Bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan. 3.dalam pernyataan umum biasanya disajikan kalimat definisi sebutkan contoh kata kata yang termasuk kalimat definisi. Menggunakan paragraf kohesif untuk menggambarkan prosedur percobaan atau pengamatan. Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan – Kumpulan Cara Terbaru 2022 from chara.my.id 31 contoh kata pengantar makalah laporan skripsi tugas.

Kelima cara itu adalah cara menulis dengan kerangka menulis bebas menulis buritan menulis dengan foto dan menulis dengan data. Terdapat juga kata hubung dalam penyusunan teks laporan percobaan. Download Gambar Source: www.youtube.com Berdasarkan pengertian tersebut, teks aporan adalah sebuah bentuk tulisan […] Cara menulis dengan teknik foto; Cara mudah menulis teks laporan hasil percobaan.

Teks laporan percobaan adalah salah satu teks yang berisi deskripsi dengan tujuan dan proses sehingga dapat menghasilkan dan dilakukan oleh seorang peneliti. Download Gambar Source: brainly.co.id Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat memberian dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak.

Laporan mencakup bahan dan prosedur. Itulah yang dapat kami bagikan terkait bagaimana cara merevisi teks laporan percobaan. Bagian ini berisi penalaran terhadap seluruh informasi yang diperoleh dari kegiatan percobaan maupun kegiatan percobaan itu sendiri. Download Gambar Source: paket-wisatabromo.com Cara membuat teks laporan percobaan Laporan adalah suatu bentuk hasil dari sebuah pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada orang banyak.

Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan. Perhatikan teks rekaman percobaan di bawah ini dan silahkan jawab pertanyaan yang ada dalam teks tersebut. Download Gambar Source: chara.my.id Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan. Bacalah dengan saksama laporan percobaan yang akan kita simpulkan.

Ada lima cara menulis teks laporan percobaan. Bagaimana cara merevisi teks laporan percobaan seputar laporan. Download Gambar Source: chara.my.id Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca. Memahami tujuan teks laporan percobaan. Silahkan dikerjakan latihan soal online kelas 6 tema 1 subtema 3 bahasa indonesia kd 3.1.

Catat setiap informasi yang terdapat dalam laporan percobaan tersebut. Download Gambar Source: brainly.co.id Memahami tujuan teks laporan percobaan. Cara membuat perangkap nyamuk sederhana. Kamu boleh menambah kolom sesuai dengan kebutuhan. Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan.

Download Gambar Source: www.gurupendidikan.co.id Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat salah. Memahami tujuan teks laporan percobaan. Cara menulis dengan teknik foto; Berdasarkan pengertian tersebut, teks aporan adalah sebuah bentuk tulisan […] Download Gambar Source: www.youtube.com Bagian ini berisi penalaran terhadap seluruh informasi yang diperoleh dari kegiatan percobaan maupun kegiatan percobaan itu sendiri. Cara menulis dengan teknik foto; Apabila ada kesalahan penulisan, benahilah dengan menggunakan tabel berikut ini.

Struktur teks laporan hasil percobaan dan contoh analisisnya yang tepat; Download Gambar Source: chara.my.id Pada sebuah teks rekaman percobaan menggambarkan sesuatu sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini dan pendapat penulis.

Kelima cara itu adalah cara menulis dengan kerangka, menulis bebas, menulis buritan, menulis dengan foto, dan menulis dengan data. 2.dalam teks lapora n hasil observasi kan ada funsi nya sebutkan fungsi teks laporan hasil observasi. Cara identifikasi teks laporan percobaan dengan mudah dan sederhana; Download Gambar Source: www.ilmubindo.com Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.

Cara menulis dengan teknik foto; Modul ini juga diharapkan dapat membantu siswa untuk menggali informasi laporan dan berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dandibaca c.pembelajaran 1 : Memahami tujuan teks laporan percobaan. Download Gambar Source: brainly.co.id Merevisi dan menelaah teks rekaman percobaan dilakukan pada struktur teks dan maupun fitur bahasanya.

Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat memberian dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak. Cara menulis dengan teknik foto; Kesimpulan dalam teks laporan percobaan terdapat pada bagian simpulan. Download Gambar Source: chara.my.id Cara menulis teks laporan hasil percobaan.

Silahkan dikerjakan latihan soal online kelas 6 tema 1 subtema 3 bahasa indonesia kd 3.1. Terdapat juga kalimat perintah dalam teks laporan percobaan, seperti menghimbau kalian untuk melakukan percobaan, meminta untuk mengikuti langkah yang tersedia dan meminta untuk memahi percobaan tersebut.

Bagaimana cara merevisi teks laporan percobaan. Silahkan Dikerjakan Latihan Soal Online Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Bahasa Indonesia Kd 3.1. Berdasarkan informasi tersebut, simpulkan informasi dari laporan percobaan tersebut.

Struktur teks laporan hasil percobaan dan contoh analisisnya yang tepat; Pada sebuah teks rekaman percobaan menggambarkan sesuatu sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini dan pendapat penulis.

Cara Identifikasi Teks Laporan Percobaan Dengan Mudah Dan Sederhana; Modul ini juga diharapkan dapat membantu siswa untuk menggali informasi laporan dan berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dandibaca c.pembelajaran 1 : Cara menulis teks laporan hasil percobaan.

Cara membuat teks laporan percobaan Menyimpulkan Informasi Berdasarkan Teks Laporan Hasil Bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan Yang Didengar Dan Dibaca. Lengkapilah isi teks laporan hasil observasi tersebut sehingga menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap 3. Kelima cara itu adalah cara menulis dengan kerangka, menulis bebas, menulis buritan, menulis dengan foto, dan menulis dengan data.

Bagaimana cara merevisi teks laporan percobaan. Pada Saat Kita Tidur, Baik Siang Maupun Malam Hari, Selalu Saja Ada Makhluk Kecil Bersayap Yang Mengganggu Tidur Kita. Ada lima cara menulis teks laporan percobaan. Bagaimana cara merevisi teks laporan percobaan. 1.bagaimana caranya membuat ringkasan teks laporan hasil observasi. Memahami Tujuan Teks Laporan Percobaan.

Bagaimana cara menyusun rangkaian listrik? Catat setiap informasi yang terdapat dalam laporan percobaan tersebut. Secara umum, teks laporan percobaan kerap digunakan untuk melaporkan suatu hasil dari adanya percobaan. Post navigation none
Teks laporan percobaan merukpakan kegiatan pemaparan dan penjabaran hasil analisis dalam bentuk laporan tertulis dan atau tidak tertulis ketik dari suatu proses uji coba penelitian yang bernilai dan tersetruktur.

1292020 Teks laporan percobaan adalah salah satu teks yang berisi deskripsi dengan tujuan dan proses sehingga dapat menghasilkan dan dilakukan oleh seorang peneliti. Untuk mengunduh File Gunakan tombol download dibawah ini.

Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan Seputar Laporan Teks laporan percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan karya ilmiah atau laporan praktikum. Bagaimana cara merevisi teks laporan percobaan. Langsung saja dibaca ya. Teks laporan percobaan adalah jenis teks yang isinya paparan mengenai tujuan proses dan hasil dari percobaan yang dilakukan oleh seorang peneliti. Informasi tersebut merupakan hasil percobaan pengamatan dan penelitian.

Teks bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan percobaan adalah teks yang melaporkan kegiatan percobaan mulai dari rumusan tujuan sampai pada kegiatan penyimpulan. 1082020 Berikut ini akan dibahas mengenai cara menulis teks laporan hasil percobaan. Telur asin adalah telur yang dibuat dari bebek yang sudah melalui proses pengasinan lebih dahulu. Menandai kata kalimat atau makna kata dan kalimat salah. Teks laporan percobaan bertujuan menceritakan hasil percobaan serta proses yang telah di kerjakan oleh peneliti.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Kelima cara itu adalah cara menulis dengan kerangka menulis bebas menulis buritan menulis dengan foto dan menulis dengan data.

Teks laporan percobaan juga kerap disebut sebagai teks laporan eksperimen. Teks laporan percobaan pada umumnya daoat digunakan untuk mendokumentasikan hasil dari karya ilmiah dengan laporan praktik dan akan dimaksudkan untuk memberi tahu kepada pembaca secara.

Teks laporan percobaan digunakan juga untuk memberikan informasi ke pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan bersifat universal atau umum. Teks rekaman percobaan adalah teks yang menjelaskan tentang sebuah percobaan yang dilakukan oleh penulis biasanya teks seperti ini digunakan untuk melakukan sebuah percobaan baik itu karya ilmiah ataupun laporan praktikum. 622020 Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tentang tujuan proses dan hasil percobaan.

Percobaan yang dimaksud dapat berkaitan dengan percobaan soal makanan siklus air dan udara serta peristiwa-perisitiwa alam lainnya. Untuk mengunduh File Gunakan tombol download dibawah ini. Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan. Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat dan teks laporan hasil percobaan.

Teks rekaman percobaan termasuk salah satu jenis karya tulis ilmiah berisi berbagai informasi. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Telur Asin. Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Supaya belajarnya lebih afdol Quipper Blog akan memberikan beberapa contoh teks laporan percobaan.

11162020 Pengertian Teks Laporan Percobaan. Biasanya kelompok yang melakukan percobaan punya dugaan hasil atau hipotesis. Teks Laporan percobaan juga merupakan karya ilmiah layaknya laporan praktikum yang sering admin bagikan di website ini. Memperbaiki kata kalimat atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan. Pastikan teks LHO yang dibuat sesuai struktur dan ciri kebahasaannya. Agar dapat menyusun teks rekaman percobaan dengan baik kita perlu melakukan percobaan atau penelitian terlebih dahulu.

1152020 Contoh Teks Laporan Percobaan. 382018 Merevisi LHO 1. Membaca berulang-ulang hasil observasi. Laporan adalah suatu bentuk hasil dari sebuah pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil. Cara ini merupakan cara yang mudah dilakukan.

Cara Menulis Teks laporan hasil Percobaan. Pada sebuah teks rekaman percobaan menggambarkan sesuatu sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini dan pendapat penulis.

Ada lima cara menulis teks laporan percobaan.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Gunakan tanda baca yang baik dan benar. Teks laporan percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan karya ilmiah atau laporan praktikum. Cara untuk menyusun teks rekaman percobaan sangat penting untuk dipahami oleh seorang pelajar dan peneliti karena mereka akan tentu lebih banyak melakukan percobaan.

Merevisi dan menelaah teks rekaman percobaan dilakukan pada struktur teks dan maupun fitur bahasanya. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan saat menelaah dan merevisi sebuah teks rekaman percobaan sebagai berikut. Sebelum menyusun teks rekaman percobaan atau laporan percobaan terlebih dahulu kita membuat kerangka teks atau strukturnya terlebih dahulu. Menelaah hasil observasi secara teliti. Menelaah Teks Laporan Percobaan Contoh Soal Essay Laporan Percobaan Guru Paud Contoh Dan Pengertian Teks Laporan Percobaan Teks Sinonim Dan Antonim Tujuan Contoh Laporan Percobaan Bahasa Indonesia Contoh Aja Cute766 Bagaimna Cara Merevisi Atau Memperbaiki Teks Laporan Percobaan Brainly Co Id Teks Laporan Percobaan 4 Contoh Struktur Kaidah Ciri Teks Laporan Percobaan 4 Contoh Struktur Kaidah Ciri Menelaah Dan Merevisi Teks Laporan Hasil Observasi By Tri Wahyuningrum Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan Seputar Laporan Contoh Soal Essay Laporan Percobaan Guru Paud Bab 1 Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Dan Contohnya Kumpulan Contoh Laporan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Dan Contohnya Kumpulan Contoh Laporan Teks Laporan Percobaan 4 Contoh Struktur Kaidah Ciri Ciri Bahasa Teks Laporan Percobaan Bahasa Indonesia Smp Kelas 9 Dubai Khalifa Contoh Laporan Percobaan Singkat Halaman All Kompas Com Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan Seputar Laporan Bahasa Indonesia Kls Ix Teks Laporan Percobaan Cute766 Laporan Percobaan Bahasa Indonesia Kelas 9 Belajar Dirumahaja Cute766 Pengertian Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan adalah teks yang menyajikan informasi mengenai hasil percobaan yang diperoleh melalui percobaan atau eksperimen yang disajikan dengan apa adanya (tanpa dikurangi atau dilebih-lebihkan.

Definisi tersebut senada dengan tim Kemdikbud (2017, hlm. 10) yang mengemukakan bahwa teks laporan hasil percobaan adalah teks yang menyajikan informasi mengenai hasil percobaan dengan apa adanya.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Teks laporan hasil percobaan sebetulnya boleh dikatakan hampir sama saja dengan teks laporan observasi. Hanya saja yang dilaporkan adalah hasil percobaan, bukan hasil observasi atau pengamatan saja. Namun percobaan juga akan melibatkan suatu hal yang harus dilakukan dengan sistematis sebelum dilaporkan. Karena percobaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan, maka ketika kita akan melaporkannya kita juga harus mengobservasi atau mengamati hasil dari kegiatan itu.

Oleh karena itu, seperti laporan observasi, teks laporan hasil percobaan juga akan melibatkan beberapa teks seperti: teks deskripsi, teks eksposisi, dan teks eksplanasi. Teks ini juga akan membutuhkan analisis untuk menyimpulkan hasil percobaan. Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Laporan Percobaan Laporan percobaan adalah teks majemuk yang melibatkan beberapa jenis teks di dalamnya. Setidaknya teks ini akan menggunakan teks deskripsi, dan teks eksplanasi. Berikut adalah penjabaran yang dihasilkan dari penelaahan struktur, model, dan ciri kebahasaan teks laporan hasil percobaan.

Struktur Teks Laporan Percobaan Sederhananya, struktur Teks Laporan Percobaan terdiri dari dua bagian di bawah ini (Kemdikbud, 2017, hlm. 24). • Pernyataan Umum, terdiri dari klasifikasi, dan pernyataan. Bagian ini menentukan klasifikasi aspek bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan sesuatu yang diujicobakan seperti alam, tumbuhan, alat, dan lain lain yang dibahas secara umum. • Uraian, menggambarkan sesuatu yang dibahas secara rinci, bagian per bagian, kebiasaan, hingga sesuatu yang dibutuhkan untuk hidup dan perilaku alamiah bagi makhluk hidup.

Bisa juga memuat penggunaan bahan dan alat untuk percobaan membuat benda dan hal khusus lainnya. Namun, sebetulnya struktur laporan hasil percobaan akan menyesuaikan mengikuti jenis model teks laporan hasil percobaan yang dibuat. Dalam bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan percobaan membuat sesuatu, maka strukturnya menjadi: • Tujuan, menjelaskan tujuan dari percobaan seperti apa yang akan dibuat, mengapa harus dibuat, apa yang akan dibuktikan, dsb.

• Alat dan bahan, memaparkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam melakukan percobaan membuat suatu hal.

• Langkah-langkah, menjelaskan bagaimana langkah demi langkah yang ditempuh dalam melaksanakan kegiatan percobaan. • Hasil, menjelaskan hasil percobaan dan akan memiliki dua struktur utama dari laporan percobaan, yakni: pernyataan umum, dan uraian masing-masing hasil percobaan. • Simpulan, berarti menyimpulkan seluruh kegiatan dan hasil percobaan yang telah dilaksanakan. Model Teks Laporan Percobaan (Jenis) Setidaknya terdapat tiga model laporan percobaan yang dapat disusun, berikut adalah penjelasannya.

• Model laporan percobaan makalah Model ini disusun dengan menggunakan sistematika makalah, artinya dua struktur utama dari laporan percobaan akan disampaikan melalui: a) Tujuan, b) Kajian Teori, c) Alat dan Bahan, d) Prosedur/Cara Kerja, e) Hasil Pengamatan, f) Pembahasan, yard) Simpulan, h) Daftar Pustaka. • Model laporan percobaan sederhana Model ini hanya akan menggunakan dua struktur utama dari laporan observasi, yakni pernyataan umum, dan uraian.

Uraian sendiri akan terbari menjadi masing-masing bagian yang diuraikan, misalnya untuk percobaan binatang: a) Penampilan, b) Kebiasaan Makan, c) Kapasitas, d) Perkembangbiakan. • Model laporan percobaan pengembangan (pembuatan) Seperti contoh yang telah diuraikan di atas, laporan percobaan juga dapat disusun melalui model pembuatan suatu benda sebagai kegiatan percobaan.

Model ini akan melibatkan struktur: a) tujuan, b) alat dan bahan, c) langkah-langkah, d) hasil, eastward) simpulan. Ciri Kebahasaan Teks Laporan Percobaan Seperti teks lainnya, teks laporan percobaan memiliki ciri atau kaidah kebahasaan yang khas dan membedakan teks ini dari jenis teks lainnya. Berikut adalah ciri kebahasaan yang umum digunakan dalam laporan (Kemdikbud, 2017, hlm. 24). • Memperkenalkan kata aspek umum atau kelompok, seperti: kendaraan roda dua, transportasi umum, keluarga kucing, ikan tawar, mamalia, unggas, reptilia, dsb.

• Banyak memakai kata tugas hubungan logis, seperti: maka, ketika, dan seterusnya. • Menggunakan kata tugas untuk menjaga tulisan koheren (maknanya terpadu dengan baik). • Banyak menggunakan kalimat aktif. • Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi kegiatan percobaan.

• Terdapat kalimat yang menjabarkan urutan kegiatan. • Lebih banyak menggunakan kata benda dan frasa benda dibandingkan dengan kata ganti orang. • Beberapa model laporan menggunakan istilah teknis atau istilah bidang ilmu. • Beberapa model laporan disertai diagram, peta, foto, dsb. Ciri Ciri Teks Laporan Percobaan Sementara itu, secara umum teks laporan percobaan memiliki ciri sebagai berikut. • Objektif, artinya informasi disampaikan berdasarkan hal yang diperoleh melalui percobaan.

Jika suatu percobaan menduga A akan memberikan dampak yang baik, namun hasil percobaan ternyata menghasilkan dampak yang buruk, maka laporan percobaan akan tetap menyampaikan bahwa percobaan tersebut gagal (tidak ditutup-tutupi).

• Fakta, berarti tidak berdasarkan dugaan yang belum terbukti. Misalnya, laporan percobaan tidak akan mengatakan bahwa “kandungan vitamin C dalam buah jeruk sangat tinggi” tapi akan menyebutkan “kandungan vitamin C dalam buah jeruk berukuran 60 gram adalah sebanyak 100 mg”. Karena percobaan telah dilakukan dan membuktikan serta mengukur kandungan vitamin C dalam buah jeruk. • Komprehensif (Lengkap), laporan percobaan akan menguraikan bagian perbagian secara lengkap dan masing-masing bagian dijelaskan secara particular, tidak hanya gambaran umumnya saja.

Tujuan Teks Laporan Percobaan (Fungsi) Pada intinya, teks laporan percobaan memiliki tujuan utama untuk menyampaikan hasil percobaan dengan apa adanya. Selain itu, berikut adalah beberapa tujuan dan fungsi dari teks laporan percobaan secara umum. • Mencari dan menemukan teknik atau cara baru yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu yang inovatif.

• Memberikan pertimbangan terhadap langkah yang akan diambil untuk mengambil keputusan terhadap suatu permasalahan. Melalui percobaan, permasalahan tersebut akan lebih “terlihat” sehingga lebih mudah untuk membuat keputusan berdasarkan fakta objektif yang telah terbukti melalui percobaan.

• Laporan percobaan dapat menambah pengetahuan mengenai suatu hal, sehingga bisa memberikan pilihan atau alternatif solusi lain yang bisa digunakan.

• Mencari tahu mengenai perkembangan masalah tertentu yang perlu diujicobakan kembali. Misalnya apakah baterai zaman sekarang sama dengan beberapa dekade silam? Bisa jadi telah berubah dan terdapat hal yang harus disesuaikan dalam menyikapi baterai oleh masyarakat.

• Mengawasi dan memperbaiki suatu hal dengan lebih efisien dan baik berkat hasil percobaan yang lagi-lagi memberikan uraian detail mengenai apa yang terjadi jika suatu kegiatan dicoba terhadap suatu hal.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Contoh Teks Laporan Percobaan atau Eksperimen Percobaan Penghantaran Energi Listrik Pernyataan Umum Tujuan Listrik merupakan energi yang dapat disalurkan melalui benda penghantarnya. Untuk memahami dan mengetahui bagaimana listrik dapat dihantarkan, maka harus dilakukan percobaan. Percobaan yang telah dilaksanakan adalah menyalakan lampu dengan memanfaatkan energi listrik melalui benda penghantar dan benda lain yang tidak dapat menghantarkannya.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Alat dan Bahan Percobaan dilaksanakan dengan menggunakan bahan-bahan khusus yang telah disiapkan sebelumnya. Bahan-bahan yang digunakan adalah: bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan, kabel, lampu bohlam, benang, tali plastik, selotip.

Uraian Langkah-Langkah Pertama, percobaan dimulai dengan menghubungkan dua kabel pada bohlam. Cara yang digunakan adalah dengan mengelupas sebagian ujung kabel sehingga bagian logamnya tampak lalu direkatkan pada bohlam dengan menggunakan selotip.

Selanjutnya kedua sisa ujung kabel yang telah direkatkan ke lampu ditempelkan pada baterai. Ketika hal tersebut dilakukan lampu menyala. Artinya, kabel dapat menghantarkan listrik dari baterai ke lampu bohlam. Kemudian, tahap di atas diulangi lagi, hanya saja kali ini tidak menggunakan kabel. Percobaan dilaksanakan dengan menggunakan tali plastik.

Ternyata dengan menggunakan tali plastik lampu bohlam tidak menyala. Hasil Dari percobaan tersebut terlihat bahwa bohlam menyala ketika dihubungkan pada baterai dengan menggunakan kabel. Namun, bohlam tidak menyala ketika dihubungkan pada baterai dengan menggunakan tali plastik.

Simpulan Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kabel dapat mengantarkan arus listrik. Sementara itu, tali plastik tidak dapat menghantarkan arus listrik. Berbagai contoh teks laporan percobaan lainnya dapat dilihat pada link berikut ini: Contoh Teks Laporan Percobaan dalam berbagai Model Referensi • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas Nine. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagaimana Cara Menganalisis Data Dalam Teks Laporan Percobaan Source: https://serupa.id/teks-laporan-percobaan-pengertian-struktur-model-ciri-contoh/ Terbaru • Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta • Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp • How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf • Lingkungan Ternak Ayam Cocok Gak Buat Rumah Tinggal • Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster • Panduan Ht Baofeng Uv 82 Bahasa Indonesia • Jelaskan Cara Mengubah Interval Nada D Mayor • Pembagian Kerja Dan Beban Kerja Di Perusahaan Peternakan Kategori • Aplikasi • Bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
Menelaah adalah kegiatan mengamati dan mengkaji kesalahan-kesalahan isi, struktur, dan tata bahasa teks.

Jika kalian menemukan kesalahan-kesalahan dalam teks laporan percobaan yang kalian lakukan, perbaikilah. Menurut Kamus Besar Bahasa Republic of indonesia (KBBI) menelaah adalah mempelajari, menyelidik, mengkaji, memeriksa, menilik. Contoh, kita perlu menelaah buku-buku yang mutakhir. Langkah-Langkah yang dapat kalian lakukan saat menelaah dan memperbaiki teks laporan percobaan sebagai berikut. • Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat salah.

• Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan. • Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan yang baik dan benar.

Saat menelaah struktur teks laporan percobaan, kalian akan menemukan ciri-ciri kebahasaan dari teks laporan percobaan. Berikut ini ciri-ciri kebahasaan yang biasa digunakan dalam teks laporan percobaan. • Memperkenalkan aspek umum atau kelompok (generik), seperti transportasi umum, makanan bergizi, makanan tradisional, mamalia, atau reptilia.

• Menggunakan kata tugas hubungan logis, seperti ketika, maka, lalu, atau kemudian. Kata tugas digunakan untuk menjaga tulisan tetap padu atau koheren. • Menggunakan kalimat aktif. • Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi. • Menggunakan kata serapan atau istilah khusus sesuai bidang ilmu yang berkaitan dengan objek yang diamati.

• Tidak ada urutan waktu, yang ada urutan kegiatan. • Menggunakan kata benda dan frasa benda dibandingkan kata ganti orang. • Biasanya disertai dengan foto, diagram, atau tabel untuk memperkuat hasil pengamatan. Contoh Telaah Teks Telaah one 5. Pengaduk 6. Penyaring Langkah-Langkah • Cuci bersih rumput laut lalu masukkan ke dalam air mendidih yang direbus sebelumnya menggunakan panci atau wajan besar. • Aduk rumput laut sampai sari-sarinya keluar kemudian saring.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

• Masak kembali sari rumput laut dan masukkan garam secukupnya. Perasa makanan dan gula sesuai selera. • Setelah mengental cetal dodol dan dinginkan. Hasil Dari rumput laut yang dianggap tidak bervariasi ternyata bisa diubah menjadi makanan yang disukai oleh semua kalangan.

Selain itu, proses pembuatannya yang sederhana dan mudah dapat menjadi rekomendasi masyarakat yang ingin mengonsumsi rumput laut namun masih bingung dalam mengolah agar rumput laut lezat.

Kesimpulan Meski tampak sederhana, namun dodol rumput laut ini selain lezat juga memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah proses metabolisme. Mengolah rumput laut menjadi bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan yang lezat juga dapat meningkatkan nilai jual dari rumput laut dan merupakan komoditi Republic of indonesia. Telaah 2 Membuat Telur Asin Telur asin merupakan telur yang terbuat dari bebek yang menggalami proses pengasinan terlebih dahulu.

Telur asin memiliki banyak vitamin dan gizi sehigga mengonsumsinya bermanfaat bagi tubuh. Membuat telur asin dengan cara tradisional sebenarnya sangat mudah karena bahan dan alatnya menggunakan bahan sederhana.

Bahan dan Alat Berikut ini bahan dan alat membuat telur asin sebagai berikut. i. Telur bebek 2. Abu gosok 3. Tanah liat 4. Garam 5. Ampelas • Pilih telur bebek kemudian cuci dan kulitnya diampelas sampai tipis. • Campurkan tanah liat, garam, dan abu gosok sampai tercampur semua. • Lapisi telur yang sudah diampelas menggunakan bahan yang sudah dicampur tadi.

• Diamkan telur pada ruang normal sampai 20 hari atau 3 minggu. Hasil Telur bebek yang dibuat melalui tahap dan proses pembuatan di atas akan menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat serta sangat cocok dikonsumsi dengan nasi.

Membuat telur asin sebenarnya merupakan varian lain ketika ingin mengonsumsi telur, khususnya telur bebek yang terkena amis. Dengan pengasinan ini telur menjadi tidak terlalu amis.

Simpulan Telur asin yang memiliki kandungan gizi yang lengkap ini sangat cocok dikonsumsi oleh masyarakat segala usia. Tapi perlu diingat untuk menghindari konsumsi telur asin bagi yang menderita darah tinggi karena kandungan garam telur asin yang tinggi dapat memicu tekanan darah naik.

Tidak dianjurkan juga mengonsumsi dalam jumlah banyak. Uraikan Langkah Langkah Menelaah Teks Laporan Percobaan Source: https://www.searchpengertian.com/2019/09/pengertian-menelaah-dan-contoh-telaah.html Terbaru • Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta • Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp • How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf • Lingkungan Ternak Ayam Cocok Gak Buat Rumah Tinggal • Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster • Panduan Ht Baofeng Uv 82 Bahasa Indonesia • Jelaskan Cara Mengubah Interval Nada D Mayor • Pembagian Kerja Dan Beban Kerja Di Perusahaan Peternakan Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
Bahasa Indonesia - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah mengidentifikasi, menyimpulkan, dan menelaah struktur teks laporan percobaan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX (sembilan) revisi terbaru.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah mengidentifikasi, menyimpulkan, dan menelaah struktur teks laporan percobaan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah mengidentifikasi, menyimpulkan, dan menelaah struktur teks laporan percobaan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah.

A. Mengidentifikasi Teks Laporan Percobaan 1. Pengertian Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan adalah teks berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan, dan penelitian. Teks laporan percobacaan ditulis berdasarkan laporan data setelah pengamat selesai melakukan penelitian. Kegiatan percobaan atau penelitian digunakan untuk memperoleh pengetahuan dalam bidang ilmu alam, psikologi, atau sosial.

Teks ini penting untuk mengetahui kegiatan dilakukan dan rekaman data didapatkan. Teks laporan percobaan juga salah satu bentuk komunikasi ilmiah secara tidak langsung dengan orang lain.

Penulisan teks laporan percobaan harus jelas, lengkap, dan tidak bertele-tele agar pembaca dapat memahami isi teks dengan baik.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Kejelasan teks laporan percobaan diperlukan dalam pemakaian bahasa, istilah, atau kata-kata mudah dipahami, dicerna, dan dimengerti bagi pembaca. 2. Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan Ada tujuh ciri utama teks laporan percobaan yang perlu kalian ketahui sebelum membuat teks laporan percobaan. Adapun ketujuh ciri-ciri teks laporan percobaan tersebut adalah sebagai berikut.

• Teks laporan percobaan disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian disertai pemecahannya. • Pembahasan masalah teks laporan percobaan dikemukakan secara objektif sesuai realitas atau fakta yang dapat diuji kebenarannya.

• Teks laporan percobaan disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut dan sistematik. • Teks laporan percobaan menggunakan bahasa ilmiah baku, jelas, komunikatif, dan logis sehingga tidak terbuka kemungkinan adanya ambiguitas dan kerancuan. • Teks laporan percobaan ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan. • Teks laporan percobaan dibuat menarik dan interaktif. • Teks laporan percobaan menuntaskan masalah-masalah yang dimunculkan secara terperinci dan lengkap.

B. Menyimpulkan Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan dapat dibuat ringkasan sederhana sehingga isi teks lebih padat. Cara meringkas teks laporan percobaan adalah sebagai berikut. • Membaca teks laporan percobaan secara utuh dan teliti. • Membuang paragraf yang berisi contoh deskripsi atau kutipan tidak bermanfaat. • Membuang berbagai keterangan tambahan tidak penting dalam sebuah kalimat. • Mencatat gagasan utama teks laporan percobaan. • Menyusun gagasan-gagasan utama teks menjadi kalimat dengan menggunakan kalimat sendiri.

• Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah ringkasan dengan mempertahankan susunan gagasan asli. C.

Menelaah Teks Laporan Percobaan Menelaah adalah kegiatan mengamati dan mengkaji kesalahan-kesalahan isi, struktur, dan tata bahasa teks. Sementara itu, merevisi merupakan tindakan lanjutan setelah kegiatan menelaah dilakukan. Merevisi merupakan kegiatan meninjau atau memeriksa kembali untuk memperbaiki teks agar mudah bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan oleh pembaca.

Langkah-langkah yang dapat kita lakukan saat menelaah dan merevisi sebuah teks laporan percobaan adalah sebagai berikut. • Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat salah.

• Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan. • Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan yang baik dan benar. D. Menyusun Teks Laporan Percobaan Teks laporan percobaan termasuk salah satu jenis karya tulis ilmiah berisi berbagai informasi. Informasi tersebut merupakan hasil percobaan, pengamatan, dan penelitian. Sebelum menyusun teks laporan percobaan terlebih dahulu kita akan membuat kerangka teksnya. Berikut ini adalah langkah-langkah menyusun kerangka teks laporan percobaan.

Adapun langkah-langkah dalam membuat kerangka teksnya adalah sebagai berikut. • Menentukan tema atau topik percobaan. • Membatasi topik percobaan. • Menentukan masalah dan tujuan percobaan. Contoh Penulisan Teks Laporan A. Judul Judul merupakan pintu atau muka dari sebuah teks laporan percobaan.Oleh karena itu, judul teks laporan percobaan harus memperlihatkan fakta yang ingin diungkapkan, jelas, positif, singkat, khas, serta mampu menampilkan kata kunci dari sebuah tulisan.

Perhatikan contoh berikut. Uji Kandungan Bahan Makanan B. Pendahuluan Secara umum, bagian pendahuluan memaparkan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan percobaan secara lengkap. a. Latar belakang memaparkan hal-hal yang terkait dengan percobaan yang akan dilakukan dan penekanan tentang pentingnya percobaan tersebut dilakukan. Perhatikan contoh berikut.

1. Latar Belakang Untuk tetap bertahan hidup, mahkluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber energi. Makanan merupakan kebutuhan kita sehari-hari dan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup. Makanan yang kita konsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi tubuh. Zat gizi (nutrisi) adalah substansi-substansi di dalam makanan yang menyediakan energi dan material untuk perkembangan, pertumbuhan, dan perbaikan sel tubuh.

Makanan yang masuk ke tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara, yaitu cara mekanis dan kimiawi. Cara mekanis melibatkan pergerakan otot, misalnya melalui mulut (gigi) dan gerak paristik. Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung. Sebelum makanan dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, kebanyakan orang memang tidak terlalu memerhatikan bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan tersebut sehingga saat manusia makan, mereka melupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orang hanya mengonsumsi karbohidrat tanpa protein, glukosa, dan makanan lainnya yang menjadi sumber zat gizi (nutrisi).

Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang diperlukan oleh tubuh mereka. Berkaitan dengan hal tersebut, perlu diadakan praktikum untuk mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan.

b. Pada bagian rumusan masalah, dipaparkan pertanyaan yang akan dijawab melalui proses dan hasil percobaan berdasarkan kajian teori yang terkait. Perhatikan contoh berikut. 2. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam laporan ini adalah bagaimana menguji kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan?

c. Pada bagian tujuan, dipaparkan tujuan yang ingin dicapai dalam percobaan. Perhatikan contoh berikut. 3. Tujuan Percobaan Laporan ini bertujuan mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan. C. Landasan Teori/Kajian Pustaka Pada bagian ini, dipaparkan berbagai teori yang digunakan dalam melakukan percobaan. Kajian teori dijadikan sebagai dasar pemikiran dalam melakukan percobaan agar proses dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

Perhatikan contoh berikut. 1.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Karbohidrat Karbohidrat adalah senyawa organik yang menjadi sumber energi utama bagi manusia dan hewan. Karbohidrat tersusun dari senyawa sederhana, seperti monosakarida, disakarida, karbohidrat kompleks, seperti polisakarida, dan serat. Karbohidrat mempunyai beberapa fungsi, yaitu sebagai sumber energi utama bagi tubuh, mengatur metabolisme lemak, menjaga keseimbangan asam dan basa, membentuk struktur sel, jaringan, dan organ tubuh, membantu penyerapan kalsium, memberi rasa manis pada makanan, dan membantu mengeluarkan feses.

Karbohidrat banyak terkandung dalam makanan yang terbuat dari padi-padian, umbi, dan kacang-kacangan.

Semakin sederhana susunan molekul karbohidrat maka senyawa tersebut akan mudah dicerna dan rasanya akan semakin manis.

Semakin panjang susunan molekul karbohidrat maka senyawa tersebut akan semakin sulit dicerna, misalnya serat. Akan tetapi, makanan berserat ini akan bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan. Di dalam saluran pencernaan, karbohidrat akan mengalami metabolisme. Proses tersebut terjadi di mulut, lambung, dan usus. Hasil akhir metabolisme karbohidrat berupa glukosa beserta darah yang akan memenuhi kebutuhan energi sel-sel tubuh. 2. Protein Protein merupakan makromolekul penyusunan bagian terbesar tubuh setelah air, yaitu seperlima bagian tubuh.

Protein terbentuk dari rantai panjang asam amino yang terikat satu sama lain dalam ikatan peptida. Fungsi protein adalah sebagai zat pembangun tubuh, menyintesis substansi-substansi penting tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, menyediakan sumber energi, dan mendetoksifikasi zat-zat asing yang terdapat di dalam tubuh.

Protein dapat kita peroleh, baik dari hewan (protein hewani) bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan tumbuhan (protein nabati). Sumber protein hewani, antara lain daging, susu, dan telur, sedangkan sumber protein nabati, antara lain padi-padian, kacang-kacangan, dan sayuran. Rata-rata standar kecukupan protein sehari adalah 45 gram. Jika seseorang kekurangan protein, akan terjangkit penyakit kwashiorkor.

Tingkat kebutuhan protein dipengaruhi oleh bobot dan ukuran badan, umur, jenis kelamin, penyakit, dan lainnya. 3. Lemak Lemak atau lipid adalah senyawa organik yang tidak larut dalam air, tetapi larut dalam zat pelarut organik (nonpolar), seperti kloroform, eter, dan minyak tanah. Lemak dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu lemak sederhana, lemak campuran, dan lemak asli.

Lemak memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai sumber energi yang menyediakan 9,3 kalori per gramnya, pembawa zat-zat makanan esensial, pelarut vitamin A, D, E, K, pelindung tubuh dari suhu dingin dan luka, penyimpanan makanan cadangan, penyedap makanan, dan penahan rasa lapar. 4. Glukosa Glukosa adalah suatu gula monosakarida yang merupakan salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Glukosa merupakan salah satu hasil utama fotosintesis dan awal bagi respirasi. Dalam kajian teori tersebut, dipaparkan pengertian dan hal-hal yang terkait dengan karbohidrat, protein, dan glukosa yang dijadikan sebagai dasar pemikiran dalam melakukan percobaan. D. Metode Penelitian Pada bagian ini, dipaparkan cara yang digunakan dalam melakukan percobaan. Alat dan bahan, serta prosedur kerja (percobaan) dipaparkan secara mendetail. Perhatikan contoh berikut.

1. Alat dan Bahan a. Alat : tabung reaksi, rak tabung, gelas kimia, pembakar spiritus, pipet tetes, korek api. b. Bahan : nasi, kentang, roti, tahu, telur, avokad, minyak goreng, margarin, ekstrak gula, ekstrak permen, larutan biuret, lugol, fehling A dan fehling B, benedict.

2. Prosedur Kerja a. Uji Karbohidrat • Haluskan nasi, kentang, dan roti dalam wadah yang berbeda, lalu diberi sedikit air hingga menghasilkan ekstrak. • Masukkan tiap ekstrak ke tabung reaksi. • Tambahkan setetes demi setetes larutan lugol sambil dikocok hingga terjadi perubahan warna. b. Uji Protein • Haluskan bahan tahu dan telur dalam wadah yang berbeda, lalu beri sedikit air hingga menghasilkan ekstrak. • Masukkan tiap ekstrak ke tabung reaksi. • Tambahkan setetes demi setetes larutan biuret sambil dikocok hingga terjadi perubahan warna.

c. Uji Lemak • Siapkan kertas buram. • Oleskan minyak pada kertas buram, oleskan juga avokad dan mentega. • Amati bagian kertas buram yang diolesi dengan cahaya. d.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Uji Glukosa • Haluskan bahan gula dan permen, lalu beri sedikit air hingga menghasilkan ekstrak. • Masukkan ekstrak ke tabung reaksi, teteskan larutan benedict atau fehling A+B. • Panaskan tabung reaksi ke dalam gelas kimia yang diisi air hingga ekstrak berubah warna. E. Hasil dan Pembahasan Pada bagian ini, dipaparkan hasil percobaan dan pembahasannya secara cermat dan jelas berdasarkan kajian teori yang telah dijelaskan sebelumnya. Hasil percobaan bisa dipaparkan dalam bentuk deskripsi atau tabel.

Perhatikan contoh berikut. Hasil percobaan sebagaimana terlihat pada tabel hasil uji bahan makanan menunjukkan bahwa nasi merupakan salah satu contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat.

Hal itu terbukti setelah diberi tetesan lugol, ekstrak nasi berubah warna menjadi biru bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan. Begitu juga pada kentang dan roti yang mengalami perubahan warna yang sama seperti nasi setelah diberi tetesan lugol. Sementara itu, pada tahu dan telur yang diberi tetesan biuret mengalami perubahan warna menjadi ungu.Hal ini menunjukkan bahwa tahu dan telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein.

Lain halnya dengan avokad, minyak, dan mentega yang merupakan bahan makanan yang mengandung lemak. Hasil percobaan menunjukkan bahwa kertas buram yang diolesi bahan makanan akan tampak transparan.

Pada percobaan yang dilakukan pada gula dan permen yang sudah diberi tetesan fehling A dan B atau Benedict kemudian di panaskan akan mengalami perubahan warna menjadi merah bata. Hal tersebut membuktikkan bahwa gula dan permen merupakan glukosa. F. Simpulan Pada bagian ini, dipaparkan hasil percobaan secara ringkas untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang telah dipaparkan sebelumnya.

Perhatikan contoh berikut. Berdasarkan hasil percobaan, dapat dirumuskan simpulan sebagai berikut. • Nasi, roti, dan kentang mengandung karbohidrat karena hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak nasi, roti, dan kentang yang ditetesi lugol berubah warna menjadi biru tua. • Mentega, avokad, dan minyak mengandung lemak karena saat dioleskan ke kertas buram, kertas tersebut berubah menjadi transparan.

• Permen dan gula mengandung glukosa karena saat pembakaran, ekstrak permen dan gula sudah ditambahkan benedict dan fehling A dan B berubah warna menjadi merah bata.

• Putih telur dan tahu terbukti mengandung protein karena hasil uji laboratorium menunjukkan perubahan warna pada ekstrak putih telur dan tahu pada saat ditetesi biuret.

G. Daftar Pustaka Pada bagian ini, dipaparkan rujukan atau referensi yang digunakan dalam melakukan percobaan. Rujukan dapat berasal dari media cetak, seperti buku, jurnal, dan majalah, atau sumber-sumber dari internet. Perhatikan contoh berikut.

bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan

Atkins, P. W. 1991. Physical Chemistry. UK: Oxford University Press. Benedict, S. R. 1909. A Reagent For the Detection of Reducing Sugars.

Berlin: J. Biol. Chem. Chang, Raymond. 1998. Chemistry 6th ed. Boston: James M. Smith. Clayden, J., et al. 2000. Organic Chemistry. UK: Oxford University Press. Pauling, L. General Chemistry. Dover Publications.ilmubindo.com_ Menelaah merupakan kegiatan mengamati dan mengkaji kesalahan-kesalahan isi, struktur dan tata bahasa teks.

Sementara itu, merevisi merupakan tindakan lanjutan setelah kegiatan menelaah dilakukan. Merevisi adalah kegiatan meninjau atau memeriksa kembali untuk memperbaiki teks agar mudah dipahami. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan saat menelaah dan merevisi sebuah teks rekaman percobaan sebagai berikut.

• Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat salah. • Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan. • Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks rekaman percobaan yang baik dan benar. Cara meringkas teks rekaman percobaan sebagai berikut. • Membaca teks rekaman percobaan secara utuh dan teliti. • membuang paragraf berisi contoh deskripsi atau kutipan tidak bermanfaat. • Membuang berbagai keterangan tambahan tidak penting dalam sebuah paragraf.

• Mencatat gagasan utama teks rekaman percobaan. • Menyusun gagasan-gagasan utama teks menjadi kalimat. Kalimat yang dibuat merupakan kalimatmu sendiri dan tidak mengambil secara utuh kalimat teks rekaman percobaan. • Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah ringkasan dengan mempertahankan susunan gagasan asli.
3.

Cermati teks persuasif pidato berikut! Topik: Kesehatan usus (1) Saudara, data yang dikeluarkan US National Library menyebutkan kanker usus menempa … ti urutan ke-2 penyebab kematian sedangkan di Indonesia dari RSCM Jakarta menyebutkan, setiap tahun menerima bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan puluh pasien baru penderita kanker usus.

(2) Kanker usus terjadi karena transit makanan dalam usus besar dalam waktu yang lama dan ditandai oleh buang air besar tidak setiap hari. (3) Hal ini akan menyebabkan zat karsinogenetik (penyebab kanker) dalam makanan mengendap pada dinding usus sehingga memicu pertumbuhan kanker.

(4) Untuk mencegah kanker usus sebaiknya kita mengubah pola makan dari yang banyak mengandung lemak menjadi makanan yang kaya serat. (5) Penuhilah kebutuhan serat Anda dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar.

(6) Saat ini untuk mendapatkan buah-buahan segar tidaklah sulit karena hampir setiap pojok di tepi jalan terdapat penjual buah. Kalimat persuasif pada kutipan pidato tersebut yang sesuai dengan topik adalah nomor . a. (1) dan (2) C. (3) dan (4) b. ' (2) dan (3) d. (4) dan (5)​ Bandung lautan api peristiwa bandung lautan api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota bandung pada tanggal 23 maret 1946.

dalam waktu … tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk bandung membakar rumah mereka. mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan bandung. hal ini dilakukan untuk mencegah tentara sekutu dan tentara nica belanda untuk dapat menggunakan kota bandung sebagai markas strategis militer dalam perang kemerdekaan indonesia. karena kejadian tersebut, tentara inggris merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi.

pertempuran yang palingg besar terjadi di desa dayeuhkolot, di mana terdapat gudang amunisi besar milik tentara sekutu. dalam pertempuran ini muhammad toha dan rmdan, dua anggota milisi bri ( barisan rakyat indonesia ) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. muhammad toha berhasil meledakkan gudang tersebut.

kalimat dengan kata tanya di mana yang tepat sesuai isi teks bacaan tersebut adalah… * 10 points a. di mana saja daerah yang dibakar oleh penduduk bandung ? b. di mana penduduk mengungsi untuk mengindari perang ? c. di mana terjadinya pertempuran paling besar antara sekutu dan bri? d. di manakah mohamad toha dan ramdan tinggal ?

2. informasi penting yang dapat ditemukan dengan menggunakan kalimat tanya "siapa anggota milisi bri yang terjun dalam misi menghancurkan gudang amunisi milik tentara sekutu? * 10 points a. muhammad toha dan ramdan bagaimana cara merevisi atau memperbaiki teks laporan percobaan. muhammad yamin dan ramdan c.

muhammad hatta dan ramdan d. muhammad yamin dan muhammad toha

5. Review dan Revisi Tugas Akhir menggunakan Track Changes di Ms. Word - Part 6




2022 www.videocon.com