Andong adalah

andong adalah

Pengertian andong adalah: Subjek Definisi Tari Dan Drama Tari ? andong : Seni pertunjukan sejenis tayub yang dipentaskan untuk ngamen. Kamus Definisi Bahasa Indonesia (KBBI) ? andong : an.dong [Jw n] kereta kuda sewaan spt dokar atau sado beroda empat (di Yogyakarta dan Surakarta) [n] (1) tanaman perdu, tergolong tanaman hias, berhelai daun panjang meruncing lurus atau bergelombang, tangkai daunnya berbentuk tulang, warna daunnya hijau, hijau kemerah-merahan, ungu kemerah-merahan, merah sekali; Cordyline fruticosa; (2) daun andong Bahasa Sansekerta ?

andong : andung, nama tumbuhan Malaysia (Dewan) ? andong : Jw kereta kuda (sewaan). Definisi ? andong : kb, dokar Jawa. Sinonim andong n cikar, delman, dokar, kereta kuda, sado Glosarium.org versi April 2019 ✰ Glosarium.org adalah website belajar online.

tentang Glosarium kamus kosa kata bebas yang dimuat dari banyak sumber dan referensi di internet. ✰ Berdasarkan kategori bidang khusus dan mata pelajaran. andong adalah Referensi rata-rata minimal 2 bidang/mata pelajaran per kata. ✰ Lengkap lebih andong adalah 200+ bidang dan mata pelajaran ada di Glosarium.org ✰ Tanpa website mirror/kloningan ampas ✰ AMP, akses glosarium.org lewat Google Search mobile lebih cepat.

✰ Konten berorientasi manusia, mendahulukan penyampaian maksud yg dapat dimengerti manusia daripada mesin pencari. ✰ 2021, glosarium.org 3x lebih cepat.

Andong - artinya andong adalah 1an·dong Jw n kereta kuda sewaan spt dokar atau sado beroda empat (di Yogyakarta dan Surakarta) andong adalah 2an·dong n 1 tanaman perdu, tergolong tanaman hias, berhelai daun panjang meruncing lurus atau bergelombang, tangkai daunnya berbentuk tulang, warna daunnya hijau, hijau kemerah-merahan, ungu kemerah-merahan, merah sekali; Cordyline fruticosa andong adalah 2 daun andong andong four-wheeled carriage drawn by two horses common in Central Java.

sinonim: cikar, delman, dokar, kereta kuda, sado, • Azurit: azu·rit n Min tembaga karbonat alamiah, berwarna biru muda; Cu3(CO3)2(OH)2. • Azospermi: azos·per·mi /azospérmi/ a mandul krn sperma tidak mengandung sel mani hidup dan aktif.

andong adalah

• Azoikum: azoi·kum n waktu dl sejarah perkembangan bumi, saat belumada kehidupan di bumi (? 800 juta sampai 300 juta tahun yg. • Azmat: az·mat kl a hebat; ramai sekali tempik sorak kawan dan musuh terlalu – bunyinya. • Aziz: aziz kl a terhormat; termulia; sangat berharga daulat Tuanku Syah Alam, patik andong adalah durhaka ke bawah duli yg –. • Azimut: azi·mut n besarnya sudut yg diapit oleh garis yg ditentukan dng garis Utara-Selatan (dihitung menurut perputaran jarum .

• Azimat: azi·mat n barang (tulisan) yg dianggap mempunyai kesaktian dan dapat melindungi pemiliknya, digunakan sbg penangkal pen. • Azeotrop: aze·o·trop /azéotrop/ n Fis campuran zat penyejuk yg fase uap dan fase cairnya andong adalah komposisi yg persis sama.

• Azemat: aze·mat ? azmat. • Azan: azan n seruan untuk mengajak orang melakukan salat; bang kedengaran – sayup-sayup sampai; muazin ialah orang yg menguma.

Keterangan Penggunaan simbol pada Kamus KBBI. Simbol Bentuk Keterangan a adjective mendefinisikan Adjektiva yaitu bentuk kata sifat atau "ajektip" v verb mendefinisikan Verba, yaitu bentuk "kata kerja" andong adalah noun mendefinisikan bentuk "kata benda" ki kiasan mendefinisikan bentuk kata "kiasan" (ibarat) pron pronoun mendefinisikan kataganti, yaitu kata yang meliputi kata ganti, kata tunjuk, atau kata tanya cak percakapan mendefinisikan kata cakap/percakapan (tidak baku) ark Arkais mendefinisikan bentuk kata yang tidak lazim digunakan, kuno atau ketinggalan zaman adv adverb mendefinisikan kata keterangan/tambahan, yaitu kata keterangan atau tambahan yang menjelaskan verba, adjektiva, dan adverbia lain -- Pengganti kata Simbol tersebut digunakan dalam contoh kalimat atau sebagai pengganti kata untuk entri yang dimaksud.

Contoh disini, adalah pengganti Andong Mengenai abc .web.id abc.web.id adalah kamus online berbasis Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang sangat populer dikalangan pelajar, mahasiswa dan umum. Data utama bersumber dan merupakan hak cipta dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud. Disini,Anda bisa mencari Kosa kata dan artinya, kami sediakan gratis agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum guna mencerdaskan bangsa.

Selengkapnya
Daftar Isi • Tanaman Andong • Jenis Tanaman Andong • Klasifikasi Andong • Ciri Morfologi Andong • Akar • Batang • Daun • Bunga • Buah • Manfaat Tanaman Andong • Cara Budidaya Andong • Sebarkan ini: • Posting terkait: Tanaman Andong Tanaman andong memiliki banyak nama untuk masing-masing daerah. Nama- nama tersebut seperti di Aceh disebut bak juang, Medan disebut linjuang, Palembang dikenal tumjuang, hanjuang di Sunda, andong di Jawa Tengah dan lain sebaginya.

andong adalah

Selain dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang berada di pagar- pagar atau pekarangan rumah, andong adalah tanaman andong juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Andong juga mudah untuk di tanam dan di rawat karena sifatnya yang tahan terhadap kekeringan. Jenis Tanaman Andong Andong memiliki beberapa jenis tanaman dimana masing- masing memiliki karakteristik yang berbeda- beda. Berikut dibawah ini macam-macam tanaman andong yaitu; • Cordyline fruticosa syn C.

terminalis (hanjuang biasa) • Cordyline obtecta syn C. kaspar C • Cordyline australis • Cordyline banksii • Cordylin haageana • Cordyline indivisa • Cordyline pumilio • Cordyline stricta Klasifikasi Andong Andong merupakan tanaman yang terbilang cukup unik karena keindahan yang ditonjolkan pada daun berwarna andong adalah seling ini.

Hal ini membuat pohon andong memiliki sistem klasifikasi dalam tumbuhan yang di sebutkan di bawah ini: Kingdom Plantae Sub kingdom Viridiplantae Infra kingdom Streptophyta Super divisi Embryophyta Divisi Tracheophyta Sub divisi Spermatophytina Kelas Magnoliopsida Super ordo Llianae Ordo Cordyline comm.

ex R. Br Genus Boesenbergia rotunda Spesies Cordyline fruiticosa L A. Chev Ciri Morfologi Andong Tanaman andong yang sering digunakan sebagai tanaman hias maupun obat untuk menyembuhkan beberapa penakit ini memiliki ciri atau karakteristik morfologi yang di bedakan menjadi 5 macam yaitu : • Akar Karakteristik pertama yang bisa dipelajari dari tanaman andong ialah akarnya. Arti akar merupakan hal pertama yang sangat penting dan pastinya akan selalu ada pada setiap tumbuhan.

Tanaman andong merupakan tumbuhan yang memiliki jenis akar serabut.

andong adalah

Akar yang dikenal memiliki ukuran yang relative kecil dan tumbuh di bagian pangkal batang pada tanamanan andong ini memiliki warna putih kekuningan. • Batang Jenis batang tanaman andong berkayu dan memiliki tekstur andong adalah keras. Batang berkayu maksudnya ialah batang yang memiliki kambium.

Fungi kambium sendiri yaitu sebagai penebalan pada batang berkayu. Batang andong berwarna coklat muda dan pada permukaan batang beruas-ruas. Bentuk batang yaitu bulat dengan diameter sekitar 7,5 cm. Batang juga memiliki cabang dengan warna putih kotor.

andong adalah

• Daun Daun tanaman andong termasuk golongan daun tunggal. Artinya pada satu tangkai hanya terdapat satu helai daun saja. Pola daun andong yaitu tersebar dan biasanya daun berselang-seling.

Posisi daun tunggal ialah menempel pada batang, ujung daun runcing. Daun juga memiliki panjang sekitar 20 hingga 60 cm andong adalah lebar 10 hingga 13 cm. Pertulangan daun menyirip dengan warna hijau mengkilap pada permukaan daun. • Bunga Bunga adalah salah satu yang indah pada tanaman andong, dan menjadi pemikat juga baik bagi serangga maupun manusia yang melihatya.

Tanaman andong mempunyai bunga majemuk yang berbentuk malai. Bunga keluar dari ketiak daun dengan ukuran kurang lebih 30 cm. Warna bunga tanaman andong ialah ungu. Jenis bunga ini terdiri dari 6 daun mahkota, benang sari, tangkai putik, putih, dan kepala putik. • Buah Buah tanaman andong dikenal dengan nama buni. Bentuk buah yaitu bulat dan warnanya merah mengkilap. Buah andong juga memiliki biji yang berwarna hitam. Manfaat Tanaman Andong Berdasarkan deskripsi tanaman andong yang sudah dijelaskan diatas, bahwa andong bukan saja sebagai tanaman hias, melainkan juga berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit.

Berikut dibawah ini yang termasuk manfaat dari tanaman andong adalah; • Mengatasi batuk darah, urin berdarah, dan andong adalah terlalu banyak Kebanyaka orang yang mengalami sakit batu berdarah akan merasa panik dan bingung untuk menghadapinya. Tentunya hal ini bisa diatasi dengan adanya daun dan akar dari tanaman andong. Karena tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati batuk berdarah, urine berdarah, dan haid yang terlalu banyak. Cara yang dilakukan untuk mengkonsumsinya yaitu dengan merebus daun andong yang masih segar sekitar 90 gram atau akar andong yang sudah kering sekitar 50 ram dengan 3 gelas air sampai mendidih.

Sisakan 1 gelas saja daria air rebusan tadi. Kemudian saring air dan minum di waktu pagi dan sore hari sebanyak setengah gelas. • Mengobati diare atau disentri Selain berkhasiat untuk mengobati batuk berdarah, daun dan akar andong juga bermanfaat untuk mengatasi diare atau disentri.

Caranya yaitu sama persis yang dilakukan untuk mengobati batuk darah yaitu dengan merebus daun atau andong adalah andong kemudian minum air rebusan pada waktu pagi, siang, dan sore hari. • Mengatasi wasir Tanaman andong juga dipercaya bisa mengatasi wasir. Caranya yaitu siapkan 3 helai daun andong dan daun wungu sebanyak 7 helai, kemudian rebus daun tersebut dan di minum pada waktu pagi, siang dan sore hari.

• Mengobati luka akibat sengatan binatang berbisa Daun andong bisa digunakan untuk mengobati luka pada tubuh. Ambil beberapa daun andong dan cuci hingga bersih, kemudian haluskan daun tersebut dan dipanaskan diatas api. Kondisi hangat yang ada pada daun dapat di usapkan ke bagian tubuh yang terluka karena sengatan binatang berbisa.

Daun tersbeut juga bisa dibalut dengan kain pada bagian yang terluka dan diganti 2 hingga 3 kali sehari. • Mengobati radang gusi Radang pada gusi bisa membuat seseorang merasa kesulitan pada saat akan makan. Untuk mengatasi hal ini maka andong hadir sebagai tanaman yang bisa digunakan untuk membantu mengobatasi radang gusi.

Ambil kulit andong dan di kikis secukupnya, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata. Bahan yang sudah dikombinasi tersebut kemudian di oleskan pada bagian gusi yang meradang dan tentunya ramuan ini bisa untuk mengobati peradangan pada gusi. • Mengobati sakit ulu hati dan lambung Ramuan yang bisa diolah yaitu ambil 3 bagian dari andong berupa daun, andong adalah, dan bunga. Pastikan ketiga bahan tersebut dalam keadaan yang masih segar.

Pertama-tama yang dilakukan ialah cuci bersih ketiga bahan kemudian merebusnya dengan air bersih. Sisakan sekitar 1 gelas air rebusan yang anntinya bisa diminum untuk mengobati sakit lambung dan ulu hati. Cara Budidaya Andong Setelah mengetahui berbagai jenis, klasifikasi, dan manfaat dari tanaman andong, proses selanjutnya yang bisa kita pelajari yaitu cara budidaya tanaman andong.

Berikut dibawah ini langkah- langkah atau cara budidaya andong dengan menggunakan metode stek: • Menyiapkan batang untuk di stek Metode stek bisa di pakai untuk melakukanbudidaya tanaman andong. Metode ini dilakukan dengan cara mengambil batang dari andong dengan memotongnya sepanjang kurang lebih 30 hingga 40 cm.

• Menyiapkan media tanam stek Media tanam yang digunakan bisa berupa pot atau lahan di sekitar pekarangan rumah. Hal yang perlu diperhatikan ialah tanah dalam keadaan subur dan tidak kering. • Penanaman stek batang andong Penanaman stek batang dilakukan dengan cara menancapkan batang ke dalam tanah.

Perhatikan pada saat melakukan penancapan jangan sampai posisi stek batang terbalik. Sebelum penanaman dilakukan akan lebih baik apabila stek batang direndam terlebih dahulu ke dalam ZPT. Hal ini agar stek batang mempunyai kualitas yang lebih bagus. • Perawatan tanaman andong Perawatan andong dilakukan dengan menyiram tanaman andong secara rutin, minimal dua kali sehari. Hal ini dilakukan agar tanaman bisa merangsang perakaran dan tumbuh dengan subur.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan kepada semua pembaca. Berkenaan dengan penjelasan tanaman andong, jenis, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi semuanya. Posting terkait: • Burung Puyuh: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Berternaknya • Burung Pleci: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Hewan Angsa: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, andong adalah Cara Berternaknya Posting pada Ciri, Klasifikasi, Tumbuhan Ditag andong, budidaya andong, ciri andong, jenis andong, klasfikasi andong, manfaat andong, morfologi andong, tanaman andong, tumbuhan andong Navigasi pos Pos-pos Terbaru • Burung Puyuh: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Berternaknya • Burung Pleci: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Hewan Angsa: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Burung Kolibri: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Andong adalah Bebek: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya Kategori • Bayam • Budidaya • Burung • Ciri • Contoh • Gandum • Habitat • Hewan • Andong adalah • Jehe • Jenis • Kacang • Kajian Pertanian • Kandang • Karet • Kelapa • Kencur • Klasifikasi • Lidah Buaya • Manfaat • Melinjo • Padi • Penelitian • Pengertian Ahli • Perkebunan • Pertanian • Pupuk • Rambutan • Sawit • Struktur • Ternak • Tomat • Tujuan • Tumbuhan • Umbi • العربية • Català • Cebuano • Čeština • Deutsch • English • Esperanto • Español • Eesti • فارسی • Suomi • Français • Nordfriisk • Magyar • Հայերեն • Italiano • 日本語 • ქართული • 한국어 • Lombard • Lietuvių • Монгол • Bahasa Melayu • Nederlands • Norsk bokmål • Polski • Português • Română • Русский • Srpskohrvatski / српскохрватски • Svenska • ไทย • Tagalog • Türkçe • Татарча/tatarça • Українська • اردو • Tiếng Việt • Winaray • 吴语 • მარგალური • 中文 • 文言 • Bân-lâm-gú • 粵語 760003-760944 Kode area telepon (+82) 054 Situs web Situs resmi Andong ( Pengucapan Korea: [an.doŋ]) adalah sebuah kota di Korea Selatan, dan merupakan ibu kota dari Provinsi Gyeongsang Utara.

Andong adalah kota terbesar di bagian utara provinsi ini dengan populasi 167.821 jiwa pada Oktober 2010. Sungai Nakdong mengalir melalui kota ini. Andong adalah pusat pasar untuk daerah pertanian sekitarnya. Sejak tahun 1970-an Andong berkembang dengan pesat, walaupun populasinya telah turun hampir tujuh puluh ribu saat orang-orang pindah ke Seoul dan pusat-pusat perkotaan lainnya. Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an menjadi pusat pariwisata dan budaya.

Andong dikenal sebagai pusat kebudayaan dan tradisi rakyat. Daerah sekitarnya mempertahankan banyak tradisi kuno, jadi pada pertengahan bulan Oktober Festival Rakyat Andong diadakan setiap tahun. Salah satu aspek yang paling terkenal dari perayaan budaya ini adalah topeng Andong.

Universitas Nasional Andong, yang mengkhususkan diri dalam pendidikan dan cerita rakyat Korea, telah berkembang dengan pesat sejak tahun 1970-an. Institusi tersier lainnya termasuk Universitas Pendidikan Andong dan Kolese Sangji Katolik.

Tempat wisata di Andong [ sunting - sunting sumber ] Desa Rakyat Hahoe adalah desa rakyat paling terkenal di Korea Selatan. Desa ini terdaftar oleh pemerintah Korea Selatan dengan UNESCO sebagai Warisan Dunia dengan Desa Rakyat Yangdong pada tahun 2010. Andong juga merupakan tempat studi Konfusius dan akademi selama Dinasti Joseon.

Contoh nyata dari seowon, atau akademi Konfusius adalah Dosan Seowon yang mengabadikan Yi Hwang, Byeongsan Seowon untuk Yu Seong-ryong, Imcheon Seowon untuk Kim Seong-il, Gosan Seowon, Hwacheon Seowon dan lainnya. Tujuan wisata terkenal lainnya adalah Sisadan, Jirye Artists' Colony, kuil Bongjeongsa dan Andong Icheondong Seokbulsang alias Jebiwon Batu Andong adalah.

andong adalah

Galeri [ sunting - sunting sumber ] • • Halaman ini terakhir diubah pada 23 Agustus 2021, pukul 05.39. • Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku.

Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Misi agan-aganwati, izin bikin trit lagi. Sebenarnya udah ada yang bahas sich, ane cuma melengkapi aja. Kali ini ane pengen bahas mengenai kenderaan tradisional yang semakin hari semakin tergusur oleh waktu, ruang dan zaman. Yupz, sesuai judul yang ane bahas di sini dokar dan andong.

Andong adalah aja yak. Andong adalah dari beritagar, wikipedia serta sumber lainnya koq. Dokar = Andong.? Mungkin ada sebagian kaskuser yang mengira kalo dokar dan andong adalah dua nama atau dua istilah untuk satu kenderaan yang sama.

Tapi ternyata mereka merupakan dua kenderaan yang berbeda meskipun sejenis. Agan lihat gambar di atas? Itu dokar, bukan andong. Ciri-ciri dokar antara lain rodanya dua dan besar, dari kayu, dilapisi karet bekas ban mobil. Adapun andong adalah dokar, misalnya sado dan delman, ada yang menggunakan roda lebih kecil: pelg mobil dengan ban.

Dalam KBBI dokar adalah kereta beroda dua yg ditarik oleh seekor kuda; bendi; Kalau andong beroda empat, dan mestinya kudanya dua tapi andong sekarang pakai satu kuda supaya hemat. Menurut KBBI andong adalah kereta kuda sewaan spt dokar atau sado andong adalah empat (di Yogyakarta dan Surakarta).

Asal-usul Istilah Dokar diyakini berasal dari dari Bahasa Inggris dog car. Andong adalah (atau dog-cart) adalah sebuah kendaraan berkuda ringan yang awalnya didesain untuk kegiatan berburu, dengan sebuah kotak di belakang kursi pengemudi untuk membawa seekor anjing pemburu atau lebih.

Kotak tersebut dapat diubah menjadi andong adalah kedua. Seorang pemuda atau anak kecil yang disebut "tiger" berdiri di balkon bagian belakang kereta untuk membantu atau melayani pengendara. Sementara Andong merupakan kenderaan tradisional khas di wilayah Yogyakarta, Solo dan juga Klaten, TS tidak menemukan kenapa dan bagaimana awal mula di sebut andong. Secara umum kendaraan berkuda ini disebut dengan Delman. Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda.

Istilah lain yaitu Sado. Sado merupakan singkatan penduduk pribumi batavia untuk menyebut dos-à-dos. Istilah ini digunaan pihak Belanda waktu itu yang secara harfiah bahasa Perancis bermakna punggung andong adalah punggung, yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi. Agan pengen lebih mengetahui mengenai sejarah delman.? Silahkan agan mengunjungi thread agan PendekarTayli Istilah Lain dari Dokar dan Andong Kenderaan ini telah menyebar hampir seluruh pelosok Indonesia.

Berbeda dengan motor maupun mobil, kenderaan ini mempunyai nama tersendiri di masing-masing daerah, dan tentunya dengan ciri khas yang tidak sama di setiap tempat. Beberapa istilah mengenai delman antara lain: Pedati, Pedati merupakan sebuah kendaraan yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi. Pedati dapat ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, zebu atau dapat pula ditarik oleh manusia.

Apabila ditunjukkan untuk transportasi yang lebih berat maka ditarik oleh sedikitnya dua kuda. *credit to agan mr1gram Cikar, merupakan alat transportasi darat tradisional.

Berbeda dengan delman atau dokar, cikar pada umumnya ditarik oleh dua ekor sapi dan dipergunakan untuk angkutan yang memuat barang, berupa hasil bumi atau orang. Pada zaman dulu roda Cikar terbuat dari kayu jati tua yang dilapisi andong adalah besi dengan diameter yang besar, yaitu 160 cm; saat ini roda-roda tersebut digantikan oleh roda-roda yang terbuat dari karet. *credit to agan bang.cb Cidomo, ini mungkin istilah yang sering kita dengar. Cidomo berasal dari kata "cikar-dokar-mobil".

Istilah ini menjadi sangat khas di wilayah pulau Lombok dan Kepulauan Gili. Bendi menurut sumber lain istilah ini digunakan oleh penduduk di Sumatera Barat, tetapi juga nama ini digunakan untuk menyebut dokar di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Ebro digunakan penduduk Jakarta untuk menyebut Andong. Ebro berasal dari singkatan "Eerste Bataviasche Rijtuig Onderneming" yaitu salah satu perusahaan kereta pertama di Jakarta. Bila agan penasaran dengan bentuk dokar dimasing-masing daerah.

Silahkan agan mengunjungi thread agan gantungan1 Nasib Delman saat ini Seperti yang disebutkan TS di atas, kenderaan tradisional ini semakin tergusur oleh hadirnya perkembangan otomotif yang sangat maju. Di beberapa daerah delman, andong, dan dokar semakin terpinggirkan, hanya melayani daerah jarak pendek antar wilayah pelosok kampung bahkan di beberapa daerah telah dilarang penggunaannya.

Penggunanya juga tidak bervariasi layaknya kenderaan lain, penggunanya biasanya turis manca negara dan turis lokal walaupun minim, ibu-ibu dan mayoritas kaum manula untuk andong adalah pasar tradisional, sebagai alat hiburan, maupun beberapa pihak yg menggunakan jasanya untuk mengangkut barang-barang tertentu.

Anak ABG zaman sekarang.? Mungkin lagu di atas hanya akan ada dalam angan-angan mereka. Masalah tarif bervariatif. Bagi delman lokal hanya sekitaran Rp. 2000 sampai Rp. 5000. Hal ini berbanding terbali apabila diperuntukan bagi para wisatawan, bisa sekitar Rp.

15.000 - Rp. 25.000 sekali jalan. Tapi semahal apapun tarif tersebut, apakah cukup untuk menutupi kebutuhan keluarga sang kusir dan juga kebutuhan sang kuda.?

Ironis memang, di saat Kerajaan Inggris sangat melestarikan Kereta Kuda sebagai kenderaan resmi kerajaan, di Indonesia tak ada lagi pejabat yang berminat dan mungkin berniat menumpang kenderaan berkuda ini. Eh iya, terkecuali saat kampanye.

______________________________________________ Segini dulu yak. Kalo ada tambahan dari agan sekalian mengenai dokar dan andong khas daerah agan, silahkan meninggalkan jejak. Pekiwan selalu terbuka untuk anda yg memberikan komentar bermutu dan bermanfaat. Makasih. Rate sama cendol jangan lupa. 28-03-2014 05:22 Original Posted By Luphlyana ►Kalo di daerah NTB (sumbawa sama lombok) kendaraan semacam gini Namanya cidomo (Cikar Dokar Motor) jadi transportasi lokal di NTB Mirip dokar gitu tapi bannya pake ban mobil Di Gili Trawangan lombok kan ga boleh ada kendaraan bermotor Jadinya transportasinya pake cidomo kalau mau keliling pulau Original Posted By cahyanegara ► wih manteb gan reviewnya tentang Dokar dan Andong.

jadi lebih menambah ilmu pengetahuan ane gan. selama ini sih yg pernah dinaikin Andong gan. keliling yogyakarta enak banget kl ndak macet. semoga aja pemerintah kt bisa tanggap dlm urusan budaya Indonesia terutama Andong ini.

Original Posted By baileysblanche ►Nice info gan, tapi menurut ane memang harusnya delman dilarang untuk jalan di jalanan raya yg banyak mobil+motor, kasian banget kudanya ikut macet-macetan, panas-panasan & beresiko ketabrak/keserempet pula. Di jalan kemayoran-sunter, jakarta, tuh kaya gitu. Ane pernah liat juga karena kebanyakan penumpang (ibu2 gendut dan anak2) akibatnya si kuda jatuh lemas ga kuat terbaring di aspal, dicambuk-cambukin sama kusirnya, dipaksa bangun tp udah kuat, andong adalah deh liatnya ga tega.

T--T Kira2 kalo kaya gitu kejadiannya apakah kusirnya yg ga sanggup kasih makan kuda atau kudanya yg memang uda kecapean & dipaksakan untuk angkut bejibun penumpang? Masih layak kah delman dioperasikan di jalan raya? Ane rasa skrg jaman udah modern, udah ada banyak mobil odong2 yg bisa gantiin kuda untuk hiburan koq.

andong adalah

Sekian pendapat saya Original Posted By ignited-red ►gue setuju banget sama agan satu ini! gue engga tega juga naik delman andong adalah dokar atau apapun itu istilahnya, gue kasian sama kudanya, panas terik, dicambuk2in., gatau juga dikasih makan sehari berapa kali, tapi satu kuda bawa 10 orang di delman?

capek cuy! walo kuda tenaganya gede, mereka juga hewan yang bisa ngerasain lelah! coba agan bayangin kalo agan yang jadi kuda, mau gak dicambuk2in dan dipaksa jalan dibawah terik matahari dan rame lalu lintas??

gue tau ini budaya betawi, tp ada baiknya dipertimbangkan lagi demi andong adalah hewan2 ini. kalo bisa, jangan lagi naik delman! 28-03-2014 05:23
Kamu yang lahir sebelum tahun 2000-an tentu nggak asing dengan andong, sebuah angkutan tradisional berbentuk kereta mini yang ditarik oleh seekor kuda. Alat transportasi ini sudah eksis sejak zaman penjajahan dan pernah digunakan di hampir semua kota besar di Indonesia.

Sebutan bagi andong berbeda-beda di tiap daerah, misalnya seperti nayor (Sukabumi), sado (Medan), delman (Jakarta), atau dokar (Jawa Timur). Seiring dengan perkembangan zaman, andong kini semakin jarang ditemukan. Fungsinya sebagai alat transportasi pun telah bergeser menjadi sarana rekreasi di beberapa lokasi wisata, salah satunya di kota Yogyakarta. Di Yogyakarta kamu bisa menemukan cukup banyak andong di sekitar Jalan Malioboro dan area keraton.

Pada hari-hari libur, kereta kuda tersebut selalu ramai diserbu oleh para wisatawan, khususnya wisatawan domestik yang membawa anak-anak. Untuk menambah wawasan seputar moda transportasi yang satu ini, berikut andong adalah beberapa fakta unik tentang andong: • Memiliki Beraneka Macam Bentuk dan Fungsi Sumber : antarfoto.com Nggak ada aturan tentang bentuk kereta dan hiasan yang dapat digunakan pada andong.

Karena itu jangan heran jika ada banyak sekali bentuk kereta yang berbeda di tiap-tiap daerah. Di Jakarta, kereta ini biasanya dilengkapi dengan pintu kecil di kedua sisinya untuk keluar-masuk penumpang, sementara di daerah Sumatera Utara penumpang harus masuk dari bagian belakang kereta. Selain itu, di beberapa daerah di Indonesia seperti Minangkabau, kereta kuda ini nggak diperuntukan sebagai alat transportasi umum atau alat sarana rekreasi, melainkan dipakai untuk mengecek keadaan sawah dan perkebunan.

• Pemakaian Roda yang Terus Berubah Sumber : Brilio.net Di masa andong adalah, andong menggunakan roda-roda yang terbuat dari kayu. Hal ini membuatnya kurang nyaman untuk dinaiki dan nggak bisa melaju dengan cepat. Untungnya, seiring waktu masyarakat akhirnya mulai menggunakan ban karet sehingga kereta terasa lebih nyaman. Kini ada berbagai jenis ban yang digunakan. Meski masih ada beberapa kusir andong yang menggunakan ban kayu berlapis karet, sebagian besar moda transportasi tersebut sudah beralih menggunakan ban mobil, sepeda, atau sepeda motor.

• Dibuat oleh Seorang Insinyur dari Belanda Sahabat, tahukah kamu bahwa andong pada mulanya diciptakan oleh seorang insinyur Belanda?

Percaya atau nggak, sejarah mencatat bahwa alat transportasi ini merupakan buah gagasan seorang insinyur berkebangsaan Belanda bernama Charles Theodore Andong adalah.

Ia adalah seorang litografer kompeni yang bertugas untuk membangun sejumlah objek strategis di Jakarta. Karena kereta kuda rancangannya terbukti mudah digunakan dan efisien untuk mengangkut penumpang, andong adalah ada banyak orang yang memakai alat transportasi tersebut.

Inilah asal-usul nama “delman”. • Sempat Menjadi Transportasi Andalan para Bangsawan dan Tuan Tanah Sumber : Tatangmanguny.wordpress Di zaman penjajahan, andong adalah sarana transportasi andalan para bangsawan dan tuan tanah.

Pada waktu itu belum ada alat transportasi berbasis mesin, karena itu menaikinya adalah sesuatu yang mewah bagi penduduk pribumi. Masyarakat umum pada waktu itu terbiasa berjalan kaki untuk menempuh perjalanan jauh.

Apabila memungkinkan, mereka menggunakan hewan ternak seperti kerbau atau sapi untuk menarik pedati karena kuda merupakan hewan yang tergolong mahal andong adalah sulit ditemukan. Itulah sedikit pembahasan mengenai andong, sang kereta kuda asli Indonesia yang kini keberadaannya semakin tergerus oleh zaman.

Selain di Yogyakarta, kamu pun bisa menemukan kereta tersebut di berbagai destinasi andong adalah lainnya. Pada akhirnya, menaiki kereta kuda memiliki sensasi yang berbeda dari kendaraan lainnya.

Meskipun nggak senyaman kendaraan modern, dengan menaiki andong setidaknya kamu bisa membayangkan dirimu menjadi seorang tokoh dongeng yang bepergian dengan kereta kencana.

Menarik bukan? Yuk, berbagi pengetahuan dengan share artikel ini ke media sosial yang kamu miliki, Sahabat!Tahukah anda Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Andong? Tanaman daun andong adalah tanaman hias dari keluarga Asparagaceae, berasal dari Austronesia, Asia Tenggara, Oseania dan tersebar secara luas di daerah Indonesia. Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Andong Jenis tanaman termasuk dalam kategori monokotil, tinggi tanaman daun andong 2-4 meter. Kandungan nutrisi pada tanaman daun andong meliputi: Flavonoid, Tannin, Saponin, Zat besi, Timidine, Kalsium oksalat, Steroida, Polisakarida, Polifenol, Antibakteri, Antikolagen, Antiproliferatif.

Melihat banyaknya nutrisi dalam andong dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Klasifikasi Tanaman Daun Andong Berikut ini klasifikasi dari tanaman daun andong adalah: Kingdom : Plantae Sub kingdom : Viridiplantae Infra kingdom : Streptophyta Super divisi : Embryophyta Divisi : Tracheophyta Sub divisi : Spermatophyta Kelas : Magnoliopsida Super ordo : Lilianae Ordo : Asparagales Famili : Asparagaceae Genus : Cordyline Comm Spesies : Cordyline fruticosa (L.) A Chev Morfologi Tanaman Daun Andong 1.

Akar Sistem perakaran tanaman daun andong merupakan akar serambut, dapat menjalar dibawah tanah serta permukaan tanah, umumnya warna akarnya putih kecoklatan. Khasiat akar daun andong ini dipakai sebagai pengobatan batuk berdarah, urine berdarah, serta darah haid yang terlalu banyak, bagian yang dipakai adalah akar atau daun dengan merebus daun segar 90 gr atau akar kering sekitar 50 gr dengan tambahan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas, disaring dan diminum ½ gelas pada pagi dan sore hari.

Sebagai pengobatan diare/disentri, bisa menggunakan daun atau andong adalah andong pilih salah satu saja. Untuk takaran daun segar sekitar 90 gr, sedangkan untuk akar kering sekitar 15 grRebus bahan tersebut dan tambahkan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian disaring dan diminum 3x sehari yaitu pagi, siang, sore.

Sebagai obat untuk melancarkan siklus haid, untuk wanita siklus normal, teratur haid sangat penting karena dapat berkaitan dengan kesehatan. Jika siklus haid tidak lancar akan menimbulkan gejala kesehatan.

andong adalah

Untuk mengatasinya cobalah minum air rebusan akar tanaman daun andong ini. 2. Batang Batang tanaman daun andong memiliki tinggi kurang lebih 2 meter dan tidak bercabang. Permukaan batang terdapat bekas bulat seperti cincin karena bekas dudukan daun, batang ramping dengan warna coklat keabu-abuan. Kulit pada batang tanaman daun andong dapat dimanfaat sebagai pengobatan radang gusi dengan cara, mengkikis kulit kayu batang andong dan campurkan dengan sedikit garam dapur kemudian dioleskan pada bagian gusi yang meradang, ramuan ini dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

3. Daun Karakteristik daun andong adalah daun tunggal berwarna hijau andong adalah merah kecoklatan dan bentuk daun lebar memanjang serta meruncing pada ujung daun.

Biasanya letak daun andong terkumpul pada ujung batang, permukaan daunnya licin, mengkilat, pertulangan daun menyirip andong adalah panjang daun andong 20-60 cm serta lebar 5-13 cm.

andong adalah

Daunnya digunakan untuk mengobati penyakit wasir yaitu dibutuhkan 3 helai daun andong dan 7 helai daun wungu kemudian kedua bahan tadi direbus dengan menambahkan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air, disaring dan diminum secara rutin tiap hari. Sebagai obat luka akibat sengatan binatang berbisa dengan cara, menghaluskan beberapa lembar daun andong segar, kemudian panaskan diatas api.

Pengobatan baik digunakan dalam kondisi hangat, dan usapkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan, balut dengan kain lakukan pergantian 2-3 kali sehari.

Sebagai obat untuk meredakan nyeri pada lambung timbul karena otot perut yang terganggu disebabkan berbagai faktor, daun andong ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. 4. Bunga Bentuk bunga tanaman daun andong yaitu besar serta muncul dari tengah kluster daun, panjangnya mencapai 30 sampai 90 cm, andong adalah melengkung serta memiliki cabang-cabang. Warna bunga tanaman daun andong ini keunguan atau kuning muda yang terdiri dari kelopak bunga kecil dengan 6 lobus runcing, terdapat 6 benang sari serta putik yang berwarna putih dengan 3 ovarium.

Kelompok bunga dari tanaman daun andong termasuk kedalam bunga majemuk yang memiliki tangkai panjang dengan daun pelindung yang besar pada pakal cabang. Ukuran panjang bunganya sekitar 1,4 cm dan anak daun pelindung berukuran kecil. Berdasarkan ulasan diatas dapat simpulkan bahwa tanaman daun andong ini mudah dijumpai diperkarangan rumah dengan memiliki berbagai khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan untuk merawat tanaman daun andong terbilang sangat mudah, dengan media tanam yang gampang seperti: pot, langsung andong adalah ditanah.

Siklus habitat tanaman ini sangat panjang bisa tumbuh lebih dari setahun dengan perawatan air yang cukup serta pencahayaan sinar matahari yang cukup. Tanaman daun andong memiliki berbagai macam jenis dan berbagai manfaat yang dapat digunakan, Namun tipe tanaman ini berbeda-beda dan menghasilkan khasiat yang berbeda pula, daun andong termasuk dalam keluarga monokotil. Kesimpulan Andong merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili Asparagaceae dengan nama latin Cordyline fruticosa (L.) A Chev.

Andong andong adalah digunakan sebagai tanaman hias, selain itu tanaman ini juga mengandung nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Tanaman andong memiliki sistem perakaran serabut, permukaan batang terdapat bekas bulat seperti cincin karena bekas dudukan daun, andong adalah tanaman ini merupakan daun tunggal dengan bentuk daun lebar memanjang serta meruncing pada ujung daun, bunga andong merupakan bunga majemuk dengan bentuk yang besar serta muncul dari tengah kluster daun.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Daun Andong Tinggalkan Balasan Batalkan balasan Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai * Komentar Simpan nama, email, dan situs web andong adalah pada peramban ini untuk komentar saya berikutnya.

Beritahu saya akan tindak lanjut komentar melalui surel. Beritahu saya akan tulisan baru melalui surel.
Daftar isi • 1 Nama lain • 2 Galeri • 3 Referensi • 4 Lihat pula • 5 Pranala luar Nama lain [ sunting - sunting sumber ] Nama daerah untuk tanaman Andong ini di antaranya adalah Bak Juang (Aceh), Linjuang (Medan), Tumjuang (Palembang), Hanjuang (Sunda), Andong (Jawa Tengah), Kayu Urip (Madura), Andong (Jakarta), Endong (Bali), Renjuang (Dayak), Endong (Nusa Tenggara), Tabango (Gorontalo), Palili (Makasar), Panjureng (Bugis), dan Weluga (Ambon).

[3] Galeri [ sunting - sunting sumber ] • • ^ "Arti kata andong". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 23 April 2021. • ^ "Arti kata hanjuang".

andong adalah

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 23 April 2021. • ^ Anisa, RF. "Cordyline fruticosa" (PDF). eprints.umm.ac.id › . Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Cordyline Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikispecies mempunyai informasi mengenai cordyline fruticosa. Wikimedia Commons memiliki media mengenai Cordyline fruticosa. • Wikidata: Q2717614 • Wikispecies: Cordyline fruticosa • APDB: 227159 • APNI: 79568 • ATRF: Cordyline_fruticosa • EoL: 1087091 • EPPO: CDLFR • FoAO2: Cordyline fruticosa • FoC: 200027601 • GBIF: 2766278 • GRIN: 401621 • iNaturalist: 123572 • IPNI: 533580-1 • IRMNG: 11209917 • ISC: 11866 • ITIS: 43183 • IUCN: 96813340 • MoBotPF: 282057 • NCBI: 39501 • NZOR: fca8aec5-202f-4572-baba-11a932e5ba94 • NZPCN: 4253 • PalDat: Cordyline_fruticosa • Plant List: kew-303171 • PLANTS: COFR2 • POWO: urn:lsid:ipni.org:names:533580-1 • Tropicos: 18401647 • uBio: 612442 • WCSP: 303171 • WFO: wfo-0000764243 Convallaria fruticosa • Halaman ini terakhir diubah pada 20 Januari 2022, pukul 16.54.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; andong adalah tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

andong adalah Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 1 Maret 2014 - Diperbarui: 3 Maret 2014 Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat - Ditinjau oleh: Tim Dokter Dokter Sehat – Andong atau lebih dikenal dengan nama Hanjuang adalah kelompok tumbuhan monokotil yang sering ditanam oleh masyarakat sebagai salah satu tanaman hias, daunnya yang berwarna merah atau hijau kemerahan cukup cantik untuk dijadikan tanaman hias.

Kelebihan dari tanaman Andong adalah relatif tahan terhadap kekeringan dan meskipun tidak dirawat mampu bertahan hidup dengan baik. Manfaat dari tanaman andong merah ini banyak sekali, Diantaranya sebagai penyejuk darah, menghentikan pendarahan dan menghancurkan darah beku pada saat terjadi memar. Berikut ini manfaat andong : 1. Untuk mengatasi batuk darah, urine berdarah, dan haid terlalu banyak Bagian yang digunakan yaitu daun atau akar, cara pembuatan ramuannya yaitu dengan merebus daun andong segar ±90 gr, atau akar andong kering ±50 gr dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Kemudian disaring dan dimunim pagi dan sore sebanyak ½ gelas. 2. Untuk obat diare / disentri Bagian yang andong adalah adalah daun atau akar tanaman, cara nya yaitu merebus bagian daun ±90 gr, atau akar andong kering ± 15 gr menggunakan tiga gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas, kemudian di saring dan di bagikan menkadi 3 gelas ukuran sama. Diminum 3 x sehari, pagi, siang, dan sore. 3. Mengatasi wasir Bahan yang digunakan adalah daun andong 3 helai + daun wungu 7 helai, kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas.

Disaring, dan minum secara rutin setiap hari. 4. Obati luka akibat sengatan binatang berbisa Bagian yang digunakan adalah daun andong, haluskan beberapa lembar daun andong adalah segar, kemudian panaskan diatas api. Dalam kondisi hangatdiusapkan andong adalah bagian tubuh yang terluka akibat sengatan dan di balut dengan kain.

Ganti 2-3 kali sehari. 5. Mengobati radang gusi Kulit andong di kikis secukupnya, tambahkan sedikit garam, aduk sampai rata. Kemudian oleskan ramuan pada bagian gusi yang meradang.

andong adalah

Dokter Sehat Informasi Terbaru • Peningkatan Tekanan Intrakranial: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia

Why Not Andong




2022 www.videocon.com