Bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 2 DAFTAR ISI PENYUSUN . 2 DAFTAR ISI . 1 GLOSARIUM . 3 PETA KONSEP . 4 PENDAHULUAN . 5 A. Identitas Modul . . 5 B. Kompetensi Dasar .

. 5 C. Deskripsi . . 5 D. Prasyarat . . 6 E. Petunjuk Penggunaan Modul . 6 F. Materi Pembelajaran .

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

. 6 KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 . . 7 A. Tujuan Pembelajaran . . 7 B. Uraian Materi . . 7 C. Rangkuman . . 11 D. Penugasan Mandiri (optional) . 11 E. Latihan Soal . . 12 F. Penilaian Diri . . 12 KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 . . 14 A. Tujuan Pembelajaran . . 14 B. Uraian Materi . . 14 C. Rangkuman . . 18 D. Latihan Soal . . 19 E. Penilaian Diri . . 19 KEGIATAN PEMBELAJARAN 3 . . 20 1.

Tujuan Pembelajaran . . 20 2. Tugas . . 20 PANDUAN PRAKTEK MANDIRI . 20 EVALUASI . 21 KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN EVALUASI . 23 DAFTAR PUSTAKA . . 26 Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 3 GLOSARIUM A akustik mengenai atau berhubungan dengan organ pendengar, suara, audio /au·dio / 1 a bersifat dapat didengar D duet / du·et/ /duét/ n gubahan musik untuk dua suara (orang) atau untuk dua alat musik; nyanyian yang dilagukan berdua atau musik yang dimainkan oleh dua orang; E ekstrinsik adalah unsur komunikasi seni pertunjukan yang berkaitan dengan konteks seni.

elektrik /elek·trik/ /éléktrik/ n listrik genre H harmoni /har·mo·ni/ n pernyataan rasa, aksi, gagasan, dan minat; keselarasan; keserasian: harus ada -- antara irama dan gerak; I intelektual /in·te·lek·tu·al/ /inteléktual/ 1 a cerdas, berakal, dan berpikiran jernih berdasarkan ilmu pengetahuan; 2 n (yang) mempunyai kecerdasan tinggi; cendekiawan; 3 n totalitas pengertian atau kesadaran, terutama yang menyangkut pemikiran dan pemahaman instrinsik adalah suatu unsur komunikasi seni pertunjukan yang menyampaikan seni itu sendiri.

K klasik /kla·sik / 1 a mempunyai nilai atau mutu yang diakui dan menjadi tolok ukur kesempurnaan yang abadi; tertinggi; 2 n karya sastra yang bernilai tinggi serta langgeng dan sering dijadikan tolok ukur atau karya susastra zaman kuno yang bernilai keka l konduktor /kon·duk·tor/ Mus pemimpin pergelaran musik dengan isyarat tangan dan tubuh untuk menyatukan ungkapan suatu karya musik; dirigen kuartet /ku·ar·tet/ /kuartét/ n 1 kelompok, kumpulan, dan sebagainya yang terdi ri atas empat; 2 komposisi musik yang terdiri atas empat instrument kuintet /ku·in·tet/ /kuintét/ n 1 komposisi musik yang terdiri atas lima instrumen atau lima suara; 2 kelompok atau regu (tentang olahraga, musik, dan sebagainya) yang terdiri atas lima orang; 3 Sas puisi (sajak) yang setiap baitnya terdiri atas lima larik M melodi /me·lo·di/ /mélodi/ n Mus susunan rangkaian tiga nada atau lebih dalam musik yang terdengar berurutan secara logis serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan: terdenga r suara -- gitar mengiringi sebuah lagu kenangan musikus /mu·si·kus/ n orang yang mencipta, memimpin, atau menampilkan musik; pencipta atau pemain musik O orkestra /or·kes·tra/ /orkéstra/ n orkes R ritme /rit·me / n irama S simfoni /sim·fo·ni/ n musik yang ditulis untuk orkes lengkap ( biasa nya terdiri atas empat bagian) simbolis /sim·bo·lis/ a sebagai lambang; menjadi lambang; mengenai lambang: lukisan T trio n 1 gubahan lagu (musik) untuk tiga suara atau tiga alat musik; 2 tiga serangkai pemain (penyan yi dan sebagainya); 3 sekawan (serangkai) yang terdiri atas tiga orang: V visual /vi·su·al/ a dapat dilihat dengan indra penglihat (mata); berdasarkan penglihatan: Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 5 PENDAHULUAN A. Identitas Modul Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas : XI Alokasi Waktu : 3 X (2 Jam Pelajaran) Judul Modul : Pertunjukan Musik Barat B. Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar dan IPK 3.3 Menganalisis Hasil Pertunjukan Musik Barat 3.3.1.

Mengidentifikasi alat musik dan unsur - unsur musik pada pertunjukan instrument orchestra secara langsung atau melalui media audio visual 3.3.2. Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra 3.3.3. Mengidentifikasi alat musik, dan unsur - unsur musik pada pertunjukan solo secara langsung atau melalui media audio visual 3.3.4.

Me ndeskripsikan hasil analisis pertunjukan solo 3.3.5. Mengidentifikasi alat musik dan unsur - unsur musik pada pertunjukan brass band secara langsung atau melalui media audio 4.3 Membuat tulisan tentang musik barat 4.3.1.

Membuat tulisan hasil analisis pertunjukan instrument brass band 4.3.2. Mempresentasikan tulisan hasil analisis pertunjukan instrument brass band C.

Deskripsi Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian seni oleh bunyi yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh penonton. Bentuknya berupa struktur seni suara yang biasa nya berwujud me lodi, ritme, harmoni. Serta lirik lagu berupa pesan yang terdengar dari ungkapan. Unsur struktur lagu yang merupakan seni suara akan berpengaruh terhadap rasa musikal, sedangkan unsur isinya yang berwujud pesan akan berpengaruh terhadap pikiran intelektual pendengarnya.

Unsur struktur musikal bersifat universal, sedangkan unsur pesan lirik harus mengacu dan bersumber pada norma, etika, dan moral yang bersifat lokal. Sebagai bentuk penyampaian maksud aspek komunikasi dalam seni pertunjukan amat sangat penting, tujuan, makna atau pesan dari pertunjukan tersebut. Seni pertunjukan merupakan media yang di dalamnya terdapat unsur instrinsik dan ekstrinsik yang mampu berkomunikasi dengan penonton.

Unsur instrinsik adalah suatu unsur komunikasi seni pertunjukan yang menyampaikan seni itu sendiri. Dalam kaitan ini, komunikasi seni pertunjukan akan menyampaikan pengalaman estetis, menyampaikan pesan keindahan dari suatu pertunjukan seni musik dan gabungan unsur - unsur panggung yang lain. Sementara unsur ekstrinsik adalah unsur komunikasi seni pertunjukan yang berkaitan dengan konteks seni.

Pertunjukan musik dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga seseorang akan hanyut oleh alunan suara musik.

Penyajian pert unjukan musik dalam waktu yang tepat dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin yang luar biasaperasaan senang, dan gembira.

Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 6 D. Prasyarat Sebelum mempelajari materi ini diharapkan peserta didik telah menguasai kons ep musik barat. E.

Petunjuk Penggunaan Modul 1. Modul ini sesuai dengan KD 3.3 KD 4.3 pada Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor No. 018/H/KR/2020 2. Bacalah uraian materi dan sumber belajar lainnya yang sesuai dengan topik. 3. Kerjakan tugas dan latihan yang ada dalam modul.

4. Lakukan penilaian diri. 5. Kerjakan soal yang terdapat pada modul untuk pendalaman materi. F. Materi Pembelajaran Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalam nya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

Pertama : Penerapan konsep Kedua : P emahaman konsep Ketiga : Karya tulis Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 7 KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 BENTUK – BENTUK PERTUNJUKAN MUSIK BARAT A.

Tujuan Pembelajaran Setelah kegiatan pe mbelajaran1 ini kalian diharapkan memiliki kemampuan: 1. M engidentifikasi alat musik dan unsur - unsur musik pada pertunjukan instrument orchestra secara langsung atau melalui media audio visual 2. M endeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra 3. M engidentifikasi alat musik, dan unsur - unsurmusik pada pertunjukan solo secara langsung atau melalui media audio visual 4.

M endeskripsikan hasil analisis pertunjukan solo B. Uraian Materi A. Bentuk - bentuk Pertunjukan M usik B arat 1. Pertunjukan musik tunggal, yaitu bentuk pertunjukan musik yang hanya menampilkan seorang musikus dalam bernyanyi ataupun dalam memainkan alat musik tertentu.

Sebagai contoh, apabila kalian mempertunjukan seni vocal seorang diri, mempertunjukan permainan gitar seorang diri, mempertunjukan piano seorang diri, mempertunjukan seni musi organ, biola, saksopon, drum, dan lain sebagainya secara mempertunjukan seni musik tersebut seorang diri. Berikut ini adalah contoh memainkan alat musik tunggal Gambar 1 : M emainkan musik tungg al gitar Sumber : https://www.huffpost.com/ G ambar 2 : Memainkan musik tunggal biola Sumber : https://www.pinterest.com/pin/52804712504 1233704/ Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 8 2. Pertunjukan kelompok musik terbatas Gambar 3 : Tiga orang sedang memainkan musik Sumber : http://www.bryanreesman.com/ Kalian tau apa yang dimaksudkan dengan pertunjukan musik terbatas? Nah pertunjukan musik terbatas adalah pertunjukan seni musik dari sekelompok pemusik, baik itu musik vocal dalam bentuk duettrio, kuartet, kuintet atau paduan suara (koor), atau pertunj ukan musik dari sekelompok pemusik yang mempertunjukan permainan alat musik sampai dengan bentuk kelompok ansambel terbatas, sifat dari pertunjukan musik seperti ini tidak jauh berbeda dari pertunjukan musik sebelumnya, yakni terkesan formal dan penonton h arus benar - benar disiplin Berikut contoh pertunjukan sekelompok pemain alat musik Kwartet G ambar 4 : Seorang konduktor sedang memandu pemusik oschestra Sumber : https://finearts.uky.edu/music/ensembles/uk - symphony - orchestra 3.

Pertunjukan Musik Orchestra Berikutnya kita mengenal bentuk pertunjukan Orkestra, kalian tahu apa itu orkestra? Nah. pertunjukan musik Orchestra pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai sekelo mpok musisi yang memainkan alat musik klasik bersama - sama.

Sebuah orkestra bahkan bisa memiliki lebih dari seratus pemusik, bisa kalian bayangkan, banyak sekali bukan?. Orkestra besar dikenal sebagai orkestra simfoni atau orkestra philharmonic, sedangkan o rkestra kecil dengan tiga puluh sampai empat puluh pemain musik dikenal sebagai Tine Thing Helseth - A. Marcello: Concerto in C Minor dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah… 1: Andante e spiccato https://youtu.be/RItgSHRgyks Most beautiful soundtrack sung by Angelic soprano in Angelic Language https://youtu.be/wRbiO958ai8 Beethoven String Quartet Op.

132 in A Minor - Ariel Quartet (full) https://youtu.be/FUob2dcQTWA Yamko Rambe Yamko, arr Agustinus Bamban Jusana https://youtu.be/vNfvnmLwNhQ Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 9 orkestra kamar.

Kalian juga harus tahu bahwa Orkestra itu umumnya dipimpin oleh seorang konduktor yang mengarahkan pertunjukan dengan gerakan - gerakan tangannya N ah disini kali an lihat contoh pertunjukan musik orchestra a.

Petunjukan Musik E lektrik Gambar 5 : Peralatan elektrik yang digunakan dalam bermain musik. Sumber : https://www.pngegg.com/id/png - dbrec/download Pertunjukan musik elektrik, kalian lihat ada kata elektik disini, kira - kira bagaimana bentuk pertunjukan musik menurut kalian. ya betul. pertunjukan musik elektrik adal ah suat u penyajian pertunjukan musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat - alat musik elektrik yang berkekuatan tinggi.

Pertunjukan musik elektrik berkekuatan tinggi ini sangat berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang hanya ditampilkan di dalam ru ang tertutup, pertu njukan jenis musik ini biasa nya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang.

Penyajian dan kelompok - kelompok band ternama pada umumnya menggunakan bentuk pertunjukan musik seperti ini. Sifat dari per tunjukan musik ini tidak formal dan penonton boleh saja berteriak - teriak atau ikut menyanyi bersama penyanyi yang sedang tampil di atas pentas. N ah kita lihat contoh pertunjukan musik Elektrik: 4.

Pertunjukan musik barat dalam memiliki beberapa tujuan: 1. Media Religius HALO - HALO BANDUNG. Cipt. Ismail M. / Arr: Addie MS https://youtu.be/vBFPCfW8MuQ BOHEMIAN RHAPSODY MOVIE 2018 [ LIVE AID COMPLETE SONGS https://youtu.be/8z6wJHPhJUM Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 10 Gambar 6 : Pertunjukan musik sebagai media religious Sumber : https: https://www.youtube.com/watch?v=3frfPcnZ2XQ Pertunjukan musik barat media Religius adalah, musik yang diciptakan dan dipertunjukan pada acara - acara khusus agar mampu meningkatkan keyakinan mereka dalam melaksanakan kegiatan upacara keagamaan.

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

2. Media Simbol is Pertunjukan musik barat Tujuan simbolis adalah pertunjukan seni musik yang dalam sajian atau pertunjukannya bertujuan untuk menanamkan penghormatan pada simbol - simbol kebanggaan terhadap sesuatu yang besar, seperti bangsa dan negara. Sebagai contoh p ertunjukan seni musik yang membawakan lagu - lagu kebangsaan, lagu - lagu perjuangan, lagu organisasi/perkumpulan tertentu, lagu - lagu pujian untuk pahlawan, dan sejenisnya.

3. Pendidikan karakter Gambar 7 : Musik sebagai sarana pendidikan karakter Sumber : http://doremifoundation.blogspot.com/ Dengan pertunjukan seni musiknilai - nilai moral dan e tika ditanamkan kepada penikmat seni. Pendidikan karakter seperti perilaku sopan, halus, hormat kepada orang tua, cinta keindahan, menyayangi tanaman bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi binatang, patuh kepada guru, norma - norma kehidupan bermasyarakat, bahkan ditanamkan melalui pertunjukan musik.

4. Media Kreatif Pertunjukan seni Musik juga disajikan dengan tujuan un tuk unjuk dan uji kreativitas. Pertunjukan musik ini sekaligus untuk uji kreativitas, apakah karya pertunjukan seni musik yang ditampilkan mendapat sambutan atau tidak. Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 11 5. Rekreatif Tujuan rekreatif adalah tujuan untuk mencari dan memberikan hiburan. Salah satu tujuan pertunjukan seni musik adalah tujuan r ekreatif, yaitu untuk tu juan hiburan. Karya pertunjukan seni musik yang pen yajiannya semata untuk hiburan. 6. Tujuan komersial Pertunjukan seni musik ini bertujuan untuk memperoleh keuntungan finansial, baik bagi penciptanya, penyanyinya, maupun penyelenggaranya.

Untuk tujuan komers ial ini, pertunjukan seni musik dapat disajikan dan dipertunjukkan di atas panggung indoor atau outdoorbisa pula dengan penya jian melalui rekaman audio, video, atau audio visual. Gambar 8 : Pertujukan musik sebagai sarana komersial Sumber : https://www.blackpoolsignsandgraphics.co.uk/ C.

Rangkuman Pesan - pesan dan makna atas seni pertunjukan seni musik yang dipergelarkan akan efektif dapat berkomunikasi dengan penonton apabila disampaikan dengan cara berkomunikasi yang baik. Karena p ertunjukan seni musik merupakan media yang di dalamnya terdapat unsur instrinsik dan ekstrinsik yang mampu berkomunikasi dengan penonton.

Unsur instrinsik adalah suatu unsur komunikasi seni pertunjukan yang menyampaikan seni itu sendiri. Dalam kaitan ini, komunikasi seni pertunjukan akan menyampaikan pengalaman estetis, menyampaikan pesan keindahan dari suatu pertunjukan seni. Seni pertunjukan akan menyampaikan sesuatu yang diangkat oleh seni pertunjukan, baik dalam ranah psikologis, politik, budaya, kehidu pan sosial, dan lain - lain melalui elemen - elemen simbolis yang ada dalam seni pertunjukan.

Pertunjukan musik dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga seseorang akan hanyut oleh alunan suara musik. Penyajian pertunjukan musik dalam waktu yang tep at dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin yang luar biasaperasaan senang, dan gembira dan sesuai dengan tujuan dari pertunjukan seni musik tersebut diselenggarakan.

D. Penugasan Mandiri (optional) Amatilah gambar - gambar, atau audio visual secara langsung atau melalui media audio visual pertunjukan instrument musik solo dan pertunjukan musik orchestra yang ada diatas.

Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 12 Setelah anda saksikan, berdasarkan gambar - gambar atau audio visual ya n g anda saksikan, cobal ah identifikasikan serta deskripsikan hasil analisis anda terhadap pertunjukan musik solo dan pertunjukan musik orchestra yang anda simak ! E. Latihan Soal Kerjakan latihan soal berikut ini dengan seksama.

1. Sebutkan ciri karakteristik Pertunjukan musik elektri k ! Alternatif Jawaban: Yaitu pertunjukan musik dengan peralatan berkekuatan tinggi yang berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang ditampilkan di dalam ruang tertutup, pertunjukan jenis musik ini biasa nya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah p enonton yang bisa mencapai ribuan orang.

2. Jelaskan ciri karakteristik Pertunjukan musik solo ! Alternatif Jawaban: yaitu bentuk pertunjukan musik yang hanya menampilkan seorang musikus dalam bernyanyi ataupun dalam memaink an alat musik tertentu. contoh nyap ertunjukan seni vocal seorang diri, mempertunjukan permainan trompet seorang diri, mempertunjukan piano seorang diri, 3. Menurut kalian bentuk pertunjukan musik yang yang berfungsi sebagai media komersial !

Alternatif jawaban : Pertunjukan seni musik yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan finansial, baik bagi penciptanya, penyanyinya, maupun penyelenggaranya. 4.

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

Pertunjukan musik barat dalam memiliki beberapa tujuan, Menurut kalian bentuk pertunjukan musik apa yang cocok dipergelarkan disekolah kali an ? Berikan alasannya !

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

Alternatif jawaban: Bentuk pertunjukan seni musik bertujuan karakter, karena dalam pertunjukan musik karakter ini kita menanamkan nilai - nilai moral dan etika kepada penikmat seni. Pendidikan karakter seperti perilaku sopan, halus, hormat kepada orang tua, cinta keindahan, menyayangi tanaman dan binatang, patuh kepada guru, norma - norma kehidupan bermasyarakat.

5. Dari hasil mengamati visual atau audio visual anda, coba jelaskan ciri - ciri dari musik pertunjukan orchestra menurut pengama tanmu ! Alternatif Jawaban : Pertunjukan musik orkestra ini, memiliki sifat formal dan disiplin tinggimelibat kan banyak pemusik, dan biasa dihadiri oleh jumlah penonton yang jauh lebih besar dari dapa pertunjukan musik lainnya, menampilkan musikus andal dalam jumlah besar, bahkan bisa mencapai 100 - an pemusik.

P er tunjukan musik membutuhkan gedung pertunjukan yang khusus. F. Penilaian Diri No Pernyataan Ya Tidak Alasan Anda 1. Saya mampu m engidentifikasi alat - alat musik pada pertunjukan orkestra secara langsung atau melalui media audiovisual 2. Saya mampu mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra 3. Saya mampu mengidentifikasi alat musik, dan unsur - unsur musik pada pertunjukan Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 14 KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 - JENIS PERTUNJUKAN MUSIK BARAT A. Tujuan Pembelajaran Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini kalian diharapkan memiliki kemampuan: 1. Mengidentifikasi alat musik dan unsur - unsur musik pada pertunjukan instrument orchestra secara langsung atau melalui media audio visual 2. Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra 3. M engidentifikasi alat musik dan unsur - unsur musik pada p ertunjukan brass band secara langsung atau melalui media audio B.

Uraian Materi Pertunjukan Musik Barat Ditinjau dari ragam je nis alat musik yang dimainkan dalam pertunjukan musik baratada beber a pa kelompok pertunjukan musik yaitu, pertunjukan musik solo, bentuk pertunjukan kelompokdan ansambel campura n. Ansambel berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti rombongan musik (kelompok musik ). Secara garis besar ansambel dapat diartikan sebagai bermain musik secara bersama - sama de ngan menggunakan alat musik tertentu.

Berdasarkan penyajiannya ansambel musik dibagi menjadi dua yaitu ansambel musik sejenis dan amsambel musik campuran. Kata ansambel berasal dari bahasa Perancis ansambel memiliki arti rombongan musik. Sedangkan untuk pengertian ansambel menurut kamus musik adalah kelompok. Kegiatan musik dengan jenis kegiatan. Disimpulkan bahwa pengertian musik ansambel adalah bermain musik secara bersama - sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu dan juga mem ainkan lagu - lagu dengan aransemen sederhana.

Jenis pengelompokan musik ansambel di dalam pengelompokan musik ansambel dibedakan menjadi tiga macam. Adapun pengelompokan musik ansambel ini dikelompokkan dengan berdasarkan penyajian musiknya, berdasarkan per anan serta Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 15 fungsi alat - alat musik serta juga dengan berdasarkan golongan alat musiknya.

Dibawah ini merupakan penjelasannya a) Musik Ansambel Sejenis Ansambel musik sejenis merupakan ansambel yang menggunakan alat musik sejenis, Alat musik yang digunakan dapa t berupa alat - alat musik ritmis atau melodis misalnya gitar, trumpet, rekorder, pianika, atau alat - alat musik ritmis seperti drum, tamborin dan sebagainya.

Gambar 9 : Pementasan musik ansemble sejenis dangan alat gitar Sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/ansambel/ 1) Ansambel Perkusi Ansambel perkusi dimainkan dengan alat - alat musik perkusi.

Di Indonesia cukup banyak ansambel perkusi, misalnya rampak gendang, rebana, drumband, marching band, gandang, dan lain - lain. Yuk kita lihat contoh video ansambel perkusi. Gambar 10 : Penampilan permainan musik ansamble perkusi Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Percussion_ensemble Royal Marines Corps of Drums & Top Secret Drum Corps - MFM 2017 https://youtu.be/_pe6r06EIz0 Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 16 2) Ansambel tiup (Brass Band) adalah ansambel yang seluruh instrumen musiknya terdiri atas alat - alat musik tiup. Termasuk alat musik tiup adalah recorderflutetrompet, saksofon, trombon, klarinet, oboe, fre nch horn. TrompetTrompet dapat dimainkan oleh semua orang. Syaratnya memiliki napas yang panjang dan kuat. French Hornmerupakan keluarga alat musik tiup logam.

Biasa nya dimainkan dalam ansambel atau orkestra musik klasik. Juga sering dimainkan sebagai seksi tiup dalam marching band. Klarinetadalah instrumen musik dari keluarga alat musik tiup.

Namanya diambil dari clarino (Italia) yang berati trompet dan akhiran - et yang berarti kecil. Disini kalian bisa melihat contoh dari pertunjukan musik brass band atau ansambel tiup.

Gambar 10 dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah… Penampilan musik ansamble tiup Sumber : https://pxhere.com/id/photo/1015134 3) Ansambel Gesek Ansambel gesek merupakan ansambel dengan kelompok alat musik gesek, seperti violin, biola, cellocontra bass. CelloCello adalah sebutan singkat dari violoncello, merupakan sebuah alat musik gesek dan anggota dari keluarga biola. Orang yang memainkan cello disebut cellis.

Cello memberikan suara yang megah karena nadanya yang rendah. Ukuran cello lebih besar daripada biola atau viola, namun lebih kecil daripada bass.

cello dimainkan dalam posisi berdiri di antara kedua kaki pemain yang duduk, dan ditegakkan pada sepotong metal yang disebut endpin. 4) Kuartet Gesek Black Dyke Band - Brass - Gala 2018 (Full Concert) https://youtu.be/w1sB_Pj_Q7Q Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 17 Dalam ansambel gesek, terdapat kelompok yang populer, yaitu kuartet gesek. Kuartet gesek merujuk pada sebuah kelompok yang terdiri atas 2 (dua) bi ola, 1 (satu) viola dan 1 (satu) cello. Disini kalian bisa melihat contoh dari pertunjukan musik kwartet gesek.

Gambar 11 : Tampilan musik ansamble gesek Sumber : http://veman96.blogspot.com/2015/04 Beethoven String Quartet Op.59 No.1 "Razumovsky" https://youtu.be/oXLKu - HglnM Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 18 5) Ansambel Petik (Gitar) Ansambel petik (gitar) tentu yang dimainkan adalah gitar semua. Sebagaimana namanya, ansambel gitar menggunakan dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah… utama gitar. Disini kalian bisa melihat contoh dari pertunjukan musik ansambel petik. Gambar 12 : Tampilan musik ansamble gitar Sumber : https://www.jurnalasia.com/wp - content/uploads/2018/03/FOTO - HL - 2.jpg b) Musik ansambel campuran.

Musik ansambel campuran ini merupakan bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau juga bermacam - macam jenis alat musik contohnya dari musik ansambel campuran ini ialah biola, cello, viola, contra bass, juga simbal.

Pada ansambel campuran terdapat a lat musik harmonis adalah alat musik yang berfungsi sebagai melodis dan juga sekaligus ritmis. Alat musik harmonis pada ansambe l campuran mampu menghasilkan nada dan juga dapat dimainkan sebagai pengiring dalam paduan nada atau yang lazim disebut akor.

Alat musik harmonis, selain dapat dimainkan secara solo, karena sifatnya yang sekaligus dapat untuk mengiringi irama lagu, dapat pula dimainkan untuk mengiringi permainan alat musik yang lain dalam sebuah orchestra. Disini kalian bisa melihat contoh dari pertunjukan musik orchestra. A. Rangkuman Aspek komunikasi dalam seni pertunjukan amat sangat penting sebagai bentuk penyampaian maksud, tujuan, makna atau pesan ragam yang disampaikan melalui berbagai pertunjukan m usik baik vocal maupun berbagai jenis alat musik yang dimainkan.

Dalam keberagaman pertunjukan musik barat, ada beber a pa kelompok pertunjukan musik yaitu, musik vocal, ansambel sejenis, ansambel campuran, dan orchestra, y ang dari pertunjukan tersebut merupakan suatu penyajian seni oleh bunyi yang berkualitas untuk dapat didengar dan di nikmati oleh penonton.

Maka pertunjukan musik ditampi lkan dalam paduan bentuk dan alat dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…. Bentuknya berupa struktur seni suara yang biasa nya berwujud melodi, ritme, dan harmoni.

Sedangkan isinya berupa pesan yang terdengar dari ungkapan melodi lagu atau lirik lagu. Unsur struktur lagu yang merupakan seni suara akan berpengaruh terhadap rasa musikal, sedangkan unsur isinya yang berwujud pesan akan berpengaruh t erhadap pikiran intelektual pendengarnya. Inilah Ansambel Gitar - Mission Impossible (Main Theme) https://youtu.be/aVGmeO4XmPs Beethoven Symphony No. 9 - Mvt. 4 - Barenboim/West - Eastern Divan Orchestra https://youtu.be/ChygZLpJDNE Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 19 Unsur struktur musikal bersifat universal, sedangkan unsur pesan lirik harus mengacu dan bersumber pada norma, etika, dan moral yang bersifat lokal.

Oleh karena itu, sajian dalam pertunjukan seni musik harus memper timbangkan kedua hal itu dengan bijak. D. Latihan Soal Kerjakan latihan soal berikut ini dengan seksama. 1. Sebutkan ciri karakteristik Pertunjukan ansambel petik, ! Alternatif Jawaban: pada pertunjukan ansambel petik rata - rata sebagian besar instrument yang d imainkan adalah intrumen petik, biasanya instrument utama yang digunakan instrumen adalah gitar.

2. Jelaskan ciri karakteristik p ertunjukan musik ansambel campuran ! Alternatif jawaban: Musik ansambel campuran yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik contohnya, cello, viola, contra bass, juga simbal. 3. Jelaskan ciri - ciri karakteristik pertunjukan brass band ! Alternative jawaban: adalah ansambel yang seluruh instrumen musiknya terdiri golongan alat - alat musik tiup. 4. Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai instrument ritmis!

Alternatif Jawaban: y aitu instrumen musik yang hanya dapat menghasilkan bunyi atau suara yang dalam pertunjukan musik berfungsi sebagai pengatur irama lagu 5.

Dari hasil mengamati visual atau audio v isual anda, coba jelaskan ciri - ciri dari musik pertunjukan orkestra menurut pengamatanmu ! Alternatif Jawaban : bentuk pertunjukan Orkestra terdiri dari s ekelompok musisi yang memainkan alat musik klasik bersama - sama. Bentuk penyajian musiknya yang menggunakan berbagai jenis alat musik atau contohnya dari musik ansambel campuran E. Penilaian Diri No Pernyataan Ya Tidak Alasan Anda 1.

Saya mampu mengidentifikasi alat musik dan unsur - unsur musik pada pertunjukan instrument orchestra secara langsung atau melalui media audio visual 2. Saya mampu mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orchestra 3. Saya mampu mengidentifikasi alat musik dan unsur - unsur musik pada pertunjukan brass band secara langsung atau melalui media audio Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 20 KEGIATAN PEMBELAJARAN 3 ANALISIS PERTUNJUKAN MUSIK BARAT 1. Tujuan Pembelajaran Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini kalian diharapkan memiliki kemampuan: 1. M embuat tulisan hasil analisis pertunjukan instrument brass band berdasarkan pengamatan 2. M embuat tulisan hasil analisis pertunjukan instrument brass band berdasarkan pengamatan 3. Mempresentasikan tulisan hasil analisis pertunjukan instrument brass band 2.

Tugas Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran I dan II, maka kalian diharapkan dapat menulis dan menyajikan hasil analisis pertunjukan musik barat. Kerjakan praktek mandiri dengan seksama, dan penuh tanggung jawab. PANDUAN PRAKTEK MANDIRI Mata Pelajaran : Seni Budaya (Musik) Kelas : XI Kompetensi Dasar : 3.3 Menganalisis Hasil Pertunjukan Musik Barat 4.3 Membuat tulisan tentang Pertunjukan Musik B arat 1. Setelah mempelajari modul pertunjukan seni musik barat KD 3.3 carilah pertunjukan musik barat yang bi s a diamati secara langsung maupun melalui you tube channel.

2. Lakukanlah ana lisis terhadap seni pertunjukan musik barat Solo, Orkestra dan Brass Band tersebu t dengan teliti dan isilah tabel data berikut ini, seperti contoh : 3. P resentasikan hasil analisis pertunjukan musik barat yang telah kalian lakukan dan berikan penjelasan secara detail. 4. Untuk pembelajaran luring, presentasikan di depan kelas. No Nama Pertunju kan Musik (link) Group/musisi /pemain Bentuk pertunjukan Bentuk penyajia n Struktur pertunjuka n Conto h 1.

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

https://y outu.be/ RItgSHRg yks Tine Thing Helseth Solo Instrumen Symphoni Pertunjukan Indoor 2. 3. Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 21 5. Untuk pembelajaran jarak jauh buatlah video presentasi dan kumpulkan ke bapak/ibu guru melalui media yang sudah disepakati.

6. U ntuk daerah 3 T persiapkan sebaik mungkin materi presentasi, dan presentasikan pada saat B apak/Ibu guru data ng berkunjung. No Kriteria Penilaian 1. Kelengkapan informasi 2. Kemampuan menyampaikan informasi 3. Penggunaan media 4. Penampilan E VALUASI 1. Perhatikan gambar di bawah ini nama instrument yang tergolong idiophone pada gambar tersebut adalah . A. C ello B. T rombone C. B iola D. T rompet E. G itar 2. Bentuk p ertunjukan musik barat yang pada dasarnya didefinisikan sebagai sekelompok musisi yang memainkan alat musik klasik bersama - sama bahkan bisa memiliki lebih dari seratus pemusik adalah pertunjukan musik .

A. P ertunjukan musik orchestra B. Kesiapan, keterampilan dan motivasi pertunjukan musik terbatas C. P ertunjukan musik tidak terbatas D. P ertunjukan musik elektrik E. P ertunjukan musik ansambel sejenis 3. Pertunjukan Seni Musik yang hanya dihasilkan oleh suara alat musik saja disebut. A. Musik vokal B. Musik campuran C. Musik asli D. Musik tradisional E. Musik instrumen Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 22 4. Bentuk pertunjukan musik y ang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah. A. Penyajian musik tunggal B. Penyajian musik duet C. Penyajian orchestra D. Penyajian kelompok musik terbatas E. Penyajian musik elektrik 5. Perhatikan gambar - gambar instrument musik dibawah ini. Alat musik yang termasuk kedalam golongan pertunjukan musik kelompok brass band adalah.

A B C D E 6. Untuk melihat musik fungsional dalam kehidupan sehari - hari, kita dapat menjum pai istilah - istilah bentuk bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi. Lagu yang berfungsi untuk mengobarkan semangat, atau lagu yang menggambarkan kepahlawanan termasuk dalam kelompok.

A. Lagu upacara B. Lagu hiburan C. Lagu pendidikan D. Lagu keagamaan E. Lagu perjuangan 7. Pertunjukan musik dit injau dari keragaman i nstrument, contoh gambar di bawah ini tergolong kelompok. A. Ansambel sejenis B. Ansambel tiup C. Ansambel campuran D. Ansambel gesek Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 23 E.

Ansambel perkusi 8. Pertunjukan music yang hanya dimainkan oleh tiga orang pemain atau penyanyi saja disebut.

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

A. Solo B. Duet C. Trio D. Kwartet E. Kwintet 9. Suatu penyajian pertunjukan musik dengan men ggunakan perlengkapan atau alat - alat musik elektrik yang berkekuatan tinggi disebut. A. P ertunjukan music tunggal B. Pertunjukan music terbatas C. Pertunjukan music orchestra D. Pertunjukan music elektrik E. Pertunjukan music Koor 10. Contoh gambar diatas adalah salah satau contoh Ansambel musik sejenis .

A. Ansambel petik B. Ansambel g esek C. Ansambel perkusi D. Ansambel tiup E. Ansambel c ampuran KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN EVALUASI Soal No Pembahasan Kunci Jawaban 1 Trompet termasuk salah satu jenis alat musik tiup /ideophone .

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

Cara membunyikan terompet tidak asal tiup kalau kita ingin mendapatkan harmonisasi yang indah. Ada teknik memainkan alat terompet dengan benar agar dapat menghasilkan tone yang indah.

D. Terompet 2 Orkestra pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai sekelompok musisi yang memainkan musik klasik bersama. Sebuah orkestra bahkan bisa memiliki A Pertunjukan Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 24 lebih dari seratus pemusik. Orkestra besar dikenal sebagai orkestra simfoni atau orkestra philharmonic sedangkan orkestra kecil dengan tiga puluh sampai empat puluh pemain dikenal sebagai orkestra kamar.

musik orchestra 3 Musik instrumen/instrumental adalah jenis musik yang tidak memiliki lirik di dalamnya. Jika musik lain disertai dengan lirik lagu, maka musik instrumental hanya alunan musik yang di dalamnya hanya ada melodi dengan iringan s ebuah atau beberapa alat musik.

Jadi secara sederhana dapat dikatakan pengertian musik instrumental adalah musik kosong tanpa ada lirik lagu sebagai isinya.

E Musik instrumen 4 P enyajian musik terbatas adalah penyajian kelompok musik seriosa dalam bentuk duet alat musik, bentuk - bentuk trio, kuartet, atau kuintet alat musik sampai dengan bentuk ensambel terbatas sifat penyajian musik seperti ini tidak jauh berbeda dari penyajian musik sebelumnya, yakni t erkesan formal dan penonton harus benar - benar disiplin.

D Penyajian kelompok musik terbatas 5 Alat muzik bras atau Alat muzik tiup logam adalah satu keluarga alat musik dan menghasilkan bunyi getaran yang simpatetik mengeluarkan udara dalam resonator berb entuk tiub dalam simpateti dengan getaran bibir pemain. Instrumen ini juga dipanggil labrosones, secara literal bermaksud "Instrumen bibir - gegar" C Gambar C 6 Lagu perjuangan a dalah s alah satu jenis lagu Indonesia yang juga dikenal sebagai lagu wajib, karena lagu - lagu perjuangan pernah bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi pemerintah untuk diketahui oleh anak - anak sekolah di indonesia.lagu perjuangan biasanya penuh semangat, kadang - kadang ditutup dengan akhir yang semarak.jenis lagu ini biasanya mengagungkan kebesaran ba ngsa, dalam upaya mencapai kemerdekaan, kemakmuran, kesuksesab, serta kebenaran.

lagu - lagu semacam ini bisa membakar semangat sehingga menimbulkan semangat juang. E. Lagu perjuangan 7 Ansamble gesek adalah sebuah ansambel musik yang terdiri atas empat alat musik gesek — biasanya dua biola, sebuah viola dan cello.

D. Ensamble gesek 8 Penyajian musik dengan jumlah pemain terbatas yang terdiri dari dua orang (duet), tiga orang (trio), empat orang (kuartet), lima orang (kuintet). C. Trio 9 Pertunjukan musik elektrikyakni penyajian kelompok musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat - alat musik elektrik D.

Pertunjukan Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 25 berkekuatan tinggi.

Pertunjukan musik elektrik berkekuatan tinggi ini sangat berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang ditampilkan di dalam ruang tertutup, pe rtunjukan jenis musik ini biasanya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang.

Penyajian dan kelompok - kelompok band ternama pada umumnya menggunakan bentuk pertunjukan musik seperti ini. Sifat dari pertunjukan musik ini tidak formal dan penonton boleh saja berteriak - teriak atau ikut menyanyi bersama penyanyi yang sedang tampil di atas pentas musik elektrik 10 Instrumen perkusi pada dasarnya merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara baik kar ena dipukul, dikocok, digosok, diadukan, atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut.

Istilah instrumen perkusi biasanya digunakan sebagai pengiring dalam suatu permainan musik D. Ensamble perkusi Modul Seni Pertunjukan Musik Barat (Seni Budaya) Kelas XI KD 3.3. @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jend e ral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 26 DAFTAR PUSTAKA Achsan Parmas (dkk).

2003. Manajemen Organisasi Seni Pertunjukan. Jakarta: PPM. Awuy, YEA, dkk. 1978. Pelajaran Seni Musik Praktis. Jakarta: Aries 5. Budiwati, D.S. 2001. Pendidikan Seni Musik, Suatu tinjauan Kurikuler Psikologis.

Makalah seminar. Bandung: FPBS UPI. Depnas. 2004. Kurikulum 2004. Standar Kompetensi. Mata Pelajaran Kesenian. Jakarta: Dirjen Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Djelantik, AAM. 1990. Pengantar Dasar Ilmu Estetika, Jilid I. Estetika Instrumental. Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI).

Elliot, David J. 1995. Musik Matters: a New Philosophy of Musik Education. Oxford: Oxford University Press. Jamalus, H.B.

1992. Pendidikan Kesenian I (Seni Musik). Jakarta: Dirjen Dikti. Depdikbud. Kartono, Ario, dkk. 2007. “Kreasi S eni Budaya” Pelajaran Seni Budaya untuk SMA. Jakarta: Ganeca Exact. Pamadhi, Hadjar. 2008. Pendidikan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka. Pekerti, Widia, dkk. 2007. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka. Soeharto, M. 1995. Kamus Musik. Ja karta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Seni Budaya untuk SMA. Jakarta. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Buku Seni Budaya Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta Sumber internet: . https://youtu.be/8z6wJHPhJUM . https://youtu.be/vBFPCfW8MuQ . https://youtu.be/vNfvnmLwNhQ . https://youtu.be/FUob2dcQTWA . https://youtu.be/RItgSHRgyks . https://youtu.be/wRbiO958ai8 . https://youtu.be/ ChygZLpJDNE . https://youtu.be/_pe6r06EIz0 . https://youtu.be/w1sB_Pj_Q7Q . https://youtu.be/oXLKu - HglnM .

https://youtu.be/aVGmeO4XmPs . https://youtu.be/ChygZLpJDNE Jenis-jenis pertunjukan musik berdasarkan penyajiannya adalah musik tunggal, kelompok musik terbatas, musik orkestra, dan musik elektrik.

Pembahasan Pertunjukan adalah kegiatan yang ditunjukkan atau tontonan, biasanya merajuk pada kesenian seperti musik, drama, teater, dan sebagainya. Dalam konteks musik, pertunjukan musik adalah suatu penyajian alunan bunyi dan suara yang berkualitas untuk menonjolkan unsur-unsur dalam musik.

Terdapat beberapa bentuk atau jenis pertunjukan musik berdasarkan penyajiannya. Jenis-jenis pertunjukan musik dan penjelasannya adalah sebagai berikut: • Penyajian musik tunggal. Pertunjukan musik ini menampilkan permainan tunggal atau solo seseorang, biasanya memainkan alat musik dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…. Contohnya konser solo piano, solo biola, solo vokal, dan sebagainya.

• Penyajian kelompok terbatas. Pertunjukan musik ini dapat berupa duet (dua orang penyaji) hingga ansambel terbatas (sekelompok pemain instrumen musik). Contohnya dapat berupa konser duet piano dan biola, trio saxophone, string quartet (kuartet gesek yang berisi biola, biola alto, dan cello), paduan suara, hingga ansambel seperti ansambel angklung. Tidak ada batasan ragam instrumen yang ditampilkan, namun jumlah orangnya tidak sebanyak pemain musik orkestra. • Penyajian musik orkestra.

Pertunjukan musik ini menyajikan berbagai ragam instrumen musik dan memiliki pemain instrumen yang cukup banyak. Untuk menyajikan pertunjukan musik orkestra, latihan yang konsisten dengan disiplin yang tinggi harus dilakukan untuk melatih kekompakan dan keharmonisan antar pemain.

Musik orkestra biasanya disajikan di dalam gedung konser ( concert hall) dengan panggung yang luas dan kadang bertingkat. Musik orkestra dipimpin oleh konduktor/ conductor yang berperan untuk berkomunikasi dengan keseluruhan pemain musik dan memimpin permainan orkestra.

• Penyajian musik elektrik. Pertunjukan musik elektrik merupakan pertunjukan musik yang menggunakan instrumen-instrumen musik dan elektronik. Instrumen elektrik tersebut dapat berupa gitar elektrik, bass elektrik, synthesizer, hingga perangkat DJ.

Pada umumnya, konser musik elektrik disajikan di ruang terbuka. seperti lapangan atau alun alun, dengan menggunakan sound system yang lengkap dan keras untuk memeriahkan dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah….

Pelajari lebih lanjut • Materi tentang musik tradisional brainly.co.id/tugas/29673527 • Materi tentang paduan suara brainly.co.id/tugas/1295954 • Materi tentang piano brainly.co.id/tugas/19685476 Detail jawaban Kelas: 7 Mapel: Seni Budaya Bab: 4 - Bermain Musik Ansambel Kode: 7.19.4 #AyoBelajar 1, tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal. a. temu lawak, ketela rambat dan rumput teki b.

lengkuas, arbei dan pisang c. nanas, bambu dan … pisang d. kencur, kunyit dan jahe 2. tumbuhan yang berkembang biak menggunakan umbi lapis adalah … a. bawang merah b. jamur c. tanaman paku d. singkong 3. tanaman lengkuas berkembang biak dengan … a. tunas b. geragih c. akar tinggal d. umbi batang 4. bacalah daftar hewan berikut ini1) ikan nila 2)ular piton 3)kuda laut4)kelelawar5)kadal berdasarkan data tersebut, hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar ditunjukkan oleh angka … a.

1) dan 3) b. 2) dan 4) c. 1) dan 2) d. 2) dan 5) 5. perhatikan table berikut. n0 nama hewan cara berkembang biak1 ikan pari ovipar2 planaria fragmentasi3 semut ovipar4 kelinci viviparpasangan yang tepat antara nama hewan dan cara perkembangbiaknya ditunjukkan oleh angka … a. 1) dan 2) b. 1) dan 3) c 2) dan 4) d 3) dan 4) 7. benda berikut yang termasuk sel kelamin jantan pada tumbuhan yaitu … a.

daun b. putik c. benang sari d. akar tinggal 8. perkembangbiakan tumbuhan tanpa adanya perkawinan disebut perkembangbiakan secara … a. generative b. buatan c. vegetative d.

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

alami 9. teknik cangkok untuk memperbanyak tumbuhan dilakukan pada bagian … a. daun b. buah c. akar d. batang 10. mengembangbiakan tanaman mangga dimulai dari. a.

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

biji b. bunga c. tunas d. daun 11. peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut dengan … a. perkembangbiakan b. penyerbukan c. perkembangbiakan generative d. perkembangbiakan vegetative 12. contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis yaitu … a. kunyit b.

jahe c. bawang merah d. bambu 13. tumbuhan cocor bebek berkembangbiak dengan … a. umbi batang b. umbi lapis c. tunas adventif d. spora 14. hewan yang mempunyai kelenjar susu tergolong hewan … a. ovipar b. vivipar c.

reptile d. amfibi 15. perhatikan bahan-bahan berikut !(1) balon(2) kertas(3) air(4) kayu. a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) 16. membuat patung dengan bahan batu dan kayu dapat dilakukan dengan cara .

a. pahat b. cor d. butsir d. teknik mesin 17. contoh bahan patung yang dibuat dengan teknik butsir adalah . a. gamping b. kayu c.

batu bata d. tanah liat 18. bahan yang digunakan untuk membuat karya seperti pada gambar adalah . gambar tanpa teks a. tanah liat b. bambu c. kain d. sabun 19. (1) seni ukir (2) kaligrafi (3) seni lukis (4) seni patungkarya seni tiga dimensi ditunjukkan oleh nomor . a. (3) b. (2) c. (1) d. (4) 20. bahan berikut ini yang dapat digunakan untuk membuat patung adalah .

a. daun b. kayu c. tisu d. kertas 21.

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

alat yang biasa digunakan untuk memahat kayu adalah . a. pisau b. gergaji c. pahatan d. gunting 22. berikut ini yang termasuk bentuk karya seni rupa tiga dimensi adalah . a. lukisan b. patung c. tulisan d. puisi 23. karya seni patung yang penampilannya hanya menampilkan bagian badan, dari dada, pinggang dan panggul adalah . a. torso b.

bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi, dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah…

dada c. lengkap d. tubuh 24. patung yang digunakan untuk sarana beribadah dan bermakna religius adalah patung . a. seni a. kerajinan b. arsitektur c. religi 25. kelompok bahan berikut ini yang termasuk bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni patung adalah . a. batu, kayu, logam b.

air, daun, batu c. plastik, air,kain d. tali, batu, daun 26. teknik membuat patung yang menjadi bentuk yang dinginkan, misalnya kerajinan gerabah/keramik disebut teknik . a. pahat b. konstruksi c. butsir d. cor 27. peralatan yang biasa digunakan untuk membuat patung berbahan dasar logam adalah .

a. martil besi, gerinda, mesin potong b. kapak, gergaji, ampelas c. kompor, tungku panas, alat-alat cetak d. butsir, sudip, ampelas 28. dua aliran seni patung murni yang ada di indonesia adalah . a. realis dan dekoratif b. realis dan abstrak c. realis dan surealis d. realis dan kontemporer 29. gambar relief umumnya terdapat pada bangunan .

a. candi b. rumah c. kayu d. mesjid 30. berdasarkan pembuatannya, fungsi patung monumen adalah . a. sarana ibadah b. peringatan peristiwa bersejarah c. dinikmati keindahan bentuknya d. penghias bangunan tolong dijawab hari ini mau dikumpulkan trimakasih ​ 1.hasil susunan dari suatu aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu disebut a.motif c.pola ragam hias b.sulur-suluran d.ilustrasi 2.alat ya … ng digunakan untuk pemberian warna pada media kayu, batu ,keramik dan logam yaitu.

a.pahat c.kuas b.politur d.masker 3. proses memindahkan motif/ garis ke benda kerja pada teknik ukir disebut. a.bukaki c.gethaki b.dasari d.benangi 4. proses membentuk pahat pada motif batang, daun,dan bunga disebut. a.cawen c.mbabari b.benangi d.bukaki 5. jenis kerajinan ukir yang baik menggunakan bahan jenis kayu. a.kalimantan c.randu b.cendana d.jati
KOMPAS.com - Dalam setiap pertunjukkan seni harus didahului dengan persiapan.

Hal tersebut juga berlaku untuk pertunjukan musik. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pertunjukan artinya tontonan atau sesuatu yang dipertunjukkan (bioskop, wayang, dan sebagainya) serta bersifat permanen. Dalam buku Musik dan Kosmos: Sebuah Pengantar Etnomusikologi (2000) oleh Shin Nakagawa, pertunjukan merupakan kegiatan kesenian, baik pertunjukan musik, drama, atau pertunjukan lainnya.

Sedangkan musik yaitu nada atau suara yang disusun sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi itu). Pertunjukan musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik dengan kualitas. DI mana pertunjukan tersebut dapat didengar bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi dinikmati oleh manusia.

Baca juga: Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya Bentuk pertunjukan musik Dalam pertunjukan musik ada beberapa bentuk penyajian yang erat kaitannya dengan tujuan dan jenis musik yang disajikan. Berikut bentuk- bentuk penyajian musik: Penyajian musik orkestra Penyajian musik orkestra memerlukan peralatan instrument yang lengkap dan pemain yang cukup banyak. Para pemain musik dituntut untuk disiplin tinggi dan harus menjaga kekompakan dan keharmonisan. Meskipun orchestra terkesan formal, tetapi dapat dihadiri oleh penonton yang banyak.

Penyajian musik tunggal Penyajian musik tunggal adalah bentuk penyajian musik yang menampilkan seseorang memainkan alat musik tertentu. Seperti memainkan piano, biola, atau gitar. Baca juga: Contoh Kritik Musik Contoh Soal Pertunjukan Musik Barat kelas 11 SMA/MA - Adik adik yang baik, apa kabar? bertemu lagi bersama kakak rumpunnews, kebetulan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai soal yang sudah disusun dari materi Pertunjukan Musik Barat yang diambil dari mata pelajaran Seni Budaya kelas 11 SMA/MA.

Bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi dengan adanya soal ini bisa membantu adik adik. Semangat ya!! Contoh Soal Pertunjukan Musik Barat kelas 11 SMA/MA Soal Pertunjukan Musik Barat Pembahasan : Orkestra pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai sekelompok musisi yang memainkan musik klasik bersama.

Sebuah orkestra bahkan bisa memiliki lebih dari seratus pemusik. Orkestra besar dikenal sebagai orkestra simfoni atau orkestra philharmonic sedangkan orkestra kecil dengan tiga puluh sampai empat puluh pemain dikenal sebagai orkestra kamar. Baca juga - Soal Pertunjukan Musik Barat Pembahasan : Musik instrumen/instrumental adalah jenis musik yang tidak memiliki lirik di dalamnya. Jika musik lain disertai dengan lirik lagu, maka musik instrumental hanya alunan musik yang di dalamnya hanya ada melodi dengan iringan sebuah atau beberapa alat musik.

Jadi secara sederhana dapat dikatakan pengertian musik instrumental adalah musik kosong tanpa ada lirik lagu sebagai isinya. Pembahasan : Penyajian musik terbatas adalah penyajian kelompok musik seriosa dalam bentuk duet alat musik, bentuk-bentuk trio, kuartet, atau kuintet alat musik sampai dengan bentuk ensambel terbatas sifat penyajian musik seperti ini tidak jauh berbeda dari penyajian musik sebelumnya, yakni terkesan formal dan penonton harus benar-benar disiplin.

Pembahasan : Alat muzik bras atau Alat muzik tiup logam adalah satu keluarga alat musik dan menghasilkan bunyi getaran yang simpatetik mengeluarkan udara dalam resonator berbentuk tiub dalam simpateti dengan getaran bibir pemain. Instrumen ini juga dipanggil labrosones, secara literal bermaksud "Instrumen bibir-gegar" Pembahasan : Lagu perjuangan adalah salah satu jenis lagu Indonesia yang juga dikenal sebagai lagu wajib, karena lagu-lagu perjuangan pernah diwajibkan pemerintah untuk diketahui oleh anak-anak sekolah di indonesia.lagu perjuangan biasanya penuh semangat, kadang-kadang ditutup dengan akhir yang semarak.jenis lagu ini biasanya mengagungkan kebesaran bangsa, dalam upaya mencapai kemerdekaan, kemakmuran, kesuksesab, serta kebenaran.

lagu-lagu semacam ini bisa membakar semangat sehingga menimbulkan semangat juang. Pembahasan : Pertunjukan musik elektrik, yakni penyajian kelompok musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat-alat musik elektrik berkekuatan tinggi.

Pertunjukan musik elektrik berkekuatan tinggi ini sangat berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang ditampilkan di dalam ruang tertutup, pertunjukan jenis musik ini biasanya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang. Penyajian dan kelompok- kelompok band ternama pada umumnya menggunakan bentuk pertunjukan musik seperti ini.

Sifat dari pertunjukan musik ini tidak formal dan penonton boleh saja berteriak- teriak atau ikut menyanyi bersama penyanyi yang sedang tampil di atas pentas. Pembahasan : Instrumen perkusi pada dasarnya merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara baik karena dipukul, dikocok, digosok, diadukan, atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut.

Istilah instrumen perkusi biasanya digunakan sebagai pengiring dalam suatu permainan musik Pencarian yang paling banyak dicari • setelah pertunjukan atau pementasan musik selesai, kegiatan yang dilakukan adalah • dibawah ini adalah unsur-unsur yang mendukung dalam pertunjukan musik barat, kecuali • seksi dalam pertunjukan musik yang mempunyai tugas sebagai penanggung jawab dalam latihan • baik atau tidaknya suatu pertunjukan music barat dapat diukur dengan melihat • baik atau tidaknya suatu pertunjukan musik • periode waktu musik barok dikatakan sebagai mulainya era • dari daerah manakah asal alat musik citar atau sehtar • sebagian alat musik barat dari negara • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022
34 Buku Guru kelas XI SMAMASMKMAK Dalam kaitan ini, komunikasi seni pertunjukan akan menyampaikan sesuatu yang diangkat oleh seni pertunjukan, baik dalam ranah psikologis, politik, budaya, kehidupan sosial, dan lain-lain melalui elemen-elemen simbolis yang ada dalam seni pertunjukan.

Pertunjukan musik dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga seseorang akan hanyut oleh alunan suara musik. Penyajian pertunjukan musik dalam waktu yang tepat dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin yang luar biasa, perasaan senang, dan gembira.

A. Bentuk-Bentuk Pertunjukan Musik Barat Terdapat bentuk-bentuk pertunjukan seni musik yang berkaitan erat dengan tujuan serta jenis musik yang disajikan. Secara garis besar, bentuk-bentuk pertunjukan musik tersebut sebagai berikut. 1. Pertunjukan musik tunggal Pertunjukan musik tunggal, yaitu bentuk pertunjukan musik yang hanya menampilkan seorang musikus dalam memainkan alat musik tertentu. Sebagai contoh, pertunjukan gitar tunggal, pertunjukan piano tunggal, pertunjukan organ tunggal, pertunjukan biola tunggal, pertunjukan saksopon tunggal, dan sebagainya.

2. Pertunjukan kelompok musik terbatas Yang dimaksud pertunjukan musik terbatas adalah pertunjukan kelompok musik seriosa dalam bentuk duet alat musik, trio, kuartet, atau kuintet alat musik sampai dengan bentuk ansambel terbatas sifat pertunjukan musik seperti ini tidak jauh berbeda dari pertunjukan musik sebelumnya, yakni terkesan formal dan penonton harus benar-benar disiplin.

3. Pertunjukan musik orkestra Pertunjukan musik orkestra ini, meskipun masih memiliki sifat formal dan disiplin tinggi, namun dihadiri oleh jumlah penonton yang jauh lebih besar daridapa pertunjukan musik lainnya. Bentuk-bentuk orkestra besar seperti orkes pilharmoni, orkes simfoni, dan sejenisnya menampilkan musikus andal dalam jumlah besar, bahkan bisa mencapai 100-an pemusik.

Untuk menampilkan bentuk pertunjukan musik seperti ini diperlukan ruang yang cukup bentuk pertunjukan musik yang menyajikan sekelompok pemusik terbatas dengan aliran permainan musik yang mempertimbangkan harmonisasi serta tata akustik gedung yang sangat baik.

4. Pertunjukan musik elektrik Pertunjukan musik elektrik, yakni penyajian kelompok musik dengan menggunakan perlengkapan atau alat-alat musik elektrik berkekuatan tinggi.

Pertunjukan musik elektrik berkekuatan tinggi ini sangat berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang ditampilkan di dalam ruang tertutup, pertunjukan jenis musik ini biasanya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang. Penyajian dan kelompok- kelompok band ternama pada umumnya menggunakan bentuk pertunjukan musik seperti ini.

Sifat dari pertunjukan musik ini tidak formal dan penonton boleh saja berteriak- teriak atau ikut menyanyi bersama penyanyi yang sedang tampil di atas pentas. Seni Budaya 35 B. Tujuan Pertunjukan Musik Parts » senibudaya kurtilas xi bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com » Pembelajaran Apresiasi dan Kreasi Seni Rupa » Persiapan Aktivitas Apresiasi Seni Pelaksanaan Aktivitas Apresiasi Seni Lukis » Pengembangan Tipe Visual Pengembangan Tipe Haptic » Organik Liris Impresionis Ritmis Strukturalis Skematik Haptic ekspresi aspek internal subyektif.

» Ekspresionis Enumeratif Dekoratif Romantik Naratif » Pendekatan Saintiik Model Pembelajaran » Model Berbasis Proyek Bahasa Sebagai Penghela Penilaian Otentik » Tingkat Berpikir Unjuk Kerja Portofolio » Gagasan Wujud ideal Aktivitas tindakan Artefak karya Nilai-nilai Budaya » Sistem Budaya Sistem Sosial Kebudayaan Fisik » Metode Zoltán Kodály Metode Carl Orf » Tempo Dinamik Ornamentasi Ritme » Melodi Pelaksanaan Unsur Musik » Pemahaman faktual Pemahaman konseptual » Pemahaman prosedural Pemahaman metakognitif » Apersepsi sekaligus Stimulasi Penguatan Penilaian Penilaian untuk KD Konsep Musik Barat ditekankan pada aspek pengetahuan.

Meskipun » Pertunjukan musik tunggal Pertunjukan kelompok musik terbatas Pertunjukan musik orkestra Pertunjukan musik elektrik » Tujuan magis Tujuan religius Tujuan simbolis Tujuan pendidikan norma sosial Tujuan kreatif » Musik Abad pertengahan 375-1400 Musik zaman Renaissance 1350-1600 Musik Barok 1600 – 1750 » Musik Zaman Klasik 1750 – 1820[7] Musik Zaman Romantis abad ke-18 – 19 Musik Impresionisme » Musik Musik Zaman Modern Abad ke-19 – Abad ke-20 Musik Pop atau Musik Populer » Perencanaan Desain Pembelajaran Sejarah Perkembangan Pertunjukan Musik Barat » Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Perkembangan Pertunjukan Musik Barat » Penilaian Sejarah Perkembangan Pertunjukan Musik Barat » Analisis Nilai Sejarah Perkembangan Pertunjukan Musik Barat » Konsep Gerak Tari Kreasi Tari » Eksplorasi Improvisasi Menerapkan Prosedur Tari Kreasi dari Seni Tradisi ke Tari Kreasi » Teknik Berkarya Tari Kreasi Proses Pembelajaran » Teknik dan Bentuk Instrumen Teknik Instrumen » Interaksi dengan Orang Tua Siswa » Tari upacara Tari hiburan pribadi Tari penyajian estetis » Tari tunggal Tari berpasangan Tari kelompok » Jenis Tari Nilai Estetis » Proses Pembelajaran senibudaya kurtilas xi bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com » Penilaian Proses Penilaian Hasil » Pengertian Seni Peran Materi Pembelajaran » Olah Suara Materi Pembelajaran » Olah Tubuh Materi Pembelajaran » Pengertian Teater Pengertian Drama » Sejarah Teater Dunia Pengayaan Materi Pembelajaran » Teater Modern Pengayaan Materi Pembelajaran » Interaksi dengan Orang Tua Siswa Metode Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran » Materi Pembelajaran senibudaya kurtilas xi bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com » Berlatih Membaca Naskah Teater » Pengayaan Materi Pembelajaran senibudaya kurtilas xi bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com » Proses perencanaan Pengorganisasian Pengarahan » Metode Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Pameran Seni Rupa » Dengan tingkat disiplin yang tinggi adalah… Seni Rupa Fenomena Seni Rupa Penampilan Kritik Seni Rupa » Pendekatan Saintiik Pembelajaran Inkuiri » Pembelajaran Berbasis Proyek Bahasa Sebagai Penghela Penilaian Autentik » Seniman dan Profesi Hak Cipta Karya Seni Rupa dan Desain » Seni dan Budaya Indonesia Eksploitasi Seni Budaya Tradisional » Undang-Undang Desain Industri Hak Cipta dan Pemalsuan Lukisan » Dewan Hak Cipta Hak Cipta Karya Seni Rupa dan Desain » Memainkan Alat Musik Ritmis Memainkan Alat Musik Melodis » Ansambel Sejenis Memainkan Alat Musik dalam Grup » Ansambel Tiup Memainkan Alat Musik dalam Grup » Ansambel Gesek Memainkan Alat Musik dalam Grup » Persiapan Pertunjukan Musik Proses Pesiapan Pertunjukan Musik » Perencanaan Pelaksanaan Menampilkan Beberapa Lagu dalam Pagelaran Musik Barat » Penilaian Analisis Nilai Menampilkan Beberapa Lagu dalam Pagelaran Musik Barat » Tulisan untuk Pendidikan dan Pembelajaran Musik Tulisan tentang Sejarah Musik Tulisan Jurnalisme Musik » Tulisan tentang Kritik Musik » Penilaian Menampilkan Beberapa Lagu dalam Pagelaran Musik Barat » Tingkat Berpikir Unjuk Kerja Portofolio Mendeskripsikan Karya Tari Kreasi Baru Berdasarkan Teknik Tata Pentas » Pendahuluan 10 menit Kegiatan Inti 70 menit » Kegiatan Penutup 10 menit Kegiatan Inti 70 menit » Evaluasi Tari Kreasi Cara Menulis Evaluasi Tari » Penilaian Sikap Penilaian Hasil » Sejarah Teater Dunia Materi Pembelajaran » Teater Modern Materi Pembelajaran » Pengetahuan Sikap Keterampilan Evaluasi Pembelajaran Show more

Pertunjukan Musik, Materi Pembelajaran Seni Budaya Kelas X




2022 www.videocon.com