Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

none Hallo sobat sobat kimiakali ini blog jempol kimia tidak hanya membahas materi dan plejaran kimia saja lohnamun juga membahas beberpa materi pelajaran lainnya sepertifisikabiologigeografi dan banyak lainnyanah khusus dipostingan ini kita akan berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah beberapa kumpulan Soal Latihan sel hewan dan sel tumbuhannah kamu sudah tau apa itu sel hewan dan tumbuhan dan bagaimana bentuknya ?

jika belum yuuk pelajari dulu materi biologinya mengenai sel hewan dan sel tumbuhan …bagi kamu yang sudah mempelajarinya yuk langsung aja kesoal nya 1. Di bawah ini yang bukan tergolong ke dalam fungsi retikulum endoplasma ialah … a. Sintetis protein b. Detoksifikasi c. Tempat merekatnya ribosom d. Transport materi di dalam sel e. Sintetis lemak Jawaban : A 2.

Sel merupakan kesatuan dari struktural makhluk hidup. Pernyataan tersebut dinyatakan oleh … a. Rene Deutrochet b. Robert Hooke c. Rudolf Vircow d. Edmund B. Wilson e.

Schleiden dan Schwann Jawaban : A Baca Juga : 20 Soal Latihan Fotosintesis Tumbuhan Beserta Pembahasannya 3. Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah … a. Lisosom b. Mesosom c. Mitokondria d. Kompleks golgi e. Retikulum endoplasma Jawaban : D 4.

Peristiwa mengelupasnya membran plasma dari dinding sel disebut dengan … a. plasmolisis b. difusi c. osmosis d. lisis e. krenasi Jawaban : A 5. Berikut ini yang merupakan fungsi organel sebagai penghasil energi ialah … a. nukleus b. kompleks golgi c. mitokondria d. ribosom e. kloroplas Jawaban : C 6. Penyebaran molekul gula dalam suatu wadah berisi air merupakan peristiwa…. a. transport pasif b.

osmosis c. endositosis d. transpot aktif e. difusi terfasilitasi Jawaban : A Baca Juga : 15 Soal Latihan Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Beserta Pembahasannya 7. Organ dalam tubuh manusia yang terdapat kandungan peroksisom di dalamnya ialah … a. Hati b.

Paru-paru c. Ginjal d. Otak e. Jantung Jawaban : A 8. Organ dalam tubuh manusia yang terdapat kandungan peroksisom di dalamnya ialah … a. Hati b.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

Paru-paru c. Ginjal d.Otak e. Jantung Jawaban : A 9. Pengangkutan kalium dan natrium yang terjadi antara darah dan cairan ekstrasel termasuk…. a. difusi b. transport pasif c. difusi terfasilitasi d. transport aktif e. osmosis Jawaban : D 10. Di bawah ini yang bukan tergolong ke dalam organel sel ialah … a. ribosom b. mesosom c. mitokondria d. membran plasma e. nukleus Jawaban : B 11.

Masuknya air tanah dalam sel akar merupakan contoh transpor lewat membran secara …. a. eksositosis b. plasmolisis c. difusi d. osmosis e. endositosis Jawaban D 12. Amoeba memasukkan zat-zat makanan melalui proses fagositosis. Yang dimaksud dengan fagositosis adalah…. a. masuknya molekul makanan dengan membentuk lekukan-lekukan sitoplasma b.

masuknya cairan berisi nutrisi dengan membentuk lekukan membran sel yang kemudia akan dicerna c. masuknya molekul makanan melalui proses pembentukan mulut semu d. masuknya molekul makanan karena perbedaan tekanan osmotic dalam sel e. masuknya cairan ke dalam sitoplasma sel Jawaban : C Baca Juga : 20 Soal Latihan Sistem Imun Beserta Pembahasannya 13. Proses pengeluaran enzim dari dalam sel merupakan contoh dari peristiwa….

a. endositosis b. eksositosis c. osmosis d. pinositosis e. ekskresi Jawabam : B 14. Fungsi Retikulum Endoplasma salah satunya ialah … a. Sintesis protein b.

Detoksifikasi c. Sintesis lemak d. Transportasi materi pada bagian dalam sel e. Sebagai tempat merekatnya ribosom Jawaban : B 15. Berikut ini organel yang tidak terdapat pada sel tumbuhan adalah … a. ribosom b. sentriol c. vakuola d. peroksisom e. glioksisom Jawaban : B Baca Juga : Sel : Pengertian, Struktur Dan Fungsi Sel 16. Di bawah ini yang merupakan bagian dari sel bersifat permeable ialah … a. protoplasma b. selaput plasma c. retikulum endoplasma d. badan golgi e.

dinding sel Jawaban : C 17. Di bawah ini bagian sel yang mempunyai fungsi sebagai pengatur sirkulasi zat dari luar ataupun bagian dalam sel ialah … a. Inti sel b. Selaput plasma c.

Mitokondria d. Sitoplasma e. Dinding sel Jawaban : B 18. Berikut ini sel yang aktif dalam sintesis karbohidrat (hanya ada pada sel tumbuhan) ialah … a. Plastid b. Lisosom c. Apparatus golgi d. Kloroplas e. Mitokondria Jawaban : D 19. Berikut ini yang bukan tergolong ke dalam organel sel ialah … a. Ribosom b. Nukleus c. Membran plasma d. Mesososm e. Mitokondria Jawaban : D 20. Berikut ini organel yang memiliki fungsi dalam pembelahan sel (hanya ada pada sel hewan) ialah … a.

Kromosom b. Autosom c. Sentrosom d. Lisosom e. Ribosom Jawaban : C Baca Juga : 20 Soal Latihan Eksosistem Beserta Pembahasannya Materi Kimia • Bisnis • Education • info chemistry • Info Kimia • Kelas X • Kelas XI • Kelas XII • Kesehatan • Kimia Anorganik • Kimia Lingkungan • Kimia Makanan • Latihan Biologi • Latihan Geografi • Latihan Sejarah • Latiihan Penjaskes • Lowongan Pekerjaan • Muslim • Pendidikan • Relationship • Resep Masakan • Soal Kimia SMA • Uncategorized • Uncategorized @id
Untuk mengunduh File Gunakan tombol download dibawah ini.

Trend Soal Dan Jawaban Jaringan Tumbuhan Kelas 11 Untuk itu kamu harus paham dulu materi sel-sel tumbuhan. Soal hots biologi sel kelas 11 jaringan tumbuhan. Jan 25 2014 soal biologi kls 11 pembahasan 1. Jaringan ikat tersusun atas matriks dan sel sel penyusun jaringan ikat. Pada penampang melintang organ batang terlihat jaringan-jaringan berikut. Xilem Letak jaringan penyusun organ tersebut dari dalam ke luar secara berurutan adalah.

Pilihlah jawaban A B C D atau E yang dianggap paling tepat. Jul 19 2017 kita sudah berada di bab 2 sekarang saatnya kita berpindah pada materi yang lebih sulit yaitu struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Sekar Aulia XII IPA 2 Biologi TUGAS MENYUSUN SOAL LATIHAN KELAS XI 1. Sel tumbuhan tidak memiliki lisosom. Soal Jawab Jaringan Tumbuhan dan Jaringan Hewan-Biologi Kelas XI IPA SMA-MA. Perhatikan gambar sel berikut. Jaringan pada tumbuhan yang terdiri atas sel-sel muda dalam fase pembelahan dan pertumbuhan adalah.

Sel hewan tidak memiliki dinding sel. Jika jaringannya sejenis maka itu akan tetap menjadi jaringan. Poin baru contoh soal hots jaringan hewan adalah. Nov 29 2016 Pertanyaan pada soal tersebut mengacu kepada materi sel tumbuhan. Untuk mengunduh File Gunakan tombol download dibawah ini.

Soal Biologi Kelas XI SMA Tentang Sel dan Kunci JawabanPetunjuk Teknis Pengerjaan SoalPilihlah jawaban yang dianggap paling benar dengan menghitamkan. Sel jamur tidak mmemiliki membrane inti. Kumpulan soal dan jawaban jaringan tumbuhan posted by edutafsi on 22 april 2016 245 am kumpulan soal pilihan berganda tentang jaringan tumbuhan ini meliputi jenis jenis jaringan pada tumbuhan karakteristik jaringan tumbuhan dan. II III IV V I C. Semoga soal ini dapat mempermudah dan. Biologi SMAMA Kelas XI 47 Jaringan pengangkut dibedakan menjadi dua yaitu xilem dan floem.

Soal Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah Kelas 11 SMA Tentang Struktur. Jul 11 2020 Soal Jaringan Tumbuhan Biologi. Meristem intercalar b.

Soal berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah jaringan tumbuhan dan hewan 1. Semua jawaban Insyaallah 100 benar karena sudah dikoreksi oleh guru Biologi 1.

Jaringan Sklerenkim Pengertian Fungsi Ciri Ciri Gambar Dan Contoh. Hal ini disebabkan oleh adanya aktivitas jaringan. Soal standar snmptn sekumpulan dari sel sel yang mempunyai bentuk struktur dan fungsi yang sama akan membentuk a.

View Biologi – Soal 2docx from BIOLOGY 100321 at SMAN 3 Pekanbaru. Soal dan pembahasan jaringan tumbuhan kelas xi. Dalam sel tumbuhan terdapat organel bernama plastida.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

Contoh soal biologi kelas 11 tentang jaringan tumbuhan. Pada akar gantung anggrek terdapat sel-sel mati yang berfungsi untuk menyimpan air disebut. Nov 30 2020 Contoh Soal PAS Biologi Kelas XI Tahun 2020 Beserta Pembahasan By Admin November 30 2020 Post a Comment Halo adik-adik SMA Kelas XI yang tengah melaksanakan Penilaian Akhir Semester PAS berikut adalah contoh soal PAS Biologi.

Jaringan tulang disusun oleh sel-sel tulang keras osteosit dan matriks yang disusun oleh kolagen dan garam kalsium dalam bentuk Ca 3 PO 4 2 dan CaCO 3. Sel bakteri tidak memiliki membran inti. Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah a. Gambar yang dimaksud dan alasan penggolongan yang tepat adalah. Dinding primer pada sel tumbuhan secara kimia disusun oleh zat A.

Tumbuhan dapat tumbuh menjadi lebih tinggi dan lebih besar. Pertumbuhan ke atas dari ujung batang tanaman dipengaruhi oleh jaringan meristem. Semoga beberapa contoh soal itu bisa membantu kamu dalam belajar berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah rumah. Biologi bab jaringan tumbuhan dan jaringan hewan KELAS XI linswan11ipa1 1252014 2.

Soal Jawab Jaringan Tumbuhan dan Jaringan Hewan-Biologi Kelas XI IPA SMA-MA. 31 Full PDFs related to this paper.

Mimin mau berbagi sedikit tentang jaringan tumbuhan dan hewan. Eureka Pendidikan Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki fungsi dan sifat yang sama. Soal Hots Biologi Kelas XiNah tentunya ada soal HOTS yang susah dong. Sep 10 2020 Contoh Soal Biologi Kelas 11 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya 2019. Jaringan pada tumbuhan dapat dibedakan berdasarkan aktivitas pembelahan sel yang terjadi selama masa pertumbuhan dan perkembangan jenis jaringan tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu jaaringan meristem dan jaringan permanen jaringan dewasa.

I II III IV V B. Pengangkutan air melalui plasmodesma menembus sitoplasma dan. Gambar tersebut dikatakan selnya bersifat prokariotik. Osteosit dibentuk dari sel-sel muda osteoblast yang mengalami osifikasi. Soal tentang jaringan permanen penunjang periderm pengangkut kelas xi. Soal Hots Biologi Tugas Kumpulan Materi Pelajaran Dan Contoh Soal 10 Contoh Soal Hots Jaringan Hewan Kumpulan Soal Pembahasan Biologi Kelas Xi Soal Ulangan Biologi Kelas 11 Semester 2 K13 Kunci Dunia Bank Soal Biologi Sama Kelas Xi Contoh Soal Essay Biologi Kelas Xi Kumpulan Materi Pelajaran Dan Contoh Soal 10 Contoh Soal Hots Jaringan Hewan Latihan Soal Uas Biologi Kelas 11 Semester Ganjil 2018 Soal Uas Biologi Kelas Xi Kumpulan Materi Pelajaran Dan Contoh Soal 10 Contoh Soal Hots Jaringan Tumbuhan Soal Pembahasan Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Essay Muttaqin Id Soal Biologi Sel Kelas 11 Dan Kunci Jawaban Cute766 Soal Biologi Fungsi Jaringan Tumbuhan Dan Pembahasan Muttaqin Id Soal Inten Sel Kumpulan Materi Pelajaran Dan Contoh Soal 10 Contoh Soal Hots Jaringan Tumbuhan Kumpulan Materi Pelajaran Dan Contoh Soal 10 Contoh Soal Hots Jaringan Tumbuhan Kelas 11 Kumpulan Materi Pelajaran Dan Contoh Soal 10 Contoh Soal Hots Jaringan Hewan Kumpulan Materi Pelajaran Dan Contoh Soal 10 Contoh Soal Hots Jaringan Hewan Panduan Belajar Soal Hots Biologi Zenius Blog Soal No.

1). Di bawah ini yang merupakan pengertian difusi adalah: A) Perpindahan molekul dari konsentrasi tinggi ke rendah, baik melewati membran atau tidak B) Perpindahan molekul dari konsentrasi tinggi ke rendah melewati membran C) Perpindahan molekul air melewati membran semipermeabel D) Perpindahan molekul dari konsentrasi rendah ke tinggi, baik melewati membran atau tidak E) Perpindahan molekul dari konsentrasi rendah ke tinggi melewati membran Agar dapat menjawab soal ini kamu harus paham pengertian difusi.

Secara sederhana, difusi merupakan perpindahan molekul dari konsentrasi tinggi ke rendah. Perpindahan ini bisa melewati membran ataupun tidak. Jawaban: A Soal No. 2). Karbohidrat disimpan dalam hati dalam bentuk…. a. lemak padat b.

glikogen c. lemak cair d. pati e. karbon Jawaban: B Soal No. 3). Unsur penyusun protein selain C, H, dan O adalah…. a. N dan S b. N dan Fe c.

Na dan P d. Ca dan Mg e. N dan Cl Jawaban: A Soal No. 4). Pernyataan yang tidak benar mengenai gangguan pencernaan dan penyebabnya adalah…. a. sembelit, disebabkan kurang makanan berserat b. diare disebabkan kelebihan asam lambung c. gastritis disebabkan iritasi pada dinding kolon d. ulkus disebabkna racun yang dikeluarkan oleh bakteri e.

radang usus buntu disebabkan adanya gangguan absorbsi air Jawaban: D Soal No. berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah. Pernyataan yang benar mengenai ekspirasi pada pernapasan perut dan pernapasan dada adalah…. a. pernapasan perut diafragma relaksasi pernapasan dada otot antarusuk relaksasi b. pernapasan perut diagragma kontraksi pernapasan dada otot antarrusuk relaksasi c.

pernapasan perut diagragma relaksasi pernapasan dada otot antarusuk kontraksi d. pernapasan perut otot dinding perut kontraksi pernapasan dada otot antar rusuk kontraksi e. pernapasan perut otot dinding perut kontraksi Jawaban: A Soal No. 6). Dalam proses inspirasi, oksigen dapat berdifusi ke dalam alveolus karena …. a. alveolus terletak pada ujung saluran pernapasan b.

membran alveolus tipis dan lembap c. permukaan alveolus sangat luas d. alveolus dikelilingi oleh kapiler darah e.

oksigen diangkut oleh hemoglobin dalam darah Jawaban: B Soal No. 7). Organ pernapasan pada cacing adalah ….

a. paru-paru b. seluruh permukaan tubuhnya c. insang d. kantung udara e. trakea Jawaban: B Soal No. 8). Eksresi sebagai salah satu ciri makhluk hidup berfungsi untuk …. a. membuang sampah sisa metabolisme b. merangsang pengeluaran hormon c.

mengeluarkan zat yang berperan dalam metabolisme d. menambah zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh e. menjaga keseimbangan tekanan osmosis tubuh Jawaban: A Soal No. 9). Dalam sistem ekskresi, hati mengeluarkan sisa metabolisme dalam bentuk…. a. O2 b. urine c. keringat d. cairan empedu e. CO2 Jawaban: D Soal No. 10). Organ ekskresi pada manusia yang berfungsi dalam filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi adalah …. a. ginjal b. kulit c. hati d. paru-paru e. usus halus Jawaban: A Soal No.

11). Unit fungsional terkecil dari ginjal yaitu …. a. nukleus b. neuron c. nefron d. glomerulus e. medula Jawaban: C Soal No. 12). Badan Malpighi pada ginjal terdiri atas …. a. glomerulus dan pelvis b. glomerulus dan kapsula Bowman c. nefron dan glomerulus d. nefron dan kapsula Bowman e. kapsula Bowman dan pelvis Jawaban: B Soal No. 13). Berikut ini yang bukan tergolong ke dalam organel sel ialah … a. Ribosom b. Nukleus c. Membran plasma d. Mesososm e. Mitokondria Jawaban: D Soal No.

14). Berikut ini organel yang memiliki fungsi dalam pembelahan sel (hanya ada pada sel hewan) ialah … a. Kromosom b. Autosom c. Sentrosom d. Lisosom e.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

Ribosom Jawaban: C Soal No. 15). Berikut ini adalah organel berbentuk saluran halus di dalam sitoplasmandan yang berbatasan dengan sistem membran yang juga memiliki hubungan dengan sistem angkutan pada sintesis protein ialah … a. Plasmodesmata b. Ribosom c. Lisosom d. Badan golgi e. Retikulum endoplasma Jawaban: B Soal No. 16). Zat berikut yang tidak ditemukan pada urine orang normal adalah …. a. urea b. air c.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

natrium d. garam e. glukosa Jawaban: E Soal No. 17). Planaria mengeluarkan hasil metabolisme nitrogen melalui ….

a. nefrion b. tubulus Malpighi c. opistonefron d. ginjal e. nefridia Jawaban: E Soal No. 18). Organ dalam tubuh manusia yang terdapat kandungan peroksisom di dalamnya ialah … a. Hati b. Paru-paru c. Ginjal d. Otak e. Jantung Jawaban: A Soal No. 19). Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah … a. kompleks golgi b. mesosom c. lisosom d. mitokondria e. retikulum endoplasma Jawaban: A Soal No. 20). Di bawah ini organel sel yang berperan dalam meberikan arahan pada kromosom menuju ke kutub pada saat prosesi pembelahan sel berlangsung ialah … a.

sentriol b. ribosom c. nukleolus d. mitokondria e. nukleus Jawaban: A
Assalammu’alaikum, gimana kabarnya teman-teman? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan sukses ya, pada pembahasan kali ini admin akan memberikan contoh soal dan jawaban pilihan ganda mengenai sel kelas XI. Mudah-mudahan saja contoh soal dan jawaban pilihan ganda mengenai sel kelas XI ini bermanfaat banyak. Soal No.

1). Suatu sel dikatakan sebagai sel prokariotik apabila tidak mempunyai …. a. membran plasma b. membran nukleus dan membran plasma c. mitokondria d. retikulum endoplasma dan lisosom e. sistem endomembran dan membran nukleus Jawaban: E Soal No.

2). Pembentukan asam privat ketika proses respirasi terjadi di …. a. stroma b. sitoplasma c. membran luar mitokondria d. membran dalam mitokondria e. nukleus Jawaban: B Soal No. 3). Oksigen yang dihasilkan pada proses fotosintesis bersumberl dari pemecahan …. a. H2O ketika reaksi gelap b. glukosa ketika reaksi terang c. CO2 ketika reaksi berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah d. CO2 ketika reaksi gelap e. H2O ketika reaksi terang Jawaban: E Soal No.

4). Pengikatan Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah pada proses fotosintesis terjadi di …. a. Krista ketika terjadi reaksi terang b. Grana ketika terjadi reaksi terang c. Stroma ketika terjadi reaksi terang d. Grana ketika terjadi reaksi gelap e. Stroma ketika terjadi reaksi gelap Jawaban: E Soal No. 5). Urutan perubahan glukosa ketika terjadi fermentasi alkohol yaitu ….

a. Glukosa-Asetil KoA-Asam sitrat-Etanol b. Glukosa-Asam piruvat-Asetaldehid-Etanol c. Glukosa-Asetaldehid-Asetil KA-Etanol d. Glukosa-Asam piruvat-Asetil Ko-A-Etanol e. Glukosa-Oksaloasetat-Asam sitrat-Etanol Jawaban: B Soal No. 6). Di bawah ini yang merupakan pengertian difusi adalah: A) Perpindahan molekul dari konsentrasi tinggi ke rendah, baik melewati membran atau tidak B) Perpindahan molekul dari konsentrasi tinggi ke rendah melewati membran C) Perpindahan molekul air melewati membran semipermeabel D) Perpindahan molekul dari konsentrasi rendah ke tinggi, baik melewati membran atau tidak E) Perpindahan molekul dari konsentrasi rendah ke tinggi melewati membran Jawaban: A Soal No.

7). Perhatikan Pernyataan ini 1. Setiap sel berasal dari sel sebelumnya/Omnis Cellulla e Cellulla 2. Sel merupakan bagian fundamental 3. Sel merupakan unit kesatuan fungsional 4. Protoplasma adalah cairan hidup yang terdapat pada sel hidup 5. Sel merupakan unit pertumbuhan Dari pernyataan teori sel di atas yang merupakan pendapat Rudlof Virchow adalah no… A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 Jawaban: A Soal No. 8). Gagasan awal tentang sel muncul pada abad ke XVII ketika seorang ahli memeriksa gabus di bawah kaca pembesar, ahli tersebut adalah… A.

Henri Dutrochet B. Rudlof Virchow C. Robert Hooke D. Johannes Purkinje E. Felix Dujrain Jawaban: C Soal No. 9). Organel yang berperan dalam respirasi sel adalah… A. Lisosom B. Retikulum Endoplasma C. Sitoplasma D. Nukleus E. Mitokondria Jawaban: E Soal No. 10). Dinding primer pada sel tumbuhan secara kimia disusun oleh zat… A. Kromoplas B. asam amino C. Selulosa D.

Glukosa E. protein Jawaban: C Soal No. 11).

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah … a. Lisosom b. Mesosom c. Mitokondria d. Kompleks golgi e. Retikulum endoplasma Jawaban: D Soal No.

12). Peristiwa mengelupasnya membran plasma dari dinding sel disebut dengan … a. plasmolisis b. difusi c. osmosis d. lisis e. krenasi Jawaban: A Soal No. 13). Berikut ini yang merupakan fungsi organel sebagai penghasil energi ialah … a. nukleus b.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

kompleks golgi c. mitokondria d. ribosom e. kloroplas Jawaban: C Soal No. 14). Organel pada sel tumbuhan yang merupakan tempat penimbunan zat makanan adalah …. a. nukleus b. sitoplasma c. ribosom d. leukoplas e.

sitosol Jawaban: D Pembahasan: Leukoplas merupakan tempat menyimpan cadangan makanan berupa karbohidrat, lemak, dan protein. Leukoplas merupakan bagian dari plastida Soal No.

15). Asam amino dan gula tidak dapat melalui membran plasma secara difusi. Oleh karena itu, keduanya memasuki sel melalui cara …. a. Osmosis b. difusi dipermudah/difasilitasi c. imbibisi d. transport aktif e. endositosis dan eksositosis Jawaban: E Pembahasan: Endositosis merupakan mekanisme sel berupa pembungkusan bahan dan cairan ekstraseluler dengan membentuk pelekukan (vesikula) ke dalam pada sebagian dari membran sel.

Soal No. 16). Pada saat proses respirasi, pembentukan asam privat terjadi di …. a. sitoplasma b. membran dalam mitokondria c. membran luar mitokondria d. nukleus e. stroma Jawaban: A Pembahasan: Pembentukan asam piruvat terjadi pada saat glikolisis. Proses glikolisis berlangsung di sitoplasma secara anaerob. Soal No. 17). Bagian yanghanya terdapat pada sel tumbuhan adalah ….

A. nukleus dan vakuola Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah. lisosom dan butir plastida C. butir plastida dan dinding sel D. lisosom dan dinding sel E. mitokondria dan dinding sel Jawaban: C Soal No. 18). Bergeraknya air tanah dari satu sel ke sel lain pada tumbuhan disebut …. A. transpor aktif B. imbibisi C. simplas D. apoplas E. osmosis Jawaban: E Soal No. 19). Manakah pernyataan yang tepat berkaitan dengan sel ….

A. plasma sel merupakan organel pengatur seluruh kegiatan sel B. dinding sel terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan C. sel hewan dan sel tumbuhan mempunyai sentriol D.

sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama mempunyai plastida E. nukleus sel hewan dan sel tumbuhan terbungkus membran Jawaban: E Soal No. 20). Proses perubahan yang terjadi pada gambar x menjadi gambar y disebabkan …. A. osmosis karena air dari larutan A masuk ke dalam bagian B karena B bersifat hipertonik terhadap A B.

osmosis karena air dari larutan A masuk ke dalam bagian B karena B bersifat hipotonik terhadap A C. osmosis karena air dari larutan A masuk ke dalam bagian B karena B bersifat isotonik terhadap A D. osmosis karena air dari larutan A masuk ke dalam bagian B karena B bersifat plasmolisis terhadap A E. osmosis karena air dari larutan B masuk ke dalam bagian A karena A bersifat homogen terhadap B Jawaban: A Soal No. 21). Pernyataan yang benar mengenai perbedaan antara sel prokariotik dengan sel eukariotik adalah… A.

Sel prokariotik dilindungi oleh dinding sel, sedangkan sel eukariotik tidak memiliki dinding sel. B. Sel Prokariotik selalu memiliki flagela sebagai alat gerak, sedangkan seluruh sel eukariotik tidak memiliki alat gerak.

C. Kromosom sel eukariotik berada di dalam inti sel, sedangkan kromosom sel prokariotik berada didalam sitoplasma. D. Protoplasma sel eukariotik dilapisi membran, sedangkan protoplasma sel prokariotik tidak dilapisi membran.

E. Sel prokariotik tidak memiliki DNA, sedangkan sel eukariotik memiliki DNA di dalam inti selnya. Jawaban: C Soal No. 22). Sel prokariotik merupakan sel yang. . A. Memiliki membran inti B. Memiliki fosolipid C. Memiliki dinding sel D. Memiliki sel bakteri E.

Memiliki sel eukariotik Jawaban: A Soal No. 23). Tempat keluar masuknya berbagai zat dari atau ke dalam sel adalah ….

A. Sitoplsma B. Membran sel C. Sentromer D. Selektif permeable E. Sterol Jawaban: B Soal No. 24). Pada transport pasif ada terjadi proses yang dinamakan Osmosis, apakah itu osmosis? A. Perpindahan zat dari larutan berkecapatan tinggi ke yang rendah B. Perpindahan ion dan molekul zat C.

Transpor yang membutuhkan energy D. Perpindahan air atau zat pelarut melalui membrane selektif permeable dari larutan berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah kerapatannya rencah menuju ke rapatan yang tinggi E. Transor ion melalui membrane sel Jawaban: D Soal No. 25). Transpor yang membutuhkan energy untuk keluar dan masuknya berbagai ion dan molekul zat melalui selaput plasma adalah.

…. A.Transpor sel B. Transpor zat C.Transpor cairan D. Transpor pastif E. Transpor aktif Jawaban: E Soal No. 26). Dalam transport aktif dapat dibedakan menjadi tiga yaitu … A. Kontranspor, osmosis, difusi B. Difusi, osmosis, osmosis balik C.

Kotranspor, pompa ion, serta endositosis dan eksositosis D. Osmosis balik, fosfat, popma darah E. Osmosis, difusi, transpor pasif. Jawaban: C Soal No. 27). Lisosom berfungsi dalam … a. Sintesis protein b. Pencernaan intraseluler c.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

Sintesis lemak d. Produksi hidrogen peroksida e. Pemrosesan dan pembungkusan Jawaban: B Soal No. 28). Pernyataan yang paling tepat untuk retikulum endoplasma adalah… a. Organel terbesar didalam sitoplama b. Organel kecil yang tersusun dari protein dan ARN c. Sepasang badan silinder d. Sistem membran kompleks yang membentuk jaring-jaring kerja disitoplasma e. Berperan dalam sintesis protein ,sintesis lemak, dan pengangkutan materi dalam sel Jawaban: D Soal No.

29). Pernyataan yang paling tepat untuk transfor aktif adalah … a. Membentuk protein pembawa b. Pergerakan molekul melawan gradien konsentrasi c. Membutuhkan suplai energi kimia d. Tidak terjadi saat transfor terfasilitasi e. Semua pernyataan diatas benar Jawaban: C Soal No. 30). Bagian mikroskop yang berfungsi untuk menghasilkan bayangan nyata adalah … a. lensa objektif b.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

lensa okuler c. kondesor d. iluminator e. mikrometer Jawaban: A Soal No. 31). Bagian sel yang berfungsi untuk menghantar implu adalah… a. Sitoplasma b. Sitosol c. Plasmodesma d. Lisosom e. Ribosom Jawaban: C Soal No. 32). Berikut ini adalah fungsi dari komplek GolgiKecuali … a.

Menghasilkan getah dan sekresi yang lengket b. Transfor protein c. Sekresi protein, glikoproteinkarbohidrat, dan lemak d.

Membentuk lisosom e. Membentuk enzim pencernaan Jawaban: B Soal No. 33). Mitokondria adalah organel yang berfungsi untuk … a. Sintesis protein b. Kontrol pergerakan dan pembelahan sel c. Membentuk lisosom d. Penguraian molekul secara endositois e. Respirasi aerobik Jawaban: E Sel
anantakendek.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi sistem ekskresi pada manusia dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPA kelas VIII revisi.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi sistem ekskresi pada manusia dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPA.

Gambar: freepik.com 1. Pernyataan di bawah ini yang tidak berhubungan dengan sistem pengeluaran manusia yaitu. A. Hati menghasilkan empedu B. Ginjal menghasilkan urine C. Kulit menghasilkan keringat D.

Pankreas menghasilkan enzim amilase 2. Pengeluaran zat - zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh disebut. A. defekasi B. sekresi C. ekskresi D.

eliminasi 3. Urine yang terbentuk di dalam ginjal akan disalurkan ke kandung kemih oleh . A. Duktus pengumpul B. Tubulus ginjal C. Pelvis renalis D. Ureter 4. Sisa metabolisme yang dikeluarkan ginjal berupa. A. Empedu Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah. Urin C. Keringat D. H₂O 5. Bagian-bagian ginjal apabila diurutkan dari luar ke dalam yaitu. A. Korteks > pelvis > medula B. Medula > korteks > pelvis C. Pelvis > medula > korteks D.

Korteks > medula > pelvis 6. Fungsi sistem ekskresi pada manusia adalah . A. mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi B. mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang masih dibutuhkan oleh tubuh C.

mengeluarkan zat sisa yang masih dapat dipergunakan lagi D. mengeluarkan feses dari sisa pencernaan 7. Fungsi paru-paru sebagai organ ekskresi yaitu . A. Mensekresikan bilirubin B. Membersihkan darah C. Mengeluarkan CO₂ D. Menyerap O₂ 8. Berikut ini yang bukan merupakan contoh pengeluaran zat sisa metabolisme melalui alat ekskresi adalah pengeluaran . A. urine B. CO₂ C. feses D.

keringat 9. Pengeluaran keringat pada tubuh manusia bertujuan untuk . A. Mengatur kadar air dalam tubuh B. Mengatur suhu tubuh C. Mengatur pengeluaran urine dari dalam tubuh D. mengatur jumlah darah dalam tubuh 10. Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah.

A. Urea dan uap air B. Garam dapur dan air C. Asam amino dan amonia D. Karbondioksida dan uap air 11. Hasil tes urine seseorang memperlihatkan adanya glukosa.

Hal tersebut diakibatkan adanya kelainan fungsi ginjal dalam proses . A. Defekasi B. Filtrasi C. Augmentasi D. Reabsorpsi 12. Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah. A. Glukosa B. Urea C. Bilirubin D. Getah empedu 13. Pada serangga alat ekskresi berupa . A. Pembuluh Malpighi B. Ginjal C. Kloaka D.

Sel api 14. Organ tubuh yang berfungsi sebagai alat ekskresi sekaligus indra peraba adalah. A. Paru-paru B. Kulit C. Hidung D. Hati 15. Ikan air tawar sedikit minum air dan banyak mengeluarkan urin karena . A. Kadar mineral di air tawar cukup tinggi sehingga air dari dalam tubuh ikan akan berosmosis ke luar lingkungan B. Kadar mineral di air tawar rendah sehingga air dari dalam tubuh akan berosmosis ke luar lingkungan C.

Kadar mineral di air tawar rendah sehingga air dari lingkungan akan berosmosis ke dalam tubuh ikan D. Kadar mineral di air tawar cukup tinggi sehingga air dari lingkungan akan berosmosis ke dalam tubuh ikan 16. Perhatikan gambar berikut! Organ ekskresi yang berperan lebih aktif dibandingkan organ eksresi yang lain adalah .

A. hati, karena hati mengeksresikan amoniak lebih banyak B. ginjal, karena ginjal mengeksresikan urine lebih banyak Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah. kulit, karena kulit mengeksresikan keringat lebih banyak D. kulit dan paru-paru, karena kulit dan paru-paru mengeskresikan keringat dan CO₂ lebih banyak 17. Jika ginjal sebagai organ ekskresi rusak, maka yang akan terjadi yaitu . A. Sering melakukan cuci darah B. Harus mendapatkan transfusi darah C. Kadar air dalam tubuhnya bertambah D.

Tubuh mengalami keracunan CO₂ 18. Kelebihan protein dalam tubuh tidak dapat disimpan, tetapi . A. Diekskresikan melalui organ ekskresi B. Disintesis menjadi senyawa lemak untuk disimpan C. Dirombak dalam usus menjadi senyawa lain yang mengandung unsur lain D. Dirombak dalam hati menjadi urea dan senyawa lain yang bermanfaat 19.

Kerusakan fungsi hati pada seseorang akan mengakibatkan tubuh mengalami . A. Kelebihan NH3 B. Kekurangan cairan tubuh C. Kekurangan O₂ D. Kelebihan zat toksik 20. Perhatikan gambar berikut! Yang ditunjuk oleh nomor 2 dan 4 adalah.

A. Tubulus kontortus proksimal dan Glomerulus B. Lengkung henle dan Tubulus kontortus distal C. Kapsula Bowman dan Lengkung henle D. Tubulus kolektivus dan Lengkung henle 21. Anjing tidak mempunyai kelenjar keringat, oleh karena itu cara anjing untuk mengurangi panas dalam tubuhnya yaitu dengan cara .

A. Mengkibas-kibaskan ekornya B. Membuka mulut cukup lebar C. Jarang bergerak aktif D. Sering minum air 22. Penyakit ginjal yang ditandai adanya albumin dan protein dalam urine adalah . A. Albuminaria B. Uremia C. Diabetes melitus D. Glukosuria 23. Berikut ini merupakan faktor yang tidak mempengaruhi pengeluaran keringat pada manusia yaitu .

A. Peningkatan suhu lingkungan B. Goncangan emosi C. Peningkatan aktivitas tubuh D. Umur 24. Jika terjadi kerusakan pada glomerulus akan mengakibatkan gangguan yang disebut. A. Diabetes insipidus B. Poliuria C. Batu ginjal D. Albuminuria 25. Pada manusia, organ yang bertanggung jawab dalam mengekskresikan sisa-sisa metabolisme dalam darah yaitu .

A. Paru-paru dan kulit B. Paru-paru dan jantung C. Ginjal dan paru-paru D. Ginjal dan kulit 26. Di dalam rongga ginjal, terdapat batu ginjal yang dapat menyebabkan . A. Nefritis B. Hematuria C. Hidronefrosis D. Diabetes insipidus 27. Pada ginjal terjadi proses filktrasi, reabsorpsi, dan augmentasi. Adapun tempat masing-masing proses tersebut pada ginjal adalah.

A. Glomerulus, tubulus kolektif, dan tubulus kontortus distal B. Kapsula Bowman, glomerulus, dan tubulus kontortus distal C. Glomerulus, tubulus kontortus proksimal, dan tubulus kontortus distal D. Kapsula Bowman, lengkung Henle, dan tubulus kontortus distal 28. Organ yang bertanggung jawab dalam upaya eksresi sisa metabolisme di dalam darah ialah . A. Ginjal dan kulit B. Paru-paru dan kulit C. Paru-paru dan jantung D. Ginjal dan paru-paru 29.

Pada ginjal terdapat glomerulus dan kapsula Bowman yang berfungsi untuk.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

A. Menyaring dan mengonsentrasikan urine untuk diekskresikan B. Menyaring darah dan menangkap filtrat C. Menghancurkan racun dan toksin yang berbahaya D. Mereabsorpsi ion dan nutrien 30. Di bawah ini yang tidak tergolong ke dalam alat eksresi manusia ialah . A. Kulit B. Usus C. Paru-paru D. Ginjal 31. Keadaan ginjal yang sesuai jika protein ditemukan dalam urin yaitu ginjal . A. Menyerap kembali protein ketika reabsorbsi B.

Mendapatkan pengaruh dari hormone ADH C. Telah bekerja dengan baik D. Mengalami kerusakan 32. Bagian kulit yang berperan untuk mencegah terjadinya kekeringan kulit dan rambut adalah . A. Stratum korneum B. Stratum germinativum C. Kelenjar keringat D. Kelenjar minyak 33. Berikut ini yang tidak termaksud gangguan pada ginjal adalah. A. Albuminaria B. Diabetes melitus C.

Batu ginjal D. Hepatitis 34.

berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah

Organ penting pada sistem ekskresi manusia adalah . A. Mata B. Ginjal C. Pankreas D. Jantung 35. Orang yang paling cocok mendonorkan ginjalnya pada kasus pencangkokan ginjal yaitu . A. Tetangga B. Saudara sepupu C. Orang tua D. Orang tak dikenal 36. Pengeluaran zat - zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh disebut.

A. defekasi B. sekresi C. ekskresi D. eliminasi 37. Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati dan membuat warna kulit dan putih mata penderita menjadi kuning adalah. A. Sirosis Hati B. Hepatitis C. Diabetes D. Batu ginjal 38. Berikut ini yang bukan merupakan contoh pengeluaran zat sisa metabolisme melalui alat ekskresi adalah pengeluaran .

A. urine Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah. CO₂ C. feses D. keringat 39. Kelainan fungsi parathormone dapat menyebabkan terbentuknya endapan CaCO₃ pada vesika urinaria sehingga kencing menjadi sakit dan bercampur dengan darah. penyakit yang ditimbulkan tersebut dinamakan. A. Batu ginjal B. Kencing batu C. Nefritis D. Diabetes mellitus 40. Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah. A. Urea dan uap air B. Garam dapur dan air C.

Asam amino dan amonia D. Karbondioksida dan uap air 41. Fungsi sistem ekskresi pada manusia adalah . A. mengeluarkan sisa-sisa meabolisme yang sudah tidak digunakan lagi B. mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang masih dibutuhkan oleh tubuh C.

mengeluarkan zat sisa yang masih dapat dipergunakan lagi D. mengeluarkan feses dari hasil pencernaan 42. Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah. A. Glukosa B. Urea C. Bilirubin D. getah empedu 43. Pernyataan yang merupakan fungsi kulit sebagai organ ekskresi .

A. pelindung tubuh dari kerusakan mekanis maupun zat kimia B. penyimpan cadangan lemak C. mengeluarkan keringat D. mengatur suhu badan atau tubuh 44. Cairan empedu yang memberi warna pada urine dan feses dihasilkan oleh. A. Kulit B. Ginjal C.

Hati D. Lambung 45. Zat sisa yang dihasilkan oleh ginjal berupa . A. karbon dioksida B. empedu C. keringat D. urine 46. Organ tubuh yang berfungsi sebagai alat ekskresi sekaligus indra peraba adalah. A. Paru-paru B. Kulit C.

Hidung D. Hati 47. Penyerapan kembali zat dalam urine primer yang masih berguna merupakan proses pembentukan urine tahap . A. filtrasi B. reabsorbsi C. augmentasi D. imbibisi 48. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena . A. melindungi tubuh dari kuman B. mempunyai kelenjar keringat C. mempunyai ujung saraf reseptor D. melindungi tubuh dari cahaya matahari 49. Terjadinya kerusakan pada glomerulus ginjal sehingga terjadi peradangan pada nefron akan menimbulkan ganguan pada ginjal berupa .

A. hematuria B. nefritis C. gagal ginjal D. batu ginjal 50. Urine sesungguhnya, terbentuk setelah melalui proses . A. filtrasi B. augmentasi C. reabsorpsi D. penyaringan 51. Berikut yang merupakan organ sistem ekskresi, kecuali . A. paru-paru B. jantung C. hati D. ginjal 52. Seorang pasien mengalami nyeri saat berkemih (buang air kecil) pasien tersebut di duga menderita batu ginjal.

Batu ginjal tersebut di dapat di . Berikut ini yang tergolong ke dalam organel eksresi ialah. Uretra B. Kandung kemih C.

Medulla ginjal D. Penis 53. Salah satu organ ekskresi yang juga berfungsi sebagai organ peraba adalah . A. ginjal B. paru-paru C. kulit D. hati 54. Berikut ini urutan yang tepat dalam tahapan pembentukan urine adalah . A. filtrasi - reabsorpsi - augmentasi B. absorpsi - reabsorpsi - augmentasi C. augmentasi - filtrasi - absorpsi D.

filtrasi - augmentasi - reabsorpsi 55. Bila kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna akan menyebaban gangguan pada kulit, yakni .

A. biduran B. panu C. kadas D. biang keringat 56. Terjadinya kerusakan pada glomerulus ginjal sehingga terjadi peradangan pada nefron akan menimbulkan ganguan pada ginjal berupa . A. hematuria B. nefritis C. gagal ginjal D. batu ginjal 57. Fungsi organ hati sebagai alat ekskresi adalah sebagai berikut, kecuali . A. merombak sel darah merah yang sudah tua B. menghasilkan getah empedu C. menetralisir dan mengeluarkan racun dalam tubuh D. merombak kelebihan protein dalam tubuh 58.

Jika seseorang dinyatakan mengandung glukosa dalam urinenya, orang tersebut terindikasi mengidap penyakit . A. diabetes insipidus B. diabetes melitus C. albuminaria D. nefritis 59. Pengeluaran zat - zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh disebut. A. defekasi B. sekresi C.

ekskresi D. eliminasi 60. Berikut ini yang merupakan salah satu gangguan pada kulit manusia adalah . A. hematuria B. jerawat C. nefritis D. albuminuria 61. Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah. A. Urea dan uap air B. Garam dapur dan air C. Asam amino dan amonia D. Karbondioksida dan uap air 62. Perhatikan gambar berikut! Bagian ginjal yang ditunjuk oleh huruf P berfungsi untuk proses .

A. filtrasi yang menghasilkan urine primer B. augmentasi yang membentuk urine sesungguhnya C. reabsorpsi urine sekunder menjadi primer D. absorpsi zat-zat yang masih digunakan oleh tubuh 63. Pengeluaran zat - zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh disebut. A. defekasi B. sekresi C. ekskresi D.

eliminasi 64. Reabsorbsi pada proses pembentukan urine berlangsung pada bagian . A. glomerolus B. tubulus kontortus distal C. tubulus kontortus proksimal D. Simpai Bowman 65. Pernyataan yang merupakan fungsi kulit sebagai organ ekskresi . A. pelindung tubuh dari kerusakan mekanis maupun zat kimia B.

penyimpan cadangan lemak C. mengeluarkan keringat D. mengatur suhu badan atau tubuh 66. Berikut ini zat yang tidak terdapat dalam urine sehat adalah . A. urea B. bilirubin C. glukosa D. air 67. Terjadinya kerusakan pada glomerulus ginjal sehingga terjadi peradangan pada nefron akan menimbulkan ganguan pada ginjal berupa . A. hematuria B. nefritis C. gagal ginjal D. batu ginjal 68. Urutan jalannya urine adalah . A. rongga ginjal-uretra-kantong kemih-ureter B. rongga ginjal-ureter-uretra-kantong kemih C.

rongga ginjal-ureter-kantong kemih-uretra D. rongga ginjal-kantong kemih-ureter-uretra 69. Berikut yang merupakan organ sistem ekskresi, kecuali . A. paru-paru B. jantung C. hati D. ginjal 70. Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi pada manusia yaitu . A. Kulit B. Usus Halus C. Ginjal D. Hati 71. Bagian otak yang mempunyai fungsi untuk mengatur penglihatan yaitu. A. Serebelum B. Lobus Frontalis C. Lobus Narientalis D. Lobus Oksipitalis 72. Salah satu organ ekskresi yang juga berfungsi sebagai organ peraba adalah .

A. ginjal B. paru-paru C. kulit D. hati 73. Sumsum tulang belakang bagian dalam berwarna kelabu sebab tersusun oleh . A. Neuroglia B. Akson C. Badan Sel Saraf D. Neurit 74. Perhatikan gambar berikut! Fungsi organ P adalah. A. tempat fertilisasi B. produksi ovum dan hormon FSH C. produksi hormon estrogen dan progesteron D. implantasi janin dan menghasilkan sel telur 75.

Organ tubuh yang berfungsi sebagai alat ekskresi sekaligus indra peraba adalah. A. Paru-paru B. Kulit C. Hidung D. Hati 76. Perhatikan penyataan berikut ini! 1) penyakit kelamin pada pria dan wanita 2) disebabkan oleh bakteri Triponema pallidum 3) penyakit menular 4) timbulnya lepuh pada daerah kelamin menjadi koreng dan pembengkakan limfe Penyakit kelamin yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah .

A. Gonorhoe B. Siphilis C. Herpes D. AIDS 77. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena . A. melindungi tubuh dari kuman B. mempunyai kelenjar keringat C. mempunyai ujung saraf reseptor D. melindungi tubuh dari cahaya matahari 78. Perjalanan impuls melintasi sinapsis melibatkan zat yang dinamakan . A. Ganglion B. Neurotransmiter C. Akson D. Neurolema 79. Proses augmentasi berlangsung pada bagian . A. tubulus kontortus distal B. tubulus kontortus proksimal C. duktus kolektivus D.

lengkung Henle descenden 80. Sel saraf yang mempunyai fungsi untuk mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot dan kelenjar yaitu .

A. Neuron Ajustor B. Neuron Aferen C. Neuron Eferen D. Neuron IntermedietProses ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan oleh sel. Zat sisa tersebut biasanya merupakan sisa hasil pencernaan sel dan hasil perombakan organel yang telah rusak. Zat sisa tersebut akan dikeluarkan sel menuju membran plasma dalam bentuk kantung sekretori. Kantung sekrestori merupakan kantung yang dibentuk oleh membran-membran kompleks golgi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.
Jerry sedang duduk santai di teras rumahnya malam hari itu. Tiba-tiba, datang sebuah mobil dengan sorot lampu yang menyilaukan. Jerry langsung menyemp … itkan matanya untuk mengurangi efek menyilaukan yang ditimbulkan oleh sorotan lampu mobil tersebut.

Bagian mata yang menyempit akibat rangsangan sinar yang sangat terang itu adalah… a. iris b. retina c. kornea d. pupil UIUuuu13, Hubungan manusia dengan Allah antaralain diwujudkan terutama dalam ibadah yang dilakukanmanusia. Relasi ini tampak dalam setiap praktik keag … amaan baik yang sederhana maupun yang lebihkompleks. Hal ini merupakan pendapat dari.a.Frankl b. Victor Emildc. Yewangoe(1983) d. ThomasGroome14 Cara hid​ 10. Pada skema pergiliran keturunan (metagenesis) tumbuhan paku homospora, yang termasuk struktur yang memiliki kromosom haploid dan diploid secara be … rurutan adalah .

a. haploid: spora, protalium, anteridium; diploid: zigot, tumbuhan paku, sporofil b. haploid: spora, protalium, zigot; diploid: sporangium, tumbuhan paku, sporofil c.

haploid: zigot, tumbuhan paku, sporofil; diploid: anteridium, arkegonium, ovum d. haploid: zigot, tumbuhan paku, tropofil; diploid: anteridium, arkegonium, protalium e. haploid: zigot, tumbuhan paku, sporofil; diploid: anteridium, arkegonium, sel induk spora​

Sel: Unit Terkecil Penyusun Tubuh Makhluk Hidup




2022 www.videocon.com