Upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

IHSG Anjlok Hampir 3 Persen, Saham ANTM, BMRI, BBCA, BBRI Tekan Indeks Bisnis-27 Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini, Senin 9 Mei 2022, Naik setelah Libur Lebaran Ini Deretan Sanksi Baru AS dan Inggris untuk Rusia Jelang Perayaan Hari Kemenangan Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, Senin 9 Mei 2022 LIVE : Harga emas kompak melemah (10:58 WIB) LIVE : Mata uang Asia turun (10:37 WIB) LIVE : IHSG anjlok 4 persen (10:12 WIB) Bisnis.com, JAKARTA - Selama ribuan tahun, manusia hidup berdampingan dengan alam.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Seiring dengan bertambahnya populasi manusia, alam terdesak untuk bekerja lebih keras memenuhi kebutuhan kita. Kini, saatnya kita membuka mata dan lakukan sesuatu agar generasi penerus dapat menikmati Bumi yang nyaman Mengutip Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), berikut adalah 17 hal yang setidaknya bisa Anda lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Semuanya terkait dengan kehidupan sehari-hari Anda. 1. Kurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai Baca Juga : Daftar 10 Perempuan Tercantik di Dunia, Lesti Kejora Nomor 5 Indonesia menghasilkan 67 juta ton sampah pada 2019 dan 15 persennya merupakan sampah plastik. Mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai bersama-sama, pada tahun 2025 Indonesia bisa mengurangi sampah plastik hingga 70 persen.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Sinovac Disebut Paling Lemah dalam Respon Imun, Benarkah? Siklus ini dapat diputus dengan cara membawa botol minum dan tempat makan sendiri jika bepergian. Selain itu, sebisa mungkin untuk berbelanja di toko curah (bulk store) yang sudah tersedia di beberapa wilayah di Indonesia.

3. Daur ulang barang bekas Beberapa jenis sampah seperti botol minuman, kardus, plastik kemasan minyak goreng atau makanan ringan ternyata dapat didaur ulang menjadi barang- barang yang bermanfaat alih-alih dibuang begitu saja. 4. Urban farming Urban farming merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas lingkungan di perkotaan dan menciptakan ketahanan pangan untuk masyarakat urban.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat mengurangi sampah plastic apabila pot untuk tanaman memanfaatkan kemasan bekas minyak goreng atau gelas plastik bekas minuman yang ada di sekitar. 5. Ubah limbah dapur menjadi kompos Sampah organik seperti sisa-sisa makanan dan dedaunan dapat diolah menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk tanaman. Salah satunya contoh adalah pupuk kompos dari kulit pisang yang telah dicampur dengan air gula dan disimpan selama tiga hari. 6. Gunakan produk local Saat kita membeli produk lokal, secara tidak langsung kita bisa mengurangi emisi polusi udara akibat transportasi yang digunakan untuk mengimpor produk dari luar negeri.

Dengan membeli produk lokal, kita juga telah membantu badan usaha lokal dan melestarikan lahan pertanian dan keanekaragaman hayati. 7. Gunakan transportasi umum Penggunaan transportasi umum dapat membantu mengurangi jumlah CO2 yang dihasilkan dari kendaraan pribadi. Karena angkutan umum seperti bus dan kereta dapat membawa lebih banyak orang dengan jumlah bahan bakar yang sama dengan kendaraan pribadi. 8. Kurangi gaya hidup konsumtif Pola konsumsi yang berlebihan dapat berujung pada sumber daya alam yang terbuang hingga menumpuknya sampah yang mencemari lingkungan.

Dalam jangka panjang mengurangi gaya hidup konsumtif juga dapat mencegah kita untuk membuang barang yang tidak lagi dibutuhkan. 9. Gunakan produk ramah lingkungan upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar berkelanjutan Membeli produk yang sustainable atau berkelanjutan. Ekolabel menjadi jaminan atas produksi komoditas yang berkelanjutan.

Beberapa contoh ekolabel yang ada saat ini adalah FSC untuk produk berbahan dasar kayu, bambu dan rotan, RSPO untuk produk kelapa sawit, MSC untuk produk perikanan tangkap, dan ASC untuk produk perikanan budi daya. 10. Donasikan barang-barang yang tidak terpakai Punya banyak, terutama pakaian atau barang-barang yang sudah tak dipakai dan digunakan? Jangan dibuang dulu karena barang tersebut dapat diberikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Secara tidak langsung, kita juga telah mengurangi produksi limbah, khususnya limbah tekstil. 11. Ekowisata Kita dapat melakukan ekowisata; kegiatan wisata yang memiliki tanggung jawab kepada alam, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

Dengan demikian, secara tidak langsung kita telah menjaga kekayaan alam, membantu perekonomian masyarakat lokal, dan melestarikan kearifan lokal di tempat tersebut. 12. Hemat listrik Salah satu cara sederhana dalam menyelamatkan lingkungan adalah dengan menghemat penggunaan listrik.

Menghemat listrik dapat contohnya dilakukan dengan mencabut kabel peralatan elektronik yang tidak digunakan dan mematikan lampu saat kita tidak berada di dalam ruangan. 13. Hemat Air Menurut WHO, nyaris 3,4 juta penduduk dunia, kebanyakan anak-anak, meninggal akibat tidak mendapatkan air bersih yang berdampak pada penyakit yang berhubungan dengan sanitasi.

Jika kita termasuk beruntung memiliki akses air yang layak, kita bisa ikut melestarikan air lewat hal-hal kecil dalam keseharian. 14. Hemat kertas Kulit pohon adalah bahan terbaik untuk membuat kertas. Artinya, para produsen kerap menggerus hutan untuk mendapatkan bahan baku. Kita bisa gunakan kedua sisi kertas saat mencetak dan memilih produk kertas yang memiliki ekolabel FSC.

Selain itu, kita juga bisa mulai beralih mengganti kertas konvensional dengan kertas elektronik atau e-paper. 15. Gunakan dokumen elektronik Sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan kertas sebaiknya kita mulai beralih menggunakan dokumen elektronik seperti membaca buku dengan bentuk elektronik (e-book) atau meminjam buku yang ada di perpustakaan daripada membeli buku yang baru.

Selain itu, kita juga bisa mengubah tagihan konvensional ke tagihan elektronik upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar e-billing. 16. Gabung dalam komunitas peduli lingkungan Banyak hal positif yang kita dapatkan jika bergabung dengan komunitas peduli lingkungan.

Kita bisa menambah wawasan dari orang-orang yang ahli di bidangnya, mendapatkan teman-teman baru, dan berdiskusi bersama untuk mendapatkan ide kolaborasi yang betujuan menjaga Bumi. 17. Bagikan pengalamanmu kepada publik Kita bisa membantu keluarga dan teman-teman untuk memahami pentingnya keanekaragaman hayati yang kita miliki dengan mengajak mereka untuk ikut menjaga lingkungan melalui gaya hidup hijau.

Terpopuler • Sinopsis Film Viral, Sci-fi Horor tentang Virus Mematikan di Bioskop Trans TV • 4 Langkah Penting Penanganan Hepatitis Akut • Bunda, Begini Cara Mengelola THR Anak agar Tak Habis Sia-sia • Sinopsis Ghost Rider: Spirit of Vengeance, Aksi Laga Nicolas Cage di Bioskop Trans TV • Hepatitis Akut pada Anak Disebabkan oleh Anjing?

Lingkungan yang kita tinggali ini terdiri dari berbagai macam ekosistem (baca : Keanekaragaman Ekosistem). Ekosistem dapat diartikan sebagai suatu lingkup atau kawasan yang di dalamnya terdapat komponen- komponen ekosistem yang mempunyai hubunganan timbal balik. Komponen biotik yang meliputi semua makhluk hidup di dalam ekosistem saling berinteraksi dengan komponen abiotik yang terdiri dari benda mati seperti air, udara, tanah dan cahaya matahari. Keduanya saling ketergantungan satu sama lain sehingga harus dijaga keseimbangannya.

Lingkungan juga mempunyai peran penting bagi kehidupan makhluk di bumi, yakni sebagai tempat tinggal dan tempat mencari makan bagi makhluk hidup. Begitu pentingnya peran lingkungan sehingga harus dijaga dari kerusakan lingkungan hidup.

Kerusakan lingkungan hidup ada yang disebabkan oleh faktor alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Ada pula yang disebabkan oleh kegiatan manusia seperti perusakan hutan, pemburuan hewan secara berlebihan, kegiatan pembangunan dan pencemaran lingkungan (baca : Pencemaran yang Mengakibatkan Perubahan Alam).

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Perlu dilakukan berbagai upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup ini. Upaya menjaga keseimbangan lingkungan adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap dampak negatif yang muncul akibat suatu kegiatan. Upaya tersebut dilakukan agar kekayaan lingkungan hidup dapat berlanjut selama mungkin sehingga kekayaan tersebut juga dapat dinikmati oleh generasi- generasi yang akan datang.

Berikut adalah beberapa kegiatan positif yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari- hari sebagai upaya menjaga keseimbangan lingkungan. (baca : Pelestarian Lingkungan) Di Lingkungan Rumah Beberapa kegiatan Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan dapat dilakukan di lingkungan rumah adalah : • Mengurangi penggunaan bahan kimia pencemar lingkungan Ada banyak bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan seperti detergen rumah tangga dan plastik yang membutuhkan waktu lama agar bisa terurai.

Contoh nyata yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan adalah menggunakan detergen ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik pada saat berbelanja dengan cara membawa kantong/tas belanja dari rumah yang dapat digunakan berkali- kali. • Mengurangi produksi sampah rumah tangga Produksi sampah rumah tangga dapat dikurangi dengan berbagai cara. Misalnya, mengurangi sampah kemasan produk dengan membeli produk berukuran besar yang dapat digunakan per bulan dan membeli produk yang dapat diisi ulang.

• Memilah sampah Kegiatan memilah sampah dapat dilakukan dengan cara memisahkan sampah menjadi 3 kategori yakni organik, anorganik, dan logam/ kaca. Setelah dipilah, sampah organik dapat dijadikan pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik jika memungkinkan dapat didaur ulang ( recycle) atau digunakan kembali ( reuse). (baca : Cara Pemanfaatan Sampah) • Mengh emat penggunaan air Penghematan air dapat dilakukan dengan cara mematikan kran air yang sedang tidak digunakan, mencuci pakaian atau peralatan makan apabila jumlahnya sudah memenuhi, serta mandi dengan air secukupnya.

(baca : Cara Menjaga Kelestarian Air) • Mengh emat penggunaan listrik Penghematan listrik dapat dilakukan dengan cara beralih menggunakan barang- barang elektronik yang mempunyai daya rendah misalnya lampu LED atau TEL, mematikan lampu ketika tidak memerlukan cahaya penerangan seperti upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar di siang hari dan mematikan lampu jika hendak tidur.

Selain itu kita juga dapat mengurangi atau menghindari penggunaan listrik yang tidak diperlukan pada jam 5 sore sampai jam 10 malam. Hal itu dikarenakan pada jam- jam tersebut penggunaan listrik global sedang meningkat lebih banyak dari pada siang hari. • Menghemat penggunaan kertas Kertas merupakan bahan lunak yang dihasilkan dari serat- serat pepohonan. Penggunaan kertas harus dilakukan secara efektif dan efisien karena akan berdampak pada banyaknya pohon di hutan yang harus ditebang.

Dalam kehidupan sehari- hari manusia sangat sering menggunakan kertas kemudian menghasilkan tumpukan kertas bekas yang tidak terpakai lagi. Lebih baik melakukan daur ulang terhadap kertas bekas tersebut sehingga dapat dimanfaatkan lagi dan mengurangi produksi kertas baru. • Menghindari pemborosan bahan bakar Bahan bakar seperti bensin merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui.

Untuk itu penggunaannya juga harus hemat. Kegiatan menghemat bahan bakar diantaranya adalah membiasakan jalan kaki atau bersepeda jika tempat tujuan dekat, menggunakan kendaraan pribadi seperlunya, membiasakan naik kendaraan umum, memanaskan motor seperlunya dan menghindari bepergian pada jam- jam macet karena kemacetan juga menjadi salah satu penyebab pemborosan BBM. (baca : Kekurangan dan Upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar Bahan Bakar Fosil) • Menghindari penggunaan alat-alat yang terdapat kandungan CFC di dalamnya CFC merupakan salah satu penyebab menipisnya lapisan ozon yang berdampak pada pemanasan global.

Penggunaan CFC harus segera dihentikan. Hal tersebut dapat dipraktikkan dengan berbagai cara, misalnya membeli AC mobil tanpa CFC, menggunakan kulkas yang tidak ber-CFC dan menggunakan spraiyer tanpa CFC.

(baca : Bahaya Pemanasan Global dan Akibat Pemanasan Global) Di Lingkungan Masyarakat Berikut ini adalah beberapa Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan yang dapat dilakukan di lingkungan masyarakat. • Melakukan r eboisasi Kerusakan hutan di Indonesia sudah sangat parah. Perlu kesadaran dari masyarakat untuk melakukan penanaman kembali hutan yang gundul. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggalakan program ‘one men one tree’ atau setiap orang menanam minimal satu pohon. Program tersebut tentu memerlukan peran aktif masyarakat dan juga pemerintah Indonesia.

(baca : Manfaat Hutan) • Menjaga kelestarian hutan Masyarakat dapat menjaga kelestarian hutan dengan program penanaman sejuta pohon, tidak menebang pohon secara sembarangan, turut serta dalam pengawasan illegal loging, tidak membuka lahan baru dan membakar hutan, serta mencegah kegiatan sewa hutan.

Sewa hutan atau kontrak hutan sudah dilakukan sejak lama oleh investor asing. Masyarakat perlu memahami hal tersebut agar tidak terjadi lagi eksploitasi hutan oleh pihak asing. (baca : Manfaat Hutan Bagi Manusia) • Melindungi satwa langka Masyarakat harus ikut serta dalam melindungi satwa langka dengan cara menjaga kelestarian habitat alaminya yakni hutan lindung, tidak melakukan dan mengawasi perburuan hewan, serta tidak melakukan dan melaporkan kegiatan jual beli berbagai spesies hewan langka.

(baca : Flora dan Fauna yang Dilindungi di Indonesia) • Bijak dalam bercocok tanam Dalam kegiatan bercocok tanam, masyarakat harus menerapkan sistem yang memperhatikan faktor ekologi atau aspek lingkungan. Pengendalian hama tanaman sebisa mungkin menggunakan metode biological control yakni memanfaatkan musuh alami dari hama tersebut.

Masyarakat juga harus bisa menggunakan pestisida berbahan kimia secara bijak dan menerapkan sistem rotasi tanaman agar ekosistem di daerah lahan persawahan tetap terjaga keseimbangannya. Jika ekosistem tidak seimbang maka akan menyebabkan gagal panen dan merugikan masyarakat sendiri. • Mengkonsumsi hasil pertanian dan peternakan dalam negeri Dengan mengkonsumsi hasil peternakan dan pertanian lokal atau dari dalam negeri, maka akan mengurangi impor daging dan buah- buahan yang bisa saja membawa telur hama yang belum ada di Indonesia.

Pemerintah juga harus turut aktif dalam menggalakan program cinta produk Indonesia tersebut. • Melakukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ) Salah satu contoh kegiatan pembangunan yang bersifat wajib AMDAL yakni memperhatikan konsekuensi kemungkinan kerusakan lingkungan lebih lanjut ketika melakukan pembangunan jalan yang membelah hutan. (baca : Prinsip Etika Lingkungan)
Merdeka.com - Alam memberi manusia banyak hal yang indah dan bermanfaat.

Dari pemandangan yang indah, makanan dan tempat tinggal, hingga menjaga keseimbangan halus yang diperlukan untuk menopang kehidupan di planet ini. Alam bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa kehidupan dapat eksis (dan hidup berdampingan) di gurun terkering, dan hutan hujan paling rimbun.

Seiring kemajuan industri dan jejak manusia yang kian menyebar, tantangan keseimbangan ini semakin meningkat. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi manusia untuk melakukan bagiannya dalam membantu alam dan lingkungan untuk berkembang dengan lebih baik lagi.

Hal ini dimulai dengan menjaga lingkungan. Peningkatan akan kesadaran menjaga lingkungan harus terus digalakkan. Berikut contoh cara menjaga lingkungan yang baik dan benar, yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang dilansir dari laman naturesacademy.org dan US National Ocean Service.

1. Perbanyak Menanam Pohon Contoh cara menjaga lingkungan yang pertama dengan memperbanyak menanam pohon. Pohon adalah sumber oksigen terbesar yang menghilangkan karbon dioksida dan menyediakan udara segar dan murni untuk bernapas. Pohon-pohon membantu mengurangi tingkat ozon di lingkungan, mengurangi polusi suara, dan menawarkan berbagai buah dan bunga yang memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Anda juga dapat menempatkan tanaman dalam ruangan di rumah Anda untuk mengurangi tingkat polusi udara seperti benzena dan nitrogen dioksida dan menjaga suhu udara tetap rendah. 2. Menghemat Pemakaian Listrik Contoh cara menjaga lingkungan yang kedua dengan mempraktikkan penghematan dalam penggunaan listrik.

Ingatlah selalu untuk matikan lampu, kipas angin, atau AC saat Anda keluar ruangan atau tidak membutuhkannya. BACA JUGA: 10 Cara Melestarikan Lingkungan Alam dengan Langkah Sederhana, Wajib Dicoba Peran Pecinta Lingkungan dalam Menyelamatkan Bumi, Ketahui Definisinya Cobalah untuk memanfaatkan sinar matahari dengan lebih baik dan hindari penggunaan lampu buatan di siang hari.

Cabut steker alat elektronik saat Anda tidak menggunakannya.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Selain membantu lingkungan, hal ini juga akan menghemat pengeluaran biaya listrik Anda. 3. Hemat Air Contoh cara menjaga lingkungan yang ketiga adalah menghemat penggunaan air. Air adalah sumber daya alam dan persediaannya terbatas. Oleh karena itu, untuk melestarikan lingkungan dan meminimalkan dampak kekeringan, perlu dilakukan konservasi air. Mandilah sebentar saja dan jangan terlalu menghambur-hamburkan air.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Jangan biarkan air keran mengalir saat Anda mencuci piring. Jangan buang air terlalu banyak saat menyiram. Dibutuhkan banyak sumber daya untuk mengirimkan air bersih dan segar ke rumah Anda, jadi jangan sia-siakan dan gunakan dengan bijak.

4. Kurangi Penggunaan Kertas BACA JUGA: Perusakan Lingkungan Hidup: Pengertian, Penyebab dan Cara Mencegahnya 5 Cara Mengatasi Kerusakan Lingkungan Alam, Perlu Diketahui Contoh cara menjaga lingkungan yang keempat adalah mengurangi penggunaan kertas. Di kantor atau di rumah, Anda pasti perlu untuk mencetak beberapa dokumen, tiket, pamflet, dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa banyak pohon yang ditebang setiap tahun untuk menghasilkan kertas-kertas tersebut?

Jadi dengan menghemat kertas, Anda dapat melakukan kebaikan besar untuk melestarikan lingkungan. Tidak perlu mencetak hal-hal di atas jika memang tidak diperlukan atau mendesak. Buatlah catatan di ponsel Anda untuk menghemat penggunaan kertas. 5. Hemat Bahan Bakar Contoh cara menjaga lingkungan yang kelima dengan menghemat penggunaan bahan bakar.

Berjalan kaki atau bersepeda untuk pergi bekerja, sekolah, dan tempat lain akan mengurangi konsumsi bahan bakar. Aktivitas ini juga membantu membakar beberapa kalori yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Atau, Anda bisa juga naik angkutan umum.

BACA JUGA: Menteri LHK Tinjau Pengelolaan Sampah Pelabuhan Tanjung Priok Jelang Mudik Kapal Pengangkut BBM Pertamina Bocor di Laut Aceh, Keselamatan Ekosistem Terancam Matikan mesin mobil saat terjebak macet atau upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar lampu merah. Anda juga dapat berinvestasi untuk membeli mobil hemat bahan bakar. Mengadopsi langkah-langkah ini akan menghemat bahan bakar dan mengurangi gas rumah kaca di lingkungan. 6.

Gunakan Tas Goni Contoh cara menjaga lingkungan yang keenam dengan menggunakan tas berbahan goni. Hindari menggunakan kantong plastik atau kantong kertas setiap kali Anda berbelanja bahan makanan.

Karena, plastik berbahaya bagi lingkungan dan membutuhkan waktu hampir 450 tahun untuk terurai. Biasakan untuk selalu membawa tas goni ramah lingkungan setiap kali berbelanja.

Rami adalah serat alami yang tahan lebih lama dan bila tidak digunakan akan hancur dengan sendirinya tanpa berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan.

7. Kompos Contoh cara menjaga lingkungan yang ketujuh dengan membuat kompos. Ketika Anda menguraikan bahan organik, mereka menghasilkan metana dan gas rumah kaca lainnya, yang menyerap panas dari matahari dan berkontribusi pada pemanasan bumi.

Cobalah untuk menguraikan makanan dan sampah organik lainnya. Kompos dapat digunakan sebagai pupuk alami yang memperkaya tanah dan membantu menghasilkan buah dan sayuran yang sehat. 8. Berhenti Merokok Contoh cara menjaga lingkungan yang berikutnya adalah berhenti merokok. Merokok adalah salah satu penyebab utama polusi udara dan puntung rokok yang dibuang mengotori jalan dan mencemari badan air. Saat merokok di dalam ruangan atau di tempat umum, Anda juga mempertaruhkan kesehatan orang-orang di sekitar Anda.

Berhenti merokok akan membuat Anda hidup lebih lama dan lebih sehat dan juga menyelamatkan lingkungan dari bahan kimia beracun yang terdapat dalam rokok. 9. Daur Ulang Contoh cara menjaga lingkungan yang selanjutnya dengan melakukan praktik daur ulang. Daur ulang membantu meminimalkan polusi dan melestarikan sumber daya alam. Prosesnya cukup mudah, dan yang harus Anda lakukan adalah membuat pilihan yang bijak.

Belilah produk yang dapat didaur ulang atau dibuat dari bahan daur ulang. Di supermarket, pilih produk dengan kemasan paling sedikit. Kumpulkan bahan-bahan yang dapat didaur ulang dan buang ke tempat sampah yang disediakan oleh daerah tempat tinggal Anda. 10. Katakan Tidak untuk Kembang Api Contoh cara menjaga lingkungan yang terakhir adalah dengan tidak menyalakan kembang api. Kembang api adalah salah satu penyebab utama polusi udara dan suara. Bahan kimia yang ditemukan dalam kembang api atau petasan seperti tembaga, seng, timbal, magnesium, dan lainnya tidak pernah terurai sepenuhnya sehingga berdampak buruk pada lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia.

Untuk itu, jangan pernah membakar kembang api atau petasan saat perayaan festival dan acara-acara khusus karena hal tersebut dapat memperluas jejak karbon. 1 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 2 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 3 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 4 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 5 Innalillahi Waina Ilaihi Rajiun, Sang Raja Dangdut Rhoma Irama Berduka Selengkapnya Rusaknya lingkungan hidup terjadi karena ulah manusia yang kurang, bahkan tidak, sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Upaya menjaga kelestarian tersebut dapat di mulai dari rumah dengan melakukan hal-hal berikut ini. 1. Menggunakan Air Seperlunya Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup.

Agar pasokan air dapat terus mengalir, gunakanlah seperlunya. 2. Menggunakan Kertas Seperlunya Kertas terbuat dari serat pepohonan.

Karena itu, gunakan kertas seperlunya dan seefektif mungkin.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Anda juga dapat menggunakan kertas daur ulang sehingga dapat mengurangi sampah kertas. 3. Menggunakan Listrik Seperlunya Salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan adalah menggunakan listrik seperlunya.

Anda dapat menggunakan lampu TEL atau LED yang berdaya rendah dan mematikan listrik pada siang hari atau saat tidak digunakan.

4. Menghemat Bahan Bakar Hasil pembakaran dari bahan bakar dapat merusak lingkungan. Saat ini, mulailah untuk menghemat bahan bakar dengan bersepeda, jalan kaki, atau menggunakan kendaraan umum. 5. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya Detergen dan plastik menjadi penyumbang terbesar yang dapat merusak lingkungan. Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya sangatlah berbahaya dan sulit diuraikan.

Mulai saat ini, gunakanlah detergen yang ramah lingkungan dan kantong belanja yang dapat digunakan berkali-kali. 6. Memisahkan Sampah Sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan, Anda dapat memisahkan sampah menjadi sampah anorganik, sampah organik, dan sampah kaca atau logam. Sampah anorganik dan sampah kaca atau logam dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, sedangkan sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

7. Tidak Menggunakan Peralatan Yang Mengandung CFC CFC (klorofluorokarbon) adalah senyawa yang terdiri atas klorin, fluorin, dan karbon. CFC sering digunakan sebagai bahan pendingin, bahan pelarut, dan bahan propelan. Jika digunakan terus-menerus, senyawa ini dapat merusak lapisan ozon. Banyak peralatan rumah tangga yang mengandung CFC, seperti AC, lemari pendingin, dan pengering rambut.

Sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup, Anda dapat menggunakan peralatan tersebut yang tidak ber-CFC. Itulah beberapa upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup di rumah. Dengan begitu, kelangsungan hidup makhluk hidup dapat berjalan dengan seimbang.
Upaya Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Di Masyarakat Selain dari rumah, upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dapat juga kita lakukan di masyarakat dengan melakukan hal-hal, seperti berikut ini.

1. Bercocok Tanam Dengan Bijak Bercocok tanam dengan bijak dapat meningkatkan hasil panen. Untuk memberantas hama tanaman, kita dapat menggunakan musuh alami sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan pestisida yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

Kita juga dapat merotasi tanaman sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem. 2. Menggunakan Produk Dalam Negeri Menggunakan produk dalam negeri dapat mengurangi jumlah barang-barang impor yang mungkin saja mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Selain itu, menggunakan produk dalam negeri juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. 3. Menjaga Flora Dan Fauna Langka Dengan menjaga kelestarian hutan dan tidak melakukan perburuan liar, kita sudah turut menjaga flora dan fauna langka.

Dengan begitu, keseimbangan ekosistem tetap terjaga. 4. Menjaga Kelestarian Hutan Hutan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan karena menjadi paru-paru dunia yang dapat menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, daerah resapan air terbesar sehingga dapat mencegah banjir bandang, erosi, dan tanah longsor, serta tempat tinggal aneka flora dan fauna. Sebagai upaya menjaga kelestarian hutan, kita dapat menanam sejuta pohon, tidak membuka lahan dengan membakar hutan, tidak melakukan penebangan pohon secara liar, dan melaporkan pada pihak berwajib jika mengetahui adanya praktik illegal logging.

5. Melakukan AMDAL Sebelum membangun sesuatu, seperti gedung atau jalan, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus melakukan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Hal ini dilakukan agar pembangunan tersebut tidak merusak kelestarian lingkungan hidup dan mencari solusi atas konsekuensi yang akan dihadapi. 6. Reboisasi Kondisi upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar saat ini memang sudah sangat memprihatinkan akibat banyaknya penebangan pohon secara liar dan praktik illegal loging.

Dengan kondisi yang seperti ini, hutan tidak mampu lagi meresap air sehingga terjadi banjir bandang, erosi, dan tanah longsor. Karena itu, kita harus melakukan reboisasi untuk tetap menjaga kelestariannya. Dengan melakukan keenam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup di masyarakat tersebut, berarti kita turut menjaga keseimbangan ekosistem yang ada.
Nationalgeographic.co.id - Hampir setiap hari kita mendengar tentang kabar buruk yang menghantui Bumi. Mulai dari mencairnya es di Kutub, lautan yang penuh sampah, hingga spesies terancam punah.

Ini semua tidak lepas dari faktor perubahan iklim serta pemanasan global yang semakin parah. 'Menyelamatkan Bumi' terdengar sangat berat, padahal kita bisa menjaganya dengan melakukan hal-hal sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 15 di antaranya: 1.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Jangan membuang sampah sembarangan Membuang sampah tidak pada tempatnya akan mengotori lingkungan dan berdampak pada ekosistem di sekitarnya. Selain itu, sampah yang tercecer--terutama yang sulit terurai--pada akhirnya akan terbawa ke lautan dan membahayakan hewan-hewan di sana. Mereka akan mengonsumsinya karena mengira itu makanannya. Hal ini dapat membuat banyak hewan laut mati akibat terjerat sampah, terutama plastik.

Berbelanja daring secara tidak langsung akan menambah jumlah sampah. Pasalnya, barang-barang yang dikirim ke rumah Anda, terkadang dibungkus dengan plastik. Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi plastik adalah dengan membatasi pembelian online.

Anda bisa membeli kebutuhan di toko terdekat lalu membawanya dengan tote bag –tanpa kantung plastik atau kemasan.Merdeka.com - Kebiasaan buruk manusia merupakan salah satu sumber kerusakan dari lingkungan. Terlebih dengan peningkatan populasi manusia, kita telah mengeluarkan sumber daya pada tingkat yang jauh lebih tinggi. Hal ini mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti yang kita rasakan dalam bentuk pemanasan global dan perubahan iklim. Memiliki kesadaran terhadap kelestarian alam harus dimiliki oleh masyarakat, guna mengurangi dampak dari kerusakan lingkungan.

Meskipun saat ini banyak negara telah mengambil langkah untuk mempromosikan kelestarian alam dan meningkatkan kesehatan lingkungan, namun jika konsumsi sumber daya tidak dikurangi, maka akan tetap mengancam kehidupan di masa depan. Cara menjaga kelestarian alam sudah seharusnya menjadi topik penting saat ini.

Kita pun juga dapat membantu alam untuk menjaga kelestariannya. Dengan langkah sederhana yang dimulai di sekitar kita, sudah membantu mengurangi penderitaan alam.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Langkah kecil yang kita lakukan juga bisa menjadi motivasi bagi orang lain untuk berbuat hal yang serupa. Melansir dari laman oxonwoodfuel.org.uk, berikut kami sampaikan cara menjaga kelestarian alam sederhana yang bisa Anda lakukan. ©istock Cara menjaga kelestarian alam yang pertama dengan menanam pohon. Tanam setidaknya satu pohon secara rutin dalam jangka waktu yang Anda tentukan, misalnya satu pohon dalam sebulan. Meskipun ini hanyalah upaya kecil jika dibandingkan dengan jumlah kerusakan yang dibuat oleh manusia terhadap hutan, ini merupakan proses yang cukup baik untuk menuju planet yang lebih sehat.

Jika setiap orang memiliki kesadaran terhadap alam dan menanam satu pohon per bulannya, planet kita akan menjadi tempat yang bagus dan hijau penuh oksigen. BACA JUGA: 6 Resep Donat Isi Berbagai Bahan ala Rumahan, Enak, Lembut dan Mudah Dibuat Telah Melahirkan, Ini 4 Momen Perjalanan Kehamilan Jessica Iskandar Mengurangi Penggunaan Plastik Cara menjaga kelestarian alam yang kedua adalah dengan mengurangi penggunaan plastik. Ubah perilaku Anda dan cobalah untuk beralih ke bahan yang lebih ramah lingkungan yang tidak terbuat dari plastik.

Karena akibat dari penggunaan barang plastik sekali pakai ini, ada banyak makhluk hidup seperti burung dan hewan air mati.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Memilih barang-barang yang dapat Anda simpan untuk digunakan kembali akan mengurangi penggunaan plastik. Cara ini juga akan mengurangi jumlah sampah di rumah Anda, dan tentunya berdampak positif terhadap lingkungan. BACA JUGA: Dibongkar Sang Adik, Arafah Rianti Ternyata Hampir ke Psikolog Gara-Gara Ini Khitbah Nikah adalah Prosesi Lamaran, Berikut Syarat dan Tata Caranya Menurut Islam Siapkan tanah, tanam sayur atau buah, dan tunggu bibit makanan tersebut tumbuh.

Tentu saja sayuran dan buah yang ditanam sendiri akan lebih segar dan sehat dibandingkan dengan produk yang Anda beli. Beralih ke Energi Alternatif Cara menjaga kelestarian alam yang terakhir dengan memanfaatkan energi alternatif. Panel surya adalah contoh sempurna dari energi alternatif yang dapat menggantikan energi listrik. Meskipun peralatannya memiliki harga yang tidak murah saat ini, alat ini memiliki potensi di masa depan untuk menyediakan energi alternatif.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Anda juga bisa mencari sumber upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar alternatif lain yang memiliki harga lebih terjangkau. BACA JUGA: Peristiwa 8 Mei 1886: Terciptanya Coca-Cola dari Tangan Seorang Ahli Farmasi Mengenal Ciri-ciri Perut Hamil sejak Dini, Perempuan Wajib Tahu Mengutip dari conserve-energy-future.com, pertanian bergantung pada lingkungan, begitu juga kita bergantung pada pertanian. Kekayaan suatu negara dapat diukur dari kemampuannya memberi makan rakyatnya, meskipun tidak semua negara dapat berproduksi secara pertanian.

Pelestarian lingkungan yang berkaitan dengan pertanian, dapat berarti mencegah erosi tanah, banjir dan penggurunan, dan dapat membantu warganya memiliki sesuatu untuk dimakan. Teknik pertanian yang tidak berkelanjutan berdampak pada ekosistem alami dan membuat aktivitas pertanian menjadi sulit dilakukan. Kehidupan Air Setiap badan air, seperti samudra, danau, dan laut merupakan sumber penting lainnya seperti makanan. Di seluruh dunia, masyarakat bergantung pada makanan laut dan kegiatan terkait.

Oleh karena itu, menjaga kelestarian alam di laut sangat penting dalam melindungi persediaan makanan manusia, aktivitas manusia, dan juga kehidupan hewan laut. BACA JUGA: 40 Kata Mutiara untuk Ayah yang Sudah Meninggal, Penuh Makna dan Kerinduan 6 Resep Hidangan Tradisional ala Sunda, Enak dan Menggugah Selera Tindakan ini akan menyelamatkan lebih banyak hewan dari kepunahan dan juga menjaga kelangsungan hidup hewan darat yang bergantung pada air.

Beberapa tantangan utama yang memengaruhi lautan termasuk penangkapan ikan yang berlebihan dan polusi. Iklim Aktivitas manusia memiliki dampak langsung pada iklim, dan efek selanjutnya pada semua kehidupan.

Pemanasan global, yang berkaitan dengan emisi gas rumah kaca, mengakibatkan kekeringan, banjir, naiknya permukaan laut, dan kasus panas dan dingin yang ekstrem. wlfi.com Perubahan iklim adalah hasil dari aktivitas manusia dan telah dikaitkan dengan kelebihan curah hujan, cuaca ekstrem, dan perubahan pola cuaca reguler. Pelestarian lingkungan alam harus dilakukan untuk melihat hasil ekstrem ini terbalik, dan upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Misalnya dengan penghijauan, yang akan membawa curah hujan sehingga dapat memfasilitasi pertanian. Kualitas Air Langkah-langkah konservasi memastikan adanya air berkualitas yang baik untuk dikonsumsi. Pada gilirannya, hal ini akan bermanfaat bagi sosial, lingkungan, dan ekonomi. Secara ekonomi, pelestarian lingkungan meningkatkan pariwisata, menyediakan tangkapan untuk memancing, menurunkan biaya perawatan kesehatan, dan menyediakan lingkungan untuk industri ekowisata.

Secara sosial, lingkungan yang dilestarikan menurunkan prevalensi penyakit yang ditularkan melalui air, meningkatkan kualitas air yang masuk ke akuifer, membantu penggunaan air permukaan untuk rekreasi dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Bagi lingkungan, pelestarian alam akan ikut membantu pelestarian dari keanekaragaman tumbuhan upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar hewan yang bergantung pada air dan melestarikan berbagai layanan alami ekosistem perairan.

Satwa Liar Konservasi lingkungan melindungi satwa liar dan mempromosikan keanekaragaman hayati. Mempertahankan ekosistem yang sehat dan fungsional membantu mencegah kepunahan spesies hewan tertentu. Jika lingkungan hancur, beberapa hewan terpaksa keluar dari habitatnya, sehingga sulit bagi mereka untuk bertahan hidup di tempat lain. Itu juga bisa menimbulkan konflik antara manusia dan hewan, yang berakhir dengan malapetaka bagi kedua spesies.

©REUTERS/Siphiwe Sibeko Melindungi Bumi Pelestarian alam pasti melindungi dan menjaga lingkungan dari faktor-faktor tertentu yang merusak planet ini, seperti perubahan iklim.

Kita perlu mengurangi jumlah kerusakan yang timbul di planet ini, terlebih karena manusia juga ikut berkontribusi terhadap kerusakannya.

Jika kita tidak mengupayakan pelestarian lingkungan, alam dapat memberi balasan yang akan sulit untuk kita kendalikan, seperti cuaca ekstrem, kekeringan dan hujan lebat yang berdampak negatif pada kehidupan kita, makanan kita, dan tempat tinggal kita. Kesehatan Manusia Pelestarian lingkungan pada gilirannya akan melindungi dan meningkatkan kehidupan dan kesehatan manusia. Jika lingkungan dihancurkan, penyakit baru muncul, dan spesies yang dapat membantu menghasilkan obat-obatan ikut hancur.

Keberadaan habitat liar sangat penting karena mereka mencegah penyakit menular yang muncul dari hewan ke manusia. Wabah Ebola, misalnya, adalah penyakit hewan yang menular ke manusia dan diyakini ditularkan ke manusia melalui kelelawar.

Hal yang sama juga terjadi pada wabah COVID-19 yang sejauh ini telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Sederhananya, kita tidak bisa sehat di lingkungan yang tidak sehat. Kita harus melestarikan lingkungan untuk kesehatan dan masa depan kita sendiri. [ank] 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

Selengkapnya
Jawaban: 1) Tidak Membuang Sampah di Sungai 2) Tidak membakar sampah 3) Menghemat Energi 4) Menggunakan Produk Daur Ulang 5) Menanam Pohon 6) Melarang Perburuan Liar Penjelasan: 11) Tidak Membuang Sampah di Sungai Membuang sampah di sungai dapat mengakibatkan aliran air yang ada di sungai menjadi terhambat, menjadi tersendat, aliran air tak lancar dan inilah yang menjadi salah satu pemicu timbulnya banjir, ikan-ikan yang mati dan tentunya merugikan manusia itu sendiri.

2) Tidak membakar sampah Membakar sampah dapat melepaskan gas-gas yang menyebabkan kerusakan ozon. Mengatur jumlah atau posri sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi, melindungi Bumi agar sinar ultraviolet tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi, menyerap sinar ultraviolet, menjaga suhu di Bumi agar tetap stabil, melindungi permukaan Bumi dari benda- benda langit yang jatuh.

3) Menghemat Energi Produk baru yang dihasilkan dari bahan baku produk daur ulang ini bisa menghemat begitu banyak energi yang dikonsumsi pada proses produksi. Hal ini tentu berbeda dengan produk baru yang dibuat pertama kali dari bahan-bahan mentah yang masih baru, di mana jumlah energi yang dikonsumsi tentu jauh lebih tinggi.

4) Menggunakan Produk Daur Ulang Daur ulang merupakan salah satu bentuk strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan juga pembuatan produk/material yang bekas pakai, serta komponen utama di dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga pada proses hirarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace).

5) Menanam Pohon Kegiatan ini dilakukan dengan memiliki manfaat agar mencegah terjadinya abrasi yang menyebabkan rumah masyarakat menjadi longosr dan hanyut ke sungai.

Abrasi adalah proses pengikisan pantai yang dikarenakan tenaga gelombang laut dan arus laut yang memiliki sifat merusak. Biasanya, abrasi sering disebut juga dengan nama erosi pantai 6) Melarang Perburuan Liar Perburuan liar merupakan suatu kegiatan pengambilan hewan dan tanaman liar secara ilegal yang bertentangan dengan peraturan konservasi serta manajemen kehidupan liar.

Perburuan liar ini merupakan suatu tindak pelanggaran terhadap peraturan dan hukum perburuan. Spencer mengemukakan tentang tahap perkembangan masyarakat, jelaskan tahapan dibawah ini.

a. Tahap penggandaan b. Tahap kompleksitas C. Tahap … diferensiasi 2. Pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kemukakan analisa And tentang 3 elemen pembangunan sosial menurut Wirutomo contohnya masing-masing. dengan disertai READY JAWABAN TUGAS FULL WORD TUGAS TMK 085158872802 READY JAWABAN TUGAS FULL WORD TUGAS TMK 085158872802 READY JAWABAN TUGAS FULL WORD TUGAS TMK 085158872802 READY JAWABAN TUGAS FULL WORD TUGAS TMK 085158872802 READY JAWABAN TUGAS FULL WORD TUGAS TMK 085158872802 Sistem Pemerintahan yang diterapkan di berbagai negara dapat dibagi menjadi dua, yakni sistem I pemerintahan presidensial dan sistem pemerintahan par … lementer.

Klasifikasi sistem pemerintahan presidensial dan parlementer didasarkan pada hubungan antara kekuasaan eksekutif dan legislatif. Anda di minta untuk: a. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem pemerintahan paresidensial dan parlementer serta berikan perbedaannya! 0. Menurut anda, Negara Kesatuan Republik Indonesia sat ini menggunakan sistem pemerintahan apa?

Jelaskan! 2. Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) adalah salah satu cikal bakal lembaga perwakilan di Indonesia yang pembentukannya diatur dalam Pasal IV aturan peralihan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Anda di minta untuk: a. Dilihat dari tujuan dan anggotanya, jelaskan perbedaan antara Volksraad dengan KNIP? Jelaskan, mengapa fungsi KNIP berubah dari dewan penasihat pemerintah menjadi dewan yang mempunyai kekuasaan legislatif dan dapat menentukan garis-garis besar haluan negara? 3. Pemilihan Umum (PEMILU) merupakan salah satu sarana partisipasi politik masyarakat yang sudah beberapa kali diselenggarakan di Indonesia.

Pemilu pertama Indonesia dilaksanakan pada tahun 1955 dan yang kedua adalah 1971. Anda diminta untuk: a 0. Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara pemilu 1955 dan 1971 tersebut! Jelaskan pendapat anda, apakah pemilu 1955 atau Pemilu 1971 yang lebih demokratis? Pada dasarnya perkembangan sistem distribusi mempunyai dinamika sendiri yang terus menerus mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi memerlukan pen … gaturan yang perlu disepakati dan ditaati bersama. Jelaskan secara rinci apa yang And ketahui tentang peraturan berdasarkan hak terkait dengan dinamika perkembangan sistem distribusi!

I dari ! 1. Jelaskan letak geografis Indonesia! (IPS KD 3.2) Jawab: . 2. Apa keuntungan yang diperoleh Indonesia dengan memiliki letak yang strategis? (IPS … KD 3.2) Jawab: 3. Bacalah bacaan berikut! Masyarakat Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa.

upaya apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal sekitar

Di Indonesia terdapat kurang lebih 300 suku bangsa. Setiap suku bangsa hidup dalam kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaan berbeda-beda satu sama lain. Jelaskan pokok pikiran pada teks di atas! (Bahasa Indonesia KD 3.7) Jawab: . 4. Sebutkan suku yang mendiami wilayah Sumatra Barat! (PPKn KD 3.4) Jawab: . 5. Berasal dari manakah suku Gumbak Cadek? (PPKn KD 3.4 Jawab: . Indahnya Keragaman di Negeriku 4 - 2 / PN 19​

Mengenal Cara Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan




2022 www.videocon.com