Cara menghitung bunga efektif

cara menghitung bunga efektif

Perhitungan Bunga Efektif Artikel · Kamus Bisnis Lama Baca : 2 Menit Setelah sebelumnya membahas tentang metode perhitungan Bunga Flat dalam ranah pinjam-meminjam dana usaha, sekarang saatnya kita mengetahui tentang Perhitungan Bunga Efektif. Apa arti dari istilah ini? Dan berapa angsuran per bulan yang harus dibayar jika menggunakannya saat meminjam uang dari bank? Definisi Perbedaan mendasar antara perhitungan Bunga Flat dan Efektif terletak di jumlah angsuran per bulannya.

Pada perhitungan Bunga Flat, angsuran pokok dan angsuran bunga yang dibayarkan tiap bulannya tetap sama, tidak berubah. Namun jika memakai perhitungan Bunga Efektif, angsuran bunga tiap bulannya akan terus berkurang sepanjang periode pembayaran. Dalam metode perhitungan cara menghitung bunga efektif, besaran bunga dihitung dengan mengacu pada saldo pinjaman akhir setiap bulannya. Dengan kata lain, bunga pinjaman akan dihitung sesuai nilai pinjaman pokok yang belum dibayar.

Oleh karena itu, besar angsuran bunga tiap bulannya akan berbeda. Metode perhitungan Bunga Efektif biasanya digunakan untuk Pinjaman Jangka Panjang. Cara menghitung angsuran: • Angsuran pokok per bulan = Pokok pinjaman / jangka waktu pembayaran • Angsuran bunga per bulan = Saldo pinjaman bulan terakhir X suku bunga per tahun / 12 Contoh Kasus: Menggunakan kasus yang sama pada perhitungan Bunga Efektif, CV.

Semesta Nusantara mendapatkan pinjaman bank senilai Rp 120,000,000 dengan jangka waktu pembayaran 1 tahun. Bank menentukan suku bunga setahunnya adalah 11%.

cara menghitung bunga efektif

Berapa angsuran per bulan yang harus dibayar? Dalam kasus ini, maka perhitungan jumlah angsuran bunga bulan pertama dan total angsuran bulan pertamanya adalah sebagai berikut : Angsuran pokok per bulan cara menghitung bunga efektif Rp 120,000,000 / 12 bulan = Rp 10,000,000 Angsuran bunga bulan 1 = Rp 120,000,000 x 11% / 12 = Rp 1,100,000 Total angsuran bulan 1 = Rp 10.000.000 + Rp 1.100.000 = Rp 11.100.000,- Sisa angsuran (saldo pinjaman bulan terakhir) = Rp 110.000.000,- Lalu, perhitungan besaran biaya bunga bulan keduanya adalah sebagai berikut : Angsuran bunga bulan 2 = Rp 110,000,000 X 11% / 12 = Rp 1,008,330 Total angsuran bulan 2 = Rp 10.000.000 + Rp 1.008.330 = Rp 11.008.330 Sisa angsuran cara menghitung bunga efektif pinjaman bulan terakhir) = Rp 100.000.000,0 Dan berlanjut ke perhitungan besaran biaya bunga bulan ketiga : Angsuran bunga bulan 3 = Rp 100,000,000 X 11% /12 = Rp 916,670 Total angsuran bulan 3 = Rp 10.000.000,0 + Rp 916.670 = Rp 10.916.670,- Sisa angsuran (saldo pinjaman terakhir) = Rp 90.000.000,- Dan begitulah seterusnya perhitungan besaran bunga berlanjut hingga akhir masa pembayaran di bulan kedua belas.

Kekurangan dan Kelebihan Perhitungan Bunga Efektif Kelebihan pertama metode perhitungan ini jelas terletak pada jumlah besaran bunga yang lebih rendah dibandingkan perhitungan Bunga Flat. Mengapa bisa lebih rendah? Sebab perhitungan Bunga Efektif mengacu pada besaran sisa saldo pinjaman di tiap bulannya, sedangkan perhitungan Bunga Flat cara menghitung bunga efektif pada besaran pinjaman di awal. Hasilnya, nilai bunga dan total biaya angsuran akan semakin dan semakin kecil ke depannya sebab sisa pinjaman selalu berkurang.

Meski begitu, metode perhitungan Bunga Efektif otomatis mengakibatkan total angsuran per bulan yang juga akan berbeda-beda. Hal ini dinilai menyulitkan peminjam dalam membayar angsuran tiap bulannya. Karena itulah, umumnya pihak bank lebih banyak menggunakan perhitungan Bunga Anuitas yang menetapkan total angsuran per bulan sama dengan angsuran bunga mengacu pada saldo pinjaman pokok tersisa.

Untuk mengetahui lebih jauh soal metode perhitungan Bunga Anuitas, silakan menyimak artikel kami yang selanjutnya. Pilih mana, Perhitungan Bunga Flat atau Bunga Efektif? Nah, Sahabat UKM, setelah membaca artikel ini tentunya kita bisa menyimpulkan satu-dua tips penting dalam peminjaman dana. Salah satunya adalah : jangan pernah mengambil Pinjaman Jangka Panjang dengan perhitungan Bunga Flat. Hal ini jelas akan merugikan kita sebagai peminjam, karena besaran nilai bunga yang tak pernah turun.

Bayangkan saja, di akhir masa pembayaran, bisa-bisa nilai bunga malah hampir sama besarnya dengan sisa angsuran yang harus dibayar. Maka itu, lebih baik gunakan perhitungan Bunga Efektif saat mengambil Pinjaman Jangka Panjang. Sebab meskipun perhitungannya akan menghasilkan jumlah total angsuran yang berbeda-beda setiap bulan, namun jumlahnya akan terus berkurang hingga akhir masa pembayaran sehingga lebih meringankan.

Semoga bermanfaat! Referensi: SimulasiKredit.com Finansialku.com Kamus Bisnis Perhitungan Bunga Anuitas Metode perhitungan Bunga Anuitas ditujukan bagi peminjam yang ingin membayar angsuran dalam jumlah tetap tiap bulannya, namun dengan perhitungan biaya bunga yang mengacu pada saldo pinjaman pokok tersisa, seperti dalam metode perhitungan Bunga Efektif.

2019-11-05 16:37:40 Kamus Bisnis Pinjaman Jangka Pendek (Short-term Loan) Pinjaman Jangka Pendek merupakan tipe pinjaman yang jangka waktu pembayarannya di bawah satu tahun dan bisa diperoleh dari pihak ketiga; misalnya suatu perusahaan, bank, atau pemerintah, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan operasional sehari-hari.

cara menghitung bunga efektif

2019-11-05 15:10:06 Kalkulator bunga efektif adalah perangkat untuk memudahkanmu mengetahui berapa total angsuran bulanan untuk pinjaman jangka panjang dengan pengenaan bunga menurun tiap periode. Penggunaan kalkulator ini untuk menghitung beberapa angsuran pinjaman jangka panjang, misalnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR)kredit usaha, kredit investasi emas jangka panjangdan pinjaman lainnya sesuai ketentuan masing-masing. Cara menghitung bunga efektif kita coba kalkulasikan perencanaan angsuranmu dengan kalkulator bunga efektif berikut.

Cara menghitung dengan kalkulator bunga efektif Penerapan bunga efektif ini dinilai oleh sebagian besar debitur sebagai penghitungan bunga yang tidak memberatkan sebagaimana jumlah angsuran bunga bulanan akan berpatokan kepada sisa pinjaman. Kenapa dinilai tidak memberatkan? Logikanya bisa dilihat dari fakta-fakta berikut. • Seiring waktu, sisa pinjaman akan berkurang karena rutinitas pembayaran angsuran bulanan.

• Dengan demikian, angsuran bulanan akan mengecil juga karena mengikuti sisa pinjaman yang berkurang. • Karena bunga bulanan mengecil, maka angsuran pun berkurang pada periode demi periode pembayaran. Jadi tentu berbeda jika membandingkan, misalnya saja bunga flat 5% dan bunga efektif 5%. Bunga flat akan menghasilkan angsuran bulanan yang jumlahnya sama alias tetap sampai lunas, sedangkan bunga efektif 5% akan menghasilkan angsuran bulanan yang menurun hingga lunas mengikuti sisa pinjaman yang kian berkurang.

Lantas, bagaimana cara menghitung dengan kalkulator bunga efektif? Karena bunganya yang dibayar mengecil, maka angsuran per bulan akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

Angsuran bulan kedua lebih kecil daripada angsuran bulan pertama, begitu seterusnya. Misalnya, kamu berutang Rp300.000.000 dengan bunga efektif 10% per tahun, dengan cicilan pokok Rp5.000.0000 per bulan. Karena bunganya yang dibayar mengecil, maka angsuran per bulan akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

Angsuran bulan kedua lebih kecil daripada angsuran bulan pertama, begitu seterusnya. Rumus Bunga Efektif: Bunga per bulan = Saldo akhir periode x Suku bunga pertahun / 12. Bulan ke-1: Rp300.000.000 – cara menghitung bunga efektif x 10% /12 Rp7.500.000 Bulan ke-2: Rp300.000.000 – (1xRp5.000.000) x 10% /12 Rp7.458.333 Bulan ke-3: Rp300.000.000 – (2xRp5.000.000) x 10% /12 Rp7.416.666 *dan seterusnya.

Prinsip penggunaan bunga efektif Prinsip dalam menerapkan cara menghitung bunga efektif diawali dengan menentukan angsuran pokok yang didapatkan dari membagi pokok pinjaman dengan tenor (bulan). Jadi jika kamu meminjam Rp60 juta dengan tenor 60 bulan, maka angsuran pokok bulananmu adalah Rp1 juta selama 60 bulan.

Nah, dari Rp1 juta yang kamu bayar tiap bulan tersebut akan dikenai bunga yang disepakati. Namun sebagaimana sisa pinjaman tiap bulan akan berkurang, maka angsuran bulananmu pun terus berkurang. Meski perbedaan angsuran bulanan ini tidak terlalu terasa, namun pada tenor pinjaman jangka panjangtentu akan sangat bermanfaat, bukan? Membandingkan dengan bunga flat Apakah berbeda jika kita mengangsur selama 60 bulan dengan ketentuan bunga flat? Walau dengan bunga flat, kita tidak perlu repot-repot menghitung angsuran karena jumlahnya sama tiap bulan, namun pengeluaran kita jadi lebih besar.

Jadi jelas berbeda ya. Lebih baik hindari penggunaan bunga flat pada pinjaman jangka panjang karena kita sebagai debitur akan dirugikan. Bagaimana tidak? Agak aneh jika di pengujung tenor, bunga yang harus dibayar berjumlah hampir sama dengan sisa angsuran. Namun, jika kamu sedang ingin mengajukan pinjaman tunai tanpa agunan atau kredit kendaraan, kamu bisa coba melakukan kalkulasi dengan kalkulator bunga flat untuk mencari tahu kisaran pengeluaran bulananmu nanti.

Membandingkan dengan bunga anuitas Sebagian instansi penyedia pinjaman menawarkan sistem bunga anuitas sebagai alternatif. Bunga anuitas menggunakan prinsip yang hampir sama dengan bunga efektif dengan menetapkan angsuran bunga dari sisa pinjaman, namun dengan menjadikan angsuran bulanan yang sama.

Keuntungannya, angsuran bulanan berjumlah sama dan waktu pelunasan bisa menjadi lebih cepat jika dibandingkan bunga efektif dengan pokok pinjaman yang sama. Istilah seputar kalkulator bunga efektif Angsuran pokok adalah jumlah yang harus dibayarkan tiap periode di luar dari angsuran bunga.

cara menghitung bunga efektif

Angsuran pokok yang harus dibayarkan dalam sistem bunga efektif berjumlah sama tiap bulan. Jumlahnya didapatkan dari membagi total pinjaman dengan tenor atau bulan. Hasilnya akan digabung dengan angsuran bunga sehingga menjadi angsuran bulanan. Angsuran bulanan adalah hasil akhir yang wajib dibayarkan tiap bulan atau periode sesuai kesepakatan. Lengkapi diri dengan perlindungan terbaik saat mengambil angsuran bunga efektif Mengambil angsuran bunga efektif, maka nilai bunga yang dibayar debitur setiap bulan akan semakin mengecil.

Karena bunganya yang dibayar mengecil, maka angsuran per bulan akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

Karena itu, jangan lupa untuk memproteksi dirimu dari risiko tak terduga saat sedang mengambil angsuran bunga flat yang efeknya bisa menguras tabungan. Yaitu, risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal akibat serangan penyakit atau risiko kerugian finansial akibat kecelakaan saat bekerja yang mengakibatkan ketidaksanggupan untuk bekerja lagi karena mengalami musibah cacat tetap. Untuk mengantisipasi cara menghitung bunga efektif tersebut, kamu bisa memanfaatkan asuransi jiwa.

Berkat manfaat dari asuransi jiwa, kamu dan keluargamu bisa terlindungi dari beban finansial akibat tidak ada pemasukan lagi. Perlindungan lain juga bisa kamu peroleh dari beragam produk asuransi lainnya. Untuk mengetahui selengkapnya bisa lihat di Lifepa l! Pertanyaan seputar kalkulator bunga efektif Copyright © 2022 Lifepal. Bekerjasama dengan © 1992 PT Anugrah Atma Adiguna adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-018/KMK.17/1992 dan anggota APPARINDO 60-2001/APPARINDO/2019.

Semua ulasan yang tertulis termasuk rating dilakukan oleh rekan pialang kami. Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru namun dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan / institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial Anda.
Bagaimana menghitung suku bunga efektif Perhitungan suku bunga efektif.

Perhitungan suku bunga periode efektif Suku bunga periode efektif sama dengan suku bunga tahunan nominal dibagi jumlah periode per tahun n: Tingkat Periode Efektif = Tarif Tahunan Nominal / n Contoh Berapa suku bunga periode efektif untuk suku bunga nominal tahunan sebesar 5% majemuk bulanan? Larutan: Tingkat Periode Efektif = 5% / 12 bulan = 0,05 / 12 = 0,4167% Perhitungan suku bunga tahunan efektif Tingkat bunga efektif tahunan sama dengan 1 ditambah tingkat bunga nominal dalam persen dibagi dengan jumlah persiod pengganda per tahun n, pangkat n, minus 1.

Tarif Efektif = (1 + Tarif Nominal cara menghitung bunga efektif n ) n - 1 Contoh Berapa tingkat bunga tahunan efektif untuk suku bunga tahunan nominal 5% majemuk bulanan?

Larutan: Tingkat Efektif = (1 + 5% / 12) 12 - 1 = (1 + 0.05 / 12) 12 - 1 = 0,05116 = 5,116% Kalkulator suku bunga efektif ► Lihat juga • Kalkulator suku bunga efektif • Kalkulator bunga majemuk Dalam artikel ini saya akan memberikan contoh dan juga membahas tentang cara menghitung bunga efektif dengan rumus Excel. Cara Menghitung B unga Efektif Dalam Microsoft Excel Seperti yang disebutkan diatas bahwa perlakukan bunga pada pola ini dihitung berdasarkan sisa pinj a man setiap periode.

Jadi nilai dasar penghi tungan bunga adalah nilai sisa pokok setelah dikurangi pembayaran setiap periode.

cara menghitung bunga efektif

Dengan pola seperti ini maka secara otomatis nilai angsuran setiap periodenya akan semakin menurun. Rumus Untuk Menghitung Bunga Efektif Total angsuran pada bunga efektif ini merupakan jumlah pokok ditambah dengan ju mlah bunga yang dihitung dari sisa pinjaman setiap periode. Adapun rumus bunga efektif ini adalah sebagai berikut : Angsuran Pokok = Pinjaman / jangka waktu Jadi jumlah angsuran pada pola bunga efektif tidak bisa dihitu ng langsung diperiode awal karena nilai angsuran akan terus berubah setiap periode nya.

Contoh Menghitung Bunga Efektif Dalam Excel Untuk menghitung bunga efektif ini saya menyarankan akan lebih mudah dengan Excel karena kita bisa membuat sebuah tabel angsuran yang ter diri dari bunga, pok ok dan juga cara menghitung bunga efektif angsuran. Tabel angsuran yang kita buat ini tentu menggunakan rumus sehingga penghitungannya akan secara otomatis berjalan.

Untuk contoh penghitungan nya silah kan perhatikan uraian dan juga gambar dibawah ini. Pak Andi meminjamn uang dari Bank XYZ dengan jumlah 5 juta. Bunga kredit yang ditetapkan adalah bunga efektif dengan besaran 11% per tahun.

Jangka waktu yang diberikan oleh Bank kepada Pak Budi adalah 1 tahun. Untuk menghitungnya silahkan perhatikan gambar berikut in i : Dalam gambar tersebut terlihat bahwa nilai angsuran terus menuru n setiap perioden ya sesuai dengan nilai bunganya. Total angsuran seperti terlihat dalam tabel diatas adalah untuk bulan ke-1 sebesar 462.500 dan bulan terakhir atau bulan ke-12 sebesar 420.486.

Rumus yang digunakan untuk menghitung bunga dalam cell D9 adalah seb agai berikut : =($B$8-((A9-1)*C9))*$B$4/12 Sedangkan untuk cell selan jutnya yaitu dari cell D10 sampai dengan D20 silahkan copy pastekan rumus tersebut diatas.

Untuk menghitung nilai angsuran pokok setiap bulannya adalah seb cara menghitung bunga efektif gai berikut : =$B$8/12 Sedangkan rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah angsuran pada cell E9 adalah sebagai berikut : =D9+C9 Dengan ru mus - rumus diatas tersebut maka nilai dari bunga, pokok dan juga angsuran setiap periode akan otomat is terhitung.

Untuk membandingkan dengan metode penghitungan bunga yang lain silahkan pelajari dalam artikel yang telah dibah as sebelumnya. Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menghitung bunga efektif dengan rumus excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Accounting & Keuangan (28) Angsuran-KPR (5) Contoh-Form (26) Excel-Tips (195) Indikator Investasi (7) Matematika-Excel (59) Mengatasi-Error-Rumus (9) Menghitung Bonus (9) Menghitung-Angsuran (4) Menghitung-Bunga (7) Menghitung-Pajak (13) Menghitung-THR (5) Nomor-Urut-Otomatis (9) Stok-Barang (7) Tutorial Excel (248)
Banyak alasan yang mengiringi seseorang hingga akhirnya meminjam uang di bank. Kebutuhan yang mendesak kerap menjadi alasan utamanya. Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit di bank, sebaiknya ketahui dulu cara menghitung bunga pinjaman tersebut.

Sebab dengan begitu, kelak Anda dapat mengelola utang itu dengan baik dan benar. Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Begitu kira-kira kenyataan hidup saat ini. Mungkin Anda pernah merasakan betapa sulitnya situasi ketika uang di rekening menipis, sementara kebutuhan akan pembayaran tak bisa ditawar-tawar lagi. Misalnya untuk biaya pengobatan, biaya pernikahan anak, dan biaya masuk kuliah anak.

Kebutuhan tersebut tentunya bersifat urgent, sementara saldo di rekening sedang cekak. Terbayang bukan, betapa sulitnya jika Anda dihadapkan pada sistuasi itu. Kondisi tersebut sebenarnya banyak dialami pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tatkala ingin membesarkan usahanya. Selain kerja keras, tentunya pengusaha UMKM juga butuh suntikan modal. Terkadang pengusaha hanya bisa gigit jari meski peluang mengembangkan usaha sudah di depan mata.

Pasalnya dana yang dimiliki terbatas, alias tak cukup modal. Dalam situasi tak menguntungkan itu, pelaku usaha biasanya menjadikan bank sebagai tempat alternatif pembiayaan yang strategis dalam bentuk pinjaman bank. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman atau kredit di bank, sebaiknya perhatikan dua hal ini. Pertama adalah tentang cara menghitung bunga bank.

cara menghitung bunga efektif

Kedua adalah cara menghitung suku bunga bank. Mengapa kedua hal ini perlu diketahui dan dipahami? Sebab dengan memiliki wawasan akan kedua hal tersebut, Anda akan dapat mencermati sekaligus menganalisis berapa besar kemampuan dalam mencicil. Dengan pengetahuan itu pula, Anda dijamin akan bijak menyikapi utang bank.

Karena Anda sudah bisa memprediksi; berapa besaran cicilan yang disanggupi dan berapa lama waktu pinjaman tersebut akan terlunasi. Intinya, jumlah angsuran kredit itu bisa ketahui dengan cara membagi jumlah pinjaman dengan lamanya waktu pembayaran (tenor) dan ditambah bunga pinjaman/kredit. Daftar isi • 1 Bunga Pinjaman Bank • 2 Penting Menghitung Bunga Pinjaman Bank • 3 Bunga Flat dan Cara Menghitungnya • 3.1 Sistem kredit bunga flat • 4 Bunga Efektif dan Cara Menghitungnya • 4.1 Sistem kredit bunga efektif • 5 Masing-masing Bunga Pinjaman Bank (Flat & Efektif) Memiliki Keunggulan Bunga Pinjaman Bank Apa itu bunga pinjaman dan mengapa ada bunga pinjaman?

Secara sederhana penjelasannya begini. Bunga pinjaman itu bisa diartikan sebagai kompensasi atau imbalan dari si pemberi pinjaman (bank) kepada peminjam atau cara menghitung bunga efektif. Kompensasi itu sendiri diberlakukan atas dasar hitung-hitungan dan proyeksi manfaat di kemudian hari yang diperoleh dari uang pinjaman tersebut jika diinvestasikan.

cara menghitung bunga efektif

Terkait dengan besaran bunga pinjaman yang dipatok oleh pihak bank, biasanya akan menjadi pertimbangan utama calon nasabah untuk memutuskan mengambil kredit di bank tersebut atau tidak. Seperti diketahui bahwa semua jenis pinjaman bank, hampir semuanya dikenakan bunga pinjaman dengan tipe yang berbeda-beda. Namun bagi nasabah tertentu, besaran bunga bank bukanlah pertimbangan utama.

Asalkan pengajuan kreditnya dapat diproses dengan cepat dan cair dalam waktu singkat. Baca Juga : Mau Kredit Renovasi Rumah? Ini Tipsnya Penting Menghitung Bunga Pinjaman Bank Survei membuktikan, tak banyak masyarakat atau nasabah yang mengetahui cara menghitung bunga bank. Mungkin hitung-hitungan bunga bank dianggap bukan menjadi urusan nasabah. Padahal mengetahui cara perhitungan bunga bank itu tak kalah pentingnya dengan pinjaman itu sendiri.

Sebab pada prinsipnya, perhitungan bunga itu akan berpengaruh pada total nilai pinjaman. Sebelum kredit disetujui, biasanya peminjam hanya berfokus pada berapa persen bunga yang diberikan pihak bank dan berapa besar angsuran di setiap bulannya. Jarang sekali ada nasabah yang berpikir untuk menghitung bunga kredit yang dikenakan padanya.

Lalu apa urgensinya Anda mengetahui cara perhitungan bunga bank ini? Sejatinya jika Anda memahami cara menghitung bunga bank, maka Anda akan dapat memilah dan memilih bank mana yang cara menghitung bunga efektif sesuai dengan harapan Anda. Yang pasti, dengan pengetahuan itu, Anda akan terhindar dari bunga pinjaman yang dinilai bisa “mencekik leher”.

Ada beberapa jenis bunga bank yang kerap dijumpai di suatu bank. Misalnya bunga tetap ( fixed interest), bunga mengambang ( floating interest), bunga flat ( flat interest), bunga efektif ( effective interest), dan bunga anuiti ( anuity interest). Dan dari kelima jenis bunga bank ini, bunga flat dan bunga efektif yang umum dan populer digunakan di masyarakat.

Bunga Flat dan Cara Menghitungnya Apa itu bunga flat? Bunga flat adalah bunga yang jumlah pembayaran pokok dan bunga kredit yang besarnya sama setiap bulan. biasanya diperuntukkan untuk kredit jangka pendek seperti kredit kendaraan bermotor dan kredit tanpa agunan. Bunga flat ini menggunakan metode perhitungannya yang jelas dimana besaran angsuran pokok dan angsuran bunga tak berubah setiap bulannya.

Cara menghitung bunga efektif dihitung secara proporsional dan disesuaikan dengan tenor (jangka waktu pinjaman yang ditetapkan atas kesepakatan debitur dan kreditur). Anda pernah menerima brosur kredit kendaraan bermotor yang sering dibagikan di mal dan pusat perbelanjaan? Nah itu adalah salah satu contoh penawaran kredit yang menawarkan bunga flat.

Sebab di brosur itu cara menghitung bunga efektif berapa besar angsuran per bulan sesuai dengan tenor cicilan yang diinginkan konsumen untuk mengakhiri masa pinjamannya. Sistem kredit bunga flat Untuk memahami bagaimana sistem kredit yang menawarkan bunga flat itu, coba perhatikan simulasi kredit berikut ini.

Si A mendapatkan pokok pinjaman dari bank senilai Rp36 juta. Dari pinjaman tersebut Si A diberikan bunga flat sebesar 5% per tahun. Dan disepakati jangka waktu pengembalian utang selama 24 bulan (2 tahun). Maka perhitungan bunganya dapat diketahui dengan menggunakan rumus: Bunga per bulan = (P x I x t) / jb P = pokok pinjaman I = suku bunga per tahun t = jumlah tahun jangka waktu kredit jb = jumlah bulan dalam jangka waktu kredit Dengan rumus tersebut maka perhitungan bunga flat pada contoh di atas adalah: Rp (36.000.000 x 5% x 2) / 24 = Rp150.000.

Setelah diketahui bunga per bulan, maka besaran cicilan dari bulan pertama hingga bulan ke-24 (cicilan akhir) adalah sebesar Rp1.650.000.

Yang terdiri dari cicilan pokok Rp1.500.000 (pokok pinjaman : jumlah bulan) + bunga flat senilai Rp150.000. Mengingat perhitungannya menggunakan sistem bunga flat, maka tak ada perubahan nilai angsuran di setiap bulannya.

Bunga Efektif dan Cara Menghitungnya Apa itu bunga efektif? Berbeda dengan bunga flat yang umumnya berjangka pendek, maka bunga efektif memiliki tenor yang panjang. Dena begitu, bisa dipastikan bahwa besaran bunga yang dibayarkan pada bunga efektif akan lebih kecil dibanding flat karena tenornya yang panjang tadi. Kredit bunga efektif umum ditemui pada kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit investasi cara menghitung bunga efektif. Perhitungan bunga efektif ini memiliki karakteristik khusus; karena jumlah angsurannya akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Hal ini disebabkan karena angsuran akan dihitung berdasarkan sisa dari total pinjaman. Atau perhitungan bunga akan dihitung setiap akhir dari periode pembayaran angsuran berdasar saldo pokok. Jadi bisa dianalogikan bahwa cicilan kedua akan lebih murah dibadning cicilan pertama.

cara menghitung bunga efektif

Cicilan ketiga akan lebih murah dari cicilan kedua, dan begitu seterusnya. Sistem kredit bunga efektif Coba perhatikan simulasi kredit berikut ini.

Si A mendapatkan pokok pinjaman dari bank senilai Rp360 juta. Dari pinjaman tersebut Si A diberikan bunga efektif sebesar 10% per cara menghitung bunga efektif. Dan disepakati jangka waktu pengembalian utang selama 24 bulan (2 tahun). Maka perhitungan bunganya dapat diketahui dengan menggunakan rumus: Bunga = S P x i x (30/360 ) SP = saldo pokok i = suku bunga per tahun 30 = jumlah hari dalam sebulan 360 = jumlah hari dalam setahun Saldo Pokok: Rp360 juta Suku Bunga Efektif: 10% per tahun Jangka waktu kredit: 24 bulan Angsuran bulan 1: Jumlah angsuran: Rp360 juta / 24 bulan = Rp15 juta Perhitungan bunga: Rp360 juta x 10% x (30 hari/360 hari) = Rp 3 juta Maka angsuran pokok ditambah bunga pada bulan 1 = Rp15 juta + Rp3 juta = Rp18juta Angsuran bulan 2: Karena sudah membayar angsuran di bulan 1 senilai Rp15 juta, maka saldo pokok pinjaman berkurang menjadi Rp345 juta (Rp360 juta – Rp15 juta), maka perhitungan bunga untuk angsuran kedua adalah: Rp345 juta x 10% x (30 hari/360 hari) = Rp2.875.000 Dari kedua perhitungan tersebut di atas (angsuran pertama dan angsuran kedua) bisa dilihat bahwa bunga pada setiap angsuran akan semakin berkurang sejalan dengan periode cicilan yang berjalan.

Masing-masing Bunga Pinjaman Bank (Flat & Efektif) Memiliki Keunggulan Mana yang lebih cara menghitung bunga efektif nasabah, bunga flat atau bunga efektif?

Jawabannya adalah relatif. Karena keduanya memiliki poin plus dan minus masing-masing. Misalnya pada sistem bunga flat yang memiliki keunggulan seperti; ada kepastian besaran angsuran yang harus dibayar kreditur hingga akhir masa pinjamannya. Selain itu, pada bunga flat juga tidak dikenakan penalti yang cukup besar.

Sementara di sistem bunga efektif keunggulannya terletak pada suku bunga yang bisa turun mengikuti suku bunga yang berlaku di pasaran. Dan satu lagi, biaya bunga yang dibayarkan akan mengecil di setiap periodenya, karena bunga dihitung berdasarkan sisa pokok pinjaman. Adapun kelemahan dari sistem bunga flat adalah tidak bisa mengikuti atau merasakan keuntungan akibat dari turunnya suku bunga. Sementara kelemahan dari sistem bunga efektif adalah tidak bisa diketahui secara pasti tentang jumlah angsurannya, karena bisa saja sewaktu-sewaktu terjadi kenaikan angsuran akibat adanya kenaikan suku bunga berlaku.

Sekarang pilihan ada di tangan Anda, mau menggunakan bunga flat atau bunga efektif? Baca Juga : Kredit Pemilikan Rumah Jadi Solusi Tepat Untuk Membeli Rumah
Selain bunga flat, perhitungan bunga yang banyak dipakai adalah bunga efektif. Bunga efektif banyak dipakai karena dirasa lebih fair perhitungan bunganya.

Bunga hanya dihitung dari sisa pinjaman yang belum dikembalikan. Jadi bila kita sudah mencicil beberapa kali, maka bunga dihitung dari sisa pinjaman yang belum dicicil. Karena bunga yang dibayar semakin mengecil, maka angsuran per bulannya jadi semakin sedikit. Bunga efektif biasanya dipakai cara menghitung bunga efektif kredit berjangka menengah sampai panjang misalnya KPR, kredit usaha, dll.

Perhitungan Bunga Efektif Prinsip dari perhitungan bunga efektif, adalah cicilan pokok per bulannya tetap, dan bunga per bulan dihitung dari sisa cicilan yang belum dibayar.

Misal: P = pokok pinjaman i = suku bunga per tahun t = lama kredit dalam bulan Maka: Cicilan pokok per bulan = P / t Bunga bulan ke z = (P - ((z - 1) x Cicilan pokok )) x i / 12 Contoh kasus: Budi meminjam uang di bank sebesar Rp 60.000.000,- dengan bunga kredit efektif 14% per tahun.

Bank memberikan kredit dengan jangka waktu 60 bulan. Berapakah angsuran yang harus dibayar Budi? P = Rp 60.000.000,- i = 14% t = 60 bulan Cicilan pokok per bulan = Rp 60.000.000,- / 60 = Rp 1.000.000,- Bunga bulan ke-1 = (Rp 60.000.000,- - (0 x Rp 1.000.000)) x 14% / 12 = Rp 700.000,- Cicilan bulan ke-1 = Rp 1.000.000,- + Rp 700.000,- = Rp 1.700.000,- Bunga bulan ke-2 = (Rp 60.000.000,- - (1 x Rp 1.000.000)) x 14% / 12 = Rp 688.333,33 Cicilan bulan ke-2 = Rp 1.000.000,- + Rp 688.333,33 = Rp 1.688.333,33 Bunga bulan ke-3 = (Rp 60.000.000,- - (2 x Rp 1.000.000)) x 14% / 12 = Rp 676.666,67 Cicilan bulan ke-3 = Rp 1.000.000,- + Rp 676.666,67 = Rp 1.676.666,67 .

Bunga bulan ke-11 = (Rp 60.000.000,- - (10 x Rp 1.000.000)) x 14% / 12 = Rp 583.333,33 Cicilan bulan ke-11 = Rp 1.000.000,- + Rp 583.333,33 = Rp 1.583.333,33 .dan seterusnya Kalkulator Bunga Efektif Kalkulator Bunga Efektif Untuk melakukan simulasi bunga efektif, silakan buka kalkulator bunga efektif.

Kelebihan Bunga Efektif • Bunga tiap bulannya berkurang • Bunga dihitung secara fair karena dihitung berdasar sisa pinjaman yang kita pakai Kekurangan Bunga Efektif • Bunga efektif lebih sulit dihitung daripada bunga flat Artikel Terkait: • Perhitungan Bunga Anuitas • Perhitungan Bunga TetapPerhitungan Kredit Bunga Efektif Dalam kredit dengan bunga efektif atau kadang disebut sliding rate, perhitungan bunganya dilakukan pada setiap akhir periode angsuran. Bunga kredit dihitung dari saldo akhir setiap bulannya.

cara menghitung bunga efektif

Bunga dihitung berdasar nilai pokok yang belum dibayar. Jadi bunga per bulan akan berubah-ubah berdasar nilai pokok yang masih terhutang. Cara menghitung bunga efektif bunga yang dibayar debitur setiap bulan akan semakin mengecil. Karena bunganya yang dibayar mengecil, maka angsuran per bulan akan semakin menurun dari waktu ke waktu. Angsuran bulan kedua lebih kecil daripada angsuran bulan pertama, begitu seterusnya. Misal, anda berhutang Rp 100.000.000,- dengan bunga efektif 12% per tahun, dengan cicilan pokok Rp 10.000.000,- per bulan.

Maka: Bulan ke-1 bunganya 1% x Rp 100.000.000,- = Rp 1.000.000,- Bulan ke-2 bunganya 1% x Rp 90.000.000,- = Rp 900.000,- Bulan ke-3 bunganya 1% x Rp 80.000.000,- = Rp 800.000,- dan seterusnya.

Rumus Bunga Efektif: Bunga per bulan = Saldo akhir periode x Suku bunga pertahun / 12 Untuk mengetahui cara perhitungan secara lengkap, dapat dilihat di rumus bunga efektif. SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date. This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time.

Please cara menghitung bunga efektif that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.
Arlyz Savan Religa — 03 Desember 2021 Bunga efektif adalah perhitungan sisa bunga yang penting Anda pelajari.

Perhitungan ini biasanya hanya dimengerti oleh para bankir serta orang-orang yang pernah mendapatkan atau mengeluarkan bunga efektif saja. Lalu, pentingkah bunga efektif dan perhitungannya dipelajari oleh masyarakat secara umum?

Untuk mengetahuinya, Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini. Apa Itu Bunga Efektif? Bunga efektif merupakan perhitungan sisa bunga yang mengacu pada sisa utang milik debitur atau orang yang berhutang.

Dalam hal ini, jumlah angsuran pokok yang disetorkan akan tetap sama setiap bulannya. Lalu, jumlah bunganya saja yang berbeda-beda tergantung pada berapa sisa uang sang debitur. Pada sistem bunga efektif ini, nominal bunga yang seharusnya disetorkan oleh debitur akan terus menurun dari satu bulan ke bulan yang lainnya. Sebab, setiap bulan sanga debitur telah mengangsur hutangnya dan semakin lama hutang tersebut akan semakin menipis. Hal itu berarti bunga yang akan dibayarkan pun semakin kecil pula karena acuannya adalah sisa utang dari debitur.

Cara Perhitungan Bunga Efektif Selama ini banyak sekali yang masih kesulitan dalam menghitung bunga efektif. Sebab, jumlah bunga yang harus dibayarkan oleh debitur setiap bulannya tidak akan sama.

cara menghitung bunga efektif

Hal inilah yang menjadikan kesulitan dan kebingungan tersendiri bagi setiap debitur yang akan menghitung besaran bunga yang harus mereka bayarkan. Untuk mempermudah Anda dalam menghitung bunga efektif ini, silahkan simak cara lengkapnya sebagai berikut.

1. Rumus Menghitung Bunga Efektif Untuk menghitung besaran bunga efektif, maka Anda harus memahami terlebih dahulu rumusnya sebagai berikut ini: • Angsuran pokok perbulan= pokok pinjaman : jangka waktu pembayaran • Angsuran bunga per bulan= saldo akhir x suku bunga per tahun /12 • Total angsuran per bulan= angsuran pokok + angsuran bunga 2. Menghitung Besaran Bunga dan Angsuran Pokok Misalkan saja Anda mempunyai pinjaman Rp 6.000.000 dan pinjaman tersebut jatuh temponya adalah selama 6 bulan.

Lalu, dari pinjaman tersebut dikenakan bunga efektif sebesar 12%, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut ini: Total Angsuran Bulan ke-1 • Angsuran pokok per bulan= Rp 6.000.000 : bulan = Rp 1.000.000 • Angsuran bulan ke-1 = Rp 6.000.000 x12%:6 bulan= Rp 120.000 • Total angsuran= Rp 1.000.000 + Rp 120.000= Rp 1.120.000 • Sisa utang= Rp 6.000.000- Rp 1.120.000.000= Rp 4.880.000 Total Angsuran Bulan ke-2 Untuk bulan ke-2 ini, perhitungan besaran bunga yang harus dibayarkan yakni berdasarkan sisa utang Rp 4.880.000 pada bulan ke-1 dan akan terus berkurang selama beberapa bulan ke depan hingga jatuh masa tempo pembayaran.

• Angsuran pokok per bulan= Rp 6.000.000 : bulan = Rp 1.000.000 • Angsuran bunga bulan ke-1 = Rp 4.880.000 x 12%:6 bulan= Rp 97.600 • Total angsuran= Rp 1.000.000 + Rp 97.600= Rp 1.097.600 • Sisa utang= Rp 4.880.000- Rp 1.097.600= Rp 3.782.400 Itulah pengertian lengkap dari bunga efektif cara menghitung bunga efektif cara menghitung bunga yang harus dibayarkan debitur berdasarkan sisa hutang mereka.

Memahami bunga sangat penting untuk Anda yang ingin meminjam modal untuk usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

cara menghitung bunga efektif

Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam ( Borrower ) dan pemberi pinjaman ( Lender ). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan.

Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis kue rumahan dengan lancar dan maksimal. Referensi : Mutia Fauzia. 02/10/2021, 16:57 WIB. Perbedaan Bunga Flat dan Bunga Efektif Serta Simulasi Perhitungannya. Money.kompas.com : https://bit.ly/3kH5TCA Artikel Terbaru • Kontrol Belanja Berlebih Jelang Idul Fitri Agar Keuangan Tetap Fitrah • 5 Alasan Pinjaman Modal Bisa Buat Usaha Bangkit dari Dampak Pandemi • Apa Tantangan yang Dihadapi Pebisnis Saat Pandemi?

Yuk, Cek Fakta Berikut! • Bulan Ramadhan Tiba, Ini Dia 6 Strategi Buat Bisnis Tetap Tumbuh • Hindari Impulsive Buying, Sambut Ramadhan dengan Utamakan Pengeluaran untuk Kebutuhan Berikut • 6 Pertimbangan yang Wajib Dilakukan Sebelum Mengakses Layanan Keuangan • 7 Ide Usaha di Bulan Ramadhan yang Laris Manis • Aturan Tunjangan Hari Raya Depnaker yang Wajib Diketahui Para Pekerja • Pengertian, Jurnal Penjualan beserta Jenis-Jenis dan Contohnya DISCLAIMER RISIKO • Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Cara menghitung bunga efektif Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

• Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini. • Penyelenggara dengan cara menghitung bunga efektif dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola, dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan, dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

• Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini. • Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.

• Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial. • Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.

• Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.

• Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Pinjaman, dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut di atas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

PT Investree Radhika Jaya (Perusahaan) merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia. Berdiri sebagai perusahaan yang telah diatur oleh dan dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia, Perusahaan menyediakan layanan interfacing sebagai penghubung pihak yang memberikan pinjaman dan pihak yang membutuhkan pinjaman meliputi pendanaan dari individu, organisasi, maupun badan hukum kepada individu atau badan hukum tertentu.

Perusahaan tidak menyediakan segala bentuk saran atau rekomendasi pendanaan terkait pilihan-pilihan dalam situs ini. Isi dan materi yang tersedia pada situs investree.id dimaksudkan untuk memberikan informasi dan tidak dianggap sebagai sebuah penawaran, permohonan, undangan, saran, maupun rekomendasi untuk menginvestasikan sekuritas, produk pasar modal, atau jasa keuangan lainya.

cara menghitung bunga efektif

Perusahaan dalam memberikan jasanya hanya terbatas pada fungsi administratif. Pendanaan dan pinjaman yang ditempatkan di rekening Investree adalah tidak dan tidak akan dianggap sebagai simpanan yang diselenggarakan oleh Perusahaan seperti diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan tentang Perbankan di Indonesia.

Perusahaan atau setiap Direktur, Pegawai, Karyawan, Wakil, Afiliasi, atau Agen-Agennya tidak memiliki tanggung jawab terkait dengan setiap gangguan atau masalah yang terjadi atau yang dianggap terjadi yang disebabkan oleh minimnya persiapan atau publikasi dari materi yang tercantum pada situs Perusahaan.

#9 cara menghitung bunga efektif di microsoft excl




2022 www.videocon.com