Ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak? • Kemotropisme • Geotropisme positif • Geotropisme negatif • Seismonasti • Semua jawaban benar Jawaban: C. Geotropisme negatif Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak geotropisme negatif.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu yang disebut dengan alat gerak aktif adalah?

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap. KOMPAS.com - Walau terlihat diam di tanah, ternyata tumbuhan juga melakukan gerakan. Misalnya, tanaman putri malu yang ketika disentuh akan menutup daunnya.

Berikut gerak pada tumbuhan yang perlu kamu ketahui. Gerak pada tumbuhan Terdapat tiga macam gerak pada tumbuhan, yaitu gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.

1. Gerak endonom Gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari dalam sel atau tubuh tumbuhan itu sendiri disebut gerak endonom. Gerakan ini contohnya terjadi pada kloroplas yang bergerak berkeliling di dalam sel.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Gerakan tersebut muncul akibat pergerakan sitoplasma di dalam sel. 2. Gerak higroskopis Gerak bagian tubuh tumbuhan yang timbul akibat perubahan kadar air disebut gerak higroskopis. Contohnya adalah kacang-kacangan yang telah lama matang, biasanya akan mengerut dan permukaannya menjadi tidak rata. Hal itu disebabkan karena terjadi perubahan kadar air di dalam sel yang tidak merata.

Contoh gerak higroskopis lainnya adalah membukanya dinding sporangium pada tumbuhan paku. Baca juga: Tumbuhan Paku: Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya 3. Gerak esionom Ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak esionom. Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar tubuh tumbuhan.

Gerak esionom dapat dibedakan lagi menjadi tiga macam: • Gerak tropisme: gerak yang arahnya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang, misalnya bunga yang menghadap matahari, atau putri malu yang menjauhi tanah • Gerak taksis: gerak pindah tempat seluruh bagian, contohnya Algae yang bergerak karena memiliki flagela • Gerak nasti: gerak tumbuhan yang tidak dipengaruhi datangnya arah rangsang, contohnya daun putri malu yang menguncup ketika disentuh, namun arah daunnya tidak mengikuti atau menjauhi arah sentuhan.
Contoh Soal Penyelidikan Gerak Putri Malu (Mimosa Pudica) – Gerak pada tumbuhan merupakan hasil respon terhadap rangsangan (stimulus) baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Gerak pada tumbuhan merupakan bukti adanya iritabilitas karena salah satu ciri makhluk hidup adalah menerima dan menanggapi rangsangan. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu etionom dan endonom. Gerak etionom merupakan gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan dari luar.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Rangsangannya dapat berupa cahaya, zat kimia, medan listrik, gravitasi bumi, dan air. Bedasarkan hubungan antara arah respon gerakan dengan asal rangsangan, gerak etionom dapat dibedakan menjadi tiga yaitu gerak nasti, tropisme, dan taksis.

Pada topik kali ini, kita hanya akan membahas salah satu contoh gerak nasti tepatnya seismonasti. Seismonasti atau tigmonasti merupakan gerak yang terjadi akibat adanya rangsangan berupa sentuhan. Contohnya adalah gerak menutupnya daun putri malu ( Mimosa pudica ) ketika disentuh. Tanggapan ini dipicu oleh gerakan cepat ion kalium yang terdapat dalam sel parenkim dasar tangkai daun dan ranting. Tahukah kalian tumbuhan putri malu ? Putri malu atau Mimosa pudica adalah tumbuhan perdu yang tergolong suku polong-polongan.

Tumbuhan putri malu tersusun atas batang, cabang berduri, bunga, bunga kering, polong biji, serta daun yang dapat membuka dan menutup/layu saat disentuh. Sejumlah anggota polong-polongan dapat melakukan hal yang sama, tetapi putri malu bereaksi lebih cepat daripada jenis polong-polongan lainnya. Menutupnya daun putri malu ini bersifat sementara, setelah beberapa menit berlangsung daun akan membuka kembali.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan tekanan turgor pada tulang daun. Rangsang tersebut dapat dirasakan daun lain yang tidak ikut tersentuh. Gerak ini disebut seismonasti.

Tanaman ini juga menguncup saat matahari terbenam dan merekah kembali setelah matahari terbit. Tanaman putri malu menutupkan daun untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memangsanya. Warna daun bagian bawah tanaman putri malu akan berwarna lebih pucat. Hal tersebut bertujuan agar hewan yang tadinya ingin memangsa tumbuhan tersebut akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan menjadi tidak berminat untuk memangsanya lagi.

Gerak pada tumbuhan terdiri ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak bagian yaitu gerak etionom dan gerak endonom : a. Gerak etionom Gerak etionom adalah gerak tumbuhan karena adanya rangangan dari luar. Rngsangannya dapat berupa cahaya, zat kimia, medan listrik, gravitasi bumi atau air. Bedasarkan hubungan antara arah respon gerakkan dengan asal rangsangan gerak etionom dapat dibedakan menjadi nasti, tropisme, taksis 1. Nasti Nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan dari lingkungannya.

Gerak nasti disebabkan oleh perubahan tekanan turgor pada jaringan di tulang daun.Tekanan turgor yaitu tekanan yang disebabkan oleh sejumlah air yang masuk kedalam sel dan mendesak dinding sel. Berdasarkan jenis rangsangannya, nasti dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu: • Seismonasti atau tigmonasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat rangsangan sentuhan. Contohnya adalah gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) ketika disentuh.

Tanggapan ini dipicu oleh gerakan cepat ion kalium yang terdapat dalam sel parenkim dasar tangkai daun dan ranting. • Niktinasti merupakan gerak nasti yang mengatup daun pada sejumlah tumbuhan pada malam hari terjadi akibat pengaruh gelap. Contohnya adalah “gerak tidur” yang dilakukan daun dari tumbuhan polong-polongan.

• Termonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu. Contohnya mekarnya bunga tulip ketika suhu udara naik. • Fotonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contohnya adalah mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada saat sore hari di saat terkena sinar matahari. • Nasti kompleks merupakan gerak nasti yang disebabkan lebih dari satu rangsangan.

Contohnya gerak membuka dan menutupnya stomata. 2. Tropisme Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan lingkungan.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Tropisme positif adalah gerak yang arahnya mendekati rangsangan, sedangkan tropisme negatif adalah gerak yang arahnya menjauhi rangsangan. Berdasarkan jenis rangsangannya, Jenis gerak tropisme diberi nama sesuai dengan rangsangannya. Gerakan tumbuhan karena rangsangan cahaya fototropisme. Tropisme dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu: • Geotropisme atau gravitropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan rangsangan gaya gravitasi bumi yang pertumbuhannnya menuju kearah tanah.

Geotropisme ada dua yaitu geotropisme positif dan geotropisme negatif. Geotropisme positif disebut gerak organ tumbuhan mendekati inti bumi.

Sedangkan geotropisme negatif disebut gerak berlawanan arah gravitasi bumi, menjauhi inti bumi. • Fototropisme merupakan gerak tropisme yaitu gerak pertumbuhan tanaman kearah datangnya sinar matahari yang dipengaruhi rangsangan cahaya. Fototropisme terbagi dua yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif.

Pada umumnya, bagian tumbuhan di atas tanah bersifat fototropisme positif, misalnya bunga matahari akan mekar dan batangnya mengikuti arah sinar matahari. Dan akar bersifat fototropisme negatif • Tigmotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan sentuhan yang dipengaruhi oleh hormone auksin dan hormone etilen.

Pada umumnya tigmotropisme terjadi pada tumbuhan pemanjat (tumbuhan yang memiliki sulur)seperti anggur, ubi jalar, melon, dan tumbuhan pemanjat lainnya.

• Hidrotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan air.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Contohnya gerak pertumbuhan akar menuju ke air. • Termotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan suhu. • Kemotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan zat kimia. Contohnya gerak akar menuju pupuk. • Reotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan oleh aliran air sehingga mempengaruhi arah gerak tumbuhan. Contohnya eceng gondok.

3. Taksis Taksis gerak yang terjadi akibat rangsangan luar. Seluruh tubuh tumbuhan akan bergerak langsung, dan arah geraknya ditentukan oleh arah rangsangan. Berdasarkan jenis rangsangannya, taksis dibedakan menjadi beberapa macam, yakni: • Fototaksis merupakan gerak taksis disebabkan rangsangan cahaya. contohnya gerak Euglena menuju cahaya.

Fototaksis dibedakan menjadi dua yaitu fototaksis positif dan fototaksis negatif. Fototaksis positif adalah gerak tumbuhan mendekati rangsangan cahaya, sedangkan fototaksis negatif adalah gerak tumbuhan menjauhi rangsangan cahaya. • Kemotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan zat kimia. Contohnya gerak sel spermatozoid menuju sel telur. • Galvanotaksis atau Elekrotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan listrik.

Contohnya Gerak organisme tingkat rendah bergerak mendekati listrik. • Termotaksis merupakan gerak ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak yang disebabkan oleh rangsangan suhu atau temperatur. • Gravitaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh Gravitasi Bumi • Tigmotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh kontak fisik atau sentuhan.

• Reotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh aliran air. 4. Higroskospis Gerak bagian tumbuhan karena adanya pengaruh perubahan konsentrasi air dari sel-selnya yang mengakibatkan terjadinya pengerutan yang berbeda. Misalnyapecahnya buah polong yang kering Berikut ini adalah soal-soal materi gerak tumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII. Kunci jawaban di bawah soal. 1. Gerak pada tumbuhan adalah…. a. Gerak tubuh sesuai respon terhadap rangsangan dari lingkungan b.

Gerak berpindah tempat sebagai respon terhadap rangsangan dari lingkungan c. Gerak tubuh dan berpindah tempat sebagai respon terhadap rangsangan d.

Gerak tubuh dan berpindah tempat sebagai respon terhadap rangsangan biotik dan abiotik 2. Yang dimaksud dengan gerak higroskopis adalah…. a. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan b. Gerak yang ditimbulkan karena pengaruh perubahan kadar air c. Gerak tumbuhan yang berupa gerak berpindah tempat d. Gerak yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan 3.

Yang dimaksud dengan gerak tropisme adalah…. a. Kepekaan tumbuhan terhadap rangsangan lingkungan b. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan c. Gerak tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan d. Gerak tumbuhan yang berupa gerak berpindah tempat 4. Yang dimaksud dengan gerak nasti adalah…. a. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan b.

Gerak menyeluruh dari suatu bagian tumbuhan c. Gerak bebas tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan d. Gerak terbatas anggota tubuh tumbuhan tertentu karena adanya rangsangan Sulur labu bergerak untuk mengkait benda di sekitarnya 5. Yang merupakan contoh gerak taksis adalah…. a. Gerak melipatnya daun putrid malu ketika disentuh b. Gerak akar tanaman mendekati air c. Gerak serbuk sari menempel pada putik d. Gerak klorolas pada daun hidrila 6. Perhatikan data berikut ini!

1. Daun insektivora menutup karena ada sentuhan 2.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Daun sikejut (putrid malu) menutup karena disentuh 3. Daun bunga kupu-kupu menutup diwaktu malam 4. Gerak akar masuk ke tanah Manakah dari pernyataan di atas yang merupakan gerak nasti…. a. 1 dan 4 b. 3 dan 4 c. 2 dan 4 d. 2 dan 3 7. Penelitian menunjukkan bahwa akar tumbuh lebih banyak dan lebih panjang ke arah sumber air dibanding dengan yang tumbuh ke arah yang tidak ada airnya.

Gerak akar ke arah sumber air itu disebut…. a. Hidrotropisme b. Hidronasti c. Geotropisme d. Geonasti 8. Membengkoknya ujung batang pada peristiwa fototropisme karena…. a. Sel-sel yang tidak terkena sinar tumbuh lebih cepat dari sel-sel batang yang terkena sinar sehingga membengkok b.

Sel-sel yang tidak terkena sinar tumbuh lebih lambat dari sel-sel batang yang terkena sinar sehingga membengkok c. Sel-sel batang yang tidak terkena sinar lebih panjang dari sel-sel batang yang terkena sinar sehingga membengkok d. Sel-sel batang yang tidak terkena sinar lebih pendek dari sel-sel batang yang terkena sinar sehingga membengkok 9. Persamaan antara gerak tropisme dan gerak taksis adalah…. a. Hanya terjadi pada organ tertentu b. Sama-sama disebabkan oleh rangsangan sentuhan c.

Arah gerakan tidak ditentukan oleh rangsangan d. Arah gerakan ditentukan oleh rangsangan 10.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak…. a. Kemotropisme b. Geotropisme positif c. Geotropisme negatif d. Seismonasti 11. Di bawah ini yang merupakan contoh gerak tigmotropisme adalah…. a. Gerak sulur tanaman markisa membelit pagar b. Gerak akar mentimun tumbuh ke bawah c. Gerak daun putri malu ketika terkena panas d.

Gerak bunga pukul empat saat sore hari 12. Dalam percobaan terhadap gerak nasti pada tumbuhan putri malu menunjukkan bahwa…. a. Daun dan tangkai daun yang lebih dekat dengan titik sentuhan akan bergerak lebih dulu b.

Daun dan tangkai daun yang lebih jauh dari titik sentuhan akan bergerak lebih dulu c. Daun yang lebih dekat dari titik sentuhan akan bergerak lebih dulu, kemudian disusul tangkai daun d. Tangkai daun yang lebih jauh dari titik sentuhan akan bergerak lebih dulu, kemudian disusul daun 13. Contoh gerak niktinasti adalah…. a. Daun tumbuhan tertentu mengatup pada malam hari b.

Berbagai jenis bunga tumbuhan tertentu membuka saat udara hangat c. Daun tumbuhan jebakan venus akan mengatup jika ada serangga yana masuk ke dalam daun d. Daun tumbuhan putri malu akan mengatup layu jika disentuh 14. Stomata tumbuhan akan terbuka saat matahari kurang terik dan tertutup saat matahari bersinar terik. Gerak stomata tumbuhan tersebut merupakan contoh gerak…. a. Termotropisme b. Termonasti c. Fototropisme d. Fotonasti 15.

Pak Budi menanam pohon rambutan tepat di sebelah dinding rumahnya. Setelah 5 tahun rambutan tersebut tumbuh besar dan berdaun lebat. Ranting dan daun dari rambutan tersebut kebanyakan tumbuh menjauh dari arah dinding Pak Budi. Kejadian tersebut merupakan contoh gerak…. a. Tigmotropisme b. Seismonasti c. Fototropisme d. Niktinasti Kunci jawaban: 1.a 2.b 3.b 4.c 5.d 6.d 7.a 8.c 9.a 10.c 11.a 12.a 13.a 14.b 15.c
1. Gerak pada tumbuhan yang termasuk fotonasti adalah ….

a. Mekarnya bunga kaktus pada malam hari b. Mekarnya bunga menuju cahaya c. Mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu d. Membuka dan menutpnya stomata Jawaban : (A) Fotonasti merupakan gerak yang disebabkan rangsang cahaya namun arah geraknya tidak dipengaruhi arah rangsang.

2. Yang termasuk gerak taksis adalah …. a. Gerak pertumbuhan akar napas b. Gerak dari euglena menuju cahaya c. Gerak akar menuju cahaya d. Gerak mekarnya bunga pukul empat Jawaban : (B) Gerak taksis merupakan gerak pindah temoat secara menyeluruh.

Contohnya gerak dari alga hijau euglena menuju ke arah cahaya. 3. Ciri gerak nasti yang tidak dimiliki oleh gerak tropisme dan taksis adalah …. a. Merupakan gerak sebagian tubuh b. Arah geraknya tidak dipengaruhi arah rangsang c. Merupakan gerak secara menyeluruh d.

Arah geraknya dipengaruhi oleh arah rangsang Jawaban : (B) Gerak nasti merupakan gerak sebagian pada tubuh tumbuhan yng arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. 4. Contoh gerak geotropisme positip adalah … a. Gerak akar menuju ke inti bumi b. Gerak daun menuju cahaya c. Gerak batang menuju ke inti bumi d. Gerak akar menjauh inti bumi Pembahasan: Gerak dari geotropisme positip merupakan gerak yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi, contoh: gerakan akar menuju ke inti bumi.

Jawaban: A 5.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Gerak spermatozoid tumbuhan lumut dan paku ke arah arkegonium karena adanya asam malat atau sukrosa dinamakan … a.

Gerak endonom b. Gerak kemotaksis c. Gerak kemotropisme d. Gerak hidronasti Pembahasan: Gerak spermatozoid tumbuhan lumut dan paku ke arah arkegonium karena adanya asam malat atau sukrosa, termasuk gerak kemotaksis karena gerak ini menyeluruh dengan rangsang bahan kimia. Jawaban: B 6.

Gerak pada tumbuhan karena ada rangsang berupa air (genangan air), misal gerak akar menuju ke daerah yang banyak airnya, termasuk … a. Hidrotropisme b. Hudrotaksis c. Hidronasti d. Kemonastri Pembahasan: Gerak pada tumbuhan karena adanya rangsang berupa air (genangan air), misal: gerak akar menuju ke daerah yang banyak airnya, termasuk hidrotropisme.

Jawaban: A 7. Menutupnya daun pada malam hari, merupakan gerak… a. seismonasti b. niktinasti c. termonasti d. fotonasti Pembahasan : Menutupnya daun pada malam hari merupakan gerak niktinasti (gerak tidur). Niktinasti adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh gelap. Contoh; gerak daun tumbuhan petai cina, turi, dan putri malu pada malam hari. Seismonasti adalah nasti yang terjadi karena rangsang sentuhan. contoh; gerak menutupnya daun putri malu karena disentuh. Termonasti adalah nasti yang terjadi karena adanya perubahan suhu.

Contoh; gerak mekarnya bunga tulip. Fotonasti adalah nasti yang terjadi karena rangsangan cahaya matahari. contoh; membuka dan menutupnya mahkota bunga pukul empat.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

8. Auksin yang dibentuk pada ujung kecambah akan dipengaruhi oleh cahaya. apabila disinari pada suatu sisi saja kecambah tersebut akan… a. terhambat b. tumbuh lurus c. tumbuh membengkok d. tumbuh menuju datangnya cahaya Pembahasan : Auksin merupakan fitohormon (hormon tumbuhan) yang mempunyai kerja khas, yaitu mendorong perpanjangan sel-sel pucuk. Auksin merupakan zat tumbuh yang penting dalam proses etiolasi (pertumbuhan batang dengan cepat yang terjadi pada ruang gelap).

Auksin bekerja maksimal dalam kondisi tidak ada cahaya matahari. bila ada cahaya matahari maka auksin akan terurai menjadi suatu subtansi yang dapat menghambat pertumbuhan. oleh karena itu, umumnya pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan adalah menghambat. bila ujung kecambah disinari satu sisi saja, maka kecambah tersebut akan tumbuh ke arah datangnya cahaya. 9. Persamaan antara gerak tropisme dan gerak taksis adalah…. a. Hanya terjadi pada organ tertentu b. Sama-sama disebabkan oleh rangsangan sentuhan c.

Arah gerakan tidak ditentukan oleh rangsangan d. Arah gerakan ditentukan oleh rangsangan 10. Ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak….

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

a. Kemotropisme b. Geotropisme positif c. Geotropisme negatif d. Seismonasti 11. Gerak bagian tumbuhan karena pengaruh gravitasi bumi disebut….

A. Fototropisme B. Taksis C. Nasti D. Geotropisme Jawaban : D 12. Geotropisme positif adalah contoh dibawah ini…. A. Gerakan tumbuhan menjauhi cahaya B. Tanaman sikejut yang mengkerut apabila disentuh C. Pertumbuhan akar yang selalu menuju kebawah D.

Pertumbuhan tunas Jawaban : C 13. Pertumbuhan ujung akar yang bergerak kearah yang berair adalah, contoh…. A.

Fototropisme B. Hidrotropisme positif C. Hidrotropisme negatif D. Taksis Jawaban : B 14.

ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak

Euglena yang bergerak mendekati cahaya adalah contoh gerak…. A. Nasti B. Taksis C. Fototaksis D. Fototropisme Jawaban : C 15. Gerak tubuh tumbuhan karena adanya rangsang intensitas cahaya yaitu gelap dan terang disebut…. A. Nasti B. Taksis C. Niktinasti D. Fotonasti Jawaban : C

Praktikum IPA di SD Gerak pada Tumbuhan Putri Malu




2022 www.videocon.com