Berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Barang tambang (baca: jenis sumber daya tambang) merupakan bahan baku yang bersifat sangat penting. Barang tambang dibutuhkan oleh semua manusia, meski terkadang kita tidak menyadari seberapa besar kebutuhan kita terhadap barang tambang. Negara- negara di dunia sangat membutuhkan barang tambang untuk dapat memenuhi segala kebutuhan negara tersebut. Maka dari itulah negara yang mempunyai banyak sumber tambang dianggap sebagai negara yang kaya. Barang tambang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui maksudnya adalah apabila sumber daya alam tersebut habis maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan gantinya.

Sebagai contoh adalah minyak bumi (baca: jenis minyak bumi). Minyak bumi terbentuk dari fosil- fosil makhluk hidup jutaan tahun yang lalu hingga akhirnya terbentuklah minyak bumi. Jika persediaan minyak bumi di dunia habis, maka akan membutuhkan waktu berjuta- juta tahun lamanya untuk mendapatkan kembali persediaan minyak bumi tersebut.

Penggolongan Barang Tambang Barang tambang merupakan salah satu topik menarik untuk bisa kita bicarakan. Hal ini karena barang tambang merupakan sesuatu yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan juga negara.

Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali jenis barang tambang yang dapat kita temukan di Bumi (baca: inti Bumi) kita tercinta? Kemudian barang- barang tambang tersebut akan digolongkan kedalam berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah golongan, yakni golongan A, golongan B, dan golongan C.

Menurut Undang- Undang No. 11 Tahun 1967, penggolongan barang tambang tersebut ialah sebagai berikut: • Barang tambang golongan A Barang tambang golongan A ini juga disebut sebagai barang tambang yang strategis.

Barang tambang golongan A merupakan bahan galian yang berperan penting dalam kehidupan suatu negara. Beberapa anggota dari barang tambang jenis A ini antara lain minyak bumi, gas alama atau gas bumi dan batu bara, nikel dan juga timah. • Barang tambang golongan B Jika sebelumnya (barang tambang gol. A) disebut dengan golongan strategis, maka barang tambang golongan B disebut sebagai barang tambang vital. Barang tambang golongan Vital merupakan bahan galian yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan perekonomian suatu negara.

Bahan galian golongan B ini dikuasai oleh negara dengan menyertakan rakyatnya.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Beberapa anggota dari barang tambang golongan B ini antara lain emas, perak, platina, tembaga, intan, belerang, besi dan bauksit. • Barang tambang golongan C Barang tambang golongan C disebut juga dengan galian industri yang dikelola oleh masyarakat.

Bahan galian golongan C antara lain kaolin, fosfat, gipsum, mangan dan lain sebagainya. Jenis- jenis Barang Tambang Negara Indonesia merupakan negara yang sangat besar (baca: iklim di Indonesia).

Tidak hanya besar dalam wilayah saja, namun juga sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya raya dan mempunyai banyak sekali sumber daya alam, baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam alami, seperti air (baca; jenis air), angina (baca: jenis angin), cahaya matahari (baca: lapisan matahari), udara (baca: polusi udara) dan lain sebagainya.

Sementara sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui lebih didominasi oleh barang- barang tambang. Barang tambang yang ada di Indonesia pun banyak sekali. Indonesia kaya akan barang tambang dan mempunyai banyak sumber.

Beberapa barang tambang yang dimiliki oleh Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, timah, berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah, emas, intan, dan lain sebagainya. Sumber- sumber barang tambang ini sekaligus menjadi sumber kekayaan bangsa Indonesia. Tidak hanya Indonesia yang mempunyai banyak barang tambang, namun negara- negara lain di dunia juga mempunyai sumber barang tambang.

Barang tambang yang ada di Bumi ini jenisnya ada bermacam- macam. Beberapa jenis barang tambang yang ada di bumi ini antara lain adalah sebagai berikut: • Batu bara Jenis barang tambang yang terkenal adalah batu bara. Batu bara sudah seringkali kita dengar.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Batu bara pada zaman dahulu digunakan sebagai bahan bakar kereta api. Batu bara adalah barang tambang yang multifungsi. Batu bara juga merupakan bahan baku pembuatan plastik, untuk bahan bakar usaha rumahan kecil, pengganti kayu, dan bahan bakar jangka panjang PLTU.

Batu bara terbentuk dari sisa- sisa tumbuhan zaman purba yang pada akhirnya terpendam dan mengendap di dalam lapisan tanah hingga berjuta- juta tahun lamanya. Maka dari itulah batu bara juga disebut sebagai batu fosil. Batu bara mempunyai beberapa kategori berdasarkan unsur karbon yang terkandung di dalam batu bara tersebut.

Warna batu bara yang semakin hitam, maka semakin memiliki banyak unsur karbon. Berdasarkan kandungan karbon itu pula, batu bara mempunyai beberapa jenis seperti: • Antrasit, yakni bau bara yang memiliki kadar karbon 86% hingga 98% • Bitu minus, yakni batu bara yang memiiki kadar karbon 68% hingga 86% • Sub- bituminus, yakni batu bara yang memiliki kadar karbon hanya sedikit dan lebih banyak kandungan airnya • Lignit, yakni batu bara yang mempunyai kadar karbon sebanyak 35% hingga 75%.

Batu bara jenis ini memiliki warna coklat dan dikenal lunak serta ringan. • Gambut, batu bara jenis ini berpori- pori dan mengandung kadar air hingga 75%. Itulah jenis- jenis dari batu bara yang bisa ketahui. Indonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan batu baranya. Daerah- daerah penghasil batu bara tersebar di wilayah Indonesia seperti Bukitasam di Tanjungenim, Sumatera Selatan, Kotabaru atau Pulau Laut di Kalimantan Selatan, Sungai Berau di Samarinda Kalimantan Timur dan Umbilin yang berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah di Sawahlunto Sumatera Barat.

Di Indonesia, hasil tambanh baru bara ini diusahakan oleh PN. Batubara yang terdapat juga di Bengkulu, Jawa Barat, Papua dan juga di Sulawesi Selatan. • Fosfat Jenis barang tambang yang kedua adalah fosfat.

Fosfat merupakan barang tambang yang terbentuk dari persenyawaan pada kotoran kelelawar yang tercampur dengan batu kapur (baca: batuan sedimen organik). Fosfat sangat diperlukan dalam industri pembuatan pupuk. Tambang fosfat banyak terdapat di pulau Jawa, diantaranya adalah di Jawa Barat yakni Bogor dan Pangandaran. Jawa Tengah diantaranya di Gombong, Purwokerto, Jepara, dan Rembang.

Dan di Jawa Timur yakni di Bojonegoro. • Emas Emas merupakan logam mulia yang nilainya sangat mahal. Bahkan emas pada zaman sekarang dijadikan lambang kekayaan terbesar melebihi uang. Emas dapat diolah berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah berbagai macam bentuk. Untuk emas yang khusus digunakan dalam menyimpan kekayaan, biasanya dibuat dalam bentuk batangan. Sementara emas yang dipakai manusia adalah yang diolah dalam bentuk perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan sebagainya.

Jikalau emas merupakan logam yang sangat dicari, maka berapa nilai yang akan kita berikan pada tambang emas? Indonesia mempunyai tambang emas yang sangat besar, bahkan dikatakan bahwa tambang emas yang dimiliki Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Tambang emas besar Indonesia terdapat di Papua, yakni yang dikelola oleh PT.

Freeport Indonesia. • Perak Jenis tambang yang selanjutnya adalah perak. Perak merupakan saudara dari emas, sama- sama logam mulia. Perak juga seringkali disebut sebagai emas putih. Perak mempunyai warna putih, tidak seperti emas yang berwarna kuning. Namun kesamaan dari keduanya adalah sama- sama berkilau. Apabila emas sering dijadikan sebagai lambang kekayaan yang berwujud batangan, namun tidak berlaku pada perak.

Perak sering digunakan sebagai bahan baku membuat perhiasan. Indonesia juga kaya akan tambang perak. Beberapa tambang perak yang ada di Indonesia antara lain di bengkalis (Sumatera), Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Cikotok di Jawa Barat, Meuleaboh di Aceh, dan Rejang Lebong di Bengkulu. • Platina Platina merupakan sebuah logam yang mempunyai ciri berwarna putih keperakan hingga abu- abu kehitaman, mudah ditempa, tidak mudah berkaratdapat diregangkan dan juga sukar dicairkan.

Platina ini terbentuk akibat konsentrasi magma (baca: perbedaan intrusi dan ekstrusi magma) pada batuan beku basa. Platina juga banyak digunakan untuk membuat perhiasan, alat kedokteran dan juga alat komunikasi. Tambang platina di Indonesia adalah di Bengkalis, Riau dan di Martapura.

• Aspal Jenis barang tambang yang selanjutnya adalah aspal. Aspal merupakan barang tambang yang banyak digunakan sebagai bahan pengecoran jalan. Aspal merupakan barang tambang yang sangat penting karena keberadaannya mencerminkan fasilitas transportasi negara.

Aspal menjadikan jalan yang pada mulanya jelek, rusak, buruk menjadi jalan yang halus dan mudah untuk dilewati kendaraan, sehingga akan memperlancar transportasi dan menghindarkan kendaraan dari kemacetan.

Tambang aspal juga ditemukan di wilayah Indonesia, khususnya di Pulau Buton di Sulawesi Tenggara. Selain disitu, tambang aspa juga dihasilkan oleh Permigan Wonokromo di Jawa Timur yang mana merupakan hasil olahan dari jenis minyak bumi.

• Biji Besi Siapa yang tidak mengenal biji besi? Lomgam ini merupakan salah satu logam yang paling diburu di dunia. Biji besi ini akan diolah menjadi besi batangan maupun besi dalam bentuk lainnya. Tidak usah ditanyakan lagi apa saja kegunaan besi. Semua orang mengetahui bahwa besi tidak bisa dipisahkan dari kehidupa manusia sehari- hari. Dalam kehidupan sehari- hari, besi banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang, khusunya dalam bidang konstruksi.

Pembangunan merupakan program yang sangat penting bagi suatu negara. Dengan adanya pembangunan maka suatu negara akan mengalami kemajuan. Untuk mendirikan bangungan, kita akan membutuhkan konstruksi yang dibuat dari batang- batang besi untuk memperkuat bangunan tersebut.

Indonesia mempunyai tambang biji besi yang terbilang banyak.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Beberapa tambang biji besi yang terdapat di Indonesia antara lain di Cilacap pasir besi di jawa Tengah, Cilegon Banten, Longkana dan Pegunungan Verbeek di Sulawesi Tengah, Pulau Dermawan, Pulau Sebuku dan Pulau Suwang di Kalimantan Selatan. Sementara biji besi yang merupakan jenis barang tambang vital yang ada di Indonesia ini dikelola oleh PT Krakatau Steel yang berada di Cilegon, Jawa Barat. • Intan Intan hampir bersaudara dengan emas dan perak, namun intan lebih dikenal sebagai bahan yang sering diolah sebagai perhiasan.

Selain perhiasan, intan juga diubah menjadi mata bor suatu mesin karena sifatnya yang sangat keras. Intan merupakan barang tambang yang sangat indah sehingga mempunyai nilai jual yang tiggi pula. Indonesia merupakan negara yang sangat dikenal dengan hasil intannya. Intan dapat diperoleh dengan menggali tanah (baca: tanah liat), lalu tanah dilimbang dengan air hingga ditemukannya biji intan. Tambang intan yang ada di Indonesia ini sebagian besar berada di wilayah pulau Kalimantan.

Bahkan di Kalimantan sendiri terdapat tempat pengasahan intan yang sangat terkenal, yakni di Martapura. Martapura lebih tepatnya berada di Kalimantan Selatan. Selain di Martapura, ada lagi tempat pengasahan intan yakni di wilayah Kalimantan Barat dan juga Kalimantan Tengah.

• Alumunium Ada lagi jenis barang tambang yang sangat berperan dalam kemudahan hidup manusia. Namanya adalah alumunium. Siapa yang tidak mengenal alumunium? Alumunium sering digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Selain itu alumunium juga seringkali diolah menjadi mebel dan juga perkakas lain. Alumunium semakin banyak diminati karena selain ringan juga ternyata tahan lama. Maka dari itulah alumunium memegang peranan yang sangat penting.

Alumunium yang merupakan barang tambang serba guna ini, tambangnya banyak berada di wilayah provinsi Papua. • Gas Alam Salah satu jenis dari barang tambang yang sangat diminati dunia karena keberadannya sangat penting adalah gas alam. Gas alam (baca: manfaat gas alam) merupakan barang tambang yang sangat banyak digunakan dalam berbagai macam industri. Tambang gas alam yang ada di Indonesia antara lain di daerah Arun di Daerah Istimewa Aceh, Bontang di Kalimantan, juga tersebar di daerah- daerah Jawa Barat, Sumatera Utara da juga Sumatera Selatan.

• Gipsum Gipsum, ternyata merupakan barang berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Gips banyak sekali kegunaannya, seperti digunakan pada industri keramik. Jika kita melihat model bangunan jaman sekang, dimana tiang- tiangnya besar dan penuh dengan ukiran (padahal bukan katu), maka kemungkinan tiang itu menggunakan gips yang sudah diukir sebelumnya. Tidak hanya tiang saja, namun juga hiasan yang berada di atap- atap rumah mewah, biasanya itu juga menggunakan ukiran dari gipsum yang kemudian diberi warna yang sesuai dengan kemauan atau selera masing- masing.

Gips merupakan barang tambang yang mana tambangnya ada di Indonesia. Beberapa tambang gips atau gipsum yang ada di Indonesia terletak di daerah Cirebon, Rembang, Kalianget, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selaan dan juga Sulawesi utara. • Minyak Bumi Yang merupakan barang tambang yang paling baik di dunia, salah satunya adalah minyak bumi (baca: cara mengolah minyak bumi). Kedudukan minyak bumi di mata dunia sangatlah penting. Keududkan minyak bumi ini sangat penting karena masyarakat di seluruh dunia membutuhkan minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraa, untuk keperluan rumah tangga,pembangkit listrik, bahan baku industri, dan lain sebgainya.

Minyak bumi mempunyai peranan yang sangat penting dan mampu menjadi basis harga- harga di seluruh dunia. Karena mempunyai peranan yang sangat vital, maka perubahan harga pada minyak bumi adakan mendorong terjadinya perubahan pada barang- barang lainnya.

Minyak bumi juga akan berdampak pada kestabilan ekonomi. Indonesia merupakan negara yang kaya akan tambang minyaknya. Tambang- tambang minyak Bumi yang ada di Indonesia antara lain di Pulau Sumatera seperti di Aceh, Riau dan juga Muara Enim.

Selainitu ada juga di pulau Jawa, tepatnya di Wonokromo-Surabaya, Cepu (Rembang) dan juga majalengka (Jatibarang). Di pulau Kalimantan terdapat tambang minyak Bumi di Tarakan, Amuntai dan juga Sungai Mahakam. Setelah daerah- daerah yang telah kita sebutkan sebelumnya, bahwa tambang minyak Bumi juga ada di aderah Maluku dan juga Papua. Sebagai informasi untuk kita semua, selain di daratan, pertambangan minyak bumi juga terdapat di area lepas pantai. • Timah Jenis barang tambang yang selanjutnya dan sudah sangat terkenal adakah timah.

Timah merupakan salah satu barang tambang yang sangat penting. Timah yang sudah diolah dapat digunakan sebagai kaleng makanan, pelipis besi supaya tidak mudah berkarat, serta lembaran imah dapat digunakan sebagai pembungkus permen, coklat, hingga rokok. Barang tambang timah ini dapat kita temukan pada batuan- batuan granit yang masih berbentuk serpihan- serpihan kecil.

Amun di dalam pengolahannya, timah adan dipisahkan dari batuan granit untuk mendapatkan konsentrasi tinggi hingga pada akhirnya dioalah menjadi biji timah dan menjadi timah produksi yang dipakai dalam usaha yang skalanya lebih besar.

Indonesia dikenal sebagai negara penghasil timah yang sangat terkenal. Bahkan Indonesia menduduki negara penghasil timah terbesar nomor 4 di dunia setelah Malaysia, Thailand, dan juga Bolivia. Di Indonesia, tambang timah banyak sekali terdapat di Pulau Bangka, Singep dan juga daratan Riau. • Tembaga Jenis barang tambang yang juga terkenal lainnya ialah tembaga. Tembaga sudah akrab di telinga masyarakat karena seringkali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari.

misalnya tembaga ini digunakan dalam pembuatan alas- alat listrik seperti kabel, untuk peralatan industri konstruksid, pembuatan kapal- kapal laut hingga untuk membuat pipa air. Semua ini termasuk benda- benda yang sangat penting bagi manusia. tembaga merupakan semuah loga. Tembaga berkilau seperti emas, namun tidak secemerlang emas.

Selain itu warna dari tembaga ini kuning kemerah- merahan. Indonesia termasuk negara yang banyak menghasilkan tembaga. Di Indonesia, tambang tembaga ini banyak kita jumpai di daerah Papua, dimana pengolahannya juga merupakan pengolah tambang emas terbesar, yakni PT. Freeport Indonesia. • Nikel Satu lagi jenis barang tambang yang juga sangat penting keberadaannya. Ialah nikel. Nikel juga seringkali kita degar apabila sedang menyimak pelajaran ilmu pengetahuan di sekolah, khususnya sebaga barang tambang yang dihasilkan di Indonesia.

Nikel sebenarnya merupakan logam yang dalam penggunaannya banyak dicampurkan dengan besi agar menjadi tahan karat dan juga menjadi baja. Apabila nikel dicampur dengan tembaga, maka akan menciptakan sebuah kuningan dan juga perunggu. Nikel juga berperan dalam perekonomian Indonesia. Nikel juga merupakan salah satu bahan untuk membuat mata uang logam.

Indonesia mempunyai daerah penghasil nikel yang sangat besar. Daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia adalah di Soroako daerah Sulawesi selatan dan juga di PomalaSulawesi tenggara. • Belerang Belerang merupakan mineral yang dihasilkan oleh proses vulkanisme.

Belerang ini banyak digunakan untuk industri pupuk, kertas, cat, plastik, dan lainnya. Persebaran belerang di Indonesia berkaitan dengan gunung- gunung api yang masih aktif, seperti di Dieng (Jawa Tenga), gunung Solok di Sumatera Barat, gunung Kerinci di Jambi, dan lain sebagainya. • Bauksit Bauksit adalah jenis mineral alumunium hidroksida yang terjadi karena proses pelapukan dari batuan granit.

Bausit mempunyai ciri sangat lunak, relatif ringan dan berwarna putih kekuningan. Bauksit sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan alumunium dan bahan dasar industri kimia. Tambang bauksit di Indonesia dapat kita temukan di Riau, Kalimantan Barat dan Bangka Belitung.

Itulah beberapa jenis barang tambang yang ada di Bumi ini. selain yang telah disebutkan di atas masih ada beberapa jenis barang tambang lain seperti Kaolin, Mangan, Zeolit, Pasir, serta batu- batuan.

Barang- barang tambang tersebut juga dapat kita temukan di Indonesia. Sudah terbayang kan betapa kaya nya Indonesia? Tidak hanya kaya akan barabg- barang tambang saja, namun Indonesia juga kaya akan sumber daya alam lainnya seperti tanah yang subur, hutan, dingga lautan yang banyak sekali ikannya.

Jika sudah dianugerahi seperti ini, menjadi tanggung jawab bangsa Indonesia lah untuk menjaga kekayaan alam tersebut. Jangan sampai tangan- tangan orang yang tidak bertanggung jawab pun merusaknya hanya karena keinginan memperoleh keuntungan pribadi.

Jika tidak, maka pada akhirnya bangsa Indonesia sendiri yang akan mengalami kerugian. Indonesia memiliki wilayah lautan yang luas. Laut yang luas serta hasil laut yang memadai merupakan keistimewaan bagi negara kita. Akan tetapi hasil tambang Indonesia juga baik dalam kancah dunia.

Sumber daya tambang Indonesia tidak perlu diragukan lagi karena beberapa hasil tambang Indonesia ada yang di ekspor ke luar negeri, hal ini tentunya dapat meningkatkan nilai ekonomi Indonesia. Adapun sumber daya tambang di Indonesia yang masih ada hingga saat ini diantaranya adalah: 1.

Minyak Bumi dan Gas Alam Sumber daya tambang yang pertama adalah minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi merupakan contoh sumber daya alam yang saat ini keberadaannya semakin sulit ditemukan dan tidak dapat diperbaharui. Hal ini karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang cukup lama. Minyak bumi dan gas yang merupakan sumber utama dalam perindustrian, transportasi serta rumah tangga ini semakin lama semakin menipis, maka dari itu perlu dijaga kelestariannya.

Di Indonesia minyak bumi yang dihasilkan dapat dikatakan dalam kondisi yang cukup baik, karena setidaknya potensi minyak bumi indonesia berkisar 4,3 milyar barrel. Adapun wilayah Indonesia yang dijadikan sebagai tambang minyak bumi antara lain adalah Lhoksumawe, Muara Enim, Majalengka, Cilacap, Amuntai dan Sorong. Artikel terkait : Proses Pengolahan Minyak Mentah – Hasil Olahan Minyak Bumi 2. Batu Bara Batu bara yang merupakan hasil tambang ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar utama dalam pembangkit listrik tenaga uap, perindustrian serta peleburan biji logam.

Proses pembentukan batu bara ini juga memakan waktu yang lama hampir sama dengan proses pembentukan minyak bumi. Di Indonesia sendiri hasil tambang batu bara mencapai 246 juta ton dengan suku cadang hanya 0,5 %. Adapun wilayah yang menghasilkan tambang batu bara antara lain adalah Tanjung Enim, Sungai Berau dan Sumatera Barat. Artikel terkait : Jenis-jenis Batuan 3. Timah Biji timah merupakan hasil dari pelapukan batuan granit.

Biasanya timah digunakan dalam pembuatan kaleng, pelapis besi dan tube. Akan tetapi biji timah yang diolah lebih lanjut menjadi logam timah ini biasanya digunakan sebagai pembungkus permen, rokok, coklat dan sebagainya karena logam timah tersebut tipis menyerupai kertas timah.

Di Indonesia sendiri hasil timahnya menduduki peringkat 4 di dunia dengan presentase suku cadangnya 8,1% dari jumlah cadangan timah di dunia.

Adapun wilayah Indonesia yang menghasilkan timah antara lain adalah Pulau Bangka, daratan Riau, Pulau Karimun dan Manggara berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah. Artikel terkait : Contoh Batu Granit 4. Emas Emas di Indonesia memiliki suku cadang 2,3% dari jumlah keseluruhan cadangan emas di dunia. Sedangkan produksi hasil emas di Indonesia sendiri memiliki presentasi 6,7% sehingga berada di posisi keenam dunia.

Emas ini biasanya dimanfaatkan untuk dibuat untuk perhiasan dan aksesoris lainnya. Adapun wilayah di Indonesia yang menghasilkan emas antara lain di Meuleboh (Aceh), Bengkalis (Sumatera), Logas (Riau) dan Cikotok (Jawa Barat). Artikel terkait : Kekayaan Alam Indonesia 5. Tembaga Tembaga adalah hasil tambang yang digunakan dalam bidang kelistrikan, hal ini karena tembaga memiliki sifat penghantar listrik yang baik.

Akan tetapi tembaga juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kuningan, pipa air, industri konstruksi dan lain sebagainya.

Adapun suku cadang tembaga di Indonesia adalah 4,1% dari jumlah suku cadang tembaga di dunia dan memiliki presentasi 10,4% sebagai penghasil tambang tertinggi. Adapun pertambangan tembaga ini berpusat di Papua, akan tetapi ada beberapa daerah yang juga menghasilkan tambang tembaga seperti di Cikotok (Jawa Barat) dan Tirtamaya (Jawa Tengah).

6. Mangan Mangan merupakan tambang yang berupa logam hitam yang biasanya digunakan dalam pembuatan batu baterai, untuk campuran besa pada berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah baja, keramik dan lain sebagainya. Adapun wilayah Indonesia yang menghasilkan tambang mangan diantaranya Tasikmalaya, Kiripan dan Martapura. 7. Nikel Nikel merupakan logam yang memiliki warna putih sedikit kelabu, bahannya agak keras dan tidak cepat berkarat.

Nikel ini dapat dicampur dengan besi agar mutunya lebih baik atau bisa dengan logam lain seperti tembaga dalam pembuatan kuningan atau perunggu. Tidak hanya itu saja, nikel ini juga dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan uang logam. Adapun presentase hasil nikel Indonesia adalah 8,6% serta memiliki suku cadang sebesar 2,9%.

Adapun daerah-daerah yang menghasilkan nikel di Indonesia diantaranya Bengkalis di Sumatera, Cikotok di Jawa Berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah, Meuleboh di Aceh, Rejang Lebong di Bengkulu dan Logas di Riau.

Artikel terkait : Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui 8. Intan Intan merupakan hasil tambang yang struktur batuannya paling keras. Dalam bidang pertambangan, intan biasanya digunakan untuk mata bor, akan tetapi seiring berjalannya waktu saat ini intan dijadikan sebagai batu permata karena keindahannya. Agar menjadi intan permata, maka intan yang ditambang tersebut digosok terlebih dahulu.

Adapun daerah yang menghasilkan intan terbesar di Indonesia adalah Mertapura di Kalimantan. 9. Batu Gamping Batu gamping atau sering disebut sebagai batu kapur merupakan sumber daya tambang yang biasanya digunakan dalam industri bangunan. Biasanya batu gamping dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan semen, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanah yang kurang akan zat kapur ( baca : Tanah Kapur ). Pengambilan batu kapur sendiri dilakukan dengan cara digali di sekitar bukit kapur yang ada.

Adapun wilayah Indonesia yang terdapat tambang batu kapur diantaranya di Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Selatan Bali dan Irian Jaya Selatan. 10. Batu Pualam Batu pualam atau batuan marmer merupakan batuan yang berasal dari batuan kapur yang dibuat akibat suhu serta tekanan yang tinggi.

Biasanya marmer ini digunakan dalam bahan pembuatan keramik serta dinding bangunan. Akan tetapi ada di beberapa daerah yang menjadikan batu marmer ini sebagai hasil seni ukir.

Adapun wilayah Indonesia yang menghasilkan batu marmer diantanya adalah di Trenggalek, Tulungagung serta Banjarnegara. Artikel terkait : Proses Terjadinya Marmer 11. Bauksit Bauksit merupakan salah satu biji alumunium. Adapun manfaat dari bauksit diantaranya adalah untuk pembuatan badan pesawat terbang, peralatan dapur, kapal dan lain sebagainya.

Bauksit didapatkan dari lumpur yang basah kemudian dibersihkan sampai lumpur tersebut tidak menempel. Bauksit ini juga menjadi bahan tambang yang di ekspor ke negara lain seperti Jepang. Adapun wilayah Indonesia yang menghasilkan tambang bauksit diantaranya Pulau Bintang dan Pulau Koyang. Itulah 11 sumber daya tambang di Indonesia beserta manfaatnya. Semoga hasil tambang Indonesia tetap terjaga kelestariannya dan tidak punah dalam beberapa tahun kedepan. Artikel terkait : Cara Melestarikan Sumber Daya Alam di Bumi
MENU • Beranda • Geografi • Sejarah Geografi • Objek Studi Geografi • Cabang Ilmu • Konsep • Menurut Para Ahli • Contoh Geografi • Kajian Geografi • Atmosfer • Hidrologi • Geologi • Tanah • Penduduk • Hutan • Iklim • Lingkungan • litosfer • Lainnya • Budaya • Alam • Ilmu Sosial • Negara • Penelitian • Privacy Policy • Disclaimer • Daftar Isi • Penambangan adalah ekstraksi mineral yang bernilai atau bahan geologis lainnya dari lapisan struktur bumi, salah satunya berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah berasal dari bijih.

Bijih yang diperoleh melalui penambangan meliputi logam, batu bara, minyak, batu permata, kapur, kalium, kerikil, dan tanah liat. Penambangan diperlukan untuk mendapatkan bahan apa pun yang tidak dapat ditanam melalui proses pertanian, atau dibuat secara buatan di laboratorium atau pabrik.

Penambangan dalam arti yang lebih luas termasuk ekstraksi sumber daya tidak terbarukan seperti minyak bumi, gas alam, atau bahkan air. Penambangan batu dan logam telah menjadi aktivitas manusia sejak zaman prasejarah. Proses penambangan modern melibatkan pencarian calon bijih, analisis potensi keuntungan dari tambang yang diusulkan, ekstraksi bahan yang diinginkan, dan reklamasi akhir tanah setelah tambang ditutup.

Operasi penambangan biasanya menimbulkan dampak lingkungan yang negatif, baik selama aktivitas penambangan dan setelah tambang ditutup. Karenanya, sebagian besar negara di dunia telah berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah peraturan untuk mengurangi dampaknya. Keselamatan kerja telah lama menjadi perhatian juga, dan praktik modern telah secara signifikan meningkatkan keselamatan di tambang. Daftar Isi • Barang Tambang • Pengertian Barang Tambang • Pengertian Barang Tambang Menurut Para Ahli • Jenis Barang Tambang • Berdasarkan Undang- Undang No.

11 Tahun 1967 • Berdasarkan bentuknya • Berdasarkan bahan asal pembentukannya • Manfaat Barang Tambang • Contoh Barang Tambang • Sebarkan ini: • Posting terkait: Barang Tambang Barang tambang merupakan sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pascatambang.

Pengertian Barang Tambang Barang tambang merupakan suatu jenis sumber daya alam yang berasal dari dalam perut bumi yang sifatnya tidak berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah diperbaharui karena proses pembentukkannya membutuhkan waktu yang lama sampai berjuta-juta tahun. Pertambangan dilakukan oleh manusia dengan cara menggali, mengambil, dan mengolah sumber daya alam yang ada di perut bumi untuk memenuhi sebagian kebutuhan manusia.

Kegiatan pertambangan tidak hanya terbatas pada upaya penggalian dan pengambilan saja, tapi juga meliputi upaya-upaya pengolahan sumber daya tersebut untuk dijadikan barang setengah jadi sebagai bahan dasar dalam pengertian industri. Pengertian Barang Tambang Menurut Para Ahli Adapun definisi pertambangan menurut para ahli, antara lain: Sukandarrumidi Usaha pertambangan dapat didefinisikan sebagai semua usaha yang dilakukan oleh seseorang atau badan hukum atau badan usaha untuk mengambil bahan galian dengan tujuan untuk dimanfaatkan lebih lanjut bagi kepentingan manusia.

Jenis Barang Tambang Jenis-jenis barang tambang dapat dikelompokkan atau dogolongkan sebagai berikut: Berdasarkan Undang- Undang No. 11 Tahun 1967 Penggolongan barang tambang berdasarkan UU No.

11 Tahun 1967 yang didasarkan pada manfaat atau kegunaannya, yaitu sebagai berikut: • Barang tambang golongan A Barang tambang golongan A atau barang tambang yang strategis merupakan bahan galian yang memiliki peran penting dalam kehidupan suatu negara. Contoh dari barang tambang golongan A ini antara lain: minyak bumi, gas alama atau gas bumi dan batu bara, nikel dan juga timah.

• Barang tambang golongan B Barang tambang golongan B atau barang tambang vital merupakan bahan galian yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan perekonomian suatu negara. Bahan galian golongan ini dikuasai oleh negara dengan menyertakan rakyatnya. Contoh dari barang tambang golongan B ini antara lain emas, perak, platina, tembaga, intan, belerang, besi dan bauksit. • Barang tambang golongan C Barang tambang golongan C atau galian industri yang dikelola oleh masyarakat.

Contoh barang tambang golongan C antara lain kaolin, fosfat, gipsum, mangan dan lain sebagainya. Berdasarkan bentuknya Berdasarkan pada bentuknya barang tambang dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

• Barang tambang yang berbentuk energi, yaitu jenis barang tambang yang dapat menghasilkan tenaga atau energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Contohnya adalah minyak bumi, batubara, gas alam, dan uranium. • Barang tambang yang berbentuk mineral logam. Contohnya adalah timah, tembaga, bijih besi, emas, perak, dan nikel. • Barang tambang yang berbentuk mineral bukan logam. Contohnya adalah intan, belerang, gamping, marmer, pasir kwarsa, dan fosfat.

Berdasarkan bahan asal pembentukannya Berdasarkan pada bahan asal pembentuknya, barang tambang dogolongkan menjadi dua yaitu: • Mineral organik, yaitu mineral yang berasal dari sisa makhluk hidup misalnya gas alam, minyak bumi, dan batubara. • Mineral anorganik, yaitu mineral yang berasal dari sisa-sisa bahan anorganik misalnya kaolin, batu, pasir kwarsa, yodium.

Manfaat Barang Tambang Berikut ini merupakan manfaat barang tambang bagi kehidupan manusia, antara lain: • Untuk Bahan Bakar Kendaraan Kendaraan sangat penting bagi manusia untuk melakukan mobilitas. Untuk dapat digunakan kendaraaan membutuhkan bahan bakar yang berasal dari barang tambang.

Adapun jenis barang tambang yang dapat digunakan untuk membuat bahan bakar tersebut adalah minyak bumi. • Sebagai Bahan Dasar Aspal Aspal adalah bahan untuk menghaluskan jalan, yang mana jalan merupakan hal yang sangat penting bagi aktivitas manusia karena menghubungkan satu area dengan area lainnya.

Selain sebagai bahan dasar untuk menghasluskan jalan, aspal termasuk dalam barang tambang yang nantinya akan diolah kembali bersama barang tambang lainnya. • Sebagai Bahan Konstruksi Barang tambang dapat berupa bijih besi, yaitu batuan yang didalamnya mengandung mineral besi dan beberapa mineral gangue seperti alumina, silika, magnesia dan sebagainya. Semua mineral tersebut sangat penting untuk digunakan dalam konstruksi, misalnya untuk membuat jalan kereta api, jembatan, konstruksi bangunan dan juga industri mobil.

• Memperkuat Alat dan Barang Bauksit merupakan bijih utama aluminium yang biasanya ditemukan pada lapisan mendatar dan tidak terlalu dalam. Pada umumnya, bauksit dapat ditemukan pada hutan biomass sehingga penambangan bauksit ini biasanya juga merusak hutan.

Bauksit akan diolah kembali untuk menghasilkan aluminium yaitu logam ringan dan kuat untuk pembuatan badan pesawat terbang, alat dapur seperti manfaat oven dan juga kapal laut. • Sebagai Penghantar Listrik Barang tambang dapat digunakan sebagai penghantar listrik, misalnya yaitu tembaga (Cu). Tembaga merupakan penghantar listrik serta panas yang sangat baik dan sering dugunakan sebagai bahan kabel dan industri barang kuningan atau perunggu.

• Pembuatan Smartphone Smartphone yang kini hampir tak dapat terlepas dari setiap aktivitas manusia merupakan kombinasi dari banyak barang tambang seperti tembaga, timah, manfaat nikel, karbon, asam sulfat, sulfur, baja dan juga bijih mineral. Bukan hanya smartphone, semua peralatan elektronik juga memanfaatkan barang tambang. Misalnya AC atau air conditioning, televisi, kipas angin, lemari es, oven microwave dan masih banyak lagi. • Penggunaan Listrik Energi listrik yang digunakan untuk beragam kebutuhan manusia saat ini tidak terlepas dari penggunaan barang tambang.

Kabel listrik yang digunakan untuk mengalirkan listrik menggunakan barang tambang berupa logam. PLTN dan juga PLTU pun memanfaatkan barang tambang seperti uranium dan batu bara untuk berbagai barang dan peralatan yang membutuhkan listrik yang dapat digunakan oleh manusia.

• Hunian Berbagai macam hunian, misalnya rumah, apartemen dan bermacam bentuk hunian lainnya selalu menggunakan barang tambang seperti semen, batu bata, baja ringan, asbes, cat tembok, marmer, manfaat pasir kuarsa, keramik dan lain sebagainya yang juga merupakan barang tambang. Keberadaan barang tambang tersebut menyebabkan sekarang ini banyak dibangun berbagai hunian indah untuk tempat tinggal manusia dengan manfaat pondasi rumah yang juga kokoh.

Contoh Barang Tambang Adapun contoh-contoh barang tambang diantaranya yaitu: • Minyak bumi Minyak bumi ialah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.

Minyak bumi adalah bahan bakar fosil, yang berarti bahwa minyak bumi berasal dari dekomposisi bahan organik selama jutaan tahun. Itu terbentuk pada batuan sedimen di bawah panas dan tekanan yang kuat. Minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan kendaraan, unit pemanas dan segala jenis mesin, serta dikonversi menjadi plastik dan bahan lainnya.

Karena berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah dunia pada minyak bumi, industri perminyakan sangat kuat dan merupakan pengaruh besar pada politik dunia dan ekonomi global. Akan tetapi, ketersediaan minyak bumi dan gas alam yang merupakan sumber utama dalam perindustrian, transportasi serta rumah tangga, semakin lama semakin menipis, sehingga perlu dijaga kelestariannya.

Minyak bumi yang dihasilkan di Indonesia bisa dibilang dalam kondisi yang cukup baik, karena potensi minyak bumi Indonesia sekitar 4,3 milyar barrel. Wilayah persebaran tambang minyak bumi di Indonesia misalnya di Lhoksumawe, Muara Enim, Majalengka, Cilacap, Amuntai dan Sorong. • Batu bara Batubara merupakan batuan sedimen yang bisa terbakar, yang terbentuk dari endapan organik, terutama adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan.

Unsur-unsur utama batu bara terdiri atas karbon, hidrogen dan oksigen. Batu bara adalah batuan organik yang mempunyai sifat-sifat fisika dan kimia yang kompleks yang dapat ditemui dalam berbagai bentuk. Batubara adalah batuan yang mudah terbakar dan, bersama dengan minyak dan gas alam, batubara adalah salah satu dari tiga bahan bakar fosil yang paling penting. Batubara memiliki beragam kegunaan; penggunaan yang paling penting adalah untuk pembangkit listrik. Di Indonesia, hasil tambang batu bara mencapai 246 juta ton dengan suku cadang hanya 0,5 %.

Wilayah persebaran tambang batu bara di Indonesia antara lain di Tanjung Enim, Sungai Berau dan Sumatera Barat. • Timah Biji timah adalah hasil pelapukan batuan granit. Timah biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan kaleng, pelapis besi dan tube. Biji timah yang diolah secara lebih lanjut menjadi logam timah, biasanya dimanfaatkan sebagai pembungkus permen, rokok, coklat dan sebagainya karena logam timah tersebut tipis menyerupai kertas timah. Indonesia menduduki peringkat 4 di dunia dalam produksi timah, dengan presentase suku cadangnya 8,1% dari jumlah cadangan timah di dunia.

Wilayah persebaran tambang timah di Indonesia antara lain adalah Pulau Bangka, daratan Riau, Pulau Karimun dan Manggara (Belitung). • Emas Emas termasuk salah satu golongan logam mulia dan menjadi contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, hal ini karena memiliki sifat tahan korosi (berkarat) dan beroksidasi.

Emas merupakan logam yang mempunyai nilai komoditas dan nilai dagang yang relatif tinggi. Pada sejarah peradaban manusia, emas dapat dijadikan sebagai salah satu mata uang atau alat tukar. Oleh sebab itu, emas adalah salah satu jenis bahan tambang utama di dunia, meskipun saat ini banyak negara di dunia yang tidak lagi menggunakan emas dalam sistem keuangannya, tapi emas masih mempunyai nilai dagang yang tinggi karena masih banyak digunakan untuk berbagai macam perhiasan dan juga beberapa industri lainnya.

Wilayah penambangan emas di Indonesia minsalnya terdapat di provinsi Papua, yaitu terletak di dekat Puncak Jaya gunung Jayawijaya. Penambangan tersebut bernama Tambang Grasberg, yang merupakan tambang emas terbesar di dunia. Tambang emas tersebut dikelola oleh PT Freeport Indonesia yang 90.64% sahamnya dimiliki oleh perusahaan Freeport-McMoRan yang berbasis di Amerika Serikat, sedangkat sisa 9.36% sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

• Nikel Nikel mempunyai sifat yang tahan karat, tapi dalam keadaan murni, nikel memiliki sifat lembeksehingga dalam penggunaannya, nikel banyak dicampur dengan besi supaya menjadi tahan karat dan menjadi baja, dicampur dengan tembaga supaya menjadi kuningan dan perunggu. Nikel juga digunakan untuk membuat mata uang logam.

Wilayah persebaran tambang nikel terbesar di Indonesia terdapat di Soroako, Sulawesi Selatan dan Pomala, Sulawesi tenggara. Kesimpulan Dari penjelasan yang dikemukakan dapat dikatakan bahwa barang tambang adalah ekstraksi (pemindahan) mineral dan logam dari bumi.

Mangan, tantalum, cassiterite, tembaga, timah, nikel, bauksit (bijih aluminium), bijih besi, emas, perak, dan berlian hanyalah beberapa contoh dari apa yang ditambang. Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai pengertian barang tambang menurut para ahli, jenis, manfaat, dan contohnya.

Semoga melalui artikel ini bisa memberikan referensi kepada segenap pembaca yang sedang mencari materinya. Trimakasih, Posting terkait: • 11 Ciri Ekosistem Terumbu Karang di Laut • Pengertian Iklim Kutub, Ciri, Jenis, dan Contoh Flora Fauna • Pengertian Hujan Siklonal, Ciri, Penyebab, Manfaat, dan Dampaknya Posting pada Alam, Menurut Para Ahli Ditag barang tambang, barang tambang adalah, barang tambang di Indonesia, bentuk barang tambang, contoh barang tambang, definisi barang tambang, jenis barang tambang, kegunaan barang tambang, macam barang tambang, manfaat barang tambang, pengertian barang tambang, pengertian barang tambang menurut para ahli Navigasi pos Kategori • Alam • Atmosfer • Batuan • Benua • Cabang Ilmu • Ciri • Contoh Geografi • Dampak • Geografi • Geologi • Hidrologi • Hutan • Iklim • Ilmu Sosial • Jenis • Kajian Geografi • Klasifikasi • Konsep • Lainnya • Lingkungan • litosfer • Manfaat • Menurut Para Ahli • Negara • Objek Studi Geografi • Penduduk • Penelitian • Sejarah Geografi • Tanah • Unsur KOMPAS.com - Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai macam sumber daya alam.

Dimulai sinar Matahari yang tidak terbatas, kawasan hutan yang menjadi salah satu paru-paru dunia, kekayaan flora dan fauna, serta berbagai jenis barang tambang. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Indonesia memiliki cadangan mineral tambang yang sangat besar seperti minyak bumi, gas alam, emas, dan timah.

Hampir semua provinsi memiliki barang tambang dengan berbagai kegunaan. Berikut adalah daftar provinsi di Indonesia beserta hasil tambangnya: Provinsi Hasil Tambang Nanggroe Aceh Darussalam Perak, gas alam, minyak bumi, emas, perak, dan batu bara Sumatera Utara Minyak bumi, mangan, dan gas alam Sumatera Barat Batu bara, belerang, dan mangan Riau Platina, timah, bauksit, mangan, granit, dan gas alam Kepulauan Riau Minyak bumi, timah, dan bauksit Jambi Belerang, emas, batu bara, dan tembaga Bengkulu Batu bara, perak, platina dan mangan, dan emas Sumatera Selatan Batu bara, gas alam, dan minyak bumi Kepulauan Bangka Belitung Bauksit dan timah Lampung Bijih besi, granit, batu kapur, gas alam, dan emas Banten Minyak bumi dan baja DKI Jakarta - Jawa Barat Batu kapur, marmer, emas, perak, mangan, belerang, bijih besi, batu bara, dan gypsum Jawa Tengah Fosfat, bijih besi, belerang, mangan, tembaga, belerang, gypsum, dan pasir besi Jawa Timur Fosfat, minyak bumi, marmer, gas alam, batu kapur DI Yogyakarta Perak, mangan, dan granit Bali - Nusa Tenggara Barat Gypsum, emas, perak, mangan, dan timah hitam Nusa Tenggara Timur Mangan dan batu kapur Kalimantan Barat Intan, bauksit, alumunium, nikel, batu bara, bijih besi, emas, dan perak Kalimantan Selatan Batu bara, bijih besi, mangan, emas, perak, dan intan Kalimantan Tengah Intan dan minyak bumi Kalimantan Timur Batu bara, minyak bumi, emas, perak, gas alam, bijih besi, intan, dan timah Kalimantan Utara Minyak bumi, gas alam, perunggu, nikel, belerang, gypsum, belerang, dan tembaga Gorontalo Emas, perak, tembaga,granit, dan batu kapur Sulawesi Barat Timah hitam, gypsum, minyak bumi, emas, bijih besi, nikel, tembaga, dan batu bara Sulawesi Selatan Batu bara, gypsum, nikel, perak, tembaga, timah hitam, minyak bumi, gypsum, belerang, dan marmer Sulawesi Tenggara Minyak bumi, nikel, dan batu kapur Sulawesi Tengah Bijih besi, emas, nikel, dan tembaga Sulawesi Utara Perak, gypsum, emas, gas alam, bijih besi, minyak bumi, nikel, mangan, emas, dan tembaga, dan perunggu Maluku Minyak bumi, nikel, mangan, emas, dan tembaga Maluku Utara Minyak bumi, tembaga, dan nikel Papua Batu bara, emas, alumunium, minyak bumi, nikel, marmer, dan tembaga Papua Barat Batu bara, emas, alumunium, minyak bumi, nikel, marmer, dan tembaga Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam Tambang Dilansir dari Royal Society of Chemistry, berikut beberapa produk dari hasil bumi Indonesia: • Timah: pelapis berbagai jenis logam untuk mencegah terjadinya korosi, bahan perangkat elektronik, penyambung logam, kaca, dan juga perangkat otomotif.

• Tembaga: konduktor listrik dan panas, logam anti karat, bahan baku patung, mata uang. • Bijih besi: konduktor listrik dan panas, bahan konstruksi, perangkat elektronik, otomotif. • Minyak bumi: gas elpiji, bahan kimia, bensin, bahan bakar pesawat, diesel, oli, bahan bakar kapal laut, aspal. • Batu bara: bahan bakar pada pembangkit listrik tenaga uap dan pembangkit listrik tenaga gas.

briket, industri baja, industri kertas, dan industri semen. • Nikel: baja anti karat, desalinasi air asin, katalis dalam reaksi kimia, baterai, baling-baling kapal, dan juga turbin. • Alumunium: konduktor listrik dan panas, badan pesawat, kaleng, bahan konstruksi, dan juga perangkat otomotif.
PT.

Wira Griya • Beranda • Hoist Crane • CMAK Crane System • KITO Hoist Crane • GH Hoist Crane • WIRA Griya Fabricator • Coating Spray • Automatic Coating System • Painting Line & Circulation System • Accessories • Two Component Mixing System • IST Solvent Recycling System • Pumps • Sealing Equipment • Manual Spray berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah Machineries • Cosmetic Machinery • Packaging • Pharmaceutical Machinery • Other • Artikel • WhatsApp • Beranda • Hoist Crane • CMAK Crane System • KITO Hoist Crane • GH Hoist Crane • WIRA Griya Fabricator • Coating Spray • Automatic Coating System • Painting Line & Circulation System • Accessories • Two Component Mixing System • IST Solvent Recycling System • Pumps • Sealing Equipment • Manual Spray • Machineries • Cosmetic Machinery • Packaging • Pharmaceutical Machinery • Other • Artikel • WhatsApp Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya hasil tambang yang jarang dimiliki oleh negara lain.

Ada banyak jenis hasil tambang yang tersebar pada beberapa lokasi di wilayah tanah air. Penjelasan selengkapnya mengenai hasil tambang akan diulas di bawah ini.

Pengertian Hasil Tambang Hasil tambang adalah sumber daya alam yang berasal dari dalam perut bumi dengan sifatnya tidak bisa diperbaharui karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang lama berjuta-juta tahun.

Kegiatan pertambangan dilakukan manusia dengan cara menggali, mengambil, dan mengolah sumber daya alam yang terdapat di perut bumi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Aktivitas pertambangan juga meliputi upaya-upaya pengolahan sumber daya tersebut untuk dijadikan barang setengah jadi sebagai bahan dasar industri. Jenis-Jenis Hasil Tambang Secara umum hasil tambang dibedakan dalam beberapa jenis. Berikut ini penjelasan masing-masing kategori. Jenis-Jenis Hasil Tambang Berdasarkan Manfaat atau Kegunaannya Dibedakan ke dalam tiga golongan yaitu sebagai berikut: Golongan A = barang tambang strategis dan penting untuk menunjang perekonomian negara.

Contoh: minyak bumi, batubara, gas alam, bijih besi, tembaga, dan nikel. Golongan B = barang tambang yang vital dan penting bagi kehidupan orang banyak atau untuk hajat hidup orang banyak.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Contoh: emas, perak, belerang, fosfat, dan mangan. Golongan C = barang tambang yang secara langsung dipakai untuk bahan keperluan industri. Contoh: batu gamping, kaolin, marmer, gips, dan batu apung. Jenis-Jenis Hasil Tambang Berdasarkan Bentuknya Dikelompokkan sebagai berikut: Barang tambang berbentuk energi = barang tambang yang bisa menghasilkan tenaga atau energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Contoh: minyak bumi, batubara, gas alam, dan uranium. Barang tambang berbentuk mineral logam = contohnya timah, tembaga, bijih besi, emas, perak, dan nikel. Barang tambang berbentuk mineral bukan logam = berupa belerang, gamping, marmer, pasir kuarsa, intan, dan fosfat.

Jenis-Jenis Hasil Tambang Berdasarkan Asal Pembentukannya Menurut bahan asal pembentukannya dibedakan menjadi mineral organik dan mineral anorganik. Simak penjelasannya di bawah ini: Mineral organik = mineral yang berasal dari sisa makhluk hidup seperti gas alam, minyak bumi, dan batubara. Mineral anorganik = mineral yang berasal dari sisa-sisa bahan anorganik seperti batu, pasir kuarsa, yodium dan kaolin.

Jenis-Jenis Hasil Tambang berdasarkan proses terbentuknya Berdasarkan proses terbentuknya dibagi menjadi 6 jenis, diantaranya: Bahan Galian Magmatik = bahan galian yang terjadi karena interaksi antar magma. Bahan Galian Permatit = bahan galian yang terbentuk di dalam diatrema dan bentukan intrusi.

Bahan Galian Hasil Pengendapan = bahan galian yang terbentuk karena terjadinya proses pengendapan di genangan air.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Bahan Galian Hasil Pengayaan Sekunder = bahan galian yang terbentuk karena batuan hasil pelapukan mengalami proses pelarutan. Bahan Galian hasil metamorfosis kontak = bahan galian yang terbentuk karena adanya magma yang saling bersentuhan. Magma Galian Hidrotermal = barang tambang yang terbentuk karena pembekuan magma.

Proses Terbentuknya Hasil Tambang Di bawah ini merupakan urutan proses hasil tambang dapat terbentuk: • Melalui Proses Konsentrasi Magma • Proses Sublimasi = proses pembentukan secara penguapan langsung yang diikuti dengan pengendapan biji dari uap tersebut pada temperatur dan uap yang rendah.

• Proses Hydrothermal = proses diferensiasi magma yang menyusup ke atas menjauhi dapur magma.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Perubahan temperatur mengakibatkan gas magma berubah menjadi air panas. • Proses Endapan sedimen = endapan yang terbentuk dari proses pengendapan berbagai macam mineral yang sudah mengalami pelapukan dari batuan asalnya. • Proses Metamorfosis/metamorfosa = proses yang terjadi akibat adanya suatu perubahan pada unsur-unsur kimia yang terjadi pada batuan.

Potensi dan Persebaran Hasil Tambang 1. Minyak Bumi Minyak bumi disebut sebagai emas hitam karena berwarna hitam dan sangat kental.

Terbentuk dari organisme yang telah mati, namun memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan sehari-hari. Minyak bumi digunakan untuk menghasilkan berbagai macam bahan bakar, minyak tanah, dan aspal.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Dapat dikatakan bahwa minyak bumi memegang peranan yang sangat besar dalam pemanfaatannya. Sehingga tambang minyak bumi memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 2. Batu Bara Batu bara adalah barang tambang yang terbentuk dari endapan tumbuhan yang telah mati. Proses endapan tumbuhan menghabiskan waktu berjuta-juta tahun. Manfaat batu bara antara lain sebagai bahan bakar seperti bensin. 3. Besi Besi merupakan salah satu barang hasil tambang yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari dan unsur keempat terbesar dari kerak bumi.

Besi dimanfaatkan dalam proses membangun gedung, rumah, atau bangunan lainnya. 4. Perak dan Emas Emas tergolong ke dalam logam mulia, sedangkan perak merupakan salah satu konduktor listrik yang paling efektif. Kedua bahan ini termasuk barang tambang yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sebab sering digunakan sebagai perhiasan wanita atau sebagai alat pembayaran dan jaminan. 5. Timah Selain minyak bumi dan batu bara, tambang timah juga memainkan peran yang tak kalah besarnya sebab kebutuhan akan berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah yang sangat tinggi.

Indonesia merupakan penghasil terbesar nomor empat di dunia dalam produksi timah setelah Cina, Malaysia, dan Peru. Pengelolaan timah dibutuhkan dalam produksi banyak barang yang digunakan manusia. Persebaran Hasil Tambang di Indonesia 1. Minyak bumi Daerah-daerah penghasil tambang minyak sebagai berikut : • Tambang minyak di pulau Sumatera terdapat di Aceh (Lhoksumawe dan Peureula); Sumatera Utara (Tanjung Pura); Riau (Sungai Pakning, Dumai); dan Sumatera Selatan (Plaju, Sungai Gerong, Muara Enim).

• Tambang minyak di pulau Jawa terdapat di Majalengka, Jatibarang (Jawa Barat), Wonokromo, Delta (Jawa Timur); dan Cepu, Cilacap di (Jawa Tengah). • Tambang minyak di pulau Kalimantan terdapat di Amuntai, Tanjung, dan Rantau (Kalimantan Selatan), Balikpapan, Pulau Tarakan, Pulau Bunyu dan Sungai Mahakam (Kalimantan Timur).

• Tambang minyak di Maluku (Pulau Seram dan Tenggara), serta • Tambang minyak di Irian Jaya (Klamono, Sorong, dan Babo). 2. Bauksit (bijih aluminium) Penambangan bauksit banyak ditemui di daerah Riau (Pulau Bintan) dan Kalimantan Barat (Singkawang).

3. Batu bara Penambangan batu bara terdapat di Sumatera Barat (Ombilin, Sawahlunto), Sumatera Selatan (Bukit Asam, Tanjung Enim), Kalimantan Timur (Lembah Sungai Berau, Samarinda), Kalimantan Selatan (Kotabaru/Pulau Laut), Kalimantan tengah (Puruk Cahu), Sulawesi Selatan (Makassar), dan Papua (Klamono). 4. Besi Penambangan besi terdapat di daerah Jawa Tengah (Cilacap), Lampung (Gunung Tegak), Kalimantan Selatan (Pulau Sebuku), dan Sulawesi Selatan (Pegunungan Verbeek).

5. Timah Daerah-daerah penghasil timah terbesar di Indonesia adalah Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia. Di daerah Muntok terdapat pabrik peleburan timah. Terdapat dua macam timah yaitu timah primer dan timah sekunder (aluvial). Timah primer merupakan timah yang mengendap pertama kali pada batuan granit.

Sedangkan timah sekunder (aluvial) yakni endapan timah yang telah berpindah dari tempat asalnya akibat proses pelapukan dan erosi. 6. Emas Penambangan emas banyak dijumpai di daerah Jawa Barat (Cikotok, Pongkor), Freeport (Timika, Papua), Nanggroe Aceh Darussalam (Meulaboh), Riau (Logos), Bengkulu (Rejang Lebong), Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow, Minahasa), dan Kalimantan Barat (Sambas).

7. Tembaga Penambangan tembaga terdapat di daerah Irian Jaya (Tembagapura). 8. Nikel Ditambang dari daerah Sulawesi Tenggara (Soroako). 9. Marmer Marmer/batu pualam adalah batu kapur yang telah berubah bentuk dan rupanya sehingga menjadi batuan yang sangat indah setelah digosok dan dilicinkan. Marmer banyak terdapat di Trenggalek, Tulungagung, Jawa Timur dan daerah Bayat Jawa Tengah, Lampung, Makassar, dan Timor.

10. Mangan Ditambang dari daerah Jawa Barat (Tasikmalaya), dan Kalimantan Selatan (Martapura), dan Yogyakarta (Kliripan), 11. Aspal Ditambang dari daerah Sulawesi Tenggara (Pulau Buton).

12. Belerang Penambangan belerang di daerah Jawa Barat (Gunung Patuha), Jawa Timur (Gunung Welirang). 13. Yodium Penambangan terdapat di daerah Jawa Timur (Mojokerto) dan Jawa Tengah (Semarang).

14. Gas Alam Di Indonesia terdapat banyak sumber gas alam yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Terdapat 2 macam gas alam cair yang diperdagangkan, yaitu LNG dan LPG. Jika LNG (Liquified Natural Gas) atau Gas alam cair dibuat dari gas alam yang terbentuk secara alami. LNG terdiri atas gas metan dan gas berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah.

Jenis gas ini membutuhkan suhu sangat dingin supaya dapat disimpan sebagai cairan. Gas alam cair diproduksi di Arun dan Badak, yang kemudian diekspor ke luar negeri seperti Jepang. Sementara LPG (Liquified Petroleum Gas) atau gas hasil olahan minyak bumi yang dicairkan. Mudah dijumpai pada produk Elpiji yang digunakan sebagai bahan bakar kompor gas di berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah. 15. Pasir Kuarsa Proses terbentuknya berasal pelapukan batu-batuan yang hanyut lalu mengendap di sekitar sungai, pantai, dan danau.

Pasir kuarsa banyak ditemukan di Banda Aceh, Bangka, Belitung dan Bengkulu. Cadangan pasir kuarsa paling besar terdapat di Sumatera Barat, sementara potensi lain terdapat di Kalimantan Barat, Pulau Bangka dan Belitung, Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Manfaat pasir kuarsa atau biasa disebut Pasir Silika (SiO2) antara lain untuk menghilangkan kandungan lumpur atau tanah dan sedimen pada air minum atau air tanah atau air PDAM atau air gunung pada industri pengolahan air. Sebagai bahan baku utama dalam industri gelas kaca, semen, tegel, mosaik keramik, bahan baku ferro silikon, silicon carbide bahan abrasif (ampelas dan sand blasting) dan sebagai bahan ikutan dalam industri cor, industri perminyakan dan pertambangan, bata tahan api.

16. Pasir Besi Pasir Besi adalah hasil tambang berupa batuan pasir yang banyak mengandung zat besi di dalamnya. Penghasil pasir besi terbanyak ada di Pantai Cilacap, Jawa Tengah.

Selain digunakan untuk industri logam besi, banyak dimanfaatkan pada industri semen dan bahan dasar tinta kering (toner) pada mesin fotokopi dan tinta laser, bahan utama untuk pita kaset, pewarna serta campuran (filter) dalam cat, dan sebagai bahan dasar dalam industri magnet permanen Demikian penjelasan lengkap mengenai hasil tambang. Indonesia sangat melimpah hasil kekayaan alam, salah satunya barang tambang yang bermanfaat dalam menunjang aktivitas dan kehidupan manusia.

Sehingga sudah sepatutnya menjaga, memelihara, dan melestarikan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini dengan maksimal.
Pada artikel ini kita akan belajar materi identifikasi barang tambang, macam-macam barang tambang, potensi, serta persebarannya di Indonesia. -- Siapa yang sudah menonton film Laskar Pelangi?

Daerah Belitong - latar tempat di film Laskar Pelangi - merupakan salah satu tambang penghasil timah di Indonesia. Tahukah kamu, Indonesia merupakan negara penghasil timah terbesar kedua di dunia dengan produksi 66.000 ton timah pada 2020. Hmm selain timah, apalagi ya persebaran barang tambang yang dimiliki Indonesia? Cek informasinya di bawah ini! Barang tambang tergolong ke dalam sumber daya alam, lho! Tetapi, barang tambang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Barang tambang juga membutuhkan waktu yang lama untuk terbentuk, lho. Proses pembentukannya sendiri terdiri dari proses eksplorasi (riset lapangan), eksploitasi (penggalian), dan ekstraksi (pemisahan). Oleh karena itu, jangan lupa untuk tidak boros dalam menggunakannya, ya! Barang tambang menurut Undang-Undang No. 11 Tahun 1967 Dengan banyaknya kekayaan alam yang melimpah, maka perlu diatur sebuah regulasi untuk menggolongkan jenis-jenis kekayaan bahan tambang Indonesia. Menurut UU No.11 Tahun 1967 Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertambangan, bahan galian dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: • Bahan galian golongan A, yaitu bahan galian strategis.

Bahan galian strategis digolongkan untuk kepentingan pertahanan, keamanan negara, dan perekonomian negara. Contoh bahan galian strategis adalah minyak bumi, batubara, gas alam. • Bahan galian golongan B, yaitu bahan galian vital. Bahan galian vital digolongkan untuk dapat menjamin hajat hidup orang banyak; Contoh bahan galian vital adalah besi, mangan, bauksit, tembaga, timbal, seng, emas, platina, perak.

• Bahan galian C, yaitu bahan galian yang tidak termasuk golongan A dan B. Contoh bahan galian C adalah nitrat, fosfat, asbes, talk, grafit, pasir kuarsa, kaolin, feldspar, marmer, pasir. Barang tambang berdasarkan proses terbentuknya Tahukah kamu, berdasarkan cara terbentuknya, barang tambang bisa dibagi menjadi 6, lho! Apa saja, ya? Yuk simak! • Bahan Galian Magmatik adalah bahan galian yang terjadi karena interaksi antar magma.

• Bahan Galian Pegmatit adalah bahan galian yang terbentuk di dalam diatrema dan bentukan intrusi. • Bahan Galian Hasil Pengendapan merupakan bahan galian yang terbentuk karena terjadinya proses pengendapan di genangan air. • Bahan Galian Hasil Pengayakan Sekunder yaitu bahan galian yang terbentuk karena batuan hasil pelapukan mengalami proses pelarutan.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

• Bahan Galian hasil metamorfosis kontak merupakan bahan galian yang terbentuk karena adanya magma yang saling bersentuhan.

• Magma Galian Hidrotermal adalah barang tambang yang terbentuk karena pembekuan magma. Potensi dan Persebaran Barang Tambang Setelah sebelumnya kita memahami mengenai pengertian dari bahan tambang, selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis barang tambang yang paling berpotensi di Indonesia berikut ini.

Minyak Bumi Minyak mentah sebelum mengalami proses pemurnian (Sumber: AA Energy) Baca juga: Mitigasi Bencana Alam di Indonesia Minyak bumi merupakan salah satu barang tambang yang didapat dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak.

Nah lalu gimana cara menemukan lokasi sumur-sumur minyak ini? Tentu saja dengan melalui proses eksplorasi yang meliputi studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. Lalu seberapa besar potensi yang bisa dimanfaatkan dari bahan tambang satu ini? Minyak bumi utamanya digunakan untuk menghasilkan berbagai macam bahan bakar, dan minyak tanah.

Selain itu, minyak mentah yang akan melalui proses penyulingan (distilasi), dapat menjadi beberapa komoditas. Diantaranya yakni aspal, parafin, pelumas, dan juga bahan bakar gas.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan sumber daya minyak bumi yang melimpah. Menurut catatan WorldometersIndonesia memiliki cadangan minyak sebanyak 3,692 miliar barel dan memiliki kapasitas produksi minyak bumi hingga 945,637 per hari.

Daerah-daerah yang menjadi sumur minyak di Indonesia cukup tersebar, yakni Kilang Dumai di Provinsi Riau, Kilang Balongan di Jawa Barat, Kilang Cilacap dan Cepu di Jawa Tengah, Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur, dan Kilang Kasim di Papua Barat. Batu Bara Bongkahan batu bara di genggaman tangan (Sumber: Getty images) Tahukah kamu, batu bara merupakan barang tambang yang penting dalam pemenuhan energi dalam kehidupan kita.

Listrik yang mengaliri setiap rumah, dihasilkan melalui PLTU dengan bahan bakar batu bara. Bahan tambang ini terbentuk dari endapan organisme yang telah mati. Proses endapan tumbuhan tersebut tidak sebentar, lho. Prosesnya sendiri menghabiskan jutaan tahun! Oleh sebab itu, berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah bara digolongkan sebagai bahan bakar fosil.

Manfaat utama dari batu bara antara lain sebagai sumber tenaga pembangkit listrik. Di Indonesia, batu bara merupakan potensi energi tambang yang sangat besar. Pada tahun 2016, tercatat cadangan batu bara Indonesia sebanyak hampir 25 miliar ton, dan kapasitas produksi hingga 502 juta ton per tahun. Dengan potensi tersebut, batu bara bisa menjadi cadangan energi kita hingga 243 tahun kedepan loh!

Lokasi tambang batu bara di Indonesia juga cukup tersebar. Yakni ada di Maluku Utara, Jawa, Sulawesi, Papua, Sumatra, dan yang terbesar di Kalimantan. Besi Bongkahan logam besi (Sumber: PSE Mendelejew) Baca juga: Beberapa Inovasi untuk Melestarikan Sumber Daya Alam Siapa yang tidak kenal dengan besi?

Salah satu logam yang terbuat dari unsur Ferrum (fe) ini sangat banyak fungsinya bagi kehidupan kita. Besi dibuat dengan bahan dasar bijih besi yang ditambang dari alam, lalu diolah hingga dapat digunakan sesuai fungsinya. Besi merupakan unsur yang paling umum dapat ditemukan di Bumi. Jumlahnya sangat banyak bahkan menurut perhitungan, besi adalah unsur keempat terbesar pada kerak bumi. Besi biasanya digunakan dalam proses membangun gedung, rumah, atau bangunan lainnya. Hampir seluruh proses dalam konstruksi membutuhkan besi, seperti seng, pagar, palu, linggis, dan paku merupakan alat berbahan besi.

Selain itu, besi juga dibutuhkan dalam proses pembuatan baja. Potensi yang bisa didapat dari bijih besi yakni menjadi pasir besi, besi primer, dan besi laterit. Indonesia cukup kaya sumber daya alamnya akan bijih besi karena kondisi struktur geologi Indonesia yang mendukung. Daerah dengan kandungan bijih besi di Indonesia cukup merata persebarannya. Provinsi dengan aktivitas penambangan terbesar berada di Kalimantan Selatan.

Sementara pertambangan skala kecil lainnya banyak dilakukan di daerah Kalimantan Barat, Jambi, Riau, Bangka Belitung, dan Sulawesi Utara. Emas dan Perak Bongkahan logam mulia emas dan perak (Sumber: Getty Images) Selanjutnya, emas dan berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah. Kedua bahan tambang ini tergolong sebagai logam mulia karena unsurnya yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Emas dan perak juga telah bertahun-tahun dianggap sebagai simbol kemakmuran, maka dari itu, tak jarang bisa kamu temukan ibu-ibu yang menggunakan perhiasan berbahan dasar logam emas.

Selain sebagai perhiasan, emas dan perak juga diterima sebagai logam yang menggantikan alat pembayaran yang sah. Karena sifatnya yang tahan terhadap korosi dan oksidasi, jumlah kedua unsur logam mulia ini relatif tidak berkurang di bumi.

Hal ini yang membuat emas dan perak dianggap sebagai logam bernilai tinggi. Harganya yang seiring waktu terus meningkat, juga menjadikan emas sebagai media berinvestasi yang diminati banyak orang.

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam terkhusus emas. Kamu tau bukan, kalau negara kita memiliki tambang yang terkenal yakni Tambang Grasberg di Mimika, Papua. Menurut The Global Economy, Jumlah produksi emas di Indonesia juga sangat besar bahkan di urutan 7 dunia. Pada tahun 2018, Indonesia menghasilkan sebanyak 135 ton emas murni. Indonesia saat ini memiliki lima tambang emas terbesar yang menyumbang produksi emas nasional dan dunia.

Tambang-tambang tersebut antara lain adalah tambang Grasberg di Papua, Tambang Gunung Dompu di NTB, Tambang Gunung Pongkor di Jawa Barat, Tambang Martabe di Sumatera Utara dan satu lokasi potensial yang sedang tahap eksplorasi yakni di Sumbawa.

Tahukah kamu, baru-baru ini juga ditemukan “gunung emas” di Blok Wabu yang dikatakan memiliki potensi kandungan emas lebih besar dari Tambang Grasberg! Marmer Nah, kalau kamu sudah tau belum tentang barang tambang yang satu ini? Marmer merupakan batuan kristalin kasar yang berasal dari batu kapur atau dolomit.

Si batu mengkilap ini banyak difungsikan sebagai bahan dekoratif untuk rumah dan bangunan mewah. Bagian rumah yang dapat menggunakan marmer antara lain dinding, lantai, atap dan jenis selubung lainnya. Batu marmer sering dipilih sebagai hiasan baik untuk hunian maupun monumen. Hal ini karena sifatnya yang dapat tembus cahaya.

Selain itu batuan marmer juga mempunyai manfaat tinggi untuk menyerap cat. Batu marmer juga mempunyai tekstur yang lembut sehingga mudah dipahat. Batuan marmer yang bisa tembus cahaya sehingga indah untuk menjadi material hunian (Sumber: Sorccia) Di Indonesia sendiri, tambang batuan marmer tersebar di beberapa daerah. Daerah pertama sekaligus penghasil marmer terbesar saat ini ada Bone, Maros, Enrekang, Sulawesi Selatan. Lalu ada di Lampung, Aceh, Sumatra Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain sebagai bahan untuk material bangunan dan dekorasi, batuan marmer juga dimanfaatkan untuk kegunaan lainnya. Sifatnya yang kaya akan unsur mineral seperti kalsit, karbonat, dan kalsium, membuat marmer juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembersih rumah, penetral asam, pupuk, dan juga campuran pakan ternak. Peta persebaran tambang di Indonesia Peta persebaran tambang di Indonesia Kita patut berbangga sebagai bangsa Indonesia, Negara kita memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah dari sabang hingga merauke.

berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah

Indonesia merupakan negara dominan dalam industri pertambangan global, dengan produksi komoditas penting seperti batu bara, tembaga, emas, timah, bauksit, dan nikel. Indonesia juga terus menjadi salah satu pengekspor batubara termal terbesar di dunia.

Berikut bahan tambang yang ditemukan di setiap daerah di Indonesia: Sumatra Pulau Sumatra kaya akan hasil tambang, yakni minyak bumi, emas, perak, batu bara, mangan, gas alam, belerang, platina, timah, bauksit, granit, tembaga, bijih besi, dan batu kapur. Jawa dan Nusa Tenggara Pulau Jawa dan Nusa Tenggara juga menyimpan potensi kekayaan alam, berupa batu kapur, marmer, emas, perak, mangan, belerang, bijih besi, batu bara, gypsum, fosfat, minyak bumi, gas alam dan timah hitam.

Kalimantan Pulau Kalimantan terkenal sebagai salah satu Pulau “Terkaya” di dunia akan sumber daya alamnya. Komoditas tambang yang utama di pulau ini adalah minyak bumi, intan, bauksit, aluminium, nikel, batu bara, bijih besi, emas, perak, mangan, gas alam, perunggu, belerang, dan gypsum Sulawesi dan Maluku Sulawesi dan Berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah juga memiliki kekayaan tambang yang banyak dicari manufaktur baterai saat ini, yakni Nikel.

Selain itu bahan tambang di Sulawesi meliputi: emas, perak, tembaga, granit, batu kapur, timah hitam, gypsum, belerang, marmer, minyak bumi, bijih besi, dan mangan. Papua Daerah di ujung timur Negara kita, namun menyimpan kekayaan alam terbesar di Indonesia.

Papua terkenal akan hasil tambang logam mulia yang melimpah, yakni emas, nikel, tembaga, marmer, minyak bumi, alumunium dan batu bara. Nah, sekarang sudah lebih paham kan dengan contoh barang tambang? Supaya belajarmu makin asik dan makin paham, yuk ikutan gabung di Brain Academy Online.

Kapan lagi bisa belajar di mana saja dan kapan saja dengan tutor standby? Daftar sekarang, yuk! Sampai jumpa di Brain Academy Online! Referensi: Yosepana, Sandra. 2009. Belajar Efektif Geografi SMA Kelas XI.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 10 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa? [Daring] Tautan: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/30/10-negara-penghasil-timah-terbesar-di-dunia-indonesia-urutan-berapa (Diakses 18 Oktober 2021) 7 Kilang Minyak yang Tersebar di Indonesia [Daring] Tautan: http://ditsmp.kemdikbud.go.id/7-kilang-minyak-yang-tersebar-di-indonesia/ (Diakses 18 Oktober 2021) Gold production - Country rankings [Daring] Tautan: https://www.theglobaleconomy.com/rankings/gold_production/ (Diakses 18 Oktober 2021) Ini Perbedaan Penggolongan Bahan Galian Tempo Dulu dan Sekarang [Daring] Tautan: https://duniatambang.co.id/Berita/read/168/Ini-Perbedaan-Penggolongan-Bahan-Galian-Tempo-Dulu-dan-Sekarang (Diakses 18 Oktober 2021) Sumber foto: US crude oil inventories rise 0.8% for week ending July 30 [Daring] Tautan: https://www.aa.com.tr/en/energy/oil/us-crude-oil-inventories-rise-08-for-week-ending-july-30/33334 (Diakses 18 Oktober 2021) Translucent Surfaces [Daring] Tautan: https://www.sorccia.com/translucent-stones (Diakses 18 Oktober 2021) Iron [Daring] Tautan: www.pse-mendelejew.de (Diakses 18 Oktober 2021) Coal [Daring] Tautan: https://www.gettyimages.com/detail/photo/holding-a-handful-of-coal-royalty-free-image/530703778?adppopup=true (Diakses 18 Oktober 2021) PERSEBARAN BARANG TAMBANG DI INDONESIA [Daring] Tautan: https://catatangeografi.wordpress.com/sumber-daya-alam/ (Diakses 18 Oktober 2021) Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 22 Oktober 2021.Contents • Mengenali Pertambangan di Indonesia • 10 Hasil Pertambangan di Indonesia • Produk-produk Tambangan dari Indonesia Lainnya • Related posts: Mengenali Pertambangan di Indonesia Sebelum kita mengenali lebih jauh seputar pertambangan di Indonesia, ada baiknya kita mengenali pertambangan itu sendiri, oke?

Pertambangan didefinisikan sebagai sebagian atau keseluruhan tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan, dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan serta kegiatan pascatambang. Ini merupakan definisi pertambangan menurut Undang-undang No 4 Tahun 2009, untuk lebih jelasnya bisa baca disini.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, termasuk di dalamnya adalah hasil-hasil alam dari sektor tambangan. Baca Juga : Mengenali Hasil Hutan Indonesia Dan di bawah ini adalah produk-produk pertambangan Indonesia yang sudah seharusnya untuk kita ketahuan bersama sebagai suatu kebanggaan. 10 Hasil Pertambangan di Indonesia • Batubara.

• Minyak bumi. • Timah. • Biji Besi. • Intan. • Emas. • Nikel. • Tembaga. • Gas alam. • Alumunium. Produk-produk Tambangan dari Indonesia Lainnya • Platina.

• Gipsum. • Aspal. • Perak. • Bauksit. • Belerang. • Gas bumi. • Kaolin. • Fospat. • Mangan. Dan tentunya masih banyak lagi hasil-hasil alam sektor tambang Indonesia ini yang lainnya. Nah jika kamu mengetahui yang lainnya, kamu bisa memberikan jawabannya dalam bentuk komentar di kolom di bawah ini ya. Tulisan Lainnya : Inilah Hasil Laut Indonesia Mungkin cukup sekian saja tulisan saya mengenai hasil-hasil pertambangan Indonesia, semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman semua.

Recent Posts • Pengaruh Letak Geografis Indonesia yang Harus Kita Tahu • Berapa Jumlah Pemain Sepakbola? Inilah Jawabannya • Pengaruh Letak Astronomis Indonesia yang Harus Kamu Tahu • Pengaruh Letak Geologis Indonesia yang Harus Kamu Tahu • ASEAN Merupakan Organisasi?

Jawaban Lengkapnya Disini • Apa yang Dimaksud dengan Iklan Non Niaga? Jawabannya Disini • Iklan Non Niaga Adalah? Inilah Jawabannya • Gambar Iklan Non Komersial Terbaik yang Pernah Ada • Contoh Iklan Non Komersial di Sekitar Kita • Iklan Non Komersial Adalah? Inilah Jawabannya
Bahan tambang mineral logam adalah bahan tambang yang berwujud bijih (dapat menghantarkan listrik).

Contohnya antara lain adalah bijih besi, nikel, emas, tembaga, timah, dan bijih berikut ini yang termasuk hasil tambang adalah. Mineral logam dibagi menjadi dua, yaitu logam murni dan logam campuran. Logam murni digunakan dalam kondisi murni tanpa campuran.

Contoh logam murni adalah emas, timah, seng, dan aluminium. Biasanya kaleng minuman menggunakan aluminium murni. Sementara kabel listrik terbuat dari tembaga murni. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

9 Kota Terkaya Di Indonesia, Cek Kotamu Termasuk Disini Gak ?




2022 www.videocon.com