Dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

Jakarta - Persatuan dan kesatuan berakar dari kata-kata yang sama yaitu satu atau yang tidak terpecah-pecah.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

Persatuan dapat diartikan sebagai perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Sedangkan kesatuan adalah hasil dari perkumpulan tersebut yang menjadi satu dan utuh. Sebutkan dampak yang terjadi apabila persatuan dan kesatuan tidak terwujud? Apakah detikers dapat menjawabnya? Berikut adalah 14 dampaknya yang dikutip dari buku SUPER COMPLETE KELAS 4, 5, 6 SD/MI karya Meity Mudikawaty, Melli Meisawati, dan Ari Nurdiana: A.

Keluarga Keluarga adalah institusi pertama dalam kehidupan sosial. Oleh karena itu keharmonisan dalam sebuah keluarga adalah hal yang sangat penting. Dalam setiap keluarga diperlukan adanya sikap saling menghormati satu sama lain agar terjadinya persatuan dan kesatuan dalam keluarga semakin kuat.

Dampak jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam keluarga adalah sebagai berikut: 1. Terjadinya pertengkaran di dalam keluarga. 2. Kerukunan di dalam keluarga akan berkurang. 3. Keakraban di dalam keluarga juga akan berkurang. B. Sekolah Persatuan dan kesatuan juga diperlukan dalam sekolah.

Hal itu dikarenakan agar tercipta lingkungan yang harmonis saat kegiatan belajar dan mengajar. Berikut adalah dampak jika tidak ada persatuan dan kesatuan tidak terwujud di sekolah: 4. Sombong serta acuh atau tidak peduli terhadap kondisi teman. 5. Membeda-bedakan teman. 6. Mengolok-olok teman. 7.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

Terjadi tawuran. C. Masyarakat Persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah penting. Jika memiliki perbedaan pendapat dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah normal dan tidak akan terjadi kekacauan jika memiliki persatuan dan kesatuan. Sebutkan dampak yang terjadi apabila persatuan dan kesatuan tidak terwujud https://www.detik.com/tag/persatuan di masyarakat, ini adalah jawabannya: 8.

Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan dan kesedihan yang dialami dan dirasakan orang lain. 9. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing adalah yang paling dipentingkan oleh masyarakat. 10. Akan muncul pertikaian dan permusuhan antar warga masyarakat jika visi dan misi tidak sejalan. 11. Tidak adanya kerja sama yang terjalin antar warga masyarakat, padahal gotong royong sangat diprioritaskan dalam kehidupan bermasyarakat.

D. Negara Dalam kehidupan berwarganegara kesatuan dan persatuan adalah hal yang sangat penting. Jika tidak ada kesatuan dan persatuan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan menyebabkan perpecahan bangsa. Berikut adalah dampaknya: 12. Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Toleransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernergara agar menciptakan tenggang rasa dan terjadinya kerukunan. 13. Perpecahan bangsa. Karena setiap individu merasa memiliki kepentingannya sendiri dan semakin tidak memedulikan kepentingan orang lain. 14. Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa. Ketika rakyat tidak lagi bersatu dan bertikai serangan dari luar akan mudah masuk ke tanah air dan dapat berakibat buruk.

Jadi jika diminta untuk sebutkan dampak yang terjadi apabila persatuan dan kesatuan tidak terwujud tidak perlu bingung lagi ya detikers! viona adalah seorang anak dari Sumatera selatan ia kejakarta bersama teman-teman ny mengunjungi taman mini Indonesia indah viona merasa kagum karena t … ernyata disana terdapat dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan macam bentuk rumah adat dari seluruh Indonesia sehingga ia tidak perlu mendatangi setiap daerah untuk melihat rumah adat hanya dengan membayar rp.

10.000.00 dari ilustrasi tersebut kita dapat mengetahui bahwa keragaman budaya memiliki dampak positif diantara ny adalah​
Yahoo ist Teil der Markenfamilie von Yahoo. Durch Klicken auf „ Alle akzeptieren" erklären Sie sich damit einverstanden, dass Yahoo und seine Partner Cookies und ähnliche Technologien nutzen, um Daten auf Ihrem Gerät zu speichern und/oder darauf zuzugreifen sowie Ihre personenbezogenen Daten verarbeiten, um personalisierte Anzeigen und Inhalte zu zeigen, zur Messung von Anzeigen und Inhalten, um mehr über die Zielgruppe zu erfahren sowie für die Entwicklung von Produkten.

Personenbezogene Daten, die ggf. verwendet werden • Daten über Ihr Gerät und Ihre Internetverbindung, darunter Ihre IP-Adresse • Browsing- und Suchaktivitäten bei der Nutzung von Yahoo Websites und -Apps • Genauer Standort Sie können ' Einstellungen verwalten' auswählen, um weitere Informationen zu erhalten und Ihre Auswahl zu verwalten.

Sie können Ihre Auswahl in den Datenschutzeinstellungen jederzeit ändern. Weitere Informationen darüber, wie wir Ihre Daten nutzen, finden Sie in unserer Datenschutzerklärung und unserer Cookie-Richtlinie. Klicken Sie hier, um weitere Informationen zu unseren Partnern zu erhalten. KOMPAS.com – Persatuan dan kesatuan berasal dari kata “satu” yang bermakna utuh dan tidak terpisah-pisah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persatuan adalah gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu. Sementara kesatuan berarti perihal satu. Dengan begitu, persatuan dan kesatuan memiliki makna bersatunya keanekaragaman dalam masyarakat Indonesia, seperti suku, agama, ras, sosial budaya, dan ekonomi, menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

Selain itu, persatuan dan kesatuan juga dapat diartikan sebagai persatuan bangsa atau negara yang menduduki wilayah Indonesia. Persatuan dalam konteks bangsa indonesia dapat dimaknai sebagai persatuan yang utuh antara wilayah dan masyarakat Indonesia dalam satu ikatan yang disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Baca juga: Contoh Perilaku yang Mencerminkan Rasa Persatuan dan Kesatuan Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Terdapat tiga makna penting di dalam persatuan dan kesatuan negara Indonesia.

Tiga makna penting tersebut, yakni: • persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi satu sama lain, • persatuan dan kesatuan menjalin rasa kemanusiaan, sikap saling toleransi, serta keharmonisan untuk hidup berdampingan, • persatuan dan kesatuan menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan dan sikap saling tolong menolong antar sesama, serta mengembangkan sikap nasionalisme.

Baca juga: Dampak Tidak Adanya Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Nilai-nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa Persatuan dan kesatuan juga mengandung nilai-nilai penting. Nilai-nilai penting yang terdapat dalam persatuan dan kesatuan, yaitu: • Mempertahanakan persatuan dan kesatuan wilayah NKRI, • Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, • Mengisi kemerdakaan dengan kegiatan positif, • Menjunjung tinggi toleransi, • Menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM), • Menerapkan kekeluargaan, • Melakukan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan, • Bersikap adil.

Referensi: • Sukamti. 2019. PPKn: Buku Pendamping Siswa Cerdas. Jakarta: Bumi Aksara. Berita Terkait Lewat Pelatihan Sosial Kultural, LAN Tingkatkan Rasa Persatuan dan Kesatuan ASN Prinsip-prinsip Persatuan dan Kesatuan Dampak Tidak Adanya Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Contoh Perilaku yang Mencerminkan Rasa Persatuan dan Kesatuan Persatuan dan Kesatuan: Pengertian serta Manfaatnya Berita Terkait Lewat Pelatihan Sosial Kultural, LAN Tingkatkan Rasa Persatuan dan Kesatuan ASN Prinsip-prinsip Persatuan dan Kesatuan Dampak Tidak Adanya Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Contoh Perilaku yang Mencerminkan Rasa Persatuan dan Kesatuan Persatuan dan Kesatuan: Pengertian serta Manfaatnya 3 BUMD DKI Rugi Rp 14 Miliar Jika Terapkan Tarif Integrasi Transportasi Umum https://megapolitan.kompas.com/read/2022/03/16/19103551/3-bumd-dki-rugi-rp-14-miliar-jika-terapkan-tarif-integrasi-transportasi https://asset.kompas.com/crops/2JpQ0d5wGAohmYpKNlyHGvxiWtc=/0x0:585x390/195x98/data/photo/2013/03/25/1145562-pri-kendala-konversi-bahan-bakar-minyak-ke-gas--780x390.jpg
• Info Maritim • Daerah • Lifestyle • Industri Maritim • Pariwisata Maritim • Advertorial • Geladak • Jasa Maritim • Misteri Laut • Tokoh • Olahraga • Video • Galeri • Kolom • Redaksi • Tentang Kami • Visi dan Misi • Kebijakan Privasi • Pedoman Pemberitaan Media Siber • Standar Perlindungan Profesi Wartawan • Kode Etik Perilaku Bagaimana cara bangsa Indonesia dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan diantara para warganya?

Satu diantaranya adalah dengan dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan nilai-nilai Pancasila dan menjaga semangat persatua dan kesatuan. Semangat persatuan dan kesatuan adalah kebulatan tekad menjadi satu bangsa, satu dengan seluruh warga yang ada dalam masyarakat untuk mewujudkan cita-cita bersama. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh, tidak pecah belah, persatuan mengandung pengertian disatukannya berbagai macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan.

Dengan perkataan lain, hal-hal yang beraneka ragam itu, setelah disatukan, menjadi sesuatu yang serasi, utuh dan tidak saling bertengkar antara satu dengan yang lain. Semangat persatuan dan kesatuan, wajib dimiliki setiap warga negara untuk dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana tercantum didalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Indonesia 1945 alinea keempat yang berbunyi, “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan, Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan Mewujudkan suatu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Baca Juga: • Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia • Patriotisme dan Nasionalisme, Pengertian dan Cirinya • Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Begini Maknanya Berikut ini adalah empat cara bangsa Indonesia dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan: Mengamalkan nilai-nilai Pancasila Nilai-nilai Pancasila telah ada dan berasal dari adat istiadat, budaya, dan nilai-nilai religi yang berkembang dari bangsa Indonesia sejak dulu.

Pancasila telah melalui proses yang lama sepanjang sejarah bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang diterpakan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya dengan bersikap dan bertingkah laku: menjaga kerukunan warga dengan sikap tolong-menolong, saling menjaga perasaan, saling menghormati, saling menghargai hak orang lain, tidak membeda-bedakan suku, agama dan daerah, bersikap arif, mau bekerja sama dengan orang lain, serta mau bekerja keras dalam membangun bangsa. Tingkah laku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

Gotong royong diantara warga masyarakat Gotong royong adalah kepribadian masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia, sejak dahulu kala dalam kehidupan sosialnya sudah terbiasa dalam suasana gotong royong. Dalam keseharian, kita dengan mudah menjumpai warga yang bekerjasama membersihkan lingkungan, membangun tempat ibadah, sampai tolong menolong saat terjadi bencana alam. Itulah contoh sehari-hari tentan gotong royong. Gotong royong dapat berarti, bekerjasama untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Sikap gotong royong adalah menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama.

Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab setiap warga masyarakat. Gotong royong muncul atas dorongan dari hati dengan dibarengi kesadaran dan semangat untuk mengerjakan serta menanggung akibat dari suatu karya, terutama yang benar-benar, secara bersamasama, serentak dan beramai-ramai, tanpa memikirkan dan mengutamakan keuntungan bagi dirinya sendiri, melainkan selalu untuk kebahagian bersama, seperti terkandung dalam istilah ‘Gotong.’ Saat membagi hasil karyanya, masing-masing anggota mendapat dan menerima bagian-bagiannya sendiri-sendiri sesuai dengan tempat dan sifat sumbangan karyanya masingmasing, seperti tersimpul dalam istilah ‘Royong’.

BACA JUGA: Manfaat Keberagaman Budaya Bagi Suatu Bangsa Musyawarah mufakat unuk menyelesaikan persoalan Musyawarah merupakan konsep diskusi yang asli Indonesia, dalam musyawarah yang dipikirkan adalah mencapai keputusan yang dianggap paling utama berdasarkan hati nurani, pertimbangan akal sehat, serta dapat dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa serta nilai-nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

​Contoh musyawarah untuk mencapai mufakat dalam kegiatan sehari-hari di masyarakat, misal saat pemilihan ketua kelas. Di masyarakat, dilakukan untuk memilih ketua RT atau RW. Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi Negara, digunakan sebagai tolak ukur dalam berpikir dan bertingkah laku.Makna sila ke-4 Pancasila, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, adalah adanya penerimaan dari rakyat oleh rakyat, untuk rakyat dengan cara musyawarah dan mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.

Mengukuhkan pemahaman tentang alat pemersatu bangsa Alat pemersatu bangsa merupakan alat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kelangsungan hidup negara dan bangsa Indonesia di era globlalisasi, mengharuskan kita untuk melestarikan alat pemersatu bangsa, agar generasi penerus bangsa tetap dapat menghayati dan mengamalkannya dan agar intisari nilai-nilai yang luhur itu tetap terjaga dan menjadi pedoman bangsa Indonesia sepanjang masa.

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia bukanlah hadiah dari pemerintah kolonial Belanda atau pun Jepang. Kemerdekaan Indonesia diraih melalui perjuangan panjang oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia. Lima alat pemersatu bangsa Indonesia untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan adalah sebagai berikut: • Dasar Negara Pancasila Pancasila telah ada dalam segala bentuk kehidupan rakyat Indonesia.

Sejarah bangsa Indonesia telah mencatat bahwa di antara tokoh perumus gagasan tentang dasar negara Pancasila adalah Mr. Muh. Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno. Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang terbentuk tanggal 29 April 1945 dan dilantik tanggal 28 Mei 1945 kemudian mulai bekerja tanggal 29 Mei 1945 merupakan badan resmi yang membahas dasar negara.

Badan ini beranggotakan 60 0rang dengan ketua Dr. Radjiman Widiodiningrat. Dengan dibentuknya BPUPKI, bangsa Indonesia dapat secara legal mempersiapkan diri menjadi negara merdeka, merumuskan persyaratan yang harus dipenuhi bagi sebuah negara merdeka.

Hal yang pertama kali dibahas dalam sidang BPUPKI adalah permasalahan “Dasar Negara”. Sidang BPUPKI dibagi menjadi dua bagian, yaitu: sidang pertama berlangsung tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945, hasil sidang pertama ini akan dibahas dalam sidang kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 16 Juli 1945.

Baca Juga: • Cara Bangsa Indonesia Dalam Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan • Wujud Perilaku Positif Terhadap Perjuangan Para Pahlawan • Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sidang BPUPKI pertama berlangsung selama empat hari, secara berturut-turut tiga tokoh yang tampil berpidato menyampaikan gagasan/usulan sebagai calon dasar negara.

Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 akhirnya menetapkan UndangUndang Dasar, yang selanjutnya dikenal dengan UUD 1945 dan Pancasila sebagai Dasar Negara, yang rumusannya sebagaimana tercantum dalam alinea IV Dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan UUD 1945.

• Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional dan Bahasa Persatuan Dilansir dari laman B adan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. pada saat itu, para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam kerapatan Pemuda dan berikrar (1) bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, (2) berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan (3) menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Ikrar para pemuda ini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Unsur yang ketiga dari Sumpah Pemuda merupakan pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Pada tahun 1928 itulah bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945 karena pada saat itu Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa Bahasa negara ialah bahasa Indonesia • Bendera Merah Putih sebagai Bendera Kebangsaan Bendera Merah Putih merupakan bendera perjuangan bangsa dan simbol kemerdekaan. Bendera Indonesia ini pertama kali dikibarkan saat presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno, mengikrarkan Proklamasi Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta pada 17 Agustus 1945. Arti warna merah pada bendera ini yaitu melambangkan keberanian bangsa dalam melawan penjajah, sementara putih melambangkan niat suci para pahlawan dan rakyat dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bendera merah putih berkibar untuk mengenang jasa para pahlawan dan untuk mensyukuri Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap tahun, tepat pada tanggal 17 Agustus diselenggarakan upacara pemasangan dan penurunan bendera di Istana Negara. • Lambang Negara Burung Garuda Di dalam UUD 1945 menjelaskan bahwa Lambang Negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Lagu Garuda Pancasila diciptakan oleh Sudharnoto sebagai lagu wajib perjuangan Indonesia. urung Garuda melambangkan kekuatan. Warna emas pada burung Garuda melambangkan kemuliaan. Perisai di tengah melambangkan pertahanan bangsa Indonesia. Setiap simbol pada perisai melambangkan setiap ajaran Pancasila, yaitu: 1. Bintang melambangkan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa 2.

Rantai melambangkan prinsip Kemanusiaan yang adil dan beradab 3. Pohon Beringin melambangkan prinsip Persatuan Indonesia 4. Kepala Banteng melambangkan prinsip Demokrasi yang Dipimpin oleh Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan 5. Padi dan Kapas melambangkan sila Keadilan Sosial bagi Rakyat Seluruh dari Indonesia Warna Merah dan Putih melambangkan warna bendera nasional Indonesia. Warna merah berarti keberanian dan warna putih berarti kemurnian. Garis hitam tebal di perisai melambangkan wilayah Indonesia dilalui oleh garis Khatulistiwa.

• Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan bangsa Indonesia yang diciptakan oleh WR Supratman pada tahun 1924. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan pertama kali pada saat Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Pada tanggal 17 Agustus 1945, yaitu hari kemerdekaan Indonesia, lagu Indonesia Raya ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

Kita harus bersyukur karena memiliki Dasar Negara Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku dengan budaya yang beraneka ragam, tetapi kita tetap satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Kita juga memiliki bahasa yang mempersatukan yaitu Bahasa Indonesia, dan memiliki bendera kebangsaan yang sama yaitu bendera Merah Putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Sebagai bangsa Indonesia, kita harus mempertahankan alat-alat pemersatu bangsa Indonesia dan memegang teguh semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan selalu berpedoman kepada dasar negara Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika kita tentu lebih dapat bersikap bijaksana dalam pergaulan di rumah, lingkungan belajar atau di masyarakat kita yang beragam.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

Kita akan selalu menjaga persatuan dan kesatuan sehingga kehidupan yang rukun, serasi dan harmonis dapat terwujud.
KOMPAS.com - Dalam mewujudkan persatuan Indonesia diawali dengan tahap- tahap pembinaan persatuan, semangat para pemuda dan nilai-nilai kebangsaan.

Pengertian persatuan dan kesatuan Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, istilah persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah belah. Persatuan merupakan perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu.

Kesatuan adalah hasil perkumpulan yang telah menjadi satu dan utuh. Maka, kesatuan berkaitan erat dengan keutuhan. Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, persatuan Indonesia adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia. Hal tersebut, tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi: "Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur".

Baca juga: Butir-butir Pengamalan Pancasila Tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia yang paling menonjol adalah: • Perasaan senasib Perasaan senasib sebagai bangsa akan meningkatkan rasa persatuan seluruh rakyat Indonesia. Perasaan senasib karena faktor keterikatan terhadap tempat kelahiran atau menghadapi masalah tertentu.

Dalam kurun sejarah, bangsa Indonesia pernah menjadi bangsa terjajah.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

Kondisi ini mendorong perasaan senasib bagi bangsa Indonesia. • Kebangkitan nasional Kebangkitan nasional adalah sesi pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan potensi sebagai suatu bangsa.

Kebangkitan nasional Indonesia dipelopori kelahiran organisasi Boedi Oetomo pada 1908. Ciri kebangkitan nasional adalah perjuangan bangsa Indonesia lebih diwarnai perjuangan untuk kepentingan nasional bukan hanya kepentingan daerah.

• Sumpah Pemuda Sumpah Pemuda merupakan penegas bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan sebuah negara yang memiliki identitas dan dicintai rakyatnya.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

• Proklamasi Kemerdekaan Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 merupakan titik puncak perjuangan rakyat Indonesia. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan konsensus atau kesepakatan bangsa Indonesia. Bahwa pengaturan kehidupan berbangsa dan bernegara dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945. Disepakati mengenai bentuk negara, yaitu negara kesatuan Republik Indonesia dan masyarakatnya berada dalam satu bangsa.

Terdiri atas berbagai suku, ras, etnis, budaya, agama dan norma-norma kehidupan yang mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila dan UUD 1945 merupakan konsensus nasional menjadi panduan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perjalanan sejarah sampai saat ini. Baca juga: Makna Bersikap Sesuai Nilai Pancasila Semangat para pemuda Berbagai peristiwa pengkhianatan berupa pemberontakan, gerakan separatis yang dilakukan berbagai kelompok untuk mengubah atau mengganti Pancasila dan UUD 1945 dapat diatasi khususnya oleh para pemuda.

Para pemuda dengan semangat tanpa pamrih memperjuangkan kebangkitan dan kejayaan Indonesia sampai saat ini. Di sisi lain, lemahnya semangat pemuda dalam melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 juga terlihat. Menurut Kementerian Pemuda dan Olahraga, RI kemunduran jiwa dan semangat kebangsaan pada generasi pemuda karena: • Masih maraknya tingkat kekerasan di kalangan pemuda.

• Adanya kecenderungan sikap ketidakjujuran yang makin membudaya. • Berkembangnya rasa tidak hormat kepada orang tua, guru dan pemimpin. • Sikap rasa curiga dan kebencian satu sama lain. • Penggunaan bahasa Indonesia makin memburuk. • Berkembangnya perilaku menyimpang di kalangan pemuda (narkoba, pornografi, pornoaksi dan lain-lain). • Kecenderungan mengadopsi nilai-nilai budaya asing. • Melemahnya idealisme, patriotisme serta mengendapnya semangat kebangsaan.

• Meningkatnya sikap pragmatisme dan hedonisme. • Makin kabur pedoman yang berlaku dan sikap acuh tak acuh terhadap pedoman ajaran agama. Baca juga: Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Lemahnya semangat juang dan munculnya berbagai masalah karakter tersebut pada dasarnya melemahkan tercapainya cita-cita nasional. Perilaku menyimpang di kalangan pemuda jelas merusak masa depan pemuda itu sendiri sekaligus masa depan bangsa Indonesia.

Padahal pemerintah mencanangkan Indonesia Emas pada 2045. Pemuda yang saat ini berusia 13-14 tahun pada 2045 akan berusia 411-42 tahun.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

Mereka akan menentukan keberhasilan Indonesia Emas. Keberhasilan Indonesia Emas 2045 tidak akan didapat tanpa melalui kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan mulai sekarang ini.Soal UH PH Tema 9 Subtema 1 Kelas 6 SD berikut hanyalah sebagai referensi adik-adik dalam belajar persiapan dalam menghadapi ulangan yang sesungguhnya. Soal Evaluasi pembelajaran kelas 6 tema 9 subtema 1 semester 2 kurikulum 2013 dan kunci jawaban mencakup mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP (Seni Budaya dan Prakarya).

Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Berikut contoh soal dan kunci jawaban ulangan tematik kelas 6 tema 9 subtema 1 semester 2 kurikulum 2013 yang dapat kalian pelajari: Soal Pilihan Ganda UH Tematik Tema 9 Subtema 1 Kelas 6 1.

Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat yaitu . a. bersama tetangga membicarakan kejelekan orang b. kerja bakti memperbaiki jalan yang rusak c. bergotong royong membersihkan lingkungan d. membantu tetangga yang sedang ada hajatan 2. Berikut ini yang termasuk perilaku menjaga persatuan dan kesatuan adalah . a. mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi b.

selalu mengunggulkan kebudayaan di daerah sendiri c. memandang diri sendiri lebih unggul daripada orang lain d. mencuekkan orang lain yang berbeda daerah 3.

Menjaga persatuan dan kesatuan adalah tugas dari . a. seluruh warga negara b. anggota TNI/Polri c. tokoh agama dan masyarakat d. presiden dan aparatur pemerintahan 4. Berikut yang tidak termasuk unsur penting dalam cerita fiksi adalah .

a. karakter tokoh b. tema c. alur d. pengarang Perhatikan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6. Januari 2015, NASA bekerja sama dengan beberapa lembaga Antariksa Asia untuk misi penelitian ke planet Mars dengan mengirimkan tiga orang astronot.

Aku mewakili LAPAN untuk bergabung bersama aliansi NASA. Aku adalah seorang ilmuwan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) di bidang Astronautic Engineering, Aku dan dua astronot lain, yakni James ahli Astrobiologi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) dan Hiro ahli Geologi dari JAXA (Japan Aerospace Eksploration Agency), ditugaskan untuk misi penelitian ke planet Mars, sebuah misi impian umat manusia.

Sumber: cerpenmu.com 5. Latar waktu pada penggalan cerita tersebut adalah. a. pada suatu hari b. Januari 2015 c. akhir tahun 2015 d. pertengahan tahun 6. Sudut pandang yang digunakan oleh penulis dalam bercerita adalah . a. orang pertama b. orang kedua c. orang ketiga d. orang keempat 7. Amati gambar berikut!

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

Jenis benda langit yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah . a. planet b. komet c. asteroid d. meteorid 8. Bumi yang kita tempati sekarang ini termasuk dalam kelompok .

a. bintang b. asteroid c. galaksi d. planet 9. Kegiatan penelitian terhadap benda-benda langit tidak dapat dilakukan dengan pengamatan mata secara langsung. Ilmuan memerlukan alat bantu yang disebut dengan . a. lup b. mikroskop c. teleskop d.

kamera foto 10. Proses perubahan pola hidup masyarakat dari tradisional ke kehidupan yang lebih maju disebut . a. reboisasi b.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

teknologi c. modernisasi d. revitalisasi 11.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

Penggunaan fasilitas SMS dan surel (surat elektronik) memiliki dampak positif, yaitu . a. penghematan kertas dan biaya-biaya yang lain b. hemat waktu dan lebih akurat c. mengurangi tatap muka d. tergolong orang yang berpikir maju 12.

Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan terhadap masyarakat, yaitu . a. menimbulkan pemikiran yang rasional pada masyarakat b. menjadikan masyarakat lebih menghargai waktu c. memberikan perasaan percaya diri pada masyarakat d. dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat 13. Interval nada mayor adalah . a. 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1/2 - 1 b. 1/2 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 c. 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 - 1 d. 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 14. Berikut ini alat yang tidak digunakan untuk membuat drum sederhana adalah .

a.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

wadah b. balon c. plester d. garpu 15. Sebuah akor biasanya paling sedikit terdiri dari . a. 4 nada b. 3 nada c.

dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan

2 nada d. 1 nada Soal Isian Tema 9 Subtema 1 Kelas 6 SD 1. Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna berbeda-beda tetapi . 2. Wilayah Indonesia terbentang dari .

sampai . 3. Berdasarkan keterlibatan dalam keseluruhan cerita, tokoh dibedakan menjadi . dan . 4. Cerminan isi suatu cerita dalam beberapa kata yang diletakkan pada awal cerita disebut . 5. Palnet terbesar dalam tata surya kita adalah . 6. Urutan nama planet sebelum Bumi adalah .

7. Suatu proses perubahan yang mengarah kepada kemajuan dalam semua aspek kehidupan masyarakat disebut . 8. Ojek online merupakan bentuk perpaduan modernisasi dalam bidang . dan . 9. Seruling dimainkan dengan cara . 10. Tangga nada yang tidak menaikkan atau menurunkan jarak antar nada disebut . Soal Uraian Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 1. Mengapa perbedaan pendapat tidak dapat disebut sebagai alat pemecah persatuan? 2. Dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa Indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan?

Jelaskan! 3. Jelaskan pengertian cerita fiksi! 4. Bagaimana jika sebuah cerita kurang memiliki daya tarik? 5. Apa yang dimaksud planet? Sebutkan planet-planet dalam tata surya! 6. Jelaskan perbedaan antara planet dengan bintang!

7. Globalisasi dan modernisasi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jelaskan keterkaitan di antara keduanya! 8. Menurut pendapatmu, bagaimana cara mengatasi memudarnya jati diri bangsa sebagai akibat dari proses modernisasi dan globalisasi?

Jelaskan! 9. Jelaskan yang dimaksud dengan akor! 10. Bagaimana cara memainkan angklung? Kunci Jawaban UH (Ulangan Harian) Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 I. Pilihan Ganda • A • D • A • D • B • A • B • D • C • C • C • D • A • D • B II. Essay • Satu jua • Sabang sampai Merauke • Tokoh utama dan tokoh tambahan • Judul • Yupiter • Venus • Modernisasi • Komunikas dan transportasi • Ditiup • Tangga nada natural III.

Uraian 1. Sebab dengan perbedaan pendapat, maka akan menambah wawasan atau pengetahuan kita. 2. Tidak, perjuangan bangsa tidak akan mendatangkan hasil tanpa semangat persatuan dan kesatuan. Penjajah akan mudah memecah belah dan mengadu domba jika persatuan dan kesatuan bangsa tidak ada. 3. Cerita imajinasi atau cerita yang peristiwanya tidak nyata terjadi 4. Jika sebuah cerita kurang memiliki daya tarik, maka pembaca akan enggan melanjutkan membaca cerita tersebut.

5. Planet tidak dapat memancarkan cahaya sendiri, sedangkan bintang mampu memancarkan cahaya sendiri. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus 6. Venus mendapat julukan Bintang Fajar atau Bintang Senja karena kadang kadang terlihat menjelang Matahari terbit atau beberapa saat setelah Matahari terbenam.

7. Globalisasi adalah proses penduniaan di mana batas wilayah suatu negara luluh. Dalam proses globalisasi itulah terjadi proses modernisasi atau proses perubahan dari tradisional ke modern. 8. Dengan memperkuat jati diri bangsa Indonesia, yang terwujud dari jati diri bangsa Indonesia, antara lain: religius, terbuka, humanis, demokratis, nasionalisme dan patriotisme, berbudaya luhur, gotong royong, serta ramah tamah.

9. Bunyi yang dibunyikan serempak yang dibentuk dari beberapa nada dengan jarak nada tertentu 10. Dengan cara digoyangkan Unduh Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Untuk mendapatkan soal UH PH kelas 6 SD semester 2 Tema 9 subtema 1 di atas anda bisa klik link di bawah ini.

Silahkan klik link berikut untuk mendapatkan file soal tematik Kls 6 SD semester 2. Soal UH tematik Kelas 6 Semester 2 Tema 9 Subtema 1 (.docx) Demikian contoh soal ulangan harian/penilaian harian (UH/PH) Kelas 6 SD Semester 2 Tema 9 Subtema 1 beserta kunci jawaban yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk adik-adik belajar.

Baca Juga : Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3
Persatuan dan kesatuan menjadi hal yang penting dalam keberagaman.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu. Melalui persatuan dan kesatuan, masyarakat Indonesia bisa bekerjasama dengan baik walaupun hidup dalam keberagaman.

Sikap persatuan dan kesatuan di antara masyarakat Indonesia sudah lama tumbuh dari rasa senasib dan seperjuangan ketika dijajah oleh negara lain. Bahkan, kemerdekaan Indonesia yang bisa kita rasakan sekarang juga merupakan hasil persatuan dan perjuangan seluruh masyarakat Indonesia pada saat itu. Setiap orang bahu-membahu dan bersatu dalam menghadapi musuh.

Sampai saat ini, persatuan dan kesatuan menjadi suatu hal yang sangat penting di Indonesia. Persatuan bahkan dituliskan pada sila ketiga Pancasila. Dikutip dari buku Super Complete Kelas 4, 5, 6 SD/MI yang ditulis oleh Meity Mudikawaty, dapatkah kemerdekaan dapat diraih bangsa indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan jelaskan (2018: 657)Sila ketiga (Persatuan Indonesia) menjelaskan dalam masyarakat Indonesia yang majemuk mengandung nilai persatuan bangsa dan kesatuan wilayah sebagai pengikat yang menjadi keutuhan nasional atas dasar Bhineka Tunggal Ika.

RESPON INTERNASIONAL TERHADAP KEMERDEKAAN INDONESIA




2022 www.videocon.com