Wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

Hello sobat One! Untuk dapat terhubung dengan seluruh orang di dunia dan dapat saling berbagi informasi, tentu diperlukannya sebuah jaringan. Jaringan tersebut adalah Jaringan Komputer.

Jaringan Komputer adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar dapat tehubung dan berbagi data, informasi, atau layanan tertentu. Sebuah jaringan minimal harus terdiri dari dua buah komputer yang saling terhubung. Jaringan Komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan lingkup areanya, atau secara jangkauan geografisnya.

Pada artikel ini, kita akan mempelajari berbagai jenis jaringan Komputer berdasarkan jangkauannya. Local Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang memliki jangkauan yang kecil. Misalnya digunakan dalam sebuah gedung, kantor, sekolah, atau sebuah ruangan yang terdapat banyak komputer seperti Lab Komputer.

Setiap jaringan LAN pasti memiliki sebuah komputer yang dijadikan server dan komputer komputer lainnya menjadi client.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

Client-Server adalah sebutan dalam teknologi informasi yang merujuk pada cara mendistribusikan atau membagi data atau informasi antara client dengan server.

Client adalah komputer yang meminta informasi atau menggunakan layanan dari komputer server. Sedangkan komputer server adalah pemberi layanan atau informasi kepada komputer client.

Syarat sebuah jaringan masih disebut LAN adalah jika jaringan tersebut masih dalam area yang sama dan dalam satu organisasi yang sama, dan server jaringan yang sama. Meskipun letaknya berbeda ruangan atau gedung. Sebagai contoh SMK TAMTAMA Karanganyar memiliki tiga buah gedung sekolah yang terpisahkan jalan.

Ketiga gedung tersebut terhubung dengan jaringan yang sama, yaitu Local Area Network. Meskipun sudah berbeda gedung tetapi tiga gedung tersebut masih milik satu organisasi yang sama, dan masih satu server, maka masih disebut Local Area Network.

Contoh lain dari LAN adalah jaringan pada lab komputer, pada warnet wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan, atau sebuah kantor yang memiliki banyak komputer di dalamnya. Sebuah jaringan lokal atau LAN dapat menghubungkan banyak komputer dengan perantara kabel ethernet.

Kabel ethernet adalah kabel pembawa transmisi data antarkomputer dalam suatu jaringan komputer. Kabel ethernet yang biasa digunakan dalam jaringan komputer adalah kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair) dan kabel fiber optik. Selain dengan kabel ethernet atau wired network, LAN juga dapat terhubung dengan jaringan wireless atau tanpa kabel.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

Ini disebut Wireless Local Area Network ( WLAN ) yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Sebuah LAN yang terhubung dengan kabel ethernet atau dengan koneksi wireless tidak memiliki akses ke Internet, hanya dapat berbagi sumber daya berupa data, file, printer, program komputer, dan lain sebagainya.

Kecuali jika kita berlanggan Internet kepada ISP ( Internet Service Provider). 2. Metropolitan Area Network - MAN Seperti namanya yaitu Metropolitan yang berarti kota, perkotaan atau kota besar, Metropolitan Area Network adalah jaringan yang menghubungkan kantor-kantor, gedung pemerintahan, gedung kampus atau menghubungkan beberapa jaringan LAN dalam satu kota.

Berbeda dengan LAN yang hanya dimiliki oleh sebuah organisasi yang hanya memiliki area yang kecil. Metropolitan Area Network biasanya tidak dimiliki oleh hanya satu organisasi saja. Namun bisa juga hanya dimiliki oleh satu organisasi, namun memiliki jarak yang berjauhan dan berbeda LAN. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering kali menjumpai penggunaan MAN, hanya saja kita belum mengetahuinya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh penerapan MAN yang sering dijumpai. 1. Jaringan bank Jaringan bank adalah contoh penggunaan jaringan MAN yang tentunya sering kita jumpai. Jaringan bank adalah contoh dari MAN yang hanya dimiliki oleh sebuah organisasi yang sama, hanya saja memiliki banyak cabang yang tersebar di dalam satu kota yang sama. 2. Jaringan antar gedung di kampus Sebuah kampus biasanya tak hanya terdiri dari satu LAN saja, karna areanya yang cukup luas dan memiliki banyak gedung yang terpisah.

Meskipun ini masih satu organisasi, namun karena areanya yang cukup luas dan tak hanya memiliki satu buah jaringan LAN saja, maka jaringan atar gedung kampus dapat disebut MAN. Perlu diingat bahwa MAN adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jadi jika ada beberapa jaringan LAN yang terhubung dalam wilayah satu kota, maka dinamakan MAN. 3. Perkantoran Di kota kota besar tentunya banyak sekali dijumpai perkantoran-perkantoran.

Tentu Anda sudah tahu bahwa kantor-kantor tersebut bisa memliki banyak kantor cabang yang berjauhan dan tersebar di berbagai tempat di kota tersebut.

Ini adalah penerapan jaringan MAN, yang mana kantor-kantor cabang dapat terhubung dengan kantor pusat melalui jaringan ini. Dan tentunya, setiap kantor baik cabang maupun pusat memiliki LAN masing-masing yang dihubungkan satu sama lain memebentuk jaringan MAN.

3. Wide Area Network - WAN Dalam Bahasa Inggris, wide memiliki arti lebar atau luas. Jadi, Wide Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang mencakup area yang luas, seperti antar kota, antar provinsi, antar pulau, antar negara, atau bahkan sampai antar benua. Karena areanya yang luas dan berskala besar, maka untuk menghubungkan jaringan ini diperlukan peralatan yang besar pula.

Dalam artian besar dalam biayanya dan banyak peralatan yang diperlukan. Untuk menghubungkan ke berbagai negara, diperlukan media penghantar berupa kabel serat optik atau fiber optik yang ditanam di dalam tanah atau melalui dasar laut. Tentunya biayanya tidaklah sedikit. Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan?. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya tidak bisa terpisahkan dengan Internet. Saat ini pun Anda tengah menggunakan Jaringan Internet untuk membaca artikel tentang Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya dari blog One Tekno ini.

Internet merupakan kependekan dari Interconnected Network yaitu jaringan komputer yang saling terkoneksi atau terhubung satu sama lain di seluruh dunia dengan menggunakan protokol Internet TCP/IP.

Internet adalah sebuah jaringan yang paling luas yaitu mencakup seluruh dunia. Pada awalnya Internet disebut dengan ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network. ARPANET merupakan proyek dari lembaga ARPA, yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Pada awal mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, yang bertujuan untuk keperluan militer yaitu wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan daerah-daerah penting tersebut dapat berkomunikasi bilamana terjadi serangan nuklir.

Kemudian proyek ini berkembang dengan pesat dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga ARPANET kesulitan untuk mengatur jaringannya. Maka dari itu, ARPANET kemudian dipecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk kepentingan militer dan ARPANET baru untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Keduanya dikenal dengan sebutan "DARPA Internet", yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. tirto.id - Banyak orang saat ini bergantung pada internet, baik untuk berkomunikasi, mencari informasi dan lain sebagainya.

Nah, penggunaan internet memerlukan jaringan komputer. Lantas, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Pengertian jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan perangkat lain yang terhubung jadi satu kesatuan untuk berbagi informasi dan data, demikian mengutip penjelasan di laman Sumber Belajar Kemdikbud. Informasi dan data tersebut bisa bergerak melalui kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer saling bertukar dokumen maupun data lainnya.

Dapat pula dikatakan bahwa jaringan komputer adalah sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Semua jaringan itu dibangun serta dikumpulkan supaya informasi maupun data yang disampaikan oleh pengirim dapat diterima dengan cepat sekaligus akurat oleh si penerima. Baca juga: Mengenal 5 Macam Topologi Jaringan Komputer: Ring, Bus, hingga Star Penggunaan jaringan komputer selalu menggunakan kombinasi perangkat keras ( hardware) dan perangkat lunak ( software). Di sisi lain, jaringan komputer pun dapat bersifat privat atau publik.

Ada beragam jenis jaringan komputer. Macam-macam jaringan komputer itu dibuat untuk beragam jenis tujuan, yang intinya adalah membantu penyelesaian banyak tugas secara efektif lewat sistem pertukaran informasi Berikut sejumlah jenis jaringan komputer beserta pengertian dan kegunaan, sebagaimana dinukil dari modul Jaringan Dasar 1 terbitan Kemdikbud dan sejumlah sumber lain.

1. Personal Area Network (PAN) PAN adalah jaringan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lain dalam jarak dekat, wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan umumnya hanya beberapa meter. Jaringan PAN bisa menjadi titik akses ke berbagai perangkat pribadi, seperti wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan, telepon, ponsel, televisi, sistem keamanan rumah berbasis data, hingga sarana komunikasi publik semacam internet.

PAN umumnya dihubungkan melalui bus yang terdapat di perangkat komputer, semacam USB dan firewire. Sementara kontrol pada PAN dapat menggunakan teknologi Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. Setidaknya ada 2 fungsi PAN, yakni menghubungkan perangkat-perangkat komputer, dan menjadi media komunikasi antarperangkat sendiri (komunikasi personal). Contoh pemakaian jaringan PAN adalah menghubungkan ponsel dengan laptop memakai Bluetooth.

infografik SC jenis jaringan komputer. (tirto.id/Quita) 2. Local Area Network (LAN) LAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya hanya mencakup wilayah sempit, seperti kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah, dan sejenisnya. Ada tiga karakteristik LAN.

Ketiganya ialah memiliki pesat data lebih tinggi, meliputi wilayah geografis yang sempit, dan tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi. Mayoritas jaringan LAN kini berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain itu, banyak jaringan LAN kini menggunakan teknologi 802.11b (biasa disebut Wi-fi). Adapun tempat yang menyediakan jaringan LAN berbasis Wi-fi umumnya disebut hotspot.

Wireless Local Area Network (WLAN) pun kerap digunakan untuk menghubungkan LAN. 3. Wide Area Network (WAN) WAN adalah jaringan komputer dengan cakupan jangkauan di wilayah yang luas, seperti antarkota, antarnegara, bahkan dapat antarbenua. Karena itu, jaringan WAN memerlukan router dan saluran komunikasi publik. Internet termasuk contoh jaringan WAN apabila ia menjangkau wilayah interkontinental dan sudah menjadi jaringan informasi global.

Jaringan WAN terdiri dari sekumpulan mesin yang menjalankan program-program aplikasi. Fungsi mesin-mesin tersebut menjadi host yang dihubungkan dengan subnet. Adapun tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lain, sebagaimana di sistem jaringan telepon yang mengirimkan suara.

WAN sering disebut dengan sekumpulan LAN yang tersebar secara geografis.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

Perangkat jaringan yang dikenal dengan router berfungsi menghubungkan LAN menuju WAN. Pada jaringan IP, router digunakan untuk menyimpan alamat LAN dan WAN.

4. Metropolitan Area Network (MAN) MAN adalah jaringan dalam satu kota yang beroperasi dengan transfer data berkecepatan tinggi, dan bisa menghubungkan berbagai lokasi berbeda. MAN menggunakan perangkat khusus serta kabel agar dapat menghubungkan beberapa LAN.

Terdapat 5 karakteristik MAN, yakni sebagai berikut: • MAN meliputi area seluas 5-50 km persegi, atau setara area perkotaan. • MAN umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi, tapi konsorsium pengguna atau penyedia layanan jaringan. • MAN sering berupa jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. • MAN berukuran lebih besar meski biasanya memakai wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan yang sama dengan LAN.

• MAN hanya punya satu atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Awalnya, jaringan MAN dihubungkan oleh kabel LAN untuk mengoneksikan sejumlah kantor yang jaraknya beberapa kilometer saja.

Namun, setelah ada WIMAX, banyak pengguna layanan internet tertarik pada wireless berskala MAN. 5. Campus Area Network (CAN) CAN mirip dengan jaringan komputer MAN, tapi terbatas di satu area. Jaringan ini biasa digunakan dalam kegiatan pendidikan, seperti praktik lab, pembaruan kelas, ujian, email, dan pemberitahuan.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

Namun, jaringan yang dinilai lebih aman dan cepat ini juga bisa digunakan untuk sarana lain. Jadi, Campus Area Network adalah gabungan sejumlah jaringan komputer lokal (LAN) yang saling terhubung di area institusi pendidikan. Sedangkan CAN yang merujuk ke Corporate Area Network dan Controller Area Network punya jangkauan yang lebih besar dari LAN karena meliputi beberapa gedung di wilayah tertentu.

Meski begitu, jangkauan CAN lebih sempit dari WAN dan MAN. Fungsi CAN adalah menghubungkan komputer-komputer dalam suatu wilayah supaya dapat saling berkomunikasi dan melakukan pertukaran data. Mayoritas CAN terdiri dari gabungan beberapa LAN yang terhubung oleh switch dan router yang menciptakan sebuah jaringan tunggal.

Dengan begitu, setiap pengguna jaringan bisa saling berkomunikasi langsung, dengan ataupun tanpa kabel. 6. Internet Dari segi bahasa, internet berarti jaringan antara atau penghubung. Sementara dari aspek definisi operasional, internet adalah jaringan komputer dengan skala dunia yang terkoneksi menggunakan protokol TCP/IP.

Komputer yang terhubung dalam internet bisa berjumlah jutaan, bahkan miliaran. Oleh karena itu, dengan internet, semua orang di bumi saat ini bisa saling berkomunikasi sekaligus memperoleh informasi yang berasal dari miliaran situs web. Internet pun menjadi semacam perpustakaan raksasa yang dapat memberikan berbagai informasi untuk berbagai kebutuhan, baik berupa tulisan, gambar, video dan produk multimedia.

Kemampuan internet mengomunikasikan penduduk bumi, tanpa terbatasi oleh wilayah geografis, membuat ia bisa memfasilitasi beragam aktivitas sosial, bisnis, dan banyak lainnya. Alhasil, saat ini berkembang sarana jual-beli online, media sosial, pendidikan jarak jauh, dan masih banyak lagi. Jauh sebelum digunakan secara luas di dunia, internet mulanya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Pada saat itu, ia dinamakan program ARPANET (US Defense Advanced Research Projects Agency).

Militer AS mengembangkan ARPANET semula dengan tujuan membentuk suatu jaringan komputer skala raksasa sehingga pemusatan informasi di satu tempat wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan dihindari.

Dengan begitu, risiko kekacauan komunikasi saat satu pusat informasi hancur karena perang dapat dicegah. Memasuki dekade 1980-an, ARPANET terpecah menjadi 2 jaringan yaitu ARPANET dan Milnet, tapi keduanya masih dapat saling terkoneksi.

Jaringan interkoneksi ini dinamakan DARPA Internet, dan selanjutnya disebut internet. Setelah itu, internet kemudian dikembangkan untuk kepentingan akademis di AS, dan lalu segera meluas wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan bidang lain hingga bisa diakses dari komputer milik pribadi.
Pengertian jaringan WAN – WAN adalah singkatan dari Wide Area Network.

WAN digunakan untuk mendeskripsikan sebuah jaringan yang mencakup area geographical yang sangat luas seperti contohnya dalam lingkup kota maupun negara. Jaringan WAN digunakan untuk banyak keperluan, misalnya untuk keperluan bisnis, pendidikan dan juga untuk keperluan pemerintahan karena fungsi dari jaringan WAN ini adalah untuk mengintegrasikan banyak komputer agar saling terkoneksi dalam mengakses informasi/data.

Berikut ini akan di bahas lengkap pengertian, karakteristik, fungsi, jenis, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangan WAN dalam implementasinya di lapangan. Daftar Isi • Pengertian Jaringan WAN wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan Karakteristik jaringan WAN • Fungsi Jaringan WAN • Cara Kerja Jaringan WAN • Perangkat Jaringan WAN • 1.

Router • 2. Modem • 3. CSU/DSU • 4. ATM Switch • 5. Communication Server • 6. Multiplexer • 7. Frame Relay • Jenis Jenis WAN • 1. Leased Line • 2. Circuit Switching • 3. Paket Switching • Kelebihan Jaringan WAN • Kekurangan Jaringan WAN Pengertian Jaringan WAN Jaringan Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki cakupan area yang luas meliputi antar kota, wilayah dan bahkan antar negara untuk bisa saling berkomunikasi dan bertukar data informasi.

shadakumar.blogspot.com Jaringan WAN bukan merupakan sebuah konsep jaringan yang baru karena jaringan WAN ini sudah ada di dunia sejak tahun 1970.

Namun konsep ini bukan merupakan konsep jaringan modern dan terbaru seperti saat ini. Jaringan WAN merupakan jenis jaringan yang paling banyak digunakan di era modern seperti sekarang ini seperti contoh penggunaan jaringan internet yang menghubungkan antara satu ponsel dengan ponsel lainnya.

Selain itu, contoh lain dari jaringan WAN ini adalah jaringan internet yang digunakan pada kasir dan database barang dari minimarket seperti Indomaret dan supermarket besar seperti Carefour.

Selain itu masih ada banyak lagi contoh penggunaan jaringan WAN ini. Karakteristik jaringan WAN Diantara banyaknya tipe jaringan komputer yang ada saat ini, yang membedakan diantara satu dan lainnya terletak pada karakteristik yang dimiliki. Lalu apa saja karakteristik jaringan WAN?

Jadi jaringan WAN memiliki karakteristik seperti berikut ini : • WAN merupakan sebuah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang tidak bisa bisa dijangkau oleh jaringan lain seperti LAN dan MAN.

Hal ini disebabkan oleh luasnya cakupan wilayah yang hendak dijangkau. • WAN juga merupakan sebuah jaringan yang digunakan untuk melakukan koneksi pada jarak yang berjauhan. Koneksi ini juga dilakukan dengan menggunakan koneksi serial yang berasal dari berbagai jenis perangkat lainnya. • Dapat mengirimkan paket data antar switch, router maupaun antar jaringan yang telah dibangun.

• Untuk mengakses bandwith jarak jauh diperlukan koneksi serial dari berbagai macam jenis. • Merupakan jaringan yang bekerja pada lapisan OSI layer di layer fisik dan layer data link.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

Fungsi Jaringan WAN Pada dasarnya, fungsi dari jaringan WAN ini adalah untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Akan tetapi untuk fungsi lebih mendetail dari jaringan WAN ini antara lain adalah : • Mengintegrasikan dan menghubungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu jaringan WAN.

• Mempercepat arus informasi dan komunikasi yang dilakukan dalam sebuah jaringan yang lebih luas. • Menjamin arus informasi yang lebih efisien • Mencegah terjadinya miskomunikasi • Lebih menghemat biaya yang digunakan untuk keperluan operasional • Mendukung operasionalitas perusahaan tingkat nasional dan internasional.

Cara Kerja Jaringan WAN Untuk mengetahui seperti apa cara kerja jaringan WAN, berikut ini akan dijelaskan dalam sebuah contoh kasus : • Sebuah perusahaan akan memilih dan menempatkan 1 komputer server untuk kebutuhan akses database yang dimiliki.

• Kemudian komputer server akan mengirimkan informasi database dan juga paket data ke seluruh jaringan yang telah di bangun sesuai topologi • Dengan adanya topologi jaringan yang telah dibangun, maka komputer klien ataupun user bisa mengakses seluruh informasi ke komputer server meski berada di luar pulau ataupun antar negara sekalipun. Perangkat Jaringan WAN Agar sebuah jaringan WAN bisa bekerja dengan baik, maka diperlukan prangkat pendukung untuk bisa mengalirkan data ataupun informasi yang ada.

Adapun perangkat jaringan WAN terdiri atas : 1. Router Router ini berfungsi menghubungkan dua jaringan atau lebih untuk mengirimkan informasi antar jaringan. Bisa dikatakan dalam jaringan WAN ini, perangkat router sangat berperan untuk meningkatkan kemampuan bridge wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan dalam memperluas jaringan yang diperlukan.

2. Modem Modem adalah perangkat pendukung untuk mengubah sinyal digital menjadi analog. Jadi data digital yang dikirimkan akan dikonversi menjadi sinyal analog agar dikenali oleh sistem teknologi transmisi, kemudian akan dirubah kembali menjadi format digital dan diteruskan kepada penerima. 3. CSU/DSU Channel Service Unit / Data Service Unit disini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan modem untuk mengirimkan data dalam format digital melalui sebuah jaringan telepon digital.

4. ATM Switch Perangkat ATM Switch berfungsi sebagai penyedia layanan transfer data berkecapatan tinggi antara LAN dan WAN. Oleh karena itu dalam membuat jaringan WAN ATM Switch ini sangat diperlukan. 5. Communication Server Ini merupakan perangkat server untuk melakukan dial dari lokasi remote khusus bagi pengguna sehingga bisa terhubung ke jaringan LAN.

6. Multiplexer Perangkat multiplexer mampu mentransmisikan gabungan dari beberapa sinyal dan mentransfer data secara kontinue melalui sebuah sirkuit. 7. Frame Relay Perangkat ini mampu menghubungkan data privat atau data lokal melalui jaringan wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan sinyal digital.

Frame Relay hampir mirim dengan ATM Switch, hanya saja kecepatan transfernya tidak sebaik ATM Switch Jenis Jenis WAN Jaringan WAN sendiri sebenarnya ada beberapa jenis yang biasa digunakan, adapun di tiap-tipa jenisnya memiliki fungsi dan keperluan yang berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya simak jenis-jenis WAN berikut ini : 1. Leased Line Ini merupakan jenis Wide Area Network dengan model koneksi dedicated point to point, maksudnya koneksi ini tidak memerlukan proses call setup dalam berkirim data.

Adapun mekanisme pengiriman paket data yang dilakukan sifatnya Synchronous serial. Synchronous serial adalah sebuah komunikasi dimana pengirim atau penerima hanya 1 pihak saja yang bisa menghasilkan clock dan mengirimkannya bersamaan dengan data.

2. Circuit Switching Pada jenis ini jaringan akan melakukan call setup terlebih dahulu untuk membentuk koneksi dengan tujuan agar bisa mulai pengiriman data. ISDN dan PTSN adalah dua protokol pada jaringan WAN yang menggunakan jenis koneksi circuit switching untuk jaringan publik 3. Paket Switching Jenis koneksi paket switching memiliki kelebihan bisa mengatur dan membagi bandwith ke pengguna lain dengan tujuan supaya koneksinya bisa lebih stabil dan sesuai dengan jumlah pengguna jaringan.

Paket switching ini sebenarnya pengembangan dari koneksi jenis Lased Line dengan mekanisme koneksi secara Synchronous Serial. Kelebihan Jaringan WAN WAN atau Wide Area Network merupakan salah satu sistem yang termasuk dalam jaringan komputer.

WAN memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jaringan komputer yang lainnya. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh jaringan komputer ini antara lain adalah : 1.

Luas area yang bisa di jangkau Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jaringan komputer ini adalah mengenai luas area yang bisa dijangkau dengan menggunakan jaringan komputer ini. Luas area yang bisa dijangkau dengan jaringan ini bisa sangat luas dan bisa di-custom. Selain dapat membuat jaringan komputer yang lebih luas, WAN juga bisa digunakan untuk membuat sebuah jaringan komputer yang lebih rumit.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

Contohnya jaringan internet dunia biasanya dibuat dengan menggunakan jaringan WAN ini. 2. Komunikasi yang lebih cepat Komunikasi data yang dilakukan di area yang luas seperti area komunikasi data dari negara satu dengan negara yang lain biasanya akan membutuhkan jaringan yang rumit. Jaringan ini jika tidak diatur dengan baik akan menyebabkan komunikasi data menjadi lebih lambat. Dengan menggunakan sistem jaringan WANmaka komunikasi data ini menjadi lebih mudah dilakukan.

Komunikasi data menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Jadi jika Anda akan merupakan perusahaan multi negaramaka kamu bisa menggunakan jaringan internal yang lebih mumpuni. 3. Infrastruktur terpusat Salah satu kelebihan dari jaringan WAN yang lain adalah mengenai penggunaan infrastruktur.

Dalam pembuatan sebuah jaringan untuk kebutuhan yang luas dan besar,maka perusahaan Anda akan lebih dimudahkan dengan manajemen server yang dimilikinya. Dengan begitu perusahaan Anda tidak perlu membuat server masing-masing dan menghemat biaya yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara perusahaan pusat dengan perusahaan cabang.

4. Meningkatkan keamanan pertukaran data Salah satu kelebihan dari penggunaan jaringan WAN adalah mengenai kemudahannya dalam membuat keamanan untuk data Anda. Dengan menggunakan jaringan data WAN inimaka akan lebih mudah bagi Anda untuk bertukar data yang sensitif. Hal ini disebabkan karena pertukaran data dengan menggunakan WAN ini biasanya memang akan di enkripsi terlebih dahulu sehingga lebih aman dan menghindari hacker untuk data yang Anda akan kirimkan. Selain kelebihan-kelebihan tersebut masih ada banyak lagi kelebihan dari penggunaan jaringan WAN ini, contohnya seperti bandwidth yang lebih besar, meminimalisir kebutuhan terhadap ISDN dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan Jaringan WAN Untuk kekurangannya, jaringan WAN memiliki beberapa kekurangan. Ada 3 masalah kritis yang biasanya dirasakan oleh pengguna jaringan WAN.

Apa saja kekurangan tersebut? Berikut ini ulasannya. 1. Biaya setting yang cukup tinggi Salah satu kekurangan dari jaringan WAN adalah mengenai biaya setting yang cukup tinggi.

WAN merupakan sebuah jaringan yang kompleks, hal inilah yang membuat jaringan ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi dalam hal pengaturannya. 2. Masalah maintenance Kekurangan lain dari penggunaan jaringan WAN ini adalah masalah maintenance.

Maintenance dari jaringan WAN ini bisa disebut cukup menantang. Hal ini disebabkan karena jaringan WAN adalah sebuah jaringan yang harus digunakan 24/7. Karena harus bisa digunakan secara terus menerusmaka masalah maintenance memang wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika terjadi down servermaka jaringan akan mengalami kelumpuhan dan akan menyebabkan kerugian.

Ilmu Perhotelan !! • 15+ Jenis Metode Pembayaran Hotel dan Penjelasannya [Lengkap] • 10+ Jenis-Jenis Restoran di Hotel dan Menurut Para Ahli [Lengkap] • TOUR GUIDE: Pengertian, Tugas, Syarat Kualifikasi dan Gaji • 35+ Peralatan Laundry Manual dan Makinal Beserta Fungsinya • 12+ Perlengkapan Kamar Mandi Hotel Beserta Fungsinya • GUEST RELATION OFFICER: Pengertian, Syarat, Tugas dan Gaji • Twin Bed: Pengertian, Ukuran dan Perbedaan dengan Double Bed Rekomendasi Hotel • 12+ Rekomendasi Penginapan Murah di Toraja [Makele dan Rantepao] • Hotel Dahlia Dinoyo Surabaya: Murah, Nyaman dan Strategis • 20+ Rekomendasi Villa di Puncak Bogor [Bagus dan Murah] • Rekomendasi Hotel Murah di Malang [Nyaman dan Hemat] • 10+ Hotel Murah Dekat Stasiun Tulungagung Mulai Rp.100.000-an • 10+ Wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan Murah Di Pare Dekat Kampung Inggris • 18+ Hotel Murah Di Kediri Dekat Alun-Alun dan Stasiun Teknologi WAN.

Sebelum membahas terkait teknologi WAN, kita cari tahu dulu yuk apa yang dimaksud dengan WAN? Wide Area Network atau yang biasa dikenal dengan WAN merupakan sebuah jaringan komputer yang memiliki jarak, cakupan area, dan geografis yang luas untuk menghubungkan komputer yang ada di area tersebut. Cakupan area yang dimaksud mulai dari antar wilayah, kota, negara, hingga benua.

Maka dari itu, jaringan WAN membutuhkan fasilitas dan sarana transmisi yang besar, seperti satelit, kabel bawah laut, telefon, dan fasilitas lainnya yang disesuaikan dengan luas cakupan area.

Keberadaan jaringan WAN tentu memberikan banyak dampak positif bagi umat manusia. Beberapa diantaranya adalah dapat berbagi informasi, file, resource, dan data dengan koneksi workstationmemperoleh informasi secara real timedan bisa mengirim file lebih cepat apabila terhubung dengan internet.

Namun, jaringan WAN juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah rentan diakses oleh hacker. NahWAN sendiri terdiri dari berbagai macam dan telah disediakan oleh layanan-layanan tertentu. Berikut beberapa teknologi penyedia layanan jaringan WAN yang harus kamu ketahui.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! Teknologi penyedia layanan jaringan WAN • Leased Lines Teknologi jaringan WAN leased lines atau yang biasa disebut juga dengan dedicated lines merupakan salah satu teknologi WAN yang menggunakan koneksi secara langsung antar suatu perangkat dengan kualitas line yang konstan. Selain itu, leased line merupakan suatu saluran koneksi telepon yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik dan digunakan untuk mengirim data digital secara permanen.

Biasanya, kecepatan transmisi leased line dimulai dari 64 kbps sampai megabytes per second. • PSTN (Public Switched Telephone Network) PSTN merupakan jaringan telepon tetap dengan menggunakan kabel yang diatur dalam standar teknisi dan sudah ditetapkan oleh ITU-T (International Telecommunications Union) atau UIT-T.

Kedua Lembaga tersebut merupakan sektor dunia yang mengatur tentang telekomunikasi. PSTN sendiri termasuk dalam jaringan publik yang menggunakan circuit switch dengan basis leased line atau dial-up. Jaringan utama pada PSTN terdiri dari 3 macam, yaitu jaringan backbonejaringan akses, dan jaringan interkoneksi.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

Selain itu, komponen pada jaringan PSTN terdiri dari 8 macam, diantaranya adalah sentral, Main Distribution Frame (MDF), kabel primer, rumah kabel, kabel sekunder, distribution point, kotak terminal batas (KTB), dan soket/roset.

• SONET (Synchronous Optical Network) Synchronous Optical Network (SONET) merupakan teknologi standar komunikasi digital dengan protokol multiplexing untuk suatu sistem transmisi pada serat optik. Fungsinya adalah untuk mentransfer aliran bit dengan menggunakan LED.

Teknologi jaringan WAN berupa SONET ini memiliki banyak kelebihan ,lho. Diantaranya yaitu biaya yang efektif untuk transport pada jaringan akses dan jaringan coremendukung pelayanan data secara langsung, menyediakan layanan transport pada aplikasi jarak jauh, manajemen bandwith yang berfungsi untuk mengatur proses routing dan trafficserta jaringan backbone yang dapat digunakan sebagai penyedia konektivitas jaringan jarak jauh.

• X.25 Network Teknologi X.25 network dibentuk dengan dasar Data Link dan Layer Physical yang menggunakan model OSI. Beberapa layanan X.25 untuk jaringan WAN diantaranya adalah bisa menggunakan dedicated line dengan PDN agar terbangun suatu koneksi WAN, variable menggunakan frame wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan, koreksi dan deteksi error yang dapat menjamin tingkat kehandalan melalui wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan analog pada kualitas rendah, dan dapat beroperasi dengan kecepatan hingga 64 kbps di line analog.

• Frame Relay Network Frame Relay Network adalah teknologi komunikasi yang mempunyai kecepatan tinggi dan banyak digunakan untuk menghubungkan SNA, LAN, aplikasi voice (suara), dan enternet. Frame relay sendiri merupakan protokol pada jaringan WAN yang beroperasi pada layer pertama dan kedua dengan menggunakan model OSI (open system interconnection) yang dapat diimplementasikan pada beberapa jenis interface jaringan.

Fitur frame relay terdiri dari good performancehigh reliability, overhead yang rendah, memiliki bandwith yang dinamis, dan memiliki fitur dengan kecepatan tinggi.

• VPN (Virtual Private Network) Teknologi satu ini memang sudah tidak asing di telinga kita. VPN yang merupakan singkatan dari virtual private network adalah suatu koneksi antar jaringan pribadi yang terdapat pada jaringan publik tanpa koneksi riil yang terenkripsi. Pemakaian VPN untuk mengakses LAN pada jangkauan tertentu terbilang aman untuk digunakan.

Selain itu, fungsi VPN terdiri dari 3 macam, diantaranya adalah kerahasiaan data pada suatu jaringan (confidentiality), keutuhan data pada jaringan (data integrity)dan sumber data akan diotentikasi (origin authentication). • ISDN (Integrated Services Digital Network) ISDN merupakan sistem telekomunikasi yang digunakan sebagai penyedia layanan data, gambar, dan suara yang diintegrasikan ke suatu jaringan. Di sisi lain, ISDN juga menyediakan konektivitas digital dalam ruang lingkup yang luas dari ujung ke ujung.

Keuntungan yang didapat oleh pengguna ISDN adalah akan mendapatkan kehematan biaya dan fleksibilitas karena sistem sudah terintegrasi. Kelebihan menggunakan ISDN dibandingkan teknologi lainnya adalah sebagai berikut: • Hemat biaya karena kita hanya membutuhkan satu terminal saja untuk layanan audio dan video • Fleksibel karena memiliki single interface untuk terminal yang bervariasi • Efisiensi waktu karena dalam satu saluran bisa digunakan untuk mengirim berbagai jenis layanan • Kecepatan serta kualitas yang tinggi dalam pengiriman data karena ISDN 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan PSTN (Public Switched Telephone Network).

• ATM (Asynchronous Transfer Mode) Istilah ATM yang merupakan singkatan dari Asynchronous Transfer Mode juga sudah tidak asing bagi banyak orang. ATM merupakan teknologi switching dan multiplexing yang digunakan untuk memindahkan traffic dengan cepat dan efisien. Biasanya, circuit switching pada ATM harus memiliki ketentuan bahwa paket harus di- set secara berulang ke posisi frame. Contoh cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyinkronkan Langkah dan waktu sesuai dengan jarum jam dan aplikasi.

Kini, kecepatan transmisi ATM dimulai dari 155 Mbps (OC-3 Port) sampai 2,5 Gbps. Selain 8 macam teknologi WAN tersebut, juga ada beberapa teknologi penyedia layanan jaringan WAN lainnya yang ada di dunia. Sekian informasi yang dapat diberikan dan semoga bermanfaat. Baca juga: 7 Daftar Situs SMS Gratis Lewat Internet Cepat Terbaik
Jordy Prayoga Follow Seorang yang memiliki minat tinggi di bidang SEO, dan menuangkannya ke dalam sebuah blog pribadi Home » Jaringan WAN: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya Jaringan WAN: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya November 30, 2021 3 min read Jaringan WAN adalah singkatan dari Wide Area Network, yang digunakan untuk mendefinisikan salah satu jaringan yang cakupan wilayahnya sangat besar.

Tentu jaringan ini sangat berguna di berbagai sektor misalnya perkantoran, pendidikan, bisnis, dan sebagainya untuk mengakses internet atau kemudahan bertukar informasi karena saling terintegrasi. Dengan menggunakan jaringan dengan cakupan wilayah yang sangat besar, banyak keuntungan hingga kerugian yang harus dipertimbangkan. Namun, sebelum membahasnya, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu pengertian jaringan WAN. Kesimpulan Pengertian Jaringan WAN Jaringan WAN adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki cakupan wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan yang sangat besar, yang dapat menghubungkan banyak komputer melalui jarak jauh.

Perlu Anda ketahui bahwa luas cakupan yang dapat dijangkau oleh jaringan WAN adalah antarkota hingga bahkan satu negara. Jaringan WAN biasanya sering digunakan pada bidang bisnis profesional untuk menghubungkan jaringan kantor mereka.

Setiap kantor biasanya memiliki jaringan lokal (LAN), kemudian LAN terhubung melalui WAN. Apabila perusahaan tersebar di beberapa kota, mereka dapat saling terhubung dan terintegrasi dengan beberapa cara, misalnya menggunakan VPN, leased line, dan IP tunnels. Dengan demikian, semua komputer atau perangkat yang terhubung menggunakan jaringan WAN akan lebih mudah dalam transmisi data atau berkomunikasi. Jaringan WAN dapat digunakan wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan ini tentu hasil dari pengembangan yang membutuhkan kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau bisa juga menggunakan satelit.

Tentu dengan adanya jaringan WAN kita akan sangat terbantu, tetapi biaya pembangunannya tidaklah sedikit. Maka dari itu, sebenarnya tidak semua orang memerlukan jaringan WAN karena memang kebutuhannya tidak sebesar perusahaan yang memiliki beberapa kantor, ataupun bisnis profesional yang harus saling terhubung dalam satu jaringan yang sama.

Baca Juga: Jaringan Nirkabel: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya Karakteristik Jaringan WAN Jaringan komputer tidak hanya WAN saja, masih ada LAN, MAN, PAN, dan ada beberapa lagi.

Tentu setiap jaringan tersebut memiliki karakteristik yang membuat semua jaringan tersebut memiliki perbedaan satu sama lain misalnya dalam kinerja atau luas cakupan. Nah, untuk jaringan WAN, karakteristiknya adalah sebagai berikut. • Jaringan WAN adalah sebuah jaringan yang memungkinkan komputer/perangkat dapat saling terhubung dalam satu jaringan yang sama, dan dalam jarak yang tidak dapat dijangkau lagi oleh jaringan LAN ataupun MAN.

• Cakupan jaringan WAN sangat luas. • Pengguna dapat mengakses bandwidth meski dari jarak jauh. • Jaringan WAN bekerja melalui data link pada layer OSI dan physical.

Perangkat Jaringan WAN Untuk dapat memiliki jaringan WAN, diperlukan perangkat khusus untuk membangun jaringannya. Adapun perangkat yang diperlukan adalah sebagai berikut. • Router Router ini berfungsi untuk memanajemen jaringan dan mengatur kontrol dinamis ke resource, selain itu juga mendukung jaringan selama melakukan tugasnya, yaitu konektivitas, fleksibilitas, dan sebagainya.

• CSU/DSU Perangkat Channel Service Unit/Data Service Unit bertugas menjembatani komunikasi sinyal dengan format yang telah disesuaikan. Kedua komponn ini tidak bisa dipisahkan karena sangat dibutuhkan dalam membangun jaringan WAN • Modem Modem ini bertanggung jawab menyiapkan data yang kemudian akan ditransmisikan melalui local loop. Selain itu, perangkat ini juga berperan sebagai pengirim data pada alur telepon dengan modulasi dan demodulasi sinyal.

• Communication Server Perangkat yang satu ini bertugas menjaga konsentrasi komunikasi pengguna dial in, serta menjadi remote access ke jaringan LAN. • Asynchronous Transfer Mode Biasa dikenal dengan ATM, yang merupakan sebuah protokol yang menjadi standar internasional jaringan cell relay. Perangkat ini dijadikan protokol untuk memaksimalkan penggunaan media dengan kecepatan yang tinggi. • Multiplexer Multiplexer akan mentransmisikan gabungan beberapa sinyal ke circuit tertentu dan mampi mentransfer data secara terus menerus seperti data suara, foto, teks, dan sebagainya.

• Antena Antena bukanlah bagian utama dari jaringan WAN. Namun, Antena berguna untuk menyebarkan sinyal. Lagipula, dengan adanya antena akan membuat sinyal lebih stabil, ditambah lagi dengan jangkauan yang sangat jauh.

Baca Juga: Mengenal Lebih Lengkap Sistem Keamanan Jaringan Komputer Fungsi Jaringan WAN Meskipun bisa dibilang jaringan WAN adalah jaringan yang ekslusif, tentu ada beberapa fungsi yang tidak ada pada jaringan LAN, MAN, PAN, dan jaringan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, kami sudah merangkum beberapa fungsi jaringan WAN yang sebaiknya Anda ketahui. 1. Mempermudah Komunikasi Karena cakupan wilayah jaringan WAN sangat besar, maka bila suatu perusahaan yang memiliki beberapa kantor di wilayah yang berbeda dapat berkomunikasi dan melakukan transmisi data dengan mudah dan cepat.

Seperti yang sudah dibahas, bahwa jaringan WAN sangat memudahkan integrasi antarperangkat karena mereka (banyak komputer) terhubung pada satu jaringan yang sama. 2. Mengintegrasikan LAN & MAN WAN menjadi jembatan integrasi dari jaringan yang lingkupnya lebih kecil, yaitu jaringan LAN dan MAN.

Dengan demikian, maka perusahaan dapat lebih mudah mendapatkan informasi dan pembaruan terbaru. 3. Mengurangi Biaya Operasional Sebenarnya, pada saat awal-awal membangun jaringan WAN, biaya yang harus dikeluarkan sangat besar. Namun, jaringan ini masih tergolong terjangkau bagi perusahaan yang dibatasi negara maupun benua.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

4. Mendukung Operasional Perusahaan Baik perusahaan nasional atau multinasional, operasional perusahaan akan berjalan dengan lebih baik. Namun, sebelum dapat membantu operasional perusahaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun jaringannya sesuai aturan yang ada, karena beberapa negara memiliki peraturan yang berbeda-beda terkait jaringan WAN. Seperti misalnya harus menggunakan kabel serat optik bawah laut, dan sebagainya.

Kelebihan Jaringan WAN Jaringan WAN memiliki banyak kelebihan yang merupakan dari imbas luasnya cakupan wilayah yang mampu dijangkau. Tak hanya kelebihan, jaringan ini juga memiliki kekurangan, tetapi kita akan membahasnya nanti. Nah, kelebihan jaringan WAN adalah sebagai berikut. • Dapat digunakan untuk transmisi file, data, dan resource dengan jaringan workstation • Dapat memperoleh informasi secara real time • Wilayah jangkauan sangat luas • Dapat diakses dari jarak jauh • Infrastruktur perusahaan bisa terpusat dan tidak perlu membuat server di tiap-tiap cabang kantor perusahaan • Meningkatkan keamanan transmisi data bahkan data yang sensitif, karena sebelum data dikirimkan akan dienkripsi terlebih dahulu • Bandwidth yang bisa digunakan jaringan WAN sangat besar • Dapat mengirim pesan dan file dengan ukuran yang besar secara cepat apabila terkoneksi internet.

Kekurangan Jaringan WAN Ada beberapa minus yang harus ditanggung pemilik jaringan WAN, tetapi kekurangannya tidak membuat pengguna harus berpindah dari jaringan ini. Berikut adalah kekurangan jaringan WAN.

• Biaya pembangunan jaringan, fasilitas, dan perawatan (maintenance) sangat tinggi. • Konfigurasi pengaturan jaringan WAN sangat rumit • Wajib menggunakan firewall jika tidak ingin jaringan Anda terganggu.

• Berpotensi terkena ancaman dari hacker dan ancaman siber lainnya. Kesimpulan Jaringan WAN adalah jaringan yang sangat tepat bagi perusahaan yang mengutamakan efektivitas dan efisiensi komunikasi serta integrasi data dalam jaringan yang sama. Sama seperti jaringan lainnya, WAN memiliki beberapa karakteristik yang tidak ada pada jaringan lain seperti LAN, MAN, dan PAN.

GudPeople, perlu Anda ketahui meski sudah menggunakan jaringan semahal WAN, tidak wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan keamanan dalam mengakses internet atau berkomunikasi. Terlebih lagi apabila pengguna banyak yang mengakses dan mengirimkan data di website yang belum terinstall sertifikat SSL, karena itu akan sangat berbahaya bagi data pengguna.

Apabila Anda adalah salah satu pemilik website yang belum memiliki sertifikat SSL, tenang saja karen Gudang SSL menyediakan SSL murah berkualitas, Anda bisa berkonsultasi dengan menghubungi kami. Mungkin sampai di sini artikel pembahasan mengenai Jaringan WAN, semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai jaringan komputer.
Berbicara tentang internet, sekarang ini sudah menjadi hal yang umum dan digunakan oleh berbagai kalangan serta usia.

Akses internet yang bisa diperoleh sendiri juga beragam dari mulai kuota sendiri, WiFi di cafe atau tempat umum lainnya hingga tethering. Lalu, apa seenarnya pengertian dari PAN, LAN, MAN dan WAN serta apa fungsi dan contohnya?, berikut penjelasan selengkapnya. Pengertian PAN PAN [Personal Area Network] merupakan jaringan komputer yang dipakai untuk berkomunikasi antar komputer dengan perangkat lain termasuk juga telepon serta PDA (asisten pribadi digital).

Sedangkan untuk perangkatnya sendiri bisa miliki pribadi atau bukan. Jaringan PAN umumnya hanya 4 hingga 10 meter yang dipakai untuk komunikasi antar perangkat pribadi yang dimiliki sendiri atau wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan communication atau juga bisa menghubungkan ke tingkat lebih tinggi serta jaringan internet atau Up link.

1. Fungsi PAN Ada cukup banyak fungsi dari personal Area Network atau lebih dikenal dengan sebutan PAN, seperti: – Untuk menghubungkan antara perangkat komputer yang satu dengan yang lain. – Sebagai media komunikasi di antara perangkat sendiri atau komunikasi personal.

2. Contoh PAN – Penghubung smartphone denan laptop memakai bluetooth. – Transfer file dari smartphone menuju laptop memakai WiFi. – Penghubung mouse dengan laptop memakai bluetooth. – Penghubung printer dengan laptop memakai WiFi. – Untuk menyalakan AC dan TV memakai smartphone dengan memakai infrared.

Pengertian LAN Local Area Network atau LAN adalah jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah kecil seperti jaringan komputer pada kampus, sekolah, gedung, di dalam rumah, kantor dan satu ruangan lainnya.

Umumnya, LAN yang ada saat ini berbasis teknologi 802.3. Masing masing komputer atau node mempunyai daya komputasi sendiri namun berbeda dengan konsep dump terminal. Masing masing komputer juga bisa mengakses sumber daya pada LAN sesuai dengan hak akses yang sudah diatur. Sumber daya ini bisa berupa perangkat atau data seperti contohnya printer.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

1. Fungsi LAN Ada beberapa fungsi dari Local Area Network atau lebih sering disebut dengan LAN, seperti: – Untuk mempercepat arus informasi dari sebuah server menuju user.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

– Untuk memudahkan user ketika ingin mengakses informasi. – Untuk mendukung kinerja dan implementasi dari sistem informasi manajemen serta bisnis. – Untuk mempermudah pemeriksaan database yang terdapat di dalam server. – Untuk mempermudah komunikasi antar kantor, bagian serta instansi. – Untuk menghubungkan semua kantor cabang, perwakilan serta kantor pusat di dalam sebuah jaringan.

– Untuk mengamankan data serta informasi yang dimiliki perusahaan. 2. Contoh LAN Untuk beberapa contoh dari penggunaan jaringan LAN sudah sangat banyak ditemukan dalam kegiatan sehari hari, seperti: – Telepon. – Hubungan perangkat komputer dengan jaringan telepon baik yang menggunakan kabel atau tanpa kabel (Wireless).

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

– Setting router atau access point. – Internet. – Sharing data. – Sambungan laptop atau PC ke televisi. Pengertian MAN Metropolitan Area Network atau MAN adalah sebuah jaringan di dalam satu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menjadi penghubung banyak lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan dan masih banyak lagi. Sedangkan jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa buah LAN.

Untuk jangkauan dari MAN sendiri berkisar 10 sampai 50 km dan menjadi jaringan tepat untuk membangun jaringan antar kantor di dalam kota yang sama dan lainnya. Untuk membuat jaringan MAN, umumnya diperlukan operator telekomunikasi yang bisa menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan komputer lain.

1. Fungsi MAN MAN yang merupakan jenis jaringan komputer dengan jangkauan lebih luas dan lebih canggih dibandingkan LAN memiliki beberapa fungsi seperti: – Untuk wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan dan mengimplementasikan sistem jaringan yang mengombinasikan server supaya bisa memenuhi seluruh kebutuhan internal perusahaan dan pemerintahan.

– Untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya yang membutuhkan operator telekomunikasi supaya bisa menghubungkan antara jaringan komputer. – Untuk membuat komunikasi bisa semakin efisien, memudahkan dalam urusan bisnis dan keamanan pada jaringan yang juga lebih baik. – Untuk menunjang data teks serta suara dan bahkan bisa dihubungkan dengan gelombang radio atau jaringan televisi kabel.

2. Contoh MAN Sebenarnya, ada banyak contoh MAN yang bisa ditemukan di Indonesia dan secara tidak sadar anda juga menjadi salah satu pengguna dari jaringan tersebut. Berikut adalah beberapa contoh dari wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan MAN: a.

Jaringan Bank Contoh sederhana pertama dari jaringan MAN adalah jaringan bank. Ada beberapa kantor cabang di dalam kota yang menghubungkan satu dengan yang lain seperti contohnya bank Mandiri yang terhubung dengan koneksi jaringan MAN pada wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang serta Bekasi. b. Jaringan Internet Antar Gedung Kampus Contoh dari jaringan MAN selanjutnya adalah jaringan gedung di dalam kampus seperti USUNETA untuk produk layanan Universitas Sumatera Utara.

Kabel optik yang berkapasitas 1 Gbps akan menghubungkan gedung utama di dalam kampus. c. Perkantoran Apabila anda tinggal di kota kota besar seperti Jakarta, maka beberapa kantor tentu memiliki cabang pada kota tersebut. Jaringan tersebut akan dihubungkan dengan MAN sehingga satu kantor cabang akan terhubung dengan kantor cabang lain dalam kota yang sama.

Pengertian WAN Wide Area Network atau WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area sangat besar seperti contohnya jaringan komputer antar wilayah, kota dan negara yang butuh router serta saluran komunikasi publik. 1. Fungsi WAN Seperti jaringan LAN, PAN dan MAN, WAN atau Wide Area Network juga memiliki beberapa fungsi seperti: – Untuk menghubungkan jaringan LAN serta jaringan MAN sehingga bisa menjadi satu jaringan.

– Untuk mempercepat proses berbagi data atau biasa disebut dengan sharing file. – Untuk mempercepat dan mempermudah arus komunikasi serta informasi.

– Untuk mempermudah update data antar perusahaan atau kantor sekaligus agar lebih murah. – Untuk menyampaikan informasi dengan lebih cepat, lebih mudah serta efisien. 2. Contoh WAN Agar bisa lebih memahami tentang penggunaan dari jaringan WAN, berikut kami berikan beberapa contohnya: a. Internet Contoh pertama dari jaringan WAN adalah intern. Dengan internet, semua komputer bisa saling terhubung dalam sebuah jaringan yang bersifat luas serta internasional.

b. Perusahaan Internasional Sebuah perusahaan internasional umumnya memiliki banyak kantor cabang serta kantor perwakilan di negara yang berbeda. Supaya semua komputer bisa saling terkoneksi antara kantor pusat dengan kantor cabang dan kantor perwakilan, maka WAN dipakai untuk menghubungkan seluruh komputer.Selain dikenal dengan pembagian jaringan berdasarkan cakupan area, sebenarnya pembagian jenis jaringan komputer ini juga dikenal berdasarkan geografisnya, skala maupun jaraknya.

1. Personal Area Network (PAN) Jaringan komputer ini hanya mencakup komputer pribadi dengan berbagai perangkat di sekitarnya misalnya keyboard, mouse, headphone, dll. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi Anda atau menghubungkan ke jaringan internet. Biasanya jaringan ini dibantu dengan adanya teknologi seperti USB ataupun bluetooth untuk menghubungkan antar perangkat.

2. Local Area Network (LAN) LAN merupakan suatu jaringan komputer yang digunakan untuk mencakup wilayah yang kecil saja. Misalnya mencakup wilayah suatu gedung kantor, sekolah, kampus, atau di dalam rumah. Dalam suatu jaringan LAN terdapat beberapa komputer yang terhubung di mana ada satu unit komputer yang berperan sebagai server atau bank data dan yang lainnya sebagai client.

Antara server dan client tersebut dapat menikmati berbagai fasilitas sama misalnya bertukar file tertentu maupun menggunakan printer yang saling terhubung antara jaringan LAN. Jaringan LAN mempunyai kecepatan untuk melakukan transfer data sebesar 10, 100 dan juga 1000 Mbit/s. teknologi yang digunakan biasanya berupa IEEE 802.3 Ethernet dengan perangkat switch. 3. Metropolitan Area Network (MAN) Wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan jenis jaringan komputer berdasarkan skalanya juga dapat dilihat dari jenis jaringan MAN.

Jaringan komputer ini tentu memberikan layanan dengan cakupan wilayah yang lebih luas hingga mencapai 10 hingga 50 KM. Jaringan ini juga mampu memberikan kecepatan yang tinggi saat melakukan transfer data dalam suatu kota tertentu. Jaringan MAN juga dapat disebut sebagai gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jaringan ini sangat cocok untuk dibangun guna menghubungkan beberapa kantor atau pabrik maupun pusat pemerintahan dalam satu kota.

4. Wide Area Network (WAN) Jenis jenis jaringan komputer menurut area lainnya yaitu WAN. WAN tentu saja mencakup area yang lebih luas dibandingkan dengan LAN maupun MAN. WAN ini dapat menghubungkan beberapa wilayah bahkan hingga mencapai wilayah negara lainnya. Jaringan ini membutuhkan suatu router. WAN ini digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal pada suatu wilayah dengan jaringan lokal lainnya pada wilayah lain.

Sehingga para pengguna komputer di berbagai wilayah tersebut dapat terus berkomunikasi antara satu dengan lainnya. WAN ini biasanya dibangun oleh para organisasi swasta maupun penyedia berbagai layanan internet.

wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan

WAN biasanya dibangun menggunakan sesuatu yang disebut dengan Leased Line yang harganya sangat mahal. Selain itu, terkadang WAN juga dibangun menggunakan switching sirkuit. Itulah beberapa jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan cakupan area atau jaraknya. Tujuan pembuatan jaringan komputer ini biasanya untuk bekerja sama dan mencapai tujuan tertentu seperti pembagian sumber daya untuk pemakaian CPU, printer, harddisk dll.

Selain itu, juga untuk melakukan berbagai wan merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan antar komputer dan juga melakukan akses berbagai informasi yang digunakan bersama-sama. Source : https://tipskomputer.net/jenis-jenis-jaringan-komputer/ 17,020 Kali Di Baca 3 Posting Sebelumnya • Mengapa 90% Sekolah di Indonesia Belum Memiliki Website? • Karakteristik Kurikulum Prototipe • Manfaat Belajar Online Bagi Siswa • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas • Seluk Beluk Agency Kategori • AIO CBT (4) • AN 2021 (7) • Arsitektur Komputer (1) • Asesmen Nasional (6) • Buku Elektronik Literasi Digital (1) • Elearning (25) • Episode Merdeka Belajar (3) • Gadget (1) • Hardware (19) • Humatik (2) • Internet Protocol (2) • Literasi Digital (39) • LMS (7) • Manajemen (2) • Menulis (2) • Merdeka Belajar (13) • Modul Literasi Digital 2021 (4) • Network (14) • Open Source (7) • Panduan Umum Menulis (Wiki OWP) (1) • Pembelajaran Berbasis Komputer (2) • Router (1) • Server (9) • Server & Database (2) • SIKOMPETEN (1) • Simulasi USBK (3) • Soal CBT (2) • Tutorial (6) • Ujian (6) • UNBK (2) • UNBK 2020 (2) • UNP 2019 (2) • Virtualisasi (1) Arsip Arsip

Mengenal Jaringan LAN dan WAN




2022 www.videocon.com