Manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Telah kita ketahui bahwa luasnya bentangan alam di Indonesia telah melahirkan beragam keaneragaman hayati di dalamya. Keaneragaman hayati baik dari flora dan fauna di Indonesia ini perlu kita jaga kelestariannya dikarenakan sangat penting bagi kelangsungan mahluk hidup yang bersangkutan.

Selain itu keaneragaman hayati ini juga penting kelangsungannya bagi kesejahteraan masyarakat bangsa maupun dunia. artikel terkait: • manfaat taman nasional • manfaat tepung ikan • toko obat herbal mulai menjamur di indonesia • manfaat biji jenitri • manfaat surat al-waqiah Keaneragaman pada dasarnya menjelaskan mengenai keadaan yang bermacam-macam pada suatu benda dikarenakan adanya perbedaan dalam hal ukuran, warna, bentuk, tekstur maupun jumlah.

Sedangkan hayati sendiri berarti sesuatu yang hidup. Sehinga dapat dikatakan bahwa keaneragaman hayati merupakan keaneragaman mahluk hidup yang dilihat dari perbedaan ukuran, warna, bentuk, tekstur maupun jumlah.Keaneragaman hayati dalam arti populer merupakan keberagaman mahluk hidup dari semua gen, spesies dan ekosistem di suatu daerah.

Keaneragaman hayati juga dikenal dengan istilah biodiversitas (bahasa inggris: biodiversity).

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Macam-macam keaneragaman hayati Setelah kita mengetahui mengenai pengertian keaneragaman hayati, kini saatnya kita membahas mengenai macam-macam keaneragaman hayati.

Keaneragaman hayati yang tercipta di berbagai tempat dapat disebabkan oleh dua macam faktor, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik memiliki pengaruh yang stabil terhadap morfologi organisme sedangkan faktor luar tidak. Untuk macam-macam tingkatan keaneragaman hayati senditri terdiri dari keaneragaman gen (genetik), keaneragaman spesie (jenis) dan keaneragaman ekosistem.

Berikut merupakan penjelasannya. • keaneragaman gen keaneragaman gen merupakan perbedaan maupun variasi gen yang terdapat pada satu jenis atau spesies mahluk hidup yang dapat menyebakan variasi antar individu sejenis.

Sebagai contoh, tanaman pisang memilki banyak ragam dan jenis meskipun sama-sama tanaman pisang. Tanaman pisang memiliki beberapa macam atau varietas seperti pisang kapok, susu, ambon dsb. Perbedaan tersebut dapat menyebabkan adanya perbedaan sifat yang tidak tampak (genotype) maupun sifat yang tampak (fenotipe) pada setiap mahluk hidup. Variasi gen ini dapat terjadi karena perkawinan dari keturanan gen yang berbedan maupun karena interaksi gen dengan lingkungan.

• keaneragaman spesies keaneragaman spesies merupakan keaneragaman yang bisa ditemukan pada suatu komunitas pada suatu tempat tertentu yang dapat dengan mudah dilihat dengan mata terbuka. Contohnya seperti yang dapat kita lihat pada perbedaan yang terjadi pad tanaman kurma, sagu dan kelapa. Meskipun tanaman tersebut masih dalam satu kelompok tumbuhan palem-paleman, namun tamanan tersebut memilii bentuk fisik, tempat hidup dan bagian tumbuhan untuk di makan yang berbeda.

Selanjutnya apabila kita melihat keaneragaman pada binatang seperti kucing, singa maupun harimau, mereka merupakan hewan yang termasuk dalam kelompok kucing namun memiliki bentuk fisikhabitat maupun tingkah laku yang sangat berbeda. • keaneragaman ekosistem keaneragaman ekosistem merupakan keaneragaman yang terjadi pada tingkat ekosistem yang dikarenakan adanya interakti yang sangat kompleks antara komponen biotik dan abiotik.

Interaksi biotik merupakan interakti yang terjadi pada mahluk hidup dengan mahluk hidup lainnya yang membentuk suatu komunitas. Sedangkan interaksi abiotik merupakan interaksi yang terjadi diantara mahluk hidup dengan lingkungan fisik seperti suhu, cahaya, maupun lingkungan kimiawi seperti air, mineral dan keasaman. Diantara keaneragaman ekosistem tersebut, terdapat pula keaneragaman tertentu pula pada mahluk hidup. Sebagai contoh, ekosistem padang pasir, ekosistem pantai, ekosistem hutan hujan tropis maupun eksositem air laut meiliki perbedaan interaksi biotik maupun abiotik di dalamnya.

Selain itu perubahan iklim juga dapat mempengaruhi suhu udara, panjang musim, permukaan laut, pola arus laur dan angina, tingkat curah hujan ds bang dapt mempengaruhi habitat dan perilaku spesies yang berbeda pada masing-masing ekosistem. Mahluk hidup yang tidak tahan dengan perubahan iklim dan beradaptasi dengan cepat dapat menjadi punah di kemudian hari. Maka dari itu penting bagi kita untuk ikut menjaga kelangsungan hidup mahluk hidup lain agar keanergaman hayati tidak akan punah begitu saja.

Melindungi keaneragaman hayati ini tidak hanya bermanfaat bagi kelangsungan mahluk hidup lain tetapi juga bermanfaat bagi kita manusia. artikel terkait: manfaat senam ritmik – manfaat binahong merah Adanya keaneragaman hayati yang terdapat disekeliling kita dapat dijadikan sebagai sumber pangan pagi manusia. Setiap hari manusia membutuhkan sumber energy dari makanan dan minuman untuk melakukan aktivitas manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali namun sayangnya manusia tidak dapat memproduksi makanan sendiri.

Makanan dan minuman yang manusia konsumsi terntunya diperoleh dari mahluk hidup lain yaitu hewan dan tumbuhan. Dengan keaneragaman hayati di Indonesia, Indonesia memiliki setidaknya 400 jenis tanaman penghasil buah, 370 jenis sayuran, 70 jenis tanaman berumbi, 55 jenis rempah-rempah dan beragam hewan-hewan yang dapat digunakan sebagai bahan konsumsi.

Berikut merupakan sumber makanan dan minuman dari hewan dan tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia. • Sumber karbohidrat yang juga dapat digunakan sebagai bahan makanan pokok dapat berasal dari berbagai jenis tanaman padi, jagung, gandum,sagu, umbi, singkong dan talas dsb.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

• Sumber protein yang dapat dijadikan sebagai pauk dapat berasal dari daging berbagai jenis hewan seperti ikan, ayam, sapi, kambing, udang dsb. • Sayur-sayuran yang berasal dari berbagai tanaman sayur seperti bayam, kangkung, kubis, sawi, tomat, wortel, buncis, jagung dsb.

• Buah-buahan yang berasal dari berbagai jenis tumbuhan buah-buahan seperti jambu, rambutan, kelengkeng, pisang, apel, anggur dsb. • Minuman yang kaya vitamin dan mineral yang dapat berasal dari hewan maupun tumbuhan yaitu susu sapi, susu kambing maupun air kelapa.

artikel terkait: manfaat pohon albasia 2. Sumber sandang Manfaat kedua dari adanya keaneragaman hayati adalah sebagai sumber sandang bagi manusia.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Sandang atau pakaian merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang dapat dibuat serat yang berasal dari berbagai jenis hewan maupun tumbuhan seperti kapas, pisang abaka, ulat sutera, bulu, biri-biri, rami, sisal, kenal, jute dsb. Adapun pemanfaatan beberapa tanaman dan hewan guna sebagai pakaian adalah sebagai berikut. • Tanaman Masyarakat suku Dani di Lembah Baliem Papua menggunakan labu air untuk membuat koteka pada laki-laki dan wanita di Papua juga menggunakan tumbuhan wen serta kem untuk membuat pakaian.

• Hewan Dengan berkembangnya teknologi, kulit sapi dapat diolah menjadi sepatu, kulit buaya diubah menjadi tas, kulit domba diubah menjadi jaket, ulat sutera dapat diubah menjadi kain sutera, bulu burung dapat dijadikan sebagai aksesori pakaian dsb.

artikel terkait: manfaat jamu kunir asem 3. Sumber Papan Adanya keneragaman hayati di Indonesia juga dapat memberikan manfaat pada masyarakat Indoesia dalam membangun tempat tinggal, terutama bagi pembuatan rumah adat oleh masyarakat trasidional di Indonesia.

Biasanya masyarakat menggunakan ataupun bamboo dalam membangun rumah mereka untuk membuat jendela, atap, tiang dsb. Beberapa contoh tumbuhan yang sering digunakan dalam pembangunan rumah antara lain kelapa, jati, meranti, nangka, kayu ulin, bamboo, rasamala maupun gebang. Sedangkan untuk membuat atap serta dinding rumah dapat digunakan tumbuhan berikut. • Beberapa jenis tumbuhan palem-paleman seperti nypa fructicans, oncosperma trigillarium dan oncosperma horridum yang duginakn untuk membuat rumah di daerah Kalimantan dan Sumatera.

• Tumbuhan alang-alang digunakan sebagai atap di pulau Bali, Nusa Tenggara maupun pulau timur lainnya.

artikel terkait: manfaat bunga dandelion 4. Sumber pemenuh kebutuhan sekunder Salah satu kebutuhan sekunder manusia yaitu kebutuhan akan liburan maupun refreshing. Adanya keaneragaman hayati yang ada di Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai sarana melepas penat setelah menjalani rutinitas yang padat sehari-hari.

adapun objek yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut bagi manusia antara lain gunung, danau, pantai dsb. artikel terkait: manfaat waduk bagi kehidupan manusia 5.

Sebagai sumber obat-obatan Keaneragaman hayati yang ada di Indonesia menawarkan sekitar 30.000 spesies tumbuhan yang diantaranya terdapat 940 spesies tumbuhan yang digunakan sebagai tanaman obat dan 250 spesies tanaman obat yang digunakan dalam industri obat herba local. Adapun macam-macam tanaman obat maupun hasil hewan-hewan beserta kegunaanya adalah sebagai beriktut.

• Pohon Kina ( Cinchona calisaya, cinchona officianlis)yang kulitnya megandung alkaloid kina ( quinine) yang dapat berguna untuk membantu menyembuhkan malaria • Madu dari lebah yang dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia • Buah megkudu ( Morind citrifolia) yang dapat berguna untuk menurunkan tekanan manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali tinggi • Buah merah ( Pandanus conoideus) yang dapat digunakan sebagai obat kanker, kolesterol maupun diabetes.

• Ular, bagian daging dan lemaknya dipercaya dapat mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal artikel terkait: manfaat ikan hiu bagi kesehatan 6. Sebagai bahan kosmetik Salah satu manfaat menguntungkan lain dari adanya keaneragaman hayati di Indonesia adalah dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Beberapa perusahaan kosmetik di Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan bahan-bahan yang dapat dijadikan sebagai kosmetik di Indonesia dengan contoh sbb: • urang-aring, pandan, minyak kelapa, mangkohan, lidah buaya dapat digunakan sebagai pelumas maupun penghitam rambut • bunga mawar, kayu cendana, kemuning, bunga melati, bunga kenanga dsb dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat wewangian.

artikel terkait: manfaat rawa bagi kehidupan manusia 7. Sebagai aspek budaya Keaneragaman hayati yang ada di Indonesia ini juga dibarengi dengan adanya keaneragaman suku dan budaya. Setidaknya terdapat 350 jenis suku di Indonesia yang memiliki kepercayaan, budaya serta adat dan istiadat yang berbeda. Digunakanlah hewan dan tumbuhan yang berbeda oleh masing-masing suku di Indonesia untuk menjalankan ritualnya. Berikut merupakan beberapa contoh penggunaan hewan dan tumbuhan yang berbeda yang dilakukan dalam upacara keagaaman serta kepercayaan yang berbeda.

• Di daerah Toraja, upacara kematian menggunakan berbagai jenis tumbuhan yang dianggap mempunyai nilai magis tinggi pada saat memandikan jenazah seperti limau, pisang, daun kelapa maupun rempah-rempah. • Umat islam menggunakan hewan ternak untuk disembelih pada hari raya Qurban seperti kerbau, sapi maupun kambing. manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali Masyarakat Jawa melakukan budaya nyekar atau ziarah kubur dengan menabur bunga dengan beberapa jenis Bunga seperti mawar, kantil, melati maupun kenanga.

• Umat Nasrani menggunakan pohon cemara untuk perayaan natal • Penganut agama Hindu di Bali melakukan upacara ngaben dengan menggunakan setidaknya 39 jenis tumbuhan yang mengandung minyak atsiri yang memiliki aroma harum layaknya kenanga, pandan, melati, cendana dan sirih. artikel terkait: manfaat zakat fitrah 8. Sebagai sumber pendapatan Berlimpahnya keaneragaman hayati di Indonesia dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber penghasilan dari penjualan hasil tanaman maupun tumbuhan.

Masyarakat dapat menjual tanaman maupun tumbuhan yang dapat dihasilkan dari usaha peternakan, pertanian maupun perkebunan dsb • Dari hasil peternakan, manusia dapat menjual hasil peternakan dari unggas, sapi, kambing dsb • Dari hasil pertanian, manusai dapat menjual hasil tani seperti dari hasil tanaman padi • Dari hasil perkebunan, manusia dapat menjual hasil kebun seperti hasil umbi-umbian, teh, palawija dsb artikel terkait: manfaat hutan hujan tropis 9.

Sebagai sumber plasma nutfah Manfaat selanjutnya dari adanya keaneragaman hayati yang ad di Indonesia adalah sebagai sumber plasma nutfah. Plasma nutfah sendiri merupakan bagian dari tumbuhan, hewan maupun mikroorganisme yang memiliki fungsi dan kemampuan untuk mewariskan sifat.

Plasma nutfah dapat berguna untuk merakit varietas unggul dari sebuah spesies agar dapat rentan terhadap penyakit maupun memiliki produktivitas yang tinggi serta akan dapat mewariskan mutu sifat dari generasi ke generasi selanjutnya. Contohnya adalah sebagai berikut. • Padi rojolele mewariskan sifat yang pulen dan enak • Ubi cilembu dan duku Palembang yang mewariskan rasa manis.

Di masa yang akan datang, plasma nutfah ini memiliki peranan yang penting dalam pembangunan dikarenakan kebutuhan dunia dari bahan-bahan hatari untuk obat, varietas baru tanaman pertanian dan ternak maupun proses industri dan pengolahan akan semakin meningkat. artikel terkait: manfaat jilbab bagi kesehatan 10.

Sebagai sumber keilmuan Tergantungnya kehidupan manusia pada tumbuhan dan hewan akan membuat manusia berupaya untuk mengembangkan usaha pertanian, perkebunan maupun peternakan dari keaneragamn hayati yang ada di Indonesia.

Untuk mengembangkan usaha tersebut, diperlukan ilmu pengetahuan agar dapat membuahkan hasil yang maksimal. Contohnya adalah sebagai berikut.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

• Tanaman untuk melakukan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative buatan diperlukan upaya seperti mencangkok, menempel, menyambung, merunduk maupun stek. Apabila kita ingin mencangkok tanaman, kita perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri tanaman yang akan dicangkok dikarenakan tidak semua tanaman dapat dicangkok. Selain itu kita juga perlu mengetahui kelebihan pengembangbiakan dengan cara ini, yaitu untuk dapat menghasilkan keturunan yang sam dengan induknya, lebih cepat berproduksi serta tidak bergantung pada biji induk • Hewan untuk melakukan peternakan ikan juga manusia perlu membantu proses pemijahan untuk membantu perkembangbiakan secara cepat dan agar dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Untuk melakukan proses ini, diperlukan keilmuwan kapan waktu yang tepat untuk melakukan proses pemijahan, bagaimana perawatan untuk betina yang hamil dan bagaimana perawatan anakan agar tumbuh secara maksimal dsb. • Sebagai penyeimbang ekosistem Dapat dikatakan bahwa manfaat palin penting dari keaneragaman hayati adalah sebagai penyeimbang ekosistem atau penentu keberlangsungan ekosistem. Keberadaan mahluk hidup pada masing-masing ekosistem perlu kita jaga kelastariannya agar tidak terancam.

Pasalnya, apabila keberadaan eskosistem terancam hal ini akan mempengaruhi kehidupan manusia pula.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Salah satu contoh keaneragaman hayati sebagai penyeimbang ekosistem adalah adanya ekosistem hutan hujan tropis yang dapat menyediakan oksigen bagi manusia, menurunkan kadar karbondioksida dan menjaga agar iklim tetap stabil dengan mempertahankan temperartur dan kelembapan udara.

• Sebagai sumber keindahan Manfaat lain dari adanya keaneragaman hayati adalah sebagai sumber keindahan. Keberagaman hayati yang ada di Indonesia dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mepercantik lingkungan agar terasa indah dan asri.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Berikut merupakan beberapa contoh pemanfaatan hewan maupun tumbuhan untuk sumber keindahan. • Penggunaan beberapa tanaman hias yang digunakan untuk mempercantik pekarangan seperti bunga anggrek, bunga mawar, bonsai, tanaman atrium, gelombang cinta dsb • Pemeliharaan hewan yang dapat dinikmati keindahan bulu maupun suaranya seperti burung kenari, burung beo, burung lovebird dsb. artikel terkait: manfaat rota bagi kehidupan Demikian merupakan ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat keaneragaman hayati yang ada di Indonesia.

Meskipun terdapat kelimpahan keaneragaman hayati di negeri ini, tetap saja kita sebagai manusia perlu melakukan upaya untuk membantu meletarikannya agar keberadaan ekosistem tetap terjaga. Setelah membaca mengenai informasi ini, semoga kita dapat semakin bersyukur dan lebih bijak ya dalam memaknai adanya keberagaman hayati tersebut.

Terimakasi telah membaca dan semoga bermanfaat. Keanekaragaman hayati bisa dikatakan sebagai variasi dari kehidupan yang ada di bumi. Materi ini akan anda pelajari pada mata pelajaran ipa atau biologi di jenjang smp dan sma. Ada banyak hal yang nantinya anda pelajari dalam materi keanekaragaman hayati, mulai dari pengertian, jenis, tingkatan dan masih banyak lagi. Nah, untuk membantu anda memahami materi tentang keanekaragaman hayati, tentunya anda harus banyak belajar, terutama berlatih mengerjakan soal, mau itu soal pilihan berganda ataupun soal essay.

Berikut ini telah kami rangkum, kumpulan contoh soal keanekaragaman hayati dan jawabannya yang bisa anda baca dan pahami dengan baik, beberapa soal diambil dari soal sbmptn, hots dan kisi kisi ujian. b.jumlah makhluk hidup didunia tetap. c.adanya keanekaragaman individu makhluk hidup d.jumlah makhluk hidup di dunia berkurang e.terjadinya keseragaman individu 2.Perubahan ukuran dan bentuk makhluk hidup terjadi karena factor lingkungan.

Tetapi tidak diturunkan pada generasi berikutnya sering dikenal sebagai… a.mutasi b.variasi c.metamorfosa d.domestikasi e.modifikasi 3.Untuk melestarikan SDA hayati ekosistem dilakukan dengan cara… a.Penebangan dilakukan jika dibutuhkan mendirikan perumahan b.Penebangan hanya boleh dilakukan pohon-pohon besar dan rindang c.Penebangan hanya pada tanaman yang dapat berkembang biak dengan cepat d.Penebangan hutan dilakukan tidak musim penyerbukan east.Menerapkan system TPTI (tebang pilih tanaman Indonesia) 4.Faktor-faktor berikut ini dapat meningkatkan keanekaragaman hayati, kecuali….

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali b.perkawinan antar spesies c.adaptasi d.interaksi gen dengan lingkungan eastward.domestikasi 5.Keanekaragaman tingkat gen terdapat pada kelompok tanaman….

a.kelapa, nyiur dan pinang b.padi, pisang dan mahoni c.papaya, kelapa dan pinang d.pisang raja, pisang kapok dan pisang tanduk e.palem, mangga dan kelapa half dozen.Keuntungan yang diperoleh pada perakitan jenis padi bibit unggul yang diharapkan adalah sebagai berikut kecuali… a.bulirnya lebat b.Rasanya enak c.rumpunna banyak d.Berumur panjang e.tahan terhadap hama seven.Faktor yang mendasari adanya keanekaragaman gen adalah….

a.kesamaan perangkat atau kerangka dasar penyusunan gen setiap individu b.perbedaan susunan perangkat dasar gen tiap-tiap individu c.interaksi gene genetic dengan factor lingkungan d.variasi antarindividu yang berbeda spesies e.jenis dan jumlah gen yang dimiliki setiap individu makhluk hidup eight.Diantara makhluk hidup tersebut dibawah ini yang memiliki jumlah gen paling sedikit adalah… a.bakteri b.kelinci c.jamur d.marmot e.tumbuhan berbunga 9.Tindakan berikut ini yang tidak termasuk domestikasi yaitu… a.berburu hewan liar di hutan b.melakukan persilangan ayam kampung dengan ayam hutan c.mengoleksi binatang langka d.memelihara ayam pedaging dengan kandang rendah e.menambah koleksi satwa di kebun binatang ten.Faktor-faktor di bawah ini yang tidak berpengaruh pada keanekaragaman ekosistem di Indonesia yaitu… a.variasi iklim b.letak astronomi c.kondisi geologis d.factor kimia tanah due east.factor fisik tanah 11.Manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut, kecuali….

a.sumber hasil pertanian b.sumber plasma nutfah c.sumber penghasil energy d.sumber perikanan e.sumber pengairan 12.Keanekaragaman hayati yang menyusun suatu ekosistem, menimbulkan interaksi antar komponennya yang dapat ditunjukkan berupa hubungan dalam, kecuali…. a.jaringan kehidupan b.rantai makanan b.makan-dimakan c.daur materi d.pengambilan energy thirteen.Salah satu cistron penyebab terjadinya keanekara gaman makhluk hidup adalah a.persaingan antar individu b.tempat hidup yang berbeda-beda c.jenis makanan yang bervariasi d.penyesuaian diri makhluk hidup e.perbedaan tingkah laku antar individu fourteen.Punahnya spesies dan rusaknya habitat adalah ancaman bagi hilangnya sifat-sifat keanekaragaman makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan.

Untuk mengembalikan kelestarian tersebut, maka perlu dikembangkan… a.hutan lindung b.reboisasi ekosistem c.observasi ekosistem d.konservasi ekosistem e.suaka margasatwa 15.Keanekaragaman hayati akan menurun secara cepat dan langsung jika manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali a.bibit unggul yang ditanam secara monokultur b.invansi oleh spesies eksotik c.hilang dan terpecahnya habitat d.perubahan iklim secara global east.pertanian dan perhutanan berwawasan industri Soal Keanekaragaman Hayati Bagian 2 1.

Garis Weber dan Garis Wallace membagi Indonesia menjadi three wilayah antara lain…. a. Peralihan, australian, neotropis b. Republic of indonesia bagian timur, tengah dan bara c. Peralihan, neotropis, dan oriental d. Australian, peralihan dan oriental 2. Interaksi antara suhu, kelembaban, angin altitudinal, latitudinal dan topografi menghasilkan daerah iklim yang luas dinamakan… a.

Biosfer b. Bioma c. Ekosistem d. Vegetasi 3. Tumbuhan kaktus merupakan ciri khas pada bioma…. a. Gurun b. Sabana c. Hutan gugur d. Taiga 4. Beruang kutub, srigala kutub, raindeer, caribow, banyak ditemukan dalam bioma a. Taiga b. Gurun c. Tundra d. Savana 5. Pada ekosistem laut yang dimaksud dengan komunitas nekton adalah….

a. Memakan plankton b. Hidup didaerah fotik c. Berenang bebas d. Hidup dipermukaan air 6. Secara berurutan, pembagian bioma air tawar secara fisik sesuai dengan kemampuan penerima cahaya matahari yaitu … a.

Profundal-litoral-limnetik b. Litoral-limnetik-profundal c. Limnetik-profundal-litoral d. Litoral-profundal-limnetik vii. Daerah yang mempunyai keanekaragaman hayati tinggi pada bioma laut yaitu … a. Batial dan neritik b. Batial dan litoral c. Abisal dan litoral d. Neritik dan litoral 8. Pada ekosistem laut, daerah dengan komponen biotik tingkat produsen tertinggi adalah daerah… a.

Abisal b. Termoklin c. Batial d. Fotik 9. Suatu hutan didaerah tropis banyak ditumbuhi oleh pohon Sonneratia alba dengan tajuk daun yang rimbun. Ekosistem tadi merupakan…. a. Hutan bakau b. Hutan lindung c. Hutan gugur d.

Hutan binaan 10. Keuntungan yang diperoleh pada perakitan jenis padi bibit unggul yang diharapkan adalah sebagai berikut kecuali… a. Bulirnya lebat b.

Rasanya enak c. Rumpunnya banyak d. Berumur panjang 11. Diantara makhluk hidup tersebut dibawah ini yang memiliki jumlah gen paling sedikit adalah… a. Bakteri b. Kelinci c. Jamur d. Marmot 12. Tumbuhan yang bersifat efemera banyak ditemukan pada bioma…. a. Hutan hujan tropis b. Manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali c. Hutan gugur d.

Tundra 13. Keanekaragaman hayati yang menyusun suatu ekosistem, menimbulkan interaksi antar komponennya yang dapat ditunjukkan berupa hubungan dalam, kecuali…. a. Jaringan kehidupan b. Rantai makanan c. Makan-dimakan d. Pengambilan energy 14. Timbulnya variasi bisa terjadi secara kultivar dan ekotipe.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Contoh variasi yang terjadi secara kultivar yaitu…. a. Kubis kale dan padi atomita 1 b. Jeruk keprok dan jeruk bali c. Padi pelita dan padi cisadane d. Sapi madura dan sapi bali 15. Berdasarkan energitika dan produktivitas yang paling tepat menduduki taraf trofik terbanyak adalah…. a. Konsumen Tingkat I b. Produsen c. Konsumen Tingkat 2 d. Dekoponser 16. Pada daerah pasang surut, organisme berikut yang termasuk bentos adalah… a. Obelia, hydra, spongia b. Udang, kepiting, ikan c.

Ikan, keong, kerang d. Keong, kepiting, kerang 17. Faktor-faktor di bawah ini yang tidak berpengaruh pada keanekaragaman ekosistem di Indonesia yaitu… a. Variasi iklim b. Letak astronomi c. Kondisi geologis d.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Factor kimia tanah 18. Manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut, kecuali…. a. Sumber hasil pertanian b. Sumber plasma nutfah c. Sumber penghasil free energy d. Sumber pengairan 19. Salah satu factor penyebab terjadinya keanekara gaman makhluk hidup adalah a. Persaingan antar individu b. Tempat hidup yang berbeda-beda c. Jenis makanan yang bervariasi d. Penyesuaian diri makhluk hidup 20. Punahnya spesies dan rusaknya habitat adalah ancaman bagi hilangnya sifat-sifat keanekaragaman makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan.

Untuk mengembalikan kelestarian tersebut, maka perlu dikembangkan… a. Hutan lindung b. Reboisasi ekosistem c. Observasi ekosistem d. Konservasi ekosistem Soal Keanekaragaman Hayati Bagian 3 1. Berikut ini yang merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis yaitu … a. pohon kelapa – aren b. kucing anggora – kucing persia c. harimau sumatera – harimau jawa d. ayam kampung – ayam negri eastward. mawar putih – mawar merah 2. Keanekaragaman hayati tingkat gen dapat ditunjukkan pada manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali berikut … a.

mawar merah-mawar putih b. mawar berbatang tinggi-melati berbatang tinggi c. pohon kelapa hijau-pohon aren d. tanaman sirih-nenas e. buah mangga-buah belimbing iii.

Hutan Bakau, sawah, kebun, sungai, terumbu karang, dan laut merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat… a. gen b. spesies c. ekosistem d.

populasi east. individu 4. Berikut ini adalah daerah-daerah yang termasuk kawasan Malesiana, kecuali… a. Filipina b. Indonesia c. Semenanjung Malaya d. Australia e. Papua Nugini five. Berikut ini adalah suatu daerah dengan ciri-ciri: – Pohonnya homogen – Daunnya bentuk jarum dan meranggas – Di indonesia, terdapat di jawa Daerah tersebut adalah … a. stepa b. sabana c. hutan musim d. hutan hujan tropis e. padang rumput 6. Daerah hutan hujan tropis di Indonesia memiliki ciri-ciri/karakteristik berikut … a.

hutan lebat dan homogen b.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

banyak semak dan rumput c. banyak pohon besar dan heterogen d. didominasi tumbuhan kaktus e. banyak pohon berukuran kecil 7.

Ekosistem air laut dibagi menjadi beberapa macam zona mulai dari pantai hingga ke tengah laut. Zona dengan kedalaman kurang dari 200 m dan merupakan daerah dangkal, dapat ditembus cahaya matahari, dihuni oleh ganggang laut dan juga ikan, termasuk zona … a. litoral b. neritik c. batial d. abisal manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali.

afotik 8. Ekosistem yang merupakan daerah tempat pencampuran air laut dengan air sungai dinamakan … a. ekosistem laut dalam b. ekosistem terumbu karang c. ekosistem estuari d.

ekosistem pantai pasir e. ekosistem pantai batu nine. Berikut adalah ciri-ciri ekosistem darat: – Terdapat di daerah antara subtropis dan kutub – Jenis tumbuhan didominasi oleh tumbuhan daun jarum (konifer) yang tampak hijau – Contoh tumbuhan yaitu spruce, birch, alder, juniper, dan cemara – Jenis hewannya antara lain moose, ajak, beruang hitam, serangga, dan burung.

Ciri-ciri yang dimaksud adalah … a. sabana b. gurun c. hutan gugur d. taiga e. tundra 10. Garis yang memisahkan jenis brute (hewan) Indonesia bagian timur dengan bagian tengah adalah … a.

garis Weber b. garis Khatulistiwa c. garis Wallace d. garis lintang e. garis bujur Kunci Jawaban Untuk mendapatkan kunci jawaban yang lengkap dari soal-soal diatas, anda bisa melihatnya melalui link yang tersedia dibagian bawah ini. KUNCI JAWABAN / PEMBAHASAN / DOWNLOAD Manfaat Mempelajari Keanekaragaman Hayati Adalah Sebagai Berikut Kecuali Source: https://www.e-kelas.com/2020/11/soal-keanekaragaman-Hayati.html Terbaru • Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster • Panduan Ht Baofeng Uv 82 Bahasa Indonesia • Jelaskan Cara Mengubah Interval Nada D Mayor • Pembagian Kerja Dan Beban Kerja Di Perusahaan Peternakan • Cara Pasang Twrp Redmi Note 7 Tanpa Pc • Berikut Ini Cara Memperkecil Resiko Resiko Usaha Adalah • Contoh Membuat Pohon Akar Masalah Tentang Peternakan • Hack Wifi Wpa2 Psk Windows 7 Cmd Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
Soal No.

1). Diantara tindakan manusia berikut ini yang tidak termasuk domestikasi adalah… a. berburu hewan-hewan liar dihutan b. mengoleksi binatang langka c. menyilangkan ayam hutan dengan ayam kampung d. memelihara ayam pedaging dengan kandang rendah e. menambah koleksi satwa dikebun binatang. Jawaban: A Soal No. 2). Manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut, kecuali…. a. sumber plasma nutfah b. sumber perikanan c. sumber penghasil energy d. sumber pengairan e. sumber hasil pertanian Jawaban: D Soal No.

3). Salah satu factor penyebab terjadinya keanekaragaman makhluk hidup adalah a. Tempat hidup yang berbeda-beda b. penyesuaian diri makhluk hidup c. jenis makanan yang bervariasi d. perbedaan tingkah laku antar individu e. persaingan antar individu Jawaban: B Soal No. 4). Keanekaragaman hayati akan menurun secara cepat dan langsung jika terjadi… a.

invansi oleh spesies eksotik b. perubahan iklim secara global c. hilang dan terpecahnya habitat d. pertanian dan perhutanan berwawasan industry e. bibit unggul yang ditanam secara monokultur Jawaban: E Soal No. 5). Keanekaragaman hayati ternyata sangat mempengaru hi keadaan ekonomi penduduk setempat. Kegiatan-kegiatan ekonomi penduduk setempat. Kegatan-kegiatan yang dilakukan,seperti membuat alcohol dari berbagai tumbuhan penghasil karbohidrat melalui proses fermentasi dan membuat ambak dipantai meningkatkan penghasilan dari sumber… a.

perikanan dan penghasil energy b. perikanan dan plasma nutfah c. penghasil energy dan perikanan d. plasma nutfah dan penghasil energy e. plasma nutfah dan perikanan Jawaban: Manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali Soal No. 6). Kucing, anjing, dan harimau memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam satu takson yang sama, yaitu… A.

filum B. kelas C. ordo D. famili E. genus Jawaban: C Pembahasan: Berdasarkan jenis makanannya, kucing, anjing, dan harimau adalah pemakan daging, sehingga dikelompokkan kedalam tingkat takson yang sama, yaitu ordo carnivore. Soal No. 7). Dalam klasifikasi jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan jeruk keprok (Citrus nobilis), termasuk dalam satu kelompok yaitu pada tingkat… A.

kelas B. ordo C. famili D. genus E. spesies Jawaban: D Pembahasan: Citrus maxima, Citrus aurantifolia, Citrus nobilis dalam klasifikasi menempati takson spesies (nama jenis). Nama jenis (spesies) terdiri dari 2 kata, dimana, kata pertama ditulis denmgan huruf besar yang merupakan nama marga (genus). Sedangkan kata yang kedua ditulis dengan huruf kecil menunjukkan nama jenisnya (spesiesnya).

Jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk keprok mempunyai nama depan yang sama, yaitu Citrus, berarti ketiganya berada dalam kelompok tingkat genus yang sama. Soal No. 8). Dalam suatu ekosistem padang rumput dihuni oleh beberapa hewan, yaitu harimau, kelinci, ular, cacing. Jika populasi kelinci berkembang biak dengan cepat, maka dapat diperkirakan akan berakibat… A. Populasi harimau naik, populasi rumput naik B. Populasi harimau turun, populasi rumput turun C. Populasi harimau naik, populasi rumput turun D.

Populasi harimau turun, populasi rumput naik E. Semua populasi di padang rumput jumlahnya tetap, kecuali jumlah kelinci bertambah Jawaban: C Pembahasan: Peristiwa ini merupakan proses rantai makanan, yaitu peristiwa makan dan dimakan dengan arah tertentu dimuali dari produsen → konsumen I→konsumen II→konsumen III→pengurai.

Soal No. 9). Dalam rangka mengembalikan kelestarian keanekaragaman makhluk hidup, diperlukan adanya suatu upaya nyata, salah satunya adalah … a. Pembenahan hutan lindung b.

Upaya konservasi ekosistem c. Suaka margasatwa d. Rebosisasi ekosistem e. Observasi ekosistem Jawaban: B Soal No. 10). Keanekaragaman hayati yang membentuk sebuah ekosistem melahirkan suatu interaksi sebagaimana berikut, kecuali … a.

Makan-dimakan b. Rantai makanan c. Jaringan kehidupan d. Pengambilan energy e. Daur materi Jawaban: D Keanekaragaman hayati merupakan keanekaragam ekosistem dan habitat disertai banyaknya spesies hewan dan tumbuhan yang menghuni ekosistem tersebut. Terdapat berbagai jenis hewan dan tanaman unik di Indonesia (baca : Flora dan Fauna Asli Indonesia yang Terancam Punah). Hal tersebut disebabkan karena Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia.

Kedua benua di dunia tersebut turut mempengaruhi keanekaragaman hayati di Indonesia. Manusia sebagai makhluk paling cerdas di bumi harus bisa memanfaatkan keanekaragaman hayati yang ada secara bijak. Berikut adalah uraian tentang manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia. 1. Sebagai sumber pangan Manfaat pertama yang bisa diambil dari keanekaragam hayati adalah sebagai sumber pangan. Manusia membutuhkan energi untuk bisa beraktivitas (baca : Energi Dalam Ekosistem).

Energi tersebut diperoleh dari makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Makanan tersebut bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan. Beberapa contoh sumber bahan makanan yang dikonsumsi manusia dari berbagai jenis hewan dan tumbuhan adalah : • Bahan makanan berkarbohidrat yang berasal dari tanaman padi, singkong, jagung, sagu, gandum, talas dan tanaman umbi- umbian lainnya.

• Bahan makanan berprotein yang berasal dari daging berbagai jenis hewan mamalia, unggas maupun ikan. Misalnya daging ayam, daging sapi, kambing, ikan dan udang. • Sayur- sayuran yang bersumber dari berbagai macam tanaman sayur seperti bayam, kangkung, tomat, wortel, sawi, kubis, buncis dan lain- lain. • Buah- buahan yang berasal dari berbagai jenis tumbuhan buah.

Misalnya apel, nanas, jeruk, melon, semangka, durian, mangga dan lain sebagainya. • Minuman yang kaya akan mineral dan vitaman seperti susu sapi dan susu kambing. 2. Sebagai sumber sandang Salah satu kebutuhan manusia selain pangan adalah sandang. Pakaian yang digunakan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.

Meski seiring perkembangan zaman, pakaian dibuat dari bahan- bahan sintesis tetapi masih ada beberapa produk fashion yang dibuat dari bagian tubuh hewan atau tumbuhan tertentu. Contohnya yaitu : • Kain dibuat dari kapas yang merupakan buah dari tanaman randu. • Kain sutra terbuat dari pintalan benang yang berasal dari ulat sutra. • Songket dan kain tenun yang terbuat dari berbagai macam serat tumbuhan. • Jaket wol dibuat dari rambut domba dan biri- biri. • Jaket kulit, tas dan ikat pinggang dibuat dari kulit berbagai jenis hewan reptil seperti ular dan buaya.

• Pakaian tradisional dan aksesorisnya banyak yang memanfaatkan tulang belulang hewan, bulu burung dan merak, serta kulit kayu. 3. Sebagai sumber papan Rumah tempat tinggal manusia memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan sebagai bahan bangunan dan aksesorisnya. Misalnya bermacam- macam pohon berkayu seperti kayu jati, kayu sengon, kayu bangkieri, kayu mahoni dimanfaatkan sebagai atap rumah, pintu, kusen jendela maupun dinding rumah. Selain itu, masih banyak rumah di pedalaman yang menggunakan bambu sebagai dinding dan penyangga bangunan.

Atap rumah- rumah tradisional di daerah tertentu masih memanfaatkan alang- alang dan daun kelapa yang sudah kering.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Sedangkan rumah- rumah modern menggunakan furniture yang terbuat dari rotan. 4. Sebagai sumber pendapatan Mata pencaharian manusia banyak yang bergantung pada kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan.

Bahkan salah satu sumber devisa negara berasal dari ekspor kayu, minyak sawit dan bagian tumbuhan- tumbuhan tertentu lainnya. Contoh mata pencaharian yang beehubungan dengan keanekaragaman hayati adalah : • Petani – Bermacam- macam tanaman pertanian dimanfaatkan petani sebagai sumber pendapatan, diantaranya adalah tanaman padi, jagung, kacang hijau dan lain sebagainya (baca : Pertanian Lahan Basah dan Lahan Kering).

• Nelayan – Sebagai pencari ikan, nelayan menggantungkan pendapatan pada banyaknya ikan yang mereka peroleh. • Petani tambak – Beberapa jenis ikan, udang dan kerang dibudidayakan agar menjadi sumber penghasilan bagi petani tambak.

• Peternak – Banyak masyarakat Indonesia yang memelihara beberapa jenis hewan unggas maupun mamalia pemamah biak untuk diambil telur dan dagingnya. Misalnya sapi, kambing, kerbau, ayam dan itik. Para peternak mendapatkan penghasilan dari penjualan telur, daging dan susu hewan peternakan tersebut. • Industri perkebunan – Tumbuhan perkebunan yang sering ditanam adalah tebu dan teh. Baca : Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keanekaragaman Hayati 5.

Sebagai bahan obat- obatan Indonesia mempunyai sekitar seribu spesies tanaman obat. Tanaman obat tersebut dapat ditanam di rumah sebagai tanaman obat keluarga (toga). Selain itu, teknologi yang terus berkembang membantu industri jamu atau obat tradisional untuk mengetahui manfaat dari setiap bagian tanaman yang berkhasiat. Penggunaan tanaman sebagai obat ini lebih aman dan mengurangi efek samping. Contoh beberapa tanaman obat yang sering digunakan yaitu tanaman jahe, kencur, temulawak, daun sirih, kayu putih, buah mengkudu dan alang- alang.

6. Sebagai bahan kosmetik Kosmetik yang digunakan perempuan banyak memanfaatkan keanekaragaman flora di Indonesia. Misalnya minyak bunga melati dan bunga kantil digunakan untuk parfum. Ekstrak lidah buaya untuk shampo. Ekstrak bunga mawar untuk aroma bedak. Ekstrak teh hijau, bengkoang dan kelapa juga sering digunakan dalam berbagai jenis produk kosmetik. 7. Sebagai sumber ilmu pengetahuan Seseorang harus mengetahui ilmu anatomi hewan dan tumbuhan agar bisa mengembangkan potensi dari tumbuhan dan hewan tersebut.

Dengan meneliti flora dan fauna (baca : Pengertian Flora dan Fauna), manusia bisa mendalami berbagai ilmu terutamanya adalah biologi. Penelitian tersebut akan menghasilkan berbagai metode keilmuan, misalnya perkembangbiakan vegetatif buatan pada hewan maupun tumbuhan.

Ilmu pengetahuan bisa terus berkembang dan berguna bagi manusia jika keanekaragaman hayati sebagai sumber ilmu itu sendiri terus dijaga eksistensinya (baca : Pelestarian Ekosistem). 8. Sebagai aspek budaya Budaya di beberapa daerah di Indonesia masih menggunakan tanaman dan hewan tertentu. Misalnya pada upacara adat di daerah Sulawesi mengharuskan memotong hewan kerbau. Ritual Larung sesaji di Jawa juga menyembelih manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali atau kerbau untuk di larutkan ke laut.

Budaya nyekar atau berkunjung ke makam juga memanfaatkan jenis- jenis flora seperti mawar, melati dan kenanga untuk di tabur di atas makam. 9. Sebagai penyeimbang ekosistem Manfaat paling penting dari keanekaragaman hayati adalah sebagai penyeimbang ekosistem. Setiap makhluk hidup yang mendiami suatu ekosistem mempunyai perannya masing- masing.

Jika keberadaan makhluk hidup tersebut terancam, tentu akan mengganggu keseimbangan ekosistem (baca : Cara Menjaga Keseimbangan Ekosistem). Apabila ekosistem tidak seimbang, maka akan mengakibatkan berbagai bencana yang merugikan manusia, lingkungan dan makhluk hidup yang lain. Contoh keanekaragaman hayati sebagai penyeimbang ekosistem adalah adanya ekosistem hutan hujan tropis yang dapat menurunkan kadar karbondioksida dan berperan sebagai paru- paru dunia (baca : Manfaat Hutan).

Ekosistem hutan juga menjaga iklim global agar tetap stabil, yaitu dengan cara mempertahankan temperatur dan kelembapan udara di bumi (baca : Manfaat Hutan Bagi Manusia).
Soal nomor 1 Berikut ini yang bukan merupakan keanekaragaman hayati, yaitu … A.

variasi bentuk B. variasi kromosom C. variasi penampilan D. variasi jumlah E. variasi sifat Pembahasan Yang bukan merupakan keanekaragaman hayati adalah variasi penampilan.

Jadi soal ini jawabannya C. Soal nomor 2 Adanya anjing Buldog, anjing Doberman, dan anjing Collie menunjukkan … A. keanekaragaman jenis B. keanekaragaman ekosistem C. keanekaragaman kromosom D. keanekaragaman gen dan jenis E. keanekaragaman sifat Pembahasan Perbedaan susunan gen akan menyebabkan perbedaan penampakan baik satu sifat atau secara keseluruhan.

manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali

Perbedaan tersebut akan menghasilkan variasi pada suatu spesies. Hal ini disebabkan adanya keanekaragaman gen pada setiap organisme. Contohnya pada spesies anjing, terdapat banyak variasi jenis anjing, seperti anjing buldog, anjing doberman dan anjing collie.

Soal ini jawabannya D. Soal nomor 3 Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh … A. gen dan lingkungan B. tingkah laku dan gen C. gen dan faktor abiotik D. faktor abiotik dan biotik E. gen dan makanan Pembahasan Soal ini jawabannya A. Soal nomor 4 Keanekaragaman hayati di Indonesia memiliki ciri khas, yaitu … A. memiliki jumlah banyak B. memiliki jumlah spesies sedikit C.

memiliki jumlah spesies banyak D. spesies yang banyak, tetapi jumlahnya sedikit E. spesies yang sedikit, tetapi jumlahnya banyak Pembahasan Soal ini jawabannya C. Soal nomor 5 Organisme yang hanya memiliki persebaran disuatu daerah saja dinamakan … A. ex situ B. in situ C. peralihan D. organisme khas E. endemik Pembahasan Endemik merupakan makhluk hidup yang hanya hidup di satu daerah saja atau khas di suatu daerah. Jadi soal ini jawabannya E.

Soal nomor 6 Pelestarian in situ dilakukan dengan pembuatan … A. penangkaran hewan B. kebun raya C. hutan lindung D. taman kota E. taman bermain Pembahasan Pelestarian in situ adalah usaha pelestarian yang dilakukan di habitat aslinya. Contohnya adalah taman wisata, taman nasional dan hutan lindung. Soal ini jawabannya C.

Soal nomor 7 Berikut adalah contoh hewan endemik dari daerah bagian timur, yaitu … A. macan kumbang B. orangutan C. bekantan D. badak jawa E. burung merak Pembahasan Contoh hewan endemik yang tersebar di bagian timur Indonesia adalah monyet hitam, kadal berjumbai, maleo, burung merak, burung cendrawasih, burung kasuari, kakatua raja, nuri, kanguru pohon, kuskus dan walabi.

Jadi soal ini jawabannya E. Soal nomor 8 Pada tumbuhan berikut, yang merupakan tumbuhan endemik Indonesia adalah … A. Hibiscus rosasinensis B. Rafflesia arnoldii C. Oryza sativa D. Morinda citrifolia E. Solanum tuberosum Pembahasan Tumbuhan endemik Indonesia adalah bunga bangkai atau Rafflesia arnoldii yang ditemukan di Bengkulu.

Soal ini jawabannya B. Soal nomor 9 Berikut adalah contoh hewan yang berasal dari Indonesia bagian peralihan, yaitu … Manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali. orangutan B. babi rusa C. biawak D. kanguru E. walabi Pembahasan Kawasan peralihan meliputi bagian Sulawesi dan Nusa Tenggara bagian tengah.

Contoh hewan yang hidup didaerah peralihan adalah babi rusa, anoa, komodo dan burung maleo. Soal ini jawabannya B. Soal nomor 10 Salah satu contoh tempat pelestarian secara ex situ untuk hewan adalah … A. kebun botani B. taman nasional C. cagar alam D. perlindungan alam E. kebun binatang Pembahasan Pelestarian ex situ adalah pelestarian alam yang dilakukan bukan di habitat aslinya.

Contoh kebun koleksi, kebun botani, kebun binatang dan kebun plasma nutfah. Jadi soal ini jawabannya A dan E.

Soal nomor 11 Keanekaragaman ekosistem tidak dipengaruhi oleh … A. vegetasi tanaman B. iklim C. jenis hewan yang menempati D. lingkungan abiotik E. wilayah negara Pembahasan Soal ini jawabannya C. Soal nomor 12 Berikut bukan merupakan kegiatan yang dapat mengganggu keanekaragaman hayati, yaitu … A.

penangkapan ikan dengan bahan peledak B. memelihara hewan langka C. mengeksploitasi terumbu karang semaksimal mungkin D. menanam pepohonan di halaman E. membuka lahan dengan membakar hutan Pembahasan Soal ini jawabannya D. Soal nomor 13 Kegiatan yang dapat menghilangkan keanekaragaman hayati adalah … A. memburu hewan lindung B. membuat hutan lindung C. membuat undang-undang keanekaragaman hayati D.

melakukan reboisasi E. melakukan penangkaran hewan langka Pembahasan Soal ini jawabannya A. Soal nomor 14 Manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut, kecuali … A.

untuk pemenuhan kebutuhan hidup B. sebagai sumber kebutuhan sandang C. sebagai sumber kebutuhan pangan D. sebagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali kekayaan pribadi E. sebagai sumber kekayaan papan Pembahasan Soal ini jawabannya D. Soal nomor 15 Upaya pelestarian keanekaragaman hayati harus mulai dilakukan dari sekarang.

Berikut ini yang bukan alasan mengapa upaya pelestarian harus dilakukan adalah … A. semakin berkurangnya jumlah suatu spesies B. terganggunya habitat C. rusaknya suatu ekosistem D. rendahnya kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian suatu organisme E. keanekaragaman hayati memiliki nilai komersial tinggi Pembahasan Soal ini jawabannya E. Soal nomor 16 Warna-warni yang terdapat pada ikan Koi menunjukkan … A. keanekaragaman individu B. keanekaragaman fenotipe C. keanekaragaman hayati D. keanekaragaman gen E.

keanekaragaman jenis Pembahasan Contoh keanekaragaman tingkat gen yang mudah diamati adalah adanya perbedaan warna merah dan hitam pada ikan koi. Jadi soal ini jawabannya D. Soal nomor 17 Kegiatan berikut yang bukan merupakan contoh pemanfaatan keanekaragaman hayati adalah … A.

pembuatan kursi rotan B. memasak sayuran C. pengeboran minyak D. pembuatan benang kapas E. beternak unggas Pembahasan Soal ini jawabannya C. Soal nomor 18 Hewan khas yang berasal dari hutan Kalimantan dan terancam punah adalah … A. sanca batik B. macan kumbang C. monyet hitam D. orangutan E. burung merak Pembahasan Soal ini jawabannya D. Soal nomor 19 Berikut ini tidak termasuk manfaat dalam mempelajari keanekaragaman hayati adalah … A.

mengetahui ciri dan sifat masing-masing jenis B. mengetahui kekerabatan antarmakhluk hidup C. mengetahui adanya saling ketergantungan diantara makhluk hidup D. mengetahui cara eksploitasi secara besar-besaran E.

mengetahui manfaat masing-masing jenis bagi manusia Pembahasan Soal ini jawabannya D. Soal nomor 20 Adanya variasi dalam satu jenis atau spesies makhluk hidup menunjukkan bukti keanekaragaman hayati. Keanekaragaman ini berdasarkan pada … A. tingkat gen B. tingkat jenis C. tingkat ekosistem D. tingkat filogenik E. tingkat ekologi Pembahasan Keanekaragaman tingkat gen menimbulkan variasi antarindividu dalam satu spesies. Jadi soal ini jawabannnya A. Pos-pos Terbaru • 8 Contoh soal diferensial dan pembahasannya • Kerajaan Mataram Islam : Kehidupan Politik, Sosial, Budaya dan Ekonomi • Kerajaan Sunda : Kehidupan Politik, Sosial, Ekonomi & Budaya • 8 Contoh soal nilai fungsi dan pembahasannya • 11 Contoh soal pemfaktoran bentuk aljabar dan pembahasan • 17 Contoh soal garis dan sudut + pembahasan • Contoh soal sudut luar segitiga dan pembahasan • 9 Contoh soal anggota dan bukan anggota himpunan + pembahasan • 8 Contoh soal keliling & luas jajargenjang + cara menghitung • 6 Contoh soal keliling & luas belah ketupat + pembahasan Kategori • Bahasa Inggris • Biologi • Ekonomi • Fisika • Geografi • Kimia • Matematika • Permutasi • Sejarah • Sosiologi • Sport • Transformasi geometri

manfaat keanekaragaman hayati dibidang iptek. oleh Rajulun Azman Anugrah X MIPA 1




2022 www.videocon.com