Contoh teks ceramah tentang pendidikan

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Hari Pendidikan Nasional umumnya dirayakan dengan sebuah upacara bendera yang diisi dengan ceramah tentang pendidikan. Ceramah ini berisikan nasihat-nasihat maupun ajakan serta informasi terkini. Ceramah yang menggunakan tema pendidikan pada umumnya mengajak seseorang untuk semakin giat belajar dalam menggapai cita-cita. Simak terus artikel ini untuk memahami terkait ceramah bertemakan pendidikan. Read More • Pendidikan Luar Sekolah, Ada Manfaatnya Gak Sih ? • Pendidikan Karakter Adalah Bekal Yang Penting Untuk Anak-Anak Indonesia • Pengertian Manajemen PAUD, Dan Hal Lainnya Lengkap Pengertian Ceramah Ceramah merupakan sebuah pesan yang disampaikan dengan tujuan untuk memberi nasihat kepada para pendengar atau audiens.

Ceramah memiliki ciri yang tidak jauh berbeda dengan pidato. Penceramah menggunakan metode lisan yang disampaikan di depan audiens secara umum, salah satunya ketika upacara bendera atau upacara kenegaraan lainnya. Ciri-Ciri Ceramah Sama seperti metode penyampaian lisan lainnya yang dikenal, ceramah juga memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan yang lain. Ciri yang pertama dari ceramah adalah memiliki struktur yang komplit mulai dari pendahuluan, yang diikuti dengan isi, lalu ditutup dengan penutup yang baik.

Isi ceramah harus disesuaikan dengan tema yang dipilih dan tidak menimbulkan perselisihan di antara audiens. Contoh Ceramah Tentang Pendidikan Ceramah yang sering ditemui adalah ketika upacara Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tahun sekali. Dalam upacara tersebut, penceramah menyampaikan ceramah tentang pendidikan dengan berbagai topik. Selain menggunakan topik pentingnya pendidikan, penceramah juga menyampaikan informasi terbaru tentang pendidikan.

Berikut ini beberapa contoh ceramah yang mengambil tema tentang pendidikan. 1. Contoh Ceramah Pendidikan #1 Pada contoh pertama ini akan diberikan pidato tentang pendidikan di era globalisasi. Berikut ini adalah contoh ceramah bidang pendidikan yang pertama: a.

Pembukaan Assalamu’alaikum Wr. Wb. Yang saya hormati jajaran guru dan kepala SMA Negeri Bulaksumur, dan seluruh murid SMA Contoh teks ceramah tentang pendidikan Bulaksumur yang berbahagia. Pertama, sudilah kiranya kita untuk selalu memanjat kan rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena tanpa rahmat Nya, kita semua tidak bisa berkumpul bersama dalam kondisi sehat lahir dan batin.

b. Isi Hadirin yang saya hormati, globalisasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Dalam ceramah tentang pendidikan kali ini, saya ingin sedikit menyinggung pengaruh globalisasi terhadap pendidikan. Karena hal tersebut akan memberikan dampak kepada kita semua yang hadir saat ini dan dunia pendidikan secara luas.

Secara harfiah, globalisasi berasal dari kata global memiliki arti menyeluruh. Artinya globalisasi ini mempengaruhi segala aspek kehidupan kita, termasuk yang berkaitan dengan pendidikan. Berbeda dengan zaman dulu, ketika pendidikan harus dalam bentuk tatap muka di kelas, belajar menggunakan buku-buku tebal, lalu penjelasan di papan tulis.

Perkembangan globalisasi, membuat berbagai perubahan signifikan pada dunia pendidikan. Perubahan signifikan pada dunia pendidikan akibat globalisasi ini terlihat jelas dengan adanya internet. Internet adalah salah satu contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut. Rasanya semua orang saat ini menggunakan internet untuk berbagai keperluan, mulai dari menonton contoh teks ceramah tentang pendidikan, bermain game, hingga melakukan browsing ilmu-ilmu pengetahuan.

Perubahan dunia pendidikan akibat internet di era globalisasi ini memberikan beberapa manfaat. Yang pertama kini munculnya sistem belajar mengajar yang tidak menuntut harus dalam bentuk tatap muka. Para siswa maupun guru dengan bantuan internet tetap bisa saling bertukar informasi melalui berbagai platform online. Para siswa pun bisa belajar dari rumah dengan cara menyimak berbagai video tentang pendidikan yang menarik. Kemudahan dalam mengakses informasi ini membuat baik para siswa maupun para guru untuk dapat menyerap informasi sebanyak-banyaknya dan meningkatkan kualitas masing-masing.

Namun ternyata, ada dampak negatif pula yang diberikan globalisasi terhadap dunia pendidikan. Salah satu dari dampak negatif tersebut adalah penurunan kualitas moral siswa.

c. Penutup Kemudahan akses informasi ini menjadi bumerang yang berbahaya bila tidak dibarengi dengan adanya filterisasi terhadap konten-konten informasi yang ada. Konten-konten yang berbahaya bisa menyebabkan terjadinya penurunan kualitas moral generasi muda.

Oleh sebab itu, dalam ceramah kali ini kita bersama, semoga pengaruh globalisasi dapat memberikan manfaat yang besar bagi dunia pendidikan dengan tetap mempertahankan moral seluruh masyarakat. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr Wb. 2. Contoh Ceramah Pendidikan #2 Pada contoh ceramah yang kedua adalah ceramah pendidikan yang dikaitkan dengan kemampuan pendidik. Berikut ini contoh ceramah yang dimaksud: a. Pembukaan Yang terhormat para hadirin, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Saya pribadi menyampaikan terima kasih kepada para hadirin sekalian yang menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara ini. b. Isi Pendidikan dapat disebut sudah contoh teks ceramah tentang pendidikan jika memberikan hasil yang nyata dalam kehidupan seseorang. Pendidikan disebut berhasil bila memberikan individu kemampuan dalam menjalin hubungan yang selaras, serasi, dan seimbang. Hubungan tersebut harus berlaku pada dirinya sendiri, sesama manusia, dan tentu saja pada Sang Pencipta alam semesta ini.

Dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan peningkatan kemampuan guru dalam mengajar para siswanya di sekolah. Kemampuan ini tidak sebatas proses belajar mengajar di kelas saja, melainkan juga berkaitan dengan pengelolaan terhadap proses pendidikan secara umum yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan karakter siswa.

Oleh sebab itu, meningkatkan mutu guru akan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Namun yang perlu dipahami adalah peningkatan mutu guru tidak cukup pada peningkatan kemampuan guru untuk mengajar di kelas. Peningkatan kualitas guru juga bertujuan untuk meningkatkan proses pendidikan para siswa.

Agar tujuan untuk meningkatkan mutu guru ini bisa tercapai, banyak hal yang bisa dilakukan seperti misalnya kegiatan pembinaan rutin. Kegiatan pembinaan rutin ini tidak hanya berlaku untuk pusat dan daerah, tetapi juga di lingkungan sekolah sekalipun.

Baca Juga: Apa Itu Teknologi ? Yuk Simak Selengkapnya c. Penutup Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan dalam ceramah tentang pendidikan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan kali ini. Saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya. Menyampaikan ceramah di depan audiens tentu bukan hal yang mudah. Sering berlatih sebelum acara berlangsung bisa menjadi sebuah tips yang baik sehingga penyampaian ceramah bisa berjalan lancar. Tak lupa pilihlah topik yang menarik, terutama saat menyampaikan ceramah tentang pendidikan, agar para audiens tetap fokus dan tidak bosan.

Related posts • 5 Tahapan Perkembangan Bayi Mulai Dari 0 Hingga 12 Bulan • Begini Panduan Cara Menulis Artikel SEO yang Efektif • Cara Memelihara Kucing Anggora Tepat Supaya Kucing Sehat! • Cara Membuat Barcode Maps di Ponsel dengan Mudah • 6 Daftar Pilihan Beasiswa Tanpa TOEFL Dengan Tujuan Luar Negeri • Biaya Pendidikan Pramugari dan Hal yang Dipelajari Contoh teks ceramah tentang pendidikan - Ceramah adalah pidato di hadapan khalayak dengan membahas suatu hal.

Berikut contoh teks ceramah singkat tentang pendidikan: Ketika peringatan Hari Guru, Hari Pendidikan Nasional, atau Hari Anak, kita sering mendengar ceramah tentang pendidikan. Dalam menyampaikan ceramah atau pidato, kita perlu menata cara bicara agar pendengar dapat mencernanya dengan baik.

Dalam Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat (2020) karya Arif Yosodipuro, agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audiens, ucapan atau kalimat hendaknya disusun dengan baik dan rapi sesuai kaidah bahasa yang berlaku. Baca juga: Contoh Teks Ceramah Singkat Contoh 1 Selamat pagi guru-guru dan seluruh pelajar. Sungguh kesempatan yang berbahagia kita bisa sama-sama memperingati Hari Guru di tahun 2020 ini.

Pada momen Hari Guru ini, mari kita ingat kembali Ki Hadjar Dewantara, tokoh yang berpengaruh dalam dunia pendidikan di Indonesia.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Beliau pernah mengatakan, pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir. Saya setuju dengan apa yang disampaikan Ki Hadjar Dewantara. Indonesia begitu beragam. Mulai dari adat, kebudayaan, dan kebiasaan masyarakat, semua berbeda-beda di tiap wilayah.

Kita tidak bisa memaksakan standar pendidikan ibu kota ke daerah-daerah. Saya yakin setiap daerah punya potensi masing-masing. Setiap guru dan pelajar di daerah tidak bisa dipaksakan dengan sistem yang tidak berpihak pada kebahagiaan batin atau keselamatan hidup mereka. Harus ada kompromi dalam menjalankan proses belajar mengajar. Karena pelajar bersekolah bukan untuk menjadi robot atau menjadi calon-calon buruh. Maka baiknya kita tinggalkan istilah terbelakang, terasing, atau tertinggal.

Sebaliknya, mari kenali potensi tiap daerah. Demikian ceramah yang dapat saya sampaikan. Semoga pendidikan di Indonesia semakin berkembang dan sesuai dengan yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Terima kasih dan selamat pagi. Baca juga: Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah
Pendidikan pada saat ini memang sangat penting dan harus diutamakan demi kepentingan bangsa dan negara di masa depan. Maka dari itu, anak harus sekolah mulai dari TK sampai dengan tingkat perguruan tinggi.

Berkaitan dengan hal ini ada beberapa contoh ceramah tentang pendidikan yang bisa dijadikan sebagai nasehat atau motivasi untuk belajar. Read More • Universitas Negeri Malang dukung pemulihan UMKM Sentra Batik “Liris Manis” Tulungagung • Bagaimana saya bisa mengonversi catatan dokumen Word ke PDF?

• Peran Penting Pemetaan Mutu Pendidikan Sekolah serta Manfaatnya Beberapa Contoh Ceramah Tentang Pendidikan Yang Singkat Ceramah merupakan sebuah penyampaian dari seseorang secara lisan. Di mana ceramah ini dapat juga dikatakan sebagai sebuah nasehat atau motivasi untuk kepentingan bersama. Salah satunya adalah ceramah yang membahas mengenai pendidikan yang biasanya disampaikan di sekolah.

Nah, berikut ini merupakan paparan mengenai beberapa contoh ceramah tentang pendidikan. 1. Ceramah Mengenai Pendidikan Yang Berkarakter Selamat pagi teman-teman sekalian yang sempat hadir, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hari ini perlu kita bersyukur karena masih sempat bertemu di tempat ini untuk mendengarkan ceramah dengan tema pendidikan. Dalam ceramah tentang pendidikan karakter ini saya menyimpan banyak harap kepada generasi muda.

Dengan melihat berbagai masalah yang dihadapi oleh bangsa. Di mana masalah tersebut adalah menurunnya moral yang dimiliki remaja karena terpengaruh oleh sikap hidup hedonis. Salah satunya dengan berhubungan badan namun belum memiliki status pernikahan.

Maka dari itu, didiklah anak-anak kita agar mempunyai karakter yang baik dan berakhlak mulia. Itulah yang sempat saya sampaikan, saya akhiri Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 2. Ceramah Mengenai Pendidikan Moral Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang saya hormati bapak ibu dan siswa-siswa sekalian. Pertama-tama, marilah kita panjat kan segala puji bagi Allah SWT dengan limpahan rahmat dan nikmat. Adapun ceramah yang ingin saya sampaikan mengenai betapa pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan.

Di mana pendidikan moral ini dengan menjaga sopan santun dan etika yang dimiliki. Karena suatu bangsa dapat dikatakan lemah jika cara bertingkah laku masyarakat yang tidak senonoh. Akan tetapi, jika masyarakat mampu menjaga tingkah laku dan menjauhi pengaruh buruk dan saling tolong menolong maka hal tersebut tidak akan terjadi. Mungkin itu ceramah saya, saya undur diri dan sekian.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 3. Ceramah Mengenai Ilmu dan Pendidikan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat siang untuk para hadirin. Tak lupa pula kita mengucapkan banyak rasa syukur kepada Allah SWT dan senantiasa bershalawat kepada Nabi. Untuk ceramah kali ini yang akan saya sampaikan mengenai pentingnya ilmu dan pendidikan agar generasi bisa berbuat baik. Dengan melihat masalah yang dihadapi oleh bangsa terkait norma yang selalu diabaikan.

Salah satunya adalah melakukan perilaku buruk seperti menggunakan narkoba pada anak yang masih remaja. Hal tersebut harus dihindari dengan didikan dari orang tua dan guru di sekolah. Dengan cara memperlihatkan sikap yang baik dan memberikan nasehat agar tidak mudah terpengaruh kepada hal negatif. Saya berharap ceramah ini bisa bermanfaat bagi hadirin yang berbahagia, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Ceramah Mengenai Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang saya contoh teks ceramah tentang pendidikan bapak ibu guru dan teman-teman sekalian. Puji syukur selalu kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT dan shalawat kepada baginda rasul.

Ceramah yang akan saya sampaikan kali ini adalah ceramah tentang pendidikan berdasarkan Al-Qur’an. Hal tersebut seperti yang dijelaskan pada surah al-Mujadalah ayat 11.

Yang menyebutkan bahwa seseorang harus memperhatikan mengenai ilmu yang mengantarkan manusia terhadap keimanan. Selain itu, ilmu juga bisa mengangkat derajat manusia dan ilmu didapatkan jika ingin contoh teks ceramah tentang pendidikan, mengamati, dan mencerna.

Maka dari itu, marilah terus untuk menuntut ilmu sesuai ajaran Al-Qur’an. Itulah ceramah singkat yang saya bawakan untuk hadirin, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 5. Ceramah Mengenai Peribahasa Pendidikan Dari Ki Hajar Dewantara Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Saya selaku kepala sekolah akan menyampaikan sedikit cermah singkat kepada murid-murid yang berbahagia.

Pada ceramah kali ini, saya akan menyampaikan mengenai salah satu pribahasa pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. Yakni Tut Wuri Handayani yang berarti memberikan sebuah dorongan. Dorongan yang dimaksud ini adalah dorongan yang besar untuk senantiasa dalam menempuh pendidikan.

Di mana dorongan tersebut berasal dari guru dan orang tua melalui pengorbanan ilmu yang diberikan. Maka dari itu, marilah menciptakan prestasi yang luar biasa dan membuat mereka bangga. Itulah ceramah singkat yang sempat saya sampaikan, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 6. Ceramah Mengenai Rendah Hati Terhadap Pendidikan Yang Dimiliki Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang saya hormati hadirin yang berbahagia.

Untuk pertama kalinya tak lupa kita selalu panjatkan puji syukur kepada Allah SWT beserta Nabi Muhammad SAW. Ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia masih minim dibanding yang dimiliki Allah. Sehingga ilmu pengetahuan tersebut tidak perlu untuk sombong kepada sesama. Banyak keutamaan yang bisa didapatkan jika contoh teks ceramah tentang pendidikan banyak ilmu pengetahuan seperti akan diberikan kemudahan menuju jalan yang benar.

Namun tenaga pengajar memiliki peran penting untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tersebut. Dengan cara mau belajar bersama meskipun dalam waktu yang singkat. Ceramah singkat ini semoga bisa diterapkan oleh para hadiri, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Bagaimana saya bisa mengonversi catatan dokumen Word ke PDF? 7. Ceramah Mengenai Pendidikan Dalam Bidang Teknologi Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, selamat pagi. Hal yang paling utama adalah mengucapkan alhamdulillah atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita.

Ceramah kali ini yang akan saya bawakan mengenai dampak teknologi di zaman globalisasi. Di mana teknologi yang semakin canggih juga membawa pengaruh buruk.

Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan internet yang di salah gunakan oleh masyarakat termasuk generasi mudah. Penggunaan internet juga dijadikan penyebab masuknya budaya asing. Untuk menghindari hal tersebut harus pintar-pintar dalam mencerna informasi yang didapat. Ceramah singkat tersebut semoga bermanfaat, selamat pagi Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Itulah beberapa contoh ceramah tentang pendidikan yang terdiri dari judul yang berbeda-beda.

Sehingga bisa dijadikan contoh jika ingin melakukan kegiatan ceramah baik di sekolah maupun di masyarakat. Biasanya ceramah ini digunakan atau disampaikan di hari pendidikan nasional untuk mengingat betapa pentingnya makna pendidikan. Related posts • Anti Ribet, Inilah Fungsi dan Cara Beli Materai Elektronik Paling Mudah • Perawatan Gusi Bengkak, Lakukan Cara Ampuh Ini!

• Cara Cek Artikel SEO Melalui Tools Di Search Engine • 7 Bahaya memelihara Kucing Anggora yang Perlu Diwaspadai! • Syarat Beasiswa Turki yang Harus Dipenuhi Saat Mendaftar • Cara Membuat Masker Kain 3 Lapis Sesuai Standar Internasional Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan di Masa Pandemi dan Vaksinasi Secara Singkat — Jika dirunut berdasarkan makna katanya, maka pidato berarti salah satu cara mengungkapkan pikiran yang dilakukan di hadapan banyak orang (pendengar).

Isi dari ceramah atau pidato itu bisa bermacam-macam. Bisa tentang keresahan situasi lingkungan, pesan agama, imbauan menjaga kesehatan dan lain sebagainya. Dalam artikel ini Mamikos akan memberikan kamu sebuah rekomendasi contoh teks ceramah tentang pendidikan di masa pandemi dan vaksinasi.

Rangkaian Contoh Teks Ceramah Tentang Contoh teks ceramah tentang pendidikan Masa Pandemi Daftar Isi • Rangkaian Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan Masa Pandemi • Daftar Teks Ceramah Mengenai Pendidikan Masa Pandemi dan Vaksinasi • 1. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Pandemi Covid-19 • 2.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Pendidikan Masa Pandemi • 3. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Vaksinasi Daftar Isi • Rangkaian Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan Masa Pandemi • Daftar Teks Ceramah Mengenai Pendidikan Masa Pandemi dan Vaksinasi • 1. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Pandemi Covid-19 • 2. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Pendidikan Masa Pandemi • 3. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Vaksinasi pexels.com/@muhammad-adil-3497318 Ceramah tentang pendidikan di masa pandemi dan vaksinasi ternyata amat penting mengingat masih banyak sekali orang yang menganggap pandemi ini hanya bagian dari konspirasi dunia dan vaksinasi hanya cara untuk mengeruk keuntungan bagi sebagian besar pihak saja.

Hal tersebut tentu amat memprihatinkan.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Makanya di artikel ini, Mamikos akan coba memberikan beberapa contoh teks ceramah tentang pendidikan di masa pandemi dan juga tentang vaksinasi, secara singkat saja namun dijamin akan mengena. Baca Juga : 3 Contoh Ceramah Ramadan Beserta Nama Penceramahnya yang Menarik Daftar Teks Ceramah Mengenai Pendidikan Masa Pandemi dan Vaksinasi Di bawah ini sudah Mamikos rangkum dengan saksama beberapa contoh teks ceramah tentang pendidikan di masa pandemi dan tentang vaksinasi yang penting untuk disebarluaskan.

1. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Pandemi Covid-19 Selamat pagi dan saya sampaikan juga salam kepada semua rekan-rekan yang hadir pada kesempatan kali ini. Mari panjatkan puja dan puji syukur kita atas nikmat sehat dan rezeki yang kita rasakan pada hari ini. Saya juga bersyukur karena melihat semua rekan-rekan contoh teks ceramah tentang pendidikan hadir pada hari ini terlihat sehat, tak kurang satu apapun. Jujur saja saya pun bosan untuk mengutarakan hal ini, apalagi teman-teman semua.

Tapi izinkan saya untuk kembali menyinggung tentang pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia dan seluruh dunia. Saya sudah agak bosan dengan kata-kata yang berkaitan dengan pandemi itu sendiri. Seperti virus, Covid-19, vaksinasi, dan beberapa kata lainnya yang mungkin saat ini sudah terpikirkan oleh rekan-rekan semua. Meski bosannya saya dengan kata-kata yang berkaitan dengan virus Covid-19 tersebut, saya tidak akan bosan untuk memberikan semangat serta motivasi pada rekan-rekan semua hingga pandemi ini berakhir dan kita bisa menjalani kehidupan tanpa khawatir lagi akan terjangkit virus.

Mungkin ada beberapa orang di luar sana yang tidak peduli dan menghargai kerja keras kita semua dengan hidup seenaknya, tidak menerapkan protokol kesehatan, berkerumun untuk urusan politis dan hanya peduli pada kepentingan kelompoknya saja. Hal tersebut tentu membuat kita semua merasa sakit hati dan terluka. Sebab saya tahu dan juga melihat sendiri betapa hebatnya perjuangan yang rekan-rekan sekalian lakukan agar kita semua segera terbebas dari pandemi.

Kita semua selalu contoh teks ceramah tentang pendidikan kepentingan orang lain daripada kepentingan sendiri. Siapapun, keluarga, teman, tetangga, orang asing yang berjumpa di jalan menjadi sesuatu yang kita pikirkan setiap hari agar mereka semua selamat dari virus Covid-19.

Namun masih ada orang-orang tak bertanggung jawab, yang bisu hati nuraninya dan tak peduli pada keselamatan kita bersama. Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya ingin kembali membangkitkan semangat di antara rekan-rekan semua. Jangan sampai hal menyakitkan yang dilakukan orang-orang tak bertanggung jawab itu memengaruhi kita dalam menjalankan tugas.

Mari tetap jalankan protokol kesehatan, sebab keselamatan kita sekalian dan orang-orang di luar sana tergantung pada kesadaran dan kepedulian kita bersama. Saya ucapkan sebanyak-banyaknya pada rekan-rekan yang hadir pada hari ini. Semoga kita senantiasa dilindungi sampai akhir. Mari bekerja dengan sepenuh hati demi kemanusiaan dan sesama. Jerih payah dan keringat yang kita keluarkan bagian dari bekerja pada Tuhan dan sebagai bentuk ibadah kita. Selamat pagi, dan mari lanjutkan aktivitas masing-masing.

Baca Juga : 5 Contoh Kultum Singkat Berbagai Topik, Ada Tentang Kejujuran dan Kebohongan 2. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Pendidikan Masa Pandemi pexels.com/@muhammad-adil-3497318 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya ucapkan selamat siang, salam sejahtera untuk semua yang menyempatkan hadir pada kesempatan ini. Mari bersama kita ucapkan terima kasih tak terhingga pada Tuhan Yang Maha Kuasa sebab kasih dan rahmatnya masih melindungi kita semua hingga detik ini.

Terima kasih juga contoh teks ceramah tentang pendidikan teman-teman semua yang sudah memberikan saya tempat dan kesempatan untuk menyampaikan apa yang menjadi kegelisahan saya selama ini. Di kesempatan yang berharga ini, saya ingin menyampaikan betapa pentingnya pendidikan di masa pandemi yang memerlukan kerja sama kita semua. Pentingnya bagi kita menyadari bahwa pandemi ini adalah bencana dunia yang perlu kerja sama kita semua untuk segera mengakhirinya. Sebab virus Covid-19 ini memang berbahaya sekali.

Virus tersebut bisa berevolusi setiap saat dan menjadi lebih jahat dan mengancam daripada sebelumnya. Pendidikan di masa pandemi tetap harus berjalan meskipun kita berada di bawah bayang-bayang menakutkan. Kita tetap bisa menjalankan kegiatan belajar mengajar meskipun terbatas ruang geraknya. Biasanya kita bisa bertatap muka, berjumpa dengan teman, guru, dan lainnya. Tapi kali ini, semuanya serba dibatasi. Bahkan kita tak bisa lagi makan bersama-sama tanpa khawatir bisa saja menularkan virus corona.

Oleh karena itu, mari bersama-sama kita jaga diri dan lingkungan kita agar semuanya kembali seperti semula, sebelum virus melanda. Tindakan sederhana seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun di keramaian dapat menjadi langkah nyata menekan penyebaran virus. Langkah kecil dan pelan tersebut mungkin tampak sederhana namun bisa jadi penyelamat bagi kita semua. Sekian yang bisa saya sampaikan pada kali ini, semoga kita selalu dilindungi oleh Yang Maha Kuasa.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, dan selamat siang semuanya. Baca Juga : 73 Contoh Judul Ceramah Ramadhan yang Menarik Agar Pendengar Tidak Bosan 3. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Vaksinasi Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Pertama-tama mari bersama kita panjatkan rasa syukur atas anugerah, nikmat dan rida yang kita terima pada hari ini, hingga kita semua dapat berkumpul di sini sebelum melaksanakan vaksinasi guna mencegah efek yang lebih buruk dari Covid-19.

Di kesempatan berharga ini, saya ingin kembali menyampaikan tentang kegelisahan saya karena masih banyak di antara kita yang seperti mengabaikan contoh teks ceramah tentang pendidikan pentingnya vaksinasi. Sebenarnya apa itu vaksin Covid-19? Apakah setelah vaksin Covid-19 kita semua tidak akan terpapar virus Corona?

Fakta bahwa setiap hari angka penderita Covid-19 terus bertambah. Namun tak dapat dipungkiri bahwa angka pulih dari virus tersebut juga tak kalah banyak.

Sayangnya, angka tersebut masih jauh dari kata memuaskan. Oleh karena itu, vaksinasi dapat membantu kita semua agar tidak mengalami hal terburuk jika sampai, amit-amitnya, terjangkit virus Covid-19 tersebut. Mari tetap patuhi protokol kesehatan dan pelihara diri dan lingkungan dengan menjalankan vaksinasi Covid-19.

Kita tidak kontan jadi kebal terhadap virus jika di vaksin, namun paling tidak efek dan reaksi yang dirasakan akan bisa diminimalisir jika kita menerima vaksin. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat berguna dan semoga kita semua selalu dilindungi Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Beberapa contoh teks ceramah tentang pendidikan di masa pandemi serta vaksinasi yang sudah Mamikos sampaikan di atas semoga saja dapat memberikan kamu inspirasi apabila hendak memberikan pidato atau ceramah pada acara khusus.

Baca Juga : 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, Lengkap! Kamu bisa menyebarkan juga ulasan contoh teks ceramah tentang pendidikan di masa pandemi yang Mamikos bagikan di atas pada teman melalui contoh teks ceramah tentang pendidikan media sosial kamu sekarang. Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: Kost Dekat UGM Jogja Kost Dekat UNPAD Jatinangor Kost Dekat UNDIP Semarang Kost Dekat UI Depok Kost Dekat UB Malang Kost Dekat Unnes Semarang Kost Dekat UMY Jogja Kost Dekat UNY Jogja Contoh teks ceramah tentang pendidikan Dekat UNS Solo Kost Dekat ITB Bandung Kost Dekat UMS Solo Kost Dekat ITS Surabaya Kost Dekat Unesa Surabaya Kost Dekat UNAIR Surabaya Kost Dekat UIN Jakarta
Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan, Islam, Moral, dan Karakter Secara Singkat — Sebuah teks ceramah mengenai pendidikan, Islam, moral, dan karakter menjadi hal yang perlu diperhatikan sebab isinya haruslah berbobot dan memiliki pesan yang mendalam.

Jika kamu memerlukan info mengenai contoh teks ceramah dari beberapa materi tadi, maka kamu bisa menyimak penjelasan dari Mamikos di artikel ini. Karena di artikel ini, Mamikos sudah menyiapkan beberapa contoh teks ceramah mengenai beberapa materi yang disebutkan sebelumnya. Rekomendasi Contoh Teks Ceramah Singkat Berbagai Materi Menarik Daftar Isi • Rekomendasi Contoh Teks Ceramah Singkat Berbagai Materi Menarik • Daftar Contoh Teks Ceramah Berbagai Materi Pilihan • 1.

Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan • 2. Contoh Teks Ceramah Tentang Islam • 3. Contoh Teks Ceramah Tentang Moral • 4. Contoh Teks Ceramah Tentang Karakter pexels.com/@a-darmel Tak perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja simak penjelasan yang bisa Mamikos berikan pada kesempatan ini contoh teks ceramah tentang pendidikan rekomendasi contoh teks ceramah berbagai materi yang berhasil Mamikos kumpulkan sebagai berikut ini.

Baca Juga : 3 Contoh Ceramah Ramadan Beserta Nama Penceramahnya yang Menarik Daftar Contoh Teks Ceramah Berbagai Materi Pilihan 1. Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Contoh teks ceramah tentang pendidikan bersama-sama kita semua panjatkan puja dan puji pada nikmat dan berkah yang sudah dilimpahkan oleh Allah SWT, dan syukur atas kehidupan yang masih kita miliki hingga sekarang.

Syukur juga wajib kita panjatkan atas semua kesehatan yang kita rasakan hingga detik ini, sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama di hari yang cerah pada pagi ini. Saya ingin menyampaikan mengenai betapa pentingnya pendidikan dan akan begitu berpengaruh pada moral, karakter hingga perilaku anak-anak penerus bangsa. Generasi muda kita seharusnya mendapatkan pendidikan berkualitas dengan didorong oleh para tenaga pendidik yang berdedikasi.

Sayangnya, hingga saat ini pun, pendidikan di Indonesia masih belum merata. Tenaga pendidik pun masih banyak yang tidak memperoleh hak yang sudah seharusnya diterima. Hal tersebut tentu sangat miris dan menyakitkan mengingat tanpa guru yang mengabdi, tak akan bisa anak-anak bangsa mendapatkan ilmu di sekolah. Guru yang cakap dan andal menjadi gerbang utama terbentuknya karakter anak-anak bangsa bertanggung jawab dan cerdas bukan hanya dari pikirannya saja, tapi dari emosinya juga.

Untuk dapat mewujudkannya bersama, mari kita sama-sama melanjutkan perjuangan tersebut dengan memberikan pengajaran yang baik, pendidikan yang baik bagi anak-anak penerus bangsa. Demikian yang bisa saya sampaikan pada hari ini, mudah-mudahan kita semua dapat mengambil hikmah dari apa yang sudah disampaikan tadi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 2. Contoh Teks Ceramah Tentang Islam pexels.com/@pok-rie-33563 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mari bersama-sama kita panjatkan puja dan puji syukur terhadap nikmat dan kehadirat Allah SWT. Dimana karena rahmat, taufik, hidayah dan inayahnya kepada kita pada hari ini, kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat tanpa kurang satu apapun di sini. Hadirin sekalian yang dicintai Allah SWT, pada kali ini saya berniat untuk menyampaikan ceramah mengenai pentingnya menuntut ilmu menurut Islam.

Dalam agama kita, menuntut ilmu sangat penting serta diutamakan. Mengapa? Sebab ilmu dianggap sebagai cahaya dan penuntun jalan bagi kehidupan yang kita jalani. Selain itu ilmu juga dapat menjadi sarana bagi kita untuk bertakwa kepada Allah SWT.

Ilmu pengetahuan akan bisa membuka jalan lapang di depan mulai dari pengalaman, pekerjaan, hingga hidup baik yang diinginkan semua orang. Selain itu ilmu yang paling bermanfaat di atas semuanya adalah ilmu yang bisa berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Makanya ilmu pengetahuan menjadi sesuatu yang amat penting, utama, dan mulia dan harus dipelajari oleh semua orang tanpa terkecuali.

Belajarlah, menuntut ilmulah agar kehidupan yang baik dan diridai Allah SWT dapat kita semua jalani. Sekian yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga : 5 Contoh Kultum Singkat Berbagai Topik, Ada Tentang Kejujuran dan Kebohongan 3. Contoh Teks Ceramah Tentang Moral Bismillaahirrahmaanirrahiim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bapak dan ibu sekalian yang saya hormati, sebelum kita mulai, mari panjatkan syukur alhamdulillah atasu nikmat dan kebesaran Allah SWT karena pada hari yang ceria ini kita semua dapat berjumpa dan menghadiri acara penting ini.

Hari ini saya akan menyampaikan materi yang sangat penting yakni pentingnya pendidikan moral. Bapak dan ibu serta hadirin yang saya hormati, tak dapat dipungkiri jika akhir-akhir ini kita sering melihat banyaknya perilaku buruk yang dilakukan orang-orang di sekitar kita, tanpa kita duga sebelumnya.

Mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai ke atas, berperilaku layaknya manusia tanpa moral. Demi kepentingan sendiri dan kelompoknya, mereka melakukan tindakan buruk mulai dari perampasan hak asasi, pencurian, pembunuhan, penyalahgunaan obat-obatan terlarang hingga pemerkosaan dan tindakan korupsi yang merugikan.

Semua perilaku buruk tersebut sudah pasti mengakibatkan kerugian yang luar biasa bagi orang lain. Baik kerugian secara moral maupun material. Berbagai perilaku buruk tersebut bisa dikarenakan karena lemahnya moral di antara masyarakat dan kurangnya pemahaman akan memanusiakan manusia lain.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Perilaku buruk dan mengerikan serta merugikan banyak pihak itu seolah menjadi berita utama di mana-mana. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghindari contoh teks ceramah tentang pendidikan meminimalisir tindakan tersebut dengan cara memberikan pendidikan moral.

Pendidikan moral adalah bentuk pendidikan berbasis pengembangan moral pada para peserta didik, sehingga mereka mengetahui dan memiliki moral yang baik disamping memiliki otak dan kemampuan berpikir yang cerdas. Semoga saja di masa depan, generasi penerus bangsa dapat menjadi anak-anak bermoral yang dapat merangkul, mengayomi dan menjaga diri mereka sendiri dan kita semua.

Kurang lebihnya saya mohon maaf atas segala salah dan khilaf. Sekian ceramah dari saya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Baca Juga : 73 Contoh Judul Ceramah Ramadhan yang Menarik Agar Pendengar Tidak Bosan 4.

Contoh Teks Ceramah Tentang Karakter Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat datang saya ucapkan pada para hadirin yang saya hormati pada kesempatan kali ini. Pertama, mari ucapkan puji syukur atas segala nikmat dan karunia Allah SWT pada kita semua. Sebab karena kasih dan berkahnya kita merasakan sehat dan dapat berjumpa pada hari ini untuk mengetahui bagaimana membentuk karakter bangsa yang cerdas, beradab dan berkualitas.

Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan pendidikan yang memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian para peserta didik supaya di masa depan memiliki sebuah sikap dan bisa bertindak dengan bertanggung jawab. Di negara kita, pendidikan karakter menuntun anak-anak penerus bangsa untuk memiliki lima karakter dasar di antaranya adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, serta integritas. Dengan memiliki karakter yang sudah disebutkan tadi, anak-anak tersebut diharapkan dapat bertumbuh menjadi generasi emas yang bukan hanya tangguh, tapi cerdas secara emosi dan bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

Untuk metode agar kita semua dapat mengaplikasikan pendidikan karakter di sekolah tersebut harus dari dua arah. Yang pertama adalah dengan melibatkan anak-anak pada setiap pembelajaran materi pembelajaran. Misalnya saja dengan memberikan pengalaman empirik hingga mengadakan sesi tanya jawab untuk membangun interaksi. Pendidikan karakter harus diaplikasikan di semua sekolah karena akan berhubungan erat dengan pertumbuhan para generasi di masa depan yang jauh lebih cerdas, religius, serta berkarakter kuat.

Demikianlah pidato yang saya sampaikan di kesempatan berbahagia ini. Mohon maaf jika ada kekeliruan dan kekurangan dari saya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Baca Juga : Sebutkan 3 Contoh Ibadah Sunnah yang Dilakukan pada Saat Puasa di Bulan Ramadan! Dari beberapa contoh teks ceramah tentang pendidikan, Islam, moral, dan karakter di atas Mamikos berharap kamu memperoleh informasi yang bermanfaat yang bisa kamu aplikasikan di masa depan. Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: Kost Dekat UGM Jogja Kost Dekat UNPAD Jatinangor Kost Dekat UNDIP Semarang Kost Dekat UI Depok Kost Dekat UB Malang Kost Dekat Unnes Semarang Kost Dekat UMY Jogja Kost Dekat UNY Jogja Kost Dekat UNS Solo Kost Dekat ITB Bandung Kost Dekat UMS Solo Kost Dekat ITS Surabaya Kost Dekat Unesa Surabaya Kost Dekat UNAIR Surabaya Kost Dekat UIN Jakarta
(Pilih pembukaan pidato yang biasa sobat pakai) Perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh dan terutama contoh teks ceramah tentang pendidikan pendidikan.

Pendidikan itu proses yang panjang, yang tak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Itu makna pendidikan, sehingga suatu saat hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkan budaya baru dengan manusia yang cerdas. Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya. Barulah setelah itu dia mampu menguasai sains dan teknologi.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Budaya baru itulah yang menjadi kontra budaya yang kemudian masuk ke dalam tatanan menjadi masyarakat (budaya) alternatif yang akan dipilih oleh bangsa ini. Semuanya melalui pendidikan yang tertata rapi: pendidikan yang mampu mencerdaskan, mampu menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, dan menguasai sains dan teknologi.

Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru. Hal ini tampaknya akan menjadi ”momok” bagi pendidikan di Indonesia. Belum lagi persoalan kekurangan tenaga pendidik terselesaikan, masalah sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan menyusul persoalan mahalnya biaya pendidikan. Kita masih merasa sebagai bangsa yang tertinggal dalam berbagai hal dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu satu-satunya jalan untuk mencerdaskan bangsa adalah dengan meningkatkan pendidikan demi untuk menjadikan bangsa yang cerdas melalui sistem pendidikan nasional yang menyeluruh dan terencana.

Namun untuk menuju ke arah itu, jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku karena persoalan pendidikan sangat terkait dengan faktor lain, termasuk masalah ekonomi, keamanan dan masalah sosial lainnya. Para guru pun diharapkan mulai mengubah cara belajar kepada siswa.

Para guru pun tidak boleh lagi memberikan tekanan kepada siswa seperti pelajaran menghafal dan memberikan soal pilihan ganda (multiple choice) karena contoh teks ceramah tentang pendidikan berdampak pada pembentukan kepribadian. Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan peserta didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Pemberdayaan hanya mempunyai makna jika proses pemberdayaan menjadi bagian dan fungsi dari kebudayaan.

Oleh karena itu, pendidikan harus menumbuhkan jiwa independensi, menggerakkan pernyataan diri dan para pendidik mengajar siswa untuk hidup dalam harmoni dengan menghargai adanya perbedaan. Ke depannya, sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi, dan berbudi pekerti. Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu. Posting terkait: • Contoh Mukadimah • Yaumul Qiyamah • Yaumul Mahsyar Posting pada RELIGIUS Ditag ceramah agama tentang pendidikan, ceramah bahasa indonesia singkat tentang pendidikan, ceramah bugis tentang pendidikan, ceramah lucu tentang pendidikan, ceramah panjang tentang pendidikan, ceramah singkat tentang pendidikan, ceramah singkat tentang pendidikan agama, ceramah singkat tentang pendidikan anak, ceramah singkat tentang pendidikan berkarakter, ceramah singkat tentang pendidikan beserta hadisnya, ceramah singkat tentang pendidikan dalam islam, ceramah singkat tentang pendidikan karakter, ceramah singkat tentang pendidikan moral, ceramah tentang pendidikan, ceramah tentang pendidikan agama islam, ceramah tentang pendidikan beserta dalilnya, ceramah tentang pendidikan di indonesia, ceramah tentang pendidikan islam, ceramah tentang pendidikan karakter, ceramah tentang pendidikan karakter remaja, ceramah tentang pendidikan moral, ceramah tentang pendidikan moral generasi muda, ceramah tentang pendidikan remaja, ceramah umum tentang pendidikan, contoh ceramah singkat tentang hari pendidikan, contoh ceramah singkat tentang pendidikan, contoh ceramah singkat tentang pendidikan beserta dalilnya, contoh ceramah singkat tentang pendidikan di masa pandemi, contoh ceramah singkat tentang pendidikan karakter, contoh ceramah singkat tentang pendidikan moral, contoh ceramah singkat tentang pendidikan sekolah, contoh ceramah singkat tentang pentingnya pendidikan, contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas, contoh ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah tentang pendidikan moral, contoh kerangka pidato tentang pendidikan, contoh teks ceramah singkat tentang pendidikan, contoh teks ceramah singkat tentang pendidikan beserta strukturnya, contoh teks ceramah singkat tentang pendidikan moral, contoh teks ceramah tentang pendidikan, contoh teks ceramah tentang pendidikan beserta strukturnya, contoh teks ceramah tentang pendidikan karakter, contoh teks ceramah tentang pendidikan yang singkat, kerangka ceramah tentang pendidikan, membuat ceramah tentang pendidikan, pidato singkat tentang pendidikan berkarakter, pidato tentang pendidikan sekolah, pidato terbaik tentang pendidikan, teks ceramah singkat tentang pendidikan karakter, teks ceramah singkat tentang pendidikan moral, teks ceramah tentang pendidikan anak usia dini, teks ceramah tentang pendidikan beserta strukturnya, teks ceramah tentang pendidikan di masa pandemi, teks ceramah tentang persoalan dunia remaja Post Terbaru • Program Kerja Osis • 16 Prospek Kerja Agribisnis • √ Larutan Non Elektrolit : Pengertian, Contoh dan Penjelasannya • Motto OSIS • Prospek Kerja Teknik Industri dan Gajinya • Sinopsis Novel Dia Adalah Kakakku • Sinopsis Novel Sepotong Hati yang Baru • Sinopsis Novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah • Sinopsis Novel Sunset Bersama Rosie • Sinopsis Novel Selamat TinggalDaftar Lengkap Isi Artikel • Contoh Teks Ceramah • Pengertian Ceramah • Contoh Teks Ceramah • 1.

Contoh Teks Ceramah Tentang Sholat • 2. Contoh Ceramah Tentang Kematian • 3. Contoh Ceramah Singkat Lucu • 4. Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu • 5. Contoh Ceramah Anak Sekolah • Resecent Posts • Sebarkan ini: • Contoh teks ceramah tentang pendidikan terkait: Contoh Teks Ceramah Ceramah yang sering dilakukan pada tempat ibadah oleh seorang ahli agama.

Yang biasanya seorang teladan dari pada pendahulu yang jadi contoh yang baik.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Selain itu juga, di berbagai macam acara, ceramah pula menjadi agenda yang penting terutama yang paling berkaitan dengan tema dari acara, baik itu sebuah pendidikan, keluarga, sampai hal-hal yang berbau privasi yang tujuannya mengingatkan serta menyadarkan banyak orang.

Pengertian Ceramah Secara umumnya ceramah mempunyai definisi sebagai pidato yang berisi dapat berupa nasehat contoh teks ceramah tentang pendidikan ditujukan pada siapa saja yang ada di lokasi ceramah itu. Menurut Matthew, ceramah ialah informasi ataupun berita yang sudah diucapkan secara lisan pada orang banyak.

Hakikatnya yakni untuk memperbanyak wawasan untuk para pendengarnya. Hal serupa pula diungkapkan Winarno Surahmad, menurutnya ceramah ialah kumpulan informasi yang berikan pada yang mendengar serta melihat penceramah itu secara lisan ataupun langsung. Sedangkan didalam kamus besar Indonesia berarti yakni pidato dengan maksud memberikan sebuah nasehat ataupun arahan pada masyarakat yang bertindak sebagai seorang audiens. Contoh Teks Ceramah Dibawah ini ada beberapa contoh-contoh untuk teks ceramah.

Terdapat beberapa tema ceramah yang dapat menjadi pembelajaran. Berikut ini adalah penjabarannya: 1. Contoh Teks Ceramah Tentang Sholat Seperti sebuah pepatah Sholat ialah tiang agama. Dikarenakan itu penting untuk kita utamanya bagi umat muslim agar menjalankan rukun islam itu. Ceramah ini dapat saja diberikan bagi tema pengajian-pengajian ataupun acara yang sedang mengandung unsur keagamaan. Berikut ini contoh teks ceramah soal sholat: Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulilah, Puji Syukur Kepada Kehadirat Allah SWT yang sudah memberikan curahan nikmatnya sampai hari ini kita semua bisa berkumpul contoh teks ceramah tentang pendidikan tempat ini didalam keadaan sehat wal’afiat.

Di kesempatan yang berbahagia serta menyenangkan ini saya sedikit untuk berceramah soal keutamaan sholat. Saudaraku, kita semua sudah tahu sholat ialah tiang agama. Maka kita sebagai seorang umat muslim yang beriman supaya selalu dirikan lah sholat yang sangat khusuk dan benar. Dikarenakan dengan kita khusuk disaat menjalankan ibadah sholat, yang berarti kita sudah menjalankan salah satu tiang dari kehidupan. Sholat ialah tiang agama.

Hal itu dapat dianalogikan dengan suatu tiang bangunan yang roboh maka seluruh bangunan pastinya ikut hancur serta rusak. Begitu pula dengan kehidupannya kita. Baik buruknya sholat kita ialah cerminan perilaku kehidupan yang sudah kita jalani. Banyak sekali orang yang berpendapat bahwa sanya apabila ingin melihat bagaimana seseorang maka cukup melihat cara sholat orang itu. Kalau Sholatnya itu baik, Insya Allah semua amalan yang sudah dilakukan orang itu baik adanya.

Dikarenakan kekhusukan sholat bisa mencerminkan bahwa sanya seseorang sudah dengan maksimal menjalankan sebuah perintah Allah ddalam hal ini yakni sholat. Hal ini pula yakni suatu bukti ketakwaan kita kepada Allah SWT. Lain halnya Saudaraku, apabila kita selalu seenaknya serta tidak khusuk disaat menjalankan sholat. Baik didalam soal waktu ataupun bacaan sholat yang sedang dilantunkan.

Maka sudah bisa dipastikan amalan lain yang sudah dilakukan orang itu akan tidak jauh berbeda. Ada juga suatu Hadist Nabi yang berarti bahwa sholat bisa saja mencegah dari perbuatan keji serta mungkar.

Hal ini yang menjadi suatu kesimpulan yakni sholat yang sudah dikerjakan dengan baik serta khusuk akan bisa mempengaruhi jiwa serta hati nurani kita.

Khususnya dari sebuah penyakit hati serta hal buruk yang dapat merugikan orang lain. Dan sampailah kita pada bagian akhir dari ceramah pada hari ini, semoga bisa memberi banyak sekali manfaat untuk semua hadirin yang sudah hadir disini.

Mohon maaf tidak lupa saya bisa ucapkan apabila ada salah kata. Saya akhir Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 2. Contoh Ceramah Tentang Kematian “Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu. Berjumpa lagi berdama saya yang pada kali ini mau berbagi untuk sedikit ilmu soal bagaimana kita menyikapi sebuah kematian.

Sesuai dengan firman Allah didalam surat Ali Imran ayat 185, yang pada intinya menyebutkan bahwa sanya semua yang bernyawa pasti menemui ajalnya sesuai dari ketetapan Allah SWT,” “Artinya kapanpun dan dimanapun kita pasti mati.

Tapi mati bagaimana yang baik? Yakni mati di dalam sebuah kebaikan. Yakni kita selalu mengingat Allah serta melakukan semua perintahnya secara benar. Tak salah apabila tetap melakukan sebuah aktivitas dunia, dikarenakan Allah juga menyuruh kita agar berusaha sekeras yang kita dapat, tapi tetap lakukan semuanya atas nama Allah,” “Janganlah pernah terjerumus didalam hal-hal yang tidak baik dikarenakan saat mati tidak ada satupun harta benda serta kekuasaan yang akan kita bawa.

Kita hanya bisa kembali tanpa apa-apa, hanya dibalut dengan kain kafan saja. Jadi cobalah agar tetap berpegang pada agama Allah, supaya selama hidup banyak hal positif yang kalian lakukan, yang akan menjadi sebuah amalan tercatat pada akhirat kelak,” “Sekian ceramah singkat dari saya soal kematian. Semoga kita semua didekatkan dengan Allah serta lebih berhati-hati didalam menjalankan hidup. Supaya ketika disaat mati tiba, kita dapat menghadapnya dengan kondisi tersenyum serta bahagia.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu,” 3. Contoh Ceramah Singkat Lucu “Didalam agama Islam, Shalat itu yakni kewajiban dan tiang dari agama. Siapa yang melakukan shalat tepat waktu pastinya mendapat banyak pahala yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT. Tapi sayangnya banyak sekali orang yang Shalat saja dengan malas-malasan, bahkan menjelang masuk waktu shalat yang berikutnya baru terburu-buru ambil wudhu lalu shalat, itu sama saja melalaikan kewajiban,” “Ada suatu cerita soal shalat.

Pada suatu desa, tepat pada pukul 10 pagi, terdengarlah suara adzan dari sebuah masjid utamanya. Sontak orang-orang yang ada di desa terkejut. Ada apakah gerangan, mengapa jam segini sudah adzan. Kalau Subuh sudah pastinya lewat, tapi adzan Zuhur itu terlalu cepat.

Apakah Muadzimnya ini ngigau ataupun lagi lupa daratan,” “Kemudian warga desa berbondong-bondonglah untuk mendatangi masjid sesudah adzan selesai dikumandangkan. Kemudian salah seorang itu bertanya pada Muadzim, mengapa bapak adzan, kan belum waktunya untuk shalat Zuhur. Dengan tertawa si muadzimpun menjawab, nah bapak itu tahu kalau belum saatnya Adzan zuhur, tapi saat adzan pas pada jamnya kenapa tak pernah datang untuk tepat waktu,” “Semua penduduk pun terdiam.

Mungkin sadar bahwa mereka sudah mengabaikan perintah dari Allah. Lalu si Muadzimpun contoh teks ceramah tentang pendidikan berkata, kalau bisa sih pada setiap adzan itu bapak serta ibu langsung kesini lalu shalat berjamaah, biar bisa mendapatkan pahala. Dia tertawa sambil menuju pada kamarnya,” “Cerita itu dapat menjadi bukti kalau sebenarnya banyak sekali orang muslim yang mengerti tentang kewajiban shalat yang benar itu seperti apa.

Tapi dalam prakteknya tidak dapat maksimal. Semoga kalian tak termasuk kedalam golongan demikian. Sekian ceramah singkat dari saya. Semoga dapat bermanfaat,” 4. Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu Ceramah yang bertema tentang ibu dapat disampaikan padasaat acara khusus contohnya sjaa peringatan hari ibu. Ataupun dapat dilakukan sebagai topic perbincangan yang khusus disaat pengajian di masjid.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Berikut ini contoh teks ceramah yang bertemakan “Ibu” Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Bapak atau Ibu,Saudara sekalian yang sangat saya hormati. Marilah kita panjatkan puja serta puji syukur kepada kehadirat Allah SWT. Dikarenakan atas limpahan rahmat serta karuniaNya kita semua masih dikasih kesempatan agar ber kumpul agar bersilahturrahmi di tempat ini. Tentunya didalam keadaan sehat wal-afiat.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Bapak/Ibu serta Saudara sekalian, dihari ini saya sedikit memberikan ceramah singkat yang bertema “ibu”. Ibu ialah orang tua kita selain dari ayah yang harus kita hormati sampai kapanpun.

Tak ada pengecualian dikarenakan hal itu ialah ketentuan Allah SWT. Sesuai dari salah satu firman Allah SWT didalam Al-Quran surah Al-Isra’. Di mana artinya itu berbunyi “Dan Tuhanmu sudah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia serta hendaklah engkau berbuat baik pada ibu-Bapak”.

contoh teks ceramah tentang pendidikan

Serta lanjutan artinya yakni “Jika salah seorang diantara keduanya ataupun keduanya sampai berusia lanjut didalam pemeliharaanmu, maka janganlah kalian menyebut contoh teks ceramah tentang pendidikan ‘ah’.” Selain itu didalam potongan ayat itu juga menjelaskan soal larangan keras kepada kita selaku anak-anak dari mereka untuk membentak keduanya.Berkata kata yang bisa menyakitkan serta buruk.

Juga perintah yang hanya mengucapkan kalimat serta kata–kata yang baik pada kedua orang tua kita. Melalui ayat itu sudah begitu jelas menerangkan bahwa sanya sebagai seorang anak telah menjadi kewajiban kita supaya menghormati kedua orang tua khususnya ibu. Diharamkan pada kita mengucap ‘ah’ apalagi sampai-sampai membentak kedua orang tua kita. Maka Allah SWT pasti tidak akan segan memberikan azab yang sangat berat.

Hal itu tentu sangatlah berhubungan dengan kehadirannya kita di dunia. Ingatlah bahwa sanya kita tidak akan dapat hidup di dunia ini tanpa perjuangan dari keorang tua kita. Melalui mereka Allah SWT dapat memberi amanat kita. Bahkan terdapat suatu pepatah Ridho Allah ialah Ridho orang tua.

Serta sebaliknya Murka Allah pula murkanya orang tua. Khususnya untuk seorang ibu. Seseorang yang sangat rela mengandung kita selama 9 bulan lamanya. Sesudah itu dengan susah payah dia akhirnya melahirkan kita didunia tanpa peduli rasa sakit yang sedang dirasakannya. Perjuangan mulianya itu belum berakhir, kita pula dilimpahi segudang kasih sayang disaat proses membesarkan kita yang selanjutnya sampai dewasa.

Hingga ada suatu kiasan yakni “kasih Ibu sepanjang masa”. Arti kiasan itu kurang lebih yakni kasih sayang yang seorang ibu yang berikan memang tidaklah terhingga. Bahkan seringkali tanpa pamrih yang sedikit pun serta tidak mengharap imbalan kembali. Terdapat juga istilah yang begitu dikenal oleh masyarakat yang berbunyi yakni surga di telapak kaki ibu. Semua kiasan, pepatah serta istilah yang selama ini sudah kita kenal serta melekat didalam kehidupan masyarakat itu ynag tentunya cukup menjelaskan seberapa berjasanya seorang ibu.

Sampai kita ini diwajibkan untuk selalu menaruh hormat kepada beliau. Juga perintahnya Allah SWT agar senantiasa berbuat serta berkata baik kepada ibu sampai akhir hayat kita nantinya. Sekian ceramah yang contoh teks ceramah tentang pendidikan saya berikan hari ini. Semoga bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi semua yang sudah hadir hari ini. Untuk salah kata saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhir kata Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 5. Contoh Ceramah Anak Sekolah “Selama tiga tahun ini kami dididik serta diberi ilmu di sekolah ini. Banyak kenangan yang indah yang sudah tertancap dihati. Ada yang tak dapat lupa bagaimana rasanya dijemur di tengah lapangan upacara dikarenakan terlambat datang, mungkin ada juga yang merasakan sakitnya telinga dijewer oleh guru Fisika dikarenakan tidak mengerjakan pr yang sudah disuruh kemarin,” “Semua itu akan menjadi hal-hal indah serta lucu agar diceritakan kepada anak cucu.

Kami sangat sadar ibu dan bapak guru sudah melakukan semuanya supaya kami dapat menjadi anak didik yang sangat baik, yang kenal akan disiplin, yang selalu mencintai pelajaran, serta yang punya cita-cita agar diwujudkan.

Kami juga sangat berterima kasih atas bimbingan serta contoh teks ceramah tentang pendidikan yang selama ini menghadapi tingkah laku dari kami yang terkadang kelewatan,” “Terima kasih tidak terhingga pula kami sampaikan, bagi bapak ibu guru, yang selalu saja mengingatkan bahwa sanya pendidikan itu bukanlah sekedar pelajaran yang ada di sekolah, tapi bagaimana kami memahaminya serta dapat menerapkannya didalam kehidupan nanti. Dikarenakan kami pastinya akan tumbuh dewasa serta hidup di tengah masyarakat dari berbagai macam kalangan, serta pendidikan yang sudah diberikan akan begitu berfungsi disana,” “Demikian saja ceramah singkat saya.

Berpisah bukanlah tandanya bercerai. Di suatu saat kita pastinya berjumpa lagi. Semoga disaat itu kami sudah memiliki rumah sendiri, mobil sendiri serta pekerjaan yang pasti. Dan pastinya terdapat kontribusi ibu serta bapak guru didalam kesuksesan kami itu. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu,” Selesai sudah pembahas kali ini tentang Contoh Teks Ceramah semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir Refrensi Teknologi : DISINI Resecent Posts • Contoh Proposal Usaha Singkat • Soal Essay PKN Kelas 8 Dan Jawabannya • Sinonim • Pidato tentang anti kekerasan dan antitawuran • Pidato tentang anak sholeh beserta hadisnya • Pidato Tentang Akhlak Singkat • Pidato Tentang Demo Mahasiswa • fungsi epididimis pada pria adalah • Mollusca : Pengertian, Ciri, Struktur, dan Klasifikasi • Nilai Praksis Pancasila • Soal PKN Kelas 10 Semester 2 • Passing Grade UIN Walisongo • Soal Essay PKN Contoh teks ceramah tentang pendidikan Jawabannya Kelas 7 • Gambar Tulang Rusuk • Hewan Melata : Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh, dan Gambar Posting terkait: • Hakikat Atau Tujuan Otonomi Daerah • Matematika Kelas 5 • Soal PKn Kelas 1 Posting pada Bahasa Indonesia, Pendidikan Ditag ceramah tentang pendidikan moral, contoh teks ceramah beserta strukturnya, contoh teks ceramah panjang tentang pendidikan, contoh teks ceramah singkat tentang pendidikan, contoh teks ceramah tentang pendidikan di masa pandemi, contoh teks ceramah tentang pendidikan di masa pandemi beserta strukturnya, contoh teks ceramah tentang pendidikan karakter di sekolah, contoh teks ceramah tentang pendidikan karakter di sekolah beserta strukturnya Resecent Posts • Contoh teks ceramah tentang pendidikan PKN Kelas 7 Semester 1 • 1 Hari Berapa Detik • 1 Hektar Berapa Meter • Soal PKN Kelas 9 Semester 2 • Soal PKN Kelas 8 Semester 2 • Hakikat Atau Tujuan Otonomi Daerah • Matematika Kelas 5 • Soal PKn Kelas 1 • Soal PKn Kelas 3 • Soal PKn Kelas 4 • Soal PKn Kelas 5 • Soal PKn Kelas 8 • Kode Alam Merobek Buku Nikah 4D 3D 2D • Bentuk Pemerintahan Monarki • Soal PKN Kelas 8 Semester 1
Masagipedia.com - Berikut ini adalah contoh teks ceramah atau pidato tentang pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Dimana pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini menjadi satu tema yang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat. Menyampaikan materi pidato atau ceramah tentang pendidikan di masa pandemi Covid-19 pun bisa dipilih dari berbagai sudut pandang.

Baca Juga: Teks Pidato Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag 2022 PDF oleh Menteri Agama, untuk Upacara Peringatan HAB Kemenag Baik itu dari sisi aturan yang diterapkan oleh pemerintah, efektifitas pendidikan hingga keunggulan dan kelebihan model pembelajaran yang diterapkan dalam masa pandemi Covid-19.

Inilah contoh teks pidato atau ceramah tentang pendidikan di masa pandemi Covid-19 yang dilansir masagipedia.com dari berbagai sumber. Teks Ceramah tentang Pendidikan di Masa pandemi Covid-19 Judul Ceramah: Pelajaran dari Pandemi Covid-19 Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt karena atas nikmat-Nya kita bisa berada dalam tempat yang mulia ini.
Kali ini saya akan membagikan contoh teks ceramah tentang pendidikan beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas.

Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks ceramah singkat dibawah ini. Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan Pendahuluan : Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hamdan Wa Syukran Lillah Sholatan Wa Salaman ‘ Ala Rosulilah Amma Ba’ad Teman – teman yang saya cintai dan dicintai oleh Allah Marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas rahmat dan kasih sayang-Nya yang dilimpahkan kepada kita.

Salawat serta salam kita curahkan kepada baginda Rasulullah SAW yang membawa umat manusia dari kejahiliyaan menuju pengabdian kepada Allah SWT. Isi : Hadirin yang dimuliakan Allah. Judul ceramah yang saya bawakan pada kesempatan ini adalah “ Pentingnya Ilmu Pengetahuan ” Islam memerintahkan kepada kita untuk mencari ilmu, tidak ada alasan untuk tidak mencari ilmu sebagaimana sabda Rasulullah saw.

“ Tolabul ilma faridatur ‘ala kulli muslimin wa muslimah” Artinya : Mencari ilmu itu wajib bagi orang islam laki – laki dan perempuan. Dengan ilmu kita bisa menundukkan seluruh makhluk Allah yang ada dimuka bumi ini. Dengan ilmu pula kita bisa memimpin dunia memimpin seluruh makhluk Allah.

Kita akan menjadi makhluk terbaik diantara makhluk Allah. Namun jika tidak berilmu, kita akan menjadi bodoh tidak tahu apa-apa didunia ini pada akhirnya kita menjadi makhluk yang paling rendah, kata Allah “ Asfala Safilin ” tentu kita tidak mau menjadi makhluk yang paling rendah.

“ Yarpa’ illahul lazina amanu minkum wallazina utul ilma darajat “ Artinya : Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat. Oleh karena itu marilah kita tetap menuntut ilmu karena dengan ilmu pengetahuan kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat.

Penutup : Sebagai kesimpulan. Selama hayat masih dikandung badan mari kita selalu menuntut ilmu tanpa mengenal lelah karena ilmu sangat penting dalam kehidupan. Kita tidak bisa menjadi insan kamil tanpa ilmu pengetahuan. “ Unzur ma qila wala tanzur man Qola “ Pandanglah pembicaraan jangan pandang siapa pembicaranya.

Wabillahi taufik wal hidaya Assalamu’ Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Demikianlah contoh dari teks ceramah tentang pendidikan beserta strukturnya semoga dapat membantu, terima kasih.

Teks ceramah Pendidikan di masa pandemi




2022 www.videocon.com