Soal menjodohkan

soal menjodohkan

Assalamualaikum sahabat pendidik, alhamdulillah kita masih dipertemukan di blog Soal menjodohkan tercinta ini ya. Sebagaimana biasanya, penulis ingin terus berbagi inspirasi seputar pembelajaran. Pada kesempatan ini penulis masih ingin berbagi tentang tata cara penulisan soal. Sebelumnya penulis telah berbagi kaidah-kaidah penulisan soal yang serupa lho, antara lain: Peraturan Menteri Pendikdikan dan Kebudayaan atau Permendikbud nomor 23 tahun 2016 telah mengatur standar penilaian pendidikan.

Permendikbud tersebut memaparkan bahwa lingkup penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri dari penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik terdiri dari penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan penilaian aspek keterampilan.

Kita berfokus pada penilaian aspek pengetahuan ya, sahabat pendidik. Aspek pengetahuan dinilai menggunakan teknik penilaian. Salah satu teknik penilaian yang dapat digunakan untuk mengukurnya adalah dengan tes tertulis, yaitu menggunakan soal. • Soal yang tersedia pilihan jawabannya. Soal dengan jenis ini memiliki opsi yang harus dipilih oleh peserta didik.

Contoh dari soal yang tersedia pilihan jawabannya adalah soal pilihan ganda, soal dua pilihan jawaban (berupa soal benar-salah dan soal ya-tidak), dan soal menjodohkan. • Soal yang tidak tersedia pilihan jawabannya. Soal dengan jenis ini tidak memiliki opsi jawaban yang dapat dipilih oleh peserta didik. Contoh dari soal yang tidak tersedia pilihan jawabannya adalah soal isian dan jawaban singkat dan soal uraian.

• Cenderung mengukur kemampuan mengingat, sehingga kurang tepat digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang lebih tinggi. • Kemampuan menebak dengan benar relatif tinggi karena jumlah pernyataan soal (dalam lajur sebelah kiri) dengan pernyataan jawaban (dalam lajur sebelah kanan) tidak banyak berbeda.

• Tidak semua materi atau konsep dapat dilakukan bentuk soal menjodohkan. • Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas. • Pokok soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban. • Pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat soal menjodohkan ganda. • Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal soal menjodohkan jelas dan berfungsi.

• Setiap butir soal dalam satu paket tes yang sama tidak boleh berisi informasi yang bisa mempengaruhi peserta didik dalam menjawab butir soal lain. • Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas. • Jumlah jawaban lebih banyak dari pokok soal. • Pokok soal dan jawaban disusun secara sistematis dan kronologis. • Pokok soal dan jawaban disusun secara homogen dan paralel. • Soal merupakan pernyataan yang berkaitan dengan materi yang diukur.

• Soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar maupun salah. • Kalimat pada pokok soal relatif lebih panjang daripada jawaban. • Pokok soal menggunakan angka sedangkan jawaban menggunakan huruf.

• Gambar, soal menjodohkan atau slogan tidak mengandung unsur iklan promosi produk komersial (iklan) atau instansi (nama sekolah, nama wilayah). • Tidak menggunakan nama tokoh yang masih hidup dalam soal karena dapat diinterpretasikan mempromosikan tokoh tersebut.

• Ilustrasi soal tidak mengandung unsur SARA, kekerasan, asusila, politik, ataupun konten yang dapat menimbulkan dampak negatif. • Gambar, teks atau kutipan sebaiknya dituliskan sumber asalnya.

• Tata letak gambar diusahakan konsisten. Demikianlah bahasan mengenai kaidah penyusunan soal menjodohkan. Semoga dapat membantu para sahabat pendidik dalam mewujudkan soal yang berkualitas. Penulis menuliskan artikel ini berdasarkan Panduan Penilaian Tes Tertulis yang diterbitkan oleh Soal menjodohkan Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai berikut.

Didaksi.com-Soal menjodohkan adalah salah satu bentuk soal yang terdiri dari dua pernyataan.

soal menjodohkan

Pernyataan pertama biasanya ditulis pada lajur sebelah kiri (atau pada bagian atas). Pernyataan yang kedia biasanya diletakkan disebelah kanan atau bawah. Pernyataan pertama biasa juga disebut dengan stimulus atau premis sedangkan pernyataan yang kedua lebih akrab disebut dengan respon. Pernyataan kedua ini biasanya berbentuk jawaban kata, bilangan atau bahkan gambar. Peserta didik dalam ha ini diperintahkan untuk menjodohkan antara pernyataan atau premis yang ditulis pada lajur sebeah kiri atau bagian atas dengan lajur sebelah kanan atau di bawahnya.

Peserta didik diperitahkan untuk mecarikan pasangan yang berhubungan dengan pernyataan pertama. Lihatlah contoh dibawah ini. Petunjuk: Jodohkan pernyataan pada bagian A dengan jawaban yang tepat pada bagian B 3 Bakteri yang menyebabkan penyakit disentri. c) Shigella dysentriae 4 Bakteri yang menyebabkan penyakit tetanus.

d) Robert Whittaker 5 Ilmuan yang mengembangkan suatu metode binomial nomenclatur atau sistem tata nama ganda. e) Clostridium tetani soal menjodohkan Robert Spancer Petunjuk: Berikut ini terdapat daftar dua nama. Pada bagian A terdapat istilah dan pada bagian B terdapat pengertian.

Jodohkan istilah tersebut dengan pengertian yang ada pada bagian B. No A B Hadits Ilmu Membaca Alquran Tajwid Perkataan Rasulullah Qana’ah Tempat keluarnya huruf Makhraj Perbuatan Rasulullah Sunnah Sikap Rela menerima Sikap Rela Memberi A.

Kemampuan yang diukur Soal menjodohkan akan mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi dan menghubungkan antara premis dengan respon. Peserta didik yang bisa menghubungkan antara dua pernyataan secara benar menandakan bahwa mereka mempunyai kemampuan untuk mengidetifikasi informasi secara jeli sehingga bisa memilah dan memilih untuk kemudian dicocokkan menjadi suatu pola yang padu.

Jadi, kemampuan yang ingin diukur adalah kemampuan untuk mengidentifikasi informasi secara jeli. Lihatlah beberapa contoh dibawah ini. B. Kaidah Kepenulisan Sebagaimana layaknya yang lain, tiap soal mempunyai soal menjodohkan dan tekhnik penulisan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Ada beberapa tekhnik penulisan dalam soal menjodohkan ini.

Menurut Dr. Sumarna Surapranata ada beberapa kaidah penulisan dalam soal menjodohkan [1]. • Sesua dengan indicator. kaidah ini lebih bersifat universal. Setiap penulisan soal, indicator menjadi acuan yang tidak boleh dilupakan.

soal menjodohkan

Kalau ada guru yang ingin membuat soal menjodohkan, maka guru harus mampu menyesuaikan dengan indicator yang ada dalam kurikulum. Kalau ada soal yang tidak sesua dengan indicator, maka itu telah lepas dari rambu-rambu dasar dalam membuat soal.

Inilah beberapa contoh soal yang tidak sesua dengan indicator dalam materi Sains. Standart Kompetensi: Peserta didik mampu memahami bagian anggota tubuh serta kegunaannya, kebutuhan dan cara perawatannya, serta soal menjodohkan mmelihara lingkungan yang sehat. Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok Melakukan pengamatan pada bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatannya -Menyebutkan bagian-bagian tubuh yang tampak jelas (seperti mata, telinga, hidung, lidah kulit serta gigi) – Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatannya.

Contoh soal yang kurang baik: Petunjuk: Jodohkan pernyataan pada bagian A dengan jawaban yang benar dengan bagian B ! No Bagian A Bagian B 1 Organ tubuh untuk mencium a) Jantung 2 Organ tubuh untuk melihat b) Gigi 3 Organ tubuh untuk mengecap c) Kulit 4 Organ tubuh untuk menyerap oksigen d) Lidah 5 Organ tubuh untuk memompa darah e) Mata f) Paru-paru Pada soal nomor satu dan soal no tiga yang ada dalam premis dan bagian a serta f kurang sesua dengan indicator.

indicator yang menuntut peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian tubuh yang tanpak jelas. Pada bagian soal no satu dan tigag serta premis a dan f menyebutka bagian organ tubuh yang tidak jelas.

Soal tersebut salah karena tidak sesua dengan indicator. Soal diatas akan mnjadi benar kalau bagian-bagian poin yang tidak sesua dengan indicator diganti dengan poin yang sesua dengan indicator.

lihatlah contoh soal yang benar di bawah ini. Petunjuk: Jodohkan pernyataan pada bagian A dengan jawaban yang benar dengan bagian B ! No Bagian A Bagian B 1 Organ tubuh untuk mencium a) Gigi 2 Organ tubuh untuk soal menjodohkan b) Hidung 3 Organ tubuh untuk mendengar c) Kulit 4 Organ tubuh untuk meraba d) Lidah 5 Organ tubuh untuk mengecap e) Mata f) Telinga • Homogenitas Dalam membuat soal, guru harus menggunakan materi-materi yang homogeny, baik itu kelompok soal atau premis dan jawaban atau respon.

Soal menjodohkan yang kurang homogeny akan udah ditebak oleh peserta didik. Ketika peserta didik hanya menebak, maka bukan kemampuan mengidentifikasi yang akan diukur tapi kemampuan berspekulasi. Lihatlah soal menjodohkan dibawah ini soal yang kurang baik karena tidak homogeny dan soal yang homogeny. Soal yang kurang baik.

Petunjuk: Jodohkanlah pernyataan pada bagian A dengan jawaban yang tepat pada bagian B ! No Bagian A Bagian B 1 Organ tubuh untuk melihat a) Lidah 2 Organ tubuh untuk mengecap b) Mata 3 Rumah yang segar c) Telingan 4 Organ Tubuh untuk mendengar d) Ada vantilasinya 5 Alat untuk berkomunikasi jarak jauh e) Tangan 6 Organ tubuh untuk mengambil f) HP g) Tumit Pada soal no 3 dan 5 soal menjodohkan jawaban bagian d dan f merupakan poin yang membuat soal cedera atau kurang baik karena tidak homogeny.

soal itu akan menjadi baik apabila soal menjodohkan yang tidak homogeny diganti soal menjodohkan soal yang homogeny. lihatlah contoh dibawah ini. Soal yang baik. Petunjuk: Jodohkanlah pernyataan pada bagian A dengan jawaban yang tepat pada bagian B ! No Bagian A Bagian B 1 Organ tubuh untuk melihat a) Lidah 2 Organ tubuh untuk mengecap b) Mata 3 Organ untuk mencium c) Telingan 4 Organ Tubuh untuk mendengar d) Hidung 5 Organ untuk berjalan e) Tangan 6 Organ tubuh untuk mengambil f) Kaki g) Tumit • Jumah jawaban lebih dari jumlah soal Jumlah jawaban atau respon harus lebih banyak dari jumlah soal atau premis.

Kalau jumlah respon sama dengan jumlah premis atau soal, maka itu akan membuka peluang peserta didik untuk melakukan spekulasi atau menebak. Meski tebak menebak itu bisa terjadi dalam bentuk soal apapun, tapi dengan cara melebihkan jawaban itu adalah upaya untuk menutup ruang spekulasi bagi peserta didik.

lihatlah contoh dibawah ini. Contoh soal yang kurang baik. Petunjuk: Jodohkan pernyataan yang benar pada bagian A dengan jawaban yang tepat pada bagian B !

No Bagian A Bagian B 1 Rumah yang Segar a) Bak Sampah 2 Rumah yang soal menjodohkan b) Sering dibersihkan 3 Tempat yang tidak sehat dibersihkan c) Ada gentingnya 4 Tempat pembuangan sampah yang baik a) Diberi ventilasi Dalam contoh soal diatas peserta, antara premis dengan respon jumlahnya sama.

Peserta didik ketika melihat soal tersebut akan udah untuk menebak atau melakukan spekulasi. Ketika peserta didik hanya menebak, maka soal tersebut sebenarnya telah gagal enjadi instrument untuk mengkur kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi. Dengan demikian, respon atau jawaban yang ada dipinggir kanan hendaknya jumlahnya ditambahi satu atau bahkan dua. Contoh soal yang lebih baik: Petunjuk: Jodohkan pernyataan yang benar pada bagian A dengan jawaban yang tepat pada bagian Soal menjodohkan !

No Bagian A Bagian B 1 Rumah yang Segar a) Bak Sampah 2 Rumah yang bersih b) Sering dibersihkan 3 Tempat yang tidak sehat dibersihkan c) Ada gentingnya 4 Tempat pembuangan sampah yang baik d) Diberi ventilasi e) Diberi bunga • Panjang Soal Pernyataan yang panjang lebih baik diletakkan pada sebelah kiri dan pernyataan yang pendek disebelah kaan.

Peserta didik akan merasa kusulitan untuk menghubugkan atau menjodohkan bagian yang pendek dengan bagian yang panjang. Lihatlah contoh dibawah ini ! Contoh soal yang kurang baik Petunjuk: Jodohkanlah pernyataan pada bagian A dengan jawaban yang soal menjodohkan pada bagian B !

No Bagian A Bagian B 1 a) Pembawa 1) Melibatkan orang lain dalam masalah 2 b) Terbawa 2) Memegang atau mengangkat sesuatu 3 c) Membawa 3) Orang yang mengangkat 4 d) Pembawaan 4) Barang-barang yang dapat diangkat 5 e) Membawakan 5) Sifat yang ada sejak lahir 6 f) Membawa-bawa 7 g) Bawaan Contoh soal yang lebih baik Petunjuk: Jodohkanlah pernyataan pada bagian A dengan jawaban yang tepat pada bagian B ! No Bagian A Bagian B 1 Melibatkan orang lain dalam masalah a) Pembawa 2 Memegang atau mengangkat sesuatu b) Terbawa 3 Orang yang mengangkat c) Membawa 4 Barang-barang yang dapat diangkat d) Pembawaan 5 Sifat yang ada sejak lahir e) Membawakan 6 f) Membawa-bawa 7 g) Bawaan • Butir soal dan jawaban dalam satu halaman Soal dan jawaban atau premis dan respon harus diletakkan dalam satu halaman yang sama.

Kalau butir soal dengan jawaban diletakkan pada halaman yang berbeda, maka itu akan membuat sukar para siswa karena harus mebolak-balik halaman. Letakkanah butir soal dengan jawaban dalam satu halaman !

• Penggunaan nomor, artinya stimulus (premis) harus menggunakan nomor angka (1, 2, 3 ) sebagai nomor pada pernyataan, sedangkan respon harus menggunakan nomor abjad (a, b, c, ). • Pilihan jawaban soal menjodohkan berbentuk angka hendaknya disusun secara sistematis, dari besar ke kecil atau sebaliknya. Kalau alternatif jawaban berupa tanggal dan tahun terjadinya peristiwa maka susun tanggal dan tahun tersebut secara berurutan secara kronologis dengan baik.

• Menggunakan EYD yang baik dan benar. Rumusan kalimat butir soal hendaknya menggunakan kalimat yang lugas, jelas dan bahasa yang sesua dengan EYD. C. Tekhnik Penskoran Penskoran dalam soal pilihan ganda sanagat mudah dilakukan. Kalau peserta didik dapat menjawab soal dengan benar, maka diberi skor 1.

Kalau peserta didik tidak bisa menjawab dengan benar, maka diberi skor 0. Itulah teknik penskoran dari soal menjodohkan. D. Kelebihan dan kelemahan Ada beberapa keunggulan dan kelemahan dalam soal menjodohkan. Keuggulan. • Soal menjodohkan relative lebih mudah dibuat, apalagi kalau dibandingkan dengan soal pilihan ganda • Cakupan materi cukup luas. • Kalau dilihat dari segi rumusan soal menjodohkan dan cara memberikan jawaban, soal menjodohkan ini lebih ringkas dan ekonomis.

• Guru bisa melakukan proses penskoran dengan mudah, cepat dan obyektif. Kelemahan • Hanya mengukur kemampuan mengingat. Soal menjodohkan ini belum bisa mengukur lebih jauh ihwal kemampuan kognitif.

• Sulit menjaga kehomogenan isi premis maupun respons, lebih-lebih bila dilihat dari segi kesamaan kemampuan yang akan diukur. • Membuka ruang peserta didik untuk menebak jawaban benar relatif tinggi karena jumlah pernyataan soal dengan jumlah pernyataan jawaban tidak banyak berbeda, selisih jumlah pun tidak terlalu banyak. Ruang spekulasi masih tetap terbuka. [1] Dr. Sumarna Surapranata, opcit, hlm. 118
C. SOAL MENJODOHKAN 1.

Karateristik Soal soal menjodohkan terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok pertama (A) adalah pernyataan atau pertanyaan yang disebut dengan stimulus atau premis, dan biasanya ditulis disebelah kiri, dan kelompok kedua (B) adalah jawaban dari pertanyaan atau pernyataan yang disebut dengan respon, dan baiasanya ditulis disebelah kanan. Premis (A) dapat juga ditempatkan dibagian atas, dan respon soal menjodohkan ditempatkan dibagian soal menjodohkan. Pada bentuk soal menjodohkan, peserta tes dirnintah untuk memilih pasangan pernyataan atau pertanyaan yang ada di kelompok A pada respon yang ada di kelompo B.

2. Kemampuan yang Diukur Bentuk soal menjodohkan sangat baik untuk mengukur kemampuan peserta didik yang sederhana seperti kemampuan mengidentifikasi informasi berdasarkan hubungan yang sederhana, dan kemampuan mengidentifikansi hubungan antara dua hal. Makin banyak hubungan antara premis dengan respond yang dapat dibuat maka makin balk soal yang disajikan. Jumlah respond harus lebih banyak dari stimulis atau premis.

Agar soal berfungsi dengan baik, maka hal yang dinyatakan dibagian premis hendaknya homogen dari segi isi. Bagian respond selain harus homogen juga harus merupakan hal memiliki kernungkinan benar untuk menjadi jawaban benar. 3. Jenis Soal Soal menjodohkan hanya ada satu bentuk yaitu bentuk soal dengan stimulis atau premis yang diletakkan di sebelah kiri aau dibagian atas dan respond yang diletakkan dibagian kanan atau bawah.

soal menjodohkan

4. Penskoran Penskoran soal menjodohkan sangat sederhana karena menggunakan penskoran dikotomi yaitu skor 1 kalau jawaban benar dan skor 0 kalau jawaban salah. 5.

Keunggulan dan Kelemahan Keunggulan soal menjodohkan adalah: • Materi yang dicakup dalam soal luas • Penyusunan butir soal relatif mudah, khususnya jika dibandingkan dengan soal pilihan ganda. • Ringkas dan ekonomis di!ihat dari segi rumusan butir soal dan dari segi cara memberikan jawaban • Penskoran mudah dilakukan, cepat, dan obyektif. Kelemahannya soal menjodohkan adalah: • Hanya mengukur kemampuan mengingat • Sukar kehomogenan isi premis maupun respons khususnya ditinjau dari segi kesamaan kemampuan yang hendak diukur.

• Kemungkinan menebak jawaban benar relatif tinggi karena jumlah pernyataan soal dengan jumlah pernyataan jawaban tidak banyak berbeda. 6. Kaidah penulisan • Harus sesuai dengan indikator, artinya soal harus mengacu pada indikator dalam kurikulum • Homogenitas, artinya dalam menyusun soal menjodohkan perlu diperhatikan agar premis maupun respond terdiri atas hal-hal yang homogen.

• Jumlah respon harus lebih banyak dari jumlah premis untuk menghindari kemungkinan menebak jawaban dan peserta didik. • Panjang pendek premis dan respon, premis harus Iebih panjng kalimat atau pernyataannya dari respon. • Butir soal dan pilihan jawaban harus ada pada satu halaman untuk menghindari kasulitan peserta didik dalam memboiak batik halaman, karena tidak efektif dari segi waktu. • Penggunaan nomor, artinya stimulus (premis) harus menggunakan nomor angka (1, 2, 3 … dst) sebagai nomor pada pernyataan, sedangkan respon harus menggunakan nomor abjad (a, b, c, dst).

• Penggunaan angka, pilihan jawaban yang berbentuk angka hendaknya disusun secara berurutan dari besar ke kecil atau sebaliknya. Apabila alternatif jawaban berupa tanggal dan tahun terjadinya peristiwa maka susun tanggal dan tahun tersebut secara berurutan secara kronologis.

• Penggunaan bahasa EYD, artinya rumuskan kalimat butir soal dengan menggunakan bahasa yang balk soal menjodohkan dengan kaidah bahasa Indonesia, serta kalimat yang singkat dan jelas • Petunjuk pengerjaan, artinya tuliskan petunjuk pengerjaan tes yang jelas dan mudah dipahami oleh peserta tes. April 2010 S S R K J S M 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 • Laman • A. soal jawaban singkat • B.

Soal Benar – Salah • penelitian pendidikan • tulisan terakhir • SOAL PILIHAN GANDA • SOAL MENJODOHKAN • Hello world! • Arsip Arsip • Tulisan Teratas • SOAL MENJODOHKAN Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Keunggulan, Kaidah Soal Menjodohkan Berikut Soal menjodohkan Soal - Dalam membuat soal tidak lepas dari Soal Pilihan Ganda atau Soal Essay. Namun sebenarnya ada macam-macam bentuk soal yang biasanya dilaksanakan di setiap Ulangan dan Ujian. Namun terkadang sering diabaikan jika tidak mengetahui sistem dalam menyusun soalnya. Bentuk soal menjodohkan mengukur kemampuan peserta tes dalam mencocokkan, menyesuaikan, dan menghubungkan antardua pernyataan yang disediakan.

Soal ini terdiri atas dua lajur. Lajur pertama (sebelah kiri) berupa pokok soal dan lajur kedua (sebelah kanan) berupa respons (jawaban). Berikut adalah keunggulan dan keterbatasan bentuk soal menjodohkan. Berikut ini kami bagikan secara lengkap dalam membuat soal Menjodohkan, silahkan disimak.!! Keunggulan dan Keterbatasan Soal Menjodohkan Keunggulan • Relatif lebih mudah dalam perumusan butir soal • Ringkas dan efektif dilihat dari segi rumusan butir soal dan pilihan jawaban • Penskoran dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan objektif Keterbatasan • Cenderung mengukur kemampuan mengingat, sehingga kurang tepat digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang lebih soal menjodohkan.

• Kemampuan menebak dengan benar relatif tinggi karena jumlah pernyataan soal (dalam lajur sebelah kiri) dengan pernyataan jawaban (dalam lajur sebelah kanan) tidak banyak berbeda.

• Tidak semua materi atau konsep dapat dilakukan bentuk soal menjodohkan. Kaidah Penulisan Menjodohkan Kaidah yang perlu diperhatikan dalam penulisan soal menjodohkan adalah materi, konstruksi, dan bahasa. Materi • Soal harus sesuai dengan indikator.

• Soal harus logis dan homogen ditinjau dari segi materi. • Rumusan pokok soal dan jawaban harus merupakan pernyataan yang berkaitan dengan materi yang diukur. Konstruksi • Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas. • Pokok soal soal menjodohkan memberi petunjuk ke arah jawaban. • Pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda. • Gambar, grafik, tabel, diagram, dan soal menjodohkan yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi. • Setiap butir soal dalam satu paket tes yang sama tidak boleh berisi informasi yang bisa mempengaruhi peserta didik dalam menjawab butir soal lain.

• Pokok soal soal menjodohkan dirumuskan secara jelas dan tegas. • Jumlah jawaban lebih banyak dari pokok soal. • Pokok soal dan jawaban disusun secara sistematis dan kronologis. • Pokok soal dan jawaban disusun secara homogen dan paralel. • Soal merupakan pernyataan yang berkaitan dengan materi yang diukur.

soal menjodohkan

• Soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar maupun salah. • Kalimat pada pokok soal relatif lebih panjang daripada jawaban. • Pokok soal menggunakan angka sedangkan jawaban menggunakan huruf. Bahasa • Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.

• Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif. • Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat, terutama jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional. Contoh Soal Menjodohkan
Contoh Soal Menjodohkan Contoh Soal Dan Materi Pelajaran 7.

Contoh soal menjodohkan bahasa indonesia sd sebanyak 5 soal 18628333. Pin Di Permainan Anak 110 Contoh Soal Vocabulary Lengkap Dengan Jawaban Pustaka. Contoh soal menjodohkan. Di dalam melaksanakan penilaian guru perlu mengikuti langkah tolong ya soal menjodohkan ini brainly co id. Doc Soal Latihan Bahasa Inggris Sd Kelas 5 Tahun 2013. Contoh soal menjodohkan bahasa indonesia contoh soal soal menjodohkan kelas 6 sd soal ulangan harian k 13 kelas 4 tema 8 subtema 2 bab 4 penyusunan instrumen dan teknik penskoran 27 12 13.

Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 1. Contoh soal pilihan ganda menjodohkan benar salah esay isian. Contoh file soal uts lengkap kelas 1 6 sdmi semua mata pelajaran 20162017 berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang contoh soal menjodohkan anak sd yang bisa gunakan untuk bank soaldownloadsd dan diunduh secara gratis dengan menekan soal menjodohkan download biru dibawah ini.

Kali ini kita akan coba berikan lagi contoh soal AKM tipe menjodohkan bab soal menjodohkan bencana. Mobil mogok akan bergerak jika di dorong. 1tarikan atau dorongan yang mempengaruhi keadaan suatu benda disebut. Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Soal menjodohkan Contoh Soal Terbaru. 80 Soal Bahasa Inggris Smk Kelas Xi Dan Kunci Jawaban Business. Contoh soal akm smp bahasa indonesia kelas 8. Inilah Soal Menjodohkan Ipa Kelas 4 Sd Pendidikan. Contoh Soal Soal Fisika Kelas 10 SMAMA dan Kunci Jawabannya 2019.

Contoh soal dan materi pelajaran 1 contoh soal menjodohkan. Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Sd Oleh Bu Popi Diposting pada Juli 18 2020. Namun terkadang sering diabaikan jika tidak mengetahui sistem dalam menyusun soalnya. Contoh Soal Menjodohkan Zona Ilmu 4. Sebelumnya jangan lupa like dan share blog ini ya. 1Tarikan atau soal menjodohkan yang mempengaruhi keadaan suatu benda disebut. Contoh Soal menjodohkan Menjodohkan. Hal ini gaya mempengaruh. Berikut ini adalah soal uts lengkap kelas 1 6 sdmi semua mata pelajaran 20162017 yang merupakan kumpulan file dari berbagi sumber bank soaldownloadsd tentang contoh soal sd menjodohkan yang bisa bapakibu gunakan dan diunduh.

Contoh soal menjodohkan pai cara membuat soal menjodohkan contoh soal menjodohkan prinsip konstruksi soal menjodohkan by edyjo2 in types gt instruction manuals soal and contoh. Baru Perintah Soal Menjodohkan.

Soal B Inggris Peminatan Nurul Nuraini. Bang soal pkn smp dan kunci jawaban smester genap download contoh soal hots kelas 4 sd tema 2 soal agama kristen kls 1 sd bank soal hots pkn tema 3 kelas 2 sd semester 1 latihan soal agama katolik sd soal uas agama hindu kelas 7 smp semester 1. Contoh Soal Matematika Kelas Viii Semester 1. Contoh soal menjodohkan bahasa indonesia kelas 5 sd yang bisa bapakibu guru unduh secara gratis dengan menekan tombol download.

Contoh Soal Menjodohkan Contoh Soal Dan Materi Pelajaran 7. Seeing the fox in the well it asked if the water was good.

LKPD Menjodohkan Pemanasan GLobal worksheet. Soal PKn Kelas 1. Bacalah narrative text berikut ini dan. Contoh Soal Menjodohkan Contoh Soal Pelajaran Anak Sd Contoh Soal Menjodohkan Contoh Soal Dan Materi Pelajaran 7. Kumpulan Soal Blog Guru Geografi Man 1 Gunungkidul. Bank Soal Blog Guru Geografi Man 1 Gunungkidul. Soal Ulangan Harian Pai Kelas 1 Semester 2 K 13. Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Guru Ilmu Sosial. Terlihat pada gambar bahwa a adalah persamaan garis 5x y 10 titik potong dengan sumbu x jika y 0.

Doc Kisi Kisi Soal Ipa Kelas 3 Tri Ajeng Yuni Astutik. Pin Di Aplikasi Dan Berkas Pendidikan. Menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya. Kumpulan 200 contoh soal bahasa inggris lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Berikut ini adalah rincian soal bahasa indonesia kelas 7 smp. Soal Ulangan Harian Pai Kelas 1 Semester 2 K 13. Numan Soemantri Bahwa IPS adalah pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD SLTP dan SLTA. Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Inggris Sma. Dapatkan pelajaran soal dan rumus Fisika lengkap SD SMP SMA.

Nov 20 2020 Contoh soal PAS Ganjil IPS kelas 9 ini. Fila harus membeli buku kunci jawaban. Bencana geologi sangat rentan terjadi di Indonesia karena posisi kita berada di zona pegunungan aktif muda sirkum Pasifik.

Ujian tengah semester dua ii2 merupakan ujian yang diselenggarakan pada pertengahan semester ii. Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Kumpulan Koleksi Pilihan Soal Menjodohkan Bentuk Bentuk Tes Libeau Yuk Kerjakan Contoh Soal Tpa Penalaran Analitik Ini Agar Sukses Teknik Penilaian Tes Ari Afdal Contoh Soal Menjodohkan Kumpulan Koleksi Pilihan Ekonomi10cx Asessment Pembuatan Soal Soal Latihan Drill Bahasa Inggris Anak Anak Sd Tersebar.

Lembar latihan menulis untuk anak contoh soal teka teki silang tts tema geografi kumpulan tts campuran. Contoh Soal Menjodohkan Zona Ilmu 4. Contoh soal Olimpiade Fisika Sma. Bank Soal Download SDipa sd kelas 3 contoh soal c1 sampai c6 bahasa indonesia sd contoh soal menjodohkan agama islam contoh soal hots PAI sd. Bacalah teks berikut ini untuk. Indonesia merupakan negara dengan tingkat kerentanan bencana alam seperti bencana geologi dan hidrometerologi.

soal menjodohkan

Uh 123 Pai Vii Genap 2013. Contoh Soal Report Text Pilihan Ganda dan Jawaban Report Text merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang menjelaskan detail suatu objek. Sebuah obyek diletakkan sejauh 25 cm di depan lensa obyektif. Kantor kelurahan menghadap arah soal menjodohkan mushola. Berikut sagararupa memberikan Soal. Contoh soal menjodohkan bahasa indonesia kumpulan koleksi pilihan latihan soal menjodohkan. Contoh soal dan materi pelajaran 1 contoh soal menjodohkan.

Semakin kuat bola ditendang maka gerakan bola. Contoh file soal uts lengkap kelas 1 6 sdmi semua mata pelajaran 20162017. Bentuk Soal An Adalah Pilihan Ganda Pilihan Ganda Kompleks Isian Singkat Uraian Dan Menjodohkan Di 2021 Belajar Kurikulum Referensi Pin Auf Bm Contoh Kaedah Kajian Geografi Pt3 Terbaik Preschool Printables Cute Stickers My Saves Pin Di Simulasi Digital Download Soal Tematik Kelas 2 Semester 1 Tema 4 Subtema 1 Hidup Bersih Dan Sehat Hidup Bersih Dan Sehat Di Matematika Kelas 5 Matematika Kelas 4 Tema Kelas Pedoman Penskoran A Petunjuk Penilaian Soal Pilihan Ganda Nomor Soal Bobot Soal 1 20 5 Jum Daily Routine Chart For Kids Student Survey Daily Routine Chart Pin On Dokumen Dan Aplikasi Xlsx Pendidikan Bentuk Soal An Adalah Pilihan Ganda Pilihan Ganda Kompleks Isian Singkat Uraian Dan Menjodohkan Di 2021 Belajar Kurikulum Referensi Download Soal Kelas 2 Semester 1 Tema 1 Subtema 1 Hidup Rukun Hidup Rukun Di Rumah Rief Awa Blog Download Kumpulan Pendidikan Sekolah Dasar Tema Kelas Kategori wallpaper Tag contoh, menjodohkan, soal Navigasi Tulisan
Poin pembahasan Terpopuler 28+ Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp adalah : Soal menjodohkan Soal menjodohkan Bahasa Indonesia Sd, Terpopuler 28+ Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp.

Sebagai soal ujian indah dan cantik kita telah ada buat Anda dengan bermacam model misalnya Download Gambar Wallpaper Hp Android dll. Selain bisa memperindah tampilan HP, soal ujian dengan tema tulisan ini bisa memberikan warna tersendiri buat keseharianmu. Simak ulasan terkait soal ujian dengan artikel Terpopuler 28+ Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp berikut ini Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp Guru Ilmu Sumber : www.ilmusosial.id Soal Menjodohkan Mata Pelajaran Soal menjodohkan Indonesia Di Kelas Guru SD SMP SMA soal menjodohkan mata pelajaran bahasa indonesia di kelas 4 tema 5 Contoh File Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 2020 Berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang soal menjodohkan mata pelajaran bahasa indonesia di kelas 4 tema 5 yang bisa gunakan untuk wallpaper dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah Contoh Soal Un Sd 2020 Dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Sumber : taxierogon.weebly.com Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Sd Contoh Soal 10 25 2020 On selasa september 12th 2020 by madesu Contoh soal menjodohkan bahasa indonesia sd Dari satria560 02102020 masuk untuk menambahkan komentar Bang soal pkn smp dan kunci jawaban smester genap download contoh soal hots kelas 4 sd tema 2 soal agama kristen kls 1 sd bank soal hots pkn tema 3 kelas 2 sd semester 1 latihan soal agama katolik sd soal uas agama hindu kelas 7 smp semester 1 contoh Contoh Soal Bahasa Indonesia Un Sma Contoh Soal Terbaru Sumber : barucontohsoal.blogspot.com Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Sma Guru SD SMP Guru SD SMP SMA contoh soal menjodohkan bahasa indonesia sma Contoh File Soal UTS Lengkap Kelas 1 6 SD MI Semua Mata Pelajaran 2020 2020 Berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang soal menjodohkan soal menjodohkan bahasa indonesia sma yang bisa gunakan untuk Bank Soal Download SD dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini Contoh soal un bahasa indonesia smp pk1 dan pembahasannya Sumber : www.slideshare.net Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp Guru Paud Contoh soal pts uts 1 bahasa indonesia smp mts Guru sd smp sma soal menjodohkan mata pelajaran bahasa indonesia di kelas 4 tema 5 Berikut ini adalah download administrasi kelas x kurikulum ktsp yang merupakan kumpulan file dari berbagi sumber tak berkategori tentang contoh soal menjodohkan bahasa indonesia sma yang bisa bapakibu gunakan dan Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 Sumber : www.slideshare.net Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Guru Paud 9 30 2020 Contoh file soal uts lengkap kelas 1 6 sdmi semua mata pelajaran 20202020 berikut ini adalah kumpulan dari soal menjodohkan sumber tentang contoh soal menjodohkan bahasa indonesia smp yang bisa gunakan untuk bank soaldownloadsd dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini 50 soal bahasa indonesia kelas 5 semester 1 soal Contoh Soal Unbk Bahasa Indonesia Smp 2020 Guru Ilmu Sosial Sumber : www.ilmusosial.id Contoh Soal Benar Salah Bahasa Indonesia Guru SD SMP SMA Guru SD SMP SMA contoh soal benar salah bahasa indonesia Contoh File Soal UTS Lengkap Kelas 1 6 SD MI Semua Mata Pelajaran 2020 2020 Berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang contoh soal benar salah bahasa indonesia yang bisa gunakan untuk Bank Soal Download SD dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini Contoh SOAL UAS SMA Bahasa Soal menjodohkan Kelas 10 Kurikulum 2020 Sumber : kumpulansoalujian.com Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp Guru SD SMP Guru SD SMP SMA contoh soal menjodohkan bahasa indonesia smp Contoh File Soal UTS Lengkap Kelas 1 6 SD MI Semua Mata Pelajaran 2020 2020 Berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang contoh soal menjodohkan bahasa indonesia smp yang bisa gunakan untuk Bank Soal Download SD dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Sd Guru Ilmu Sosial Sumber : www.ilmusosial.id Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp Guru Ilmu Sumber : www.ilmusosial.id Contoh Soal menjodohkan Bahasa Indonesia Sd, Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp Guru Ilmu Sumber : soal menjodohkan Contoh Soal Diksi Bahasa Indonesia Contoh Siar Sumber : contohsiar.blogspot.com Contoh Soal Un Bahasa Indonesia Kelas 9 Contoh Soal Terbaru Sumber : barucontohsoal.blogspot.com Kumpulan Soal Ukg Bahasa Indonesia Smp Dan Kunci CONTOH Sumber : www.contohteks.net Contoh Soal C1 C6 Bahasa Indonesia Contoh Soal Terbaru Sumber : barucontohsoal.blogspot.com Kumpulan Soal Bahasa Indonesia SMP MTs Sumber : basindon.blogspot.com • gif lucu (257) • gambar lucu (238) • gambar gif (112) • soal ujian (109) • aneka rumus (80) • seni lukisan (33) • kartun sedih (22) • desain logo (18) • gif bergerak (17) • pemandangan alam (17) • gambar kartun (10) • gambar bunga (9) • gif selamat (9) • animasi lucu (5) • animasi bergerak (4) • gambar hewan (4) • gif meme (4)Contoh Soal Menjodohkan SD Kelas 3 – Soal menjodohkan merupakan salah satu bentuk soal yang terdiri dari pertanyaan yang sudah disediakan pilihan jawabannya.

Soal menjodohkan ini serupa dengan soal pilihan ganda, hanya saja ada sedikit perbedaan dari soal ini. Dalam soal menjodohkan, pertanyaan pertama umumnya disebut dengan stimulus atau premis, sedangkan pertanyaan kedua dikenal dengan respon.

soal menjodohkan

Bagi adik-adik kelas 3 SD, soal menjodohkan ini kerap kali dimunculkan dalam ulangan seperti ulangan akhir semester. Daftar ISI • Contoh Soal Menjodohkan SD Kelas 3 • A.

Matematika Kelas 3 SD • B. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) • C. Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Soal menjodohkan kerap kali muncul dalam soal UAS IPA kelas soal menjodohkan SD, jadi ada baiknya adik-adik kelas 3 SD untuk mempelajari jenis soal ini. Nah dalam hal membantu adik-adik belajar pertanyaan menjodohkan, berikut ini kami dari inspired2write akan memberikan contohnya.

Advertisements Tidak semua materi pelajaran SD kelas 3 tersedia soal menjodohkan, akan tetapi hanya beberapa materi pelajaran saja yang tersedia. Soal menjodohkan umumnya ditemui dalam materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan dan lainnya. Contoh soal ini juga bisa adik-adik dapatkan pada Lembar Kompetensi Siswa (LKS) yang didapatkan dari Sekolah Dasar (SD) masing-masing. Berikut adalah sejumlah contoh soal menjodohkan SD kelas 3 semester 1 dan 2 K13 dari beberapa materi pelajaran.

A. Matematika Kelas 3 SD I. Contoh Soal Menjodohkan UTS Matematika Mari menjodohkan dengan jawaban tepat! 1. 1, 3, 5, 7, 9, …. a. 2 2. 900 : 3 : 4 = soal menjodohkan. b. 11 3. 25, 35, c, 55, 65, 75 c = …. c. 22 4. 532 + 436 – 647 = …. d. 45 5. 663 : 3 + 111 = …. e. 75 6. 65 x 10 : 5 = …. f.

130 7. 899 + …. = soal menjodohkan g. 191 8. 12, 14, 16, 18, 20, a, 24. a = …. h. 194 9. 317 – 861 : 7 = …. i. 321 10. 19 x 5 + 12 x 8 = ….

j. 332 Advertisements Kunci Jawaban : • b. 11 • e. 75 • d. 45 • i. 321 • j. 332 • f. 130 • a. 2 • c. 22 • h. 194 • g. 191 II.

Contoh Soal Menjodohkan UAS Matematika Mari menjodohkan jawaban dengan tepat! 1. 85, 87, 89, 91, …. a. 39 2. 756 + 583 + 113 = …. b. 42 3.

soal menjodohkan

351 : 9 = …. c. 93 4. 974 – 265 + 887 = …. d. 136 5. 18 x 8 + 144 : 3 = …. e. 246 6. = …. rupiah f. 1.452 7. 7.250 rupiah – 5.000 rupiah = …. rupiah g. 1.596 8. 6 minggu = …. hari h. 1.900 9. 4 m soal menjodohkan 154 cm = …. cm i. 2.200 10. 20 ons – 100 gram = …. gram j. 2.250 Advertisements • Hewan yang berkembang biak dengan bertelur-beranak.

( h. kadal) • Hewan yang bergerak dengan cara berenang. ( f. lumba-lumba) • Tanaman dengan bunga berbentuk terompet. ( d.

soal menjodohkan

lili) • Tanaman dengan tulang daun melengkung. ( g. sirih) • Contoh pupuk buatan pabrik. ( i. urea) • Pupuk yang dibuat dari daun tumbuhan yang dibusukkan. ( e. kompos) • Pewarna alami untuk warna kuning. ( b. wortel) • Bahan pengawet alami untuk ikan. ( c. garam) • Penyakit yang timbul akibat mengonsumsi bahan makan tambahan buatan secara berlebihan.

( j. kanker) • Penyakit yang timbul karena pola makanan tidak teratur. ( a. mag) II. Contoh Soal Menjodohkan UAS IPA Semester 1 a. protein soal menjodohkan. kunyit b. reboisasi g.

sayap c. laron h. limbah pabrik d. kayu i. duduk santai e. menempati ruang j. genjer Advertisements • Alat gerak burung dan nyamuk. ( g. sayap) • Hewan yang peka terhadap rangsang cahaya.

( c. laron) • Tumbuhan bertulang daun melengkung. ( j. genjer) • Contoh pewarna makanan alami. ( f. kunyit) • Zat makanan yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. ( a. protein) • Cara memanfaatkan waktu istirahat. ( i. duduk santai) • Soal menjodohkan pencemaran air. ( h. limbah pabrik) • Salah satu cara memelihara kesehatan lingkungan. ( b. reboisasi) • Salah satu sifat benda gas. ( e. menempati ruang) • Bahan yang tidak dapat berkarat seperti logam. ( d. kayu) III. Contoh Soal Menjodohkan UTS IPA Semester 2 a.

roda f. bola basket b. samudra g. arum jeram c. menggelinding h. minyak tanah d. blender i. solar e. angin j. listrik Advertisements • Gerakan bola yang ditendang. ( c. menggelinding) • alat yang dipasang pada sepeda agar mudah menggelinding. ( a. roda) • Jenis soal menjodohkan yang memanfaatkan gerak memantul. ( f. bola basket) • Sumber energi penggerak kendaraan bermesin diesel. ( i. solar) • Sumber energi penggerak kapal layar.

soal menjodohkan

( e. angin) • Sumber energi penggerak kipas angin. ( j. listrik) • Benda yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak. ( d. blender) • Olahraga menantang dan memanfaatkan gerakan air sungai yang deras. ( g. arum jeram) • Hasil pengolahan minyak bumi yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu petromaks. ( h. minyak tanah) • Lautan yang sangat luas dan dalam. ( b. samudra) IV. Contoh Soal Menjodohkan UAS IPA Semester 2 a.

karbohidrat f. insang b. protein g. energi kimia c. danau h. fotosintesis d. selat i. pupuk kandang e. lentisel j. berputar Advertisements • Alat pernapasan pada berudu katak. ( f. insang) • Pupuk yang berasal dari kotoran hewan. ( i. pupuk kandang) • Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari.

( h. fotosintesis) • Pori-pori kulit batang yang digunakan tumbuhan untuk bernapas. ( e. lentisel) • Zat makanan yang berfungsi sebagai pembangun tubuh.

( b. protein) • Zat gizi yang banyak terkandung pada kentang. ( a. soal menjodohkan • Bentuk gerak pada baling-baling helikopter.

( j. berputar) • Energi yang tersimpan dalam bahan makanan. ( g. energi kimia) • Cekungan yang relatif luas, dalam, digenangi air, dan terletak soal menjodohkan daratan. ( c. danau) • Perairan yang berada di antara pulau-pulau. ( d. selat) C. Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) I. Contoh Soal Menjodohkan UAS PKN Semester 1 a. tegap f.

persatuan b. nasional g. badui c. papua h. sumatra utara d. setiap orang i. soal menjodohkan java e. bahasa indonesia j. persatuan dan kesatuan Advertisements • Suku bangsa yang tinggal di Jawa diantaranya …. ( g. badui) • Salah satu sarana untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa adalah ….

soal menjodohkan

( e. bahasa indonesia) • Sikap tubuh ketika pengibaran bendara pada saat upacara adalah …. ( a. tegap) • Pada tahun 1918 Tri Koro Dharmo berubah nama menjadi …. ( i. jong java) • Kebudayaan daerah merupakan akar daru kebudayaan …. ( b. nasional) • Sikap menghargai perbedaan harus tertanam dalam diri …. ( d. setiap orang) • Syair lalu “Indonesia Raya” mengandung tekad …. ( j. persatuan dan kesatuan) • Sesuai sumpah pemuda, kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa …. soal menjodohkan f.

persatuan) • Bahasa Batak merupakan bahasa yang berasal dari daerah …. ( h. sumatra utara) • Honai soal menjodohkan Hunu merupakan rumah ada penduduk …. ( c. papua) II. Contoh Soal Menjodohkan UAS PKN Semester 2 a. Riau h. sombong b. pahlawan i. percaya diri c. maritim j. makhluk sosial d. Jawa Barat k.

mandiri e. Sumatra Barat l. Jambi f. disiplin m. Jawa Tengah g. pendirian teguh soal menjodohkan. Individu Advertisements • Selalu hidup berkelompok dan membutuhkan orang lain merupakan ciri manusia sebagai …. ( j. makhluk sosial) • Merasa nyaman dan yakin dengan kemampuan diri sendiri merupakan pengertian dari sikap …. ( i. percaya diri) • Sikap merasa diri paling hebat dan cenderung meremehkan orang lain disebut …. ( h. sombong) • Tidak mudah terpengaruh orang lain dan percaya pada pilihan yang diambil merupakan ciri anak yang memiliki ….

( g. pendirian teguh) • Menaati tata tertib sekolah dan melaksanakan tugas piket merupakan salah satu perwujudan sikap …. ( f. disiplin) • Suku Minangkabau menjadi penduduk mayoritas daerah ….

( e. Sumatra Barat) • Tari Sekapur Sirih merupakan tarian adat untuk menyambut tamu agung. Tarian ini berasal dari provinsi …. ( a. Riau) • “Tokecang” merupakan lagu yang berasal dari daerah …. ( d. Jawa Barat) • Perairan yang lebih dibandingkan daratan menjadikan Soal menjodohkan dikenal sebagai negara …. ( c. maritim) • Orang yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia disebut …. ( b. pahlawan) Nah, itulah informasi lengkap dari inspired2write.com terkait contoh soal menjodohkan SD kelas 3 semester 1 dan 2 sesuai kurikulum 2013 (K13) lengkap beserta kunci jawabannya.

Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikel di atas bermanfaat buat adik-adik kelas 3 SD. Kategori • Budidaya • Makanan • Pendidikan • Perbankan • Teknologi • Wirausaha Artikel Terbaru • 15 Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Timur Lebih Praktis & Cepat 2022 • √ Biaya Deposito BRI 2022 : Administrasi, Pencairan & Pajak • 14 Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Tengah Lebih Praktis 2022 • √ Biaya Deposito Mandiri 2022 : Administrasi & Penalti • 15 Cara Menjadi Agen Aice Ice Cream 2022 : Syarat & Modal • 10 Cara Menjadi Agen Soal menjodohkan 2022 : Syarat & Keunggulan • 10 Cara Menjadi Agen Prudential 2022 : Syarat & Komisi • 15 Cara Bayar Netflix Pakai OVO Paling Mudah 2022 • 15 Cara Bayar Gojek Pakai LinkAja Paling Gampang 2022 soal menjodohkan 25 Cara Menjadi Agen BNI 46 2022 : Syarat, Modal & Keuntungan
Poin pembahasan Terpopuler 28+ Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp adalah : Contoh Soal menjodohkan Bahasa Indonesia Sd, Terpopuler 28+ Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp.

Sebagai soal ujian indah dan cantik kita telah ada buat Anda dengan bermacam model misalnya Download Gambar Wallpaper Hp Android dll. Selain bisa memperindah tampilan HP, soal ujian soal menjodohkan tema tulisan ini bisa memberikan warna tersendiri buat keseharianmu.

Simak ulasan terkait soal ujian dengan artikel Terpopuler 28+ Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Republic of indonesia Smp berikut ini Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Smp Guru Ilmu Sumber : www.ilmusosial.id Soal Menjodohkan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Guru SD SMP SMA soal menjodohkan mata soal menjodohkan bahasa indonesia di kelas 4 tema v Contoh File Soal Uas Bahasa Republic of indonesia Kelas viii Semester 2 2020 Berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang soal menjodohkan mata pelajaran bahasa indonesia di kelas four tema 5 yang bisa gunakan untuk wallpaper dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah Contoh Soal United nations Sd 2020 Dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Sumber : taxierogon.weebly.com Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Republic of indonesia Sd Contoh Soal ten 25 2020 On selasa september twelfth 2020 past madesu Contoh soal menjodohkan bahasa indonesia sd Dari satria560 02102020 masuk untuk menambahkan komentar Bang soal pkn smp dan kunci jawaban smester genap download contoh soal hots kelas 4 sd tema 2 soal agama kristen kls one sd banking concern soal hots pkn tema 3 kelas 2 sd semester 1 latihan soal agama katolik sd soal uas agama hindu kelas 7 smp semester 1 contoh Contoh Soal Bahasa Indonesia Un Sma Contoh Soal Terbaru Sumber : barucontohsoal.blogspot.com Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Sma Guru SD SMP Guru SD SMP SMA contoh soal menjodohkan bahasa indonesia sma Contoh File Soal UTS Lengkap Kelas 1 half dozen SD MI Semua Mata Pelajaran 2020 2020 Berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang contoh soal menjodohkan bahasa indonesia sma yang bisa gunakan untuk Bank Soal Download SD dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini Contoh soal un bahasa indonesia smp pk1 dan pembahasannya Sumber : www.slideshare.cyberspace Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Republic of indonesia Smp Guru Paud Contoh soal pts uts 1 bahasa indonesia smp mts Guru sd smp sma soal menjodohkan mata pelajaran bahasa republic of indonesia di kelas 4 tema five Berikut ini adalah download administrasi kelas ten kurikulum ktsp yang merupakan kumpulan file dari berbagi sumber tak berkategori tentang contoh soal menjodohkan bahasa indonesia sma yang bisa bapakibu gunakan dan Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 Sumber : www.slideshare.internet Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Guru Paud ix 30 2020 Contoh file soal uts lengkap kelas 1 half-dozen sdmi semua mata pelajaran 20202020 berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang contoh soal menjodohkan bahasa indonesia smp yang bisa gunakan untuk bank soaldownloadsd dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini fifty soal bahasa indonesia kelas five semester 1 soal Contoh Soal Unbk Bahasa Indonesia Smp 2020 Guru Ilmu Sosial Sumber : www.ilmusosial.id Contoh Soal Benar Salah Bahasa Indonesia Guru SD SMP SMA Guru SD SMP SMA contoh soal benar salah bahasa indonesia Contoh File Soal UTS Lengkap Kelas 1 soal menjodohkan SD MI Semua Mata Pelajaran 2020 2020 Berikut ini adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang contoh soal benar salah bahasa republic of indonesia yang bisa gunakan untuk Banking company Soal Download SD dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini Contoh SOAL UAS SMA Bahasa Republic of indonesia Kelas 10 Kurikulum 2020 Sumber : kumpulansoalujian.com Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Republic of indonesia Smp Guru SD SMP Guru SD SMP SMA contoh soal menjodohkan bahasa indonesia smp Contoh File Soal UTS Lengkap Kelas 1 6 SD MI Semua Mata Pelajaran 2020 2020 Berikut soal menjodohkan adalah kumpulan dari berbagi sumber tentang contoh soal menjodohkan bahasa indonesia smp yang bisa gunakan untuk Bank Soal Download SD dan diunduh secara free dengan menekan tombol download biru dibawah ini Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Republic of indonesia Sd Guru Ilmu Sosial Sumber : www.ilmusosial.id Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Republic of indonesia Smp Guru Ilmu Sumber : www.ilmusosial.id Contoh Soal menjodohkan Bahasa Indonesia Sd, Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Republic of indonesia Smp Guru Ilmu Sumber : www.ilmusosial.id Contoh Soal Diksi Bahasa Indonesia Contoh Siar Sumber : contohsiar.blogspot.com Contoh Soal Un Bahasa Indonesia Kelas nine Contoh Soal Terbaru Sumber : barucontohsoal.blogspot.com Kumpulan Soal Ukg Bahasa Indonesia Soal menjodohkan Dan Kunci CONTOH Sumber : www.contohteks.net Contoh Soal C1 C6 Bahasa Indonesia Contoh Soal Terbaru Sumber : barucontohsoal.blogspot.com Kumpulan Soal menjodohkan Bahasa Republic of indonesia SMP MTs Sumber : basindon.blogspot.com loading… Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Sd Source: https://animasi.gepics.com/2021/03/terpopuler-28-contoh-soal-menjodohkan.html Terbaru • Menurunkan Tegangan 24 Volt Ke 12 Volt Dengan Resistor • Contoh Gambar Klipping Budi Daya Ternak Hias • Cara Mengatasi Kartu Sim Ditolak Di Hp Nokia • Lima Cara Mengungkapkan Terima Kasih Kepada Orang Tua • Daftar Harga Timbangan Ternak Sapi 2018 Di Surabaya • Cara Membuat Pohon Cemara Dari Kertas Origami • Manajemen Lahan Peternakan Menggunakan Perkebunan Kelapa Sawit • Cara Melihat Profil Wa Yang Di Privasi • Doa Mewujudkan Benda Gaib Ke Alam Nyata Kategori • Aplikasi soal menjodohkan Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized

Cara Membuat Soal Menjodohkan di Google Form




2022 www.videocon.com