bagian depan berlawanan arah jarum jam. β€’ b = Back (sisi ke-2 belakang) – Putar bagian ke-2 belakang searah jarum jam.

β€’ b’ = Back (sisi ke-2 belakang) – Putar bagian ke-2 belakang berlawanan arah jarum jam. β€’ B2 = Back Double (2 sisi belakang) – Putar 2 sisi bagian belakang searah jarum jam. β€’ B2’ = Back Double (2 sisi belakang) – Putar 2 sisi bagian belakang berlawanan arah jarum jam.

β€’ r = Right (sisi ke-2 kanan) – Putar bagian ke-2 kanan searah jarum jam. β€’ r’ = Right (sisi ke-2 kanan) – Putar bagian ke-2 kanan berlawanan arah jarum jam. β€’ R2 = Right Double (2 sisi kanan) – Putar 2 sisi bagian kanan searah jarum jam. β€’ R2’ = Right Double (2 sisi kanan) – Putar 2 sisi bagian kanan berlawanan arah jarum jam. β€’ l = Left (sisi ke-2 kiri) – Putar bagian ke-2 kiri searah jarum jam.

β€’ l’ = Left (sisi ke-2 kiri) – Putar bagian ke-2 kiri berlawanan arah jarum jam. β€’ L2 = Left Double (2 sisi kiri) – Putar 2 sisi bagian kiri searah jarum jam. β€’ L2’ = Left Double (2 sisi kiri) – Putar 2 sisi bagian kiri berlawanan arah jarum jam. β€’ u = Up (sisi ke-2 atas) – Putar bagian ke-2 atas searah jarum jam. β€’ u’ = Up (sisi ke-2 atas) – Putar bagian ke-2 atas berlawanan arah jarum jam.

β€’ U2 = Up Double (2 sisi atas) – Putar 2 sisi bagian atas searah jarum jam. β€’ U2’ = Up Double (2 sisi atas) – Putar 2 sisi bagian atas berlawanan arah jarum jam. β€’ d = Down (sisi ke-2 bawah) – Putar bagian ke-2 bawah searah jarum jam. β€’ d’ = Down (sisi ke-2 bawah) – Putar bagian ke-2 bawah berlawanan arah jarum jam. β€’ D2 = Down Double (2 sisi bawah) – Putar 2 sisi bagian bawah searah jarum jam. β€’ D2’ = Down Double (2 sisi bawah) – Putar 2 sisi bagian bawah berlawanan arah jarum jam.

Rumus Rubik 4X4 Kali ini kita akan menggunakan warna putih untuk sisi bawahnya ya. Tahap 1 Tahap pertama untuk menyelesaikan rubik 4Γ—4 adalah menyelesaikan bagian centernya terlebih dahulu. Berbeda dengan rubik 3X3 yang centernya tetap dan tidak akan bisa berubah, rubik 4X4 bagian centernya harus dibuat terlebih dahulu.

Posisi warnanya harus berurutan seperti ini ya. Bagian atas kuning, bawah putih, dan bagian tengahnya harus berurutan biru – merah – hijau – oranye, tidak boleh ada yang tertukar ya. Kalau salah, kamu tidak akan bisa menyelesaikan rubik 4X4 ini nantinya. Kamu bisa memulai dengan center warna putih, kemudian letakkan center putih tersebut di sisi bagian bawah. Setelah itu kamu beralih menyelesaikan center berwarna kuning dan meletakkannya di sisi bagian atas.

Setelah itu baru selesaikan center 4 sisi lainnya, ingat ya urutannya harus benar. Tahap 2 Setelah menyelesaikan bagian center, kamu harus menyelesaikan bagian edgenya. Jadi semua edge harus dipasangkan sesuai pasangannya masing-masing seperti ini. Kamu bebas mau mulai menyelesaikan edge warna apa aja tapi setelah itu simpan edge yang sudah terpasang di sisi atas terlebih dahulu, kemudian sisi bawah, jika edge sisi atas dan bawah sudah berpasangan semua, kamu bisa menempatkannya di sisi-sisi lainnya.

Tahap 3 Setelah center dan edge selesai, kamu bisa mulai menggunakan rumus rubik 3X3 cara bermain rubik 4x4 biasa. Diawali dengan membuat pola β€œ+” di sisi bawah (warna putih). Tentunya di sisi yang tepat ya, dengan warna yang sesuai dengan bagian tengah sisi-sisi lainnya.

Tahap 4 Setelah bagian bawah (putih) membentuk tanda β€œ+” di sisi yang benar. Sama seperti rumus rubik 3X3, tahap selanjutnya adalah menyelesaikan sudut-sudut bagian bawah agar menjadi seperti ini. Tahap 5 Tahap selanjutnya adalah menyelesaikan layer 2 dan 3 sampai seperti ini, dengan cara meletakkan edgenya ditempatnya masing-masing ya.

Rumus untuk tahap ini juga sama seperti rumus rubik 3X3. Tahap 6 Kalau diawal kita membuat tanda β€œ+” pada sisi bawah (putih), pada tahap ini kamu membuat tanda β€œ+” pada sisi atas (kuning).

Kamu bisa menggunakan rumus yang sama pada rumus rubik 3X3. Tapi pada rubik 4X4 akan ada kemungkinan cara bermain rubik 4x4 tidak pernah terjadi di rubik 3X3. Misalnya seperti ini : Kalau kamu menemukan kondisi seperti ini, kamu bisa menggunakan rumus ini: R2 R2 B B U U L2 U U R2’ U U R2 U U F F R2 F F L2’ B B R2’ Setelah itu sisi atas akan memiliki kondisi yang sama seperti rubik 3X3, disini kamu bisa langsung menggunakan rumus yang sama pada rumus rubik 3X3.

Tahap 7 Setelah melakukan tahap 6, kamu akan mendapatkan tanda β€œ+” pada warna kuning, atau bahkan ada sisi-sisi pojok lain yang sudah terisi warna kuning juga.

Selanjutnya kamu harus membuat semua sisi atas berwarna sama (kuning) seperti ini. Tahap 8 Sisi atas sudah sama, lalu selanjutnya adalah menyamakan sisi bagian kanan dan kiri pada layer 3 seperti ini ya. Seperti membentuk letter β€œU”, untuk bisa sampai tahap ini, kamu bisa menggunakan rumus yang sama degan rumus rubik 3X3. Pada tahap ini juga ada kemungkinan yang tidak akan terjadi pada rubik 3X3, yaitu 2 sisi sudah sama namun 2 sisi lainnya tertukar.

Kondisi ini harus cara bermain rubik 4x4 dengan rumus ini: r r U U r r U2 U2 r r U2 U2 U U. Setelah menggunakan rumus ini, kondisinya akan sama seperti yang terjadi pada rubik 3X3.

Nah, kamu bisa lanjutkan dengan rumus rubik 3X3. Tahap 9 Ini dia tahap terakhir. Jika pada salah satu sisi terdapat yang warnanya sudah sama semua maka, letakkan sisi yang yang sudah memiliki warna yang sama di bagian depan dan gunakan rumus seperti rumus rubik 3X3 ya.Tapi, kalau belum ada yang sama, maka kamu bisa melakukan rumusnya di sisi yang mana aja. Pokoknya sama persis seperti rubik 3X3. Selesai Selesai deh! Gimana, seru kan? Biar semakin ahli, jangan lupa untuk menghapal dan terus berlatih dengan rumus rubik 4Γ—4 ya.

Baca juga: Penjelasan dan Rumus Interval Skala Likert
Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus rubik 4 x 4 dan pada pembahasan sebelum nya kita telah membahas soal rumus luas selimut tabung.

Dan di dalam rumus kubik 4 x 4 terdapat rumus rubik 4Γ—4 pdf, rumus rubik 4Γ—4 parity, rumus rubik 4Γ—4 tercepat beserta gambar lengkap. Cara bermain rubik 4 x 4 sebenar nya gampang – gampang susah, tapi ada banyak gampang nya dan susah nya sedikit. Karena pada inti nya teknik untuk bermain rubik 4 x 4 ialah sama dengan rubik 3 x 3. Prinsip dasar dari kedua nya adalah sama, mempunyai center, edge dan corner. Soal rumus nya pun bisa di katakan 80% sama, hanya saja nanti nya antara cara bermain rubik 4x4 nya akan ada sedikit perbedaan rumus yang akan gunakan.

Perbedaan ini di sebabkan karena pada kubus rubik 3 x 3 memiliki 3 layer dan 1 titik center sedangkan kubus 4 x 4 memiliki 4 layer dan 4 titik center ( 2 x 2 ). Nah, oleh karena itu jika kalian ingin bermain rubik 4 x 4, sebelum nya saya sarankan kalian mahir terlebih dahulu rubik 3 x 3, ataupun paling tidak bisa memahami nya di luar kepala. Dan jika belum tidak masalah kalian bisa mempelajari terlebih dahulu.

Jika kalian sudah mahir, barulah kita lanjutkan pada level 4 x 4. Baiklah seperti biasa agar tidak mengalami kebingungan saat mempraktekkan rumus nya, sebelum nya akan saya jelaskan bagian – bagian dari rubik 4 x 4 dan arah pergerakan nya. Daftar Isi : β€’ Bagian – Bagian dari Rubik 4 x 4 β€’ Arah Pergerakan dari Rubik 4 x 4 (4 x 4 notations) β€’ Rumus Rubik 4Γ—4 β€’ Menyelesaikan Center Nya β€’ Menyamakan 2 Buah Pinggir Yang Bersebelahan β€’ Share this: β€’ Related posts: Bagian – Bagian dari Rubik 4 x 4 Arah Pergerakan dari Rubik 4 x 4 (4 x 4 notations) β€’ U ( Up ) = ialah gerakan memutar sisi atas searah cara bermain rubik 4x4 jarum jam.

β€’ Uw ( U double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi atas searah dengan jarum jam. β€’ U’ ( U aksen ) = ialah gerakan memutar sisi rubik bagian atas berlawanan dengan arah jarum jam. cara bermain rubik 4x4 u ( inner up ) = ialah gerakan memutar sisi atas bagian dalam ( layer ke-2 dari atas kebawah ) searah dengan jarum jam. β€’ F ( Front ) = ialah gerakan memutar sisi depan searah dengan jarum jam.

β€’ Fw ( F double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi depan searah dengan jarum jam. β€’ F’ ( F aksen ) = ialah gerakan memutar sisi depan berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ f ( inner front ) = ialah gerakan memutar sisi depan bagian dalam ( layer ke-2 dari depan ) searah dengan jarum jam.

β€’ L ( Left ) = ialah gerakan memutar sisi kiri searah dengan jarum jam. β€’ Lw ( L double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi kiri searah dengan jarum jam. β€’ L’ ( L aksen ) = ialah gerakan memutar sisi rubik sebelah kiri berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ l ( inner left ) = ialah gerakan memutar sisi kiri bagian dalam ( layer ke-2 dari pinggir ) searah dengan jarum jam.

β€’ R ( Right ) = ialah gerakan memutar sisi kanan searah dengan jarum jam. β€’ Rw ( R double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi kanan searah dengan jarum jam. β€’ R’ ( R aksen ) = ialah gerakan memutar sisi kanan berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ r ( inner right ) = ialah gerakan memutar sisi kanan bagian dalam ( layer ke-2 dari pinggir ) searah dengan jarum jam. β€’ B ( Back ) = ialah gerakan memutar sisi belakang searah dengan jarum jam.

β€’ Bw ( B double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi belakang searah dengan jarum jam. β€’ B’ ( B aksen ) = ialah gerakan memutar cara bermain rubik 4x4 belakang berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ b ( inner back ) = ialah gerakan memutar sisi belakang bagian dalam ( layer ke-2 dari belakang ) searah dengan jarum jam.

cara bermain rubik 4x4

β€’ D ( Down ) = ialah gerakan memutar sisi bawah searah dengan jarum jam. Dw ( D double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi bawah searah dengan jarum jam.

cara bermain rubik 4x4

β€’ D’ ( D aksen ) = ialah gerakan memutar sisi bawah berlawanan dengan arah jarum jam. β€’ d ( inner down ) = ialah gerakan memutar sisi bawah bagian dalam ( layer ke-2 dari bawah ke cara bermain rubik 4x4 ) searah dengan jarum jam. Rumus Rubik 4Γ—4 β€’ Menyelesaikan Center Nya Berbeda dengan rubik 3 x 3 yang sudah ada center yang konstan ( tetap ). Center ini tidak akan berubah posisi nya walaupun di putar ke arah manapun. Sedangkan untuk rubik 4 x 4 center nya akan bisa selalu berubah atau berpindah posisi nya.

Dan bagian center rubik 4 x 4 terdiri dari 2 Γ— 2 piece muka kubus, dan inilah yang harus kamu selesaikan satu per satu.

Pada dasar nya posisi center pada rubik 4 x 4 dengan rubik 3 x 3 adalah sama. Kita ambil contoh cara bermain rubik 4x4 putih kita letakkan di bagian atas, maka sisi kuning nya akan menjadi berlawanan dengan sisi putih nya. Sisi biru misal nya berada di depan, maka sisi belakang akan nampak warna hijau, dan jika sisi orange berada di sebelah kiri maka sisi merah lah yang akan berada di sebelah kanan.

Mudah nya, kita letakkan putih di atas, kuning di bawah, maka sisi samping nya ialah MBOH ( merah, biru, orange, hijau ). Maka selesaikan lah center masing – masing sisi dengan mengikuti langkah – langkah di bawah ini : β€’ Menyamakan 2 Buah Pinggir Yang Bersebelahan Ada 12 buah pasang pinggir yang harus di samakan. Di rubik 4 x 4 akan ada sepasang pinggir seperti gambar A di bawah ini, dan kita akan menyelesaikan satu per satu pinggir – pinggir nya agar menjadi seperti pada gambar B.

Silahkan ikuti langkah nya. Dan kamu bebas bisa mencari kondisi yang sesuai dengan gambar rubik nya. Ada 12 buah pasang pinggir yang harus di selesaikan. Nah, ketika tersisa 2 buah pasang pinggir, maka gunakan rumus berikut ini.

Dan sesuaikan dengan posisi warna nya. Ini adalah penyelesaian double edge ( degde ) yang terakhir. Jika semua pinggir ( dedge ) sudah bertemu dengan pasangan nya, maka hasil nya akan tampak seperti ini : Lalu setelah ini, selesaikan langkah nya dengan menggunakan rumus 3 x 3. Pertama membuat 1 buah layer, lalu menyusun layer kedua nya.

Ada perbedaan sedikit dengan rubik 3 x 3. Cara bermain rubik 4x4 rubik 3 x 3 setelah tersusun layer kedua nya, maka langkah selanjut nya ialah kalian bisa langsung membuat palang ( + ), tapi pada rubik 4 x 4 seteah tersusun 2 buah layer nya, sebelum membentuk palang ( + ) kita akan bertemu dengan kondisi seperti gambar di bawah ini. Peluang kondisi ini adalah 50% terjadi ( gambar di bawah nya dengan sisi atas nya kuning ) : Di samping kondisi yang di atas, ada juga kondisi yang akan sering terjadi ( dengan peluang nya yang sama besar yakni 50%) ialah seperti pada gambar di bawah ini : Nah, setelah bisa menyelesiakan dengan cara-cara di atas, selebihnya bisa di selesaikan dengan menggunakan rumus-rumus yang ada pada rubik 3x3x3.

Seperti menyamakan sisi palang dengan center, Finishing I dan Finishing II. Itulah penjelasan lengkap tentang rumus rubik 4 x4 selamat mencoba dan semoga bermanfaat… Tulisan Terbaru β€’ Iklim Schmidt Ferguson β€’ Iklim Koppen β€’ Gangguan Pada Hati β€’ Iklim Fisis β€’ Sistem Sosial β€’ Contoh Masalah Sosial β€’ Kesenjangan Sosial β€’ Gangguan Pada Usus Besar β€’ Iklim Oldeman β€’ Rumus Trapesium – Pengertian, Jenis, Keliling, Luas, Beserta Contohnya β€’ Perbedaan Etika dan Moral β€’ Perbedaan Debit Dan Kredit β€’ Perbedaan CV dan PT β€’ Bagian Bagian Pada Telinga Beserta Gambar dan Fungsinya β€’ Konsep Adalah

TUTORIAL MAIN RUBIK 4X4 UNTUK PEMULA




2022 www.videocon.com