Sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

1. Apabila anda mendapat suatu pesanan untuk menyampaikan maksud untuk membuat suatu komponen dalam bentuk ilustrasi ke seorang teknisi bengkel yang berbeda bahasa percakapannya dengan anda, dalam bentuk apakah ilustrasi yang paling tepat anda buat….

a. Ilustrasi b. Isyarat c. Gambar teknik d. Rencana kerja e. Diagram 2. Gambar merupakan alat untuk menyatakan maksud dari seorang juru gambar.

Gambar disebut juga sebagai…. a. Media cetak b. Bahasa teknik c. Ekspresi d. Imajinasi e. Ilustrasi 3. Fungsi yang penting untuk bahasa maupun gambar adalah…. a. hiasan b. hiburan c. panjangan d. penerusan informasi e. Pengubah informasi 4.

Gambar teknik berfungsi sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan …. a. pelaksana b. pembeli c. penggambar d. perancang gambar e. Perusak 5. Di Indonesia gambar teknik memakai Sistem Proyeksi Amerika dan ….

a. Afrika b. Asia c. Brunei d. China e. Eropa 6. Ukuran kertas yang paling banyak dipergunakan untuk menggambar teknik adalah seri …. a. A b. F c. G d. K e. S 7. Ukuran mistar segitiga yang akan dipergunakan sebaiknya disesuaikan dengan ….

a. bentuk garis b. Setiap jenis gambar c. Luas bidang yang gambar d. bentuk artikel e. Suatu peraturan 8. Jenis gambar di mana suatu benda digambar pada satu lembar kertas gambar disebut sistem gambar …. a. berlembar banyak b. dua-dua c. kelompok d. satu-satu e. tiga-tiga 9. Jenis gambar berlembar banyak, banyak digunakan dalam bidang teknik a.

arsitek b. elektro c. kimia d. mesin e. sipil 10. Kertas gambar yang menyebabkan gambar akan lebih cepat kotor bila tidak berhati-hati dalam menggambar adalah …. a. kertas gambar halus b. kertas gambar lebar c. kertas gambar kasar d. kertas gambar tebal e. kertas gambar tipif 11. Kertas yang dipakai untuk menyempurnakan gambar dengan menggunakan tinta adalah ….

a. kertas A4 b. kertas kalkir c. kertas buram d. kertas HVS e. kertas karton 12. Skala yang digunakan untuk menggambar benda kecil dan rumit adalah …. a. skala pembesaran b. skala pengecilan c. skala penuh d. skala sama e. skala utuh 13. Skala yang dipergunakan bilamana gambarnya dibuat sama besar dengan benda sebenarnya adalah …. a. skala gambar kecil b. skala pembesaran c. skala pengecilan d. skala penuh e. skala sama 14. Di bawah ini ciri penting huruf dan angka pada gambar teknik, kecuali … a.

dapat dibuat mikrofilmnya b. jelas c. seragam d. tidak mudah dibaca e. mampu menunjukkan maksud dan tujuan 15. Ketebalan isian halus pada pensil mekanik yang sangat cocok untuk penggambaran di atas kertas atau kertas kalkir adalah ….

a. 0,2 mm b. 0,3 mm c. 0,4 mm d. 0,6 mm e. 0,7 mm 16. Mesin gambar, adalah sebuah alat yang dapat menggantikan alat-alat gambar di bawah ini, kecuali …. a. busur derajat b. penggaris T c. segitiga d. ukuran e. pena mekanik 17. Garis yang digunakan untuk menggambar garis luar benda yang berdekatan adalah …. a. garis halus b. garis halus bebas c.

garis nyata d. garis putus-putus bayangan e. garis strip titik, dengan ujung tebal 18. Gambar proyeksi pada bidang proyeksi di depan benda disebut ….

a. pandangan atas b. pandangan bawah c. pandangan depan d. pandangan samping kanan e. pandangan samping kiri 19. Di bawah ini jenis-jenis gambar potongan, kecuali …. a. gambar potongan penuh b. gambar potongan putar c. gambar potongan sembarangan d. gambar potongan separuh e. gambar potongan sebagian/setempat atau lokal 20. Pandangan muka, pandangan samping kiri dan pandangan atas merupakan pandangan utama dari proyeksi ….

a. Amerika b. Australia c. Eropa d. Filipina e. Jepang Kunci Jawaban 1 C 11 B 2 B 12 A 3 D 13 D 4 A 14 D 5 E 15 B 6 A 16 E 7 C 17 A 8 D 18 C 9 B 19 C 10 C 20 C 3.

Dapat menggambar rangkaian elektronika Uraian Materi 1. Gambar sebagai Bahasa TeknikGambar merupakan sebuah alat untuk menyatakan maksud dari seorang sarjana teknik. Oleh karena itu gambar sering juga disebut sebagai “bahasa teknik” atau “bahasa untuk sarjana teknik”.

Perbandingan antara bahasa dan gambar diperlihatkan pada Tabel 1. seperti tampak pada tabel, standar gambar merupakan tata bahasa dari suatu bahasa. Penerusan informasi adalah fungsi yang penting untuk bahasa maupun gambar. Gambar bagaimanapun juga adalah “bahasa teknik”, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan obyektif.

Dalam hal bahasa, kalimat pendek dan ringkas harus mencakup keterangan-keterangan dan pikiran-pikiran yang berlimpah. Hal ini dapat dicapai oleh kemampuan, karir dan watak dari penulis. Di lain pihak keterangan dan pikiran demikian hanya dapat dimengerti oleh pembaca yang terdidik Keterangan-keterangan dalam gambar yang tidak dapat diberikan dalam gambar, tergantung dari bakat perancang gambar (design drafter).

Sebagai juru gambar sangat penting untuk memberikan gambar yang “tepat” dengan mempertimbangkan pembacanya. Untuk pembaca, penting juga banyak keterangan yang dapat dibacanya dengan teliti dari gambar. 2. Fungsi Gambar Teknik Gambar teknik berfungsi sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana.

Sebagai konsekuensinya kedua pihak harus betul-betul memahami, dalam arti harus dapat membuat, membaca dan mengoreksi gambar. Gambar teknik juga mengandung unsur seni, tetapi juga harus memperhatikan aturan –aturan tertentu, bahkan aturan ini lebih ketat dan kuat (sama sekali tidak boleh dilanggar).

Umpamanya di Indonesia gambar teknik memakai Sistem Proyeksi Amerika dan Eropa, dalam dunia teknik listrik aturan yang dipakai antara lain PUIL (Peraturan Umum Instalasi Listrik) 3. Jenis-jenis Gambar c. Gambar berlembar banyak, adalah jenis gambar dimana sebuah benda digambar pada beberapa lembar kertas gambar. Jenis ini digunakan jika benda yang digambar cukup rumit dan tidak mungkin digambar dalam satu lembar kertas.

Jenis gambar ini banyak digunakan di bidang teknik elektro, terutama untuk menggambarkan rangkaian kontrol di industri-industri besar. 4. Interpretasi Gambar Teknik Listrik dan Elektronika Yang dimaksud dengan interpretasi gambar teknik adalah tafsiran atau terjemahan dari suatu gambar teknik agar gambar tersebut dapat dibaca, dipasang, dioperasikan atau dikomunikasikan oleh pihak-pihak tertentu.

Seseorang dapat dikatakan mampu menginterpretasikan gambar teknik apabila ia dapat membaca, memahami apa yang dimaksud pada sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi gambar teknik. Agar gambar teknik dapat diinterpretasikan oleh pihak lain secara efisien maka gambar tersebut harus menggunakan kode atau simbol standar yang sudah diakui atau dinormalisir.

Pada modul terdahulu telah dibahas mengenai simbol listrik dan elektronika baik yang berlaku di beberapa negara maupun yang berlaku internasional. Orang yang berkecimpung di bidang teknik listrik dan elektronika harus dapat mengekspresikan ide tekniknya dengan menggunakan simbol-simbol teknik listrik atau elektronika. Selain itu juga harus dapat membaca, memahami, berkomunikasi, memasang ataupun mengoperasikan aplikasi simbol listrik sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi elektronika dari suatu gambar rangkaian.
Soal Produktif Hello sobat semua, kali ini admin akan membagikan soal produktif TSM Mapel Gambar Teknik pada kelas 10.

Mapel gambar teknik merupakan salah satu mapel produktif jurusan TSM dan TKR pada kelas 10. Soal produktif TSM dan TKR Gambar Teknik sering kali dicari para pembaca sebagai bahan untuk melatih kemampuan bagi anak-anak yang sekarang duduk di kelas x jurusan teknik sepeda motor. Bagi bapk/ibu guru yang mengajar mapel produktif khususnya gambar teknik, sering kali menvcari sumber referensi dalam pembuatan soal uts dan uas.

Diantaranya dari sumber buku, juga dari blog atau website yang menyajikan soal produktif TSM dan TKR gambar teknik. Berikut soal produktif TSM dan TKR gambar teknik yang dapat admin bagikan, soal ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 20 soal essay.

Soal Produktif TSM dan TKR A. Pilihlah jawaban yang paling tepat! 1. Jenis gambar yang mengilustrasikan tentang teknik disebut . a. Isyarat b. Ilustrasi c. Gambar teknik d. Rencana kerja e. Diagram 2. Gambar disebut juga sebagai . a. Media cetak b. Bahasa teknik c. Ekspresi d. Imajinasi e. Ilustrasi 3. Pernyataan yang tepat mengenai fungsi gambar adalah . a. Menerangkan rangkaian yang akan dirakit b. Menyuplai komponen yang pernah dibuat c. Menyimpan komponen yang pernah diproduksi d.

Sebagai media penyampai informasi e. Menerangkan bentuk fisik komponen 4. Dalam dunia teknik gambar memiliki beberapa fungsi antara lain : (1) Gambar berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi. (2) Gambar sebagai sarana pengawetan, penyimpanan, dan penggunaan keterangan. (3) Gambar sebagai cara-cara pemikiran dalam penyiapan informasi.

Dari penjelasan di atas, jika kamu memiliki suatu komponen teknik dan pada suatu saat komponen tersebut menghilang dari pasaran, maka fungsi dari gambar teknik yang paling tepat adalah . a. Gambar berfungsi untuk meneruskan maksud dari perancang ke teknisi b. Gambar berfungsi sebagai peningkat daya pikir perancang c. Gambar berfungsi sebagai imajinasi perancang untuk proses produksi d.

Gambar berfungsi untuk menyuplai bagian-bagian produk untuk perbaikan e. Gambar berfungsi sebagai bahasa teknik dalam dunia teknik 5. Berikut ini pernyataan yang tepat untuk menggambarkan arti gambar teknik, kecuali .

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

a. Bersifat tegas b. Terdiri dari garis-garis berstandar c. Terdiri dari simbol-simbol berstandar d. Terdiri dari tulisan tegak yang berstandar e. Tidak ada jawabn yang tepat 6.

Peraturan-peraturan yang ada dalam gambar teknik dimulai dengan persetujuan bersama kemudian dibuat suatu standarisasi. Pernyataan tersebut merupakan sifat gambar teknik, yaitu . a. Internasionalisasi gambar b. Perumusan gambar c. Sistematika gambar d. Penyederhanaan gambar e. Modernisasi gambar 7. Jangka adalah alat untuk menggambar . a.

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

Angka b. Garis lurus c. Huruf d. Lingkaran e. Segitiga 8. Sifat utama dari pensil HB adalah . a. Keras b. Lunak c. Hitam d. Lunak dan hitam e. Keras dan agak hitam 9. Alat yang berguna untuk mempermudah dan mempercepat penggambaran bentuk garis yang agak sulit dibuat dengan alat gambar lainnya adalah .

a. Jangka b. Mesin gambar c. Penggaris segitiga d. Pensil e. Mal 10. Kertas yang dipakai untuk menyempurnakan gambar dengan menggunakan tinta adalah . a. Kertas A4 b. Kertas buram c. Kertas HFS d. Kertas kalkir e. Kertas karton 11. Berikut ini yang merupakan ukuran kertas A2 adalah . a. Panjang 1.189 mm, lebar 841 mm b. Panjang 841 mm, lebar 594 mm c. Panjang 594 mm, lebar 420 mm d. Panjang 420 mm, lebar 297 mm e. Tidak ada jawaban yang benar 12. Kertas gambar yang memiliki ukuran panjang 420 mm dan lebar 297 mm adalah .

a. A1 b. A2 c.

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

A3 d. A4 e. A5 13. Kedudukan pensil yang baik terhadap garis yang dibuat adalah . a. 40 derajat b.

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

50 derajat c. 60 derajat d. 70 derajat e. 75 derajat 14. Pernayatan-pernyataan di bawah ini merupakan fungsi atau kegunaan sepasang mistar segitiga, kecuali . a. Membuat garis-garis yang sejajar b. Membuat garis-garis saling tegak lurus c. Membuat atau membentuk garis dengan sudut-sudut tertentu d.

Membuat garis-garis lengkung parabola e. Menarik garis gambar 15. Berikut merupakan sudut-sudut yang terdapat pada penggaris segitiga, kecuali . a. 30 derajat b. 45 derajat c. 60 derajat d. 90 derajat e. 95 derajat 16. Besar sudut-sudut yang terdapat pada segitiga sama kaki adalah . derajat. a. 30 dan 60 b. 45 dan 60 c. 45 dan 90 d. 60 dan 90 e. 60 dan 70 17. Fungsi utama mal busur atau mal kurfa adalah . a.

Membuat garis-garis lurus yang teratur b. Membuat lingkaran-lingkaran tertentu c. Membuat garis-garis yang membentuk sudut-sudut tertentu d. Membuat garis-garis lengkung yang teratur seperti parabola, hiperbola, dan sejenisnya e. Membuat lengkungan apa saja 18.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan trekpen dalam menggambar, kecuali . a. Tinta yang diisikan di antara dua mata pena tingginya maksimal 7 mm b. Bagian luar daun pena harus dalam keadaan bersih atau bebas dari tinta c. Penggaris yang kita pakai harus diganjal bagian bawahnya atau dibalik agar bagian yang miring dari penggaris berada di bawah d.

Pada saat menarik garis harus membentuk sudut 60 derajat dengan garis yang dibuat e. Penambahan alat gambar 19. Kertas gambar yang menyebabkan gambar lebih cepat kotor bila tidak berhati-hati dalam menggambar adalah . a. Kertas gambar halus b. Kertas gambar kasar c. Kertas gambar lebar d. Kertas gambar tebal e. Kertas gambar tipis 20. Sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi .

a. Bahasa b. Gambar teknik c. Standar gambar d. Rangkaian listrik sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi. Alat tulis B. Selesaikan soal-soal berikut! 1. Sebutkan jenis gambar yang banyak digunakan di bidang teknik mesin! 2. Apakah yang dimaksud dengan jangka?

3. Apa saja jenis penggaris yang digunakan dalam menggambar teknik? 4. Jelaskan fungsi rapido dalam menggambar teknik! 5. Apa yang kamu ketahui tentang fungsi mistar T dan cara menggunakannya? 6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar teknik! 7.

Apa fungsi gambar dalam dunia teknik? 8. Informasi apa saja yang disampaikan dalam gambar teknik? 9. Sebutkan alat-alat yang dipakai dalam menggambar teknik! 10. Bagaimanakah langkah untuk mendapatkan garis pensil dengan ketebalan yang merata dan tajam?

11. Bagaimana cara membersihkan rapido? Jelaskan! 12. Apakah yang kamu ketahui tentang jenis gambar satu-satu? 13. Apakah arti dari gambar kelompok? 14. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar berlembar banyak! 15. Mengapa gambar kerja perlu disimpan?

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

Coba jelaskan! 16. Apakah kelebihan kertas gambar padalarang dan kertas manila? 17. Apa yang kamu ketahui tentang kertas gambar? Jelaskan! 18. Terangkan apa yang dimaksud dengan kertas gambar kalkir! 19. Apakah maksud huruf C pada tabel ukuran kertas gambar?

Jelaskan! 20. Jelaskan apa yang dimaksud dengan meja gambar! Demikian artikel yang berjudul 40 SOAL PRODUKTIF TSM DAN TKR TEKNIK SMK KELAS X. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih sudah membaca artikel ini, baca juga artikel-artikel yang lain dari blog ini. Karena blog ini akan menyajikan banyak soal-soal produktif di SMK. Jika ada request pembahasan soal produktif, silahkan komen pada kolom komentar di bawah ini.

• ► 2022 (1) • ► March (1) • ▼ 2021 (81) • ► December (3) • ► November (6) • ► October (1) • ► August (2) • ► July (8) • ► June (9) • ► May (10) • ► April (1) • ▼ March (19) • SOAL UTS BAHASA INDONESIA KELAS 10 SEMESTER 2 KURI. • SOAL OTKP TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA (SARPRA. • SOAL HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS 11 ADMINISTRASI . • MODUL PDTO HAND TOOLS (PERALATAN TANGAN) Dan POWE.

• 40 SOAL GAMBAR TEKNIK KELAS 10 SEMESTER 1 BESERTA . • 50 Soal Jurusan Perbankan SMK Kelas 12 Tahun 2020/. • Soal Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas 11 Seme. • 30 Soal Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas 1. • SOAL UAS PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) KE. • SOAL TDO (TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF) KELAS 10 SEMES. • SOAL UAS PKK (PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN) KE. • SOAL SANITASI HYGIENE JURUSAN PERHOTELAN KELAS 10 . • SOAL UAS PILIHAN GANDA SENI BUDAYA KELAS 10 SEMEST. • SOAL OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN JURUSAN MANAJEMEN .

• SOAL PILIHAN GANDA PKN KELAS 12 SEMESTER 1 KURIKUL. • SOAL UAS PKN KELAS X SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 BES. • KISI-KISI SOAL TES CPNS 2021 LENGKAP DENGAN PANDUA. • CONTOH LAPORAN PRAKERIN SMK JURUSAN ADMINISTRASI P. • SOAL UAS BAHASA INGGRIS KELAS XI SEMESTER 1 KURIKU. • ► February (16) • ► January (6) • ► 2020 (120) • ► December (32) • ► November (7) • ► October (1) • ► September (4) • ► July (6) • ► June (5) • ► May (14) • ► April (32) • ► March (19) 1. SEJARAH PERKEMBANGAN GAMBAR TEKNIK Sejarah perkembangan gambar teknik didahului oleh perkembangan gambar seni.

Sedangkan perkembangan gambar seni bersamaan dengan sejarah perkembangan peadaban manusia. Para ahli benda purbakala mendapatkan gambar seni pada batu-batu dan dinding-dinding purbakala, yang membuktikan bahwa pada sejak zaman dulu manusia telah menyatakan buah pikiran, kehendak, perasaan dan peristiwa yang terjadi pada zamannya dalam bentuk gambar seni.

Antara abad XV dan XVI Leonardo Da Vinci telah mempraktikkan penggunaan gambar teknik dalam penyampaian ide-idenya, oleh karena itu dia memperolah sebutan Bapak Gambar Teknik. Akhir abad XVI seorang ahli matematika bangsa Perancis bernama Gaspard Mongemenemukan sistem menggambar dengan menggunakan dua bidang proyeksi yang saling tegaklurus. Selanjutnya sistem ini dikenal dengan proyeksi siku- siku atau proyeksi orthogonal (orthographic projection). Proyeksi ini pada waktu itu banyak digunakan untuk menggambar perancangan bangunan kapal dan peralatan perang.

Abad XVIII James Watt dari Inggris menemukan mesin uap, sehingga proses produksi yang semula menggunakan sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi manusia dan hewan diganti dengan mesin uap secara besar-besaran. Dengan berkembangnya mesin itu, didalam proses produksi sangat dibutuhkan bahasa yang singkat dan jelas antara perencana dan pelaksana, yaitu gambar kerja yang harus dipahami oleh kedua belah pihak.

Oleh karenanya pada saat itu banyak didirikan sekolah teknik yang mengutamakan mata pelajaran gambar teknik di dalam kurikulumnya. Bila pada zaman permulaan industri perencana dan pelaksana produksi merupakan orang yang sama, maka lain halnya dengan keadaan sekarang. Dewasa ini perencana dan pelaksana bukan lagi merupakan orang yang sama, tetapi mempunyai ketergantungan satu sama lain.

Dengan meningkatnya ukuran industri maka banyak pula perusahaan yang mempergunakan gambar, oleh karenanya standar gambar yang dibuat harus mempertimbangkan perusahaan-perusahaan lain dan harus senantiasa dirubah menurut ukuran industri, cara-cara produksi dan reproduksi, mesin gambar, instrumentasi dan sebagainya. Secara singkat standar gambar akan berubah sesuai keadaan teknik.

2. Pengertian Gambar Teknik a. Menurut James S.Rising dan Maurice W.Almfeldt, mendefinisikan: Engineering graphic is the combination of these arts and science of drawing applicable of the solution of engineering problems b. Thomas E.French dan Charles I.Fierck, mendefinisikan: Engineering drawing is the graphic language used intu the industrial world by engineers and designers to express and record the ideas and information necessary for the building of machines and structures.

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

c. Warren I.Luzadder mendefinisikan: Technical drawing is a graphic language that is used universally by engineers to describe the shape and size of structures and mechanism. d. FH.Homan dan Ir.Sutomo Wongsocitro, mendefinisikan: Bahwa Gambar teknik adalah bahasa yang dipergunakan antara perancang dan pelaksana. Seperti bahasa selalu harus dipelajari dengan sungguh-sungguh. Gambar teknik merupakan perpaduan antara gambar seni dan gambar sains yang dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa problem keteknikan.

Seni dalam hal ini mengenai aspek keindahan bentuknya, sedang sains menyangkut segi ukuran, kekuatan, ketahanan, bahan, efisiensi, cara mengerjakan dan sebagainya. Dengan demikian bentuk harus dibuat seindah mungkin, tetapi faktor sains lebih diutamakan dalam gambar teknik.

3. INTERPRETASI GAMBAR TEKNIK Gambar merupakan sebuah alat untuk menyatakan maksud dari seorang sarjana teknik. Oleh karena itu gambar sering juga disebut sebagai “bahasa teknik” atau “bahasa untuk sarjana teknik”. Perbandingan antara bahasa dan gambar diperlihatkan pada tabel 1.1 seperti tampak pada tabel, standar gambar merupakan tata bahasa dari suatu bahasa.

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

Penerusan informasi adalah fungsi yang penting untuk bahasa maupun gambar. Gambar bagaimanapun juga adalah “bahasa teknik”, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan obyektif.

Dalam hal bahasa, kalimat pendek dan ringkas harus mencakup keterangan- keterangan dan pikiran-pikiran yang berlimpah. Hal ini dapat dicapai oleh kemampuan, karir dan watak dari penulis. Di lain pihak keterangan dan pikiran demikian hanya dapat dimengerti oleh pembaca yang terdidik.

Keterangan- keterangan dalam gambar yang tidak dapat diberikan dalam gambar, tergantung dari bakat perancang gambar (design drafter). Sebagai juru gambar sangat penting untuk memberikan gambar yang “tepat” dengan mempertimbangkan pembacanya. Untuk pembaca, penting juga banyak keterangan yang dapat dibacanya dengan teliti dari gambar. Tabel 1.1 Bahasa dan Gambar 4. Fungsi Gambar Teknik Gambar teknik berfungsi sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana.

Sebagai konsekuensinya kedua belah pihak harus betul-betul memahami, dalam arti harus dapat membuat, membaca dan mengoreksi gambar. Gambar teknik juga mengandung unsur seni, tetapi juga harus memperhatikan aturan-aturan tertentu, bahkan aturan ini lebih ketat dan kuat (sama sekali tidak boleh dilanggar). Sebagai contoh di Indonesia gambar teknik memakai Sistem Proyeksi Amerika dan Eropa, dalam dunia teknik listrik aturan yang dipakai antara lain Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL).

Fungsi gambar teknik sebagai sumber informasi dan komunikasi, dapat diilustrasikan seperti gambar 1.2 Gambar 1.2 Pemakai Gambar 1 5. Jenis-jenis Gambar a. Sistem gambar satu-satu, adalah jenis gambar dimana suatu benda digambar pada satu lembar kertas gambar. Sistem ini cukup sederhana untuk merencanakan proses kerja, cara produksi, pembukuan dan sebagainya.

b. Sistem gambar kelompok, adalah jenis gambar dimana beberapa benda digambar pada satu lembar kertas gambar. Sistem ini banyak digunakan karena mudah untuk menunjuk kembali hubunganhubungan antara gambar yang satu dengan yang lain. c. Gambar berlembar banyak, adalah jenis gambar dimana sebuah benda digambar pada beberapa lembar kertas gambar. Jenis ini digunakan jika benda yang digambar cukup rumit dan tidak mungkin digambar dalam satu lembar kertas.

Jenis gambar ini banyak digunakan di bidang teknik elektro, terutama untuk menggambarkan rangkaian kontrol di industri-industri besar 6. KEPALA GAMBAR (STUKLYST)
Jenis-Jenis Gambar, Fungsi dan Unsur Gambar yang Perlu Kalian Ketahui - Unsur-unsur utama rupa adalah gambar, sehingga gambar dikenal juga sebagai ibu dari dunia kesenirupaan.

Melalui gambar, manusia dapat menuangkan imajinasi kreatifnya. Gambar merupakan bahasa yang universal dan semua bangsa mengenal serta dapat berkomunikasi melalui gambar. Oleh karena itu gambar merupakan bahasa manusia yang paling penting dan selalu mewarnai peradaban bangsa setiap zaman.

Ada beberapa jenis gambar yang dikenal dalam dunia seni rupa. Jenis-jenis gambar tersebut antara lain, sebagai berikut. Ada beberapa macam gambar kreatif atau gambar yang dibuat atau dikerjakan secara bebas, tetapi harus tetap memenuhi kaidah-kaidah logika lazim secara umum.

Para penggambar dapat mengungkapkan emosinya melalui gambar yang dikerajakan secara spontan. Yang termasuk dalam jenis gambar kreatif antara lain.

Jenis-jenis Gambar Kreatif Gambar ekspresif adalah gambar yang dibuat berdasarkan penafsiran bentuk riil ke dalam bentuk ungkapan secara pribadi, serta subjektif selaras dengan emosi. Pendekatan ekspresi merupakan salah satu cara menuangkan gagasan kreatif baik baik dalam mewujudkan warna, bentuk maupun aspek rupa lainnya.

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

Perasaan sedih, kecewa, marah, kesal, berontak, kagum, gembira, baik secara tampak maupun dalam pemilihan warna dan bentuk garis. Objek gambar ekspresif sangat bebas, bahkan dapat berupa gambar khayalan. Baca juga: Cara Menggambar Binatang Berkaki Empat Teknik Menggambar Manusia dan Aktifitasnya Gambar tampak atau gambar teknik dilihat berdasarkan penampakan setiap bagian (tampak atas, tampak depan, tampak samping, atau tampak bawah).

Juga dikenal sebagai gambar tampak, diataranya tampak atas, samping kanan dan samping kiri. Dikenal juga dalam dunia gambar teknik yaitu posisi tampak model eropa dan model amerika. Gambar isometri adalah gambar yang dibuat berdasarkan kaidah-kaidah objektif suatu gambar dengan mengurangi kesalahan persepsi manusia. Dalam penglihatan mata normal, gambar isometri terlihat janggal sebab tanpa adanya pengecilan apabila posisi gambar jauh dari mata.

Baca juga: Gambar Teknik Proyeksi Pengertian dan Jenisnya 2 Cara Memproyeksikan Benda atau Objek Pada awalnya nenek moyang manusia memanfaatkan gambar untuk merekam peristiwa-peristiwa yang ada disekitarnya, dengan menggambar tubuh dan benda sehari-hari. Kemudian pada masa awal sejarah peradaban manusia, gambar telah dimanfaatkan untuk mendokumentasikan dan merekam semua pengalaman maupun kegiatan yang dilakukan manusia pada zamannya. Meskipun telah ditemukan teknologi fotografi, gambar masih dipakai sebagai perekam semua aktifitas kehidupan manusia dengan berbagai teknik pengungkapan.

Gambar juga bisa dipakai sebagai wahana perekam gagasan konkrit yang muncul dari imajinasi manusia yang mengiringi aktifitas kreatif manusia. Otak manusia, seperti halnya komputer mengolah dan mematangkan gagasan-gagasan tersebut. Kemudian melalui kemampuan dan daya kreatif menggambar diungkapkan menjadi sesuatu yang konkrit sehingga dapat diamati oleh dirinya sendiri sebagai rekam visual dan juga orang lain sebagai apresiator. Selain untuk merekam ide gagasan, gambar harus dapat dipahami orang lain, baik sebagai apresiator atau pelaksana kerja.

Gambar kerja khususnya dapat dimengerti dan dicerna oleh pelaksana (teknisi) untuk sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi sesuatu bangunan, benda, dan karya lainnya. Misalnya sebuah bangunan dibuat oleh seorang perancang yang kemudian dibuat komponennya, dibangun dan didirikan oleh para teknisi.

Garis adalag kumpulan sejumlah titik yang ditarik secara bersambung. Ada dua macam garis, yaitu garis lurus dan garis melengkung bebas. Garis dapat dibentuk menjadi berbagai variasi; tebal, tipis, dan putus-putus.

Dari aspek ekspresi garis dapat dibuat menggunakan alat bantu atau dengan tangan bebas. Citra adalah kesan yang ditimbulkan oleh suatu objek gambar sehingga membentuk persepsi tertentu bagi pengamatnya. Untuk memberikan kesan jauh pada objek gambar misalnya, sering diberi baur warna putih dan biru. Sedangkan benda-benda yang dekat dengan pandangan mata sering diberi campuran warna kuning dan merah. Citra pada suatu objek gambar juga dapat dicapai menggunakan permainan tekstur, bayangan, volume, kesan maupun komposisi.
1.

STANDAR GAMBAR TEKNIK Standar gambar teknik merupakan suatu keseragaman yang telah disepakati bersama dengan tujuan untuk menghindari salah pengertian dalam komonikasi teknik.

Orang-orang terkait dalam bidang gambar teknik perlu mengetahui tentang standar. Orang-orang terkait tersebut antara lain siswa pada kelompok teknologi dan industri, para perencana produk, operator mesin, operator perakitan, mekanik dan pengontrol mutu dari suatu produk/mesin. Standar gambar teknik dapat diberlakukan di dalam lingkungan perusahaan, antar perusahaan/industri di dalam suatu negara, bahkan standar gmbar teknik dapat diberlakukan pada industri antar negara yang dikenal dengan Standar Internasional atau disingkat SI.

Negara-negara yang sudah membuat standar antara lain : a. Japanese Industrial Standart (JIS) Kertas gambar mempunyai ukuran standar.

Ukuran yang banyak digunakan adalah dari seri A. Seri A mempunyai ukuran standar yang dinyatakan dengan angka 0 sampai 4 di belakang huruf A. Ukuran kertas 0 adalah 1 dengan perbandingan panjang terhadap lebar 1 : 2. Ukuran- ukuran berikutnya diperoleh dengan membagi dua ukuran yang pendahulunya.

Misalnya ukuran A3 mempunyai setengah ukuran A2, dan sebagainya. Untuk jelasnya ukuran kertas gambar dari seri A ini dapat dilihat pada Tabel dibawah. Pada umumnya kertas gambar diletakkan dengan sisi panjang mendatar, kecuali untuk kertas ukuran A4, yang sisi panjangnya diletakkan vertikal.

Pada Tabel dibawah ini menunjukkan juga ukuran garis tepi dari masing-masing ukuran kertas. 1. SEJARAH PERKEMBANGAN GAMBAR TEKNIK Sejarah perkembangan gambar teknik didahului oleh perkembangan gambar seni. Sedangkan perkembangan gambar seni bersamaan dengan sejarah perkembangan peadaban manusia.

Para ahli benda purbakala mendapatkan gambar seni pada batu-batu dan dinding-dinding purbakala, yang membuktikan bahwa pada sejak zaman dulu manusia telah menyatakan buah pikiran, kehendak, perasaan dan peristiwa yang terjadi pada zamannya dalam bentuk gambar seni. Antara abad XV dan XVI Leonardo Da Vinci telah mempraktikkan penggunaan gambar teknik dalam penyampaian ide-idenya, oleh karena itu dia memperolah sebutan Bapak Gambar Teknik.

Akhir abad XVI seorang ahli matematika bangsa Perancis bernama Gaspard Mongemenemukan sistem menggambar dengan menggunakan dua bidang proyeksi yang saling tegaklurus. Selanjutnya sistem ini dikenal dengan proyeksi siku- siku atau proyeksi orthogonal (orthographic projection). Proyeksi ini pada waktu itu banyak digunakan untuk menggambar perancangan bangunan kapal dan peralatan perang. Abad XVIII James Watt dari Inggris menemukan mesin uap, sehingga proses produksi yang semula menggunakan tenaga manusia dan hewan diganti dengan mesin uap secara besar-besaran.

Dengan berkembangnya mesin itu, didalam proses produksi sangat dibutuhkan bahasa yang singkat dan jelas antara perencana dan pelaksana, yaitu gambar kerja yang harus dipahami oleh kedua belah pihak.

Oleh karenanya pada saat itu banyak didirikan sekolah teknik yang mengutamakan mata pelajaran gambar teknik di dalam kurikulumnya.

Bila pada zaman permulaan industri perencana dan pelaksana produksi merupakan orang yang sama, maka lain halnya dengan keadaan sekarang. Dewasa sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi perencana dan pelaksana bukan lagi merupakan orang yang sama, tetapi mempunyai ketergantungan satu sama lain. Dengan meningkatnya ukuran industri maka banyak pula perusahaan yang mempergunakan gambar, oleh karenanya standar gambar yang dibuat harus mempertimbangkan perusahaan-perusahaan lain dan harus senantiasa dirubah menurut ukuran industri, cara-cara produksi dan reproduksi, mesin gambar, instrumentasi dan sebagainya.

Secara singkat standar gambar akan berubah sesuai keadaan teknik. 2. Pengertian Gambar Teknik a. Menurut James S.Rising dan Maurice W.Almfeldt, mendefinisikan: Engineering graphic is the combination of these arts and science of drawing applicable of the solution of engineering problems b.

Thomas E.French dan Charles I.Fierck, mendefinisikan: Engineering drawing is the graphic language used intu the industrial world by engineers and designers to express and record the ideas and information necessary for the building of machines and structures.

c. Warren I.Luzadder mendefinisikan: Technical drawing is a graphic language that is used universally by engineers to describe the shape and size of structures and mechanism. d. FH.Homan dan Ir.Sutomo Wongsocitro, mendefinisikan: Bahwa Gambar teknik adalah bahasa yang dipergunakan antara perancang dan pelaksana.

Seperti bahasa selalu harus dipelajari dengan sungguh-sungguh. Gambar teknik merupakan perpaduan antara gambar seni dan gambar sains yang dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa problem keteknikan.

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

Seni dalam hal ini mengenai aspek keindahan bentuknya, sedang sains menyangkut segi ukuran, kekuatan, ketahanan, bahan, efisiensi, cara mengerjakan dan sebagainya. Dengan demikian bentuk harus dibuat seindah mungkin, tetapi faktor sains lebih diutamakan dalam gambar teknik.

3. INTERPRETASI GAMBAR TEKNIK Gambar merupakan sebuah alat untuk menyatakan maksud dari seorang sarjana teknik. Oleh karena itu gambar sering juga disebut sebagai “bahasa teknik” atau “bahasa untuk sarjana teknik”.

Perbandingan antara bahasa dan gambar diperlihatkan pada tabel 1.1 seperti tampak pada tabel, standar gambar merupakan tata bahasa dari suatu bahasa. Penerusan informasi adalah fungsi yang penting untuk bahasa maupun gambar.

Gambar bagaimanapun juga adalah “bahasa teknik”, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan obyektif.

Dalam hal bahasa, kalimat pendek dan ringkas harus mencakup keterangan- keterangan dan pikiran-pikiran yang berlimpah. Hal ini dapat dicapai oleh kemampuan, karir dan watak dari penulis. Di lain pihak keterangan dan pikiran demikian hanya dapat dimengerti oleh pembaca yang terdidik. Keterangan- keterangan dalam gambar yang tidak dapat diberikan dalam gambar, tergantung dari bakat perancang gambar (design drafter).

Sebagai juru gambar sangat penting untuk memberikan gambar yang “tepat” dengan mempertimbangkan pembacanya. Untuk pembaca, penting juga banyak keterangan yang dapat dibacanya dengan teliti dari gambar. Tabel 1.1 Bahasa dan Gambar 4. Fungsi Gambar Teknik Gambar teknik berfungsi sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana. Sebagai konsekuensinya kedua belah pihak harus betul-betul memahami, dalam arti harus dapat membuat, membaca dan mengoreksi gambar.

Gambar teknik juga mengandung unsur seni, tetapi juga harus memperhatikan aturan-aturan tertentu, bahkan aturan ini lebih ketat dan kuat (sama sekali tidak boleh dilanggar).

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

Sebagai contoh di Indonesia gambar teknik memakai Sistem Proyeksi Amerika dan Eropa, dalam dunia teknik listrik aturan yang dipakai antara lain Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL). Fungsi gambar teknik sebagai sumber informasi dan komunikasi, dapat diilustrasikan seperti gambar 1.2 Gambar 1.2 Pemakai Gambar 1 5. Jenis-jenis Gambar a. Sistem gambar satu-satu, adalah jenis gambar dimana suatu benda digambar pada satu lembar kertas gambar. Sistem ini cukup sederhana untuk merencanakan proses kerja, cara produksi, pembukuan dan sebagainya.

b. Sistem gambar kelompok, adalah jenis gambar dimana beberapa benda digambar pada satu lembar kertas gambar. Sistem ini banyak digunakan karena mudah untuk menunjuk kembali hubunganhubungan antara gambar yang satu dengan yang lain.

c. Gambar berlembar banyak, adalah jenis gambar dimana sebuah benda digambar pada beberapa lembar kertas gambar. Jenis sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi digunakan jika benda yang digambar cukup rumit dan tidak mungkin digambar dalam satu lembar kertas. Jenis gambar ini banyak digunakan di bidang teknik elektro, terutama untuk menggambarkan rangkaian kontrol di industri-industri besar 6.

KEPALA GAMBAR (STUKLYST)Selain menguasai persyaratan, perancangan dan memiliki pengetahuan tentang peralatan instalasi, hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh seorang ahli listrik adalah kemampuan membaca gambar instalasi. Gambar instalasi memegang peranan yang sangat vital dan menentukan dalam suatu perancangan instalasi, karena hanya dengan bantuan gambar, suatu proyek pemasangan instalasi dapat dilaksanakan.

Gambar teknik merupakan perpaduan antara gambar seni dan gambar science yang dapat dipergunakan untuk menyelesaikan beberapa persoalan keteknikan. Seni dalam hal ini mengenai aspek keindahan bentuknya, sedangkan science menyangkut segi ukuran, kekuatan, ketahanan, bahan, efisiensi, cara mengerjakan dan sebagainya.

Gambar teknik berfungsi sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana, sebagai konsekuensinya kedua pihak harus betul-betul memahami dalam arti harus dapat membuat, membaca dan mengoreksi gambar.

Gambar teknik juga mengandung unsur seni, tetapi juga harus memperhatikan aturan-aturan tertentu, seperti di Indonesia dalam dunia teknik listrik aturan yang ada antar lain PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik).

Dalam suatu perancangan, produk yang dihasilkan adalah gambar dan analisa. Gambar adalah bahasa teknik yang diwujudkan dalam kesepakatan simbol.

Gambar ini dapat berupa gambar sket, gambar perspektif, gambar proyeksi, gambar denah serta gambar situasi. Gambar denah ruangan atau bangunan rumah (gedung) yang akan dipasang instalasi digambar dengan menggunakan lambanglambang (simbol-simbol) yang berlaku untuk instalasi listrik. Ada beberapa jenis gambar yang harus dikerjakan dalam tahap perancangan suatu proyek pemasangan instalasi listrik penerangan dan tenaga yang baku menurut PUIL 2000.

Rancangan instalasi listrik terdiri dari: 1. Gambar situasi Gambar situasi adalah gambar yang menunjukkan dengan jelas letak bangunan instalasi tersebut akan dipasang dan rencana penyambungannya dengan jaringan listrik PLN.

2. Gambar instalasi Gambar instalasi meliputi: a. Rancangan tata letak yang menunjukkan dengan jelas tata letak perlengkapan listrik beserta sarana pelayanannya (kendalinya), seperti titik lampu, saklar, kotak kontak, motor listrik, panel hubung bagi dan lain-lain.

b. Rancangan hubungan peralatan atau pesawat listrik dengan pengendalinya. c. Gambar hubungan antara bagian-bagian dari rangkaian akhir, serta pemberian tanda yang jelas mengenai setiap peralatan atau pesawat listrik.

sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi

3. Gambar diagram garis tunggal Yang tercantum dalam diagram garis tunggal ini meliputi: a. Diagram PHB lengkap dengan sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana merupakan fungsi mengenai ukuran dan besaran nominal komponennya. b. Keterangan mengenai jenis dan besar beban yang terpasang dan pembaginya. c. Ukuran dan besar penghantar yang dipakai.

d. Sistem pembumiannya. 4. Gambar detail Gambar detail meliputi : a. Perkiraan ukuran fisik dari panel. b. Cara pemasangan alat listrik. c. Cara pemasangan kabel. d. Cara kerja instalasi kontrolnya. dalam merancang atau menggambar instalasi listrik penerangan dan tenaga, juga dilengkapi dengan analisa data perhitungan teknis mengenai susut tegangan, beban terpasang dan kebutuhan beban maksimum, arus hubung singkat dan daya hubung singkat.

Disamping itu masih juga dilengkapi juga dengan daftar kebutuhan bahan instalasi, dan uraian teknis sebagai pelengkap yang meliputi penjelasan tentang cara pemasangan peralatan/bahan, cara pengujian serta rencana waktu pelaksanaan, rencana anggaran biaya dan lama waktu pengerjaan. MENGGAMBAR INSTALASI L ISTRIK PENERANGAN 1 PHASE, 1 GROUP Bangunan gedung baik untuk rumah tinggal, kantor, sekolahan yang dilengkapi sarana pendukung listrik dalam membangun agar dapat berfungsi dan dihuni dengan baik, nyaman serta memenuhi keselamatan memerlukan perencanaan gambar instalasi listrik yang cermat dengan mengacu pada aturan-aturan yang ditetapkan dalam dunia teknik listrik.

Gambar instalasi listrik memegang peranan yang sangat vital dan menentukan dalam suatu perencanaan instalasi, karena hanya dengan bantuan gambar suatu pekerjaan pemasangan instalasi dapat dilaksanakan. Daya Terpasang Untuk instalasi penerangan yang kecil dengan nilai daya pasang 450 VA, disebut instalasi listrik penerangan 1 phase, 1 group dengan pengaman arus (MCB) 2 Ampere. Pelayanan tenaga listrik dari tiang jaringan listrik ke pemakai (kwh + MCB) merupakan tugas dari PLN sedangkan dari panel bagi (kotak sekering) sampai ke pemasangan titik nyala (lampu dan kotak kontak) dan satu unit grounding (pentanahan) merupakan tugas Biro Teknik Listrik (BTL).

Penempatan Saklar dan Kotak Kontak Penempatan saklar dekat pintu dan mudah dicapai oleh tangan, arah tuas (kutub) saklar harus sama baik saat di-on-kan maupun di-offkan, sedangkan pemasangan dan penempatan kotak kontak disesuaikan dengan beban yang akan disambung.

Tinggi penempatan saklar dan kotak kontak 150 cm diatas lantai. Penempatan Lampu Penerangan Di dalam menggambar instalasi listrik penerangan, lampu penerangan merupakan bagian yang sangat penting, pemilihan lampu disesuaikan dengan penggunaan ruang, perhitungan iluminasi yang teliti tidak terlalu diperlukan dalam penerangan rumah (gedung), namun dengan bantuan tabel sangat membantu dalam menentukan tata letak pemasangan lampu yang tidak menyilaukan.

• ▼ 2011 (9) • ▼ September (9) • FUNGSI DAN JENIS GAMBAR DALAM PERANCANGAN INSTALAS. • pemasangan instalasi listrik rumah tinggal tipe 54 • memasang instalasi listrik rumah bertingkat Tips . • gambar rangkaian rangkaian kontrol • Perawatan dan Perbaikan Perlengkapan Instalasi Lis. • Memasang Saluran Kabel Udara Tegangan Rendah • JARINGAN DISTRIBUSI TEGANGAN RENDAH • Perawatan dan Pemantauan Kondisi Transformator • PERAWATAN INSTALASI LISTRIK

Fungsi Gambar Teknik




2022 www.videocon.com