Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

1) penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada. a. Meningkatkannya jenis hama tananaman b. Meningkatnya keanekaragaman genetik c.

Meningkatnya keanekaragaman ekologi d. Menurunkan kualitas lingkungan 2) prinsip dasar pemanfaatan bioteknologi adalah meningkatkan kualitas barang dan jasa.bioteknologi konvensional dilakukan dengan proses. a. Rekayasa genetika b. Fermentasi c. Perbanyakan embrio d. Kultur jaringan 3) salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan.

a. DNA bakteri kedalam pancreas manusia b. Kromosom bakteri kedalam DNA manusia c. Gen yg memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri d. DNA virus ke dalam DNA bakteri 4) salah satu dampak bioteknologi di bidang sosial ekonomi masyarakat adalah.

a. Tanah petani menjadi tercemar dengan produk transgenik b. Tanah pertanian menjadi sempit karena transgenik juga harus ditahan c. Produk bioteknologi mengakibatkan hilangnya plasma nutfah d. Petani tradisional merugi karena karena kalah bersaing dengan tanaman transgenik 5) jika jumlah proton lebih banyak dari jumlah elektron maka pada atom tersebut bermuatan.

a. Positif b. Negatif c. Netral d. Tidak ada Bioteknologi merupakan ilmu yang menerapkan prinsip ilmiah dan kerekayasaan untuk penanganan dan pengolahan bahan mentah dengan batuan makhluk hidup. Saat ini bioteknologi sudah makin berkembang tidak hanya konvensional namun juga modern.

Tidak dipungkiri bahwa manfaat bioteknologi bagi manusia sangatlah banyak. Pembahasan Jawaban pertanyaan diatas sebagai berikut: 1. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada d. menurunkan kualitas lingkungan. Tanaman trasngeik dapat membunuh organisme bukan target sehingga jenis serangga non target punah dan merusak keseimbangan ekosistem. Selain itu juga akan menurunkan keanekaragaman hayati dan sumber plasma nutfah. Pelajari lebih lanjut tentang dampak bioteknologi di: brainly.co.id/tugas/5470387.

2. Bioteknologi konvensional dilakukan dengan proses b. fermentasi. Ciri bioteknologi konvensional: • penerapan teknik-teknik biologi, bioteknologi, dan rekayasa genetika yang masih terbatas.

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

• masih menggunakan mikroorganisme seadanya. • belum mengembangkan teknik sampai tingkatan molekuler yang terarah. • belum sepenuhnya steril (bebas dari mikrobia yang tidak diinginkan) • jumlah produknya relatif sedikit/terbatas. • kualitasnya belum terjamin Contoh bioteknologi konvensional adalah sebagai berikut: • Yoghurt dibuat melalui proses pasteurisasi dan fermentasi. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus. • Kecap dibuat melalui proses fermentasi kedelai menggunakan jamur Aspergillus wentii atau Aspergillus soyae.

• Tempe dibuat melalui proses fermentasi kedelai menggunakan jamur Rhizopus oligosporus, Rhyzopus stolonifer, Rhizopus arrhizus, dan Rhizopus oryzae. Pelajari lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan bioteknologi konvensional di: brainly.co.id/tugas/5531582. 3. Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan c.

gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri. Bakteri ini kemudian akan menghasilkan insulin yang dibutuhkan dalam pengobatan diabetes melitus. Pelajari lebih lanjut tentang prinsip pembuatan insulin di: brainly.co.id/tugas/101037. 4. Salah satu dampak bioteknologi di bidang sosial ekonomi masyarakat adalah d. Petani tradisional merugi karena karena kalah bersaing dengan tanaman transgenik.

Hal ini karena produk-produk dari petani lokal mulai tersisih dan terjadi kesenjangan sosial ekonomi.Petani tradisional yang ingin mengembangkan bibit hasil bioteknologi harus membayar royalti pada pihak penemu. 5. Jika jumlah proton lebih banyak dari jumlah elektron maka pada atom tersebut bermuatan a.

positif. Detil jawaban Kelas: 3 Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada Mapel: Biologi Bab: Biotekologi Kode: 9.4.7 #AyoBelajar 38. seorang pemulia tanaman menyilangkan tanaman terung ungu bulat dengan ungu lonjong. sifat bulat dominan terhadap lonjong dan sifat ungu dominan te … rhadap hijau. dari persilangan tersebut dihasilkan keturunan sebanyak 1.300 tanaman dengan perbandingan variasi keturunan ungu bulat : ungu lonjong : hijau bulat : hijau lonjong = 3:3:1:1.

genotip kedua induk tanaman tersebut adalah …. a. uubb dan uubb b. uubb dan uubb c. uubb dan uubb d. uubu dan uubb Pagi ini akan saya postingkan soal Bioteknologi yang lebih aplied sehingga bagaimana membumikan materi theorynya menjadi lebih kena s emoga berguna THEORY THEORY 2 NOVEL THEORY 3 SOAL 1. Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai … A.

Kultur jaringan B. Rekayasa genetic C. Transplantasi D. Radiasi induksi E. Mutasi buatan Pembahasan : Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai transplantasi ge n atau rekombinasi gen, Transplantasi ini yang sering digunakan adalah memakai teknik plasmiddengan gunting enzim berupa enzim Endonuklease Restriksi dan Lemnya Enzim ligase Skema Transplantasi gen Jawab : C 2.

Berikut ini merupakan kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi, kecuali A. Kesegaran bahan pangan tidak berubah B. Tidak membusuk selamanya C. Tidak menimbulkan polusi lingkungan D. Meningkatkan mutu dan hygiene bahan pangan E. Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan Pembahasan : Penggunaan teknologi nuklir (radioisotop) dalam bidang teknologi pangan lazim disebut proses iradiasi. Iradiasi bahan pangan mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan proses pengawetan konvensional antara lain : • Dapat dilakukan pada bahan yang telah dikemas • Kesegaran bahan pangan tidak berubah • Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan • Tidak menimbulkan polusi pada lingkungan • Dapat menggunakan bahan pengeras yang murah • Dapat meningkatkan mutu dan hygiene bahan makanan Penggunaan Radio Isotob adalah Uns ur kimia yang stabil yang dibuat labil karena penyinaran sinar radioaktif dari unzur radioktif di reaktor Jawab : B 3.

Dampak negative yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi terhadap sumber daya manusia adalah . A. Timbulnya pengangguran tenaga kerja pasar B.

Menurunnya sumber plasma nutfah C. Produksi yang berlebihan menyebabkan turunnya harga D. Terjadinya perubahan sikap social E. Lahan pertanian berkurang, produksi kecil Pembahasan : Kemajuan ilmu dan teknologi disamping memberikan dampak positif terhadap kelestarian sumber daya alam, juga dapat memberikan dampak negative terutama pada sumber daya alam manusia.

Dampak negative yang dapat dirasakan pada sumber daya manusia adalah terjadinya perubahan sikap social. Jawab : D 4. Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan.

A. DNA bakteri ke dalam pancreas manusia B. Kromosom bakteri ke dalam DNA manusia C. Gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri D. DNA virus ke dalam DNA bakteri E. Gen virus ke dalam gen bakteri Pembahasan : Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran telah banyak ditemukan beberapa rekayasa gen, yang diantaranya adalah gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri, sehingga bakteri itu yang menghasilkan hormone insulin dan orang yang menderita kencing manis (diabetes) bias mendapat hormone insulin kembali.Teknik ini dikenal dengan Teknik plasmid dengan merekayasa penyambungan sequen DNA plasmid dengan DNA yang diinginkan.

kemudian plasmid yang terangkai gabungan D NA rekombinan dimasukkan kembali ke bakteri atau sebaliknya tergantung tujuannya Proses Pembuatan Insulin Gambar di atas adalah rekayasa genetika pada bakteria guna menghasilkan hormon insulin yang penting untung pengendalian gula darah pada penderita diabetes. Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut: • Tahap pertama dalam membuat bakteria yang bisa menghasilkan insulin adalah dengan mengisolasi plasmid pada bakteri tersebut yang akan direkayasa.

Plasmid adalah materi genetik berupa DNA yang terdapat pada bakteria namun tidak tergantung pada kromosom karena tidak berada di dalam kromosom.

• Kemudian plasmid tersebut dipotong dengan menggunakan enzim di tempat tertentu sebagai calon tempat gen baru yang nantinya dapat membuat insulin. • Gen yang dapat mengatur sekresi (pembuatan) insulin diambil dari kromosom yang berasal dari sel manusia. • Gen yang telah dipotong penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada kromosom sel manusia itu kemudian ‘direkatkan’ di plasmid tadi tepatnya di tempat bolong yang tersedia setelah dipotong tadi.

• Plasmid yang sudah disisipi gen manusia itu kemudian dimasukkan kembali ke dalam bakteria. • Bakteria yang telah mengandung gen manusia itu selanjutnya berkembang biak dan menghasilkan insulin yang dibutuhkan. Dengan begitu diharapkan insulin dapat diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas di pabrik-pabrik. Jawab : C 5. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada … A.

Meningkatnya jenis hama tanaman B. Meningkatnya keanekaragaman genetic C. Meningkatnya keanekaragaman ekologi D. Menurunkan kualitas produk pertanian E. Menurunkan kualitas lingkungan Pembahasan : Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada meningkatnya keanekaragaman genetic. Seperti contoh : jenis padi, pelita I, pelita II, barito, cisadane, dan sebagainya.dari hasil yang unggul ini bisa diperbanyak dengan kultur jaringan sehingga produk keunggulan nya bisa sama Jawab : B 6.

Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah … A. Meningkatnya biaya pemeliharaan hewan B. Menurunkan variasi pada hewan C. Meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus D. Meningkatnya populasi hewan E. Menurunnya jumlah makanan yang dibutuhkan hewan Pembahasan : Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah untuk meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus. Kini telah diketemukan Interferon hasil teknologi H ibridoma yang bisa membuat interferon untuk memusnahkan virus Jawab : C 7.

Berikut ini pemanfaatan rekayasa genetika untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia, kecuali … A. Insulin B. Antibiotic C. Antibody monoclonal D. Interferon E. Terapi gen sel sumsum tulang Pembahasan : Bioteknologi dibidang kedokteran adalah Antibodi Monoklonal, Terapi GenInterferonVaksin. Jawab : B, Antib iotic adalah bioteknologi konvensional seperti fermentasi yang didapatkan dari hasil metabolit sekunder orga nisme seperti Penicillium notatumP chrissogenumStreptomyces dll 8.

Ilmuwan yang dikenal sebagai Bapak Bioteknologi adalah . A. Alexander Flemming B. Robert Hooke C. Robert Cock D. Louise Pasteur E. Lazzaro Spalanzani Pembahasan : Bapak bioteknologi adalah Alexander Flemming dengan penemuan penisilin dari Penicillium notatum. Jawab : A 9. Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita … A. Malaria B. Diabetes C. Asma D. Ginjal E.

Jantung Pembahasan : Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada penderita diabetes dengan cara menyambungkan gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri dalam bioteknologi modern Teknik Plasmid .

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Jawab : B 10. Berikut ini bahaya dari bioteknologi, kecuali . A. Digunakan untuk senjata biologis B. Memunculkan organisme strain jahat C. Mengganggu keseimbangan lingkungan D. Menyalahi hukum dan nilai masyarakat E. Menambah keanekaragam hayati Pembahasan : Hal hal diatas termasuk bahaya berkembannya bioteknologi, kecuali menambah keanekaragaman hayati Jawab : E 11.

Proses manakah yang terjadi di dalam bejana fermentasi sehingga terbentuk zat antibiotik penisilin? A. Terjadinya reaksi kimia antara zat makanan dan jamur Penicillium sehingga terbentuk zat penisilin. B. Zat antibiotic penisilin perlu ditambahkan dalam bejana sehingga dapat merangsang jamur untuk memproduksi antibiotic. C. Jamur Penicillium tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga dapat menghasilkan penisilin D.

Bakteri – bakteri tertentu tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga menghasilka penisilin E. Udara dalam bejana fermentasi menyebabkan makanan dalam bejana tersebut teroksidasi dan membentuk penisilin Pembahasan : Jamur “Penicillium” menghasilkan zat penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada penisilin. Dalam bejana fermentasi, jamur ini tumbuh dengan subur karena suplai makanan atau media yang cukup.

Jawab : C 12. Mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan asam sitrat adalah A. Aspergillus niger B. Aspergillus flavus C. Aspergillus wentii D. Aspergillus soyae E. Aspergillus oryzae Pembahasan : Untuk memperoleh asam nitrat, mikroorganisme yang kita butuhkan adalah Aspergillus niger.Ciri produk Bioteknologi haruslah skala industri karena ingin me me nuhi kebutuhan manusia Jawab : A 13. Organisme yang mengandung gen dari spesies lain disebut….

A. Transplantasi B. Transgenik C. Mutasi D. Implementasi E. Vaksinasi Jawaban : B • Transplantasi : proses pemindahan suatu organ dari satu organisme/bagian tubuh ke individu lain.

• Mutasi : perubahan materi genetik yang mengakibatkan terjadinya perubahan sifat atau karakter dan dapat bersifat menurun • Implementasi : penerapan • Vaksinasi : merupakan tahapan yang berguna untuk menahan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu. Organisme Transgenik dibuat dengan Transplantasi Gen / T eknik Plasmid yang kemudian dikenal dengan Rekayasa Genetika 14. Teknik yang bisa digunakan untuk membantu penderita diabetes mellitus adalah… A.

Terapi gen B. Plasmid C. Retrovirus D. Rekombinan DNA E. Mieioma Jawaban : D Orang yang mengalami kelainan diabetes melitus, dapat dibantu dengan teknik DNA rekombinan, insulin dapat dipanen dari bakteri. 15.Gen yang diberikan pada sapi segar agar produksi susu sapi meningkat adalah…. A. Somatotropin B.

Tirotropin C. Insulin D. Retrovirus E. Virulen Jawaban : A Somatotropin merupakan gen yang dapat menngkatkan produksi susu sapi. 16. Berikut ini merupakan cabang ilmu biologi dan ilmu kimia yang mendukung kemajuan dan perkembangan bioteknologi, kecuali…… A. Fisiologi B. Biologi molekuler C. Inokulasi D. Genetika E. Mikrobiologi Jawaban : C Fisiologi, Biologi molekuler, Genetika, dan mikrobiologi merupakan cabang biologi yang dimaksud kecuali Inokulasi.

17. Manakah yang termasuk produk dari bioteknologi konvensional? A. Zat Glutamat B. Kultur jaringan C. Autoklaf D. Cloning E. Hibridoma Jawaban : A • Hibridoma t ergolong Modern karena Disatukan dua sel untuk membentuk sel Hibrid • Sel hibrid yang terbentu k itu dikenal dengan sel Hibridoma • Sel Hibridoma ini dilakukan dengan menggunakan Bioteknologi modern yaitu Teknik Hibridoma • Dalam Bioteknologi teknik ini dil akukan misalnya menyatukan sel kanker yang cepat membelah namun tidak menghasilkan antibody dengan sel Lympocyt yang menghasilkan antibody namun pembelahan nya lambat.

• Produk fusi sel itu diharapkan menghasilkan sel hibridoma yang mampu men ghasilkan antibody monoklonal yang ce pat membelah namun bisa menghasilkan antibody OK 18.

Pada tahap persiapan kultur jaringan, digunakan alat yang berfungsi untuk sterilisasi alat dan bahan yang disebut…. A. Kalus B. Autoklaf C. Aseptis D. Aklimatis E. Metabolit Jawaban : B 19. Tahapan penanaman eksplan yang sudah steril ke dalam atau diatas medium buatan pada botol kultur adalah. A. Aklimatisasi B. Pemeliharaan C. Persiapan D. Tahap pembentukkan E.

Inokulasi Jawaban : A Teks berikut untuk menjawab soal MULAI no. 20 • Saat ini, prtein tunggal (PST) sudah ada yang diproduksi untuk konsumsi manusia. Proteinnya disebut mikroprotein. PST dibuat oleh hifa jamur, bukan oleh sel tunggal. Walaupun demikian, mikroprotein ni digolongkan sebagai PST. • Media tumbuh yang digunakan dapat berasal dari sampah organik.

Mikroprotein yang dihasilkan dapat diolah menjadi kue atu potongan “daging” yang rasanya mirip daging ayam. • Mikroprotein merupakan makanan yang sangat baik, kadar proteinnya 45%, sedikit lemak, bebas kolesterol dan banyak mengandung serat.

20.

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Serat yang dikandung mikroprotein kebanyakan berasal dari. A. Hifa B. Mikrospora C. Protalium D. Miselium E. Batang jamur Jawaban : D LANJUTAN KERJA SENDIRI YA penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada.

Berikut ini merupakan peranan bakteri dalam pemisahan logam : • Thiobacilus ferooksidans tumbuh subur pada lingkungan yang mengandung zat organik • Thiobacilus ferooksidans adalah salah satu species kemoliotrop (bakteri pemakan batuan) • Bakteri kemoliotrop tidak dapat memperoleh energi dari oksidasi zat anorganik • Para penambang mineral melakukan pembiakan murni terhadap Thiobacilus ferooksidans untuk pemisahan logam murni Dari pernyataan di atas yang benar mengenai biometalurgi adalah nomor……….

A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 1 dan 4 D. 2 dan 3 E. 2 dan 4 22. Di bawah ini menunjukkan hubunganyang tepat antara mikroorganisme dan peranannya dalam bidang bioteknologi adalah …. A.Saccharomyces cerreviceae – membuat yoghurt B.Monilia sitophilla – membuat tempe C.Rhizopus orizyae – membuat kecap D.Spirullina maxima – penghasil protein E.Chlorella – penghasil karbohidrat 23. Contoh pemanfaatan bioteknologi konvensional yang banyak dilakukan di Indonesia, kecuali A.Pembuatan asam cuka B.Pembuatan nata de coco C.Pembuatan tape D.Pembuatan tempe E.Pembuatan keju 24.

Berikut ini ada beberapa jenis jamur : • Penicillium camemberti • Rhizopus oryzae • Trichoderma rassei • Saccharomyces ovale • Auricularia polytrica Jamur yang dapat menghasilkan keju, mengubah protein menjadi asam amino, dan dapat disayur adalah………… A. 1-2-3 B. 1-3-4 C. 1-2-5 D. 2-3-4 E. 2-4-5 25. Penggunaan bakteri Bacillus thuringiensis (Bt) dalam rekayasa tumbuhan bertujuan untuk memperoleh tumbuhan yang……. A. Menghasilkan asam amino yang lengkap B.

Menghasilkan pestisida pembunuh hama C. Mampu memupuk dirinya sendiri D. Menguraikan senyawa yang bersifat racun E. Proses fotosintesisnya berjalan sangat cepat 26. Perhatikan gambar berikut ini Kapas transgenik yang dikembangkan di Sulawesi memanfaatkan jenis mikroorganisme …… A. Pseudomonas sp.

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

B. Bacillus thuringiensis C. Bacolovirus sp. D. Thiobacillus ferooksidans E. Methanomonas methanica 27. Species jamur berikut ini yang tidak dapat digunakan sebagai Bahan pembuatan protein sel tunggal adalah………. A. Saccharomyces cerreviceae B. Fusarium sp C. Trichoderma rassei D. Candida utilis E. Neurospora crassa 28. Perhatikan gambar ini Mikroorganisme berikut yang digunakan untuk membuat produk makanan diatas adalah ….

A. Rhizopus oligospora, Saccharomyces cereviceae B. Streptococcus, Aspergillus flavus C. Lactobacillus, Aspergillus oryzae D. Rhizopus oryzae, Aspergillus wentii E. Saccharomyces, Aspergillus oryzae 29. Dalam proses pembuatan yakult melibatkan bakteri….

A. Acetobacter xylinium B. Lactobacillus thermophillus C. Lactobacillus bulgaricus D. Lactobacillus casei E. Streptomyces griseus 30. Peranan rekayasa genetika dalam kehidupan manusia adalah……… A. Memperbanyak jenis untuk meningkatkan keanekaragaman B. Melakukan perubahan gen agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia C. Memanfaatkan sifat yang terdapat dalam sperma atau ovum secara optimum D.

Membiakkan perkawinan secara buatan dan terencana E. Merangkai gen untuk menemukan varietas baru 31.Perhatikan beberapa mikroorganisme di bawah ini ! • Spirulina • Penicillium • Lactobacillus • Chlorella • Eucheuma • Saccharomyces Mikroorganisme yang dapat dibuat protein sel tunggal adalah nomor…….

A. 1, 2, dan 5 B. 1, 3, dan 4 C. 1, 4, dan 6 D. 2, 4, dan 5 E. 3, 5, dan 6 32. Teknik penyambungan segmen DNA dari suatu organisme ke DNA organisme lain melalui vektor untuk memperoleh hasil yang diinginkan disebut teknologi penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada A. hibridoma B. interferon C. plasmid D. fermentasi E. kloning 33. Rekayasa genetik terhadap hewan dilakukan untuk mengefektifkan sumber daya hewan, Alasanya karena dapat .

A. menghasilkan interferon untuk melawan penyakit tertentu B. menghasilkan anti biotik untuk pengobatan penyakit yang di sebabkan oleh virus C. memperbaiki kualitas induk hewan piaraan dan peternakan D. menambah daya tahan tubuh terhadap hewan tertentu E. menganekaragamkan jenis hewan yang ada di alam 34.

Berdasarkan tabel berikut ini hubungan yang benar antara produk bioteknologi dengan mkroorganisme adalah……. 35. Suatu lingkaran kecil (DNA) yang dapat digunakan untuk menstabilkan potongan DNA yang pendek pada proses rekayasa genetika disebut…….

A. Kromosom B. Plasmid C. DNA stabil D. DNA rekombinan E. Hibridoma 36. Berikut ini tahap-tahap pada rekayasa genetika : • Plasmid diabsorbsi oleh bakteri • Penyedian plasmid bakteri • Pembiakan bakteri penghasil insulin • Penyambungan gen insulin ke plasmid • Pemotongan gen penghasil insulin dari kromosom Dari pernyataan tersebut urutan tahapan rekayasa genetika yang benar adalah…… A.

1-2-3-4-5 B. 2-3-4-5-1 C. 4-5-3-2-1 D. 5-2-4-1-3 E. 5-3-4-1-2 37. Prosedur yang digunakan untuk mendapatkan DNA rekombinan adalah….

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

A. hibridisasi galur murni B. induksi kolkisin pada tanaman budidaya C. menumbuhkan sel somatik dari wortel melalui kultur jaringan D. transformasi bakteri dengan DNA manusia E. menghalangi pembentukan benang spindel pada saat mitosis 38. Manakah dari pernyataan berikut yang menunjukkan adanya keterlibatan bioteknologi? a. peningkatan produksi pangan melalui seleksi bibit unggul b. pembuatan tape dengan menambahkan jamur ragi Saccharomyces sp. c. diognosa penyakit dengan menggunakan radiasi sinar X d.

pemanfaatan udang untuk bahan dasar krupuk udang e. pembuatan agar-agar dari alga merah Eucheuma spinosum 39. Bioteknologi memungkinkan manusia memindahkan sifat-sifat organisme yang satu ke organisme lainnya. Teknologi ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan sarana……… A. Bakteri dan sel kanker B. Virus dan bakteri C. Sel kanker dan virus D. Sel kanker dan plasmid E. Plasmid dan virus 40.Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan cara : • Kultur jaringan • Perkawinan silang • Pembiakan sel dengan kolkisin • Radiasi buatan • Kultur virus untuk produksi interferon Tanaman bibit unggul dapat diperoleh melalui rekayasa genetika berikut : A.

2 dan 3 B. 2 dan 4 C. 1 dan 5 D. 1 dan 4 E. 3 dan 5 41. Perhatikan tabel berikut ini! Peranan jenis yang sesuai dengan produksinya adalah…… A. 1-A-P B. 1-C-P C. 2-B-Q D. 3-C-R E. 3-B-R 42. Antibodi monoklonal sangat berguna terutama untuk………. A. Pengenalan antibodi baru B. Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap kanker C. Menghasilkan protein hasil rekayasa genetika D.

Mendiagnosis jenis penyakit yang diderita pasien E. Bahan mentah bagi industri plastik 43. Dari jamur berikut ini yang menghasilkan racun yang mematikan adalah………… A. Saccharomyces cerreviceae B. Fusarium sp C. Trichoderma rassei D. Candida utilis E. Aspergillus flavus 44. Perhatikan tabel hubungan antara bakteri dengan peranannya berikut ini, pasangan yang tepat adalah…… 45.Contoh jamur yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan PST adalah.

A. Fusarium B. Saccharomyces C. Acetobacter D. Lactobacillus E. Escherchiacoli Jawaban : A • Saccharomyces merupakan mikroorganisme dalam pembuatan roti • Acetobacter merupakan mikroorganisme dalam pembuatan nata de coco • Lactobacillus merupakan mikroorganisme dalam pembuatan yoghurt • Eschercia coli merupakan mikroorganisme dalam tempat pembuangan 46.

Manfaat dari kultur jaringan adalah untuk memperoleh ………. A. keturunan sifatnya unggul dalam jumlah besar B. tanaman jenis baru yang tahan C.

hasil yang bervariasi dari tanaman jenis unggul D. individu baru yang cepat berkembang E. individu baru dalam jumlah besar dalam waktu relatif singkat 47.

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Bioteknologi mikroorganisme Methanobacterium omelianski bermanfaat dalam proses . A. Mengubah limbah menjadi bahan bakar gas B. Memisahkan logam tertentu dari bijinya C. Mengubah limbah menjadi zat yang tidak berbahaya D. Memecah mineral sulfida menjadi ion sulfat E. Menjadikan tanaman dapat menyerap N2 bebas dari udara 48.Hasil rekayasa genetika yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan manusia, mencakup: • Vaksin • Transgenik • Terapi gen • Bovine Growth Hormone Jawaban : B Karena, sejauh yang diketahui transgenik dan Bovine Growth Hormone digunakan pada hewan.

49. Sisa-sisa pembakaran sampah dapat dijadikan sebagai media tumbuh PST SEBAB Sisa-sisa pembakaran sampah merupakan zat organik. Jawaban : A 50. Sel – sel hibridoma dihasilkan dari penyatuan dua tipe sel berbeda dan mengandung gen-gen aslinya … SEBAB Kombinasi gen baru dari sel hibridoma dapat diperoleh melalui teknik rekayasa genetika Pembahasan : Teknik hibridoma adalah penggabungan dua sel dari organisme yang sama ataupun dari sel organisme yang berbeda sehingga menghasilkan sel tunggal berupa sel hybrid (hibridoma) yang memiliki sifat dari kedua sel tersebut, kombinasi gen baru dapat diperoleh melalui teknik rekayasa genetika.

Jawab : B Rekayasa genetic dapat dapat dilakukan dengan mengganti materi genetic sel mikroba dengan materi genetic lain yang diinginkan.

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Agar materi genetic lain tadi dapat mengambil alih metabolisme sel mikroba, materi genetic sel mikroba yang diganti tersebut adalah … • rRNA • mRNA • tRNA • DNA Pembahasan : DNA berhubungan erat dengan penurunan sifat rekayasa genetika, dapat dilakukan denga transformasi, yaitu pemindahan sifat-sifat dari satu mikroba ke mikroba lainnya melalui bagian-bagian DNA tertentu dari mikroba pertama Jawab : D 51. Vaksin dapat dibuat dari virus aktif untuk menghasilkan antibody SEBAB Vaksin digunakan untuk melawan penyakit Jawaban : A Karena virus juga dapat dibuat dari virus yang aktif, tetapi tidak bersifat patogen.

52. Tumbuhan sangat bergantung pada persenyawaan N dari dalam tanah, dan mengambilnya dalam bentuk ion NO3 maupun NH4, karenanya dibutuhkan organisme penambat nitrogen SEBAB Tumbuhan dapat mengambil unsure N dalam bentuk gas.

Jawaban : C Karena tumbuhan memang membutuhkan persenyawaan N, karenanya dibutuhkan organisme penambat nitrogen. Namun, tumbuhan tidak dapat mengambil Nitrogen bebas diudara secara langsung.

53. Berikut ini contoh pengembangan bioteknologi di bidang kedokteran, kecuali…. A. Pembuatan vaksin B. Pembuatan antibodi monoclonal C.

Terapi tulang D. Terapi gen E. Pembuatan produk obat-obatan Jawaban : C 54. Pemanfaatan sifat totipotensi pada tumbuhan untuk memperoleh…… A.anakan yang sifatnya lebih baik dari induknya B.anakan yang akan diperlukan untuk hibridisasi C.anakan yang unggul dalam jumlah besar dan cepat D.bibit unggul yang bergizi tinggi E.anakan yang seragam dalam jumlah besar 55.

Transkripsi gen X dikendalikan oleh transkripsi faktor A. Gen X ditranskripsi hanya ketika faktor A difosforilasi. Data pada distribusi jaringan dari faktor A dan aktivitas darisuatu protein kinase dan protein fosfatase spesifik untuk faktor A ditunjukkan pada tabel di atas. Dari tiga jaringan ini, gen X akan ditranskripsi pada ESSAY • Apa yang dimaksud bioteknologi?

• Jelaskan perbedaan bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern. • Tuliskan lima contoh hasil bioteknologi yang dapat Anda temukan sehari-hari. • Apakah yang dimaksud fusi sel? Jelaskan pula proses dan tujuannya. • Apakah dampak positif dan negatif dari bioteknologi? JAWABAN ESSAY • Bioteknologi adalah semua aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologi, organisme hidup, atau devivatnya untuk membuat atau memodifikasi produk atau proses.

• Contoh bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain tempe, yoghurt, semangka tanpa biji, antibiotik, dan roti. • Bioteknologi memiliki dampak positif dalam kehidupan antara lain dapat meningkatkan gizi masyarakat, meningkatkan produksi ternak, sumber makanan baru, hingga alternatif bahan bakar baru. Adapun dampak negatif dari bioteknologi, yakni dapat mengubah lungkang gen, hama resisten, penyakit baru, dan bertentangan dengan norma dalam masyarakat Bioteknologi konvensional, contohnya: • Tempe, dibuat dari kedelai dengan menggunakan jamur Rhizopus oligosporus • Oncom, dibuat dari ampas tahu dengan menggunakan jamur Neurospora sitophila • Tape ketan, dibuat dari beras ketan dengan menggunakan Saccharomyces cereviceae • Kecap, dibuat dari kedelati dengan menggunakan jamur Aspergillus wentii • Yoghurt, dibuat dari susu kedelai menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus • Keju, dibuat dari susu sapi menggunakan bakteri famili Lactobacilli dan Streptococci • Antibiotik, misalnya dari jamur Penicillium notatum • Insektisida biologi, menggunakan bakteri Bacillus thuringiensis • Pemurnian biji tembaga, menggunakan bakteri Thiobacillus oxidans dan Thiobacillus ferrooxidans Teknik hibridoma adalah teknik pembuatan sel yang dihasilkan dari fusi antara sel B limfosit dengan sel kanker.

Sifat dari sel hibridoma ini adalah immortal, artinya sel abadi karena mampu bertahan hidup, membelah dan memperbanyak diri dalam jumlah tak terbatas dalam media kultur. • Teknik hibridoma dilakukan untuk memproduksi antibodi monoklonal, yaitu antibodi monospesifik yang dapat mengikat satu epitop saja. • Teknik hibridoma untuk memproduksi antibodi monoklonal dilakukan dengan tahapan sebagai berikut • proses imunisasi dengan menggunakan antigen tertentu yang disuntikan ke dalam tubuh mencit (Mus musculus) • sel B-limfosit mencit akan merespon antigen sehingga terbentuk antibodi • pemisahan sel B-limfosit yang sudah mengandung antibodi dari organ limpa mencit • sel B-limfosit kemudian difusikan dengan sel kanker immortal menghasilkan sel hibridoma • penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada sel hibridoma ini dilakukan dengan membuat membran sel menjadi lebih permeabel sehingga kedua sel bisa menyatu • sel hibridoma kemudian diklon pada kultur sel sehingga dihasilkan banyak sel yang memiliki anti bodi tertentu sehingga dikenal dengan antibodi monoklonal yang bias disimpan lama dalam keadaan dibekukan Skematis dari teknik hibridoma untuk memproduksi antibodi monoklonal disajikan pada gambar di bawah ini.

"MIGUNANI TUMRAP ING LIYAN" MELAYANI INFORMASI BIOLOGI SEBANYAK BANYAKNYA UNTUK TINGKAT SMA, SMP YANG AKAN MENGHADAPI ULANGAN HARIANULANGAN BLOK ,ULANGAN UMUM, UJIAN NASIONALDAN TEST PERGURUAN TINGGI ATAUPUN TUGAS TUGAS YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIOLOGI. TIDAK PERLU PAKAI PASWORDPAKAI YANG ANEH ANEH .POKOKNYA INGIN PINTER SEGERA DOWNLOAD GRATIS HEHEHEHE "HOPEFULLY USEFUL".isharmanto bojonegoro • ► 2022 (7) • ► April (2) • ► February (1) • ► January (4) • ► 2021 (66) • ► December (5) • ► October (1) • ► September (3) • ► August (15) • ► July (11) • ► June (14) • ► May (3) • ► April (5) • ► March (2) • ► February (6) • ► January (1) • ► 2020 (45) • ► December (3) • ► November (3) • ► October (4) • ► September penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada • ► August (5) • ► July (3) • ► June (11) • ► May (2) • ► April (3) • ► March (1) • ► February (1) • ► 2019 (81) • ► December (8) • ► November (4) • ► October (1) • ► September (5) • ► July (1) • ► June (6) • ► May (3) • ► April (3) • ► March (7) • ► February (36) • ► January (7) • ► 2018 (54) • ► December (6) • ► November (8) • ► October (5) • ► September (6) • ► August (1) • ► July (2) • ► June (5) • ► May (3) • ► April (2) • ► March (4) • ► February (10) • ► January (2) • ► 2017 (144) • ► December (4) • ► November (5) • ► October (9) • ► September (16) • ► August (15) • ► July (5) • ► June (24) • ► May (17) • ► April (6) • ► March (6) • ► February (9) • ► January (28) • ► 2016 (338) • ► December (67) • ► November (45) • ► October (35) • ► September (27) • ► August (9) • ► July (7) • ► June (38) • ► May (8) • ► April (24) • ► March (35) • ► February (25) • ► January (18) • ► 2015 (392) • ► December (41) • ► November (37) • ► October (52) • ► September (24) • ► August (15) • ► July (40) • ► June (56) • ► May (20) • ► April (19) • ► March (25) • ► February (29) • ► January (34) • ► 2014 (378) • ► December (38) • ► November (35) • ► October (47) • ► September (62) • ► August (10) • ► July (9) • ► June (21) • ► May (18) • ► April (7) • ► March (58) • ► February (35) • ► January (38) • ► 2013 (295) • ► December (96) • ► November (28) • ► October (35) • ► September (42) • ► August (4) • ► July (7) • ► June (6) • ► May (11) • ► April (11) • ► March (21) • ► February (16) • ► January (18) • ► 2012 (374) • ► December (36) • ► November (39) • ► October (28) • ► September (13) • ► August (33) • ► July (53) • ► June (35) • ► May (28) • ► April (20) • ► March (35) • ► February (19) • ► January (35) • ► 2011 (403) • ► December (63) • ► November (30) • ► October (34) • ► September (18) • ► August (16) • ► July (15) • ► June (44) • ► May (28) • ► April (37) • ► March (34) • ► February (42) • ► January (42) • ► 2010 (668) • ► December (46) • ► November (51) • ► October (35) • ► September (39) • ► August (35) • ► July (58) • ► June penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada • ► May (51) • ► April (41) • ► March (91) • ► February (77) • ► January (109) • ▼ 2009 (232) • ► December (138) • ▼ November (66) • LATIHAN SOAL KELAS 10 • LATIHAN SOAL BIOLOGI UN 1 • LATIHAN SOAL BIOLOGI BERBOBOT • HIBRIDOMA - KENDALANYA • MIGRASI • SELF SKEMA • SIMPLIFIKASI SINTESA PROTEIN • RADIKAL BEBAS • ANTIOKSIDAN • SOAL VIRUS • RANGKUMAN MATERI KLAS X • PREDIKSI UN KELAS X SERI C • PREDIKSI UN BIOLOGI KELAS X 2015 • ANALISA / PREDIKSI SKL 01 KLASIFIKASI NEW • SEL THEORY • BAKTERI • METABOLISME SEL SOAL • BIOTEKNOLOGI SOAL • KARAKTER INVERTEBRATA • BANK SOAL ( 1000 SOAL ) • TRY OUT NEGERI 4 • SOAL TRY OUT 2 UN 2010 • SOAL LATIHAN UN • MUTASI TEORI • THEORY SISTEM RESPIRASI • SYSTEM KOORDINASI HORMON • KULTUR JARINGAN • TRY OUT 5 • TEORI REPRODUKSI SEL • DESKRIPSI SKL BIOLOGI UN 2011 • SOAL REPRODUKSI SEL • SISTEM KOORDINASI SYARAF • PANCA INDRA • FUNGI - ESSAY • PROTISTA - ESSAY • BAKTERI - ESSAY • PROTISTA - JAMUR • PROTISTA-PROTOZOA • PROTISTA - ALGAE • SOAL PROTISTA • SKL 1 KEANEKA RAGAMAN • TEORI PROTISTA • FERMENTASI • KEMOSINTESIS • POLUSI • TRY JARINGAN HEWAN • TRY INVERTEBRATA • TEST AWAL SEL • SOAL LATIHAN FOTOSINTESIS • RESPIRASI SEL-SOAL • TRY SISTEM GERAK • TRY SYSTEM KOORDINASI • SOAL MUTASI DAN PEMBAHASAN • SOAL EKOLOGI 1 • BIOTEKNOLOGI THEORY • TRY METABOLISME SEL • SOAL-BAHAS SYST RESPIRASI • SINTESA PROTEIN 2 • VIRUS s/d FUNGI • EVOLUSI SOAL • SOAL CHORDATA - VERTEBRATA • SISTEM PENCERNAAN • SYNDROMA MANUSIA • ASAL USUL KEHIDUPAN • FAKTOR EXTERNAL PERTUMBUHAN • ANALISA SKL I UN 2011 • ► October (4) • ► September (18) • ► July (1) • ► April (4) • ► March (1) • ► 2008 (1) • ► October (1)
Hai Alfiyah, kakak bantu jawab ya.

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Bioteknologi sangat membantu dan bermanfaat bagi umat manusia. Sampai saat ini para ahli terus melakukan penelitian dalam bidang bioteknologi untuk mendapatkan produk dan jasa yang dibutuhkan. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada meningkatnya keanekaragaman genetik.

Seperti contoh : jenis padi, pelita I, pelita II, barito, cisadane, dan sebagainya. Maka, jawaban yang tepat adalah B. Semoga membantu ya. 1. Tanaman berbatang tinggi homozigot disilangkan dengan tanaman berbatang rendah homozigot. Jika tanaman berbatang tinggi dominan terhadap tanaman berbatang rendah. Tentukan : A. Keturunan Pertama (F1) dari persilangan keduanya B. Keturunan Kedua (F2), jika keturuan pertama (F1) saling disilangkan C.

Jumlah tanaman berbatang rendah, jika keturunan kedua (F2) menghasilkan sebanyak 16 kacang bioteknologi pangan adalah bioteknologi yang digunakan untuk menghasilkan produk makanan dengan memanfaatkan mikroorganisme.

berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah. a. pemanfaatan kedelai untuk membuat tahu b. pemanfaatan bakteri untuk pengomposan c. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi d. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka Artikel Rujukan • Batuan yang terbentuk saat terjadi letusan gunung berapi adalah ….

• Tanah berasal dari …. • Di bumi makhluk hidup tinggal pada lapisan …. • Pencemaran udara disebabkan oleh berbagai polutan.

Bahan yang menyebabkan rusaknya lapisan ozon di atmosfer yaitu …. • Zat yang menyebabkan pencemaran udara adalah …. Artikel Pendidikan • Belajar Trading Valuta Asing (2) • Ilmu Biologi Materi dan Soal (184) • Ilmu Ekonomi Materi Dan Soal (51) • Ilmu Fisika Materi Dan Soal (63) • Ilmu Kimia Materi Dan Soal (52) • Ilmu Sosiologi Materi Dan Soal (24) • Introduction Economy (1) • Keuangan + Perbankan (42) • Matematika Contoh Soal Ujian (2) • Materi Pengetahuan Umum (79) Berikut Beberapa Contoh Soal Ujian Bioteknologi yang merupakan soal soal yang pernah diujikan pada ujian nasional dan ujian masuk peguruan tinggi negeri.

1). Contoh Soal Transplantasi Gen Bibit Unggul Bioteknologi Pertanian Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai… a). Rekayasa genetik b). Transplantasi gen c). Radiasi induksi d). Mutasi buatan e). Hibridisasi Jawab: b. 2). Contoh Soal Penyebab Nilai Gizi Tempe Lebih Baik Dari Kedelai Tempe kedelai memiliki nilai gizi yang lebih baik daripada kedelai itu sendiri. Penyebab perbedaan nilai gizi tersebut adalah terjadinya hal berikut selama fermentasi oleh Rhizopus sp.

yaitu… 1). Penyederhanaan protein kompleks dalam kedelai 2). Pembentukan vitamin B12 3). Penambahan nilai serat 3).

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Contoh Soal Ujian Bioproses / Bioteknologi Pembuatan Insulin Diabetes Melitus Untuk menolong penderita diabetes meilitus, dibuat insulin melalui bioteknologi.

Bioproses yang digunakan untuk memperoleh insulin adalah… a). Penyisipan gen manusia pembentuk insulin pada plasmid ke dalam bakteri Escherichia coli b). Escherichia coli dibiakkan pada medium ekstrak pankreas manusia c).

Escherichia coli dikloning setelah gennya diradiasi menjadi gen pembentuk insulin d). Fusi sel pankreas manusia dengan sel kanker yang cepat membelah e).

Fermentasi oleh bakteri Escherichia coli terhadap ekstrak pankreas tikus Jawab: a 4). Contoh Soal Pengaruh Buruk Tanaman Transgenik Pada Lingkungan Pengembangbiakan tanaman transgenic tahan hama memberikan banyak keuntungan dari sisi produktivitas dan kualitas gizi zat makanan, tetapi keberadaan tanaman ini dapat memberikan pengaruh buruk bagi kelestarian lingkungan, yaitu… a).

Ekosistem menjadi labil akibat terjadinya penurunan kualitas tanah pertanian, karena tanaman transgenik mengakibatkan kematian serangga b). Terjadi penurunan populasi serangga akibat racun yang dikeluarkan tanaman transgenik yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit c). Tanaman transgenik menyerap banyak oksigen, sehingga dapat menyebabkan peningkatan suhu lokal di daerah tersebut d). Tanaman transgenik lebih efisien dalam penggunaan lahan pertanian, sehingga akan banyak muncul lahan tidur (lahan yang tidak terpakai) e).

Tanah yang ditanami tanaman transgenik menjadi lebih tandus dibandingkan tana- man konvensional karena cacing tanah di tempat tersebut mati Jawan: a d). Meningkatkan mutu dan hygiene bahan pangan e). Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan Jawab: c 6). Contoh Soal Ujian Fungsi Streptococcus thermophilus Pada Pembuatan Yogurt Yogurt dibuat dari susu dengan kadar lennak rendah dan memanfaatkan salah satu mikroorganisme Streptococcus thermophilus yang berguna untuk… e).

Meningkatkan keasamannya Jawab ; e 7). Contoh Soal Peran Bioteknologi Pada Pencemaran Oleh Tambang Emas Tembaga Pencemaran lingkungan karena kegiatan penambangan emas dan tembaga dapat menghasilkan limbah yang sangat beracun. Peran bioteknologi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah… a). Melakukan rekayasa genetik terhadap bakteri agar dapat memisahkan logam-logam b). Mengembangkan teknologi penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada untuk mengubah sifat logam supaya lebih menguntungkan c).

Memanfaatkan bakteri Thiobacillus sp. untuk memisahkan bijih logam d). Mengganti air raksa dengan zat lain yang tidak berbahaya e). Memanfaatkan bakteri Bacillus thuringiensis untuk memisahkan batuan yang kadar emas dan tambangnya tinggi Jawab: c 8). Contoh Soal Peran Candida Albicans Pada Keputihan Wanita Berikut ini adalah pasangan yang benar antara mikroorganisme prokariotik dan perannya dalam kehidupan manusia, kecuali… a).

Clostridium botulinum – penghasil toksin b). Lactobacillus bulgaricus – sebagai probiotik c). Candida albicans – penyebab keputihan pada wanita d). Streptomyces coelicolor penghasil antibiotik e).

Pseudomonas aeruginosa – pendegradasi limbah organik Jawab: c 9). Contoh Soal Manfaat Bioteknologi Bidang Kesehatan Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan… a). DNA bakteri ke dalam pankreas manusia b). Kromosom bakteri ke dalam DNA manusia c).

Gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri d). DNA virus ke dalam DNA bakteri e). Gen virus ke dalam gen bakteri Jawab: c 10). Contoh Soal Jenis Penyakit Akibat Kemajuan Bioteknologi Rekayasa Genetika Berikut ini beberapa penyakit yang sering diderita masyarakat perkotaan yang berhubungan dengan segala kemajuan teknologi di berbagai bidang: 1).

Influenza 2). Alergi 3). Dermatitis 4).

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Migren 5). Hipertensi Dari macam penyakit tersebut yang diperkirakan akibat adanya kemajuan bioteknologi di bidang rekayasa genetika adalah… a). 1, 2, dan 3 b). 1, 3, dan 4 c). 2, 3, dan 4 d). 2, 3, dan 5 e). 2, 4, dan 5 Jawab: a 11). Contoh Soal Dampak Negatif Tanaman Kapas Transgenik Pada Lingkungan Pembudidayaan tanaman kapas transgenik yang mampu memproduksi delta endotoksin sebagai insektisida alami dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan berupa… a).

Berkurangnya bibit unggul b). Keanekaragaman hayati meningkat c). Populasi hama serangga meningkat d). Berkurangnya plasma nutfah e). Banyak organisme yang mati akibat keracunan Jawab: d 12). Contoh Soal Proses Teknologi Plasmid Pembuatan Insulin Kemajuan di bidang kedokteran memungkinkan penderita Diabetes Mellitus (kencing manis) dapat menggunakan insulin buatan.

Insulin ini merupakan hormon penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada menjaga keseimbangan gula darah yang dihasilkan melalui proses… a).

Fermentasi b). Fusi sel bakteri c). Teknologi plasmid d). Transplantasi inti e). Kultur jaringan Jawab: c 13). Contoh Soal Bioteknologi Konvensional Fermentasi Yogurt Keju Pembuatan yoghurt dan keju menggunakan prinsip dasar bioteknologi konvensional yaitu… a). Transfer gen b). Fermentasi c). Plasmid d). Fusi sel e). Kultur jaringan Jawab: b. 14). Contoh Soal Bioteknologi Kedokteran Antibodi Monoklonal Teknologi Hibridoma Salah satu temuan penting dibidang kedokteran adalah pembuatan antibodi monoklonal.

Terobosan bioteknologi ini didasarkan pada … a). Pencangkokan gen b). Teknologi palsmid c). Teknologi hibridoma d). pencangkokan nukleus e). Teknik kultur jaringan Jawab; c 15). Contoh Soal Penerapan Rekayasa Genetika Manusia Pertama Kali Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita… a).

Asma b). Malaria c). Diabetes d). Ginjal e). Jantung Jawab: c 16). Contoh Soal Keunggulan Tanaman Jagung Transgenik Dalam bidang pertanian, tanaman jagung transgenic yang mengandung bakteri Rhizobium sp. mempunyai keunggulan karena… a). Tahan terhadap serangan hama serangga dan jamur b). Produksinya tinggi dan rasa manis serta enak c).

Kandungan protein dan karbohidrat sangat tinggi d). Tahan hidup pada daerah yang kering dan tandus e). Dapat memupuk diri sendiri dengan mengikat nitrogen Jawab: e 17). Contoh Soal Dampak Negatif Rekayasa Genetika Tumbuhan Bioteknologi Keberhasilan rekayasa genetika menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus- menerus telah meningkatkan kekhawatiran banyak kalangan, terutama ahli biologi karena… a).

Memberikan keunggulan yang sesaat pada manusia b). Menurunkan populasi plasma nutfah c). Sifat unggul tidak dapat dipertahankan d). Sifat unggul memiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan e). Gen-gen unggul plasma nutfah menjadi inaktif Jawab; b 18). Contoh Soal Penerapan Prinsip Bioteknologi Konvensional Kasus-kasus berikut yang dapat diatasi melalu penerapan prinsip bioteknologi konvensional adalah… a). Produksi yoghurt menggunakan Lactobacillus bulgaricus b). Produksi tanaman tahan hama dan penyakit c).

Produksi kentang berkarbohidrat tinggi d). Produksi hormon insulin bagi penderita diabetes mellitus e). Pengobatan penyakit hemofilia dan thalasemia Jawab: a 19). Contoh Soal Kelebihan Bioteknologi Perhatikan pernyataan pernyataan berikut 1). Tanaman transgenik dapat meningkatkan resistensi pada predatornya 2). Rekayasa genetika dapat meningkatkan kualitas dari tanaman pangan 3).

Cara konvensional peningkatan mutu pengadaan pangan umumnya lebih mudah diterima masyarakat dari produk bioteknologi 4). Produk bioteknologi dikhawatirkan menjadi bahan polutan biologi Yang menunjukkan kelebihan dari bioteknologi adalah… a).

1 dan 4 b). 1 dan 2 c). 1 dan 3 d). 2 dan 3 e). 3 dan 4 Jawab: b. 20). Contoh Soal Fungsi Pseudomonas sp Minyak Tumpah Di Laut Teknologi Bioremediasi Tumpahan minyak mentah dari kapal tanker di laut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yang mengganggu kehidupan biota laut. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembangkan teknologi bioremediasi yang memanfaatkan bakteri… a).

Methanobacterium sp. b). Pseudomonas penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada. c). Thiobacillus ferrooxidans d). Bacillus thuringiensis e). Clostridium sp. Jawab: b. 21). Contoh Soal Dampak Negatif Poliploidi Pada Tanaman Dampak negatif terbentuknya poliploidi pada tanaman yang dilakukan secara sengaja adalah… a).

Tidak terbentuk buah b). Tanaman menjadi mati c). Pertumbuhan tanaman menjadi lambat d). Tanaman bersifat steril e). Kandungan gizi menurun Jawab: d. 22). Contoh Soal Pengaruh Rekayasa Genetika Pada Sumber Daya Protein Hewani Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah… a). Meningkatnya biaya pemeliharaan hewan b). Menurunkan variasi pada hewan c).

Meningkatnya Jaya tahan hewan terhadap virus d). Meningkatnya populasi hewan e). Menurunnya jumlah makanan yang dibutuhkan hewan Jawab: c 23). Contoh Soal Penolakan Produk Rekayasa Genetikan Bioteknologi Peran rekayasa genetika lebih ditujukan pada peningkatan kuantitas produk, misalnya kedelai, jagung, kanola, kapas.

Sebagian anggota masyarakat menolak kehadiran produk hasil rekayasa genetika tersebut karena… a). Teknik budidaya sangat sulit b). Isu keamanan produk bagi kesehatan c). Ketersediaan benih tidak kontinu d).Tidak sesuai ditanam di daerah tropis e). Perubahan pengelolaan pasca panen Jawab: b. 24). Contoh Soal Prinsip Dasar Teknik Transplantasi Inti Domba Dolly Bioteknologi Peternakan Melalui teknik transplantasi inti diperoleh domba Dolly yang memiliki sifat unggul dari induk yang mendonorkan inti sel yang disisipkan pada sel ovum.

Apakah prinsip dasar teknik tersebut… a). Inti dari sel induk dapat meningkatkan kualitas gen-gen unggul b). Seluruh sifat-sifat induk pendonor diwariskan kepada keturunannya c). Sebagian besar sifat induk pendonor diwariskan kepada keturunannya d). Mengganti inti sel telur haploid dengan inti sel tubuh diploid membentuk sifat unggul e). Muatan inti diploid pendonor ke sel haploid mengaktifkan gen-gen unggul Jawab: d. 25). Contoh Soal Bakteri Fermentasi Kotoran Hewan Ruminansia Jadi Biogas Pemanfaatan kotoran hewan ruminansia menjadi biogas dilakukan melalui proses fermentasi oleh bakteri… a).

Eschericia coli secara anaerob b). Methanobacterium omelianski secara anaerob c). Bacillus thuringiensis secara anaerob d). Rhizobium radicicola secara anaerob e). Thiobacillus ferooxidans secara anaerob Jawab: b. 26). Contoh Soal Bioteknologi Konvensional Fermentasi Fermentasi merupakan teknik bioteknologi konvensional yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pernyataan berikut yang menjelaskan tentang fermentasi adalah… 1). Terjadi modifikasi DNA substrat 2). Mengurai senyawa kompleks menjadi sederhana 3).

Tidak mengubah fisik substrat 4). Menghasilkan asam dan gas a). 1 dan 4 b). 1 dan 2 c). 1 dan 3 d). 2 dan 3 e). 2 dan 4 Jawab: e 27). Contoh Soal Bioteknologi – Tranformasi Gen Pada Organisme Berikut adalah peristiwa transformasi gen pada organisme… 1).

Konjugasi 2). Fertilisasi 3). Kloning 4). Fermentasi a). 1 dan 4 b). 1 dan 2 c). 1 dan 3 d). 2 dan 3 e). 2 dan 4 Jawab: c. 28). Contoh Soal Prinsip Penerapan Kultur Jaringan Konsep Totipotensi Sel Prinsip penerapan teknologi kultur jaringan berdasarkan konsep totipotensi sel, yaitu… 1). Dapat dilakukan dalam kondisi non-steril 2).

Memiliki sel-sel yang berbentuk relatif kecil 3). Hanya jaringan tertentu yang dapat berdiferensiasi 4). Memiliki sifat meristematis sel tanaman a). 1 dan 4 b). 1 dan 2 c). 1 dan 3 d). 2 dan 3 e). 2 dan 4 Jawab: e. 29).

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Contoh Soal Fermentasi Tempe Gembus Dengan Jamur Rhizopus oryzae Tempe gembus adalah makanan fermentasi tradisional Indonesia yang menggunakan ampas tahu yang dicampur dengan… a). Aspergillus soyae b). Aspergillus wentii c).

Mucor hiemali d). Monilia sitophila e). Rhizopus oryzae Jawab: e. 30). Contoh Soal Kegagalan Kloning Gen Eukariot Ke Sel Prokariot Faktor yang dapat menyebabkan kegagalan kloning gen dari eukariot ke dalam sel prokariot adalah… 1). Keberadaan native exonuclease 2). Ketidakmampuan menghilangkan intron 3). Gagalnya pengenalan promotor oleh RNA polimerase sel prokariota 4). Adanya situs pengikatan ribosom yang berbeda a).

1, 2, dan 3 b). 1, 3, dan 4 c). 2, 3, dan 4 d). 1 dan 4 e). 2 dan 4 Jawab: a 31). Contoh Soal Bapak Bioteknologi Alexander Flemming Ilmuwan yang dikenal sebagai bapak Bioteknologi adalah… a). Alexander Flemming b). Robert Hooke c). Robert Cock d). Louise Pasteur e). Lazzaro Spalanzani Jawab: a 32).

Contoh Soal Manfaat Mendapatkan Varietas Unggul Bioteknologi Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada … a). Meningkatnya jenis hama tanaman b). Meningkatnya keanekaragaman genetik c). Meningkatnya keanekaragaman ekologi d). Menurunkan kualitas produk pertanian e). Menurunkan kualitas lingkungan Jawab: b • Reaksi Terang Gelap Fotosintesis: Pengertian Fotosistem Transfer Elektron Siklus Calvin Benson Contoh Soal • Hukum Mendel Dasar Pewarisan • Bunga sangat menarik dan indah dipandang mata karena memiliki.

• Fungsi Energi Mekanisme Kontraksi Otot Pengertian Contoh Soal • 1 • 2 • 3 • 4 • 5 • 6 .• 46 • >> Daftar Pustaka: • Starr, Cecie. Taggart, Ralph. Evers, Christine. Starr, Lisa, 2012, “Biologi Kesatuan dan Keragaman Makhluk Hidup”, Edisi 12, Buku 1, Penerbit Salemba Teknika, Jakarta. • Arumingtyas, Laras, Estri. Widyarti, Sri. Rahayu, Sri, 2011, “Biologi Molekular, Prinsip Dasar Analisis”, PT Penerbit Erlangga Jakarta.

• Kimballl, J.W., Siti Soetarmi Tjitro dan Nawangsari Sugiri,1983, “Biologi”, Jilid 1, Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta. • Kimballl, J.W., Siti Soetarmi Tjitro dan Nawangsari Sugiri. 1983, “Biologi”, Jilid 2, Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta. • Schlegel, H.G., 1994, “Mikrobiologi Umum”, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

• Hartanto, L.N., 2004, “Biologi Dasar”, Edisi Ketiga, Penerbit Penebar Swadaya, Yogyakarta. Diposkan pada - - Penulis ardra.biz, 2022 Kategori Ilmu Biologi Materi dan Soal Tag 1).

Contoh Soal Transplantasi Gen Bibit Unggul Bioteknologi Pertanian, 10). Contoh Soal Jenis Penyakit Akibat Kemajuan Bioteknologi Rekayasa Genetika, 11). Contoh Soal Dampak Negatif Tanaman Kapas Transgenik Pada Lingkungan, 12). Contoh Soal Proses Teknologi Plasmid Pembuatan Insulin, 13). Contoh Soal Bioteknologi Konvensional Fermentasi Yogurt Keju, 14). Contoh Soal Bioteknologi Kedokteran Antibodi Monoklonal Teknologi Hibridoma, 15). Contoh Soal Penerapan Rekayasa Genetika Manusia Pertama Kali Diabetes, 16).

Contoh Soal Keunggulan Tanaman Jagung Transgenik Mengikat Nitrogen, 17). Contoh Soal Dampak Negatif Rekayasa Genetika Tumbuhan Bioteknologi Menurunkan Populasi Plasma Nutfah, 18).

Contoh Soal Penerapan Prinsip Bioteknologi Konvensional, 19). Contoh Soal Kelebihan Bioteknologi Tanaman Transgenik Rekayasa Genetika, 20). Contoh Soal Fungsi Pseudomonas sp Minyak Tumpah Di Laut Teknologi Bioremediasi, 21).

Contoh Soal Dampak Negatif Poliploidi Pada Tanaman Bersifat Steril, 22). Contoh Soal Pengaruh Rekayasa Genetika Pada Sumber Daya Protein Hewani, 23). Contoh Soal Penolakan Produk Rekayasa Genetika Bioteknologi, 24). Contoh Soal Prinsip Dasar Teknik Transplantasi Inti Domba Dolly Bioteknologi Peternakan, 25).

Contoh Soal Bakteri Methanobacterium Omelianski Fermentasi Kotoran Hewan Ruminansia Jadi Biogas, 26). Contoh Soal Bioteknologi Konvensional Fermentasi Sehari Hari, 27). Contoh Soal Bioteknologi - Tranformasi Gen Pada Organisme, 28). Contoh Soal Prinsip Penerapan Kultur Jaringan Konsep Totipotensi Sel, 29). Contoh Soal Fermentasi Tempe Gembus Dengan Jamur Rhizopus oryzae, 30).

Contoh Soal Kegagalan Kloning Gen Eukariot Ke Sel Prokariot, 31). Contoh Soal Bapak Bioteknologi Alexander Flemming, 32). Contoh Soal Manfaat Mendapatkan Varietas Unggul Bioteknologi, Contoh Soal Kelebihan Pengawetan Makanan Cara Radiasi, Contoh Soal Manfaat Bioteknologi Bidang Kesehatan, Contoh Soal Pengaruh Buruk Tanaman Transgenik Pada Lingkungan, Contoh Soal Penyebab Nilai Gizi Tempe Lebih Baik Dari Kedelai, Contoh Soal Peran Bioteknologi Pada Pencemaran Oleh Tambang Emas Tembaga, Contoh Soal Peran Candida Albicans Pada Keputihan Wanita, Contoh Soal Transplantasi Gen Bibit Unggul Bioteknologi Pertanian, Contoh Soal Ujian Bioproses / Bioteknologi Pembuatan Insulin Diabetes Melitus, Contoh Soal Ujian Fungsi Streptococcus thermophilus Pada Pembuatan Yogurt, Jagung Transgenik Dapat Memupuk Diri Sendiri Dengan Mengikat Nitrogen, Memanfaatkan Bakteri Thiobacillus sp.

Pemisahan Bijih Logam Emas Tembaga, Mengganti inti sel telur haploid dengan inti sel tubuh diploid membentuk sifat unggul, Pembentuk insulin pada plasmid ke dalam bakteri Escherichia coli, Produksi yoghurt Menggunakan Lactobacillus Bulgaricus Navigasi pos
Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada… - langsut.com Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada… • Meningkatnya jenis hama tanaman • Meningkatnya keanekaragaman genetik • Meningkatnya keanekaragaman ekologi • Menurunkan kualitas produk pertanian • Menurunkan kualitas lingkungan PEMBAHASAN Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan bibit unggul akan menyebabkan meningkatnya keanekaragaman genetika.

Jawaban yang tepat adalah B Bioteknologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada dapat digunakan oleh manusia. Dengan adanya bioteknologi, banyak sekali manfaat yang diambil oleh para petani.

Contohnya adalah untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, perkebunan maupun perikanan. Banyak sekali contoh dari hasil bioteknologi. Baik yang modern maupun konvensional atau tradisional. Di bidang yang lebih modern bioteknologi dapat digunakan sebagai pembuatan vaksin, antibodi, terapi gen, transplantasi sel, diagonal sisi penyakit, memproduksi hormon insulin dan lain sebagainya. Terimakasih telah berkunjung ke langsut.com.

Semoga membantu.
Hallo sobat pendidikan seuanyanah dipostigan ini kang ayub telah membuat beberpa kumpulan soal latihan mengenai bioteknologi beserta pembahasannya, nah bagi kamu yang belum membaca materi mengenai inidibaca dulu materinya yaagar kamu makin paham dan mengerti .

bagi kamu yang sudah membaca materi mengenai bioteknologikuy langsung saja kesoalnya 1. Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan. A. DNA bakteri ke dalam pancreas manusia B. Kromosom bakteri ke dalam DNA manusia C. Gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri D. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada virus ke dalam DNA bakteri E. Gen virus ke dalam gen bakteri Jawab : C Pembahasan : Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran telah banyak ditemukan beberapa rekayasa gen, yang diantaranya adalah gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri, sehingga bakteri itu yang menghasilkan hormone insulin dan orang yang menderita kencing manis (diabetes) bias mendapat hormone insulin kembali.

2. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada … A. Meningkatnya jenis hama tanaman B. Meningkatnya keanekaragaman genetic C. Meningkatnya keanekaragaman ekologi D. Menurunkan kualitas produk pertanian E. Menurunkan kualitas lingkungan Jawab : B Pembahasan : Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada meningkatnya keanekaragaman genetic. Seperti contoh : jenis padi, pelita I, pelita II, barito, cisadane, dan sebagainya.

3. Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah … A. Meningkatnya biaya pemeliharaan hewan B. Menurunkan variasi pada hewan C. Meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus D. Meningkatnya populasi hewan E. Menurunnya jumlah makanan yang dibutuhkan hewan Jawab : C Pembahasan : Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah untuk meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus.

4. Berikut ini pemanfaatan rekayasa genetika untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia, kecuali … A. Insulin B. Antibiotic C. Antibody monoclonal D. Interferon E. Terapi gen sel sumsum tulang Jawab : A Pembahasan : Bioteknologi dibidang kedokteran adalah Antibodi Monoklonal, Terapi GenAntibiotikInterferonVaksin. 5. Ilmuwan yang dikenal sebagai Bapak Bioteknologi adalah . A. Alexander Flemming B.

Robert Hooke C. Robert Cock D. Louise Pasteur E. Lazzaro Spalanzani Jawab : A Pembahasan : Bapak bioteknologi adalah Alexander Flemming dengan penemuan penisilin dari Penicillium notatum. 6. Bahaya dari bioteknologi, kecuali . A. Menambah keanekaragam hayati B. Memunculkan organisme strain jahat C. Mengganggu keseimbangan lingkungan D. Digunakan untuk senjata biologis E.

Menyalahi hukum dan nilai masyarakat Jawaban : A 7. Dampak positif dari bioteknologi adalah dapat mengolah limbah sehingga menjadi tidak berbahaya. Ada bakteri yang ikut campur pada pengolahan limbah tersebut yaitu…. A. Bakteri Pseudomonas sp B. Bakteri Thuringiensis C. Bakteri Lactobacillus bulgaricus D. Bakteri Metanobacterium E. Bakteri Arthrobacter Jawaban : A 8. Hubungan yang benar antara mikroba dengan produk yang dihasilkan melalui proses bioteknologi adalah….

A. Penicillium camemberti = nata de coco B. Acetobacter xylinum = keju C. Rhizopus oligosporus = protein sel tunggal D. Candidas utilis = tempe E. Lactobacillus bulgaris = yoghurt Jawaban : E 9. Produk yang mengandung organisme hasil rekayasa bioteknologi harus diberi label dengan jelas guna memberi informasi kepada konsumen mengenai produk yang dikonsumsi.

Merupakan pencegahan tehadap dampak yang menyebabkan… A. Alergi B. Iritasi C. Inveksi D. Radiasi E. Patogen Super Jawaban : A 10. Teknologi plasmid dalam rekayasa genetika adalah…. A. Penyambungan gen tertentu dengan DNA bakteri B. Pemotongan gen tertentu untuk dibuang C.

Mengidentifikasi gen tertentu untuk pemotongan D. Mengganti gen dengan gen lain E. Mencari gen tertentu yang cocok dengan DNA bakteri Jawaban : A 11. Transplantasi gen pektisida pada tanaman sangat menguntungkan karena toksin yang dihasilkan bersifat …. A. Memacu pembentukkan zat penolak serangga B. Luas terhadap berbagai penyakit C. Spesifik terhadap hama tertentu D. Menghambat pertumbuhan hifa jamur E. Memmatikan predator tanaman Jawaban : C Pembahasan : Transplantasi gen pektisida pada tanaman sangat menguntungkan karena toksin yang dihasilkan bersifat spesifik terhadap hama tanaman tertentu terutama dapat memmatikan larva hama tersebut.

Cara Cepat Gen pektisida bakteri = pembuluh larva hama (tembakau) 12. Melalui teknik rekombinasi gen yang memanfaatkan bakteri E. Coli dapat diperoleh insulin dalam jumlah banyak dan cepat. Bagaimana prinsip dasar teknik tersebut? A. Sel prokarion bakteri dan esl eukarion pankreas melebur membentuk sel hibrid. B. Gen insulin dapat bekerja lebih ekspresif pada E.coli. C. Bakteri mengalami perubahan struktur kimia secara total.

D. Seluruh gen-gen bakteri dapat memproduksi insulin. E. Gen insulin sel pankreas dapat disisipkan pada plasma bakteri. Jawaban : E Pembahasan : Produksi insulin dengan memanfaatkan bakteri E.coli dilakukan dengan teknik rekombinasi gen, yaitu gen insulin sel pankreas disisipkan pada plasma bakteri.

Bakteri rekombinan ini kemudian dikultur dan diekstraksi protein (hormon insulin) yang dihasilkannya. 13. Penerapan prinsip bioteknologi konvensional dapat dilakukan pada proses …. A.

Produksi tanaman tahan hama dan penyakit B. Pembuatan tempe oleh Rhyzopus oryzae C. Produksi kentang berkarbohidrat tinggi D. Produksi hormon insulin bagi penderita diabetes melitus E. Pengobatan penyakit hemofilia dan talasemia Jawaban : B Pembahasan : Penerapan prinsip bioteknologi konvensional dapat dilakukan pada proses pembuatan tempe oleh Rhyzopus oryzae.

Proses pembuatan tempe melalui teknik fermentasi yang dilakukan tanpa adanya rekayasa genetika seperti pada pilihan jawaban lainnya. 14. Teknik perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan, melalui proses tahapan perkembangan …. A. Eksplant – kalus – planlet B. Eksplant – plantlet – kalus C. Kalus – eksplant – planlet D. Kalus – plantlet – eksplat E.

Plantlet – kalus – eksplant Jawaban : A Pembahasan : Teknik perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan, melalui proses tahapan perkembangan eksplant – kalus – planlet. 15. Rekayasa genetik membuka peluang memanfaatkan plasma nutfah pada tingkat….

A. Sel B. Organ C. Jaringan D. Molekul Jawaban : D Pembahasan: Plasma nutfah merupakan sumber gen yang berasal dari tumbuhan dan hewan, digunakan untuk menaikan kualitas. 16. Bakteri yang banyak digunakan untuk memisahkan tembaga dari campuran berbagai logam berasal dari genus …. A. Thiobacillus B. Pseudomonas C. Acetobakter D. Lactobacillus E. Streptococus Jawaban : A Pembahasan: Dalam teknologi industri yang memanfaatkan jasa bioteknologi, banyak menggunakan jasa bakteri yang penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada kemampuan untuk memisahkan tembaga dari campuran berbagai logam, adapun bakteri tersebut adalah Thiobacillus.

Cara Cepat Thiobacillus = bakteri pemisah logam (Pb) 17. Mikroorganisme yang dapat mensintesis enzim amilase adalah …. A. Aspergillus niger B. Aspergillus oryzae C. Bacillus subtilis D. Saccharomyces fragillis jawaban b Pembahasan: A. Aspergillus niger (amilase) B. Aspergillus oryzae (produk protease) C. Bacillus subtilis (amilase) D. Saccharomyces fragillis (produk lactase) 18.

Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada kali adalah pada penderita … A. Malaria B.

Diabetes C. Asma D. Ginjal E. Jantung Jawab : B Pembahasan : Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita diabetes dengan cara menyambungkan gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri. 19. Berikut ini merupakan kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi, kecuali A. Kesegaran bahan pangan tidak berubah B. Tidak membusuk selamanya C. Tidak menimbulkan polusi lingkungan D.

Meningkatkan mutu dan hygiene bahan pangan E. Tidak menimbulkan residu penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada kimia pada makanan Jawab : B Pembahasan : Penggunaan teknologi nuklir (radioisotop) dalam bidang teknologi pangan lazim disebut proses iradiasi.

Iradiasi bahan pangan mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan proses pengawetan konvensional antara lain : • Dapat dilakukan pada bahan yang telah dikemas • Kesegaran bahan pangan tidak berubah • Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan • Tidak menimbulkan polusi pada lingkungan • Dapat menggunakan bahan pengeras yang murah • Dapat meningkatkan mutu dan hygiene bahan makanan 20.

Dampak negative yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi terhadap sumber daya manusia adalah . A. Timbulnya pengangguran tenaga kerja pasar B. Menurunnya sumber plasma nutfah C.

Produksi yang berlebihan menyebabkan turunnya harga D. Terjadinya perubahan sikap social E. Lahan pertanian berkurang, produksi kecil Jawab : D Pembahasan : Kemajuan ilmu dan teknologi disamping memberikan dampak positif terhadap kelestarian sumber daya alam, juga dapat memberikan dampak negative terutama pada sumber daya alam manusia.

Dampak negative yang dapat dirasakan pada sumber daya manusia adalah terjadinya perubahan sikap social. Materi Kimia • Bisnis • Education • info chemistry • Info Kimia • Kelas X • Kelas XI • Kelas XII • Kesehatan • Kimia Anorganik • Kimia Lingkungan • Kimia Makanan • Latihan Biologi • Latihan Geografi • Latihan Sejarah • Latiihan Penjaskes • Lowongan Pekerjaan • Muslim • Pendidikan • Relationship • Resep Masakan • Soal Kimia SMA • Uncategorized • Uncategorized @id1.

Keberhasilan rekayasa genetika menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus-menerus meningkatkan kekhawatiran banyak kalangan, terutama ahli biologi, karena … a.

menurunkan populasi plasma nutfah b. memberikan keunggulan sesaat pada manusia c. sifat unggul tidak dapat dipertahankan d. sifat unggul memiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan e. gen-gen unggul plasma nutfah menjadi inaktif Apabila organisme hasil rekayasa genetika yang bersifat unggul dikembangkan secara massal, makan organisme lokal yang tidak memiliki sifat unggul tidak akan dikembangkan lagi. Sehingga akan tersingkir dan mengakibatkan penurunan plasma nutfah.

Jawab: A 2. Dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh adanya tanaman transgenik pada manusia adalah … a. banyak organisme yang mati keracunan b. timbulnya alergi pada beberapa orang c. populasi hama meningkat d. hilangnya plasma nutfah e. ketergantungan teknologi Alergi merupakan respon alamiah yang diberikan oleh sistem imun manusia. Alergi dapat disebabkan tubuh dimasuki oleh gen asing. Tanaman transgenik merupakan tanaman yang disisipkan gen yang memunculkan sifat unggul pada tanaman tersebut, gen tersebut merupakan gen yang berasal dari luar tubuh (gen asing).

Jawab: B 3. Tanaman transgenik umumnya memiliki sifat - sifat unggul yang diinginkan, tetapi ternyata tanaman tersebut dapat merusak ekosistem, misalnya penanaman tanaman transgenik tahan hama yang menyebabkan … a. tanaman sekitarnya yang berbeda jenis tumbuh kerdil karena tanaan transgenik banyak menyerap unsur hara. b. hewan yang mengonsumsi tanaman transgenik menjadi mandul karena terkontaminasi gen asing. c. populasi kupu - kupu yang membantu proses penyerbukan musnah dan produksi tanaman menurun d.

tubuh tanaman transgenik tidak dapat diuraikan oleh bakteri sehingga menjadi limbah pertanian. e. dalam waktu yang lama hama menjadi kebal sehingga perlu menggunakan pestisida dosis tinggi. Tanaman transgenik menimbulkan dampak negatif terhadap ekosistem yaitu populasi kupu - kupu yang membantu proses penyerbukan musnah dan produksi tanaman menurun. Hal ini disebabkan oleh gen asing yang disisipkan dalam tanaman transgenik dapat mematikan hama tanaman.

Namun demikian, gen tersebut juga bersifat mematikan bagi serangga lain yang juga memakan bagian tanaman transgenik. Jawab: C 4.

Dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh adanya pemuuliaan tanaman berbiji dengan cara radiasi induksi adalah … a. tidak dapat bereproduksi secara vegetatif b. tidak dapat bereproduksi secara generatif c. tanaman rentan terkena penyakit d. pengendalian hama harus lebih terpadu e. menggunakan medium khusus untuk penanamannya Penyinaran dengan sinar gamma dapat menembus biji hingga lapisan DNA, yang dapat merubah sifat pada keturunannya.

Keuntungan radiasi induksi adalah ditemukannya varietas baru dengan sifat unggul seperti semangka tanpa biji. Meskipun demikian, jika sinar gamma mengenai sel vegetatif maka akan menimbulkan kanker.

Varietas tanaman berbiji tanpa biji akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Jawab: B 5. Pernyataan - pernyataan berikut mengenai dampak negatif dari penerapan bioteknologi. 1. Melemahnya sistem kekebalan tubuh 2. Berkurangnya keanekaragaman genetik 3. Timbulnya gejala alergi 4. Terganggunya keseimbangan alam Dampak negatif bioteknologi dalam bidang lingkungan dan kesehatan secara berturut - turut adalah … a.

1 dan 2 b. 2 dan 1 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4 e. 4 dan 1 Bioteknologi dalam kehidupan selain memberi manfaat juga dapat menimbulkan dampak negatif. Dalam bidang lingkungan misalnya, dapat mengakibatkan berkurangnya keanekaragaman hayati. Sementara itu, dalam bidang kesehatan dapat menimbulkan reaksi alergi serta resistan terhadap antibiotik.

Jawab: C 6. Perthatikan dampak negatif bioteknologi berikut! 1. Terjadinya kesenjangan dan kecemburuan dalam masyarakat karena produk - produk dari petani tradisional mulai tersisih. 2. Dapat mengakibatkan alergi pada manusia yang mengonsumsi tanaman transgenik.

3. Dapat menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem 4. Para petani tradisional kehilangan mata pencahariannya 5. Menimbulkan ketergantungan manusia terhadap bioteknologi Setelah ditemukan tanaman transgenik yang bersifat unggul, sebagian besar orang berkeinginan membudidayakan tanaman yang seragam dalam jumlah melimpah.

Dampak negatif pada bidang sosial ekonomi yang dapat ditimbulkan bioteknologi tersebut terdapat pada nomor … a.

1 dan 3 b. 1 dan 4 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4 e. 3 dan 5 Dampak negatif yang ditimbulkan pada bioteknologi tersebut di bidang sosial ekonomi berupa kecemburuan dalam masyarakat, kerna produk - produk dari petani tradisional mulai tersisih sehingga berimbas pada petani tradisional yang kehilangan mata pencahariannya. Jawab: B 7. Tanaman transgenik umumnya memiliki sifat - sifat unggul yang diinginkan, tetapi ternyata tanaman tersebut dapat merusak ekosistem.

contohnya budi daya transgenik tahan hama dapat menyebabkan … a. serangga yang mengonsumsi tanaman transgenik menjadi mandul karena terkontaminasi gen asing sehingga semakin lama akan menjadi punah.

b. tanaman di sekitarnya yang berbeda jenis tumbuh kerdil karena tanaman transgenik banyak menyerap unsur hara c. populasi kupu - kupu yang membantu proses penyerbukan meningkat karena berkurangnya serangga pesaing. d. tubuh tanaman transgenik tidak dapat diuraikan oleh bakteri sehingga menjadi limbah pertanian. e. perlu menggunakan pestisida dosis tinggi yang dapat merusak lingkungan tanaman transgenik dapat merusak ekosistem seperti tanaman kapas antiserangga yang dapat menyebabkan serangga yang memakannya menjadi mandul dan semakin lama akan terjadi kepunahan serangga penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada.

Jawab: A 8. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas - varietas unggul akan menjurus pada … a. Meningkatnya jenis hama tanaman b. Meningkatnya keanekaragaman genetik c.

Meningkatnya keanekaragaman ekologi d. Menurunkan kualitas produk pertanian e. Menurunkan kualitas lingkungan Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada meningkatnya keanekaragaman genetik. Jawab: B 9. Bioteknologi banyak memberikan keuntungan bagi manusi a. Tetapi, perkembangan bioteknologi juga mempunyai dampak negatif. Salah satu dampak negatif bioteknologi di bidang sosial ekonomi masyarakat adalah … a.

Produk bioteknologi dapat menimbulkan resistan ham a. b. Tanah petani rusak akibat pencemaran produk bioteknologi. c. Petani tradisional merugi karena produk hasil pertaniannya tersingkir. d. produk bioteknologi belum teruji sehingga risiko kerugian ditanggung petani cukup besar. e. Produk pertanian bioteknologi belum menghasilkan keuntungan jika tidak ditanam pada lahan yang luas. Selain dapat meningkatkan produksi pangan, produk bioteknologi ini semakin diminati konsumen.

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Dengan demikian, hasil panen petani tradisional semakin tersingkirkan. Hal tersebut menimbulkan kesenjangan sosial dan ekonomi antara petani tradisional dengan petani tanaman hasil bioteknologi. Jawab: C 10. Keberhasilan rekayasa genetika menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus - menerus telah meningkatkan kekuatiran banyak kalangan, terutama ahli biologi karena … a.

berkurangnya keanekaragaman hayati b. memberikan keunggulan yang sesaat pada manusia c. sifat unggul tidak dapat dipertahankan d. sifat unggul memiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan e.

gen - gen unggul plasma nutfah menjadi inaktif Dengan menambah, mengurangi, dan menggabungkan DNA dari sumber DNA yang berbeda, susunan DNA asli semakin lama semakin punah. Hal ini menyebabkan semakin menurunnya populasi plasma nutfah atau dengan kara lain, keanekaragaman hayati berkurang Jawab: A 11.

Tindakan yang mungkin dilakukan menusia untuk mencegah dampak negatif dari bioteknologi adalah … a. Menggunakan bibit lokal supaya tanaman lebih adaptif b.

Menggunakan pestisida pekat untuk memberantas hama c. Untuk menghambat perkembangbiakan hama dilakukan sistem monokultur d. Meningkatkan produksi dengan melaksanakan pemupukan dengan pupuk buatan e.

Memanfaatkan mikroorganisme transgenik dalam pengelolaan limbah Salah satu dampak negatif bioteknologi adalah berkurangnya keanekaragaman hayati. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan penyeimbangan antara penanaman tanaman transgenik dengan tanaman lokal.

Jawab: A 12. Berikut ini bahaya dari bioteknologi, kecuali … a. Digunakan untuk senjata biologis b. Memunculkan organisme strain jahat c. Mengganggu keseimbangan lingkungan d. Menyalahi hukum dan nilai masyarakat e. Menambah keanekaragam hayati Hal hal diatas termasuk bahaya berkembannya bioteknologi, kecuali menambah keanekaragaman hayati Jawab: E 13. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi terhadap sumber daya manusia adalah … a.

Timbulnya pengangguran tenaga kerja pasar b. Menurunnya sumber plasma nutfah c. Produksi yang berlebihan menyebabkan turunnya harga d. Terjadinya perubahan sikap sosial e.

Lahan pertanian berkurang, produksi kecil Kemajuan ilmu dan teknologi disamping memberikan dampak positif terhadap kelestarian sumber daya alam, juga dapat memberikan dampak negative terutama pada sumber daya alam manusia. Dampak negatif yang dapat dirasakan pada sumber daya manusia adalah terjadinya perubahan sikap sosial. Jawab: D 14. Bioteknologi dapat dilakukan dengan memanfaatkan organisme, baik pada tingkat seluler atau molekul. Misalnya pada kultur jaringan, transgenik, dan kloning.

Salah satu teknik yang banyak dikembangkan adalah dengan kultur jaringan. Jik popuilasi tanaman semusim dikembangkan terus - menerus melalui kultur jaringan secara turun - menurun, dampak yang terjadi adalah… a.

sel - sel selalu mengalami perubahan sampai mengalami fase tidak produktif b. sel - sel semakin tidak adaptif terhadap lingkungan c. gen - gen resesif termutasi menjadi gen dominan d. reproduksi menurun karena gen - gen unggul tergeser e. gen - gen dominan termutasi menjadi gen resesif Jika tanaman transgenik ditanam bersama tanaman sejenis nontransgenik, dikhawatirkan akan terjadi pencemaran gen.

Pencemaran ini akan terjadi apabila tanaman transgenik menyerbuki tanaman nontransgenik. Jawab: E 15. Bioteknologi selain dapat memberikan keuntungan juga dapat memberikan dampak negatif di berbagai bidang.

Misalnya adanya kesenjangan penghasilan antara pemilik hak paten produk bioteknologi dengan konsumen. Hal tersebut merupakan dampak negatif bioteknologi di bidang … a. industri b. kesehatan c. sosial ekonomi d. etika dan moral e. lingkungan hidup
Contoh Soal Bioteknologi Pilihan Ganda dan Jawaban – Bioteknologi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Ada beberapa contoh makanan yang diolah secara bioteknologi konvensional melalui proses fermentasi, antara lain : Tempe Kecap Tauco Oncom Tape Yogurt Keju Simak Materi lengkapnya : Bioteknologi – Pengertian, Prinsip, Perkembangan, dan Manfaatnya 1 – 10 Contoh Soal Bioteknologi dan Jawaban 1.

Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai … A. Kultur jaringan B. Rekayasa genetic C. Transplantasi D. Radiasi induksi E. Mutasi buatan Pembahasan : Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai transplantasi gen atau rekombinasi gen, Transplantasi ini yang sering digunakan adalah memakai teknik plasmid, dengan gunting enzim berupa enzim Endonuklease Restriksi dan Lemnya Enzim ligase Skema Transplantasi gen.

Jawaban : C 2. Berikut ini merupakan kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi, kecuali A. Kesegaran bahan pangan tidak berubah B. Tidak membusuk selamanya C. Tidak menimbulkan polusi lingkungan D. Meningkatkan mutu dan hygiene bahan pangan E. Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan Pembahasan : Penggunaan teknologi nuklir (radioisotop) dalam bidang teknologi pangan lazim disebut proses iradiasi.

Iradiasi bahan pangan mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan proses pengawetan konvensional antara lain : Dapat dilakukan pada bahan yang telah dikemas Kesegaran bahan pangan tidak berubah Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan Tidak menimbulkan polusi pada lingkungan Dapat menggunakan bahan pengeras yang murah Dapat meningkatkan mutu dan hygiene bahan makanan Penggunaan Radio Isotop adalah Unsur kimia yang stabil yang dibuat labil karena penyinaran sinar radioaktif dari unzur radioktif di reaktor Jawaban : B 3.

Dampak negative yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi terhadap sumber daya manusia adalah .

A. Timbulnya pengangguran tenaga kerja pasar B. Menurunnya sumber plasma nutfah C. Produksi yang berlebihan menyebabkan turunnya harga D. Terjadinya perubahan sikap social E. Lahan pertanian berkurang, produksi kecil Pembahasan : Kemajuan ilmu dan teknologi disamping memberikan dampak positif terhadap kelestarian sumber daya alam, juga dapat memberikan dampak negative terutama pada sumber daya alam manusia.

Dampak negative yang dapat dirasakan pada sumber daya manusia adalah terjadinya perubahan sikap social. Jawaban : D 4. Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan. A. DNA bakteri ke dalam pancreas manusia B. Kromosom bakteri ke dalam DNA manusia C. Gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri D.

DNA virus ke dalam DNA bakteri E. Gen virus ke dalam gen bakteri Pembahasan : Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran telah banyak ditemukan beberapa rekayasa gen, yang diantaranya adalah gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri, sehingga bakteri itu yang menghasilkan hormone insulin dan orang yang menderita kencing manis (diabetes) bias mendapat hormone insulin kembali. Teknik ini dikenal dengan Teknik plasmid dengan merekayasa penyambungan sequen DNA plasmid dengan DNA yang diinginkan.

kemudian plasmid yang terangkai gabungan DNA rekombinan dimasukkan kembali ke bakteri atau sebaliknya tergantung tujuannya Proses Pembuatan Insulin Gambar di atas adalah rekayasa genetika pada bakteria guna menghasilkan hormon insulin yang penting untung pengendalian gula darah pada penderita diabetes.

Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut: • Tahap pertama dalam membuat bakteria yang bisa menghasilkan insulin adalah dengan mengisolasi plasmid pada bakteri tersebut yang akan direkayasa.

Plasmid adalah materi genetik berupa DNA yang terdapat pada bakteria namun tidak tergantung pada kromosom karena tidak berada di dalam kromosom. • Kemudian plasmid tersebut dipotong dengan menggunakan enzim di tempat tertentu sebagai calon tempat gen baru yang nantinya dapat membuat insulin. • Gen yang dapat mengatur sekresi (pembuatan) insulin diambil dari kromosom yang berasal dari sel manusia.

• Gen yang telah dipotong dari kromosom sel manusia itu kemudian ‘direkatkan’ di plasmid tadi tepatnya di tempat bolong yang tersedia setelah dipotong tadi. • Plasmid yang sudah disisipi gen manusia itu kemudian dimasukkan kembali ke dalam bakteria.

• Bakteria yang telah mengandung gen manusia itu selanjutnya berkembang biak dan menghasilkan insulin yang dibutuhkan. Dengan begitu diharapkan insulin dapat diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas di pabrik-pabrik.

Jawaban : C 5. Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada … A. Meningkatnya jenis hama tanaman B. Meningkatnya keanekaragaman genetic C. Meningkatnya keanekaragaman ekologi D. Menurunkan kualitas produk pertanian E. Menurunkan kualitas lingkungan Pembahasan : Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada meningkatnya keanekaragaman genetic. Seperti contoh : jenis padi, pelita I, pelita II, barito, cisadane, dan sebagainya.

dari hasil yang unggul ini bisa diperbanyak dengan kultur jaringan sehingga produk keunggulan nya bisa sama Jawaban : B 6. Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah … A. Meningkatnya biaya pemeliharaan hewan B. Menurunkan variasi pada hewan C. Meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus D. Meningkatnya populasi hewan E. Menurunnya jumlah makanan yang dibutuhkan hewan Pembahasan : Pengaruh rekayasa genetic terhadap sumber daya protein hewani adalah untuk meningkatnya daya tahan hewan terhadap virus.

Kini telah diketemukan Interferon hasil teknologi Hibridoma yang bisa membuat interferon untuk memusnahkan virus Jawaban : C 7. Berikut ini pemanfaatan rekayasa genetika untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia, kecuali … A. Insulin B. Antibiotic C. Antibody monoclonal D. Interferon E. Terapi gen sel sumsum tulang Pembahasan : Bioteknologi dibidang kedokteran adalah Antibodi Monoklonal, Terapi Gen, InterferonVaksin. Antibiotic adalah bioteknologi konvensional seperti fermentasi yang didapatkan darihasil metabolit sekunder organisme seperti Penicillium notatumP chrissogenumStreptomyces dll Jawaban : B Baca Juga : Soal Ekosistem 8.

Ilmuwan yang dikenal sebagai Bapak Bioteknologi adalah . A. Alexander Flemming B. Robert Hooke C. Robert Cock D.

Louise Pasteur E. Lazzaro Spalanzani Pembahasan : Bapak bioteknologi adalah Alexander Flemming dengan penemuan penisilin dari Penicillium notatum. Jawaban : A 9. Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita … A. Malaria B. Diabetes C. Asma D. Ginjal E. Jantung Pembahasan : Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita diabetes dengan cara menyambungkan gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri dalam bioteknologi modern Teknik Plasmid Jawaban : B 10.

Berikut ini bahaya dari bioteknologi, kecuali . A. Digunakan untuk senjata biologis B. Memunculkan organisme strain jahat C. Mengganggu keseimbangan lingkungan D. Menyalahi hukum dan nilai masyarakat E. Menambah keanekaragam hayati Pembahasan : Hal hal diatas termasuk bahaya berkembannya bioteknologi, kecuali menambah keanekaragaman hayati. Jawaban : E 11 – 20 Contoh Soal Bioteknologi dan Jawaban beserta Pembahasan 11. Proses manakah yang terjadi di dalam bejana fermentasi sehingga terbentuk zat antibiotik penisilin?

A. Terjadinya reaksi kimia antara zat makanan dan jamur Penicillium sehingga terbentuk zat penisilin. B. Zat antibiotic penisilin perlu ditambahkan dalam bejana sehingga dapat merangsang jamur untuk memproduksi antibiotic. C. Jamur Penicillium tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga dapat menghasilkan penisilin D.

Bakteri – bakteri tertentu tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga menghasilka penisilin E. Udara dalam bejana fermentasi menyebabkan makanan dalam bejana tersebut teroksidasi dan membentuk penisilin Pembahasan : Jamur “Penicillium” menghasilkan zat antibiotik penisilin.

Dalam bejana fermentasi, jamur ini tumbuh dengan subur karena suplai makanan atau media yang cukup. Jawaban : C 12. Mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan asam sitrat adalah A.

Aspergillus niger B. Aspergillus flavus C. Aspergillus wentii D. Aspergillus soyae E. Aspergillus oryzae Pembahasan : Untuk memperoleh asam nitrat, mikroorganisme yang kita butuhkan adalah Aspergillus niger.Ciri produk Bioteknologi haruslah skala industri karena ingin memenuhi kebutuhan manusia Jawaban : A 13. Organisme yang mengandung gen dari spesies lain disebut…. A. Transplantasi B. Transgenik C. Mutasi D. Implementasi E. Vaksinasi Jawaban : B Transplantasi : proses pemindahan suatu organ dari satu organisme/bagian tubuh ke individu lain.

Mutasi : perubahan materi genetik yang mengakibatkan terjadinya perubahan sifat atau karakter dan dapat bersifat menurun Implementasi : penerapan Vaksinasi : merupakan tahapan yang berguna untuk menahan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu. Organisme Transgenik dibuat dengan Transplantasi Gen / Teknik Plasmid yang kemudian dikenal dengan Rekayasa Genetika 14. Teknik yang bisa digunakan untuk membantu penderita diabetes mellitus adalah… A.

Terapi gen B. Plasmid C. Retrovirus D. Rekombinan DNA E. Mieioma Jawaban : D Pembahasan Orang yang mengalami kelainan diabetes melitus, dapat dibantu dengan teknik DNA rekombinan, insulin dapat dipanen dari bakteri. Baca Juga : Soal Sistem Peredaran Darah 15. Gen yang diberikan pada sapi segar agar produksi susu sapi meningkat adalah…. A. Somatotropin B. Tirotropin C. Insulin D. Retrovirus E.

Virulen Jawaban : A Somatotropin merupakan gen yang dapat menngkatkan produksi susu sapi. 16. Berikut ini merupakan cabang ilmu biologi dan ilmu kimia yang mendukung kemajuan dan perkembangan bioteknologi, kecuali…… A. Fisiologi B. Biologi molekuler C. Inokulasi D. Genetika E. Mikrobiologi Jawaban : C Fisiologi, Biologi molekuler, Genetika, dan mikrobiologi merupakan cabang biologi penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada dimaksud kecuali Inokulasi.

17. Manakah yang termasuk produk dari bioteknologi konvensional? A. Zat Glutamat B. Kultur jaringan C. Autoklaf D. Cloning E. Hibridoma Jawaban : A Pembahasan • Hibridoma tergolong Modern karena Disatukan dua sel untuk membentuk sel Hibrid • Sel hibrid yang terbentuk itu dikenal dengan sel Hibridoma • Sel Hibridoma penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada dilakukan dengan menggunakan Bioteknologi modern yaitu Teknik Hibridoma • Dalam Bioteknologi teknik ini dilakukan misalnya menyatukan sel kanker yang cepat membelah namun tidak menghasilkan antibody dengan sel Lympocyt yang menghasilkan antibody namun pembelahan nya lambat.

• Produk fusi sel itu diharapkan menghasilkan sel hibridoma yang mampu menghasilkan antibody monoklonal yang cepat membelah namun bisa menghasilkan antibody 18.

Pada tahap persiapan kultur jaringan, digunakan alat yang berfungsi untuk sterilisasi alat dan bahan yang disebut…. A. Kalus B. Autoklaf C. Aseptis D. Aklimatis E. Metabolit Jawaban : B Pembahasan penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada Autoklaf adalah alat pemanas tertutup yang digunakan untuk mensterilisasi suatu benda menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi selama kurang lebih 15 menit. Peningkatan tekanan pada autoklaf tidak dimaksudkan untuk membunuh mikroorganisme, melainkan meningkatkan suhu dalam autoklaf.

19. Tahapan penanaman eksplan yang sudah steril ke dalam atau diatas medium buatan pada botol kultur adalah…. A. Aklimatisasi B. Pemeliharaan C. Persiapan D. Tahap pembentukkan E. Inokulasi Jawaban : A Pembahasan : Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya.

20.

penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas varietas unggul akan menjurus pada

Serat yang dikandung mikroprotein kebanyakan berasal dari… A. Hifa B. Mikrospora C. Protalium D. Miselium E. Batang jamur Jawaban : D Pembahasan : Miselium (jamak: Miselia) adalah bagian Jamur Multiseluler yang dibentuk oleh kumpulan beberapa Hifa.

seluler yang dibentuk oleh kumpulan beberapa Hifa. Sebagian Miselium berfungsi sebagai penyerap makanan dari Organisme lain atau sisa-sisa organisme. Download Soal Bioteknologi Google Drive Sudah selesai membaca dan berlatih soal ini ?

Ayo lihat dulu Daftar Soal Biologilainnya Posting pada Biologi Ditag contoh soal bioteknologi, contoh soal bioteknologi dan pembahasannya, contoh soal bioteknologi konvensional, contoh soal bioteknologi modern, soal bab bioteknologi, soal biologi bioteknologi, soal biologi bioteknologi kelas 12, soal biologi bioteknologi sma, soal bioteknologi beserta pembahasannya, soal bioteknologi dan jawaban, soal bioteknologi essay, soal bioteknologi kelas 12, soal bioteknologi konvensional, soal bioteknologi kuliah, soal bioteknologi pangan, soal bioteknologi pilihan ganda, soal bioteknologi sma, soal bioteknologi sma hots, soal bioteknologi sma kelas 12, soal bioteknologi smp, soal dampak bioteknologi, soal dampak bioteknologi dan pembahasan, soal esai bioteknologi, soal essay bioteknologi kelas 12, soal essay bioteknologi konvensional, soal gambar bioteknologi Navigasi pos Semua manusia itu pintar.

Namun yang membedakannya proses kecepatan belajar. pada suatu saat ada peserta didik yang belajar dalam 1-3 pertemuan. ada juga yang membutuhkan 3 pertemuan lebih untuk dapat memahami materi.

Dengan kata lain, Belajar tergantung kondisi dan keadaan seseorang untuk memahami materi. baik itu cuaca, suasana, perasaan dan lingkungan yang mempengaruhi. Maka temukanlah kondisi terbaik dirimu untuk belajar. Jika kamu tidak mengerti materi yang diajarkan gurumu hanya saja kamu belum menemukan kondisi terbaik untuk belajar.

Karena tidak ada manusia yang bodoh hanya saja malas atau tidak fokus.

Strategi Menghasilkan Varietas Hortikultura yang Berdaya Saing




2022 www.videocon.com