Kalori nasi padang

kalori nasi padang

Jakarta - Siapa sih nggak doyan nasi padang? Kayaknya tak ada yang tahan dengan godaan makanan satu ini. Rasanya, para pecinta kuliner akan setuju jika nasi padang jadi makanan terlezat di Indonesia.

Tapi banyak juga yang khawatir tentang kalorinya. Jelas saja, karena seporsi nasi Padang bisa berisi beraneka macam lauk pauk dengan kalori nasi padang andalannya yakni rendang. Jadi, kira-kira ada berapa jumlah kalori ya dalam sepiring nasi Padang? Berikut analisisnya menurut ahli gizi dr Tan Shot Yen, dalam perbincangan dengan detikHealth, Selasa (23/4/2019): Nasi putih 200 gram = 360 kkal Rendang daging 1 potong 100 gram = 193 kkal Sayur nangka 50 gram (1 sendok) = 80 kkal Daun singkong 50 gram = 25kkal Total = 658 kkal Ngapain mikir kalori.

Sebab gemuk kurusnya tubuh manusia tidak hanya ditentukan oleh kuantitas hitungan kalori, tapi kualitas jenis makanan, metabolisme, hormon, serta probiotik usus.

dr Tan Shot Yen - Pakar Nutrisi Baca juga: TKN Tolak Isu 'Boikot Nasi Padang': Kami Tidak Ingin Berpikir Picik Kebutuhan kalori tiap orang tentu berbeda. Pada pria dan wanita, disarankan untuk mengasup 2.000-3.000 kalori per hari sesuai dengan tingkat aktivitas kita. Jadi untuk seporsi nasi Padang dengan kalori nasi padang kalori total 658 kalori rasanya masih aman-aman saja. "Ngapain mikir kalori. Sebab gemuk kurusnya tubuh manusia tidak hanya ditentukan oleh kuantitas hitungan kalori, tapi kualitas jenis makanan, metabolisme, hormon, serta probiotik usus," tambah dr Tan.

Kalori nasi padang Terkait • Sedang Diet? 6 Pengganti Nasi Ini Rendah Kalori, Tapi Tetap Bikin Kenyang • 5 Tips Diet Sehat di Akhir Ramadhan, Agar saat Lebaran Tampak Bugar-Berstamina • Ternyata! Ini 4 Alasan Berat Badan Naik Tiba-tiba • Dokter Gizi Ingatkan Kalori nasi padang Membatasi Asupan di Bawah 800 Kalori Perhari • Diminum Sebelum Tidur, 4 Minuman Ini Diyakini Bikin Cepat Kurus • Ahli Gizi Beberkan Makanan-Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pasien Corona • Tips Menghitung Asupan Kalori untuk Anak Usia Prasekolah • 6 Makanan Rendah Kalori, Awet Kenyang Tapi Nggak Bikin Gemuk MOST POPULAR • 1 4 Anak RI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Status Vaksin COVID-nya • 2 Kalori nasi padang PPKM RI Diumumkan Hari Ini, Begini Riwayat COVID-19 Sepekan Terakhir • 3 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 4 Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Wajib Kalori nasi padang • 5 Caisar Diduga Nyabu Saat Live TikTok, Begini Ciri-ciri Pemakai Sabu • 6 Hepatitis Misterius Menyerang Anak Usia Berapa Sih?

Dokter Ungkap Faktanya • 7 Pemerintah Pastikan Biaya Perawatan Pasien Hepatitis Ditanggung BPJS Kesehatan • 8 Kemenkes Buka Suara Kasus Anak Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius • 9 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 10 Hasil Kolonoskopi Diungkap, Begini Kondisi Raja Salman Usai Masuk RS • SELENGKAPNYA KOMPAS.com - Kalori nasi padang per satu porsinya itu cukup tinggi.

Bagaimana tidak, karena “bintang” dari kebanyakan lauk masakan di restoran Padang adalah jeroan hewan yang berlemak dan diolah dengan santan serta minyak. Bahkan, sayuran dalam menu nasi padang pun juga kerap disajikan dengan santan. Belum lagi memperhitungkan takaran nasi yang disajikan per porsinya. Itu kenapa masakan Padang kerap kali dianggap makanan "berbahaya" untuk kolesterol.

Namun, tidak perlu khawatir. Meski kalori dalam satu porsi nasi padang cukup tinggi, kita tetap bisa mengakalinya supaya lebih sehat. Trik ini juga penting untuk diketahui bagi yang sedang menjalani program diet, agar asupan kalori tidak melampaui batas harian yang sudah ditentukan.

Baca juga: Nasi Padang Tak Selalu Jahat Bagi Tubuh, Tapi. Berapa kalori nasi padang per satu porsi? Makan nasi padang memang enak dan mengenyangkan. Satu porsi menu nasi padang biasanya disajikan dengan beragam jenis lauk makan khas Minang, dari daging, ayam, ikan, hingga sayur-sayuran.

Jika ditilik berdasarkan total kalori, satu porsi menu masakan padang rata-rata adalah 664 kcal. Menurut American Heart Association, makanan disebut berkalori tinggi jika mengandung kalori sebesar 400 ke atas. Namun total kalori dalam setiap piring bisa berbeda, tergantung dari menu lauk yang dipilih.

Jika kita ingin mengetahui lebih akurat tentang kandungan total kalori dalam satu piring nasi padang, mari uraikan kalori dari setiap jenis makanan yang tersaji. Sebagai contoh: • Makanan pokok: 100 gram nasi (kurang lebih 2 centong) setara 175 kalori • Sayur: 100 gram (satu sendok sayur) sayur gulai nangka setara dengan 66 kalori • Sayur: 80 gram sayur gulai ubi setara dengan 71 kalori • Lauk-pauk: 100 gram rendang setara dengan 193 kalori • Lauk-pauk: Ayam pop setara dengan 265 kalori Jika ditotal, satu porsi nasi padang dan setiap jenis makanannya bisa mengandung 770 kalori.

Berita Terkait Sering Buka Puasa Dengan Gorengan? Ini Bahayanya Bagaimana Sarapan Nasi Uduk Lengkap dengan Gorengan Bikin Ngantuk? Dari Gorengan hingga Teh Manis, Indonesia Dikepung Penyebab Diabetes Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Turunkan Berat Badan Waspadai Kandungan Kalori dalam Minuman Kopi Kekinian Berita Terkait Sering Buka Puasa Dengan Gorengan? Ini Bahayanya Bagaimana Sarapan Nasi Uduk Lengkap dengan Gorengan Bikin Ngantuk? Dari Gorengan hingga Teh Manis, Indonesia Dikepung Penyebab Diabetes Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Turunkan Berat Badan Waspadai Kandungan Kalori dalam Minuman Kopi Kekinian 5 Tips Cegah Tertular Covid-19 dari Keluarga yang Isolasi di Rumah https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/25/102204020/5-tips-cegah-tertular-covid-19-dari-keluarga-yang-isolasi-di-rumah https://asset.kompas.com/crops/9-VnG7C4h5q-zc3mlpZGXPRvOzY=/49x13:908x586/195x98/data/photo/2020/04/26/5ea578aa86ba5.jpg
70g Terdapat 664 kalori dalam 1 bungkus (380 g).

Rincian Kalori: 19% lemak, 40% karb, 40% prot. Ayam terkait dari Rumah Makan Sederhana: Gulai Ayam Nasi terkait dari Rumah Makan Sederhana: Nasi Padang Nasi Uduk Lontong Produk lain dari Rumah Makan Sederhana: Semur Jengkol Daun Singkong Kikil Ikan Tongkol Asampadeh Sate Padang Lihat Semua Produk Rumah Makan Sederhana Jenis lain dari Ayam: Dada Ayam Ayam (Kulit tidak Dimakan) Ayam Paha Ayam Sayap Ayam Lihat Informasi Gizi Ayam Jenis lain dari Nasi: Nasi Merah Nasi Putih (Butir-Sedang, Dimasak) Nasi Putih (Butir-Pendek, Dimasak) Nasi Merah Instan Nasi Putih Instan Nasi Putih Lihat Informasi Gizi Nasi Harap dicatat bahwa beberapa makanan mungkin tidak cocok untuk beberapa orang dan Anda disarankan untuk mencari nasehat dari ahli gizi sebelum memulai program pengurangan berat badan atau diet.

Meskipun demikian, informasi yang disediakan di situs ini benar dan dapat dipercaya adanya, FatSecret tidak mewakili atau menjamin terhadap kelengkapan atau akurasi dan semua informasi, termasuk nilai gizi, sehingga penggunaannya menjadi resiko Anda sendiri. Semua merek dagang, hak cipta dan bentuk kekayaan intelektual lainnya adalah kepunyaan pemiliknya masing-masing. Terkenal sebagai kuliner lezat, nasi Padang menyandang predikat “Terenak di Dunia”.

Tapi di balik kelezatannya, nasi Padang mengandung kalori tinggi yang bikin orang khawatir. Dibandingkan dengan kalori nasi uduk dan kalori nasi goreng, kalori nasi Padang dua kali lipat lebih tinggi. Asal kamu tahu saja, kalori nasi Padang komplet mencapai 664 kcal. Jumlah ini 6 kali lipat lebih tinggi dari nasi kuning yang cuma 100 kcal. Belum lagi jika dipadukan dengan lauk, kalori nasi Padang 1 bungkus bisa menembus angka 770 kcal lo!

Menukil Kompas, riset American Heart Association menyebutkan makanan dapat digolongkan berkalori tinggi bila mengandung lebih dari 400 kcal. Tingginya kalori nasi Padang membuat banyak orang berpikir ulang menyantap makanan khas Minang tersebut. Apalagi bagi mereka yang tengah diet. Tumpukan kalorinya menyebabkan berat badan naik, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan rentan mengalami obesitas. Sebenarnya ada trik untuk mengakali kalori nasi Padang yang tinggi.

Sehingga kamu bisa menyantapnya tanpa takut badan melar. Simak baik-baik, ya! 1. Perhatikan kompisisi lauk dan nasi. Harus seimbang, nggak boleh kebanyakan~ komposisi nasi padang - photo by riddick_evander@yahoo.com via depositphotos.com Banyak orang kalap mata ketika memasuki Rumah Makan Padang, akhirnya asal ambil nasi dan lauk tanpa mempertimbangkan kandungan gizinya.

Agar kalori dalam tubuh nggak melonjak tinggi, perhatikan komposisi lauk dan nasi. Biar seimbang, pastikan nasi Padang dilengkapi dengan serat dan protein. Kandungan serat bisa didapatkan dari sayuran rebus yang biasanya disediakan. Sedangkan kandungan protein diperoleh dari olahan ayam terutama bagian dada. Jadi, nggak ada tuh yang namanya kebanyakan karbohidrat atau protein aja.

ayam goreng - photo by Odua via depositphotos.com Alih-alih memilih lauk yang digoreng, sandingkan nasi padang dengan lauk yang dibakar atau dipanggang. Kalori nasi Padang ayam makin nggak terkendali bila kamu memilih ayam goreng. Terlihat enak memang, tapi kandungan kalori ayam goreng sekitar 245 kcal lo.

Termasuk olahan yang digoreng, ayam pop mungkin tampak `bersih` tanpa minyak tapi ternyata kalorinya mencapai 265 kalori nasi padang. Bagi pengemar ikan, hindari dulu nasi Padang ikan goreng yang kalorinya melejit sampai 345 kcal per porsinya. Selain lauk yang digoreng, ada baiknya hindari pula masakan rendang baik daging sapi atau ayam. Lantaran kalori rendang mencapai 193 per 100 gram. Nggak jauh beda, kalori nasi Padang ayam rendang pun tinggi.

Solusinya, kamu bisa beralih ke aneka lauk yang dibakar. 3. Supaya kalori dan kolesterol tetap di batas aman, hindari kuah santan saat makan nasi Padang hindari kuah santan - photo by Harismoyo via depositphotos.com Makanan bersantan memang memanjakan lidah. Namun kuah kental dari perasan kelapa sebaiknya dihindari saat makan nasi Padang. Soalnya kuah santan menyumbang sekitar 230 kcal per 100 gram.

Supaya kalori dan kolesterol tetap di batas aman, kamu bisa konsumsi gulai nangka tanpa kuah. Masakan bersantan lain yang sering disajikan adalah ayam kari.

Mengingat kalori nasi Padang ayam kari sekitar 109 kcal per 100 gram, usahakan untuk menghindarinya karena kalori nasi Padang tanpa kuah lebih rendah. 4. Makan nasi Padang dengan sehat, caranya perbanyak sayuran rebus yang kaya serat. Tambahin mentimun kalau tersedia, ya! daun singkong - photo by ArisSetya via depositphotos.com Nasi padang terdiri dari nasi, lauk, sambal, dan sayuran rebus.

kalori nasi padang

Keempatnya disajikan dalam satu porsi. Nah, agar tubuhmu nggak melar, perbanyak nasi sayuran rebus seperti daun singkong atau daun ubi. Kalau ada, lengkapi juga dengan potongan mentimun. Selain rendah kalori, mentimun tidak memiliki kolestreol, sodium, dan lemak.

Jadi, mentimun pas banget jadi menu tambahan saat makan nasi Padang. Seperti diketahui, sayuran rebus di menu masakan padang lumrahnya disantap pakai kuah santan. Kali ini, makan sayuran rebus tanpa ditambahi santan, ya. Biar khasiat sayuran nggak hilang. Kalau pakai santan, bukan sehat yang didapatkan. Tapi tubuh malah melebar. 5. Kurangi nasi dan perkedel demi makan nasi Padang yang rendah kalori.

kalori nasi padang

Alih-alih jadi makanan pokok, jadikan nasi sebagai lauk aja kurangi nasi - photo by liudmilachernetska@gmail.com via depositphotos.com Menyiasati tingginya kalori nasi Padang, kamu bisa jajal trik satu ini.

Sama-sama mengandung karbohidrat, nasi dan perkedel dimakan secukupnya. Kalau bisa malah dikurangi atau justru cukup dijadikan lauk aja. Kalori nasi putih dalam nasi Padang sebanyak 175 kcal lo. Jumlah ini setara dengan dua centong nasi. Diantara jenis nasi, nasi putih memang tergolong tinggi kalori.

Berbeda dengan kalori nasi merah, hanya sebesar 110 kcal. Itu dia trik buat kamu yang doyan nasi Padang tapi takut badan melar. Kalori nasi Padang sederhana yang tanpa santan dan gorengan cukup rendah, jadi nggak bakal berlebihan. Meskipun sudah mengaplikasikan cara di atas, tetap olahraga teratur agar berat badan ideal. Selamat mencoba!
Merdeka.com - Kuliner khas dari berbagai daerah membuat kita bisa mencicipi bermacam-macam resep dan rasa yang unik dan lezat.

Salah satu daerah yang terkenal akan kuliner khasnya adalah Padang. Ketika membicarakan kuliner Padang, bayangan yang terlintas di kepala kemungkinan adalah Rumah Kalori nasi padang Padang, dengan menu andalan berupa nasi Padang. Nasi Padang sendiri adalah makanan yang biasanya terdiri dari nasi, daging atau ayam atau ikan, sayuran, dan disiram oleh kuah gulai.

Satu porsi nasi Padang sudah cukup untuk membuat Anda merasa kenyang. Tapi, jangan terlena dengan kelezatan setiap makanan. Anda juga harus mempertimbangkan kalori yang terkandung di dalamnya. Termasuk saat makan nasi Padang, Anda harus tahu berapa kalori nasi Padang tepatnya. Dengan mengetahui kalori nasi Padang, atau kalori makanan lain yang Anda makan, Anda akan lebih mudah untuk menjaga berat badan dan terhindar dari obesitas.

Menghitung kalori makanan yang kita makan juga menjadi cara untuk menerapkan pola makan yang sehat agar kalori nasi padang lebih selektif ketika makan. Kalori memang penting untuk mendukung kita beraktivitas sehari-hari. Tapi ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang berapa jumlah kalori nasi Padang lengkap dengan penjelasan dan tips menguranginya. Apa Itu Kalori Kalori adalah satuan energi. Dalam nutrisi, kalori mengacu pada energi yang diperoleh seseorang dari makanan dan minuman yang mereka konsumsi, dan energi yang mereka gunakan dalam aktivitas fisik. Tubuh manusia sendiri membutuhkan kalori untuk bisa bertahan hidup. Tanpa energi, sel-sel dalam tubuh akan mati, jantung dan paru-paru akan berhenti, dan organ-organ tidak akan dapat melakukan proses dasar yang diperlukan untuk membuat manusia tetap hidup.

Orang menyerap energi ini dari makanan dan minuman. Jika orang hanya mengonsumsi jumlah kalori yang mereka butuhkan setiap hari, mereka mungkin akan memiliki hidup yang sehat. Karena konsumsi kalori yang terlalu rendah atau terlalu tinggi hanya akan akan menimbulkan masalah kesehatan.

Jumlah kalori dalam makanan memberi tahu kita berapa banyak energi potensial yang dikandungnya. Bukan hanya kalori yang penting, tetapi juga zat dari mana kalori itu diambil. Kalori Nasi Padang Nasi Padang merupakan kalori nasi padang favorit bagi banyak orang. Rasanya lezat, porsinya banyak, dan harganya terjangkau. Dalam satu porsinya Anda sudah bisa mendapatkan daging ayam atau ikan, sayur, dan nasi dengan kuah gulai. Menggiurkan bukan.

Namun, apa yang kita cari dari makanan bukan sekadar rasa dan harga, tapi juga pengaruhnya pada tubuh kita. Kita harus memperhatikan jumlah kalori yang kita makan. Untuk kalori nasi Padang sendiri sebenarnya sudah cukup tinggi.

kalori nasi padang

Dilansir dari laman SehatQ, rata-rata total kalori dalam satu porsi nasi Padang adalah 664 kkal. ©Shutterstock Menurut American Heart Association, makanan dapat disebut berkalori tinggi ketika mengandung kalori sebesar 400 ke atas. Dan total kalori nasi Padang ini bisa berubah dan berbeda tergantung dari lauk yang dipilih. BACA JUGA: Pengertian Batik Jumputan, Berikut Cara Membuatnya Cara Melentikkan Bulu Mata dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif Jika ingin mengetahui lebih akurat tentang jumlah total kalori nasi Padang dalam satu bungkusnya, kita bisa menguraikan kalori dari setiap jenis makanan yang tersaji, contohnya: • Makanan pokok: 100 gram nasi (kurang lebih 2 centong) setara 175 kalori • Satu sendok sayur gulai nangka setara dengan 66 kalori • Sayur gulai ubi 80 gram setara dengan 71 kalori • Rendang 100 gram setara dengan 193 kalori • Ayam pop satu porsi setara dengan 265 kalori.

Jika ditotal, jumlah kalori dalam satu porsi nasi Padang sesuai contoh di atas sudah mencapai 770 kalori. Meski masih jauh dari ambang batas rekomendasi kebutuhan kalori harian berdasarkan perhitungan Kalori nasi padang, yaitu 2.000 kkal per hari, nilai kalori dan lemak dari satu kali makan nasi Padang tetap tergolong tinggi.

Karena kemungkinan kita masih mengonsumsi makanan lain dengan karbohidrat dan lemak tinggi di waktu makan yang lain. Kalori nasi padang JUGA: Rugi Ratusan Juta Rupiah, Uya Kuya Akui Jadi Korban Penipuan Artis Ini Bacaan Doa untuk Orang Menikah, Berikut Arti dan Keutamaannya Sumber serat pada masakan Padang berasal dari sayur-sayuran, dan sumber protein bisa didapat dari lauk.

Dada ayam bisa menjadi pilihan yang cocok untuk mendapatkan asupan protein. Sebab, dada ayam memiliki protein yang tinggi, di mana dalam 100 gram sajiannya mengandung protein sebesar 23,07 gram. Dan pastikan pula dada ayam yang dipilih tidak ada kulitnya.

Hindari makanan yang digoreng Akan lebih baik jika Anda memiliki lauk yang dibakar atau dipanggang, kalori nasi padang pada yang digoreng. Ini karena lauk yang dipanggang tidak dicelupkan ke dalam minyak panas yang membuat kolesterol jahat meresap ke dalam makanan. Hal ini juga yang menjadi penyebab kalori nasi Padang menjadi tinggi. Pilih sayur rebus dan kurangi santan BACA JUGA: Sonny Septian Akui Perlakukan King Faaz Seperti Anak Sendiri, Intip Potret Kompaknya 6 Resep Donat Isi Berbagai Bahan ala Rumahan, Enak, Lembut dan Mudah Dibuat Serat yang bisa didapat dari masakan Padang dapat kita temukan dari sayuran, seperti sayur daun, daun singkong, maupun gulai nangka.

Namun, sebaiknya pilih daun ubi atau singkong yang direbus tanpa tambahan santan. Jika ingin menambahkan gulai nangka, ambil kuah santannya jangan terlalu banyak. Sebab, kuah santan dari gulai nangka mengandung minyak yang meningkatkan kalori nasi padang nasi Padang dan menambah kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Kurangi nasi Kurangi asupan nasi sesedikit mungkin. Selain membantu mengurangi kalori dalam hidangan nasi Padang Anda, cara ini juga mampu mengurangi lonjakan gula darah. Ini karena nasi tergolong makanan yang memiliki glikemik indeks yang tinggi.

1 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Kalori nasi padang Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 2 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 3 Dibegal 9 Orang di Jalan, 2 Prajurit TNI Lakukan Perlawanan 1 Pelaku Diamankan 4 Innalillahi Waina Ilaihi Rajiun, Sang Raja Dangdut Rhoma Irama Berduka 5 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran Selengkapnya
Advertisement Bagaimana tidak, karena “bintang” dari kebanyakan lauk masakan di restoran Padang adalah jeroan hewan yang berlemak dan diolah dengan santan serta minyak. Bahkan, sayuran dalam menu nasi Padang pun juga kerap disajikan dengan santan. Belum lagi memperhitungkan takaran nasi yang disajikan per porsinya.

Itu kenapa masakan Padang kerap kali dianggap makanan "jahat". Namun, tidak perlu khawatir. Meski kalori dalam satu porsi nasi Padang cukup tinggi, Anda tetap bisa mengakalinya supaya lebih sehat. Trik ini juga penting untuk diketahui bagi yang sedang menjalani program diet, agar asupan kalori tidak melampaui batas harian yang sudah ditentukan. Berapa kalori nasi Padang per satu porsi?

Seporsi nasi padang terdiri dari lauk-pauk dan sayuran Nasi Padang adalah salah satu kudapan enak dan mengenyangkan. Satu porsi menu nasi Padang biasanya disajikan dengan kalori nasi padang jenis lauk makan khas Minang, dari daging, ayam, ikan, hingga sayur-sayuran. Namun jika ditilik berdasarkan total kalori, satu porsi menu masakan Padang sudah tergolong tinggi. Tepatnya, nasi Padang berapa kalori? Secara umum, rata-rata total kalori nasi Padang per satu porsi sajian adalah 664 kkal. Menurut American Heart Association, makanan disebut berkalori tinggi jika mengandung kalori sebesar 400 ke atas. Bahkan, total kalori dalam satu piring milik Anda dan orang lain juga bisa berbeda, tergantung dari menu lauk yang dipilih. Jika kita ingin mengetahui lebih akurat tentang kandungan total kalori dalam nasi Padang sebanyak satu bungkus, mari uraikan kalori dari setiap jenis makanan yang tersaji.

Sebagai contoh: • Makanan pokok: 100 gram nasi (kurang lebih 2 centong) setara 175 kalori • Satu sendok sayur gulai nangka setara dengan 66 kalori • Sayur gulai ubi 80 gram setara dengan 71 kalori • Rendang 100 gram setara dengan 193 kalori • Ayam pop satu porsi setara dengan 265 kalori. Baca Juga • Bahaya Makanan Manis untuk Kalori nasi padang, Bisa Meningkatkan Risiko Gangguan Ginjal • Makanan Pengganti Nasi untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan, Apa Saja? • Mengenal Makan Pica Saat Orang Mengonsumsi Benda Tak Lazim Jika ditotal, jumlah kalori di dalam 1 bungkus nasi Padang 770 kalori. Kelihatannya masih jauh dari ambang batas rekomendasi kebutuhan kalori harian berdasarkan perhitungan AKG, yaitu 2.000 kkal per hari.

Akan tetapi, asupan kalori serta lemak dari satu kali makan masakan Padang tetap tergolong tinggi. Sebab, tidak menutup kemungkinan kita masih akan makan makanan lain yang berkarbohidrat tinggi serta tinggi lemak di waktu makan lain. Kenapa kalori kalori nasi padang masakan Padang tinggi? Karbohidrat terbanyak pada masakan Padang berasal dari nasi Asupan gizi yang paling mendominasi adalah 41% karbohidrat dan 40% protein per satu porsinya, dengan takaran sebesar 70 gram dari kombinasi keduanya. Kemudian disusul oleh kandungan lemak sebesar 15 gram per satu porsi nasi padang plus lauk-pauknya.

Asupan lemak menyumbang 19% dari total kalori dari satu porsi menu nasi Padang. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan telah menentukan ambang batas harian asupan lemak sebesar 5 sendok makan atau atau setara 62,5 gram. Artinya, 24% atau hampir seperempat batas konsumsi lemak harian ada di dalam satu porsi nasi Padang. Lemak dan kalori dalam satu porsi makanan Padang umumnya berasal dari hasil olahan santan. Santan juga mengandung asam laurat yang mampu meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun, “biang keladi” dari tingginya kalori menu masakan Padang bukan cuma santan. Ambil contoh dari satu potong ayam pop yang kelihatannya “bersih”, tanpa lemak dan santan. Ayam pop memiliki kalori yang tinggi karena cara mengolahnya digoreng. Penelitian dalam jurnal International Journal for Vitamin and Nutrition Research memaparkan, kandungan air dalam makanan yang digoreng akan menguap ketika terpapar suhu tinggi.

Sebagai gantinya, makanan tersebut menyerap minyak goreng. Inilah yang membuat kalori makanan menjadi lebih tinggi ketika digoreng. Makanan yang digoreng juga diketahui mengandung lemak trans yang meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Baca Juga • Maltitol untuk Menggantikan Gula, Ketahui Pro dan Kontranya • Inilah Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Jantung Berdebar • Ini Kandungan Gizi Kentang yang Menyehatkan untuk Tubuh Kita Cara makan sehat di restoran Padang Kalori nasi Padang terbilang tinggi.

Bahkan, satu sajiannya bisa mencapai di atas 700 kalori. Terlebih, sebagian besar olahannya menggunakan jeroan, santan, dan digoreng. Hal ini pun membuat masakan Padang tinggi lemak. Namun, jika kita cermati, kita tetap bisa mengakali makan di rumah makan Padang dengan sehat. 1. Pastikan komposisi nasi Padang seimbang Dada ayam mengandung protein tinggi Selain memerhatikan kalori nasi Padang, agar mencukupi kebutuhan gizi, pastikan satu porsi nasi Padang terdiri dari serat dan protein. Sumber serat pada masakan Padang berasal dari sayur-sayuran.

Sumber protein bisa didapat dari lauk. Dada ayam lebih dianjurkan untuk mendapatkan asupan protein. Sebab, dada ayam memiliki protein yang tinggi.

Dalam 100 gram sajian dada ayam, kandungan proteinnya sebesar 23,07 gram. Artinya, hampir seperempat kandungan dada ayam adalah protein. Pastikan pula dada ayam yang dipilih tidak ada kulitnya.

2. Hindari olahan yang digoreng Alih-alih pilih ayam pop atau ikan yang digoreng, pilihlah makanan yang dibakar atau dipanggang. Hal ini dikarenakan ayam panggang tidak dicelup kalori nasi padang dalam minyak panas yang membuat kolesterol jahat meresap ke dalam makanan.

kalori nasi padang

Ini pula yang membuat kalori nasi Padang tinggi. 3. Pilih sayur rebus dan kurangi kuah santan Pilih sayur rebus untuk sumber serat saat makan nasi Padang Serat yang didapat juga bisa dari sayur daun, daun singkong, maupun gulai nangka.

Namun, pastikan daun ubi atau singkong tersebut direbus tanpa tambahan santan. Jika ingin makan gulai nangka, ambil kuah santannya jangan terlalu banyak. Kuah santan dari gulai nangka mengandung minyak yang mampu meningkatkan kalori nasi Padang dan menambah kadar kolesterol dalam tubuh jika terlalu berlebihan. 4. Kurangi nasi Sebaiknya, kurangi asupan nasi sesedikit mungkin. Selain mengurangi kalori nasi Padang, hal ini juga mampu mengurangi lonjakan gula darah tingkat. Sebab, nasi mengandung glikemik indeks yang tinggi jika dibandingkan dengan biji-bijian yang lain.

Catatan dari SehatQ Kalori nasi Padang kalori nasi padang cukup tinggi karena mengandung lemak, santan, dan minyak. Hal ini mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan berisiko menambah berat badan berlebih. Namun, agar lebih sehat, pastikan dalam satu piring Anda tetap lebih banyak lauk sayurnya. Sayur yang ditambahkan pun lebih baik direbus. Jika ingin memilih gulai sayur, pastikan kuahnya tidak terlalu kalori nasi padang.

Sebagai lauk teman makan nasi, pilih menu protein yang tidak digoreng. Jangan lupa untuk kurangi porsi nasinya. Selain untuk menurunkan asupan kalori nasi Padang, hal ini juga membantu mengurangi kenaikan gula darah setelah makan.

kalori nasi padang

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut untuk mengetahui cara menghitung kalori makanan ataupun kebutuhan kalori harian, Anda disarankan untuk konsultasi dengan dokter gizi atau ahli gizi terdekat.

Anda juga bisa chat dokter gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323743 (Diakses pada 8 September 2020) Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-milk (Diakses pada 8 September 2020) Fat Secret. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/rumah-makan-sederhana/nasi-padang/1-porsi (Diakses pada 8 September 2020) Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

http://promkes.kemkes.go.id/wp-content/uploads/pdf/publikasi_materi_promosi/Informasi%20CERDIK/5.%20Diet%20Seimbang_425x28.5mm.pdf (Diakses pada 8 September 2020) Fat Secret. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/nasi-putih?portionid=17592&portionamount=1,000 (Diakses pada 8 September 2020) Fat Secret. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/rumah-makan-sederhana/sayur-nangka/100g (Diakses pada 8 September 2020) Fat Secret. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/ubi-dimasak?portionid=23807&portionamount=1,000 (Diakses pada 8 September 2020) Fat Secret.

https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/rumah-makan-sederhana/rendang/100g (Diakses pada 8 September 2020) International Journal for Vitamin and Nutrition Research. https://econtent.hogrefe.com/doi/10.1024/0300-9831.76.4.230 (Diakses pada 8 September 2020) Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fat/art-20045550 (Diakses pada 8 September 2020) Fat Secret. https://www.fatsecret.com/calories-nutrition/generic/chicken-breast-skin-not-eaten (Diakses pada 8 September 2020)Jujur, siapa Bunda di sini yang suka pura-pura lupa dengan diet kalau sudah masuk rumah makan Padang?

Benar, Bunda, pesona masakan Padang memang sulit untuk diabaikan karena memang semua rasa hidangannya juara. Makan nasi Padang boleh-boleh saja, asal tidak dilakukan setiap hari. Itu karena kalori nasi Padang sangat tinggi, Bunda. Berapa? Yuk, cek jumlah kalorinya kalori nasi padang bawah ini. Agar Bebas dari Rasa Bersalah, Perhatikan Total Kalori Nasi Padang Anda Ayam pop, kikil gulai, kalio, rendang, dan udang balado, hanyalah kalori nasi padang dari sekian banyak menu yang ada di rumah makan Padang.

Semuanya enak dengan citarasa bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Tapi kandungan lemak pada hidangan-hidangan itu juga sangat tinggi, loh, Bunda. Misalnya saja kikil gulai. Kandungan lemak pada kikilnya saja sudah tinggi, belum lagi santan pada kuah gulainya ditambah nasi sebagai teman si kikil. Karena memang kebiasaan orang Indonesia harus makan dengan nasi, jadi kalau kalori nasi padang ada nasi kurang afdol rasanya! Kalau satu lauk dan nasi saja sudah meningkatkan kalori dalam tubuh, bagaimana jika jenis lauk yang dipilih lebih dari satu.

Tahu sendiri, kan, menu yang disajikan di atas meja jika Anda makan di rumah makan Padang, ada banyak sekali. Tak tahan rasanya jika hanya mengambil satu jenis saja. Nasi Padang selama ini selalu dianggap sebagai makanan yang berbahaya, karena berisiko meningkatkan kadar kolesterol dan gula dalam darah. Namun sebenarnya jika Anda mampu menyeimbangkan nilai nutrisi dengan menghitung jumlah kalori dari tiap hidangan yang dipilih, Anda tak perlu khawatir menyantap nasi Padang.

Cara ini merupakan salah satu trik jitu agar keinginan makan nasi Padang terpenuhi dan program diet juga berjalan lancar. Artikel terkait: 8 Menu Nasi Padang Paling Lezat, yang Mana Favorit Bunda? Berapa Jumlah Total Kalori Nasi Padang? Kebutuhan kalori harian pada pria dan wanita berbeda. Wanita membutuhkan 1.600-2.400 kalori per hari, sementara pria butuh 2.000-3.000 kalori per hari.

Melansir Kompas, berikut ini contoh gambaran kalori yang dipilih ketika makan di rumah makan Padang: • Nasi 100 gram (sekitar 2 centong) setara 175 kalori. • Sayur gulai nangka 100 gram kalori nasi padang sendok sayur) setara 66 kalori. • Sayur ubi 80 gram setara 71 kalori. • Rendang 100 gram setara 193 kalori.

kalori nasi padang

• Ayam pop setara 265 kalori. Jika dihitung, jumlah kalori keseluruhan porsi nasi Padang di atas hanya menyumbang 770 kalori. Ini mungkin masih terlihat jauh dari ambang batas harian yang direkomendasikan. Tapi itu untuk satu kali makan, loh, Bunda. Besar kemungkinan Anda akan mendapatkan kalori tambahan di jam makan berikutnya di hari yang sama. Secara keseluruhan kalori nasi Padang tiap porsinya mengandung 41 persen karbohidrat, 40 persen protein, dan lemak 19 persen. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan menjelaskan, ambang batas harian asupan lemak adalah 5 sendok makan atau setara dengan 62,5 gram.

kalori nasi padang

Dengan demikian bisa dikatakan, 24 persen atau hampir seperempat batas lemak harian ada pada satu porsi nasi padang. Lemak dan kalori yang tinggi ini umumnya berasal dari hidangan bersantan. Asam laurat yang berperan dalam meningkatkan kolesterol jahat juga berasal dari santan, dan juga makanan tang digoreng –menurut jurnal International Journal for Vitamin and Nutrition Research. Seperti diketahui, makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang berperan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Artikel terkait: Sejarah, Resep, dan Cara Membuat Soto Padang, Kuliner Khas Sumatra Barat Cara Sehat Makan Nasi Padang Makan nasi Padang dan tetap sehat? Bisa, kok, Bunda. Caranya begini: • Seimbangkan komposisi nutrisi agar kalori yang dibutuhkan tubuh serta serat dan protein juga terpenuhi. Ambil asupan serat dari sayur-sayuran dan protein dari lauk seperti dada ayam. Kandungan protein pada 100 gram dada ayam lumayan tinggi, sekitar 23,07 gram.

Yakni hampir memenuhi seperempat kebutuhan protein harian Anda. • Kalori nasi padang olahan goreng. Ayam pop memang disajikan berkuah, tapi sebelumnya ayamnya digoreng dulu, loh, Bunda.

Akan lebih baik Anda memilik ayam bakar/panggang saja. • Pilih sayur rebus dan hindari kuah santan untuk mendapatkan serat, seperti pada daun singkong atau gulai nangka. • Kurangi nasi untuk menghindari lonjakan gula darah.

Nasi itu mengandung glikemik indeks yang tinggi, Bunda, jika dibandingkan dengan biji-bijian. Artikel terkait: 6 Resep Udang Saus Padang ala Resto, Lezat dan Mudah Dibuat! Jadi mulai sekarang, jangan lupa menghitung kalori nasi Padang agar Anda merasa tidak bersalah saat menyantapnya. Baca juga: kalori nasi padang id.theasianparent.com/kalori-nasi-putih id.theasianparent.com/defisit-kalori • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan
Setuju tidak, kalau nasi padang adalah makanan selera sejuta umat?

Terbukti dari keberadaan warung nasi padang di banyak daerah. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri, seperti Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat. Namun di balik kenikmatannya, nasi padang "dituduh" banyak orang sebagai pemicu kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

kalori nasi padang

Alasannya, aneka unsur dalam nasi padang mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Apakah benar demikian? Cek faktanya di sini. Berapa kalori yang terkandung dalam nasi padang? Nasi padang dengan gulai tunjang. (Foto: Shutterstock) Dalam sebuah artikel yang dilansir BBC Indonesia, disebutkan bahwa meskipun kuliner Padang banyak mengandung santan, kalorinya masih lebih rendah daripada makanan yang digoreng.

Tidak percaya?

kalori nasi padang

Cek tabel kalori nasi padang dan lauk-lauknya berikut ini. Unsur dalam Nasi Padang Kandungan Kalori Nasi 252 kkal Gulai nangka kalori nasi padang kkal Daun singkong 31 kkal Ayam bakar 372 kkal Ayam pop 257 kkal Telur balado 87 kkal Telur dadar 436 kkal Rendang 97 kkal Dendeng 151 kkal Daging cincang 302 kkal Paru goreng 134 kkal Tunjang (kikil) 61 kkal Ikan kembung 215 kkal Gulai kepala kakap 92 kkal Sate padang 384 kkal Perhatikan, kandungan kalori tertinggi pada lauk nasi padang justru berasal dari telur dadar (makanan yang digoreng) sebesar 436 kkal.

Artinya, empat kali lebih tinggi daripada rendang (97 kkal) atau kepala kakap (92 kkal). Nikmatnya daging rendang padang. Berapa kalorinya ya? (Foto: Shutterstock) Dengan tabel di atas, kamu juga bisa menghitung sendiri berapa kalori yang terdapat di dalam nasi padang bungkus favoritmu. Ini dia contohnya: Nasi Padang Bungkus Lengkap Kandungan Kalori Nasi + gulai nangka + singkong + ayam kalori nasi padang 758 kkal Nasi + gulai nangka + singkong + telur dadar 822 kkal Nasi + gulai nangka + singkong + rendang 483 kkal Nasi + gulai nangka + singkong + tunjang 447 kkal Nasi + gulai nangka + singkong + cincang 688 kkal Nasi + gulai nangka + singkong + dendeng 537 kkal Nasi + gulai nangka + singkong + ikan kembung 601 kkal Kendati demikian, jangan hanya menghitung masalah kalori dalam memilih lauk nasi padang.

Kamu juga harus mempertimbangkan kandungan lemak, protein, dan kolesterol di dalam setiap jenis lauk. Sudah menjadi rahasia umum kalau lauk jeroan seperti tunjang dan paru goreng, walau rendah kalori, tetap tidak baik dikonsumsi terlalu sering. Pasalnya, kedua menu ini tinggi kolesterol dan berbahaya bagi kamu yang berisiko penyakit jantung. Baca juga: Ini Dia Menu Nasi Padang yang Bisa Bikin Kolesterol Naik Kenapa nasi padang bungkus porsi nasinya lebih banyak?

Gulai kepala kakap yang biasanya paling mahal di rumah makan padang. (Foto: Shutterstock) Selain kandungan kalori, pertanyaan lain yang kerap ditanyakan orang adalah kenapa nasi padang yang dibungkus biasanya memiliki porsi nasi lebih banyak daripada makan di tempat?

Dikutip dari Fimela, ada tiga teori terkait pertanyaan itu.

kalori nasi padang

Teori pertama berkaitan dengan sejarah pada masa penjajahan Belanda. Saat itu, rumah makan Padang dianggap tempat makan elite sehingga banyak penduduk yang merasa enggan makan di tempat.

Masyarakat biasa lebih suka membeli nasi padang dengan cara dibungkus dan dibawa pulang. Karena itu, para pemilik rumah makan padang sengaja memberi porsi lebih banyak bagi masyarakat umum yang membeli nasi padang bungkus agar bisa dinikmati satu keluarga, atau setidaknya dua orang. Teori kedua terkait hitung-hitungan ekonomi. Pemilik restoran padang akan membebankan biaya cuci piring bagi pembeli yang makan di tempat. Sedangkan bagi pembeli yang kalori nasi padang pulang, biaya cuci piring ini tidak diperhitungkan dan diganti dengan porsi nasi yang lebih banyak.

Sementara itu, teori ketiga lebih memikirkan unsur estetika. Katanya, nasi padang yang dibungkus harus diisi dengan porsi banyak agar terlihat lebih tegak dan menggugah selera. Jika bungkusan terlihat lebih tegak dan banyak, ini diharapkan makin banyak pembeli yang tertarik membeli nasi padang. Dari ketiga teori tersebut, kamu percaya yang mana? Atau jangan-jangan kamu punya pendapat sendiri? Kalau iya, tulis di kolom komentar ya. Sebutkan juga menu nasi padang kesukaanmu. Kalau penulis sih, suka banget dendeng batokok dan gulai tunjang.

Lamak bana!

Nasi Padang - AMAZING Indonesian Food - Beef Rendang and Gulai Otak!




2022 www.videocon.com